kab/kota: Tegal

  • KAI Kasih Diskon 25% buat Kereta Lebaran Nih

    KAI Kasih Diskon 25% buat Kereta Lebaran Nih

    Jakarta

    PT Kereta Api Indonesia (Persero) (KAI) menyediakan promo tiket kereta sebesar 25% pada periode angkutan lebaran (Angleb) bertajuk Silaturahmi Mudik Lebaran. Promo ini berlaku untuk 58 KA daop 1 Jakarta.

    Manajer Humas KAI Daop 1 Jakarta Ixfan Hendriwintoko mengatakan, promo ini dapat dilakukan di semua channel penjualan pada tanggal 4 hingga 11 April 2025 untuk keberangkatan pada 7 hingga 11 April 2025.

    Namun, Ixfan menegaskan promo ini tidak berlaku pada kereta luxury, compartement, priority, imperial, panoramic atau kereta wisata lainnya. Adapun diskon tiket ini juga dapat diubah atau dibatalkan seusai jadwal dan aturan yang berlaku.

    “Selain itu, diskon tidak berlaku pada tarif khusus dan tidak dapat digabung dengan reduksi dan/atau diskon lainnya, tiket dengan tarif diskon ini dapat dibatalkan dan diubah jadwal sesuai aturan yang berlaku dan akan terus dibuka penjualan selama ketersedian tiket masih ada,” ucap Ixfan dalam siaran pers, Rabu (2/4/2025).

    Ixfqb mengatakan, promo ini berlaku untuk pembelian tiket melalui seluruh platform penjualan resmi KAI, seperti aplikasi Access by KAI, situs booking.kai.id dan loket stasiun.

    “Untuk informasi lebih lanjut, pelanggan dapat menghubungi Contact Center KAI 121 melalui telepon 121/(021) 121, WhatsApp 0811-1211-1121, email cs@kai.id, atau melalui media sosial resmi KAI,” tutup Ixfan.

    Adapun perjalanan KA berlaku dari Stasiun Gambir dan Pasarsenen menuju beberapa tujuan di Jawa. Berikut rinciannya:

