kab/kota: Tangki

  • Harga Motor Bebek Ini Rp 80 Jutaan, Cicilan per Bulannya Berapa Ya?

    Harga Motor Bebek Ini Rp 80 Jutaan, Cicilan per Bulannya Berapa Ya?

    Jakarta

    Honda CT125 menjadi motor bebek termahal di Indonesia dengan harga on the road Rp 81.850.000. Jika ada konsumen yang ingin membeli motor ini secara kredit, berapa ya cicilan per bulannya?

    Mengutip laman Wahana Honda, motor bebek CT125 bisa dicicil dengan berbagai skema uang muka dan opsi cicilan. Untuk pilihan uang mukanya ada Rp 13 juta hingga Rp 27 juta. Sementara opsi angsurannya tersedia pilihan 11 bulan hingga 35 bulan.

    Kalau menggunakan skema uang muka Rp 13 juta dan tenor 11 bulan, maka cicilannya adalah Rp 7.874.000. Sementara jika menggunakan uang muka Rp 13 juta, tapi pakai skema tenor 35 bulan, cicilan per bulannya adalah Rp 3.563.000.

    Jika ingin menggunakan skema uang muka lebih besar, yakni Rp 27 juta dengan tenor 11 bulan, maka cicilan per bulannya Rp 6.381.000. Sedangkan jika menggunakan uang muka Rp 27 juta, namun tenornya 35 bulan, maka cicilannya adalah Rp 2.937.000.

    Spesifikasi Honda CT125

    Ada beberapa keunggulan yang ditawarkan oleh Honda CT125. Honda CT125 memiliki dimensi panjang x lebar x tinggi yaitu 1.960 mm x 805 mm x 1.085 mm, dengan tinggi tempat duduk 800 mm, jarak sumbu roda 1.255 mm, dan jarak terendah ke tanah 165 mm. Motor ini memiliki bobot hingga 120 kg dan kapasitas tangki bahan bakarnya mencapai 5,3 liter.

    Urusan konsumsi BBM, CT125 ini diklaim sangat irit. Berdasarkan pengetesan yang dilakukan di Jepang Honda CT125 mampu menempuh 143 miles per gallon. Jika dikonversi ke km per liter, motor bisa menempuh jarak sekitar 60,7 km bermodalkan 1 liter bensin.

    Kendati tampangnya sangat old school alias kuno, Honda CT125 telah dibekali sejumlah fitur modern, seperti lampu LED baik di lampu depan, lampu belakang, maupun pada lampu seinnya.

    Selain itu, panel instrumen motor ini pun sudah mengadopsi digital yang keren. Motor bebek ini memang diklaim cocok untuk diajak bertualang. Ditambah ada beberapa fitur pendukung untuk melakukan perjalanan jauh seperti dek besar untuk menaruh barang di belakang. Motor ini juga didukung oleh lampu LED.

    Sekadar informasi tambahan, motor bebek bergaya petualang ini menggunakan sasis baja berjenis backbone dengan suspensi depan teleskopik dan suspensi belakang ganda. Kedua rodanya pakai ukuran 80/90-17M/C 44P. Menariknya, sistem remnya sudah menggunakan model cakram dengan dukungan ABS (Anti-lock Braking System) satu kanal.

    CT125 menggunakan mesin 125 cc, 4-tak, SOHC, 1 silinder, berpendingin udara, dan sudah berteknologi injeksi PGM-Fi. Mesin itu bisa menghasilkan tenaga 6,5 kW di 7.000 rpm dan torsi 11 Nm pada 4.500 rpm. Tenaga itu disalurkan melalui transmisi semi otomatis 4-percepatan. Sistem starternya berupa electric dan kick.

    (lua/rgr)

  • Gaza Butuh Setidaknya 120.000 Tenda, Warga Palestina Kembali ke Gaza Utara yang Hancur oleh Israel – Halaman all

    Gaza Butuh Setidaknya 120.000 Tenda, Warga Palestina Kembali ke Gaza Utara yang Hancur oleh Israel – Halaman all

    Penampungan Mendesak Dibutuhkan saat Warga Palestina Kembali ke Gaza Utara yang Hancur oleh Israel

    TRIBUNNEWS.COM- Ratusan ribu warga sipil Palestina yang mengungsi dan telah kembali ke Gaza utara sangat membutuhkan akomodasi karena besarnya kerusakan yang disebabkan oleh perang genosida Israel. 

    Kantor Media Pemerintah di Gaza mengumumkan pada tanggal 28 Januari bahwa warga Palestina di jalur utara “membutuhkan setidaknya 120.000 tenda.” 

    Warga yang mengungsi ke wilayah utara mengatakan tidak ada listrik dan fasilitas penting telah hancur.

    “Ada ruang operasi yang didedikasikan untuk memantau kondisi para pengungsi. Lebih dari 33 kamp telah disiapkan untuk menampung para pengungsi,” tambahnya, seraya menekankan bahwa “konvoi para pengungsi yang kembali ke utara membentang hingga ratusan meter.”

