Kasus: kecelakaan

  • Ojek Online Boleh Parkir Gratis di Fasilitas Pemkot Pasuruan

    Ojek Online Boleh Parkir Gratis di Fasilitas Pemkot Pasuruan

    Pasuruan (beritajatim.com) – Pemerintah Kota Pasuruan resmi menggulirkan kebijakan pembebasan biaya parkir bagi pengemudi ojek online (ojol). Program ini berlaku di seluruh fasilitas milik pemerintah daerah, termasuk rumah sakit dan perkantoran.

    Wali Kota Pasuruan, Adi Wibowo, menyebut langkah tersebut diambil setelah mendengar banyak keluhan dari para pengemudi. Mereka kerap harus membayar parkir meski hanya sebentar mengantar penumpang atau barang.

    “Seringkali ojol hanya menurunkan penumpang, tapi tetap diminta bayar parkir. Maka kebijakan ini kami hadirkan agar lebih adil dan membantu para pengemudi,” jelasnya.

    Adi menambahkan, kebijakan serupa juga telah diterapkan di beberapa daerah lain seperti Bangil. Menurutnya, Pasuruan perlu menyesuaikan agar layanan transportasi berbasis aplikasi semakin berkembang.

    “Kalau di rumah sakit, biasanya menit pertama itu gratis. Nah, di Pasuruan kami akan perluas lagi ke semua fasilitas pemerintah,” ungkapnya.

    Kebijakan ini disambut baik oleh para pengemudi ojol yang selama ini merasa terbebani. Biaya parkir kerap mengurangi pendapatan harian mereka yang sebenarnya sudah pas-pasan.

    Ketua Asosiasi Driver Ojek Online Kota Pasuruan, Adhi Nugraha, mengungkapkan permasalahan parkir memang menjadi keluhan utama anggotanya. Ia menilai langkah pemkot ini bisa meringankan beban pengemudi.

    “Kadang dapat order Rp8.000, harus keluar Rp2.000 untuk parkir, jadi yang dibawa pulang cuma Rp6.000. Dengan aturan baru ini jelas sangat membantu,” kata Ugra, sapaan akrabnya.

    Selain soal parkir, asosiasi ojol juga meminta adanya dukungan pemerintah terkait legalitas organisasi. Mereka ingin keberadaan komunitas pengemudi memiliki payung hukum yang jelas.

    “Jika ada masalah seperti kecelakaan atau kejadian lain di lapangan, kami punya posisi yang kuat di bawah naungan pemerintah. Harapan kami, legalitas ini bisa segera difasilitasi,” pungkas Ugra. (ada/but)

  • Ini Sederet Kelebihan Fitur Baru pada iPhone 17

    Ini Sederet Kelebihan Fitur Baru pada iPhone 17

    Bisnis.com, JAKARTA — Seri iPhone 17 dari Apple membawa sejumlah pembaruan dan peningkatan yang tergantung pada model sebelumnya.

    Dilansir dari Antara News, semua model dalam jajaran iPhone 17 mendapatkan peningkatan signifikan dibandingkan pendahulunya, dan model dasar bahkan mendapatkan beberapa fitur yang sebelumnya hanya tersedia di perangkat Pro.

    Meskipun iPhone Air secara teknis bukan bagian dari seri iPhone 17 secara nama, namun dirilis bersamaan dan memiliki banyak fitur yang sama. iPhone Air memiliki desain yang jauh lebih tipis dibandingkan model iPhone generasi sebelumnya (hanya 5,6 mm), tetapi tetap dilengkapi dengan layar ProMotion 16,5 cm, prosesor A19 Pro baru dari Apple, dan lainnya.

    Namun, desain yang lebih tipis ini memiliki beberapa kompromi. Daya tahan baterai kemungkinan akan lebih rendah dibandingkan dengan model-model dalam jajaran iPhone 17, meskipun Apple mengatakan telah merancang ulang baterai dan memperkenalkan fitur efisiensi baru di iOS 26 untuk membantu mengimbangi hal ini.

    Hanya ada satu kamera di bagian belakang, meskipun kamera ini cukup mumpuni dan masih memiliki zoom lossless dua kali. Jika Anda tidak peduli dengan kompromi tersebut dan menginginkan sesuatu yang tipis dan ringan, maka iPhone Air mungkin cocok.

    iPhone 17 dasar mendapatkan fitur yang banyak dianggap sudah lama ditunggu, termasuk layar dengan refresh rate tinggi. Sebelumnya, layar ProMotion yang dapat mencapai 120Hz hanya tersedia untuk model iPhone Pro, meskipun banyak ponsel Android yang lebih murah sudah memiliki fitur ini selama bertahun-tahun.

    Pada iPhone 17, layar ProMotion dapat berkisar antara 1Hz hingga 120Hz. Artinya, saat konten di layar statis, laju penyegaran dapat lebih rendah untuk menghemat daya baterai, dan saat animasi muncul di layar atau Anda menggulir, laju penyegaran dapat mencapai 120Hz untuk membuat perangkat lunak terasa halus dan responsif.

    Kemudian, iPhone 17 dilengkapi dengan chip A19, yang menurut Apple menawarkan kinerja grafis 20 persen lebih baik untuk layar ProMotion. Hal ini juga akan memengaruhi kinerja gaming dan Apple Intelligence. Seperti biasa, ada chip yang lebih canggih untuk iPhone Pro terbaru. Chip Apple A19 Pro adalah chip iPhone paling kuat yang pernah dibuat Apple hingga saat ini.