    1. KA Parahyangan Fakultatif Relasi Gambir – Bandung (Eksekutif)

    2. KA Madiun Jaya Relasi Pasarsenen – Madiun (Ekonomi, Eksekutif)

    3. KA Blambangan Ekspres Relasi Pasarsenen – Ketapang (Ekonomi, Eksekutif)

    4. KA Singasari Relasi Pasarsenen – Blitar (Ekonomi, Eksekutif)

    5. KA Brantas Relasi Pasarsenen – Blitar (Ekonomi, Eksekutif)

    6. KA Bangunkarta Relasi Pasarsenen – Jombang (Ekonomi, Eksekutif)

    7. KA Gumarang Relasi Pasarsenen – Surabaya Pasarturi (Bisnis, Eksekutif)

    8. KA Dharmawangsa Ekspres Relasi Pasarsenen – Surabaya Pasarturi (Ekonomi, Eksekutif)

    9. KA Menoreh Relasi Pasarsenen – Semarang Tawang Bank Jateng (Ekonomi, Eksekutif)

    10. KA Tawang Jaya Premium Relasi Pasarsenen – Semarang Tawang Bank Jateng (Ekonomi, Eksekutif)

    11. KA Tegal Bahari Relasi Pasarsenen – Tegal (Bisnis, Eksekutif)

    12. KA Batavia Relasi Gambir – Solo Balapan (Ekonomi, Eksekutif)

    13. KA Jayakarta Relasi Pasarsenen – Surabaya Gubeng (Ekonomi)

    14. KA Kertajaya Relasi Pasarsenen – Surabaya Pasarturi (Ekonomi)

    15. KA Jaka Tingkir Relasi Pasarsenen – Solo Balapan (Ekonomi)

    16. KA Tawang Jaya Relasi Pasarsenen – Semarang Poncol (Ekonomi)

    17. KA Matarmaja Relasi Pasarsenen – Malang (Ekonomi)

    18. KA Gajayana Tambahan Relasi Gambir – Malang (Eksekutif)

    19. KA Sembrani Tambahan Relasi Gambir – Surabaya Pasarturi (Eksekutif)

    20. KA Kereta Tambahan GMR – YK Relasi Gambir – Yogyakarta (Ekonomi, Eksekutif)

    21. KA Brantas Tambahan Relasi Pasarsenen – Blitar (Ekonomi, Eksekutif)

    22. KA Kertajaya Tambahan Relasi Pasarsenen – Surabaya Pasarturi (Ekonomi, Eksekutif)

    23. KA Senja Utama Yogyakarta Relasi Pasarsenen – Yogyakarta (Ekonomi, Eksekutif)

    24. KA Fajar Utama Yogyakarta Relasi Pasarsenen – Yogyakarta (Ekonomi, Eksekutif)

    25. KA Sawunggalih Relasi Pasarsenen – Kutoarjo (Ekonomi, Eksekutif)

    26. KA Gunung Jati Relasi Gambir – Semarang Tawang Bank Jateng (Ekonomi, Eksekutif)

    27. KA Gunung Jati Relasi Gambir – Cirebon (Ekonomi, Eksekutif)

    28. KA Cirebon Ekspres/Cakrabuana Relasi Gambir – Cirebon (Ekonomi, Eksekutif)

    29. KA Cirebon Ekspres/Cakrabuana Relasi Gambir – Purwokerto (Ekonomi, Eksekutif)

    30. KA Cirebon Fakultatif Relasi Gambir – Cirebon (Ekonomi, Eksekutif)

    31. KA Pangandaran Relasi Gambir – Banjar (Ekonomi, Eksekutif)

    32. KA Papandayan Relasi Gambir – Garut (Ekonomi, Eksekutif)

    33. KA Parahyangan Relasi Gambir – Bandung (Ekonomi, Eksekutif)

    34. KA Kereta Tambahan PSE – SLO Relasi Pasarsenen – Solo Balapan (Ekonomi)

    35. KA Brawijaya Relasi Gambir – Malang (Eksekutif)

    36. KA Sembrani Relasi Gambir – Surabaya Pasarturi (Eksekutif)

    37. KA Taksaka Relasi Gambir – Yogyakarta (Eksekutif)

    38. KA Purwojaya Relasi Gambir – Cilacap (Eksekutif)

    39. KA Manahan Relasi Gambir – Solo Balapan (Eksekutif)

    40. KA Fajar Utama Solo Relasi Pasarsenen – Solo Balapan (Ekonomi, Eksekutif)

    41. KA Mataram Relasi Pasarsenen – Solo Balapan (Ekonomi, Eksekutif)

    42. KA Gaya Baru Malam Selatan Relasi Pasarsenen – Surabaya Gubeng (Ekonomi, Eksekutif)

    43. KA Jayabaya Relasi Pasarsenen – Malang (Ekonomi, Eksekutif)

    44. KA Bogowonto Relasi Pasarsenen – Lempuyangan (Ekonomi, Eksekutif)

    45. KA Gajahwong Relasi Pasarsenen – Lempuyangan (Ekonomi, Eksekutif)

    46. KA Kereta Tambahan GMR – YK Relasi Gambir – Yogyakarta (Eksekutif)

    47. KA Argo Bromo Anggrek Relasi Gambir – Surabaya Pasarturi (Eksekutif)

    48. KA Argo Semeru Relasi Gambir – Surabaya Gubeng (Eksekutif)

    49. KA Bima Relasi Gambir – Surabaya Gubeng (Eksekutif)

    50. KA Argo Lawu Relasi Gambir – Solo Balapan (Eksekutif)

    51. KA Argo Dwipangga Relasi Gambir – Solo Balapan (Eksekutif)

    52. KA Argo Sindoro Relasi Gambir – Semarang Tawang Bank Jateng (Eksekutif)

    53. KA Argo Muria Relasi Gambir – Semarang Tawang Bank Jateng (Eksekutif)

    54. KA Argo Merbabu Relasi Gambir – Semarang Tawang Bank Jateng (Eksekutif)

    55. KA Argo Anjasmoro Relasi Gambir – Surabaya Pasarturi (Eksekutif)

    56. KA Pandanlungan Relasi Gambir – Jember (Eksekutif)

    57. KA Gajayana Relasi Gambir – Malang (Eksekutif)

    58. KA Kutojaya Utara Relasi Pasarsenen – Kutoarjo (Ekonomi)

    Syarat dan Ketentuan

    1. Tiket promo dapat dibeli di seluruh channel penjualan resmi KAI selama periode 4-11 April 2025.

    2. Promo berlaku untuk perjalanan pada 7-11 April 2025.

    3. Tidak berlaku untuk Kereta Compartment, Luxury, Panoramic, Priority, Imperial, dan/atau Kereta Wisata lainnya.

    4. Tidak dapat digabungkan dengan tarif khusus, reduksi, dan/atau diskon lainnya.

    5. Berlaku untuk kereta api yang telah ditentukan dalam promo ini.

    6. Informasi jadwal dan daftar kereta dapat dilihat melalui aplikasi Access by KAI.

    7. Tiket promo dapat dibatalkan dan diubah jadwalnya sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

    8. Promo berlaku selama tiket dengan tarif diskon masih tersedia.

    (kil/kil)

  • Potret Padatnya Pemandian Air Panas Pancuran 13 Guci Tegal di H+2 Libur Lebaran

    Potret Padatnya Pemandian Air Panas Pancuran 13 Guci Tegal di H+2 Libur Lebaran

    TRIBUNJATENG.COM, SLAWI – Pemandian air panas Pancuran 13 Guci, Kabupaten Tegal, Jawa Tengah, masih menjadi primadona dan pilihan wisatawan yang berkunjung ke Daya Tarik Wisata (DTW) Guci seperti pada libur lebaran 1446 H/2025 ini.

    Sesuai pantauan Tribunjateng.com, pada Rabu (2/4/2025), antrean pengunjung yang membeli tiket masuk hendak mandi di Pancuran 13 Guci sampai mengular dan menyebabkan kepadatan. 

    Tidak sampai disitu, kepadatan juga terjadi di bagian dalam kawasan Pemandian Air Panas Pancuran 13 Guci. 

    Pengunjung memadati setiap sudut yang ada, seperti area kolam pemandian air panas, aliran sungai, bahkan di tepian sungai yang dimanfaatkan untuk bersantai sambil menikmati makanan dan minuman. 

    Terlebih pada saat itu kondisi cuaca mendung tapi tidak terjadi hujan, sehingga menimbulkan kesan teduh dan menambah antusias masyarakat untuk mandi di Pancuran 13. 

