kab/kota: Tangki

  • Masjid Ramah Lingkungan, Menjaga Bumi Lewat Pendekatan Agama – Halaman all

    Masjid Ramah Lingkungan, Menjaga Bumi Lewat Pendekatan Agama – Halaman all

    Gerakan lingkungan yang diinisiasi oleh kelompok-kelompok agama kian meningkat di Indonesia, salah satunya oleh masjid. Salah satu masjid yang menerapkan konsep ramah lingkungan adalah Masjid Baitul Makmur, Cikarang, Bekasi, Jawa Barat.

    Masjid Baitul Makmur berhasil menghemat air dengan keran khusus dan mendaur ulang bekas air wudu. Ketua Dewan Kemakmuran Masjid Baitul Makmur, Muhammad Suhapli, menyampaikan penggunaan keran khusus ini diklaim dapat menghemat penggunaan air wudu hingga 75 persen. Kok bisa ya?

    Tidak kekurangan air berkat daur ulang air wudu

    “Kami uji coba dengan membandingkan dua anak santri untuk berwudu bersamaan. Yang satu menggunakan keran air hemat air yang satu tidak, lalu kami timbang. Dari situ kami bisa mengetahui ternyata bisa menghemat sampai 75 persen air,” ujar Suhapli.

    “Air bekas wudunya itu mengalir dari paralon itu masuk ke tangki penampungan. Di dalamnya ini ada filter dari batu alam dan juga ijuk. Setelah itu, ditampung lagi di toren air besar ini. Setelah toren air ini penuh, kita alirkan ke atas, ke toren besar di lantai tiga. Air hasil daur ulang ini dapat digunakan untuk ternak lele, menyiram tanaman, dan membuat kompos.”

    Tak hanya itu, Masjid Baitul Makmur juga memiliki sumur resapan untuk menjaga debit air tanah.

    “Air hujan yang melimpah juga bekas mencuci perabot-perabot masjid misalnya, itu ditampung juga di sumur resapan. Jadi got kita hampir tidak terpakai. Karena kami menggunakan sistem air resapan, kami tidak pernah kekurangan (air) walaupun musim kering.”

    Ayo berlangganan gratis newsletter mingguan Wednesday Bite. Recharge pengetahuanmu di tengah minggu, biar topik obrolan makin seru!

    Masjid ini mulai menerapkan konsep masjid ramah lingkungan pada tahun 2019 saat Majelis Ulama Indonesia (MUI) mengenalkan program EcoMasjid. Mengutip laman ecomasjid.id, program ini bertujuan menjadikan masjid sebagai tempat beribadah yang memiliki kepedulian terhadap hubungan timbal balik antara makhluk hidup dan lingkungan, serta menjadikan masjid sebagai pusat gerakan lingkungan hidup berkelanjutan.

    Eco Edu Park dan sedekah sampah

    Gerakan lingkungan semacam ini memang meningkat pesat di Indonesia dalam 20 tahun terakhir. Menurut riset oleh Pusat Pengkajian Islam dan Masyarakat (PPIM) Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah Jakarta tahun 2024, terdapat 192 organisasi atau komunitas lingkungan berbasis keagamaan di Indonesia, termasuk Islam.

    Riset ini menggunakan istilah Green Islam untuk menyebut gerakan lingkungan yang mendukung pelestarian alam dengan menggunakan prinsip-prinsip yang bersumber dari ajaran Islam. Pelestarian alam tersebut salah satunya dilakukan melalui masjid ramah lingkungan atau EcoMasjid.

    Penerapan masjid ramah lingkungan di Masjid Baitul Makmur juga dibarengi dengan edukasi kepada masyarakat sekitar.

    “Kami menjelaskan apa yang ada di Eco Edu Park, seperti proses daur ulang air wudu dan pemanfaatannya, beragam tanaman hidroponik, tempat sampah terpilah, gerakan, proses pembuatan kompos, usia terurai sampah plastik dan menjawab pertanyaan-pertanyaan lingkungan lainnya,” ucap Suhapli. Ia juga menambahkan kalau nantinya Eco Edu Park akan dilengkapi dengan rumah edukasi pilah sampah.

    Tak hanya itu, Masjid Baitul Makmur juga mengajak jemaah mengumpulkan sampah yang masih punya nilai jual, seperti botol plastik dan minyak jelantah untuk dijual kembali. Ini bertujuan untuk mengurangi sampah yang dibuang ke Tempat Pembuangan Akhir (TPA).

    “Kita mengajak para jemaah untuk membawa sampah yang ada nilai ekonomisnya dari rumah. Hasil penjualan ini nanti kita gunakan sebagai bantuan biaya operasional buat membiayai anak-anak santri kita yang jumlahnya kurang lebih 450 anak, juga membantu pembiayaan pengadaan panel surya.”

    Potensi masjid sebagai sarana edukasi lingkungan

    Menurut data yang dilansir Kementerian Agama tahun 2024, terdapat sebanyak 308.435 masjid yang tersebar di seluruh Indonesia. Angka ini belum mencakup musala yang jumlahnya mencapai 376.469 unit.

    Dengan jumlah ini, Direktur Riset PPIM UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, Iim Halimatusa’diyah, menyebut masjid berpotensi besar untuk menjadi sarana menumbuhkan kesadaran lingkungan di masyarakat.

    “Sebagai negara yang mayoritas penduduknya muslim, lebih dari 80 persen, dan masjid di Indonesia yang jumlahnya banyak sekali, saya kira itu potensi yang sangat besar untuk bisa menumbuhkan kesadaran publik muslim di Indonesia terkait isu lingkungan ini karena aspek kesadaran terkait isu lingkungan itu masih PR besar dalam konteks Indonesia… Tokoh agama dan institusi keagamaan masjid bisa berperan sangat strategis untuk mengampanyekan isu-isu kontemporer, termasuk isu lingkungan,” kata Iim.

    Namun, Iim menilai bahwa perlu sosialisasi untuk meningkatkan kesadaran masyarakat untuk menerapkan konsep ramah lingkungan, termasuk penggunaan air bekas wudu yang telah didaur ulang.

    “Salah satu caranya adalah dengan reinterpretasi fikih yang lebih progresif dan lebih mengakomodasi terkait isu lingkungan, publik akan bisa menerima itu juga. Misalnya daur ulang itu harus seperti apa yang boleh dipakai kembali untuk menyucikan,” ujar Iim.

