Kasus: kecelakaan

  • Black Box Pesawat Kargo UPS yang Jatuh di Kentucky AS Ditemukan

    Black Box Pesawat Kargo UPS yang Jatuh di Kentucky AS Ditemukan

    Jakarta

    Investigator keselamatan federal Amerika Serikat (AS) berhasil menemukan black box atau kotak hitam pesawat kargo UPS yang jatuh dan terbakar saat lepas landas dari Bandara Louisville, Kentucky. Kecelakaan ini mengakibatkan 11 orang tewas.

    Dilansir Reuters, Kamis (6/11/2025), Anggota Dewan Keselamatan Transportasi Nasional (NTSB), Todd Inman, mengatakan api muncul pertama kali di sayap kiri pesawat hingga membuat salah satu dari tiga mesin pesawat terlepas. Pesawat kargo MD-11 itu sedang menuju Honolulu.

    Pesawat itu menghantam sejumlah bangunan tepat di luar bandara. Ketika jatuh, pesawat itu langsung terbakar hingga memicu serangkaian kobaran api dan menyebarkan puing-puing.

    Kecelakaan dan kebakaran itu membuat bandara ditutup sementara pada malam kecelakaan itu. Kecelakaan itu juga mengganggu operasional bandara di fasilitas UPS Worldport, pusat kargo global perusahaan untuk pengiriman udaranya ke seluruh dunia, sehingga memperlambat layanan pengiriman.

    Dalam pengarahan NTSB, Inman mengatakan perekam data penerbangan dan perekam suara kokpit dirancang untuk menahan benturan tabrakan dan panas yang hebat akibat kebakaran, dan keduanya tampak utuh ketika ditemukan di antara puing-puing kecelakaan.

    Lihat juga Video: Citra Satelit: Jejak Kecelakaan Pesawat Kargo UPS di Kentucky

    (zap/isa)

  • Bikin Kaget! Tanpa Insentif Pajak Denza D9 Tembus Segini

    Bikin Kaget! Tanpa Insentif Pajak Denza D9 Tembus Segini

    Jakarta

    Dengan harga nyaris Rp 1 miliar, pajak Denza D9 tak sampai Rp 150 ribu berkat adanya insentif. Kalau tanpa insentif, pajak tahunannya bikin kaget.

    Mobil listrik Denza D9 bikin gebrakan di segmen MPV premium Tanah Air. Harga jualnya jauh lebih murah dari MPV premium sekelasnya. Khususnya MPV premium yang masih mengusung mesin konvensional sekelas Toyota Alphard. Denza D9 dibanderol Rp 950 juta sejak peluncuran perdana pada Februari 2025. Lebih menariknya lagi, pajak tahunannya juga jauh lebih murah.

    Pajak Tahunan Denza D9

    Berdasarkan laman informasi data kendaraan dan pajak kendaraan bermotor Pemprov DKI Jakarta, Denza D9 tahun 2025, instrumen pajak mobil listrik dengan NJKB Rp 739 juta itu nol. Pemilik cuma perlu membayar Sumbangan Wajib Dana Kecelakaan Lalu Lintas dan Jalan (SWDKLLJ) sebesar Rp 143 ribu. Berikut ini rinciannya:

    PKB Pokok: Rp 0
    SWDKLLJ: Rp 143 ribu

    Kalau dibandingkan dengan Toyota Alphard, pajak tahunan Denza D9 itu bak langit dan bumi. Sebagai perbandingan sesama MPV premium Toyota Alphard, pajak tahunannya bisa tembus Rp 26 juta untuk versi hybrid. Sekadar informasi, mobil listrik memang mendapat keringanan pajak. PKB (Pajak Kendaraan Bermotor) ditetapkan 0 persen dari dasar pengenaan PKB (DP PKB). Hal itu tertuang pada Peraturan Menteri Dalam Negeri nomor 8 tahun 2024 tentang Dasar Pengenaan Pajak Kendaraan Bermotor, Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor, dan Pajak Alat Berat tahun 2024 pasal 10.

    “Pengenaan PKB (Pajak Kendaraan Bermotor) KBL Berbasis Baterai untuk orang, barang, angkutan umum orang, dan angkutan umum barang ditetapkan sebesar 0 persen dari dasar pengenaan PKB dan BBNKB,” demikian penjelasannya.

