kab/kota: Yogyakarta

  • Takjil dan Kesatuan Bangsa, dari Resistensi Kultural hingga Wujud

    Takjil dan Kesatuan Bangsa, dari Resistensi Kultural hingga Wujud

    Takjil, yang semula hanya dipahami sebagai sekadar hidangan ringan untuk berbuka puasa pada bulan Ramadan, ternyata menyimpan narasi mendalam tentang perjalanan kebangsaan Indonesia. Tradisi berbagi makanan ini tidak sekadar ritual kuliner, melainkan sebuah metafora sosial yang menggambarkan kompleksitas hubungan antarmanusia dalam bingkai keberagaman. Ia menjadi saksi bisu perjalanan panjang toleransi, mulai dari masa-masa kelam kolonial hingga era digital kontemporer.

    Setiap sajian takjil memiliki cerita tersendiri tentang resiliensi masyarakat Indonesia dalam mempertahankan kohesi sosial di tengah beragam tantangan. Di balik kemasan sederhana makanan berbuka ini, tersimpan kekuatan transformatif yang mampu menembus batas-batas primordial—baik suku, agama, ras, maupun antarkelompok sosial. Fenomena war takjil yang kini marak di media sosial adalah bukti nyata bagaimana tradisi kuno ini terus beradaptasi, menghadirkan ruang dialogis yang inklusif dan humanis.

    Artikel ini akan menelusuri metamorfosis takjil sebagai praktik sosial, mengungkap bagaimana sebuah tradisi sederhana mampu menjadi instrumen perekat kebangsaan. Melalui perspektif sejarah, antropologi, dan sosiologi, kita akan melihat bagaimana takjil tidak sekadar tentang makanan, melainkan tentang bagaimana sebuah bangsa yang majemuk terus menegosiasikan identitasnya melalui praktik berbagi yang bermakna. 

    Perjalanan panjang ini membuktikan bahwa toleransi bukanlah konsep abstrak, melainkan sesuatu yang dapat dirasakan, dibagi, dan diwariskan dari generasi ke generasi.

    Akar Sejarah Takjil dalam Konteks Sosial

    Secara etimologis, kata “takjil” berasal dari bahasa Arab “at-tajliyah” yang bermakna pemberian atau hidangan ringan untuk berbuka puasa. Praktik ini memiliki sejarah panjang yang jauh melampaui sekadar ritual makan, ia adalah representasi mendalam dari praktik sosial kemanusiaan yang telah berkembang selama berabad-abad. 

    Pada masa awal Islam, Rasulullah Muhammad SAW telah mencontohkan tradisi berbuka dengan kurma atau air, yang kemudian menjadi inspirasi bagi perkembangan konsep takjil di berbagai belahan dunia, termasuk Nusantara.

    Di Indonesia, praktik takjil tidak dapat dilepaskan dari konteks multikulturalisme yang menjadi karakteristik utama masyarakat Nusantara. Pada masa kerajaan Islam, seperti Kesultanan Yogyakarta dan Surakarta, tradisi berbagi makanan telah menjadi instrumen penting dalam menjaga kohesi sosial. Praktik “sego kucing” di Keraton Yogyakarta misalnya, menunjukkan bagaimana makanan tidak sekadar dimaknai sebagai kebutuhan fisik, melainkan juga sebagai medium komunikasi sosial yang melampaui batas-batas status, etnis, dan agama.

    Transformasi sosial takjil terus berlangsung sepanjang sejarah. Pada periode kolonial, praktik berbagi makanan ini menjadi bentuk resistensi kultural, di mana ruang-ruang berbagi makanan di masjid, pesantren, dan komunitas menjadi titik berkumpul untuk membangun solidaritas menghadapi penindasan. 

    Pasca kemerdekaan, takjil semakin diperkaya dengan nuansa kebangsaan, di mana praktik berbagi tidak sekadar menunjukkan kepatuhan ritual keagamaan, melainkan juga menegaskan komitmen terhadap semangat persatuan dan kebersamaan.

    Masa Kolonial: Takjil sebagai Resistensi Kultural

    Periode kolonial merupakan masa paling kritis dalam transformasi makna sosial-kultural takjil di Nusantara. Di tengah tekanan sistematis penjajah yang bertujuan memutus solidaritas masyarakat pribumi, praktik berbagi makanan berbuka puasa muncul sebagai benteng pertahanan kultural yang tak ternilai. Masjid-masjid, pesantren, dan ruang-ruang komunal menjadi basis utama perlawanan tidak langsung melalui tradisi berbagi yang inklusif.

    Dalam konteks sosial-politik kolonial, takjil lebih dari sekadar hidangan ringan—ia adalah instrumen strategis untuk memelihara kohesi sosial dan semangat perlawanan. Para pemimpin agama dan tokoh masyarakat menggunakan momen berbuka puasa sebagai ruang dialog tersembunyi, membangun jaringan solidaritas yang sulit terpantau oleh aparatus kolonial.

    Praktik berbagi makanan ini menciptakan ikatan emosional antar warga yang melampaui batas-batas suku, kelas sosial, dan kedudukan, menghasilkan kekuatan komunal yang sistematis namun tak kasat mata.

