Kasus: kecelakaan

  • Truk Hantam Motor di Simpang Empat Ketapang Probolinggo, Satu Tewas di Tempat

    Truk Hantam Motor di Simpang Empat Ketapang Probolinggo, Satu Tewas di Tempat

    Probolinggo (beritajatim.com) – Kecelakaan lalu lintas tragis terjadi di Simpang Empat Jalan Raya Bromo – Jalan KH. Abdurrahman Wahid, Kelurahan Ketapang, Kecamatan Kademangan, Kota Probolinggo, Selasa (28/10/2025) malam sekitar pukul 20.45 WIB.

    Peristiwa maut ini melibatkan truk bernomor polisi DK-8360-EX yang dikemudikan Wiyono, dengan sepeda motor Honda N-6738-PR dikendarai Muhamad Novi dan penumpangnya Tafrin.

    Menurut keterangan Kanit Gakkum Satlantas Polres Probolinggo Kota, Ipda Muhammad Taufik Rahardian, kecelakaan berawal saat truk melaju dari arah selatan menuju utara. Diduga sopir truk kurang konsentrasi dan tidak memperhatikan situasi lalu lintas di depannya.

    “Sepeda motor saat itu sedang berhenti di lampu merah, menunggu giliran untuk berbelok ke arah timur. Truk yang melaju dari belakang langsung menabrak motor hingga keduanya terjatuh,” jelas Ipda Taufik.

    Benturan keras tersebut menewaskan Tafrin, penumpang sepeda motor, di lokasi kejadian. Sementara pengendara, Muhamad Novi, mengalami luka-luka dan dilarikan ke RSUD dr. Moch. Saleh Kota Probolinggo untuk mendapatkan perawatan medis.

    Polisi telah melakukan olah tempat kejadian perkara (TKP) dan mengamankan barang bukti guna menyelidiki penyebab pasti kecelakaan.

    “Kasus ini menjadi pengingat pentingnya kewaspadaan dan disiplin dalam berkendara, terutama di area persimpangan padat lalu lintas. Kami mengimbau masyarakat untuk selalu mematuhi rambu dan menghindari penggunaan ponsel saat mengemudi,” tegas Taufik. (ada/ian)

  • Christiano Bawa BMW Tabrak Mahasiswa UGM Baca Pleidoi: Saya Tak Larikan Diri

    Christiano Bawa BMW Tabrak Mahasiswa UGM Baca Pleidoi: Saya Tak Larikan Diri

    Sleman

    Christiano Tarigan, membacakan pleidoi dalam sidang kasus kecelakaan lalu lintas yang menewaskan mahasiswa Universitas Gadjah Mada (UGM) Argo Ericko Achfandi. Dia memohon keringanan hukuman.

    Dalam pembelaannya, Christiano menegaskan bahwa kecelakaan lalu lintas yang terjadi di Jalan Raya Palagan, Yogyakarta pada 24 Mei lalu terjadi tanpa niat dan bukan karena kelalaiannya.

    “Sesaat setelah kecelakaan terjadi, saya tidak melarikan diri. Saya justru menghampiri korban, memeriksa keadaannya, dan berusaha mencari pertolongan,” kata Christiano di depan majelis hakim PN Sleman yang diketuai Irma Wahyuningsih di Pengadilan Negeri Sleman, dilansir detikJogja, Selasa (28/10/2025).

    Christiano menyampaikan penyesalan mendalam atas peristiwa tersebut. Dia yang kini telah mengundurkan diri sebagai mahasiswa Fakultas Ekonomika dan Bisnis UGM itu mengaku peristiwa ini telah mengubah jalan hidupnya.

    “Saya memohon agar diberi ruang untuk memperbaiki diri,” katanya.

    Sementara itu, tim kuasa hukum juga menolak dakwaan jaksa yang menjerat Christiano dengan Pasal 310 ayat (4) atau Pasal 311 ayat (5) Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan.

    Baca selengkapnya di sini

    (idh/imk)

  • Bea Balik Nama Mobil Bekas Dihapus, Ini 6 Biaya yang Tetap Dibayar

    Bea Balik Nama Mobil Bekas Dihapus, Ini 6 Biaya yang Tetap Dibayar

    Jakarta

    Bea balik nama mobil bekas dihapus. Kendati demikian, ada beberapa komponen pajak yang tetap harus dibayar. Berikut ini rinciannya.

