kab/kota: Tokyo

  • Mafindo ungkap 1.593 kasus hoaks setahun terakhir, didominasi politik

    Mafindo ungkap 1.593 kasus hoaks setahun terakhir, didominasi politik

    Jakarta (ANTARA) – Masyarakat Antifitnah Indonesia (Mafindo) mencatat sebanyak 1.593 kasus hoaks atau berita bohong di Indonesia selama satu tahun terakhir, yakni dalam kurun waktu 21 Oktober 2024 hingga 17 Oktober 2025, yang didominasi tema politik.

    Dari total kasus yang ditemukan, 773 atau 48,5 persen di antaranya merupakan tema politik. Target dari hoaks bertema politik itu paling banyak menyasar pemerintah dengan 374 temuan dan pemerintah asing dengan 126 temuan.

    “Sesudah pemilu ini ada beberapa perkembangan, ada beberapa tren yang saya rasa ini perlu untuk kita antisipasi, perlu kita diskusikan. Dari beberapa topik itu ada yang terkait dengan hoaks politik,” kata Ketua Presidium Mafindo Septiaji Eko Nugroho dalam diskusi di Jakarta, Rabu.

    Salah satu contoh hoaks politik, yaitu isu Presiden Prabowo Subianto mengizinkan Rusia membangun pangkalan militer di Indonesia. Berdasarkan penelusuran Mafindo, konten tersebut ternyata palsu.

    Pada faktanya, pemerintah tidak pernah memberikan izin kepada negara asing untuk membuka pangkalan militer di wilayah Indonesia.

    Contoh kasus hoaks politik lainnya, yakni isu Jepang memasukkan pekerja Indonesia ke dalam daftar hitam (blacklist). Konten tersebut ternyata menyesatkan karena KBRI Tokyo menegaskan tidak ada pernyataan resmi dari Pemerintah Jepang mengenai hal itu.

    Presidium Mafindo Pengampu Komite Litbang Loina Lalolo Krina Perangin-angin menjelaskan tema hoaks terbanyak kedua setelah politik adalah lowongan kerja, yakni dengan 171 kasus atau 10,7 persen dari keseluruhan temuan.

    Temuan Mafindo menunjukkan hoaks bertema lowongan kerja paling banyak mencatut entitas pemerintah, korporasi domestik, hingga Badan Usaha Milik Negara (BUMN) sebagai sumber atau pemberi kerja palsu.

    Pola serupa juga ditemukan pada hoaks bertema bantuan yang menjadi tema hoaks terbanyak ketiga sepanjang setahun terakhir. Dari 100 kasus hoaks bantuan yang ditemukan Mafindo, 74 kasus di antaranya mengatasnamakan pemerintah.

    Berita-berita bohong itu disebarkan melalui berbagai saluran, terbanyak di Facebook dengan 727 temuan, disusul TikTok (366 temuan), Twitter atau X (213 temuan), YouTube (103 temuan), Instagram (95 temuan), dan WhatsApp (36 temuan).

    “Sudah bertahun-tahun itu selalu Facebook menjadi saluran tempat penyebaran hoaks, tetapi sekarang sudah mulai ada TikTok. Jadi, angka di TikTok ini memang mulai naik. Dari tahun ke tahun, itu ternyata mulai banyak hoaks di media TikTok,” kata Loina.

    Menurut Mafindo, meningkatnya sebaran konten hoaks di TikTok terjadi karena media sosial itu mewadahi konten video yang berdurasi singkat, emosional, dan provokatif.

    “Nampaknya para produsen hoaks sudah melihat potensi TikTok untuk menggapai anak-anak muda,” tuturnya.

    Dia melanjutkan pipe dream mendominasi tipe narasi konten hoaks setahun ke belakang. Adapun pipe dream merupakan hoaks yang menggiring harapan palsu kepada publik. Tercatat, ada 831 hoaks yang bertipe pipe dream.

    Tipe narasi hoaks lainnya, antara lain boogies (narasi ketakutan atau ancaman palsu) dengan 133 temuan dan wedge driver (narasi memecah belah masyarakat dengan konflik antarkelompok) dengan 601 temuan.

    Dari temuan itu, Mafindo merekomendasikan pemerintah untuk meningkatkan edukasi literasi digital, khususnya dalam keamanan digital, termasuk antisipasi konten scam (penipuan) dan deepfake (manipulasi gambar/video menggunakan kecerdasan buatan).

    Mafindo juga merekomendasikan pemerintah memperbaiki komunikasi publik dengan membuka jalur dialog, baik virtual maupun langsung, guna mengurangi asimetri informasi.

    Negara turut diminta mengantisipasi potensi scam yang dibuat aktor jahat untuk menempel pada kebijakan maupun program-program pemerintah.

