Kasus: kebakaran

  • Mobil Terbakar Gegara Pasang Dashcam

    Mobil Terbakar Gegara Pasang Dashcam

    Jakarta

    Kebakaran mobil bisa saja terjadi akibat berbagai sebab. Tapi, ada beberapa penyebab umum yang bisa bikin mobil terbakar. Apa saja?

    Seperti dikutip Kantor Berita Bernama, Departemen Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Sarawak mengatakan ada beberapa penyebab yang berisiko bikin mobil terbakar. Sebagian besar kebakaran mobil terjadi akibat sistem kabel listrik yang kelebihan beban. Hal itu bisa terjadi akibat modifikasi sembarangan.

    Direktur Departemen Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Sarawak Jamri Masran mengatakan, ketika sistem kabel listrik kelebihan beban, suhu dapat naik dengan cepat dan menyebar. Hal itu dapat menyebabkan kebakaran.

    “Berdasarkan statistik dan temuan kami, ketika sebuah mobil terbakar, itu biasanya karena masalah elektrikal. Jarang karena masalah mesin. Kalau karena mesin, itu biasanya karena kebocoran oli,” katanya.

    “Pemilik kendaraan memodifikasi kendaraannya, menambahkan aksesori seperti sound system dan radio yang membutuhkan power tinggi. Jika mereka membuat klaim (garansi) ke pabrikan, tidak akan diterima karena kendaraan dimodifikasi,” sebutnya.

    Pemilik kendaraan disarankan untuk tidak melakukan modifikasi sembarangan yang dapat menyebabkan kelebihan beban pada sistem kabel listrik yang akhirnya bisa menyebabkan kebakaran.

    Mobil Terbakar karena Kesalahan Pemasangan Dashcam

    Di Malaysia, belum lama ini terjadi kebakaran mobil Jaecoo J7. Pabrikan Jaecoo langsung melakukan investigasi terhadap kebakaran mobil tersebut.

    Setelah penyelidikan menyeluruh, kebakaran mobil tersebut ternyata disebabkan oleh pemasangan dashcam yang tidak tepat di bengkel pihak ketiga di luar jaringan Jaecoo.

    “Kami sangat menyarankan kepada pelanggan agar demi keselamatan, hindari melakukan modifikasi di pusat layanan yang tidak resmi yang dapat membatalkan garansi kendaraan JAECOO Anda. Pastikan semua pekerjaan perawatan dan perbaikan hanya dilakukan oleh pusat layanan yang resmi,” tulis Jaecoo dalam pernyataannya.

    (rgr/dry)

  • 4 Kabupaten di Kalteng Masih Dilanda Banjir, Barito Selatan Terendam Sebulanan
                
                    
                        
                            Regional
                        
                        8 April 2025

    4 Kabupaten di Kalteng Masih Dilanda Banjir, Barito Selatan Terendam Sebulanan Regional 8 April 2025

    4 Kabupaten di Kalteng Masih Dilanda Banjir, Barito Selatan Terendam Sebulanan
    Tim Redaksi
    PALANGKA RAYA, KOMPAS.com –
    Banjir tercatat masih melanda empat kabupaten di Provinsi
    Kalimantan Tengah
    (Kalteng).
    Kedalaman dan luasan banjir mengalami fluktuasi seiring dengan meningkatnya curah hujan.
    Tak hanya akibat hujan, banjir bahkan terjadi selama berbulan-bulan lantaran kondisi geografis wilayah yang berada di dataran rendah dan mempertemukan banyak sungai.
    Kepala Badan Penanggulangan Bencana dan Pemadam Kebakaran (BPBPK) Kalteng Ahmad Toyib mengungkapkan, banjir kembali melanda empat kabupaten di provinsi setempat sejak satu bulan terakhir.
    “Yang menjadi lokasi banjir sampai dengan saat ini adalah
    Barito Selatan
    ,
    Kapuas
    , Katingan, dan Pulang Pisau, empat daerah ini masih mengalami banjir,” beber Toyib kepada awak media saat diwawancarai di Kantor Gubernur Kalteng, Palangka Raya, Selasa (8/4/2025).
    Toyib menjelaskan bahwa banjir yang terjadi di Barito Selatan sudah dimulai sejak satu bulan yang lalu.
    Kondisi muka air masih stagnan lantaran lokasi banjir memang dataran rendah yang menjadi langganan banjir setiap tahunnya.
    “Jadi sering banjir karena wilayah yang mempertemukan dua sungai, sehingga dataran rendah, bahkan sampai 3 bulan lama banjir terjadi di Barito Selatan biasanya,” jelas dia.
    Banjir bulanan yang melanda Barito Selatan itu memiliki kedalaman air sekitar 111 cm, melanda 1 kecamatan di 7 desa.
    Sementara untuk ketiga kabupaten lainnya, kedalaman dan luas wilayah banjir terus berfluktuasi menyesuaikan dengan tinggi rendahnya curah hujan yang terjadi di daerah tersebut.
    “Saat ini banjir terluas terjadi di Kapuas, terdapat 5 kecamatan dan 38 kelurahan yang mengalami banjir hingga saat ini,” tuturnya.
    BPBPK Kalteng terus melakukan pendampingan kepada Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) kabupaten yang dilanda banjir untuk menjalankan tugas pencegahan hingga penanganan.
    “Kalau seandainya nanti kabupaten itu ada menetapkan status siaga atau tanggap darurat, di situlah pemprov masuk, apakah pemprov juga bisa menetapkan status bencana, kalau sudah ditetapkan kami bisa maksimal membackup personel maupun sarana dan prasarana,” jelas Toyib.
    Pihaknya juga setiap hari melakukan pemantauan perkembangan cuaca dari Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengingat potensi hujan di Kalteng masih merata.
    “Sampai dengan saat ini kami terus memberikan informasi kewaspadaan kepada teman-teman di daerah agar stakeholder yang tergabung di satgas penanganan banjir kabupaten supaya aktif menjalankan upaya pencegahan hingga penanggulangan,” tandasnya.
    Copyright 2008 – 2025 PT. Kompas Cyber Media (Kompas Gramedia Digital Group). All Rights Reserved.

