kab/kota: Tangki

  • Toyota GR Yaris Terbaru Meluncur, Harga Rp 500 Jutaan

    Toyota GR Yaris Terbaru Meluncur, Harga Rp 500 Jutaan

    Jakarta

    Toyota resmi meluncurkan GR Yaris versi terbaru untuk pasar Jepang. Hot hatch yang dikenal dengan performa buasnya ini kini mendapatkan sejumlah pembaruan signifikan, baik dari sisi teknis maupun kenyamanan berkendara.

    Salah satu perubahan terbesar ada di sektor transmisi. Toyota kini menyempurnakan transmisi otomatis GR Direct 8-percepatan, yang sebelumnya sudah dikenalkan sebagai opsi alternatif dari versi manual 6-percepatan.

    Transmisi otomatis GR Yaris 2026 kini diklaim makin responsif saat dipakai berkendara agresif. Rentang putaran mesin diperluas memungkinkan perpindahan dari gigi dua ke gigi satu, baik dalam mode otomatis maupun lewat paddle shift.

    Toyota GR Yaris 2026 mendapatkan pembaruan di sistem transmisi otomatisnya Foto: Dok. Toyota

    Selain itu, perpindahan gigi kini juga diklaim lebih cepat dan terasa lebih presisi, terutama saat mendekati redline di mode Sport. Menariknya, sistem transmisi otomatis baru ini juga bisa menunda perpindahan gigi tinggi saat tanjakan, demi menjaga tenaga tetap optimal.

    Dari aspek mesin, tak ada perubahan pada jantung pacu GR Yaris. Tetap mengandalkan mesin 1.6 liter 3-silinder turbo G16E-GTS yang kini menghasilkan tenaga 304 PS dan torsi 400 Nm. Sistem penggerak AWD GR-Four juga tetap dipertahankan, dengan distribusi torsi yang bisa diatur sesuai mode berkendara, normal: 60:40, gravel: 50:50, dan track: variabel 60:40 hingga 30:70.

    Di luar pembaruan sistem transmisi otomatis, Toyota juga memperkenalkan komponen yang terdengar sepele tapi berpengaruh besar, yaitu baut khusus sasis. Ya, komponen kecil ini disebut-sebut bisa meningkatkan kekakuan bodi, sehingga GR Yaris lebih stabil di jalur lurus dan lebih responsif saat menikung. Dampaknya terasa sampai ke suspensi, yang kini ikut disesuaikan agar makin nyaman dan presisi.

    Toyota GR Yaris 2026 menggunakan baut khusus pada sasis Foto: Dok. Toyota

    Selanjutnya, bagian power steering elektrik juga mendapat tuning ulang. Kali ini, Toyota melibatkan pebalap Kazuya Oshima dari tim Rookie Racing yang berlaga di Super GT dan Super Formula. Hasilnya, setir GR Yaris 2026 diklaim terasa lebih linear dan natural.

    Tak ketinggalan, Toyota juga mengumumkan versi produksi dari Aero Performance Package, yang terinspirasi dari mobil balap. Paket part ini terdiri dari kap mesin aluminium dengan lubang ventilasi, ventilasi spatbor depan dan bemper belakang, sayap belakang (rear wing) besar yang bisa diatur, penutup tangki bahan bakar aerodinamis, serta spoiler depan.

    Nah, soal harga, varian RZ akan dijual sekitar 4.480.000 yen (Rp 523 juta), sementara varian RZ High Performance dijual 4.980.000 yen atau setara Rp 581,5 juta. Jika ingin memilih opsi transmisi otomatis, maka ada biaya tambahan sekitar 350.000 yen atau sekira Rp 40,8 juta.

    Toyota GR Yaris 2026 Foto: Dok. Toyota

    (lua/dry)

  • Pertamina jatuhkan sanksi kepada SPBU diduga curang di Denpasar

    Pertamina jatuhkan sanksi kepada SPBU diduga curang di Denpasar

    Denpasar (ANTARA) –

    PT Pertamina Patra Niaga menjatuhkan sanksi berupa penghentian pengiriman sementara seluruh produk bahan bakar minyak (BBM) kepada salah satu pengelola SPBU di Denpasar, Bali, karena diduga melakukan kecurangan.

    “Kami apresiasi kepolisian terkait penindakan pelaku kriminal yang melakukan kecurangan dalam penyaluran BBM,” kata Manager Komunikasi, Relasi dan CSR Pertamina Patra Niaga Wilayah Jawa Timur, Bali dan Nusa Tenggara (Jatimbalinus) Ahad Rahedi di Denpasar, Bali, Jumat.

    SPBU tersebut memiliki nomor identitas/registrasi 54.801.32 yang berlokasi di Jalan Gunung Soputan Nomor 29, Pemecutan Kelod, Denpasar Barat yang mendapat hukuman sementara itu terhitung mulai Jumat ini hingga 10 Mei 2025.

    Menurut dia, penghentian pengiriman tersebut untuk memudahkan petugas kepolisian melakukan penyelidikan.

