kab/kota: Tokyo

  • Geger Wabah ‘Sindrom Pipi Tertampar’ di Jepang, Ibu Hamil-Anak Paling Berisiko

    Geger Wabah ‘Sindrom Pipi Tertampar’ di Jepang, Ibu Hamil-Anak Paling Berisiko

    Jakarta

    Kasus parvovirus B19, yang menyebabkan eritema infeksiosum, umumnya dikenal sebagai sindrom pipi tertampar (slapped cheek syndrome) atau penyakit kelima (fifth disease) karena ruam merah khasnya di pipi meningkat di Jepang.

    Penyakit tersebut menyebar luas di wilayah Kanto di Jepang timur dan wilayah lain di negara tersebut. Wabah besar dari penyakit ini pertama kali terjadi sejak tahun 2019.

    Japan Society for Infectious Diseases in Obstetrics and Gynecology (JSIDOG) telah mengeluarkan peringatan yang menyatakan bahwa wabah ini dapat terus berlanjut dan berpotensi menyebabkan epidemi nasional hingga tahun 2025.

    Virus ini menimbulkan risiko khusus bagi ibu hamil, karena dapat meningkatkan kemungkinan keguguran atau komplikasi pada bayi baru lahir jika ibu hamil terinfeksi untuk pertama kalinya dalam hidup mereka. Tak hanya itu, penyakit ini juga menyerang anak-anak.

    Penyakit ini cenderung muncul kembali setiap empat hingga lima tahun, menyebar melalui droplet pernapasan dari bersin atau batuk, serta melalui barang-barang yang dipakai bersama. Gejala awal menyerupai flu biasa, diikuti oleh munculnya ruam merah di kedua pipi, yang biasanya berlangsung sekitar seminggu.

    Menurut data dari sekitar 3.000 fasilitas medis yang melapor ke Institut Penyakit Menular Nasional Jepang, kasus mulai meningkat sekitar bulan Agustus.

    Selama minggu 25 November hingga 1 Desember, terdapat 0,89 kasus per institusi medis di seluruh negeri, peningkatan sekitar 70 persen dari minggu sebelumnya.

    Wilayah Tokyo Raya mengalami tingkat infeksi yang sangat tinggi, dengan kasus per institusi medis dilaporkan sebesar 3,49 di Prefektur Saitama, 3,02 di Tokyo, 2,17 di Prefektur Kanagawa, dan 2,1 di Prefektur Chiba. Imbauan kesehatan telah dikeluarkan di semua wilayah hukum ini.

    JSIDOG memperkirakan bahwa 20 hingga 50 persen ibu hamil di Jepang sudah memiliki antibodi terhadap virus tersebut. Namun, infeksi pertama kali selama kehamilan dapat menularkan virus ke janin melalui plasenta.

    Hal ini dapat mengakibatkan risiko keguguran atau lahir mati sebesar 6 persen dan kemungkinan kondisi seperti anemia atau pembengkakan pada janin sebesar 4 persen.

    Hideto Yamada, direktur JSIDOG sekaligus kepala pusat keguguran berulang di Rumah Sakit Teine Keijinkai di Sapporo, menekankan pentingnya pencegahan.

    “Wanita hamil sering kali tertular dari anak-anak, suami, atau anggota keluarga lainnya,” jelasnya. “Mereka harus mengambil tindakan pencegahan di rumah, seperti mencuci tangan, mengenakan masker, dan menghindari kontak dekat seperti berciuman selama wabah,” dikutip dari The Mainichi.

    (suc/up)

  • Anggota Komisi IX DPR Sebut Persoalan PMI Paling Banyak Terjadi di Malaysia – Halaman all

    Anggota Komisi IX DPR Sebut Persoalan PMI Paling Banyak Terjadi di Malaysia – Halaman all

    Laporan Koresponden Tribunnews.com, Richard Susilo dari Jepang

    TRIBUNNEWS.COM, TOKYO – Anggota Komisi IX DPR RI Kurniasih Mufidayati mengatakan permasalahan Pekerja Migran Indonesia (PMI) paling banyak terjadi di Malaysia.

    Kebanyakan, persoalan yang dihadapi adalah PMI ilegal.

    “Malaysia itu paling berat, paling banyak permasalahan PMI-nya karena dia negara tetangga Indonesia. Terutama PMI Ilegal banyak sekali,” kata Kurniasih kepada Tribunnews.com, Minggu (15/12/2024).

    Selain itu, di Malaysia pun banyak terjadi kekerasan, kejahatan ilegal, dan sebagainya yang menimpa PMI.

    Persoalan tersebut dipicu dari mudahnya PMI masuk ke Malaysia karena berbatasan langsung dengan Indonesia.

    Bahkan untuk masuk ke Malaysia, WNI tak perlu visa.

    Berbeda dengan PMI yang bekerja di Jepang, semua orang harus menggunakan visa.

    Dengan begitu, orang sudah terseleksi ketat untuk masuk ke Negeri Sakura.

    “Sedangkan di Jepang PMI kita sangat sedikit permasalahannya dibandingkan negara lain. Tampak aman nyaman bekerja dengan serius di Jepang karena memang kualitas dan standar kerja di Jepang tinggi sekali dan sangat disiplin ya. Jadi saya juga tenang dengan PMI yang ada di Jepang,” ucapnya.

    Kurniasih pun melihat kualitas PMI yang pulang dari Jepang cukup baik.

    “Karena itu semestinya bisa bekerja dengan baik di Indonesia atau berdikari membuat usaha sendiri bahkan ada yang menjadi anggota DPRD di Jawa Timur serta menjadi  pengusaha berbagai bidang,” ucapnya.

    Selain itu, anggota DPR dari fraksi PKS ini mengingatkan agar Lembaga Pelatihan Kerja (LPK) yang merekrut tenaga kerja dan mengirimkannya ke Jepang jangan hanya terima uangnya saja.

