Kasus: kecelakaan

  • Bos Besar Ducati Bongkar Kondisi Terkini Marc Marquez

    Bos Besar Ducati Bongkar Kondisi Terkini Marc Marquez

    Jakarta

    Chief Executive Officer (CEO) Ducati, Claudio Domenicali mengungkap kondisi terkini Marc Marquez yang mengalami cedera tulang belikat setelah kecelakaan di MotoGP Mandalika, bulan lalu. Dia menegaskan, proses penyembuhannya berjalan baik.

    Sebagai catatan, Marquez telah menjalani operasi di Madrid, Spanyol, sebagai langkah pemulihan cedera. Pebalap berjuluk The Baby Alien itu harus rela absen hingga akhir musim.

    Menurut Domenicali, kondisi Marquez pelan-pelan mulai membaik. Bahkan, kata dia, jika tak ada masalah yang muncul tiba-tiba, pebalap 32 tahun itu sudah bisa lepas perban pekan depan.

    “Minggu depan dia akan melepas perban dan kemudian mulai fisioterapi serta pemulihan,” ujar Domenicali, dikutip dari Motosan, Jumat (7/11).

    Tangkapan layar saat Marc Marquez terjatuh akibat crash dalam race final MotoGP di Sirkuit Mandalika, Lombok Tengah, NTB, Minggu (5/10/2025). (Foto: Edi Suryansyah/detikBali) Foto: Tangkapan layar saat Marc Marquez terjatuh akibat crash dalam race final MotoGP di Sirkuit Mandalika, Lombok Tengah, NTB, Minggu (5/10/2025). (Foto: Edi Suryansyah/detikBali)

    Lebih jauh, pimpinan tertinggi Ducati itu memastikan, Marquez tak mengalami efek samping dari cedera yang dialaminya. Hanya saja, meski sudah ada tanda-tanda membaik, namun waktu pemulihannya memerlukan tambahan waktu.

    “Hal baiknya adalah fiksasi tulang dan ligamen telah pulih sepenuhnya, jadi dia tidak akan mengalami efek samping apa pun, [tetapi] akan ada masa pemulihan yang cukup lama,” kata dia.

    Ducati tak mau memaksakan Marquez kembali ke lintasan. Statusnya sebagai juara dunia sudah cukup membuat tim asal Borgo Panigale itu memilih fokus pada pemulihan penuh si pebalap.

    Sebagai pengganti Marquez di MotoGP Portugal dan Valencia, Ducati menunjuk runner-up World Superbike (WSBK) 2025, Nicolo Bulega.

    (sfn/dry)

  • Dokter Ungkap Cedera Serius Marc Marquez, Ada Sekrup Bengkok

    Dokter Ungkap Cedera Serius Marc Marquez, Ada Sekrup Bengkok

    Jakarta

    Marc Marquez mengalami cedera yang serius. Kalau buru-buru comeback, bisa membahayakan kariernya.

    Direktur Medis MotoGP, Dokter Angel Charte mengatakan keputusan yang diambil juara MotoGP untuk istirahat total sudah tepat.

    “Marquez telah melakukan apa yang harus dia lakukan, dan cederanya bukanlah cedera yang mudah,” kata Dr. Charte kepada surat kabar Spanyol, AS.

    Marc Marquez mengalami patah tulang belikat dan cedera ligamen bahu kanan. Juara dunia MotoGP 2025 ini wajib istirahat total untuk memulihkan kondisinya.

    Marquez harus menjalani operasi pada bahu kanannya setelah ditabrak oleh Marco Bezzecchi dari Aprilia pada putaran pembuka balapan Mandalika bulan lalu.

    Meskipun operasi berhasil, Marquez diwajibkan untuk menghabiskan empat minggu dengan lengan benar-benar tidak bergerak (diimobilisasi) sebelum memulai rehabilitasi, yang membuatnya tidak ikut selama sisa musim – termasuk tes pasca-musim di Valencia.

    Charte menjelaskan bahwa pebalap Ducati itu membutuhkan waktu pemulihan ekstra, mengingat bahwa bahunya sudah ‘terdampak parah’ akibat kecelakaan Jerez 2020 yang nyaris mengakhiri kariernya.

    “Ini adalah cedera serius karena lengan itu telah terdampak parah setelah empat kali operasi [sebelumnya]. Saya pikir dia harus kembali ketika dia sudah 100% pulih, seperti yang dia sendiri katakan. Anda harus membiarkan tubuh meregenerasi diri,” ujar dia.

    Dia bilang cedera Marquez yang didapat di Mandalika terjadi pada tulang korakoid. Sementara tulang humerus lama yang sudah empat kali dioperasi. Hanya terdapat sekrup lama yang perlu diperbaiki.

    “Cedera sebelumnya (humerus 4 kali operasi) sama sekali tidak terpengaruh,” jelasnya.

    “Mereka hanya melihat ada sekrup yang bengkok di humerus dan itu juga sudah diperbaiki. Dan tulang korakoid [di bahu] memiliki riwayatnya sendiri. Mungkin terlihat sepele, tetapi itu adalah tulang yang penting.” ujar Charte.

    “Bukan berarti cederanya lebih atau kurang serius, melainkan pemulihannya harus dilakukan dengan lebih tenang. Sikap yang diambilnya adalah yang tepat dan itulah yang akan saya ambil,” ujar dia.

    Jika Marquez buru-buru kembali ke atas lintasan malah bisa membahayakan kariernya.

    “Secara emosional, dia baik-baik saja karena dia telah menyelesaikan tugasnya,” kata Charte.

