kab/kota: Tokyo

  • Saham Asia Bergerak Beragam Seusai China Laporkan Laba Industri yang Rendah

    Saham Asia Bergerak Beragam Seusai China Laporkan Laba Industri yang Rendah

    Jakarta, Beritasatu.com – Saham-saham di Asia bergerak beragam pada Jumat (27/12/2024) setelah China mengumumkan penurunan laba industri pada November 2024 yang menjadi penurunan berturut-turut selama empat bulan terakhir.

    Dilansir dari AP, indeks Nikkei 225 Tokyo naik 1,8% menjadi 40.285,25, sementara yen Jepang tetap melemah setelah gubernur bank sentral Jepang mengindikasikan kenaikan suku bunga mungkin tertunda karena potensi dampak negatif terhadap ekonomi, seperti tarif impor Amerika Serikat (AS) yang lebih tinggi.

    Indeks Hang Seng Hong Kong melemah 0,1% menjadi 20.120,54, sementara Indeks Shanghai Composite naik 0,5% menjadi 3.399,27 setelah Biro Statistik Nasional China melaporkan bahwa laba industri pada November turun lebih dari 7% dibandingkan periode yang sama pada tahun sebelumnya. Penurunan laba juga tercatat hampir 5% untuk periode Januari-November 2024.

    Sementara itu, indeks Kospi Korea Selatan merosot 0,8% menjadi 2.410,35.

    Pada saat saham-saham di Asia hari ini bergerak beragam, indeks harga saham gabungan (IHSG) pada perdagangan bursa sesi I hari ini terkoreksi 8 poin atau 0,12% mencapai level 7.057.

  • Ghosn Masih Menaruh Perhatian ke Nissan Buntut Merger dengan Honda

    Ghosn Masih Menaruh Perhatian ke Nissan Buntut Merger dengan Honda

    Jakarta, CNN Indonesia

    Merger dua raksasa otomotif asal Jepang, Honda dan Nissan menarik perhatian mantan bos Nissan Carlos Ghosn.

    Menurut Ghosn, merger Honda-Nissan akan membuat Nissan menjadi perusahaan yang “tertekan” karena Honda akan mendominasi. Ia pun memprediksi akan banyak PHK di kubu Nissan.

    “Saya pikir, tanpa ada keraguan sedikit pun, Honda akan berada di balik kursi kemudi. Ini sangat menyedihkan untuk dilihat setelah saya memimpin Nissan selama 19 tahun dan membawa Nissan ke garis depan industri, dan melihat mereka akan menjadi korban “pembantaian”, karena ada duplikasi total antara Nissan dan Honda,” katanya dikutip dari CNBC.

    Ghosn berseteru dengan Nissan karena didakwa melakukan pelanggaran keuangan di Jepang pada 2018. Ghosn sempat dipenjara di Jepang, dan berhasil melarikan diri ke Lebanon dengan cara sembunyi di boks pada 2019. Ia kabur menggunakan pesawat pribadi.

    Awal 2023, Ghosn mengajukan gugatan ke Pengadilan Kasasi di Lebanon dan menuduh Nissan, dua perusahaan lain dan 12 orang melakukan pencemaran nama baik, fitnah, pemalsuan bukti dan tindak pidana lainnya.

    Ghosn, yang pernah memimpin tiga produsen mobil sebagai bagian dari aliansi Nissan-Renault-Mitsubishi mengatakan pemangkasan karyawan terjadi karena kedua perusahaan akan bersinergi (Honda-Nissan).

    Dengan begitu, akan ada efisiensi mulai dari biaya dan merampingkan duplikasi teknologi maupun rencana perusahaan.

    Honda dan Nissan mengonfirmasi dimulainya pembicaraan mengenai merger bisnis pada awal pekan ini.

    Berdasarkan proposal saat ini, perusahaan induk baru akan dibentuk dan akan terdaftar di Bursa Efek Tokyo pada Agustus 2026.

    Dikabarkan bahwa Honda memiliki kapitalisasi pasar sekitar empat kali lipat dari Nissan dan menominasikan sebagian besar anggota dewan entitas baru tersebut.

    Mitra strategis Nissan,Mitsubishi juga terlibat dalam pembicaraan mengenai bergabung dengan grup tersebut. Mitsubishi akan bergabung pada akhir Januari 2025.

    Para eksekutif Honda dan Nissan pada hari Senin lalu menekankan perusahaan gabungan akan dapat berbagi informasi dan sumber daya yang diperlukan untuk bersaing dalam transisi kendaraan listrik dan teknologi kecerdasan (AI).

    Carlos mengatakan rencana merger tersebut menunjukkan bahwa Nissan sedang dalam mode panik dan mencari perlindungan untuk menyelamatkan perusahaan dari situasi sulit saat ini.

    “Karena mereka (Nissan) tidak mampu menemukan solusinya sendiri,” kata dia.

    Sebelumnya, Nissan telah mengumumkan rencana untuk mengurangi produksi mobil sebesar 20 persen serta memangkas hingga 9.000 pekerjaan dari tenaga kerja globalnya ketika tidak bisa menghadapi kerugian finansial dalam beberapa tahun terakhir.