    Aparat kepolisian sebelumnya telah memasang garis polisi pada salah satu dispenser pengisian bahan bakar minyak (BBM) jenis pertamax.

    Pihaknya melalui tim penjualan ritel area Bali telah memeriksa kamera pengawas (CCTV) di SPBU tersebut dan ditemukan pada Kamis (3/4) pukul 06.50 WITA, mobil tangki BBM membawa 16 kiloliter pertalite.

    Ia menjelaskan dari kamera pengawas itu terlihat oknum awak mobil tangki melakukan pembongkaran BBM tanpa pengawas dari SPBU terkait.

    BUMN minyak dan gas bumi itu juga memasang spanduk informasi bahwa SPBU itu dalam pembinaan, sembari menunggu hasil penyidikan lebih lanjut dari kepolisian.

    Ahad menambahkan SPBU juga wajib melakukan beberapa perbaikan dalam aspek operasional dan pelayanan BBM kepada konsumen.

    “Kami mendukung sepenuhnya upaya serta langkah kepolisian dalam mengawal pendistribusian BBM khususnya BBM bersubsidi,” ucap Ahad.

    Pewarta: Dewa Ketut Sudiarta Wiguna
    Editor: Zaenal Abidin
    Copyright © ANTARA 2025

  • 7 Tips Merawat Motor yang Jarang Dipakai, Jangan Sampai Rusak!

    7 Tips Merawat Motor yang Jarang Dipakai, Jangan Sampai Rusak!

    Jakarta

    Motor yang jarang digunakan bukan berarti tidak perlu perawatan. Mesin dan body motor tetap harus dirawat untuk menjaga kondisi kendaraan ini tetap prima serta mampu bekerja maksimal.

    Proses perawatan motor jarang digunakan hampir sama dengan kendaraan yang menemani aktivitas tiap hari. Sebagai catatan, motor yang didiamkan begitu saja tanpa perawatan berisiko rusak.

    Tips Merawat Motor yang Jarang Digunakan

    Dilansir dari situs Astra Otoshop, berikut ini sejumlah tips menyimpan sepeda motor yang jarang dipakai agar tetap sehat dan nyaman digunakan:

    1. Bersihkan Sepeda Motor

    Jika motor tidak dipakai dalam jangka waktu lama, maka bersihkan dulu motor tersebut sebelum disimpan. Cucilah sepeda motor secara menyeluruh agar debu dan sisa bahan kimia bisa hilang. Jangan lupa keringkan dengan lap untuk mencegah korosi.

    2. Lakukan Perawatan Mesin

    Tetap lakukan servis secara berkala, misalnya satu atau dua bulan sekali. Komponennya akan dicek sekaligus akan dilakukan pelumasan di bagian tertentu untuk mencegah korosi. Jangan lupa untuk memanaskan mesin untuk mencegah pengentalan cairan.

    3. Pilih Tempat Penyimpanan

    Pilihlah tempat penyimpanan yang kering atau tidak lembap, sehingga motor tetap terlindungi dari cuaca ekstrem. Selain itu, lokasi penyimpanan motor sebaiknya memiliki ventilasi dan cukup teduh untuk menghindari paparan langsung sinar matahari.

    4. Jaga Aki Tetap Penuh

    Aki motor tetap harus penuh meski tidak sering digunakan dalam kehidupan sehari-hari. Detikers bisa menggunakan pengisi baterai agar daya tetap penuh selama penyimpanan. Detikers juga bisa mempertimbangkan pelepasan klem baterai atau menggunakan pemutus sirkuit untuk mencegah pengurasan daya.

    5. Penuhi Tangki Bahan Bakar

    Pastikan pula untuk memenuhi tangki bahan bakar. Tangki yang kosong lebih berisiko mengalami korosi, karena proses kondensasi di dalamnya. Hal ini juga dapat merusak kualitas bahan bakar.

    Bahan bakar yang tidak berkualitas bisa menimbulkan endapan atau kerak di dalam karburator atau injektor. Endapan atau kerak yang dibiarkan berisiko menyebabkan kerja mesin tidak maksimal.

    6. Pastikan Kualitas dan Kuantitas Oli

    Oli juga harus dipastikan selalu berada pada batas yang direkomendasikan. Sebelum ditinggal pergi, motor sebaiknya diganti oli terlebih dahulu. Selain masalah kuantitas, kualitas oli juga membuat komponen bisa terjaga lebih optimal.

    7. Cek Kondisi Ban

    Terakhir, periksa tekanan udara pada ban secara berkala. Pastikan tekanan udaranya sesuai dengan rekomendasi pabrikan. Lebih aman menggunakan standar tengah agar ban tidak mendapatkan tekanan berat.

    Nah, dengan tips merawat motor di atas, maka kendaraan yang jarang dipakai bisa tetap awet. Jangan sampai motor rusak karena jarang dipakai, karena biaya penanganan kerusakannya bisa lebih mahal.