    “Dia akan datang ke Valencia sebagai turis dan dia pantas mendapatkan jeda ini karena dia adalah seseorang yang melewati musim luar biasa,” tambah dia.

    (riar/dry)

  • Polresta Pekanbaru ke Sekolah, Ajak Siswa Tertib Lalin dan Peduli Lingkungan

    Polresta Pekanbaru ke Sekolah, Ajak Siswa Tertib Lalin dan Peduli Lingkungan

    Pekanbaru

    Polresta Pekanbaru kembali mengunjungi sekolah dalam rangka menguatkan komitmen dalam pelestarian lingkungan dan tertib lalu lintas. Polisi mengajak para siswa untuk menanam pohon.

    Kegiatan ‘Police Goes To School’ itu digelar oleh Satlantas Polresta Pekanbaru, Satuan Samapta, Satresnarkoba hingga Tim RAGA (Riau Anti Geng dan Anarkisme). Kegiatan yang dipimpin oleh Kasatlantas Polresta Pekanbaru AKP Satrio BW Wicaksana ini digelar untuk menggelorakan program Green Policing hingga RAGA Polda Riau.

    AKP Satrio mengatakan bahwa edukasi kepada generasi muda menjadi salah satu fokus kepolisian untuk menciptakan budaya tertib berlalu lintas dan mengurangi angka kecelakaan di Pekanbaru.

    “Kami ingin anak-anak sekolah memahami pentingnya tertib berlalu lintas, bahaya balap liar, dan faktor-faktor penyebab kecelakaan. Tujuannya agar mereka bisa menjadi pelopor keselamatan di jalan,” ujar AKP Satrio, Jumat (7/11/2025).

    Dalam kunjungannya kali ini, personel kepolisian memberikan sosialisasi langsung kepada siswa mengenai aturan berkendara, etika berlalu lintas, hingga risiko fatal ugal-ugalan di jalan raya. Selain edukasi keselamatan lalu lintas, polisi juga mengenalkan konsep Green Policing. Para siswa diajak menanam pohon di lingkungan sekolah sebagai wujud kepedulian terhadap kelestarian lingkungan.

    Foto: Polresta Pekanbaru turun ke sekolah mengkampanyekan Green Policing dan ajak siswa tertib lantas. (dok. Polresta Pekanbaru)

    Kegiatan juga diisi penyuluhan bahaya narkoba oleh Satresnarkoba Polresta Pekanbaru. Polisi menjelaskan jenis zat adiktif, dampaknya bagi tubuh, serta ancaman hukum bagi pengedar dan pengguna.

    Selain itu, Tim RAGA, Satlantas, dan Samapta memperkenalkan peralatan pendukung tugas kepolisian, seperti alat pengendali massa, mobil patroli, dan perlengkapan taktis. Kegiatan ini diharapkan membangun kesadaran para siswa untuk lebih sadar hukum, dan tertib berlalu lintas hingga lebih peduli terhadap lingkungan sekitar.

    (mea/imk)

  • Pilu Perempuan India Diserahkan ke Dewa, Tapi Terjebak Jadi Pekerja Seks

    Pilu Perempuan India Diserahkan ke Dewa, Tapi Terjebak Jadi Pekerja Seks

    Jakarta

    “Pekerjaan seks telah berdampak besar pada hidupku. Tubuhku sangat lemah, dan aku secara mental hancur,” kata Chandrika*.

    Kehidupan Chandrika sebagai pekerja seks dimulai dengan upacara keagamaan. Pada usia 15 tahun, ia dibawa ke sebuah kuil dan secara upacara dinikahkan dengan seorang dewi.

    “Saat itu, aku tidak menyadari makna dari upacara tersebut,” katanya kepada BBC.

    Chandrika kini berusia akhir tiga puluhan dan telah melakukan hubungan seks untuk uang selama hampir dua dekade.

    Dari pengantin suci menjadi pekerja seks

    Empat tahun setelah diinisiasi ke dalam tradisi devadasi, Chandrika menjadi pekerja seks penuh waktu – ia ingin tetap anonim untuk melindungi anak-anaknya. (BBC)

    Negara bagian Karnataka di India Selatan sedang melakukan survei untuk mengidentifikasi orang-orang seperti Chandrika yang menjadi pekerja seks setelah diinisiasi ke dalam tradisi devadasi.

    Meskipun larangan mulai diberlakukan pada era kolonial di banyak bagian India, Karnataka baru melarang praktik ini pada 1982. Namun, praktik ini tetap berlanjut hingga saat ini.

    Devadasi yang tinggal di desa mungkin memiliki pasangan intim dan juga melayani klien lain. Banyak dari mereka migrasi ke kota-kota seperti Mumbai untuk bekerja di rumah bordil.

    Dipaksa masuk ke dalam industri seks

    Setelah upacara pengukuhannya di kota Belgaum, Chandrika pulang ke rumah dan hidup normal selama empat tahun. Kemudian, seorang kerabat perempuan membawanya ke kota industri Sangli, menjanjikan pekerjaan sebagai pembantu rumah tangga. Dia meninggalkan Chandrika di sebuah rumah bordil.

    “Sangat sulit pada bulan-bulan pertama. Saya merasa sakit. Saya tidak bisa makan atau tidur dengan baik,” kenang Chandrika. “Saya berpikir untuk melarikan diri, tapi secara bertahap saya menerimanya.”

    Chandrika baru berusia 19 tahun, memiliki pendidikan yang sangat minim, dan hampir tidak memahami bahasa Hindi atau Marathi yang digunakan di Sangli.

    “Beberapa [klien] menyerang saya secara fisik, beberapa menggunakan kata-kata kasar. Saya kesulitan menghadapinya,” lanjutnya.

