kab/kota: Tiongkok

  • Jadi Banking Partner, BRI Dukung Halal Indo 2025

    Jadi Banking Partner, BRI Dukung Halal Indo 2025

    Jakarta

    PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk (BRI) terus berupaya untuk memberikan dukungan terhadap industri halal di Tanah Air. Salah satu realisasinya yakni dengan menjadi banking partner di ajang Halal Indonesia International Industry Expo (Halal Indo) 2025.

    Adapun Halal Indo 2025 digelar di Indonesia Convention Exhibition (ICE) BSD, Tangerang, pada 25-28 September 2025.

    Selama 4 hari penyelenggaraan, Halal Indo 2025 mencatatkan jumlah pengunjung sebanyak lebih dari 25 ribu atau berada di atas target 15 ribu yang ditetapkan penyelenggara. Pengunjung tersebut bukan hanya berasal dari Indonesia tapi juga berasal dari luar negeri seperti Tiongkok, Finlandia, Amerika Serikat, Malaysia, Singapura, Thailand, Jepang, Filipina, Turki, Uzbekistan, Afghanistan, Korea Selatan, Albania, India, hingga Yordania.

    Selain itu, Halal Indo 2025 juga mencatatkan realisasi penjualan sebesar Rp 7,7 miliar serta berhasil mendapatkan komitmen investasi sebesar Rp 7,2 triliun.

    Corporate Secretary BRI Dhanny mengungkapkan bahwa partisipasi BRI dalam perhelatan berskala internasional ini bukan hanya sekadar dukungan terhadap industri halal. Namun juga strategi perseroan untuk memperluas ekosistem transaksi digital di Indonesia.

    “BRI konsisten untuk mendukung penguatan ekosistem halal melalui solusi finansial digital yang inklusif. Kami percaya, industri halal Indonesia masih memiliki potensi besar untuk bersaing di kancah global, dan UMKM merupakan motor penggeraknya. Kehadiran BRI di Halal Indo 2025 adalah bukti nyata komitmen kami dalam menghubungkan UMKM halal ke pasar yang lebih luas sekaligus memperluas literasi dan inklusi keuangan masyarakat,” kata Dhanny dalam keterangan tertulis, Rabu (1/10/2025).

    Selama pameran, BRI menghadirkan berbagai program menarik, mulai dari ‘Perbanyak Transaksi BRImo’ dengan hadiah langsung bagi nasabah, hingga promo cashback hingga 20% di merchant F&B serta cashback 10% di merchant non-F&B menggunakan QRIS BRI.

    Inisiatif ini mendapatkan sambutan positif dari pengunjung karena tidak hanya menghadirkan keuntungan langsung, tetapi juga mendorong perubahan perilaku transaksi menuju cashless society yang lebih aman, praktis, dan efisien.

    “Selain memperkuat literasi digital, BRI juga memanfaatkan momentum Halal Indo 2025 untuk memberdayakan UMKM halal binaan BRI yang telah siap naik kelas. Beberapa UMKM unggulan tampil memamerkan produk-produk berkualitas, antara lain Roka Collection (Tangerang) dengan sofa dan kerajinan rotan, Urban Factor (Depok) dengan produk tas dan fashion pria, Liyan Indonesia (Jakarta) dengan fashion wanita dan batik, Kaula Snack Indonesia (Subang) dengan produk olahan snack halal, serta Ria Jewellery (Jakarta Timur) dengan perhiasan dan aksesoris halal lifestyle,” tuturnya.

    UMKM binaan tersebut tidak hanya memperoleh akses permodalan melalui KUR dan pembiayaan komersial BRI, tetapi juga telah terintegrasi dengan layanan digital perbankan seperti BRImo, QRIS, dan berbagai fasilitas transaksi lainnya. Dengan dukungan ini, BRI memastikan UMKM halal mampu memperluas jangkauan pasar dan meningkatkan daya saing di tingkat global.

    Apresiasi terhadap BRI juga datang dari Sekretaris Jenderal Kementerian Perindustrian Republik Indonesia, Eko S.A. Cahyanto yang menyampaikan rasa bangga atas kesuksesan Halal Indo 2025. Menurutnya, capaian transaksi hingga Rp 77 miliar dan jumlah pengunjung yang menembus 25.000 orang merupakan bukti nyata besarnya potensi industri halal di Indonesia.