    Dokumentasi sejarah menunjukkan bagaimana tradisi takjil menjadi medium transformasi kesadaran kolektif. Di daerah-daerah seperti Jawa, Sumatera, dan Kalimantan, praktik berbagi makanan selama Ramadan tidak sekadar ritual keagamaan, melainkan menjadi momen strategis untuk mendiskusikan perlawanan, menyebarkan semangat kebangsaan, dan mempersiapkan gerakan kemerdekaan. 

    Para pejuang kemerdekaan seperti kiai Ahmad Dahlan, Sukarno, dan Mohammad Hatta kerap memanfaatkan momentum berbuka puasa untuk membangun kesadaran nasional, membuktikan bahwa takjil adalah senjata kultural yang ampuh melawan hegemoni kolonial.

    Fenomena War Takjil: Toleransi di Era Digital

    Di era digital, fenomena war takjil muncul sebagai evolusi kontemporer dari tradisi berbagi yang telah mengakar dalam masyarakat Indonesia. Istilah “war takjil” yang mulai populer pada dekade terakhir merujuk pada gerakan sosial berbagi makanan berbuka puasa secara masif melalui platform media sosial, yang mentransformasi praktik tradisional menjadi Gerakan solidaritas berskala yang lebih luas dan dinamis.

    Teknologi media sosial telah mengubah paradigma berbagi takjil dari sekadar praktik lokal menjadi gerakan sosial yang terkoneksi secara digital. Platform seperti Instagram, Twitter (saat ini bernama X), dan Facebook menjadi ruang kolaborasi di mana komunitas-komunitas berbeda dapat saling terhubung, merencanakan, dan mengeksekusi kegiatan pembagian makanan. Fenomena ini tidak sekadar tentang berbagi makanan, melainkan menciptakan ekosistem digital kemanusiaan yang melampaui batas-batas geografis, etnis, dan agama.

    Menariknya, war takjil di era digital memiliki karakteristik unik yang membedakannya dari praktik berbagi tradisional. Gerakan ini didorong oleh generasi muda yang aktif di media sosial, dengan motivasi yang kompleks—mulai dari kepedulian sosial, ekspresi spiritualitas, hingga keinginan untuk menciptakan ruang dialogis antarkelompok. Berbagai komunitas, dari mahasiswa, profesional, hingga influencer, berlomba-lomba menggelar war takjil, menciptakan semacam “kompetisi kebaikan” yang memberikan dampak positif bagi masyarakat.

    Perjalanan panjang takjil dalam sejarah Indonesia membuktikan bahwa praktik sederhana berbagi makanan jauh melampaui sekadar ritual kuliner. Ia adalah narasi berkelanjutan tentang ketangguhan bangsa dalam mempertahankan solidaritas di tengah beragam tantangan sejarah. Dari masa kolonial hingga era digital kontemporer, takjil telah menjadi saksi bisu transformasi sosial, sekaligus instrumen penting dalam menjaga keutuhan masyarakat multikultur Indonesia.

    Metamorfosis takjil menghadirkan potret autentik tentang bagaimana toleransi dirawat dan diwariskan antar generasi. Setiap sajian makanan ringan berbuka puasa adalah metafora resolusi konflik, ruang dialog yang tak terucapkan, dan komitmen terhadap semangat kemanusiaan. Di tengah kompleksitas tantangan sosial-politik kontemporer, tradisi ini terus membuktikan diri sebagai kekuatan transformatif yang mampu menembus batas-batas primordial—etnis, agama, kelas sosial, dan ideologi.

    Ke depan, warisan takjil bukan sekadar tentang melestarikan tradisi, melainkan komitmen aktif untuk terus membangun narasi kebangsaan yang inklusif dan humanis. Generasi muda dipanggil untuk tidak sekadar meneruskan praktik, tetapi mengkreasikan ulang makna toleransi dalam konteks dinamika sosial yang semakin kompleks. Takjil adalah pengingat konstan bahwa dalam keberagaman, berbagi bukanlah pilihan, melainkan keniscayaan untuk mempertahankan keutuhan bangsa.

    *Penulis adalah mahasiswa Pendidikan Kader Ulama Masjid Istiqlal (PKUMI)

  • Harga BBM Pertamina Hari Ini 1 Maret 2025: Dexlite dan Pertamina Dex Turun – Page 3

    Harga BBM Pertamina Hari Ini 1 Maret 2025: Dexlite dan Pertamina Dex Turun – Page 3

    Liputan6.com, Jakarta – Kabar gembira bagi pengguna bahan bakar minyak (BBM) nonsubsidi Pertamina. Pertamina turunkan harga Dexlite dan Pertamina DEX yang disebut dalam pengumuman harga BBM terbaru pada 1 Maret 2025. PT Pertamina mengumumkan harga terbaru BBM pada 1 Maret 2025.

    Pertamina melakukan penyesuaian harga bahan bakar minyak (BBM) umum dalam rangka mengimplementasikan Keputusan Menteri (Kepmen) ESDM No. 245.K/MG.01/MEM.M/2022 sebagai Perubahan atas Kepmen No. 62 K/12/MEM/2020 tentang Formula Harga Dasar Dalam Perhitungan Harga Jual Eceran Jenis Bahan Bakar Minyak Umum Jenis Bensin dan Minyak Solar yang Disalurkan Melalui Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum. Demikian mengutip dari Antara, Sabtu (1/3/2025).

