kab/kota: Tangki

  • Roket Picu Kebakaran, Kesalahan 2024 Terulang

    Roket Picu Kebakaran, Kesalahan 2024 Terulang

    Bisnis.com, JAKARTA — Roket Starship milik SpaceX mengalami penghancuran diri (self-destruct) selama uji terbang ketiganya pada Senin (24/2), setelah kebocoran propelan (roket pendorong) memicu kebakaran internal dan kegagalan sistem komunikasi.

    Insiden ini terjadi 12 menit setelah peluncuran dari Boca Chica, Texas, saat roket mencapai ketinggian 130 km.  

    Techcrunch melaporkan, Selasa (25/2/2025), peluncuran awalnya berjalan normal dengan mesin Raptor beroperasi penuh. Namun beberapa saat kemudian, sensor mendeteksi kebocoran metana cair di bagian tangki propelan tahap atas (Super Heavy). Kebocoran tersebut terus membesar dan tak terkendali.   

    Kebocoran memicu kebakaran yang merusak kabel komunikasi, mengakibatkan blackout data telemetri. Tidak lama berselang, sistem keamanan otomatis mengaktifkan mekanisme penghancuran diri untuk mencegah risiko jatuh di wilayah berpenduduk.  

    CEO Elon Musk mengatakan akan menyelidiki penyebab kebakaran tersebut lebih detail. Elon segera meluncurkan tim ke lapangan. 

    “Tim sedang menyelidiki akar masalah. Kebocoran mungkin terkait vibrasi berlebihan selama fase pemisahan tahap. Kami akan memperbaiki desain sebelum uji keempat,” kata Elon Musk. 

    Masalah tangki bocor adalah masalah klasik yang belum terselesaikan oleh Elon Musk. Pada 2024, Starship gagal meluncur karena masalah yang sama. 

    Starship juga belum memiliki sistem pemadam kebakaran yang mumpuni, yang membuat api menyebar cepat karena kurangnya sistem pendingin darurat di kompartemen mesin.  

    Adapun dampak dari peristiwa ini adalah potensi mundurnya jadwal misi berawak NASA Artemis IV  yang awalnya ditargetkan pada 2026. 

    Selain itu, SpaceX juga berpeluang menunda uji pendaratan di Bulan (Moon Landing Demo) hingga kuartal III/2025. Saham SpaceX turun 4,2% dalam perdagangan pasca-pengumuman.  

    Sementara itu regulator (FAA) membuka penyelidikan menyeluruh dan akan menunda izin peluncuran berikutnya hingga SpaceX membuktikan perbaikan  

    “Kami prioritaskan keselamatan publik. Setiap perubahan desain wajib melalui sertifikasi ulang,” tegas juru bicara FAA.  

    Insiden 2024

    Diketahui, pada Maret 2024 Starship gagal saat memasuki kembali atmosfer Bumi di atas Samudra Hindia. Starlink meledak akibat material heat shield di bagian bawah Starship tidak mampu menahan suhu >1.400°C selama re-entry.

    Selain itu, kebocoran pendingin di sirip kontrol (flaps) juga menyebabkan kehilangan kendali aerodinamis yang membuat Starship tak terkendali. 

    Kemudian pada Januari 2025,  Starship meledak 8,5 menit setelah peluncuran dari Texas. Puing jatuh di Kepulauan Turks dan Caicos, memaksa FAA mengalihkan rute penerbangan sipil.

    Penyebab kebakaran adalah kebocoran propelan dan metana di area attic (ruang antara tangki bahan bakar dan heat shield) memicu kebakaran.
    Setelah itu api merusak kabel fiber optik, menyebabkan kehilangan kontak dengan stasiun darat.

  • Serupa tapi Tak Sama, Segini Beda Harga Toyota Calya vs Daihatsu Sigra

    Serupa tapi Tak Sama, Segini Beda Harga Toyota Calya vs Daihatsu Sigra

    Jakarta

    Toyota Calya dan Daihatsu Sigra punya spesifikasi yang nyaris tak ada perbedaan. Bagaimana dengan harganya? Berapa ya beda harga Calya dan Sigra?

    Mobil kembar di Indonesia banyak modelnya. Salah satu yang cukup diminati para pembeli mobil pertama adalah LCGC kembar Toyota Calya dan Daihatsu Sigra. Kalau diperhatikan, secara tampilan keduanya nyaris tak ada perbedaan signifikan. Terlebih dimensinya sama-sama punya panjang 4.110 mm, lebar 1.655 mm, tinggi 1.600 mm, dan jarak sumbu roda 2.525 mm.

    Tapi tampilan depannya berbeda. Khususnya grille depan bila Sigra mengusung desain garis horizontal sementara Calya punya desain aksen geometris berlapis krom. Selebihnya, tampilan samping, interior, maupun bagian belakang tak jauh berbeda. Logonya juga tentu berbeda, satu menggunakan logo Daihatsu sementara satu lagi logo oval khas Toyota.

