kab/kota: Tokyo

  • Toyota Tsusho Bakal Investasi Rp 1,6 T buat Hilirisasi Timah dan Tembaga RI

    Toyota Tsusho Bakal Investasi Rp 1,6 T buat Hilirisasi Timah dan Tembaga RI

    Jakarta

    Wakil Menteri Investasi dan Hilirisasi/Wakil Kepala BKPM, Todotua Pasaribu menyampaikan anak usaha Toyota Group, Toyota Tsusho Corporation akan investasi di sektor hilirisasi mineral timah dan tembaga di Indonesia. Perusahaan perdagangan dan investasi global asal Jepang ini akan berinvestasi senilai US$ 100 juta atau setara Rp 1,6 triliun (kurs Rp 16.667).

    Hal ini disampaikan Todotua usai melakukan pertemuan dengan jajaran Toyota Tsusho Corporation (TTC) di Tokyo, Jepang. Todotua menyampaikan perusahaan tersebut akan mengembangkan industri solder paste dan industri copper rod sebagai bahan baku kabel.

    Investasi ini sebagai langkah Toyota Tsusho untuk mengamankan rantai pasok solder paste, akibat lonjakan permintaan dari industri otomotif global. Proyek ini masih pada tahap awal pembahasan dan harapannya dapat dikembangkan bersama PT Timah sebagai mitra lokal.

    “Indonesia berkontribusi sekitar 18% terhadap pasokan timah dunia, menjadikannya salah satu pemain utama dalam rantai pasok global. Dengan posisi strategis ini, Indonesia memiliki potensi besar untuk memperkuat industri komponen produk elektronik dan otomotif. Kementerian Investasi dan Hilirisasi/BKPM berkomitmen mendukung penuh setiap upaya hilirisasi yang menciptakan nilai tambah di dalam negeri,” ujar Todotua dalam keterangannya, Senin (10/11/2025).

    Selain timah, Toyota Tsusho juga berminat berinvestasi di bidang hilirisasi tembaga. Tujuan investasi ini adalah dalam rangka mengamankan bahan baku kabel berupa copper rods yang juga meningkat permintaannya seiring perkembangan otomotif di global.

    “Kami menyambut baik minat Toyota Tsusho untuk juga memperluas investasi di bidang hilirisasi tembaga, apalagi investasi ini juga akan mendorong proses nilai tambah yang lebih di dalam negeri setelah sebelumnya beberapa perusahaan di dalam negeri telah memproduksi katoda tembaga yang merupakan bahan baku dari copper rods dan copper wire. Pemerintah siap memberikan dukungan menyeluruh mulai dari fasilitasi perizinan, kemudahan berusaha, hingga tahap operasional,” tambahnya.

    Secara global, lebih dari 50% konsumsi timah digunakan untuk pembuatan solder, terutama solder paste yang menjadi komponen penting di industri komponen elektronik, otomotif, hingga energi surya. Permintaan global solder paste diperkirakan tumbuh dari 5.170 ton pada 2024 menjadi 6.300 ton pada 2029.

    Dari sisi investasi, Jepang menempati posisi keempat sebagai sumber investasi asing langsung (FDI) terbesar di Indonesia, dengan total nilai investasi mencapai US$ 18,89 miliar dalam lima tahun terakhir serta pertumbuhan rata-rata tahunan sebesar 12,4%. Angka ini mencerminkan semakin kuatnya hubungan ekonomi dan komitmen kedua negara dalam mendorong kerja sama investasi yang berorientasi pada hilirisasi, teknologi hijau, dan pertumbuhan berkelanjutan.

    (kil/kil)

  • PM Jepang Akan Potong Gajinya dan Para Menteri

    PM Jepang Akan Potong Gajinya dan Para Menteri

    Tokyo

    Perdana Menteri (PM) Jepang Sanae Takaichi berencana merevisi undang-undang remunerasi pegawai negeri untuk memotong gaji para anggota kabinet, termasuk dirinya sendiri.

    Rencana tersebut, seperti dilansir Japan Times, Senin (10/11/2025), diumumkan dalam sidang luar biasa parlemen Jepang.

    Pemerintah akan menggelar rapat menteri terkait paling cepat pada Selasa (11/11) besok untuk mengonfirmasi penangguhan gaji tambahan bagi Perdana Menteri Jepang dan para menteri anggota kabinetnya. Gaji tambahan itu dibayarkan di luar gaji mereka sebagai anggota parlemen.

    Dengan rencana tersebut, PM Takaichi tampaknya ingin menunjukkan komitmennya terhadap reformasi dengan mewujudkan seruan sejak lama untuk memotong gaji para menteri.

    Partai Inovasi Jepang atau Nippon Ishin no Kai, yang merupakan mitra koalisi terbaru untuk Partai Demokrat Liberal yang menaungi PM Takaichi, juga menyerukan reformasi untuk mengurangi hak istimewa para anggota parlemen.

    “Saya akan mengupayakan revisi undang-undang agar (para anggota kabinet) tidak menerima gaji yang melebihi gaji anggota parlemen,” tegas PM Takaichi saat berbicara dalam konferensi pers pelantikannya pada Oktober lalu.

