Kasus: covid-19

  • Ahmad Luthfi: Jawa Tengah Tetap jadi Magnet Investasi dan Ekspor Dunia di Tengah Ketidakpastian Global 

    Ahmad Luthfi: Jawa Tengah Tetap jadi Magnet Investasi dan Ekspor Dunia di Tengah Ketidakpastian Global 

    Liputan6.com, Semarang – Gubernur Jawa Tengah Ahmad Luthfi menegaskan bahwa wilayah yang dipimpinnya masih menjadi salah satu magnet investasi dan ekspor dunia, meskipun situasi global tengah diliputi ketidakpastian.

    Menurutnya, di tengah tantangan besar seperti pandemi, konflik geopolitik, dan perang di sejumlah kawasan, Jawa Tengah justru mampu menjaga stabilitas ekonomi dan sosial yang menjadi fondasi utama bagi dunia usaha.

    “Selama ini tidak ada konflik komunal atau gangguan keamanan di Jawa Tengah. Iklim masyarakat kita adem, ayem, dan nyaman. Investasi di sini aman,” ujar Luthfi dalam seminar bertema “Tantangan dan Peluang Ekspor Pasca Kebijakan Trump” di Semarang, Senin (20/10/2025). 

    Jaga Iklim Investasi dan Perkuat Daya Saing Daerah 

    Luthfi menjelaskan, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Tengah terus memperkuat iklim investasi yang sehat dan kompetitif dengan melakukan berbagai langkah strategis, termasuk mempermudah proses perizinan bagi Penanaman Modal Asing (PMA) maupun Penanaman Modal Dalam Negeri (PMDN).

    Ia juga menekankan, tenaga kerja di Jawa Tengah memiliki daya saing tinggi baik dari sisi keterampilan maupun etos kerja, sehingga menjadi nilai tambah bagi para investor.

    “Pandemi Covid-19 dan berbagai krisis global seperti perang Ukraina–Rusia hingga konflik Timur Tengah memang mengguncang ekonomi dunia, namun Jawa Tengah mampu bertahan berkat semangat kebersamaan dan kesiapan menghadapi perubahan,” kata Luthfi. 

    Kebijakan Global Justru Buka Peluang Baru 

    Perbesar

    (Foto:Dok.Pemprov Jateng)… Selengkapnya

    Dalam kesempatan yang sama, Luthfi mengungkapkan bahwa kebijakan perdagangan era Presiden Amerika Serikat Donald Trump justru membawa dampak positif bagi ekonomi daerah.

    Alih-alih menjadi hambatan, kebijakan tersebut mendorong arus investasi baru dari berbagai negara ke Jawa Tengah.

    “Bahkan, banyak negara yang menggantungkan ekspor sejumlah komoditas dari Jawa Tengah,” jelasnya.

    Berdasarkan data ekspor, Amerika Serikat masih menjadi pasar utama dengan kontribusi 47,9 persen dari total ekspor Jawa Tengah.

    Disusul Uni Eropa (11,2%), Jepang (8,1%), ASEAN (6,4%), dan Tiongkok (4,2%).

    Sepanjang Januari–Agustus 2025, nilai ekspor Jawa Tengah tercatat mencapai US$ 7,95 miliar, atau naik 10 persen dibandingkan periode tahun sebelumnya. Dari jumlah tersebut, surplus perdagangan mencapai US$ 2,19 miliar. Produk-produk unggulan seperti sarang burung walet, kulit kambing, ikan, udang, rajungan, dan olahan kayumenjadi primadona ekspor ke pasar Amerika dan Uni Eropa.

    Kawasan Industri jadi Motor Pertumbuhan Baru 

    Luthfi menuturkan, pengembangan kawasan industri seperti Kawasan Industri Terpadu Batang (KITB) dan Kawasan Industri Kendal (KIK) telah menciptakan pusat-pusat pertumbuhan ekonomi baru.

    “Kami juga mendorong konektivitas antar wilayah seperti Soloraya, Semarang Raya, Pati Raya, hingga Banyumas Raya untuk pemerataan ekonomi,” jelasnya.

    Ia menegaskan, kolaborasi antara pemerintah, pelaku usaha, dan masyarakat menjadi kunci dalam menjaga momentum pertumbuhan ini agar memberikan manfaat ekonomi merata di seluruh daerah.

    Dorong Ekonomi Hijau dan Ekspor Berkelanjutan 

    Perbesar

    (Foto:Dok.Pemprov Jateng)… Selengkapnya

    Menyesuaikan dengan tren global, Gubernur Luthfi memperkenalkan program Rengganis Pintar (Revitalisasi Green Industry untuk Peningkatan Ekspor Jawa Tengah) sebagai langkah konkret menuju ekonomi hijau dan industri berkelanjutan.

