kab/kota: Tiongkok

  • Lama Mati Suri, Segini Harga Blackberry yang Diganderungi Lagi

    Lama Mati Suri, Segini Harga Blackberry yang Diganderungi Lagi

    Jakarta, CNBC Indonesia – Ponsel BlackBerry yang ikonik kini kembali hadir di pasar, tetapi kali ini diproduksi oleh perusahaan Tiongkok, Zinwa Technologies. Perusahaan ini menghidupkan kembali model klasik BlackBerry Q20 dengan tampilan yang diperbarui dan menggunakan sistem operasi Android.

    Produk baru yang diberi nama Zinwa Q25 Pro ini menawarkan spesifikasi yang jauh lebih modern. BlackBerry Classic versi terbaru ini dilengkapi dengan chipset MediaTek Helio G99, RAM 12GB, dan kapasitas penyimpanan internal hingga 256GB.

    Layar sentuh bawaan BlackBerry Classic tetap dipertahankan sehingga kompatibel dengan antarmuka Android. Dari segi baterai ditingkatkan hampir 15%, ditambah kamera baru beresolusi 50MP di belakang dan 8MP di depan.

    Zinwa juga mengganti port micro USB lama dengan USB Type-C, serta menghadirkan dukungan 4G LTE, meski perangkat belum mendukung jaringan 5G.

    “Fitur ikonik trackpad BlackBerry masih dipertahankan dan berjalan mulus pada perangkat baru ini. Saat ini, Zinwa Q25 Pro menjalankan Android 13 versi dasar, namun perusahaan belum memastikan dukungan pembaruan ke versi Android terbaru,” demikian dikutip dari Android Authority, Minggu (24/8/2025).

    Untuk harga, Zinwa Q25 Pro dijual seharga US$400 atau sekitar Rp6,5 juta. Selain itu, perusahaan juga menawarkan DIY kit seharga US$320 atau sekitar Rp5,1 juta, bagi pengguna yang ingin mengubah BlackBerry Classic lama miliknya menjadi versi baru.

    Zinwa menargetkan pengiriman perdana Q25 Pro kepada 100 pembeli pertama pada akhir Agustus 2025, dengan rencana produksi massal mulai pertengahan September.

    (tps/tps)

    [Gambas:Video CNBC]

  • Apkasi Gandeng IASTIC Perkuat Kerja sama untuk Pembangunan Daerah – Page 3

    Apkasi Gandeng IASTIC Perkuat Kerja sama untuk Pembangunan Daerah – Page 3

    Liputan6.com, Jakarta – Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia (Apkasi) dan International Academicians Science and Technology Innovation Centre (IASTIC) dari Beijing, China, memperkuat kerja sama internasional untuk inovasi pembangunan daerah.

    Ketua Umum Apkasi Bursah Zarnubi menyatakan komitmen penuh 416 kabupaten di Indonesia untuk membuka diri terhadap kerja sama.

    “Kami hadir mewakili seluruh kabupaten di Indonesia, menyambut hangat pertemuan silaturahmi ini. Kami membuka diri untuk kerja sama dalam bidang sains dan teknologi, pembangunan pertanian, perkebunan, dan peningkatan kualitas sumber daya manusia,” ujar Bursah yang juga menjabat sebagai Bupati Lahat dalam keterangannya.

    Bursah memetakan secara rinci potensi komoditas unggulan daerah yang siap digarap, mulai dari kopi, kakao, kelapa, durian, bambu, sarang walet, hingga rempah-rempah. Ia juga menyoroti kebutuhan investasi pada sektor yang lebih fundamental.

    “Kami juga membutuhkan investasi pada sektor irigasi pertanian untuk mendukung program strategis nasional bidang ketahanan dan swasembada pangan, serta pengelolaan sampah. Inilah yang bisa dikerjasamakan dalam peringatan hubungan baik antara Indonesia dan China,” paparnya.

    Pada kesempatan yang sama, President IASTIC Beijing Profesor C C Chan, dengan lancar berbahasa Indonesia, membagikan ikatan batinnya dengan Indonesia.

