Kasus: kecelakaan

  • Petaka Buat Driver Online Meluas, Penumpang Bisa Kena Dampaknya

    Petaka Buat Driver Online Meluas, Penumpang Bisa Kena Dampaknya

    Jakarta, CNBC Indonesia – Perkembangan industri taksi otomatis (robotaxi) yang kian meluas tak hanya mengancam profesi driver online. Namun, keselamatan penumpang juga dipertaruhkan.

    Pasalnya, teknologi pengemudian otomatis masih terus diuji coba dan belum sepenuhnya matang. Hal ini bisa dilihat dari kasus kecelakaan yang melibatkan sistem autopilot milik Tesla beberapa saat lalu.

    Terbaru, layanan robotaxi Waymo milik Alphabet (Google) juga tersandung kasus keselamatan penumpang. Lembaga Keamanan Lalu Lintas Nasional (NHTSA) pada pekan ini membuka investigasi awal terhadap sekitar 2.000 unit kendaraan Waymo.

    Penyelidikan ini menyusul laporan yang menyebut robotaxi Waymo gagal mengikuti aturan rambu-rambu lalu lintas, khususnya tanda berhenti ketika bus sekolah lewat. Kasus ini menandai penyelidikan terbaru oleh regulator yang menyasar teknologi pengemudian otomatis.

    Beberapa saat lalu, laporan media menyiarkan video yang memperlihatkan insiden di Georgia. Dalam video tersebut, unit robotaxi Waymo tampak terus bergerak saat mendekati bus sekolah. Padahal, ada lampu merah yang mengisyaratkan penghentian.

    Laporan itu mengatakan robotaxi Waymo awalnya berhenti kemudian bermanuver memutari bus, melewati lengan penghenti yang diperpanjang saat siswa turun.

    Sistem kemudi otomatis Waymo telah melampaui jarak 100 juta mil pada Juli lalu. Waymo mencatat jarak 2 juta mil per minggu, kata NHTSA

    “Berdasarkan keterlibatan NHTSA dengan Waymo dalam insiden ini dan akumulasi jarak tempuh operasional, kemungkinan terjadinya insiden serupa cukup tinggi,” kata badan tersebut, dikutip dari Reuters, Selasa (21/10/2025).

    Menanggapi hal ini, juru bicara Waymo mengatakan perusahaan sudah mengembangkan dan mengimplementasikan peningkatan terkait penghentian ketika bus sekolah lewat. Pembaruan itu akan meluncur pada perilisan software berikutnya.

    “Berkendara dengan aman di sekitar anak-anak selalu menjadi salah satu prioritas utama Waymo mendekati bus sekolah dari sudut yang lampu berkedip dan rambu tidak terlihat,” kata juru bicara Waymo.

    NHTSA mengatakan robotaxi Waymo yang terlibat dalam insiden di Georgia dilengkapi dengan sistem pengemudian otomatis generasi ke-5 buatan perusahaan. Kala itu, tidak ada pengemudi manusia yang mengawasi jalannya robotaxi.

    Waymo mengatakan lebih dari 1.500 unit robotaxi-nya telah beroperasi di kota-kota AS, termasuk Phoenix, Los Angeles, San Francisco, dan Austin.

    Pada Juli 2025, NHTSA baru menutup investigasi selama 14 bulan atas serangkaian tabrakan kecil yang melibatkan robotaxi Waymo. Insiden tabrakan itu melibatkan objek yang terlihat jelas dan seharusnya bisa dihindari oleh pengemudi yang kompeten.

    Selain itu, investigasi juga merujuk pada “perilaku tak terduga” robotaxi Waymo untuk beberapa kejadian. Ada 22 laporan terkait perilaku tak terduga Waymo yang berpotensi melanggara undang-undang keselamatan lalu lintas. Penyelidikan berakhir setelah 2 unit robotaxi Waymo ditarik dari jalanan.

    (fab/fab)

    [Gambas:Video CNBC]

  • Perlindungan Driver Ojol Tanggung Jawab Aplikator, Pengguna, dan Pemerintah

    Perlindungan Driver Ojol Tanggung Jawab Aplikator, Pengguna, dan Pemerintah

    Bisnis.com, JAKARTA— Langkah Presiden Prabowo Subianto yang menyerukan persaingan sehat antara Gojek, Grab, dan Maxim perlu diiringi dengan upaya konkret memperkuat kesejahteraan mitra pengemudi.