  • Geger Kebakaran Pabrik di Paris, 200 Petugas Pemadam Dikerahkan

    Geger Kebakaran Pabrik di Paris, 200 Petugas Pemadam Dikerahkan

    Paris

    Kebakaran besar terjadi di sebuah pabrik daur ulang di Paris, Prancis, sejak Senin (7/4). Sebanyak 200 petugas pemadam kebakaran dikerahkan untuk menangani kebakaran itu, yang menyebabkan asap mengepul ke seluruh kota dan mendorong otoritas Paris mengimbau warga untuk menjauhi area tersebut.

    Kepulan asap hitam pekat, seperti dilansir AFP, Selasa (8/4/2025), terlihat menyelimuti ibu kota Prancis saat para petugas pemadam berjuang memadamkan kebakaran yang melalap salah satu pabrik daur ulang terbesar di kota Paris. Pabrik daur ulang itu bernama Syctom.

    Brigade pemadam kebakaran setempat mengatakan sekitar 60 truk pemadam dan 200 personel pemadam kebakaran telah berada di lokasi kejadian.

    Disebutkan juga bahwa sejauh ini tidak ada korban jiwa dalam kebakaran tersebut. Penyebab kebakaran itu belum diketahui secara jelas.

    Kobaran api mencerahkan langit malam kota Paris, dengan otoritas setempat menutup sebagian besar jalan lingkar utama di sekitar ibu kota Prancis untuk memungkinkan kendaraan pemadam kebakaran memasuki lokasi.

    “Gedung itu benar-benar hancur,” tutur Wali Kota distrik ke-17 Paris, Geoffrey Boulard, kepada televisi BFM.

    Boulard menambahkan bahwa semua staf di dalam pabrik telah dievakuasi.

    Lihat juga Video: Penampakan Kebakaran Pabrik Air Minum di Karangasem Bali

    Pabrik daur ulang yang terbakar itu terletak di dekat kompleks pengadilan utama Paris, yang bagian tengahnya merupakan gedung pencakar langit kaca yang dirancang arsitek Italia, Renzo Piano, dan diresmikan tahun 2018.

    Pabrik daur ulang itu mulai beroperasi tahun 2019 dan dibangun untuk menangani limbah rumah tangga bagi hampir satu juta penduduk Paris.

    “Hal terpenting malam ini adalah bencana dalam skala ini tidak menimbulkan korban manusia,” ucap Presiden Syctom, Corentin Duprey, kepada BFM TV.

    Disebutkan bahwa 31 staf ada di dalam gedung ketika kebakaran mulai terjadi di zona daur ulang di area bawah tanah “di mana terdapat bahan yang paling mudah terbakar”.

