kab/kota: Yogyakarta

  • Kartini Zaman Now, Dalang Perempuan Yogya Gaungkan Wayang Kulit

    Kartini Zaman Now, Dalang Perempuan Yogya Gaungkan Wayang Kulit

    Yogyakarta, Beritasatu.com – Pepatah “buah jatuh tak jauh dari pohonnya” tampaknya sangat tepat untuk menggambarkan sosok Rizki Rahma Nur Wahyuni, atau yang akrab disapa Rahma. Di momen peringatan Hari Kartini yang jatuh pada 21 April, profesinya sebagai dalang perempuan menjadi sorotan, mengingat profesi tersebut umumnya dijalani oleh laki-laki.

    Rahma mengaku mengikuti jejak sang ayah, Ki Sigit Manggala Saputra, yang juga berprofesi sebagai dalang. Sejak duduk di bangku kelas 3 sekolah dasar (SD), Rahma telah mulai mengasah kemampuannya dalam dunia pedalangan di bawah bimbingan langsung sang ayah.

    “Ayah saya seorang dalang, jadi sejak kecil saya sudah sangat akrab dengan dunia wayang kulit. Waktu itu, saat kelas tiga SD, saya sudah ingin belajar menjadi dalang dan langsung diajari oleh bapak,” ungkap Rahma, Senin (21/4/2025).

    Dalang perempuan kelahiran pada 1995 ini memainkan wayang Gagrak Ngayogyakarto atau yang dikenal dengan pakem klasik. Dalam pertunjukannya, Rahma sering membawakan cerita-cerita klasik, seperti Hanoman Duta dan Wahyu Cakraningrat.

    Menjadi seorang dalang perempuan tentu bukan hal yang lazim dalam dunia pewayangan yang selama ini didominasi laki-laki. Namun, justru itulah yang menjadi keunikan dan semangat Rahma untuk tetap konsisten dalam melestarikan seni budaya ini.

    Rahma adalah dalang perempuan asal Yogyakarta. – (Beritasatu.com/Olena Wibisana)

    “Yang membuat saya bertahan di dunia pewayangan adalah karena saya perempuan. Dalang identik dengan laki-laki, jadi keberadaan saya membawa warna baru dalam tradisi ini,” kata perempuan asal Yogyakarta ini.

    Di tengah tantangan era digital, Rahma tidak menyerah. Ia justru memanfaatkan teknologi untuk memperkenalkan wayang kulit ke generasi muda.

    Untuk melestarikan wayang, ia mengikuti berbagai pementasan yang dibagikan melalui media sosial (medsos) dan kanal YouTube, agar lebih mudah diakses oleh masyarakat luas.

    “Sekarang pertunjukan wayang sudah bisa disaksikan di YouTube dan media sosial lainnya,” tutur Rahma.

  • BMKG prakirakan sebagian besar Indonesia hujan ringan pada Senin

    BMKG prakirakan sebagian besar Indonesia hujan ringan pada Senin

    logo BMKG

    BMKG prakirakan sebagian besar Indonesia hujan ringan pada Senin
    Dalam Negeri   
    Editor: Novelia Tri Ananda   
    Senin, 21 April 2025 – 07:51 WIB

    Elshinta.com – Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memprakirakan cuaca di sebagian besar wilayah di Indonesia berpotensi hujan dengan intensitas ringan pada Senin.

    “Di wilayah Sumatera, yakni Kota Banda Aceh, Medan, Pekanbaru, dan Tanjung Pinang diprediksi terjadi hujan dengan intensitas ringan,” kata Prakirawan Idhan Abubakar dalam saluran Youtube BMKG, di Jakarta, Senin.

    Masyarakat diminta mewaspadai potensi hujan yang dapat disertai dengan petir di Kota Padang. Cuaca di Kota Bengkulu diprediksi turun hujan dengan intensitas ringan. Sementara cuaca di Kota Jambi, Palembang, Pangkalpinang, dan Bandar Lampung diprakirakan hujan yang dapat disertai petir.

    “Beralih ke Pulau Jawa, yakni Kota Serang, Jakarta, Bandung, Semarang, Yogyakarta, dan Surabaya diprediksi terjadi hujan dengan intensitas ringan,” kata dia.

    Selanjutnya untuk Pulau Bali dan Nusa Tenggara, cuaca di Kota Denpasar dan Mataram diprediksi berawan. Sedangkan untuk Kota Kupang diprediksi hujan dengan intensitas ringan. Untuk Pulau Kalimantan, cuaca di Kota Banjarmasin diprediksi berawan tebal.

    Cuaca di Kota Palangkaraya dan Kota Samarinda diprediksi turun hujan dengan intensitas ringan. Untuk Kota Tanjung Selor diprediksi hujan dengan intensitas sedang. Masyarakat diminta mewaspadai cuaca hujan yang dapat disertai petir untuk Kota Pontianak.

    “Beralih ke Pulau Sulawesi, yakni Kota Makassar dan Kota Palu diprediksi terjadi hujan dengan intensitas ringan,” katanya.

    Untuk cuaca di Kota Mamuju dan Gorontalo, diprediksi hujan dengan intensitas sedang. Sementara cuaca di Kota Kendari dan Manado diprakirakan hujan yang dapat disertai dengan petir. Beralih ke wilayah Maluku dan Papua, yakni Kota Ternate, Ambon, Sorong, Manokwari, Jayapura, dan Jayawijaya diprediksi turun hujan dengan intensitas ringan.