    Pemerintah Jepang disebut sedang mempertimbangkan untuk menyatakan dalam undang-undang bahwa gaji tambahan untuk Perdana Menteri dan para menteri kabinet tidak akan diberikan “untuk sementara waktu”.

    Saat ini, menurut Kepala Sekretaris Kabinet Minoru Kihara, anggota parlemen Jepang menerima gaji bulanan sebesar 1,294 juta Yen (Rp 140 juta). Selain itu, seorang PM Jepang menerima gaji tambahan sebesar 1,152 juta (Rp 124,6 juta) dan para menteri kabinet menerima gaji tambahan sebesar 489.000 Yen (Rp 52,9 juta).

    Namun, sebagai bagian dari reformasi administrasi dan fiskal, PM Jepang akan mengembalikan 30 persen dari gaji bulanannya, dan para menteri kabinet mengalami pemotongan gaji sebesar 20 persen. Hal ini secara efektif mengurangi gaji tambahan sebesar 390.000 Yen (Rp 42,2 juta) untuk PM Jepang dan sebesar 110.000 Yen (Rp 11,9 juta) untuk menteri kabinet.

    Pujian dilontarkan terhadap rencana PM Takaichi memotong gaji dirinya dan para menteri kabinet tersebut. Salah satu pemimpin Partai Inovasi Jepang, Fumitake Fujita, menyebutnya sebagai langkah “luar biasa”.

    “Ini mencerminkan kesediaan Perdana Menteri untuk melakukan reformasi yang sulit jika Nippon Ishin juga melakukannya,” ujar seorang pejabat senior pemerintah Jepang.

    Namun di sisi lain, beberapa pihak mempertanyakan gagasan pemotongan gaji itu saat pemerintah berupaya meningkatkan pendapatan rakyat. Pemimpin Partai Demokrat untuk Rakyat, Yuichiro Tamaki, mengkritik rencana itu sebagai “simbol pola pikir deflasi”.

    Halaman 2 dari 2

    (nvc/ita)

  • Toyota & Pertamina Mau Bangun Pabrik Bioetanol Senilai Rp2,5 Triliun di Lampung

    Toyota & Pertamina Mau Bangun Pabrik Bioetanol Senilai Rp2,5 Triliun di Lampung

    Bisnis.com, JAKARTA — Wakil Menteri Investasi dan Hilirisasi/Wakil Kepala BKPM Todotua Pasaribu mengungkapkan, Toyota bakal bekerja sama dengan PT Pertamina New Renewable Energy (NRE) untuk membangun pabrik bioetanol di Lampung. Proyek itu bakal menelan investasi sekitar Rp2,5 triliun.

    Adapun, kesepakatan ini didapat usai Todotua melakukan pertemuan dengan CEO of Asia Region Toyota Motor Corporation Masahiko Maeda pada pekan lalu. Keduanya juga mengunjungi fasilitas riset di Fukushima milik Research Association of Biomass Innovation for Next Generation Automobile Fuels (RABIT).

    Berdasarkan Roadmap Hilirisasi Investasi Strategis yang dimiliki Kementerian Investasi dan Hilirisasi/BKPM, sejumlah wilayah seperti Lampung telah disiapkan untuk menjadi sentra pengembangan industri bioetanol, dengan dukungan bahan baku dari tebu, singkong, dan sorgum. 

    “Sebagai pioneer project, tadi sudah didiskusikan akan bekerjasama dengan Pertamina NRE di Lampung,” ujar Todotua melalui keterangan resmi, Senin (10/11/2025).

    Dia menyebut, untuk bahan bakunya juga tidak hanya dari perusahaan, tetapi juga melibatkan petani dan koperasi tani setempat. Dengan begitu, proyek ini juga dapat menggerakkan perekonomian di daerah.

    Selain itu, untuk suplai energi pada pabrik juga diintegrasikan dengan plant geothermal dan hidrogen milik Pertamina.

    Sepulangnya dari Tokyo, kata Todotua, baik Toyota maupun Pertamina, akan langsung melakukan joint study dan site visit ke lokasi di Lampung. Dia menargetkan perusahaan patungan (JV) sudah terbentuk pada awal 2026. 

    “Dalam rangka mendukung kebijakan E10, saat ini tengah dikaji rencana pengembangan fasilitas dengan kapasitas produksi sebesar 60.000 kiloliter per tahun dan nilai investasi sekitar Rp2,5 triliun. Investasi ini menjadi langkah awal yang diharapkan tidak hanya memenuhi kebutuhan dalam negeri, tetapi juga membuka peluang ekspor ke negara lain,” jelas Todotua.

    Lebih lanjut, Todotua menyampaikan apresiasi atas komitmen Toyota dalam mendukung program pemerintah di bidang energy security dan transisi energi hijau. 

    Dia menjelaskan bahwa sebagai bagian dari strategi menekan impor BBM yang masih tinggi, pemerintah telah menetapkan kebijakan mandatory blending bioetanol dalam bensin sebesar 10% (E10) yang akan mulai diterapkan pada 2027.

    “Kami melihat potensi besar kerja sama dengan Toyota untuk menjadikan Indonesia sebagai basis produksi bioetanol di kawasan,” imbuh Todotua.