    Supervisor Pancuran 13 Guci Tegal Rifkhan Khamdi menuturkan, pada H+2 libur lebaran tahun 2025 ini mulai terjadi peningkatan kunjungan jika dibandingkan dua hari sebelumnya. 

    Bahkan kondisi kunjungan saat ini jika dibandingkan pada momen libur lebaran yang sama di tahun 2024, kondisinya lebih ramai pada libur lebaran tahun 2025 ini. 

    “Ada peningkatan sekitar 5 persen. Ya perkiraan kami saat ini kunjungan sekitar 1.000 orang pada H+2 libur lebaran tahun 2025. Sedangkan pada H+1 Lebaran jumlah kunjungan sekitar 800 orang,” jelas Khamdi, pada Tribunjateng.com. 

    Khamdi memprediksi, puncak kunjungan di Pemandian Air Panas Pancuran 13 Guci terjadi pada Sabtu (5/4/2025) dan Minggu (6/4/2025). 

    Selain itu tren kunjungan momen libur lebaran tahun ini juga masih tergolong bagus atau menunjukan tren positif. 

    Terlebih harga tiket masuk Pancuran 13 Guci juga masih sama atau tidak ada kenaikan. 

    Seperti untuk hari Senin-Jumat harga tiket masuk Pancuran 13 Guci Rp 25 ribu per orang. 

    Kemudian hari Sabtu-Minggu dan hari libur harga tiket Rp 27.500 per orang. 

    “Untuk pengamanan, kami menyiapkan 16 personel yang mengawasi di titik-titik rawan. Selain itu sebelum lebaran kami melakukan penataan tempat duduk dan lain-lain supaya lebih nyaman,” ujarnya. 

    Sementara itu, pengunjung Pancuran 13 Guci asal Pekalongan Ayu Nur Aisyah, bercerita bahwa dirinya sudah berkunjung ke Pancuran 13 Guci sebanyak dua kali dan retap berkesan. 

    Kondisi yang sangat ramai pengunjung terutama pada momen libur lebaran seperti saat ini, menurut Aisyah tidak menjadi masalah dan dirinya tetap bisa menikmati mandi air panas alami. 

    Aisyah datang bersama keluarga dan sengaja memilih Guci untuk mengisi libur lebaran karena tujuan utamanya mandi air panas alami di Pancuran 13. 

    Aisyah pun bercerita sempat terjebak kemacetan cukup panjang tapi tidak terlalu lama. 

    Berangkat dari Sragi Pekalongan sekitar pukul 08.00 WIB, dan sampai di kawasan Guci sekitar pukul 11.00 WIB. 

    “Asik sih mandi air panas alami di sini. Air nya panas dan seru karena suasananya ramai pengunjung. Kebetulan sudah dua kali berkunjung ke Pancuran 13 Guci Tegal,” cerita Aisyah. (dta) 

  • Telkom Dukung 2.300 Pemudik via Darat dan Laut

    Telkom Dukung 2.300 Pemudik via Darat dan Laut

    Jakarta, CNBC Indonesia – Mudik lebaran menjadi momen yang dinanti jutaan masyarakat Indonesia setiap tahunnya. Demi mendukung kelancaran dan kenyamanan perjalanan, Pemerintah melalui Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) bersama berbagai perusahaan pelat merah kembali menghadirkan program mudik gratis BUMN 2025.

    PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (TLKM) tahun ini turut berkontribusi dalam mudik gratis dengan menyediakan 35 bus dan tiga rute kapal laut demi mudik yang aman, nyaman, dan bebas biaya. Keberangkatan dimulai di Kompleks Gelora Bung Karno, Jakarta.

    Direktur Utama Telkom, Ririek Adriansyah mengatakan hal ini sebenarnya sudah biasa dilakukan Telkom Group.

    “Kami menyediakan fasilitas untuk mudik bersama, 35 bus bagi para mitra, pelanggan untuk mudik ke berbagai tujuan di Jawa dan Sumatera,” ungkap Ririek dikutip Rabu (2/4/2025).

    Dia menjelaskan, bahwa selain mudik gratis, Telkom Group menyiapkan sejumlah fasilitas dan memastikan infrastruktur agar pemudik lebih nyaman. Untuk diketahui, para peserta mudik gratis diberikan makan dan minum gratis selama perjalanan, serta hiburan interaktif tanpa harus mengeluarkan biaya.

    Adapun rute tujuan mudik gratis Telkom adalah Surakarta, Yogyakarta, Magelang, Semarang, dan Malang. Sedangkan rute laut mencakup Batam-Tanjung Priok, Balikpapan-Surabaya, dan Makassar-Surabaya. Tidak berhenti di situ, Telkom Group juga memastikan layanan digital tetap optimal agar pemudik bisa terhubungan dengan keluarga dan hiburan tanpa kendala terutama dengan 5G.

    “Mulai tahun lalu kami sudah massif implementasikan 5G untuk mendukung program-program digitalisasi seperti negara-negara lain. Tahun ini akan menyelesaikan di Jakarta dan sudah kick off di Surabaya, sudah mulai di lima kota besar, ke depan dengan handset yang siap, akan jadi ekosistem yang lebih kuat,” sambung Direktur Utama Telkomsel, Nugroho.

    Sementara itu, Menteri BUMN Erick Tohir sangat bersyukur karena perusahaan BUMN telah melaksanakan mandat Presiden Prabowo terus meningkatkan performa dan pelayanan publik tidak dilupakan.