    (can/mik)

    [Gambas:Video CNN]

  • 10 Dekorasi Natal Termahal di Dunia, Tembus 238 Miliar

    10 Dekorasi Natal Termahal di Dunia, Tembus 238 Miliar

    Menjelang perayaan Natal, banyak tempat pun mulai mempercantik tampilannya dengan berbagai dekorasi khas Natal agar semakin meriah.

    Ornamen seperti pohon Natal, lampu, boneka, dan pakaian ala Sinterklas pun tak luput disiapkan.

    Demi mendapatkan hasil yang spektakuler, tak jarang Dekorasi Natal yang disiapkan harus mengorbankan biaya yang sangat fantastis.

    Bahkan, harga dekorasi Natal termahal di dunia bisa mencapai ratusan miliar, seperti yang dilansir dari The Richest.

    Lantas, seperti apa penampakan dekorasi Natal termahal di dunia? Ikuti artikel ini hingga akhir untuk mengetahuinya!

    1. Spain’s Christmas Tree – Rp238,9 miliar

    Spain’s Christmas Tree (X/@Chum1045)

    Sebuah pohon Natal di The Kempinski Hotel, Spanyol, ini sempat membuat heboh karena dihias menggunakan emas merah muda 3 karat, batu safir 3 karat , berlian merah, putih, dan hitam.

    Tak tanggung-tanggung, harga pohon yang satu ini menduduki jajaran teratas dekorasi Natal termahal di dunia, yang harganya mencapai Rp238,9 miliar, dengan nilai tukar per US$ 1 adalah Rp15.946 (5 Desember 2023).

    2. Abu Dhabi Christmas Tree – Rp175,3 miliar

    Abu Dhabi Christmas Tree (FinancesOnline)

    Masih dengan kategori pohon Natal, The Emirates Palace Hotel juga memiliki pohon dengan harga fantastis.

    Dekorasi pohon ini juga tidak main-main, pasalnya terdapat berlian, emas, mutiara, batu safir, dan batu zamrud dalam jumlah yang sangat banyak.

    Dengan melihat hiasan yang tersemat pada pohon ini, tidak heran bila Abu Dhabi Christmas Tree memiliki harga yang sangat tinggi.

    3. Diamond Christmas Wreath – Rp73.3 miliar

    Diamond Christmas Wreath (X/@Ripleys)

    Jika membayangkan sebuah karangan bunga, berapa harga termahal yang bisa Anda perkirakan? Rp1 juta, atau Rp10 juta?

    Karangan bunga Natal termahal di dunia ini harganya mencapai Rp73,3 miliar, setara dengan rumah mewah beserta isinya!

    Adapun, karangan bunga ini dibuat dengan hiasan lebih dari 40 berlian dan batu ruby. Jika melihatnya, kilauan yang ditampilkan begitu memancar, seiring dengan harganya yang “tidak masuk akal” untuk sebuah karangan bunga.

    4. Gold Christmas Tree – Rp67,6 miliar

    Gold Christmas Tree (marketwatch.com)

    Urutan keempat dekorasi Natal termahal di dunia kembali dari kategori pohon Natal. 

    Pohon Natal emas ini memiliki tinggi 2,4 meter dengan bobot 88 pon.

    Ginza Tanaka, perusahaan perhiasan mewah di Tokyo, menghias pohon ini dengan berbagai karakter Disney seperti Tinker Bell, Cinderella, dan Mickey Mouse. Melihat bahannya yang sebagian besar dari emas, maka Anda bisa menyebutnya sebagai emas berbentuk pohon Natal.

    5. Gold Coin Tree – Rp42,4 miliar

    Gold Christmas Tree (YouTube/Inside Edition)

    Tidak seperti pohon Natal sebelumnya, pohon ini dibuat dan dirangkai menggunakan koin emas.

    Pro Aurum, pencipta pohon Natal ini, membutuhkan sebanyak 2.018 koin emas untuk merangkainya agar menjadi sebuah pohon Natal, yang mana jumlah tersebut disesuaikan dengan tahun pembuatannya, yaitu pada 2018 silam.

    Tumpukan emas ini memiliki tinggi 3 meter, dengan hiasan di pucuknya menggunakan bintang yang juga terbuat dari emas.

    6. Swarovski Crystal Tree – Rp29,7 miliar

    Swarovski Crystal Tree (X/@millennialmodr)

    Selanjutnya, ada Pohon Natal Kristal Swarovski yang memiliki tinggi 30 meter. Pohon ini juga dihias menggunakan lampu-lampu menaik yang kian menambah kilauan kristal nan mewah.

    Pohon Natal ini bukan hanya sekadar dekorasi, melainkan juga sebagai simbol kemewahan, kreativitas, dan kecintaan terhadap keindahan. 

    Tidak heran jika banyak orang yang penasaran ingin melihat langsung pohon yang dipajang di Hong Kong ini.

    7. Mini Christmas Tree From Preserved Roses – Rp29,6 miliar

    Jika sebelumnya Anda membaca pohon Natal mewah dengan tinggi mencapai 30 meter, maka tidak dengan pohon yang satu ini.

