Kasus: kecelakaan

  • Cerita di Balik Perjalanan Jauh Diogo Jota Pakai Lamborghini

    Cerita di Balik Perjalanan Jauh Diogo Jota Pakai Lamborghini

    Jakarta

    Cerita di balik Diogo Jota dan adiknya Andrea Silva memilih mengemudikan mobil Lamborghini Huracan untuk perjalanan jauh. Sebelum akhirnya mengalami kecelakaan fatal di jalan tol KM 65 dari A-52, dekat wilayah Zamora, Spanyol.

    Bintang sepak bola itu memilih untuk mengambil rute yang lebih panjang karena disarankan oleh dokter untuk tidak naik pesawat setelah menjalani operasi kecil paru-paru, dikutip dari BBC Sport.

    Fisioterapis pernapasan, Miguel Goncalves yang menangani Jota hanya lima jam sebelum kecelakaan maut mengatakan Jota adalah pemain yang profesional, demi menjaga kebugaran badan,dia memilih saran dokter untuk melakukan perjalanan darat.

    “Ia memberitahu saya bahwa perjalanan akan memakan waktu sekitar delapan jam, tetapi mereka akan berhenti di sebuah hotel di daerah Burgos untuk beristirahat. Diogo sangat menyadari profesionalismenya. Mereka seharusnya tiba di Santander hari ini, naik kapal, lalu berangkat ke Inggris,” kata Miguel dikutip dari Daily Mail, Jumat (4/7/2025).

    Mengingat saran dokter itu, Jota dan saudaranya melakukan perjalanan menggunakan mobil dari Porto, Portugal menuju pelabuhan di Santander, Spanyol. Setelahnya Jota akan naik feri menuju Portsmouth, Inggris.

    Namun kecelakaan menimpa Jota dan saudaranya, sekitar 300 km dari pelabuhan Santander.

    Wakil Delegasi Zamora, Angel Blanco Garcia, menyatakan, Diogo Jota dan Andre Silva meninggal di tempat. Kondisi mobil mengenaskan karena sempat terbalik sebelum terbakar sampai habis. Sementara itu, dalam pernyataan terpisah Garda Sipil Spanyol menyatakan, kecelakaan Diogo Jota akibat dari pecah ban saat hendak menyalip.

    Belum diketahui siapa yang mengemudikan mobil tersebut.

    Menurut laporan media Spanyol El Dia de Zamora, rute itu pernah masuk daftar tertinggi sebagai jalur yang sering mengalami kecelakaan lalu lintas. Totalnya 19 kecelakaan pada tahun 2023, belum ada laporan tahun terbaru. Imbas kecelakaan itu sering berakibat fatal, rata-rata 1,5 kematian per insiden.

    Sumber dari Dewan Kota Cernadilla, – tidak disebutkan namanya, mengatakan jalur paling berbahaya itu makin rawan saat dilintasi malam hari.

    Saat [A-52] melewati Cernadilla, itu penuh dengan tikungan dengan kecepatan 120 kilometer per jam. Visibilitas malam yang buruk biasanya menjadi penyebab kecelakaan di area-area ini,” katanya.

    “Hari ini adalah dua pemain sepak bola terkenal, yang memiliki karir hebat di depan mereka, tetapi mungkin besok korbannya akan menjadi dua orang yang tidak dikenal lagi,” tambahnya lagi.

    (riar/din)

  • Pemkot Jakut perbaiki 6.889 titik jalan rusak

    Pemkot Jakut perbaiki 6.889 titik jalan rusak

    Petugas memperbaiki titik jalan rusak di satu ruas jalan di Jakarta Utara ANTARA/HO-Pemkot Jakut

    Pemkot Jakut perbaiki 6.889 titik jalan rusak
    Dalam Negeri   
    Editor: Calista Aziza   
    Jumat, 04 Juli 2025 – 15:40 WIB

    Elshinta.com – Pemerintah Kota (Pemkot) melalui Suku Dinas Bina Marga Jakarta Utara mengklaim telah memperbaiki 6.889 titik jalan rusak dan berlubang sejak Januari hingga Juni 2025.

    “Total luas jalan yang telah diperbaiki tersebut mencapai 53.976,952 meter persegi,” Kepala Suku Dinas Bina Marga Jakarta Utara, Siti Dinarwenny di Jakarta, Jumat.