    Berikut harga terbaru BBM non-subsidi di wilayah DKI Jakarta yang dikutip dari laman mypertamina, Jumat, 28 Februari 2025.

    Pertamax (RON 92): Rp 12.900 per liter

    Pertamax Turbo (RON 98): Rp 14.000 per liter

    Pertamax Green 95 (RON 95): Rp 13.700 per liter

    Dexlite: dari Rp 14.600 per liter turun menjadi Rp 14.300

    Pertamina DEX: dari Rp 14.800 per liter naik menjadi Rp 14.600 per liter.

    Daftar Harga BBM di SPBU Pertamina

    Berikut daftar lengkap harga BBM Pertamina berlaku 1 Maret 2025:

    1.Pertalite (RON 90) Rp 10.000 per liter (berlaku untuk seluruh daerah)

    2.Pertamax (RON 92)

    -Rp 11.800 (FTZ Sabang)

    -Rp 12.300 (FTZ Batam)

    -Rp 12.900 (Aceh, DKI Jakarta, Banten, Jawa, DI Yogyakarta, Bali, Nusa Tenggara Barat dan Nusa Tenggara Timur)

    -Rp 13.200 (Sumatera Utara, Jambi,Sumatera Selatan, Bangka-Belitung, Lampung, Kalimantan Barat, Kalimantan Timur, Kalimantan Tengah, Kalimantan Timur, Sulawesi Utara,Gorontalo, Sulawesi Tengah, Sulawesi Tenggara, Sulawesi Selatan, Sulawesi Barat, Maluku, Maluku Utara, Papua, Papua Barat, Papua Selatan, Papua Pegunungan, Papua Tengah, dan Papua Barat Daya.

    -Rp 13.500 (Sumatera Barat, Riau, Kepulauan Riau, Bengkulu, Kalimantan Selatan)

    3.Pertamax Turbo (RON 98)

    -Rp 13.350 (FTZ Batam)

    – Rp 14.000 (Aceh, Jakarta, Banten, Jawa, DI Yogyakarta, Bali, Nusa Tenggara Barat, Nusa Tenggara Timur)

    -Rp 14.350 (Sumatera Utara, Jambi, Sumatera Selatan, Bangka Belitung, Lampung, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Timur, Kalimantan Utara, Sulawesi, Gorontalo dan Prov.Papua)

    -Rp 14.650 (Sumatera Barat, Bengkulu,Kalimantan Selatan)

     

     

     

  • 1,4 Juta Tiket Kereta Api Mudik Lebaran 2025 Ludes Terjual

    1,4 Juta Tiket Kereta Api Mudik Lebaran 2025 Ludes Terjual

    loading…

    Sebanyak 1,4 juta tiket kereta api mudik lebaran ludes terjual. Selama mudik lebaran pada 21 Maret-11 April 2025, KAI menyediakan 3.443.832 tiket KA jarak jauh. Foto/Dok/SindoNews

    JAKARTA – Sebanyak 1,4 juta tiket kereta api untuk mudik lebaran 2025 telah ludes terjual. Selama masa mudik lebaran tanggal 21 Maret-11 April 2025 atau 22 hari, Kereta Api Indonesia (KAI) menyediakan 3.443.832 tiket KA Jarak Jauh (JJ) dari dan berbagai tujuan di Pulau Jawa dan Sumatera.

    “Dari total 3.443.832 tiket KA JJ yang KAI sediakan, hingga 1 Maret Pukul 07.00 WIB sudah terjual 1.437.124 tiket atau 41,73% dari total kapasitas tempat duduk yang KAI sediakan,” kata Vice President Public Relations KAI, Anne Purba, Sabtu (1/3/2025).

    Dia menjelaskan, penjualan tiket kereta mudik lebaran akan terus bertambah karena penjualan masih berlangsung. Hingga hari ini, 1 Maret 2025 pukul 07.00 WIB terdapat 10 relasi terpadat kota-kota tujuan yang dipilih pelanggan selama masa mudik Lebaran 2025.

    “Hingga saat ini penjualan KA JJ tertinggi terjadi pada H-3 atau pada 28 Maret 2025 dengan jumlah penjualan 99.685 tiket,” tuturnya.

    Adapun 10 relasi terpadat pelanggan memilih kota-kota tujuan selama masa mudik Lebaran 2025, yakni Gambir-Yogyakarta sebanyak 17.083 Penumpang. Yogyakarta-Gambir sebanyak 15.001 penumpang, Gambir-Semarang Tawang sebanyak 14.388 penumpang.

    Kemudian Pasarsenen-Surabaya Pasar Turi sebanyak 13.912 penumpang, Pasarsenen-Lempuyangan sebanyak 13.543 Penumpang, Pasarsenen-Kutoarjo sebanyak 13.010 penumpang.

    Selanjutnya Surabaya Pasar Turi-Pasarsenen sebanyak 12.643 penumpang, Gambir-Purwokerto sebanyak 11.296 Penumpang, Lempuyangan-Pasarsenen sebanyak 11.268 penumpang, dan Gambir-Cirebon sebanyak 10.503 penumpang.