    Klien rumah bordil bervariasi, mulai dari mahasiswa, sopir, pengacara, hingga pekerja harian.

    Chandrika bertemu pasangannya, seorang sopir truk, melalui pekerjaan seks di Sangli.

    Bersama-sama mereka memiliki seorang putri dan seorang putra. Pasangannya merawat anak-anak sementara Chandrika terus bekerja di rumah bordil, di mana ia melayani 10 hingga 15 klien sehari.

    Beberapa tahun setelah kelahiran anak keduanya, pasangannya meninggal dalam kecelakaan lalu lintas dan ia pindah kembali ke Belgaum, di mana ia berbicara dengan BBC melalui penerjemah.

    ‘Laki-laki tidak datang kepada kami untuk menikah’

    Sakhi TrustKalung mutiara yang dikenakan oleh devadasis seperti Ankita membuat mereka mudah dikenali.

    Tidak semua devadasi bekerja di rumah bordil dan beberapa di antaranya sama sekali bukan pekerja seks.

    Ankita dan Shilpa, keduanya berusia 23 tahun, adalah sepupu dan tinggal di sebuah desa di utara Karnataka. Seperti Chandrika, mereka berasal dari kasta Dalit, kelompok yang mengalami diskriminasi berat di India.

    Shilpa putus sekolah setelah hanya satu tahun dan upacara pengabdiannya dilakukan pada 2022. Ankita belajar hingga usia sekitar 15 tahun dan orang tuanya mengatur upacara tersebut pada 2023. Setelah kematian saudaranya, dia ditekan untuk menjadi devadasi.

    “Orang tuaku mengatakan bahwa mereka ingin mendedikasikan aku kepada dewi-dewi. Aku menolak. Setelah seminggu, mereka berhenti memberi aku makan,” kata Ankita.

    “Aku merasa sangat sedih, tapi menerimanya demi keluargaku. Aku berpakaian seperti pengantin dan dinikahkan dengan dewi.”

    Ankita memegang kalung terbuat dari mutiara putih dan manik-manik merah, yang melambangkan persatuan ini.

    Baik ibunya maupun neneknya bukan devadasi. Keluarga tersebut memiliki sebidang tanah pertanian kecil, tetapi tidak cukup untuk menghidupi mereka.

    “Ada ketakutan bahwa jika tidak ada yang diinisiasi, dewi akan mengutuk kita.”

    Devadasi tidak boleh menikah, tetapi dapat memiliki pasangan intim yang mungkin secara hukum menikah dengan wanita lain.

    Ankita menolak semua pendekatan dari pria dan masih bekerja sebagai buruh tani, mendapatkan sekitar US$4 per hari.

    Sakhi TrustShilpa segera memiliki pasangan intim setelah upacara inisiasinya dan hamil.

    Hidup Shilpa berubah drastis. Setelah upacara inisiasinya, ia mulai menjalin hubungan dengan seorang pekerja migran.

    “Dia datang kepadaku karena dia tahu aku adalah seorang devadasi,” ujarnya.

    Seperti banyak perempuan devadasi lainnya, Shilpa tinggal bersama pasangannya di rumahnya.

    “Dia hanya bersama saya selama beberapa bulan dan membuat saya hamil. Dia memberi saya 3.000 rupee (US$35) selama dia bersama saya. Dia tidak bereaksi terhadap kehamilan saya dan suatu hari dia tiba-tiba menghilang.”

    Shilpa hamil tiga bulan dan bingung.

    “Aku mencoba meneleponnya, tapi teleponnya tidak bisa dihubungi. Aku bahkan tidak tahu dari mana asalnya.”

    Dia tidak pergi ke polisi untuk melacaknya.

    “Dalam sistem kami, laki-laki tidak datang kepada kami untuk menikah,” katanya.

    Kemiskinan dan eksploitasi

    Sakhi TrustAnkita berharap dapat keluar dari sistem devadasi dan menemukan suami.

    Dr. M. Bhagyalakshmi adalah direktur di LSM lokal Sakhi Trust dan telah bekerja dengan perempuan devadasi selama lebih dari dua dekade. Ia mengatakan upacara inisiasi terus berlangsung meskipun ada larangan.

    “Setiap tahun kami mencegah tiga atau empat gadis menjadi devadasi. Namun, sebagian besar upacara dilakukan secara rahasia. Kami baru mengetahui hal itu ketika seorang gadis muda hamil atau melahirkan.”

    Dr. Bhagyalakshmi mengatakan banyak perempuan kekurangan fasilitas dasar, makanan yang layak, atau pendidikan, dan terlalu takut untuk meminta bantuan.

    “Kami telah mensurvei 10.000 devadasi di distrik Vijayanagara. Saya melihat banyak perempuan cacat, buta, dan rentan lainnya yang dipaksa masuk ke dalam sistem. Hampir 70% di antaranya tidak memiliki rumah,” katanya kepada BBC.

    BBCRibuan orang memadati Kuil Saundatti Yellamma di Belgaum untuk sebuah festival yang menjadi inti tradisi devadasi.

    Pasangan intim sering menolak menggunakan kondom, yang mengakibatkan kehamilan yang tidak diinginkan atau penularan HIV.

    Dr Bhagyalakshmi memperkirakan sekitar 95% dari semua devadasi berasal dari kasta Dalit dan sisanya dari komunitas suku.

    Berbeda dengan masa lalu, devadasi modern tidak mendapatkan dukungan atau penghasilan dari kuil-kuil.

    “Sistem devadasi hanyalah eksploitasi,” katanya dengan tegas.