    Apple mengklaim chip ini mampu memberikan kinerja berkelanjutan hingga 40 persen lebih cepat. Chip ini dilengkapi dengan CPU enam inti dan GPU enam inti, yang bekerja bersama dengan Neural Engine 16 inti baru untuk kinerja AI.

    Perangkat iPhone 17 Pro juga memiliki peningkatan kinerja lainnya. Hal yang patut diperhatikan, mereka dilengkapi dengan ruang uap baru yang dirancang untuk mendinginkan A19 Pro dengan lebih baik, yang seharusnya membantu chip ini beroperasi lebih baik dalam jangka waktu yang lebih lama.

    Lalu, semua model iPhone 17 memiliki kamera yang lebih baik, dan seperti biasa, model Pro mendapatkan pembaruan terbaik. Pembaruan kamera terbesar pada iPhone 17 dasar mungkin ada di bagian depan daripada belakang. Pada iPhone 17, kini terdapat kamera depan Center Stage.

    Di iPhone 17, kamera depan juga menggunakan teknologi Center Stage, yang dilengkapi dengan sensor berbentuk persegi yang memungkinkan ponsel untuk membingkai gambar dengan lebih baik saat gambar dipotong. Sensor persegi ini juga memungkinkan pengguna mengambil selfie lanskap tanpa perlu memutar ponsel ditambah fitur Dual Capture baru yang memungkinkan pengguna mengambil foto secara bersamaan di kamera depan dan belakang.

    Di bagian belakang, pengguna akan mendapatkan kamera utama 48 megapiksel beserta kamera ultrawide 48 megapiksel yang menurut Apple dapat menangkap resolusi hingga empat kali lipat dibandingkan kamera ultrawide pada iPhone 16. Peningkatan pada iPhone 17 Pro bahkan lebih baik dimana seperti sebelumnya, iPhone 17 Pro dilengkapi dengan tiga kamera di bagian belakang, namun kali ini termasuk kamera telefoto baru yang mampu menangkap zoom optik hingga delapan kali.

    Apple menyatakan kamera telefoto ini 56 persen lebih besar dibandingkan kamera telefoto pada iPhone 16 Pro, artinya dapat menangkap foto yang lebih tajam dalam kondisi pencahayaan baik dan detail yang lebih banyak dalam kondisi pencahayaan rendah. iPhone 17 Pro juga dilengkapi dengan sensor depan berbentuk persegi baru.

    Hampir semua pengguna mungkin pernah mengalami kecelakaan yang merusak layar atau bagian kaca lainnya pada ponsel, tetapi seri iPhone 17 dan iPhone Air baru lebih tahan lama daripada sebelumnya. Semua perangkat dalam seri ini menggunakan kaca Ceramic Shield 2 baru dari Apple, yang diklaim dapat memberikan ketahanan gores tiga kali lipat lebih baik. Bagian depan akan menggunakan kaca Ceramic Shield 2 baru, sementara bagian belakang akan menggunakan kaca Ceramic Shield generasi sebelumnya, tetapi hal ini tetap akan memberikan ketahanan yang solid secara keseluruhan.

    Di sisi lain, pemerintah telah mengeluarkan sertifikat Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN) untuk empat varian iPhone 17, yakni model A3517, A3520, A3523, dan A3526. Sertifikasi ini memuat nilai TKDN sebesar 40% sesuai aturan yang menjadi syarat wajib agar perangkat ponsel dapat dijual resmi di Tanah Air. Dengan keluarnya sertifikat ini, jalan iPhone 17 untuk segera masuk ke pasar Indonesia semakin terbuka lebar.

    Target distribusi bisa dimulai awal Oktober, jauh lebih cepat dibanding iPhone 16 yang baru mendapatkan sertifikasi berbulan-bulan setelah peluncuran globalnya. Dengan TKDN sudah di tangan, izin edar dalam proses, dan distributor resmi menyiapkan berbagai strategi, konsumen Indonesia kini hanya perlu menunggu waktu. Jika target peluncuran awal Oktober tercapai, maka iPhone 17 series akan hadir di Indonesia dengan momentum yang masih panas dari euforia global.

    Dari sisi harga, Apple mengumumkan bahwa iPhone 17 akan mulai dijual di pasar global dengan banderol sekitar US$799 atau setara Rp12,5 juta, dengan kapasitas penyimpanan minimal 256 GB. Artinya, opsi 128 GB kini resmi ditinggalkan. Sementara varian Pro dan Pro Max diperkirakan berada di kisaran US$1.099 hingga US$1.199. Harga resmi di Indonesia tentu akan lebih tinggi setelah dihitung dengan pajak dan bea masuk tetapi tren sebelumnya menunjukkan kisaran tidak akan terlalu jauh berbeda.

    Jika berkaca pada pengalaman peluncuran iPhone 14 dan 15, kehadiran generasi baru biasanya diikuti dengan penurunan harga seri sebelumnya. Hal ini menjadi momentum bagi konsumen yang ingin tetap menggunakan iPhone tetapi dengan harga yang lebih ramah kantong. Distributor pun kerap memanfaatkan momen ini dengan penawaran trade-in, cicilan, dan bundling aksesoris resmi.

    Meskipun peluncuran resmi iPhone 17 di Indonesia masih menunggu izin edar, namun masa tunggu ini justru menjadi momentum bagi distributor resmi untuk menyiapkan strategi masing-masing. Adapun iBox dan Digimap mengandalkan jaringan ritel fisik mereka yang sudah luas di kota-kota besar, dengan kepastian produk bergaransi resmi sebagai daya tarik utama. Lalu melalui konsep omnichannel. Blibli memiliki jaringan fisik Blibli Store dan Hello, Apple Authorized reseller. 