    “Saya mau para LPK tersebut bukan hanya merekrut dan mendidik, tetapi juga harus bertanggung jawab memonitor tenaga kerjanya selama bekerja di Jepang bahkan bertanggung jawab pula sampai pulang kembali mereka ke Indonesia. Itulah LPK yang baik yang jadi harapan saya,” tegasnya.

    Dengan begitu, Kurniasih yakin tenaga kerja Indonesia yang berangkat ke luar negeri, khususnya Jepang akan jauh lebih baik  dan ikut mengisi pembangunan baik di Jepang maupun di Indonesia.

    Masih mengenai PMI di Jepang, Kurniasih akan terus memonitor para PMI tersebut agar bisa diswadayakan lebih lanjut di Indonesia.

    Misalnya dipakai sebagai tenaga di IKN Kalimantan.

    “Dengan kualitas yang tinggi diperolehnya dari Jepang mestinya kita memiliki SDM yang baik untuk membangun ibu kota negara Nusantara nantinya. Hal ini sudah saya sampaikan kepada Pemerintah agar dipakai di IKN para alumni PMI dari Jepang,” ucapnya.

    Sementara itu, bagi para UKM Handicraft dan pecinta Jepang yang mau berpameran di Tokyo dapat bergabung gratis ke dalam whatsapp group Pecinta Jepang dengan mengirimkan email ke: tkyjepang@gmail.com Subject: WAG Pecinta Jepang. Tuliskan Nama dan alamat serta nomor whatsappnya.

  • Anggota DPR Sebut Alumni PMI dari Jepang Miliki Kualitas Lebih Tinggi Dibandingkan Negara Lain – Halaman all

    Anggota DPR Sebut Alumni PMI dari Jepang Miliki Kualitas Lebih Tinggi Dibandingkan Negara Lain – Halaman all

    Laporan Koresponden Tribunnews.com, Richard Susilo dari Jepang

    TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA – Pekerja Migran Indonesia (PMI) yang kembali dari Jepang diakui memiliki kualitas tinggi dibandingkan dengan PMI dari negara lain.

    Hal ini diungkapkan oleh Dr. Hj. Kurniasih Mufidayati, M.Si, Anggota DPR Komisi IX, dalam diskusi dengan para PMI di kota Asahi, Chiba, Jepang, pada Minggu (15/12/2024).

    Kurniasih menekankan bahwa PMI yang telah bekerja di Jepang dapat diandalkan dalam pekerjaan di Indonesia.

    “Saya yakin sekali PMI dari Jepang berkualitas tinggi dan dapat diandalkan setelah kembali ke Indonesia. Bahkan ada yang menjadi anggota DPRD di Jawa Timur setelah sebelumnya pernah menjadi pemagang di Jepang,” ujarnya.

    Meskipun memiliki kualitas yang baik, Kurniasih mencatat adanya perlakuan kurang baik dari oknum Bea Cukai terhadap PMI saat kembali ke Indonesia.

    “Beberapa waktu lalu saya inspeksi mendadak ke bandara Soekarno-Hatta dan alhamdulillah semua pemeriksaan berjalan baik. Namun, belakangan saya mendapat laporan bahwa banyak PMI yang dikenakan biaya hingga jutaan rupiah oleh oknum nakal,” kata Kurniasih.

    Salah seorang PMI yang telah bekerja selama lima tahun di Jepang mengungkapkan keluhannya mengenai teman yang dikenakan biaya hingga 17 juta rupiah saat pulang ke Indonesia.

    “Padahal dia telah membuat daftar barangnya sendiri dan dicap oleh KBRI, tetap saja kopornya diacak-acak,” keluhnya.

    Kurniasih berjanji akan berkoordinasi dengan pihak Bea Cukai untuk mengatasi permasalahan ini.

    “Biar nanti saya koordinasikan kembali agar oknum nakal tersebut jangan sampai muncul kembali,” tegasnya.

    Kurniasih juga mengusulkan agar PMI yang pulang dari Jepang dapat dipekerjakan di Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara.

    “Saya sudah menyarankan kepada pemerintah yang membutuhkan tenaga kerja 30.000 orang agar menggunakan para tenaga PMI, terutama yang pulang dari Jepang,” ungkapnya.

    Masalah Pendaftaran Akta Kelahiran

    Selain itu, Kurniasih mencatat adanya permasalahan lain yang dihadapi PMI, seperti kesulitan dalam mendaftarkan akta kelahiran anak yang lahir di Jepang.

    “Nanti kita koordinasikan dengan pemerintah mengenai hal tersebut. Mengapa mesti sulit mendaftarkan akta kelahiran di Indonesia meskipun lahir di luar negeri?” tanyanya.

    Kurniasih menambahkan bahwa meskipun berbagai masalah dihadapi PMI di luar negeri, situasi di Jepang relatif aman.

    “Jepang sendiri hampir tak ada masalah, aman-aman saja,” tutupnya.

    Pameran UKM Handicraft

    Bagi para UKM handicraft dan pecinta Jepang yang ingin berpameran di Tokyo, mereka dapat bergabung gratis ke dalam WhatsApp Group Pecinta Jepang dengan mengirimkan email ke tkyjepan@gmail.com, mencantumkan nama, alamat, dan nomor WhatsApp.

  • Sandiaga Uno Terkesan dengan Jalur Khas Superball Run di Flyover: Bisa Sejajar Gedung-gedung Tinggi – Halaman all

    Sandiaga Uno Terkesan dengan Jalur Khas Superball Run di Flyover: Bisa Sejajar Gedung-gedung Tinggi – Halaman all

    Laporan Wartawan Tribunnews.com, Abdi Ryanda Shakti 

    TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA – Ajang Superball Run 2024 memberikan kesan tersendiri bagi  para peserta, termasuk mantan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf), Sandiaga Uno.

    Salah satu kesan yang membekas yakni karena dalam ajang lomba dengan tiga kategori yakni 5 kilometer, 10 kilometer dan 21 kilometer ini mempunyai jalur khas yakni menggunakan flyover untuk rute berlari para peserta.