    “Saya senang sekali bisa bertemu dengan para kepala daerah. Ini mengingatkan saya yang lahir di Magelang pada 1930 dan sekarang saya berumur lebih dari 90 tahun. Saya memang berdarah dari orang tua Tiongkok, namun orang Indonesia-lah yang membesarkan saya, jadi saya punya misi merekatkan antara Tiongkok dan Indonesia,” tuturnya, menciptakan keakraban yang langsung menyentuh hati audiens.

    Chan menegaskan komitmen profesionalnya. Ia dan delegasi siap memberikan dukungan penuh bagi kabupaten-kabupaten yang giat membangun.

    “Kami menyambut baik banyak daerah di Indonesia yang ingin memodernisasi sektor agriculture-nya. Kami siap memperkuat dengan pengalaman dan teknologi yang kami miliki,” ujarnya.

     

  • Daftar Alat Perang Baru yang Dipamerkan di HUT ke-80 TNI

    Daftar Alat Perang Baru yang Dipamerkan di HUT ke-80 TNI

    Bisnis.com, JAKARTA – Dalam parade alutsista HUT ke-80 TNI di Monas hari ini, ada sejumlah alutsista terbaru yang dipamerkan.

    Belasan alutsista terbaru itu, dikabarkan akan segera mendarat di Indonesia untuk memperkuat pertahanan TNI.

    Ragam alutsista yang akan segera tiba itu mulai dari tank, kapal induk, hingga drone.

    Berikut Alutsista terbaru TNI yang ditampilkan di HUT ke-80 TNI di Monas hari ini

    1. Rudal Balistik R-Han

    Roket R-Han 122 adalah keluarga artileri roket yang dikembangkan oleh PT Dirgantara Indonesia (PT DI) Indonesia dengan kecepatan maksimum Mach 2,95 (3.614 km/h) dan jangkauan maksimum 32 km. Ia digunakan terutama oleh Tentara Nasional Indonesia.

    2. Tank Harimau

    Harimau Medium Tank Kanon 105 mm adalah kendaraan tempur produk terbaru dari PT Pindad (Persero) yang didukung oleh Kementerian Pertahanan RI sesuai kebutuhan Tentara Nasional Indonesia (TNI). Kendaraan ini dilengkapi dengan two-man turret kaliber 105 mm serta senapan mesin kaliber 7,62 mm untuk daya gempur maksimum. Harimau Medium Tank didesain khusus untuk daerah operasi tropis seperti hutan karena memiliki bobot yang lebih ringan dari Main Battle Tank.

    3. Meriam Pertahanan Udara 35 mm

    Tipe 90 (PG99) adalah meriam ganda antipesawat 35 mm yang dirancang dan diproduksi oleh perusahaan Tiongkok, Norinco. Sistem meriam antipesawat ganda 35 mm yang telah teruji ini merupakan pengembangan mutakhir oleh NORINCO untuk meriam pertahanan udara berkinerja tinggi, sangat akurat, dan andal. Meriam ganda 35 mm Tipe 90 dirancang untuk melawan pesawat terbang berkecepatan tinggi dan terbang rendah, helikopter, kendaraan udara tak berawak (UAV), dan rudal jelajah. Meriam ini digunakan oleh angkatan bersenjata Tiongkok untuk menyediakan pertahanan udara lapangan bagi pasukan darat di tingkat divisi dan grup. Waktu reaksi sistem terhadap target udara hanya 6 detik, dan seluruh sistem dapat disiapkan atau ditarik mundur dalam waktu 90 detik.

    4. KRI Belati

    TNI AL diperkuat kapal cepat rudal 60 meter KRI Belati-622 buatan dalam negeri yang berteknologi hybrid usai upacara penamaan kapal tersebut

    5. Kapal Fregat Merah Putih

    Kapal Fregat Merah Putih ke-2 yang merupakan kapal tempur terbesar pertama buatan putra-putri Indonesia ini merupakan tipe kapal perang canggih yang didesain dengan kemampuan tempur 4 (empat) matra, diantaranya, laut ke laut (surface to surface), laut ke udara (surface to air), anti-kapal selam (surface to submarine atau anti-submarine warfare), dan electronic warfare atau perang elektronik (siber digital).

    Kapal tersebut juga memiliki spesifikasi panjang atau length overall (LoA) 140 meter, lebar atau breadth 19,75 meter dan kecepatan maksimum 28 knots saat berlayar.