    Lihat juga Video: Penampakan Kebakaran Pabrik Air Minum di Karangasem Bali

    Hoegeng Awards 2025

    Baca kisah inspiratif kandidat polisi teladan di sini

  • 5 Hari Kloset Mampet, Pemilik Rumah di Sunter ‘Pancing’ Pakai Makanan Mendadak Muncul Ular 2 Meter

    5 Hari Kloset Mampet, Pemilik Rumah di Sunter ‘Pancing’ Pakai Makanan Mendadak Muncul Ular 2 Meter

    Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Gerald Leonardo Agustino

    TRIBUNJAKARTA.COM, TANJUNG PRIOK – Warga di Sunter Agung, Tanjung Priok, Jakarta Utara dibuat geger dengan penemuan seekor ular sanca kembang sepanjang dua meter yang tiba-tiba muncul dari dalam kloset rumahnya.

    Penemuan ular ini terjadi pada Selasa (8/4/2025) pagi di dalam rumah warga di Jalan Muara Bahari.

    Awalnya, pemilik rumah curiga karena kloset di kamar mandinya mampet selama lima hari.

    Pemilik rumah lalu mencoba “memancing” penyebab mampetnya kloset dengan memasukkan makanan ke dalamnya, salah satunya rendang.

    Tak disangka, seekor ular liar justru keluar dari lubang tersebut dan langsung merayap ke dapur.

    Kaget dengan kemunculan hewan melata itu, penghuni rumah segera menghubungi petugas dari Suku Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan Jakarta Utara.

    Kepala Regu Pemadam Kebakaran Pos Papanggo Fitroh Arif Rohman mengatakan, pihaknya menindaklanjuti laporan dengan mengirimkan tiga personel ke rumah itu.

    “Kita dapat laporan dari warga, katanya ada ular di dapurnya. Awalnya klosetnya mampet lima hari. Setelah dipancing pakai makanan, ularnya keluar dan lari ke rak piring,” kata Fitroh, Selasa siang.

    Fitroh menjelaskan, petugas yang datang ke lokasi langsung bergerak cepat melakukan penanganan.

    Ular ditemukan di belakang rak piring dan langsung dijepit menggunakan alat penjepit khusus.

    Dengan cepat, ular itu dapat ditangkap tanpa melukai siapapun dalam rumah itu.

    Diduga, ular sanca kembang itu masuk ke rumah lewat saluran pembuangan atau lubang kloset dari area kebun yang berada di sekitar lingkungan rumah.

    “Karena di sekitar lokasi ada kebun. Kemudian untuk jenis ularnya itu ular sanca kembang, panjangnya kurang lebih dua meter,” kata Fitroh.

    Saat ini, ular tersebut sudah diamankan di Pos Pemadam Kebakaran Papanggo dan rencananya akan dibawa ke penangkaran hewan liar.

    Akses TribunJakarta.com di Google News atau WhatsApp Channel TribunJakarta.com. Pastikan Tribunners sudah install aplikasi WhatsApp ya

  • Israel Berdalih 15 Pekerja Kemanusiaan di Gaza Dibunuh karena Mengancam

    Israel Berdalih 15 Pekerja Kemanusiaan di Gaza Dibunuh karena Mengancam

    Gaza City

    Militer Israel mengatakan bahwa penyelidikan awal terhadap pembunuhan 15 pekerja kemanusiaan di Jalur Gaza bagian selatan bulan lalu menunjukkan insiden itu terjadi “karena adanya rasa terancam” yang dirasakan para tentara Israel.

    Disebutkan oleh militer Israel, seperti dilansir Reuters dan Al Arabiya, Selasa (8/4/2025), bahwa pihaknya mengidentifikasi enam militan Hamas yang berada di sekitar lokasi insiden itu di Rafah.

    Militer Israel mengatakan pihaknya sedang melakukan penyelidikan yang lebih mendalam, tetapi “penyelidikan awal menunjukkan bahwa pasukan melepaskan tembakan karena adanya ancaman yang dirasakan setelah pertemuan sebelumnya di area tersebut”.

    Menurut militer Tel Aviv, enam orang yang tewas di antaranya telah “diidentifikasi sebagai militan Hamas”.

    Belasan pekerja kemanusiaan itu ditembak mati pada 23 Maret lalu dan dikuburkan di kuburan yang dangkal di Jalur Gaza.

    Militer Israel awalnya mengatakan pasukannya melepaskan tembakan setelah kendaraan tanpa pengenal bergerak mendekat dalam kegelapan. Diklaim juga oleh Tel Aviv bahwa pasukan mereka menembaki “teroris”.

    Namun belakangan mereka mengubah pernyataan, setelah muncul video yang menunjukkan sebuah ambulans dan truk pemadam kebakaran, yang memiliki tanda pengenal dengan lampu depan menyala terang dan lampu darurat meraung-raung, ditembaki pasukan Israel.