    Dia menyebut, saat ini kebutuhan bahan bakar di dalam negeri mencapai lebih dari 40 juta kiloliter per tahun, dengan kewajiban E10 maka setidaknya Indonesia membutuhkan sekitar 4 juta kiloliter bioetanol di 2027.

    Oleh karena itu, agar tidak kehilangan momentum maka persiapan pembangunan pabrik pendukung harus dimulai dari sekarang. 

    “Peluang inilah yang ditangkap oleh Toyota yang juga sudah mengembangkan mobil berbahan bakar bioetanol di banyak negara,” kata Todotua.

    Dia menuturkan, Toyota mengklaim telah berhasil memiliki teknologi mesin kendaraan yang efisien dan ramah lingkungan dengan penggunaan bahan bakar E20. Tak hanya itu, dari riset yang dikembangkan bahan bakar hijau tersebut telah diujicobakan dalam mobil balap Super Formula.

    Dalam kolaborasi risetnya di Jepang melalui RABIT, Toyota tengah mengembangkan bioetanol generasi kedua yang bersumber dari biomassa non-pangan, seperti limbah pertanian dan tanaman sorgum. Teknologi ini dinilai sangat relevan dengan potensi agrikultur Indonesia yang melimpah dan kondisi agroklimat yang cocok untuk budidaya secara berkelanjutan.

    “Kemarin saat kunjungan kami juga telah berdiskusi dengan RABIT, bahwa teknologi pabrik bioethanol generasi kedua ini dapat memanfaatkan berbagai macam limbah pertanian [multi feedstock], sehingga teknologinya cocok dengan Indonesia yang tidak hanya memiliki potensi tanaman sorgum, tetapi bisa juga dari tebu, padi, singkong, kelapa sawit, aren dan lain-lain,” tutur Todotua.

  • Perusahaan AS Genesys Ungkap Indonesia Punya Peluang Besar Investasi AI

    Perusahaan AS Genesys Ungkap Indonesia Punya Peluang Besar Investasi AI

    Bisnis.com, SINGAPURA – Perusahaan teknologi asal Amerika Serikat (AS), Genesys mengungkapkan bahwa Indonesia mempunyai peluang besar untuk meningkatkan investasi di bidang kecerdasan buatan (artificial intelligence/AI) untuk membantu perusahaan meningkatkan pengalaman pelanggan (customer experience).

    Senior Vice President Genesys Cloud, Alex Ball mengatakan, pada 2028, sebanyak 60% perusahaan akan menggunakan agentic AI untuk memfasilitasi interaksi tanpa hambatan, menyatukan arsitektur teknologi antar-kanal, serta mendefinisikan ulang cara bisnis berinteraksi dengan pelanggan.

    Terlebih, Genesys telah mempertegas komitmennya di pasar Asia dengan meluncurkan region inti (core region) Genesys Cloud berkapasitas penuh di Singapura.

    Investasi strategis itu dinilai akan mempercepat transformasi digital perusahaan di sektor keuangan, kesehatan, dan publik di Asia, termasuk Indonesia, dengan menawarkan layanan yang lebih cepat, aman, dan patuh terhadap regulasi perlindungan data. 

    Sementara itu, pada 2023 lalu, Genesys telah meluncurkan satelit kawasan di Jakarta yang akan memungkinkan bisnis di industri asuransi, perbankan, hingga pemerintahan untuk meningkatkan kualitas layanan dengan menjaga jalur media suara real-time secara lokal dan memenuhi standar kepatuhan lokal atau penyimpanan rekaman regional.

    “Menurut saya, penting bahwa kami telah memiliki kawasan satelit di Jakarta sehingga mampu menghubungkan langsung ke core region di Singapura dan membuat latensi data jauh lebih rendah,” ujar Alex Ball saat wawancara eksklusif, dikutip Minggu (9/11/2025).

    Vice President Asia Genesys Mao Gen Foo menambahkan, untuk mendukung transformasi digital dan investasi di bidang AI, diperlukan kolaborasi yang kuat antara pemerintah Indonesia dan Singapura.

    “Jadi, itu akan membuka beberapa industri yang lebih teregulasi, agar lebih mudah untuk membuka kesempatan bahkan di dalam industri-industri yang kami sedang terlibat saat ini,” ujar Mao Gen Foo.

    Hasil riset Genesys menunjukkan, sebanyak 55% eksekutif perusahaan di bidang customer experience di Indonesia menyatakan telah merencanakan investasi pada chatbot berbasis AI. 

    “Sebanyak 77% konsumen merasa nyaman berinteraksi dengan agen digital berbasis AI melalui chat maupun suara. Namun, 29% konsumen Indonesia masih lebih memilih berbicara langsung dengan agen manusia, terlepas dari jenis permasalahannya,” jelasnya.

    Dalam laporan keuangan kuartal II tahun fiskal 2026 (periode 1 Mei–31 Juli 2025), Genesys mencatat pendapatan berulang tahunan (annual recurring revenue/ARR) global nyaris US$2,2 miliar, atau tumbuh 35% (year-on-year/yoy) dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya.