    “Waspadai hujan yang dapat disertai petir untuk Kota Nabire dan Merauke,” tuturnya.

    Sumber : Antara

  • Wamenaker Noel akan Panggil Manajemen Grab Akibat Kegaduhan Layanan Hemat: Sudah Meresahkan – Halaman all

    Wamenaker Noel akan Panggil Manajemen Grab Akibat Kegaduhan Layanan Hemat: Sudah Meresahkan – Halaman all

    TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA – Wakil Menteri Ketenagakerjaan (Wamenaker) Immanuel Ebenezer akan memanggil manajemen Grab akibat kegaduhan soal layanan GrabBike Hemat atau Akses Hemat.

    Layanan tersebut dikeluhkan driver ojek online (ojol) karena dinilai diskriminatif.

    “Kami panggil kalau begitu caranya. Ini kan sudah melampaui keresahan,” kata Noel, sapaan akrabnya, kepada Tribunnews, Minggu (20/4/2025).

    Noel belum akan memanggil Grab pada pekan depan karena ia masih harus melakukan kunjungan kerja.

    Meski demikian, ia memastikan pemanggilan akan dilakukan secepatnya.

    “Kami lihat deh nanti. Pokoknya secepatnya kami akan melakukan pemanggilan,” ujar Noel.

    Sementara menanti waktu pemanggilan, ia terbuka bagi driver ojol yang ingin mengadukan Grab ke Kemnaker.

    “Laporkan saja ke kami. Kalau misalnya mereka (driver ojol) butuh membuka jalur, kami akan buka komunikasinya dengan aplikator,” ucap Noel.

    Ia memandang Grab telah membuat kegaduhan karena adanya layanan ini.

    Noel pun meminta agar Grab peka terhadap penolakan yang terjadi di antara para mitra pengemudi mereka.

    “Harusnya aplikator peka dong, jangan malah memaksakan ketika itu ada penolakan,” katanya.

    Ia mengaku geram dengan adanya layanan ini karena telah menimbulkan kegaduhan.

    Noel pun menduga Grab ingin balas dendam karena harus mengikuti anjuran pemerintah mengenai Tunjangan Hari Raya (THR) atau Bantuan Hari Raya (BHR) untuk driver ojol pada perayaan Lebaran 2025.

    “Jangan-jangan aplikator ini dendam terhadap BHR kemarin. Jadi patut curiga sama hal begini. Peka kek, jangan bikin kegaduhan. Jangan sampai nanti malah kami jadi curiga,” ujar Noel.

    Noel menyarankan Grab agar mencabut layanan ini karena telah menimbulkan kegaduhan. Ia meminta agar manajemen Grab tidak terlalu lama mempertimbangkan pencabutan layanan ini.

    “Ketika ada resistensi, penolakan, cabut. Jangan terlalu lama. Jangan pakai argumentasi-argumentasi lain lagi, alasan-alasan lain lagi. Cabut. Kami nggak mau ada kegaduhan,” kata Noel.

    Berhubung driver memiliki status mitra dengan aplikator, Noel memandang mereka harusnya saling menguntungkan. Maka dari itu, Noel menginginkan agar layanan ini segera dicabut.

    “Jangan atas nama promo, atas nama apa, tapi drivernya disalahin. Jangan dong. Itu nggak fair. Kok begitu cara kemitraannya? Kemitraan itu selalu menguntungkan,” ucap Noel.

    Desakan dari Driver Ojol

    Sebagaimana diketahui, Serikat Pekerja Angkutan Indonesia (SPAI) mendesak Grab agar segera menghapus layanan GrabBike Hemat atau Akses Hemat.

    Ketua SPAI Lily Pujiati, mengatakan skema itu diskriminatif karena lebih memprioritaskan pengemudi yang mendaftar dalam mendapatkan orderan lebih banyak alias gacor.

    Sementara di sisi lain akan membuat pengemudi lain menjadi sepi orderan atau anyep.

    “Contohnya adalah skema GrabBike Hemat atau Akses Hemat yang diprotes oleh gelombang demonstrasi dari pengemudi ojol di berbagai kota seperti Surabaya, Semarang, Yogyakarta, Palembang, Cirebon, Mataram, Kupang dan lainnya,” katanya kepada media di Jakarta, Sabtu (19/4/2025).

    Sebagai catatan, pekan ini ratusan driver ojol turun ke jalan dan mendatangi kantor Grab di beberapa daerah untuk memprotes layanan Hemat tersebut.

    Grab Hemat adalah istilah yang mengacu pada program Akses Hemat layanan GrabBike Hemat.

    Berdasarkan tangkapan layar yang dibagikan para mitra pengemudi ojol Grab, driver harus mendaftar terlebih dulu untuk mengikuti program ini.

    Situs resmi Grab menjelaskan GrabBike Hemat merupakan layanan transportasi baru untuk perjalanan jarak pendek dengan tarif terjangkau yang tersedia di seluruh kota operasional Grab di Indonesia.

    Lily mengatakan, skema Hemat ini akan memotong pendapatan pengemudi ojol sebesar Rp 2.000 bila pengemudi menjalankan orderan antar penumpang sebanyak 2-5 orderan.