    Bea balik nama mobil bekas sudah tak dikenakan biaya lagi. Buat kamu yang baru beli mobil bekas dan mau balik nama, ini merupakan kesempatan emas. Sebab, biaya yang dikeluarkan jadi lebih ringan.

    Kebijakan bea balik nama kendaraan bekas gratis ini berlaku di semua provinsi di Indonesia. Soalnya, kebijakan itu merupakan amanat Undang-Undang No. 1 Tahun 2022 tentang Hubungan Keuangan Antara Pemerintah Pusat dan Pemerintah Daerah (HKPD). Tertulis pada Pasal 12 ayat (1) Undang-Undang No. 1 Tahun 2022, Objek BBNKB adalah penyerahan pertama atas Kendaraan Bermotor. Artinya, yang kena balik nama adalah kendaraan baru, sedangkan kendaraan bekas tak lagi kena biaya.

    Meski demikian, kamu masih akan tetap keluar duit ya saat balik nama mobil bekas. Soalnya ada komponen pajak lain yang tetap harus dibayar meski bea balik nama sudah dihapuskan. Biaya yang dimaksud berupa PNBP untuk penerbitan STNK, TNKB, dan BPKB yang baru. Bila kendaraan tersebut pindah daerah, maka kamu harus juga mengeluarkan biaya mutasi. Selain itu, ada juga PKB (Pajak Kendaraan Bermotor) pokok yang dibayarkan untuk tahun berikutnya.

    6 Biaya yang Harus Dibayar saat Balik Nama Mobil Bekas

    Pertama ada PKB dan Opsen PKB. PKB dan opsen tergantung dengan kendaraannya. Kamu bisa melihat/memperkirakan besaran PKB di lembar STNK. Jika ada keterlambatan pembayaran pajak sebelumnya, maka akan ada denda PKB.

    Kedua, adalah SWDKLLJ (Sumbangan Wajib Dana Kecelakaan Lalu Lintas Jalan). Untuk mobil, biasanya dikenakan tarif Rp 143.000. Ketiga ada biaya penerbitan STNK, Rp 200.000 untuk kendaraan roda empat atau lebih. Keempat, ada biaya penerbitan pelat nomor alias TNKB (Tanda Nomor Kendaraan Bermotor) Rp 100.000 untuk kendaraan roda empat atau lebih.

    Kelima ada biaya penerbitan BPKB dengan tarif Rp 375.000 untuk mobil. Terakhir ada biaya mutasi bila mobil terdaftar di wilayah berbeda. Biaya penerbitan surat mutasi ke luar daerah Rp 250.000 untuk kendaraan roda empat atau lebih.

    (dry/din)

  • Jaga Keselamatan Operasionalnya, Kilang Pertamina Diganjar Subroto Award 2025

    Jaga Keselamatan Operasionalnya, Kilang Pertamina Diganjar Subroto Award 2025

    Liputan6.com, Jakarta Kilang Pertamina Internasional (KPI) berhasil meraih penghargaan Subroto Award 2025 di Bidang Keselamatan Migas dan Optimalisasi Gas Suar. (Jumat, 24/10). Penghargaan itu diraih oleh dua unit operasi KPI, yakni Kilang Plaju dan Kilang Balongan.

    Subroto Award merupakan penghargaan tertinggi dari Kementerian Energi dan Sumber daya Mineral (ESDM) dan diberikan kepada BUMN dan sejumlah pihak yang telah memajukan sektor energi dan sumber daya mineral di Indonesia.

    Pjs. Corporate Secretary KPI, Edward Manaor Siahaan mengatakan, penghargaan ini menunjukkan komitmen KPI untuk mengutamakan aspek keselamatan dalam operasional kilang, yang merupakan sektor strategis dan berperan penting dalam ketahanan energi nasional. Menurutnya, keselamatan dalam sektor minyak dan gas (migas) bukan sekadar kewajiban untuk mematuhi peraturan, melainkan budaya kerja yang terus ditanamkan di seluruh unit operasi KPI.