    “Ini dulu idenya adalah bagaimana flyover itu bisa lebih digunakan sebagai sarana menjaga kebugaran dan kesehatan,” kata Sandiaga kepada wartawan di kawasan Epicentrum Rasuna Said, Jakarta Selatan, Minggu (15/12/2024).

    Dalam ajang yang kesembilan kali digelar pada 2024 ini, rute yang digunakan yakni mulai dari kawasan Epicentrum Rasuna Said, Jakarta Selatan, flyover Casablanca hingga kembali ke Epicentrum.

    Sandiaga pun terkesan dengan jalur khas tersebut. Di samping untuk menyehatkan, lari di Superball Run 2024 ini menurut Sandiaga, para pelari bisa melihat pemandangan.

    “Kan sensasinya berbeda, lari di flyover itu sejajar dengan gedung-gedung tinggi. Jadi sensasinya berbeda dan hanya bisa ditemukan di Superball Run,” ucapnya.

    Sandiaga sendiri termasuk satu dari 42 Indonesian World Marthon Major (WMM) Finisher (peraih finish ajang lari maraton dunia asal Indonesia) yang ikut dalam Superball Run 2024 ini.

    “Persiapannya rutin lari 5 kali seminggu, rutin berkegiatan menjaga strength, stretching penting sekali, juga nutrisi dan juga hidrasi. Itu yang paling penting, jangan sampai dilupakan,” jelasnya.

    Dia berjanji akan terus mengikuti event yang digelar oleh Tribun Network setiap setahun sekali ini.

    “Kita mengapresiasi Superball Run 2024 ini sudah memasuki edisi ke-9. Dan saya masih ingat awalnya Superball itu kita hadirkan untuk menginspirasi hidup sehat di masyarakat perkotaan, urban. Tapi sekarang Superball sudah semakin go regional,” ucapnya.

    “Karena pesertanya juga dari luar negeri, dari Sumatra sampai Papua. Tadi dari Merauke juga ada yang ikut,” tuturnya.

    Untuk informasi, ajang lari Superball Run kembali hadir dengan suguhan rute flyover dan medali yang ikonik, Minggu (15/12/2024) mendatang.

    Ajang Superball Run 2024 kembali digelar untuk kesembilan kalinya dengan tiga kategori jarak untuk para pelari yakni 21K, 10K dan 5K yang mendaftar pada Minggu (15/12/2024). (Tribunnews.com/Abdi Ryanda Shakti)

    Digelar di kawasan Epicentrum Rasuna Said, Jakarta Selatan, Superball Run kini memasuki perhelatan ke-9 dan seperti tahun 2023 bakal digelar di kawasan Epicentrum Rasuna Said. 

    Kali ini, para pelari Superball Run yang mengambil kategori 21K, baik perempuan, laki-laki, maupun master (di atas 45 tahun), akan memperebutkan thropy bergengsi dari Kementerian Kesehatan (Kemenkes) Republik Indonesia.

    Uniknya, tahun ini ajang lari yang dihelat oleh Tribun Network itu rencananya akan menghadirkan 42 Indonesian World Marthon Major (WMM) Finisher (peraih finish ajang lari maraton dunia asal Indonesia).

    Diketahui, penyandang gelar tersebut harus menyelesaikan rute larinya di enam city marathon popular di Tokyo, Boston, London, Berlin, Chicago, dan New York City.

    Superball Run 9th akan memanjakan para pelari di Jakarta dengan rute flyover yang ikonik.

    “Untuk yang rute 21K, pelari akan melewati flyover Karet Semanggi, berputar ke Selong, Melawai, dan kembali lagi ke titik awal di Epicentrum,” kata Program Director Superball Run 9th, Gunawan Samiadji kepada Warta Kota, Jumat (7/12/2024).

    Menurut Gunawan, sepanjang rute Superball Run 9th nanti, penyelenggara menyediakan sejumlah water station, spectator, ambulance, marshal mobile, marshal statis, marshal medis, dan pacer yang akan menyemangati pelari agar sampai ke garis finish.

    Superball Run 9th menargetkan pelari mampu finish dengan hati gembira dan puas dengan suguhan rute yang disediakan. 

    Apalagi, di garis akhir nanti, panitia akan membagikan medali yang ikonik sebagai ciri khas Superball Run. 

     

  • Kesan Wakil Dirut Zurich Indonesia Heriyanto Ikut Superball Run 2024: Track Nyaman – Halaman all

    Kesan Wakil Dirut Zurich Indonesia Heriyanto Ikut Superball Run 2024: Track Nyaman – Halaman all

    Laporan Wartawan Tribunnews.com, Nitis Hawaroh 

     

    TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA – Gelaran Superball Run 2024 yang berlangsung di kawasan Epicentrum Rasuna Said, Jakarta Selatan, Minggu (15/12/2024) memberikan kesan yang menarik bagi Wakil Direktur Utama Zurich Indonesia Heriyanto Agung Putra.

    Wakil Direktur Utama Zurich Indonesia Heriyanto Agung Putra mengungkapkan, gelaran Superball Run 2024 memberikan kesan yang menarik selama gelaran berlangsung.

    Menurutnya, ajang lari yang memiliki tiga kategori yakni 5 kilometer (5K), 10 kilometer (10K) dan 21 kilometer (21K) ini sangat menarik terlebih diikuti oleh pegiat olahraga lari bahkan pejabat kementerian seperti Silmy Karim Wakil Menteri Imigrasi dan Pemasyarakatan.

    “Tadi kelihatannya rutenya cukup bagus, udara juga bagus dan tadi bagus managing waktunya sama tempat track nya itu penting sekali buat orang nyaman ketika dia berlari,” kata Heriyanto kepada wartawan.

    Heriyanto berharap, gelaran Superball Run ini terus berlanjut di tahun berikutnya sebagai wadah bagi para pegiat olahraga lari maupun masyarakat umum.