    (bai/row)

  • BPH Migas minta revitalisasi Pelabuhan Pulau Baai dipercepat

    BPH Migas minta revitalisasi Pelabuhan Pulau Baai dipercepat

    BPH Migas telah menyampaikan surat kepada Ditjen Perhubungan Laut untuk mendorong percepatan revitalisasi pelabuhan Indonesia tersebut.

    Jakarta (ANTARA) – Badan Pengatur Hilir Minyak dan Gas Bumi (BPH Migas) meminta kepada PT Pelabuhan Indonesia untuk mempercepat revitalisasi dan pengerukan alur pelayaran di wilayah Pelabuhan Pulau Baai, sebab menjadi kendala untuk memasok bahan bakar minyak (BBM).

    “BPH Migas telah menyampaikan surat kepada Ditjen Perhubungan Laut untuk mendorong percepatan revitalisasi pelabuhan Indonesia tersebut,” ujar Direktur Bahan Bakar Minyak BPH Migas Sentot Harijady dalam penutupan posko nasional di BPH Migas, Jakarta, Jumat.

    Sentot menyampaikan bahwa pendangkalan di kawasan tersebut menjadi perhatian khusus pada bidang BBM selama pelaksanaan posko Ramadhan dan Idul Fitri (RAFI) 1446 Hijriah Tahun 2025.

    Kejadian gagal pasok BBM ke fuel terminal (FT) Pulau Baai, Bengkulu disebabkan oleh pendangkalan di jalur masuk ke dermaga wilayah Pelabuhan Pulau Baai.

    PT Pertamina Patra Niaga mengantisipasi pasokan bahan bakar minyak (BBM) di Bengkulu dari tiga terminal, yakni Teluk Kabung, Lubuk Linggau, dan Panjang, menyusul pendangkalan alur Pelabuhan Pulau Baai.

    Pelaksana Tugas (Plt) Direktur Utama Pertamina Patra Niaga Mars Ega Legowo Putra mengatakan pendangkalan alur Pelabuhan Pulau Baai, Bengkulu, mendorong Pertamina Patra Niaga segera melakukan mitigasi dengan mengambil langkah proaktif untuk memastikan ketersediaan BBM di Bengkulu.

    “Dalam jangka pendek, pasokan BBM akan dipenuhi dari beberapa lokasi, termasuk Teluk Kabung, Lubuk Linggau, dan Panjang,” ujarnya dalam keterangannya di Jakarta, Minggu (30/3).

    Ega menegaskan pentingnya keamanan dan keselamatan dalam setiap langkah yang diambil.

    Meskipun ada tantangan dalam distribusi akibat pendangkalan alur Pelabuhan Pulau Baai, namun Pertamina tetap berkomitmen untuk memastikan pasokan BBM tidak terputus.

    Menurut Ega, dengan adanya koordinasi yang baik dan langkah-langkah yang tepat, diharapkan ketersediaan BBM akan tetap stabil selama periode mendatang, terutama menjelang momen penting seperti Idul Fitri.

    Selain itu, Pertamina juga berupaya menambah mobil tangki untuk memasok BBM SPBU di wilayah Bengkulu.

    Pewarta: Putu Indah Savitri
    Editor: Budisantoso Budiman
    Copyright © ANTARA 2025

  • Cilandak Timur jadi kelurahan di Jaksel yang bebas BAB sembarangan

    Cilandak Timur jadi kelurahan di Jaksel yang bebas BAB sembarangan

    Jakarta (ANTARA) – Pemerintah Kota Administrasi Jakarta Selatan mendeklarasikan kawasan Cilandak Timur, Pasar Minggu, menjadi kelurahan di wilayah tersebut yang bebas buang air besar (BAB) sembarangan (open defecation free/ODF).

    “Kita deklarasi kelurahan ini menjadi kelurahan ke-12 yang sudah bebas ODF atau tidak ada yang BAB sembarangan,” kata Wali Kota Jakarta Selatan Munjirin dalam Deklarasi ODF di Jakarta, Jumat.

    Munjirin mengatakan, tangki septik telah dibangun di 26 lokasi dengan biaya dari masyarakat sekitar kawasan tersebut.

    Dia mengapresiasi kesadaran warga yang sebelumnya membuang kotoran ke kali, kini sudah beralih ke tangki septik rumah masing-masing.

    “Saya harap semua kelurahan yang belum bebas itu saya minta semuanya untuk agar bebas. Diharapkan semuanya sudah mulai mencicil,” ujarnya.

    Tangki septik yang dibangun di kawasan bebas BAB sembarangan di Cilandak Timur, Jakarta, Jumat (11/4/2025). ANTARA/HO-Kominfotik Jakarta Selatan/am.

    Ada 11 kelurahan di Jakarta Selatan yang dinyatakan bebas BAB sembarangan, yaitu Lebak Bulus, Melawai, Pulo, Selong, Senayan, Cikoko, Petukangan Selatan, Guntur, Karet Semanggi, Setiabudi dan Pondok Labu.

    Tercatat 266 Rukun Warga (RW) di Jakarta Selatan telah dinyatakan bebas BAB sembarangan.