    “Uni Eropa dan negara lain tertarik karena kita sudah mulai menerapkan ekonomi hijau. Ini peluang besar yang harus kita tangkap,” ujarnya optimistis.

    Program ini sekaligus menjadi wujud nyata keseriusan Jawa Tengah dalam mengembangkan ekspor yang tidak hanya berorientasi pada volume dan nilai, tetapi juga memperhatikan aspek lingkungan dan keberlanjutan.

    Jateng Siap Bersaing di Kancah Global 

    Mengakhiri paparannya, Luthfi mengajak seluruh pelaku usaha di Jawa Tengah untuk memanfaatkan momentum positifini guna memperkuat ekspor serta meningkatkan daya saing global.

    “Tugas saya itu seperti manajer marketing, tukang jualan Jawa Tengah. Saya ingin dunia tahu bahwa Jawa Tengah siap bersaing,” katanya disambut tepuk tangan peserta.

    Luthfi optimistis, kombinasi antara stabilitas daerah, potensi sumber daya, dan dukungan kebijakan ekonomi hijau akan membuat Jawa Tengah semakin menarik bagi investor dan eksportir dunia.

  • Ekonomi China Tumbuh 4,8% hingga September 2025 – Page 3

    Ekonomi China Tumbuh 4,8% hingga September 2025 – Page 3

    Liputan6.com, Jakarta – China meraih pertumbuhan ekonomi 4,8% pada kuartal ketiga 2025 dari periode sama tahun sebelumnya. Perlambatan ekonomi China ini masih sejalan dengan harapan analis di tengah sektor real estate yang merosot.

    Mengutip CNBC, Senin (20/10/2025), investasi aset tetap termasuk real estate alami kontraksi 0,5% hingga September 2025. Hal ini seiring belanja infrastruktur dan manufaktur yang melambat. Analis yang disurvei oleh Reuters prediksi pertumbuhan 0,1%.

    Investasi properti merosot. Investasi itu turun 13,9% hingga September, dibandingkan Agustus mencapai 12,9%.

    “Aset investasi tetap turun jarang dan menjadi alarm,” ujar Presiden dan Ekonom Pinpoint Asset Management, Zhiwei Zhang.

    Ia memperingatkan pertumbuhan ekonomi China pada kuartal IV akan tertekan. Terakhir kali China mencatat kontraksi di aset investasi tetap pada 2020 selama pandemi COVID-19, berdasarkan data Wind Information.

    “Pelemahan di investasi real estate mungkin bertahan untuk jangka waktu panjang dari sebelumnya,” ujar Profesor CUHK Business School.

    Ia menambahkan, hal ini merepresentasikan restrukturisasi struktural. Bruce Pang juga menilai kemungkinan investasi akan tidak pernah kembali pada level sebelumnya.

    “Dalam konteksi ini, China mempertimbangkan bagaimana mengatur investasi dari sektor lainnya untuk mengisi gap investasi,” kata dia.

    Selain itu, produksi industri bertambah 6,5% pada September, di atas harapan dengan kenaikan 5% dan 5,2% dari pertumbuhan sebelumnya.

    Tidak termasuk properti, investasi aset tetap untuk tiga kuartal naik 3%, turun dari Agustus sebesar 4,2%, berdasarkan data resmi.

     

  • Video: Dukung Ekonomi Digital, ISP Bikin Internet Rumah-Kantor Ngebut

    Video: Dukung Ekonomi Digital, ISP Bikin Internet Rumah-Kantor Ngebut

    Jakarta, CNBC Indonesia- Perusahaan telekomunikasi yang menyediakan layanan TV Berlangganan dan internet berbasis fiber optic atau Internet Service Provider (ISP) MyRepublic, berhasil memenangkan lelang pita frekuensi 1,4 GHz untuk regional 2 (Sumatera, Bali dan Nusa Tenggara) dan Regional 3 (Kalimantan dan Sulawesi) yang dilakukan oleh Komdigi RI.

    CEO MyRepublic Indonesia, Timotius Max Sulaiman mengatakan hal ini menjadi bagian dari upaya memperkuat dan memperluas layanan jaringan internet berkecepatan tinggi di Indonesia yang dapat dimanfaatkan untuk memperkuat konektivitas.

    Langkah ini juga sejalan dengan perkembangan ekonomi digital RI yang terus melesat utamanya pasca Pandemi Covid-19 dengan jumlah pengguna internet sudah mencapai 80%. Oleh karena itu guna mendukung ekonomi digital RI, MyRepublic Indonesia terus mendorong perluasan jaringan internet andal utamanya fixed broadband khususnya untuk segmen pasar rumah hingga perkantoran termasuk sektor usaha.

