Kasus: kebakaran

  • Ini Jenis Asuransi yang Wajib Dimiliki Motor dan Mobil Mulai 2025

    Ini Jenis Asuransi yang Wajib Dimiliki Motor dan Mobil Mulai 2025

    Jakarta

    Pemerintah akan mewajibkan semua kendaraan memiliki asuransi. Adapun jenis asuransi yang harus dimiliki setiap kendaraan adalah asuransi tanggung jawab hukum pihak ketiga atau third party liability (TPL).

    Kewajiban asuransi TPL untuk kendaraan itu tertuang dalam Undang-Undang Nomor 4 Tahun 2023 tentang Pengembangan dan Penguatan Sektor Keuangan (UU PPSK). Dalam Undang-Undang PPSK pasal 39A disebutkan, Pemerintah dapat membentuk Program Asuransi Wajib sesuai dengan kebutuhan.

    Program Asuransi Wajib yang dimaksud di antaranya mencakup asuransi tanggung jawab hukum pihak ketiga (third party liability) terkait kecelakaan lalu lintas, asuransi kebakaran, dan asuransi rumah tinggal terhadap risiko bencana.

    Penerapan wajib asuransi ini masih menunggu peraturan pemerintah. Berdasarkan undang-undang itu, ketentuan lebih lanjut mengenai penyelenggaraan Program Asuransi Wajib diatur dengan Peraturan Pemerintah (PP) setelah mendapatkan persetujuan dari DPR. Lebih lanjut pada Pasal 339 UU PPSK, peraturan pelaksanaan dari Undang-Undang ini ditetapkan paling lama dua tahun terhitung sejak Undang-Undang ini diundangkan pada 12 Januari 2023. Artinya, pada tahun 2025 peraturan pelaksanaan tentang kewajiban asuransi TPL untuk kendaraan ini diterbitkan.

    Dikutip dari situs resmi beberapa perusahaan asuransi, asuransi tanggung jawab hukum terhadap pihak ketiga atau Third Party Liability (TPL) adalah asuransi yang menanggung risiko tuntutan ganti rugi dari pihak ketiga akibat kerugian yang disebabkan oleh tertanggung. Dalam Asuransi Tanggung Jawab Hukum, perusahaan asuransi akan membayar ganti rugi sejumlah nilai tertentu jika tertanggung secara hukum wajib membayar kerugian finansial yang diderita oleh pihak ketiga akibat kelalaian tertanggung.

    Ada dua hal yang termasuk dalam manfaat asuransi TPL. Pertama, kematian atau cedera pihak ketiga. TPL mengganti kerugian atas kematian atau cedera yang dialami oleh pihak ketiga akibat kecelakaan. Pihak ketiga adalah siapa pun yang berada di kendaraan lain yang terlibat kecelakaan dengan kendaraan kita. Misalnya, jika mobil kita bertabrakan dengan mobil lain yang membawa tiga penumpang, dan ketiganya mengalami cedera, biaya pengobatan mereka akan ditanggung oleh perusahaan asuransi.

    Kedua, kerusakan aset pihak ketiga. TPL juga mengganti kerusakan aset pihak ketiga, di luar aset milik kita sebagai pemegang polis. Perusahaan asuransi akan membayar biaya perbaikan sesuai dengan kesepakatan yang tercantum dalam polis. Jadi, jika dalam kecelakaan terjadi kerusakan pada mobil pihak ketiga, biaya perbaikan mobil tersebut akan ditanggung oleh perusahaan asuransi.

    Sementara kerugian yang tidak termasuk dalam manfaat asuransi TPL antara lain kendaraan yang diasuransikan digunakan oleh orang tanpa Surat Izin Mengemudi yang sah saat kecelakaan; atau melanggar lalu lintas dan menyebabkan kecelakaan yang menimbulkan kerugian dan tuntutan hukum dari pihak ketiga; serta kejadian seperti terorisme, radiasi, ledakan nuklir, perang, atau pemberontakan juga dikecualikan dari manfaat TPL.

    (rgr/din)

  • Pemkot Jakbar sediakan dua titik keramaian malam tahun baru

    Pemkot Jakbar sediakan dua titik keramaian malam tahun baru

    Sumber foto: Antara/elshinta.com.