  • Diskon Tarif Tol dan Tiket Pesawat saat Mudik Lebaran, Ini Kata Pengamat

    Diskon Tarif Tol dan Tiket Pesawat saat Mudik Lebaran, Ini Kata Pengamat

    Liputan6.com, Yogyakarta – Presiden Prabowo Subianto pada Senin (17/2/2025) lalu di Istana Negara, melanjutkan Paket Ekonomi Stimulus untuk Ramadan-Lebaran 2025 yang mencakup diskon tiket harga pesawat, diskon tarif tol, program diskon belanja, program pariwisata mudik lebaran, dan stabilitas harga pangan. Paket Ekonomi Stimulus untuk Ramadan-Lebaran 2025 ini menurut pakar sekaligus Sekretaris Pusat Studi Transportasi dan Logistik (Pustral) UGM Dewanti, sangat baik dan mengurangi beban masyarakat. “Diharapkan dengan adanya stimulus itu tentunya dapat membantu masyarakat yang pengeluarannya cukup banyak untuk mendapatkan akses lebih besar terhadap tarif pesawat maupun juga tarif tol,” ucapnya, Senin (24/2/2025).

    Paket Ekonomi Stimulus sebelumnya pemerintah sudah berhasil melaksanakan program dengan penambahan fasilitas dan kapasitas transportasi di berbagai jalur, seperti darat, udara, dan juga laut misalnya program mudik gratis dengan total 38.772 penumpang dan 2.320 sepeda motor. Namun Dewanti menilai pemerintah harus memperhatikan imbas kebijakan ini mulai dari sisi positif dan negatifnya, termasuk juga efek-efek dominonya jika kebijakan ini diterapkan salah satunya menyiapkan kemungkinan adanya meningkatnya lonjakan pemudik melebihi periode Natal dan Tahun Baru. “Kalau kita cermati itu jumlah angkutan saat lebaran itu lebih banyak, misalnya mungkin tiga kali lipat dari pergerakan Nataru. Nah, ini tentunya perlu antisipasi lebih,” ingatnya.

    Selain itu, pemerintah juga perlu memikirkan betul-betul infrastruktur pendamping seperti jalan tol, termasuk fasilitas rest area dan juga ruang tunggu yang layak. Lalu adanya penggunaan angkutan pribadi maupun umum yang nantinya akan dipilih oleh para calon pemudik. “Harapannya banyak yang mau menggunakan angkutan umum sehingga mengurangi penggunaan angkutan pribadi,” jelasnya.

    Diskon tarif tol ini menurut Dewanti dapat memberikan kemungkinan meningkatnya pengguna jalan tol dan mempengaruhi memadatnya pengguna jalanan biasa saat keluar dari jalan tol. Sehingga perlu adanya antisipasi berbagai kemungkinan kemacetan dan kecelakaan yang bisa terjadi. “Hal ini dapat mengurangi tingkat kemacetan dan juga tingkat kecelakaan,” ujarnya.

    Dewanti menilai untuk melaksanakan kebijakan ini perlu adanya koordinasi pemerintah dengan masyarakat, pihak operator dan maskapai dan pihak terkait. “Apakah dengan penurunan tarif itu bagaimana dampak terhadap operator? Jangan sampai begini, dengan penurunan itu ada aspek-aspek yang dikorbankan bagi konsumen. Jangan sampai nanti misalnya penyamanannya dikurangi atau mungkin juga keselamatannya ini agak berkurang, ini tentunya harus dijaga,” ujarnya.

    Penting juga memperhitungkan kemampuan pemerintah menyediakan anggaran, misalnya dalam memberikan subsidi khususnya untuk angkutan umum, hal tersebut harus sampai di tangan masyarakat agar mereka dapat mendapatkan mudahan dan juga tarif yang lebih terjangkau. Hal ini agar tidak terjadi keruwetan atau pun permasalahan lebih lanjut yang mungkin terjadi di masyarakat. “Perlu ada suatu perencanaan yang jelas yang matang ya, dan itu perlu diinformasikan ke masyarakat ya, secara luas. Lebih awal itu lebih bagus ya, sehingga tidak menimbulkan kegaduhan,” pesannya.

    Dewanti mengusulkan pemerintah membuat kebijakan untuk meminimalisir macet jelang lebaran dengan belajar dari pengalaman dalam penanganan mudik lebaran tahun-tahun sebelumnya agar arus mudi lancar dan minim kecelakaan parah. Ia pun memuji rencana pemerintah menerapkan WFA (work from anywhere) menjelang libur panjang yang dapat memecah kepadatan mudik dalam waktu yang lebih panjang.

    “Saya kira pemerintah ini masih punya waktu ya, ini sampai nanti menjelang lebaran, paling tidak kira-kira satu bulan untuk mempersiapkan segala sesuatunya dan mestinya juga antisipasi itu menjadi lebih penting dan juga bagaimana melibatkan berbagai pihak,” ujarnya berkaitan dengan diskon tarif tol saat mudik lebaran.