    Sementara itu, masyarakat diharapkan dapat memprioritaskan sumber informasi dari kanal media terverifikasi serta tidak mudah membagikan informasi sebelum melakukan verifikasi sumber.

    Kepada platform digital, Mafindo merekomendasikan adanya penandaan otomatis (auto label) untuk konten yang dibuat dengan kecerdasan buatan (AI). Hal ini agar memudahkan masyarakat dalam membedakan antara konten AI dan organik.

    Pewarta: Fath Putra Mulya
    Editor: Didik Kusbiantoro
    Copyright © ANTARA 2025

    Dilarang keras mengambil konten, melakukan crawling atau pengindeksan otomatis untuk AI di situs web ini tanpa izin tertulis dari Kantor Berita ANTARA.

  • Batu Zaman Purba Tertua Dibuka, Peneliti Kaget Ada Makhluk Hidup

    Batu Zaman Purba Tertua Dibuka, Peneliti Kaget Ada Makhluk Hidup

    Jakarta, CNBC Indonesia – Siapa sangka ada makhluk hidup yang masih bisa bertahan di dalam batu berusia 2 miliar tahun. Temuan ini membuat para peneliti kaget.

    Namun, di sisi lain temuan ini dinilai bisa mengubah pengetahuan soal evolusi makhluk hidup di Bumi. Adapun makhluk hidup yang dimaksud merupakan mikroba yang ditemukan di batu paling tua.

    Laporan ini terpatri dalam sebuah artikel di jurnal Microbial Ecology yang dikutip oleh Futurism. 

    “Kami tidak tahu apakah batu berusia 2 miliar tahun bisa ditinggali. Sampai saat ini, lapisan geologi tertua yang di dalamnya ditemukan mikro-organisme hidup berusia 100 juta tahun yang terkubur di bawah dasar laut. Artinya, ini penemuan yang mengesankan,” kata Yohey Suzuki, salah satu peneliti dari Graduate School of Science di University of Tokyo.

    Teori yang diterima luas saat ini menyatakan kehidupan pertama kali muncul di Bumi sekitar 3,5 miliar tahun lalu. Adapun, manusia baru muncul ratusan ribu tahun silam.

    Penemuan mikroba di dalam batu kuno membuka peluang untuk meneliti ekosistem dan evolusi biologi miliaran tahun lalu.

    Dalam laporan riset, peneliti menyatakan mikroba tersebut adalah makhluk “asli” di batu kuno yang dipecahkan dan berevolusi dengan sangat lambat. Artinya, penelitian lebih lanjut menggunakan mikroba itu bisa memberikan pengetahuan baru soal genetika.

    “Dengan meneliti DNA dan genomik mikroba seperti ini, kita bisa memahami evolusi pada era terawal di Bumi,” kata Suzuki.

    Batu kuno objek penelitian diambil dari Afrika Selatan menggunakan metode pengeboran ultra-dalam.

    Koalisi peneliti internasional percaya penelitian mikroba di batu kuno juga akan berdampak ke upaya mencari kehidupan lain di luar Bumi.

    NASA, misalnya, saat ini memiliki robot Perseverance di Mars yang salah satu misinya adalah mengambil sampel fisik untuk dikirim ke Bumi. Peneliti batu kuno di Bumi memperkirakan sampel dari Mars usianya akan sama dengan batu yang dibor di Afrika Selatan.

    “Menemukan kehidupan mikroba di Bumi dari 2 miliar tahun lalu dan bisa mengkonfirmasi keasliannya membuat saya semangat, ingin tahu apa yang bisa kita temukan dari sampel di Mars,” kata Suzuki.

    (fab/fab)

    [Gambas:Video CNBC]

  • Tiket.com Ubah Inspirasi Media Sosial Jadi Perjalanan Nyata

    Tiket.com Ubah Inspirasi Media Sosial Jadi Perjalanan Nyata

    Jakarta: Di era digital, perjalanan kini dimulai dari layar ponsel, bukan lagi dari bandara. Platform media sosial telah berevolusi dari sekadar sumber inspirasi menjadi alat yang mendorong tindakan nyata.
     
    Sebagai online travel agent (OTA) pertama di Indonesia, tiket.com melihat evolusi tersebut sebagai peluang untuk mengantisipasi dan merespons perubahan perilaku konsumen.
     
    Dengan memahami bagaimana masyarakat kini menemukan, membagikan, dan menindaklanjuti konten perjalanan, tiket.com memastikan para traveler dapat berpindah dengan mulus dari inspirasi ke pemesanan yang mudah dan percaya diri.
     
    “Di tiket.com, kami percaya bahwa inspirasi tidak seharusnya berhenti di layar. Saat seseorang melihat destinasi yang memikat, mereka harus bisa langsung mewujudkannya,” ujar Kamal Kripalaney, VP Global Partnerships tiket.com, dalam pernyataan resminya.
     