    Untuk mencapai target Jakarta Selatan bebas BAB sembarangan, unsur kesehatan bersinergi dengan pihak lainnya termasuk swasta akan terus menggencarkan edukasi kepada masyarakat agar tidak membuang limbah langsung ke kali atau sungai.

    Terkait kendala di lapangan, di Jakarta Selatan (Jaksel) masih terdapat rumah-rumah penduduk yang berada di bantaran kali atau sungai. Hal itu menyulitkan pengadaan lahan untuk mereka dalam membuat tangki septik.

    Diharapkan nantinya dengan tidak lagi membuang kotoran atau limbah ke kali atau sungai. Tentunya selain memberikan dampak terhadap kelestarian lingkungan, juga dapat membantu menekan angka stunting.

    Pewarta: Luthfia Miranda Putri
    Editor: Sri Muryono
    Copyright © ANTARA 2025

  • Titiek Puspa dan Fiat 1300 yang Bikin Heboh

    Titiek Puspa dan Fiat 1300 yang Bikin Heboh

    Jakarta

    Perjalanan hidup ‘The Real Diva’ Titiek Puspa ibarat roller coaster. Ia pernah dinista sebagian masyarakat dan nyaris dipenjara gara-gara membeli mobil bekas, Fiat 1300, milik Gubernur Bank Indonesia Teuku Jusuf Muda Dalam. Begini kisahnya.

    Suatu hari di pertengahan 1966, seorang perempuan menghampiri kediaman penyanyi kondang, Titiek Puspa. Dia menawarkan mobil-mobil bekas Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Gerakan Nonblok yang akan dijual murah. Pemiliknya adalah Gubernur Bank Indonesia Teuku Jusuf Muda Dalam (TJMD).

    Karena memang sedang butuh, tanpa pikir panjang Titiek pun langsung menemui TJMD di kantornya. “Mobilnya sedikit rusak, tapi bisa diperbaiki sebentar saja di bengkel,” kata TJMD saat negosiasi seperti tertuang dalam ‘A Legendary Diva’ karya Alberthiene Endah yang diterbitkan Gramedia pada 2008.

    Karena ada pengakuan soal kondisi mobil yang tidak sempurna, Titiek pun menawar di bawah separuh harga yang ditawarkan. Ternyata deal! Mobil langsung dibawa dan dimasukkan ke bengkel untuk diperbaiki. Ia sama sekali tak memperhitungkan kondisi politik nasional yang tengah panas-panasnya.

    Titiek Puspa kemudian terkena imbasnya. Mobilnya di bengkel dirampas para mahasiswa yang berdemontrasi. Sejurus kemudian aparat hukum menyelidiki pembelian mobil tersebut. Mereka berasumsi, sebagai pesohor Titiek mendapatkannya sebagai hadiah. Bahkan yang lebih sadis lagi, rumors berkembang cepat seolah Titiek Puspa mendapatkan mobil karena telah menjadi perempuan simpanan TJMD yang kala itu memang dikenal playboy. Gosip tersebut menjadi headline di sejumlah media massa.

    Ia syok, depresi. Apalagi kemudian setiap pulang sekolah kedua putrinya, Petty Tunjungsari dan Ella yang masih duduk di bangku SD dan TK, menangis karena dibully teman-temannya.

    Dalam persidangan Mahkamah Militer pada 1966, di gedung Badan Perencana Pembangunan Nasional (Bappenas) Jakarta, Titiek yang berusia 29 tahun menjawab: “Saya membeli dengan harga 40 juta rupiah atau empat puluh ribu rupiah uang baru.”

    “Bukannya mobil itu dikasihkan pada Anda,” hakim tetap mencecar.

    “Bukan, Pak. Saya sudah bayar separuh, tapi kalau jadi perkara ya sudah ambil saja deh, saya ikhlas…” jawab Titiek disambut riuh pengunjung persidangan. Beberapa belas menit kemudian, majelis hakim memutuskan untuk melepaskan Titiek dari segala tuduhan.

    Fiat 1300 atau yang dalam bahasa Italia disebut milletrecento menjadi model yang paling populer di Indonesia. Sesuai dengan namanya, Fiat 1300 dibekali mesin dengan konfigurasi 4 silinder OHV 8 valve dengan sebuah karburator berkapasitas 1.300cc. Tenaga yang dihasilkan 60Hp pada 5.000Rpm dan torsi 93Nm pada 3.200Rpm. Untuk menggerakkan roda belakang, digunakan transmisi manual 4 percepatan yang tuasnya berada di kolom setir.

    Fiat 1300 dirancang oleh Mario Boano yang juga mendesain mobil-mobil seperti Lancia Aurelia, Alfa Romeo 2500 CC, Karmann Ghia dan Ferrari 166 Berlinetta sebelum akhirnya bergabung ke dalam studio desain internal Fiat yang bernama Centro Stille di Turin, Italia. Ciri khas dari desain Fiat 1300 ini, tulis mobilmotorlama.com, adalah lis chrome yang mengelilingi sekujur bodi di mana dari garis lis ini kemudian dilakukan extrude membentuk bodi mobil.