    Jadi nggak heran kalau pajak Denza D9 bisa semurah itu meski banderolnya nyaris Rp 1 miliar. Tapi yang bikin penasaran kalau tak dapat insentif berapa ya pajaknya? Pajak tahunan itu bisa dihitung dengan mengalikan Dasar Pengenaan Pajak Kendaraan Bermotor (DP PKB) dengan tarif pajak yang berlaku di suatu daerah. Di Jakarta misalnya, tarif PKB yang dikenakan terhadap kendaraan pertama adalah 2 persen. Tarif 2 persen itu dikalikan dengan DP PKB yang berlaku untuk salah satu model kendaraan yang tercantum dalam Permendagri setiap tahunnya.

    Hitungan Pajak Tahunan Denza D9 tanpa Insentif

    Maka mengacu pada Peraturan Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia nomor 7 tahun 2025 tentang Dasar Pengenaan Pajak Kendaraan Bermotor, Bea Balik Nama, Kendaraan Bermotor, dan Pajak Alat Berat tahun 2025, DP PKB Denza D9 sebesar 775,95 juta. Bila kendaraan terdaftar di Jakarta sebagai kendaraan pertama, maka dikenakan tarif 2 persen.

    Dengan demikian hitungan pajaknya sebagai berikut

    PKB Pokok : DP PKB x tarif PKB
    : Rp 775,95 juta x 2%
    : Rp 15,519 juta

    Selanjutnya selain PKB pokok, pembayaran pajak tahunan juga ada tarif SWDKLLJ. Nah untuk mobil tarifnya Rp 143 ribu. Dengan demikian pajak tahunan mobil termurah di Indonesia yang terdaftar sebagai kendaraan pertama di Jakarta sebagai berikut.

    PKB Pokok: Rp 15,519 jutaSWDKLLJ: Rp 143 ribuTotal: Rp 15,662 juta

    Nah itu tadi hitungan pajak tahunan Denza D9 bila tak dikenai insentif. Kendati demikian, dalam aturan tak dijelaskan soal masa berlaku kebijakan pajak mobil listrik. Bila tak ada perubahan aturan lagi, artinya pajak mobil listrik murah itu bisa berlaku selamanya.

    (dry/din)

  • Truk Pengangkut AMDK Asing Kelebihan Muatan Bikin Jalan Rusak, Negara Rugi Miliaran Rupiah

    Truk Pengangkut AMDK Asing Kelebihan Muatan Bikin Jalan Rusak, Negara Rugi Miliaran Rupiah

    Subang: Perusahaan air minum dalam kemasan (AMDK), multinasional terbesar kembali disorot, kali ini gegara praktik pengangkutan dengan muatan berlebih (Over Dimension Over Loading) alias ODOL.

    Praktik ini dinilai menjadi salah satu penyebab utama kerusakan jalan dan menimbulkan kerugian negara hingga miliaran rupiah setiap tahun. Isu ini mencuat setelah Gubernur Jawa Barat Dedi Mulyadi melakukan inspeksi mendadak ke pabrik perusahaan tersebut yang berada di Subang pada 21 Oktober 2025. 

    Dedi menunjuk langsung sebuah truk dan bertanya, “Ini sekali angkut bebannya berapa?” Jawabannya sangat mengejutkan, truk tersebut mengangkut muatan seberat 14 ton, padahal batas muatan yang diizinkan hanya 5 ton. 

    Artinya, truk itu membawa beban hampir tiga kali lipat dari kemampuannya. Ia menilai kelebihan muatan tidak hanya mempercepat kerusakan jalan provinsi, tetapi juga meningkatkan risiko kecelakaan lalu lintas.

    Penelitian Komite Penghapusan Bensin Bertimbal (KPBB) pada 2021 menemukan pelanggaran serupa di jalur Sukabumi–Bogor. Studi itu mencatat seluruh truk pengangkut AMDK yang diamati membawa muatan melebihi batas. 

    KPBB memperkirakan praktik tersebut menghemat biaya logistik perusahaan hingga Rp480 miliar per tahun, namun berpotensi menimbulkan kerugian besar bagi infrastruktur publik.

    Dampak ODOL juga terlihat pada sejumlah kecelakaan fatal. Pada Februari 2025, sebuah truk pengangkut galon kehilangan kendali di Gerbang Tol Ciawi, Bogor, dan menewaskan delapan orang. Dugaan awal menunjukkan rem blong akibat kelebihan muatan sebagai salah satu faktor penyebab.
     