  • Prabowo Kasih Diskon JKK-JKM 50% Buat Ojol, Gojek Buka Suara

    Prabowo Kasih Diskon JKK-JKM 50% Buat Ojol, Gojek Buka Suara

    Jakarta, CNBC Indonesia – Gojek buka suara soal paket stimulus ekonomi jaminan sosial untuk pengemudi ojek onlin (ojol). Perusahaan menyambut baik soal inisiatif tersebut dan menantikan arahan selanjutan untuk implementasi aturan tersebut.

    “Kami menyambut baik dan mengapresiasi inisiatif Pemerintah Republik Indonesia, melalui Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian, dalam paket stimulus ekonomi 8+4 yang mencakup rencana pemberian jaminan sosial bagi pekerja di sektor gig, termasuk pengemudi ojek online,” kata Direktur Public Affairs & Communications PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk (GOTO), Ade Mulya dalam keterangannya, Senin (22/9/2025).

    “Serta menantikan arahan selanjutnya dari Pemerintah terkait implementasi kebijakan ini agar dapat bersama-sama memastikan perlindungan sosial yang berkelanjutan bagi mitra driver,” dia menambahkan.

    Dia mengatakan kebijakan itu jadi langkah penting memperluas perlindungan sosial untuk pekerja informal. Begitu juga sejalan dengan komitmen perusahaan untuk menyejahterakan, melindungi dan mendengarkan mitra ojol.

    Pihak Gojek juga memiliki sejumlah program untuk melindungi driver. Salah satunya memfasilitasi pendaftaran mitra ojol dalam BPJS Ketenagakerjaan, yang kini sudah ada lebih dari 200 ribu mitra driver yang terdaftar.

    “Kami percaya bahwa dukungan sosial seperti ini sangat penting untuk meringankan beban biaya mitra, baik dimasa menantang seperti saat ini, maupun untuk perlindungan mitra jangka panjang. Karena itu, Gojek siap terus bekerja sama dengan pemerintah dan para pemangku kepentingan untuk memastikan setiap langkah perlindungan ini berjalan optimal,” ujar Ade.

    Pemerintah telah mengumumkan program insentif 8+4, yang salah satunya menyasar gig workers termasuk driver ojol. Bantuan tersebut berupa iuran JKK dan JKM untuk 6 bulan sebesar 50% bagi pekerja bukan penerima upah.

    Anggaran yang disiapkan pemerintah sebesar Rp 36 miliar ditanggung pihak BPJS Ketenagakerjaan dengan total 731.361 orang. Stimulus berupa jaminan kecelakaan kerja, kehilangan pekerjaan dan jaminan kematian.

    Program bantuan iuran JKK dan JKM bukan penerima upah (BPU) akan dilanjutkan 2026. Ini akan dilakukan bersama dengan 4 program lain pada 8+4.

    Tanggapan Grab Indonesia dan inDrive

    Pihak Grab Indonesia juga telah buka suara terkait hal tersebut. Chief of Public Affairs Grab Indonesia, Tirza Munusamy mengatakan pihaknya menyambut baik kebijakan tersebut.

    Tirza juga menjelaskan Grab memiliki sejumlah program mendukung mitra ojol. Termasuk bekerja sama dengan BPJS Ketenagakerjaan bertujuan program sosialisasi berkala terkait kepesertaan kepada pengemudi.

    Ada juga memberi kemudahan pendaftaran dan pembayaran perlindungan tambanan Jaminan Hari Tua (JHT), Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK) dan Jaminan Kematian (JKM) bagi para pengemudi. Selain itu terdapat asuransi kecelakaan bagi pengemudi yang menjalankan pesanan, termasuk biaya perawatan medis untuk kecelakaan kerja dan santunan jika cacat atau meninggal dunia.

    Terdapat kanal darurat tambahan Grab Respon Cepat atau GERCEP, serta peringatan lokasi rawan dalam aplikasi misalnya titik aksi penyampaian pendapat.

    “Ke depannya Grab akan terus menghadirkan program-program strategis untuk kesejahteraan Mitra, termasuk program pemberdayaan yang dapat memberikan manfaat jangka panjang bagi para Mitra Pengemudi,” ujarnya.

    Country Manager inDrive Indonesia Rio Aristo mengatakan pihak perusahaan berkomitmen meningkatkan kesejahteraan. Termasuk melalui jaminan sosial bagi para driver ojol dan menjadi prioritas inDrive Indoensia.

    “Sehubungan dengan hal tersebut, perlu kami sampaikan bahwa saat ini kami masih terus melakukan audiensi dan koordinasi yang intensif dengan berbagai pihak terkait atau stakeholders, termasuk pemerintah dan perwakilan komunitas pengemudi,” jelasnya dalam keterangan yang diterima Jumat (12/9/2025).

    “Kami percaya, solusi terbaik haruslah dirumuskan secara komprehensif dengan melibatkan semua pihak agar dapat mengakomodasi kebutuhan seluruh pengemudi,” dia menambahkan.

    Perumusan skema jaminan sosial juga masih dalam tahap pembahasan. Penerapannya akan dipastikan memberikan manfaat dan tepat sasaran.

    “Adapun mengenai perumusan skema jaminan sosial yang akan diberikan, saat ini masih dalam tahap pembahasan dan kajian mendalam. Kami akan memastikan skema yang nantinya diterapkan dapat memberikan manfaat yang nyata dan tepat sasaran, serta mendukung keberlangsungan ekosistem industri ini,” kata Rio.