    Menurut dia, perbaikan dilakukan menggunakan penambalan cepat dengan metode coldmix dan untuk kerusakan sedang dan berat akan ditambal menggunakan hotmix.

    Ia mengatakan petugas melakukan perbaikan di jalan lingkungan, penghubung, protokol, maupun jalan arteri.

    “Jadi, prinsipnya kami lihat jalan berlubang langsung ditangani, jangan sampai ada aduan masyarakat dulu baru dikerjakan,” ujar Siti.

    Ia mengatakan jalan berlubang atau rusak di sejumlah ruas jalan disebabkan beberapa hal mulai dari faktor usia, curah hujan, kendaraan bertonase tinggi, hingga galian proyek.

    “Petugas dari Sudin maupun Satpel Kecamatan, setiap harinya terus melakukan monitoring untuk mengidentifikasi jalan berlubang di seluruh wilayah agar bisa dilakukan perbaikan segera,” katanya.

    Selain itu, cuaca yang tidak menentu (panas dan hujan) menyebabkan banyak jalan berlubang kecil-kecil atau mengalami kerusakan ringan.

    Sementara itu, Kepala Seksi Jalan dan Jembatan Suku Dinas Bina Marga Jakarta Utara, Budi Cahyo Wardoyo menyebutkan jalan yang telah diperbaiki di bulan Januari 2025 mencapai 1.451 titik seluas sekitar 5.940,762 meter persegi.

    Kemudian, pada Februari ada 1.375 titik dengan total luasan sekitar 2.444,285 meter persegi dan Maret hanya 454 titik mencapai 722,9 meter persegi.

    Kemudian di bulan April ada 1.066 titik mencapai 5.631,17 meter persegi.

    “Pada bulan Mei ada 1.292 titik dengan total luas sekitar 23.820,425 meter persegi. Sementara, Juni lalu ada 1.251 titik mencapai 15.417,41 meter persegi,” paparnya.

    Ia menambahkan, pada bulan Juni perbaikan terbanyak di lakukan di wilayah Kecamatan Kelapa Gading dengan jumlah 314 titik dengan total luas 3.235,68 meter persegi.

    “Mudah-mudahan dengan dilakukan perbaikan setiap harinya, dapat mencegah potensi terjadinya kecelakaan. Pengendara yang melintas menjadi lebih merasa aman dan nyaman,” kata Budi.

    Sumber : Antara

  • Pemain Liverpool Diogo Jota Tewas dalam Kecelakaan

    Pemain Liverpool Diogo Jota Tewas dalam Kecelakaan

    Anda sedang menyimak laporan Dunia Hari Ini edisi Jumat, 4 Juli 2025.

    Laporan utama ini kami hadirkan dari dunia sepak bola.

    Pemain Liverpool asal Portugal tewas dalam kecelakaan

    Pemain depan Liverpool asal Portugal Diogo Jota dan saudaranya meninggal dalam kecelakaan mobil di Spanyol kemarin, setelah mobilnya keluar jalur dan terbakar.

    Polisi Spanyol mengatakan pemain bola berusia 28 tahun itu dan adiknya Andre naik mobil Jota, sebuah Lamborghini, ketika bannya pecah saat menyalip kendaraan lain di dekat kota Zamora.

    Kurang dari dua minggu yang lalu, Jota menikahi perempuan yang merupakan kekasihnya selama 10 tahun dan ibu dari ketiga anak mereka.

    “Tidak masuk akal. Kami baru saja berada di tim nasional bersama, Anda baru saja menikah,” tulis sesama pemain internasional Portugal Cristiano Ronaldo di X.

    [instagram wedding]

    Saudara Jota, yang meninggal bersamanya, juga merupakan pemain sepak bola Penafiel di divisi kedua Portugal.

    Pencarian korban feri tenggelam dilanjutkan

    Tim SAR sempat menghentikan sementara pencarian 29 orang yang masih hilang setelah sebuah feri yang membawa 65 orang tenggelam di dekat Bali.

    Pihaknya menghentikan pencarian pada Kamis malam (waktu Bali) karena “masalah jarak pandang”, kata Nanang Sigit, Kepala Kantor SAR Surabaya.

    Namun Jumat pagi tadi pencarian kembali dilakukan dengan lebih dari 160 petugas penyelamat, termasuk personel polisi dan militer, dikerahkan untuk melakukan pencarian dengan dukungan empat kapal dan beberapa helikopter.