    “Saya senang sekali, bangga sekali dengan Halal Indo 2025 yang jauh lebih baik, meriah, dan lebih sukses dari Halal Indo 2024. Oleh karena itu saya ingin mengucapkan terima kasih kepada Dyandra Promosindo yang telah bekerjasama dengan Kementerian Perindustrian, para sponsor, peserta, pengunjung, dan seluruh pihak yang telah mensukseskan acara Halal Indo 2025,” tutupnya.

    (akn/ega)

  • Pertumbuhan ekspor Jakarta pada Agustus 2025 didorong nonmigas

    Pertumbuhan ekspor Jakarta pada Agustus 2025 didorong nonmigas

    Jakarta (ANTARA) – Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi DKI Jakarta menyampaikan pertumbuhan ekspor Jakarta pada Agustus 2025 yang mencapai 1,47 miliar dolar AS, atau tumbuh 13,74 persen dibandingkan Agustus 2024, didorong oleh peningkatan nilai ekspor nonmigas.

    “Dominan ekspor Jakarta adalah ekspor nonmigas yang tercatat naik 13,60 persen, jika Agustus 2025 dibandingkan dengan Agustus 2024,” ujar Kepala BPS DKI Jakarta Nurul Hasanudin di Jakarta, Rabu.

    Dia mengatakan berdasarkan sektor, industri pengolahan mendominasi ekspor Jakarta dengan kenaikan 14,69 persen pada Agustus 2025 dibandingkan Agustus 2024.

    “Yang paling dominan di sektor nonmigas ekspor kita (Jakarta) berasal dari industri pengolahan yang juga naik 14,69 persen,” kata Hasanudin.

    Dia merinci nilai ekspor sektor industri pengolahan pada Agustus 2024 tercatat 1,24 miliar dolar AS, sementara pada Agustus 2025 tumbuh menjadi 1,43 miliar dolar AS.

    Berdasarkan negara tujuan ekspor pada Agustus 2025, sambung dia, Amerika Serikat merupakan negara tujuan utama dengan nilai mencapai 213,93 juta dolar AS (14,59 persen), kemudian diikuti Tiongkok sebesar 165,03 juta (11,26 persen), dan Singapura sebesar 118,87 juta (8,11 persen).

    Sementara berdasarkan kelompok komoditas, selama Agustus 2025, ekspor dari sepuluh kelompok komoditas utama memberikan kontribusi sebesar 77,11 persen terhadap total nilai ekspor Jakarta.

    Dari sisi pertumbuhan, ekspor sepuluh komoditas utama tersebut tumbuh 121,06 juta dolar AS atau 11,99 persen dibandingkan dengan periode yang sama pada 2024.

    Pertumbuhan secara tahunan pada periode tersebut didorong oleh peningkatan nilai ekspor logam mulia dan perhiasan/permata sebesar 58,42 juta dolar AS (57,15 persen) dan diikuti alas kaki sebesar 32,21 juta dolar AS (11,74 persen).

    Pewarta: Lia Wanadriani Santosa
    Editor: Rr. Cornea Khairany
    Copyright © ANTARA 2025

    Dilarang keras mengambil konten, melakukan crawling atau pengindeksan otomatis untuk AI di situs web ini tanpa izin tertulis dari Kantor Berita ANTARA.

  • Warren Buffet Jual Seluruh Saham BYD, Sudah Untung 20 Kali Lipat

    Warren Buffet Jual Seluruh Saham BYD, Sudah Untung 20 Kali Lipat

    Jakarta

    Berkshire Hathaway, perusahaan investasi milik miliarder Amerika, Warren Buffett, resmi mengakhiri investasinya di produsen kendaraan listrik (EV) asal Tiongkok, BYD.

    Berkshire sudah investasi panjang selama 17 tahun di BYD. Nilainya telah tumbuh lebih dari 20 kali lipat dalam periode tersebut.