    Menghentikan praktik tersebut

    BBCPerempuan devadasi menjadi sorotan utama dalam festival tahunan.

    Devadasi yang masih aktif dan yang sudah pensiun berkumpul di Kuil Saundatti Yellamma di Belgaum untuk festival tahunan, tetapi pejabat setempat mengatakan tidak ada upacara inisiasi yang dilakukan di sana.

    “Sekarang ini merupakan pelanggaran yang dapat dikenai hukuman. Kami memasang poster dan brosur selama festival untuk memperingatkan orang-orang bahwa tindakan tegas akan diambil,” kata Vishwas Vasant Vaidya.

    Vaidya adalah anggota Dewan Legislatif Karnataka dan juga anggota dewan kuil Yellamma. Ia mengatakan kepada BBC bahwa jumlah devadasi aktif telah menurun drastis.

    “Sekarang mungkin ada 50 hingga 60 devadasi di daerah pemilihan saya,” katanya. “Tidak ada yang mendorong inisiasi devadasi di kuil.”

    “Kami telah menghentikan tradisi devadasi berkat tindakan tegas kami,” klaimnya.

    Survei terbaru pemerintah Karnataka pada 2008 mengidentifikasi lebih dari 46.000 devadasi di negara bagian tersebut.

    Generasi berikutnya

    Sakhi TrustShilpa ingin memberikan pendidikan yang baik kepada putrinya dan berharap sistem devadasi akan berakhir pada generasinya.

    Uang dari pekerjaan seks membantu Chandrika keluar dari kemiskinan. Untuk melindungi anak-anaknya dari stigma, dia mengirim mereka ke sekolah asrama.

    “Saya selalu khawatir tentang anak perempuan saya,” kata Chandrika.

    “Ketika dia berusia sekitar 16 tahun, saya menikahkannya dengan seorang kerabat agar dia tidak perlu menjadi devadasi seperti saya. Sekarang dia tinggal bersama suaminya.”

    Chandrika kini bekerja dengan sebuah LSM dan secara rutin melakukan pemeriksaan HIV.

    “Saya sudah tua – saya tidak akan bisa melakukan pekerjaan seks dalam beberapa tahun ke depan,” katanya. Ia berencana membuka toko untuk menjual buah dan sayuran.

    Shilpa ingin memberikan pendidikan yang baik untuk putrinya. Ia merasa kecewa dengan tradisi devadasi.

    “Saya ingin ini berhenti. Saya tidak akan menjadikan putri saya sebagai devadasi. Saya tidak ingin melanjutkan sistem ini,” katanya.

    Ankita mengatakan dia ingin menikah dan akhirnya melepas kalung mutiara.

    (Nama *Chandrika telah diubah demi melindungi identitasnya)

    (ita/ita)

  • Pajak Mobil Polytron Tahun 2025, Bayarnya Segini

    Pajak Mobil Polytron Tahun 2025, Bayarnya Segini

    Jakarta

    Pajak mobil Polytron ternyata hanya Rp 143 ribu. Pajaknya sama seperti mobil listrik lain yang mendapat insentif dari pemerintah.

    Pajak mobil Polytron tak sampai Rp 150 ribu. Ditelusuri detikOto, untuk mobil Polytron keluaran tahun 2025 dan bukan kepemilikan pertama pajaknya Rp 143 ribu. Pajaknya itu hanya membayar SWDKLLJ (Sumbangan Wajib Dana Kecelakaan Lalu Lintas Jalan). Sedangkan PKB Pokok maupun opsennya dinolkan.

    Sebenarnya ini tak hanya berlaku untuk mobil Polytron. Mobil listrik lain di Indonesia juga pajaknya murah. Bukan tanpa alasan, dalam Peraturan Menteri Dalam Negeri nomor 8 tahun 2024 tentang Dasar Pengenaan Pajak Kendaraan Bermotor, Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor, dan Pajak Alat Berat tahun 2024 pasal 10, mobil listrik memang dibebaskan dari Pajak Kendaraan Bermotor (PKB) ataupun bea balik nama.

    “Pengenaan PKB (Pajak Kendaraan Bermotor) KBL Berbasis Baterai untuk orang, barang, angkutan umum orang, dan angkutan umum barang ditetapkan sebesar 0 persen dari dasar pengenaan PKB dan BBNKB,” demikian penjelasan dalam aturan tersebut.

    Tanpa insentif, pajaknya tentu tembus jutaan. Untuk diketahui, mobil Polytron berdasarkan Permendagri nomor 7 tahun 2025 tentang Dasar Pengenaan Pajak Kendaraan Bermotor, Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor, dan Pajak Alat Berat tahun 2025, punya nilai jual Rp 274 juta untuk varian terendah dan Rp 306 juta untuk varian tertinggi. Bila kendaraan itu terdaftar di Jakarta, maka dikenakan tarif 2 persen untuk kepemilikan pertama.

    Simulasi Hitungan Pajak Mobil Polytron tanpa Insentif

    Pajak mobil Polytron dengan tarif 2 persen

    DP PKB Polytron G3: Rp 287,7 juta
    PKB: Rp 5,754 juta
    SWDKLLJ: Rp 143 ribu
    Total: Rp 5,897 jutaDP PKB Polytron G3+: Rp 321,3 juta
    PKB: Rp 6,246 juta
    SWDKLLJ: Rp 143 ribu
    Total: Rp 6,569 juta

    Nah itu tadi simulasi hitungan pajak mobil Polytron bila tak dikenai insentif. Perbedaannya cukup signifikan berkat adanya insentif.