    Di kawasan Asia Pasifik, ARR Genesys Cloud telah melampaui US$200 juta, dengan pertumbuhan lebih dari 45% yoy pada sektor jasa keuangan dan lebih dari 60% di Singapura.

    Saat ini, Genesys mengoperasikan region layanan penuh di Tokyo, Osaka, Sydney, Mumbai, dan Seoul, serta koneksi satelit di Hong Kong dan Jakarta. Kehadiran region inti di Singapura semakin memperkuat posisi Asia sebagai pendorong utama pertumbuhan bisnis cloud perusahaan.

    Di wilayah Asia, Genesys melayani sejumlah pelanggan terkemuka di sektor kesehatan, keuangan, dan ritel, termasuk Adira Finance, Maxicare, ProbeCX, Astro, Siam Commercial Bank, dan Security Bank.

  • AS Masih Shutdown, Efeknya ke Loyalis Trump Begini

    AS Masih Shutdown, Efeknya ke Loyalis Trump Begini

    Jakarta, CNBC Indonesia – Pemerintah Amerika Serikat (AS) masih mengalami penutupan sebagian atau shutdown terpanjang dalam sejarah negara itu, yang kini berdampak pada jutaan warga, termasuk para pendukung Presiden Donald Trump. Dari gaji pegawai federal hingga tunjangan publik, banyak warga kehilangan akses terhadap kebutuhan dasar mereka akibat kebijakan ini.

    Namun, wawancara Reuters dengan lima pemilih Trump – bagian dari kelompok 20 orang yang diwawancarai setiap bulan sejak Februari – menunjukkan bahwa gangguan ini tidak mengubah pandangan mereka terhadap kinerja sang presiden. Baik Partai Demokrat maupun Republik kini sama-sama khawatir akan dampak politik yang ditimbulkan oleh shutdown berkepanjangan tersebut.

    Hasil jajak pendapat Reuters-Ipsos menunjukkan dua perlima warga Amerika menyalahkan Partai Demokrat atas kebuntuan ini, karena menolak membuka kembali pemerintahan tanpa perpanjangan subsidi asuransi kesehatan melalui Affordable Care Act. Sebagian kecil responden menilai kedua partai sama-sama bersalah atau mengkritik Trump karena berupaya menggunakan shutdown untuk melakukan pemutusan kerja massal pegawai federal, meskipun langkah itu sementara diblokir oleh pengadilan.

    Salah satu pendukung Trump, Joyce Kenney (74), pensiunan asal Arizona, ikut terdampak karena penyewa rumahnya yang bekerja di lembaga sosial federal kini dirumahkan. Pendapatannya menurun karena penyewa tersebut hanya menerima tunjangan pengangguran dua pertiga dari gaji normalnya, sehingga sulit membayar sewa sebesar US$2.000 per bulan.

    Kenney menyebut kondisi ini sebagai “efek domino”, di mana ketidakpastian pendapatan menyebar dari satu pihak ke pihak lain. Ia juga kehilangan pembayaran dari Departemen Pertanian AS untuk usaha keluarganya di Montana, dan menuding Partai Demokrat sebagai penyebab utama shutdown karena perdebatan terkait subsidi kesehatan.

    Sementara itu, Steve Egan (65), pengusaha kecil di Tampa, Florida, mengaku kehilangan pesanan senilai US$4.000 dari rumah sakit veteran akibat pembatalan acara festival tahunan. Ia juga menghadapi keterlambatan pengiriman barang impor karena gangguan di sektor penerbangan dan bea cukai selama shutdown.

    Egan yang pernah menyatakan penyesalan telah memilih Trump kini menyalahkan kedua partai atas kebuntuan ini. Meski begitu, ia berharap Partai Republik mau menyetujui perpanjangan subsidi asuransi kesehatan agar pemerintahan bisa kembali berjalan.

    Foto: Presiden AS Donald Trump menyampaikan pidato di Kediaman Duta Besar AS di Tokyo, Jepang, 28 Oktober 2025. (REUTERS/Evelyn Hockstein)
    Presiden AS Donald Trump menyampaikan pidato di Kediaman Duta Besar AS di Tokyo, Jepang, 28 Oktober 2025. (REUTERS/Evelyn Hockstein)

    Dampak shutdown juga dirasakan Robert Billups (34), seorang akuntan di Washington State, yang kesulitan mencari pekerjaan karena banyak posisi kontraktor federal dibekukan. Ibunya, seorang pegawai kontrak di Internal Revenue Service (IRS), juga dirumahkan sejak awal Oktober dan mulai khawatir jika situasi terus berlanjut.

    Billups menilai, walau ibunya menyalahkan Partai Republik karena menolak mendukung subsidi kesehatan, ia memahami alasan mereka ingin membatasi pengeluaran negara. Menurutnya, tidak ada pihak yang menang dalam situasi ini karena polarisasi politik justru merugikan kedua kubu.

    Kekhawatiran juga muncul dari Amanda Taylor (52), pegawai perusahaan asuransi di Georgia, yang takut suaminya di lembaga federal akan segera dirumahkan. Pendapatan suaminya menjadi tumpuan utama keluarga, termasuk pembayaran hipotek rumah baru mereka.