  • Nyaman buat di Dalam Kota, Asyik Diajak Touring

    Nyaman buat di Dalam Kota, Asyik Diajak Touring

    Jakarta

    Honda PCX 160 kini semakin canggih dengan fitur Roadsync yang nggak cuma gimik. Pembaruan Honda PCX 160 yang bisa dibilang total kali ini memberikan kenikmatan berkendara, baik untuk di dalam kota maupun perjalanan touring jarak jauh.

    Kali ini detikOto kembali melakukan pengujian terhadap Honda PCX 160 Roadsync. Motor yang sudah dibekali teknologi canggih dari lahir ini membuat perjalanan kami selama beberapa hari terasa nyaman dan menyenangkan.

    Buat gambaran aja, Honda PCX 160 Roadsync ini jadi trim tertinggi dari keluarga Honda PCX. Harganya mulai dari Rp 40.901.000 on the road Jakarta per April 2025.
    Berikut ulasan lengkap soal Honda PCX 160 Roadsync terbaru yang kami tes selama beberapa hari.

    Desain Semakin Keren

    Honda PCX 160 Roadsync mendapat desain baru. Tampilan terbaru dari Honda PCX 160 ini semakin terkesan mewah. Mulai dari sorotan lampunya yang tegas, lekuk bodinya yang tampak premium, hingga penyematan cover di setang. Aura Honda Forza yang mewah sudah terasa di Honda PCX 160 terbaru ini.

    Ototest Honda PCX 160 RoadSync Foto: Dok. 20detik

    PCX 160 RoadSync memiliki kapasitas bagasi yang besar, memungkinkan pengendara untuk membawa barang bawaan yang cukup untuk perjalanan jauh. Hal ini menjadikan pengendara tidak perlu repot repot menambah box tambahan. Kapasitas bagasinya 30 liter. Itu sudah sangat cukup untuk menyimpan helm full face, jaket, sarung tangan, dan jas hujan yang kami bawa.

    Ototest Honda PCX 160 RoadSync Foto: Dok. 20detik

    Dan yang lebih praktis lagi, Honda PCX 160 untuk semua varian kini punya USB Type-C Charger terbaru. Jadi, udah nggak perlu lagi adaptor tambahan buat ngecas gadget kita.

    Kemudian tangki PCX punya kapasitas 8 liter. Dengan tangki bensin yang besar ditambah keiritan khas mesin Honda, motor ini jadi jarang mampir ke pom bensin.

    Fitur Roadsync Bukan Cuma Gimik

    Salah satu fitur pintar yang disematkan Honda pada PCX 160 adalah Roadsync. Mungkin banyak yang skeptis kalau fitur itu cuma gimik dari Honda. Tapi nyatanya, fitur itu sangat membantu kami saat berkendara di dalam perkotaan maupun saat touring jarak jauh.

    Fitur ini memungkinkan pengendara untuk menghubungkan smartphone dengan panel instrumen motor. Ini memberikan akses mudah ke navigasi, musik, dan panggilan telepon, sehingga pengendara dapat tetap terhubung tanpa harus sering-sering menghentikan perjalanan untuk mengecek HP.

    Ototest Honda PCX 160 RoadSync Foto: Dok. 20detik

    Belum lagi fitur RoadSync ini bisa digunakan dengan perintah suara. Misalnya tinggal menyebutkan kota tujuan, nantinya peta yang berbasis dari Google Maps ini akan menunjukkan rute turn by turn pada layar TFT 5 inch. Tapi memang belum ada peta digital yang tergambar di spidometernya. Navigasi pada fitur Roadsync menampilkan tanda panah untuk menunjukkan arah setiap belokan yang dituju. Meski begitu, fitur itu sudah sangat membantu kok, karena navigasinya sudah sangat presisi.

    Posisi Berkendara yang Nyaman

    Keunggulan dari Honda PCX 160 sejak awal lahir adalah kenyamanannya. Honda PCX 160 RoadSync mengutamakan kenyamanan pengendara dengan posisi berkendara yang relaks dan santai. Jok yang lebar dan empuk juga menambah kenyamanan.

    Ototest Honda PCX 160 RoadSync Foto: Dok. 20detik

    Motor ini memiliki dimensi panjang 1.936 mm, lebar 742 mm, dan tingginya 1.123 mm. Sementara untuk tinggi joknya 764 mm dan jarak sumbu roda 1.313 mm. Saya yang punya tinggi badan 178 cm masih sangat nyaman mengendarai motor ini. Begitu pun rider lain yang tidak setinggi saya, masih bisa menapakkan kaki ke tanah. Bisa dibilang, motor ini masih cocok untuk dikendarai orang Indonesia kebanyakan.

    Ototest Honda PCX 160 RoadSync Foto: Dok. 20detik

    PCX 160 RoadSync dilengkapi dengan suspensi belakang ganda dengan tabung. Suspensi belakang itu sukses memberikan redaman yang baik terhadap guncangan jalan. Perjalanan jadi tambah nyaman.

    Mesin Bertenaga tapi Tetap Irit

    Sebagai gambaran, Honda PCX 160 Roadsync mengadopsi mesin 157 cc eSP+, 4 katup, 1 silinder, SOHC. Mesin itu bisa memuntahkan tenaga maksimal hingga 11,8 kW di 8.500 rpm dengan torsi puncak 14,7 Nm di 6.500 rpm.

    Buat perkotaan sih mesin itu sudah lebih dari cukup. Untuk diajak stop and go, mesin 157 cc dengan eSP+ pada Honda PCX 160 Roadsync masih sangat responsif, terutama dari tarikan bawah ke menengah.

    detikOto juga pernah mencoba membawa motor ini touring di Bali. Tanjakan, turunan, jalan menikung hingga hujan-hujanan di Bali, mesin PCX 160 masih tetap memberikan respons yang baik selama digeber di sana.

    Fitur ISS pada Honda PCX 160 RoadSync Bikin Tambah Irit. Foto: Dok. 20detik

    Di sisi lain, mesin Honda PCX 160 itu juga masih tetap irit, khas mesin motor-motor Honda. Apalagi ada fitur Idling Stop System (ISS) yang bisa bikin mesin mati saat berhenti di tengah kemacetan, sehingga tidak ada bensin yang terbuang jika berhenti karena macet atau di lampu merah. Kalau waktunya harus jalan, tinggal buka gas motor udah bisa langsung nyala lagi.