    Ekonom Digital dari Center of Economic and Law Studies (Celios) Nailul Huda mengatakan sejatinya masalah kesejahteraan mitra pengemudi ojek online sudah berulang kali disuarakan, salah satunya melalui dorongan agar mereka mendapatkan jaminan sosial.

    “Jaminan sosial ini menjadi tanggung jawab platform, driver, konsumen, dan juga pemerintah. Semuanya perlu ada porsi yang pas bagi masing-masing pemain,” kata Huda saat dihubungi Bisnis pada Selasa (21/10/2025). 

    Menurut dia, perlindungan sosial bagi mitra pengemudi minimal harus mencakup jaminan kesehatan dan kecelakaan kerja. Selain itu, skema-skema perlindungan perlu disesuaikan dengan karakteristik para pengemudi yang sering kali memiliki lebih dari satu pemberi kerja.

    “Mitra driver yang bisa mempunyai lebih dari satu pemberi kerja misalkan, harus bisa diakomodir dalam sistem pemberian jaminan oleh BPJS. Peran dari aplikator juga patut dirumuskan,” kata Huda.

    Huda juga menilai sejauh ini belum terdapat hambatan masuk (entry barriers) yang signifikan di industri transportasi daring, meski sejumlah pemain besar seperti Gojek dan Grab masih mendominasi pasar. 

    Dia menyampaikan dalam lima tahun terakhir mulai bermunculan berbagai platform baru selain Gojek dan Grab, seperti Maxim, InDrive, hingga aplikator ride-hailing di daerah. Namun, menurutnya hal yang perlu diwaspadai adalah praktik predatory pricing.

    “Predatory pricing bisa terjadi ketika ada ketimpangan modal. Maka, tugas KPPU untuk melakukan pengawasan pembentukan harga oleh platform,” tegasnya.

    Sebelumnya, Serikat Pekerja Angkutan Indonesia (SPAI) menyatakan dukungan atas pernyataan Presiden Prabowo Subianto yang menekankan pentingnya persaingan sehat antarperusahaan platform transportasi daring seperti Gojek, Grab, Maxim, dan lainnya. SPAI juga mendesak pemerintah agar segera menerbitkan Peraturan Presiden (Perpres) tentang Pelindungan Pekerja Transportasi Online.

    Ketua SPAI, Lily Pujiati, menilai regulasi tersebut mendesak diterbitkan karena praktik di lapangan menunjukkan perusahaan platform justru saling berlomba memeras pengemudi dengan berbagai skema yang merugikan.

    “Regulasi ini diperlukan karena selama ini platform justru berlomba-lomba untuk memeras pengemudi ojol, taksol dan kurir dengan berbagai cara seperti potongan platform yang tinggi hingga 70%, skema tarif hemat, double order, slot, hub, aceng [argo goceng], prioritas dan skema lainnya,” kata Lily dalam keterangan tertulis, Selasa (21/10/2025).

    Pengemudi Ojol menunggu penumpang

    Sementara itu, Asosiasi Pengemudi Ojol Garda Indonesia juga menyambut baik pernyataan Presiden Prabowo yang mendorong persaingan sehat dan peningkatan perlindungan bagi pengemudi. Ketua Umum Garda, Raden Igun Wicaksono, menilai kekacauan ekosistem transportasi digital terjadi akibat persaingan antarperusahaan aplikator yang berfokus pada profit semata.

    “Carut marutnya ekosistem transportasi digital saat ini karena antar perusahaan-perusahaan aplikator lebih mementingkan persaingan tarif, promo dan profit sebesar-besarnya sehingga mengabaikan regulasi yang telah dibuat oleh pemerintah sebelumnya yang tercantum dalam Kepmenhub KP No.1001 tahun 2022,” kata Igun saat dihubungi Bisnis, Selasa (21/10/2025).

    Dia juga menyoroti lemahnya peran pemerintah dalam mengatur perusahaan aplikator yang dinilai justru mampu memengaruhi kebijakan publik. Garda berharap pemerintah di bawah kepemimpinan Prabowo dapat mengambil langkah tegas dengan menerbitkan aturan yang berpihak kepada pengemudi.