    Menanggapi temuan tersebut, pihak perusahaan menyatakan bahwa sebagian besar armada distribusi dikelola oleh perusahaan logistik pihak ketiga. Namun, sejumlah pengamat transportasi menilai tanggung jawab tetap berada pada perusahaan utama untuk memastikan kepatuhan terhadap peraturan keselamatan dan batas muatan.

    Pemerintah daerah dan lembaga terkait kini mendesak agar ada langkah tegas dalam penegakan hukum terhadap praktik ODOL, terutama pada sektor logistik perusahaan besar. Menurut data dari Komisi V DPR RI, biaya pemeliharaan jalan yang dilalui truk bermuatan berlebih menelan biaya hingga 40 triliun rupiah setiap tahun.

    Selama praktik ODOL masih dibiarkan, jalan-jalan utama di berbagai daerah diperkirakan akan terus rusak lebih cepat dari umur teknisnya—dan biaya perbaikannya, pada akhirnya, kembali ditanggung oleh negara.

    Subang: Perusahaan air minum dalam kemasan (AMDK), multinasional terbesar kembali disorot, kali ini gegara praktik pengangkutan dengan muatan berlebih (Over Dimension Over Loading) alias ODOL.
     
    Praktik ini dinilai menjadi salah satu penyebab utama kerusakan jalan dan menimbulkan kerugian negara hingga miliaran rupiah setiap tahun. Isu ini mencuat setelah Gubernur Jawa Barat Dedi Mulyadi melakukan inspeksi mendadak ke pabrik perusahaan tersebut yang berada di Subang pada 21 Oktober 2025. 
     
    Dedi menunjuk langsung sebuah truk dan bertanya, “Ini sekali angkut bebannya berapa?” Jawabannya sangat mengejutkan, truk tersebut mengangkut muatan seberat 14 ton, padahal batas muatan yang diizinkan hanya 5 ton. 

    Artinya, truk itu membawa beban hampir tiga kali lipat dari kemampuannya. Ia menilai kelebihan muatan tidak hanya mempercepat kerusakan jalan provinsi, tetapi juga meningkatkan risiko kecelakaan lalu lintas.
     
    Penelitian Komite Penghapusan Bensin Bertimbal (KPBB) pada 2021 menemukan pelanggaran serupa di jalur Sukabumi–Bogor. Studi itu mencatat seluruh truk pengangkut AMDK yang diamati membawa muatan melebihi batas. 
     
    KPBB memperkirakan praktik tersebut menghemat biaya logistik perusahaan hingga Rp480 miliar per tahun, namun berpotensi menimbulkan kerugian besar bagi infrastruktur publik.
     
    Dampak ODOL juga terlihat pada sejumlah kecelakaan fatal. Pada Februari 2025, sebuah truk pengangkut galon kehilangan kendali di Gerbang Tol Ciawi, Bogor, dan menewaskan delapan orang. Dugaan awal menunjukkan rem blong akibat kelebihan muatan sebagai salah satu faktor penyebab.
     

     

    Menanggapi temuan tersebut, pihak perusahaan menyatakan bahwa sebagian besar armada distribusi dikelola oleh perusahaan logistik pihak ketiga. Namun, sejumlah pengamat transportasi menilai tanggung jawab tetap berada pada perusahaan utama untuk memastikan kepatuhan terhadap peraturan keselamatan dan batas muatan.
     
    Pemerintah daerah dan lembaga terkait kini mendesak agar ada langkah tegas dalam penegakan hukum terhadap praktik ODOL, terutama pada sektor logistik perusahaan besar. Menurut data dari Komisi V DPR RI, biaya pemeliharaan jalan yang dilalui truk bermuatan berlebih menelan biaya hingga 40 triliun rupiah setiap tahun.
     
    Selama praktik ODOL masih dibiarkan, jalan-jalan utama di berbagai daerah diperkirakan akan terus rusak lebih cepat dari umur teknisnya—dan biaya perbaikannya, pada akhirnya, kembali ditanggung oleh negara.