    MyRepublic terus bertransformasi dari penyedia internet fixed broadband yang hanya melayani 13 kota di awal pengembangan kini sudah menjangkau 160 kota/kabupaten yang melayani 1,5 juta pelanggan.

    Seperti apa MyRepublic mengembangkan jaringan internet cepat? Selengkapnya simak dialog Andi Shalini dengan CEO MyRepublic Indonesia, Timotius Max Sulaiman dalam Profit, CNBC Indonesia (Senin, 20/10/2025)

  • 4 Modus Penipu Pakai Email dan Nomor Telepon Kantor

    4 Modus Penipu Pakai Email dan Nomor Telepon Kantor

    Jakarta, CNBC Indonesia – Kantor kini jadi incaran utama para pelaku kejahatan siber. Mereka menyasar karyawan perusahaan lewat berbagai skema penipuan yang tampak profesional dan meyakinkan. Modusnya beragam, mulai dari menyamar sebagai atasan, hingga petugas teknis palsu.

    Hal ini diketahui dari keamanan siber global, Kaspersky, yang merilis daftar rekayasa sosial yang digunakan penjahat siber untuk menyerang perusahaan.

    Salah satunya menggunakan pesan dan email dari dukungan teknis palsu, serangan email bisnis, dan permintaan data pada lembaga penegak hukum palsu.

    Berikut modus yang digunakan para penipu online tersebut:

    1. Mengaku dari Dukungan Teknis

    Cara pertama adalah mengaku sebagai dukungan teknis (technical support) dan melakukan panggilan kepada karyawan perusahaan. Panggilan tersebut biasanya akan dilakukan pada akhir pekan.

    Para pelaku akan mengatakan mendeteksi aktivitas aneh pada komputer kerja dan meminta pegawai segera datang ke kantor. Petugas palsu akan menawarkan menyelesaikan masalah dari jarak jauh, namun butuh informasi kredensial login karyawan.

    Namun modus ini agak sedikit berubah saat pandemi Covid-19 lalu. Saat itu, banyak pegawai yang melakukan pekerjaannya dari rumah (work from home).

    Pelaku yang menyamar sebagai dukungan teknis akan memperhatikan aktivitas mencurigakan. Mereka menawasrkan penyelesaina masalah melalui dari jarak jauh dengan menggunakan RAT.

    2. Panggilan Palsu dari CEO

    Modus lain adalah serangan kompromi email bisnis (BEC). Penipu akan menyamar sebagai manajer, CEO atau mitra bisnis penting dengan tujuan menguras uang korbannya.

    Serangan bisa bervariasi, misalnya mengirimkan lampiran berbahaya pada korban dengan kedok pesan bersifat darurat. Rekayasa sosial punya peran penting dalam modus ini untuk membujuk korbannya mau melakukan apapun yang diinginkan.

    3. Pembajakan Percakapan

    Skema memungkinkan penyerang masuk dalam korespondensi bisnis dengan menyamar sebagai karyawan atau orang di perusahaan. Penyerang akan membutuhkan email asli dan membuat domain yang mirip untuk mendapatkan kepercayaan dari korbannya.

    Mereka biasanya akan membeli basis data korespondensi email yang dicuri atau bocor di web gelap. Skenarionya bisa bervariasi, dari phising hingga malware, dan biasanya berhubungan dengan memasukkan detail bank untuk mengambil uang dari korbannya.

    4. Permintaan Data dari Pihak Berwajib

    Tren yang muncul pada 2022 adalah meminta data resmi saat mengumpulkan informasi. Permintaan diterima oleh ISP, jejaring sosial, dan perusahaan teknologi yang berbasis di AS dari akun email yang diretas milik lembaga penegak hukum.

    Dalam situasi yang normal, mendapatkan data dari penyedia layanan di AS butuh surat perintah dengan tandatangani hakim. Namun dalam situasi seperti nyawa dan kesehatan yang terancam, permintaan data darurat (EDR) bisa dikeluarkan.

    Jadi permintaan kemungkinan dikabulkan jika menggunakan kasus yang masuk akal dan berasal dari lembaga penegak hukum. Peretas akan mendapatkan informasi mengenai korban dari sumber terpercaya dan menggunakannya untuk serangan lebih lanjut.