    Pemkot Jakbar sediakan dua titik keramaian malam tahun baru
    Dalam Negeri   
    Editor: Sigit Kurniawan   
    Senin, 30 Desember 2024 – 23:46 WIB

    Elshinta.com – Pemerintah Kota Jakarta Barat (Pemkot Jakbar) menyediakan dua titik keramaian untuk malam tahun baru agar memecah konsentrasi kepadatan pengunjung pada pergantian tahun itu. 

    “Dua titik itu adalah Kantor Wali Kota dan Kota Tua,” kata Wali Kota Jakarta Barat Uus Kuswanto kepada wartawan di Jakarta, Senin (30/12).

    Ia menjelaskan, hal itu dalam rangka untuk memecah konsentrasi keramaian masyarakat sehingga warga dari Kembangan, Kebon Jeruk, Cengkareng atau Kalideres bisa ke kantor Wali Kota, sedangkan wilayah lain yang berdekatan dengan Kota Tua, bisa ke lokasi itu. 

    Lebih lanjut, Uus juga mendukung kebijakan Unit Pengelola Kawasan (UPK) Kota Tua yang melarang kembang api di wilayah tersebut, utamanya terkait potensi kebakaran.

    “Kami mendukung apa yang disampaikan dari UPK Kota Tua. Ini juga dalam rangka untuk menjaga agar cagar budaya yang ada di kawasan Kota Tua tetap lestari, terjaga sehingga generasi berikutnya bisa menikmati sejarah perjalanan Kota Jakarta dari masa ke masa,” ungkap Uus.

    Uus juga mengimbau warganya untuk menjaga kebersihan di titik-titik perayaan tahun baru di wilayah setempat.

    “Mari sama-sama menjaga ketertiban, terutama soal kebersihan. Walaupun pengunjung banyak tapi tetap menjaga lokasi, menjaga lingkungan di sekitar kawasan Kota Tua, baik kebersihannya maupun menjaga dari aktivitas kegiatan yang lain yang bisa merugikan,” ungkap Uus.

    Sebelumnya, Pemkot Jakbar menurunkan 350 personel untuk mengawal perayaan tahun baru di tiga titik daerah itu.

    Kepala Seksi (Kasi) Keamanan dan Ketertiban Umum (Kamtribum) Satpol PP Jakarta Barat Edison Butar Butar menyebut bahwa 200 personel secara khusus ditempatkan di Kawasan Kota Tua.

    “Kemudian ada 80 personel jaga di area kantor Wali Kota sampai CNI. Kemudian personel kita juga diperbantukan ke M.H. Thamrin, Jakarta Pusat, ada 70 personel,” kata Edison.

    Sumber : Antara

  • Tsunami Bisa Hantam Jakarta 2,5 Jam Usai Megathrust Selat Sunda Pecah

    Tsunami Bisa Hantam Jakarta 2,5 Jam Usai Megathrust Selat Sunda Pecah

    Daftar Isi

    Jakarta, CNN Indonesia

    Peneliti Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) mengungkap tsunami berpotensi menghantam wilayah Jakarta apabila segmen megathrust di Selat Sunda pecah. Masyarakat diminta waspada.

    Peneliti Pusat Riset Kebencanaan Geologi BRIN Nuraini Rahma Hanifa mengatakan potensi bencana gempa megathrust di wilayah selatan Jawa bisa terjadi kapan saja dan dapat memicu tsunami dengan skala besar seperti yang terjadi di Aceh 20 tahun silam.

    Rahma menjelaskan berdasarkan hasil risetnya, segmen megathrust di selatan Jawa, termasuk Selat Sunda, menyimpan energi tektonik yang signifikan dan berpotensi melepaskan gempa berkekuatan magnitudo 8,7 hingga 9,1.

    “Potensi megathrust ini dapat memicu goncangan gempa yang besar dan tsunami, yang menjalar melalui Selat Sunda hingga ke Jakarta dengan waktu tiba sekitar 2,5 jam,” kata Rahma usai menghadiri acara peringatan 20 tahun tsunami Aceh di Banda Aceh, Kamis (26/12), mengutip laman resmi BRIN.

    Dari hasil simulasi yang dilakukan BRIN dan tim peneliti berbagai institusi, tinggi gelombang tsunami imbas gempa megathrust Selat Sunda diperkirakan mencapai 20 meter di pesisir selatan Jawa, 3-15 meter di Selat Sunda, dan sekitar 1,8 meter di pesisir utara Jakarta.