    Sebanyak 15 pekerja kemanusiaan yang tewas, menurut laporan AFP, terdiri atas delapan staf Bulan Sabit Merah, enam anggota badan pertahanan sipil Gaza, dan satu staf badan Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) untuk pengungsi Palestina.

    Ditegaskan oleh militer Israel bahwa penyelidikan lebih mendalam akan dilakukan dalam beberapa hari ke depan, dan hasil penyelidikan itu akan disampaikan kepada publik.

    Belum ada tanggapan terbaru dari Bulan Sabit Merah dan PBB soal klaim terbaru Israel tersebut.

    Namun setelah insiden itu, Bulan Sabit Merah Palestina menyebut “penargetan konvoi ambulansnya” sebagai “kejahatan perang yang nyata, yang mencerminkan pola pelanggaran berulang yang berbahaya terhadap hukum kemanusiaan internasional”.

    Bulan Sabit Merah Palestina juga mengungkapkan hasil autopsi yang menunjukkan bahwa 15 petugas medis dan penyelamat yang dibunuh pasukan Israel itu ditembaki di tubuh bagian atas, yang menurut Bulan Sabit Merah Palestina menunjukkan “niat untuk membunuh” dari pasukan Tel Aviv.

    “Telah dilakukan autopsi terhadap para martir dari Bulan Sabit Merah dan tim pertahanan sipil. Kami tidak dapat mengungkapkan semua yang kami ketahui, tetapi saya akan mengatakan bahwa semua martir ditembak pada bagian atas tubuh mereka, dengan maksud untuk membunuh,” ungkapnya, seperti dilansir AFP.

    Hoegeng Awards 2025

    Baca kisah inspiratif kandidat polisi teladan di sini

  • Kesaksian Petugas Medis Gaza yang Selamat dari Pembantaian Israel

    Kesaksian Petugas Medis Gaza yang Selamat dari Pembantaian Israel

    Jakarta

    Satu-satunya korban selamat dari pembantaian paramedis dan pekerja penyelamat Palestina di Gaza, Munther Abed, menceritakan kesaksian yang mengerikan saat rekan-rekannya ditembak satu persatu oleh tentara Israel.

    Ia mengatakan melihat pasukan Israel menembaki ambulan dan kendaraan penyelamat Bulan Sabit Merah, lalu menggunakan buldoser untuk mengubur reruntuhan di sebuah lubang. Abed, berusia 27 tahun, berada di bagian belakang ambulans pertama yang tiba di lokasi serangan udara di distrik Hashashin, Rafah, sebelum fajar pada 23 Maret. Saat itu ambulan tersebut diserang oleh pasukan Israel.

    Dua rekannya dari Bulan Sabit Merah yang duduk di bagian depan tewas, tetapi ia selamat setelah menjatuhkan diri ke lantai kendaraan.

    “Pintunya terbuka, dan di sanalah mereka pasukan khusus Israel berseragam militer, bersenjata senapan, laser hijau, dan kacamata penglihatan malam,” kata Abed kepada Guardian.

    “Mereka menyeret saya keluar dari ambulans, menundukkan kepala agar tidak melihat apa yang terjadi pada rekan-rekan saya.”

    Dia dipukuli, ditahan dengan tangan terikat, dan dipaksa berbaring di tanah. Dari posisi itu, ia dapat melihat sebagian dari apa yang terjadi saat rekan-rekan dan koleganya tiba di lokasi dengan ambulans dan mobil pemadam kebakaran, masing-masing berlarian di tengah hujan tembakan.

    Secara keseluruhan, delapan anggota kru ambulans Bulan Sabit Merah dan paramedis, enam petugas penyelamat pertahanan sipil, serta seorang karyawan PBB tewas.

    Mayat mereka ditemukan di samping kendaraan yang hancur, akhir pekan lalu, di sebuah lubang berpasir, tempat yang disaksikan Abed saat penggalian dilakukan oleh pasukan. Saksi mata lainnya mengatakan kepada The Guardian bahwa beberapa korban ditemukan tewas dengan tangan atau kaki terikat.

    Sementara itu, seorang petugas ambulans Bulan Sabit Merah, Assad al-Nassara, masih belum diketahui keberadaannya. Namun, Abed mengatakan ia melihat Nassara masih hidup dan berada dalam tahanan Israel di sekitar lokasi pembunuhan. Sejak saat itu, Nassara tidak pernah terlihat lagi. Hingga kini, Abed adalah satu-satunya yang kembali hidup-hidup dan mampu menceritakan kisahnya.

