kab/kota: Yogyakarta

  • KAI Daop 6 Yogyakarta Kecam Tindakan Vandalisme Terhadap KA Jayakarta

    KAI Daop 6 Yogyakarta Kecam Tindakan Vandalisme Terhadap KA Jayakarta

    Liputan6.com, Yogyakarta – PT KAI Daerah Operasi (Daop) 6 Yogyakarta mengecam keras tindakan vandalisme berupa pelemparan batu terhadap Kereta Api (KA) Jayakarta (KA 251) relasi Surabaya Gubeng–Pasar Senen yang terjadi pada Kamis (17/4/2025) sekitar pukul 16.58 WIB. Peristiwa tersebut terjadi di kilometer 220+1/2, pada petak jalur antara Stasiun Walikukun dan Kedungbanteng.

    Meskipun tidak menimbulkan korban jiwa, insiden pelemparan ini mengakibatkan goresan pada kaca kereta. PT KAI menyatakan bahwa KA Jayakarta tetap dapat melanjutkan perjalanan sesuai jadwal setelah insiden pelemparan. “PT KAI Daop 6 Yogyakarta sangat menyayangkan dan mengecam tindakan pelemparan batu terhadap KA Jayakarta sore ini karena dapat membahayakan keselamatan perjalanan KA, penumpang, maupun petugas,” ujar Manajer Humas KAI Daop 6 Yogyakarta, Feni Novida Saragih.

    Menindaklanjuti insiden tersebut, petugas lapangan langsung melakukan penelusuran untuk mencari pelaku. Selain itu, sosialisasi kepada warga sekitar lokasi kejadian juga dilakukan guna meningkatkan kesadaran akan bahaya vandalisme terhadap perjalanan kereta api.

    PT KAI menegaskan bahwa tindakan vandalisme terhadap kereta api merupakan tindak pidana. Sesuai Kitab Undang-Undang Hukum Pidana (KUHP) Bab VII tentang Kejahatan yang Membahayakan Keamanan Umum, Pasal 194 Ayat 1. “Barang siapa dengan sengaja menimbulkan bahaya bagi lalu lintas umum yang digerakkan oleh tenaga uap atau mesin lainnya di jalan kereta api atau trem, diancam dengan pidana penjara paling lama 15 tahun.”

    Selain itu, UU Nomor 23 Tahun 2007 tentang Perkeretaapian juga melarang tindakan yang menyebabkan kerusakan pada prasarana dan sarana perkeretaapian, sebagaimana tercantum dalam Pasal 180. KAI juga mengingatkan masyarakat agar tidak melakukan aktivitas di sekitar jalur kereta api. Dalam Pasal 181 Ayat (1) UU No. 23/2007 disebutkan bahwa setiap orang dilarang berada di ruang manfaat jalur kereta api atau menggunakannya untuk keperluan lain selain angkutan KA.

    KAI Daop 6 Yogyakarta terus menggencarkan edukasi dan sosialisasi kepada masyarakat sebagai bagian dari upaya pencegahan. Sosialisasi dilakukan tidak hanya kepada warga di sekitar jalur dan perlintasan kereta, tetapi juga kepada pelajar di sekolah yang berdekatan dengan jalur rel. “Kami juga menjalin kerja sama dengan pemerintah daerah dan komunitas pencinta kereta (Railfans) dalam rangka mewujudkan keselamatan bersama di wilayah Daop 6,” kata Feni.

     

  • Hari Kelereng Sedunia: Nostalgia Permainan Tradisional Kelereng di Indonesia

    Hari Kelereng Sedunia: Nostalgia Permainan Tradisional Kelereng di Indonesia

    Liputan6.com, Yogyakarta – Hari Kelereng Sedunia atau World Marbles Day diperingati bertepatan dengan peringatan Jumat Agung. Tahun ini, Hari Kelereng Sedunia jatuh pada 18 April.

    Peringatan Hari Kelereng Sedunia merujuk pada Kejuaraan Kelereng Inggris pertama yang berlangsung pada 1588 di Inggris. Hingga kini, kejuaraan tahunan tersebut masih diselenggarakan di Tinsley Green, Inggris.

    Sementara itu di Indonesia, kelereng telah menjadi salah satu media permainan tradisional yang banyak dimainkan oleh anak-anak tempo dulu. Permainan tradisional ini kemudian berkembang menjadi kekayaan budaya Indonesia.