    Pasalnya, pohon Natal ini hanya memiliki tinggi sekitar 40 cm, yang terdiri dari 2000 bunga mawar yang telah diawetkan.

    Mawar-mawar tersebut juga dihiasi oleh 1000 berlian 1,5 karat, yang dibentuk menyerupai hati dan bintang.

    Untuk merampungkan penyusunan pohon mewah ini, Claude Quinquaud membutuhkan waktu selama tiga bulan. Bagaimana, apakah Anda tertarik membelinya?

    8. Santa Figurine In Gold – Rp25,5 miliar

    Setelah Ginza Tanaka berhasil membuat pohon Natal emas, perusahaan ini juga mempersembahkan mahakarya kedua yang masuk dalam daftar dekorasi Natal termahal pada artikel ini.

    Adalah patung Sinterklas, yang dibuatnya menggunakan emas murni 1,7 karat seberat 20 kg. 

    Untuk menciptakan karya spektakuler ini, Ginza Tanaka membutuhkan waktu sekitar tiga bulan.

    9. Denmark’s Christmas Tree – Rp2,3 miliar

    Denmark’s Christmas Tree (Pinterest)

    Dekorasi Natal termahal berikutnya ada dari Kopenhagen, Denmark. Pohon Natal yang dihias menggunakan satu juta lampu warna-warni ini siap membuat seluruh taman menjadi terang benderang.

    Selain satu juta lampu yang menghiasinya, pohon ini juga terdiri dari 3000 kristal Swarovski yang membuat kilauannya semakin terasa.

    Swarovski memang terkenal ahli dalam menciptakan keindahan melalui kristal. Kali ini, mereka berhasil memadukan tradisi Natal dengan sentuhan modern, sehingga menghasilkan karya seni yang memukau dan berkesan dalam bentuk pohon Natal selain Swarovski Crystal Tree.

    10. Diamond Christmas Bauble – Rp2,1 miliar

    Diamond Christmas Bauble menjadi penutup dalam daftar dekorasi Natal termahal pada artikel ini.

    Menjadi yang termurah dari sembilan daftar sebelumnya, hal itu pun lantas tidak membuat bola Natal yang satu ini kalah mewah. 

    Pasalnya, bola ini terbuat dari emas putih 18 karat yang dibuat menyerupai potongan salju, dengan hiasan sebanyak 1578 berlian yang masih dikelilingi dua cincin dari batu ruby.

    Setelah mengetahui fakta bahwa uang sebanyak itu diwujudkan dalam sebuah bola Natal, apakah Anda tertarik memilikinya sebagai hiasan?

    Itulah sepuluh daftar dekorasi Natal termahal yang ada di dunia. Jika harus memilih salah satu untuk dimiliki, manakah dekorasi yang ingin Anda pilih?

  • Honda Soal Merger: Bukan untuk Menyelamatkan Nissan

    Honda Soal Merger: Bukan untuk Menyelamatkan Nissan

    Jakarta, CNN Indonesia

    CEO Honda Motor Co Toshihiro Mibe mengatakan merger dengan Nissan Motor Co bukan untuk menyelamatkan perusahaan itu dari keterpurukan.

    Menurutnya, merger Honda dan Nissan adalah langkah perubahan besar dari perusahaan otomotif Jepang.

    “Ini bukan penyelamatan (untuk Nissan),” kata Toshihiro Mibe kepada wartawan disitat dari AFP, Sabtu (5/12).

    Honda dan Nissan sebagai produsen mobil nomor dua dan tiga Jepang setelah Toyota mengumumkan sepakat pada Maret 2024 untuk mengeksplorasi kemitraan strategis bidang perangkat lunak dan komponen untuk EV dan jenis kendaraan lainnya.

    Sebelumnya Nissan mengumumkan rencana untuk melakukan Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) pada 9.000 karyawannya dan merevisi target penjualan tahunannya. Nissan juga melaporkan penurunan laba bersih sebesar 93 persen pada semester pertama 2024.

    Kendati demikian Mibe menekankan merger ini harus diikuti dengan niat perubahan besar di kubu Nissan. Mibe menjelaskan hal itu merupakan syarat bila ingin merger ini berjalan mulus ke depannya. Merger kedua perusahaan akan diikuti Mitsubishi -mitra Nissan-, yang akan bergabung pada akhir Januari 2025.

    Honda dan Nissan bersama dengan Mitsubishi Motors mengatakan telah menandatangani nota kesepahaman (MoU) untuk memulai diskusi tentang mengintegrasikan bisnis mereka di bawah perusahaan induk baru. Ketiga perusahaan mengklaim akan mendaftarkan perusahaan induk baru di Bursa Efek Tokyo dua tahun lagi atau tepatnya pada Agustus 2026.

    Sebelum mengumumkan kesepakatan, raksasa elektronik Taiwan Foxconn dilaporkan mencoba mendekati Nissan untuk memperoleh saham mayoritas, namun gagal.

    1 dekade gejolak Nissan

    Nissan melewati masa-masa sulit selama 1 dekade terakhir, termasuk penangkapan mantan orang nomor satu di Nissan, Carlos Ghosn pada tahun 2018. Ghosn kemudian berhasil melarikan diri dari Jepang dengan cara sembunyi di kotak.