     
    Tren ini diperkuat oleh data internal tiket.com, yang mencatat lonjakan hampir 2.000% dalam pemesanan hotel melalui konten sosial di TikTok sejak penerapan fitur Points of Interest (POI) pada Januari hingga September 2025, dengan pertumbuhan rata-rata bulanan mencapai 55%.
     
    Lewat kolaborasi dengan kreator, konten perjalanan kini menjadi pintu masuk langsung ke pemesanan, di mana penonton tak hanya menyimpan inspirasi, tetapi juga dapat segera bertindak.
     
    Tiket.com pun memosisikan diri sebagai jembatan antara eksplorasi digital dan pengalaman nyata, menyediakan rekomendasi personal, penawaran instan, dan kemudahan pemesanan untuk segala jenis perjalanan. Mulai dari liburan singkat ke Bandung hingga petualangan ke Tokyo.
     

    Selain memperkuat sisi teknologi, tiket.com juga menonjolkan pendekatan humanis. Layanan seperti Flight Disruption Protection dan Halo tiket dirancang untuk menghadirkan rasa aman dan membangun kepercayaan pelanggan.
     
    “Seiring berkembangnya konten berbasis penemuan yang semakin mengaburkan batas antara inspirasi dan transaksi, lanskap perjalanan kini memasuki era baru. Setiap potongan konten bisa menjadi pemicu petualangan,” tambah Kamal.
     
    Dengan semangat itu, tiket.com berkomitmen menjadi pendamping digital yang mengubah rasa ingin tahu menjadi pengalaman berharga. Serta, membantu traveler melangkah dari scroll ke take-off hanya dengan satu klik.
     

    Jakarta: Di era digital, perjalanan kini dimulai dari layar ponsel, bukan lagi dari bandara. Platform media sosial telah berevolusi dari sekadar sumber inspirasi menjadi alat yang mendorong tindakan nyata.
     
    Sebagai online travel agent (OTA) pertama di Indonesia, tiket.com melihat evolusi tersebut sebagai peluang untuk mengantisipasi dan merespons perubahan perilaku konsumen.
     
    Dengan memahami bagaimana masyarakat kini menemukan, membagikan, dan menindaklanjuti konten perjalanan, tiket.com memastikan para traveler dapat berpindah dengan mulus dari inspirasi ke pemesanan yang mudah dan percaya diri.
     
    “Di tiket.com, kami percaya bahwa inspirasi tidak seharusnya berhenti di layar. Saat seseorang melihat destinasi yang memikat, mereka harus bisa langsung mewujudkannya,” ujar Kamal Kripalaney, VP Global Partnerships tiket.com, dalam pernyataan resminya.
     

     
    Tren ini diperkuat oleh data internal tiket.com, yang mencatat lonjakan hampir 2.000% dalam pemesanan hotel melalui konten sosial di TikTok sejak penerapan fitur Points of Interest (POI) pada Januari hingga September 2025, dengan pertumbuhan rata-rata bulanan mencapai 55%.
     
    Lewat kolaborasi dengan kreator, konten perjalanan kini menjadi pintu masuk langsung ke pemesanan, di mana penonton tak hanya menyimpan inspirasi, tetapi juga dapat segera bertindak.
     
    Tiket.com pun memosisikan diri sebagai jembatan antara eksplorasi digital dan pengalaman nyata, menyediakan rekomendasi personal, penawaran instan, dan kemudahan pemesanan untuk segala jenis perjalanan. Mulai dari liburan singkat ke Bandung hingga petualangan ke Tokyo.
     

     
    Selain memperkuat sisi teknologi, tiket.com juga menonjolkan pendekatan humanis. Layanan seperti Flight Disruption Protection dan Halo tiket dirancang untuk menghadirkan rasa aman dan membangun kepercayaan pelanggan.
     
    “Seiring berkembangnya konten berbasis penemuan yang semakin mengaburkan batas antara inspirasi dan transaksi, lanskap perjalanan kini memasuki era baru. Setiap potongan konten bisa menjadi pemicu petualangan,” tambah Kamal.
     
    Dengan semangat itu, tiket.com berkomitmen menjadi pendamping digital yang mengubah rasa ingin tahu menjadi pengalaman berharga. Serta, membantu traveler melangkah dari scroll ke take-off hanya dengan satu klik.
     
     
    Cek Berita dan Artikel yang lain di

    Google News


    Viral! 18 Kampus ternama memberikan beasiswa full sampai lulus untuk S1 dan S2 di Beasiswa OSC. Info lebih lengkap klik : osc.medcom.id

    (PRI)

  • Warga Jepang Cemas, Musim Panas Kian Ekstrem

    Warga Jepang Cemas, Musim Panas Kian Ekstrem

    Jakarta

    Jepang mengalami serangkaian peristiwa cuaca ekstrem yang memecahkan rekor sepanjang 2025, dengan para ahli memperingatkan dampak serius yang mungkin terjadi.