    Penelitian ini juga menunjukkan bahwa fenomena serupa pernah terjadi dalam sejarah, seperti tsunami Pangandaran 2006 yang dipicu oleh marine landslide di dekat Nusa Kambangan.

    “Energi yang terkunci di zona subduksi selatan Jawa terus bertambah seiring waktu. Jika dilepaskan sekaligus, goncangan akan memicu tsunami tinggi yang bisa berdampak luas, tidak hanya di selatan Jawa tetapi juga di wilayah pesisir lainnya,” jelas Rahma.

    Mitigasi megathrust

    Rahma menekankan pentingnya mitigasi melalui pendekatan struktural dan non-struktural.

    Pendekatan struktural mencakup pembangunan tanggul penahan tsunami, pemecah ombak, serta penataan ruang di kawasan pesisir dengan memperhatikan jarak aman 250 meter dari bibir pantai.

    “Pembangunan hutan pesisir atau vegetasi alami seperti pandan laut dan mangrove juga menjadi solusi berbasis ekosistem untuk meredam energi gelombang tsunami,” ujar dia.

    Sementara itu, pendekatan non-struktural melibatkan kesiapsiagaan masyarakat melalui edukasi mitigasi bencana, pelatihan simulasi evakuasi, serta penyediaan jalur dan lokasi evakuasi yang memadai.

    Menurutnya, lembaga terkait dan pemerintah harus memastikan masyarakat memiliki pemahaman tentang potensi bahaya tsunami, sistem peringatan dini yang efektif, serta kemampuan merespons dengan cepat.

    Menurut Rahma daerah perkotaan seperti Jakarta, yang memiliki kepadatan penduduk tinggi dan sedimen tanah yang rentan mengamplifikasi goncangan, upaya mitigasi juga harus mencakup retrofitting atau penguatan struktur bangunan.

    “Retrofitting sangat penting, terutama untuk bangunan di kawasan padat penduduk, karena goncangan kuat berpotensi menyebabkan kerusakan masif dan korban jiwa,” tuturnya.

    Sementara, untuk kawasan industri seperti Cilegon, potensi gempa juga dikhawatirkan dapat memicu kebakaran akibat kebocoran bahan bakar atau bahan kimia di pabrik-pabrik besar. Hal ini menjadi salah satu secondary hazard yang perlu diantisipasi melalui penerapan standar keamanan yang ketat.

    Gempa berulang

    Lewat penelitian paleotsunami, BRIN menemukan gempa megathrust di selatan Jawa memiliki periode berulang sekitar 400 hingga 600 tahun sekali. Dengan kejadian terakhir diperkirakan pada 1699, energi yang tersimpan saat ini telah mencapai titik kritis.

    “Bencana seperti tsunami Aceh mengajarkan kita bahwa kesiapsiagaan dan mitigasi bencana adalah kunci untuk menyelamatkan nyawa,” ujar dia.

    Sebagai upaya mitigasi kebencanaan, BRIN bekerja sama dengan Kementerian Kelautan dan Perikanan, BMKG, dan institusi terkait lainnya guna memperkuat sistem peringatan dini tsunami, khususnya di Selat Sunda dan wilayah selatan Jawa.

    “Salah satu upaya yang dilakukan adalah pemasangan sensor deteksi perubahan muka air laut di kawasan rawan tsunami,” jelas Rahma.

    Bisa ‘pecah’ kapan saja

    BMKG mencatat saat ini ada dua zona megathrust yang masih jadi ancaman karena sudah lama tak melepaskan energi besarnya. Dua zona ini diprediksi dapat ‘meledak’ secara berulang dengan jeda hingga ratusan tahun.

    Dua zona itu Megathrust Selat Sunda dan Megathrust Mentawai-Sibert. Kedua zona ini disebut seismic gap, yakni zona sumber gempa potensial tapi belum terjadi gempa besar dalam masa puluhan hingga ratusan tahun terakhir.

    Daryono, Kepala Pusat Gempa Bumi dan Tsunami BMKG, menuturkan dua zona megathrust ini “tinggal menunggu waktu” untuk pecah. Meski begitu, tidak diketahui pasti kapan zona megathrust ini bakal mengguncang daratan.

    “Rilis gempa di kedua segmen megathrust ini boleh dikata ‘tinggal menunggu waktu’ karena kedua wilayah tersebut sudah ratusan tahun belum terjadi gempa besar,” kata Daryono dalam keterangan tertulisnya beberapa waktu lalu.