    Ghosn menyikapi sinergi Honda dan Nissan yang mengatakan bahwa Nissan berada dalam “mode panik”. Sindiran itu disampaikan Ghosn, Senin (23/12) melalui tautan video dari Lebanon, tempat dia tinggal saat ini.

    “Meskipun kedua perusahaan mungkin dapat “menemukan sinergi untuk masa depan… Saya tidak melihat sesuatu yang jelas dalam kemitraan atau aliansi ini,” ucap Ghosn.

    (tim/mik)

    [Gambas:Video CNN]

  • Honda Buka Suara Soal Merger dengan Nissan dan Mitsubishi

    Honda Buka Suara Soal Merger dengan Nissan dan Mitsubishi

    Jakarta, CNN Indonesia

    Merger antara Honda dan Nissan akan menjadi perubahan besar dalam industri otomotif global.

    Pasalnya, kedua perusahaan telah bersepakat untuk bersinergi, dari memulai kemitraan strategis yang berfokus pada kecerdasan buatan dan kendaraan elektrifikasi, hingga membangun perusahaan induk bersama yang akan tercatat di Bursa Efek Tokyo pada Agustus 2026.

    Menurut Honda, merger ini tidak terlepas dari ancaman yang ditimbulkan oleh produsen kendaraan listrik asal China yang mulai mendominasi pasar.

    “Bangkitnya produsen mobil China dan pemain baru telah banyak mengubah industri mobil. Kami harus membangun kemampuan untuk melawan mereka pada 2030, kalau tidak kami akan tertinggal,” kata CEO Honda Toshihiro Mibe, dikutip dari Reuters, Sabtu (25/12).

    Oleh sebab itu, Honda dan Nissan berusaha menyatukan sumber daya berupa pengetahuan, bakat, dan teknologi yang telah dikembangkan keduanya selama bertahun-tahun guna mengatasi perubahan menantang yang dihadapi industri Jepang.

    “Penciptaan nilai mobilitas baru dengan menyatukan sumber daya termasuk pengetahuan, bakat, dan teknologi yang telah dikembangkan Honda dan Nissan selama bertahun-tahun sangat penting untuk mengatasi perubahan lingkungan yang menantang yang dihadapi industri otomotif,” ujar Mibe dalam keterangan resmi Nissan.

    Seperti diketahui Honda dan Nissan adalah dua perusahaan dengan kekuatan yang berbeda. Kedua perusahaan berusaha untuk menjadi satu-satunya perusahaan terkemuka yang menciptaan kendaraan sesuai dengan kebutuhan konsumen.

    Sinergi dua perusahaan diprediksi akan menghasilkan perubahan signifikan untuk industri otomotif Jepang.

    Honda dan Nissan telah menandatangani nota kesepahaman merger pada 1 Agustus lalu. Nissan menjadi pemegang saham utama Mitsubishi Motor meyakini mitranya mempertimbangkan untuk bergabung dan membuat keputusan pada akhir Januari 2025.

    Bergabungnya Mitsubishi Motors diprediksi penjualan global grup Jepang ini akan mencapai lebih dari 8 juta mobil per tahun.

    “Nissan dan Honda akan memulai diskusi dengan tujuan integrasi bisnis pada akhir Januari 2025 sesuai dengan pertimbangan Mitsubishi Motors,” tutup Mibe.

    (rac/mik)

    [Gambas:Video CNN]

  • 7 Poin Penting Merger Honda dan Nissan

    7 Poin Penting Merger Honda dan Nissan

    Daftar Isi

    Jakarta, CNN Indonesia

    Merger Honda dan Nissan dalam tahap perampungan. Kedua perusahaan otomotif asal Jepang itu membentuk perusahaan induk baru yang akan melantai di Bursa Efek Tokyo pada Agustus 2026.

    Kedua perusahaan tersebut telah menandatangani nota kesepahaman (MoU) pada 1 Agustus 2024. Poin dari kesepakatan bersama itu yakni melakukan penelitian bersama dalam teknologi untuk kendaraan berbasis perangkat lunak (SDV) khususnya di bidang kecerdasan buatan (teknologi self-driving) dan kendaraan elektrifikasi.

    Selanjutnya, penggabungan dua perusahaan juga bertujuan untuk memperluas solusi mobilitas.

    Mengutip keterangan resmi Nissan, ada tujuh poin kesepakatan sinergi kedua perusahaan yang akan berlaku, yakni sebagai berikut:

    1. Standardisasi platform kendaraan

    Berbagai platform dipercaya menciptakan produk yang lebih kompetitif sambil mengurangi biaya produksi dan pengembangan.

    Standardisasi ini juga memungkinkan perusahaan menawarkan berbagai jenis kendaraan, termasuk mesin pembakaran dalam mobil konvensional (ICE), hybrid (HEV), plug-in hybrid (PHEV), dan kendaraan listrik (EV). Cara ini diharapkan mampu meningkatkan volume penjualan dan profitabilitas.

    2. Sinergi R&D

    Penelitian dan pengembangan (R&D) yang terintegrasi di bidang teknologi meliputi aplikasi, dan platform untuk kendaraan berbasis perangkat lunak (SDV). Kedua perusahaan diharapkan dapat mempercepat pengembangan teknologi kendaraan lebih terima konsumen namun dengan biaya tidak terlalu besar.