    “Segera saja Presiden Prabowo keluarkan Perpres Perlindungan Bagi Pengemudi Ojol, karena sudah bertahun-tahun kami menantikan ketegasan dan perlindungan pemerintah terhadap pengemudi ojol,” ujarnya.

    Adapun Presiden Prabowo Subianto sebelumnya menegaskan pentingnya menciptakan persaingan sehat antarperusahaan ojek daring dalam sambutannya di acara Penyerahan Uang Pengganti Kerugian Negara dalam Perkara Tindak Pidana Korupsi Fasilitas Ekspor CPO dan Turunannya pada Industri Kelapa Sawit, di Kejaksaan Agung, Jakarta Selatan, Senin (20/10/2025).

    “Kami sedang berdiskusi dengan perusahaan-perusahaan besar ojek daring untuk mencari solusi terbaik bagi para pengemudi, demi efisiensi dan perlindungan agar tidak terjadi persaingan yang merusak. Kami ingin menciptakan lapangan kerja yang terjamin untuk para pengemudi online,” ujar Prabowo.

    Meski tidak menyebut nama secara spesifik, dua perusahaan yang dimaksud diyakini merujuk pada Gojek dan Grab, yang selama ini mendominasi pasar ojek daring di Indonesia. Isu kesejahteraan pengemudi ojek online memang terus menjadi perhatian dalam beberapa tahun terakhir, di tengah meningkatnya protes terhadap rendahnya pendapatan dan minimnya jaminan kerja.

    Pada Mei lalu, aksi demonstrasi juga sempat digelar di sejumlah kota besar menuntut kebijakan yang lebih berpihak pada pekerja. Sementara itu, perusahaan aplikator mengklaim telah menjalankan sistem komisi sesuai regulasi yang berlaku. Namun, isu mengenai persaingan tidak sehat dan potensi monopoli, termasuk rumor akuisisi Gojek oleh Grab, masih menjadi sorotan dalam pembahasan regulasi sektor transportasi daring di Tanah Air.

  • Jatuh Saat Nyalip, Pemotor Tewas Usai Terlindas Truk di Cileungsi Bogor

    Jatuh Saat Nyalip, Pemotor Tewas Usai Terlindas Truk di Cileungsi Bogor

    Kabupaten Bogor

    Kecelakaan lalu lintas melibatkan truk dan sepeda motor terjadi di Jalan Raya Cileungsi-Jonggol, Kecamatan Cileungsi, Bogor, Jawa Barat. Pengendara motor meninggal dunia dalam kecelakaan itu.

    “Korban kecelakaan meninggal dunia satu orang, pengendara sepeda motor Honda Scoopy berinisial II,” kata Kasat Lantas Polres Bogor AKP Rizky Guntama, Selasa (21/10/2025).

    Peristiwa nahas itu terjadi pada sekitar pukul 10.00 WIB pagi tadi. Kecelakaan berawal ketika korban melaju dari arah Jonggol menuju Cileungsi.

    “Setibanya di TKP (tempat kejadian perkara), bergerak ke kiri jalan mendahului kendaraan Hino Tractor Head bernopol F-8768-HH yang ada di depannya,” ungkapnya.

    Pada saat bersamaan, lanjut Rizky, korban tidak bisa mengendalikan gerak kendaraannya. Kemudian korban oleng dan terjatuh ke sebelah kanan.

    Dia menyebut akibat kecelakaan itu, korban mengalami luka pada bagian kepala. Kemudian jenazah korban segera dibawa ke rumah sakit.

    (rdh/jbr)

  • Penabrak Argo Mahasiswa UGM hingga Tewas Dituntut 2 Tahun Penjara

    Penabrak Argo Mahasiswa UGM hingga Tewas Dituntut 2 Tahun Penjara

    Liputan6.com, Yogyakarta – Terdakwa kasus kecelakaan yang menewaskan mahasiswa Fakultas Hukum Universitas Gadjah Mada (UGM) Argo Ericko Achfandi, yakni Cristiano Pengarapenta Pengidahen Tarigan hanya dituntut hukuman 2 tahun penjara.  

    JPU menilai Cristiano, mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB UGM), terbukti secara sah dan meyakinkan bersalah melakukan tindak pidana mengemudikan kendaraan bermotor karena kelalaiannya sehingga menyebabkan orang lain meninggal dunia, sebagaimana diatur dalam Pasal 310 ayat (4) Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan.