    Taylor mengaku kerap menerima permintaan keringanan dari nasabah yang tak lagi mampu membayar premi asuransi akibat tidak menerima gaji. Ia menyalahkan Partai Demokrat “100%” atas shutdown, menilai mereka seharusnya menyetujui anggaran terlebih dahulu sebelum memperjuangkan perpanjangan subsidi Obamacare.

    Dampak penutupan pemerintahan juga terasa di kalangan penerima tunjangan publik seperti Juan Rivera (26), seorang kreator konten di California. Ia menunda operasi gigi setelah dokter memperingatkan kemungkinan penundaan klaim karena kekurangan staf di lembaga asuransi publik.

    Rivera menuduh Partai Demokrat bersikap munafik karena menolak rancangan resolusi darurat untuk membuka kembali pemerintahan, padahal mereka pernah menyetujuinya di masa lalu. Ia juga menilai subsidi Affordable Care Act yang ingin diperpanjang tidak efektif, karena biaya asuransi tetap tinggi dan sistemnya perlu diperbaiki secara menyeluruh.

    (wur)

    [Gambas:Video CNBC]

  • Hanya 87 Unit, BMW Luncurkan M2 CS Khusus Pasar Jepang

    Hanya 87 Unit, BMW Luncurkan M2 CS Khusus Pasar Jepang

    Tokyo

    BMW M2 CS akhirnya resmi meluncur di Jepang. Versi paling ekstrem dari coupe kompak ini tampil lebih ringan, lebih buas, dan lebih eksklusif karena hanya dibuat 87 unit khusus untuk pasar Negeri Sakura.

    Tim detikcom datang ke Japan Mobility Show 2025 dan melihat langsung wujud dari BMW M2 CS edisi Jepang.

    BMW M2 CS edisi spesial Jepang melantai di Japan Mobility Show 2025 Foto: Muhammad Hafizh Gemilang

    M2 CS ini hadir dengan dapur pacu yang lebih sangar ketimbang M2 biasa. Mengandalkan konfigurasi enam silinder segaris 3.0 liter M TwinPower Turbo, tenaga M2 CS diklaim tembus hingga 530 hp pada 6.250 RPM.

    Angka ini menjadikannya versi paling bertenaga dalam keluarga M2 sejauh ini. Seluruh tenaga disalurkan ke roda belakang melalui transmisi otomatis 8-percepatan M Steptronic yang dilengkapi Drivelogic.

    Akselerasinya mencengangkan, 0-100 km/jam hanya 3,8 detik, bahkan bisa 3,5 detik dengan metode “1-foot rollout”. Sementara kecepatan maksimumnya dikunci di 302 km/jam.

    Tak hanya soal performa, BMW juga melakukan diet serius. Lewat penggunaan carbon-fibre-reinforced plastic (CFRP) di sejumlah komponen seperti atap, kap mesin, dan diffuser belakang, bobotnya berkurang sekitar 30 kilogram dibanding versi standar.

    Suspensinya diturunkan 8 mm, dengan sistem pengereman dan chassis yang disesuaikan agar bisa menahan performa tambahan yang dimilikinya.

    BMW M2 CS edisi spesial Jepang melantai di Japan Mobility Show 2025 Foto: Muhammad Hafizh Gemilang

    Secara visual, M2 CS tampil lebih agresif dengan spion M Carbon, atap M Carbon sebagai standar, serta detail aerodinamika eksklusif yang membedakannya dari M2 biasa.

    Interiornya juga tak kalah spesial. Material Alcantara, konsol tengah CFRP, dan kursi bucket M Carbon berlapis kulit Merino menghadirkan nuansa sporty khas mobil performa tinggi.

    BMW M2 CS melakukan debut publiknya di Japan Mobility Show 2025 yang digelar di Tokyo Big Sight.

    Dari pantauan tim detikcom kehadirannya di booth BMW Group, berdampingan dengan sederet model masa depan seperti BMW iX3 Neue Klasse, konsep Speedtop, serta motor listrik BMW CE 02 dan superbike M 1000 RR milik Toprak Razgatlıoğlu, sang juara dunia WorldSBK 2025.

    Dengan produksi yang dibatasi hanya 87 unit untuk pasar Jepang, BMW M2 CS hampir pasti akan menjadi buruan kolektor. Sebuah simbol bahwa di tengah era elektrifikasi, semangat “driving pleasure” khas BMW M tetap hidup dan bahkan makin intens.

    (mhg/rgr)

  • Tsunami Kecil Terjadi Usai Gempa M 6,7 Guncang Jepang

    Tsunami Kecil Terjadi Usai Gempa M 6,7 Guncang Jepang

    Tokyo

    Jepang mengatakan gelombang tsunami kecil telah menghantam pantai Pasifik utaranya. Tsunami itu terjadi setelah gempa dengan magnitudo (M) 6,7 mengguncang wilayah tersebut.

    Dilansir AFP, Minggu (9/11/2025), tsunami pertama terjadi di Miyako, Iwate, pukul 17.37 waktu setempat. Tetapi, tsunami itu disebut sangat kecil sehingga Japan Meteorological Agency (JMA) atau Badan Meteorologi Jepang mengatakan tidak dapat mengukur besarnya.