    Kemudian potongan akan naik menjadi Rp 3.000 bila menjalankan perintah dari platform sebanyak 6 orderan atau lebih. Potongan itu mulai berlaku saat diluncurkan di bulan Februari lalu.

    Namun kemudian potongan tersebut naik di bulan April ini hingga Rp 20.000 untuk menjalankan perintah platform sebanyak 10 orderan atau lebih.

    “Semua potongan itu semakin memberatkan karena selain itu platform masih melakukan potongan setiap orderan yang dikerjakan pengemudi ojol. Belum lagi biaya operasional yang harus ditanggung pengemudi ojol seperti biaya parkir, bensin, pulsa, paket data, spare parts, cicilan kendaraan, cicilan atribut (jaket, helm, tas) dan biaya lainnya,” jelasnya.

    Penjelasan Pihak Grab

    Director, Mobility & Logistics, Grab Indonesia Tyas Widyastuti mengatakan, pihaknya menghargai hak Mitra Pengemudi untuk menyuarakan pendapat dan aspirasi mereka, selama dilakukan dengan tertib, damai, dan sesuai dengan peraturan yang berlaku.

    “Kami juga menyediakan wadah bagi Mitra untuk mengemukakan pendapat dan masukan melalui berbagai saluran komunikasi,” ujarnya, dikutip dari Kompas.com, Jumat (18/4/2025).

    “Termasuk melalui layanan GrabSupport maupun kegiatan tatap muka antara perwakilan Grab dengan komunitas Mitra Pengemudi yang dilaksanakan secara berkala,” tambahnya.

    Tyas mengungkapkan, Grab senantiasa memberikan akses berbagai layanan utama bagi Mitra Pengemudi seperti GrabBike, GrabCar, GrabFood, GrabMart hingga GrabExpress, tanpa tambahan biaya.

    Sedangkan Program Akses Hemat, jelasnya, merupakan program tambahan baru yang bersifat opsional atau pilihan bagi pengemudi.

    Program ini, kata Tyas, memungkinkan Mitra Pengemudi mendapatkan akses pada layanan GrabBike Hemat.

    Meski demikian, dia memastikan bahwa penawaran program tambahan ini tidak bersifat wajib, sehingga Mitra dapat membatalkan partisipasinya kapan saja tanpa biaya apapun.

    “Adapun, ketentuan biaya langganan harian ketika mengikuti Program Akses Hemat berbeda di setiap kota, dan telah diinformasikan pertama kali saat Mitra mendaftar program ini di aplikasi GrabDriver,” jelas Tyas.

    Ia mengatakan, program Akses Hemat diluncurkan sejak awal 2025 usai mempertimbangkan masukan Mitra Pengemudi sebelumnya yang mengeluhkan terkait ketersediaan layanan GrabBike Hemat.

    Meski demikian, Grab akan terus meninjau program baru ini secara berkala dan akan menerapkan penyesuaian-penyesuaian, jika diperlukan.

  • Daya Tarik Pictniq, Destinasi Menikmati Pemandangan Alam di atas Bukit Patuk Gunungkidul

    Daya Tarik Pictniq, Destinasi Menikmati Pemandangan Alam di atas Bukit Patuk Gunungkidul

    Liputan6.com, Bandung – Gunungkidul merupakan salah satu kabupaten di Daerah Istimewa Yogyakarta yang dikenal sebagai surga wisata yang menyimpan berbagai pesona alam menakjubkan. Wilayah ini memiliki bentang alam perbukitan yang menjulang serta panorama alam yang memesona.

    Salah satu daya tarik utama Gunungkidul adalah wisata dari ketinggian yang memungkinkan pengunjung menikmati keindahan Yogyakarta dari sudut pandang yang berbeda. Wisatawan bisa menyaksikan sunrise maupun sunset dengan latar belakang pegunungan.

    Saat ini, bahkan ada beberapa tempat wisata populer di Gunungkidul yang menyuguhkan pemandangan dari ketinggian. Tempat-tempat mengajak pengunjung dapat melihat hamparan perbukitan hijau yang berlapis-lapis disertai kabut pagi atau indahnya lampu kota saat malam.

    Spot-spot ini sangat cocok untuk menikmati waktu bersama keluarga, pasangan, atau sekadar merenung sambil menikmati udara segar. Tidak hanya menyuguhkan keindahan visual tempat wisata di Gunungkidul juga dilengkapi dengan fasilitas yang lengkap.

    Banyak dari lokasi tersebut telah menyediakan gazebo, gardu pandang, hingga kafe dengan konsep outdoor yang ramah keluarga sehingga menjadikan pengalaman berwisata semakin menyenangkan bahkan untuk wisatawan yang datang bersama anak-anak atau lansia.

    Adapun salah satu yang wajib dikunjungi adalah Pictniq yang ada di kawasan Bukit Patuk Gunungkidul. Pengunjung tidak hanya bisa menikmati spot-spot foto cantik tetapi juga pemandangan yang memanjakan mata.