    Lebih dari  300.000  warga Palestina telah kembali ke wilayah utara yang hancur setelah para pengungsi  mulai membanjiri  kembali kota mereka yang hancur pada hari Senin. 

    Warga sipil yang berbicara dengan Al Jazeera pada hari Selasa mengatakan fasilitas dan infrastruktur hancur total. 

    Mereka mengatakan mereka membutuhkan generator karena tidak ada listrik sama sekali, dan semua tangki air di atap gedung telah hancur atau rusak parah – seraya menambahkan bahwa mereka telah kembali menjadi “tanah terlantar.”

    Rumah sakit, khususnya, berada dalam kondisi yang sangat buruk akibat kampanye Israel terhadap fasilitas medis di seluruh wilayah tersebut – yang meningkat secara signifikan pada bulan-bulan terakhir perang, khususnya di wilayah utara. 

    Sisa wilayah kantong itu juga hancur. Menurut PBB, hampir 70 persen dari semua bangunan di Gaza hancur atau rusak. 

    Di kota paling selatan Rafah, kehancuran tersebar luas, dan persenjataan yang belum meledak menimbulkan ancaman serius bagi penduduk. 

    “Layanan kesehatan, termasuk bantuan kemanusiaan lainnya dan pembangunan kembali kota, dibutuhkan agar kehidupan dapat kembali ke Rafah, tetapi masih terlalu berbahaya bagi orang-orang untuk kembali di sebagian besar wilayah. Saat kami akan mengunjungi bekas klinik MSF Shabboura di Rafah, kami melihat seorang anak bermain dengan granat di wilayah Mawasi. Meskipun kami tidak dapat mendengar bom lagi, masih ada bahaya,” kata pejabat Doctors Without Borders (MSF) Pascale Coissard pada 27 Januari. 

    Rafah sebelumnya menampung kelompok pengungsi Palestina terbesar – sekitar 1,5 juta orang – yang terusir dari berbagai wilayah di Gaza akibat serangan udara Israel, perintah evakuasi paksa, dan operasi darat yang menghancurkan. 

    MSF mengatakan membersihkan persenjataan yang tidak meledak di Rafah saja akan memakan waktu bertahun-tahun. 

    Meskipun mengalami kematian, kehancuran, dan hukuman kolektif, ratusan ribu warga Palestina yang mengungsi kembali ke lingkungan mereka yang hancur di Gaza Utara, mengalahkan upaya pemerintah Israel untuk melakukan pembersihan etnis di Jalur Gaza.

    Ribuan warga Palestina akhirnya bersatu kembali dengan keluarga mereka. Mereka kembali ke rumah mereka yang hancur dengan tekad penuh untuk membangun kembali kehidupan mereka dan masa depan kebebasan mereka.

    SUMBER: THE CRADLE

  • 8 Langkah Menyelamatkan Mobil yang Terendam Banjir

    8 Langkah Menyelamatkan Mobil yang Terendam Banjir

    Jakarta

    Hujan deras yang melanda beberapa wilayah di Indonesia menimbulkan genangan air di beberapa titik. Banyak kendaraan bermotor yang menjadi korban banjir. Jangan salah langkah, begini cara menyelamatkan mobil yang terendam banjir agar kerusakan tidak merembet ke mana-mana.

    Tak cuma kebanjiran di jalan, ada juga mobil yang terendam banjir saat diparkir di garasi rumah. Penanganan yang salah langkah ketika mobil terendam banjir berisiko membuat mobil mengalami kerusakan fatal. Salah satu risikonya adalah mesin mengalami water hammer, atau kelistrikan mengalami korsleting.

    Agar tidak mengalami kerusakan parah, ada beberapa langkah untuk menyelamatkan mobil yang terendam banjir. Mengutip dari laman Suzuki Indonesia, berikut ini sejumlah tips aman untuk mengatasi mobil yang sudah terendam banjir.

    1. Melepaskan Kabel Aki dari Mobil

    Langkah pertama yang dilakukan adalah melepas bagian kabel aki dari komponen mobil. Hal ini dilakukan agar tidak terjadi korsleting listrik, soalnya kabel aki saling terkait dengan komponen kelistrikan yang ada di dalam mobil.

    Saat mobil sudah terendam banjir dan kabel aki tidak segera dicabut, risikonya mobil bisa mengalami korsleting serta menyebabkan sistem elektronik mati total. Karena dalam kondisi banjir korsleting sering terjadi akibat masuknya air ke dalam mobil.

    2. Jangan Langsung Hidupkan Mesin

    Saat banjir mulai tinggi dan kamu ingin memindahkan mobil, usahakan untuk tidak menyalakan mesin. Cukup dengan mendorong mobil untuk dipindahkan ke tempat lebih aman. Karena menyalakan mesin mobil setelah terendam banjir sangat berisiko besar. Hal itu dikarenakan mesin yang dinyalakan setelah mobil terendam banjir dapat menimbulkan korsleting listrik, tentu bisa merusak komponen kelistrikan di dalam mobil.