    Megathrust Selat Sunda, yang punya panjang 280 km, lebar 200 km, dan pergeseran (slip rate) 4 cm per tahun, tercatat pernah ‘pecah’ pada 1699 dan 1780 dengan Magnitudo 8,5.

    Sementara, Megathrust Mentawai-Siberut, dengan panjang 200 km dan lebar 200 km, sertaslip rate 4 cm per tahun, pernah gempa pada 1797 dengan M 8,7 dan pada 1833 dengan M8,9.

    Fakta-fakta Tsunami Dahsyat Aceh 20 Tahun Lalu (Foto: Basith Subastian/CNNIndonesia) (tim/dmi)

    [Gambas:Video CNN]

  • Pengadilan Korsel Keluarkan Surat Perintah Penangkapan Presiden Yoon Suk Yeol, Segera Ditahan – Halaman all

    Pengadilan Korsel Keluarkan Surat Perintah Penangkapan Presiden Yoon Suk Yeol, Segera Ditahan – Halaman all

    TRIBUNNEWS.COM – Pengadilan Korea Selatan menyetujui surat perintah penangkapan untuk Presiden Yoon Suk Yeol, Selasa (31/12/2024).

    Kantor Investigasi Korupsi untuk Pejabat Tinggi mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa Pengadilan Distrik Barat Seoul mengeluarkan surat perintah untuk menahan Yoon atas keputusan darurat militernya.

    Yoon Suk Yeol telah dimakzulkan dan ditangguhkan dari kekuasaannya atas keputusannya memberlakukan darurat militer pada 3 Desember 2024, kata otoritas investigasi.

    Kantor Investigasi Korupsi untuk Pejabat Tinggi mengonfirmasi Pengadilan Distrik Barat Seoul menyetujui surat perintah tersebut.

    Menurut media lokal, ini adalah surat perintah penangkapan pertama yang pernah dikeluarkan untuk seorang presiden petahana di Korea Selatan.

    Dilansir The Straits Times, pada Senin (30/12/2024), penyidik ​​Korea Selatan mengajukan surat perintah penangkapan untuk Yoon atas penerapan darurat militer yang berlangsung singkat bulan ini.

    Yoon Suk Yeol menghadapi penyelidikan kriminal atas kemungkinan tuduhan pemberontakan.

    Sebelumnya, Yoon Suk Yeol gagal menanggapi beberapa panggilan pemeriksaan oleh polisi dan Badan Penyelidikan Korupsi untuk Pejabat Tinggi, yang bersama-sama menyelidiki apakah pernyataan darurat militernya pada 3 Desember merupakan pemberontakan.

    Polisi telah mencoba tetapi gagal untuk berhasil menggerebek kantor presiden sebagai bagian dari penyelidikan.

    Diberitakan AP News, kekuasaan Yoon telah ditangguhkan sejak Majelis Nasional yang dikendalikan oposisi memilih untuk memakzulkannya pada 14 Desember 2024.

    Mahkamah Konstitusi akan menentukan apakah akan memberhentikan Yoon sebagai presiden atau mengembalikannya.

    Namun, sejak itu ia mengabaikan permintaan berulang kali dari otoritas investigasi untuk hadir guna diinterogasi dan mengizinkan mereka menggeledah kantornya.

    Yoon memiliki hak istimewa presiden berupa kekebalan dari tuntutan pidana, tetapi tidak mencakup tuduhan pemberontakan atau pengkhianatan.

    Darurat Militer Hanya Berlaku Beberapa Jam

    Pasukan darurat militer bertopeng yang dilengkapi dengan senapan, pelindung tubuh, dan peralatan penglihatan malam memasuki Parlemen di mana mereka berhadapan dengan staf yang menentang mereka dengan alat pemadam kebakaran.

    Keputusan tersebut hanya berlaku beberapa jam hingga Parlemen menolaknya.

    Terbaru, Korea Selatan telah memilih untuk memakzulkan penjabat presidennya Han Duck-soo, dua minggu setelah parlemen memilih untuk memakzulkan Presiden Yoon Suk Yeol.

    Sebanyak 192 anggota parlemen memberikan suara untuk pemakzulannya, lebih dari 151 suara yang dibutuhkan agar pemakzulannya berhasil.

    Perdana Menteri Han mengambil alih peran tersebut setelah Presiden Yoon dimakzulkan oleh parlemen menyusul upayanya yang gagal memberlakukan darurat militer pada 3 Desember.