    Daihatsu Sigra Foto: Luthfi Anshori/detikOto

    Mesin yang diusung juga tak berbeda khususnya untuk versi 1.2L. Calya dan Sigra 1.2 L sama-sama mengusung mesin 3NR-VE berkapasitas 1.197 cc. Mesin itu bisa menyemburkan daya sebesar 88 PS pada 4.200 rpm dan trosi 88 kgm pada 6.000 rpm. Baik Calya dan Sigra memiliki kapasitas tangki bahan bakar 36 liter. Ada dua opsi transmisi yang disajikan yaitu manual 5 percepatan dan otomatis 4 percepatan.

    Sedangkan Daihatsu masih menawarkan opsi mesin 1KR-VE berkapasitas 998 cc. Mesin 1.0L Daihatsu Sigra ini memiliki tenaga maksimum 67 PS pada 6.000 rpm dan torsi 9.1 kgm pada 4.400 rpm.

    Soal fitur juga sama. LCGC berkapasitas tujuh penumpang itu sama-sama mengusung fitur SRS airbag, sistem pengereman ABS, EBD, dan BA. Ada pula kamera parkir tersemat di varian tertinggi. Selanjutnya, fitur Isofix juga sudah tersedia.

    Beda Harga Toyota Calya dan Daihatsu Sigra

    Lantas bagaimana dengan harganya? Meski punya spesifikasi yang nyaris sama, harga jual tetap berbeda. Untuk mengetahui perbedaannya, berikut ini daftar harga Toyota Calya dan Daihatsu Sigra.

    Harga Toyota CalyaToyota Calya 1.2 E M/T STD Basic: Rp 169,6 jutaToyota Calya 1.2 E M/T Basic: Rp 172,5 jutaToyota Calya 1.2 G M/T Basic: Rp 178,2 jutaToyota Calya 1.2 G A/T Basic: Rp 192,6 jutaHarga Daihatsu SigraDaihatsu Sigra 1.0 D MT MC: Rp 141,5 jutaDaihatsu Sigra 1.0 M MT MC: Rp 152,1 jutaDaihatsu Sigra 1.2 X MT MC: Rp 159,8 jutaDaihatsu Sigra 1.2 R MT MC: Rp 166,5 jutaDaihatsu Sigra 1.2 X AT MC: Rp 173,1 jutaDaihatsu Sigra 1.2 R AT MC: Rp 181,3 juta

    (dry/rgr)

  • Pajak Tahunan Honda Vario 125 Keluaran Terbaru

    Pajak Tahunan Honda Vario 125 Keluaran Terbaru

    Jakarta

    Pajak tahunan Honda Vario lansiran 2024 untuk STNK 2025 terungkap. Buat kamu yang mau membeli Vario 125, pajak tahunannya Rp 300 ribuan.

    Honda Vario merupakan salah satu skutik (skuter matik) yang banyak digandrungi masyarakat Indonesia. Deretan keunggulan yang disajikan menjadi pemikat Honda Vario 125.

    Honda Vario 125 saat ini ditawarkan mulai harga Rp 23 hingga yang termahal Rp 25 jutaan. Dengan harga segitu, berapa uang yang harus disisihkan untuk membayar pajak tahunan ya?

    Pajak Tahunan Honda Vario 2025

    Dilihat detikOto dalam laman Informasi Data Kendaraan dan Pajak Kendaraan Bermotor Pemerintah Provinsi DKI Jakarta, untuk Vario tahun 2024 namun masa pajak aktif 2025, itu pajak tahunannya sebesar Rp 333 ribu. Pajak tahunan Vario terdiri dari:

    PKB Pokok: Rp 298 ribu
    SWDKLLJ: Rp 35 ribu

    Perlu dicatat, pajak tahunan itu berlaku untuk wilayah Jakarta dan kendaraan kepemilikan pertama. Besar pajak bisa jadi tak sama di wilayah lainnya.

    Sebagai informasi tambahan, buat kamu yang baru meminang Vario 125 ini berikut ini spesifikasi skutik bermesin 125 cc itu untuk bahan pertimbangan.

    Spesifikasi Honda Vario 125

    Mesin

    Tipe Mesin: 4-Langkah, SOHC, eSP, Pendinginan Cairan, PGM-FIVolume Langkah: 124,8 ccPerbandingan Kompresi: 11,0:1Tipe Transmisi: Otomatis , V-MaticDaya Maksimum: 8,2 kW (11,1 PS) / 8.500 rpmTorsi Maksimum: 10,8 Nm (1,1 kgf.m) / 5.000 rpmTipe Starter: ElektrikTipe Kopling: Automatic Sentrifugal, Tipe KeringTipe Minyak Pelumas: 0,8 liter (Penggantian Periodik).