    Sebagai informasi tambahan, Mobil listrik Polytron ini merupakan buah kerja sama dengan produk Skyworth K EV. Soal harga, Polytron menawarkan dua opsi kepemilikan mobil listrik G3 dan G3+. Kamu bisa memilih opsi berlangganan atau opsi beli baterai. Kalau berlangganan, harganya jadi lebih murah ketimbang opsi beli baterai. Opsi berlangganan lebih murah karena mobil bisa dimiliki mulai Rp 299 jutaan. Tapi kalau memilih opsi beli baterai, harga termurahnya Rp 419 juta. Lengkapnya berikut ini.

    Daftar harga mobil Polytron terbaru per November 2025

    Opsi berlangganan

    Polytron G3 Rp 299 JutaPolytron G3+ Rp 339 jutaBiaya langganan: Rp 1,2 juta.

    Opsi termasuk beli baterai:

    Polytron G3 Rp 419 jutaPolytron G3+ Rp 459 juta

    Perlu digarisbawahi, harga tersebut berlaku khusus untuk wilayah Jakarta. Harga bisa jadi berbeda di wilayah lainnya. Dengan banderol segitu, Polytron memberikan garansi lima tahun untuk kendaraan. Garansi baterai diberikan seumur hidup dengan opsi pembelian berlangganan. Sedangkan bila pembelian dengan opsi beli baterai, garansi yang diberikan selama delapan tahun.

    (dry/rgr)

  • Perkuat Layanan Lapor Mbak Wali 112, Pemkot Kediri Lakukan Monitoring dan Evaluasi Program

    Perkuat Layanan Lapor Mbak Wali 112, Pemkot Kediri Lakukan Monitoring dan Evaluasi Program

    Kediri (beritajatim.com) – Pemerintah Kota Kediri melalui Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Kediri menggelar kegiatan Monitoring dan Evaluasi (Monev) Program Lapor Mbak Wali 112 di Ruang Kilisuci, Balai Kota Kediri, Kamis malam (6/11). Kegiatan ini dihadiri oleh Pj. Sekretaris Daerah Kota Kediri, Ferry Djatmiko, Kepala Dinas Kominfo Kota Kediri, Ronny Yusianto, serta sejumlah kepala OPD yang terintegrasi dalam layanan darurat dan pengaduan publik tersebut.

    Dalam arahannya, Pj. Sekretaris Daerah Kota Kediri, Ferry Djatmiko, menegaskan bahwa Lapor Mbak Wali 112 merupakan jantung pelayanan publik di Kota Kediri. Ia menyebut, program ini bukan sekadar sistem pelaporan atau inovasi teknologi, melainkan wujud nyata kehadiran pemerintah yang cepat, tanggap, dan peduli terhadap warganya.

    “Program ini adalah simbol komitmen kita dalam memastikan setiap laporan masyarakat ditangani dengan cepat dan tuntas. Ini adalah bentuk nyata pelayanan publik yang humanis dan responsif,” ujarnya.

    Ferry menjelaskan, berdasarkan hasil monitoring dan evaluasi, lebih dari 86 ribu panggilan diterima oleh layanan darurat 112 selama periode April hingga Oktober 2025. Meskipun sebagian besar panggilan masih didominasi oleh ghost call dan prank call, terdapat 496 panggilan kegawatdaruratan valid yang berhasil ditangani dengan baik oleh petugas di lapangan.

    “Hal ini menunjukkan bahwa layanan 112 berfungsi efektif sebagai kanal cepat tanggap dalam situasi darurat,” terangnya.

    Lebih lanjut, Ferry menyoroti dua aspek penting yang perlu diperkuat: response time atau kecepatan waktu tanggap, serta peningkatan sarana dan prasarana penunjang di setiap OPD kegawatdaruratan. Ia menegaskan pentingnya koordinasi lintas sektor antara Call Center, BPBD, Dinas Kesehatan, Satpol PP, dan Damkar agar SOP penanganan cepat berjalan tanpa hambatan komunikasi.

    “Dalam kondisi darurat, setiap detik sangat berarti. Karena itu, koordinasi antarlembaga harus solid,” tegasnya.

    Selain itu, Ferry meminta agar peningkatan sarana dan prasarana seperti kendaraan siaga, alat komunikasi, serta sistem pelacakan lokasi terus dilakukan agar manfaat layanan benar-benar dapat dirasakan masyarakat di seluruh wilayah Kota Kediri. Ia juga mengingatkan pentingnya dokumentasi setiap tindak lanjut laporan, baik berupa foto lapangan, hasil penanganan, maupun surat balasan kepada pelapor. “Kita ingin masyarakat tidak hanya mendengar janji, tapi melihat bukti nyata dari kerja pemerintah,” tambahnya.

    Ferry juga menekankan agar Lapor Mbak Wali 112 ke depan tidak hanya menjadi kanal reaktif, tetapi berkembang menjadi sistem prediktif dan solutif yang mampu memetakan tren permasalahan serta menjadi dasar pengambilan kebijakan berbasis data.

    “Program ini harus menjadi wajah pelayanan publik terbaik Kota Kediri modern secara teknologi, namun tetap hangat dalam pelaksanaannya,” pungkasnya.

    Sementara itu, Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Kediri, Ronny Yusianto, dalam laporannya menyampaikan hasil evaluasi pelaksanaan program. Ia menjelaskan bahwa sejak April hingga Oktober 2025, Call Center 112 telah menerima total 86.161 panggilan, terdiri dari 496 panggilan valid, 18.557 prank call (21,54%), 65.024 ghost call (75,47%), dan 2.084 panggilan informasi umum (2,42%).