    Han seharusnya memimpin negara keluar dari kekacauan politik, tetapi anggota parlemen oposisi berpendapat bahwa ia menolak tuntutan untuk menyelesaikan proses pemakzulan Yoon.

    Han akan diskors dari tugasnya segera setelah ia diberitahu secara resmi oleh parlemen.

    Mahkamah Konstitusi Korea biasanya terdiri dari sembilan hakim.

    Setidaknya enam hakim harus menegakkan pemakzulan Yoon agar keputusan tersebut dapat ditegakkan.

    Saat ini hanya ada enam hakim di pengadilan, yang berarti satu penolakan saja akan menyelamatkan Yoon dari pemecatan.

    Pihak oposisi berharap tiga calon tambahan akan membantu meningkatkan peluang Yoon untuk dimakzulkan.

    Ini adalah pertama kalinya seorang presiden sementara dimakzulkan sejak Korea Selatan menjadi negara demokrasi.

    Menteri Keuangan Choi Sang-mok akan menggantikan Han sebagai penjabat presiden.

    Seperti Yoon, pemakzulan Han perlu dikonfirmasi oleh mahkamah konstitusi, yang memiliki waktu 180 hari untuk memutuskan apakah pemakzulan tersebut harus ditegakkan.

    (Tribunnews.com/Nuryanti)

    Berita lain terkait Krisis Korea

  • Ledakan Keras Sebelum Pesawat Menabrak Dinding, Boeing 737-800 Terbelah, 179 Tewas di Korea Selatan – Halaman all

    Ledakan Keras Sebelum Pesawat Menabrak Dinding, Boeing 737-800 Terbelah, 179 Tewas di Korea Selatan – Halaman all

    179 Orang Diduga Tewas Setelah Boeing 737-800 Jatuh di Korea Selatan

    TRIBUNNEWS.COM- Dari 181 penumpang yang berada di dalamnya, 120 jenazah berhasil ditemukan, sementara 59 lainnya masih hilang, semuanya diduga tewas.

    Semua kecuali dua dari 181 penumpang dalam penerbangan Jeju Air dari Bangkok diduga tewas setelah pesawat itu jatuh saat mencoba pendaratan darurat di Bandara Internasional Muan di Korea Selatan, Yonhap News melaporkan pada hari Minggu. 

    Tim penyelamat masih mencari di antara reruntuhan, di mana masih ada beberapa jenazah yang terjebak di badan pesawat. Hanya seorang penumpang dan seorang awak yang berhasil diselamatkan dari bagian ekor dan saat ini sedang dirawat di rumah sakit terdekat.

    Petugas pemadam kebakaran menemukan total 120 jenazah, sementara 59 lainnya masih hilang. 

    Sementara itu, jumlah korban tewas meliputi 54 pria, 57 wanita, dan sembilan lainnya yang jenis kelaminnya belum dapat diidentifikasi. 

    Nasib mereka yang hilang belum ditentukan, meskipun pihak berwenang memberi tahu keluarga mereka bahwa peluang mereka untuk bertahan hidup hampir tidak ada karena kecelakaan dan kebakaran setelahnya. 

    Penerbangan itu disewa oleh Boeing 737-800 , yang berupaya melakukan pendaratan darurat sekitar pukul 9:03 waktu setempat, yang dilaporkan karena kegagalan dalam penempatan roda pendaratannya.

    Saksi mata menggambarkan mendengar suara ledakan keras beberapa saat sebelum pesawat menabrak dinding pembatas bandara, terbelah menjadi dua bagian dan meledak dalam kobaran api. 

    Rekaman yang disiarkan oleh MBC menunjukkan kemungkinan tabrakan dengan burung saat pesawat turun. Pihak berwenang terus menyelidiki penyebab kecelakaan tersebut.

    Penjabat presiden Korea Selatan, Choi Sang-mok, menyatakan Muan sebagai zona bencana yang ditetapkan, mengaktifkan respons tingkat tertinggi pemerintah dalam apa yang telah terjadi sebagai krisis penerbangan terburuk di negara itu. 

    Kepala Penerbangan AS: Boeing perlu membuat ‘perubahan signifikan’

    Administrator Administrasi Penerbangan Federal AS Michael Whitaker sebelumnya menyuarakan keprihatinan atas catatan keselamatan Boeing, dengan mengatakan maskapai itu harus membuat reformasi substansial dan mengubah budayanya untuk meningkatkan keselamatan dan kualitas produksi.