    Tidak ketinggalan, Menteri Perhubungan Dudy Purwagandhi juga berterima kasih atas dukungan BUMN yang berkontribusi dalam mudik gratis.

    “Dari tahun ke tahun, animo masyarakat terus bertambah dalam mudik gratis dan semoga ke depan bisa terus ditingkatkan,” harap Dudy.

    Menanggapi program ini, para pemudik juga sangat berbahagia karena bisa ikut mudik gratis dari Telkom. Mafrohah, pemudik yang akan pulang ke Tegal mengatakan hampir tiap tahun ikut mudik gratis. Dia mengatakan, ketagihan dan merasa bahagia dengan mudik gratis yang diadakan Telkom.

    Hal serupa juga dirasakan Hafid yang merasa nyaman dengan mudik gratis ini dan berharap bisa ikut lagi pada tahun-tahun mendatang. 

    (bul/bul)

  • 3
                    
                        Kisah Cucu, Istri yang Tertinggal Mobil di "Rest Area" Batang Saat Mudik Lebaran
                        Regional

    3 Kisah Cucu, Istri yang Tertinggal Mobil di "Rest Area" Batang Saat Mudik Lebaran Regional

    Kisah Cucu, Istri yang Tertinggal Mobil di “Rest Area” Batang Saat Mudik Lebaran
    Tim Redaksi
    SEMARANG, KOMPAS.com –
    Perjalanan
    mudik

    Cucu Muslikhah
    tahun ini akan dikenang seumur hidupnya.
    Dalam perjalanan dari Tangerang menuju kampung halaman di Boyolali, Jawa Tengah, ia tertinggal di
    rest area
    setelah suaminya melanjutkan perjalanan tanpa menyadari keberadaannya.
    Kisah ini bermula ketika Cucu,
    suami
    , dan dua anaknya berangkat mudik menggunakan mobil pribadi.
    Setelah mampir di rumah orangtua Cucu di Purwakarta dan berbuka puasa di Tegal, mereka melanjutkan perjalanan menuju Boyolali pada Jumat (28/3/2025) malam.
    Saat memasuki Batang, Jawa Tengah, mereka berhenti di sebuah
    rest area
    untuk mengisi bahan bakar.
    Cucu, yang biasanya duduk di kursi depan, kali ini berada di kursi belakang karena anak bungsunya lebih dulu menempati kursi depan dan tertidur di kasur yang disiapkan di belakang.
    Ketika mobil berhenti di SPBU
    rest area
    Batang, suaminya turun lebih dulu untuk ke toilet.
    Cucu, yang awalnya tidak ingin ke toilet, akhirnya berubah pikiran dan buru-buru turun lewat pintu kiri tempat suaminya berdiri bersama operator SPBU.
    “Aku yakin suami melihat aku keluar, makanya aku santai saja,” kenang Cucu saat diwawancarai pada Rabu (2/4/2025).
    Tanpa menyadari istrinya masih di toilet, suaminya kembali ke mobil, menyelesaikan pengisian bahan bakar, dan melanjutkan perjalanan.
    Dalam kondisi gelap di dalam mobil dan anak-anak yang tertidur di belakang, suaminya tidak merasa ada yang aneh.
    Ia bahkan sempat berbincang dengan anaknya sepanjang perjalanan, masih tanpa menyadari bahwa Cucu tidak ada di dalam mobil.
    Sementara itu, Cucu yang keluar dari toilet mulai kebingungan mencari mobilnya.
    Dalam kondisi hujan, ia mondar-mandir di
    rest area
    , berusaha memastikan apakah mobilnya masih ada.
    Namun, setelah beberapa saat, ia sadar bahwa mobil mereka benar-benar sudah pergi. “Sadar mobil tidak ada di arah mana pun, aku langsung telpon suami,” ujarnya.
    Begitu menerima telepon dari Cucu, suaminya menangis panik dan berniat langsung putar balik.
    Namun, Cucu yang berusaha tetap tenang menyarankan agar suaminya tidak kembali terlalu jauh. “Aku bilang, ‘Tidak apa-apa, Bapak. Bapak berhenti saja, kabarin titiknya, aku nyusul’,” tuturnya.
    Di tengah kebingungannya, Cucu memberanikan diri menghampiri sebuah bus yang sedang mengisi bahan bakar di SPBU
    rest area
    .
    Ia meminta bantuan kepada kru bus agar bisa menumpang hingga titik pertemuan dengan suaminya.
    Para kru bus dengan sukarela membantunya, bahkan salah satu kru memberikan kursinya kepada Cucu, sedangkan ia sendiri memilih jongkok di tengah agar Cucu bisa duduk dengan nyaman.
    Akhirnya, mereka bertemu kembali di Km 396.
    Suaminya, yang masih diliputi rasa panik dan bersalah, langsung memeluknya. ”
    Suami
    panik dan menangis, dia sangat menyesal tidak mengecek lebih detail, walau sepenuhnya bukan salahnya,” ujar Cucu.
    Setelah delapan tahun rutin mudik dengan mobil pribadi, ini adalah kali pertama Cucu mengalami kejadian unik seperti ini. “Sejauh ini perjalanan mudik kami tidak pernah ada hal
    nyeleneh
    seperti ini, ha-ha-ha,” ujarnya sambil tertawa mengenang peristiwa tersebut.
    Copyright 2008 – 2025 PT. Kompas Cyber Media (Kompas Gramedia Digital Group). All Rights Reserved.