  • Awal Mula Musik Dangdut Masuk Indonesia

    Awal Mula Musik Dangdut Masuk Indonesia

    Liputan6.com, Yogyakarta – Musik dangdut, salah satu genre musik khas Indonesia yang memiliki sejarah panjang. Musik ini berawal dari perkembangan musik Melayu pada tahun 1950-an hingga 1960-an.

    Mengutip dari berbagai sumber, jenis musik ini dipengaruhi oleh berbagai elemen musik India, Melayu, dan Arab. Awalnya, musik dangdut tidak langsung dikenal dengan nama tersebut, melainkan berkembang melalui orkes-orkes Melayu yang populer di Jakarta pada masa itu.

    Pada era 1950-an, film-film Bollywood mulai meraih popularitas di Indonesia. Hal ini membawa pengaruh besar terhadap musik lokal, terutama orkes Melayu.

    Banyak grup musik yang terinspirasi oleh alunan musik India, termasuk penggunaan alat musik seperti tabla, yang kemudian menjadi ciri khas musik dangdut. Nama dangdut sendiri diambil dari suara khas tabla yang menghasilkan bunyi dang dan dut.

    Salah satu tokoh penting dalam sejarah musik dangdut adalah Ellya Khadam, penyanyi yang bergabung dengan Orkes Melayu Kelana Ria. Ellya berhasil membawa musik dangdut ke tingkat yang lebih populer dengan lagu-lagunya yang kental dengan nuansa India.

    Salah satu lagu legendarisnya Boneka dari India, menjadi awal musik India memengaruhi perkembangan dangdut di Indonesia. Memasuki tahun 1970-an, musik dangdut mulai dikenal secara luas oleh masyarakat Indonesia.

    Jenis musik ini tidak hanya menjadi hiburan di kalangan tertentu, tetapi juga merambah ke berbagai lapisan masyarakat. Tema lagu-lagu dangdut pada masa itu banyak bercerita tentang percintaan.

    Perkembangan musik dangdut semakin pesat pada tahun 1990-an. Pada masa ini, dangdut mulai beradaptasi dengan perkembangan teknologi musik elektronik.

    Salah satu bentuk adaptasi tersebut adalah munculnya genre funky kota (funkot), yang menggabungkan unsur dangdut dengan musik elektronik. Funkot menjadi populer di kalangan anak muda dan membawa warna baru dalam dunia musik dangdut.

    Memasuki tahun 2000-an, musik dangdut kembali mengalami transformasi dengan munculnya variasi baru yang disebut dangdut koplo. Dangdut koplo memiliki ciri khas tempo yang lebih cepat. Dangdut koplo semakin populer di berbagai daerah, terutama di Jawa Timur.

    Penulis: Ade Yofi Faidzun

  • Aktivitas Vulkanik Gunung Merapi Meningkat, BPPTKG Imbau Waspada

    Aktivitas Vulkanik Gunung Merapi Meningkat, BPPTKG Imbau Waspada

    Sleman, Beritasatu – Aktivitas vulkanik Gunung Merapi menunjukkan tingkat tinggi dalam beberapa pekan terakhir. Gunung Merapi kembali mengeluarkan guguran lava dengan intensitas yang cukup signifikan pada pagi ini.

    Berdasarkan laporan Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi (BPPTKG) pada periode pemantauan 1 Maret 2025 pukul 00.00-06.00 WIB, tercatat 16 kali guguran lava yang mengarah ke Kali Sat atau Kali Putih.

    “Guguran lava tersebut tercatat memiliki jarak luncur maksimum hingga 2.000 meter,” kata Kepala BPPTKG, Agus Budi Santoso kepada wartawan, Sabtu (1/3/2025).

    Gunung Merapi yang terletak di perbatasan Daerah Istimewa Yogyakarta dan Jawa Tengah ini masih berstatus Level III (Siaga). Potensi bahaya utama yang perlu diwaspadai saat ini meliputi guguran lava dan awan panas yang dapat mempengaruhi sektor Selatan-Barat Daya, seperti Sungai Boyong (maksimal 5 km), Sungai Bedog, Krasak, Bebeng (maksimal 7 km).

    Sementara itu, sektor Tenggara seperti Sungai Woro (maksimal 3 km) dan Sungai Gendol (maksimal 5 km) juga berisiko. Lontaran material vulkanik saat letusan eksplosif dapat mencapai radius 3 km dari puncak.

    BPPTKG mencatat aktivitas kegempaan yang cukup intens selama periode pengamatan. Terdapat 62 kali gempa guguran dengan amplitudo 3-9 mm dan durasi 51,16-174,82 detik.

    Selain itu, tercatat 12 kali gempa hybrid/fase banyak dengan amplitudo 4-5 mm dan durasi 7,45-10,5 detik, serta 2 kali gempa tektonik jauh dengan amplitudo 2-4 mm dan durasi 52,55-87,8 detik.

    Secara visual, Gunung Merapi terlihat jelas dengan asap kawah bertekanan lemah yang berwarna putih. Asap tersebut memiliki intensitas sedang dan mencapai ketinggian 200 meter di atas puncak kawah.

    BPPTKG memberikan beberapa rekomendasi kepada masyarakat, terutama yang berada di sekitar gunung, untuk tidak melakukan aktivitas di zona bahaya, khususnya di sektor selatan-barat daya dan tenggara. Selain itu, masyarakat diminta untuk mewaspadai potensi awan panas guguran, karena suplai magma masih berlangsung.