    “Keselamatan kerja dalam operasional kilang merupakan salah satu aspek penting yang menjadi perhatian KPI. Kami menyadari bekerja di dunia migas termasuk kilang memiliki resiko tinggi. Penghargaan Subroto Award 2025 ini telah menegaskan kalau KPI memiliki komitmen tinggi dalam aspek keselamatan dalam menjaga keberlangsungan bisnis energi nasional,” ujar Edward.

    Edward menambahkan, untuk memastikan keselamatan terimplementasi baik di lingkungan perusahaan di semua level, KPI menerapkan aspek Health, Safety, Security, and Environment (HSSE) melalui pendekatan holistik. Hal ini mencakup faktor psikologis, sosial, dan teknis dalam menjaga keselamatan kerja dan telah menjadi standar operasional utama di seluruh unit kilang. Dalam pandangan Edward, budaya HSSE bukan hanya sebatas slogan, melainkan bagian dari identitas setiap pekerja dan mitra KPI.

    Untuk memperkuat aspek keselamatan dalam operosional kilang, KPI juga telah meluncurkan Process Safety Asset Integrity Management System (PSAIMS). Ini merupakan sebuah sistem manajemen keselamatan proses yang terintegrasi dengan keandalan operasional kilang. Edward menjelaskan, sistem ini dirancang untuk mencegah gangguan operasional, mengurangi potensi kecelakaan kerja, dan memastikan seluruh aset kilang berfungsi optimal.

  • Kecelakaan Pesawat Kecil di Kenya, 11 Orang Tewas

    Kecelakaan Pesawat Kecil di Kenya, 11 Orang Tewas

    Nairobi

    Sebuah pesawat kecil mengalami kecelakaan di Kenya. Sebanyak 11 orang dilaporkan tewas dalam kecelakaan itu.

    Dilansir AFP, Selasa (28/10/2025), pesawat kecil itu sedang dalam perjalanan dari pusat wisata Diani ke Kichwa Tembo, sebuah landasan udara yang terletak di Taman Nasional Maasai Mara. Pesawat dilaporkan jatuh sekitar pukul 05.30 waktu setempat.

    Ketua Mombasa Air Safari, John Cleave, mengonfirmasi kecelakaan tersebut. Dia mengatakan terdapat 10 penumpang yang terdiri dari 8 warga Hongaria, 2 warga Jerman, beserta 1 kapten pesawat berkebangsaan Kenya.

    “Sayangnya, tidak ada yang selamat,” ujar Cleave dalam sebuah pernyataan, seraya menambahkan bahwa mereka telah mengaktifkan tim tanggap darurat dan bekerja sama dengan pihak berwenang setempat.

    “Doa dan hati kami menyertai semua yang terdampak oleh peristiwa tragis ini,” demikian pernyataan tersebut.

    Foto dan video yang dibagikan oleh media lokal menunjukkan sisa-sisa pesawat yang hangus di tengah hutan lebat dan semak belukar.

    Perdana Menteri Hongaria Viktor Orban dalam sebuah pernyataan menyampaikan “belasungkawa yang tulus” kepada keluarga korban kecelakaan.

    Ia menambahkan, bahwa pemerintah Kenya telah berkomunikasi dengan pihak berwenang Kenya terkait tragedi tersebut.

    (lir/dek)

  • Terungkap! Poin-Poin Penting Rancangan Perpres Ojol, Ini Bocorannya

    Terungkap! Poin-Poin Penting Rancangan Perpres Ojol, Ini Bocorannya

    Bisnis.com, JAKARTA — Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) memastikan bahwa rancangan peraturan presiden (perpres) mengenai ojek online (online) akan mengatur perihal jaminan sosial bagi pengemudi.

    Menteri Ketenagakerjaan (Menaker) Yassierli menyampaikan bahwa rancangan perpres tersebut akan dibentuk untuk mengisi sementara kekosongan regulasi ojol. Pasalnya, aturan dalam bentuk rancangan undang-undang (RUU) baru akan dibahas pada tahun depan.

    “Perhatian Kemnaker adalah kepada jaminan sosial dari teman-teman pengemudi online. Kami ingin memastikan satu, jaminan sosialnya ada,” kata Yassierli dalam temu media di Kantor Kemnaker, Jakarta Selatan, Selasa (28/10/2025).