    Perusahaan Buffett mulai berinvestasi di BYD pada tahun 2008. Dia membayar US$ 230 juta untuk mencaplok sekitar 225 juta lembar saham, setara dengan kepemilikan 10% saham BYD pada saat itu.

    Kemudian sejak Agustus 2022, Berkshire mulai secara bertahap mengurangi kepemilikan saham BYD.

    Mengutip CNBC International, penasihat khusus untuk BYD, Alfredo Altavilla mengatakan Buffett sudah mendapatkan keuntungan 20 kali lipat dari modal yang dia investasikan.

    Li Yunfei, petinggi BYD, dalam sebuah unggahan di akun Weibo resminya mengucapkan terima kasih kepada Berkshire atas investasi, bantuan, dan persahabatannya selama 17 tahun terakhir. Ia menyebut penjualan saham tersebut sebagai hal yang biasa.

    “Berinvestasi dalam saham melibatkan pembelian dan penjualan, yang benar-benar normal… Kami berterima kasih atas pengakuan Charlie Munger dan Warren Buffett atas BYD, serta atas investasi, dukungan, dan persahabatan selama 17 tahun terakhir… Pujilah semua orang percaya jangka panjang!” tulis Li Yunfei.

    Mencukil laporan Reuters, pesaing terbesar Tesla tersebut mengalami penurunan laba kuartalan untuk pertama kalinya dalam tiga setengah tahun karena ekspansinya terhambat di tengah kampanye pemerintah melawan perang harga.

    Penjualan domestik BYD, yang mencakup hampir 80% dari total pengiriman globalnya, turun selama empat bulan berturut-turut di bulan Agustus. BYD telah memangkas target penjualan tahunan hingga 16% menjadi 4,6 juta kendaraan.

    (riar/dry)

  • Saham Teknologi Asia Diburu Asing, Pasar Negara Berkembang Reli

    Saham Teknologi Asia Diburu Asing, Pasar Negara Berkembang Reli

    Bisnis.com, JAKARTA — Saham-saham di pasar berkembang atau emerging market mencatat reli selama sembilan bulan berturut-turut, menjadi tren kenaikan terpanjang sejak tahun 2004.

    Hal itu seiring dengan derasnya arus masuk kapital asing dan investor yang terus mengalirkan modal ke saham teknologi Asia.

    Berdasarkan data Bloomberg,  indeks saham negara berkembang milik MSCI Inc. ditutup naik 0,5% pada Selasa (30/9/2025), mendorong imbal hasil bulanan sejauh ini menjadi 7%.

    Saham Alibaba Group Holding Ltd. dan Tencent Holdings Ltd. yang terdaftar di Hong Kong menjadi penyumbang kenaikan terbesar bersama produsen chip Taiwan Semiconductor Manufacturing Co.

    Investor sebagian besar mengabaikan laporan JOLTS yang menunjukkan bahwa lowongan pekerjaan di AS hampir tidak mengalami kenaikan pada bulan Agustus, sambil tetap mencermati potensi penutupan pemerintahan AS.

    Reli di pasar negara berkembang ini didorong oleh ekspektasi pelemahan dolar AS, pemangkasan suku bunga oleh Federal Reserve, serta tanda-tanda pemulihan di China.

    Malcolm Dorson, Manajer Portofolio Senior dan Kepala Manajemen Aktif di Global X Management, mengingatkan bahwa tidak ada yang naik secara terus-menerus tanpa volatilitas.

    “Namun bisa jadi kita sedang menyaksikan awal dari siklus baru yang menguntungkan pasar negara berkembang,” kata Dorson, dikutip Bloomberg pada Rabu (1/10/2025).

    Adapun, saham-saham teknologi Asia mendapat dorongan dari optimisme seputar perusahaan yang terkait dengan perkembangan kecerdasan buatan (AI).

    Menurut Analis Senior di Swissquote Ipek Ozkardeskaya, investor global masih relatif kurang terekspos terhadap saham China yang membuka ruang lebih lanjut untuk kelanjutan reli.

    “Saham teknologi Tiongkok, meskipun telah reli cukup kuat tahun ini, masih diperdagangkan dengan valuasi yang lebih murah dibandingkan rekan-rekan mereka di AS, di mana valuasi yang tinggi mulai menjadi kekhawatiran,” ujarnya.