    (fab/fab)

    [Gambas:Video CNBC]

  • Jerman Pangkas Bantuan, Apa Imbasnya Bagi Negara Berkembang?

    Jerman Pangkas Bantuan, Apa Imbasnya Bagi Negara Berkembang?

    Jakarta

    Koalisi pemerintahan Jerman yang terdiri dari konservatif (CDU/CSU) dan Sosial Demokrat (SPD) telah memangkas anggaran Kementerian Federal untuk Kerja Sama Ekonomi dan Pembangunan (BMZ) sebesar 8% menjadi sedikit di bawah €10 miliar (sekitar Rp191,39 triliun).

    Menteri Pembangunan Reen Alabali Radovan (SPD) jelas tentang dampak pemotongan ini: “Anggaran saya turun sekitar €910 juta (sekitar Rp17,41 triliun) dibandingkan tahun sebelumnya. Mengingat meningkatnya krisis, Jerman berinvestasi jauh lebih sedikit dalam kerja sama internasional dibandingkan yang sebenarnya sangat mendesak dibutuhkan.”

    Namun demikian, ia mengatakan kepada parlemen Bundestag bahwa langkah-langkah tersebut tidak akan melumpuhkan kebijakan pembangunan Jerman.

    “Kita masih jauh dari kondisi Amerika, dan memang sudah seharusnya begitu,” tegas menteri yang ditunjuk pada Mei 2025 itu.

    Ia berusaha menepis perbandingan dengan pemangkasan bantuan besar-besaran yang dilakukan oleh pemerintahan Donald Trump.

    Peningkatan dramatis kelaparan dan malnutrisi

    Alabali Radovan memberi salah satu contoh dampak dari kebijakan Trump: “Di Kenya, lebih dari 700.000 pengungsi, banyak di antaranya dari Somalia, secara langsung terdampak oleh pemangkasan bantuan AS terhadap Program Pangan Dunia.”

    Menteri berusia 35 tahun itu mengatakan bahwa mereka hanya menerima sepertiga dari jatah makanan yang diperlukan, yang menyebabkan peningkatan dramatis kelaparan dan malnutrisi.

    “Ketegangan semakin meningkat, banyak orang harus mengungsi, kawasan ini semakin tidak stabil,” ia memperingatkan. “Hal ini tidak dapat diterima secara kemanusiaan dan juga bukan merupakan kepentingan keamanan Jerman.”

    Namun, organisasi bantuan mengatakan bahwa pemangkasan oleh Jerman juga akan membawa konsekuensi drastis.

    Dibandingkan dengan tahun 2024, bantuan darurat akut yang diberikan oleh Kementerian Luar Negeri berkurang lebih dari setengahnya: €1,05 miliar (sekitar Rp20,10 triliun) dibandingkan €2,23 miliar (sekitar Rp42,67 triliun). Dan bantuan tersebut telah turun dua pertiga sejak 2022.

    Thorsten Klose-Zuber, Sekretaris Jenderal LSM Help, membunyikan alarm. Ia mengatakan bahwa pemangkasan 50% terhadap bantuan darurat akan membuat lebih dari 4 juta orang di seluruh dunia tidak lagi menerima bantuan pangan.

    “Penghentian bantuan kemanusiaan dari Amerika Serikat dan pemotongan setengah anggaran Jerman bukanlah awal dari masalah keuangan kita. Selama bertahun-tahun ini, hampir tidak mungkin menjangkau setengah dari orang-orang yang terdampak,” tambah Klose-Zuber.

    Ia memperkirakan jumlah total orang yang membutuhkan mencapai lebih dari 320 juta.

    Konsekuensi bagi layanan kesehatan dan air minum

    Pengurangan drastis dana bantuan juga memiliki dampak nyata di bidang lain.

    “Lebih dari satu setengah juta orang akan kehilangan layanan kesehatan dasar mereka akibat pemangkasan Jerman,” kata sekretaris jenderal Help.

    Situasi serupa juga terjadi terkait akses ke air minum bersih, menurut Klose-Zuber.

    Menurut pandangannya, hampir semuanya kekurangan di wilayah-wilayah krisis besar.

    Dan ia tidak hanya merujuk pada negara-negara yang dilanda konflik, tetapi juga bencana alam seperti gempa bumi, misalnya di Myanmar atau Afghanistan.

    Di kedua negara tersebut, ribuan orang meninggal dunia dan terjadi kehancuran besar, terutama terhadap bangunan.

    Kesimpulannya terdengar hampir putus asa: “Hal ini semakin membuat saya berpikir tentang seorang dokter darurat yang datang ke lokasi kecelakaan lalu lintas dengan lima korban luka parah, dan dokter itu harus memprioritaskan siapa yang mati dan siapa yang dirawat.”

    Menurut Klose-Zuber, organisasi bantuannya berada dalam posisi serupa. Mereka hanya bisa berkonsentrasi pada negara-negara dengan kebutuhan terbesar.

    Kepala LSM itu tidak berpikir bahwa negara lain akan turun tangan menutup kesenjangan yang ditimbulkan oleh pemangkasan anggaran Jerman: “Kami menyaksikan adanya pergerakan fundamental secara global, khususnya dari negara-negara donor Barat tradisional, untuk menarik diri secara finansial dari sistem multilateral yang disepakati.”

    Ini adalah tren global yang ia pandang secara kritis.