    Berdasarkan layar MID pada motor PCX 160 yang kami bawa di jalanan Jakarta, rata-rata konsumsi bahan bakarnya lebih dari 40-an km/liter. Ya sudah terbilang irit lah untuk motor dengan mesin 160 cc.

    ABS dan HSTC Bikin Tambah Aman

    Fitur lain yang membuat kami lebih pede mengendarai Honda PCX 160 adalah Anti-lock Braking System (ABS) dan Honda Selectable Torque Control (HSTC). Mau berkendara di tengah hujan sekalipun kami tidak khawatir motor ini kehilangan grip bannya karena sudah dijamin oleh ABS dan HSTC yang berguna saat berkendara di jalan licin atau saat melakukan akselerasi.

    (rgr/din)

  • Sewa Mobil di Thailand Jangan Buru-Buru, Begini Tipsnya

    Sewa Mobil di Thailand Jangan Buru-Buru, Begini Tipsnya

    YOGYAKARTA – Thailand adalah negara di Asia Tenggara yang menjadi destinasi wisata dengan menawarkan pengalaman perjalanan yang tak terlupakan. Kemudian salah satu cara terbaik untuk menjelajahi negeri Gajah Putih adalah dengan menyewa mobil. Nah, untuk sewa mobil di Thailand sebaiknya Anda memahami beberapa hal berikut.

    Artikel ini hadir untuk memandu Anda melalui proses tersebut, memberikan tips dan trik agar perjalanan Anda berjalan lancar dan menyenangkan, tanpa ada kejutan yang tidak diinginkan.

    Hal yang Perlu Diperhatikan Sewa Mobil di Thailand

    Dilansir dari laman seafancarrental, berikut ini beberapa hal penting ketika menyewa mobil di Thailand:

    Persyaratan Surat Izin Mengemudi

    Untuk menyewa mobil di Thailand, Anda memerlukan surat izin mengemudi yang sah dari negara asal Anda. Namun, sangat disarankan (dan terkadang diwajibkan oleh perusahaan penyewaan) untuk juga memiliki Surat Izin Mengemudi Internasional (SIM Internasional atau IDP).

    Dokumen ini menerjemahkan lisensi Anda ke dalam berbagai bahasa, termasuk bahasa Thai, dan dapat sangat membantu jika Anda dihentikan oleh polisi.

    Batasan Usia dan Pengalaman Mengemudi

    Sebagian besar perusahaan penyewaan mobil di Thailand mengharuskan pengemudi berusia minimal 21 tahun, meskipun beberapa mungkin menetapkan usia minimum 23 atau 25 tahun.

    Selain itu, Anda mungkin perlu memiliki surat izin mengemudi setidaknya selama satu tahun. Untuk itu, jika Anda berusia di bawah 25 tahun, bersiaplah untuk potensi biaya tambahan pengemudi muda.

    Baca juga artikel yang membahas Waktu Terbaik Liburan ke Thailand, Pertimbangkan Bulan dan Musimnya

    Asuransi sangat penting saat menyewa mobil di Thailand. Asuransi dasar biasanya termasuk dalam harga sewa, tetapi ini sering kali disertai dengan biaya kelebihan (deductible) yang tinggi.

    Pertimbangkan untuk membeli cakupan tambahan untuk mengurangi atau menghilangkan biaya kelebihan tersebut. Ada baiknya juga untuk memeriksa apakah asuransi perjalanan atau kartu kredit Anda menawarkan asuransi penyewaan mobil.

    Thailand mengikuti sistem Inggris, jadi Anda akan mengemudi di sisi kiri jalan. Ini bisa menjadi tantangan jika Anda terbiasa mengemudi di sisi kanan, jadi luangkan waktu untuk membiasakan diri sebelum berkendara di jalanan yang ramai.

    Ingat juga bahwa kursi pengemudi berada di sisi kanan mobil, berarti Anda akan membutuhkan sedikit penyesuaian.

    Peraturan Lalu Lintas dan Kondisi Jalan

    Lalu lintas di Thailand bisa sangat kacau, terutama di kota-kota besar seperti Bangkok. Maka bersiaplah untuk sepeda motor yang menyalip di antara lalu lintas, perubahan jalur yang tiba-tiba, dan pejalan kaki yang menyeberang di mana saja.

    Di daerah pedesaan, jalan bisa sempit, dan Anda mungkin akan bertemu dengan hewan ternak atau kendaraan yang bergerak lambat. Maka selalu mengemudi secara defensif dan tetap waspada.

    Batas kecepatan di Thailand umumnya 60 km/jam (37 mph), kemudian di kota-kota dan 90-120 km/jam (56-75 mph). Namun, batas kecepatan mungkin tidak selalu ditandai dengan baik, jadi perhatikan rambu-rambu.

    Bahan Bakar dan Stasiun Pengisian Bahan Bakar

    Stasiun pengisian bahan bakar banyak ditemukan di kota-kota dan di sepanjang jalan raya utama, tetapi bisa jarang di daerah terpencil.

    Sebagian besar stasiun akan memberikan layanan penuh, yang berarti petugas akan mengisi tangki Anda.

    Pembayaran biasanya dilakukan dengan uang tunai, meskipun beberapa stasiun menerima kartu kredit. Sebaiknya bawa sejumlah baht Thailand untuk bahan bakar dan pengeluaran lainnya, terutama di daerah pedesaan.

    Parkir di Thailand bisa menjadi rumit, terutama di daerah perkotaan yang padat. Untuk itu, cari tempat parkir yang ditentukan, yang sering ditandai dengan warna biru atau putih.

    Di beberapa daerah, Anda mungkin perlu membayar parkir dengan membeli tiket dari mesin atau petugas. Hindari parkir di zona merah atau kuning, karena mobil Anda bisa diderek atau dikunci.

    Selain sewa mobil di thailand, ikuti artikel-artikel menarik lainnya juga ya. Ingin tahu informasi menarik lainnya? Jangan ketinggalan, pantau terus kabar terupdate dari VOI dan follow semua akun sosial medianya! 