    Mengutip dari laman Kemdikbud RI, permainan kelereng telah dikenal dan dimainkan sejak zaman Mesir Kuno atau 3.000 tahun sebelum Masehi. Saat itu, kelereng terbuat dari batu dan tanah liat.

    Adapun The British Museum di London memiliki koleksi kelereng dari era 2000 hingga 1700 SM. Pada 1864, Jerman mulai membuat kelereng dari kaca.

    Setelahnya, kelereng mulai tersebar ke berbagai negara, termasuk Indonesia. Kelereng di Indonesia juga dikenal dengan nama gundu, keneker, guli, dan kelici.

    Kelereng memiliki ukuram bulat sempurna dengan ragam warna-warni. Permainan kelereng umumnya dilakukan di area luas dan membutuhkan kapur atau tongkat untuk membuat garis permainan.

    Ada banyak model permainan kelereng yang biasa dimainkan, yakni kelereng lingkaran, kelereng segitiga, kelerenh garis, dan kelereng lubang. Setiap model memiliki peraturan berbeda.

    Sebagai contoh, cara bermain kelereng lingkaran dimulai dengan mengumpilkan kelereng taruhan di sebuah lingkaran sebagai pembatas. Penembak pertama membidik kelereng tersebut hingga tersebar ke sekeliling.

    Tujuan dasar dari permainan ini adalah untuk menjatukan kelereng sasaran atau penembak pemain lain agar benar-benar keluar dari lingkaran. Cara menembak kelereng adalah dengan menyelipkan ibu jari di belakang buku jari keduanya atau jari telunjuknya.

    Jari telunjuk memegang jempol dengan kelereng di tangannya sambil mengambll ancang-ancang untuk menembakkan kelerengnya. Pemain harus menjentikkan kelereng sekuat mungkin dan harus tepat sasaran.

    Selama si pemain menembakkan terus kelereng-kelereng tersebut hingga keluar dari lingkaran tanpa kehilangan posisinya atau selalu kena, maka ia bisa terus bermain. Namun, jika si penembak pertama gagal melumpuhkan kelereng lawannya, makagilirannya dianggap selesai.

    Kelereng yang berhasil ditembak atau dibidik menjadi hak milik si penembak. Permainan berakhir ketika semua kelereng telah tersingkir dari lingkaran.

    Selanjutnya, para pemain akan menghitung jumlah kelereng yang telah mereka kumpulkan. Pemain dengan jumlah kelereng terbanyak dinyatakan sebagai pemenang.

    Dahulu, permainan tradisional ini banyak dimainkan oleh anak-anak. Namun saat ini, permainan ini perlahan tersingkir dengan permainan modern lainnya.

    Penulis: Resla

  • Genjot Nilai Pariwisata, BNI Jadi Sponsor Utama Kejuaraan Pacuan Kuda

    Genjot Nilai Pariwisata, BNI Jadi Sponsor Utama Kejuaraan Pacuan Kuda

    Jakarta

    PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk atau BNI menjadi title sponsor pada ajang kejuaraan pacuan kuda bertajuk BNI Indonesia’s Horse Racing: Triple Crown Series 1 & Pertiwi Cup 2025. Kompetisi itu tidak hanya mendukung dunia olahraga, melainkan juga meningkatkan nilai pariwisata nasional.

    Direktur Consumer Banking BNI Corina Leyla Karnalies mengungkapkan, keikutsertaan BNI dalam ajang ini tidak hanya untuk memajukan industri olahraga, tetapi juga sebagai strategi memperkuat kontribusi terhadap sektor pariwisata dan ekonomi kreatif.

    “Kompetisi pacuan kuda menyajikan perpaduan antara tradisi, hiburan, dan potensi ekonomi yang besar. BNI merasa terhormat dapat ambil bagian dalam upaya menghidupkan dan memajukan industri pacuan kuda di Indonesia,” ujar Corina, dalam keterangan tertulis Jumat (18/4/2025).

    Dalam gelaran ini, BNI juga memperkenalkan beragam inovasi digital lewat promo pembelian tiket. Dengan menggunakan produk-produk pembayaran milik BNI seperti virtual account, kartu debit, kartu kredit, dan aplikasi Wondr by BNI, masyarakat dapat memperoleh potongan 20% untuk tiket nonton race (kecuali kelas reguler) dan tiket terusan, serta mengikuti promo Buy 1 Get 2 untuk tiket masuk festival.