    Partai Hijau anggap pemangkasan tidak bertanggung jawab

    Menurut pandangan Partai Hijau yang berhaluan lingkungan, pemangkasan besar terhadap pembangunan dan bantuan darurat adalah tindakan yang tidak bertanggung jawab.

    “Tidak ada yang mengklaim bahwa kita sendirian bisa menutup kesenjangan yang ditinggalkan oleh AS dengan penarikannya,” kata anggota Bundestag Jamila Schäfer.

    “Namun kenyataan bahwa kita bahkan tidak berusaha sedikit pun untuk menutup kesenjangan itu benar-benar menyakitkan, terutama bagi orang-orang yang terdampak langsung.”

    Sementara itu, partai konservatif Demokrat Kristen dan partai saudara Bavariannya, Uni Sosial Kristen, memiliki pandangan yang sepenuhnya berbeda tentang efektivitas bantuan pembangunan Jerman dan internasional.

    “Saya pikir menebar ketakutan global itu salah,” kata anggota CDU Inge Grässle dalam debat Bundestag.

    Kaum konservatif ingin menunjukkan bahwa hasil yang baik tetap bisa dicapai dalam kerja sama pembangunan dengan dana €10 miliar (sekitar Rp191,39 triliun).

    AfD ingin memangkas bantuan pembangunan lebih parah lagi

    Jika partai sayap kanan Alternatif untuk Jerman (AfD) yang menentukan, anggaran Kementerian Pembangunan akan dipangkas menjadi €2,5 miliar (Rp47,85 triliun).

    Kenyataannya, anggaran tersebut sekitar empat kali lipat lebih tinggi meski ada pemangkasan. Mirco Hanker menganggapnya sebagai “pemborosan uang pembayar pajak.”

    Sebagai contoh, ia menyinggung konsep elektromobilitas yang didukung Jerman di India.

    “Seseorang setidaknya bisa mempertanyakan apakah India, sebagai bangsa besar dan kekuatan yang sedang bangkit yang berhasil mendaratkan probe di bulan, tidak bisa membiayai sendiri konsep dan infrastrukturnya?” tanya Hanker.

    Menteri Pembangunan, Reem Alabali Radovan, sebagian besar tidak terpengaruh oleh pandangan AfD dan suara-suara kritis lainnya.

    “Setiap euro yang diinvestasikan secara bijak di seluruh dunia mempromosikan keamanan dan perdamaian, termasuk bagi kita di Eropa dan Jerman,” katanya.

    Artikel ini pertama kali terbit dalam bahasa Jerman

    Diadaptasi oleh Rahka Susanto

    Editor: Rizki Nugraha

    (ita/ita)

  • Korlantas libatkan pakar dalam evaluasi sirene dan strobo di jalan

    Korlantas libatkan pakar dalam evaluasi sirene dan strobo di jalan

    “Kami juga akan melibatkan masyarakat, melibatkan pakar untuk berdiskusi bagaimana tugas-tugas kepolisian untuk mewujudkan lalu lintas yang aman, selamat, tertib, dan lancar, tentunya contohnya di tol pada saat patroli,”

    Jakarta (ANTARA) – Korps Lalu Lintas (Korlantas) Polri akan melibatkan pakar dan masyarakat dalam proses evaluasi penggunaan sirene dan strobo di jalan raya.

    “Kami juga akan melibatkan masyarakat, melibatkan pakar untuk berdiskusi bagaimana tugas-tugas kepolisian untuk mewujudkan lalu lintas yang aman, selamat, tertib, dan lancar, tentunya contohnya di tol pada saat patroli,” kata Kepala Korlantas (Kakorlantas) Polri Irjen Pol. Agus Suryonugroho di kawasan Jakarta Selatan, Senin.

    Evaluasi ini dilakukan usai penggunaan sirene dan strobo dibekukan sementara menyusul adanya aspirasi masyarakat yang merasa terganggu dengan penggunaan kedua hal tersebut.

    Agus juga mengimbau masyarakat untuk tidak menggunakan sirene dan strobo secara sembarangan atau tidak mengikuti aturan.

    “Hal-hal yang tidak baik dirasa oleh masyarakat, di perjalanan, polantas tidak akan mengedepankan penegakan hukum, tetapi kami menghimbau kesadaran pribadi untuk kepentingan kita bersama,” ucapnya.

    Jenderal polisi bintang dua itu juga menyampaikan apresiasinya kepada masyarakat atas aspirasi yang diberikan.

    “Korlantas menyampaikan apresiasi dan terima kasih. Kami bisa mendengar keluhan masyarakat dan segera kita tindak lanjuti,” ujarnya.

    Sebelumnya, Agus menegaskan bahwa sirene hanya boleh digunakan pada kondisi tertentu yang benar-benar membutuhkan prioritas.

    “Kalau pun digunakan, sirene itu untuk hal-hal khusus, tidak sembarangan. Sementara ini sifatnya imbauan agar tidak dipakai bila tidak mendesak,” ujarnya.

    Dia juga mengatakan bahwa sirene dan strobo tetap bisa digunakan untuk tugas kepolisian, khususnya pada kegiatan patroli dan pengaturan lalu lintas.

    “Ini penting, terutama di jalan tol, di mana tanda-tanda isyarat seperti lampu dan suara sirene sangat dibutuhkan untuk mengantisipasi peristiwa kecelakaan,” ucapnya.

    Saat ini, Korlantas Polri sedang menyusun ulang aturan penggunaan sirene dan rotator untuk mencegah penyalahgunaan.