  • Soeharto Diusulkan Jadi Pahlawan, Sejarawan: Jangan Abaikan 1965

    Soeharto Diusulkan Jadi Pahlawan, Sejarawan: Jangan Abaikan 1965

    Yogyakarta, Beritasatu .com – Nama Presiden RI ke-2, Jenderal Besar TNI (Purn) Soeharto, diusulkan menjadi pahlawan nasional oleh Kementerian Sosial (Kemensos). Usulan tersebut menjadi bagian dari sepuluh nama tokoh yang diajukan bersama Tim Peneliti dan Pengkaji Gelar Pusat (TP2GP), pakar, dan budayawan.

    Namun, usulan ini menimbulkan polemik di tengah masyarakat karena rekam jejak kepemimpinan Soeharto yang dinilai kontroversial, terutama terkait pelanggaran hak asasi manusia dan represi terhadap kebebasan pers selama masa Orde Baru.

    Sejarawan Universitas Gadjah Mada  Agus Suwignyo menyatakan, secara kriteria formal, Soeharto memang layak menjadi pahlawan nasional. Meski demikian, ia menegaskan pentingnya mempertimbangkan seluruh aspek sejarah.

    “Kalau melihat kriteria dan persyaratan sebagai pahlawan nasional, nama Soeharto memang memenuhi kriteria tersebut. Namun tidak bisa juga mengabaikan fakta sejarah dan kontroversinya pada 1965,” ujar Agus terkait Soeharto diusulkan menjadi pahlawan nasional.

    Agus menjelaskan bahwa dalam Peraturan Menteri Sosial Nomor 15 Tahun 2012, seorang tokoh harus terbukti memiliki kontribusi nyata sebagai pemimpin atau pejuang dan tidak pernah mengkhianati bangsa.

    Soeharto diketahui memiliki peran penting dalam perjuangan kemerdekaan Indonesia. Ia terlibat dalam Serangan Umum 1 Maret 1949 yang berhasil merebut Yogyakarta dari pendudukan Belanda, serta menjabat sebagai Panglima Komando Mandala dalam operasi pembebasan Irian Barat pada 1962.

    “Cara pandang sejarah terhadap Soeharto ini tidak bisa hitam putih. Sebagai pahlawan nasional, tidak bisa mengabaikan fakta sejarah. Namun, tidak bisa juga mengabaikan kontribusinya dalam kemerdekaan,” papar Agus soal usulan Soeharto menjadi pahlawan nasional.

    Meskipun kontribusi di masa perjuangan diakui, Agus menilai bahwa pemberian gelar pahlawan nasional kepada Soeharto berpotensi menimbulkan perdebatan. Sebab, ia juga dikenal sebagai sosok yang bertanggung jawab atas pelanggaran HAM berat dan tindakan represif terhadap kebebasan sipil.

    “Penulisan sejarah itu harus memperhatikan konteks, ya. Jadi semisal ada kategori pahlawan nasional dalam bidang tertentu, sehingga bisa diberikan gelar, tetapi dalam konteks dan catatan,” jelasnya.

    Agus juga menyoroti perlunya pendekatan yang lebih luas dalam pengusulan gelar pahlawan nasional. Ia mencontohkan Syafruddin Prawiranegara, tokoh yang sempat dicap pengkhianat karena keterlibatannya dalam Pemerintahan Revolusioner Republik Indonesia (PRRI), padahal perannya penting dalam sejarah pembentukan Pemerintah Darurat Republik Indonesia.

    “Selain itu, kita belum (memberikan pengakuan) pada berbagai tokoh-tokoh di bidang seni, teknologi, dan pengetahuan. Saya kira perlu ada kajian mengenai pahlawan nasional di luar latar belakang militer,” pungkas Agus.

    Usulan pemberian gelar pahlawan nasional kepada Soeharto kini menjadi perbincangan publik yang menyentuh aspek sejarah, politik, dan moral. Pemerintah masih menunggu hasil kajian dan pertimbangan lebih lanjut dari berbagai pihak terkait Soeharto diusulkan menjadi pahlawan nasional ini.

  • Inilah Alasan Mengapa Pantai di Bantul Banyak Pohon Cemara

    Inilah Alasan Mengapa Pantai di Bantul Banyak Pohon Cemara

    Liputan6.com, Yogyakarta – Pantai Bantul di Yogyakarta dipagari deretan pohon cemara yang bukan hanya memperindah pemandangan. Pohon-pohon ini berperan untuk menahan abrasi pantai dari gempuran ombak laut.

    Akar kuat cemara mampu mengikat pasir dan mencegah perpindahan gumuk pasir. Selain itu, rimbunnya daun cemara melindungi lahan pertanian sekitar dari angin laut yang mengandung garam. Mengutip dari berbagai sumber, pohon cemara (casuarina equisetifolia) banyak ditanam di kawasan pantai Bantul karena kemampuannya beradaptasi dengan kondisi lingkungan pesisir. Tanaman ini tahan terhadap terpaan angin kencang, udara asin, dan tanah berpasir yang kurang subur.

    Selain itu, struktur akar dan tajuknya memberikan manfaat ekologis bagi kawasan pantai. Salah satu fungsi utama pohon cemara di pantai Bantul adalah mencegah abrasi atau pengikisan daratan oleh gelombang laut.

    Akar cemara yang tumbuh kuat dan dalam mampu mengikat pasir pantai, sehingga mengurangi dampak erosi saat air laut pasang atau terjadi badai. Selain abrasi, pantai Bantul juga memiliki gumuk pasir atau bukit pasir yang mudah bergeser akibat tiupan angin.