    6. Kapal Fregat TCG Istanbul Turki

    Fregat ini dikembangkan untuk peperangan anti-kapal selam dan permukaan, peperangan udara, pengintaian, pengawasan, akuisisi target, identifikasi, deteksi, dan peringatan dini. Fregat ini memiliki panjang 113 meter dan lebar 14,4 meter. TCG İSTANBUL dibangun di Galangan Kapal Angkatan Laut Istanbul dan dilengkapi dengan solusi nasional canggih, termasuk Rudal Anti-Kapal ATMACA dan Sistem Peluncur Vertikal (VLS) MİDLAS yang dikembangkan oleh Roketsan, Sistem Senjata Udara Jarak Dekat Gökdeniz dan Radar AESA Cenk-S yang dikembangkan oleh ASELSAN, serta Sistem Manajemen Tempur ADVENT yang dikembangkan oleh HAVELSAN di bawah arahan Komando Angkatan Laut. 

    7. Kapal Induk Giuseppe Garibaldi

    Giuseppe Garibaldi adalah kapal induk pertama Italia yang mampu mengoperasikan pesawat fixed-wing berjenis STOVL (Short Take-Off and Vertical Landing). STOVL merupakan pesawat atau armada yang mendarat secara vertikal seperti helikopter. 

    Kapal induk ini dapat mendukung berbagai jenis helikopter untuk operasi anti-kapal selam, serangan amfibi, dan bantuan kemanusiaan.

    Dengan desain modular, Garibaldi dapat berfungsi sebagai kapal komando, platform operasi udara, serta pusat pengendali dan komunikasi maritim meningkatkan efektivitas Italia dalam operasi multinasional NATO maupun tugas bantuan kemanusiaan di berbagai kawasan. 

    8. Kapal Cepat Rudal (KCR) 70 m Turki  

    NB74 dan NB75, memiliki spesifikasi panjang keseluruhan 70 meter dengan lebar 11,7 meter. Kapal itu nantinya mampu berlayar dengan kecepatan maksimal di atas 40 knots, dan mampu mengangkut 43 personel.

    Kapal itu kemungkinan menggunakan desain FACM 70 meter Sefine Shipyard yang dapat digunakan untuk berbagai kebutuhan, mulai dari pengintaian dan pengawasan (ISR), operasi antipermukaan, dan operasi antiserangan udara.

    9. KRI OPV class

    kapal OPV 90M ini dirancang sebagai kapal kombatan dan patroli yang siap beroperasi di seluruh perairan yurisdiksi Indonesia. Dengan kecepatan maksimum hingga 28 knot dan kecepatan jelajah 20 knot, kapal-kapal itu mengadopsi teknologi monohull untuk meningkatkan performa dan stabilitas operasional.

    10. KRI Prabu Siliwangi (321)

    Kapal KRI ini memiliki spesifikasi yang hampir sama yakni dilengkapi dengan meriam 127 mm, crossing weapon system 25 mm, torpedo anti kapal selam hingga hingga senjata rudal berbasis elektronik.

    11. Pesawat Tempur Rafale

    Dassault Rafale adalah pesawat tempur multiperan bersayap delta , bermesin ganda , dan bersayap ganda Prancis yang dirancang dan dibangun oleh Dassault Aviation.

    Dilengkapi dengan berbagai macam senjata, Rafale dimaksudkan untuk melakukan supremasi udara , interdiksi , pengintaian udara , dukungan darat , serangan mendalam, serangan antikapal , dan misi pencegahan nuklir . Pesawat ini disebut sebagai pesawat “omnirole” oleh Dassault.

    12. Drone Elang Hitam

    Secara fisik, drone Elang Hitam memiliki panjang sekitar 8,6 meter, lebar bentang sayap mencapai 16 meter, dan tinggi sekitar 2,6 meter. Menurut laman indonesian-aerospace.com, bobot maksimum saat lepas landas (MTOW) mencapai 1.300 kilogram, dengan kapasitas payload atau muatan hingga 300 kilogram. Ini memungkinkan Elang Hitam membawa berbagai sensor maupun sistem persenjataan sesuai kebutuhan misi.