    Disclaimer: berita ini tidak bertujuan mengajak membeli atau menjual saham. Keputusan investasi sepenuhnya ada di tangan pembaca. Bisnis.com tidak bertanggung jawab terhadap segala kerugian maupun keuntungan yang timbul dari keputusan investasi pembaca.

  • Menteri Kebudayaan Fadli Zon Tegaskan Budaya Hak Fundamental dan Pilar Ekonomi di UNESCO MONDIACULT 2025

    Menteri Kebudayaan Fadli Zon Tegaskan Budaya Hak Fundamental dan Pilar Ekonomi di UNESCO MONDIACULT 2025

    BARCELONA – Menteri Kebudayaan RI Fadli Zon menegaskan budaya harus diakui sebagai hak fundamental sekaligus pilar ekonomi global. Pesan itu ia sampaikan di hadapan para Menteri Kebudayaan dan organisasi internasional dalam forum budaya dunia UNESCO MONDIACULT 2025 di Barcelona, Spanyol.

    Bersama para panelis dari Bulgaria, Norwegia, Cabo Verde, Tiongkok, dan Austria, Menbud Fadli menekankan budaya bukan sekadar warisan, melainkan hak hidup yang dijamin negara. “Konstitusi Indonesia, Pasal 32 UUD 1945, mewajibkan negara memajukan kebudayaan nasional dan menjamin kebebasan masyarakat memelihara serta mengembangkan nilai budaya,” kata Menbud dalam keterangan tertulis yang diterima Selasa, 30 September.

    Menbud Fadli menyoroti pentingnya akses publik, partisipasi, dan pelibatan masyarakat, termasuk perlindungan kebebasan berekspresi serta pengakuan atas kearifan lokal. “Budaya tidak boleh jadi privilese segelintir orang, tetapi hak setiap warga,” tegasnya.

    Ia juga menyinggung repatriasi sebagai pemenuhan hak budaya. Pemulangan Koleksi Dubois pekan lalu dari Belanda, berisi lebih dari 28 ribu fosil termasuk Homo erectus Trinil, disebutnya bukti keseriusan Indonesia memperjuangkan keadilan sejarah. “Repatriasi benda bersejarah memulihkan martabat bangsa dan menyambungkan identitas dengan generasi penerus,” jelasnya.

    Menbud Fadli menambahkan, Indonesia sudah memiliki mekanisme Pokok Pikiran Kebudayaan Daerah (PPKD) untuk memastikan suara masyarakat adat dan kelompok rentan masuk dalam kebijakan budaya. “Hak budaya adalah hak asasi. Publik bukan hanya penerima manfaat, tapi aktor utama,” ujarnya.

    Pada sisi ekonomi, Menbud Fadli menegaskan budaya mampu menciptakan lapangan kerja, inovasi, dan pemberdayaan sosial. Ia menyebut industri budaya dan kreatif menyumbang USD 4,3 triliun atau 6% dari ekonomi dunia. Untuk itu, Indonesia tengah mengembangkan instrumen pembiayaan melalui dana abadi kebudayaan Indonesiana, kerja sama produksi internasional, hingga kemitraan publik-swasta dalam pembangunan infrastruktur budaya.

    “Komitmen kami jelas: melindungi hak budaya, memperkuat partisipasi publik, dan membuka ruang pembiayaan agar budaya benar-benar jadi pilar pembangunan berkelanjutan pasca-2030,” tegasnya.

    Partisipasi Indonesia di MONDIACULT 2025, menurut Fadli, adalah bagian dari diplomasi budaya. “Indonesia membawa pesan bahwa budaya adalah hak yang dijamin sekaligus kekuatan ekonomi global. Kehadiran kita menegaskan posisi Indonesia sebagai bangsa berperadaban besar yang siap memimpin dialog budaya dunia,” tutupnya.

  • Wamentan Sudaryono Sambut Wamentan RRT, Bahas Perberasan hingga Akses Ekspor Durian

    Wamentan Sudaryono Sambut Wamentan RRT, Bahas Perberasan hingga Akses Ekspor Durian

    Poin pertama yang dibahas adalah kerja sama perberasan. Indonesia yang tengah mencatat produktivitas padi tinggi menjadi perhatian banyak negara, termasuk Tiongkok. Kolaborasi riset, pengembangan benih, hingga industrialisasi sistem perberasan masuk dalam agenda pembahasan.