     
    Cek Berita dan Artikel yang lain di

    Google News


    Viral! 18 Kampus ternama memberikan beasiswa full sampai lulus untuk S1 dan S2 di Beasiswa OSC. Info lebih lengkap klik : osc.medcom.id

    (RUL)

  • Polda DIY investigasi penyebab kecelakaan KA Bangunkarta di Sleman

    Polda DIY investigasi penyebab kecelakaan KA Bangunkarta di Sleman

    “Saat ini masih dalam investigasi, masih penyelidikan dari kami tentunya bersama-sama dengan PT Kereta Api Indonesia (KAI),”

    Yogyakarta (ANTARA) – Kepolisian Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) masih menginvestigasi penyebab kecelakaan Kereta Api (KA) Bangunkarta jurusan Jombang-Pasar Senen dengan sebuah mobil dan dua sepeda motor di Prambanan, Sleman pada Selasa (4/11).

    “Saat ini masih dalam investigasi, masih penyelidikan dari kami tentunya bersama-sama dengan PT Kereta Api Indonesia (KAI),” ujar Kabid Humas Polda DIY Kombes Pol Ihsan di Yogyakarta, Rabu.

    Menurut Ihsan, polisi telah memeriksa sejumlah saksi untuk menguatkan keterangan dan rangkaian kejadian.

    Berdasarkan keterangan awal saksi di lokasi, kata dia, peristiwa itu terjadi saat KA Bangunkarta melintas dan terdengar benturan keras di dekat palang pintu perlintasan. Saksi kemudian mendapati sebuah mobil berwarna oranye berada di lokasi kejadian.

    “Setelah mendengar suara benturan keras, kemudian saksi melihat dan mengecek lokasi atau TKP, dan melihat mobil warna oranye tertabrak kereta api yang melintas. Ini tidak jauh dari palang kereta api,” ujar Ihsan.

    Menurut Ihsan, saksi juga menyampaikan bahwa salah satu palang pintu sisi utara dalam kondisi tidak tertutup saat kereta melintas. “Saksi juga melihat bahwa salah satu palang sebelah utara tidak tertutup,” ucapnya.

    Meski demikian, dia menegaskan bahwa pemeriksaan masih berjalan sehingga belum ada kesimpulan, termasuk mengenai kemungkinan kelalaian.

    “Ini masih dalam proses investigasi, ya. Masih didalami penyidik, masih dilidik,” ujar dia.

    Sementara itu, Manajer Humas PT KAI Daop 6 Yogyakarta Feni Novida Saragih mengatakan proses pemeriksaan bersama kepolisian masih berlangsung sehingga pihaknya belum dapat menyampaikan informasi lebih jauh.

    Terkait status penjaga palang pintu di lokasi, Feni menyebut untuk saat ini dinonaktifkan. “Dinonaktifkan,” kata dia.

    Sebelumnya, kecelakaan KA Bangunkarta dengan sebuah mobil dan dua sepeda motor terjadi di perlintasan antara Stasiun Brambanan dan Maguwo, Prambanan, Sleman, D.I Yogyakarta, Selasa (4/11) sekitar pukul 10.35 WIB.

    Tiga orang meninggal dunia dan enam lainnya luka-luka dalam insiden tersebut.

    Pewarta: Luqman Hakim
    Editor: Agus Setiawan
    Copyright © ANTARA 2025

    Dilarang keras mengambil konten, melakukan crawling atau pengindeksan otomatis untuk AI di situs web ini tanpa izin tertulis dari Kantor Berita ANTARA.

  • Tips Perpanjang STNK Kendaraan Tanpa KTP Pemilik Lama: Langsung Balik Nama!

    Tips Perpanjang STNK Kendaraan Tanpa KTP Pemilik Lama: Langsung Balik Nama!

    Bisnis.com, JAKARTA – Perpanjangan Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK) atau Tanda Nomor Kendaraan Bermotor (TNKB) lima tahunan bagi pemilik kendaraan dapat dilakukan tanpa KTP asli pemilik sebelumnya.

    Caranya adalah dengan langsung melakukan balik nama pemilik kendaraan. Opsi ini bisa menjadi pertimbangan karena saat ini, Pemerintah telah membebaskan biaya atau bea balik nama kendaraan bekas yang dimulai pada 5 Januari 2025. Bea Balik Nama hanya dikenakan pada kendaraan baru. 

    Melansir laman pid.kepri.polri.go.id, berikut syarat dan prosedur balik nama kendaraan.