    Lebih lanjut, Kemnaker menyatakan bahwa regulasi tersebut akan mencakup jaminan kecelakaan kerja (JKK) hingga jaminan kematian (JKM) bagi pengemudi ojek daring.

    Yassierli lantas menyatakan bahwa akan ada pengaturan yang lebih transparan mengenai hubungan kerja antara pengemudi atau driver ojol dan aplikator.

    Kendati demikian, dia menyatakan bahwa perumusan regulasi terbaru itu tidak hanya menjadi wewenang Kemnaker, melainkan juga mencakup kementerian lainnya. Hal ini juga berlaku bagi RUU terkait.

    “Undang-undangnya kan baru diusulkan, itu pun belum ditentukan sebagai inisiatif dari DPR atau pemerintah. Sudah masuk list untuk tahun depan, nanti kita lihat sama-sama,” ujar Yassierli.

    Diberitakan sebelumnya, Presiden Prabowo Subianto akan mengeluarkan peraturan presiden (perpres) yang mengatur kesejahteraan para pengemudi driver ojek online pada tahun ini.

    Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg) Prasetyo Hadi menjelaskan bahwa hal ini merupakan tindak lanjut dari Sidang Kabinet Paripurna yang meminta agar perusahaan besar penyedia jasa ojek daring untuk membahas kesejahteraan pengemudi dan persaingan usaha yang adil.

    Regulasi ini disebutnya akan mencakup berbagai aspek, mulai dari status kerja pengemudi, pengaturan tarif, hingga perlindungan sosial bagi para mitra ojol.

    “Secepatnya, [tahun ini] sangat mungkin. Sudah ada, tinggal beberapa yang masih kami harus cari titik temunya,” kata Prasetyo Hadi saat ditemui di Kantor Kemensesneg, Jumat (24/10/2025).

  • Tekan Kecelakaan Siswa, DPRD Surabaya Dorong Penambahan Bus Sekolah Gratis

    Tekan Kecelakaan Siswa, DPRD Surabaya Dorong Penambahan Bus Sekolah Gratis

    Jakarta – Anggota Komisi C DPRD Surabaya, Herlina Harsono Njoto mendorong penambahan armada bus sekolah untuk memperluas layanan transportasi gratis bagi pelajar. Usulan ini dinilai tidak hanya untuk membantu siswa yang bersekolah lintas zona, tetapi juga menekan angka kecelakaan di jalan raya.

    Herlina menilai, keberadaan bus sekolah dapat mempermudah mobilitas pelajar, khususnya siswa SMP dan SMA yang kerap bersekolah cukup jauh dari rumah.

    “Tidak semua siswa sekolah berasal dari jalur zonasi yang jarak tempat tinggalnya dekat. Ada pula dari jalur prestasi, nah yang paling banyak memanfaatkan bus sekolah selama ini memang siswa SMP dan SMA terutama yang rumahnya jauh dari sekolah,” ujar Herlina dalam keterangan tertulis, Selasa (28/10/2025).

    Menurutnya, banyak pelajar yang akhirnya harus bersekolah cukup jauh demi menyesuaikan dengan prestasi yang dimiliki. Kondisi itu membuat kehadiran bus sekolah menjadi solusi nyata. Dengan ini, pelajar tidak perlu menggunakan kendaraan pribadi yang berpotensi meningkatkan risiko di jalan.

    “Biasanya anak-anak ini sekolahnya jauh dari rumah karena mengejar sekolah yang sesuai dengan prestasinya. Jadi jarak rumah ke sekolah bisa lumayan jauh. Nah, bus sekolah ini sangat membantu mereka, selain gratis juga jauh lebih aman,” tambah Herlina.

    Lebih lanjut, Herlina mengatakan saat ini sudah ada beberapa bus sekolah yang rutin beroperasi tiap harinya. Namun, jika penambahan armada ini terealisasi, cakupan layanan bisa semakin luas dan semakin banyak pelajar lintas zona yang bisa merasakan manfaatnya.

    “Kalau rute bertambah, tentu makin banyak siswa yang bisa dijangkau. Kita ingin semua anak Surabaya merasa aman dan nyaman berangkat ke sekolah,” katanya.