    Rangka

    Tipe Rangka: UnderboneTipe Suspensi Depan: TeleskopikTipe Suspensi Belakang: Swing Arm dengan suspensi TunggalRem Depan: Wavy Disc BrakeRem Belakang: TromolSistem pengereman: Combi Brake System (CBS)Ukuran Ban Depan: 90/80 – 14M/C 43 P TubelessUkuran Ban Belakang: 100/80 – 14M/C 48P Tubeless.

    Dimensi

    Panjang x lebar x tinggi: 1.918 x 679 x 1.066 mmJarak Sumbu Roda: 1.280 mmTinggi Tempat Duduk: 769 mmJarak Terendah Ke Tanah: 131 mmBerat kosong: 111 kgKapasitas tangki BBM: 5,5 liter.

    Honda Vario 125 juga dilengkapi beberapa fitur seperti panel indikator full digital, jam digital, speedometer, tripmeter, pergantian oli, bagasi 18 liter, USB charger, hingga teknologi Honda Smart Key System.

    (dry/rgr)

  • Touring PCX 160 RoadSync di Bali: Fitur Ini Bikin Nyaman Perjalanan Jauh

    Touring PCX 160 RoadSync di Bali: Fitur Ini Bikin Nyaman Perjalanan Jauh

    Jakarta

    Bukan cuma estetika, Honda PCX 160 RoadSync dirancang dengan berbagai fitur yang membuat perjalanan jauh (touring) menjadi lebih nyaman.

    Sejak diperkenalkan pertama kali pada 2010 lalu, Honda PCX menawarkan tongkrongan bongsor namun tetap punya segitiga ergonomi berkendara yang relaks.

    Penyempurnaan terus dilakukan supaya PCX 160 RoadSync makin bikin nyaman dikendarai sebagai motor harian apalagi diajak touring.

    Pertama soal desain. PCX memposisikan diri sebagai produk yang punya menaikkan gengsi pemiliknya. Kesan mewah yang memikat, begitu kesan kali pertama melihat eksterior terbaru Honda PCX 160 RoadSync. Honda cukup berani memasang cover pada PCX 160 terbarunya. Perubahan tersebut juga menjadikan PCX 160 terasa auranya Honda forza.

    Nah, PT Astra Honda Motor (AHM) mengadakan agenda eksplorasi PCX 160 RoadSync sejauh 193 kilometer di Pulau Dewata. Memasuki hari kedua, karakter jalannya masih sama seperti di hari sebelumnya. Kali ini perjalanannya dari Lovina menuju Ubud.

    Honda PCX 160 RoadSync diajak melewati lalu lintas perkotaan hingga naik turun jalur pegunungan. Tidak ada masalah di sepanjang perjalanan tersebut.

    Berikut ini rangkuman fitur yang berkontribusi pada kenyamanan saat memakai PCX 160 RoadSync:

    Honda RoadSync

    Fitur ini memungkinkan pengendara untuk menghubungkan smartphone dengan panel instrumen motor. Ini memberikan akses mudah ke navigasi, musik, dan panggilan telepon, sehingga pengendara dapat tetap terhubung tanpa harus sering-sering menghentikan perjalanan.

    Berdasarkan pengalaman tim redaksi detikOto, hal sangat berguna untuk perjalanan jauh tanpa harus mengotak-atik handphone.

    Honda PCX 160 RoadSync Foto: Ridwan Arifin

    Belum lagi fitur RoadSync ini bisa digunakan dengan perintah suara. Misalnya tinggal menyebutkan kota tujuan, nantinya peta yang berbasis dari google maps ini akan menunjukkan rute turn by turn pada layar TFT 5 inch.

    Menariknya lagi Honda RoadSync juga memerhatikan aspek keselamatan berkendara di jalan raya. Contohnya, pengaturan RoadSync tidak bisa dilakukan saat motor berjalan.

    Posisi Berkendara Ergonomis:

    Desain PCX 160 RoadSync mengutamakan kenyamanan pengendara dengan posisi berkendara yang relaks dan santai. Jok yang lebar dan empuk juga menambah kenyamanan, terutama saat menempuh perjalanan jauh.

    Honda RoadSync di PCX 160 Foto: Dok. AHM

    Panjang motor ini masih 1.936 mm, lebar 742 mm, dan tingginya 1.123 mm. Sementara untuk tinggi joknya 764 mm dan jarak sumbu roda 1.313 mm. Masih ramah dengan tinggi rata-rata orang Indonesia, kaki pun mudah menapak ke tanah.

    Honda juga melakukan sentuhan baru bagian deknya. Posisi tulang kering jadi tidak menempel dengan dek. Area pijakan kaki juga berubah, sepatu jadi tertutup foot step, tidak lagi menjorok keluar seperti dengan yang dulu. Good job, Honda!

    Suspensi yang Nyaman:

    PCX 160 RoadSync dilengkapi dengan suspensi belakang ganda dengan tabung, yang memberikan redaman yang baik terhadap guncangan jalan. Sebagai gambaran, saat melibas perjalanan di jalan yang tidak rata, masih oke untuk meredam getaran.