    Syarat Dokumen Balik Nama Kendaraan

    STNK asli beserta fotokopi
    BPKB (Buku Pemilik Kendaraan Bermotor) asli beserta fotokopi. 
    KTP pemilik baru beserta fotokopi. 
    Bukti transaksi kepemilikan kendaraan (contoh: kuitansi pembelian bermeterai).
    Cek fisik kendaraan: verifikasi nomor rangka, nomor mesin sesuai dokumen.

    Prosedur Balik Nama Kendaraan

    Datang ke kantor Samsat tempat kendaraan terdaftar
    Lakukan cek fisik kendaraan: petugas akan memeriksa nomor rangka/mesin dan mencocokkan dengan STNK/BPKB.
    Isi formulir perubahan kepemilikan (balik nama) yang disediakan oleh Samsat
    Serahkan semua dokumen persyaratan dan tunggu proses verifikasi.

    Meskipun bea balik nama sudah dihapuskan, Anda tetap harus membayar biaya beberapa komponen yakni:

    Penerbitan BPKB: misalnya motor sekitar Rp225.000; mobil sekitar Rp375.000
    Penerbitan STNK baru/ubah data: motor sekitar Rp100.000; mobil sekitar Rp200.000
    Penerbitan TNKB (plat nomor): motor sekitar Rp60.000; mobil sekitar Rp100.000
    Pajak Kendaraan Bermotor (PKB) yang masih harus dibayar jika ada sisa masa berlaku atau tunggakan
    Sumbangan Wajib Dana Kecelakaan Lalu Lintas Jalan (SWDKLLJ) sesuai jenis kendaraan.

  • Bisa-bisanya Fortuner Pindah Jalur hingga Tabrak Innova

    Bisa-bisanya Fortuner Pindah Jalur hingga Tabrak Innova

    Jakarta

    Toyota Fortuner yang tengah melintas di jalur cepat Jalan Rasuna Said tiba-tiba pindah ke jalur lambat dan menabrak Innova. Kok bisa?

    Kecelakaan lalu lintas yang melibatkan Toyota Fortuner dan Kijang Innova terjadi di Jalan Rasuna Said, Jakarta kemarin. Terlihat Toyota Fortuner itu dalam posisi miring di atas pembatas jalan jalur lambat. Diketahui kecelakaan tersebut disebabkan oleh pengemudi Fortuner yang mengalami microsleep.

    “Kecelakaan kendaraan Fortuner mengalami microsleep, selanjutnya berpindah lajur ke jalur lambat dan mengenai kendaraan Kijang Innova,” kata Kasubdit Gakkum Ditlantas Polda Metro Jaya AKBP Ojo Ruslani dikutip detikNews.

    Beruntung tak ada korban jiwa dari insiden tersebut. Namun kedua mobil yang terlibat kecelakaan mengalami kerusakan. Ojo juga menjelaskan kejadian ini tak berlanjut pada pelaporan pihak kepolisian.

    “Kedua belah pihak sepakat damai dengan membuat surat pernyataan dan tidak membuat LP (laporan polisi),” ujar Ojo.

    Microsleep Bikin Celaka

    Dari insiden itu, penting untuk dipahami bahwa microsleep memang sangat membahayakan. Praktisi keselamatan berkendara yang juga Senior Instructor Safety Defensive Consultant Indonesia (SDCI), Sony Susmana, menjelaskan microsleep adalah kondisi pengemudi benar-benar letih.

    Sony lebih lanjut menjelaskan microsleep bisa dikenali dari gejala-gejala yang muncul. Gejala microsleep adalah tertidur secara tiba-tiba hanya dalam waktu yang sangat singkat, sekitar satu hingga 30 detik. Microsleep sering terjadi saat melakukan pekerjaan yang monoton, seperti berkendara dalam waktu yang lama.

    Saat terserang microsleep, banyak hal bisa terjadi selama kurun waktu dan jarak tersebut. Yang paling ringan mungkin mobil bisa pindah jalur tanpa disadari. Terburuknya bisa menimbulkan kecelakaan fatal. Untuk menghindari microsleep, sebelum berkendara pastikan pengemudi memiliki istirahat yang cukup. Jangan paksakan diri berkendara dalam kondisi lelah.