    Tuntutan ini disampaikan JPU Rahajeng Dinar dalam persidangan di Pengadilan Negeri Sleman, Selasa (21/10/2025). JPU menyebut beberapa hal yang memberatkan dan meringankan terdakwa.

    “Hal yang memberatkan, perbuatan terdakwa menyebabkan korban Argo Ericko Achfandi meninggal dunia. Kami menuntut terdakwa dihukum dua tahun penjara dan denda Rp12 juta subsider enam bulan kurungan,” kata Rahajeng.

    Lalu disebutkan ada empat hal yang meringankan terdakwa. Pertama kecelakaan terjadi karena kelalaian kedua belah pihak. Kedua, bahwa di persidangan sebelumnya, terdakwa telah meminta maaf kepada ibu korban dan sudah mendapatkan maaf.

    Hal yang memberatkan ketiga bahwa terdakwa mengakui dan menyesali perbuatannya, serta belum pernah dihukum. Dengan usia yang masih muda, Rahajeng berharap terdakwa dapat berkembang menjadi pribadi yang lebih baik.

     

  • Respons Prabowo, SPAI Bongkar Daftar Skema Aplikator yang Rugikan Pengemudi

    Respons Prabowo, SPAI Bongkar Daftar Skema Aplikator yang Rugikan Pengemudi

    Bisnis.com, JAKARTA — Serikat Pekerja Angkutan Indonesia (SPAI) mengungkapkan sejumlah skema aplikator ride hailing yang merugikan bagi mitra pengemudi ojek online. 

    SPAI juga menyatakan dukungan atas pernyataan Presiden Prabowo Subianto yang menekankan pentingnya persaingan sehat antarperusahaan platform transportasi daring seperti Gojek, Grab, Maxim, dan lainnya. 

    Ketua SPAI, Lily Pujiati mendesak pemerintah memastikan pelindungan yang lebih kuat bagi para pekerja platform seperti ojek online (ojol), taksi online (taksol), dan kurir dengan segera mengesahkan Peraturan Presiden (Perpres) tentang Pelindungan Pekerja Transportasi Online.

    Dia mengatakan praktik di lapangan menunjukkan perusahaan platform transportasi online saat ini saling berlomba memeras pengemudi dengan berbagai skema yang merugikan.

    “Skema tersebut seperti potongan platform yang tinggi hingga 70%, skema tarif hemat, double order, slot, hub, aceng [argo goceng], prioritas dan skema lainnya,” kata Lily dalam keterangan tertulis, pada Selasa (21/10/2025).

    Menurutnya, program dan skema tersebut justru menciptakan persaingan yang tidak sehat dan menekan kesejahteraan para pengemudi dengan upah atau pendapatan yang rendah dan tidak layak di bawah upah minimum. 

    Menurutnya skema tersebut juga memaksa pengemudi ojol untuk bekerja 12 hingga 18 jam sehari tanpa istirahat yang rawan kecelakaan kerja di jalan raya.

    Lily menambahkan akar persoalan utama terletak pada status hubungan kemitraan antara platform dan pengemudi yang membuat perusahaan tidak tunduk pada aturan ketenagakerjaan. 

    “Dengan demikian masing-masing platform membuat aturan mainnya sendiri untuk menimbun keuntungan semaksimal mungkin dengan ongkos seminimal mungkin,” imbuh Lily.

    Untuk itu, SPAI meminta negara hadir melalui regulasi yang mampu menjamin hak-hak dasar para pengemudi transportasi daring. 

    Lily juga mendesak Presiden Prabowo untuk menerbitkan peraturan yang memuat ketentuan mengenai status sebagai pekerja, serta menjamin upah dan pendapatan yang layak setara dengan upah minimum.

    “Serta jam kerja 8 jam yang manusiawi, waktu dan hari istirahat, THR [Tunjangan Hari Raya], jaminan sosial, hak maternitas seperti cuti haid dan melahirkan, hak membentuk serikat pekerja, hak berunding dan perjanjian kerja bersama agar tidak dikenai sanksi suspend dan putus mitra sewenang-wenang,” katanya.

    Sebelumnya, Asosiasi Pengemudi Ojol Garda Indonesia juga menyambut baik pernyataan Presiden Prabowo yang mendorong perusahaan ojek daring untuk bersaing secara sehat serta meningkatkan perlindungan bagi para pengemudi. Namun, Garda menilai langkah tersebut perlu ditindaklanjuti dengan kebijakan konkret.

