kab/kota: Yogyakarta

  • 1,4 Juta Tiket KA Lebaran Ludes, Surabaya dan Jatim Rute Favorit

    1,4 Juta Tiket KA Lebaran Ludes, Surabaya dan Jatim Rute Favorit

    Surabaya (beritajatim.com)– Tiket Kereta Api (KA) angkutan Lebaran 2024 telah ludes terjual sebanyak 1,4 juta. Meski demikian PT KAI masih membuka penjualan tiket KA angkutan Lebaran untuk memenuhi kebutuhan mudik.

    Sementara itu dari sekian banyak rute perjalanan, rute favorit yang paling banyak dipesan adalah rute tujuan Surabaya dan daerah kawasan Jawa Timur (Jatim).

    VP Public Relations PT KAI, Joni Martinus dalam siaran pers Minggu (17/3/2024) menuturkan PT KAI menyampaikan tiket kereta jarak menengah/jarak jauh periode Angkutan Lebaran 2024 sudah terjual sebanyak 1.457.452 lembar. Angka tersebut tercatat hingga Sabtu (16/3/2024).

    “Artinya okupansi penjualan tiket KA sudah mencapai 45 persen dari total tempat duduk yang disediakan sebanyak 3.209.991,” jelasnya.

    Meski demikian penjualan tiket KA angkutan lebaran ini masih akan terus meningkart karena penjualan masih terus berlangsung.

    “Jumlah tiket yang terjual ini akan terus meningkat karena penjualan masih berlangsung,” ujar Joni Martinus dalam keterangannya.

    Lebih lanjut Joni menjelaskan, tiket yang sudah terjual itu merupakan tiket periode H-10 Lebaran atau 31 Maret 2024 hingga H+10 Lebaran atau 21 April 2024.

    Berdasarkan hasil pemantauan PT KAI ada 10 KA tujuan favorit untuk KA periode angkutan Lebaran. Dari 10 ini rata rata rute favorit yang dituju adalah tujuan Surabaya (Gubeng dan Pasarturi)dan kawasan Jatim seperti Blitar, Ketapang (Banyuwangi) dan Jember. Sementara daerah lain rute favorit ada tujuan Purwosari (Solo) dan Lempuyangan (Yogyakarta).

    Dia menambahkan, ada sejumlah rute favorit perjalanan kereta api (KA) jarak menengah/jarak jauh untuk periode Angkutan Lebaran di antaranya:

    – KA Airlangga relasi Pasar Senen-Surabaya Pasar Turi (PP)

    – KA Logawa relasi Purwokerto-Jember (PP).

    – KA Sri Tanjung relasi Lempuyangan-Ketapang (PP)

    – KA Kahuripan relasi Kiaracondong-Blitar (PP)

    – KA Pasundan relasi Kiaracondong-Surabaya Gubeng (PP)

    – KA Matarmaja relasi Pasarsenen-Malang (PP)

    – KA Kertajaya relasi Pasar Senen-Surabaya Pasarturi (PP)

    – KA Jayakarta relasi Pasar Senen-Surabaya Gubeng (PP)

    – KA Progo relasi Pasar Senen-Lempuyangan (PP)

    – KA Bengawan relasi Pasar Senen-Purwosari (PP)

    [aje]

  • Banjir Semarang, KA Pandalungan dan Blambangan Alami Sedikit Perubahan

    Banjir Semarang, KA Pandalungan dan Blambangan Alami Sedikit Perubahan

    Jember (beritajatim.com) – Gara-gara banjir di Semarang, Jawa Tengah, Kereta Api Pandalungan dan Blambangan yang berangkat dari Jember dan Banyuwangi mengalami sedikit perubahan.

    KA Pandalungan berangkat pada pukul 14.55 WIB dari stasiun Jember menuju Stasiun Gambir, Jakarta. Sementara KA Blambangan Ekspres diberangkatkan tepat pukul 19.35 WIB dari Stasiun Ketapang, Banyuwangi.

    Mengurangi dampak kelambatan, PT Kereta Api Indonesia Daerah Operasi 9 merekayasa pola operasi. “Kami menggunakan rangkaian darurat,” kata Manager Hukum dan Humasda KAI Daop 9 Jember, Cahyo Widiantoro, Kamis (14/3/2024).

    KA Pandalungan berangkat dari Stasiun Jember dengan menggunakan rangkaian 6 kereta kelas eksekutif. Dua kereta kelas eksekutif akan ditambahkan di Stasiun Surabaya Pasar Turi. Dengan demikian, KA Pandalungan membawa 8 kereta kelas eksekutif sebagaimana biasanya.