    Nanang menambahkan bahwa sejauh ini 29 orang telah diselamatkan, sementara enam orang dipastikan tewas.

    Kebakaran mengancam keamanan Pulau Kreta

    Petugas pemadam kebakaran di Pulau Kreta, Yunani, tengah berjuang melawan kebakaran hutan besar yang dipicu oleh angin kencang dan kondisi kering, sementara Eropa terus dilanda gelombang panas.

    Setidaknya 1.000 penduduk telah dipaksa mengungsi sejauh ini, dan pihak berwenang mengumumkan keadaan darurat kemarin.

    Sekitar 230 petugas pemadam kebakaran, bersama dengan 46 mesin dan 10 helikopter, dikerahkan untuk meredakan kobaran api di pulau terbesar di Yunani tersebut.

    Kebakaran telah merambah rumah-rumah dan hotel-hotel yang sebelumnya telah dievakuasi.

    Juru bicara pemadam kebakaran Vassilis Vathrakogiannis mengatakan api yang dipicu oleh angin kencang “menyalakan kembali dan menghambat upaya pemadaman kebakaran.”

    ‘Big beautiful bill’ Trump disahkan

    RUU pemotongan pajak dan belanja negara Presiden AS Donald Trump disahkan DPR AS dengan empat suara.

    RUU dengan sebutan “big beautiful bill” itu disahkan dengan suara 218-214 pada Kamis kemarin, dengan kemenangan signifikan bagi presiden dari Partai Republik itu.

    RUU itu memuat tindakan keras terhadap imigrasi, menjadikan kebijakan pemotongan pajak 2017 Trump permanen, dan memberikan keringanan pajak baru yang dijanjikannya selama kampanye 2024.

    Hanya dua anggota Partai Republik yang memberikan suara menentang undang-undang kontroversial itu.

    Mereka adalah Brian Fitzpatrick dari Pennsylvania, yang beraliran tengah, dan Thomas Massie dari Kentucky, seorang konservatif yang mengatakan undang-undang itu tidak cukup memangkas belanja.

  • PMJ gelar Bhayangkara Scooter Day eratkan hubungan dengan masyarakat

    PMJ gelar Bhayangkara Scooter Day eratkan hubungan dengan masyarakat

    Jakarta (ANTARA) – Polda Metro Jaya menggelar Bhayangkara Scooter Day 2025 untuk mempererat hubungan Polri dengan masyarakat, khususnya komunitas pecinta vespa dalam memperingati HUT ke-79 Bhayangkara yang digelar di Lapangan Parkir Polda Metro Jaya pada Minggu (6/7).

    “Sampai saat ini sudah 1.200 peserta yang mendaftarkan diri, kami mengajak masyarakat untuk ikut kegiatan ini,” kata Ketua Panitia Bhayangkara Scooter Day 2025 AKP I Gusti Ngurah Putu Krishna Narayana di Jakarta, Jumat.

    Krishna mengatakan inisiatif kegiatan ini berasal dari jajaran Polda Metro Jaya yang ingin menyampaikan komitmen Polri dalam mewujudkan Asta Cita Presiden tentang penguatan kepemudaan, kolaborasi, serta penguatan penyelarasan kehidupan yang harmonis di masyarakat.

    Polda Metro Jaya juga ingin mengkampanyekan gagasan Kapolri serta Kapolda Metro Jaya untuk pendekatan humanis berbasis komunitas.

    Lebih lanjut, kegiatan ini untuk membangun ekosistem transportasi yang aman dan berbudaya.

    “Kami juga akan memberikan edukasi keselamatan berkendara sebagai bagian dari komitmen kami menekan angka kecelakaan lalu lintas,” kata Kasat Reskrim Polres Pelabuhan Tanjung Priok itu.

    Dirinya mengajak semua komunitas dan individu pecinta kendaraan roda dua, tak hanya Vespa untuk berpartisipasi dalam kegiatan ini.

    Ia mengatakan panitia menyediakan berbagai kegiatan dan hiburan bagi pecinta motor serta masyarakat umum yang ikut serta.

    “Kami ingin menciptakan ruang interaksi yang menyenangkan sekaligus edukatif antara Polri dan masyarakat, khususnya para scooterist Vespa,” kata lulusan Akademi Kepolisian tahun 2016 ini

    Krishna mengatakan komunitas Vespa memiliki filosofi pertemanan yang tidak pernah memilih-milih siapa orangnya dengan semboyan “Satu Vespa Sejuta Saudara”.