    13. Pesawat T-501

    KAI T-50 Golden Eagle merupakan pesawat tempur ringan dan jet latih lanjut dari Korea Selatan yang dikembangkan oleh Korea Aerospace Industries (KAI) dan Lockheed Martin. T-50 sendiri merupakan pesawat supersonik buatan domestik pertama Korea Selatan dan salah satu dari jet latih yang masih ada di pasaran.[4] Pengembangan dimulai pada penghujung tahun 90-an, dengan penerbangan perdana dilakukan pada tahun 2002. Pesawat ini telah aktif digunakan oleh Angkatan Udara Republik Korea (ROKAF) semenjak tahun 2005.

  • KAI Jakarta Catat Ada 140 Perlintasan Liar Kereta Api hingga Oktober 2025 – Page 3

    KAI Jakarta Catat Ada 140 Perlintasan Liar Kereta Api hingga Oktober 2025 – Page 3

    Liputan6.com, Jakarta – PT Kereta Api Indonesia (Persero) Daop 1 Jakarta mencatat masih ada 140 perlintasan liar kereta api di wilayah kerja Daop 1 Jakarta hingga awal Oktober 2025 sehingga menjadi perhatian serius karena berisiko tinggi terjadi kecelakaan.

    Sementara itu, 287 lainnya merupakan perlintasan yang dijaga bersama pihak terkait.

    “Perlintasan sebidang merupakan salah satu titik rawan kecelakaan, sehingga diperlukan perhatian lebih dari semua pihak,” kata Manager Humas PT KAI Daerah Operasi (Daop) 1 Jakarta, Ixfan Hendriwintoko di Jakarta, Ahad.

    Karena itu, PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daop 1 Jakarta terus berupaya agar perlintasan liar ditutup secara bertahap sesuai amanat regulasi, serta mengajak masyarakat untuk menggunakan jalur resmi yang lebih aman.

    Selain itu, untuk meningkatkan keselamatan perjalanan kereta api, khususnya di perlintasan sebidang, KAI Jakarta rutin melakukan kegiatan sosialisasi keselamatan perkeretaapian.

    “Kami berharap masyarakat semakin sadar bahwa keselamatan merupakan tanggung jawab bersama dan setiap pengguna jalan wajib mendahulukan perjalanan kereta api sesuai Undang-undang Nomor 23 Tahun 2007 tentang Perkeretaapian,” ujar Ixfan. 

    Kegiatan ini salah satunya dilakukan pada Sabtu (4/10). PT KAI Daop 1 Jakarta melakukan sosialisasi keselamatan perkeretaapian di JPL 75 Stasiun Sudimara yang melibatkan komunitas pecinta kereta api.

     

    Fenomena unik di Chongqing, Tiongkok, bikin dunia tercengang. Stasiun LRT Liziba Jalur 2 menghadirkan pemandangan luar biasa: kereta ringan benar-benar melintas menembus gedung apartemen setinggi 19 lantai

  • Kandungan Etanol dalam BBM Cermin Keberpihakan pada Energi Alternatif

    Kandungan Etanol dalam BBM Cermin Keberpihakan pada Energi Alternatif

    Bisnis.com, JAKARTA – Penggunaan etanol dalam bahan bakar minyak (BBM) bukan sekadar persoalan teknis menaikkan angka oktan, melainkan mencerminkan cara sebuah negara memandang ketahanan energi, kedaulatan pangan, dan arah kebijakan iklimnya. Hal itu ditegaskan Prof. Andy N. Sommeng, ahli energi sekaligus Guru Besar Tetap Fakultas Teknik Universitas Indonesia.

    “Membicarakan BBM yang dicampur etanol sejatinya berbicara tentang pergeseran paradigma energi—dari sekadar memenuhi kebutuhan mobilitas menuju upaya menghubungkan sektor pertanian, energi, dan iklim,” ujar Andy di Jakarta, Jumat (4/10/2025).

    “Etanol bukanlah sekadar zat aditif yang meningkatkan angka oktan bensin, melainkan simbol bagaimana sebuah negara memandang ketahanan energi dan kedaulatan pangan.”