    Abed menjadi relawan pada 23 Maret di stasiun ambulans di rumah sakit lapangan Inggris di al-Mawasi, sebuah kamp pengungsi di pesisir. Sekitar pukul 4 pagi, panggilan darurat masuk dari operator layanan gawat darurat yang melaporkan insiden di Hashashin, sebuah daerah berpasir di pinggiran utara Rafah.

    Di bawah tekanan internasional, Pasukan Pertahanan Israel (IDF) menyatakan pada hari Kamis bahwa mereka akan meluncurkan penyelidikan formal atas penembakan tersebut. Namun, hingga saat ini, IDF membantah melakukan kesalahan, dan mengklaim bahwa mereka menembaki kendaraan yang “bergerak mencurigakan” tanpa lampu depan atau sinyal darurat. Abed mengatakan bahwa pernyataan itu jelas-jelas tidak benar.

    “Lampu ambulans menyala terang, dan logo Bulan Sabit Merah sangat terlihat saat kami menuju ke lokasi kejadian,” ujarnya. IDF menggambarkan wilayah tersebut sebagai zona perang, tetapi menurut Abed, Hashashin adalah “daerah sipil tempat kehidupan sehari-hari berjalan seperti biasa, bukan zona pertempuran yang ditetapkan.”

    Mereka hampir mencapai lokasi serangan udara yang dilaporkan sekitar pukul 04.20 pagi waktu setempat ketika mereka tiba-tiba diserang.

    “Sejak penembakan dimulai, saya langsung berlindung di lantai ambulans. Saya tidak mendengar apa pun dari rekan-rekan saya, kecuali suara-suara saat-saat terakhir mereka, mendengar mereka mengembuskan napas terakhir,” katanya. “

    “Tiba-tiba, semuanya menjadi sunyi, ambulans berhenti, dan lampu padam. Pintu pengemudi terbuka, dan saya mendengar suara-suara berbicara dalam bahasa Ibrani. Ketakutan dan kepanikan menguasai saya, dan saya mulai melafalkan beberapa kutipan dari Al-Qur’an,” katanya lagi.

    Mayat rekan Abed, Khufaga dan Shaath, digali dari lubang yang sama akhir pekan lalu, bersama dengan sisa-sisa enam pekerja Bulan Sabit Merah lainnya: Saleh Muamer, Mohammad Bahloul, Mohammed al-Heila, Ashraf Abu Labda, Raed al-Sharif dan Rifatt Radwan, serta enam pekerja pertahanan sipil Palestina dan seorang karyawan badan bantuan PBB, UNRWA.

    (suc/suc)

  • Kecelakaan Maut Libatkan Xiaomi SU7 Tewaskan Tiga Mahasiswi, Ini Pernyataan Resmi Perusahaan

    Kecelakaan Maut Libatkan Xiaomi SU7 Tewaskan Tiga Mahasiswi, Ini Pernyataan Resmi Perusahaan

    JAKARTA – Sebuah kecelakaan tragis yang melibatkan sedan listrik Xiaomi SU7 Standard terjadi pada 29 Maret di Jalan Tol Dezhou-Shangrao (G0321), tepatnya di wilayah Chiqi dekat Tongling, Provinsi Anhui, China. Tiga mahasiswi tewas dalam insiden ini saat sedang dalam perjalanan menuju ujian pegawai negeri.

    Ini menjadi kasus fatal pertama yang tercatat terkait kendaraan listrik pertama Xiaomi sejak peluncurannya, dan langsung memicu kekhawatiran luas mengenai keamanan teknologi mengemudi otonom.

    Ketiga korban adalah mahasiswi universitas yang hendak ke Kota Chizhou untuk mengikuti ujian CPNS. Mereka menggunakan Xiaomi SU7 varian Standard — model dasar dari lini SU7 — yang dibeli pada Mei 2024 dan baru diterima pada 19 Oktober 2024.

    Varian ini menggunakan sistem Navigate on Autopilot (NOA) berbasis kamera, tanpa dukungan sensor LiDAR seperti yang terdapat pada varian Pro dan Max.

    Kecelakaan terjadi di bagian jalan yang sedang dalam perbaikan. Lalu lintas dialihkan ke jalur yang lebih sempit, yang kemungkinan besar mengandung puing-puing atau penghalang konstruksi. Faktor inilah yang diduga berkontribusi terhadap tabrakan mematikan tersebut.