  • Jenazah Bergelimpangan dalam Serangan Terbaru AS di Hodeidah Yaman, Israel Cegat Rudal Houthi – Halaman all

    Jenazah Bergelimpangan dalam Serangan Terbaru AS di Hodeidah Yaman, Israel Cegat Rudal Houthi – Halaman all

    Jenazah Bergelimpangan dalam Serangan AS di Yaman, Israel Cegat Rudal Houthi

    TRIBUNNNEWS.COM – Serangan udara AS yang menargetkan pelabuhan minyak Ras Isa di provinsi Hodeidah Yaman Kamis malam dilaporkan menewaskan sedikitnya 58 orang, termasuk lima pekerja kesehatan, saluran TV Al-Masirah milik kelompok Houthi melaporkan Jumat (18/4/2025).

    TV Al-Masirah melaporkan kalau 126 orang lainnya terluka dalam serangan udara AS tersebut.

    Laporan juga menyatakan kalau angka tersebut masih awal karena operasi penyelamatan masih terus berlanjut di lokasi tersebut.

    Laporan TV Al-Masirah mengatakan, “Musuh, Amerika melancarkan empat serangan udara di wilayah Ras Isa,” tanpa menyebutkan target pasti atau akibat dari serangan tersebut.

    Saluran TV Al Masirah yang berafiliasi dengan Houthi menyiarkan rekaman akibat serangan udara AS tersebut, yang memperlihatkan jenazah-jenazah korban bom bergelimpangan di lokasi.

    DIBOM AMERIKA – Tangkapan layar dari video yang dirilis oleh TV al-Masirah yang dikelola Houthi menunjukkan api dan asap mengepul dari pelabuhan bahan bakar Ras Isa setelah serangan udara AS, di provinsi pelabuhan Hodeidah, Yaman, 18 April 2025.

    AS Sebut Serangan Targetkan Tangki Bahan Bakar

    Komando Pusat AS (CENTCOM) mengatakan dalam sebuah pernyataan kalau mereka telah menghancurkan pelabuhan bahan bakar yang menyuplai kegiatan kelompok yang mereka labeli sebagai organisasi teroris tersebut.

    “Hari ini, pasukan AS mengambil tindakan untuk menghilangkan sumber bahan bakar bagi Houthi yang didukung Iran dan merampas pendapatan ilegal yang telah mendanai upaya Houthi untuk meneror seluruh wilayah selama lebih dari 10 tahun,” tulis pernyataan CENTCOM di platform X.

    Operasi tersebut, kata AS, bertujuan untuk melemahkan kekuatan ekonomi Houthi dan bukan untuk merugikan rakyat Yaman.

    “Kelompok Houthi yang didukung Iran menggunakan bahan bakar untuk mendukung operasi militer mereka, sebagai senjata kendali, dan untuk mendapatkan keuntungan ekonomi dari penggelapan keuntungan impor. Bahan bakar ini harus dipasok secara sah kepada rakyat Yaman,” katanya.

    Tim pertahanan sipil dan penyelamatan terus berupaya memadamkan api di pelabuhan dan menyelamatkan yang terluka setelah serangan.

    Presiden AS Donald Trump mengatakan bulan lalu bahwa ia telah memerintahkan “tindakan militer yang tegas dan kuat” terhadap kelompok Houthi dan kemudian mengancam akan “memusnahkan mereka sepenuhnya.”

    Kelompok Houthi telah menargetkan kapal-kapal yang melewati Laut Merah dan Laut Arab, Selat Bab al-Mandab, dan Teluk Aden sejak November 2023 sebagai bentuk solidaritas dengan warga Palestina di Jalur Gaza, tempat lebih dari 51.000 orang tewas dalam serangan brutal Israel selama lebih dari 18 bulan.

    Kelompok tersebut menghentikan serangan ketika gencatan senjata di Gaza diumumkan pada bulan Januari antara Israel dan kelompok perlawanan Palestina Hamas tetapi melanjutkannya setelah Israel memperbarui serangan udara di daerah kantong itu bulan lalu.

    Adapun Houthi sebelumnya mengumumkan kalau sembilan serangan udara AS menargetkan Kegubernuran Al Bayda di Yaman tengah dan Kegubernuran Sana’a di utara.

    Serangan udara ini merupakan bagian dari serangkaian serangan harian intensif yang dilancarkan oleh pesawat AS terhadap wilayah kekuasaan Houthi selama lebih dari sebulan.

    RUDAL HOUTHI YAMAN – Foto ini diambil dari Telegram Houthi pada Kamis (20/3/2025), memperlihatkan dua rudal hipersonik Palestine 2 diluncurkan ke dua target militer musuh Zionis di Jaffa yang diduduki pada 19 Desember 2024. Pada Selasa (19/3/2025), Houthi kembali meluncurkan rudal balistik Palestine 2 ke Jaffa. (Telegram Houthi)

    Israel Cegat Rudal dari Yaman

    Serangan AS ini tampaknya langsung dibalas Houthi dengan meluncurkan rudal mereka ke wilayah pendudukan Israel.

    Tentara Israel (IDF) pada Jumat (18/4/2025) pagi mengumumkan kalau mereka telah mencegat rudal yang ditembakkan dari Yaman setelah sirene serangan udara diaktifkan di sebagian besar wilayah Israel tengah.

    Serangan balasan Houthi langsung ke Israel ini kembali menjadi bukti lemahnya efektivitas bombardemen AS ke Yaman dalam melemahkan kelompok tersebut.

    Sebagai catatan, operasi pengeboman militer AS di Yaman telah menghabiskan biaya hampir 1 miliar dolar AS atau setara Rp 16,5 triliun dalam waktu kurang dari tiga minggu, menurut narasumber yang diwawancarai CNN. 

    Narasumber itu mengatakan, bombardemen AS ke Yaman tersebut hanya menyebabkan ‘dampak terbatas’ pada kemampuan Angkatan Bersenjata Yaman (YAF) yang dipimpin kelompok Ansarallah (Houthi).

    Diluncurkan pada 15 Maret, serangan-serangan AS ke Yaman tersebut mengandalkan amunisi presisi mahal seperti rudal Tomahawk, JASSM, JSOW, pesawat pengebom B-2 dari Diego Garcia, dan sejumlah kapal induk serta jet tempur tambahan. 

    Meski demikian, YAF terus mampu meluncurkan rudal balistik dan jelajah serta pesawat nirawak, termasuk menjatuhkan sedikitnya 17 pesawat nirawak canggih MQ-9 AS – yang masing-masing seharga 30 juta dolar AS.