    Kalimat itu kemudian tangkap, bahwa naik Vespa tidak hanya sekadar naik motor, tapi juga bagaimana membangun semangat persaudaraan yang kental.

    “Kami selaku panitia melihat hal ini bisa menjadi meeting point dengan kondisi Polri hari ini yang harus selalu dekat dengan masyarakat,” ujarnya.

    Ia mengatakan acara yang mengusung tema “Polri untuk Masyarakat” ini akan menampilkan berbagai kegiatan yakni safety riding dengan rute sepanjang 24 kilometer di sekitar Jakarta.

    Dalam kegiatan itu, juga digelar pelayanan publik seperti perpanjangan SIM dan konsultasi surat kendaraan, hiburan dari musisi ternama, termasuk Coconut Treez, Orkes PJM, DJ, dan Svara Bhayangkara Band, serta berbagai games interaktif dengan hadiah dan hadiah menarik.

    Rangkaian acara dimulai pukul 07.00 WIB yang dibuka oleh Kapolda Metro Jaya, kemudian riding bersama disertai berbagai hiburan hingga pukul 17.00 WIB.

    Masyarakat dapat mengikuti acara ini dengan mendaftar melalui panitia atau komunitas Vespa yang terdaftar.

    Nanti akan ada loket layanan konsultasi terkait surat-surat kendaraan dan pembagian helm gratis.

    “Kami menunggu kehadiran teman-teman scooterist Vespa meramaikan acara ini dan sama-sama mempererat hubungan yang harmonis antara Polri dan generasi muda,” ujar Krishna.

    Pewarta: Mario Sofia Nasution
    Editor: Syaiful Hakim
    Copyright © ANTARA 2025

    Dilarang keras mengambil konten, melakukan crawling atau pengindeksan otomatis untuk AI di situs web ini tanpa izin tertulis dari Kantor Berita ANTARA.

  • Cerita di Balik Perjalanan Jauh Diogo Jota Pakai Lamborghini

    Dialami Diogo Jota dan Adiknya, Ini Bahayanya Kecelakaan Mobil Gegara Pecah Ban

    Jakarta

    Dua pesepakbola bersaudara asal Portugal, Diogo Jota dan Andre Silva, mengalami kecelakaan fatal berujung merenggut nyawa keduanya. Mobil Lamborghini yang dikendarai Jota dan adiknya itu dilaporkan mengalami pecah ban hingga membuat mobil keluar jalur dan terbakar. Jangan diabaikan, ini bahayanya mobil yang alami pecah ban.

    Diberitakan sebelumnya, Jota dan Silva mengalami kecelakaan tragis di Zamora, Spanyol (3/7). Mereka berdua menaiki Lamborghini Huracan Evo Spyder warna hijau. Diduga kecelakaan tersebut terjadi karena kasus pecah ban setelah Lamborghini yang dikendarai mereka mencoba menyalip kendaraan di depannya.

    Kejadian pecah ban memang kerap menjadi salah satu pembunuh di jalan raya. Ban yang pecah saat mobil dikendarai dalam kecepatan tinggi bisa membuat pengemudi mobil itu kehilangan kendali. Jika ban depan mobil pecah bisa mengakibatkan gejala understeering, sementara kalau ban belakang yang pecah bisa bikin gejala oversteering.

    Mengutip penjelasan Auto2000 dalam keterangannya, kasus ban mobil pecah sampai rusak berat umumnya disebabkan oleh tekanan udara yang kurang alias ban kempis dan dibiarkan terlalu lama. Situasi ini berbahaya karena dapat mengakibatkan kecelakaan.

    Tekanan udara ban yang sesuai sanggup menjaga bidang kontak telapak ban agar tetap optimal, sehingga daya cengkeram ban ke permukaan jalan selalu pas. Tekanan udara ban yang sesuai juga membantu dinding ban menopang berat mobil serta meredam gaya akibat gerakan ban. Alhasil, tekanan udara yang sesuai memegang peran sangat penting dalam menjaga performa ban di jalan.

    Sebaliknya, jika ban mobil mengalami kekurangan angin alias kempis, maka ban tidak memiliki area kontak dengan aspal (contact patch) yang cukup. Bahkan jadi cenderung berlebih akibat hanya tertumpu di pinggir telapak ban. Kondisi ini dapat mengakibatkan ban aus di pinggir sisi luar dan dalam saja. Mobil juga akan terasa semakin berat dikemudikan karena daya cengkeramnya terlalu kuat ke aspal jalan.