    (dem/dem)

    [Gambas:Video CNBC]

  • Tim Medis Darurat Muhammadiyah Jadi yang Pertama dari RI Terverifikasi WHO
                
                    
                        
                            Yogyakarta
                        
                        20 Oktober 2025

    Tim Medis Darurat Muhammadiyah Jadi yang Pertama dari RI Terverifikasi WHO Yogyakarta 20 Oktober 2025

    Tim Medis Darurat Muhammadiyah Jadi yang Pertama dari RI Terverifikasi WHO
    Tim Redaksi
    YOGYAKARTA, KOMPAS.com
    – Emergency Medical Team (EMT) Muhammadiyah menjadi tim medis darurat pertama dari Indonesia yang terverifikasi oleh World Health Organization (WHO) dengan standar internasional.
    Penyerahan Confirmation Letter EMT Global Classification dilakukan oleh Roy Anthony Cosico dari EMT Secretariat WHO HQ pada Minggu (19/10/2025), di Aula Masjid KH Sudja’, PKU Muhammadiyah Gamping.
    Ketua Pimpinan Pusat Muhammadiyah, Syafiq A Mughni, menyatakan bahwa ini merupakan momentum bersejarah dan bukti nyata pelaksanaan program prioritas Muhammadiyah periode 2022–2027.
    Program ini bertujuan untuk memperluas dan melembagakan internasionalisasi Muhammadiyah dalam misi dakwah dan tajdid yang rahmatan lil-‘alamin.
    “Sertifikasi yang kita peroleh hari ini sangat penting karena mencakup tiga aspek utama, yakni komitmen, mindset dan motivasi, serta keterampilan teknis,” ujar Syafiq.
    Ia menambahkan bahwa ketiga aspek tersebut menjadi fondasi utama EMT Muhammadiyah untuk berkembang.
    “Melalui komitmen dan kemampuan teknis yang didukung pengalaman lapangan, kami akan terus memberikan yang terbaik bagi kemanusiaan dan kesejahteraan bangsa,” jelasnya.
    EMT Muhammadiyah telah melalui tahap pre-verification WHO pada 9–10 Juli 2025 di Yogyakarta, dengan pendampingan teknis dari Robert Koch Institute (RKI) dan International Search and Rescue (ISAR) Germany.
    Hasil evaluasi tersebut menunjukkan bahwa EMT Muhammadiyah layak mengikuti proses verifikasi akhir untuk memperoleh status resmi sebagai tim medis darurat internasional.
    Ketua PP Muhammadiyah, Agus Taufiqurrahman, berharap kiprah Muhammadiyah ke depan dapat semakin diperkuat dalam peran internasional.
    “Setelah melalui perjalanan panjang, Muhammadiyah dalam peran kemanusiaan global berhasil melakukan segala proses verifikasi WHO sehingga Muhammadiyah secara resmi memiliki medical team yang terverifikasi untuk pertama kalinya di Indonesia, nomor ke-16 di Internasional,” kata Agus. 
    “Tentu ini akan menghasilkan harapan untuk semakin menguatkan kiprah Muhammadiyah sebagai bagian yang tak terpisahkan dari peran-peran internasionalnya,” lanjutnya.
    MDMC Muhammadiyah juga akan mengembangkan standardisasi tim medis untuk lembaga lainnya di Indonesia.
    “Muhammadiyah juga ikut mengembangkan standardisasi medical team untuk lembaga lainnya di Indonesia. Berikutnya setelah kita terverifikasi internasional, pekerjaan kita tidak hanya di internasional tapi juga menguatkan standardisasi medical timnya di level nasional,” ungkapnya.
    Terkait dengan situasi terkini di Gaza, Corona menyampaikan bahwa pihaknya berencana mengirimkan tim medis ke wilayah tersebut.
    Namun, pengiriman tersebut akan dilakukan setelah keadaan kondusif.
    “Dari jauh-jauh hari kita akan kirim ke Gaza, tapi tentunya melihat risiko keamanan. Dengan adanya kesepakatan gencatan senjata, seharusnya lebih kondusif,” ujarnya.
    “Nanti kita koordinasikan dengan WHO di Kairo, harapannya segera bisa berangkat ke sana. Ya kita lihat dulu, perkirakan akhir tahun atau tahun depan,” pungkasnya.
    Copyright 2008 – 2025 PT. Kompas Cyber Media (Kompas Gramedia Digital Group). All Rights Reserved.

  • HNW Puji Cara Kreatif Sosialisasi 4 Pilar MPR Lewat Lomba Cerdas Cermat

    HNW Puji Cara Kreatif Sosialisasi 4 Pilar MPR Lewat Lomba Cerdas Cermat

    Jakarta

    Wakil Ketua MPR RI, Hidayat Nur Wahid (HNW) membuka babak penyisihan Lomba Cerdas Cermat (LCC) Empat Pilar MPR RI Provinsi Jawa Barat, di Bandung, kemarin. Pembukaan ditandai dengan membunyikan alat musik angklung oleh HNW bersama tokoh lainnya.

    Dalam sambutannya, HNW mengatakan LCC adalah model sosialisasi yang paling disukai dan dekat dengan siswa SLTA dan generasi Z. Hal ini sudah dirasakan sejak lama, bahkan saat dirinya masih menjadi Ketua MPR 2004-2009. Oleh karena itu, digelarnya sosialisasi 4 pilar MPR RI dengan metode LCC pasca pandemi COVID-19 harus diapresiasi dan patut disyukuri.