    Pihak BPPTKG mengimbau agar masyarakat waspada terhadap bahaya lahar, terutama saat hujan deras mengguyur wilayah sekitar Gunung Merapi. Selain itu, masyarakat diminta untuk menghindari dampak abu vulkanik, baik terhadap kesehatan maupun penerbangan.

    Pemantauan terhadap aktivitas Gunung Merapi terus dilakukan secara intensif, dan status gunung akan dievaluasi jika terjadi peningkatan aktivitas yang signifikan. Masyarakat di sekitar lereng Merapi diharapkan untuk terus memantau informasi resmi dari BPPTKG dan pihak berwenang guna mengantisipasi potensi ancaman lebih lanjut.

  • Daftar Lengkap Harga BBM Hari Ini 1 Maret 2025 di Pertamina, Shell hingga BP-AKR – Page 3

    Daftar Lengkap Harga BBM Hari Ini 1 Maret 2025 di Pertamina, Shell hingga BP-AKR – Page 3

    Sebelumnya, PT Pertamina (Persero) kembali menyesuaikan harga bahan bakar minyak (BBM) mulai 1 Maret 2025. Penyesuaian dalam bentuk penurunan harga BBM Pertamina yang berlaku untuk produk Dexlite dan Pertamina DEX.

    Sedangkan Pertamax, Pertamax Turbo, dan Pertamax Green 95 tetap. Berikut harga terbaru BBM non-subsidi di wilayah DKI Jakarta yang dikutip dari laman mypertamina, Jumat (28/2/2025):

    Pertamax (RON 92): Rp 12.900 per liter

    Pertamax Turbo (RON 98): Rp 14.000 per liter

    Pertamax Green 95 (RON 95): Rp 13.700 per liter

    Dexlite: dari Rp 14.600 per liter turun menjadi Rp 14.300

    Pertamina DEX: dari Rp 14.800 per liter naik menjadi Rp 14.600 per liter.

    Daftar Harga BBM di SPBU Pertamina

    Berikut daftar lengkap harga BBM di SPBU Pertamina berlaku 1 Maret 2025:

    1.Pertalite (RON 90) Rp 10.000 per liter (berlaku untuk seluruh daerah)

    2.Pertamax (RON 92)

    -Rp 11.800 (FTZ Sabang)

    -Rp 12.300 (FTZ Batam)

    -Rp 12.900 (Aceh, DKI Jakarta, Banten, Jawa, DI Yogyakarta, Bali, Nusa Tenggara Barat dan Nusa Tenggara Timur)

    -Rp 13.200 (Sumatera Utara, Jambi,Sumatera Selatan, Bangka-Belitung, Lampung, Kalimantan Barat, Kalimantan Timur, Kalimantan Tengah, Kalimantan Timur, Sulawesi Utara,Gorontalo, Sulawesi Tengah, Sulawesi Tenggara, Sulawesi Selatan, Sulawesi Barat, Maluku, Maluku Utara, Papua, Papua Barat, Papua Selatan, Papua Pegunungan, Papua Tengah, dan Papua Barat Daya.

    -Rp 13.500 (Sumatera Barat, Riau, Kepulauan Riau, Bengkulu, Kalimantan Selatan)

    3.Pertamax Turbo (RON 98)

    -Rp 13.350 (FTZ Batam)

    – Rp 14.000 (Aceh, Jakarta, Banten, Jawa, DI Yogyakarta, Bali, Nusa Tenggara Barat, Nusa Tenggara Timur)

    -Rp 14.350 (Sumatera Utara, Jambi, Sumatera Selatan, Bangka Belitung, Lampung, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Timur, Kalimantan Utara, Sulawesi, Gorontalo dan Prov.Papua)

    -Rp 14.650 (Sumatera Barat, Bengkulu,Kalimantan Selatan)

  • Probation Adalah Waktu Percobaan dan Penilaian dari Perusahaan untuk Karyawan, Begini Penjelasan Lengkapnya

    Probation Adalah Waktu Percobaan dan Penilaian dari Perusahaan untuk Karyawan, Begini Penjelasan Lengkapnya

    YOGYAKARTA – Probation adalah periode waktu percobaan dan penilaian dari perusahaan kepada karyawan baru sebelum resmi diangkat sebagai karyawan tetap.

    Karyawan baru akan diuji secara lebih mendalam terkait berbagai aspek pekerjaan dalam masa percobaan tersebut, termasuk kemampuan interpersonal, misalnya digital mindset, leadership, dan tanggung jawab.

    Selanjutnya, pada akhir masa probation, HR company akan mengevaluasi kinerja karyawan dan mempertimbangkan apakah mereka memenuhi persyaratan atau tidak.

    Mengenal Lebih Jauh Apa itu Probation?

    Probation adalah periode waktu di mana seorang karyawan baru diuji dan dievaluasi oleh perusahaan, hal ini dilakukan untuk mengetahui apakah mereka cocok atau mampu menjalankan tugas serta tanggung jawab pekerjaan yang diberikan.