    “Ragam pilihan tiket, program promo bekerjasama dengan BNI, dan metode beli tiket secara online dan offline merupakan wujud dari komitmen kami sebagai promotor event dalam memberikan kemudahan dan kesempatan bagi sebanyak mungkin masyarakat dan keluarga dapat menyaksikan horsetainment yang seru dan meriah,” ucap Aseanto.

    Kejuaraan ini akan digelar oleh promotor event olahraga berkuda, SARGA.CO, di Lapangan Pacu Kuda Sultan Agung, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), pada Minggu, 20 April 2025. Tidak hanya menampilkan olahraga bergengsi, acara ini juga menghadirkan konsep horsetainment yang memadukan hiburan, tradisi, dan potensi ekonomi.

    BNI Indonesia’s Horse Racing: Triple Crown Serie 1 & Pertiwi Cup 2025 akan menjadi kejuaraan pacuan kuda kedua yang diselenggarakan SARGA.CO dalam kalender event The Race of Rising Stars 2025 yang memperebutkan total hadiah Rp1 Miliar. Kompetisi ini ditargetkan akan diikuti oleh hampir 200 kuda dari seluruh daerah di Indonesia.

    Co-Founder SARGA.CO Aseanto Oudang mengatakan, pada penyelenggaraan laga ini, SARGA.CO tidak hanya akan menggelar event pacuan kuda, tapi juga Sarga Festival, after race food and music festival yang digelar setelah pacuan kuda selesai, di lokasi yang sama.

    Untuk menikmati pacuan kuda dan festival, SARGA.CO menyediakan berbagai pilihan tiket masuk bagi publik dan masyarakat, terdiri dari tiket nonton pacuan kuda (race), tiket masuk festival (music), dan tiket terusan (nonton race dan masuk festival).

    Tiket nonton race tersedia mulai dari kelas regular yang gratis, kelas tribun yang terdiri dari Tribun A seharga Rp 125.000 dan Tribun B seharga Rp 75.000, serta kelas VIP yang terdiri dari VIP A seharga Rp 2.900.000 dan VIP B seharga Rp 1.450.000.

    Sedangkan tiket masuk Sarga Festival tersedia dengan harga Rp 25.000, untuk menikmati penampilan artis-artis ternama di panggung konser seperti Judika, Yura Yunita, Nassar, Arlida Putri, CDR dan Ndarboy Genk. Pengunjung akan mendapatkan pengalaman menonton konser sambil menikmati ragam kuliner khas berbagai daerah di Indonesia yang disediakan di sejumlah food trucks di lokasi festival.

    Adapun tiket terusan tersedia dengan harga Rp 150.000 untuk Tribun A dan Rp 100.000 untuk Tribun B. Dengan tiket ini penonton race dapat menikmati konser dan festival tanpa perlu memiliki tiket terpisah.

    Promo-promo ini akan berlangsung sampai race day (20 April 2025) atau sampai tiket promo terjual habis. Semua tiket sudah tersedia dan dapat dibeli secara online di www.sargatiket.com. Sedangkan untuk pembelian offline dapat dilakukan mulai H-3 di lokasi Lapangan Pacuan Kuda Bantul. Adapun tiket nonton race kelas reguler hanya bisa dibeli secara offline pada hari H di lokasi event.

    (anl/ega)

  • Efisiensi Anggaran Pemerintah, Pendapatan Hotel Ini Turun 30 Persen

    Efisiensi Anggaran Pemerintah, Pendapatan Hotel Ini Turun 30 Persen

    Yogyakarta, Beritasatu.com – Penerapan kebijakan efisiensi anggaran oleh berbagai lembaga pemerintah sejak awal tahun 2025 menyebabkan penurunan pendapatan hotel secara signifikan.

    Kondisi ini berdampak langsung terhadap performa bisnis perhotelan, terutama di kota-kota yang selama ini banyak bergantung pada kegiatan instansi pemerintah, termasuk Yogyakarta.

    General Manager éL Hotel Yogyakarta Malioboro Yunita Wulandari mengungkapkan, pada paruh pertama tahun 2025, pendapatan hotel menurun drastis dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya.