    Andy menjelaskan, Brasil menjadi contoh klasik bagaimana bioetanol dijadikan instrumen strategis. Sejak krisis minyak 1970-an, negara itu memanfaatkan keunggulan tebu untuk memproduksi etanol, melahirkan mobil fleksibel berbahan bakar biofuel, dan menjadikannya kebanggaan nasional. “Apa yang semula lahir dari krisis minyak kini menjadi kebanggaan nasional dan instrumen diplomasi energi,” katanya.

    Di Amerika Serikat, jagung dijadikan tulang punggung etanol bukan semata demi lingkungan tetapi juga menopang lobi agrikultur. “E10 menjadi standar nasional bukan hanya karena alasan teknis, melainkan karena adanya sinergi politik energi, politik pangan, dan politik negara bagian penghasil jagung,” terang Andy.

    Menurutnya, negara-negara Eropa Barat lebih berhati-hati dengan campuran E5 atau E10 sambil mengembangkan kendaraan listrik, sementara India, Tiongkok, Thailand, dan Filipina melihat etanol sebagai instrumen strategis mengurangi impor minyak dan menyerap surplus produksi pertanian.

    Bagaimana dengan Indonesia? Andy menyebut, program bioetanol pernah diujicoba dengan peluncuran Pertamax E5–E10, namun terhenti karena keterbatasan pasokan.

    “Energi terbarukan berbasis nabati di negeri ini justru lebih cepat maju di jalur biodiesel ketimbang bioetanol. Ini menunjukkan bahwa pilihan energi bukan hanya soal teknologi, tetapi juga ketersediaan bahan baku, infrastruktur, dan konsistensi kebijakan,” ujarnya.

    Andy menegaskan bioetanol bukan sekadar energi alternatif, melainkan energi politis. “Di balik setiap angka blending—E3, E5, E10, E20, E85, E100—terselip narasi tentang bagaimana sebuah bangsa menghadapi persoalan iklim, bagaimana ia memperlakukan petaninya, dan bagaimana ia membangun ketahanan energi,” katanya.

    Ia menutup dengan refleksi filosofis, mengutip Heidegger. “Teknologi bukan sekadar alat, melainkan cara manusia menyingkap dunia. Dalam hal ini, etanol adalah cara bangsa-bangsa menyingkap dunianya masing-masing: Brasil menyingkap dunia tebu, Amerika dunia jagung, India dunia molase, dan Indonesia dunia sawit. Pertanyaannya: dunia apa yang ingin kita singkap melalui kebijakan energi kita ke depan?” pungkas Andy.

  • Dua WN China Ditolak Masuk Indonesia Usai Curi Uang Penumpang di Pesawat
                
                    
                        
                            Megapolitan
                        
                        3 Oktober 2025

    Dua WN China Ditolak Masuk Indonesia Usai Curi Uang Penumpang di Pesawat Megapolitan 3 Oktober 2025

    Dua WN China Ditolak Masuk Indonesia Usai Curi Uang Penumpang di Pesawat
    Tim Redaksi
    TANGERANG, KOMPAS.com –
    Dua warga negara asing (WNA) asal China berinisial JW (39) dan BR (49) ditolak masuk ke Indonesia setelah kedapatan mencuri uang dan kartu debit milik penumpang lain di dalam pesawat.
    Peristiwa itu terjadi dalam penerbangan Scoot Airlines TR-268 rute Singapura-Jakarta pada Kamis (2/10/2025).
    “Kedua pelaku mencuri uang tunai sejumlah 750 dollar Singapura dan tiga kartu debit milik penumpang warga negara Malaysia,” ujar Kepala Seksi Pemeriksaan 1 TPI Imigrasi Soekarno-Hatta, Patuanta Agum Gumilang Rambe dalam keterangannya, Jumat (3/10/2025).
    Rambe menjelaskan, saat peristiwa itu terjadi, korban langsung menyadari aksi tersebut dan melaporkannya kepada awak kabin.
    Laporan tersebut langsung diterima dan kemudian diteruskan ke Air Traffic Control (ATC), petugas keamanan bandara, serta Polresta Bandara Soekarno-Hatta.
    Saat pesawat tiba, ATC, petugas keamanan bandara, dan polisi bersiaga di bandara untuk menangkap dua WNA itu.
    “Mereka langsung menjemput dua warga negara Tiongkok itu di depan gate dan dibawa ke ruang office imigrasi untuk pemeriksaan,” kata Rambe.
    Selama pemeriksaan berlangsung, kedua pelaku mengakui perbuatannya dan mengembalikan barang-barang milik korban.
    Namun, usai barang yang dicuri kembali, korban memilih untuk tidak melanjutkan proses hukumnya.
    Meskipun begitu, pihak imigrasi tidak memperbolehkan kedua WNA itu untuk masuk ke Tanah Air.
    Pasalnya, tindakan pencurian tersebut menjadi dasar penolakan masuk ke Indonesia.
    “Karena belum melewati Tempat Pemeriksaan Imigrasi, keduanya ditolak masuk ke Indonesia. Kita tolak masuk dan kita berikan cap denied entry di paspornya,” jelas dia.
    Rambe menambahkan, sesuai prosedur, pihak maskapai Scoot Airlines bertanggung jawab untuk memulangkan kedua pelaku ke bandara asal keberangkatan dua WNA itu.
    “Karena sudah melakukan tindak pidana, dia harus kembali ke bandara origin dengan pesawat Scoot Airlines TR-279 tujuan Jakarta–Singapura,” ucap Rambe.
    Copyright 2008 – 2025 PT. Kompas Cyber Media (Kompas Gramedia Digital Group). All Rights Reserved.