    “Laporan darurat yang paling sering diterima meliputi gangguan hewan buas, permintaan ambulans, kecelakaan lalu lintas, serta permasalahan sosial seperti ODGJ dan orang terlantar, dimana untuk wilayah didominasi di Kecamatan Kota disusul Kecamatan Mojoroto dan Pesantren” ungkapnya.

    Ronny juga menambahkan bahwa selain layanan darurat, Chatbot WhatsApp Lapor Mbak Wali 112 kini menjadi kanal penting untuk aduan non-kegawatdaruratan. Laporan terbanyak datang dari lima kategori utama, yakni bantuan sosial, penerangan jalan umum, pemangkasan pohon, pendidikan, dan PDAM. Dari sisi instansi, Dinas Sosial menjadi OPD dengan aduan terbanyak, diikuti Dinas Perhubungan dan DLHKP.

    “Tingginya partisipasi masyarakat dalam melapor menunjukkan meningkatnya kesadaran publik terhadap pentingnya kanal aduan resmi pemerintah,” jelasnya.

    Hasil survei kepuasan masyarakat juga menunjukkan capaian yang membanggakan. Program Lapor Mbak Wali 112 meraih nilai rata-rata 4,86 dari 5 berdasarkan 1.185 responden. “Capaian ini menunjukkan bahwa masyarakat percaya pada kecepatan dan keandalan layanan 112,” kata Ronny.

    Ia juga menyoroti berbagai langkah peningkatan yang telah dilakukan, seperti migrasi penanganan darurat dari Dinas Kesehatan ke Call Center 112, pergantian nomor WhatsApp Chatbot dari 0851-4228-1103 menjadi 0811-364-112 dengan status verifikasi resmi Meta (centang biru), serta penerapan fitur “Filter 0” untuk menekan panggilan iseng dan tidak valid.

    Selain itu, Pemkot Kediri juga terus melakukan sosialisasi langsung ke seluruh kelurahan dengan melibatkan LPMK, RT/RW, PKK, dan Karang Taruna agar masyarakat memahami penggunaan layanan 112 secara bijak dan tepat. Upaya branding layanan juga digencarkan melalui media sosial, media massa, serta billboard dan banner di ruang publik.

    Secara keseluruhan, kegiatan evaluasi ini menjadi momentum bagi Pemerintah Kota Kediri untuk memperkuat sinergi lintas sektor dalam menghadirkan layanan publik yang cepat, tanggap, dan terpercaya. Dengan semangat kolaborasi dan profesionalitas, Pemkot Kediri optimistis slogan “Cepat Lapor, Cepat Tanggap” akan semakin terasa manfaatnya bagi seluruh warga. [nm/aje]

  • Biayanya Dihapus, Balik Nama Mobil Bekas Nggak Berarti Gratis

    Biayanya Dihapus, Balik Nama Mobil Bekas Nggak Berarti Gratis

    Jakarta

    Biaya balik nama mobil bekas sudah dihapus. Namun penghapusan itu tak serta merta bikin biaya balik nama jadi gratis. Kamu tetap harus membayar komponen pajak lainnya.

    Biaya balik nama mobil bekas di seluruh Indonesia dihapuskan. Penghapusan biaya balik nama mobil bekas itu merupakan amanat Undang-Undang No. 1 Tahun 2022 tentang Hubungan Keuangan Antara Pemerintah Pusat dan Pemerintah Daerah (HKPD). Tertulis pada Pasal 12 ayat (1) Undang-Undang No. 1 Tahun 2022, Objek BBNKB adalah penyerahan pertama atas Kendaraan Bermotor. Artinya, yang kena BBNKB adalah kendaraan baru, tidak termasuk kendaraan bekas.

    “BBNKB hanya dikenakan atas penyerahan pertama Kendaraan Bermotor, sedangkan untuk penyerahan kedua dan seterusnya atas Kendaraan Bermotor tersebut (kendaraan bekas) bukan merupakan objek BBNKB,” demikian dikutip dari penjelasan Pasal 12 Ayat (1) Undang-Undang No. 1 Tahun 2022.

    Biaya Balik Nama Mobil Bekas Dihapus, tapi Nggak Bikin Gratis

    Meski dihapus, jangan salah kaprah biayanya jadi gratis ya. Sebab, saat melakukan balik nama mobil bekas, biayanya bukan hanya balik nama itu sendiri. Setidaknya ada enam komponen pajak lain yang dikenakan saat balik nama seperti Pajak Kendaraan Bermotor (PKB), opsen PKB, SWDKLLJ (Sumbangan Wajib Dana Kecelakaan Lalu Lintas Jalan), biaya administrasi STNK, dan biaya administrasi TNKB. Ada juga biaya mutasi bila mobil terdaftar di wilayah berbeda.

    Untuk PKB dan opsen PKB biaya tergantung dari jenis kendaraannya. Kemudian SWDKLLJ untuk mobil biasanya dikenakan tarif Rp 143 ribu. Selanjutnya biaya administrasi STNK tarifnya Rp 200 ribu. Ada juga penerbitan TNKB dengan tarif Rp 100 ribu. Kemudian ada biaya penerbitan BPKB mobil dengan tarif Rp 375 ribu. Untuk mutasi, kendaraan roda empat dikenakan tarif Rp 250 ribu.

    Kendati demikian, walaupun nggak bikin gratis, penghapusan biaya balik nama ini tetap bikin untung. Untuk diketahui, besaran biaya bea balik nama kendaraan akan tergantung pada tipe dan juga mereknya. Biaya balik nama itu sekitar 1 persen dari harga beli. Contoh untuk mobil Rp 200 juta, maka biaya BBNKB sebesar sekitar Rp 2 juta. Artinya mobil dengan harga beli Rp 200 juta, penghematan biaya balik namanya sebesar Rp 2 juta. Biaya ini akan berbeda bila harga belinya lebih tinggi. Makin tinggi harga beli, tentu biayanya akan lebih besar.