    Musim panas 2025 tercatat sebagai yang terpanas dalam sejarah Jepang, dengan suhu rata-rata nasional 2,36 derajat Celsius lebih tinggi dibandingkan rata-rata sejak pencatatan dimulai pada tahun 1898. Kota Isesaki di Prefektur Gunma mencatat rekor nasional baru 41,8°C pada 5 Agustus.

    Badan Meteorologi Jepang (JMA) melaporkan bahwa jaringannya yang terdiri dari lebih dari 1.300 stasiun mencatat 30 kali suhu di atas 40°C, jauh melebihi rekor tahunan sebelumnya, yaitu 17 kali pada musim panas 2018.

    Meskipun kini musim gugur telah tiba di kepulauan Jepang, panasnya belum sepenuhnya mereda, suhu 35°C tercatat di Kota Kagoshima pada Minggu (19/10), dan lebih dari 30 lokasi di seluruh negeri juga mencatat rekor suhu tertinggi untuk Oktober.

    Kenaikan suhu yang luar biasa tinggi

    “Penyebab paling mendasar dari peningkatan suhu ini adalah pemanasan global,” kata Yoshihiro Iijima, profesor klimatologi di Universitas Metropolitan Tokyo.

    “Tahun ini, kita melihat suhu permukaan yang sangat tinggi di Samudra Pasifik dan Laut Jepang, di kedua sisi kepulauan Jepang, yang berkontribusi pada kelembapan tinggi dan udara yang lebih hangat di daratan,” katanya kepada DW.

    Menurut Iijima, suhu laut yang meningkat diperburuk oleh sistem tekanan tinggi yang bertahan lama di atas Jepang selama musim panas, sementara arus jet subtropis di atas Eurasia sejak Juni bergeser signifikan ke arah Kutub Utara.

    Krisis Iklim jadi faktor utama

    Kondisi ekstrem tahun ini membuat JMA mengadakan Panel Penasihat untuk Peristiwa Iklim Ekstrem, dan para penelitinya menegaskan kaitan dengan krisis iklim global.

    “Rekor suhu tinggi yang tercatat di sekitar Jepang pada musim panas 2025 hampir mustahil terjadi jika tidak ada efek dari pemanasan global,” tulis panel tersebut dalam sebuah studi yang diterbitkan pada akhir September.

    “Tingkat kenaikan suhu akibat pemanasan global telah meningkat pesat dalam beberapa tahun terakhir,” tambah mereka. “Suhu rata-rata musim panas tertinggi di Jepang telah tercatat selama tiga tahun berturut-turut (2023–2025), jauh melampaui tren kenaikan suhu linier yang diproyeksikan dari periode 1995–2024.”

    Dampak terhadap pertanian dan bencana alam

    Menurut Iijima, panas ekstrem di musim panas dapat memiliki konsekuensi serius bagi Jepang.

    “Dampaknya terhadap sektor pertanian akan berat, karena produksi beras menurun akibat tanaman tidak tahan panas dan kekurangan air,” ujarnya.

    Para ahli juga mencatat perubahan di sektor perikanan, dengan hasil tangkapan menurun dan banyak spesies ikan berpindah ke utara mencari perairan yang lebih sejuk.

    Namun, panas ini juga berdampak langsung pada masyarakat Jepang, lebih dari 100.000 orang dirawat di rumah sakit antara 1 Mei dan awal Oktober karena serangan panas (heatstroke).

    Angka ini meningkat 4% dibanding tahun sebelumnya, yang juga rekor tertinggi, dengan lansia paling rentan akibat kombinasi suhu tinggi dan kelembapan.

    Iijima juga memperingatkan bahwa panas ekstrem dapat menciptakan topan yang lebih kuat.

    Topan Nakri melintasi gugusan Pulau Izu di selatan Tokyo pada Senin (13/10), seminggu setelah Topan Halong menghantam wilayah yang sama. Topan pertama menyebabkan satu korban jiwa, merusak bangunan, dan memicu tanah longsor. JMA melaporkan bahwa angin dari Topan Nakri mencapai kecepatan 180 km/jam (112 mph) dan membawa curah hujan yang sangat tinggi.

    “Suhu permukaan laut yang tetap tinggi di sekitar Jepang membuat topan-topan ini bertahan lebih lama, menjadi lebih kuat dan lebih merusak,” kata Iijima. “Dan jika kondisi semakin panas, maka topan akan menjadi semakin berbahaya.”

    Tidak ada lagi musim semi dan gugur?

    Penelitian yang dipimpin oleh Yoshihiro Tachibana, profesor dari Departemen Ilmu dan Teknologi Lingkungan di Universitas Mie, menemukan bahwa musim panas di Jepang telah bertambah tiga minggu lebih panjang antara 1982 dan 2023 akibat perubahan iklim.