    “Sebagai akibat dari masalah kualitas produksi sistemik, Boeing harus membuat perubahan signifikan untuk mengubah sistem kualitasnya dan memastikan lapisan keselamatan yang tepat sudah tersedia,” kata Whitaker. 

    “Harus ada perubahan dalam budaya keselamatan perusahaan untuk mengatasi masalah jaminan kualitas dan produksi sistemiknya secara holistik.”

    Selama sesi tersebut, para anggota parlemen menyuarakan kekhawatiran tentang catatan keselamatan Boeing yang buruk. 

    Menurut Ketua Komite Transportasi dan Infrastruktur DPR Sam Graves, penerbangan AS telah lama dianggap sebagai standar emas, tetapi kecelakaan baru-baru ini “telah mempertanyakan hal itu.”

    Boeing telah menghadapi beberapa pelanggaran keselamatan dan tuntutan pidana dalam beberapa tahun terakhir.

    Pada bulan Juli, Boeing dan pemerintah AS menyelesaikan kesepakatan pembelaan yang melibatkan pembuat pesawat yang mengakui konspirasi untuk menipu Amerika Serikat.

    Sebagai bagian dari kesepakatan pembelaan, Boeing akan membayar denda antara $243,6 dan $487 juta dan akan diawasi oleh pemantau independen selama tiga tahun. 

    SUMBER: AL MAYADEEN

  • Kapal Feri Terbalik di Perairan Korea Selatan, 5 Orang Hilang

    Kapal Feri Terbalik di Perairan Korea Selatan, 5 Orang Hilang

    Jakarta

    Kapal feri seberat 83 ton terbalik di lepas pantai barat daya Korea Selatan. Lima orang dilaporkan hilang dan dua berhasil diselamatkan.

    Dikutip kantor berita Yonhap, Senin (30/12/2024), kapal tersebut diduga membawa tujuh orang. Penjaga pantai dan otoritas pemadam kebakaran mengatakan kapal itu terbalik sekitar pukul 18.35 waktu setempat di perairan sebelah barat Seosan, sekitar 100 kilometer barat daya Seoul.

    Petugas penjaga pantai menyelamatkan dua penumpang dan saat ini sedang mencari lima orang lainnya. Tim penyelamat melakukan pencarian di dekat lokasi kecelakaan. Namun, pencarian terkendala kuatnya arus laut.

    Presiden sementara Korea Selatan Choi Sang-mok meminta para pejabat melakukan segala upaya untuk membantu operasi pencarian dan penyelamatan.

    “Penjaga pantai dan instansi terkait harus memobilisasi setiap sumber daya dan personel yang tersedia dan memastikan keselamatan bagi para pekerja penyelamat, mengingat arus yang kuat di daerah tersebut dan bahwa pencarian dilakukan pada malam hari,”katanya.

    (idn/fas)

  • Tiga Turis Tewas Akibat Kebakaran di Hotel Bangkok, Thailand

    Tiga Turis Tewas Akibat Kebakaran di Hotel Bangkok, Thailand

    Jakarta, CNN Indonesia

    Tiga turis asing tewas akibat kebakaran hotel Bangkok, Thailand dekat distrik wisata populer pada Minggu (29/12).

    Tiga korban tewas adalah wanita dari Brasil yang meninggal di tempat kejadian, dan dua wanita Ukraina dan Amerika Serikat yang dinyatakan meninggal di rumah sakit.

    Kebakaran terjadi di lantai lima Ember Hotel, dan penyebab penyelidikan masih diselidiki.

  • Hotel di Kawasan Wisata Bangkok Kebakaran, 3 Turis Tewas dan 7 Terluka

    Hotel di Kawasan Wisata Bangkok Kebakaran, 3 Turis Tewas dan 7 Terluka

    Bangkok

    Sebuah hotel di kawasan wisata ibu kota Thailand kebakaran. Akibat kebakaran itu menewaskan tiga orang turis dan tujuh orang lainnya terluka.

    Dilansir AFP, Senin (30/12/2024), ketiga korban itu seorang wanita yang tewas di sebuah kamar hotel dan dua pria tewas di rumah sakit setelah kebakaran pada Minggu malam kemarin di Hotel Ember dekat Jalan Khao San, Bangkok, sebuah kawasan yang populer di kalangan backpacker dan pelancong.