    Pejabat Pentagon mengakui, meskipun beberapa lokasi militer dan kepemimpinan Yaman menjadi sasaran pengeboman, negara tersebut masih memiliki persediaan senjata yang signifikan dan bunker yang dibentengi. 

    Satu sumber mencatat kemampuan Yaman yang berkelanjutan untuk menyerang kapal-kapal di Laut Merah dan menghindari kerusakan.

    “Mereka (militer AS0 telah merebut beberapa lokasi, tetapi itu tidak memengaruhi kemampuan Houthi untuk terus menembaki kapal-kapal di Laut Merah atau menembak jatuh pesawat nirawak AS,” kata salah satu sumber yang diberi pengarahan tentang operasi tersebut. 

    “Sementara itu, kami sedang mempersiapkan diri—amunisi, bahan bakar, dan waktu pengerahan.”

    Angkatan bersenjata Yaman mulai menargetkan kapal-kapal yang terkait dengan Israel di Laut Merah pada November 2023 sebagai respons atas genosida Israel terhadap warga Palestina di Gaza.

    AS dan Inggris kemudian melancarkan operasi militer terhadap Yaman atas nama Israel.

    Biaya Operasi Militer Membengkak, Amunisi Menipis

    Biaya operasi yang tinggi telah menimbulkan kekhawatiran di Kongres AS. 

    Pentagon mungkin akan segera meminta dana tambahan untuk melanjutkan operasi tersebut.

    Perubahan dalam otorisasi serangan—beralih dari model era Biden yang mengharuskan persetujuan Gedung Putih—telah memberi para komandan lebih banyak fleksibilitas, yang menggemakan kebijakan dari masa jabatan pertama Donald Trump. 

    Penasihat Keamanan Nasional Mike Waltz merujuk pada pembunuhan seorang operator pesawat nirawak senior Yaman, yang menunjukkan pendekatan serangan yang lebih luas.

    Sementara itu, para pejabat di Komando Indo-Pasifik AS telah menyatakan kekhawatirannya atas menipisnya amunisi jarak jauh seperti JASSM, yang mereka anggap penting untuk potensi konflik di Pasifik, termasuk melawan Tiongkok.

    Seorang pejabat pertahanan menepis kekhawatiran ini, dan menekankan kesiapan dan ketepatan sasaran yang berkelanjutan.

    Operasi ini diperkirakan akan terus berlanjut hingga serangan Yaman terhadap kapal-kapal yang terkait dengan Israel di Laut Merah berhenti.

    LEPAS LANDAS – Tangkap Layar Khaberni, Minggu (23/3/2025) yang menunjukkan jet tempur Amerika Serikat (AS) lepas landas dari Kapal Induk USS Harry S Truman yang berada di Laut Merah. AS dibantu Inggris, melancarkan serangan udara besar-besaran ke Yaman dengan dalih menghancurkan infrastruktur Houthi yang memblokade Laut Merah sebagai bentuk dukungan terhadap Palestina atas agresi Israel. (khaberni/tangkap layar)

     

    (oln/khbrn/anews/*)

     
     

  • Polda Kalsel Gagalkan Penyalahgunaan 1.310 Liter BBM Solar Bersubsidi di HSS

    Polda Kalsel Gagalkan Penyalahgunaan 1.310 Liter BBM Solar Bersubsidi di HSS

    Liputan6.com, Banjarmasin – Direktorat Reserse Kriminal Khusus Kepolisian Daerah Kalimantan Selatan (Ditreskrimsus Polda Kalsel) mengungkap praktik penyalahgunaan bahan bakar minyak (BBM) bersubsidi jenis solar (akrasol) yang dilakukan di sebuah kios ilegal di Desa Jambu Hilir, Kecamatan Kandangan, Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS).

    Wakil Direktur Reskrimsus Polda Kalsel, Wakil Direktur Krimsus Polda Kalsel AKBP Riza Muttaqin menjelaskan jika pengungkapan ini merupakan bagian dari komitmen kepolisian dalam menindak tegas penyimpangan distribusi energi bersubsidi. “Kasus ini merupakan dugaan tindak pidana penyalahgunaan pengangkutan dan niaga BBM yang disubsidi oleh pemerintah, ini sebagaimana dimaksud dalam Pasal 40 angka 9 dan Pasal 55 Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2023,” ujar AKBP Riza Muttaqin pada konferensi pers di Ditreskrimsus Banjarmasin, Senin (15/4/2025).

    Kronologi Pengungkapan

    Dijelaskan, kasus ini terungkap pada Minggu, 13 April 2025 pukul 12.10 WITA, saat Unit 1 Subdit IV Tipidter Ditreskrimsus Polda Kalsel melaksanakan penyelidikan di wilayah Kandangan. “Kami mengamankan tiga orang, yakni SR sebagai pemilik kios, ARJ sebagai penjaga kios, dan SY sebagai sopir yang membeli dan mengangkut solar subsidi secara ilegal,” ujarnya.

    Diketahui, SR menyuruh sopir berinisial SS untuk membeli solar di SPBKB AKR yang terletak di jalan Bypass Kandangan. Mobil Isuzu Panther milik SR telah dimodifikasi dilengkapi dengan mesin pompa dan selang untuk memindahkan solar dari tangki ke jeriken. “SR memberi upah Rp450 ribu kepada sopir, termasuk Rp340 ribu untuk pembelian solar bersubsidi sebanyak 50 liter, Rp60 ribu untuk keamanan dan parkir, serta Rp50 ribu sebagai upah sopir,” ungkapnya.

    BBM tersebut kemudian dibawa ke kios milik SR dan dijual kembali dengan harga antara Rp10.000 hingga Rp11.000 per liter. Adapun 15 barang bukti yang disita dari lokasi kejadian dan para pelaku. “Total BBM yang kami sita sebanyak kurang lebih 1.310 liter solar bersubsidi, kami juga mengamankan dua unit mobil Isuzu Panther, 102 jeriken berbagai ukuran, mesin pompa, selang, corong, serta dokumen kendaraan dan struk pembelian BBM,” jelas AKBP Riza Muttaqin

    Proses hukum kasus ini terus berlanjut, kini sedang dalam proses penyidikan lebih lanjut. “Kami telah mengeluarkan surat perintah penyelidikan, memeriksa saksi-saksi, dan akan meminta keterangan ahli dari BPH Migas di Jakarta,” katanya.