    Gerakan naik turun dinding ban pun menjadi tidak terkendali ketika kempis. Alhasil, ban menjadi terlalu lentur dan dapat membuat anyaman kawat baja dinding ban rusak. Bahkan dalam kondisi terburuk, misal saat perjalanan jauh, dan tekanan udara ban terlalu kempis, bibir velg dapat menyentuh dinding ban dan berpotensi membuat robek.

    Kondisi ini sangat berbahaya kalau pengemudi tidak menyadarinya. Padahal, tekanan udara ban yang kurang akan langsung terasa pada pengendalian mobil yang lebih sulit. Selain itu, biasanya mobil akan menarik ke sisi ban yang kempis atau mobil bergoyang akibat gerakan dinding ban yang berlebihan. Jika kondisi itu terjadi terus menerus dan dibiarkan, maka ban berpotensi pecah.

    Maka itu penting melakukan pemeriksaan tekanan udara ban mobil di pagi hari di mana ban belum berjalan dan suhu lingkungan masih dingin supaya hasilnya akurat. Tetapi kalau terlalu repot, usahakan minimal 1 minggu sekali. Pengecekan bisa dilakukan di bengkel khusus ban, maupun di SPBU.

    (lua/din)

  • Kapal Tenggelam di Selat Bali, DPR Dorong Audit Menyeluruh Sistem Keselamatan Pelayaran – Page 3

    Kapal Tenggelam di Selat Bali, DPR Dorong Audit Menyeluruh Sistem Keselamatan Pelayaran – Page 3

    Seperti diketahui, KMP Tunu Pratama Jaya tenggelam pada Rabu malam (2/7) dengan membawa 53 penumpang, 12 kru, dan 22 kendaraan. Enam orang dinyatakan meninggal dunia, sementara sebanyak 30 orang dilaporkan belum ditemukan.

    KMP Tunu Pratama Jaya diduga tenggelam karena mengalami kebocoran saat berlayar dari Pelabuhan Ketapang, Banyuwangi, ke Pelabuhan Gilimanuk, Bali. Dalam dua pekan terakhir, Selat Bali kembali menjadi pusat perhatian nasional akibat serentetan kecelakaan kapal penumpang yang terjadi hanya dalam rentang waktu 11 hari.

    “Tiga kecelakaan beruntun di jalur vital penyeberangan Jawa-Bali ini harus menjadi peringatan keras betapa pentingnya pembenahan sistem keselamatan pelayaran kita,” tegas Irine.

     

  • Diogo Jota Sempat Jalani Operasi Paru-paru Sebelum Meninggal

    Diogo Jota Sempat Jalani Operasi Paru-paru Sebelum Meninggal

    Jakarta

    Pesepakbola Diogo Jota meninggal dunia dalam sebuah kecelakaan mobil di Spanyol, Rabu (3/7/2025), pukul 00.30 waktu setempat. Saat itu, Jota sedang bersama adiknya, Andre dalam mobil Lamborghini.

    Fisioterapis pernapasan Jota, Miguel Gonçalves, mengungkapkan pemain Liverpool itu tengah dalam perjalanan ke pelabuhan untuk naik feri ke Inggris. Jota tidak disarankan untuk naik pesawat, karena ia baru saja menjalani operasi paru-paru beberapa hari sebelumnya.

    Striker asal Portugal itu mengalami pneumotoraks, yakni kondisi saat sebagian paru-paru kolaps.

    “Saya mengucapkan selamat tinggal kepadanya dan André sekitar pukul 20.30 malam. Mereka akan melakukan perjalanan pada malam hari untuk menghindari panas,” tutur Gonçalves yang dikutip dari Gazeta Express, Jumat (4/7/2025).

    “Mereka akan berhenti di sebuah hotel di Burgos. Ia gembira, optimis tentang pemulihannya, dan sangat berkomitmen pada musim baru,” sambungnya.

    Apa Itu Pneumotoraks?

    Dikutip dari Mayo Clinic, pneumothoraks adalah kondisi saat udara bocor ke dalam ruang antara paru-paru dan dinding dada. Udara ini mendorong bagian luar paru-paru dan membuatnya kolaps.