    Saat memasuki trek lurus, motor terasa stabil, pun saat meliuk-liuk di rintangan jalan Bedugul Bali, motor terasa nurut dan smooth, tidak ada rasa understeer atau kesan body tertinggal.

    Ban tubeless lebar (110/70-14 di depan dan 130/70-13 di belakang) memberikan daya cengkeram yang kuat di aspal, memungkinkan manuver yang lebih stabil dan presisi.

    Mesin bertenaga untuk dipakai perjalanan jauh

    Berdasarkan pengetesan kami, tenaga yang dimilik PCX 160 terasa pas saat nanjak tipis-tipis di perbukitan maupun melintasi padatnya perkotaan.

    Tarikan awal motor ini memang enteng namun tidak nyentak. Distribusi tenaganya juga merata di putaran bawah. Saat masuk putaran di atas 6.000 rpm masih terasa dorongan tenaga.

    Sistem Pengereman ABS dan HSTC:

    Fitur keselamatan seperti Anti-lock Braking System (ABS) dan Honda Selectable Torque Control (HSTC) memberikan rasa aman dan percaya diri saat berkendara di berbagai kondisi jalan.

    HSTC terutama berguna saat berkendara di jalan licin atau saat melakukan akselerasi.

    Motor dengan akomodasi luas dan kepraktisan yang oke

    PCX 160 RoadSync memiliki kapasitas bagasi yang besar, memungkinkan pengendara untuk membawa barang bawaan yang cukup untuk perjalanan jauh. Hal ini menjadikan pengendara tidak perlu repot repot menambah box tambahan kapasitas bagasinya 30 liter.

    Perlu diketahui Honda PCX 160 untuk semua varian kini punya USB Type-C Charger terbaru, di mana sudah tersedia socket untuk melakukan pengisian

    Kemudian tangki PCX punya kapasitas 8 liter. Dengan konsumsi BBM tembus 40 km per liter, motor ini jarang mampir ke pom bensin.

    Dengan kombinasi fitur-fitur ini, Honda PCX 160 RoadSync menjadi pilihan yang baik untuk pengendara yang mencari skutik yang nyaman dan aman untuk perjalanan jauh.

    (riar/din)

  • Menanti Mobil Hidrogen Toyota Wara-wiri di RI, Jakarta-Surabaya Sekali Isi!

    Menanti Mobil Hidrogen Toyota Wara-wiri di RI, Jakarta-Surabaya Sekali Isi!

    Jakarta

    Toyota punya line up elektrifikasi yang lengkap. Satu hal yang paling menarik adalah hidrogen. Kira-kira, butuh berapa lama lagi mobil hidrogen bisa wara-wiri di Indonesia?

    PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) sudah meresmikan Stasiun Pengisian Bahan Bahar Hidrogen (SPBH) atau Hydrogen Refueling Station (HRS) di pabrik Karawang, Jawa Barat. Ini menjadi stasiun pengisian dengan daya kapasitas mencapai tekanan 700 bar.

    Direktur Jenderal Energi Baru Terbarukan dan Konservasi Energi (EBTKE) Kementerian ESDM, Eniya Listiani Dewi mengapresiasi langkah Toyota dalam mengembangkan SPBH. Eniya berbagi pengalaman saat berada di Jepang, SPBH juga jumlahnya hanya satu, dua unit di Jepang.

    “Kemarin sudah ada peresmian Hydrogen Refueling Station kedua di Indonesia, tekanannya tertinggi saat ini di Indonseia, selamat kepada Toyota kemarin sudah launch di Karawang. Sekarang bapak ibu tidak perlu takut, impor kendaraan Hydrogen dari luar. Di Jakarta ada, di Karawang ada yang sudah bekerja sama Toyota dengan Pertamina, nanti mudah-mudahan makin banyak,” kata Eniya dalam talkshow “Carbon Neutrality (CN) Mobility Event di Gambir Expo, Kemayoran, Jakarta, belum lama ini.

    “Ini sebuah awal. Saat itu saya melihat awal kendaraan hidrogen itu sekitar 2002 di Tokyo. Saat itu juga hanya ada satu dua stasiun pengisian bahan bakar hidrogen di Tokyo, setelah itu bergerak lebih jauh lagi,” tambah dia.

    Pembangunan HRS merupakan hilir dari upaya perusahaan untuk mendorong tenaga hidrogen di Indonesia. Dengan begitu, bisa mendalami feasibility secara teknis, operasional, komersial hingga regulasi.

    Nandi Julyanto selaku Presiden Direktur PT TMMIN mengatakan hidrogen ini menjadi salah satu energi alternatif untuk mencapai net zero emission. Toyota menyajikan beragam pilihan teknologi ramah lingkungan yang bisa diberikan oleh masyarakat Indonesia.

    “Kami sampaikan di sini bahwa no one left behind, prefer BEV silahkan, hybrid silahkan, bahwa tidak ada single solution,” kata Nandi.