    “Dulu saat awal sosialisasi anggaran MPR sangat terbatas, MPR juga tidak memiliki perwakilan di daerah, padahal MPR adalah satu-satunya lembaga negara yang diberikan tugas oleh UU untuk melaksanakan sosialisasi terhadap segala putusan MPR termasuk Pancasila maupun perubahan konstitusi (UUD) yang terjadi selama era reformasi beserta implikasinya. Maka, patut disyukuri jika sekarang, pimpinan MPR bersama dan pimpinan Badan Sosialisasi yang didalamnya ada Pak Agun Gunanjar Sudarsa, Pak Abidin Fikri dan Ibu Nurul Arifin, sepakat kembali menyelenggarakan kegiatan yang sangat disukai, sangat dekat dengan anak-anak muda yaitu sosialisasi Empat Pilar melalui Lomba Cerdas Cermat Empat Pilar MPR,” ungkap HMW dalam keterangannya, Minggu (19/10/2025).

    HNW menambahkan, LCC hadir sebagai kegiatan yang semakin diminati oleh sekolah termasuk para guru dan murid. Pasalnya, LCC bukan hanya menghadirkan kegiatan yang atraktif, menarik, dan kompetitif, tapi juga efektif untuk menyampaikan nilai-nilai karakter bangsa sebagaimana ketentuan dalam 4 Pilar MPR RI.

    Menurutnya, penyampaian materi melalui metode Lomba Cerdas Cermat sangat disukai generasi muda/gen Z. Sebab, di zaman modern ini, para generasi muda cenderung menolak kegiatan yang sifatnya indoktrinasi, seperti yang terjadi sebelum era reformasi.

    HNW pun menilai LCC menjadi sarana yang baik karena kehadirannya diterima dengan antusias oleh para pelajar. Ia berharap melalui LCC para pelajar akan semakin mengenal karakter bangsanya sehingga muncul kecintaan terhadap bangsa dan negara.

    “Semoga peserta LCC dari provinsi Jawa Barat, ini bisa meneruskan perjuangan para pendahulunya, baik sebelum masa kemerdekaan maupun setelah merdeka. Karena para pahlawan asal Jabar sangat banyak jumlahnya, mereka berjasa besar dalam menyiapkan Indonesia merdeka maupun setelahnya,” kata HNW.

    Adapun rencananya, kedua babak penyisihan tersebut akan dilaksanakan dalam waktu dekat, agar terpilih peserta yang mewakili masing masing provinsi di tingkat pusat. Agun menegaskan LCC merupakan metode sosialisasi kepada para siswa SMA untuk memahami, mendalami, kemudian mengimplementasikan Empat Pilar MPR RI dalam kehidupan sehari hari dan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

    “LCC tidak dilaksanakan begitu saja. Di dalamnya terkait dengan asta cita yang ditetapkan pemerintahan Presiden Prabowo Subianto. Yaitu penguatan ideologi Pancasila, demokrasi dan HAM. LCC dimaknai sebagai bagian dari karakter. Melalui empat pilar kebangsaan, ini diharapkan para siswa memiiki pola pikir, bicara dan tindakan tangan berkarakter Pancasila,” pungkas Agun.

    Sebagai informasi, pembukaan babak penyisihan LCC Empat Pilar MPR RI turut dilakukan oleh bersama Wakil Ketua Badan Sosialisasi Agun Gunanjar Sudarsa dan Abidin Fikri. Kemudian, anggota Badan Sosialisasi Nurul Arifin, Sekda Provinsi Jabar Dr Herman Suryatman, Sekretaris Jenderal MPR Siti Fauziah, Kepala Biro Persidangan MPR RI Wachid Nugroho serta Kepala Bidang Pembinaan SMA Dinas Pendidikan Provinsi Jabar Iis Rustiasih.

    Adapun babak penyisihan LCC Provinsi Jabar diikuti 9 SLTA, yaitu, SMAN 1 Pamijahan Kabupaten Bogor, SMAN 1 Palimanan kabupaten Cirebon, SMAN 1 Cianjur kabupaten Cianjur, SMAN 1 Bandung kota Bandung, SMAN 2 Kota Bogor, SMAN 1 Kota Sukabumi, SMAN 1 Majalengka, SMAN 3 Bekasi dan SMAN 2 Karawang.

    Setelah bertanding dengan sesama peserta, keluar sebagai pemenang dan akan mewakili Provinsi Jabar di tingkat Nasional yakni, SMAN 1 Majalengka. Di babak final, SMAN 1 Majalengka mengalahkan SMAN 1 Karawang yang duduk di peringkat kedua, dan SMAN 3 Bekasi di peringkat ketiga.