    Kronologi Kecelakaan (Berdasarkan Data Kendaraan)

    Data dari sistem kendaraan yang diserahkan Xiaomi ke kepolisian memberikan gambaran kronologis sebagai berikut:

    Pukul 22:27:17: Sistem NOA diaktifkan, kecepatan kendaraan tercatat 116 km/jam.

    Pukul 22:44:24: Sistem mendeteksi adanya rintangan di jalan, mengeluarkan peringatan dan mulai memperlambat laju.

    Pukul 22:44:25: Pengemudi mengambil alih kontrol manual, membelokkan setir sejauh 22 derajat ke kiri, dan mulai mengerem sebesar 31%.

    Pukul 22:44:26: Setir dikoreksi ke kanan sebesar 1 derajat, dan pengereman ditingkatkan menjadi 38%.

    Pukul 22:44:26–22:44:28: Kendaraan menabrak pembatas beton dengan kecepatan 97 km/jam. Tabrakan ini disusul oleh kebakaran hebat.

    Kondisi Pasca Tabrakan

    Beberapa laporan media sosial, termasuk dari ibu salah satu korban melalui aplikasi Douyin, menyebut bahwa pintu mobil terkunci otomatis setelah tabrakan, menjebak para korban di dalam saat mobil terbakar. Xiaomi belum bisa memverifikasi hal ini, meskipun menyebutkan bahwa kendaraan dilengkapi tombol darurat untuk membuka kunci pintu dari dalam. Namun, belum jelas apakah tombol tersebut berfungsi dalam situasi darurat seperti kebakaran.

    Pihak Xiaomi juga menyatakan bahwa sistem NOA saat ini belum mampu mengenali objek kecil seperti kerucut lalu lintas atau penghalang air (water barrier), yang diduga menjadi penyebab kegagalan sistem mendeteksi rintangan sebelum tabrakan terjadi.

    Respons Xiaomi

    Xiaomi membentuk tim investigasi pada 30 Maret dan menyerahkan data kendaraan ke kepolisian sehari setelahnya. CEO Xiaomi, Lei Jun, menyampaikan belasungkawa yang mendalam dan berjanji akan bersikap transparan serta memberikan dukungan kepada keluarga korban.

    Pihak perusahaan membantah rumor bahwa kendaraan telah diamankan dan dibawa ke Beijing, dengan menyebut bahwa mereka bahkan belum mendapat akses langsung ke mobil yang mengalami kecelakaan. Xiaomi juga menjelaskan bahwa kendaraan berada dalam mode bantuan NOA dengan kecepatan tinggi sebelum tabrakan, dan sistem sempat memberikan peringatan serta memperlambat laju kendaraan sebelum terjadi benturan fatal.

    Terkait dengan sumber api pasca kecelakaan, Xiaomi menyatakan bahwa kemungkinan besar api berasal dari dalam kabin, bukan dari baterai kendaraan. Mereka juga mengonfirmasi bahwa sistem pengereman darurat otomatis (Automatic Emergency Braking – AEB) tidak aktif karena penghalang air tidak termasuk dalam daftar objek yang dapat dideteksi oleh sistem saat ini.

    Pihak kepolisian masih terus menyelidiki kondisi jalan, keputusan pengemudi, serta performa sistem kendaraan secara keseluruhan. Tragedi ini memicu perdebatan penting terkait keandalan teknologi mengemudi otonom, efektivitas fitur keselamatan darurat, dan kebutuhan pelatihan yang lebih menyeluruh bagi pengguna kendaraan listrik modern.

    Kecelakaan ini juga menjadi ujian besar bagi Xiaomi dalam mempertahankan reputasi dan kredibilitasnya sebagai pemain baru di industri otomotif listrik global. Ke depannya, hasil investigasi ini akan menjadi rujukan penting dalam menyempurnakan teknologi mengemudi otomatis dan fitur keselamatan pada kendaraan generasi mendatang.

  • 25 Jalan Jakarta Kembali Berlaku Ganjil Genap Mulai 8 April, Pelanggar Denda Rp500.000 – Halaman all

    25 Jalan Jakarta Kembali Berlaku Ganjil Genap Mulai 8 April, Pelanggar Denda Rp500.000 – Halaman all

    Ringkasan Berita

    Skema ganjil genap akan kembali berlaku mulai 8 April 2025, dengan 25 jalan utama di Jakarta terpengaruh. Pembatasan ini berlaku pada dua sesi waktu: 06.00-10.00 WIB dan 16.00-20.00 WIB.