    Bagian-bagian aksesorinya juga cukup unik. Misalnya saja wiper depan memakai model ganda membuka dari dalam, tuas verneling di kolom setir, lampu mundur ada di sisi kanan sementara bulatan di sisi kiri sebagai lubang pengisian tangki BBM, spion bawaan tidak ada dan sudah dilengkapi dengan sabuk pengaman meski hanya untuk pengemudi dan penumpang depan.

    (jat/rgr)

  • Kasus BBM Tercampur Air di Klaten, 12 Kendaraan Mogok, 2 Oknum Dipecat hingga Polisi Tetapkan 1 Tersangka
                
                    
                        
                            Regional
                        
                        11 April 2025

    Kasus BBM Tercampur Air di Klaten, 12 Kendaraan Mogok, 2 Oknum Dipecat hingga Polisi Tetapkan 1 Tersangka Regional 11 April 2025

    Kasus BBM Tercampur Air di Klaten, 12 Kendaraan Mogok, 2 Oknum Dipecat hingga Polisi Tetapkan 1 Tersangka
    Tim Redaksi
    KLATEN, KOMPAS.com
    – SPBU 44.574.29 Trucuk, Klaten, Jawa Tengah ditutup sampai batas waktu yang tidak ditentukan terkait kasus BBM Pertalite tercampur air.
    Peristiwa itu terjadi pada Selasa (8/4/2025), setelah ada laporan konsumen atau warga kendaraan mogok setelah mengisi BBM Pertalite diduga tercampur air.
    Ada 12 kendaraan yakni empat mobil dan delapan sepeda motor mogok setelah mengisi BBM tercampur air.
    Kasat Reskrim Polres Klaten Iptu Taufik Frida Mustofa mengatakan, telah melakukan pengecekan usai adanya laporan warga yang kendaraannya mogok setelah mengisi BBM Partalite diduga tercampur air.
    “Itu kami cek yang pertama di tempat pengisian tersebut atau SPBU memang riil dari keluaran token dari SPBU tersebut terdapat tercampur dengan zat lain dari BBM perlaite tersebut,” kata Taufik kepada wartawan di Klaten, Jawa Tengah, Selasa.
    Pihaknya juga mengatakan mengecek kendaraan mogok yang dibawa ke bengkel. Dari pengecekan itu tangki BBM kendaraan tersebut diduga tercampur air.
    “Kami cek kendaraan yang mogok di bengkel memang di dalam tangkinya juga terdapat campuran yang sama halnya keluar dari token SPBU tersebut,” tambahnya.
    Polisi kemudian menyelidiki dan meminta kepada SPBU tidak menjual BBM Pertalite yang diduga tercampur air.
    Dalam penyelidikan tersebut polisi juga melibatkan Pertamina Patra Niaga.
    Investigasi internal yang dilakukan Pertamina mengungkap adanya pelanggaran operasional yang dilakukan oleh oknum awak mobil tangki (AMT) dan kelalaian petugas SPBU dalam mendistribusikan produk Pertalite ke SPBU tersebut.
    “Dari investigasi, didapati adanya pelanggaran prosedur operasional yang dilakukan secara sengaja oleh oknum AMT dan kelalaian oknum petugas SPBU yang mengakibatkan adanya kandungan air pada BBM yang dijual di SPBU,” ujar Taufiq Kurniawan, Area Manager Communication, Relations, & CSR Pertamina Patra Niaga Regional Jawa Bagian Tengah, dalam keterangannya pada Rabu (9/4/2025).
    Oknum AMT yang terlibat dalam pelanggaran ini berinisial MJW dan Y.
    Keduanya telah diberikan sanksi tegas berupa pemecatan setelah terbukti melakukan pelanggaran.
    Selain itu, petugas SPBU yang terlibat juga telah dinonaktifkan.
    Taufiq menambahkan bahwa kedua oknum tersebut telah diserahkan kepada Polres Klaten untuk proses hukum lebih lanjut.
    “Kami mendukung proses hukum yang dilakukan Polres,” ungkap Taufiq.
    Berdasarkan pemeriksaan pelaku baru pertama kali melakukan aksinya.
    Pelaku diduga sengaja mengurangi isi tangki BBM dan memasukkan sekitar 4.000 liter air ke dalam tangki berkapasitas 24.000 liter. Adapun aksi tersebut untuk keuntungan pribadi pelaku.
    Polisi telah menetapkan satu tersangka kasus BBM Pertalite tercampur air di SPBU 44.574.29 Trucuk.
    Tersangka merupakan sopir dari awak mobil tangki (AMT) BBM.
    “Saat ini sudah kami tetapkan satu orang tersangka inisial M dan kami tahan di Rutan Mapolres,” kata Kasat Reskrim Polres Klaten, Iptu Taufik Frida Mustofa, Kamis (10/4/2025).
    Pihaknya masih mendalami beberapa orang terkait kasus BBM tercampur air tersebut.
    “Mohon doanya cepat tuntas semuanya,” kata dia.
    Polisi juga masih mendalami motif pelaku sengaja mengganti BBM tersebut dengan air.
    “Ini masih kami dalami terkait motifnya. Intinya dia menuangkan BBM tersebut di suatu tempat dan digantikan dengan air,” ungkap Taufik.
    Copyright 2008 – 2025 PT. Kompas Cyber Media (Kompas Gramedia Digital Group). All Rights Reserved.