    “Hal ini terjadi karena pemanasan global dan suhu permukaan laut di sekitar Jepang yang terus meningkat,” kata Tachibana, seraya menunjukkan bahwa suhu laut di sekitar Jepang meningkat dua hingga tiga kali lebih cepat daripada rata-rata global.

    “Ini disebabkan oleh suhu musim panas yang lebih tinggi di sini dibanding wilayah lain di dunia, karena pengaruh angin barat yang hangat dan arus Kuroshio yang membawa air hangat dari Samudra Pasifik tropis ke Jepang,” jelasnya.

    Sementara musim panas kini semakin panjang, musim dingin relatif tetap karena Jepang masih terpengaruh oleh angin kutub dari utara. Namun, musim semi dan musim gugur makin pendek.

    “Saya memperkirakan musim panas di Jepang akan terus memanjang akibat pemanasan global, yang berarti musim semi dan gugur akan semakin singkat,” kata Tachibana.

    “Dalam waktu 30 tahun, keduanya bisa saja hampir menghilang, kecuali ada tindakan nyata untuk menghentikan dampak pemanasan global. Jika tidak, maka dalam 30 tahun Jepang bisa menjadi negara dengan hanya dua musim.”

    Artikel ini pertama kali terbit dalam bahasa Inggris

    Diadaptasi oleh Rahka Susanto

    Editor: Yuniman Farid

    (ita/ita)

  • Perluas Pasar Ekspor RI, Kemendag Dorong Perjanjian Dagang di Asia

    Perluas Pasar Ekspor RI, Kemendag Dorong Perjanjian Dagang di Asia

    Bisnis.com, JAKARTA — Kementerian Perdagangan (Kemendag) menyatakan bahwa pemanfaatan skema perjanjian perdagangan bebas (Free Trade Agreement/FTA) dan kemitraan ekonomi komprehensif (Comprehensive Economic Partnership Agreement/CEPA) menjadi kunci strategis untuk memperluas pasar ekspor Indonesia, terutama di kawasan Asia Tenggara dan Asia Timur.

    Untuk diketahui, Indonesia telah menandatangani sembilan perjanjian perdagangan bebas, baik bilateral maupun regional dengan negara-negara di kawasan tersebut.

    Direktur Perundingan Asean Kemendag Nugraheni Prasetya menyebut bahwa mengacu data Kemendag, sebanyak 60% dari total perdagangan Indonesia dilakukan dengan negara-negara mitra di kawasan Asia Tenggara dan Asia Timur.

    “Berdasarkan data yang kami miliki, 60% dari perdagangan Indonesia dilakukan dengan negara-negara mitra kawasan Asia Tenggara dan Asia Timur,” kata Nugraheni dalam keterangan tertulis, Sabtu (18/10/2025).

    Nugraheni menuturkan, dengan pemanfaatan berbagai skema perjanjian, baik FTA dan CEPA, pemerintah berharap Indonesia dapat terus memperluas pasar ekspor, meningkatkan daya saing produk nasional, serta memperkuat posisi dalam rantai pasok global.

    “Dengan pemanfaatan berbagai skema FTA dan CEPA, kami berharap Indonesia dapat terus memperluas pasar ekspor, meningkatkan daya saing produk nasional, dan semakin memperkuat posisinya dalam rantai pasok global,” ujarnya.

    Dalam kesempatan itu, Atase Perdagangan Malaysia Aziza Rahmaniar Salam memandang bahwa adanya potensi besar pasar Malaysia sebagai salah satu pintu masuk produk Indonesia ke kawasan Asia Tenggara dan Asia Timur.

    Menurut Aziza, posisi strategis Malaysia dan keterlibatannya dalam berbagai perjanjian perdagangan seperti ASEAN Trade in Goods Agreement (ATIGA) dan Regional Comprehensive Economic Partnership (RCEP) memberikan peluang luas bagi produk Indonesia untuk memperluas jangkauan pasar.

    Dia menilai, melalui pemanfaatan skema ATIGA dan RCEP, pelaku usaha Indonesia dapat menikmati tarif preferensi dan kemudahan asal produk untuk menjangkau pasar Malaysia.

    “Malaysia juga dapat berperan sebagai hub bagi produk Indonesia untuk menembus pasar lain, seperti Turki melalui skema Malaysia—Turki FTA,” kata Aziza.

    Lebih lanjut, Aziz menambahkan bahwa pelaku usaha Indonesia harus memahami preferensi konsumen dan regulasi di pasar Malaysia, terutama karakter pasar yang terdiri dari tiga kelompok etnis dengan kebutuhan yang berbeda.

    Pasalnya, sambung dia, karakter pasar akan sangat membantu pelaku usaha dalam menyesuaikan produknya agar lebih diterima.