    Beberapa jalan utama yang akan dikenakan aturan ini antara lain Jalan Sudirman, Jalan Thamrin, Jalan Gatot Subroto, dan Jalan Salemba Raya. Pastikan kendaraan Anda sesuai dengan tanggal yang ditentukan.

    Pelanggaran aturan ini dapat dikenakan denda hingga Rp500.000. Kendaraan tertentu, seperti ambulans dan angkutan umum, dikecualikan dari pembatasan ini.

    TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA – Skema ganjil genap di Jakarta akan kembali berlaku mulai 8 April 2025.

    Sebanyak 25 jalan utama di Jakarta akan dikenakan aturan ini, dan pelanggar akan dikenai denda maksimal Rp500.000.

    Pastikan Anda mengetahui daftar jalan yang terpengaruh untuk menghindari sanksi.

    Jadwal dan Lokasi Ganjil Genap Jakarta

    Pembatasan lalu lintas dengan skema ganjil genap di Jakarta akan diberlakukan pada dua sesi waktu, yaitu pagi hingga siang pukul 06.00-10.00 WIB dan sore hingga malam pukul 16.00-20.00 WIB.

    Selama periode ini, hanya kendaraan dengan plat nomor yang sesuai dengan tanggal yang ditentukan yang diperbolehkan melintas di jalan-jalan yang terdaftar.

    25 Jalan yang Dikenakan Aturan Ganjil Genap

    Berikut adalah daftar 25 jalan yang akan terpengaruh oleh aturan ganjil genap mulai 8 April:

    Jalan Pintu Besar Selatan

    Jalan Gajah Mada

    Jalan Hayam Wuruk

    Jalan Majapahit

    Jalan Medan Merdeka Barat

    Jalan MH Thamrin

    Jalan Jenderal Sudirman

    Jalan Sisingamangaraja

    Jalan Panglima Polim

    Jalan Fatmawati dari Simpang

    Jalan Ketimun sampai Jalan TB Simatupang

    Jalan Suryopranoto

    Jalan Balikpapan

    Jalan Kyai Caringin

    Jalan Tomang Raya

    Jalan Jenderal S Parman

    Jalan Gatot Subroto

    Jalan MT Haryono

    Jalan HR Rasuna Said

    Jalan D.I Pandjaitan

    Jalan Jenderal A. Yani

    Jalan Pramuka

    Jalan Salemba Raya sisi Barat, untuk Timur mulai dari Simpang Jalan Paseban Raya sampai Diponegoro

    Jalan Kramat Raya

    Jalan Stasiun Senen

    Tujuan dan Pengecualian Skema Ganjil Genap

    Skema ganjil genap bertujuan untuk mengurangi kemacetan di Jakarta. Pada tanggal ganjil, kendaraan dengan plat nomor berakhiran ganjil diperbolehkan melintas, sementara pada tanggal genap, kendaraan dengan plat nomor berakhiran genap yang dapat melintas.

    Beberapa kendaraan yang dikecualikan dari aturan ini, seperti kendaraan dinas, ambulans, kendaraan pemadam kebakaran, kendaraan angkutan umum (plat kuning), serta kendaraan untuk penanganan bencana atau Covid-19.

    Sanksi Pelanggaran Ganjil Genap

    Pelanggaran terhadap aturan ganjil genap di Jakarta akan dikenakan denda maksimal Rp500.000, sesuai dengan ketentuan dalam UU LLAJ Nomor 22 Tahun 2009.

    Oleh karena itu, pastikan Anda mematuhi aturan untuk menghindari sanksi.

    Dengan pemberlakuan kembali skema ganjil genap pada 8 April, penting bagi pengemudi untuk memahami dan mematuhi aturan ini agar tidak terkena denda.

    Pastikan Anda mengetahui jalan-jalan yang terkena pembatasan dan jadwal yang berlaku.

  • Kebakaran Kantor Pos Induk, Rumah Dinas Hingga Gudang Ludes

    Kebakaran Kantor Pos Induk, Rumah Dinas Hingga Gudang Ludes

    Tulungagung, Beritasatu.com – Kantor pos induk yang terletak di Jalan RA Kartini, Kelurahan Kauman, Kecamatan Tulungagung, Jawa Timur, mengalami kebakaran. Kebakaran tersebut melanda gudang serta rumah dinas karyawan yang berada di belakang kantor pos induk.

    Api dengan cepat menghanguskan gudang dan rumah dinas yang terletak tidak jauh dari lokasi kejadian. Menanggapi situasi tersebut, petugas pemadam kebakaran Tulungagung segera bergerak menuju lokasi dan mengerahkan tiga unit mobil pemadam untuk memadamkan api. Setelah satu jam, kobaran api akhirnya berhasil dijinakkan.