    Ketua Umum Garda, Raden Igun Wicaksono, menilai kekacauan ekosistem transportasi digital saat ini terjadi akibat persaingan antarperusahaan aplikator yang berfokus pada profit semata.

    Dalam sidang kabinet paripurna di Istana Negara, Jakarta pada Senin (20/10/2025) Presiden Prabowo Subianto menegaskan pentingnya menciptakan persaingan sehat antarperusahaan ojek daring.

    “Kami sedang berdiskusi dengan perusahaan-perusahaan besar ojek daring untuk mencari solusi terbaik bagi para pengemudi, demi efisiensi dan perlindungan agar tidak terjadi persaingan yang merusak. Kami ingin menciptakan lapangan kerja yang terjamin untuk para pengemudi online,” tutur Prabowo.

  • Bayar Pajak Kendaraan Semudah Beli Pulsa

    Bayar Pajak Kendaraan Semudah Beli Pulsa

    Jakarta

    Zaman serba canggih, pelayanan registrasi dan identifikasi (regident) terkait Surat Izin Mengemudi (SIM), pembayaran pajak kendaraan, dan BPKB bisa melalui sistem digital.

    Kepala Korlantas Polri Inspektur Jenderal Polisi Agus Suryonugroho menjelaskan revitalisasi yang dilakukan, antara lain pembayaran pajak kendaraan bermotor melalui Samsat Digital Nasional (Signal), perpanjangan SIM melalui sistem SIM Nasional Presisi (Sinar), dan BPKB elektronik (e-BPKB).

    “Tadi pada saat pemaparan, tanggapan saya bagaimana kalau kita membayar pajak itu semudah dengan membeli pulsa, tetapi tidak meninggalkan proses-proses administrasi,” kata Agus saat konferensi pers di Jakarta, Senin.

    Revitalisasi pelayanan publik melalui transformasi digital dan inovasi teknologi bertujuan meningkatkan efisiensi, transparansi, serta kenyamanan masyarakat dalam mengakses layanan regident.

    Agus mengatakan aplikasi Signal telah diunduh oleh sekitar 13 juta pengguna hingga Oktober 2025. Sosialisasi akan semakin digencarkan ke seluruh Indonesia.

    “Itu setiap pembayaran pajak tahunan itu bisa menggunakan aplikasi Signal. Ini masih belum banyak, tetapi dengan revitalisasi hari ini tentunya akan mengharapkan bisa membayar pajak menggunakan sistem digital dengan Signal,” katanya.

    Selain pembayaran pajak, aplikasi Signal juga bisa digunakan untuk pengesahan surat tanda nomor kendaraan (STNK) dan sumbangan wajib dana kecelakaan lalu lintas jalan (SWDKLLJ) secara daring.

    Saat ini, aplikasi Signal hanya bisa digunakan untuk kendaraan milik pribadi. Namun, menurut Kakorlantas, aplikasi tersebut akan dikembangkan agar bisa melayani kendaraan milik badan usaha.

    Selanjutnya aplikasi layanan perpanjangan SIM secara daring lewat Sinar. Dengan aplikasi ini, masyarakat tidak perlu hadir langsung di Satuan Penyelenggara Administrasi (Satpas) SIM.

    “Pembuatan SIM harus mudah, tetapi tidak bisa meninggalkan aspek teori dan aspek praktik, jadi memang harus ada kompetensi (mengemudi),” ujarnya.

    Adapun e-BPKB hadir untuk mendigitalisasi buku kepemilikan kendaraan bermotor (BPKB). Menurut Agus, sistem tersebut terhubung dengan electronic registration and identification (ERI) yang menjadi pangkalan data nasional kendaraan bermotor.

    “Ini menunjukkan bahwa Korlantas Polri dengan lompatan revitalisasi digital, ini mengedepankan digitalisasi karena sistem digitalisasi ini sudah di-launching oleh Kapolri sehingga Korlantas Polri bergerak cepat untuk bisa mengoptimalkan revitalisasi dari pelayanan publik,” tuturnya.

    Agus mengatakan Korlantas Polri berkomitmen untuk terus mengoptimalisasi pelayanan publik di bidang lalu lintas agar dapat diakses dengan mudah dan cepat.