  • Lewat Promo “Silaturahmi Mudik Lebaran”, KAI Berikan Diskon 25 Persen

    Lewat Promo “Silaturahmi Mudik Lebaran”, KAI Berikan Diskon 25 Persen

    Lewat Promo “Silaturahmi Mudik Lebaran”, KAI Berikan Diskon 25 Persen
    Penulis
    KOMPAS.com
    – PT Kereta Api Indonesia (Persero) atau KAI menghadirkan promo “Silaturahmi Mudik Lebaran” untuk musim Lebaran 2025,
    Lewat promo itu KAI memberikan potongan harga sebesar 25 persen bagi pelanggan untuk pembelian tiket pada periode 4-11 April 2025 dan periode keberangkatan pada 7-11 April 2025.
    Vice President Public Relations KAI, Anne Purba mengatakan bahwa promo tersebut merupakan wujud komitmen KAI memberikan layanan transportasi terjangkau dan nyaman.
    Terlebih bagi masyarakat yang ingin merayakan Hari Raya Idul Fitri bersama keluarga di kampung halaman.
    “KAI terus berupaya menghadirkan berbagai program menarik yang dapat memberikan manfaat bagi pelanggan. Promo ‘Silaturahmi Mudik Lebaran’ ini diharapkan dapat membantu masyarakat dalam merencanakan perjalanan mudik yang lebih hemat dan nyaman dengan kereta api,” ujar Anne.
    Promo tersebut berlaku untuk pembelian tiket melalui seluruh
    channel
    penjualan resmi KAI, seperti aplikasi Access by KAI, situs
    booking.kai.id
    dan loket stasiun.
    Promo “Silaturahmi Mudik Lebaran” berlaku untuk berbagai perjalanan kereta api dari Stasiun Gambir dan Pasar Senen menuju berbagai tujuan di Jawa, meliputi:sebagai berikut
    1. KA Parahyangan Fakultatif Relasi Gambir-Bandung (Eksekutif)
    2. KA Madiun Jaya Relasi Pasar Senen-Madiun (Ekonomi, Eksekutif)
    3. KA Blambangan Ekspres Relasi Pasar Senen-Ketapang (Ekonomi, Eksekutif)
    4. KA Singasari Relasi Pasar Senen-Blitar (Ekonomi, Eksekutif)
    5. KA Brantas Relasi Pasar Senen-Blitar (Ekonomi, Eksekutif)
    6. KA Bangunkarta Relasi Pasar Senen-Jombang (Ekonomi, Eksekutif)
    7. KA Gumarang Relasi Pasar Senen-Surabaya Pasarturi (Bisnis, Eksekutif)
    8. KA Dharmawangsa Ekspres Relasi Pasar Senen-Surabaya Pasarturi (Ekonomi, Eksekutif)
    9. KA Menoreh Relasi Pasar Senen-Semarang Tawang Bank Jateng (Ekonomi, Eksekutif)
    10. KA Tawang Jaya Premium Relasi Pasar Senen-Semarang Tawang Bank Jateng (Ekonomi, Eksekutif)
    11. KA Tegal Bahari Relasi Pasar Senen-Tegal (Bisnis, Eksekutif)
    12. KA Batavia Relasi Gambir-Solo Balapan (Ekonomi, Eksekutif)
    13. KA Jayakarta Relasi Pasar Senen-Surabaya Gubeng (Ekonomi)
    14. KA Kertajaya Relasi Pasar Senen-Surabaya Pasarturi (Ekonomi)
    15. KA Jaka Tingkir Relasi Pasar Senen-Solo Balapan (Ekonomi)
    16. KA Tawang Jaya Relasi Pasar Senen-Semarang Poncol (Ekonomi)
    17. KA Matarmaja Relasi Pasar Senen-Malang (Ekonomi)
    18. KA Gajayana Tambahan Relasi Gambir-Malang (Eksekutif)
    19. KA Sembrani Tambahan Relasi Gambir-Surabaya Pasarturi (Eksekutif)
    20. KA Kereta Tambahan GMR-YK Relasi Gambir-Yogyakarta (Ekonomi, Eksekutif)
    21. KA Brantas Tambahan Relasi Pasar Senen-Blitar (Ekonomi, Eksekutif)
    22. KA Kertajaya Tambahan Relasi Pasar Senen-Surabaya Pasarturi (Ekonomi, Eksekutif)
    23. KA Senja Utama Yogyakarta Relasi Pasar Senen-Yogyakarta (Ekonomi, Eksekutif)
    24. KA Fajar Utama Yogyakarta Relasi Pasar Senen-Yogyakarta (Ekonomi, Eksekutif)
    25. KA Sawunggalih Relasi Pasar Senen-Kutoarjo (Ekonomi, Eksekutif)