    JMA mengatakan gelombang setinggi 10 cm mencapai Ofunato sekitar 2 menit kemudian. Gempa tersebut terjadi sekitar pukul 17.03 waktu setempat di perairan lepas pantai Iwate.

    JMA kemudian mengeluarkan peringatan kemungkinan tsunami setinggi 1 meter. Survei Geologi AS sendiri mengukur gempa tersebut bermagnitudo 6,8.

    ‘Peringatan tsunami telah dikeluarkan’ untuk pantai Iwate. Gempa pertama itu diikuti oleh gempa susulan berkekuatan antara M 5,3 dan M 6,3.

    Wilayah yang sama pada Minggu pagi telah mengalami enam gempa lepas pantai dengan kekuatan antara M 4,8 dan M 5,8 yang hampir tidak terasa di darat dan tidak memicu peringatan tsunami. Wilayah ini dihantui oleh kenangan gempa bawah laut berkekuatan M 9,0 pada tahun 2011.

    Gempat besar saat itu memicu tsunami yang menewaskan atau menghilangkan sekitar 18.500 orang. Tsunami juga menyebabkan tiga reaktor di PLTN Fukushima meleleh dan menyebabkan bencana pascaperang terburuk di Jepang dan kecelakaan nuklir terburuk di dunia sejak Chernobyl.

    (haf/imk)

  • Bukan Mainan, Toyota Kenalkan Kendaraan untuk Anak Kecil di Masa Depan!

    Bukan Mainan, Toyota Kenalkan Kendaraan untuk Anak Kecil di Masa Depan!

    Tokyo

    Toyota benar-benar menampilkan visi masa depan kendaraan yang ‘out of the box’ di Japan Mobility Show 2025.

    Bukan sekadar mainan atau stroller, tapi Toyota memperkenalkan kendaraan untuk anak kecil di masa depan, Kids Mobi.

    Toyota Kids mobi Foto: Muhammad Hafizh Gemilang

    Kendaraan berbentuk seperti telur atau pod ini merupakan kendaraan listrik dengan teknologi otonom yang dirancang khusus untuk anak-anak.

    Kabin di dalamnya hanya muat satu anak, dibalut material lembut, dan memiliki kanopi otomatis yang menutup saat anak masuk.

    Sekilas, tampilannya seperti stroller masa depan. Namun Kids Mobi sejatinya adalah AI-powered personal mobility yang menawarkan keamanan dan pengalaman belajar bagi anak-anak.

    Toyota menyebutnya sebagai safe and secure mobility solution yang menggabungkan kecerdasan buatan dan robotika untuk mendukung perkembangan anak.

    Menurut keterangan resmi Toyota Motor Corporation, Kids Mobi dilengkapi dengan asisten digital bernama UX “Friend”, sosok AI yang mampu berinteraksi dan menemani anak selama perjalanan.

    Toyota Kids mobi Foto: Muhammad Hafizh Gemilang

    Fungsi utamanya bukan hanya mengantarkan, tetapi juga menstimulasi rasa ingin tahu, komunikasi, dan kemandirian anak.

    President dan CEO Toyota Motor Corporation, Koji Sato, mengatakan bahwa ide ini berangkat dari empati terhadap dunia anak.

    “Jika kita punya sesuatu seperti ini, bukankah itu akan membuka dunia baru bagi anak-anak? Dari ide itu, rekan-rekan kami mewujudkan solusi mobilitas untuk mereka,” ujar Sato saat press day Japan Mobility Show 2025.

    Ia menjelaskan bahwa proyek ini berakar dari filosofi To You, yaitu menciptakan mobilitas yang benar-benar berangkat dari kebutuhan individu.

    “Kami ingin membuat berbagai mobil yang lebih baik dengan mengejar ideal To You, karena kami percaya hal itu akan menghasilkan kebahagiaan bagi semua,” katanya.

    Meski masih berupa prototipe, Toyota menegaskan bahwa Kids Mobi menjadi bagian dari eksplorasi jangka panjang mereka dalam bidang AI x Robotics.

    Tujuan akhirnya adalah menciptakan sistem mobilitas yang tidak hanya efisien, tetapi juga memberikan nilai emosional bagi penggunanya.

    Toyota Kids mobi Foto: Muhammad Hafizh Gemilang

    “Kadang kita berhasil dengan sebuah penemuan, kadang tidak sesuai harapan. Namun justru kesulitan itulah yang membuat sesuatu layak dilakukan. Itulah arti dari menghadapi tantangan,” tambah Sato.

    Melalui Kids Mobi, Toyota ingin menunjukkan bahwa masa depan mobilitas tidak terbatas usia. Teknologi bukan lagi hanya alat transportasi, tetapi juga teman yang tumbuh bersama penggunanya.

    Seperti kata Sato, “Kami ingin mobil dan senyuman menjadi pusat dari masa depan yang kami ciptakan bersama.”

    Dari pantauan tim detikcom yang hadir langsung di booth Toyota di Japan Mobility Show 2025, mereka juga menyediakan area Kids Mobi Photo Spot.