    Cahyo mengatakan, dari data manifes sebanyak 86 penumpang KA Pandalungan naik dari wilayah Daop 9 diantaranya dari Stasiun Jember, Stasiun Tanggul, Stasiun Klakah dan Stasiun Probolinggo. Mereka akan melewati rute Purwokerto, Yogyakarta, dan Solo.

    Sementara itu, KA Blambangan Ekspres tak lagi memgakhiri perjalanan di Stasiun Semarang Tawang Bank Jateng. “Keberangkatan hari ini KA Blambangan Ekspres akan berakhir di Stasiun Alastua, atau satu stasiun sebelum tujuan akhir,” kata Cahyo.

    KA Blambangan Ekspres berangkat dari Stasiun Ketapang dengan rangkaian satu kereta kelas eksekutif dan tiga kereta kelas ekonomi. Pergantian dan penambahan kereta kelas eksekutif akan dilakukan di Jember, sehingga berangkat dengan membawa empat kereta kelas eksekutif dan tiga kereta kelas ekonomi sebagaimana formasi semula. [wir]

  • Banjir di Semarang Bikin KA Pandalungan Telat Masuk Stasiun Jember 6 Jam

    Banjir di Semarang Bikin KA Pandalungan Telat Masuk Stasiun Jember 6 Jam

    Jember (beritajatim.com) – Banjir di beberapa titik di Petak Jalan Semarang Tawang Bank Jateng – Alastua yang masuk wilayah PT Kereta Api Indonesia Daerah Operasional 4 Semarang, Jawa Tengah, menyebabkan Kereta Api Pandalungan relasi Gambir-Jember telat masuk ke Stasiun Jember, Jawa Timur, Kamis (14/3/2024).

    Ketinggian air mencapai 10 centimeter merendam bagian rel paling atas. “Demi keamanan dan keselamatan perjalanan, beberapa KA mengalami perubahan pola operasi yang seharusnya melewati lokasi banjir harus diputar perjalanannya,” kata Manager Hukum dan Humas KAI Daop 9 Jember, Cahyo Widiantoro, dalam siaran persnya.

    KA Pandalungan yang berangkat dari Stasiun Gambir, Jakarta, akhirnya harus memutar lewat Tegal, Prupuk, Purwokerto, Yogyakarta, Solo, Gambringan dan Surabaya. Perubahan pola operasi ini berdampak pada jadwal kedatangan KA Pandalungan di wilayah Daop 9 Jember.

    KA Pandalungan mengalami keterlambatan kurang lebih enam jam. KA Pandalungan yang mengangkut 127 penumpang diperkirakan tiba di Stasiun Jember pada pukul 16.45 WIB. “Atas keterlambatan tersebut KAI telah memberikan kompensasi service recovery berupa minuman dan makanan kepada para penumpang KA Pandalungan sesuai dengan aturan yang berlaku,” kata Cahyo.

    “Bagi pelanggan KA Pandalungan yang perjalanan kereta apinya terdampak kelambatan tersebut dan tidak berkenan berangkat, dapat membatalkan tiket perjalanannya di Loket stasiun dan bea akan di kembalikan 100 persen di luar bea pesan,” kata Cahyo.

    Menurut Cahyo, pembatalan dapat dilakukan hingga tujuh hari setelah jadwal keberangkatan yang tertera pada tiket. “Kami menyampaikan permohonan maaf atas terjadinya penundaan kedatangan KA Pandalungan di Stasiun Jember,” katanya. Tim KAI berupaya secara maksimal agar banjir dapat segera diatasi dan perjalanan KA dapat normal kembali. [wir]

  • Suara.com dan IMS Luncurkan Local Media Community

    Suara.com dan IMS Luncurkan Local Media Community

    Jakarta (beritajatim.com) – Suara.com bersama International Media Support (IMS) Indonesia meluncurkan Local Media Community (LMC) dengan laman resmi LocalMediaCommunity.com. LMC merupakan wadah memajukan media lokal dengan skala kecil di Indonesia dengan berbagai program penunjang.

    CEO PT Arkadia Digital Media Tbk, Suwarjono dan Program Manager IMS Indonesia, Eva Danayanti, meluncurkan program ini bertepatan dengan perayaan Hari Ulang Tahun ke-10 Suara.com di Jakarta, Rabu (13/3/2024).

    “Ini adalah salah satu tools yang kita gunakan untuk membangun jaringan dengan media-media lokal di Indonesia, yang sebetulnya kami buat konsepnya adalah komunitas,” ujar Pemimpin Redaksi Suara.com, Suwarjono.

    Suwarjono menjelaskan konsep komunitas dipilih mengingat sifat wadah ini yang sangat cair. Media-media lokal dapat memanfaatkan forum ini untuk meng-update isu yang menjadi tantangan saat ini.