    Pohon cemara berperan sebagai penstabil gumuk pasir karena akarnya menahan pergerakan pasir. Tanpa vegetasi ini, gumuk pasir dapat berpindah dan mengancam lahan pertanian atau permukiman di sekitarnya.

    Kawasan pantai Bantul tidak hanya berupa hamparan pasir, tetapi juga terdapat lahan pertanian yang dimanfaatkan warga untuk menanam sayuran dan palawija. Angin laut yang kencang dan mengandung garam dapat merusak tanaman pertanian.

     

  • Sewa Mobil di Thailand Jangan Buru-Buru, Begini Tipsnya

    Sewa Mobil di Thailand Jangan Buru-Buru, Begini Tipsnya

    YOGYAKARTA – Thailand adalah negara di Asia Tenggara yang menjadi destinasi wisata dengan menawarkan pengalaman perjalanan yang tak terlupakan. Kemudian salah satu cara terbaik untuk menjelajahi negeri Gajah Putih adalah dengan menyewa mobil. Nah, untuk sewa mobil di Thailand sebaiknya Anda memahami beberapa hal berikut.

    Artikel ini hadir untuk memandu Anda melalui proses tersebut, memberikan tips dan trik agar perjalanan Anda berjalan lancar dan menyenangkan, tanpa ada kejutan yang tidak diinginkan.

    Hal yang Perlu Diperhatikan Sewa Mobil di Thailand

    Dilansir dari laman seafancarrental, berikut ini beberapa hal penting ketika menyewa mobil di Thailand:

    Persyaratan Surat Izin Mengemudi

    Untuk menyewa mobil di Thailand, Anda memerlukan surat izin mengemudi yang sah dari negara asal Anda. Namun, sangat disarankan (dan terkadang diwajibkan oleh perusahaan penyewaan) untuk juga memiliki Surat Izin Mengemudi Internasional (SIM Internasional atau IDP).

    Dokumen ini menerjemahkan lisensi Anda ke dalam berbagai bahasa, termasuk bahasa Thai, dan dapat sangat membantu jika Anda dihentikan oleh polisi.

    Batasan Usia dan Pengalaman Mengemudi

    Sebagian besar perusahaan penyewaan mobil di Thailand mengharuskan pengemudi berusia minimal 21 tahun, meskipun beberapa mungkin menetapkan usia minimum 23 atau 25 tahun.

    Selain itu, Anda mungkin perlu memiliki surat izin mengemudi setidaknya selama satu tahun. Untuk itu, jika Anda berusia di bawah 25 tahun, bersiaplah untuk potensi biaya tambahan pengemudi muda.

    Baca juga artikel yang membahas Waktu Terbaik Liburan ke Thailand, Pertimbangkan Bulan dan Musimnya

    Asuransi sangat penting saat menyewa mobil di Thailand. Asuransi dasar biasanya termasuk dalam harga sewa, tetapi ini sering kali disertai dengan biaya kelebihan (deductible) yang tinggi.

    Pertimbangkan untuk membeli cakupan tambahan untuk mengurangi atau menghilangkan biaya kelebihan tersebut. Ada baiknya juga untuk memeriksa apakah asuransi perjalanan atau kartu kredit Anda menawarkan asuransi penyewaan mobil.

    Thailand mengikuti sistem Inggris, jadi Anda akan mengemudi di sisi kiri jalan. Ini bisa menjadi tantangan jika Anda terbiasa mengemudi di sisi kanan, jadi luangkan waktu untuk membiasakan diri sebelum berkendara di jalanan yang ramai.

    Ingat juga bahwa kursi pengemudi berada di sisi kanan mobil, berarti Anda akan membutuhkan sedikit penyesuaian.

    Peraturan Lalu Lintas dan Kondisi Jalan

    Lalu lintas di Thailand bisa sangat kacau, terutama di kota-kota besar seperti Bangkok. Maka bersiaplah untuk sepeda motor yang menyalip di antara lalu lintas, perubahan jalur yang tiba-tiba, dan pejalan kaki yang menyeberang di mana saja.

    Di daerah pedesaan, jalan bisa sempit, dan Anda mungkin akan bertemu dengan hewan ternak atau kendaraan yang bergerak lambat. Maka selalu mengemudi secara defensif dan tetap waspada.

    Batas kecepatan di Thailand umumnya 60 km/jam (37 mph), kemudian di kota-kota dan 90-120 km/jam (56-75 mph). Namun, batas kecepatan mungkin tidak selalu ditandai dengan baik, jadi perhatikan rambu-rambu.

    Bahan Bakar dan Stasiun Pengisian Bahan Bakar

    Stasiun pengisian bahan bakar banyak ditemukan di kota-kota dan di sepanjang jalan raya utama, tetapi bisa jarang di daerah terpencil.

    Sebagian besar stasiun akan memberikan layanan penuh, yang berarti petugas akan mengisi tangki Anda.

    Pembayaran biasanya dilakukan dengan uang tunai, meskipun beberapa stasiun menerima kartu kredit. Sebaiknya bawa sejumlah baht Thailand untuk bahan bakar dan pengeluaran lainnya, terutama di daerah pedesaan.