    Poin kedua terkait peningkatan perdagangan pertanian. Saat ini, nilai perdagangan Indonesia–Tiongkok mencapai USD 7,7 miliar dengan surplus USD 1,7 miliar bagi Indonesia. Komoditas utama ekspor meliputi kelapa sawit, CPO, karet alam, hingga sarang burung walet.

    “China memiliki kebutuhan besar terhadap komoditas strategis, khususnya CPO dan karet. Bagi Indonesia sebagai produsen, hal ini menjadi peluang karena tidak semua negara mampu menanam dan memproduksi kedua komoditas tersebut. Ini merupakan keunggulan yang harus kita manfaatkan,” tambah Wamentan.

     

  • Geely Mulai Produksi Lokal di Purwakarta

    Geely Mulai Produksi Lokal di Purwakarta

    Jakarta

    Geely Auto Indonesia memulai produksi lokal di Purwakarta, Jawa Barat. Brand asal Tiongkok ini mulai merakit line up Starray EM-i pada bulan September, kemudian selanjutnya line up Geely EX5 dan Xingyuan.

    Geely sudah melakukan fase production trial sejak Mei lalu. Geely diketahui menggandeng mitra PT Handal Indonesia Motor (HIM) untuk perakitan di Indonesia.

    Geely mulai memproduksi dengan skema knock-down (KD) di fasilitas manufaktur Purwakarta pada kuartal ketiga 2025. Geely bilang tetap menerapkan standar teknologi global yang menjadi acuan seluruh pabrik Geely di dunia.

    “Dengan produksi KD di Purwakarta, kami dapat mempercepat distribusi kendaraan elektrifikasi berkualitas tinggi untuk masyarakat Indonesia,” ujar Wu Chuxing, CEO Geely Auto Indonesia dikutip dari keterangan resminya, Senin (29/9/2025).

    Geely akan memperluas portofolio produknya dengan menghadirkan pilihan kendaraan yang kian beragam.

    “Kapasitas produksi hingga 60 unit per hari memungkinkan konsumen memperoleh kendaraan dengan waktu tunggu lebih singkat sekaligus mendapatkan performa, kenyamanan, dan keselamatan berstandar global,” tambahnya lagi.

    Geely memastikan penerapan teknologi dapat berjalan optimal melalui pelatihan teknis, knowledge sharing, dan pendampingan dari tim global Geely kepada tenaga kerja lokal.

    Untuk menjaga kualitas produksi, Geely memiliki sistem perakitan dan program evaluasi berkala, diperkuat oleh Geely Manufacturing Enterprise System (GMES) untuk memastikan konsistensi dalam setiap prosesnya.

    Platform GEA dan Geely Short Blade Battery menjadi teknologi andalan yang dirakit di Indonesia. Sementara itu, fitur advanced driver assistance systems (ADAS) diuji menggunakan perangkat khusus yang didatangkan langsung dari Tiongkok, sehingga dapat bekerja dengan optimal di setiap unitnya.

    Geely mulai produksi lokal di Purwakarta Foto: Dok. Geely

    Melalui pendekatan terintegrasi ini, Geely berharap seluruh kendaraan yang diproduksi secara lokal tetap memenuhi kualitas dan standar keselamatan Geely di pasar global.

    (riar/rgr)

  • Konteks Lebih Panjang, Biaya API 50% Lebih Hemat

    Konteks Lebih Panjang, Biaya API 50% Lebih Hemat

    Bisnis.com, JAKARTA– DeepSeek memperkenalkan model eksperimental baru bernama V3.2-exp yang dirancang untuk menekan biaya inferensi yang jauh lebih rendah saat digunakan dalam operasi konteks panjang.

    Pengumuman tersebut disampaikan melalui unggahan di Hugging Face, lengkap dengan tautan menuju makalah akademis di GitHub.

    Melansir laman TechCrunch Selasa (30/9/2025) fitur utama dalam model baru ini disebut DeepSeek Sparse Attention.  