    “Banyak solution tergantung dari masing masing daerah, negara. Paling akhir yang memutuskan itu konsumen,” jelasnya lagi.

    Perlu diketahui hidrogen dibedakan dari proses pembuatannya. Sebenarnya hidrogen tidak memiliki warna, tetapi sebagai pembeda, hidrogen diberi warna abu-abu, biru dan hijau.

    Saat ini sebagian besar hidrogen adalah abu-abu. Hidrogen ini bersumber dari bahan bakar fosil seperti gas bumi atau batu bara. Tentu saja masih ada jejak emisi karbon. Selanjutnya hidrogen biru bisa bersumber dari biomass, dan terakhir adalah hidrogen yang benar-benar bersih, yakni hidrogen hijau yang berasal dari air, sebagai hasil reaksi antara hidrogen dan oksigen.

    Indonesia juga punya potensi besar dari hidrogen hijau seperti tenaga surya, air, angin, dan biomassa.

    Menariknya Toyota juga membawa Mirai Gen-2 ke Indonesia. Durasi pengisian tangki hidrogen hingga penuh hanya dalam waktu 3 menit dengan menggunakan 700 Pascal HRS. Tenaga Mirai itu disebut mencapai 182 PS, jarak tempuhnya ikut meningkat menjadi sekitar 850 km.

    “Ini sebuah awal. Saat itu saya melihat awal kendaraan hidrogen itu sekitar 2002 di Tokyo. Saat itu juga hanya ada satu dua stasiun pengisian bahan bakar hidrogen di Tokyo, setelah itu bergerak lebih jauh lagi,” kata Nandi.

    “Kita tidak bisa pastikan (kapan mobil hidrogen bisa terjangkau), pengalaman Jepang saja dari 2002 sampai 2025 masih terbatas di kota-kota besar. Tapi sudah lumayan,” ungkapnya lagi.

    “Tergantung sejauh mana, kalau kita lihat solar panel itu lama. Tapi sekarang langsung cepat banget. Sampai titik itu kapan kita perlu lihat,” jelas dia.

    Cyrillus Harinowo penulis buku Multi-pathway for Car Electrification, yakin hidrogen akan menjadi keniscayaan di Indonesia.

    “Hidrogen ini akan besar, selama ini kalau hidrogen diproduksi gas bumi itu relatif harganya akan lebih mahal,” kata Cyrillus.

    “Waktu hidrogen diproduksi dari air, sumber tenaganya dari solar energi yang makin lama makin murah. Di situlah, hidrogen akan menjadi kompetitif,” kata dia.

    “Menurut hitungan saya 10 tahun ke depan, saya kira kita sudah ada di sana,” ucapnya lagi.

    “Jadi kalau titik itu terjadi. Mobil hidrogen akan berkompetisi dengan mobil listrik.”

    “Di situ yang menariknya, kalau mobil listrik ngecas perlu setengah jam satu jam . Kalau mobil hidrogen dengan 3 menit jos Jakarta-Surabaya,” tutup dia.

    (riar/din)

  • Distribusi Air PDAM di Surabaya Selatan Berpotensi Terdampak, Imbas Pekerjaan Koneksi Pipa

    Distribusi Air PDAM di Surabaya Selatan Berpotensi Terdampak, Imbas Pekerjaan Koneksi Pipa

    Surabaya (beritajatim.com) – Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Surya Sembada melalui akun Instagram resminya mengumumkan bahwa akan ada pekerjaan koneksi pipa yang berdampak pada pasokan air di wilayah Surabaya Selatan.

    Warga diharapkan untuk menampung air sebagai langkah antisipasi menghadapi kemungkinan air mengecil atau bahkan tidak mengalir pada Minggu, 23 Februari 2025, mulai pukul 21.00 WIB hingga selesai (estimasi sekitar enam jam).

    Pekerjaan yang dilakukan PDAM Surya Sembada melibatkan koneksi pipa Out Uprating Karangpilang 1 ke Forwarding Utama Karangpilang I. Proses ini bertujuan untuk meningkatkan kapasitas dan efisiensi distribusi air di Surabaya Selatan dalam jangka panjang.

    Adapun warga di beberapa kelurahan diperkirakan akan mengalami gangguan aliran air. Beberapa daerah yang terdampak antara lain, Warugunung, Sawunggaling, Wiyung, Gunungsari, Lidah Wetan, Jajar Tunggal, Kedurus, Babatan, Pradah Kali, Kendal, dan sekitarnya.

    Bagi warga yang terdampak dan membutuhkan air, PDAM Surya Sembada menyediakan layanan air tangki gratis. Setiap satu tangki dapat digunakan oleh 5-7 kepala keluarga (KK). Warga yang ingin mendapatkan layanan ini dapat menghubungi: Call Center (bebas pulsa 24 jam): 0-800-192-6666 atau WhatsApp Center (Chat Only): 08123316666.