  • Tiongkok Kembangkan Tangki Penyimpanan Besi Tahan Karat untuk Dongkrak Produksi Roket – Page 3

    Tiongkok Kembangkan Tangki Penyimpanan Besi Tahan Karat untuk Dongkrak Produksi Roket – Page 3

    Liputan6.com, Jakarta – Teknologi yang berasal dari Tiongkok kian berkembang dan kian dilirik oleh banyak pihak di belahan dunia. Tiongkok juga banyak membangun banyak hal “yang pertama” di dunia.

    Laporan terbaru dari Tiongkok mengungkapkan, negara ini telah berhasil mengembangkan tangki penyimpanan roket baja tahan karat berdiameter besar pertama dengan lebar 5 meter.

    Mengutip Gizchina, Jumat (11/4/2025), proyek ini merupakan bagian dari penelitian China Aerospace Science and Tech Group Ltd. Proyek ini menandai adanya peningkatan besar dalam kemampuan aerospace Tiongkok.

    Adapun hal ini jadi prestasi yang akan membantu Tiongkok menyelesaikan tugas-tugas teknik penting di masa mendatang.

    Sekadar informasi, tangka penyimpanan roket merupakan salah satu elemen penting dalam pembuatan roket.

    Institut Penelitian Teknologi Kendaraan Peluncuran Tiongkok mengungkapkan, tangki-tangki ini membentuk lebih dari setengah struktur roket baik dari massa maupun volume.

    Saat ini, ada banyak misi roket yang direncanakan dan tiap misi memiliki kebutuhan spesifiknya sendiri. Ukuran muatan dan spesifikasi roket tidak sama untuk tiap misi.

    Perubahan ini berarti, tiap roket Tiongkok akan dikembangkan untuk misinya sendiri dan ini memakan waktu lebih dari enam bulan dan setidaknya tiga putaran pengujian yang ketat.

    Benda asing jatuh dari angkasa di wilayah Kalimantan Barat. Benda tersebut diduga puing-puing roket milik China.

  • India Beli 26 Jet Tempur Rafale-Marine dari Prancis: Hadapi Ancaman China di Samudra Hindia – Halaman all

    India Beli 26 Jet Tempur Rafale-Marine dari Prancis: Hadapi Ancaman China di Samudra Hindia – Halaman all

    India Beli 26 Jet Tempur Rafale-Marine dari Prancis: Upaya Saingi China di Samudra Hindia
     
    TRIBUNNEWS.COM – Pemerintah India dilaporkan telah menyetujui pembelian 26 jet tempur Rafale-Marine dari Prancis untuk digunakan oleh Angkatan Lautnya.

    Pembelian jet-jet ini disebutkan sebagai langkah India memperkuat kemampuan pertahanan maritimnya guna menghadapi meningkatnya ancaman di Samudra Hindia, terutama dari Tiongkok.

    “Perjanjian pembelian senilai US$7,6 miliar (RM33,4 miliar), termasuk sistem persenjataan dan pasokan suku cadang, diharapkan akan ditandatangani dalam beberapa minggu mendatang, setelah persetujuan diberikan oleh Komite Keamanan Kabinet India, yang diketuai oleh Perdana Menteri Narendra Modi,” tulis laporan DSA, Kamis (10/4/2025).

    Perjanjian ini diharapkan akan ditandatangani ketika Menteri Pertahanan Prancis Sebastien Lecornu mengunjungi India dalam waktu dekat,
      
    Dari 26 unit, sebanyak 22 jet tempur Rafale-Marine satu kursi (varian Angkatan Laut) akan bertugas di kapal induk India, INS Vikrant dan INS Vikramaditya.

    Adapun empat jet tempur Rafale-B dua kursi lainnya ditujukan untuk tujuan pelatihan.

    Rafale B tidak dirancang untuk operasi berbasis kapal induk dan diharapkan digunakan untuk pelatihan berbasis darat.

    “Periode pengiriman semua jet tempur itu adalah antara 37 hingga 65 bulan setelah perjanjian pembelian ditandatangani oleh kedua belah pihak,” kata laporan tersebut.

    KAPAL INDUK INDIA – Kapal induk INS Vikrant milik militer India. Negara tersebut dilaporkan membeli jet-jet tempur Rafael untuk beroperasi dengan kapal induknya guna menyaingi dominasi China di Samudera Hindia.

    Modernisasi 36 Jet Rafale Lain

    Angkatan Laut India saat ini mengoperasikan dua kapal induk — INS Vikramaditya, yang dibeli dari Rusia, dan INS Vikrant, yang dibangun di dalam negeri dan ditugaskan pada September 2022.
     
    Juga termasuk dalam perjanjian yang akan ditandatangani antara pemerintah India, Prancis dan produsen pesawat tempur Dassault Aviation adalah program untuk memodernisasi dan meningkatkan kemampuan 36 pesawat tempur Rafale yang sudah beroperasi di Angkatan Udara India.