    Mekanismenya cukup unik sistem menggunakan modul bernama lightning indexer untuk memprioritaskan bagian-bagian tertentu dari jendela konteks. 

    Setelah itu, ada sistem lain bernama fine-grained token selection yang memilih token paling relevan dari potongan tersebut untuk dimasukkan ke jendela perhatian model yang terbatas. 

    Dengan cara ini, model tetap bisa menangani konteks panjang tanpa membebani server terlalu besar. Berdasarkan uji awal, biaya panggilan API untuk operasi dengan konteks panjang bisa ditekan hingga 50%. 

    Meski begitu, pengujian lanjutan masih diperlukan untuk memastikan klaim tersebut. Karena model ini bersifat open weight dan tersedia gratis di Hugging Face, uji coba independen dari pihak ketiga diperkirakan segera menyusul.

    Riset terbaru DeepSeek ini menambah deretan inovasi yang berfokus pada pengurangan biaya inference yaitu biaya menjalankan model AI yang sudah dilatih, berbeda dengan biaya melatihnya. 

    Upaya ini berangkat dari kebutuhan agar arsitektur transformer bisa bekerja lebih efisien. DeepSeek, perusahaan berbasis di Tiongkok, dikenal sebagai pemain unik di tengah persaingan riset AI global. 

    Pada awal 2025, mereka sempat mencuri perhatian lewat model R1 yang dilatih terutama dengan reinforcement learning dengan biaya lebih rendah dibanding pesaing dari Amerika Serikat. Namun, gaungnya meredup setelah R1 tidak memicu perubahan besar seperti yang sempat diprediksi.

    Meski mungkin tidak menimbulkan kehebohan sebesar R1, pendekatan baru berbasis “sparse attention” ini diyakini tetap dapat memberikan pelajaran penting bagi penyedia AI di AS dalam menjaga biaya operasi tetap rendah.

  • Wuling Binguo S Meluncur, Harga Rp 100 Jutaan

    Wuling Binguo S Meluncur, Harga Rp 100 Jutaan

    Jakarta

    SAIC-GM-Wuling (SGMW) mengumumkan peluncuran resmi Binguo S, yang juga dikenal Bingo S pada beberapa pasar. Binguo S ini merupakan ekspansi portofolio dari keluarga model Binguo di China.

    Dikutip Carnewschina, Binguo S diposisikan lebih murah Binguo varian sebelumnya.

    Desain Binguo S mengadopsi garis-garis halus dan detail membulat. Di bagian depan, kendaraan ini menampilkan gril tertutup yang dipadukan dengan lampu depan poligonal yang menyertakan lampu senja berbentuk C. Bagian belakang menampilkan desain lampu belakang tipis yang menyatu, serta spoiler atap.

    Masuk ke dalam interior, Binguo S dilengkapi kluster instrumen digital 8,88 inci, layar tengah mengambang 12,8 inci.

    Binguo S didukung oleh motor listrik yang dipasang di depan yang menghasilkan 75 kW dan torsi 180 Nm. Pilihan baterai termasuk paket lithium-iron-fosfat 31,9 kWh dan 41,9 kWh, masing-masing sesuai dengan jangkauan CLTC 325 km dan 430 km. Model ini juga mendukung pengisian daya cepat DC, memungkinkan pengisian daya 30% hingga 80% dalam waktu kurang lebih 35 menit.

    Wuling melengkapi Binguo S dengan baterai Shenlian yang dikembangkan sendiri, yang menampilkan kekuatan struktural yang ditingkatkan melalui desain MUST (Modular Ultra-Safety Technology). Sistem keamanan standar termasuk kontrol stabilitas elektronik, penahanan otomatis, bantuan mulai bukit, dan empat kantung udara.

    Dengan diperkenalkannya Binguo S, jajaran Binguo sekarang mencakup tiga model di Tiongkok.

    Kendaraan ini berukuran panjang 4.265 mm, lebar 1.785 mm, dan tinggi 1.600 mm, dengan jarak sumbu roda 2.610 mm.