    (dry/rgr)

  • BI DKI optimistis ekonomi Jakarta akhir 2025 tumbuh 5,4 persen

    BI DKI optimistis ekonomi Jakarta akhir 2025 tumbuh 5,4 persen

    Geliat kebangkitan ekonomi itu luar biasa di Jakarta

    Jakarta (ANTARA) – Kantor Perwakilan Bank Indonesia Jakarta optimistis ekonomi Jakarta pada akhir tahun 2025 tumbuh pada kisaran 4,6 hingga 5,4 persen secara tahunan, ditopang salah satunya banyaknya pelaksanaan konser dan olahraga di ibu kota.

    “Sekarang sudah masuk di minggu kelima, kuartal IV-2025. Geliat kebangkitan ekonomi itu luar biasa di Jakarta. Selain bertumpu pada investasi, lapangan usaha sektor transportasi pergudangan, sektor ekonomi kreatif menjadi new engine of growth (sumber pertumbuhan baru) ekonomi DKI Jakarta,” kata Kepala Perwakilan BI DKI Jakarta, Iwan Setiawan di Jakarta, Kamis (6/11).

    Penopang ekonomi Jakarta lainnya yakni realisasi berbagai program dan stimulus pemerintah dalam rangka akselerasi belanja, serta masih berlanjutnya pelaksanaan berbagai proyek infrastruktur.

    Iwan menyampaikan, stimulus paket ekonomi antara lain diskon tarif transportasi di akhir tahun serta paket 8+4+5 yakni 8 program akselerasi di tahun 2025, ditambah 4 program yang dilanjutkan di tahun 2026, serta 5 program andalan pemerintah untuk penyerapan tenaga kerja juga akan berdampak positif terhadap ekonomi Jakarta, khususnya konsumsi rumah tangga masyarakat dalam jangka pendek.

    Implementasi paket 8+4+5 termasuk pelaksanaan program magang nasional untuk lulusan baru (fresh graduate), diskon iuran Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK) dan Jaminan Kematian (JKM) bagi pekerja bukan penerima upah (BPU), dan lainnya.

    “Ini berbagai kebijakan-kebijakan yang mendorong untuk support pertumbuhan ekonomi,” kata Iwan.

    Adapun BI DKI Jakarta memperkirakan konsumsi rumah tangga di triwulan IV-2025 semakin menguat seiring momentum Natal dan Tahun Baru serta prospek ekonomi yang semakin baik.

    Ini terindikasi dari optimisme pada indeks keyakinan konsumen (IKK), indeks ekspektasi konsumen (IEK), indeks kondisi ekonomi saat ini (IKE), indeks penjualan eceran termasuk indeks perkembangan kegiatan dunia usaha.

    “Investasi dan konsumsi kami perkirakan di Q4 pasti akan terakselerasi, juga sektor-sektor jasa khususnya informasi dan komunikasi, serta meningkatnya penggunaan paket data internet, yang sejalan dengan semakin maraknya MICE,” ujar Iwan.

    Seiring dengan itu, sinergi antara Pemerintah DKI Jakarta, Bank Indonesia, dan seluruh pemangku kepentingan yang tergabung dalam Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) DKI Jakarta akan terus diperkuat melalui strategi 4K (ketersediaan pasokan, keterjangkauan harga, kelancaran distribusi, dan komunikasi efektif).

    Dengan berbagai upaya tersebut, tambah dia, inflasi Jakarta pada akhir 2025 dapat tetap terjaga dalam sasaran 2,5 plus minus 1 persen (secara tahunan/yoy).

    Pewarta: Lia Wanadriani Santosa
    Editor: Syaiful Hakim
    Copyright © ANTARA 2025

    Dilarang keras mengambil konten, melakukan crawling atau pengindeksan otomatis untuk AI di situs web ini tanpa izin tertulis dari Kantor Berita ANTARA.

  • 4 Fakta Pesawat Kargo Jatuh di AS Telan Korban Jiwa

    4 Fakta Pesawat Kargo Jatuh di AS Telan Korban Jiwa

    Jakarta

    Insiden jatuhnya pesawat kargo di Louisville, negara bagian Kentucky, Amerika Serikat menelan korban jiwa. Hingga kini tercatat sebanyak 12 orang meninggal dalam insiden kecelakaan tersebut.

    Pesawat itu jatuh pada pukul 17.15 (22.15 GMT) hari Selasa (4/11) waktu setempat. Pesawat McDonnell Douglas MD-11, yang dioperasikan oleh perusahaan pengiriman paket UPS dan menuju Hawaii tersebut mengalami kecelakaan tak lama setelah lepas landas dari Bandara Internasional Louisville Muhammad Ali.

    Gumpalan asap tebal sempat terlihat usai pesawat itu terjatuh. Black boks atau kotak hitam pesawat itu juga sudah ditemukan dan masih dilakukan analisis untuk mengetahui penyebab pasti kecelakaan.

    Berikut 4 fakta kecelakaan pesawat kargo UPS dirangkum detikcom, Jumat (7/11/2025):

    Jatuh Setelah Lepas Landas

    Dilansir kantor berita AFP, kecelakaan tersebut dilaporkan sebagai yang paling mematikan dalam sejarah raksasa pengiriman paket global tersebut, UPS tersebut. Pusat utamanya, Worldport, berada di Louisville, tempat mereka mempekerjakan ribuan orang.

    UPS telah menghentikan operasi penyortiran paket di fasilitas mereka.