    “Terjadi penurunan pendapatan sebesar 20 hingga 30 persen. Penurunan ini terlihat dari tingkat hunian kamar, rata-rata harga kamar, serta total pendapatan secara keseluruhan,” ujarnya pada Jumat (18/4/25).

    Lebih lanjut, Yunita menyampaikan bahwa dalam tiga bulan terakhir, tingkat okupansi hotel hanya berada di angka rata-rata 60 persen.

    Persentase ini menunjukkan penurunan cukup tajam dibandingkan periode sebelumnya yang mencatatkan rata-rata okupansi sebesar 78 persen. Menurutnya, pengurangan terbesar berasal dari segmen tamu dari instansi pemerintah.

    “Pangsa pasar dari kegiatan pemerintah sangat berkurang. Ini menjadi tantangan tersendiri bagi kami yang selama ini cukup mengandalkan sektor tersebut,” jelasnya.

    Untuk mengatasi penurunan pendapatan, pihak hotel menerapkan sejumlah strategi guna mempertahankan operasional dan menjaga kestabilan usaha. Salah satu langkah utamanya adalah dengan merancang strategi harga yang lebih tepat sasaran dan sesuai dengan kondisi pasar saat ini.

    Selain menyesuaikan harga, éL Hotel juga mengubah arah pemasaran dengan membidik segmen konsumen baru di luar institusi pemerintah. Upaya ini diharapkan mampu meningkatkan kembali jumlah pendapatan hotel di tengah penurunan dari pasar konvensional.
     

  • Keterangan Ahli Kuatkan Posisi Bukalapak dalam Sidang PKPU Lawan Harmas

    Keterangan Ahli Kuatkan Posisi Bukalapak dalam Sidang PKPU Lawan Harmas

    Jakarta (beritajatim.com) – Pengadilan Niaga Jakarta kembali menggelar sidang lanjutan perkara Penundaan Kewajiban Pembayaran Utang (PKPU) antara PT BUKALAPAK.COM, Tbk (BUKA) sebagai pemohon dan PT Harmas Jalesveva (Harmas) sebagai termohon, Kamis (17/4). Dalam persidangan tersebut, majelis hakim mendengarkan keterangan ahli dari pihak Bukalapak, yakni Dr. Ivida Dewi Amrih Suci, S.H., M.H., M.Kn., dosen Fakultas Hukum Universitas Janabadra Yogyakarta.

    Dr. Ivida menyampaikan tiga poin penting yang memperkuat dalil permohonan Bukalapak. Pertama, ia menjelaskan bahwa pembuktian sederhana sebagaimana diatur dalam Pasal 8 ayat (4) UU Kepailitan dan PKPU merupakan bagian dari prinsip speedy trial, di mana penyelesaian perkara wajib dilakukan dalam waktu 20 hari. “Jika terdapat dua atau lebih kreditor serta utang yang telah jatuh tempo dan tidak dibayar, maka syarat pembuktian sederhana telah terpenuhi,” tegasnya.

    Kedua, ia menjelaskan mengenai pengalihan piutang atau cessie berdasarkan Pasal 613 KUH Perdata, yang cukup dilakukan dengan pemberitahuan kepada debitur tanpa perlu persetujuan. Penjelasan ini membantah keberatan yang selama ini disampaikan oleh pihak Harmas terhadap mekanisme pengalihan piutang.

    Ketiga, ahli mengacu pada Pedoman Penyelesaian Perkara Kepailitan dan PKPU dari Mahkamah Agung, yang menyebutkan bahwa perbedaan jumlah utang tidak menggugurkan permohonan PKPU, selama syarat utama terpenuhi, yakni adanya dua atau lebih kreditor serta utang yang telah jatuh tempo dan belum dibayar.

    Bukalapak menegaskan bahwa pernyataan ahli tersebut mencerminkan fakta konkret. Harmas dinilai memiliki kewajiban sebesar Rp 6,4 miliar kepada Bukalapak berdasarkan Letter of Intent (LoI) Desember 2017, terkait pembangunan ruang perkantoran di gedung One Belpark. Proyek itu tidak diselesaikan oleh Harmas meskipun pembayaran telah dilakukan oleh Bukalapak.