  • Rutin Makan Jamur Efektif Tingkatkan Gairah Seksual, Benarkah?

    Rutin Makan Jamur Efektif Tingkatkan Gairah Seksual, Benarkah?

    JAKARTA – Jamur selama ini lebih dikenal sebagai bahan masakan. Namun siapa sangka jamur kini sedang naik daun sebagai salah satu tren untuk meningkatkan gairah seksual.

    Hal pertama yang perlu diluruskan adalah ini bukan jamur psikedelik (magic mushroom) yang menimbulkan halusinasi. Jamur yang dinilai bisa meningkatkan gairah seksual adalah jamur obat atau medicinal mushrooms.

    “Jamur obat adalah kelompok jamur dengan khasiat terapeutik kuat. Yang paling sering digunakan antara lain lion’s mane, cordyceps, reishi, chaga, dan turkey tail. Banyak dari jamur ini sudah digunakan dalam pengobatan tradisional Tiongkok dan Ayurveda selama ribuan tahun,” jelas Clarissa Berry, ahli gizi dari DIRTEA, dikutip dari laman Women’s Health.

    Menurut Berry, jamur obat bekerja sebagai adaptogen yakni zat alami yang membantu tubuh mencapai kondisi seimbang.

    “Mereka meningkatkan daya tahan tubuh terhadap stres dan memberikan banyak manfaat lain seperti mengatur mood, memperbaiki tidur, meningkatkan fokus, energi serta imunitas,” katanya.

    Salah satu yang paling menarik perhatian adalah cordyceps, jamur yang sering disebut sebagai afrodisiak alami.

    Cordyceps sudah digunakan ribuan tahun oleh masyarakat Tibet, Nepal, dan Tiongkok.

    “Petani Tibet pertama kali melihat efek cordyceps ketika yak mereka yang memakan jamur ini menunjukkan tanda peningkatan energi dan vitalitas. Mereka kemudian mencoba merebusnya sebagai teh, dan hasilnya sangat berkhasiat,” kata Dr Naomi Newman-Beinart, ahli gizi dari Link Nutrition.

    Sejumlah penelitian juga mulai mendukung klaim tersebut.

    “Salah satu studi di China menunjukkan adanya peningkatan libido wanita hingga 86% setelah mengonsumsi cordyceps,” jelas Berry.

    Penelitian lain juga menemukan adanya peningkatan kadar testosteron serta fungsi seksual pada pria. Walau hasil awalnya menjanjikan, para pakar tetap mengingatkan agar tidak terburu-buru.

    “Saat ini belum ada bukti kuat cordyceps bisa membantu mengatasi disfungsi seksual atau masalah kesuburan,” kata Giulia Guerrini, apoteker di Medino.

    “Beberapa penelitian pada hewan memang menunjukkan pengaruh terhadap produksi hormon, tetapi penelitian pada manusia masih terlalu kecil dan belum konsisten,” lanjutnya.