    3. Keringkan Bagian Pengapian Mobil

    Setelah mobil terendam banjir, jangan lupa untuk mengecek kembali bagian pengapian pada mobil yang meliputi busi, saringan udara, alternator, karburator dan koil. Karena komponen tersebut cukup sensitif jika terendam banjir, maka segera mengecek kembali secara teliti.

    Selain itu cek juga apakah fungsi pengapian masih normal atau terdapat gangguan akibat mobil terendam banjir. Jika mobil belum mau menyala, segera bawa mobil ke bengkel resmi terdekat untuk melakukan perbaikan.

    4. Kuras Tangki Bensin

    Menguras tangki bensin perlu dilakukan setelah mobil terendam banjir, hal ini dilakukan agar bensin tidak tercampur dengan air. Selain itu, cara ini perlu dilakukan untuk mengantisipasi agar tidak terjadi karat pada bagian tangki bensin akibat terendam banjir.

    Selain menyebabkan berkarat, tangki bensin yang terendam banjir dapat mengganggu kinerja pengapian pada mobil, bahkan tangki bensin dapat keropos dan bocor untuk jangka panjang.

    5. Periksa Kondisi Interior Mobil

    Ketika terendam banjir, jangan lupa untuk mengecek kondisi interior mobil. Lakukan pemeriksaan secara detail mulai dari karpet, kursi, pintu, dashboard dan bagian lainnya.

    Mobil yang terendam banjir tentu harus dilakukan pengecekan secara menyeluruh untuk menghindari sejumlah kerusakan. Jangan lupa dibersihkan dengan air yang bersih dan keringkan di bawah sinar matahari, agar tidak muncul jamur hingga bau tak sedap.

    6. Keringkan Panel dan Lampu

    Setelah terendam banjir, periksa juga kondisi lampu mobil untuk menghindari air yang masuk ke dalam. Karena lampu mobil merupakan komponen penting dari mobil dan terdapat arus listrik di dalamnya. Jika terdapat air, segera bersihkan lampu mobil dan keringkan untuk menghindari korsleting listrik.

    7. Keringkan Mobil di Bawah Sinar Matahari

    Saat terendam banjir beberapa komponen di dalam mobil menjadi basah sehingga berdampak pada interior mobil. Cara yang cukup membantu agar mobil cepat kering ialah dengan mengeringkan di bawah panas matahari. Apabila terdapat sejumlah komponen yang harus segera dikeringkan, bisa gunakan alat pengering sebagai antisipasi awal.

    Selain itu jangan lupa untuk membersihkan beberapa komponen dan interior mobil, agar tidak ada kotoran dan kuman yang menempel akibat air banjir yang menggenang.

    8. Cek Kondisi Mobil ke Bengkel Resmi

    Untuk berjaga-jaga, setelah mobil terendam banjir usahakan untuk mengecek kembali ke bengkel resmi terdekat. Hal ini sebagai bentuk antisipasi jika ternyata masih ada beberapa komponen dalam mesin mobil yang masih rusak, sehingga dilakukan perbaikan secara cepat guna mencegah kerusakan yang lebih parah.

    (rgr/lth)

  • Buat Harian Oke, Ini yang Bikin Lebih Unggul

    Buat Harian Oke, Ini yang Bikin Lebih Unggul

    Jakarta

    Honda PCX 160 RoadSync punya ragam pembaruan, motor ini sejatinya sudah nyaman dipakai harian, kira-kira apa yang lebih unggul dari kompetitornya?

    Tim redaksi detikOto mendapat unit peminjaman PCX 160 RoadSync dari PT Astra Honda Motor. Matic besar itu kami gunakan dari pemakaian harian hingga touring tipis-tipis.

    Meskipun hadir dengan embel-embel ‘New’, Honda tak banyak merevisi dimensi dari PCX 160. Panjang motor ini masih 1.936 mm, lebar 742 mm, dan tingginya 1.123 mm. Sementara untuk tinggi joknya 764 mm dan jarak sumbu roda 1.313 mm.

    Namun untuk membuat handling motor ini semakin nyaman, Honda mengklaim telah merevisi bagian deknya. Posisi tulang kering jadi tidak menempel dengan dek. Area pijakan kaki juga mengalami sentuhan baru, jadi sepatu jadi tertutup foot step, beda dengan yang dulu.

    Kemudian ubahan serta sok belakang (untuk varian RoadSync) dengan tabung membuat motor ini semakin nyaman, karakternya tidak lembut, ataupun keras, komposisinya pas. Saat melibas jalanan tidak rata, bisa meredam getaran dengan baik.

    Perbedaan selanjutnya adalah pada layar multi informasi display (MID). PCX 160 CBS dan ABS sama-sama masih mengadopsi full digital panel meter dengan latar belakang negatif display. Sementara PCX 160 RoadSync sudah pakai 5 inch TFT panel meter. Ini yang bikin tampilan motor jadi lebih mewah.