    Pneumotoraks dapat berupa kolaps paru-paru secara menyeluruh atau kolaps hanya sebagian paru-paru. Kondisi ini dapat disebabkan oleh cedera dada tumpul atau tembus, prosedur medis tertentu, atau kerusakan akibat penyakit paru-paru yang mendasarinya.

    Apa Saja Gejala Pneumotoraks?

    Gejala utama pneumotoraks adalah nyeri dada tiba-tiba dan sesak napas. Tingkat keparahan gejala dapat bergantung pada seberapa banyak paru-paru yang kolaps.

    Apa Penyebab Pneumotoraks?

    1. Cedera dada: Setiap cedera tumpul atau tembus pada dada dapat menyebabkan kolaps paru-paru. Beberapa cedera dapat terjadi selama penyerangan fisik atau kecelakaan mobil, sementara yang lain mungkin terjadi secara tidak sengaja selama prosedur medis yang melibatkan penusukan jarum ke dada.

    2. Penyakit paru-paru: Jaringan paru-paru yang rusak lebih mungkin mengalami kolaps. Kerusakan paru-paru dapat disebabkan oleh berbagai jenis penyakit yang mendasarinya, seperti penyakit paru obstruktif kronik (PPOK), fibrosis kistik, kanker paru-paru, atau pneumonia.

    Penyakit paru-paru kistik, seperti limfangio leiomyomatosis dan sindrom Birt-Hogg-Dube. Kondisi ini menyebabkan kantung udara berbentuk bulat dan berdinding tipis di jaringan paru-paru yang dapat pecah, sehingga menyebabkan pneumotoraks.

    3. Lepuh udara yang pecah: Lepuh udara kecil (bleb) dapat terbentuk di bagian atas paru-paru. Lepuh udara ini terkadang pecah, yang memungkinkan udara bocor ke dalam ruang yang mengelilingi paru-paru.

    4. Ventilasi mekanis: Jenis pneumotoraks yang parah dapat terjadi pada orang yang membutuhkan bantuan mekanis untuk bernapas. Ventilator dapat menciptakan ketidakseimbangan tekanan udara di dalam dada. Paru-paru dapat kolaps sepenuhnya.

    (sao/kna)

  • Japan Airlines Boeing 737 Malfungsi, Mendarat Darurat dari Ketinggian 26.000 Kaki

    Japan Airlines Boeing 737 Malfungsi, Mendarat Darurat dari Ketinggian 26.000 Kaki

    Bisnis.com, JAKARTA — Pesawat Boeing 737–800 milik maskapai Japan Airlines dilaporkan mengalami malfungsi di ketinggian 26.000 kaki dan terpaksa melakukan pendaratan darurat di Bandara Kansai, Osaka pada Senin (30/6/2025) malam waktu setempat.

    Pesawat dengan nomor penerbangan JL8696 yang dioperasikan oleh Spring Airlines Japan itu sedang terbang dari Shanghai, China menuju Tokyo, Jepang membawa 191 penumpang dan awak. 

    Kemudian, sistem pesawat mendeteksi gangguan tekanan kabin. Akibatnya, pesawat harus segera turun dari ketinggian jelajah 36.000 kaki ke 10.500 kaki dalam rentang 10 menit.

    Masker oksigen pun otomatis keluar, sehingga memicu kepanikan penumpang. Beberapa di antaranya bahkan sempat menulis pesan terakhir karena menyangka pesawat akan jatuh.

    Pesawat akhirnya mendarat darurat di Bandara Kansai, Osaka pada pukul 20.50 waktu setempat. Sampai saat ini, belum ada laporan cedera atau masalah kesehatan di antara penumpang atau awak pesawat.

    Japan Airlines menyatakan penurunan ketinggian tersebut merupakan prosedur standar demi keselamatan setelah sistem tekanan kabin bermasalah. Maskapai juga menegaskan tidak terjadi dekompresi cepat.

    “Pada 30 Juni 2025, Penerbangan JL8696 mengalami kerusakan pada sistem tekanan kabin, disertai dengan peringatan yang menunjukkan tingkat tekanan ketinggian kabin yang tidak normal,” ujar manajemen Japan Airlines mengutip The Independent, Jumat (4/7/2025).

    Adapun, sebagai bentuk tanggung jawab, Japan Airlines memberikan kompensasi sebesar 15.000 yen atau sekitar Rp1,8 juta serta akomodasi hotel bagi seluruh penumpang. 