    3. Optimasi sistem dan fasilitas manufaktur

    Pengoptimalan fasilitas produksi menjadi salah satu prioritas utama dalam merger ini. Dengan berbagi lini produksi dan mengintegrasikan fasilitas, kedua perusahaan berharap dapat meningkatkan utilisasi pabrik, mengurangi biaya sehingga lebih efisiensi. Pengurangan emisi karbon dari pabrik juga menjadi fokus kedua perusahaan.

    4. Penguatan rantai pasok

    Integrasi fungsi pengadaan akan memungkinkan Honda dan Nissan meningkatkan daya saing dengan menyelaraskan sumber komponen dari rantai pasokan yang sama.

    Berkolaborasi bersama mitra bisnis, kedua perusahaan dapat memperoleh komponen secara lebih efisien, yang akan mendukung pengembangan dan produksi kendaraan secara optimal.

    5. Sinergi untuk menekan biaya operasional

    Penggabungan sistem dan proses operasional, termasuk back-office, akan menjadi fokus utama untuk menciptakan efisiensi yang signifikan.

    Standardisasi proses dan integrasi operasional, maka kedua perusahaan dapat menekan biaya secara signifikan, meningkatkan profitabilitas, dan mempercepat pengambilan keputusan.

    6. Sinergi manajemen keuangan

    Merger ini memungkinkan kedua perusahaan untuk meningkatkan fungsi operasional mulai dari pemasaran, produksi, hingga logistik untuk keberlangsungan kendaraan di dunia.

    7. Membentuk SDM yang berkualitas

    Sumber daya manusia merupakan aset penting bagi kedua perusahaan. Setelah integrasi, pertukaran karyawan dan kolaborasi teknis akan ditingkatkan untuk memacu pengembangan keterampilan karyawan. SDM yang berkualitas diharapkan siap bertransformasi menuju era kendaraan listrik dan teknologi cerdas.

    (rac/mik)

    [Gambas:Video CNN]

  • Honda Buka Suara Soal Merger dengan Nissan dan Mitsubishi

    Honda dan Nissan Merger, Bagaimana Posisi Mitsubishi?

    Jakarta, CNN Indonesia

    Honda Motor Co dan Nissan Motor Co telah sepakat finalisasi merger dan membentuk perusahaan induk baru yang akan melantai di Bursa Efek Tokyo pada Agustus 2026.

    Honda dan Nissan telah menandatangani nota kesepahaman (MoU) untuk merger pada 1 Agustus 2024. Hal ini sekaligus dimulainya kemitraan strategis fokus pada kecerdasan buatan dan kendaraan elektrifikasi.

    Kedua perusahaan punya komitmen untuk menyediakan berbagai model kendaraan di industri otomotif global jenis ICE, HEV, PHEV, dan EV.

    Menyusul kesepakatan dua perusahaan otomotif Jepang tersebut praktis akan terjalin sinergi pada tingkat yang lebih “tinggi” terkait perubahan dalam kedua perusahaan dan fokus industri otomotif nantinya.

    Mengutip keterangan Honda, Mitsubishi Motors dikabarkan akan terlibat dalam integrasi bisnis antara Nissan dan Honda pada akhir Januari 2025. Mitsubishi merupakan mitra Nissan di global seperti dijelaskan dalam konferensi pers, Senin (22/12).

    “Honda dan Nissan telah mulai mempertimbangkan integrasi bisnis, dan akan mempelajari penciptaan sinergi yang signifikan antara kedua perusahaan di berbagai bidang. Penting juga bahwa mitra Nissan, Mitsubishi Motors, juga terlibat dalam diskusi ini,” kata Direktur, Presiden, CEO, dan Representative Executive Officer Nissan Makoto Uchida disitat dari keterangan resmi.

    “Kami mengantisipasi bahwa jika integrasi ini membuahkan hasil, kami akan dapat memberikan nilai yang lebih besar kepada basis pelanggan yang lebih luas,” ucap Uchida kemudian.

    Di acara yang sama, CEO Mitsubishi Motors Takao Kato mengatakan kesediaannya bergabung dengan merger Honda dan Nissan.

    Kato berharap ketiga perusahaan bisa memaksimalkan sinergi dan memenuhi kebutuhan pelanggan di dunia.

    “Di era perubahan dalam industri otomotif, studi antara Nissan dan Honda tentang integrasi bisnis akan mempercepat efek maksimalisasi sinergi, yang juga akan memberikan nilai tinggi bagi bisnis kolaboratif dengan Mitsubishi Motors. Untuk mewujudkan sinergi dan memanfaatkan kekuatan masing-masing perusahaan sebaik-baiknya, kami juga akan mempelajari bentuk kerja sama terbaik,” tukas Kato.

    Dikabarkan bahwa merger tiga perusahaan ini agar ketiganya bisa terus berkompetisi dan bersaing dengan merek mobil global lainnya di tengah persaingan ketat mobil “pintar” dan ramah lingkungan.