    (akn/ega)

  • Starbucks Larangan Konsumen Membawa Makanan-Minuman dari Luar di Seluruh Gerainya

    Starbucks Larangan Konsumen Membawa Makanan-Minuman dari Luar di Seluruh Gerainya

    JAKARTA – Starbucks Korea Selatan memberlakukan larangan konsumsi makanan dari luar secara nasional di semua gerainya pekan ini, dengan tujuan untuk mengurangi gangguan yang disebabkan oleh pelanggan yang membawa dan mengonsumsi makanan dari tempat lain.

    Jaringan gerai yang dioperasikan oleh Shinsegae Group ini mulai memasang pengumuman pada Hari Senin di 2.050 gerainya di seluruh Korea Selatan, menyatakan semua makanan dan minuman dari luar dilarang dikonsumsi di dalam ruangan.

    Kendati demikian, aturan ini mengecualikan makanan dan minuman untuk bayi.

    Langkah ini menandai pertama kalinya jaringan kafe dan makanan penutup besar ini menerapkan larangan tersebut. Namun, perusahaan mencatat ini bukan pertama kalinya mereka mengajukan permintaan serupa.

    “Sebelumnya, kami meminta pelanggan kami untuk tidak mengonsumsi ‘makanan berbau menyengat.’ Pemberitahuan itu sudah ada sejak sebelum wabah COVID-19 pada tahun 2020. Namun, peringatan tersebut agak subjektif dan agak tidak jelas. Kali ini, kami memperkenalkan larangan tersebut dengan cara yang jauh lebih jelas,” ujar seorang pejabat perusahaan, melansir The Korea Times 15 Oktober.

    Langkah ini menyusul serangkaian unggahan daring yang menunjukkan pelanggan sedang menyantap makanan di dalam gerai Starbucks.

    Foto-foto viral di media sosial menampilkan hidangan seperti tteokbokki (kue beras pedas), mi instan, gimbap (gulungan nasi rumput laut) dan ayam goreng.

    Perusahaan juga telah menangani masalah yang disebabkan oleh pelanggan yang menyalahgunakan ruang toko dan menyebabkan ketidaknyamanan bagi orang lain. Pada Bulan Agustus, perusahaan mulai melarang pelanggan menggunakan kafenya sebagai “kantor” pribadi dengan membawa barang-barang seperti komputer desktop, printer dan kabel ekstensi.

    Perilaku bermasalah ini sebagian bermula dari filosofi operasional Starbucks Korea, yang secara tradisional mendorong pelanggan untuk menggunakan tokonya dengan bebas.

    Sebelumnya, Starbucks mengizinkan makanan dan minuman dari luar selama baunya “dapat ditoleransi.” Perusahaan bahkan mempromosikan kafenya sebagai “ruang ketiga” — tempat selain rumah dan tempat kerja — yang dirancang agar nyaman dan mudah diakses.

    “Kami tetap berpegang pada tujuan kami untuk menjadi ‘ruang ketiga’ bagi pelanggan kami,” kata pejabat tersebut.

    “Larangan terbaru kami hanya bertujuan untuk memperjelas aturan dan membuat toko kami lebih nyaman bagi semua orang,” tandasnya.

  • Dharma Jaya Genjot Transformasi Bisnis, Bidik Logistik hingga Produk Olahan Daging

    Dharma Jaya Genjot Transformasi Bisnis, Bidik Logistik hingga Produk Olahan Daging

    Bisnis.com, JAKARTA — PT Dharma Jaya bersiap melakukan transformasi bisnis dalam waktu dekat, mulai dari penguatan lini logistik melalui pembangunan cold storage, pengembangan produk olahan daging, hingga peningkatan kapasitas penggemukan sapi.

    Direktur Utama Dharma Jaya Raditya Endra Budiman menuturkan bahwa langkah transformasi ini dilakukan sebagai bagian dari strategi diversifikasi usaha guna memperkuat posisi perusahaan di sektor pangan dan distribusi.

    “Transformasi bisnis kami dalam waktu dekat, kami memulai Dharma Jaya itu menjadi suatu perusahaan yang kita punya divisi baru namanya logistik kan, kami mau bangun cold storage. Nah itu nanti ke depannya kita akan berdiversifikasi untuk menambah usaha untuk logistik,” kata Raditya saat ditemui seusai kunjungan media ke Wisma Bisnis Indonesia, Jakarta, Kamis (16/10/2025).

    Selain fokus pada infrastruktur logistik, Raditya menuturkan bahwa Dharma Jaya juga tengah menyiapkan lini produk turunan dari daging, seperti bakso dan nugget, yang ditargetkan mulai diproduksi dalam waktu dekat.