    Pengalihan piutang (cessie) dilakukan pada 20 Desember 2024 dan telah diberitahukan ke Harmas pada awal Januari 2025. Sebelumnya, Bukalapak juga telah melayangkan tiga kali somasi, masing-masing pada 6 Januari, 15 Januari, dan 3 Februari 2021. Namun hingga saat ini, belum ada penyelesaian dari pihak Harmas.

    Kurnia Ramadhana, Anggota Komite Eksekutif Bukalapak, menegaskan bahwa langkah hukum ini mencerminkan komitmen perusahaan terhadap penegakan hukum dan perlindungan hak-hak yang sah.

    “Keterangan ahli hari ini semakin menegaskan bahwa permohonan PKPU yang kami ajukan memiliki dasar hukum yang kuat. Bukti-bukti yang kami ajukan menunjukkan secara jelas bahwa Harmas memiliki kewajiban yang belum dipenuhi. Kami berharap majelis hakim dapat mempertimbangkan keterangan ahli ini secara objektif dan mengabulkan permohonan kami. Bagi Bukalapak, ini adalah bentuk komitmen kami untuk menjunjung kepatuhan terhadap hukum serta memastikan semua pihak bertanggung jawab terhadap perjanjian yang telah disepakati,” ujar Kurnia.

    Bukalapak tetap optimis bahwa seluruh proses hukum ini akan berujung pada putusan yang adil dan memberikan kepastian hukum yang diperlukan untuk melanjutkan kegiatan usaha dengan integritas. [beq]

  • 6
                    
                        Dua Ular Hijau Paling Berbisa di Jawa, Antibisanya Masih Harus Impor
                        Yogyakarta

    6 Dua Ular Hijau Paling Berbisa di Jawa, Antibisanya Masih Harus Impor Yogyakarta

    Dua Ular Hijau Paling Berbisa di Jawa, Antibisanya Masih Harus Impor
    Tim Redaksi
    SUKOHARJO, KOMPAS.com
    – Dua jenis
    ular hijau
    berbisa tinggi atau high
    venom
    , yakni trimeresurus insularis dan trimeresurus albolabris, tersebar di wilayah Pulau Jawa bagian Timur dan Barat.
    Namun, hingga saat ini antibisa untuk kedua jenis ular tersebut belum tersedia di Indonesia dan harus diimpor dari luar negeri.
    Founder Rescuer Ular Exalos Indonesia, Janu Wahyu Widodo, menjelaskan persebaran dan karakteristik kedua jenis ular tersebut berdasarkan pengamatannya selama 17 tahun menangani ular.
    “Wilayah bagian Jawa ke Barat, semisal Semarang, Tegal, Cilacap itu masuknya adalah trimeresurus albolabris. Kemudian untuk wilayah Soloraya sampai Jawa Timur itu dia trimeresurus insularis,” kata Janu saat ditemui
    Kompas.com
    di Sukoharjo, Kamis (17/4/2025).
    Menurutnya, ada wilayah abu-abu seperti Semarang, Magelang, dan Yogyakarta yang bisa ditemui kedua jenis ular tersebut, namun tidak saling menyilang.
    “Albolabris tidak akan ke Timur dan Insularis tidak akan ke Barat,” ujarnya.
    Kedua ular tersebut umumnya hidup di semak-semak, perkebunan, dan pinggiran sungai. Meski memiliki bisa tinggi, tingkat fatalitasnya disebut tidak setinggi kobra.
    “Pada saat tergigit kemungkinan sembuhnya lebih besar. Efek gigitannya bengkak, kemudian rasa sakit yang sangat, bisa juga terjadi nekrosis di tempat yang tergigit. Paling banyak untuk ular ini amputasi. Kalau kematian rendah, tidak sebanyak kobra,” jelasnya.
    Janu menambahkan, data kasus kematian akibat gigitan ular hijau ini sangat rendah. Berdasarkan laporan masyarakat yang diterimanya, rasio kematian akibat gigitan ular hijau hanya 1 dari 100 kasus yang dibawa ke rumah sakit, sedangkan untuk kobra bisa mencapai 10 dari 100 kasus.
    Namun, hingga kini Indonesia belum memproduksi antibisa untuk trimeresurus insularis dan trimeresurus albolabris.
    “Di Indonesia bagi orang yang tergigit biasanya mereka akan mendapatkan antibisa dari luar negeri, green pit viper antivenom,” kata Janu.
    Indonesia saat ini baru memproduksi antibisa BioSave, yang ditujukan untuk tiga jenis ular berbisa, yakni kobra jawa (naja sputatrix), ular tanah atau malayan pit viper (calloselasma rhodostoma), dan welang (bungarus fasciatus).
    Untuk mendapatkan antibisa impor, rumah sakit harus melakukan koordinasi antar dokter dan mendapatkan izin resmi.
    Janu menyebutkan, laporan keberadaan ular hijau di wilayah Soloraya sangat sering diterimanya dalam dua tahun terakhir.
    “Insularis adalah yang paling sering. Karena memang habitatnya di wilayah Soloraya masih banyak,” tutupnya.
    Copyright 2008 – 2025 PT. Kompas Cyber Media (Kompas Gramedia Digital Group). All Rights Reserved.