    (tim/mik)

    [Gambas:Video CNN]

  • Honda dan Nissan Mau Merger Bikin Induk Perusahaan Baru, Mitsubishi Ikutan?

    Honda dan Nissan Mau Merger Bikin Induk Perusahaan Baru, Mitsubishi Ikutan?

    Jakarta

    Sebanyak dua raksasa otomotif asal Jepang, Honda dan Nissan secara resmi mengumumkan rencana untuk melakukan merger. Bersamaan dengan itu, Mitsubishi Motors selaku produsen otomotif Negeri Sakura lain juga sudah setuju untuk ikut bergabung dalam pembicaraan tentang rencana integrasi bisnis tersebut.

    Mengutip CNN, Senin (23/12/2024), Honda dan Nissan mengumumkan bahwa mereka sudah menandatangani nota kesepahaman (MoU) terkait rencana merger hari ini. Melalui MoU tersebut, kedua perusahaan akan memiliki perjanjian merger formal pada Juni 2025 dan menyelesaikan kesepakatan pada Agustus 2026.

    Presiden Honda Motor Co, Toshihiro Mibe, mengatakan kedua perusahaan akan berusaha menyatukan operasi mereka di bawah perusahaan induk bersama yang awalnya akan dipimpin oleh Honda, sembari mempertahankan prinsip dan merek dari masing-masing perusahaan.

    “Tidak ada nilai dolar yang diberikan dan pembicaraan formal baru saja dimulai. Ada poin-poin yang perlu dipelajari dan didiskusikan. Terus terang, kemungkinan ini tidak dilaksanakan (batal merger) bukanlah nol,” kata Mibe.

    Sementara itu Kepala Eksekutif Nissan, Makoto Uchida, mengatakan aksi merger ini nantinya dapat membuat perusahaan jadi semakin efisien dalam merespons selera dan keinginan pasar, kenaikan biaya operasi, dan perubahan global lainnya.

    “Kami mengantisipasi bahwa jika integrasi ini membuahkan hasil, kami akan dapat memberikan nilai yang lebih besar kepada basis pelanggan yang lebih luas,” kata Uchida.

    Jika benar terjadi, merger antara Honda-Nissan-Mitsubishi ini diprediksi dapat menciptakan raksasa otomotif baru yang bernilai lebih dari US$ 50 miliar atau Rp 809,8 triliun (kurs Rp 16.196). Menjadikan mereka produsen mobil terbesar ketiga di dunia setelah Toyota Motor Corp dan Volkswagen AG.

    Di luar itu, nilai saham Nissan yang diperdagangkan di Tokyo naik 1,6% pada perdagangan hari ini, setelah rencana merger itu resmi disampaikan. Nilai saham itu tercatat sudah melonjak lebih dari 20% setelah kabar tentang kemungkinan merger tersiar minggu lalu.

    Kemudian untuk nilai saham Honda juga tercatat mengalami lonjakan hingga 3,8% hari ini. Menandakan sambutan positif dari para investor atas rencana penggabungan dua raksasa otomotif Negeri Sakura ini.

    (ara/ara)

  • Honda Soal Merger: Bukan untuk Menyelamatkan Nissan

    Resmi Honda dan Nissan Merger

    Jakarta, CNN Indonesia

    Honda Motor Co., Ltd. dan Nissan Motor Co., Ltd. telah menandatangani nota kesepahaman (MoU) untuk merger. Kedua perusahaan membentuk perusahaan induk baru bersama di Tokyo, Jepang.

    MoU dibuat oleh kedua perusahaan pada 1 Agustus 2024, sekaligus dimulainya kemitraan strategis fokus pada kecerdasan buatan dan kendaraan elektrifikasi.

    Nissan dan Honda sepakat untuk melakukan penelitian dalam teknologi untuk kendaraan berbasis perangkat lunak (SDV) generasi mendatang, khususnya di bidang yang vital untuk kendaraan masa depan.

    Nota kesepahaman antara Nissan dan Honda yang diumumkan hari ini Senin (23/12) agar kedua perusahaan lebih kompetitif memberikan produk dan teknologi bagi pelanggan di seluruh dunia dari lini model ICE, HEV, PHEV, dan EV.

    Selain itu dalam kemitraan ini, Nissan dan Honda berharap dapat berkontribusi pada pengembangan basis industri Jepang sebagai perusahaan otomotif global tidak hanya roda empat namun juga bisnis kendaraan roda dua seperti dilakukan oleh Honda saat ini.

    “Hari ini menandai momen penting saat kami memulai diskusi tentang integrasi bisnis yang berpotensi membentuk masa depan kami. Jika terwujud, saya yakin bahwa dengan menyatukan kekuatan kedua perusahaan, kami dapat memberikan nilai yang tak tertandingi kepada pelanggan di seluruh dunia,” kata Direktur, Presiden, CEO, dan Representative Executive Officer Nissan Makoto Uchida dalam keterangan resmi.

    Nissan dan Honda berkomitmen untuk menjadi perusahaan mobilitas global dengan pendapatan penjualan melebihi 30 triliun yen dan laba operasi lebih dari 3 triliun yen.