    India memperoleh 36 jet tempur Rafale untuk angkatan udaranya setelah menandatangani kontrak pada tahun 2016.

    Angkatan Laut India akan memperoleh pesawat tempur Rafale Marine untuk menggantikan pesawat tempur MiG-29K dan MiG-29KUB yang saat ini dioperasikan oleh skuadron INAS 300 “White Tigers” dan INAS 303 “Black Panthers”.

    India memiliki sekitar 45 unit pesawat tempur MiG-29K yang dioperasikan oleh Angkatan Laut India.

    MiG-29K terutama digunakan untuk operasi dari kapal induk INS Vikramaditya dan INS Vikrant , meskipun telah ada laporan tentang masalah keandalan dan pemeliharaan dalam beberapa tahun terakhir — di antara faktor-faktor yang mendorong India untuk memperoleh Rafale M sebagai pesawat tambahan untuk armada kapal induknya.

    BUATAN PRANCIS – Jet tempur pabrikan Dassault Rafale M dari Prancis. India menjadi satu di antara negara yang mengandalkan jet tempur ini untuk menjaga keamanan negaranya.

    Kebijakan Make in India

    Sementara itu,  Dassault Aviation  dilaporkan sedang mengevaluasi kemungkinan membangun fasilitas perakitan akhir di India untuk mendukung pesanan potensial di masa mendatang dan sejalan dengan inisiatif “Make in India” negara tersebut.

    Kebijakan “Make in India” menetapkan bahwa 60 persen senjata yang dibeli harus diproduksi di India.

    India sebelumnya memperoleh 36 jet tempur Rafale untuk  Angkatan Udara India  melalui kontrak yang ditandatangani pada tahun 2016, dengan pengiriman penuh akan selesai pada tahun 2022.

    Pesanan tambahan untuk Angkatan Udara India saat ini sedang dipertimbangkan sebagai bagian dari upaya modernisasi militer negara yang sedang berlangsung.

    Dengan memperhitungkan pesanan baru dari  India , total pesanan tertunda Dassault Aviation untuk jet tempur Rafale kini mencapai 256 pesawat, termasuk 190 untuk pelanggan internasional dan 56 untuk Angkatan Udara Prancis.

    Pada tingkat produksi saat ini, yang direncanakan akan ditingkatkan menjadi tiga pesawat per bulan, perusahaan diperkirakan membutuhkan waktu sekitar tujuh tahun untuk memenuhi seluruh pesanan yang ada.

    Mirip dengan Angkatan Udara India (IAF), Angkatan Laut India juga telah memutuskan untuk meningkatkan pesawat tempur ini dengan beberapa perbaikan tambahan untuk meningkatkan kemampuan dan kesesuaiannya di lingkungan operasional angkatan laut negara tersebut.

    Peningkatan tersebut meliputi Helmet Mounted Display baru yang dipasang pada helm serta perubahan perangkat lunak dalam mode udara-ke-laut untuk memungkinkan Rafale-M mendarat di kapal induk India.

    Selain itu, peningkatan kemampuan interferensi dan kompatibilitas elektromagnetik (EMI dan EMC) juga akan dilakukan, meliputi Interferensi Elektromagnetik (EMI) dan Kompatibilitas Elektromagnetik (EMC), altimeter radio yang lebih baik, serta umpan frekuensi tinggi baru.

    BUATAN PRANCIS – Jet tempur pabrikan Dassault Rafale M dari Prancis. India menjadi satu di antara negara yang mengandalkan jet tempur ini untuk menjaga keamanan negaranya.

    Spesifikasi Jet Dassault Rafale M

    Berikut ini adalah spesifikasi teknis utama untuk Dassault Rafale M (Rafale-M) , varian khusus pesawat tempur Rafale yang dirancang untuk beroperasi di kapal induk :
     
    Spesifikasi Teknis Rafale M (Rafale Marine)

    Produsen: Dassault Aviation, Prancis

    Tipe: Jet tempur multiperan – versi marinir
     
    Dimensi & Desain

    Panjang: 15,3 meter

    Lebar sayap: 10,9 meter

    Tinggi: 5,3 meter

    Berat kosong: 10.600 kg

    Berat lepas landas maksimum (MTOW): 24.500 kg

    Performa

    Mesin: 2 x turbofan Snecma M88-2

    Kecepatan maksimum: Mach 1.8 (sekitar 2.222 km/jam)

    Jarak operasi (radius tempur): ~1.850 km

    Jangkauan maksimum (jangkauan feri dengan tangki tambahan): ~3.700 km

    Ketinggian operasi maksimum: 50.000 kaki (15.240 meter)

    Kecepatan pendakian: ~60.000 kaki/menit

    Kemampuan Operasional Kelautan

    Desain khusus untuk operasi di dek kapal induk (peluncuran ketapel dan pemulihan kait penahan)

    Struktur yang diperkuat untuk ketahanan terhadap korosi laut dan benturan pendaratan yang keras