    LocalMediaCommunity.com tidak berisi penjelasan berbagai program dan aktivitasnya namun juga memiliki beberapa bagian berisi informasi (News) seperti terkait isu media, info peluang bisa dimanfaatkan media lokal. Ada pula bagian Story yang memuat update yang dibagikan oleh para pengelola media lokal anggota komunitas ini.

    Program Manajer IMS Indonesia, Eva Danayanti menjelaskan berbagi update menjadi salah satu fokus dalam LMC. Hal ini diharapkan bisa menjadi bahan pembelajaran bagi media-media lokal maju bersama.

    “Ada semacam pembelajaran bersama dari berbagai pengalaman. Karena kita tahu, teman-teman (tentu) punya pengalaman masing-masing yang cukup menarik, dan jika saling berbagi tentu akan saling membantu,” kata dia.

    Program Manager IMS (International Media Support) untuk Indonesia, Eva Danayanti, saat menyampaikan sepatah kata dalam sesi acara launching Local Media Community di sela-sela momen perayaan HUT ke-10 Suara.com di Jakarta, Rabu (13/3/2024). [Suara.com/Alfian Winanto]Salah satu program utama LMC adalah event tahunan Local Media Summit (LMS), yang sejauh ini sudah digelar dua kali (2022 dan 2023) dan mendapat sambutan sangat positif, serta siap kembali digelar tahun ini.

    Selain Local Media Summit, program utama LMC lainnya adalah Startup for Media Startup (SMS) yang merupakan program berkelanjutan bagi media lokal dan skala kecil di Indonesia melalui beragam aktivitas termasuk workshop, coaching, mentoring, pembagian modul-modul panduan dan sebagainya; juga ada Women Media Startup yang adalah program spesifik bagi media lokal atau berskala kecil yang berfokus pada dunia perempuan atau mengedepankan pengelola perempuan.

    Selain itu, ada juga program Media Innovation Grant (Dana Hibah Inovasi Media). Khusus program pendanaan ini, saat ini kebetulan sedang ada proses yang berjalan untuk dana hibah yang disponsori European Union (EU) atau Uni Eropa, yang tepatnya sedang memasuki fase penerimaan proposal dari sejumlah media yang pada 7-8 Maret 2024 lalu baru saja mengikuti kegiatan Advanced Training on the Media Business Viability di Yogyakarta.

    Secara keseluruhan di lingkup Local Media Community, saat ini tercatat sudah terdata lebih dari 200 media lokal dan skala kecil yang telah terlibat dalam berbagai program. Diwakili oleh para pengelola media masing-masing, mereka terutama berasal dari dua kali kegiatan Local Media Summit yang telah berlangsung, dari event Jatim Media Summit 2023, serta dari berbagai workshop dan training yang sudah berjalan.

    Ilustrasi. Keberadaan program Media Innovation Grant, salah satu program yang dihadirkan Suara.com bersama International Media Support (IMS) dan saat ini mendapat dukungan dari European Union (EU), yang bisa dipantau dan diakses dari website LocalMediaCommunity.com. [Suara.com]Adapun peluncuran kali ini, selain memperkenalkan secara lebih luas keberadaan komunitasnya atau Local Media Community dan program-programnya itu sendiri, terutama juga mengenalkan kehadiran website LocalMediaCommunity.com sebagai pusat informasi sekaligus interaksi dari berbagai program dan aktivitas tersebut. Situs yang tampil dwi-bahasa (versi Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris) ini menyediakan fitur Registrasi dan Login bagi anggotanya yaitu para pengelola media lokal dan skala kecil se-Indonesia.

    Sehubungan dengan peluncuran kali ini, fitur Registrasi dan Login bagi para anggota Local Media Community pun resmi dibuka serta telah bisa diakses di website LocalMediaCommunity.com. Lantas, siapa saja yang bisa mendaftar? Sebagaimana dijelaskan di bagian FAQ-nya, pada dasarnya semua media lokal, khususnya media berskala kecil di Indonesia, bisa bergabung dalam wadah komunitas ini.

    Seperti dituliskan pada FAQ pula, secara lebih spesifik, salah satu syarat utama yaitu organisasi yang dibawa merupakan media yang eksis dan rutin melakukan publikasi, dikelola secara serius, serta memang berkeinginan untuk maju. Lalu bersedia saling berbagi pengalaman dan pengetahuan untuk saling membantu, agar bisa berkembang bersama-sama demi kemajuan media lokal di Indonesia. [beq]

  • UGM Serukan “Kampus Menggugat”, Tegakkan Etika, Konstitusi dan Perkuat Demokrasi

    UGM Serukan “Kampus Menggugat”, Tegakkan Etika, Konstitusi dan Perkuat Demokrasi

    Yogyakarta (beritajatim.com)– Segenap civitas akademika Universitas Gadjah Mada (UGM) membuat gerakan ‘Kampus Menggugat”. Gerakan ini sekaligus sebagai seruan berupa ‘Tegakkan Etika dan Konstitusi serta Perkuat Demokrasi.