    Pewarta: Nadia Putri Rahmani
    Editor: Agus Setiawan
    Copyright © ANTARA 2025

    Dilarang keras mengambil konten, melakukan crawling atau pengindeksan otomatis untuk AI di situs web ini tanpa izin tertulis dari Kantor Berita ANTARA.

  • CEO Tewas Jatuh dari Gunung 900 Meter, Begini Kronologinya

    CEO Tewas Jatuh dari Gunung 900 Meter, Begini Kronologinya

    Jakarta, CNBC Indonesia – Seorang CEO perusahaan teknologi asal Argentina dilaporkan tewas usai jatuh dari ketinggian 3.000 kaki atau sekitar 900 meter saat menuruni Gunung Shasta, California Utara, pekan lalu.

    Korban diketahui bernama Matias Augusto Travizano, 45 tahun, pendiri sekaligus mantan CEO perusahaan analitik data GranData yang berbasis di San Francisco.

    Menurut laporan San Francisco Chronicle yang mengutip Kantor Sheriff Siskiyou County, Travizano mendaki hingga puncak Gunung Shasta setinggi 4.316 meter pada 12 September 2025.

    Dalam perjalanan turun, ia bergabung dengan dua pendaki asing melalui jalur Clear Creek Trail, yang dikenal sebagai jalur non-teknis dan sering digunakan pendaki.

    Namun, Travizano sempat tersesat dari jalur utama. Bersama salah satu pendaki asing, ia terjebak di Gletser Wintun yang curam, licin, dan berbatu pada ketinggian sekitar 4.115 meter.

    Saat mencoba menyelamatkan diri, keduanya melakukan teknik meluncur terkendali di atas es dan bebatuan untuk mencapai lokasi yang lebih aman. Sayangnya, Travizano kehilangan kendali dan menghantam batu besar sejauh 90 meter di bawah.

    Saksi mata mengatakan, benturan tersebut membuatnya pingsan sekitar 10 menit meski masih dalam kondisi hidup. Saat rekannya berusaha menghampiri, Travizano tersadar dan kembali bergerak. Namun ia tergelincir lagi hingga jatuh ke jurang dan hilang dari pandangan, demikian dikutip dari New York Post, Senin (22/9/2025).

    Unit helikopter Patroli Jalan Raya California kemudian menemukan jasad Travizano di dasar gletser pada ketinggian 3.109 meter.

    Kantor Sheriff Siskiyou County mengingatkan bahwa meski rute Clear Creek dianggap sebagai jalur pendakian paling aman, pendaki tetap berisiko tersesat dalam kondisi jarak pandang rendah. Mereka bisa masuk ke area berbahaya seperti Ash Creek atau Mud Creek yang rawan kecelakaan.

    Travizano dikenal sebagai fisikawan dan pengusaha teknologi. Pada 2024, Presiden Argentina Javier Milei menunjuknya sebagai penasihat pemerintah dan bahkan membawanya dalam kunjungan pertama ke Silicon Valley, di mana ia sempat berfoto bersama Milei dan CEO Apple Tim Cook.

    Ia dikenang sebagai sosok yang hangat, pria keluarga yang hebat, serta humoris oleh orang-orang terdekatnya.

    (fab/fab)

    [Gambas:Video CNBC]

  • TNI tertibkan penggunaan sirene dan strobo

    TNI tertibkan penggunaan sirene dan strobo

    Jadi peruntukan strobo itu sebenarnya hanya untuk ambulans, pemadam kebakaran, kemudian mobil jenazah, kemudian mobil kawal, baik motor roda empat maupun roda dua. Di luar itu dilarang

    Jakarta (ANTARA) – Komandan Pusat Polisi Militer (Danpuspom) TNI Mayjen TNI Yusri Nuryanto mengatakan internal TNI sedang menertibkan penggunaan sirene dan strobo yang tidak sesuai aturan agar tidak mengganggu kenyamanan di jalan raya.

    “Di internal kita, di TNI, kami sudah sampaikan kepada masing-masing danpuspom angkatan untuk menertibkan itu,” ucap Yusri menjawab pertanyaan wartawan di Jakarta, Senin.

    Dia menyebut pihaknya telah berkoordinasi dengan Direktorat Lalu Lintas Polri, mengingat belakangan ini penggunaan sirene dan strobo yang tidak sesuai peruntukannya diprotes masyarakat karena dinilai mengganggu.

    Danpuspom mengakui bunyi dan cahaya yang ditimbulkan dapat mengganggu pengguna jalan, karenanya sirene dan strobo harus digunakan sesuai dengan Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas Dan Angkutan Jalan (UU LLAJ).

    “Jadi peruntukan strobo itu sebenarnya hanya untuk ambulans, pemadam kebakaran, kemudian mobil jenazah, kemudian mobil kawal, baik motor roda empat maupun roda dua. Di luar itu dilarang,” kata Yusri.

    Adapun Pasal 134 UU LLAJ mengatur bahwa pengguna jalan yang berhak didahulukan, antara lain pemadam kebakaran, ambulans, kendaraan pertolongan kecelakaan, pimpinan lembaga negara, tamu negara, iring-iringan pengantar jenazah, serta konvoi dan/atau kendaraan untuk kepentingan tertentu menurut pertimbangan Polri.

    Danpuspom mengimbau jajarannya untuk mencontoh Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto, sebab Panglima tidak menggunakan sirene dan strobo dalam perjalanan dinas.

    “Bapak Panglima sendiri tidak menggunakan itu. Jadi mari kita contoh, kita sesuai dengan aturan aja, ya, biar lebih enak,” tuturnya.