    Di samping itu, perusahaan juga akan memperluas sektor peternakan dengan menggarap usaha sapi perah dan meningkatkan kapasitas penggemukan sapi.

    “Produk turunan seperti bakso dan nugget, lalu sapi perah, sapi perah Insya Allah tahun depan kita akan melaksanakan. Terus, penggemukan sapi juga dengan kita tambah tahun ini kita dapat 5.000 [ekor], Insya Allah tahun depan bisa kita tingkatkan antara 7.500–10.000 ekor,” jelasnya.

    Lebih lanjut, Raditya menambahkan bahwa Dharma Jaya juga berperan dalam mendukung ekosistem pangan melalui program Koperasi Desa/Kelurahan (KopDes/Kel) Merah Putih dengan menjadi pemasok utama bahan pangan hewani seperti daging, ayam, dan ikan.

    “Keterlibatan kami men-supply bahan baku untuk koperasi [KopDes/Kel Merah Putih], memasok hewani, daging, ayam dan juga ikan,” imbuhnya.

    Hingga saat ini, Raditya menyampaikan bahwa Dharma Jaya baru memasok bahan baku untuk dua KopDes/Kel Merah Putih, yakni di Melawai dan di sekitar Pasar Cipinang. Namun ke depan, dia menuturkan bahwa pihaknya akan menambah ke lokasi lain untuk memasok bahan pangan ke KopDes Merah Putih.

    Kinerja Membaik

    Dalam hal kinerja keuangan, Dharma Jaya membukukan peningkatan penjualan segmen B2B2C sebesar 191,9% pada kuartal II/2025 daripada periode yang sama 2024. 

    Direktur Bisnis Dharma Jaya Irwan Nusyirwan mengatakan perusahaan terus melakukan transformasi dan terobosan untuk meningkatkan kinerja.

    Dharma Jaya yang merupakan Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) itu juga tak memungkiri pandemi Covid-19 sempat menghantam kinerja perusahaan pada 2021–2022.

    “Performanya memang sedikit terganggu ketika Covid-19, memang Covid semua lini vital terdampak. Tetapi semenjak tahun 2022–2023 itu ada lonjakan dan letupan yang mana penjualannya bagus,” ujar Irwan.

    Namun, pada 2023, perusahaan mengalami perbaikan kinerja. Satu tahun berikutnya, perusahaan mengalami penurunan laba seiring dengan transformasi yang tengah dijalankan dan kenaikan beberapa bahan baku impor.

    Kemudian pada 2024–2025, Dharma Jaya mencatatkan pertumbuhan laba, termasuk dengan kembali menggerakkan importasi sapi.

    “[Kinerja pada kuartal II] 2025 hampir ada peningkatan 200% di B2B2C. Banyak program yang sifatnya bukan baru tetapi sudah lama dilakukan,” bebernya.

    Data perusahaan menunjukkan, pendapatan telah mencapai 63% sampai dengan Agustus 2025. Adapun, laba bersih perusahaan sudah mencapai 71% dari target rencana kerja dan anggaran (RKA) 2025.

  • Ini Cara Geng Mulyono Ngembat Duit Kereta Cepat

    Ini Cara Geng Mulyono Ngembat Duit Kereta Cepat

    Oleh M Rizal Fadillah | Pemerhati Politik dan Kebangsaan

    GENG Solo eh geng Mulyono mulai panik atas kebijakan keuangan sang Menteri. Kereta cepat dihambat. Membayar hutang Whoosh tidak boleh menggunakan APBN. B to B tawaran Jepang ternyata dipilih China yang bergeser B to G. Kini dibuat kalang-kabut karena harus kembali menjadi B to B sebagaimana konsep awal. Tapi B atau G banci juga, soalnya saat ini BPI Danantara yang harus menangani.

    Setelah Purbaya menyebut tidak gunakan dana APBN maka Luhut sang kreator dan motor KA Cepat Whoosh mencak-mencak “Siapa yang minta APBN ?”, ketusnya. Rupanya soal APBN itu lemparan atau usul Rosan Roeslani CEO Danantara. Akhirnya semua setuju Danantara yang menanggulangi. Toh dana BUMN terhimpun di dalamnya. Hutang Whoosh ke China fantastis mencapai 116 trilyun rupiah.

    Menurut analis kebijakan publik Agus Pambagio proyek kerjasama Whoosh dengan skim hutang ke China adalah ide dari Jokowi. Ekonom Anthoni Budiawan menyatakan  proyek ini terindikasi mark up berlipat. Beban berat Whoosh dapat berakibat pailit dan ini berarti berpeluang untuk diambil alih atau dalam kendali penuh China. Jokowi sebagai pihak yang memaksakan harus bertanggungjawab. Diduga kuat Jokowi adalah bagian dari penikmat dana mark up.