    Di sini pengunjung, khususnya anak-anak bisa naik ke kendaraan dan berfoto bersama “future buddy” mereka. Setiap peserta juga mendapat gantungan kunci eksklusif sebagai suvenir.

    (mhg/rgr)

  • Gempa M 6,7 Terjadi di Jepang, Picu Peringatan Tsunami

    Gempa M 6,7 Terjadi di Jepang, Picu Peringatan Tsunami

    Tokyo

    Gempa dengan magnitudo (M) 6,7 terjadi di Jepang. Otoritas Jepang pun mengeluarkan peringatan tsunami.

    Dilansir AFP, Minggu (9/11/2025), gempa tersebut terjadi sekitar pukul 17.03 waktu setempat di perairan lepas pantai Iwate. Badan Meteorologi Jepang mengatakan gempa diperkirakan dapat memicu kemungkinan tsunami setinggi 1 meter.

    Survei Geologi AS mengukur gempa tersebut berkekuatan 6,8 skala Richter.

    ‘Peringatan tsunami telah dikeluarkan’ untuk pantai Iwate. Gelombang dapat mendekat kapan saja.

    Siaran nasional NHK mengatakan gelombang tsunami lepas pantai telah diamati dan mengimbau penduduk setempat untuk tidak mendekati wilayah pesisir. Siaran langsung televisi Jepang menunjukkan laut yang tenang.

    Wilayah ini dihantui oleh kenangan gempa bumi bawah laut berkekuatan 9,0 skala Richter pada tahun 2011 yang memicu tsunami yang menewaskan atau menghilangkan sekitar 18.500 orang. Tsunami juga mengakibatkan tiga reaktor di PLTN Fukushima meleleh hingga menyebabkan bencana pascaperang terburuk di Jepang dan kecelakaan nuklir terburuk di dunia sejak Chernobyl.

    Sebagian besar gempa bersifat ringan. Kerusakan akibat gempa yang ditimbulkannya bervariasi tergantung lokasi dan kedalamannya di bawah permukaan bumi.

    Lihat juga Video ‘BMKG Gelar Latihan Tsunami, Uji Skenario Gempa M 9,2 di Utara Sumatra’:

    (haf/imk)

  • Bandara Amerika Chaos, 1.700 Penerbangan Dibatalkan

    Bandara Amerika Chaos, 1.700 Penerbangan Dibatalkan

    Jakarta, CNBC Indonesia – Lebih dari 1.700 penerbangan telah dibatalkan di Amerika Serikat, sejak Jumat hingga Minggu. Kondisi itu dipicu kekurangan staf pengontrol lalu lintas udara di tengah penutupan pemerintah AS atau shutdown yang belum tampak kapan berakhir.

    CNN Internasional juga melaporkan, maskapai penerbangan mulai menerapkan pengurangan 4% jadwal penerbangan domestik di 40 bandara yang menjadi objek pengelolaan Administrasi Penerbangan Federal (FAA).

    Pemangkasan jadwal penerbangan ditujukan untuk menjaga keselamatan perjalanan udara secara sementara, imbas beberapa pengontrol lalu lintas udara dan petugas pemeriksa keamanan federal di bandara tidak masuk kerja karena tidak menerima gaji.

    Sepekan ke depan, maskapai penerbangan akan meningkatkan pembatalan penerbangan hingga 10% mulai Jumat jika shutdown pemerintah AS tetap tidak terselesaikan.

    Mantan wakil administrator FAA, Dan Elwell mengatakan, penutupan tersebut kemungkinan akan mengganggu rencana perjalanan liburan akhir tahun jika tidak ada kesepakatan yang tercapai.

    Foto: Federal Aviation Administration (FAA) memerintahkan pengurangan penerbangan di 40 bandara utama di tengah government shutdown di AS yang sedang berlangsung di wilayah Queens, New York City, AS, Jumat (7/11/2025). (REUTERS/Ryan Murphy)

    “Saya yakin kondisi ini akan sangat mengganggu rencana perjalanan Thanksgiving,” kata Elwell tentang pengurangan penerbangan. “Dan semoga saja kita tidak sampai di sana.”

    Elwell, yang bertugas di pemerintahan Trump pertama, mengatakan penundaan penerbangan akibat penutupan pemerintah terlama kedua yang dimulai pada 2018 “sebenarnya membuat orang kembali berunding dan mengakhiri penutupan pada 2019.”

    Untuk saat ini para pelancong masih dapat melihat pengurangan penerbangan bahkan jika pemerintah membuka kembali penerbangan pekan depan, karena perintah FAA mengharuskan maskapai penerbangan untuk membatalkan penerbangan beberapa hari sebelumnya.

    Perintah darurat oleh FAA pada hari Kamis mengatakan maskapai penerbangan harus mengurangi lalu lintas sebesar 4%, yang mengakibatkan sekitar 800 pembatalan penerbangan pada hari Jumat dan meningkat menjadi lebih dari 1.000 sepanjang hari, menurut FlightAware.

    Pada hari Sabtu, terdapat lebih dari 1.500 pembatalan penerbangan dan lebih dari 6.600 penundaan, menurut situs web pelacakan penerbangan. Lebih dari 1.000 penerbangan telah dibatalkan untuk hari Minggu dan lebih dari 240 penerbangan tertunda.