    Semua model dilengkapi dengan fitur-fitur seperti pemantauan tekanan ban, kamera mundur, kontrol pelayaran, konektivitas Bluetooth ponsel cerdas, start tombol tekan, kursi kulit sintetis, enam speaker, lampu depan otomatis, dan pemilihan mode mengemudi. Trim yang lebih tinggi menambahkan sistem kamera panorama, penyesuaian kursi pengemudi elektrik, kursi depan berpemanas, dan kaca spion lipat berpemanas/listrik.

    4 Varian Binguo S:

    Binguo S 325 km: 66.800 Yuan (Rp 156 jutaan)Binguo S 325 km: 69.800 Yuan (Rp 163 jutaan)Binguo S 430 km: 76.800 Yuan (Rp 179 jutaan)Binguo S 430 km: 79.800 Yuan (Rp 186 jutaan)

    (riar/riar)

  • Dubai akan Miliki Infinity Pool Tertinggi di Dunia, Dibuka Bulan Depan

    Dubai akan Miliki Infinity Pool Tertinggi di Dunia, Dibuka Bulan Depan

    JAKARTA – Dubai, Uni Emirat Arab (UEA) akan menambah rekor dunia baru ke dalam koleksinya saat infinity pool tertinggi dibuka bulan depan.

    Tattu Sky Pool akan berada di ketinggian 310 meter di atas tanah, melewati pemegang rekor saat ini di Address Beach Resort di dekatnya, yang memiliki ketinggian 294 meter, dan telah disertifikasi oleh Guinness World Records pada tahun 2021.

    Tattu Sky Pool akan berlokasi di lantai 76 Ciel Dubai Marina, yang juga akan menjadi hotel tertinggi di dunia saat dibuka akhir tahun ini.

    Kolam renang ini juga akan menampilkan 50 daybed mewah di samping restoran Jepang dengan menu fusion yang dirancang untuk santapan di tepi kolam renang.

    Kolam renang ini merupakan bagian dari Tattu Dubai, cabang internasional pertama dari restoran ternama di Manchester. Kolam renang ini dikelola oleh dua bersaudara, Adam dan Drew Jones, melalui Permanently Unique Group mereka mengoperasikan sejumlah restoran di Inggris.

    Tattu Dubai akan menempati tiga lantai Ciel Dubai Marina dengan restoran dan bar utama di lantai 74, Tattu Sky Pool di lantai 76, dan Tattu Sky Lounge and Terrace di lantai 81. Sky lounge dan teras ini akan menampilkan ruang terbuka 360 derajat yang akan menjadi “teras terbuka ber-AC tertinggi di dunia,” ujar Permanently Unique Group, dikutip dari The National 25 September.

    Restoran ini saat ini sedang menawarkan pratinjau peluncuran terbatas untuk fasilitasnya kepada para tamu antara 29 September dan 8 Oktober, menjelang pembukaan resminya pada 10 Oktober.

    Meskipun tanggal pembukaan resmi Ciel Dubai Marina belum diumumkan, reservasi sudah tersedia untuk menginap mulai 15 November.

    Sedangkan Tattu Restaurant and Bar yang berkapasitas 170 tempat duduk terinspirasi oleh mitologi Tiongkok dan Jepang dengan menu yang menampilkan hidangan Asia mulai dari pangsit ikan koi dan tempura terong garam dan merica, hingga Wagyu paprika merah dengan akar teratai dan lobster wasabi.

    Menu Tattu Sky Lounge & Terrace akan terinspirasi oleh sejarah Dubai sebagai pos perdagangan. Para tamu dapat menikmati layanan afternoon tea, koktail saat matahari terbenam dengan hidangan dari koki serta pada malam hari tempat ini akan berubah menjadi klub dengan musik pilihan dan set live DJ.

    Ciel Dubai Marina yang awalnya dijadwalkan dibuka tahun lalu, akan memiliki 82 lantai dan 1.004 kamar. Ini akan melampaui hotel tertinggi di dunia saat ini, Gevora Hotel setinggi 356 meter yang terletak di sepanjang Jalan Sheikh Zayed Dubai.

    Ciel akan dikelola oleh The First Group Hospitality di bawah merek Vignette Collection, yang dimiliki oleh IHG Hotels & Resorts.