    Smartphone Connection ini punya fungsi navigasi, telepon, musik,message, hinggavoice command. Cuma sayangnya untuk fitur ini saat diaplikasikan ke sistem iOS kurang responsif ketika coba melakukan perintah suara. Sebenarnya fitur tersebut sudah tersedia juga di kompetitornya.

    Sensasi mesin

    Meskipun Honda PCX 160 belum punya embel-embel Turbo seperti Nmax. Di atas kertas, Honda PCX 160 punya kapasitas mesin lebih besar. Figur tenaga dan torsinya pun lebih besar ketimbang Nmax Turbo.

    Mesin Honda PCX 160 mampu mengeluarkan tenaga hingga 11,8 kW/8.500 rpm dan torsi maksimal 14,7 Nm/6.500 rpm.

    Honda PCX 160 RoadSync Foto: Ridwan Arifin

    Sebagai pembanding, Yamaha Nmax terbaru menggunakan dapur pacu Blue Core, VVA, 4 Valve SOHC, YECVT (untuk varian Turbo dan Turbo Tech Max). Mesin baru itu bisa memuntahkan tenaga 11,3 kW di 8.000 rpm dan torsi 14,2 Nm pada 6.500 rpm.

    Artinya, di atas kertas tenaga dan torsi mesin Honda PCX 160 lebih unggul dibanding Nmax Turbo.

    Untuk sensasi mesin PCX 160 bagaimana?

    Kami menggunakan motor ini untuk harian di lalu lintas yang padat. Tarikan awal motor ini memang enteng namun tidak nyentak. Distribusi tenaganya juga merata di putaran bawah. Memang saat masuk 6.000 rpm terdapat tenaga yang tertahan, namun setelahnya ada tambahan tenaga.

    Beda dari Nmax yang bisa gonta-ganti karakter motor tinggal pencet tombol Y-Shift.

    Berdasarkan pengetesan kami, tenaga yang didistribusikan ini cukup pas maupun nanjak tipis-tipis di perbukitan.

    Soal konsumsi BBM, PCX 160 pada layar MID itu sekitar 42 km/liter. Angka itu tentu masih bisa diperdebatkan. Sebab ada cara lain untuk menghitung konsumsi bahan bakar, yakni dengan metode full to full.

    [Gambas:Youtube]

    Biar sah, kami juga mengetes konsumsi BBM secara full to full, angkanya mencapai 38,7 km/liter dengan BBM RON 92.

    Perlu diketahui tinggi penguji 168 cm sedangkan bobotnya 78 kg. Pengujian ini tidak menerapkan prinsip eco riding. Hasil pengetesan orang lain bisa saja berbeda-beda tergantung gaya berkendara, bobot, kondisi jalan dan cuaca.

    Tertarik beli? apa yang lebih unggul dari PCX 160 ketimbang Yamaha Nmax 155 memiliki kapasitas tangki bensin 7,1 liter dan kapasitas bagasi 24 liter. Bagasi Nmax memang masih kalah besar dari bagasi PCX 160 yang punya kapasitas 30 liter, kemudian tangki PCX punya kapasitas 8 liter.

    (riar/din)

  • Duel Honda PCX 160 RoadSync vs Yamaha NMAX Turbo, Pilih Mana?

    Duel Honda PCX 160 RoadSync vs Yamaha NMAX Turbo, Pilih Mana?

    Jakarta

    Kehadiran Honda New PCX 160 RoadSync mesti membuat sang rival berat, Yamaha NMAX Turbo, terganggu. Lantas mana skutik bongsor yang lebih pas buat detikers? Simak komparasinya!

    Honda PCX 160 RoadSync Foto: Ridwan Arifin

    Dimensi dan Kaki-kaki

    Meskipun hadir dengan embel-embel ‘New’, Honda tak banyak merevisi dimensi dari PCX 160. Panjang motor ini masih 1.936 mm, lebar 742 mm, dan tingginya 1.123 mm. Sementara untuk tinggi joknya 764 mm dan jarak sumbu roda 1.313 mm.

    Namun untuk membuat handling motor ini semakin nyaman, Honda mengklaim telah merevisi bagian deknya serta mengganti sok belakang dengan suspensi belakang ganda dengan tabung.

    Honda New PCX 160 RoadSync hadir dengan bobot 133 kg, kapasitas tangki bensin 8,1 liter dan ukuran roda depan 110/70-14 serta belakang 130/70-13.

    Yamaha Nmax Turbo Foto: Yamaha Motor Indonesia

    Di sisi lain, Yamaha NMAX Turbo hadir dengan ukuran yang lebih ramping namun lebih tinggi. Panjang totalnya 1.935 mm, lebar 740 mm, dan tinggi 1.200 mm. Sedangkan untuk tinggi joknya di angka 770 mm dan jarak sumbu rodanya 1.340 mm.