    Selain tiga turis tewas, ada lima warga asing lainnya dan dua warga negara Thailand terluka.

    Gubernur Bangkok Chadchart Sittipunt mengatakan petugas pemadam kebakaran tiba di lokasi hotel enam lantai itu dalam waktu lima menit setelah disiagakan dan menyelamatkan sekitar 75 orang.

    Hingga saat ini, belum diketahui pasti apa yang menyebabkan kebakaran tersebut. Namun Chadchart memerintahkan penutupan hotel dan penyelidikan terhadap sistem alarmnya.

    Pada Juli lalu, kebakaran terjadi di distrik Chinatown yang sibuk di Jalan Khao San, sehingga pemerintah kota mengerahkan 40 mobil pemadam kebakaran untuk memadamkan api.

    Sebulan sebelumnya kebakaran melanda toko-toko hewan peliharaan di dekat pasar Chatuchak yang terkenal di Bangkok. Insiden itu menewaskan banyak hewan yang dikurung dan menghancurkan kios-kios.

    (fas/idn)

  • Video: Kejutan dari Prabowo Hingga Saham Jeju Air ‘Kebakaran’

    Video: Kejutan dari Prabowo Hingga Saham Jeju Air ‘Kebakaran’

    Jakarta, CNBC Indonesia – Pemerintahan Presiden RI Prabowo Subianto dikabarkan akan mengumumkan skema baru pemberian subsidi bbm pada awal tahun 2025.

    Sementara Itu, saham maskapai penerbangan Korea Selatan Jeju Air anjlok ke level terendah. Kondisi ini buntut dari kecelakaan pesawat boeing 737-800 Jeju Air dan menewaskan korban 179 orang.

    Selengkapnya dalam program Evening Up CNBC Indonesia, Senin (30/12/2024).

  • Ramai Penumpang Batalkan 68 Ribu Tiket Jeju Air usai Kecelakaan

    Ramai Penumpang Batalkan 68 Ribu Tiket Jeju Air usai Kecelakaan

    Jakarta, CNN Indonesia

    Warga Korea Selatan ramai-ramai membatalkan pembelian tiket pesawat Jeju Air usai insiden kecelakaan pesawat menewaskan 179 orang pada Minggu (29/12).

    Jeju Air Co. melaporkan sebanyak 68 ribu reservasi penerbangan telah dibatalkan hingga pukul 13.00 siang waktu setempat pada Senin (30/12).

    Dari jumlah tersebut, 33 ribu di antaranya merupakan penerbangan domestik, sementara 34 ribu lainnya merupakan penerbangan internasional.

    Menurut catatan maskapai, sebagian besar pembatalan itu terjadi pada Minggu setelah pukul 09.00 pagi. Ini merupakan waktu ketika pesawat Jeju Air dengan nomor penerbangan 7C2216 kecelakaan kala mendarat di Bandara Internasional Muan.

    Selain Jeju Air, agen-agen perjalanan lokal juga melaporkan terjadi banyak pembatalan dalam paket wisata mereka usai tragedi pada Minggu. Banyak dari mereka yang akhirnya menyetop promosi dan iklan di media.

    “Pada Minggu, kami mendapat sekitar 40 ribu pertanyaan mengenai pembatalan perjalanan,” kata seorang agen perjalanan yang ingin anonim.

    “Kami melihat jumlah pembatalan dua kali lipat dari biasanya dan penurunan pemesanan sebesar 50 persen,” lanjut dia, seperti dikutip Yonhap.

    Pesawat Jeju Air dengan nomor penerbangan 7C2216 kecelakaan saat mendarat di Bandara Internasional Muan, Korsel, pada Minggu. Insiden itu menewaskan 179 orang yang terdiri dari 175 penumpang dan empat awak kabin.

    Hanya dua awak kabin yang dilaporkan selamat dari kecelakaan maut itu.

    Pesawat yang terbang dari Bangkok, Thailand, ini mengalami kecelakaan saat mendarat tanpa roda pendaratan di Muan dan menabrak beton di dekat pagar bandara.

    Sejumlah pengamat dan laporan aviasi sejauh ini menduga kecelakaan itu akibat pesawat bertabrakan dengan kawanan burung (bird strike) dan cuaca buruk.

    Pemadam kebakaran Korea Selatan menyebut dua hal itu memantik kerusakan mesin. Namun, penjelasan rinci terkait penyebab akan diumumkan setelah investigasi gabungan selesai.

    (blq/bac)