    “Event seperti ini sebenarnya bagus buat terutama Runner itu banyak, dia perlu kesempatan dan juga perlu event untuk melakukan itu dan sepertinya ini mendorong orang lebih cenderung berolahraga itu yang penting,” papar dia.

    Adapun pada ajang Superball Run 2024 kali ini, para pelari Superball Run yang mengambil kategori 21K, baik perempuan, laki-laki, maupun master (di atas 45 tahun), akan memperebutkan thropy bergengsi dari Kementerian Kesehatan (Kemenkes) Republik Indonesia.

    Uniknya, tahun ini ajang lari yang dihelat oleh Tribun Network itu rencananya akan menghadirkan 42 Indonesian World Marathon Major (WMM) Finisher (peraih finish ajang lari maraton dunia asal Indonesia).

    Diketahui, penyandang gelar tersebut harus menyelesaikan rute larinya di enam city marathon popular di Tokyo, Boston, London, Berlin, Chicago, dan New York City.

    Superball Run 9th akan memanjakan para pelari di Jakarta dengan rute flyover yang ikonik.

    “Untuk yang rute 21K, pelari akan melewati flyover Karet Semanggi, berputar ke Selong, Melawai, dan kembali lagi ke titik awal di Epicentrum,” kata Program Director Superball Run 9th, Gunawan Samiadji kepada Warta Kota, Jumat (7/12/2024).

    Menurut Gunawan, sepanjang rute Superball Run 9th nanti, penyelenggara menyediakan sejumlah water station, spectator, ambulance, marshal mobile, marshal statis, marshal medis, dan pacer yang akan menyemangati pelari agar sampai ke garis finish.

    Superball Run 9th menargetkan pelari mampu finish dengan hati gembira dan puas dengan suguhan rute yang disediakan. Apalagi, di garis akhir nanti, panitia akan membagikan medali yang ikonik sebagai ciri khas Superball Run.

  • Ikut Ramaikan Superball Run 2024, Bertubuh Kekar Irza Tak Malu Cosplay Jadi Dora The Explorer – Halaman all

    Ikut Ramaikan Superball Run 2024, Bertubuh Kekar Irza Tak Malu Cosplay Jadi Dora The Explorer – Halaman all

    Laporan Wartawan Tribunnews.com, Abdi Ryanda Shakti 

    TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA – Ajang Superball Run 2024 yang ke-9 resmi digelar untuk para pecinta lari di kawasan Epicentrum, Rasuna Said, Jakarta Selatan, Minggu (15/12/2024) pagi.

    Sebanyak kurang lebih 5.000 pelari berpartisipasi dalam kegiatan olahraga tahunan yang digelar oleh Tribun Network dengan tiga kategori yakni 5 kilometer, 10 kilometer dan 21 kilometer.

    Pantauan Tribunnews.com, berbagai macam pakaian digunakan oleh para peserta mulai dari seragam untuk berlari hingga kostum karakter kartun.

    Salah satunya yakni Yanno, pria asal Tangerang Selatan (Tangsel) yang hadir dengan mengenakan kostum karakter di kartun Dragon Ball yakni Son Goku untuk ikut dalam kategori 10 kilometer.

    Karakter Son Goku yang dipilih Yanno ini merupakan karakter yang sudah berubah ke level selanjutnya atau biasa dikenal dengan sebutan Super Saiyan dengan ciri khas rambut berwarna kuning.

    Yanno, warga asal Tangerang Selatan ikut berpartisipasi di ajang Superball Run 2024 yang ke-9 di Jakarta. Yanto mengenakan kostum Son Goku Dragon Ball dengan ciri khas wig berwarna kuning dan baju berwarna orange, Minggu (15/12/2024). (Tribunnews.com/Abdi Ryanda Shakti)

    Yanno yang kerap mengikuti perlombaan lari mengatakan alasan mengenakan kostum tersebut untuk selebrasi akhir tahun setelah target lari yang dia inginkan sudah tercapai di 2024.

    “Ini sebagai selebrasi akhir tahun, karena kan kalau dalam setahun pelari biasanya punya target, ini karena target sudah selesai jadi ya udah. Enggak ada hal khusus, ini iseng aja,” kata Yanno kepada Tribunnews.com, Minggu.

    Yanno bercerita ini menjadi pengalaman pertamanya mengikuti ajang Superball Run. 

    Meski lelah karena harus melalui flyover yang menjadi jalur khas Superball Run, namun dia mengatakan hal ini menjadi pengalaman yang menarik untuknya.

    “Superball run 2024 ini seru banget, ini pertama kali ikut superball run 10 kilo dan rutenya sudah pasti nanjak jadi capek yah, tidak mungkin orang lari tidak capek, tapi hari ini happy, karena ini race akhir tahun dan kalau buat saya sebagai perunning antusias ini menjadi ajang buat kumpul-kumpul sesama pelari lah temen-temen semua,” ucapnya.

    Dia pun berpesan kepada seluruh pelari khususnya untuk pemula agar tidak memaksakan kemampuan yang dipunya saat berlari dan harus menikmati setiap langkahnya.

    Ajang Superball Run 2024 kembali digelar untuk kesembilan kalinya dengan tiga kategori jarak untuk para pelari yakni 21K, 10K dan 5K yang mendaftar pada Minggu (15/12/2024). (Tribunnews.com/Abdi Ryanda Shakti)

    Selain itu, Irza, pria asal Ciracas, Jakarta Timur juga tak kalah unik saat berlari. 

    Dia terlihat mengenakan kostum kartun Dora The Explorer yang merupakan tokoh seorang anak perempuan yang gemar berpetualang.

    Dengan tubuh kekarnya, Irza tak malu mengenakan wig, baju singlet berwarna merah muda dan tas yang berisi peta sebagai ciri khas Dora.

    “Alasannya pakai kostum Dora karena menutup tahun sih, pengen yang beda aja. Ini udah kali kedua pakai kostum ini,” ucap Irza.

    Di sisi lain, Superball Run 2024 kali ini merupakan kegiatan yang ketiga kali dia ikuti. 