    Parkir di Thailand bisa menjadi rumit, terutama di daerah perkotaan yang padat. Untuk itu, cari tempat parkir yang ditentukan, yang sering ditandai dengan warna biru atau putih.

    Di beberapa daerah, Anda mungkin perlu membayar parkir dengan membeli tiket dari mesin atau petugas. Hindari parkir di zona merah atau kuning, karena mobil Anda bisa diderek atau dikunci.

    Selain sewa mobil di thailand, ikuti artikel-artikel menarik lainnya juga ya. Ingin tahu informasi menarik lainnya? Jangan ketinggalan, pantau terus kabar terupdate dari VOI dan follow semua akun sosial medianya! 

  • Keunggulan Tambal Ban Tip Top yang Tahan Lama, Segini Biaya Menambalnya

    Keunggulan Tambal Ban Tip Top yang Tahan Lama, Segini Biaya Menambalnya

    YOGYAKARTA – Metode tambal ban “tip top” dikenal sebagai salah satu cara terbaik dan paling efektif untuk mengatasi kebocoran atau kerusakan pada ban. Banyak pengguna kendaraan yang menanyakan mengenai keunggulan tambal ban tip top dan berapa tarifnya. 

    Tambal ban tip top merupakan teknik yang umumnya digunakan untuk menambal ban tubeless maupun ban dalam. Teknik menambal ini dapat menghasilkan perbaikan yang kuat dan tahan lama.

    Berapa Biaya Tambal Ban Tip Top

    Biaya tambal ban tip top dapat berbeda-beda tergantung pada beberapa faktor, seperti jenis ban (tubeless atau dengan ban dalam), ukuran ban, lokasi bengkel, serta tingkat kesulitan perbaikannya. Secara umum, berikut adalah perkiraan tarif tambal ban tip top di Indonesia:

    Ban Sepeda Motor

    Tubeless: Rp20.000 – Rp40.000 per tambalan.Dengan Ban Dalam: Rp10.000 – Rp20.000 per tambalan.

    Ban Mobil

    Tubeless: Rp50.000 – Rp100.000 per tambalan.Dengan Ban Dalam: Rp40.000 – Rp80.000 per tambalan.

    Ban Truk atau Kendaraan Berat

    Tubeless: Rp100.000 – Rp200.000 per tambalan.Dengan Ban Dalam: Rp80.000 – Rp150.000 per tambalan.

    Daya Tahan Tambal Ban Tip Top

    Tambal ban tip top terkenal akan kekuatan serta ketahanannya yang tinggi, sehingga dianggap sebagai salah satu metode penambalan ban yang paling efektif dan dapat diandalkan. Berikut beberapa faktor yang memengaruhi ketahanan tambal ban tip top serta berapa lama hasil tambalan ini dapat bertahan:

    Kualitas Bahan Tambal: Penggunaan bahan tambal tip top berkualitas tinggi, seperti karet vulkanisir dan lem khusus. Bahan tersebut dapat meningkatkan daya tahan tambalan secara signifikan dibandingkan dengan bahan tambal yang lebih murah dan berkualitas rendah.Proses Penambalan yang Tepat: Penambalan yang dilakukan dengan tepat oleh teknisi berpengalaman akan memastikan tambalan melekat dengan kuat dan bertahan lama. Proses ini mencakup pembersihan area yang bocor, pengamplasan, serta penggunaan lem dan patch secara benar.Kondisi dan Jenis Ban: Tambalan cenderung lebih awet jika ban dalam kondisi baik dan tidak terlalu aus atau mengalami kerusakan serius. Selain itu, jenis ban tubeless maupun dengan ban dalam juga berpengaruh terhadap ketahanan tambalan.Penggunaan dan Perawatan Ban: Penggunaan dan perawatan ban yang baik turut memengaruhi ketahanan tambalan. Menghindari jalan berlubang, menjaga tekanan udara tetap optimal, serta melakukan rotasi ban secara rutin dapat membantu memperpanjang umur tambalan.

    Perkiraan Daya Tahan Tambal Ban Tip Top

    Tambal ban tip top umumnya mampu bertahan hingga selama sisa umur ban tersebut. Berikut ini perkiraan daya tahan dari hasil tambal ban tip top: 

    Ban Sepeda Motor: Tambalan tip top pada ban sepeda motor umumnya dapat bertahan antara 1 hingga 2 tahun atau lebih, tergantung pada frekuensi penggunaan serta kondisi jalan yang dilalui.Ban Mobil: Pada ban mobil, tambalan tip top dapat bertahan selama beberapa tahun, bahkan hingga masa pakai ban berakhir, asalkan ban dirawat dengan baik dan tidak mengalami kerusakan lebih lanjut.Ban Truk atau Kendaraan Berat: Tambalan tip top pada ban truk atau kendaraan berat memiliki ketahanan yang cukup lama. Namun karena beban dan tekanan yang lebih besar, inspeksi rutin diperlukan untuk memastikan ban tetap dalam kondisi optimal.

    Keunggulan Tambal Ban Tip Top

    Berikut ini sejumlah keunggulan dari tambal ban tip top yang perlu Anda tahu:

    Kekuatan dan Ketahanan

    Tambalan tip top dikenal akan daya tahan dan kekuatannya. Hasil tambalan mampu bertahan dalam jangka waktu lama serta menahan tekanan udara yang tinggi.