    Seruan dan gerakan ini berlatarbelakang atas keprihatinan segenap civitas akademika atas demokrasi dan konstitusi di Indonesia yang terkoyak selama 5 tahun terakhir ini.

    Dalam gerakan yang dibacakan Selasa (12/3/2024) sore di Balairung UGM, Guru Besar Fisipol UGM Prof Wahyudi Kumorotomo menyampaikan tiga hal utama dan penting dalam gerakan moral Kampus Menggugat.

    Pertama, universitas sebagai benteng etika menjadi lembaga ilmiah independen yang memiliki kebebasan akademik penuh untuk mengembangkan ilmu pengetahuan dan menyuarakan kebenaran berbasis fakta, nalar, dan penelitian ilmiah.

    Kedua, segenap elemen masyarakat sipil terus kritis terhadap jalannya pemerintahan dan tak henti memperjuangkan kepentingan rakyat banyak. Ormas sosial keagamaan, pers, NGO, CSO, tidak terkooptasi, apalagi menjadi kepanjangan tangan pemerintah.

    Ketiga, para pemegang kekuasaan eksekutif, legislatif dan yudikatif diminta memegang teguh prinsip-prinsip demokrasi secara substansial dan menjunjung tinggi amanah konstitusi dalam menjalankan kekuasaan demi mewujudkan cita-cita proklamasi dan janji reformasi. Politik dinasti tak boleh diberi ruang dalam sistem demokrasi.

    “Menegakkan supremasi hukum dan memberantas segala macam bentuk korupsi, kolusi, dan nepotisme (KKN) tanpa mentolerir pelanggaran hukum, etika dan moral dalam penyelenggaraan kehidupan berbangsa dan bernegara,” ucapnya.

    Selanjutnya, secara serius mewujudkan keadilan ekonomi dan sosial bagi semua warga dan tak membiarkan negara dibajak oleh para oligark dan para politisi oportunis yang terus mengeruk keuntungan melalui kebijakan-kebijakan yang merugikan rakyat pada umumnya.

    Ia juga menegaskan sebagai akademisi yang memahami hak dan tanggungjawab konstitusional, kami mengetuk nurani segenap elemen masyarakat untuk bersinergi membangun kembali etika dan norma yang terkoyak dan mengembalikan marwah konstitusi yang dilanggar.

    Sementara pernyataan yang dibacakan oleh Prof Budi Setiadi Daryono, disebutkan bahwa universitas adalah benteng etika dan akademisi adalah insan ilmu pengetahuan yang bertanggungjawab untuk mencerdaskan kehidupan bangsa, menjaga keadaban (civility), dan mewujudkan keadilan dan kesejahteraan.

    “Pelanggaran etika dan konstitusi meningkat drastis menjelang Pemilu 2024 dan memperburuk kualitas kelembagaan formal maupun informal. Kemunduran kualitas kelembagaan ini menciptakan kendala pembangunan bagi siapapun presiden Indonesia 2024-2029 dan selanjutnya. Konsekuensinya, kita semakin sulit untuk mewujudkan cita-cita Indonesia emas 2045, yang membayang justru adalah Indonesia cemas,” katanya.

    Konstitusi, lanjutnya, memberikan amanah eksplisit kepada semua warga negara Indonesia, untuk mencerdaskan kehidupan bangsa, membangun peradaban, menjaga keberlanjutan pembangunan, menjaga lingkungan hidup, dan menegakkan demokrasi.

    Sementara, akademisi menjalankan tugas konstitusi mencerdaskan kehidupan bangsa dan membangun peradaban melalui Tri Dharma Perguruan Tinggi. Tugas ini, menurutnya, hanya dapat dilakukan ketika etika dan kebebasan mimbar ditegakkan.

    “Pelanggaran etika bernegara oleh para elit politik, akan mudah dicontoh oleh berbagai elemen masyarakat. Hal ini mengancam kelangsungan berbangsa dan bernegara, dan menjauhkan Indonesia sebagai negara hukum,” tegasnya.

    Sejumlah civitas akademika dan guru besar UGM hadir dalam acara ini seperti Prof Koentjoro, Prof Wahyudi Kumorotomo, Prof Budi Setiadi Daryono, Prof Sigit Riyanto Zaenal Arifin Mochtar serta Wakil Rektor III UGM Arie Sujito.