    “Biasakan tidur cukup sebelum mengemudi dan istirahat berkala. Ketika saat mengemudi dan badan sudah memberikan sign nguap, pegal-pegal, artinya harus stop dan istirahat, stretching ringan,” terang Sony beberapa waktu lalu.

    (dry/din)

  • Pesawat Kargo UPS Jatuh di Kentucky AS, 3 Orang Tewas dan 11 Terluka

    Pesawat Kargo UPS Jatuh di Kentucky AS, 3 Orang Tewas dan 11 Terluka

    Jakarta

    Pesawat kargo UPS jatuh setelah lepas landas dari Bandara Internasional Louisville di Kentucky, Amerika Serikat. Pesawat itu jatuh kemudian meledak dan terbakar hingga mengakibatkan 3 orang tewas.

    Dilansir AFP, Rabu (5/11/2025), kepulan asap hitam tebal membubung usai pesawat itu jatuh. Badan Penerbangan Federal AS (FAA) mengatakan pesawat McDonnell Douglas MD-11 berangkat menuju Hawaii, pesawat itu jatuh sekitar pukul 17.15 waktu setempat.

    Dalam sebuah pernyataan, UPS mengatakan bahwa ada tiga awak di dalamnya, dan menambahkan “kami belum mengonfirmasi adanya cedera/korban jiwa.”

    Wali Kota Louisville Craig Greenberg melaporkan adanya “beberapa korban luka” dan bahwa pesawat tersebut membawa sejumlah besar bahan bakar.

    Penyebab kecelakaan tersebut sedang diselidiki oleh FAA dan Dewan Keselamatan Transportasi Nasional AS (NTSB).

    Louisville berfungsi sebagai hub udara utama UPS di AS, menurut lembar fakta perusahaan. Raksasa pengiriman paket ini terbang ke lebih dari 200 negara melalui hampir 2.000 penerbangan per hari, dengan armada 516 pesawat. UPS memiliki 294 pesawat dan menyewa sisanya melalui sewa jangka pendek atau carter.

    Rekaman udara dari lokasi kecelakaan menunjukkan jejak puing yang panjang saat petugas pemadam kebakaran menyemprotkan air ke api, dengan asap mengepul dari area bencana.

    Menteri Perhubungan AS Sean Duffy mengatakan kecelakaan itu “memilukan”. Dia juga mendoakan para awak pesawat dan masyarakat yang tertimpa bencana tersebut.

    “Mari berdoa dengan saya untuk masyarakat Louisville dan awak pesawat yang terdampak oleh kecelakaan mengerikan ini,” kata Duffy.

    3 Orang Tewas

    Dalam laporan terbaru, Gubernur kentucky Andy Beshear mengatakan tiga orang dilaporkan tewas dalam peristiwa ini. Sementara itu, 11 orang mengalami luka.

    “Saat ini kami memperkirakan setidaknya ada tiga korban jiwa, meskipun saya yakin jumlahnya akan bertambah. Kami mencatat setidaknya 11 korban luka, beberapa di antaranya sangat serius,” kata Beshear sebagaimana dilansir Associated Press.

    Lihat juga Video: Detik-detik Pesawat Kargo UPS Jatuh di Dekat Bandara Louisville AS

    (zap/yld)

  • Usai Terbakar Tiba-tiba saat Dikendarai, Ribuan Unit Mobil Listrik China Di-recall

    Usai Terbakar Tiba-tiba saat Dikendarai, Ribuan Unit Mobil Listrik China Di-recall

    Jakarta

    Baru-baru ini terjadi kebakaran mobil listrik di China. Mobil listrik dari pabrikan Li Auto tiba-tiba terbakar saat dikendarai. Li Auto kini melakukan recall terhadap ribuan unit mobil listriknya.

    Dikutip CNEV, mobil listrik yang tiba-tiba terbakar itu adalah Li Mega. Beberapa video yang beredar di media sosial China menunjukkan sebuah Li Mega melaju pelan ketika percikan api muncul dari sasisnya di persimpangan lampu lalu lintas. Dalam hitungan detik, api menyebar hingga melahap seluruh kendaraan. Kedua penumpang berhasil membuka pintu dan melarikan diri setelah berhenti. Namun, kendaraan tersebut akhirnya hancur total.