    Jamur obat umumnya dijual dalam bentuk bubuk yang bisa dicampur ke dalam air hangat, kopi, atau smoothie. Produk berkualitas biasanya melalui proses dual extraction agar kandungan aktifnya tetap terjaga.

    “Cara paling efektif mendapatkan manfaat jamur adalah dengan mengonsumsinya langsung.” ujar Dr Newman-Beinart.

    Kabar baiknya, cordyceps tidak diketahui memiliki efek samping serius, kecuali bagi mereka yang memang alergi terhadap jamur.

  • Buat Dongkrak Penjualan, Perlukah Pemerintah Bikin Program Mobil Murah Lagi?

    Buat Dongkrak Penjualan, Perlukah Pemerintah Bikin Program Mobil Murah Lagi?

    Jakarta

    Penjualan mobil di Indonesia pada 2025 mengalami tren penurunan. Selain disebabkan lesunya perekonomian nasional, harga mobil yang kian mahal juga bikin penjualannya turun. Apakah pemerintah perlu membuat lagi program mobil murah seperti LCGC (low cost green car)?

    Sebagai catatan, selama Januari-Agustus 2025, total penjualan mobil wholesales di Indonesia baru mencapai 500.951 unit, atau turun 10,6% YoY, dibandingkan periode yang sama pada 2024 sebanyak 560.552 unit.

    Di masa lalu, pemerintah mengatasi lesunya penjualan kendaraan roda empat dengan membuat program mobil murah bernama LCGC. Meluncur tahun 2013, mobil-mobil low cost green car yang efisien bahan bakar dan punya harga relatif murah, terbukti diterima dengan sangat baik oleh konsumen Indonesia, khususnya pembeli mobil pertama.

    Pada awal diluncurkan tahun 2013 silam, program mobil LCGC atau Kendaraan Bermotor Roda Empat Hemat Energi dan Harga Terjangkau (KBH2) ini mendapat keistimewaan berupa pembebasan Pajak Penjualan atas Barang Mewah (PPnBM).

    Namun sejak 2021, keistimewaan itu dicabut. Melalui Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 73 tahun 2019 yang telah diubah jadi PP No. 74 tahun 2021, maka mobil-mobil LCGC dikenakan PPnBM, melalui skema tarif sebesar 15% dengan dasar pengenaan pajak sebesar 20% dari harga jual. Singkatnya, kini mobil LCGC dikenai tarif PPnBM sebesar 3%.

    Harga mobil-mobil LCGC yang awalnya ada di bawah angka Rp 100 jutaan pun sekarang semakin mahal, mulai di angka Rp 130 jutaan hingga nyaris menyentuh angka Rp 200 jutaan. Dengan harga yang semakin tidak terjangkau, apakah pemerintah perlu membuat program mobil murah yang harganya lebih murah dari LCGC?

    Ketua Gaikindo Jongkie D. Sugiarto mengatakan, saat ini yang diperlukan adalah, bagaimana membuat mobil harganya menjadi terjangkau untuk konsumen. Jadi tidak terlalu penting, apakah mobil harga terjangkau itu mau diberi nama atau tidak.

    “Sekarang apa pun judulnya, mau dibilang LCGC, mau dibilang mobil listrik, atau mobil apa pun, pokoknya yang bikin harga terjangkau aja. Terserah mau dinamain, mau nggak dinamain, nggak apa-apa, yang penting harganya terjangkau,” buka Jongkie menjawab pertanyaan detikOto di Jakarta (29/9/2025).

    Jongkie mengakui bahwa program LCGC memang sukses mendongkrak penjualan. Tapi di sisi lain, sekarang juga banyak bermunculan mobil listrik murah dari China, sehingga konsumen semakin banyak pilihan.

    “Program LCGC berhasil. Dengan dilabeli persyaratan ini, itu dan lain sebagainya, berhasil. Sekarang tapi kan udah tersaingi dengan mobil-mobil dari Tiongkok. Jadi terpenting konsumen itu juga banyak pilihannya sekarang. Ya kan bagus lah. Udah makin maju, makin besar industri otomotif (kita),” terang Jongkie.