    Maskapai penerbangan akan diharuskan mengurangi 6% penerbangannya ke 40 bandara tersebut pada hari Selasa, 8% pada hari Kamis, dan 10% pada hari Jumat depan jika penutupan berlanjut, kata FAA.

    Persentasenya bisa naik hingga 15-20% jika kebuntuan di Kongres tidak berakhir “dalam waktu dekat,” kata Menteri Perhubungan Sean Duffy.

    Dampak gangguan perjalanan udara akibat penutupan kemungkinan akan terus berlanjut bahkan jika Kongres membuat kesepakatan untuk membuka kembali pemerintahan, karena sekretaris transportasi mengatakan pengendali lalu lintas udara mungkin tidak segera kembali bekerja.

    FAA menyatakan fasilitas kendali udara di seluruh negeri kekurangan staf sebanyak 42 kali pada Sabtu. Masalah terus berlanjut meskipun pembatalan penerbangan dirancang untuk mengurangi beban para pengendali yang kesulitan mengatasi penutupan.

    Aaron Barker, seorang pegawai Badan Keamanan Transportasi dan pemimpin Serikat Pekerja Pemerintah Amerika, mengatakan baik dia maupun rekan-rekannya tidak mampu memenuhi kebutuhan selama penutupan karena tidak mendapatkan gaji penuh.

    “Kita sekarang berada di titik di mana hari ini seharusnya menjadi hari gajian bagi para petugas,” ujarnya kepada CNN pada Sabtu.

    Maskapai penerbangan besar telah mengumumkan pembatalan lebih lanjut terhadap ratusan penerbangan yang dijadwalkan sepanjang akhir pekan setelah lebih dari 1.000 penerbangan dikurangi pada hari Jumat.

    American Airlines akan memangkas 220 penerbangan dari jadwalnya hingga Senin, kata seorang juru bicara kepada CNN.

    Sementara itu, United Airlines mengumumkan ratusan pemangkasan hingga awal minggu depan, termasuk 168 pada hari Sabtu; 158 pada hari Minggu; 190 pada hari Senin dan 269 pada hari Selasa.

    Southwest Airlines membatalkan sekitar 100 penerbangan pada Sabtu dan 150 penerbangan pada Minggu untuk mematuhi perintah FAA, dengan mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa maskapai tersebut telah mengurangi jadwalnya sebesar 4% hingga Senin di 34 dari 117 bandara yang dilayaninya.

    Lebih dari 140 penerbangan Delta dan 140 penerbangan Delta Connection juga telah dibatalkan. “Pembatalan tambahan untuk hari Minggu diperkirakan akan terjadi,” kata maskapai tersebut dalam siaran pers.

    Maskapai penerbangan besar seperti American, Delta, Southwest, United dan Frontier semuanya menggratiskan biaya bagi penumpang yang ingin mengubah tiket mereka.

    Kacaunya jadwal penerbangan terburuk terjadi di tiga bandara utama yang melayani wilayah Kota New York. Bandara-bandara itu mengalami penundaan selama berjam-jam pada hari Sabtu karena kekurangan staf, menurut FAA.

    Penghentian sementara turut dikeluarkan untuk penerbangan yang menuju Bandara Internasional Newark Liberty pada hari Sabtu setelah FAA mencatat penerbangan menuju bandara tersebut ditunda rata-rata lebih dari empat jam sebelumnya pada hari itu.

    Penerbangan yang menuju Bandara LaGuardia tertunda hampir satu jam, sementara keberangkatan juga tertunda rata-rata 75 menit dan terus bertambah. Penerbangan menuju Bandara Internasional John F. Kennedy tertunda rata-rata lebih dari 2,5 jam, sementara keberangkatan dari bandara saat ini tertunda rata-rata 105 menit.

    Selain itu, penerbangan yang tiba di Bandara Internasional Hartsfield-Jackson Atlanta tertunda rata-rata lima setengah jam, kata FAA.

    Pada hari Jumat, Bandara Nasional Reagan di Washington, DC menghadapi gangguan paling parah, dengan hampir 80 penerbangan dibatalkan dan hampir setengah dari semua kedatangan ditunda, menurut situs pelacakan FlightAware .

    Chicago O’Hare, Bandara Internasional Hartsfield-Jackson Atlanta, Bandara Internasional Denver, dan Bandara Dallas-Fort Worth juga mengalami puluhan pembatalan dan ratusan penundaan, menurut data FlightAware. Di Pantai Barat, Bandara Internasional Los Angeles dan Bandara Internasional San Francisco melaporkan masalah serupa.

    Bandara lain yang terkena dampak termasuk Boston Logan, Phoenix Sky Harbor, Seattle-Tacoma dan Orlando International, semuanya melaporkan pelambatan menjelang akhir pekan.

    Di tingkat internasional, pusat-pusat utama seperti Amsterdam Schiphol, Toronto Pearson, dan Tokyo Haneda, mengalami pembatalan yang meningkat hingga dua digit.

    (hsy/hsy)

    [Gambas:Video CNBC]