    “Kami bekerja sama sepenuhnya dengan Badan Keselamatan Transportasi dan melakukan investigasi internal untuk menentukan akar penyebab kegagalan fungsi sistem, dan akan menerapkan langkah-langkah untuk mencegah kejadian serupa di masa mendatang,” kata maskapai tersebut.

    Pemerintah Jepang melalui Kementerian Transportasi langsung membuka investigasi terkait insiden ini. Insiden tersebut terjadi di tengah sorotan global terhadap pesawat Boeing usai sejumlah kasus kecelakaan dalam beberapa tahun terakhir.

    Sejak tahun 2000, berbagai versi pesawat Boeing 737 telah dikaitkan dengan setidaknya 12 kasus kecelakaan fatal di seluruh dunia, termasuk insiden China Eastern Airlines Penerbangan MU5735 pada 2022 dan kecelakaan Jeju Air di Korea Selatan tahun lalu.

  • Jalur Tengkorak yang Dilintasi Diogo Jota

    Jalur Tengkorak yang Dilintasi Diogo Jota

    Jakarta

    Kedua pesepakbola, Diogo Jota dan Andre Silva meninggal dunia usai mengalami kecelakaan lalu lintas di kilometer 65 A-52, dekat wilayah Zamora, Sanabria, Spanyol. Jalan yang dilintasi itu merupakan jalur tengkorak alias rawan kecelakaan lalu lintas.

    Kecelakaan tragis Diogo Jota dan adiknya itu terjadi di jalan tol KM 65 dari A-52. Menurut laporan media Spanyol El Dia de Zamora, rute itu pernah masuk daftar tertinggi sebagai jalur yang sering mengalami kecelakaan lalu lintas. Totalnya 19 kecelakaan pada tahun 2023, belum ada laporan tahun terbaru. Imbas kecelakaan itu sering berakibat fatal, rata-rata 1,5 kematian per insiden.

    Sumber dari Dewan Kota Cernadilla, – tidak disebutkan namanya, mengatakan jalur paling berbahaya itu makin rawan saat dilintasi malam hari.

    “Saat [A-52] melewati Cernadilla, itu penuh dengan tikungan dengan kecepatan 120 kilometer per jam. Visibilitas malam yang buruk biasanya menjadi penyebab kecelakaan di area-area ini,” katanya.

    “Hari ini adalah dua pemain sepak bola terkenal, yang memiliki karir hebat di depan mereka, tetapi mungkin besok korbannya akan menjadi dua orang yang tidak dikenal lagi,” tambahnya lagi.

    Bukan cuma itu saja, mengutip The Sun yang memuat laporan media lokal La Opinion De Zamora, kondisi jalur yang berlubang juga menjadi masalah rute tersebut. Lebih dari 40 keluhan lubang dilaporkan kepada Kementerian Transportasi Spanyol selama periode bulan lalu. Bahkan ada laporan foto ban mobil yang tercabik-cabik.

    Pengemudi juga harus waspada dengan berbagai rintangan di sepanjang bentangan – termasuk hewan. Area tempat kecelakaan yang dialami Diogo Jota itu merupakan titik hitam bagi serigala. Ya, wilayah Zamora itu digambarkan sebagai “surga” bagi serigala Ibernian – dan tabrakan mobil dengan predator tidak jarang terjadi.

    Kecelakaan tragis Diogo Jota dan Andre Silva

    Wakil Delegasi Zamora, Angel Blanco Garcia, menyatakan, Diogo Jota dan Andre Silva meninggal di tempat. Kondisi mobil mengenaskan karena sempat terbalik sebelum terbakar sampai habis. Sementara itu, dalam pernyataan terpisah Garda Sipil Spanyol menyatakan, kecelakaan Diogo Jota akibat dari pecah ban saat hendak menyalip.

    “Kendaraan itu terbakar habis, dan akibatnya sangat mengerikan. Mengenai identitas orang-orang di dalam kendaraan, memang benar bahwa hal itu belum dapat dipastikan 100% karena jenazah saat ini berada di Institut Kedokteran Forensik Zamora, dan tes yang relevan harus dilakukan,” ucap Garcia dalam sebuah konferensi pers dilansir Marca.

    “Kami yakin mereka adalah dua pemuda, berusia 29 dan 25 tahun, keduanya berkebangsaan Portugal. Salah satunya adalah orang terkenal, Diogo Jota, pemain Liverpool, dan yang lainnya tampaknya adalah saudaranya, André, yang juga bermain untuk tim Divisi Dua Portugal.”