    “Misalnya, konsumen Melayu mengutamakan produk yang bersertifikat halal, sementara konsumen Tionghoa cenderung menghindari makanan tinggi lemak,” imbuhnya.

    Senada, Atase Perdagangan Korea Selatan Roesfitawati menilai Indonesia memiliki peluang untuk melakukan diversifikasi produk ke pasar Korea Selatan.

    Sebab, ungkap dia, Korea Selatan tengah mendorong pertumbuhan ekonomi hijau dan gaya hidup sehat, yang membuka peluang bagi produk-produk Indonesia, mulai dari makanan dan minuman alami, produk halal, kosmetik dan wellness, serta furnitur ramah lingkungan.

    Selain itu, Atase Perdagangan Tokyo Merry Astrid Indriasar juga mengungkap bahwa Jepang merupakan pasar yang sangat potensial bagi produk makanan dan bahan pangan Indonesia.

    Dia menuturkan bahwa ketergantungan Jepang terhadap impor bahan makanan yang mencapai sekitar 60% dari total kebutuhan nasional, menjadi peluang besar.

  • Ketua MPR Ahmad Muzani Ikut Masak Rendang 200 Kg Bersama IKM di Tokyo

    Ketua MPR Ahmad Muzani Ikut Masak Rendang 200 Kg Bersama IKM di Tokyo

    Tokyo

    Ketua MPR RI Ahmad Muzani ikut turun tangan mengaduk rendang dalam kegiatan Marandang Dunia yang digelar Ikatan Keluarga Minangkabau (IKM) di Tokyo. Momen itu menjadi simbol dukungan terhadap upaya promosi kuliner Indonesia di luar negeri.

    Acara memasak rendang digelar di Yoyogi Park, Tokyo, pada Minggu (19/10/2025), sebagai bagian dari rangkaian Indonesia-Japan Friendship Festival 2025. Dalam kesempatan itu, Ketua Umum IKM Andre Rosiade mengajak langsung Muzani untuk ikut memasak bersama para perantau Minang.

    Muzani tampak mengenakan topi dan celemek hitam, berdiri di tepi kuali besar berisi santan dan daging sapi yang sedang dimasak. Ia datang bersama istrinya, anggota DPR RI Himmatul Aliyah, yang juga ikut membantu di area dapur besar tempat kegiatan berlangsung.

    Ketua MPR RI Ahmad Muzani ikut turun mengaduk rendang dalam kegiatan Marandang Dunia di Tokyo, Jepang. Foto: Ahmad Toriq/detikcom

    Di sela kegiatan, Muzani sempat melontarkan pertanyaan santai, “Kapan rendangnya kira-kira matang?” Salah satu panitia menjawab cepat, “Sore nanti, Pak, tunggu sampai menghitam.” Ucapan itu disambut tawa hangat dari peserta yang berada di sekitar kuali.

    Muzani mengatakan kegiatan ini merupakan bentuk semangat kebersamaan dan kebanggaan terhadap budaya Indonesia di perantauan. Ia mengapresiasi langkah IKM di bawah kepemimpinan Andre Rosiade yang membawa kegiatan budaya Minangkabau hingga ke luar negeri.

    Kegiatan Marandang Dunia merupakan bagian dari upaya IKM memperkenalkan kuliner Minangkabau ke mancanegara. Sebanyak 200 kilogram rendang dimasak dalam satu kuali besar menggunakan teknik tradisional Minang. Proses ini juga menjadi bagian dari pemantauan rekor Museum Rekor Dunia Indonesia (MURI) untuk kategori memasak rendang terbanyak di luar negeri.

    “Setelah Tokyo, tahun depan kami akan menggelar kegiatan Marandang Dunia di Malaysia. Kami ingin rendang benar-benar mendunia,” kata Andre.

    Usai memasak, Muzani dan Himmatul berfoto bersama Andre Rosiade dan para perantau Minang di depan spanduk bertuliskan Pesona Minang: Minang Japang Baralek Gadang. Suasana hangat dan penuh tawa menutup kegiatan yang memperlihatkan semangat kebersamaan dan cinta budaya Indonesia di tanah rantau.

    (tor/amw)

  • Empat Perusahaan Jepang-Indonesia Kolaborasi Proyek Restorasi Lahan Basah – Page 3

    Empat Perusahaan Jepang-Indonesia Kolaborasi Proyek Restorasi Lahan Basah – Page 3

    Melalui kolaborasi ini, keempat perusahaan sepakat mengembangkan metodologi baru yang selaras dengan kebijakan iklim nasional dan standar monitoring, reporting, and verification (MRV). Selain itu, proyek diharapkan dapat memberikan manfaat ganda (co-benefits) bagi lingkungan dan masyarakat lokal di sekitar kawasan restorasi.