    Diberitakan Carnewschina, Li Auto mengumumkan penarikan kembali terhadap 11.411 unit MPV listrik Li Mega 2024. Recall ini dilakukan karena ada potensi risiko keamanan yang berasal dari perlindungan korosi sistem pendingin yang tidak memadai.

    “Pada malam tanggal 23 Oktober 2025, kebakaran yang melibatkan kendaraan model Li Mega 2024 terjadi di Shanghai, menarik perhatian yang signifikan dari pengguna, media, dan publik. Kami ingin menyampaikan permintaan maaf kami yang tulus kepada pemilik kendaraan dan mengungkapkan pemahaman kami tentang kekhawatiran dan kekhawatiran pengguna kami,” kata Li Auto dalam pernyataan tertulisnya.

    Kendaraan yang terkena dampak diproduksi antara 18 Februari 2024 sampai 27 Desember 2024. Menurut pemberitahuan penarikan (Recall No. S2025M0174V), pendingin di kendaraan ini mungkin memiliki sifat anti-korosi yang tidak memadai. Dalam kondisi tertentu, kekurangan ini dapat menyebabkan korosi dan kebocoran pada pelat pendingin aluminium baterai dan pengontrol motor depan.

    “Segera setelah insiden (kebakaran mobil listrik) tersebut, kami menghubungi pemilik kendaraan dan secara aktif bekerja sama dengan departemen terkait dalam penyelidikan mereka. Karena kendaraan kecelakaan memerlukan inspeksi dan pengujian bersama oleh pengguna, pemadam kebakaran, dan lembaga terkait, proses ini harus mengikuti prosedur yang ketat dan memakan waktu. Sampai sekarang, belum ada kesimpulan teknis akhir yang telah dicapai.”

    “Sementara itu, kami segera meluncurkan investigasi dan analisis internal, dan meninjau catatan dari sistem peringatan dini berbasis cloud kami dan data validasi khusus. Hasilnya menunjukkan bahwa dalam batch yang sama dari kendaraan model Li Mega 2024 sebagai kendaraan kecelakaan, karena kinerja anti-korosi yang tidak memadai dari pendingin dalam batch itu, korosi dan kebocoran pelat aluminium pendingin untuk baterai daya dan pengontrol motor depan di sirkuit pendingin dapat terjadi dalam kondisi tertentu. Hal ini dapat menyebabkan lampu peringatan menyala, daya terbatas, dan ketidakmampuan untuk menyalakan kendaraan. Dalam kasus yang ekstrem, hal ini dapat mengakibatkan kehabisan daya baterai akibat panas, yang menimbulkan bahaya keamanan,” jelas Li Auto.

    Menurut mereka, keselamatan selalu menjadi prioritas utama Li Auto. Untuk itu, demi kenyamanan dan keamanan konsumennya, Li Auto melakukan recall.

    “Menjunjung tinggi prinsip kami yang sangat bertanggung jawab atas keselamatan pengguna dan memiliki toleransi nol terhadap potensi bahaya, kami telah secara proaktif mengajukan rencana penarikan kembali kepada Administrasi Negara untuk Peraturan Pasar untuk melakukan inspeksi keselamatan dan penggantian/perbaikan untuk semua kendaraan model Li Auto MEGA 2024 dari kumpulan yang terkena dampak. Kami tidak akan menyia-nyiakan upaya untuk mengidentifikasi dan menghilangkan setiap risiko, memastikan semua bahaya dibersihkan dan dengan tegas menjaga keamanan kendaraan setiap pengguna,” pungkasnya.

    (rgr/din)

  • Pesawat Kargo UPS Jatuh di Dekat Bandara Louisville AS, Asap Mengepul

    Pesawat Kargo UPS Jatuh di Dekat Bandara Louisville AS, Asap Mengepul

    Jakarta

    Sebuah pesawat milik perusahaan kargo United Parcel Service (UPS) kecelakaan di dekat Bandara Internasional Louisville, Amerika Serikat. Asap tebal mengepul.

    Dilansir kantor berita AFP, Rabu (5/11/2025), pesawat kargo UPS jatuh Selasa (4/11 waktu setempat di dekat Bandara Internasional Louisville. Badan Penerbangan Federal AS (FAA) mengatakan pesawat kecelakaan tak lama setelah lepas landas.

    Media lokal di kota Kentucky menayangkan video gumpalan asap tebal mengepul di atas fasilitas itu. Pesawat jatuh sekitar pukul 17.15 waktu setempat.