    Pada 2026, perusahaan induk gabungan yang baru dijadwalkan akan terdaftar di Bursa Efek Tokyo pada Agustus 2026.

    (rac/mik)

    [Gambas:Video CNN]

  • Perjalanan 60 Tahun Shinkansen yang Mengubah Jepang

    Perjalanan 60 Tahun Shinkansen yang Mengubah Jepang

    Jakarta

    Saya berdiri di peron 19 Stasiun Tokyo, pusat transportasi yang sibuk sekaligus megah di Jepang. Di tempat ini, tepatnya 60 tahun lalu, kereta Shinkansen pertama berangkat menuju kota pelabuhan, Osaka.

    Dengan bentuk serupa hidung miring yang khas dan lekukan aerodinamis yang memukau, kereta berkecepatan tinggi pertama di dunia ini dikenal dengan cepat ke seantero bumi.

    Kereta ikonik itu mendapat julukan kereta peluru, atau bullet train dalam bahasa Inggris.

    Kereta ini memiliki rute yang disebut pelancong sebagai “Rute Emas”, yang terbentang antara Tokyo dan Osaka. Nama lainnya jalur Tokaido Shinkansen.

    Para penumpang yang menggunakan jalur ini bisa menyaksikan kemegahan Gunung Fuji dan ibu kota kuno Kyoto dalam waktu kurang dari dua setengah jam.

    Di tengah keramaian orang yang naik dan turun kereta Shinkansen (yang terkenal dengan ketepatan waktunya), saya bertemu dengan Naoyuki Ueno.

    Dia adalah mantan masinis Shinkansen yang sekarang menjadi eksekutif senior di Central Japan Railway Company.

    “Saya bangga dengan Shinkansen,” katanya.

    “Sebagai warga Jepang, saya bangga.”

    Sejak rute pertama dibuka pada 1964, jaringan Shinkansen telah berkembang pesat.

    BBC

    BBC News Indonesia hadir di WhatsApp.

    Jadilah yang pertama mendapatkan berita, investigasi dan liputan mendalam dari BBC News Indonesia, langsung di WhatsApp Anda.

    BBC

    Transportasi ini membuat para pelancong bisa menjelajahi lanskap dramatis dan kota-kota terpencil di Jepang dengan lebih mudah dan lebih cepat.

    Sekarang ada sembilan jalur Shinkansen di seluruh negeri, yang mencakup pulau Hokkaido, Honshu, dan Kyushu.

    Pada Maret 2024, perpanjangan terbaru jalur Hokuriku Shinkansen dibuka. Jalur ini menghubungkan Tokyo dengan Tsuruga.

    Jalur Hokuriku dijuluki “Rute Emas Baru”, dan menjadi dasar perjalanan saya dari Tokyo ke Osaka sebagai bagian dari serial BBC “The World’s Greatest Train Journeys”.

    Saya mengandalkan Shinkansen dalam perjalanan saya, tetapi juga terhubung dengan layanan dan jalur lokal lainnya.

    Getty ImagesShinkansen melintasi Nagasaki pada hari pertama beroperasi di pulau Kyushu Jepang pada September 2022.

    Salah satu keunggulan kereta peluru adalah kemampuannya membawa Anda keluar dari kota dalam waktu yang sangat singkat, memberi Anda kebebasan untuk menjelajahi sudut-sudut Jepang yang terpencil.

    Saya memilih Toyama sebagai titik perhentian. Jaraknya hanya dua jam dari Tokyo.

    Kemudian saya naik kereta jalur tunggal ke kota resor Unazuki Onsen yang menakjubkan.

    Kota ini terkenal dengan pemandian air panas tradisional Jepang (onsen) dan terletak di lingkungan Ngarai Kurobe yang menakjubkan.

    Suasananya sangat jauh berbeda dari Tokyo yang identik dengan dari hiruk pikuk kota metropolitan.

    Pemandian air panas begitu identik dengan kota ini. Tak heran jika ada spa air panas untuk kaki di ujung peron stasiun kereta api.

    Baca juga:

    Pemandu saya, Hashimoto Yukinori, atau “Yuki”, mengajak saya ke salah satu onsen favoritnya di kota, dengan pemandangan lembah yang luas.

    Dia menjelaskan kepada saya bahwa, secara tradisional, onsen biasanya dilakukan telanjang dan bersama-sama.

    (Untungnya, demi pemirsa televisi global, kami diberi izin khusus untuk mengenakan pakaian renang, sesuatu yang biasanya tidak diizinkan.)

    Senyaman apa pun onsen, tempat ini ternyata tidak cocok untuk orang yang lemah jantung.

    Sebab, suhu airnya bisa mencapai sekitar 40 derajat Celcius, dan Yuki mengatakan terkadang bisa lebih panas.

    “Di Jepang, kami memiliki banyak gunung berapi aktif, jadi ada banyak sumber air panas. Menenangkan,” katanya.

    “Alam sangat penting bagi Jepang karena kami memiliki pulau-pulau pegunungan. Kami memiliki banyak gunung berapi dan banyak bencana.”

    “Jadi, kami memiliki ketakutan tersendiri terhadap alam, tapi di sisi lain kami juga memiliki rasa hormat terhadap alam.”