    Sebelumnya, Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto mengungkapkan bahwa dirinya telah mengingatkan polisi militer (POM) soal penggunaan sirene dan strobo agar dilaksanakan sesuai aturan.

    Panglima saat ditemui di TNI Fair 2025 di kawasan Monumen Nasional, Jakarta Pusat, Minggu (21/9), mengatakan sirene dan strobo bisa digunakan dalam kegiatan pengawalan selama mengikuti aturan.

    “Saya juga menyampaikan kepada, khususnya POM, kalau menyalakan strobo ada aturannya. Kalau lagi kosong dibunyikan, tidak etis juga. Tapi itu ada aturannya untuk VVIP (naratetama) menggunakan pengawalan,” katanya.

    Pewarta: Fath Putra Mulya
    Editor: Edy M Yakub
    Copyright © ANTARA 2025

    Dilarang keras mengambil konten, melakukan crawling atau pengindeksan otomatis untuk AI di situs web ini tanpa izin tertulis dari Kantor Berita ANTARA.

  • Cerita Panglima TNI Jarang Pakai Strobo-Lampu Merah Wajib Berhenti

    Cerita Panglima TNI Jarang Pakai Strobo-Lampu Merah Wajib Berhenti

    Jakarta

    Panglima TNI Jenderal Agus Subiyanto menceritakan tetap taat berlalu lintas meski dapat fasilitas pengawalan.

    “Lihat aja, kalau saya juga jarang pakai strobo, saya kalau lampu merah saya berhenti. KSAD semua berhenti,” kata Panglima TNI Jenderal Agus dikutip dari 20Detik, Senin (22/9/2025).

    Dia melanjutkan sirene dan strobo bisa digunakan dalam kegiatan pengawalan selama mengikuti aturan.

    “Saya sampaikan kepada satuan saya kalau ikuti aturan, kecuali ada hal yang memang membutuhkan kita, urgensi cepat, kita harus ada di suatu tempat,” imbuhnya.

    Panglima TNI itu juga mengungkapkan bahwa ia telah melarang pengawalnya untuk menggunakan strobo di jalan raya lantaran mengganggu dirinya serta pengendara lainnya.

    “Saya juga menyampaikan kepada, khususnya POM, kalau menyalakan strobo ada aturannya. Kalau lagi kosong dibunyikan, tidak etis juga. Tapi itu ada aturannya untuk VVIP menggunakan pengawalan,” ujarnya dalam video 20detik.

    Agus juga mengingatkan tetap memprioritaskan urutan sesuai aturan yang berlaku.

    “Membutuhkan bantuan atau mungkin kita juga seperti ambulans. Ambulans kita dahulukan, kemudian pemadam kebakaran, harus segera memberikan bantuan kepada yang membutuhkan,” kata dia.

    Gelombang protes dan penolakan terhadap penggunaan strobo, rotator, sirine belakangan memenuhi media sosial.

    Kepala Korps Lalu Lintas (Kakorlantas) Polri Irjen Pol. Agus Suryonugroho membekukan sementara penggunaan sirine dan strobo. Tapi alat isyarat litu masih diperbolehkan untuk kegiatan patroli dan pengaturan lalu lintas.

    “Petugas Polantas (polisi lalu lintas) saat bertugas, baik dalam pengaturan lalu lintas maupun patroli rutin, tetap bisa menggunakan sirene dan strobo. Ini penting, terutama di jalan tol, di mana tanda-tanda isyarat seperti lampu dan suara sirene sangat dibutuhkan untuk mengantisipasi peristiwa kecelakaan,” ujar Irjen Pol Agus di Jakarta, Minggu.

    Penggunaan sirine dan rotator terkait dengan proses pengawalan kendaraan prioritas di jalan. Tertuang dalam pasal 134 Undang-undang Nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan, kendaraan yang wajib didahulukan sesuai urutan adalah:

    (a) Kendaraan pemadam kebakaran yang sedang melaksanakan tugas;
    (b) Ambulans yang mengangkut orang sakit;
    (c) Kendaraan untuk memberikan pertolongan pada kecelakaan lalu lintas;
    (d) Kendaraan pimpinan Lembaga Negara Republik Indonesia;
    (e) Kendaraan pimpinan dan pejabat negara asing serta lembaga internasional yang menjadi tamu negara;
    (f) Iring-iringan pengantar jenazah; dan
    (g) Konvoi dan/atau kendaraan untuk kepentingan tertentu menurut pertimbangan petugas Kepolisian Negara Republik Indonesia.

    (riar/din)

  • Pintu Mobil Tesla Makan Korban Lagi, 2 Anak Terbakar Hidup-Hidup

    Pintu Mobil Tesla Makan Korban Lagi, 2 Anak Terbakar Hidup-Hidup

    Jakarta, CNBC Indonesia – Fitur teknologi di mobil Tesla lagi-lagi memakan korban jiwa. Tiga orang terbakar hidup-hidup di mobil Tesla yang meledak.

    Berdasarkan laporan di Bild dan 20 Minuten, sebuah Tesla terbakar setelah menabrak pohon di Schwerte, Jerman pada 7 September 2025. Seorang pria berusia 43 tahun dan dua orang anak tewas terbakar di dalam mobil listrik tersebut, serta satu orang anak luka.

    Kecelakaan di Jerman sampai saat ini masih dalam tahap penyelidikan. Peran teknologi swa-kemudi dan desain Tesla belum bisa dipastikan, tetapi cerita soal kejadian cukup membuat publik curiga.

    Detail soal kecelakaan di Jerman belum terungkap. Namun, laporan sementara menyatakan mobil Tesla tersebut terpelintir ketika berusaha mendahului sebaris mobil di depannya, kemudian terperosok ke parit dan menabrak pintu.