    Untuk pemesanan air tangki gratis, warga diminta untuk berkoordinasi melalui Ketua RT/RW setempat agar pendistribusian dapat berjalan dengan lebih efisien.

    PDAM Surya Sembada meminta masyarakat untuk mempersiapkan tampungan air secukupnya sebelum waktu pekerjaan dimulai guna mengantisipasi gangguan pasokan. Pihak PDAM juga menyampaikan permohonan maaf atas ketidaknyamanan yang terjadi selama proses. {fyi/suf]

  • Mobil Tabrak Truk hingga Terbalik di Tol Jagorawi, Ada Korban Luka

    Mobil Tabrak Truk hingga Terbalik di Tol Jagorawi, Ada Korban Luka

    Jakarta

    Kecelakaan lalu lintas terjadi di Km (kilometer) 29 Tol Jagorawi arah Bogor, Jawa Barat. Sebuah mobil Honda HRV terbalik usai menabrak truk.

    Peristiwa itu terjadi pada hari Sabtu (22/2/2025) sekitar pukul 17.20 WIB tadi. Penumpang Honda HRV mengalami luka-luka akibat kecelakaan.

    “Korban luka satu orang, penumpang kendaraan Hinda HRV bernama NNA (20),” kata Kanit Gakkum Satlantas Polres Bogor Ipda Ferdhyan Mulya.

    Kecelakaan berawal ketika Honda HRV melaju dari arah Jakarta menuju Bogor. Kendaraan bergerak di lajur 1 lalu menabrak bagian belakang truk tangki.

    “Lalu kendaraan Honda HRV terbalik miring roda di atas di antara lajur 2 dan 3, maka terjadi kecelakaan lalu lintas,” jelasnya.

    Ferdhyan mengatakan, korban mengalami luka ringan dan dilarikan ke rumah sakit guna mendapatkan perawatan medis.

    “Korban mengalami luka ringan dibawa ke RS (rumah sakit) Bina Husada Cibinong,” pungkasnya.

    (rdh/maa)

    Hoegeng Awards 2025

    Usulkan Polisi Teladan di sekitarmu

  • Heboh Roket Elon Musk Jatuh dari Langit Semburkan Api, Warga Bingung

    Heboh Roket Elon Musk Jatuh dari Langit Semburkan Api, Warga Bingung

    Jakarta, CNBC Indonesia – Sebuah benda asing jatuh dari angkasa dan menerangi langit di Eropa Utara. Objek tersebut melesat di udara dalam kobaran api pada Rabu (19/2/2025).

    “Saya langsung teringat film fiksi ilmiah di mana benda itu terlihat seperti formasi pasukan yang akan menyerang,” kata Simon Eriksson, seorang pekerja dari Malmo, kepada lembaga penyiaran negara Swedia, dikutip dari BBC, Jumat (21/2/2025).

    Kembang api tersebut ternyata disebabkan oleh roket Space X Falcon 9 yang masuk kembali ke atmosfer Bumi.

    Menurut laporan, penampakan roket itu terlihat di Denmark, Swedia dan Inggris.

    Potongan-potongan roket tersebut kemudian jatuh di Polandia dan kemungkinan mendarat di Ukraina.

    Sekitar pukul 10:00 waktu setempat, warga kaget melihat benda yang wujudnya seperti tangki hangus berukuran sekitar 1,5 meter kali 1 meter di belakang gudangnya di Komorniki, Polandia.

    Puing-puing tersebut tampaknya telah merusak lampu di halaman gudang.

    Borucki menghubungi polisi yang bekerja sama dengan badan antariksa Polandia, Polsa. Pihak berwenang kemudian menetapkan bahwa benda tak dikenal itu adalah puing-puing dari roket Falcon 9, yang diproduksi oleh perusahaan SpaceX milik Elon Musk.

    “Kami sedang menyelidiki bagaimana benda itu bisa berada di lokasi ini, tapi yang terpenting adalah tidak ada yang terluka,” kata juru bicara polisi Andrzej Borowiak.

    Sebuah serpihan serupa ditemukan di sebuah hutan di dekat desa Wiry, Polandia, menurut polisi Polandia.

    Polsa telah mengkonfirmasi bahwa masuknya kembali tahap kedua roket Falcon 9 yang tidak terkendali terjadi antara pukul 04:46 dan 04:48 pada tanggal 19 Februari 2025, di atas Polandia.

    Roket SpaceX Falcon 9 digunakan untuk mengangkut orang dan muatan ke atmosfer Bumi. Roket ini dirancang untuk dapat digunakan kembali.

    Roket yang menciptakan puing-puing ini diluncurkan oleh SpaceX dari Pangkalan Angkatan Udara Vandenberg di California pada 1 Februari.