    Bobot NMAX Turbo juga sedikit lebih berat ketimbang PCX 160 RoadSync, yakni 135 kg dengan ukuran tangki bensin lebih kecil yaitu 7,1 liter. Sementara ukuran rodanya, alih-alih menggunakan pelek ukuran belang, Yamaha memberikan NMAX Turbo dengan pelek ring 13 dan balutan ban 110/70 di depan hingga 130/70 di belakang.

    Kalau Honda baru bermain sok dengan tabung di New PCX 160, Yamaha tergolong sudah lama menggunakan kit seperti ini. Bahkan Yamaha NMAX Turbo tipe tertinggi, TECH MAX Ultimate, dibekali dengan performance dumper yang membuat handling motor ini makin meyakinkan.

    Mesin

    Di sektor mesin, kedua skutik yang populer di Indonesia pun bersaing ketat. Honda New PCX 160 dibekali dengan mesin eSP+ 4 klep 1 silinder berkapasitas 156,9 cc. Di atas kertas, tenaga motor ini tembus 15,8 HP di putaran 8.500 RPM dan torsi 14,7 Nm di 6.500 RPM.

    Sementara Yamaha, bermain lebih progresif untuk NMAX terbaru ini. Mesin konvensional 155 cc Blue Core VVA 4 katup 1 silinder ini mereka kawinkan dengan transmisi elektrik atau disebut dengan Yamaha Electric CVT (YECVT).

    Di atas kertas, tenaga mesin 155 cc NMAX TUrbo ini bertenaga maksimal 15,15 HP di putaran 8.000 RPM. Sementara torsi puncaknya bisa tembus 14,2 Nm di 6.500 RPM.

    Menariknya, teknologi YECVT dan VVA dapat membuat tenaga motor ini jadi lebih adaptif. Di tarikan bawah, dengan adanya Turbo Riding Mode, memungkinkan motor ini berakselerasi lebih agresif. Sementara di tarikan atas, bantuan VVA membuat NMAX Turbo bisa tak kehabisan ‘nafas’.

    [Halaman selanjutnya: Fitur dan Harga Honda PCX 160 RoadSync vs Yamaha NMAX Turbo]

  • Kegiatan CSR jadi Wujud Kontinuitas PT Orbit Terminal Merak dalam Pemberdayaan Masyarakat

    Kegiatan CSR jadi Wujud Kontinuitas PT Orbit Terminal Merak dalam Pemberdayaan Masyarakat

    JAKARTA – PT Orbit Terminal Merak (OTM) yang merupakan perusahaan penyediaan dan penyewaan tangki Bahan Bakar Minyak (BBM) menjaga komitmen dan kontinuita dalam pemberdayaan masyarakat sekitar melalui program tanggung jawab sosial kemasyarakatan atau corporate social responsibility (CSR).

    Hal ini dikemukakan langsung oleh Presiden Direktur PT OTM, Gading Ramadhan Joedo saat membuka “Charity PT Orbit Terminal Merak: Berbagi Kebajikan, Membangun Kebahagiaan”, di Lebak Gede, Cilegon, Selasa, 21 Januari.

    Dalam kesempatan tersebut, PT OTM membagikan 500 paket sembako untuk masyarakat RW 07 Kelurahan Lebak Gede, Cilegon, Banten. Hal ini sudah rutin dilakukan oleh PT OTM dalam 10 tahun terakhir. Hadir untuk menerima secara simbolis perwakilan dari masing-masing kategori seperti ibu tunggal, anak yatim, tokoh masyarakat, dan anak asuh.

    Pemberian sembako merupakan program rutin yang dilakukan oleh PT OTM yang dilaksanakan dua kali dalam setahun. Selain pada awal tahun, program pembagian sembako juga rutin dilakukan saat Ramadan.

    Program ini merupakan stimulus dari lima pilar program CSR perusahaan. PT OTM punya lima pilar program, yaitu pendidikan, keagamaan, sosial dan kebudayaan, infrastruktur dan kesehatan, serta pemberdayaan masyarakat lokal. Fokus utama PT OTM dalam pemberdayaan masyarakat adalah dengan mengadakan program anak asuh untuk siswa-siswi SD, SMP, hingga SMA.

    “Kami terus berupaya menjaga komitmen perusahaan dalam menjalankan tanggung jawab sosial melalui program-program yang dijalankan secara rutin setiap tahunnya dan juga kontribusi kami lainnya kepada masyarakat di sekitar PT Orbit Terminal Merak,” kata Gading Ramadhan Joedo saat memberi kata sambutan.

    Menurut Gading Joedo, program-program PT OTM itu juga bisa terselenggara karena peran aktif dari pemerintah setempat yang selalu mendukung. Bantuan dari PT OTMi ini tak selamanya top-down, melainkan bottom-up karena menampung aspirasi warga yang difasilitasi pemerintah, terutama Ketua RW 07 dan Lurah Lebak Gede.