    26. KA Gunung Jati Relasi Gambir-Semarang Tawang Bank Jateng (Ekonomi, Eksekutif)
    27. KA Gunung Jati Relasi Gambir-Cirebon (Ekonomi, Eksekutif)
    28. KA Cirebon Ekspres/Cakrabuana Relasi Gambir-Cirebon (Ekonomi, Eksekutif)
    29. KA Cirebon Ekspres/Cakrabuana Relasi Gambir-Purwokerto (Ekonomi, Eksekutif)
    30. KA Cirebon Fakultatif Relasi Gambir-Cirebon (Ekonomi, Eksekutif)
    31. KA Pangandaran Relasi Gambir-Banjar (Ekonomi, Eksekutif)
    32. KA Papandayan Relasi Gambir-Garut (Ekonomi, Eksekutif)
    33. KA Parahyangan Relasi Gambir-Bandung (Ekonomi, Eksekutif)
    34. KA Kereta Tambahan PSE-SLO Relasi Pasarsenen-Solo Balapan (Ekonomi)
    35. KA Brawijaya Relasi Gambir-Malang (Eksekutif)
    36. KA Sembrani Relasi Gambir-Surabaya Pasarturi (Eksekutif)
    37. KA Taksaka Relasi Gambir-Yogyakarta (Eksekutif)
    38. KA Purwojaya Relasi Gambir-Cilacap (Eksekutif)
    39. KA Manahan Relasi Gambir-Solo Balapan (Eksekutif)
    40. KA Fajar Utama Solo Relasi Pasar Senen-Solo Balapan (Ekonomi, Eksekutif)
    41. KA Mataram Relasi Pasar Senen-Solo Balapan (Ekonomi, Eksekutif)
    42. KA Gaya Baru Malam Selatan Relasi Pasar Senen-Surabaya Gubeng (Ekonomi, Eksekutif)
    43. KA Jayabaya Relasi Pasar Senen-Malang (Ekonomi, Eksekutif)
    44. KA Bogowonto Relasi Pasar Senen-Lempuyangan (Ekonomi, Eksekutif)
    45. KA Gajahwong Relasi Pasar Senen-Lempuyangan (Ekonomi, Eksekutif)
    46. KA Kereta Tambahan GMR-YK Relasi Gambir-Yogyakarta (Eksekutif)
    47. KA Argo Bromo Anggrek Relasi Gambir-Surabaya Pasarturi (Eksekutif)
    48. KA Argo Semeru Relasi Gambir-Surabaya Gubeng (Eksekutif)
    49. KA Bima Relasi Gambir-Surabaya Gubeng (Eksekutif)
    50. KA Argo Lawu Relasi Gambir-Solo Balapan (Eksekutif)
    51. KA Argo Dwipangga Relasi Gambir-Solo Balapan (Eksekutif)
    52. KA Argo Sindoro Relasi Gambir-Semarang Tawang Bank Jateng (Eksekutif)
    53. KA Argo Muria Relasi Gambir-Semarang Tawang Bank Jateng (Eksekutif)
    54. KA Argo Merbabu Relasi Gambir-Semarang Tawang Bank Jateng (Eksekutif)
    55. KA Argo Anjasmoro Relasi Gambir-Surabaya Pasarturi (Eksekutif)
    56. KA Pandanlungan Relasi Gambir-Jember (Eksekutif)
    57. KA Gajayana Relasi Gambir-Malang (Eksekutif)
    58. KA Kutojaya Utara Relasi Pasarsenen-Kutoarjo (Ekonomi)
    1. Tiket promo dapat dibeli di seluruh
    channel
    penjualan resmi KAI selama periode 4-11 April 2025.
    2. Promo berlaku untuk perjalanan pada 7-11 April 2025.
    3. Tidak berlaku untuk Kereta Compartment, Luxury, Panoramic, Priority, Imperial, dan/atau Kereta Wisata lainnya.
    4. Tidak dapat digabungkan dengan tarif khusus, reduksi, dan/atau diskon lainnya.
    5. Berlaku untuk kereta api yang telah ditentukan dalam promo ini.
    6. Informasi jadwal dan daftar kereta dapat dilihat melalui aplikasi Access by KAI.
    7. Tiket promo dapat dibatalkan dan diubah jadwalnya sesuai dengan ketentuan yang berlaku.
    8. Promo berlaku selama tiket dengan tarif diskon masih tersedia.
    Untuk informasi lebih lanjut, pelanggan dapat menghubungi Contact Center KAI 121 melalui telepon 121/(021) 121, WhatsApp 0811-1211-1121, email cs@kai.id, atau melalui media sosial resmi KAI.
    Copyright 2008 – 2025 PT. Kompas Cyber Media (Kompas Gramedia Digital Group). All Rights Reserved.