    Getty ImagesJalur kereta Ngarai Kurobe di Perfektur Toyama, Jepang.

    Objek wisata yang paling menonjol di Unazuki Onsensetidaknya bagi pecinta kereta api seperti sayaadalah jalur kereta Ngarai Kurobe.

    Ini adalah jalur sempit yang awalnya dibangun untuk melayani pembangunan Bendungan Kurobe yang besar.

    Jalur ini melintasi jurang berhutan. Sepanjang 20 kilometer, Anda akan disuguhkan dengan pemandangan yang benar-benar indah. Ini adalah kesempatan sempurna untuk terhubung dengan alam.

    Kembali naik Shinkansen, saya kemudian menuju ke kota yang secara historis dikenal dengan samurai dan emasnya: Kanazawa.

    Kota ini terkenal karena menghasilkan 99% lembaran emas Jepang,

    Kanazawa adalah kota tempat hal-hal yang berbau lampau berdampingan dengan hal-hal baru.

    Entah bagaimana, hal itu membawa rasa semangat yang menggebu sekaligus ketenangan dalam satu waktu.

    Setelah mencicipi es krim berlapis lembaran emas yang mewah, saatnya untuk kembali naik kereta.

    Baca juga:

    Perhentian saya berikutnya setelah Kanazawa adalah kota Wajima di semenanjung Noto, daerah yang baru-baru ini terkena bencana.

    Pada Tahun Baru 2024, gempa berkekuatan 7,6 skala Richter menghancurkan kota dan sebagian besar wilayah sekitarnya.

    Kerusakan yang dialami kota ini membuat kereta api tidak memungkinkan untuk mencapainya.

    Sebaliknya, perjalanan melibatkan kereta lokal kecil ke kota Anamizu dan kemudian berkendara singkat ke Wajima.

    Ternyata kereta yang tiba di stasiun bukanlah kereta biasa.

    Kereta itu memiliki gerbong bertema Pokemon yang dihiasi karakter berwarna cerah dari kartun populer Jepang, termasuk Pikachu dan Bulbasaur.

    Saya kemudian menyadari bahwa dekorasi kereta ini dibuat untuk membawa kegembiraan bagi anak-anak setempat yang menderita akibat gempa.

    Getty ImagesPengunjung di distrik Higashi Chaya, Kanazawa, Jepang, pada Kamis, 17 Agustus 2023.

    Melihat Wajima adalah pengalaman yang membuka mata saya. Banyak bangunan yang masih berada di tempatnya, ada juga yang kondisinya runtuh sebagian.

    Rasanya seperti berjalan di lokasi syuting film bencana, meskipun ini semua terlalu nyata, dengan orang-orang yang juga nyata, yang membangun kembali dan memperbaiki.

    Saya datang untuk melihat salah satu kerajinan tertua dan paling tradisional di daerah ituWajima-nuri (barang pernis tradisional Wajima).

    Orang-orang di sini melihat pembangunan kembali industri barang pernis sebagai bagian dari pemulihan budaya dan cara hidup mereka yang lebih luas.

    Takahiro Taya, produsen barang pernis generasi kesepuluh di Wajima mengatakan, “Jika gempa menghancurkan industri kami, banyak orang akan kehilangan pekerjaan.”

    “Jadi, saya harus membangun kembali industri ini untuk para pengrajin dan untuk pelanggan mereka.”

    “Dan saya punya seorang putra. Dia berumur dua tahun delapan bulan. Saya ingin mewariskan pekerjaan ini kepada putra saya,” katanya.

    Saya masih punya satu perjalanan terakhir menggunakan Shinkansen untuk menyelesaikan rangkaian perjalanan saya ke Osaka, kota terbesar kedua di Jepang.

    Saat saya meninggalkan pedesaan Jepang dan kembali ke wilayah perkotaan negara itu, saya memikirkan betapa banyak Jepang telah berubah dalam 60 tahun terakhir.

    Getty ImagesWajima terkenal dengan produksi pernis tradisionalnya.

    Saat ini, Jepang adalah negara yang dipenuhi dengan kota-kota ultramodern dan inovasi mutakhir.

    Di sisi lain, rakyatnya sangat bangga dengan tradisi kuno dan akar pedesaan mereka.

    Shinkansen, yang menghubungkan kota-kota metropolitan padat dan sudut-sudut terpencilnya, melambangkan Jepang secara keseluruhan: negara yang meraih masa depannya sekaligus tetap berpegang pada masa lalunya.

    Jepang memiliki banyak hal untuk dijelajahi, dengan perbedaan dan kontras yang luar biasa.

    Shinkansen telah mengubah negara dengan memungkinkan untuk mencapai sudut-sudut terpencilnya dalam waktu yang sangat singkat.

    Namun, Shinkansen juga menawarkan lebih dari itu.

    Anda bisa turun di satu kota, menikmati lingkungan sekitar, dan benar-benar keluar dari jalur yang biasa.

    Selamat ulang tahun Shinkansen. Semoga memiliki masa depan yang panjang dan sejahtera.

    Versi bahasa Inggris artikel ini yang berjudul How the bullet train transformed Japan bisa Anda baca di BBC Travel.

    (ita/ita)