    Salah satu program yang muncul dari aspirasi masyarakat adalah pembagian air bersih dan donasi 4 ton toren air. Bantuan tersebut diberikan kepada warga Kampung Cipala pada November 2024 lalu. Saat itu, PT OTM juga memberi donasi infrastruktur granit untuk salah satu masjid dan melaksanakan OTM Mengajar atau Upskilling Competency.

    “Kami sangat peduli dengan pemberdayaan masyarakat. Saat ini, kami memiliki 24 anak asuh. Bahkan, dari beberapa program anak asuh sebelumnya, ada yang sudah bekerja di PT OTM. Kami juga melakukan sinergi dengan asosiasi perusahaan sekitar untuk memfasilitasi lapangan kerja jika ada anak asuh kami yang punya kualifikasi tetapi di perusahaan ini belum ada lowongan,” ucap Triantoro Sarwoto, Terminal Manager PT OTM.

    Camat Pulomerak, Hoero Sanjaya, mengapresiasi apa yang telah dilakukan PT OTM dalam pemberdayaan masyarakat sekitar.

    “Semoga saja, ke depannya, PT OTM bisa lebih luas cakupan bantuannya, tidak hanya di Kelurahan Lebak Gede, tetapi juga di tiga kelurahan lain, yaitu Mekarsari, Suralaya, dan Tamansari,” ujar Hoero Sanjaya.

    Merespons keingingat Camat Pulomerak, Gading Joedo mengaku PT OTM sudah merancang untuk bisa berkontribusi lebih dengan cakupan area bantuan yang lebih luas.

    “Semoga harapan masyarakat agar PT OTM makin berkontribusi dapat cepat terwujud sehingga kami bisa menghadirkan manfaat lebih banyak bagi Indonesia, khususnya buat masyarakat sekitar,” kata Gading Joedo.

  • Cara Merawat Mobil setelah Digunakan Liburan, Cek 10 Komponen Ini

    Cara Merawat Mobil setelah Digunakan Liburan, Cek 10 Komponen Ini

    Jakarta

    Memasuki awal tahun, kita kembali pada rutinitas harian setelah melewati periode liburan. Banyak dari masyarakat yang menggunakan satu mobil yang sama baik digunakan untuk berlibur maupun dalam beraktivitas sehari-hari. Memasuki rutinitas harian, tentunya mobil pribadi membutuhkan perhatian khusus agar performanya tetap optimal.

    Terlebih, sebagian pemilik kendaraan sering kali terlewat dalam mengecek kendaraannya. Dijelaskan Daihatsu dalam keterangan resminya, ini tips pengecekan mobil supaya tetap aman dan nyaman selama digunakan dalam menemani aktivitas harian.

    1. Bersihkan mobil secara menyeluruh, termasuk bagian kolong dan mesin untuk menghindari penumpukan kotoran atau bahkan lumpur yang dapat menyebabkan korosi atau kerusakan.

    2. Pastikan interior kendaraan mulai dari kabin hingga bagasi bersih dari sisa makanan dan minuman agar terhindar dari aroma tidak sedap dan serta masuknya serangga ke dalam kabin.

    3. Periksa ketinggian air radiator coolant di tangki cadangan. Bila kurang, tambahkan dengan air radiator coolant resmi Daihatsu agar dapat mencegah mesin dari overheat.

    4. Periksa ketinggian oli mesin di antara batas minimum dan maksimum yang dapat terlihat pada stik cek oli, karena kekurangan oli dapat menyebabkan kerusakan mesin.

    5. Pastikan air di tangki wiper juga dalam kondisi terisi penuh yang dapat dilihat dari tangki air wiper. Fungsi wiper sangat penting dalam menjaga visibilitas pengendara.

    6. Cek minyak power steering pada tangki penampungan. Gunakan minyak power steering sesuai spesifikasi yang direkomendasikan. Sebelum mematikan mesin, pastikan roda depan tetap dalam keadaan lurus agar kinerja power steering tetap baik.

    7. Pastikan ketinggian minyak rem berada pada batas maksimum dan gunakan minyak rem yang telah direkomendasikan. Bila kurang sampai batas minimum dan lampu indikator rem menyala, segera hubungi bengkel resmi terdekat.

    8. Khusus pengguna aki basah, isilah air aki secara berkala agar tetap berfungsi secara optimal. Pastikan ketinggian cairan aki seluruh sel berada antara Lower Level dan Upper Level.

    9. Lakukan pengecekan filter pendingin pada AC, termasuk pembersihan kondensor dan evaporator agar kinerja AC tetap optimal.

    10. Pastikan komponen rem dalam keadaan baik, mulai dari kualitas minyak (oli) rem, kondisi kampas rem, dan piston rem.

    Selain tips di atas, pelanggan juga dapat memastikan kendaraannya agar selalu dalam kondisi prima dengan melakukan servis rutin atau perawatan khusus di bengkel resmi terdekat.

    (lua/riar)

  • Harga Tiket, Jam Operasional, dan Wahana Terbaru

    Harga Tiket, Jam Operasional, dan Wahana Terbaru

    Jakarta: Libur panjang Isra Mikraj dan Tahun Baru Imlek 2025 adalah waktu yang tepat untuk merencanakan momen kebersamaan dengan keluarga. 
     