    Fleksibilitas

    Tambal ban tip top cocok untuk berbagai jenis ban, baik tubeless maupun ban dalam, serta dapat diterapkan pada berbagai kendaraan, seperti sepeda motor, mobil, dan truk.

    Keamanan

    Metode ini menjamin kebocoran diperbaiki secara optimal, sehingga meminimalkan risiko kebocoran kembali yang berpotensi menyebabkan kecelakaan.

    Efektivitas Biaya

    Meskipun biaya tambal ban tip top cenderung lebih tinggi dibandingkan metode lainnya, keunggulannya dalam hal daya tahan menjadikannya investasi yang lebih menguntungkan dalam jangka panjang.

    Demikianlah sejumlah keunggulan tambal ban tip top dan biaya untuk menambalnya. Tambal ban tip top dikenal sebagai metode penambalan yang menghasilkan perbaikan yang kuat dan tahan lama.

    Ikuti terus berita terkini dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI. Kami menghadirkan info terbaru dan terupdate nasional maupun internasional.

  • Zulhas Umumkan Pengurus Baru PAN, Targetkan 4 Besar di Pemilu 2029

    Zulhas Umumkan Pengurus Baru PAN, Targetkan 4 Besar di Pemilu 2029

    Jakarta, Beritasatu.com – Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN), Zulkifli Hasan alias Zulhas, secara resmi mengumumkan susunan pengurus baru Dewan Pimpinan Pusat (DPP) PAN periode 2024–2029 dalam acara halalbihalal yang digelar di Rumah DPP PAN, Jakarta Selatan, Minggu (20/4/2025).

    Dalam kesempatan tersebut, Zulhas menyampaikan ambisinya untuk membawa PAN masuk ke jajaran empat besar partai politik nasional pada Pemilihan Umum (Pemilu) 2029.

    “Saya meyakini, insyaallah, 2029 Partai Amanat Nasional sekurang-kurangnya masuk empat besar. Syaratnya satu: satu komando. Hentikan pertengkaran politik internal, kita harus fokus capai tujuan,” ujar Zulhas di hadapan para kader dan pengurus baru PAN.

    Berikut adalah susunan lengkap kepengurusan DPP PAN 2024–2029:
     

    Ketua Umum: Zulkifli Hasan
    Wakil Ketua Umum: Viva Yoga Mauladi, Yandri Susanto, Zita Anjani, Eddy Soeparno, Saleh Partaonan Daulay, Nazaruddin Dek Gam, Sakti Wahyu Trenggono, Priyo Budi Santoso
    Sekretaris Jenderal: Eko Hendro Purnomo (Eko Patrio)
    Bendahara Umum: Pangeran Khaerul Saleh

    Badan-Badan Kepengurusan:
     

    Badan Pemenangan Pemilu:
    Banten, Papua, Maluku: Yandri Susanto, Dudy Purwaghandi
    Jabar, Jatim, NTT, NTB, Bali: Bima Arya Sugiarto
    Jawa Tengah: Sakti Wahyu Trenggono
    Sulawesi: Ashabul Kahfi
    DKI Jakarta, Sumatra, Yogyakarta: Budi Santoso

    Badan Pengawas dan Disiplin Partai:
    Ketua: Putri Zulhas
    Wakil Ketua: Irvan 

    Badan Strategis dan Komunikasi:
    Ketua: Zita Anjani

    Badan Pembina Organisasi dan Keanggotaan:
    Ketua: Viva Yoga Mauladi
    Wakil Ketua: Tedi Kurniawan

    Badan Pencalegan:
    Ketua: Dessy Ratnasari
     

    Badan Advokasi:
    Ketua: Sarifuddin Sudding
    Wakil Ketua: Endang Agustina

    Badan Pemberdayaan Perempuan dan Anak:
    Ketua: Lula Kamal
    Wakil Ketua: Nisya Ahmad

    BSN (Badan Saksi Nasional):
    Ketua: Erwin Izharuddin

    Badan Pengkaderan dan Amanat Academy:
    Ketua: Saleh Daulay
    Wakil Ketua: Arizal Tom Liwafa

    Badan Sosial:
    Ketua: A Bakri
    Wakil Ketua: Farah Putri Nahlia

    Badan Pendidikan Nasional:
    Ketua: Dewi Coryati

    Badan Pemberdayaan Bantu Desa:
    Ketua: Intan Fauzi
    Wakil Ketua: Herry Dermawan

    Badan Luar Negeri:
    Ketua: Eddy Soeparno
    Wakil Ketua: Surya Utama (Uya Kuya)

    Badan Sayap Partai:
    Ketua: Slamet Aryadi

    Badan Pengembangan Seni dan Budaya:
    Ketua: Sigit Purnomo (Pasha Ungu)

    Badan Kepemudaan dan Olahraga:
    Ketua: Verrel Bramastya
    Wakil Ketua: Abdul Hakim Bafagih

    Badan Instruktur Nasional:
    Ketua: Didik J Rachbini

    Badan Tenaga Kerja:
    Ketua: Muazzim Akbar

    Badan Hubungan Antar Lembaga:
    Ketua: Priyo Budi Santoso
    Wakil Ketua: Simon Petrus Kamlasi

    Zulhas menegaskan bahwa semangat soliditas dan kesatuan arah menjadi kunci utama untuk mewujudkan target politik partai. “Bukan soal posisi, tapi soal kontribusi nyata untuk kemajuan partai dan bangsa,” jelasnya menutup pengumuman pengurus baru PAN.