    Tak hanya dari UGM saja hadir pula dari perwakilan perguruan tinggi lain di Yogyakarta seperti Rektor Universitas Islam Indonesia (UII), Prof Fathul Wahid, Universiras Widya Mataram, Prof Edy Suandy, Ketua PP Muhammadiyah Bidang Hukum dan HAM Busyro Muqoddas serta sejumlah budayawan dan aktivis kampus. [aje]

  • Berikut KA Tambahan Lebaran yang Melintas di Daop 7 Madiun 

    Berikut KA Tambahan Lebaran yang Melintas di Daop 7 Madiun 

    Madiun (beritajatim.com) – Sejumlah kereta api (KA) tambahan rencananya melintas di Daop 7 Madiun untuk melayani mudik lebaran 2024. Perjalanan KA tambahan yang melintasi Daop 7 Madiun khusus memenuhi kebutuhan dan antisipasi lonjakan penumpang untuk mudik lebaran.

    Beberapa KA di antaranya KA Gajayana Tambahan relasi Malang-Gambir PP, KA Pasundan Tambahan relasi Surabaya Gubeng-Kiaracondong PP, KA Malioboro Ekspres relasi Malang Purwokerto PP, Sancaka relasi Yogyakarta – Surabaya Gubeng, yang singgah di Stasiun Madiun, Nganjuk, Kertosono, Kediri, Tulungagung, dan Jombang.

    Berdasarkan pantauan data pemesanan tiket KA reguler keberangkatan Daop 7 Madiun, pada Kamis (7/3) pkl 12.00 WIB untuk keberangkatan KA Jarak Jauh yang terjual pada periode H-10 (31 Maret) s.d H10 (21 April)  sebanyak 41.525 tiket atau 61 % dari total tiket yang disediakan sebanyak 67.980 tiket pada periode tersebut. Dari jumlah tiket yang terjual tersebut sebanyak 24.536 berangkat dari wilayah Daop 7 Madiun.

    Salah satunya, Kereta api Brantas Tambahan akan beroperasi dari tanggal 31 Maret 2024 – 21 April 2024. Adanya KA ini menambah kapasitas tempat duduk kereta api keberangkatan dari Daop 7 Madiun selama periode angkutan lebaran tahun 2024, dari 2.516 tempat duduk per hari menjadi 3.090 tempat duduk per hari.

    Manager Humas, Kuswardojo mengatakan, untuk area Daop 7 Madiun dijalankan Kereta api Brantas Tambahan (kelas bisnis dan ekonomi) relasi Blitar – Pasarsenen dengan kapasitas 256 tempat duduk kelas bisnis dan 318 kelas ekonomi.

    “Untuk memenuhi kebutuhan pengguna jasa PT Kereta Api Indonesia (Persero), terhitung mulai 6 Maret 2023, KAI telah membuka pemesanan tiket kereta api tambahan Lebaran yang dapat dipesan melalui aplikasi Access by KAI, web kai.id, dan seluruh channel penjualan online resmi lainnya. Adapun loket di stasiun hanya melayani penjualan tiket go show mulai 3 jam sebelum jadwal keberangkatan kereta api,” kata Kuswardojo, Selasa (12/03/2024)

    “KAI menambah beberapa perjalanan di berbagai rute dan kelas untuk mengakomodir tingginya minat masyarakat menggunakan kereta api pada momen Lebaran. Hadirnya KA-KA Tambahan ini menunjukkan kesiapan KAI dalam menyediakan sarana transportasi bagi pelanggan yang ingin melakukan perjalanan di masa Lebaran, serta mewujudkan komitmen KAI untuk melayani masyarakat dengan sebaik-baiknya,” tambahnya.

    Dia menerangkan ada beberapa KA-KA favorit untuk periode Angkutan Lebaran yakni kali ini dari Daop 7 antara lain KA Kahuripan relasi Kiaracondong – Blitar (PP), KA Brantas relasi Pasarsenen – Blitar (PP).

    Selain itu kemenhub tahun ini juga membuka layanan angkutan mudik motor gratis (motis) lintas Selatan dari Daop 7 Madiun dengan relasi Madiun – Kiaracondong – Jakarta Gudang. Masyarakat sudah dapat melakukan pendaftaran untuk mengikuti program MOTIS 2024 mulai 4 Maret hingga 18 April 2024 melalui laman mudikgratis.dephub.go.id.

    Kedepan, KAI akan membuka KA-KA Tambahan Lebaran lainnya secara bertahap. Untuk informasi lebih lanjut terkait KA Tambahan dan penjualan tiket pada masa Angkutan Lebaran, masyarakat dapat menghubungi Customer Service di stasiun serta Contact Center KAI melalui telepon di 121, WhatsApp 08111-2111-121, email [email protected], atau media sosial KAI121. [fiq/aje]

  • Teleskop Makin Canggih, Ramadan dan Lebaran Kok Masih Sering Beda?