    Usulan Tambahan Bus Sekolah untuk Tekan Angka Kecelakaan

    Diketahui, saat ini Pemkot Surabaya sendiri telah memiliki 9 unit bus sekolah yang melayani 7 rute utama, di antaranya Dukuh Menanggal-Wijaya Kusuma, Rungkut-Wijaya Kusuma, Tandes-Wijaya Kusuma, Romokalisari, SDN Greses, Dinsos Rias-Wonorejo, dan Liponsos-UHW Perbanas. Setiap rute rata-rata melewati tiga hingga empat sekolah.

    Ketua Komisi C DPRD Surabaya, M. Eri Irawan mengungkapkan bahwa selain memudahkan mobilitas pelajar, keberadaan bus sekolah turut berkontribusi dalam menekan angka kecelakaan dan kemacetan di Surabaya.

    “Yang jelas, bus sekolah ini membantu pelajar karena gratis. Tapi yang paling penting, bisa menekan risiko kecelakaan di jalan sekaligus mengurangi kemacetan, terutama di jam-jam sibuk,” ungkapnya.

    Eri pun menyebut pihaknya telah mengusulkan tambahan anggaran sebesar Rp3 miliar untuk pengadaan dua unit bus sekolah baru dan biaya operasionalnya.

    “Satu unit untuk mengganti bus yang sudah tidak layak, satu lagi untuk menambah rute. Jadi dari 7 rute akan menjadi 8,” jelas Eri.

    (prf/ega)

  • Catat! Menaker Tegaskan Tak Ada BSU Tahap Kedua di Tahun Ini

    Catat! Menaker Tegaskan Tak Ada BSU Tahap Kedua di Tahun Ini

    Bisnis.com, JAKARTA — Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) menegaskan tidak ada rencana pemerintah untuk kembali menyalurkan bantuan subsidi upah (BSU) pada sisa tahun ini.

    Menteri Ketenagakerjaan (Menaker) Yassierli menjelaskan bahwa hal ini disampaikan seiring masih adanya informasi yang beredar di masyarakat bahwa BSU akan kembali disalurkan pada Oktober 2025.

    “Saya tegaskan kembali, tidak ada sampai sekarang BSU tahap kedua,” kata Yassierli dalam temu media di Kantor Kemnaker, Jakarta Selatan, Selasa (28/10/2025).

    Lebih lanjut, dia menyampaikan bahwa Kemnaker telah menyalurkan BSU kepada 15,25 juta orang sepanjang Juni dan Juli lalu.

    Hal ini disebut Yassierli sebagai bagian dari pelaksanaan program peningkatan kesejahteraan buruh pada tahun pertama pemerintahan yang dipimpin Presiden Prabowo Subianto dan Wakil Presiden Gibran Rakabuming Raka.

    Selain itu, terdapat pula kenaikan upah minimum provinsi (UMP) 2025 sebesar 6,5%, pemberian bonus hari raya bagi pengemudi dan kurir online, hingga diskon 50% jaminan kecelakaan kerja (JKK) dan JKM (jaminan kematian).

    “Ada BSU yang ini penugasannya juga kepada kami, disalurkan kepada 15,2 juta orang. Alhamdulillah selsai pada bulan Juni dan Juli,” tuturnya.

    Berdasarkan catatan Bisnis, penyaluran BSU diatur dalam Peraturan Menteri Ketenagakerjaan (Permenaker) No.5/2025 tentang Pedoman Pemberian Bantuan Pemerintah Berupa Subsidi Gaji/Upah Bagi Pekerja/Buruh.

    BSU senilai Rp600.000 untuk dua bulan diberikan kepada pekerja dengan beberapa syarat, yang pertama adalah Warga Negara Indonesia (WNI) yang dibuktikan dengan kepemilikan nomor induk kependudukan.

    Selain itu, calon penerima juga harus merupakan peserta aktif program jaminan sosial ketenagakerjaan BPJS Ketenagakerjaan sampai dengan April 2025; dan menerima gaji/upah paling banyak Rp3,5 juta per bulan.

    Pemberian BSU dikecualikan bagi aparatur sipil negara (ASN), prajurit Tentara Nasional Indonesia (TNI), dan anggota kepolisian (Polri).

  • 8 Pekerjaan Rumah yang Jangan Dilakukan pada Malam Hari

    8 Pekerjaan Rumah yang Jangan Dilakukan pada Malam Hari

    Jakarta, Beritasatu.com – Larangan melakukan pekerjaan rumah pada malam hari bukan hanya soal kepercayaan, tetapi juga menyangkut kenyamanan, keamanan, dan efisiensi energi di rumah.