    Wadir Reskrimsus Polda Kalsel menegaskan jika tindakan ini merupakan pelanggaran serius terhadap kebijakan subsidi energi pemerintah dan akan ditindak sesuai hukum yang berlaku. “Kami mengimbau kepada masyarakat agar tidak melakukan penyalahgunaan BBM bersubsidi, ini adalah hak masyarakat yang berhak, dan penyalahgunaannya bisa berdampak pada kerugian negara dan masyarakat luas,” tutupnya.

  • Hindari Tabrakan, Truk Bermuatan Kain Terguling di Ciamis

    Hindari Tabrakan, Truk Bermuatan Kain Terguling di Ciamis

    JABAR EKSPRES – Sebuah truk pengangkut kain bernomor polisi AD 8721 JF terguling di Jalan Nasional Cijeunjing, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, Rabu (16/4/2025) sore. Kecelakaan terjadi setelah pengemudi berusaha menghindari kendaraan yang menyalip dari arah berlawanan.

    Sopir truk, Rahmat, warga Solo, Jawa Tengah, menjelaskan truk yang dikemudikannya oleng saat menghindari mobil penyalip di tikungan.

    “Saya terpaksa mengarahkan truk ke sisi jalan untuk menghindari tabrakan. Karena kondisi jalan yang menikung, truk oleng dan tidak terkendali hingga akhirnya terguling,” ujarnya di lokasi kejadian.

    BACA JUGA:Pemprov Jabar Gelontorkan Rp34 Miliar untuk Foodcourt dan Area Parkir Alun Alun Ciamis

    Rahmat mengalami luka ringan di bagian kaki, sementara truk mengalami kerusakan parah di bagian depan dan sisi samping akibat terguling serta menimpa batu besar di pinggir jalan.

    Kaca depan kendaraan pecah, dan tangki bahan bakar truk mengalami kebocoran, menyebabkan solar tumpah ke jalan. Warga sekitar membantu menampung tumpahan solar menggunakan ember.

    Kejadian ini mengundang perhatian warga dan sempat mengganggu arus lalu lintas di jalur nasional. Pengendara yang melintas terpaksa memperlambat kendaraan untuk menghindari puing-puing truk yang masih tergeletak di sisi jalan.

    BACA JUGA:Peresmian Food Court Alun-alun Ciamis Diwarnai Hujan Lebat

    Petugas Kepolisian Resor Ciamis tiba di lokasi untuk mengamankan situasi dan melakukan evakuasi. Hingga berita ini diturunkan, proses evakuasi truk masih menunggu alat berat. Tidak ada korban jiwa dalam insiden ini, namun kerugian material diperkirakan mencapai puluhan juta rupiah. (CEP)

  • Spek dan Harga Mobil yang Gak Cukup Dibayar Pakai Gaji Menteri ESDM Bahlil

    Spek dan Harga Mobil yang Gak Cukup Dibayar Pakai Gaji Menteri ESDM Bahlil

    Jakarta

    Toyota memamerkan mobil Crown Fuel Cell Electric Vehicles (FCEV) perdana di Indonesia dalam ajang Global Hydrogen Ecosystem Summit and Exhibition 2025 di Jakarta Convention Center, Jakarta Selatan, Selasa (15/4/2025). Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral RI (ESDM) Bahlil Lahadalia menjadi pejabat publik pertama yang menjajal mobil tersebut.

    Bahlil berkesempatan test drive secara singkat usai pembukaan acara di JCC, Senayan, Jakarta, Selasa.

    “Mobilnya, suspensinya, stabilizer-nya ya. Bagus sekali,” ungkap Bahlil.

    “Biasanya kalau mobilnya yang body-nya gak pas itu, kalau lompat goyang. Ini nggak. Ini top, bagus,” kata Bahlil.

    “Stabilizer-nya bagus, larinya aman. Terus body-nya juga gak goyang. Terus tikungan tajam pun di-gas, bagus deh,” tambah dia.

    Dia mengaku gaji seorang menteri tidak cukup untuk membeli mobil sedan ramah lingkungan tersebut.

    “Gaji gue gak cukup bos, harus cicil. Terkecuali ambil uang tabungan,” kata Bahlil saat disinggung apakah tertarik membeli Crown FCEV.

    Jika melirik data Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN), Bahlil memiliki harta Rp 310.420.076.693 (Rp 310 miliaran). Khusus isi garasinya dia tercatat cuma alat transportasi dan mesin senilai Rp 98,4 juta, antara lain:

    – Toyota Harrier tahun 2007, atas hasil sendiri Rp 57,8 juta
    – Toyota Honda CR-V tahun 2010 atas hasil sendiri Rp 40,6 juta

    Toyota Crown FCEV itu diimpor oleh TMMIN untuk keperluan studi. Mobil ini diproduksi di Motomachi Plant, Jepang.

    “Hanya satu (diimpor), untuk study car saja,” kata Presiden Direktur TMMIN, Nandi Julyanto,

    “Doain saja karena infrastrukturnya diperlukan sementara sekarang baru ada dua yaitu di PLN (Senayan) dan kita (Toyota) di Karawang,” jelas Nandi.

    Secara visual, Crown Sedan memiliki intake depan yang besar yang dihiasi bilah vertikal, lampu depan LED bergaya martil dengan bilah lampu yang menghubungkan cluster, aksen krom sederhana, velg besar berukuran 20 inci, lampu belakang LED dengan lebar penuh, dan garis atap yang landai.

    Masuk ke dalam interior, terdapat layar ganda 12,3 inci berfungsi sebagai kluster instrumen dan layar sentuh infotainment, sementara penumpang belakang tampaknya mendapatkan ruang kaki yang cukup luas.

    Menilik spesifikasinya, Crown FCEV mengandalkan mesin yang sama seperti pada Mirai generasi kedua. Saat ketiga tangki dalam kondisi penuh, jarak tempuhnya diklaim mencapai 820 Km.

    Di sisi lain, waktu pengisian hidrogen cair tersebut juga diklaim hanya butuh waktu tiga menit yang diisi menggunakan Hydrogen Refueling Station (HRS) dengan tekanan 700 bar.