  • 24.000 Penumpang Serbu Yogyakarta Jelang Libur Paskah

    24.000 Penumpang Serbu Yogyakarta Jelang Libur Paskah

    Yogyakarta, Beritasatu.com – Menjelang libur panjang Paskah 2025, antusiasme masyarakat untuk bepergian menggunakan kereta api melonjak tajam. KAI Daop 6 Yogyakarta mencatat, sebanyak 24.117 penumpang kereta api jarak jauh (KAJJ) tiba di wilayahnya pada H-1 libur Paskah, Kamis (17/4/2025).

    Stasiun Yogyakarta menjadi pintu masuk utama dengan 11.909 penumpang, disusul Stasiun Lempuyangan (5.386), Solo Balapan (3.764), Klaten (1.063), dan Purwosari (755).

    “Kota Yogyakarta jadi destinasi favorit untuk wisata, silaturahmi, hingga kegiatan keagamaan. Kami berkomitmen menghadirkan layanan KA yang andal dan nyaman,” ujar Manajer Humas KAI Daop 6 Yogyakarta Feni Novida Saragih kepada Beritasatu.com.

    Sementara itu, jumlah penumpang yang berangkat dari Daop 6 tercatat 15.675 orang, dengan Stasiun Yogyakarta tetap menjadi yang tertinggi (7.010), disusul Lempuyangan (3.750), Solo Balapan (2.256), Klaten (917), dan Purwosari (828).

    Tambahan Kereta untuk Antisipasi Lonjakan Penumpang

    Untuk mengantisipasi lonjakan libur Paskah, 33 kereta jarak jauh beroperasi di wilayah ini, terdiri dari 25 KA reguler dan 8 KA tambahan selama periode 17-20 April 2025. Rute tambahan melayani relasi padat seperti Yogyakarta-Jakarta, Solo-Bandung, dan lainnya.

    Daftar KA Tambahan dari Yogyakarta:
    1. KA 10121: Yogyakarta-Wates-Gambir (00.25 WIB)
    2. KA 7007A: Yogyakarta-Gambir (06.20 WIB)
    3. KA 7009A: Yogyakarta-Gambir (15.40 WIB)
    4. KA 88F: Yogyakarta-Surabaya Gubeng (22.25 WIB)

    Dari Solo Balapan:
    1. KA 7011A & 7013A: Solo-Bandung
    2 KA 7025: Solo-Pasarsenen (04.00 WIB)
    3. KA 7005: Solo-Gambir (22.00 WIB)

    Tiket Masih Tersedia, Pesan Sekarang

    Tiket menuju destinasi populer seperti Jakarta, Bandung, Surabaya, dan Malang masih tersedia. Masyarakat diimbau segera memesan sebelum kehabisan. Jika rute utama habis, gunakan fitur Connecting Train di aplikasi Access by KAI untuk rute alternatif.

    “Pastikan jadwal keberangkatan dan datang lebih awal ke stasiun agar tidak tertinggal kereta,” imbau Feni terkait libur Paskah.

  • Cuaca Hari Ini Jumat 18 April 2025: Hujan Guyur Jakarta Sore Nanti – Page 3

    Cuaca Hari Ini Jumat 18 April 2025: Hujan Guyur Jakarta Sore Nanti – Page 3

    Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengeluarkan peringatan dini potensi gelombang tinggi di berbagai wilayah perairan Indonesia pada periode 16-19 April 2025. Bibit siklon tropis 96S di Laut Timor dan 97S di Laut Arafuru menjadi penyebab utama peningkatan kecepatan angin dan tinggi gelombang.