    Teleskop Makin Canggih, Ramadan dan Lebaran Kok Masih Sering Beda?

    Jakarta

    Kemampuan teleskop dan berbagai teknologi peneropongan astronomi sudah makin canggih dan valid. Namun terkait dengan penentuan awal Ramadan dan Syawal, masih kerap terjadi perbedaan.

    “Terkait dengan peran teknologi menyatukan perbedaan (penentuan awal Ramadan) ya, jadi perlu dipahami, fungsi teleskop itu adalah mengumpulkan cahaya. Dengan mengumpulkan cahaya, maka objek yang redup bisa lebih jelas lagi. Tapi problem pada rukyatulhilal tidak sesederhana itu,” kata Peneliti Ahli Utama Pusat Riset Antariksa Badan Riset dan Inovasi National (BRIN) Prof Dr Thomas Djamaluddin, menjawab pertanyaan media dalam diskusi ‘Kriteria Baru MABIMS dalam Penentuan Awal Ramadan’ di Gedung BJ Habibie, Jakarta Pusat, Jumat (8/3/2024).

    Pada rukyatulhilal, lanjut Prof. Djamal, cahaya hilal yang tipis memang diperkuat oleh teleskop. Namun cahaya syafaq atau cahaya senjanya juga diperkuat. “Menjadi persoalan pada rukyatulhilal adalah kontras antara cahaya hilal yang sangat tipis dengan gangguan cahaya syafaq yang masih cukup terang,” terangnya.

    Dijelaskan Prof. Djamal, itu sebabnya kemudian ada kriteria tinggi minimal dan jarak elongasi atau jarak pisah Bulan dan Matahari agar kontras antara hilal yang tipis dengan cahaya syafaq menjadi tinggi kontrasnya.

    “Jadi dengan elongasi yang besar hilalnya lebih tebal, dengan ketinggian minimal sekian derajat, itu cahaya syafaqnya sudah mulai meredup,” kata Prof Djamal.

    Rukyatulhilal Siang Hari

    Prof Djamal kemudian membahas teknologi rukyatulhilal di siang hari, terkait permasalahan ini. Ia menjelaskan, rukyat di siang hari pada prinsipnya adalah meningkatkan kontras karena cahaya biru bisa ditekan oleh filter inframerah sehingga cahaya hilalnya bisa ditingkatkan.

    “Tapi berbeda dengan pada saat sesudah Matahari terbenam, cahaya langit bukan biru, tapi agak kuning kemerahan sehingga tidak ada filter yang bisa digunakan untuk meningkatkan kontras saat maghrib dan Bulan sabit siang hari itu tidak dianggap sebagai hilal,” papar Prof Djamal.

    Diuraikan olehnya, jika Bulan sabit siang hari dianggap sebagai hilal, hal ini akan menimbulkan masalah dari segi fikih (hukum syariat Islam). Secara fikih Islam, dikatakan: berpuasa lah apabila melihat hilal dan berbuka lah apabila melihat hilal.

    “Kalau akhir Ramadan jam 2 siang ada orang melaporkan melihat hilal siang hari karena menggunakan filter inframerah, apakah kemudian berbuka jam 2 siang? Jadi hilal siang hari itu tidak bisa dijadikan dasar sebagai hilal penentu awal Bulan walaupun secara teknologi memungkinkan melihat Bulan sabit pada siang hari,” jelasnya.

    Teknologi Hisab dan Rukyat di Kemenag

    Di acara yang sama, Kasubdit Hisab Rukyat dan Pembinaan Syariah Kementerian Agama Ismail Fahmi, S.Ag menambahkan, Kementerian Agama melibatkan Observatorium Bosscha, Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) serta BRIN dalam pemanfaatan teknologi hisab dan rukyat untuk penentuan waktu ibadah umat Islam, terutama dalam menentukan awal Ramadan, Syawal, dan Dzulhijjah.

    “Kerja sama ini sudah dilaksanakan sejak lama. Terkait teknologi rukyatulhilal ini Kemenag punya alat-alat canggih jadi bukan sekadar omong doang. Ulamanya turun tangan, kaum sarungan pakai teleskop. Dulu rukyatnya cuma pakai mata, terus pakai bambu, pakai paralon, sekarang (teleskop) sudah seharga (mobil) Innova, Alphard,” jelasnya.

    Kemenag, disebutkan Ismail, sudah membangun beberapa observatorium untuk tempat merukyat antara lain di Aceh, Yogyakarta, Pelabuhan Ratu dan rencananya tahun ini akan ada di Merauke. Dari Sabang hingga Merauke, ada 134 titik pemantauan rukyat di Indonesia untuk tahun ini.