    Roda pendaratan depan diperkuat untuk peluncuran ketapel

    Mampu beroperasi dalam kondisi cuaca laut yang ekstrim
     
    Avionik & Sistem Misi

    Radar utama: Thales RBE2 AESA (Active Electronically Scanned Array)

    Sistem peperangan elektronik: SPECTRA (Système de Protection et d’Évitement des

    Conduites de Tir du Rafale) – sistem peperangan elektronik yang sangat canggih

    Tampilan yang dipasang pada helm (HMD): Didukung

    Sistem komunikasi & tautan data : Untuk operasi jaringan dengan platform lain termasuk AEW, kapal, dan drone
     
    Persenjataan
     
    Stasiun gantung: 14 (termasuk 2 di ujung sayap)

    Senjata Udara-ke-Udara:

    MBDA MICA (IR dan RF)

    Meteor (Di Luar Jangkauan Visual – BVR)

    Senjata Udara-ke-Darat:

    SCALP-EG (rudal jelajah)

    Palu AASM (amunisi pintar berpemandu GPS/laser)

    Senjata Udara-ke-Laut:

    AM39 Exocet (antikapal)

    Kemungkinan integrasi dengan senjata lain seperti torpedo ringan atau rudal antikapal baru

    Lainnya:

    Meriam internal GIAT 30mm

    Tangki bahan bakar eksternal (tangki jatuh)

     
    Fitur Spesial untuk Ocean Domination

    Mampu melaksanakan superioritas air , serangan maritim , pengawasan , pengawalan , dan penindasan pertahanan udara musuh (SEAD)

    Mampu melakukan operasi malam dan segala cuaca
     
    Catatan Tambahan

    Rafale M telah diuji dan terbukti mampu mendarat dan lepas landas dari kapal induk India INS Vikrant , menjadikannya kandidat utama untuk armada kapal induk India.

    Ia juga digunakan secara aktif oleh Angkatan Laut Prancis (Marine Nationale) dari kapal induk Charles de Gaulle.

     

     

    (oln/dsa/*)

  • Kecelakaan Tanki Pertashop di Madiun: Pertamina Pastikan Pasokan BBM Aman

    Kecelakaan Tanki Pertashop di Madiun: Pertamina Pastikan Pasokan BBM Aman

    Madiun (beritajatim.com) -PT Pertamina Patra Niaga menyampaikan permohonan maaf atas insiden kecelakaan lalu lintas yang melibatkan mobil tangki BBM Pertashop berkapasitas 5 KL dengan sebuah mobil dump truck. Kecelakaan tersebut terjadi pada tanggal 8 April 2025, pukul 15.00 WIB di Jalan Raya Kajang, Kabupaten Madiun, Jawa Timur.

    Pertamina Patra Niaga memastikan penyaluran produk BBM tetap berjalan lancar dan tepat waktu.

    “Kami manajemen Pertamina Patra Niaga Jatimbalinus melalui Fuel Terminal Madiun telah berkoordinasi dengan pihak terkait dalam penanganan kecelakaan tersebut,” beber Ahad Rahedi, Area Manager Comm, Rel & CSR PT Pertamina Patra Niaga Jatimbalinus.

    Mengenai penyebab kecelakaan, dikonfirmasi pada saat di Jalan Raya Kajang dengan kecepatan estimasi 22 km/jam dengan kondisi jalan ramai lancar, mobil tangki (MT) berpaspasan dengan dump truck yang secara tiba-tiba menghindari kendaraan roda dua yang pindah jalur sehingga mobil tangki tidak bisa menghindari dump truck yang masuk ke jalur mobil tangki sehingga terjadi tabrakan antara MT dan dump truck.

    Ketika terjadi kecelakaan telah langsung dilaksanakan isolasi area kecelakaan dengan melapor ke Satlantas setempat, pengaturan lalu lintas dan evakuasi serta evaluasi mobil tanki dan awaknya. Dalam insiden laka lantas ini tidak terdapat korban jiwa. Awak mobil tangki (AMT) dan supir dump truck langsung dibawa ke Rumah Sakit terdekat (RS Sudono) untuk mendapatkan penanganan medis segera. Dapat disampaikan, hasil evaluasi kondisi mobil tangki maupun awaknya dalam kondisi fit untuk bekerja.

    Dilaporkan terkini (9/4/2025), kondisi AMT 1 saat ini dalam kondisi sadar dan tidak ada keluhan apapun, hanya pelipis dahi sebelah kanan telah selesai dioperasi karena terkena pecahan kaca dan untuk kondisi AMT 2 dalam keadaan sehat walafiat. Sementara supir dump truck kondisi sehat dan sudah kembali ke rumah.

    “Untuk penanganan insiden ini juga telah dilaksanakan mediasi damai antara pemilik MT dengan pemilik dump truck dan proses pengurusan pengeluaran barang bukti (unit MT & dump truck) di Polres akan dilaksanakan (10/4/2025) pagi sesuai arahan dari pihak Polres setempat (Madiun),” tandasnya.[rea]