    Luhut sang kreator, motor, dan ambassador proyek China menganggap enteng masalah. Baginya hanya persoalan restrukturisasi hutang dengan China Development Bank (CDB). Ia minta segera turunkan Keppres untuk tim juru runding. Menurutnya pihak China telah bersedia. Luhut dan Jokowi merupakan Duo Whoosh. Jika proyek ini bangkrut mereka berdua harus bertanggungjawab secara hukum.

    Mengingat terindikasi mark up, maka ruang  korupsi sangat terbuka. BPK harus berhitung, PPATK mengusut aliran dana, dan KPK tidak boleh menutup mata. Harus mulai bergerak. Terlalu banyak pintu korupsi Jokowi baik dari 200 proyek PSN, BTS Kemenkominfo, dana haji Kemenag, proyek-proyek Kemendikbud, Bansos, pelepasan aset 6 Jt Ha hutan Kemenhut, izin tambang, IKN, Blok Medan,  proyek infrastruktur, dana Covid, dan lainnya. Kini diramaikan KCIC Whoosh.

    Jokowi Presiden korup, tukang bohong, jago pencitraan, ijazah palsu, dan banyak kenistaan lainnya jelas merupakan figur buruk bangsa. Memilukan dan memalukan.

    Ironinya ternyata sekelas UGM sang Rektor Ova Emilia masih memuji-muji sebagai alumni yang menjadi kebanggaan Fakultas Kehutanan UGM. Figur bobrok kok dibanggakan ?

    Bersama kasus-kasus lain Whoosh yang faktanya menjadi beban keuangan negara akan menyeret Jokowi dan geng nya ke tempat sampah. Siapa menanam akan menuai. Jokowi sudah sangat layak untuk dipenjara. Sumpek Indonesia atas keberadaannya.

    Whoosh..owhoosh..owhoosh..bablas Jokowine.

    Bandung, 18 Oktober 2025.

  • Musim Influenza, Wamenkes Imbau Masyarakat Kenakan Masker
                
                    
                        
                            Nasional
                        
                        17 Oktober 2025

    Musim Influenza, Wamenkes Imbau Masyarakat Kenakan Masker Nasional 17 Oktober 2025

    Musim Influenza, Wamenkes Imbau Masyarakat Kenakan Masker
    Tim Redaksi
    JAKARTA, KOMPAS.com
    – Wakil Menteri Kesehatan (Wamenkes) Benjamin Octavianus mengimbau masyarakat untuk mengenakan masker saat musim virus influenza pada masa pancaroba seperti saat ini.
    “Makanya selalu flu tuh munculnya di pergantian kayak sekarang September, Oktober pasti banyak orang flu nih. Nanti Desember agak reda. Nanti Maret, April banyak lagi orang flu. Jadi flu seperti itu,” kata Benjamin di Kantor Kemenkes, Jakarta Selatan, Jumat (17/10/2025).
    Masker dapat melindungi saluran pernapasan dari masuknya virus, sehingga meminimalisir peluang tubuh jatuh sakit.
    “Jadi bagaimana penanganannya? Ya pada saat musim flu ya seperti di Jepang. Sudah ngerti dong, kalau musim lagi jelek itu ya pakai masker. Itu satu-satunya pengaman kita pakai masker,” tuturnya.
    Ia mengingatkan, flu selalu menyerang orang yang daya tubuhnya rendah. Karena itu, penting untuk menjaga daya tahan tubuh.
    “Jadi ingat flu tuh selalu menyerang sama orang yang rentan yang daya tubuhnya rendah. Jadi setiap orang sakit itu terjadi karena dia kalah perang. Mau sakit TBC juga sama. Karena imunnya kalah perang,” ucapnya.
    Sebagai dokter spesialis paru, Benjamin mengatakan bahwa flu termasuk masalah dunia yang bisa tiba-tiba muncul seperti kasus virus flu burung atau H5N1.
    “Jadi yang paling berbahaya bahwa tiba-tiba muncul, karena saya ahli paru kan, dulu muncul H5N1 satu, kita pusing dari burung, dari unggas. Datang lagi yang Covid-19. Jadi bisa saja tahun-tahun depan ada lagi flu yang seperti ini,” jelasnya.
    Benjamin menegaskan, penyakit flu erat kaitannya dengan daya tubuh.
    Memakai masker menjadi salah satu pencegah penularan.
    “Maka sebaiknya pakai masker di musim flu sudah tahu. Nah dan teman-teman juga kita mengedukasi masyarakat. Kalau ada flu tolong jangan ke kantor, bisa nularin itu jarak dekat,” katanya.
    Copyright 2008 – 2025 PT. Kompas Cyber Media (Kompas Gramedia Digital Group). All Rights Reserved.