    Menurutnya, selalu ada yang menantang dalam kegiatan ini, salah satunya soal jalur yang melalui flyover.

    “(Persiapannya) Latihan, cuma kalau untuk yang hari ini enggak ada yang khusus karena mau seneng-seneng aja yang penting finish happy,” ungkapnya.

    Untuk informasi, Ajang lari Superball Run kembali hadir dengan suguhan rute flyover dan medali yang ikonik, Minggu (15/12/2024) mendatang.

    Digelar di kawasan Epicentrum Rasuna Said, Jakarta Selatan, Superball Run kini memasuki perhelatan ke-9 dan seperti tahun 2023 bakal digelar di kawasan Epicentrum Rasuna Said. 

    Kali ini, para pelari Superball Run yang mengambil kategori 21K, baik perempuan, laki-laki, maupun master (di atas 45 tahun), akan memperebutkan thropy bergengsi dari Kementerian Kesehatan (Kemenkes) Republik Indonesia.

    Uniknya, tahun ini ajang lari yang dihelat oleh Tribun Network itu rencananya akan menghadirkan 42 Indonesian World Marthon Major (WMM) Finisher (peraih finish ajang lari maraton dunia asal Indonesia).

    Diketahui, penyandang gelar tersebut harus menyelesaikan rute larinya di enam city marathon popular di Tokyo, Boston, London, Berlin, Chicago, dan New York City.

    Superball Run 9th akan memanjakan para pelari di Jakarta dengan rute flyover yang ikonik.

    “Untuk yang rute 21K, pelari akan melewati flyover Karet Semanggi, berputar ke Selong, Melawai, dan kembali lagi ke titik awal di Epicentrum,” kata Program Director Superball Run 9th, Gunawan Samiadji kepada Warta Kota, Jumat (7/12/2024).

    Menurut Gunawan, sepanjang rute Superball Run 9th nanti, penyelenggara menyediakan sejumlah water station, spectator, ambulance, marshal mobile, marshal statis, marshal medis, dan pacer yang akan menyemangati pelari agar sampai ke garis finish.

    Superball Run 9th menargetkan pelari mampu finish dengan hati gembira dan puas dengan suguhan rute yang disediakan. 

    Apalagi, di garis akhir nanti, panitia akan membagikan medali yang ikonik sebagai ciri khas Superball Run. 

  • Agar Warganya Cepat Punya Anak, Pemkot Tokyo Berlakukan 4 Hari Kerja dalam Sepekan – Halaman all

    Agar Warganya Cepat Punya Anak, Pemkot Tokyo Berlakukan 4 Hari Kerja dalam Sepekan – Halaman all

     

    TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA – Pemerintah Kota Metropolitan Tokyo memberlakukan empat hari kerja seminggu bagi pegawai pemerintah metropolitan mulai April 2025 demi mengatasi krisis populasi.

    Kota Tokyo kini menghadapi krisis populasi yang parah akibat penurunan angka kelahiran baru, sementara populasi warganya yang menua semakin banyak.

    Mengutip Money Control, inisiatif ini bertujuan untuk mengatasi tantangan yang dihadapi oleh orang tua yang bekerja, khususnya perempuan, dengan mendorong keseimbangan kehidupan dan pekerjaan. 

    Kebijakan “cuti parsial pengasuhan anak” yang baru juga akan memungkinkan beberapa pegawai untuk bekerja dua jam lebih sedikit per hari. 

    Gubernur Tokyo Yuriko Koike menekankan perlunya menciptakan opsi kerja yang fleksibel sehingga perempuan dapat mempertahankan karier sambil mengelola tanggung jawab pengasuhan anak.

    Angka kelahiran Jepang sangat rendah, yakni 1,2, sedangkan Tokyo berada di angka 0,99, jauh di bawah angka 2,1 yang dibutuhkan untuk menstabilkan populasi. 

    Para pekerja kantoranmemadati gerbong kereta rel listrik pada jam-jam sibuk saat berangkat dan pulang kerja di Kota Tokyo. Pemerintah Kota Metropolitan Tokyo memberlakukan empat hari kerja seminggu bagi pegawai pemerintah metropolitan mulai April 2025 demi mengatasi krisis populasi.

    Meskipun ada langkah-langkah sebelumnya seperti cuti orang tua, subsidi penitipan anak, insentif tunai, dan bahkan aplikasi kencan yang dikelola pemerintah, angka kelahiran terus menurun.

    Empat hari kerja seminggu dapat meringankan budaya kerja Jepang yang menuntut, yang secara tidak proporsional membebani perempuan dengan pekerjaan rumah tangga dan pengasuhan anak. 

    Studi menunjukkan kebijakan semacam itu meningkatkan partisipasi pria dalam pekerjaan rumah tangga, yang dapat mendukung wanita untuk memiliki lebih banyak anak. 

    Misalnya, pria menghabiskan 22 persen lebih banyak waktu untuk mengasuh anak selama uji coba kerja empat hari seminggu di beberapa wilayah.

    Meskipun perubahan sosial diperlukan untuk penerapan yang meluas, penelitian menunjukkan kerja empat hari seminggu meningkatkan produktivitas, mengurangi stres, dan meningkatkan kesejahteraan. 

    Jepang Juga Hadapi Kesenjangan Gender

    Mengutip Firstpost.com, para ahli percaya bahwa budaya kerja Jepang yang tidak kenal ampun, yang dikenal dengan jam kerja yang panjang dan tekanan yang kuat, merupakan hambatan utama untuk menyeimbangkan karier dengan kehidupan keluarga.

    Lingkungan ini telah berkontribusi pada kesenjangan gender yang mencolok dalam partisipasi angkatan kerja. 

    Data dari Bank Dunia mengungkapkan tingkat partisipasi sebesar 55 persen untuk wanita dibandingkan dengan 72 persen untuk pria.