    Saat malam tiba, tubuh dan lingkungan sekitar idealnya digunakan untuk beristirahat. Namun, banyak orang justru memilih menyelesaikan tugas rumah tangga pada waktu ini.

    Padahal, beberapa pekerjaan rumah sebaiknya ditunda hingga pagi hari karena berisiko menimbulkan gangguan, kecelakaan, atau pemborosan listrik.

    Berikut ini delapan jenis pekerjaan rumah yang sebaiknya dihindari pada malam hari agar rumah tetap aman dan nyaman.

    Jenis Pekerjaan Rumah yang Jangan Dilakukan pada Malam Hari

    1. Membersihkan jendela

    Membersihkan jendela sebaiknya dilakukan saat siang hari karena cahaya alami membantu mendeteksi noda dan goresan. Pada malam hari, cahaya lampu justru menciptakan bayangan yang membuat kotoran sulit terlihat.

    Akibatnya, hasil pembersihan tidak maksimal dan esok hari kamu mungkin menemukan banyak bekas noda. Waktu terbaik untuk membersihkan jendela adalah pagi atau siang ketika matahari sedang terang.

    2. Menyedot debu

    Larangan pekerjaan rumah pada malam hari juga berlaku untuk menyedot debu. Suara vacuum cleaner tergolong bising dan bisa mengganggu waktu istirahat keluarga atau tetangga.

    Bahkan robot vacuum tetap menghasilkan suara berfrekuensi rendah yang tidak nyaman. Jika perlu membersihkan cepat, gunakan sapu atau alat pembersih manual dengan suara lebih lembut.

    3. Mengepel lantai

    Mengepel lantai malam hari bisa berisiko karena lantai licin berpotensi menyebabkan orang terpeleset, terutama jika ada yang berjalan tanpa alas kaki saat malam.

    Selain itu, pencahayaan yang minim membuat kotoran sulit terlihat sehingga hasilnya kurang bersih. Jika ada tumpahan kecil, cukup bersihkan bagian itu saja tanpa mengepel seluruh ruangan.

    4. Merapikan barang atau memindahkan furnitur

    Kadang muncul dorongan untuk menata ulang furnitur di malam hari, tetapi kegiatan ini dapat menimbulkan suara gesekan atau benturan keras yang mengganggu orang lain yang sedang tidur.

    Selain itu, aktivitas fisik berat seperti mengangkat barang di malam hari bisa meningkatkan risiko cedera karena pencahayaan kurang optimal.

    5. Membersihkan dapur secara menyeluruh

    Membersihkan meja makan setelah makan malam memang wajar. Namun, aktivitas berat di dapur seperti menyalakan oven, membersihkan kulkas, atau menggunakan dishwasher sebaiknya dihindari pada malam hari.

    Suara alat elektronik bisa mengganggu tidur, sementara penggunaan listrik tanpa pengawasan berisiko menyebabkan korsleting.

    6. Mencuci pakaian

    Mencuci pakaian malam hari sering dianggap efisien, padahal suara mesin cuci dan pengering cukup keras dan dapat mengganggu istirahat.

    Selain itu, menjalankan mesin listrik saat malam berpotensi berbahaya jika terjadi korsleting tanpa ada yang menyadari. Lebih baik mencuci pada pagi atau sore hari agar aman dan efisien.

    7. Menyetrika pakaian

    Menyetrika di malam hari bisa menimbulkan risiko karena lampu yang redup dapat membuat kamu melewatkan lipatan atau membakar kain tanpa sadar.

    Selain itu, penggunaan setrika listrik dalam waktu lama meningkatkan konsumsi energi dan risiko panas berlebih. Jadwalkan kegiatan ini pada siang hari saat kamu lebih fokus dan bertenaga.

    8. Memasak makanan berat

    Memasak hidangan berat di malam hari bisa memicu kelelahan, bau yang menempel di rumah, serta risiko kelalaian seperti kompor lupa dimatikan.

    Jika merasa lapar, cukup siapkan camilan ringan atau makanan cepat saji yang tidak membutuhkan proses memasak panjang.