    Terkait masih adanya perbedaan, disebutkannya bahwa pemerintah mengupayakan ada satu sistem tunggal dan penggunaan teknologi yang makin canggih bisa mendukung ke arah itu. “Teknologinya sudah ada. Mudah-mudahan ini bisa makin meyakinkan dan mencerahkan umat,” sebut Ismail.

    “Sidang isbat adalah forum bersama musyawarah umat Islam dalam menentukan awal Ramadan, Syawal dan Dzulhijjah. Walaupun ada perbedaan, dan bahwa perbedaan itu adalah rahmat, tetapi kalau berbeda saja rahmat apalagi jika bisa bersatu,” tutupnya.

    (rns/rns)

  • Dua Tahun Tidur, KA Mutiara Timur Surabaya-Banyuwangi Melaju Kembali

    Dua Tahun Tidur, KA Mutiara Timur Surabaya-Banyuwangi Melaju Kembali

    Banyuwangi (beritajatim.com) – Salah satu kereta api tertua dan masuk jajaran legenda di Jawa Timur, Kereta Api (KA) Mutiara Timur akan kembali melaju. Ini menandai kembalinya kereta ini setelah dua tahun tertidur alias tidak beroperasi.

    KA Mutiara Timur resmi beroperasi pada 6 Maret 1972 atau tepat 52 tahun yang lalu. Saat itu, ada dua kelas pelayanan yang ditawarkan bagi pelanggannya yakni Bisnis dan Ekonomi dengan rute Banyuwangi – Surabaya PP.

    Akan tetapi, belakangan sekitar periode 2021 lalu, PT KAI meningkatkan layanan KA Mutiara Timur jadi Eksekutif dan Bisnis. Bahkan, saat itu rutenya pun diperpanjang hingga Yogyakarta.

    Tapi, kondisi berkata lain lantaran pandemi Covid-19 sehingga membuat peminat turun dan memaksa KA Mutiara Timur mengakhiri perjalanan. Tepatnya pada 31 Mei 2022, KA yang memiliki gerbong baru ini resmi berhenti di jalur relnya.

    “Setelah hampir 2 tahun berhenti beroperasi, KA Mutiara Timur yang merupakan salah satu kereta api tertua dan menjadi legenda bagi masyarakat di wilayah tapal kuda kembali beroperasi melayani masyarakat lintas Ketapang – Surabaya Pasar Turi PP,” ungkap Manager Hukum dan Humas KAI Daop 9 Jember Cahyo Widiantoro, Rabu (6/3/2024).

    Meski memutuskan akan melaju kembali, KA Mutiara Timur namun akan memulai dengan beberapa jadwal saja. Awal perjalanan rencananya dimulai 30 – 31 Maret dan 8 – 12 April 2024 mendatang.

    Keberangkatan akan dimulai dari Stasiun Ketapang, Banyuwangi menuju Stasiun Pasar Turi. Jadwal keberangkatan kereta dari Banyuwangi pada Pukul 21.45 WIB dan tiba di Surabaya 04.21 WIB.

    “Sebaliknya, keberangkatan Stasiun Surabaya Pasar Turi akan berjalan pada tanggal 31 Maret dan 9-13 April dengan jadwal Stasiun Surabaya Pasar Turi pukul 08.55 Wib dan tiba di Stasiun Ketapang pukul 15.45 WIB, ” pungkasnya. (rin/ted)

  • Bandara Bali Diprediksi Layani 241 Ribu Penumpang saat Libur Imlek

    Bandara Bali Diprediksi Layani 241 Ribu Penumpang saat Libur Imlek

    Denpasar, CNN Indonesia

    Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai, Bali memperkirakan jumlah penumpang pada masa libur panjang Isra Mikraj hingga Tahun Baru Imlek pada 8 – 11 Februari 2024 mencapai 241.133 penumpang atau rata-rata 60 ribu penumpang per hari.

    General Manager PT Angkasa Pura I Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai, Bali Handy Heryudhitiawan mengatakan angka naik 4 persen dibanding pergerakan penumpang pada pekan pertama Februari 2024 yakni rata-rata 57.853 penumpang per hari.

    Prediksi tersebut sesuai dengan karakteristik penumpang yang bepergian ke Bali untuk berlibur dan diperkirakan akan memanfaatkan hari libur nasional dan cuti bersama untuk berwisata ke Pulau Bali.