    Minggu kerja empat hari dapat menawarkan solusi. Dengan memberi karyawan lebih banyak waktu untuk kehidupan keluarga, hal itu dapat mengurangi sebagian tekanan pada orang tua yang bekerja. 

    Bukti dari uji coba global menunjukkan bahwa perubahan ini mengarah pada pembagian pekerjaan rumah tangga yang lebih adil.

    Dalam uji coba tahun 2022 yang dilakukan oleh 4 Day Week Global, perusahaan di enam negara menerapkan empat hari kerja seminggu.

    Pria dalam uji coba ini melaporkan menghabiskan 22 persen lebih banyak waktu untuk mengasuh anak dan 23 persen lebih banyak waktu untuk pekerjaan rumah tangga.

    Eksperimen tersebut menunjukkan bahwa bekerja satu hari lebih sedikit dalam seminggu meningkatkan produktivitas dan kesejahteraan karyawan, kata Peter Miscovich, pemimpin masa depan kerja global di perusahaan jasa real estat JLL kepada Fortune.

    Para pekerja kantoranmemadati gerbong kereta rel listrik pada jam-jam sibuk saat berangkat dan pulang kerja di Kota Tokyo. Pemerintah Kota Metropolitan Tokyo memberlakukan empat hari kerja seminggu bagi pegawai pemerintah metropolitan mulai April 2025 demi mengatasi krisis populasi.

    “Keuntungan dari semua itu adalah berkurangnya stres, berkurangnya kelelahan, istirahat yang lebih baik, tidur yang lebih baik, biaya yang lebih rendah bagi karyawan, tingkat fokus dan konsentrasi yang lebih tinggi selama jam kerja, dan dalam beberapa kasus, komitmen yang lebih besar terhadap organisasi sebagai hasilnya,” kata Miscovich kepada majalah tersebut.

    Faktanya, lebih dari 90 persen karyawan yang terlibat dalam uji coba ini ingin melanjutkan dengan minggu kerja yang dipersingkat.

    Namun, di Jepang, menerapkan empat hari kerja seminggu akan membutuhkan perubahan budaya yang signifikan.

    Sementara penelitian menunjukkan jadwal yang dikurangi meningkatkan produktivitas dan kesejahteraan, perubahan seperti itu mungkin memerlukan waktu untuk mendapatkan penerimaan yang lebih luas.

    Laporan Reporter: Barratut Taqiyyah Rafie | Sumber: Kontan

     

  • Superball Run 2024, Silmy Karim hingga Hasan Nasbi Ikut Lari di Kategori 5K dan 10K – Halaman all

    Superball Run 2024, Silmy Karim hingga Hasan Nasbi Ikut Lari di Kategori 5K dan 10K – Halaman all

    Laporan Wartawan Tribunnews.com, Abdi Ryanda Shakti 

    TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA – Ajang Superball Run 2024 kembali digelar untuk kesembilan kalinya dengan tiga kategori jarak untuk para pelari yakni 21K, 10K dan 5K, Minggu (15/12/2024).

    Para pelari akan memulai dan mengakhiri berlarinya dari kawasan Epicentrum, Rasuna Said, Jakarta Selatan. 

    Total, kurang lebih ada 5.000 peserta yang ikut dalam event tahunan ini.

    Ada sejumlah pelari yang ikut, salah satunya yakni para tokoh mulai dari Wakil Menteri Imigrasi dan Permasyarakatan (Imipas), Silmy Karim hingga Kepala Komunikasi Kepresidenan Republik Indonesia, Hasan Nasbi.

    Silmy Karim mendapat kesempatan untuk mengibarkan bendera tanda dimulainya lomba lari ini pada kategori 21K dan 10K. 

    Sementara, Hasan Nasbi mengangkat bendera untuk pelari kategori 5K.

    “Saya mengucapkan selamat, atas terselenggaranya kegiatan ini, yang sudah 9 kali secara rutin setiap tahun. Kemudian, antusiasme dari peserta yang begitu banyak,” kata Silmy dalam sambutannya, Minggu.

    Dia mengatakan selain menyehatkan, kegiatan ini akan menuai dampak positif dalam segala sisi khususnya dalam pembangunan ke depan.

    Wakil Menteri Imigrasi dan Permasyarakatan (Imipas), Silmy Karim ikut berlari di kategori 10K dalam ajang Superball Run 2024 di kawasan Epicentrum, Rasuna Said, Jakarta Selatan, Minggu (15/12/2024). (Tribunnews.com/Abdi Ryanda Shakti)

    “Yang tentunya disini memberikan juga, secercah harapan Indonesia ke depan, dengan kehidupan yang lebih sehat, otomatis pembangunannya akan lebih baik lagi,” ungkapnya.

    Di samping mengangkat bendera, Silmy Karim dan Hasan Nasbi pun turun menunjukkan kemampuannya dalam berlari.

    Silmy Karim terpantau mengikuti kategori berlari dengan jarak 10 kilometer, sedangkan Hasan Nasbi di kategori 5 kilometer.

    Mereka didampingi Direktur Pemberitaan Tribun Network Febby Mahendra dan Wadir Pemberitaan Tribun Network, Domuara D Ambarita.

    Jalur Khas Melalui Flyover 

    Untuk informasi, ajang lari Superball Run kembali hadir dengan suguhan rute flyover dan medali yang ikonik, Minggu (15/12/2024).

    Digelar di kawasan Epicentrum Rasuna Said, Jakarta Selatan, Superball Run kini memasuki perhelatan ke-9.

    Kali ini, para pelari Superball Run yang mengambil kategori 21K, baik perempuan, laki-laki, maupun master (di atas 45 tahun), akan memperebutkan thropy bergengsi dari Kementerian Kesehatan (Kemenkes) Republik Indonesia.

    Ajang Superball Run 2024 kembali digelar untuk kesembilan kalinya dengan tiga kategori jarak untuk para pelari yakni 21K, 10K dan 5K yang mendaftar pada Minggu (15/12/2024). (Tribunnews.com/Abdi Ryanda Shakti)

    Uniknya, tahun ini ajang lari yang dihelat oleh Tribun Network itu rencananya akan menghadirkan 42 Indonesian World Marathon Major (WMM) Finisher (peraih finish ajang lari maraton dunia asal Indonesia).