    Tip Mengatur Jadwal Pekerjaan Rumah agar Lebih EfisienBuat daftar tugas harian agar tahu pekerjaan mana yang harus dilakukan lebih dahulu.Susun jadwal mingguan untuk mencuci, mengepel, dan membersihkan rumah agar pekerjaan tidak menumpuk.Gunakan aplikasi pengingat di ponsel untuk membantu konsistensi waktu.Tetapkan jam khusus pada pagi atau sore hari untuk kegiatan rumah tangga.Libatkan seluruh anggota keluarga agar beban tidak hanya ditanggung satu orang.Gunakan alat pembersih modern untuk menghemat waktu dan energi.Fleksibel terhadap perubahan jika ada kondisi mendadak, namun tetap jaga waktu istirahat malam.

    Menjalankan pekerjaan rumah memang tanggung jawab setiap hari, tetapi memahami larangan pekerjaan rumah pada malam hari penting untuk menjaga kualitas hidup. Delapan aktivitas di atas sebaiknya dihindari saat malam agar tidak mengganggu kenyamanan, mencegah kecelakaan, serta menjaga efisiensi energi.

  • Menaker Ungkap Capaian 1 Tahun Prabowo: BSU, UMP Naik, dan Diskon BPJS

    Menaker Ungkap Capaian 1 Tahun Prabowo: BSU, UMP Naik, dan Diskon BPJS

    Jakarta, Beritasatu.com – Kementerian Ketenagakerjaan (Kemenaker) memaparkan sejumlah capaian selama 1 tahun pemerintahan Presiden Prabowo Subianto. Berbagai kebijakan dan program pro pekerja berhasil dijalankan, termasuk lanjutan program positif dari pemerintahan sebelumnya.

    Menteri Ketenagakerjaan (Menaker) Yassierli mengakui, sektor ketenagakerjaan Indonesia menghadapi tantangan besar, dengan jumlah angkatan kerja mencapai 146 juta orang. Dari total tersebut, 40% merupakan pekerja formal, sedangkan 60% lainnya bekerja pada sektor informal.

    “Terkait peningkatan kesejahteraan buruh, tantangannya memang tidak mudah,” ujarnya di kantor Kemenaker, Jakarta, Selasa (28/10/2025).

    Menurut Yassierli, pemerintah telah menetapkan kenaikan UMP 2025 sebesar 6,5% sebagai bentuk komitmen untuk meningkatkan kesejahteraan pekerja di seluruh Indonesia.

    Inovasi lain adalah penerapan bonus hari raya (BHR) bagi pekerja mitra, seperti driver ojek online dan kurir marketplace. BHR ini diberikan pada momen Idulfitri sebagai bentuk penghargaan terhadap kontribusi mereka dalam perekonomian digital.

    Yassierli menjelaskan, program BSU juga kembali dijalankan tahun ini. Pemerintah memberikan bantuan tunai sebesar Rp 300.000 per bulan selama dua bulan, dibayarkan sekaligus sebesar Rp 600.000.

    Bantuan ini diprioritaskan bagi 15,2 juta pekerja yang berpenghasilan di bawah Rp 3,5 juta per bulan dan belum menerima program keluarga harapan (PKH). “Alhamdulillah, BSU sudah disalurkan pada Juni dan Juli,” ungkap Yassierli.

    Melalui BPJS Ketenagakerjaan, pemerintah memberikan diskon 50% iuran jaminan kecelakaan kerja (JKK) dan jaminan kematian (JKM) bagi sektor padat karya. Kebijakan ini berlaku sejak 13 Oktober 2024 hingga Desember 2025, sesuai Permenaker Nomor 10 Tahun 2024, guna membantu perusahaan yang terdampak tekanan ekonomi tanpa mengurangi perlindungan pekerja.

    Selain itu, Kemenaker bekerja sama dengan Kementerian Perumahan dan Kawasan Permukiman (PKP) serta Badan Pusat Statistik (BPS) untuk menyediakan rumah subsidi bagi buruh dan pekerja. Kolaborasi ini diharapkan dapat memperkuat kesejahteraan pekerja sekaligus mendorong pertumbuhan ekonomi nasional.

    “Subsidi rumah ini adalah contoh nyata pendekatan kesejahteraan yang kami dorong,” tutup Yassierli.