    “Kami membawa pengalaman lebih dari satu dekade dalam desain dan implementasi proyek karbon. Kolaborasi ini membuka peluang besar untuk membawa praktik terbaik internasional ke dalam mekanisme JCM,” ujar Sylviana dalam keterangan tertulis, Jumat (17/10/2025).

    Penandatanganan MoU dilakukan serentak di Jakarta dan Tokyo pada 12 September 2025, menandai langkah awal integrasi Nature-based Solutions ke dalam mekanisme perdagangan karbon bilateral antara Indonesia dan Jepang.

     

  • Petaka Buat Driver Online Meluas, Eropa Sudah Terdampak

    Petaka Buat Driver Online Meluas, Eropa Sudah Terdampak

    Jakarta, CNBC Indonesia – Nasib pengemudi online tampaknya akan makin sulit di masa depan. Masifnya perkembangan taksi tanpa sopir (robotaxi) telah meluas hingga ke Eropa.

    Mulanya, tren uji coba robotaxi masih berkutat di Amerika Serikat (AS) dan China, sebagai negara ‘rumah’ bagi inovasi teknologi. Namun, pelan-pelan raksasa teknologi di sektor robotaxi telah berekspansi ke Singapura, Jepang, Uni Emirat Arab, hingga yang terbaru Eropa. 

    Raksasa teknologi asal AS, Waymo, mengumumkan rencana meluncurkan layanan taksi tanpa pengemudi (robotaxi) di London mulai tahun 2026.

    Langkah ini menandai ekspansi internasional pertama perusahaan yang berada di bawah naungan Alphabet, induk Google.

    Jika rencana ini terealisasi, maka pengemudi taksi tradisional, termasuk ikon black cab London, akan menghadapi ancaman nyata dari teknologi otonom.

    Mengutip The Verge, Waymo akan lebih dulu mengoperasikan robotaxi dengan pengemudi pengaman untuk pengumpulan data dalam beberapa minggu ke depan.

    Setelah itu, layanan sepenuhnya tanpa pengemudi akan dibuka untuk publik melalui aplikasi Waymo pada 2026.

    Kendaraan tersebut akan dikelola oleh perusahaan armada Moove, yang juga menangani operasional Waymo di Phoenix, Austin, dan dalam waktu dekat Miami.

    Langkah Waymo ini bertepatan dengan kebijakan baru pemerintah Inggris yang berencana menguji layanan transportasi otonom pada musim semi 2026.

    Namun, penerapan penuh baru akan dilakukan setelah Automated Vehicles Act 2024 berlaku secara menyeluruh di akhir 2027.

    Waymo sendiri sudah lama melirik pasar Inggris. Bulan lalu, media The Telegraph melaporkan bahwa perusahaan mulai membuka lowongan untuk sejumlah posisi teknis di London, termasuk “fleet readiness lead” dan tim rekayasa di pusat teknologi London dan Oxford.

    London bukan satu-satunya target. Sebelumnya, Waymo telah mengirim dua lusin SUV Jaguar otonom ke Tokyo untuk uji coba terbatas, dengan rencana ekspansi komersial ke Jepang.

    Namun, Waymo bukan satu-satunya pemain di pasar mobil otonom Inggris. Uber diketahui menggandeng startup lokal Wayve untuk menguji mobil tanpa pengemudi di London tahun depan.

    (fab/fab)

    [Gambas:Video CNBC]

  • CAS Tolak Banding Atlet Israel untuk Kejuaraan Dunia Senam di Indonesia

    CAS Tolak Banding Atlet Israel untuk Kejuaraan Dunia Senam di Indonesia

    JAKARTA – Pengadilan Arbitrase Olahraga (CAS) menolak banding Federasi Senam Israel (IGF) terkait visa atlet mereka untuk Kejuaraan Dunia Senam Artistik 2025 yang ditolak Pemerintah Indonesia.

    ESPN melaporkan CAS dalam keputusannya juga menolak permintaan IGF untuk memindahkan bahkan membatalkan Kejuaraan Dunia yang dijadwalkan berlangsung di Jakarta mulai Minggu, 19 Oktober 2025.

    Keputusan menolak atlet Israel tersebut sejalan dengan sikap politik luar negeri Indonesia yang menentang agresi militer Israel di Gaza serta mendukung kemerdekaan Palestina.

    Dalam pernyataannya, CAS yang berbasis di Swiss menjelaskan bahwa FIG (Federasi Senam Internasional) telah menyampaikan tidak memiliki kewenangan atas kebijakan visa suatu negara, termasuk keputusan Indonesia menolak kedatangan tim Israel.

    Walaupun dalam aturan FIG disebutkan tuan rumah bisa kehilangan hak penyelenggaraan jika menolak mengeluarkan visa bagi peserta, mereka tidak mengeluarkan ancaman serupa terhadap Indonesia.