    Diketahui, penyandang gelar tersebut harus menyelesaikan rute larinya di enam city marathon popular di Tokyo, Boston, London, Berlin, Chicago, dan New York City.

    Superball Run 9th akan memanjakan para pelari di Jakarta dengan rute flyover yang ikonik.

    “Untuk yang rute 21K, pelari akan melewati flyover Karet Semanggi, berputar ke Selong, Melawai, dan kembali lagi ke titik awal di Epicentrum,” kata Program Director Superball Run 9th, Gunawan Samiadji kepada Warta Kota, Jumat (7/12/2024).

    Menurut Gunawan, sepanjang rute Superball Run 9th nanti, penyelenggara menyediakan sejumlah water station, spectator, ambulance, marshal mobile, marshal statis, marshal medis, dan pacer yang akan menyemangati pelari agar sampai ke garis finish.

    Superball Run 9th menargetkan pelari mampu finish dengan hati gembira dan puas dengan suguhan rute yang disediakan. 

    Apalagi, di garis akhir nanti, panitia akan membagikan medali yang ikonik sebagai ciri khas Superball Run. 

     

  • Cara ITDC Kembangan Wisata Premium di The Nusa Dua

    Cara ITDC Kembangan Wisata Premium di The Nusa Dua

    Jakarta: PT Pengembangan Pariwisata Indonesia (ITDC) mengembangkan pariwisata premium di The Nusa Dua, Bali, untuk menarik wisatawan.
     
    ITDC mengandeng tenant yang kuat dengan brand premium yakni PT Plataran Boga Rasa untuk pengembangan lahan Lot SW7 di kawasan The Nusa Dua, Bali. Lahan Lot SW7 yang memiliki luas 5.679 meter persegi akan dikembangkan dengan durasi kerja sama selama 50 tahun.
     

    Dia menjelaskan kerja sama ini untuk mengembangkan The Nusa Dua sebagai destinasi kelas dunia yang mengedepankan keindahan budaya Indonesia.
     
    Direktur Utama ITDC Ari Respati  menuturkan kerjasama ini bertujuan memperkuat posisi The Nusa Dua sebagai destinasi pariwisata premium dengan visi “Bali’s Finest Family-Friendly Resort Haven.”
    “Ini adalah lokasi yang sangat prime, pas sebelum memasuki gerbang area kawasan kami. Kami percaya pengalaman Plataran di sektor pariwisata dan kuliner akan memperkuat daya tarik The Nusa Dua bagi wisatawan domestik maupun mancanegara.” tegas dia dikutip dari Media Indonesia, Sabtu, 14 Desember 2024.
     
    Dia mengatakan proyek ini diharapkan bisa menambah kunjungan wisatawan yang sudah mencapai 1,7 juta sampai saat ini. Pada tahun ini dia berharap kunjungan wisman bisa mencapai 2 juta pengunjung. ITDC menargetkan pertumbuhan kunjungan wisatawan sebesar 30 persen dalam setahun.
     
    “Harapan kami sesuai dengan slogan IDTC, creating destination. Jadi setiap komponen yang tumbuh dan yang muncul di dalam kawasan tentunya harus memiliki spirit membangun sebuah tujuan wisata,” tegas dia.
     
    Proyek ini dirancang sebagai Center of Nusa Dua’s Iconic Intimate Venue & Dining dan ditargetkan mulai beroperasi pada Desember 2025, mengusung konsep heritage dining venue dan Iconic premium intimate MICE venue yang memadukan keunikan budaya Indonesia dengan standar internasional.

    Destinasi dunia

    PT Plataran Boga Rasa, bagian dari Grup Plataran yang memiliki 36 venue dan restoran yang tersebar di Indonesia hingga internasional (Tokyo), memiliki rekam jejak kuat di sektor pariwisata dan boga.
     
    CEO Plataran Yozua Makes menyampaikan proyek dan kerjasama ini tidak hanya akan menjadi destinasi premium Venue & Dining tingkat dunia tetapi juga pusat kegiatan untuk acara eksklusif, dan kenegaraan yang mengusung konsep heritage dining dan intimate MICE venue.
     
    Dia menegaskan proyek kerjasama ini menawarkan pengalaman kuliner unik dengan menu yang terdiri dari hidangan khas Indonesia, Asia dan Western, dilengkapi minuman khas tradisional pilihan serta wine dan cocktails berkelas.
     
    “Melalui kerja sama ini, ITDC dan PT Plataran Boga Rasa optimis Lot SW7 akan menjadi ikon baru di The Nusa Dua yang memadukan keindahan, kenyamanan, dan kemewahan, serta memberikan kontribusi besar bagi pariwisata Bali dan Indonesia. ” tutup Ari.
     
    Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
    dan follow Channel WhatsApp Medcom.id

    (SAW)

  • Akademisi Jepang-Indonesia Kembangkan Inovasi Teknologi Mobilitas Udara, Apa Itu?

    Akademisi Jepang-Indonesia Kembangkan Inovasi Teknologi Mobilitas Udara, Apa Itu?

    Jakarta

    Mobilitas udara (air mobility) telah menjadi salah satu inovasi teknologi yang digadang-gadang paling revolusioner dalam beberapa dekade terakhir. Inovasi tersebut buah kolaborasi akademisi Jepang dan Indonesia.

    Dengan memanfaatkan perkembangan teknologi terkini, konsep ini melibatkan transportasi udara jarak pendek menggunakan drone, pesawat listrik, dan kendaraan udara otonom (AAV). Oleh karena itu, sudah sepantasnya jika akademisi dan profesional dari Jepang dan Indonesia berkumpul untuk membahas topik ini.