  • PAN umumkan jajaran pengurus DPP periode 2024-2029

    PAN umumkan jajaran pengurus DPP periode 2024-2029

    Sumber foto: Radio Elshinta/ Arie Dwi Prasetyo

    PAN umumkan jajaran pengurus DPP periode 2024-2029
    Dalam Negeri   
    Editor: Valiant Izdiharudy Adas   
    Minggu, 20 April 2025 – 16:03 WIB

    Elshinta.com – Partai Amanat Nasional (PAN) mengumumkan susunan jajaran lengkap pengurus DPP periode 2024-2029, pada Minggu (20/4) hari ini. Hal ini diumumkan langsung oleh Ketua Umum DPP PAN Zulkifli Hasan (Zulhas) di Kantor DPP PAN, Jakarta Selatan, Minggu (20/4), seperti yang dilaporkan Reporter Elshinta Arie Dwi Prasetyo.

     

    “Ini sudah diumumkan pengurus yang kemarin, tetapi ini saya ulang saja. Karena kemarin baru secara umum sekarang mulai ada dibagi. Nanti yang belum kebagian akan disusulkan kemudian,” sambungnya.

     

    Dari nama-nama yang disebutkan, mereka juga diberikan tugas untuk Pemilihan Umum (Pemilu) yang akan datang.

     

    “Saudara-saudara, ada dua yang kita lakukan. Partai kita bikin ringkas saja. Satu tujuannya pemenang Pemilu. Itu yang paling penting. Oleh karena itu, pemenang Pemilu-nya kita bagi tugas,” ujar Zulhas

     

    Dalam kepengurusan baru tersebut, Zulkifli Hasan (Zulhas) masih menjabat sebagai Ketua Umum. Sementara posisi Sekretaris Jenderal PAN baru diisi oleh Eko Hendro Purnomo alias Eko Patrio.

     

    Berikut susunan kepengurusan DPP PAN 2024-2029:

    Ketua Umum: Zulkifli Hasan

    Sekretaris Jenderal: Eko Hendro Purnomo (Eko Patrio)

    Bendahara Umum: Pangeran Khairul Saleh

    Wakil Ketua Umum:

    Viva Yoga Mauladi

    Yandri Susanto

    Zita Anjani

    Eddy Soeparno

    Saleh Partaonan

    Nazaruddin Dek Gam

    Sakti Wahyu Trenggono

    Priyo Budi Santoso

    Badan Pemenangan Pemilu (Bapilu):

    Yandri Susanto: Banten, Papua, Maluku

    Bima Arya Sugiarto: Jawa Barat, Jawa Timur, NTT, NTB, Bali

    Sakti Wahyu Trenggono: Jawa Tengah

    Dudi Purwagandhi: Kalimantan

    Ashabul Kahfi: Sulawesi

    Budi Santoso: DKI Jakarta, Sumatera, Yogyakarta

     

    Badan Pengawas dan Disiplin Partai:

    Ketua: Putri Zulkifli Hasan

    Wakil: Irvan Herman

     

    Badan Strategi dan Komunikasi Partai: Zita Anjani

     

    Pembinaan Organisasi dan Keanggotaan:

    Ketua: Viva Yoga Mauladi

    Wakil: Tedi Kurniawan

     

    Badan Pencalegan:

    Ketua: Dessy Ratnasari

    Wakil: Slamet Nur Achmad

     

    Badan Advokasi:

    Ketua: Sarifuddin Suding

    Wakil: Endang Agustina

     

    Badan Pemberdayaan Perempuan dan Anak:

    Ketua: Lulu Kamal

    Wakil: Nisya Ahmad

     

    Badan Saksi Nasional:

    Erwin Izharuddin

     

    Badan Pengkaderan dan Amanat Academy:

    Ketua: Saleh Daulay

    Wakil: Arizal Tom Luwafa

     

    Badan Sosial:

    Ketua: A. Bakri

    Wakil: Farah Putri Nahlia

     

    Badan Pendidikan Nasional:

    Dewi Coryati

     

    Badan Pemberdayaan Bantu Desa (Buruh, Nelayan, Tani, UMKM, Desa):

    Ketua: Intan Fauzi

    Wakil: Herry Dermawan

     

    Badan Luar Negeri:

    Ketua: Eddy Soeparno

    Wakil: Surya Utama (Uya Kuya)

     

    Badan Sayap Partai:

    Slamet Ariyadi

     

    Badan Pengembangan Seni dan Budaya:

    Sigit Purnomo (Pasha Ungu)

     

    Badan Kepemudaan dan Olahraga:

    Ketua: Varrel Bramasta

    Wakil: Abdul Hakim Bafagih

     

    Badan Instruktur Nasional:

    Didik J. Rachbini

     

    Badan Tenaga Kerja:

    Muazzim Akbar

     

    Badan Hubungan Antar Lembaga:

    Ketua: Priyo Budi Santoso

    Wakil: Simon Petrus Kamlasi

    Sumber : Radio Elshinta