    “Saya juga bermimpi ketika masyarakat berurusan dengan polisi, ucapan ‘Terima kasih, Pak Polantas. Polantas sudah bekerja dengan hati dan Polantas sudah bekerja dengan teknologi.’ Itu harapan kita,” katanya.

    (riar/rgr)

  • Membedah Fitur Keamanan Daihatsu Rocky Hybrid yang Bikin Konsumen Tenang

    Membedah Fitur Keamanan Daihatsu Rocky Hybrid yang Bikin Konsumen Tenang

    Fitur keamanan di kendaraan merupakan teknologi yang sangat krusial. Sebab, fungsinya berkaitan langsung dengan keselamatan pengemudi dan penumpang. Hal tersebut yang sangat diperhatikan Daihatsu saat meluncurkan Daihatsu Rocky Hybrid di Indonesia.

    Sebagai pengingat, Daihatsu Rocky Hybrid secara resmi meluncur di pameran Gaikindo Indonesia International Auto Show atau GIIAS 2025. Meski berstatus sebagai kendaraan hibrida yang didatangkan utuh dari Jepang, namun mobil tersebut dibanderol menarik, yakni tak sampai Rp 300 juta.

    Butuh kalimat panjang untuk mengurai kelebihan yang ditawarkan Daihatsu Rocky Hybrid. Maka, mari kita meringkasnya menjadi dua tajuk utama: fitur keamanan dan garansi kendaraan.

    PT Astra Daihatsu Motor (ADM) membawa Daihatsu Rocky hybrid dalam ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2025 di ICE BSD City, Tangerang, Rabu (23/7/2025). (Foto: Rifkianto Nugroho/detikOto)

    Sebagai mobil hybrid pemula atau entry level, Daihatsu Rocky Hybrid menawarkan safety features atau fitur keamanan yang terbilang lengkap. Misalnya, enam SRS airbag (kantung udara) yang terpasang di sejumlah titik: dua di depan, dua di sisi kiri-kanan dan dua lainnya di sepanjang pilar A dan B.

    Kemudian kursi belakangnya sudah menggunakan ISO-FIX, yakni sistem pengaman standar internasional untuk memasang kursi bayi (child car seat) secara presisi dan lebih aman. Selain itu, ada immobilizer yang mencegah kendaraan dapat dinyalakan tanpa kunci asli yang terverifikasi.

    Di luar itu, pabrikan membekali Daihatsu Rocky Hybrid dengan fitur keselamatan lain, misalnya ABS (Anti-lock Braking System) dan EBD (Electronic Brakeforce Distribution) untuk memaksimalkan performa pengereman, VSC (Vehicle Stability Control) untuk menjaga stabilitas kendaraan dan HSA (Hill Start Assist) yang dapat mencegah mobil mundur ketika berhenti di tanjakan selama beberapa saat.

    Rocky Hybrid juga dibekali 8 fungsi ASA (Advanced Safety Assist), seperti Collision Warning & Avoidance Assist Brake yang dapat mengurangi resiko kecelakaan dari depan dan mampu mendeteksi sepeda motor dan pejalan kaki. Lane/Roadside Departure Warning & Lane Departure Prevention Control membantu menjaga kendaraan tetap di jalur dan mampu mengoreksi arah kemudi.

    Kemudian ada Pedal Misoperation Control untuk mencegah kecelakaan akibat kesalahan pengoperasi pedal, Front Departure Alert yang memberikan peringatan saat kendaraan lain di depan mulai bergerak maju, dan Stagger Alarm sebagai peringatan untuk beristirahat saat mendeteksi pola berkendara yang tidak stabil akibat kelelahan.

    Garansi Daihatsu Rocky Hybrid

    PT Astra Daihatsu Motor (ADM) membawa Daihatsu Rocky hybrid dalam ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2025 di ICE BSD City, Tangerang, Rabu (23/7/2025). Foto: Rifkianto Nugroho

    Selain fitur keamanan, faktor lain yang memberikan ketenangan ke pemilik kendaraan adalah warranty atau garansi unit.

    Perlindungan dan ketenangan pelanggan selama masa kepemilikan Rocky Hybrid dijamin dengan garansi baterai Hybrid selama 8 tahun atau 160.000 KM, garansi kendaraan selama 3 tahun atau 100.000 KM, serta gratis jasa servis 5 kali hingga 50.000 KM.