    Soal performa, Crown FCEV bisa menghasilkan daya hingga 134 kW atau 179,5 tenaga kuda dengan muntahan akselerasi badak yaitu 300 Nm pada putaran 3.267 rpm. Tenaga itu didukung dengan baterai lithium ion berkapasitas 4.0 Ah.

    Saat peluncuran di Jepang, Toyota Crown FCEV dijual 8,3 juta yen atau sekitar Rp 974 jutaan. Harga tersebut dibanderol pada 2023.

    (riar/din)

  • Kendaraan tak lolos operasi uji emisi didenda maksimal Rp50 juta

    Kendaraan tak lolos operasi uji emisi didenda maksimal Rp50 juta

    Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta menggelar operasi gabungan penegakan kepatuhan uji emisi kendaraan bermotor di Jalan TB Simatupang, Ciracas, Jakarta Timur, Selasa (15/4/2025). ANTARA/HO-Pemerintah Provinsi DKI Jakarta.

    Kendaraan tak lolos operasi uji emisi didenda maksimal Rp50 juta
    Dalam Negeri   
    Editor: Novelia Tri Ananda   
    Selasa, 15 April 2025 – 18:09 WIB

    Elshinta.com – Kendaraan yang tak lolos operasi gabungan penegakan hukum uji emisi kendaraan bermotor di Jalan TB Simatupang, Ciracas, Jakarta Timur, bisa dikenakan denda maksimal mencapai Rp50 juta. Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) DKI Jakarta Asep Kuswanto menegaskan bahwa pemilik kendaraan yang baku mutu emisinya melewati ambang batas yang dipersyaratkan diancam pidana kurungan hingga enam bulan atau denda maksimal Rp50 juta.

    “Ini berdasarkan Pasal 41 ayat (2),” katanya di lokasi operasi gabungan penegakan hukum uji emisi di Jakarta, Selasa.

    Operasi gabungan tersebut melibatkan DLH, Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP), Dinas Perhubungan (Dishub) dan Ditlantas Polda Metro Jaya. Hal ini sebagaimana penegakan Perda Nomor 2 Tahun 2005 tentang Pengendalian Pencemaran Udara di seluruh wilayah Jakarta.

    Asep mengungkapkan, hasil kegiatan operasi penegakan hukum hari ini di Jakarta Timur, sebanyak 28 kendaraan yang telah diuji emisi di tempat.

    “Ada 28 jenis kendaraan N dan O telah uji emisi. Dari jumlah tersebut, 14 kendaraan dinyatakan lulus dan 14 kendaraan tidak lulus,” ungkap Asep.

    Kepala Bidang Penyidik Pegawai Negeri Sipil (PPNS) Satpol PP DKI Jakarta Tamo Sijabat menjelaskan, operasi ini menyasar kendaraan berat.

    “Untuk mengantisipasi kendaraan angkutan umum yang tidak memenuhi ambang batas emisi, sasaran utama kami adalah kendaraan berat seperti truk, mobil tangki, mobil boks dan bus,” kata Tamo.

    Mekanisme operasional di lapangan yakni kendaraan diberhentikan oleh petugas kepolisian dan Dinas Perhubungan. Lalu, tim DLH  melakukan uji emisi pada kendaraan tersebut.

    “Jika lolos, kendaraan boleh melanjutkan perjalanan. Tapi jika tidak lulus, Dishub akan menahan bukti Uji KIR dan PPNS Satpol PP akan membuatkan Berita Acara Pemeriksaan (BAP) di tempat,” katanya.

    Setelah proses tersebut, kendaraan yang tidak lulus akan diajukan ke sidang Tindak Pidana Ringan (Tipiring) di Pengadilan Negeri Jakarta Timur. Sidang yustisi ini dijadwalkan berlangsung pada minggu kedua bulan Mei 2025. “Sanksi yang dikenakan sesuai dengan Perda Nomor 2 Tahun 2005, yakni ancaman pidana kurungan paling lama enam bulan atau denda maksimal Rp50 juta,” katanya.

    Sumber : Antara

  • Kala Bahlil Ngaku Gajinya Nggak Cukup Beli Toyota Crown Hidrogen: Harus Cicil!

    Kala Bahlil Ngaku Gajinya Nggak Cukup Beli Toyota Crown Hidrogen: Harus Cicil!

    Jakarta

    Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Bahlil Lahadalia menjajal Toyota Crown Fuel Cell Electric Vehicles (FCEV) dalam ajang Global Hydrogen Ecosystem Summit (GHES) 2025 dibuka di Jakarta Convention Center (JCC), Jakarta Pusat, Selasa (15/4/2025). Dia mengaku gaji seorang menteri tidak cukup untuk membeli mobil sedan ramah lingkungan tersebut.

    “Gaji gue nggak cukup bos, harus cicil. Terkecuali ambil uang tabungan,” kata Bahlil saat disinggung apakah tertarik membeli Crown FCEV.

    Jika melirik data Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN), Bahlil memiliki harta Rp 310.420.076.693 (Rp 310 miliaran). Khusus isi garasinya dia tercatat cuma alat transportasi dan mesin senilai Rp 98,4 juta, antara lain:

    Toyota Harrier tahun 2007, atas hasil sendiri Rp 57,8 jutaToyota Honda CR-V tahun 2010 atas hasil sendiri Rp 40,6 juta

    Perlu diketahui, gaji seorang menteri telah diatur dalam Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 60 Tahun 2000. Dalam aturan ini, semua menteri negara menerima gaji pokok sebesar Rp 5.040.000 per bulan. Besaran ini belum mengalami kenaikan dalam 24 tahun terakhir.

    Sebab besaran tunjangan dan fasilitas yang bisa diterima seorang Menteri, termasuk Bahlil, telah tertuang dalam PP 50 Tahun 1980. Dalam aturan itu dirinya berhak menerima tunjangan kinerja dan tunjangan melekat seperti PNS pada umumnya (misalkan saja tunjangan suami/istri, tunjangan anak) yang sama dengan Menteri lainnya.

    “Selain dari pada gaji pokok sebagaimana dimaksud dalam Pasal 2, kepada Menteri Negara diberikan: a. tunjangan jabatan; b. tunjangan yang berlaku bagi Pegawai Negeri Sipil; c. tunjangan lain berdasarkan peraturan perundang-undangan,” tulis Pasal 3 Ayat 1 PP 50 Tahun 1980.