    Biasanya, masa percobaan berlangsung selama maksimal 3 bulan sebelum perusahaan menentukan pengangkatan karyawan tersebut sebagai pegawai tetap.

    Selain itu, probation tidak hanya diberikan kepada calon pegawai, melainkan juga dapat diterapkan kepada karyawan tetap.

    Jika performa pegawai menurun, mereka akan ditempatkan pada masa percobaan. Selain itu, hal yang perlu diingat, ketentuan probation hanya diberlakukan bagi calon karyawan tetap.

    Hal ini sesuai dengan Pasal 58 ayat (1) Undang-Undang No. 13/2003 tentang Ketenagakerjaan, yang menyatakan bahwa masa probation tidak dapat dicantumkan dalam Perjanjian Kerja Waktu Tertentu (PKWT) bagi karyawan kontrak.

    Hak dan Kewajiban yang Didapatkan Selama Masa Probation

    Selama masa ini, baik karyawan ataupun perusahaan mempunyai hak dan kewajiban masing-masing, termasuk apakah probation digaji atau tidak.

    Sedangkan hak dan kewajiban karyawan selama masa probation adalah sebagai berikut:

    Hak Karyawan Selama Probation

    Pada dasarnya, hak-hak karyawan dalam masa probation ini tidak berbeda jauh dengan hak pegawai tetap.

    Undang-undang memberikan jaminan bahwa perusahaan tidak diperbolehkan memberikan gaji lebih rendah dari upah minimum yang berlaku, baik untuk karyawan tetap, kontrak, ataupun dalam masa probation.

    Pelanggaran terhadap hak-hak karyawan probation akan mengakibatkan sanksi pidana dan denda.

    Selain itu, perusahaan juga wajib memberikan Tunjangan Hari Raya (THR) kepada karyawan probation yang sudah bekerja selama satu bulan atau lebih.

    Kewajiban Karyawan Selama Probation

    Karyawan saat masa probation mempunyai kewajiban untuk memenuhi ekspektasi perusahaan, seperti yang diungkapkan dalam target atau Key Performance Indicator (KPI).

    Penilaian karyawan diberikan berdasarkan kemampuannya dalam menyelesaikan pekerjaan sesuai dengan parameter yang sudah ditentukan.

    Jika kinerja karyawan melebihi ekspektasi perusahaan selama probation, akan ada peluang baginya untuk diangkat menjadi pegawai tetap.

    Perbedaan Probation dan Kontrak

    Kontrak dan probation menjadi dua konsep yang berbeda dalam konteks hubungan kerja.

    Probation artinya periode evaluasi di awal kerja. Sedangkan, kontrak adalah perjanjian kerja yang memuat kesepakatan syarat atau ketentuan antara karyawan dan perusahaan.

    Probation umumnya terjadi pada awal hubungan kerja, di mana karyawan baru diuji untuk memenuhi standar pekerjaan.

    Jika seseorang berhasil melewati masa probation, mereka bisa menjadi karyawan tetap dan berhak atas semua hak-hak yang terkait.

    Namun, jika mereka tidak memenuhi harapan, perusahaan berhak mengakhiri hubungan kerja tanpa harus membayar kompensasi lebih lanjut.

    Kontrak, di sisi lain, merupakan perjanjian formal yang dibuat antara karyawan dan perusahaan yang mengatur hak, kewajiban, upah, dan syarat-syarat lainnya.

    Kontrak bisa mencakup jangka waktu tertentu, dan karyawan mempunyai kekuatan hukum untuk meminta pemenuhan hak-hak yang tercantum.

    Demikianlah ulasan tentang apa itu probation dan perbedaannya dengan kontrak. Semoga bermanfaat. Kunjungi VOI.id untuk mendapatkan informasi menarik lainnya.

  • Tren Tagar Kabur Aja Dulu, Berikut 4 Negara Teraman di Dunia untuk Disinggahi

    Tren Tagar Kabur Aja Dulu, Berikut 4 Negara Teraman di Dunia untuk Disinggahi

    Liputan6.com, Yogyakarta – Tagar kabur aja dulu viral di platform X beberapa pekan terakhir. Cuitan dengan tagar tersebut umumnya berisikan keinginan untuk meninggalkan Indonesia dan mencari kehidupan yang lebih baik di negara lain.

    Fenomena tagar kabur aja dulu menjadi cermin kesenjangan persepsi antara kondisi keamanan yang dirasakan masyarakat dengan upaya pemerintah dalam meningkatkan indeks keamanan nasional. Mengutip dari berbagai sumber, berikut empat negara yang dapat disinggahi dengan tingkat keamanan terbaik di dunia:

    1. Islandia

    Islandia menempati posisi teratas sebagai negara teraman di dunia dengan tingkat kejahatan yang rendah dan netralitas politik yang konsisten. Islandia telah memimpin Indeks Perdamaian Global selama 14 tahun berturut-turut.

    Negara ini juga dikenal dengan layanan publik berkualitas tinggi yang menjamin kesejahteraan warganya. Negara ini juga memberikan pemandangan alam menakjubkan yang menjadi daya tarik bagi penduduk maupun wisatawan.