  • Menteri PU Sebut Mudik 2025 Lebih Bagus dari Tahun Sebelumnya

    Menteri PU Sebut Mudik 2025 Lebih Bagus dari Tahun Sebelumnya

    Tegal, Beritasatu.com – Menteri Pekerjaan Umum (PU) Dody Hanggodo mengatakan, situasi arus mudik Lebaran 2025 lebih bagus dibandingkan dengan momen arus mudik pada tahun sebelumnya. Menurutnya, kondisi Lebaran tahun ini lebih ramai lancar, aman, dan terkendali. Dalam tinjauannya, Dody memastikan jalan tol dan jalan nasional di Jalur Pantai Utara (Pantura) dalam kondisi yang masih baik, khususnya di wilayah Jawa Barat dan Jawa Tengah.

    Dody juga menyebut, hampir semua jalan tol sudah bebas dari lubang, meskipun ada beberapa medan yang mulai bergelombang.

    “Ya kondisi jalan masih oke. Lubang sudah tidak ada, tapi memang di beberapa tempat sudah mulai bergelombang,” pungkasnya.

    Selain mengevaluasi kondisi jalan, Dody juga meninjau Posko Mudik Lebaran Kementerian PU yang telah disiapkan di beberapa titik strategis. Seluruh posko ini menyediakan fasilitas alat berat untuk memperbaiki lubang jalan secara cepat.

    “Saya sampaikan bahwa meskipun sudah melewati H-10, kalau begitu ada lubang dan pada saat volume lalu lintas itu tidak terlalu ketat, kita lakukan langsung penambalan lubang jalan,” tegasnya.

    Dody menambahkan, fasilitas yang tersedia di posko Mudik Lebaran Kementerian PU memenuhi standar yang baik. Setidaknya ada 500 posko Mudik Lebaran Kementerian PU yang tersebar di wilayah Indonesia.

    Pendirian posko Mudik Lebaran Kementerian PU tidak hanya sebagai tempat istirahat bagi pemudik, tetapi juga sebagai pusat layanan terpadu mendapatkan informasi lalu lintas, peta jalur alternatif, serta bantuan darurat jika terjadi kendala kebencanaan. 

    Posko Mudik Lebaran Kementerian PU dilengkapi dengan infrastruktur dasar seperti tempat istirahat, tempat ibadah, toilet, ambulance, makanan dan minuman gratis, playground, P3K, CCTV, ruang laktasi, dan ruang pijat gratis.

    Ada pula disaster relief unit (DRU) berupa alat berat dan material perbaikan jalan sebagai kesiapsiagaan dalam menghadapi bencana banjir/longsor di ruas jalan nasional.

  • Momen Idul Fitri 2025, Bupati Tegal Ischak Sampaikan Visi Misi dan Fokus Program 5 Tahun ke Depan 

    Momen Idul Fitri 2025, Bupati Tegal Ischak Sampaikan Visi Misi dan Fokus Program 5 Tahun ke Depan 

    TRIBUNJATENG.COM, SLAWI – Pada momen Idul Fitri 1446 H/2025, Bupati Tegal Ischak Maulana Rohman, menyampaikan kepada masyarakat mengenai visi misi dan fokus program lima tahun ke depan dirinya bersama Wakil Bupati Tegal Ahmad Kholid. 

    Hal itu disampaikan Ischak, saat memberi sambutan sebelum salat Idul Fitri dimulai, berlokasi di Masjid Agung Kabupaten Tegal, pada Senin (31/3/2025). 

    Bupati Ischak Maulana Rohman menerangkan, dirinya bersama Ahmad Kholid memiliki Visi Misi Tegal Maju dan Tangguh.

    Maju, memiliki arti pemerintah bergerak progresif ke depan bersama-sama membawa Kabupaten Tegal ke arah yang lebih baik. 

    Tangguh, memiliki arti Kabupaten Tegal mampu bertahan dan menghadapi segala tantangan ataupun ujian yang akan dihadapi lima tahun ke depan. 

    “Kami memiliki tagline Tegal Luwih Apik atau Tegal Lebih Baik, artinya bukan kemarin belum baik, tapi apa yang sudah bagus dan sudah dilakukan pemerintahan sebelumnya menjadi batu pijakan untuk membuat Kabupaten Tegal lebih baik lagi,” terang Ischak, pada Tribunjateng.com. 

    Sementara untuk fokus lima tahun ke depan di bawah kepemimpinan Bupati Tegal Ischak Maulana Rohman dan Wakilnya Ahmad Kholid, pihaknya fokus pada pelayanan infrastruktur dasar terutama infrastruktur jalan. 

    Hal itu karena mendasari sekian banyak aduan ataupun aspirasi yang disampaikan masyarakat Kabupaten Tegal paling banyak mengenai keluhan infrastruktur jalan. 

    Ischak berkomitmen selama lima tahun kepemimpinannya bersama Ahmad Kholid, pihaknya memiliki skala prioritas program yang menjadi pondasi atau dasar pelayanan dan perencanaan APBD (anggaran pendapatan dan belanja daerah). 

    “Kami memiliki konsep APBD Tematik. Dimana APBD porsi terbesarnya akan difokuskan untuk pelayanan infrastruktur dasar yakni pembangunan infrastruktur jalan,” jelas Ischak. 

    Ischak memastikan, meskipun Pemkab Tegal memiliki program prioritas dan APBD Tematik, pihaknya tidak akan mengesampingkan sektor lainnya seperti pendidikan, kesehatan ataupun keagamaan. 

    “Kami Pemkab Tegal selalu terbuka untuk bersama-sama membawa kemajuan, membangun Kabupaten Tegal menuju Luwih Apik,” tutup Ischak. (dta) 

     

  • Pengalaman Pertama Salat Id di Tegal, Wawali Iin Terkesan Hangatnya Sambutan Warga

    Pengalaman Pertama Salat Id di Tegal, Wawali Iin Terkesan Hangatnya Sambutan Warga

    TRIBUNJATENG.COM,TEGAL – Wakil Wali Kota Tegal, Tazkiyyatul Muthmainnah yang akrab disapa Mba Iin, melaksanakan salat Idulfitri yang pertama kali di Masjid Agung Kota Tegal, Senin (31/3/2025).

    Di periode pertamanya menjabat, Iin melaksanakan salat id bersama jamaah perempuan lainnya di Alun-alun. 

    Warga antusias bertemu dan menyapa Iin, bahkan mengajak berfoto.

    “Kesannya luar biasa, tentu sangat membahagiakan buat saya,” kata Iin seusai salat id.