    “Seharusnya benda ini masuk kembali ke atmosfer Bumi dengan cara yang terkendali dan jatuh ke Samudera Pasifik,” kata ahli astrofisika dari Universitas Harvard, Dr Jonathan McDowell,

    Tapi mesinnya gagal. Dan mereka telah melihatnya mengorbit Bumi selama beberapa minggu terakhir. Ahli bahkan telah mengantisipasi masuknya kembali benda asing ini secara tidak terkendali hari itu.

    “Puing-puing itu melesat di atas Inggris dengan kecepatan sekitar 17.000 mph, kemudian sebagian Skandinavia dan sebagian lagi jatuh di Eropa timur dengan kecepatan beberapa ratus mil per jam.”

    (fab/fab)

  • Spesifikasi Motor Touring Terbaru Honda: Harga Rp 31 Jutaan, Punya Fitur RoadSync

    Spesifikasi Motor Touring Terbaru Honda: Harga Rp 31 Jutaan, Punya Fitur RoadSync

    Jakarta

    Honda Motorcycle & Scooter India (HMSI) resmi meluncurkan motor touring baru, NX200. Dipasarkan dengan harga INR 168.499 (Rp 31,7 juta), ini spesifikasi motor touring bermesin 185 cc tersebut.

    “Kami selalu mendorong batasan inovasi untuk memenuhi permintaan pelanggan yang terus berkembang. All New NX200 adalah perwujudan sempurna, dari komitmen kami untuk menghadirkan sepeda motor yang diinginkan pelanggan kami. Terinspirasi oleh NX500 yang legendaris, NX200 menghadirkan sensasi penjelajahan ke khalayak yang lebih luas, memastikan pengalaman berkendara yang tak tertandingi di setiap perjalanan,” bilang Direktur Penjualan dan Pemasaran HMSI Yogesh Mathur.

    Honda NX200 Foto: Dok. Honda

    Desain

    All New Honda NX200 memiliki desain yang tegas dengan tangki bensin menyambung ke bagian shroud dan juga headlamp. Motor ini sudah menggunakan lampu-lampu full LED, termasuk lampu belakang berbentuk X yang sporty dan modern. New NX200 juga sudah dilengkapi visor tinggi sehingga bisa menghalau angin dari depan. Ada juga engine guard di bagian bawah mesin.Menariknya lagi, motor ini sudah dilengkapi suspensi depan model Upside Down.

    Meski secara keseluruhan desain motor ini modern dan sporty. Kesan India di motor ini masih tampak seperti jok model split, behel ala tanduk termasuk sari guard yang ada pada bagian samping belakang kiri.

    Honda NX200 Foto: Dok. Honda

    Mesin

    Dari aspek dapur pacu, All New Honda NX200 menggunakan mesin 184,4 cc, satu silinder, yang sesuai dengan standar OBD2B yang menghasilkan tenaga 17 PS di 8.500 rpm dan torsi 15,7 Nm pada 6.000 rpm, yang dipasangkan dengan gigi manual 5 percepatan.

    Fitur-fitur

    Honda telah melengkapi All New NX200 dengan layar TFT digital 4,2 inci dengan konektivitas Bluetooth, yang memungkinkan pengendara mengakses navigasi, pemberitahuan panggilan, dan peringatan SMS melalui aplikasi Honda RoadSync. Port pengisian daya USB tipe C menambah fungsionalitas motor ini.

    Honda NX200 Foto: Dok. Honda

    NX200 juga dilengkapi Honda Selectable Torque Control (HSTC) untuk traksi yang lebih baik, Assist & Slipper Clutch untuk perpindahan gigi yang lebih halus, dan ABS saluran ganda untuk meningkatkan kinerja pengereman dan keamanan.

    Pilihan Warna

    Motor ini ditawarkan dalam satu varian dengan tiga corak warna, yakni Athletic Blue Metallic, Radiant Red Metallic, dan Pearl Igneous Black.

    Honda NX200 Foto: Dok. Honda

    (lua/dry)

  • 5 Fungsi Sensor TPS Motor Injeksi, Tanda Kerusakan, dan Perawatannya

    5 Fungsi Sensor TPS Motor Injeksi, Tanda Kerusakan, dan Perawatannya

    Jakarta

    TPS atau Throttle Position Sensor merupakan bagian kecil dari sepeda motor injeksi yang berperan penting agar pengguna nyaman dalam berkendara. Apa saja fungsi sensor TPS? Simak definisi, tanda-tanda kerusakan, hingga cara perawatan sensor TPS berikut ini.

    Apa Itu Sensor TPS?

    Dalam buku Materi Ajar Praktek Tune Up Sepeda Motor 4 Tak Berbasis Kebutuhan Dunia Kerja untuk Siswa SMK oleh Suryo Hartanto dan Handoko dijelaskan, sensor TPS merupakan komponen di dalam throttle body pada sistem bahan bakar injeksi.

    Throttle body yang terletak di antara intake manifold dan filter udara ini merupakan pengatur udara yang masuk ke ruang bakar. Di dalam throttle body ini terdapat komponen throttle valve dan TPS.