    Salah satu destinasi seru dan edukatif yang bisa Sobat Medcom kunjungi adalah Jakarta Aquarium & Safari, yang terletak di Neo Soho Mall, Jakarta Barat. 
     
    Artikel ini akan membahas rinci soal harga tiket, jam operasional, hingga wahana terbaru dari Jakarta Aquarium.
    Harga tiket Jakarta Aquarium
    Merangkum laman resmi Jakarta Aquarium berikut adalah informasi terbaru mengenai harga tiket masuk:

    Weekday (Senin-Jumat)
    Reguler dewasa: Rp156.800
    Reguler anak: Rp122.500
     
    Premium dewasa: Rp196.800
    Premium: Rp147.000
     
    Weekend dan hari libur nasional
    Reguler dewasa: Rp181.300
    Reguler anak: Rp147.000
     
    Premium dewasa: Rp220.500
    Premium: Rp171.500
     

     

    Perbedaan antara tiket reguler dan premium:

    Untuk tiket reguler, pengunjung akan mendapatkan:
     
    – 1x  masuk ke Jakarta Aquarium & Safari.
    – Menonton pertunjukan memberi makan satwa sepuasnya.
    – Melihat satwa dari dekat.
    – Pertunjukan putri duyung mutiara dari laut selatan.
    – Pertunjukan putri duyung penjaga Sungai.
     
    Sementara untuk tiket premiun pengunjung akan mendapatkan:
     
    – Fleksibilitas untuk beberapa kali masuk dalam waktu maksimal 4 jam.
    – Pertunjukan memberi makan satwa sepuasnya (Berang-berang, Penguin, Piranha, Tangki Utama).
    – Melihat dari dekat satwa (Binturong, Meerkat, Macaw, Kecoa Madagaskar, Kolam Sentuh).
    Pertunjukan putri duyung mutiara laut selatan.
    – Pertunjukan putri duyung penjaga sungai.
    – 1x permainan interaktif gratis.
    – Manfaat premium yaitu promo voucher tenant.
    Jam operasional
    Jakarta Aquarium dan Safari buka mulai pukul 10.00 hingga 21.00 WIB. Adapun pengunjung dapat masuk arena terakhir pada pukul 19.00 WIB.
     

    Wahana spesial Imlek
    Pada momen Imlek Jakarta Aquarium memiliki acara khusus yaitu The Prosperity Garden, yang terdiri dari prosperity tunnel, lucky angpao, lantern crafting, origami cration, dan stick rush.

    Tips hemat dan optimal berkunjung ke Jakarta Aquarium

    Pesan tiket lebih awal untuk mendapatkan harga promo dan menghindari kehabisan tiket, terutama di libur panjang.
    Datang pagi untuk menikmati wahana dengan lebih leluasa tanpa keramaian.
    Gunakan pakaian nyaman karena Anda akan banyak berjalan mengelilingi area indoor.
    Jangan lupa membawa kamera atau ponsel dengan baterai penuh untuk mengabadikan momen seru di setiap sudut.

    Jakarta Aquarium adalah destinasi yang sempurna untuk mengisi libur panjang Isra Mikraj dan Tahun Baru Imlek bersama keluarga. Dengan beragam aktivitas seru dan edukatif, liburan Sobat Medcom akan penuh kesan dan manfaat.

     
    Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
    dan follow Channel WhatsApp Medcom.id

    (ANN)

  • DKI revitalisasi 16 MCK komunal pada tahun anggaran 2024

    DKI revitalisasi 16 MCK komunal pada tahun anggaran 2024

    kegiatan revitalisasi MC yang telah dilaksanakan, dapat memperkecil perilaku BABS yang terjadi di sekitar MCK

    Jakarta (ANTARA) – Dinas Sumber Daya Air (SDA) DKI Jakarta telah merevitalisasi 16 fasilitas mandi, cuci, kakus (MCK) komunal pada tahun anggaran 2024 sebagai upaya menghapus perilaku buang air besar sembarangan (BABS) pada sebagian warga Jakarta.

    “Ada 16 Lokasi MCK komunal yang direvitalisasi dan tersebar di Jakarta Pusat, Jakarta Selatan, dan Jakarta Barat,” kata Kepala Bidang Pengelolaan Air Limbah Dinas SDA DKI Jakarta, Robby Dwi Mariansyah saat dihubungi di Jakarta, Sabtu.

    Namun, dia belum merinci lokasi-lokasi MCK komunal yang sudah direvitalisasi tersebut.

    Dituturkan dia, kegiatan revitalisasi MC yang telah dilaksanakan, dapat memperkecil perilaku BABS yang terjadi di sekitar MCK.

    Robby berharap warga sekitar dapat memanfaatkan MCK tersebut dan menggunakannya secara tepat guna.