    “Kami memperkirakan akan terjadi peningkatan trafik penumpang pada momen libur panjang di pekan ini mengingat ada tanggal merah dan cuti bersama serta mungkin ada yang mengambil waktu cuti setelahnya. Sehingga, kami mengantisipasi peningkatan jumlah penumpang meskipun pada sepekan terakhir belum nampak terjadi lonjakan jumlah penumpang. Mungkin baru terlihat hari ini (Rabu) atau besok (Kamis),” kata dia, Rabu (7/2).

    Handy menyebutkan prediksi puncak kedatangan penumpang diperkirakan terjadi pada Jumat (9/2) dengan jumlah penumpang domestik sekitar 13.187 dan internasional sekitar 16.589 penumpang.

    Sementara itu, puncak keberangkatan setelah momen libur panjang selesai diperkirakan terjadi pada 11 Februari 2024 dengan perkiraan 16.244 penumpang domestik serta 19.380 penumpang internasional.

    Kemudian, selama momen libur pada tanggal 8 – 11 Februari 2024 ini, terdapat pengajuan penambahan penerbangan atau extra flight yaitu 18 rute keberangkatan dan 19 rute kedatangan, masing-masing adalah rute domestik yaitu Jakarta, Makassar, Surabaya, Lombok, Banjarmasin, Yogyakarta, Solo dan Tambolaka.

    Adapun data maskapai yang mengajukan rute extra flight hingga saat ini adalah Garuda Indonesia, Citilink Indonesia, Lion Air, Super Air Jet, Indonesia Air Asia dan Nam Air.

    “Pengajuan penerbangan tambahan tersebut turut menjadi perhatian kami dengan lebih intensif memastikan operasional dapat berjalan baik, termasuk dari sisi pengaturan slot penerbangan, keamanan, keselamatan, maupun kenyamanan para penumpang,” ujarnya.

    (kdf/sfr)

  • Pesanan Tiket KA Melesat 44 Persen Jelang Libur Panjang

    Pesanan Tiket KA Melesat 44 Persen Jelang Libur Panjang

    Jakarta, CNN Indonesia

    PT Kereta Api Indonesia (KAI) mencatat terjadi kenaikan pemesanan tiket kereta api (KA) pada keberangkatan Rabu (7/2) jelang libur panjang Isra Mi’raj dan cuti bersama Imlek.

    VP Public Relations KAI Joni Martinus mengatakan berdasarkan data per Rabu (7/2) pukul 08.00 WIB, penjualan tiket KA pada keberangkatan Rabu (7/2) tercatat sebanyak 145.355 penumpang. Jumlah tersebut meningkat 44 persen dibandingkan pada Rabu pekan sebelumnya, yakni sebanyak 100.640 penumpang.

    “Angka penjualan tiket ini akan terus meningkat karena penjualan masih berlangsung,” ujar dia kepada CNNIndonesia.com, Rabu (7/2).

    Joni menuturkan relasi favorit pada periode 6-11 Februari 2024 yaitu Jakarta-Surabaya pp, Jakarta-Solo pp, Yogyakarta-Banyuwangi pp, Surabaya-Banyuwangi-pp, Blitar-Bandung pp, dan sebagainya.

    Sementara Joni mengatakan tiket yang terjual pada keberangkatan periode 6-11 Februari 2024 sebanyak 680.542 tiket. Angka tersebut merupakan 79 persen dari total tiket yang dijual, yakni sebanyak 859.681 tiket.

    Angka penjualan tiket untuk periode ini juga akan terus meningkat lantaran penjualan masih berlangsung.

    KAI juga akan menambah 10 perjalanan KA jarak jauh yang akan beroperasi pada periode libur panjang tersebut. Joni mengatakan secara total KAI mengoperasikan sebanyak 1.085 kereta jarak jauh pada periode itu, atau rata-rata 217 perjalanan kereta jarak jauh per hari.

    Sementara pada pekan sebelumnya, yakni Rabu (31/1) hingga Minggu (4/2), total perjalanan ada sebanyak 1.075 kereta jarak jauh.

    Joni menjelaskan penambahan frekuensi perjalanan kereta tersebut ditujukan untuk mengantisipasi peningkatan volume pelanggan pada libur panjang akhir pekan di awal Februari 2024.

    “Peningkatan jumlah perjalanan KA ini merupakan bagian dari komitmen KAI untuk meningkatkan pelayanan kepada pelanggan, terutama pada masa high season seperti long weekend ini,” ujar Joni dalam keterangan tertulis, Senin (5/2).

    Kereta jarak jauh yang ditambah perjalanannya yakni empat perjalanan KA Manahan (Gambir-Solo Balapan pp), empat perjalanan KA Sancaka (Yogyakarta-Surabaya Gubeng pp), dan dua perjalanan KA Kaligung (Cirebon Prujakan-Semarang Poncol pp).

    (del/sfr)