    Video yang dibagikan oleh media lokal WLKY menunjukkan mesin kiri pesawat terbakar saat mencoba lepas landas.

    Juru bicara bandara, Jonathan Bevin, mengatakan pesawat kargo itu “jatuh tiga mil (lima kilometer) di selatan lapangan terbang” setelah lepas landas.

    UPS terbang ke lebih dari 200 negara melalui hampir 2.000 penerbangan setiap hari, dengan armada sebanyak 516 pesawat. Perusahaan raksasa tersebut memiliki 294 pesawat dan menyewa sisanya melalui sewa jangka pendek atau carter.

    Black Box Ditemukan

    Investigator keselamatan federal Amerika Serikat (AS) berhasil menemukan black box atau kotak hitam pesawat kargo UPS yang jatuh dan terbakar saat lepas landas dari Bandara Louisville, Kentucky.

    Dilansir Reuters, Kamis (6/11), Anggota Dewan Keselamatan Transportasi Nasional (NTSB), Todd Inman, mengatakan api muncul pertama kali di sayap kiri pesawat hingga membuat salah satu dari tiga mesin pesawat terlepas. Pesawat kargo MD-11 itu sedang menuju Honolulu.

    Pesawat itu menghantam sejumlah bangunan tepat di luar bandara. Ketika jatuh, pesawat itu langsung terbakar hingga memicu serangkaian kobaran api dan menyebarkan puing-puing.

    Bandara Sempat Ditutup Sementara

    Kecelakaan dan kebakaran itu membuat bandara ditutup sementara pada malam kecelakaan itu. Kecelakaan itu juga mengganggu operasional bandara di fasilitas UPS Worldport, pusat kargo global perusahaan untuk pengiriman udaranya ke seluruh dunia, sehingga memperlambat layanan pengiriman.

    Dalam pengarahan NTSB, Todd Inman mengatakan perekam data penerbangan dan perekam suara kokpit dirancang untuk menahan benturan tabrakan dan panas yang hebat akibat kebakaran, dan keduanya tampak utuh ketika ditemukan di antara puing-puing kecelakaan.

    “Kami merasa yakin bahwa setelah kami mengirimnya ke lab kami di (Washington) D.C., kami akan dapat memperoleh pembacaan data yang relevan dengan baik, dan itu akan menjadi poin informasi lain yang akan sangat membantu kami memahami apa yang terjadi,” ujar Inman.

    Dugaan Penyebab Kecelakaan

    Penyelidik juga sudah menyampaikan dugaan sementara penyebab kecelakaan. Para penyelidik mengatakan kecelakaan itu disebabkan oleh salah satu mesin yang terbakar dan terlepas saat lepas landas.

    Pesawat itu meledak dan terbakar saat menabrak area bisnis di sekitar bandara, menewaskan banyak orang di darat. Tiga awak berada di dalam pesawat kargo itu.

    “Saya sangat sedih untuk menyampaikan bahwa jumlah korban tewas telah meningkat menjadi 12, dengan beberapa orang masih belum diketahui keberadaannya,” tulis Wali Kota Louisville, Craig Greenberg, di media sosial X, dilansir kantor berita AFP, Kamis (6/11).

    Dewan Keselamatan Transportasi Nasional (NTSB) mengirimkan tim ke Louisville untuk menyelidiki kecelakaan tersebut. Anggota NTSB, Todd Inman, mengatakan kepada wartawan, bahwa para penyelidik telah memeriksa rekaman CCTV bandara “yang menunjukkan mesin kiri terlepas dari sayap saat lepas landas.”

    Ia menambahkan bahwa perekam data penerbangan dan perekam suara kokpit, yang dikenal sebagai kotak hitam pesawat, telah ditemukan dan akan dikirim ke Washington untuk dianalisis.

    Lihat Video: Detik-detik Pesawat Kargo UPS Jatuh di Dekat Bandara Louisville AS

    Halaman 2 dari 4

    (wnv/wnv)

  • Petugas Damkar di Bogor Ditabrak Motor Saat Bersihkan Tumpahan Oli

    Petugas Damkar di Bogor Ditabrak Motor Saat Bersihkan Tumpahan Oli

    Liputan6.com, Jakarta – Nasib nahas dialami seorang petugas Pemadam Kebakaran (Damkar) Kabupaten Bogor. Saat membersihkan tumpahan oli, pria tersebut ditabrak pengendara motor di Jalan Raya Cibungbulang, Kecamatan Cibungbulang, Kabupaten Bogor.

    Petugas Damkar Sektor Leuwiliang bernama Andre ini mengalami luka serius sehingga harus menjalani perawatan di RSUD Leuwiliang.‎

    Kepala Dinas Damkar Kabupaten Bogor, Yudi Santosa membenarkan insiden kecelakaan tersebut. Peristiwa terjadi saat anggotanya membersihkan tumpahan oli di Jalan Raya Cibungbulang pada Rabu (5/11/2025) malam.

    ‎”Tadi siang saya sudah menjenguk ke RSUD Leuwiliang untuk melihat kondisi Andre yang mengalami musibah,” ujar Yudi, Kamis (6/11/2025).

    Ia mengungkapkan, kondisi Andre kini mulai membaik dan telah mendapat tindakan operasi. Andre sudah dipindahkan ke ruang rawat inap untuk menjalani pengobatan lebih lanjut.

    “Sudah mendapat tindakan operasi di bagian mulutnya,” kata Yudi.

    “Hasil CT scan, bagian kepala tidak ada luka cendera yang serius. Yang bersangkutan hanya mengalami luka di bagian mulut dan hidung,” ungkap Yudi.