    Israel merupakan satu dari 86 negara yang terdaftar untuk berkompetisi di Kejuaraan Dunia tersebut. Dalam daftar awal, tim Israel menurunkan juara Olimpiade Tokyo 2020 dan juara dunia senam lantai putra, Artem Dolgopyat.

    Namun, partisipasi mereka kini resmi dibatalkan meski Federasi Senam Israel sempat mengklaim pada Juli 2025 bahwa telah menerima jaminan dari otoritas Indonesia untuk dapat bertanding.

    Jika benar, hal itu akan menjadi pengecualian dari kebijakan Indonesia yang selama ini tidak membuka pintu bagi delegasi olahraga Israel dalam ajang internasional.

    Sengketa ini menjadi contoh terbaru bagaimana kecaman global terhadap tindakan Israel di Gaza kini merembet ke dunia olahraga dan budaya internasional.

  • Japan Foundation Kirim Penutur Asli Jepang ke Sekolah-Sekolah di Tanah Air

    Japan Foundation Kirim Penutur Asli Jepang ke Sekolah-Sekolah di Tanah Air

    Bisnis.com, JAKARTA — Japan Foundation mengirim 120 relawan penutur asli bahasa Jepang tahun ini untuk mendampingi proses pembelajaran bahasa dan budaya Jepang di sekolah-sekolah Indonesia melalui program Nihongo Partners. 

    Program Officer Divisi Nihongo Partners Japan Foundation Azah Fajriah menjelaskan bahwa para relawan Nihongo Partners merupakan warga negara Jepang dari beragam latar belakang usia dan profesi, mulai dari 20 hingga 69 tahun. Sebelum bertugas di Indonesia, mereka mengikuti pelatihan intensif selama satu bulan di Jepang yang mencakup pembekalan bahasa, budaya, serta pengetahuan tentang lingkungan sosial tempat mereka akan ditempatkan.

    “Mereka bukan guru, melainkan asisten guru. Jadi, di sekolah mereka tidak mendapat perlakuan khusus, tapi belajar bersama guru dan siswa sekaligus memperkenalkan budaya Jepang melalui kegiatan belajar dan kegiatan budaya,” kata Azah dalam acara Media Gathering Japan Foundation, Selasa (14/10/2025).

    Program Nihongo Partners pertama kali diluncurkan pada 2014. Hingga 2024, sebanyak 1.021 penutur asli Jepang telah dikirim ke Indonesia, sekaligus sebagai negara dengan penerima Nihongo Partners terbanyak di dunia.

    Langkah ini sejalan dengan meningkatnya minat masyarakat Indonesia terhadap bahasa Jepang, yang menempatkan Indonesia di posisi kedua terbanyak di dunia setelah China dalam jumlah pembelajar bahasa Jepang.

    “Indonesia juga tercatat sebagai negara dengan jumlah pembelajar bahasa Jepang tingkat menengah terbanyak di dunia. Karena itu, alokasi Nihongo Partners ke Indonesia menjadi yang paling besar,” ujar Azah.

    Untuk tahun ini, para Nihongo Partners ditempatkan di sejumlah wilayah, termasuk Jabodetabek, Jawa Barat, dan Jawa Timur, serta beberapa madrasah aliyah (MA) yang telah bekerja sama dengan Kementerian Agama sejak 2023.

    Program ini merupakan kerja sama antar pemerintah antara Japan Foundation dan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikdasmen), serta Kemenag.

    Tahun depan, program ini akan memasuki gelombang ke-24 dan ke-25 untuk tahun ajaran 2026–2027 dengan rencana perluasan wilayah penempatan hingga ke Pulau Riau dan seluruh Jawa.

    Selain mengirim penutur asli Jepang, Japan Foundation juga mengadakan program pendukung bagi guru dan siswa penerima program Nihongo Partners. Bagi guru, tersedia pelatihan di Jepang yang disebut CP Kenshuu guna meningkatkan kemampuan bahasa, memperdalam wawasan budaya, dan mengembangkan metode pengajaran.

    “Program pelatihan ini diadakan di dua lembaga, yaitu di Urawa (Tokyo) dan Kansai. Tahun ini, ada 52 guru bahasa Jepang dari Indonesia yang mengikuti pelatihan, masing-masing dibagi dalam dua kelompok. Kelompok pertama sudah berangkat 7 Oktober, sedangkan kelompok kedua akan berangkat 20 Oktober,” jelas Azah.

    Selain mengikuti pelatihan di kelas, para guru peserta juga akan melakukan kunjungan ke SMA, universitas, serta mengikuti kegiatan pembelajaran budaya dan in-teaching di sekolah Jepang. Sejak program ini dimulai pada 2015, total 355 guru bahasa Jepang dari Indonesia telah dikirim untuk mengikuti pelatihan di Jepang.