    Seluruh bengkel resmi Daihatsu siap melayani perawatan dan penanganan teknis sepanjang periode kepemilikan. Hal tersebut tentu membuat konsumen Rocky Hybrid merasa tenang dan tak perlu merasa khawatir.

  • Airbus A320 Tergelincir Saat Mendarat Darurat di Rusia

    Airbus A320 Tergelincir Saat Mendarat Darurat di Rusia

    Moskow

    Sebuah pesawat penumpang jenis Airbus A320 tergelincir dari landasan saat melakukan pendaratan darurat di bandara utama kota Saint Petersburg di Rusia. Pendaratan darurat itu terpaksa dilakukan setelah pesawat mengalami kerusakan pada roda pendaratan.

    Insiden tersebut, seperti dilansir AFP, Senin (20/10/2025), terjadi pada Senin (20/10) pagi waktu setempat di Bandara Pulkovo, yang merupakan salah satu bandara tersibuk di Rusia.

    Laporan kantor berita RIA menyebut bahwa pesawat tersebut sedang mengudara ke Baku, ibu kota Azerbaijan, ketika kerusakan roda terjadi. Pesawat pun memutuskan untuk melakukan pendaratan darurat, yang diwarnai insiden pesawat tergelincir di landasan.

    Sebanyak 162 penumpang dan awal yang ada di dalam pesawat itu, menurut kantor berita RIA, tidak mengalami cedera apa pun setelah insiden pesawat tergelincir terjadi.

    Imbas dari insiden tersebut, Bandara Pulkovo sempat menangguhkan sejumlah penerbangan, sebelum kembali beroperasi normal pada Senin (20/10) pagi.

    Kantor berita RIA tidak menyebutkan lebih lanjut soal maskapai yang mengoperasikan pesawat Airbus A320 yang mendarat darurat tersebut.

    Keselamatan penerbangan telah menjadi sorotan dalam beberapa tahun terakhir, dengan persaingan ketat antara Airbus Prancis dan pesaingnya dari Amerika Serikat (AS), Boeing.

    Pesawat jenis Airbus A320 baru-baru ini, menurut data yang dirilis pekan lalu. menjadi pesawat komersial paling laris.

    Rusia telah mengambil langkah-langkah untuk beralih dari pesawat era Soviet ke pesawat jet modern seperti Airbus A320 dan Boeing 737 dalam beberapa tahun terakhir, karena rentetan kecelakaan yang melibatkan pesawat-pesawat yang menua.

    Lihat Video ‘Tergelincir Saat Mendarat di Hong Kong, Pesawat Kargo Nyebur ke Laut’:

    Halaman 2 dari 2

    (nvc/ita)

  • Ibu di Mojokerto Terlindas Truk Saat Antar Anak ke Sekolah, Meninggal

    Ibu di Mojokerto Terlindas Truk Saat Antar Anak ke Sekolah, Meninggal

    Mojokerto (beritajatim.com) – Kecelakaan lalu lintas tragis terjadi di Jalan Desa Sambiroto, Mlaten, Kecamatan Puri, Kabupaten Mojokerto, Senin (20/10/2025). Insiden yang melibatkan truk tronton bermuatan semen dan dua sepeda motor ini menewaskan seorang ibu dan melukai anaknya.

    Berdasarkan informasi di lapangan, kecelakaan bermula ketika sepeda motor Yamaha Aerox bernomor polisi S 3988 NCB yang dikendarai seorang pelajar melaju dari arah selatan ke utara. Dari arah berlawanan, datang sepeda motor Honda Beat bernopol S 6963 NS yang dikendarai korban, Ika Dwi Ratna Sari (39), warga Desa Sumbergirang, Kecamatan Puri. Saat itu, korban bersama anaknya hendak mengantar sang anak ke sekolah.

    Diduga korban berusaha menyalip truk tronton dari sisi kanan, namun pada saat bersamaan muncul motor Aerox dari arah berlawanan sehingga tabrakan tak terhindarkan. Tubuh korban terjatuh dan terlindas ban belakang truk bagian kanan. Ia meninggal di lokasi kejadian akibat luka serius di bagian kepala, sedangkan anaknya mengalami luka lecet.

    Petugas Unit Gakkum Satlantas Polres Mojokerto yang datang ke lokasi langsung melakukan olah tempat kejadian perkara (TKP). Petugas juga meminta keterangan sejumlah saksi serta mengamankan kendaraan yang terlibat untuk keperluan penyelidikan lebih lanjut.