    Iin mengatakan, pelaksanaan salat id pertamanya di Kota Tegal menjadi hal yang berkesan.

    Menurutnya, sambutan warga Kota Tegal sangat hangat.

    “Selamat Idulfitri 1446 Hijriah, mohon maaf lahir batin masyarakat Kota Tegal,” ungkapnya. (fba)

  • Salat Id Perdana di Periode Kedua, Wali Kota Tegal Ajak Warga Wujudkan Kota Maju

    Salat Id Perdana di Periode Kedua, Wali Kota Tegal Ajak Warga Wujudkan Kota Maju

    TRIBUNJATENG.COM, TEGAL – Masjid Agung dan Alun-alun Kota Tegal tampak dipenuhi ribuan warga yang mengikuti Idulfitri 1446 Hijriah, Senin (31/3/2025).

    Jamaah laki-laki melaksanakan salat Id di dalam dan halaman masjid, sedangkan jamaah perempuan di Alun-alun.

    Pada kesempatan itu, Wali Kota Tegal Dedy Yon Supriyono bersama wakilnya Tazkiyyatul Muthmainnah turut melaksanakan salat Id bersama warga.

    Bertugas sebagai imam salat Id Al Ustadz H Iman Ahmad Baehaqi dan khotib Dr H Saepudin MA yang merupakan Rektor Institut Agama Islam Bakti Negara (IBN) Tegal.

    Selesai salat Id, Wali Kota Tegal Dedy Yon Supriyono mengatakan perayaan Idulfitri tahun ini merupakan yang pertama kali di periode keduanya menjabat.

    Ada nuansa baru dengan visi dan misi yang juga baru.

    “Saya di sela-sela sambutan sudah mengajak seluruh masyarakat Kota Tegal untuk bersinergi dengan Pemerintah Kota Tegal dalam membangun Kota Tegal agar lebih maju dan lebih baik lagi, agar Kota Tegal ini menjadi Kota Idaman sesuai harapan kita bersama,” ujarnya.

    Dedy Yon mengatakan, ia bersama wakilnya Tazkiyyatul Muthmainnah secara pribadi juga menyampaikan Minal Aidzin Walfaizin, mohon maaf lahir dan batin.

    “Kami berdua secara pribadi mengucapkan Minal Aidzin Walfaizin, mohon maaf lahir dan batin, apabila kami di masa Pilkada kemarin memiliki kesalahan, tentunya kami manusia biasa, barangkali ada kesalahan atau kekhilafan,” ungkapnya.

  • Gerbang Tol Kalikangkung Masih Dipadati Pemudik Susulan, 14 Ribu Kendaraan Masuk Semarang

    Gerbang Tol Kalikangkung Masih Dipadati Pemudik Susulan, 14 Ribu Kendaraan Masuk Semarang

    TRIBUNJATENG.COM, SEMARANG – Arus kendaraan di Gerbang Tol (GT) Kalikangkung Kota Semarang masih dipadati oleh pemudik susulan di hari pertama Lebaran, Senin (31/3/2025).

    Pengamatan Tribun di lokasi, arus kendaraan didominasi oleh mobil pribadi.

    Mayoritas arus kendaraan lebih padat dari arah Jakarta memasuki Kota Semarang.

    Arah sebaliknya, Surabaya ke Jakarta, tampak lengang.

    Jasa Marga membuka empat gardu pembayaran untuk kendaraan dari arah Surabaya dan sembilan gardu dari arah Jakarta.

    Kepala Pos Pengamanan (Kapospam) Gerbang Tol Kalikangkung Semarang AKP Sujid Riyanto mengatakan arus kendaraan di GT Kalikangkung masih ramai di hari pertama Lebaran.

    Menurutnya, padatnya arus kendaraan didominasi oleh pemudik susulan terutama dari pukul 14.00 hingga 16.00 WIB.

    Pada waktu tersebut angka kendaraan yang melintas di atas 2 ribu kendaraan per jam.

    “Ya ada pemudik susulan yang memilih mudik hari ini,” jelas Sujid kepada Tribun.

    Tak hanya pemudik susulan, lanjut Sujid, para pengguna jalan tol terdapat pula pemudik lokal yang melakukan perjalanan silaturahmi ke kerabat mereka di sekitar wilayah Jawa Tengah.

    “Ada pula warga dari arah barat seperti Pekalongan dan Tegal ingin silaturahmi ke wilayah timur, jadi tidak semuanya pemudik dari arah Jakarta dan Jawa Barat,” papar Sujid.

    Menurutnya, mulai pagi tadi pukul 06.00 sampai sore ini pukul 16.00 total sudah ada 14.189 unit kendaraan memasuki wilayah Semarang.

    “Arah sebaliknya keluar dari Kota Semarang di angka 7.247 unit kendaraan,” bebernya.

    Sementara jumlah kendaraan yang memasuki Semarang dalam dua hari terakhir turun drastis.

    Pada Sabtu 29 Maret 2025, jumlah kendaraan memasuki Semarang tercatat sebanyak 60.218 unit.

    Kemudian pada Minggu 30 Maret 2025 ada sebanyak 27.065 unit.

    “Melihat jumlah kendaraan dari arah barat turun akhirnya one way lokal dicabut sehingga jalur dari arah timur dibuka kembali pada Minggu kemarin pukul 09.30,” ujar Sujid.