    “Dengan semua informasi yang kami miliki, kesaksian dan semua yang telah dikumpulkan oleh Garda Sipil, sangat mungkin bahwa mereka adalah dua orang yang kami maksud. Kami sampaikan, tanpa mengonfirmasi, tapi dengan semua informasi yang tersedia, belasungkawa sedalam-dalamnya kepada keluarga dan teman-teman korban.”

    “Saya tidak akan membahas keadaannya, tapi mobil itu terbalik, terbakar, dan akibatnya fatal. Meskipun ada hipotesis, saya tidak dapat mengatakan apa pun karena saya tidak tahu. Harus ada penyelidikan, yang sedang dilakukan oleh Garda Sipil,” lugas Angel Blanco Garcia.

    (riar/dry)

  • Menhub Minta KNKT Investigasi Insiden Maut KMP Tunu Pratama Jaya

    Menhub Minta KNKT Investigasi Insiden Maut KMP Tunu Pratama Jaya

    Bisnis.com, JAKARTA — Menteri Perhubungan (Menhub) Dudy Purwagandhi menginstruksikan dilakukannya investigasi penyebab kecelakaan KMP Tunu Pratama Jaya yang tenggelam di Selat Bali pada Rabu (2/7) lalu.

    Menhub memerintahkan agar proses investigasi penyebab kecelakaan maut KMP Tunu Pratama Jaya segera dilakukan oleh Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT).

    “Keselamatan penyebrangan adalah prioritas utama. Karena itu, saya sudah menginstruksikan KNKT untuk melakukan investigasi terkait penyebab kecelakaan dan berkomitmen untuk mencegah terulangnya peristiwa serupa,” kata Menhub dalam keterangan resmi, Jumat (4/7/2025).

    Menhub juga menginstruksikan tim gabungan yang terdiri dari Basarnas, TNI/Polri, Syahbandar, KPLP, ASDP, serta unsur terkait lainnya untuk melanjutkan dan mempercepat pencarian korban.

    Dia berharap pencarian yang dilakukan dapat menemukan lebih banyak lagi korban yang selamat. Namun demikian, ia meminta seluruh pihak untuk bersabar, sebab fokus utama yang saat ini dilakukan adalah upaya maksimal melakukan pencarian dan pertolongan terhadap korban.

    “Kita punya golden time yang harus dimanfaatkan sebaik-baiknya untuk pencarian dan pertolongan korban KMP Tunu Pratama Jaya. Kami berharap bisa menemukan lebih banyak lagi penumpang yang selamat,” ujarnya.

    Menhub menjelaskan, jumlah penumpang KMP Tunu Pratama Jaya diketahui sebanyak 53 orang, sedangkan awak kapal berjumlah 12 orang. Adapun total kendaraan yang diangkut berjumlah 22 unit.

    “Hingga malam ini, korban selamat yang berhasil ditemukan oleh tim gabungan berjumlah 29 orang, sementara yang meninggal 6 orang. Atas nama Pemerintah, saya menyampaikan turut berduka cita yang mendalam bagi keluarga korban dan bagi korban yang selamat, saya berdoa semoga segera diberikan kesembuhan,” terang Menhub Dudy.

    Terkait penumpang kapal yang tidak terdaftar dalam manifest, Menhub Dudy menyebutkan bahwa pihaknya akan melakukan konfirmasi dan verifikasi ulang untuk memastikan kebenarannya. “Kami akan melakukan verifikasi untuk memastikannya, termasuk apakah ada penumpang yang selamat namun belum melaporkan,” tambahnya.

    Menhub mengapresiasi seluruh pihak yang terlibat dalam proses pencarian dan pertolongan ini. Ia pun berpesan kepada seluruh petugas untuk tetap mengutamakan keselamatan di lapangan.

    “Mengingat kondisi cuaca di Selat Bali yang kurang bersahabat, saya meminta seluruh petugas untuk tetap memerhatikan faktor keselamatan. Semoga kerja sama dari seluruh tim gabungan memberikan hasil yang maksimal,” sebutnya.

    Ke depan, Menhub mengajak seluruh pihak, termasuk operator penyebrangan dan masyarakat untuk bersama-sama memperkuat budaya keselamatan di sektor penyebrangan. Dia pun berjanji akan memberikan informasi terkini kepada publik seiring perkembangan penanganan insiden.