    Sedangkan untuk besaran tunjangan ini telah diatur dalam Keputusan Presiden (Keppres) No 68 Tahun 2001. Dalam aturan itu tertulis para petinggi Kementerian ini berhak mendapatkan tunjangan jabatan hingga Rp 13.608.000 per bulan.

    Menteri ESDM diketahui mendapat besaran dana operasional. Dalam Pasal 3 Ayat (1) PMK Nomor 268 / PMK.05 / 2014, besaran dana operasional yang diterima Menteri bersifat fleksibel berdasarkan pengajuan Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran (DIPA) masing-masing Kementerian.

    Artinya besaran dana operasional yang diterima dan dapat dipergunakan Bahlil saat menjabat di Kementerian Investasi/BKPM bisa saja berbeda dengan yang ia terima saat menjabat di Kementerian ESDM.

    “Penggunaan Dana Operasional dilaksanakan secara fleksibel dengan memperhatikan kepatutan dan kewajaran serta prinsip efektif dan efisien,” tulis Pasal 3 Ayat (1).

    “Dana Operasional dialokasikan pada DIPA Kementerian Negara/Lembaga,” sambung Pasal 4 Ayat (1).

    Adapun soal Toyota Crown FCEV itu diimpor oleh TMMIN untuk keperluan studi. Mobil ini diproduksi di Motomachi Plant, Jepang.

    Menilik spesifikasinya, Crown FCEV mengandalkan mesin yang sama seperti pada Mirai generasi kedua. Saat ketiga tangki dalam kondisi penuh, jarak tempuhnya diklaim mencapai 820 Km. Di sisi lain, waktu pengisian hidrogen cair tersebut juga diklaim hanya butuh waktu tiga menit yang diisi menggunakan Hydrogen Refueling Station (HRS) dengan tekanan 700 bar.

    Saat peluncuran di Jepang, Toyota Crown FCEV dijual 8,3 juta yen atau sekitar Rp 974 jutaan. Harga tersebut dibanderol pada 2023.

    Dalam kesempatan ini, Bahlil menunjukkan kemampuannya dalam mengemudikan mobil selama satu putaran sekitaran JCC Senayan.

    Bahlil terpantau duduk di bangku sopir ditemani Nandi Julyanto adalahPresiden Direktur baru PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia(TMMIN) yang duduk di bangku baris depan. Penumpang belakang diisi Direktur Jenderal Energi Baru, Terbarukan, dan Konservasi Energi (EBTKE) Kementerian ESDM Eniya Listiani Dewi, dan Direktur PT PLN Darmawan Prasodjo.

    Sesampainya di depan JCC, dengan gaya satu tangan memegang kaca mobil, dia sempat memainkan rem dan gas ketika berhenti.

    Setelah keluar dari Toyota Crown FCEV, Bahlil memberikan ulasan terhadap mobil hidrogen yang jumlahnya baru satu unit di Indonesia ini.

    “Mobilnya, suspensinya, stabilizer-nya ya. Bagus sekali,” kata Bahlil.

    “Biasanya kalau mobilnya yang body-nya nggak pas itu, kalau lompat goyang. Ini nggak. Ini top, bagus,” ungkap dia.

    “Stabilizer-nya bagus, larinya aman. Terus body-nya juga nggak goyang. Terus tikungan tajam pun di-gas, bagus deh,” tambahnya lagi.

    (riar/dry)

  • Kala Bahlil Ngaku Gajinya Nggak Cukup Beli Toyota Crown Hidrogen: Harus Cicil!

    Mantan Sopir Angkot Nyetir Sendiri

    Jakarta

    Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Bahlil Lahadalia menjajal Toyota Crown Fuel Cell Electric Vehicles (FCEV) dalam ajang Global Hydrogen Ecosystem Summit (GHES) 2025 di Jakarta Convention Center (JCC), Jakarta Pusat, Selasa (15/4/2025).

    “Mantan sopir angkot nyetir sendiri,” kata Bahlil sebelum masuk ke dalam Toyota Crown FCEV.

    Sejumlah profesi pernah dilakoni pria asal Fakfak, Papua ini. Mulai dari tukang kue semasa kecil, seorang kondektur, hingga menjadi sopir angkot pun dia jalani.

    Dalam kesempatan ini, Bahlil menunjukkan kemampuannya dalam mengemudikan mobil selama satu putaran sekitaran JCC Senayan.

    Bahlil terpantau duduk di bangku sopir ditemani Nandi Julyanto, Presiden Direktur baru PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia(TMMIN) yang duduk di bangku baris depan. Penumpang belakang diisi Direktur Jenderal Energi Baru, Terbarukan, dan Konservasi Energi (EBTKE) Kementerian ESDM Eniya Listiani Dewi, dan Direktur PT PLN Darmawan Prasodjo.

    Menteri ESDM Bahlil mengemudikan Toyota Crown FCEV Foto: Ridwan Arifin

    Sesampainya di depan JCC, dengan gaya satu tangan memegang kaca mobil, dia sempat memainkan rem dan gas ketika berhenti.

    Setelah keluar dari Toyota Crown FCEV, Bahlil memberikan ulasan terhadap mobil hidrogen yang jumlahnya baru satu unit di Indonesia ini.

    “Mobilnya, suspensinya, stabilizer-nya ya. Bagus sekali,” kata Bahlil.

    “Biasanya kalau mobilnya yang body-nya nggak pas itu, kalau lompat goyang. Ini nggak. Ini top, bagus,” ungkap dia.

    “Stabilizernya bagus, larinya aman. Terus body-nya juga nggak goyang. Terus tikungan tajam pun di-gas, bagus deh,” tambahnya lagi.

    Bahlil mengemudikan Toyota Crown FCEV Foto: Ridwan Arifin

    Toyota Crown FCEV itu diimpor oleh TMMIN untuk keperluan studi. Mobil ini diproduksi di Motomachi Plant, Jepang.

    Menilik spesifikasinya, Crown FCEV mengandalkan mesin yang sama seperti pada Mirai generasi kedua. Saat ketiga tangki dalam kondisi penuh, jarak tempuhnya diklaim mencapai 820 Km. Di sisi lain, waktu pengisian hidrogen cair tersebut juga diklaim hanya butuh waktu tiga menit yang diisi menggunakan Hydrogen Refueling Station (HRS) dengan tekanan 700 bar.

    (riar/dry)