    Mobil listrik Tesla kemudian terbakar. Pengemudi dan dua anak berusia 9 tahun di dalamnya tewas terbakar. Satu orang anak usia 9 tahun berhasil keluar dari mobil kemudian diterbangkan ke rumah sakit.

    Beberapa orang dilaporkan berusaha membuka pintu Tesla untuk menyelamatkan korban, tetapi gagal. Pemadam kebakaran juga disebut kesulitan untuk memadamkan api yang berkobar. 

    Kasus serupa pernah terjadi di Jerman yang berujung pada gugatan hukum atas Tesla. Tesla dituduh berbohong lewat iklan mereka soal teknologi Autopilot dan sistem Swa-Kemudi Penuhnya. Gugatan yang sama dihadapi Tesla di Negara Bagian Florida.

    Pintu Tesla juga kerap menimbulkan masalah karena sulit dibuka dalam keadaan darurat. Pintu di Tesla Model Y tidak berfungsi saat pasokan daya dari baterai putus. Pintu harus dibuka secara manual lewat mekanisme tertentu, yang sulit dilakukan oleh anak. Perusahaan yang dipimpin Elon Musk itu kini sedang menyiapkan rancangan baru.

    Taksi tanpa pengemudi Tesla yang baru diuji coba di jalan dalam beberapa bulan terakhir juga dilaporkan kerap terlibat dalam kecelakaaan.

    (dem/dem)

    [Gambas:Video CNBC]

  • Ramai Ditolak, Strobo-Sirene Bisa Bahaya Buat Pengendara Lain

    Ramai Ditolak, Strobo-Sirene Bisa Bahaya Buat Pengendara Lain

    Jakarta

    Penggunaan strobo dan sirene rupanya turut mempengaruhi keselamatan. Sirene yang terlalu bising dan strobo yang terang intimidatif, bisa bikin konsentrasi pengendara buyar.

    Muncul di media sosial ajakan untuk ‘Stop Tot Tot Wuk Wuk’ yang merujuk pada penggunaan strobo dan sirene di mobil pejabat. Penggunaan lampu strobo dan sirene itu dianggap mengganggu, sehingga ada ajakan agar tidak menggubris ketika penggunanya membunyikan untuk meminta dibukakan jalan.

    Praktisi keselamatan berkendara sekaligus Instruktur Jakarta Defensive Driving Consultant (JDDC) Jusri Pulubuhu menilai penggunaan strobo dan sirene ini memang bisa mempengaruhi beberapa aspek. Jusri menjabarkan dari sisi keselamatan misalnya, strobo yang terlalu terang dan sirene keras bisa mengganggu konsentrasi pengendara lain. Tak cuma itu, strobo dan sirene seolah intimidatif ke pengendara lain.

    “Menyebabkan kecemasan/kepanikan/stress mendadak sehingga berisiko menimbulkan kecelakaan,” terangnya.

    Jusri juga menyebut strobo dan sirene itu membahayakan pengguna jalan yang sensitif terhadap cahaya atau suara. Pun dari sisi hukum, sejatinya penggunaan lampu sirene itu sudah diatur dalam Undang-undang.

    Tertuang dalam pasal 134 Undang-undang Nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan, kendaraan yang wajib didahulukan sesuai urutan adalah:

    (a) Kendaraan pemadam kebakaran yang sedang melaksanakan tugas;
    (b) Ambulans yang mengangkut orang sakit;
    (c) Kendaraan untuk memberikan pertolongan pada kecelakaan lalu lintas;
    (d) Kendaraan pimpinan Lembaga Negara Republik Indonesia;
    (e) Kendaraan pimpinan dan pejabat negara asing serta lembaga internasional yang menjadi tamu negara;
    (f) Iring-iringan pengantar jenazah; dan
    (g) Konvoi dan/atau kendaraan untuk kepentingan tertentu menurut pertimbangan petugas Kepolisian Negara Republik Indonesia.

    Pasal 135 dalam Undang-undang yang sama, menyebutkan kendaraan yang mendapat hak utama harus dikawal oleh petugas Kepolisian Negara Republik Indonesia dan/atau menggunakan isyarat lampu merah atau biru dan bunyi sirene.

    “Banyak kasus penyalahgunaan oleh kendaraan pribadi atau pejabat yang tidak dalam keadaan darurat. Masyarakat merasa aturan ini sering dilanggar, sehingga gerakan ini menjadi bentuk kontrol sosial terhadap ketidakadilan,” beber Jusri

    Meski begitu, Jusri menegaskan bukan berarti penggunaan strobo sirene bukan sepenuhnya harus dilarang. Ada beberapa kendaraan pengguna strobo dan sirene yang memang dalam kondisi darurat seperti pemadam kebakaran atau ambulans harus tetap diberi jalan.

    Adapun terkait penggunaan strobo dan sirene, Kakorlantas Polri Irjen Pol Agus Suryonugroho menyebut pihaknya akan melakukan pembekuan sementara. Kendati demikian, pengawalan terhadap kendaraan pejabat tertentu tetap dilaksanakan. Kakorlantas menekankan, penggunaan sirene hanya boleh dilakukan pada kondisi tertentu yang benar-benar membutuhkan prioritas.

    “Kalau pun digunakan, sirene itu untuk hal-hal khusus, tidak sembarangan. Sementara ini sifatnya himbauan agar tidak dipakai bila tidak mendesak,” tutur Agus.

    (dry/din)