    Kasi Operasi Damkar Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Tulungagung Bambang Pidekso menyatakan, kebakaran pertama kali diketahui oleh empat remaja yang kebetulan berada di sekitar lokasi kejadian. Para remaja tersebut segera melaporkan kejadian tersebut ke kantor damkar setempat.

    Di dalam rumah dinas, terdapat seorang karyawan yang sedang tidur. Karyawan tersebut baru mengetahui kebakaran setelah petugas damkar tiba di lokasi dan memberi informasi bahwa gudang dan atap rumah dinas sudah terbakar.

    “Bagi proses pemadaman, kami mengerahkan satu unit mobil pemadam dan dua truk penyuplai air. Proses pemadaman berlangsung sekitar satu jam. Dari hasil penyelidikan polisi, penyebab kebakaran diduga akibat korsleting listrik di gudang,” ungkap Bambang Pidekso kepada wartawan, Senin (7/4/2025).

    Beruntung, tidak ada korban jiwa maupun luka dalam insiden kebakaran ini. Namun, gudang dan seluruh barang yang ada di dalamnya ludes terbakar. Sementara itu, rumah dinas mengalami kerusakan sekitar 30 persen. Kerugian materiel yang ditimbulkan diperkirakan mencapai sekitar Rp 75 juta.

  • Pengunjung Ancol capai 110.132 pada Sabtu dan Minggu libur Idul Fitri

    Pengunjung Ancol capai 110.132 pada Sabtu dan Minggu libur Idul Fitri

    Sejumlah pengunjung berenang di Pantai Lagoon Ancol, Jakarta, Selasa (1/4/2025). ANTARA FOTO/Sulthony Hasanuddin/nym/am.

    Pengunjung Ancol capai 110.132 pada Sabtu dan Minggu libur Idul Fitri
    Dalam Negeri   
    Editor: Novelia Tri Ananda   
    Senin, 07 April 2025 – 12:47 WIB

    Elshinta.com – PT Pembangunan Jaya Ancol Tbk (PJAA) menyebut objek wisata Ancol di Jakarta Utara masih menjadi destinasi favorit libur Idul Fitri 1446 Hijriah yang terlihat  dari jumlah pengunjung mencapai 110.132 orang pada Sabtu (5/4) dan Minggu (6/4).

    “Lokasi pilihan di dalam wisata Ancol meliputi kawasan pantai, Dunia Fantasi (Dufan), dan Sea World Ancol,” kata Corporate Communication PT Pembangunan Jaya Ancol Tbk, Daniel Windriatmoko di Jakarta,
    Senin.

    Ia mengatakan pada Sabtu (5/4) total ada 58.852 orang yang berkunjung ke Ancol. Sementara pada  Minggu (6/4) jumlah pengunjung mencapai 51.280 orang. Menurut dia pengunjung juga memadati beberapa lokasi wisata lainnya di dalam kawasan Ancol  seperti Ocean Dream Samudra,  Atlantis Water Adventure, dan Jakarta Bird Land.

    “Beragam rangkaian acara spesial  kami siapkan di seluruh unit rekreasi Ancol. Tujuannya agar pengunjung dapat menikmati dan merasakan keajaiban berwisata di Ancol,” ujarnya.

    Manajemen Ancol juga  menerapkan sistem sentral parkir. Pengunjung yang membawa kendaraan bermotor akan langsung diarahkan ke area kantong parkir yang telah disediakan dengan kapasitas 8.500 mobil dan 18.400 motor. Kemudian untuk kenyamanan pengunjung, Ancol  juga telah menyiapkan 82 unit bus Wara Wiri yang bisa diakses secara gratis.

    “Serta, 15 unit Transcare khusus untuk lansia, ibu hamil, dan pengunjung dengan kebutuhan khusus,” terangnya.

    Ancol juga telah menambah tenaga pengamanan gabungan yang terdiri atas petugas Kepolisian, TNI, Satuan Polisi pamong Praja, Dinas Perhubungan, Dinas Kebakaran, dan Petugas Operasional. Pengamanan juga dilengkapi dengan delapan Pos Petugas Penyelamat, satu Pos Pelayanan, lima Pos Pengamanan, delapan unit ambulans, dua unit mobil pemadam kebakaran dan lima mobil derek.

    “Kami berharap liburan wisata ke Ancol ini dapat menjadi momen kebersamaan yang berkesan dan tak terlupakan bagi seluruh pengunjung,” kata dia.

    Sumber : Antara