    Lebih lanjut terkait upaya mengurangi angka BABS di Jakarta, Dinas SDA DKI Jakarta menggandeng Dinas Kesehatan menyosialisasikan perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS) kepada masyarakat.

    “Seiring berjalannya sosialisasi dan penyuluhan yang dilakukan oleh Dinas SDA dan Dinas Kesehatan ataupun Kesehatan Lingkungan Puskesmas Kelurahan, masyarakat sadar akan pentingnya sanitasi untuk kesehatan terutama terkait stunting,” kata Robby.

    Dinas SDA DKI, sambung dia, juga membangun Sistem Pengelolaan Air Limbah Domestik Terpusat. (SPALD-T) skala permukiman dan skala perkotaan serta bekerja sama dengan Perumda PAL Jaya untuk memberikan subsidi pembangunan tangki septik rumah tangga.

    Adapun merujuk data Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM) Dinas Kesehatan, kelurahan dengan angka BABS tertinggi per wilayah administrasi yakni Kelurahan Kapuk (Jakarta Barat), Kelurahan Mangga Dua Selatan (Jakarta Pusat).

    Lalu, Kelurahan Penjaringan (Jakarta Utara), Kelurahan Manggarai (Jakarta Selatan), dan Kelurahan Cipinang Besar Utara (Jakarta Timur).

    Sementara itu, berdasarkan data triwulan 3 tahun 2024, di DKI Jakarta terdapat 1.610 rumah tangga yang tidak memiliki jamban dan berperilaku BABS. Dari angka ini, wilayah kota Jakarta Utara tercatat menempati urutan pertama, yakni sebanyak 822 rumah tangga.

    “Kami juga membutuhkan peran dan turut serta dari masyarakat DKI Jakarta untuk mendukung penurunan angka BABS di DKI Jakarta,” ucap Robby.

    Pewarta: Lia Wanadriani Santosa
    Editor: Ganet Dirgantara
    Copyright © ANTARA 2025

  • 24 kelurahan di Jakbar telah bebas BAB sembarangan

    24 kelurahan di Jakbar telah bebas BAB sembarangan

    Jakarta (ANTARA) – Sebanyak 24 dari 56 kelurahan di Jakarta Barat (Jakbar) dinyatakan telah bebas dari kebiasaan warga yang sering Buang Air Besar (BAB) sembarangan.

    “Kalau sekarang sudah ada 24 kelurahan yang tidak lagi BAB sembarangan,” kata Ketua Subkelompok Kesehatan, Perlindungan Anak dan Pengendalian Penduduk Bagian Kesejahteraan Rakyat (Kesra) Jakarta Barat, Endang Tri Rahayu ketika dikonfirmasi di Jakarta, Jumat.

    Jumlah tersebut meningkat dari tahun 2023 yang hanya mencapai 13 kelurahan di Jakbar yang menyatakan tidak berperilaku BAB sembarangan.

    Endang menyebutkan, syarat dari kelurahan yang dinyatakan tidak lagi BAB sembarangan sudah diringankan oleh Kementerian Kesehatan.

    Sepanjang warga suatu kelurahan tidak BAB sembarangan di tempat terbuka, seperti sungai atau got, maka kelurahan itu tergolong tidak BAB sembarangan atau Open Defecation Free (ODF).

    “Kemenkes itu sudah meringankan, dari yang namanya ODF itu enggak ada lagi orang yang enggak punya tangki septik. Sekarang kalau misalnya dia enggak punya tangki septik, namun asalkan tidak buang air di tempat terbuka di atas got atau di kali kayak di Tomang, itu masih dianggap sudah ODF,” katanya.

    Oleh karena itu, seluruh masyarakat Jakbar harus memiliki tangki septik dalam lima tahun ke depan.

    “Kita sedang mengarahkan para camat dan lurah untuk melakukan komitmen ODF. Kelurahan-kelurahan yang warganya masih belum punya tangki septik itu dianggap sudah ODF, tetapi dengan syarat secara bertahap lima tahun ke depan itu sudah harus clear (ada),” ujar Endang.

    Secara agregat, kata Endang, 94 persen warga Jakarta Barat sudah memiliki akses sanitasi dan tangki septik.

    “Hanya yang enam persen ini tinggalnya tersebar ke kelurahan-kelurahan gitu. Misalnya, dua rumah di RW Kelurahan A. Dua rumah di RW Kelurahan B. Jadi menyebar. Kalau kelurahan tidak BAB sembarangan itu kan semua warganya 100 persen tidak BAB sembarangan,” kata dia.

    Tahun 2025, Pemkot Jakbar menargetkan 15 kelurahan kembali dinyatakan ODF, selanjutnya pada 2026 14 kelurahan kembali dinyatakan ODF.

    “Sehingga tahun 2027 itu fokus pemenuhan komitmen untuk pembangunan tangki septik,” tuturnya.

    Pewarta: Redemptus Elyonai Risky Syukur
    Editor: Syaiful Hakim
    Copyright © ANTARA 2025