    Islandia merupakan negara dengan biaya hidup yang cenderung tinggi dan durasi siang hari yang terbatas selama musim dingin. Akan tetapi, hal tersebut tidak menurunkan kualitas hidup di Islandia yang tetap terjaga dibandingkan dengan negara-negara lain di dunia.

    2. Irlandia

    Irlandia menempati posisi kedua dalam daftar negara teraman di dunia dengan tingkat kejahatan yang rendah dan ekonomi yang kuat serta stabil. Negara ini dikenal dengan tingkat toleransi yang tinggi terhadap para pendatang.

    Hal ini menciptakan lingkungan yang nyaman bagi pendatang dari berbagai latar belakang. Banyak pendatang merasa aman tinggal di Irlandia, terutama di ibukota Dublin, berkat penerapan undang-undang senjata yang ketat yang menekan potensi kejahatan berbahaya dan menjamin keamanan penduduknya.

    3. Austria

    Austria berada di posisi ketiga sebagai negara teraman di dunia. Austria menonjol dengan berbagai keunggulan sistem di negaranya.

    Negara ini juga memiliki tingkat pembunuhan rendah, yaitu 0,5 per 100.000 penduduk. Negara yang terletak di Eropa ini memiliki sistem kesehatan yang kuat.

    Negara ini memberikan jaminan pelayanan medis berkualitas bagi penduduknya, serta didukung oleh sistem kereta api yang luas dan efisien, memudahkan mobilitas warganya. Tingkat kejahatan yang rendah menjadi salah satu indikator utama keamanan di negara ini.

    Hal ini menciptakan lingkungan hidup yang nyaman bagi penduduk lokal maupun pendatang. Wina, yang merupakan ibu kota Austria, bahkan telah dinobatkan sebagai kota paling layak huni di dunia pada tahun 2024.

    4. Swiss

    Swiss terkenal dengan netralitas politiknya yang telah dipertahankan selama berabad-abad. Hal ini menjadikan risiko negara ini terlibat dalam konflik internasional sangat rendah.

    Selain keamanan dari konflik eksternal, Swiss juga memiliki tingkat kejahatan yang rendah di dalam negeri dan stabilitas politik yang cenderung tinggi. Meskipun biaya hidup di Swiss termasuk di antara yang tertinggi di dunia, hal ini umumnya diimbangi dengan gaji yang sebanding, sehingga tetap memungkinkan standar hidup yang tinggi bagi penduduk lokal maupun pendatang yang bekerja di negara tersebut.

    Penulis: Ade Yofi Faidzun

  • Harga BBM di SPBU BP AKR Turun pada 1 Maret 2025, Simak Rinciannya – Page 3

    Harga BBM di SPBU BP AKR Turun pada 1 Maret 2025, Simak Rinciannya – Page 3

    Di sisi lain, harga BBM di SPBU Pertamina justru mengalami penurunan, khususnya untuk produk Dexlite  (CN 51) dan Pertamina DEX (CN 53). 

    Harga BBM Dexlite untuk SPBU Pertamina di wilayah DKI Jakarta dan sekitarnya turun Rp 300, dari Rp 14.600 per liter menjadi Rp 14.300 per liter. Sedangkan harga Pertamina Dex terpangkas Rp 200 dari Rp 14.800 per liter menjadi Rp 14.600 per liter. 

    Di sisi lain, harga BBM non-subsidi lain semisal Pertamax (RON 92), Pertamax Turbo (RON 98), dan Pertamax Green 95 (RON 95) tidak mengalami perubahan. 

    Berikut daftar lengkap harga BBM di SPBU Pertamina berlaku 1 Maret 2025:

    1.Pertalite (RON 90)

    Rp 10.000 per liter (berlaku untuk seluruh daerah)

     

    2.Pertamax (RON 92)

    -Rp 11.800 (FTZ Sabang)

    -Rp 12.300 (FTZ Batam)

    -Rp 12.900 (Aceh, DKI Jakarta, Banten, Jawa, DI Yogyakarta, Bali, Nusa Tenggara Barat dan Nusa Tenggara Timur)

    -Rp 13.200 (Sumatera Utara, Jambi,Sumatera Selatan, Bangka-Belitung, Lampung, Kalimantan Barat, Kalimantan Timur, Kalimantan Tengah, Kalimantan Timur, Sulawesi Utara,Gorontalo, Sulawesi Tengah, Sulawesi Tenggara, Sulawesi Selatan, Sulawesi Barat, Maluku, Maluku Utara, Papua, Papua Barat, Papua Selatan, Papua Pegunungan, Papua Tengah, dan Papua Barat Daya)

    -Rp 13.500 (Sumatera Barat, Riau, Kepulauan Riau, Bengkulu, Kalimantan Selatan)

     

    3.Pertamax Turbo (RON 98)

    -Rp 13.350 (FTZ Batam)

    -Rp 14.000 (Aceh, Jakarta, Banten, Jawa, DI Yogyakarta, Bali, Nusa Tenggara Barat, Nusa Tenggara Timur)

    -Rp 14.350 (Sumatera Utara, Jambi, Sumatera Selatan, Bangka Belitung, Lampung, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Timur, Kalimantan Utara, Sulawesi, Gorontalo, dan Papua)

    -Rp 14.650 (Sumatera Barat, Bengkulu,Kalimantan Selatan)