    “Penerbangan UPS 2976 jatuh sekitar pukul 17.15 waktu setempat,” kata FAA, mengidentifikasi pesawat itu sebagai McDonnell Douglas MD-11 yang sedang menuju Hawaii.

    Lihat Video: Detik-detik Pesawat Kargo UPS Jatuh di Dekat Bandara Louisville AS

    (whn/whn)

  • Update Terkini Petaka Topan Kalmaegi di Filipina, 46 Orang Tewas

    Update Terkini Petaka Topan Kalmaegi di Filipina, 46 Orang Tewas

    Jakarta, CNBC Indonesia – Korban akibat Topan Kalmaegi di Filipina terus bertambah. Hingga Selasa (4/11/2025) malam, jumlah korban tewas akibat topan yang memicu hujan lebat dan banjir besar di kawasan tengah negara itu telah mencapai 46 orang.

    Di antara korban tersebut terdapat enam anggota militer yang tewas setelah helikopter mereka jatuh saat menjalankan misi kemanusiaan.

    Helikopter jenis Huey milik militer itu jatuh di Provinsi Agusan del Sur, Pulau Mindanao, ketika sedang melaksanakan operasi bantuan bencana di tengah terpaan badai. Militer Filipina menyatakan enam jenazah awak telah ditemukan, sementara penyelidikan atas penyebab kecelakaan masih berlangsung.

    Insiden tersebut terjadi menjelang tengah hari, sekitar 270 kilometer dari Pulau Cebu, wilayah yang paling parah dilanda topan. Otoritas setempat melaporkan sedikitnya 39 orang tewas akibat tenggelam atau tertimpa reruntuhan, sementara satu korban lainnya dilaporkan meninggal di pulau tetangga, Bohol.

    Meski Topan Kalmaegi yang secara lokal disebut Tino perlahan melemah setelah mendarat Selasa pagi, badai ini tetap menerjang sejumlah wilayah dengan kecepatan angin mencapai 120 kilometer per jam dan hembusan hingga 165 kilometer per jam. Topan tersebut menyapu kawasan Visayas dan bergerak menuju Palawan bagian utara serta Laut Cina Selatan.

    Puluhan ribu warga di wilayah Visayas, termasuk sebagian selatan Luzon dan utara Mindanao, dievakuasi sebelum topan datang. Badai ini merendam rumah-rumah dan menyebabkan banjir luas di berbagai daerah.

    Banjir Meluas, Listrik Padam

    Menjelang malam, air mulai surut di Kota Cebu, namun aliran listrik belum sepenuhnya pulih dan layanan telekomunikasi masih terganggu.

    Video yang telah diverifikasi dan beredar di media sosial memperlihatkan mobil-mobil terendam air dan terseret arus banjir. Setelah banjir surut, beberapa kendaraan tampak menumpuk satu sama lain, bahkan ada yang terbalik.

    “Kami benar-benar cemas karena semakin lama hujan turun, air semakin tinggi,” ujar John Patajo, seorang penjaga rumah di Cebu, dilansir Reuters. “Ketika air mulai naik, kami naik ke lantai dua. Tapi karena air terus naik, kami akhirnya pindah ke atap rumah.”

    Topan Kalmaegi diperkirakan akan meninggalkan wilayah Filipina pada Rabu malam atau Kamis pagi.

    Foto dan video dari Palang Merah Filipina memperlihatkan tim penyelamat berjalan di genangan air setinggi lutut di Kota Cebu, menggunakan perahu untuk mengevakuasi warga yang terjebak. Di wilayah pinggiran kota, rumah-rumah terendam hampir seluruhnya, menyisakan atap dan lantai atas yang masih terlihat.

    Sementara itu, lebih dari 300 penerbangan menuju dan dari daerah terdampak dibatalkan pada Selasa, sementara kapal-kapal di laut diperintahkan untuk kembali ke pelabuhan.

    Badan meteorologi Filipina (PAGASA) sebelumnya telah memperingatkan adanya risiko tinggi “gelombang badai yang mengancam jiwa dan merusak,” dengan ketinggian dapat mencapai lebih dari tiga meter di kawasan pesisir dan dataran rendah di wilayah tengah negara itu.

     

    (luc/luc)

    [Gambas:Video CNBC]