    Perkembangan mobilitas udara telah menghadirkan solusi transportasi yang lebih efisien, cepat, dan ramah lingkungan, khususnya untuk wilayah perkotaan dan terpencil. Jepang berada di garis depan perkembangan ini, mengandalkan teknologi canggih dan infrastruktur modern untuk memajukan inovasi di bidang tersebut.

    Dalam konteks ini, diskusi akademis yang diadakan di Universitas Hosei, Tokyo dari tanggal 11 hingga 13 Desember, menandai tonggak penting dengan mempertemukan para ahli dari Jepang dan Indonesia. Pertemuan tersebut dihadiri oleh akademisi terkemuka dari Universitas Hosei Prof. Dr. Gaku Minorikawa, seorang ahli dalam penelitian akustik dan penerbangan, dan Dr. Senichiro Yatsuda, seorang spesialis dalam teknologi listrik, keduanya juga mewakili HIEN Aero Technologies, Jepang.

    Selain itu, hadir pula Takeshi Hompo, seorang magister teknik kedirgantaraan lulusan University of California, San Diego, Master of Science degree in Aerospace Engineering. Hadir pula Firmantoko Soetopo, Magister Teknik Sistem, Presiden Direktur Bagaskara Jakarta, dan Prof. Dr. Rudy Harjanto, Kepala Program Doktor Ilmu Komunikasi LSPR.

    Negeri Matahari Terbit ini telah memanfaatkan teknologi canggih untuk mendorong pengembangan mobilitas udara. Salah satu inovasi utamanya adalah kendaraan udara listrik yang mampu terbang secara otonom.

    HIEN Aero Technologies telah memperkenalkan sistem propulsi listrik hemat energi yang mendukung keberlanjutan lingkungan. Teknologi ini dirancang untuk mengurangi emisi karbon secara signifikan, menjadikan mobilitas udara sebagai solusi transportasi masa depan yang ramah lingkungan, dan memastikan bahwa kendaraan udara masa depan tidak hanya efisien tetapi juga tidak mengganggu kenyamanan masyarakat perkotaan.

    “Kota-kota besar seperti Tokyo dan Jakarta menghadapi tantangan kemacetan lalu lintas yang signifikan. Mobilitas udara menawarkan solusi praktis melalui layanan taksi udara yang dapat mengurangi beban transportasi darat,” kata Takeshi Hompo.

    “Di sisi lain, di daerah terpencil dan kepulauan, mobilitas udara menjadi alat vital untuk pengiriman logistik, terutama makanan dan obat-obatan,” sambungnya.

    Solusi ini sangat penting, terutama bagi Jepang, negara yang kerap dilanda bencana alam. Mobilitas udara dapat berperan penting dalam mendukung operasi penyelamatan, karena kendaraan udara otonom dapat mengirimkan bantuan ke daerah yang sulit dijangkau.

    “Teknologi ini terbukti sangat berharga selama gempa bumi dan tsunami Fukushima, di mana drone digunakan untuk memantau daerah yang terdampak bencana dan mengirimkan pasokan darurat,” jelas Yatsuda.

    Sementara itu, Minorikawa menuturkan bahwa air mobility memberikan berbagai manfaat sosial, seperti aksesibilitas yang memudahkan masyarakat di daerah terpencil untuk mendapatkan kebutuhan pokok, layanan kesehatan, dan pendidikan.

    “Kendaraan udara otonom mengurangi risiko kecelakaan lalu lintas dibandingkan dengan transportasi darat, dan dalam situasi darurat, mobilitas udara memungkinkan pengiriman bantuan dengan cepat,” ungkap Minorikawa.

    Minorikawa seraya menjelaskan bahwa penggunaan mobilitas udara dapat mengurangi biaya operasional logistik melalui pengiriman yang lebih cepat dan tepat waktu. Tidak hanya itu, industri mobilitas udara menciptakan peluang baru di bidang manufaktur, perawatan, dan pengembangan teknologi. Mobilitas udara juga membuka peluang bagi wisatawan untuk menjangkau destinasi yang sebelumnya sulit diakses.

    “Di Jepang, air mobility bukan hanya soal transportasi, tapi juga dianggap sebagai bagian dari semangat inovasi negara ini,” imbuhnya.

    Pemerintah bekerja sama dengan masyarakat setempat untuk memastikan kemajuan ini tetap berpegang pada nilai-nilai tradisional, seperti menghargai lingkungan. Ditambah lagi, kendaraan udara modern sering kali mencerminkan prinsip desain Jepang, yang berfokus pada kesederhanaan dan efisiensi.

    “Indonesia memiliki potensi besar untuk mengadopsi air mobility, terutama untuk logistik pulau, pengiriman barang antarpulau kecil yang sulit dijangkau, dan bantuan bencana, seperti di Jepang, di mana mobilitas udara dapat digunakan untuk menyalurkan bantuan ke daerah-daerah yang terkena bencana alam”, kata Firmantoko Soetopo.

    Diskusi tiga hari di Universitas Hosei difokuskan pada peluang dan tantangan pengembangan mobilitas udara di Jepang dan Indonesia. Prof. Dr. Rudy Harjanto menekankan peran penting komunikasi lintas budaya dalam memperkenalkan teknologi baru kepada masyarakat Indonesia. Ia mencatat bahwa komunikasi yang efektif dapat mempercepat adopsi teknologi mobilitas udara di sektor logistik antarpulau di Indonesia, yang penting bagi negara kepulauan yang membutuhkan solusi transportasi udara yang efisien.

    “Air mobility merupakan salah satu inovasi teknologi yang berpotensi besar untuk mengubah cara kita hidup, bekerja, dan bepergian. Dengan manfaat sosial, ekonomi, dan budaya yang signifikan, masa depan mobilitas udara terlihat menjanjikan, terutama di Jepang dan Indonesia. Kolaborasi internasional seperti diskusi ini menunjukkan bahwa teknologi ini bukan hanya soal inovasi, tapi juga memberikan manfaat nyata bagi kemanusiaan,” pungkas Prof. Dr. Rudy Harjanto.

    (agt/agt)