    Throttle valve fungsinya adalah sebagai sistem buka tutup saluran utama yang akan dilalui udara ke throttle body. Sedangkan sensor TPS adalah sensor dari sistem electronic fuel injection (EFI) yang fungsinya sebagai pendeteksi bukaan dari throttle valve dengan memanfaatkan potensiometer.

    Fungsi Sensor TPS

    Berdasarkan situs Suzuki Surya Batara Mahkota, berikut ini 5 fungsi sensor TPS:

    1. Mengirim Sinyal Pergeseran Katup

    Fungsi sensor TPS yang pertama adalah mengirimkan sinyal terkait pergeseran katup, agar penggunaan bensin pada mesin bisa teratur dan seimbang. Posisinya yang menjadi satu dengan body throttle berfungsi agar katup gas memiliki sudut bukaan yang tepat.

    Saat katup bergeser, maka sensor akan mengirimkan sinyal ke perangkat Electronic Control Unit (ECU), kemudian diproses dan terjadi suplai atau injeksi BBM ke dalam ruang bakar.

    2. Mengoreksi Rasio Udara dan BBM

    Sensor TPS juga berfungsi untuk mengoreksi rasio atau perbandingan campuran bahan bakar dan udara. Saat katup gas terbuka penuh, maka akselerasi meningkat, lalu bahan bakar yang dibutuhkan turut meningkat.

    Sebaliknya, BBM yang dibutuhkan berkurang jika katup hanya terbuka sedikit, sehingga akselerasi ikut menurun. Dengan demikian, jumlah udara dan bahan bakar yang masuk harus seimbang agar tenaga yang dihasilkan sempurna.

    3. Menginformasikan Kondisi Kendaraan

    Sensor TPS memberikan informasi mode dan kondisi kendaraan. Perubahan kondisi katup pada throttle body akan menandakan perbedaan akselerasi, apakah terbuka penuh, setengah, atau menutup penuh.

    Misalnya ketika katup terbuka penuh, maka akselerasi akan meningkat. Saat katup tertutup penuh artinya mesin mati. Sedangkan katup yang terbuka setengah menunjukkan kondisi mesin sedang berada di putaran menengah.

    4. Memberikan Kontrol pada Fuel Cut

    Fungsi sensor TPS selanjutnya adalah mengontrol fuel cut atau kerja dari injektor. Pada saat sensor TPS memberi sinyal bahwa katup gas terbuka, maka injektor akan menyala dalam waktu lebih lama. Namun jika TPS memberikan sinyal bahwa katup gas terbuka sedikit, maka injektor akan menyala sebentar.

    5. Menghentikan Switch AC dan Kontrol Emisi

    Terakhir, fungsi sensor TPS adalah untuk mematikan switch AC dan kontrol emisi. Saat beban sudah berlebihan, switch AC akan otomatis mati otomatis, sehingga tenaga dapat bekerja lebih maksimal. Maka performa mesin tetap terjaga.

    Tanda Sensor TPS Mulai Rusak

    Sensor TPS bisa rusak karena faktor usia, kotor, maupun masalah lain. Ketika sensor TPS mulai rusak, maka akan menunjukkan tanda-tanda. Berikut ini beberapa tanda sensor TPS mulai rusak yang dikutip dari situs Honda Cengkareng:

    Saat gas motor ditambah, mesin tidak responsif.Malfunction Indicator Lamp (MIL) pada motor akan berkedip sebanyak 8 kali sebagai tanda kinerja TPS mesin sedang bermasalah.Ketika mesin dinyalakan atau dipanaskan, rpm bisa naik dengan sendirinya.Tarikan gas menjadi bersuara sangat kasar saat gas ditambah maupun diturunkan.Perawatan Sensor TPS

    Sensor TPS merupakan bagian dari throttle body yang tidak boleh sembarangan dibuka atau dibersihkan. Perawatan untuk sensor TPS harus dilakukan menyeluruh dengan throttle body.

    Berikut beberapa hal yang membutuhkan perawatan:

    Pada tahap awal, throttle body bisa dibersihkan dengan menggunakan bensin atau cairan carburator cleaner, kemudian dibersihkan menggunakan kuas. Cairan tersebut dapat merontokan kotoran atau debu.Gunakan injector cleaner dengan cara menuangkannya ke dalam tangki ataupun langsung menyemprot ke bagian throttle body.Bersihkan pula bagian injektor motor, karena kotoran mungkin masuk ke dalam lubang injektor dan menyebabkan mampet.Lakukan servis lengkap secara berkala di bengkel resmi. Petugas akan mengecek secara menyeluruh, termasuk throttle body beserta sensor TPS.

    Itulah 5 fungsi sensor TPS motor beserta tanda kerusakan dan perawatannya. Hal ini penting diketahui agar detikers tetap nyaman dalam berkendara. Untuk lebih mudahnya, detikers bisa melakukan servis rutin di bengkel terpercaya.

    (bai/row)