    BMKG menyebut, pola angin di wilayah Indonesia bagian utara umumnya bergerak dari barat laut–timur laut dengan kecepatan 4–20 knot, sementara di wilayah selatan bergerak dari tenggara hingga barat daya dengan kecepatan 4–25 knot.

    Kecepatan angin tertinggi tercatat di Samudra Hindia selatan Nusa Tenggara Barat (NTB), Samudra Hindia selatan Nusa Tenggara Timur (NTT), dan Laut Arafuru. Demikian dilansir dari Antara.

    Wilayah yang berpotensi terdampak gelombang sedang (1,25-2,5 meter) meliputi Samudra Hindia di barat Aceh, Mentawai, Nias, Bengkulu, Laut Arafuru bagian barat dan timur, Samudra Pasifik utara Papua Barat, Papua, dan Maluku, Laut Jawa bagian timur, Selat Makassar, Laut Sulawesi, Laut Banda, Laut Sumbawa, Laut Bali, Laut Flores, dan Selat Malaka bagian utara.

    Sementara itu, gelombang tinggi (2,5-4,0 meter) berpotensi terjadi di Samudra Hindia di selatan Lampung, NTB, NTT, Bali, DI Yogyakarta, Banten, serta wilayah selatan Jawa Barat, Jawa Tengah, dan Jawa Timur.

    BMKG memberikan imbauan keselamatan pelayaran, khususnya bagi perahu nelayan, kapal tongkang, dan kapal ferry.

    BMKG mengimbau masyarakat, khususnya nelayan dan operator pelayaran, untuk waspada dan memperhatikan informasi cuaca maritim terkini demi keselamatan di laut. Selalu pantau informasi dari BMKG untuk langkah antisipasi.

  • Prakiraan Cuaca Solo Hari Ini Jumat 18 April 2025 : Pagi ini Hujan Ringan
                
                    
                        
                            Yogyakarta
                        
                        18 April 2025

    Prakiraan Cuaca Solo Hari Ini Jumat 18 April 2025 : Pagi ini Hujan Ringan Yogyakarta 18 April 2025

    Prakiraan Cuaca Solo Hari Ini Jumat 18 April 2025 : Pagi ini Hujan Ringan
    Penulis
    Solo, KOMPAS.com
    – Halaman ini memuat informasi
    prakiraan cuaca
    Solo, Jawa Tengah, untuk hari ini Jumat 18 April 2025.
    Silakan simpan halaman ini untuk mengetahui prakiraan cuaca Solo. Jangan ke luar rumah sebelum Anda baca artikel ini. Data prakiraan cuaca diambil dari BMKG.go.id.
    Prakiraan Cuaca
    Solo Hari Ini Per Jam
    Jumat 18 April 2025
    Di Indonesia, informasi prakiraan cuaca setiap daerah dikeluarkan oleh Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG).
    Setiap pagi, kita bisa melihat informasi perkiraan cuaca yang dikeluarkan BMKG.
    Prakiraan cuaca
    dilakukan oleh seorang
    forecaster
    (prakirawan cuaca)
    Pembuatan prakiraan cuaca juga dibantu dengan teknologi pemodelan prediksi cuaca berbasis komputer yakni model
    Numerical Weather Prediction
    (NWP).
    Catatan Redaksi:
    Data prakiraan cuaca harian bisa berubah sewaktu-waktu, tergantung update dari BMKG. Prakiraan cuaca di Jakarta bisa berbeda di masing-masing wilayah administrasi.
    Copyright 2008 – 2025 PT. Kompas Cyber Media (Kompas Gramedia Digital Group). All Rights Reserved.

  • Profil Megawati Zebua, Viral Karena Cekcok dan Diduga Cekik Pramugari

    Profil Megawati Zebua, Viral Karena Cekcok dan Diduga Cekik Pramugari

    YOGYAKARTA – Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Sumatera Utara dari fraksi Partai Golkar, Megawati Zebua menjadi perbincangan setelah sebuah video viral. Dalam video tersebut, ia terlihat cekcok dan berujung dengan tindakan mendorong seorang pramugari maskapai Wings Air sebelum keberangkatan penerbangan IW-1267 rute Gunungsitoli (GNS) menuju Medan Kualanamu (KNO), pada Minggu (13/4). Dalam artikel ini akan dibahas profil Megawati Zebua.

    Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, beredar cuplikan video di media sosial, yang memperlihatkan Megawati sedang berdebat dengan nada tinggi dan mendorong seorang pramugari. Video yang diambil dari sisi belakang terlihat seperti akan mencekik pramugari tersebut, akan tetapi, hal tersebut dibantah sendiri oleh Megawati. Ia mengatakan saat itu ia memang mendorong tapi tidak berupaya mencekik.

    “Saya hanya menyuruh pramugarinya untuk bergeser, supaya penumpang yang lain bisa masuk pada saat itu,” jelas Megawati setelah menghadiri Rapat Paripurna Hari Ulang Tahun (HUT) ke-77 Pemprov Sumut di Gedung DPRD Sumut, Kota Medan, Selasa (15/4).

    Ia bahkan mengklaim, dirinya mencoba membantu penumpang lainnya. Megawati mengungkapkan dirinya meminta pramugari bergeser agar penumpang lain bisa masuk.

    Profil Megawati Zebua

    Politikus Partai Golkar ini diketahui terdaftar sebagai anggota Komisi A DPRD Sumatera Utara. Megawati Zebua lahir di Gunung Sitoli, 31 Maret 1977. Pada Pemilu Legislatif 2024, Megawati meraih sebanyak 19.883 suara dari daerah pemilihan (Dapil) Sumatera Utara VIII, yang meliputi Kabupaten Nias, Nias Selatan, Nias Barat, dan Kota Gunungsitoli.

    Sebelumnya, Megawati Zebua juga sudah menjabat sebagai anggota DPRD Sumut periode 2019-2024. Pada tahun 2020-2024, ia juga sempat menjadi wakil bendahara DPD Golkar Sumatera Utara.

    Melansir Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN) yang dilaporkannya, total keseluruhan harta kekayaan Megawati Zebua memiliki nilai lebih dari Rp2,5 miliar, tepatnya Rp2.585.500.000. Harta kekayaan Megawati Zebua ini terdiri dari sejumlah aset berupa tanah dan bangunan hingga kendaraan. Tanahnya berlokasi di wilayah Nias. Dalam LHKPN miliknya, Megawati Zebua juga tercatat mempunyai utang senilai Rp70.000.000.

    Wings Air: Megawati Cekik Pramugari

    Corporate Communications Strategic of Wings Air Danang Mandala Prihantoro menyebutkan, pada insiden yang menjadi viral itu seorang pramugari sempat dicekik oleh anggota DPRD Sumut Megawati Zebua. Ia mengatakan peristiwa terjadi saat boarding sebelum keberangkatan penerbangan IW-1267 rute Gunungsitoli (GNS) menuju Medan Kualanamu (KNO) pada 13 April 2025.

    “Seorang pelanggan dengan nomor kursi 19F berinisial MZ membawa koper yang telah berlabel bagasi tercatat ke dalam kabin pesawat. Sesuai prosedur keselamatan dan standar operasional, awak kabin (pramugari) mengarahkan koper tersebut untuk dimasukkan ke bagasi kargo bagian belakang,” jelas Danang pada hari Selasa (15/4/2025).

    Danang mengatakan MZ dinilai bersikap tidak kooperatif dan tidak taat pada instruksi. Ketika awak pesawat hendak menegur, MZ justru mendorong dan mencekik pramugari.

    “Namun, pelanggan menunjukkan sikap tidak kooperatif, menolak instruksi, berusaha melepas label bagasi, dan tidak mengikuti arahan awak kabin meski telah dijelaskan secara persuasive,” katanya.

    Setelah itu MZ, lanjut dia, melakukan tindakan fisik kepada pramugari yang sedang menjalankan tugas.

    “Saat dilakukan pendekatan lanjutan, pelanggan justru melakukan tindakan fisik berupa dorongan dan cekikan terhadap salah satu pramugari,” pungkasnya.

    Demikianlah penjelasan mengenai profil Megawati Zebua yang viral dan menjadi perhatian akhir-akhir ini. Kunjungi VOI.id untuk mendapatkan informasi menarik lainnya.