    (lua/rgr)

  • BRI Jadi Banking Partner, Halal Indo 2025 Sukses Digelar

    BRI Jadi Banking Partner, Halal Indo 2025 Sukses Digelar

    FAJAR.CO.ID, JAKARTA — PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk atau BRI kembali menunjukkan komitmennya dalam mendukung akselerasi industri halal nasional dengan menjadi banking partner pada ajang Halal Indonesia International Industry Expo (Halal Indo) 2025 yang digelar pada 25–28 September 2025 di Indonesia Convention Exhibition (ICE) BSD, Tangerang.

    Selama 4 hari penyelenggaraan, Halal Indo 2025 mencatatkan jumlah pengunjung sebanyak lebih dari 25 ribu atau berada di atas target 15 ribu yang ditetapkan penyelenggara.

    Pengunjung tersebut bukan hanya berasal dari Indonesia tapi juga berasal dari luar negeri seperti Tiongkok, Finlandia, Amerika Serikat, Malaysia, Singapura, Thailand, Jepang, Filipina, Turki, Uzbekistan, Afghanistan, Korea Selatan, Albania, India, hingga Yordania. Selain itu, Halal Indo 2025 juga mencatatkan realisasi penjualan sebesar Rp7,7 miliar serta berhasil mendapatkan komitmen investasi sebesar Rp7,2 triliun.

    Corporate Secretary BRI, Dhanny mengungkapkan bahwa partisipasi BRI dalam perhelatan berskala internasional ini bukan hanya sekadar dukungan terhadap industri halal, namun juga strategi perseroan untuk memperluas ekosistem transaksi digital di Indonesia.

    “BRI konsisten untuk mendukung penguatan ekosistem halal melalui solusi finansial digital yang inklusif. Kami percaya, industri halal Indonesia masih memiliki potensi besar untuk bersaing di kancah global, dan UMKM merupakan motor penggeraknya. Kehadiran BRI di Halal Indo 2025 adalah bukti nyata komitmen kami dalam menghubungkan UMKM halal ke pasar yang lebih luas sekaligus memperluas literasi dan inklusi keuangan masyarakat,” ujarnya.

  • 1,5 Juta Turis Asing Serbu Indonesia di September 2025 – Page 3

    1,5 Juta Turis Asing Serbu Indonesia di September 2025 – Page 3

    Liputan6.com, Jakarta Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat wisatawan mancanegara (Wisman) mencapai 1,50 juta kunjungan pada September 2025.

    “Pada Agustus 2025 kunjungan wisatawan mancanegara (Wisman) melalui pintu masuk utama sebanyak 1.335.096 kunjungan,” kata Deputi Bidang Statistik BPS, M. Habibullah, dalam konferensi pers BPS, Rabu (1/10/2025).

    Sementara wisman yang masuk pintu masuk perbatasan sebanyak 170.124 kunjungan. Secara total, jumlah kunjungan wisman sebanyak 1.505.220 kunjungan atau naik sebesar 1,61 persen secara bulanan dan naik 12,33 persen secara tahunan.

    “Secara kumulatif sepanjang Januari hingga Agustus 2025 total kunjungan wisman tercatat 10,04 juta kunjungan atau meningkat sebesar 10,38 persen dibandingkan periode yang sama tahun 2024,” ujarnya.

    Adapun kunjungan wisman menurut kebangsaan, yang paling banyak dilakukan wisman berkebangsaan Malaysia sebanyak 15,3 persen, lalu wisman asal Australia sebanyak 10,3 persen, wisman Tiongkok 9,3 persen, Singapura 8,6 persen, dan Wisman Timur Leste 5,9 persen.

    Wisnus 

    Adapun BPS mencatat perjalanan wisatawan nusantara pada Agustus 2025 tercatat sebanyak 93,56 juta. 

    Angka ini menurun 6,62 persen dibandingkan Juli 2025. Meski demikian, jika melihat data tahunan, jumlah tersebut melonjak 23,31 persen dibandingkan Agustus 2024.

    “Pada Agustus 2025 jumlah perjalanan yang dilakukan wisatawan nusantara mencapai 93,56 juta perjalanan atau turun sebesar 6,62 persen secara month to month. Jika dibandingkan Agustus 2024 perjalanan wisnus mengalami peningkatan sebesar 23,31 persen secara year on year,” ujarnya.