    Salah satu saksi mata, Suriyono (50), menyebut korban sempat berusaha menyalip sebelum kehilangan kendali. “Dari arah utara hendak menyalip, tiba-tiba ada motor di depannya, dan korban jatuh lalu terlindas ban belakang truk,” ungkapnya.

    Sementara itu, sopir truk tronton bernama Yani (50) mengaku telah berusaha menghindar, namun jarak yang terlalu dekat membuat kecelakaan tak bisa dihindari. “Saya dari Jember mau ke toko Eli. Sepeda sama sepeda tabrakan terus jatuh ke kolong saya. Saya sudah coba menghindar tapi nggak bisa,” jelasnya.

    Korban dievakuasi ke kamar jenazah RSU Dr. Wahidin Sudiro Husodo Kota Mojokerto, sementara anaknya menjalani perawatan medis. Polisi masih melakukan penyelidikan untuk memastikan penyebab pasti kecelakaan dan memastikan apakah ada unsur kelalaian dari pihak pengemudi kendaraan yang terlibat. [tin/beq]

  • Kemnaker Tutup Pendaftaran Program Magang Nasional Batch I, 156 Ribu Calon Peserta Terdaftar – Page 3

    Kemnaker Tutup Pendaftaran Program Magang Nasional Batch I, 156 Ribu Calon Peserta Terdaftar – Page 3

    Liputan6.com, Jakarta Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) resmi menutup pendaftaran Program Pemagangan Nasional Tahun 2025 Batch I. Berdasarkan data yang dihimpun, tercatat 156.159 orang telah mendaftar sebagai calon peserta, sementara 1.668 perusahaan ikut berpartisipasi sebagai penyelenggara pemagangan.

    “Sejak program magang ini dibuka, animo dari masyarakat dan dunia usaha sangat luar biasa. Hal ini menunjukkan bahwa program pemagangan semakin dipercaya sebagai sarana efektif untuk menyiapkan tenaga kerja terampil dan berpengalaman,” ujar Wakil Menteri Ketenagakerjaan, Afriansyah Noor, melalui siaran pers Biro Humas Kemnaker, Kamis (16/10/2025).

    Wamenaker Afriansyah menyampaikan apresiasi atas tingginya partisipasi baik dari masyarakat maupun sektor usaha. Ia menilai bahwa pemagangan kini menjadi salah satu langkah strategis bagi angkatan kerja dalam meningkatkan kompetensi sekaligus kesiapan sebelum benar-benar terjun ke dunia industri.

    Wamenaker mengatakan, program ini melibatkan beragam sektor strategis, antara lain makanan dan minuman, industri kreatif dan digital, komunikasi dan informasi, sektor publik, manufaktur, pariwisata, logistik dan transportasi, pertanian, hingga jasa lainnya. 

    “Keberagaman sektor ini memperlihatkan bahwa dunia industri semakin terbuka terhadap konsep pemagangan sebagai sarana pembelajaran berbasis pengalaman kerja nyata,” tambah Wamenaker.

    Di tempat terpisah, Sekretaris Jenderal Kemnaker, Cris Kuntadi, menjelaskan bahwa Program Pemagangan Nasional Batch I dilaksanakan melalui beberapa tahapan. Pendaftaran perusahaan dan usulan program magang berlangsung pada 1–14 Oktober 2025, pendaftaran peserta pada 7–15 Oktober 2025, seleksi dan pengumuman peserta pada 16–18 Oktober 2025, dan pelaksanaan magang dijadwalkan mulai 20 Oktober 2025 hingga 19 April 2026.

    Pada Batch I ini, Kemnaker menyediakan kuota awal bagi 20.000 fresh graduate. Selama enam bulan masa pemagangan, peserta akan memperoleh uang saku setara upah minimum yang dibayarkan oleh pemerintah melalui bank-bank Himbara (BNI, BRI, BTN, Mandiri, dan BSI).

    “Selain uang saku, peserta magang juga akan memperoleh Jaminan Sosial Ketenagakerjaan (Jamsostek) yang mencakup Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK) dan Jaminan Kematian (JKM), pendampingan mentor dari perusahaan tempat magang, serta sertifikat bagi peserta yang menyelesaikan program secara penuh,” pungkas Sekjen Cris.