kab/kota: Tangki

  • Gudang Kasur Busa di Diwek Jombang Terbakar, Kerugian Capai Rp500 Juta

    Gudang Kasur Busa di Diwek Jombang Terbakar, Kerugian Capai Rp500 Juta

    Jombang (beritajatim.com) – Kebakaran hebat melanda sebuah gudang penyimpanan kasur busa di Desa Watugaluh, Kecamatan Diwek, Kabupaten Jombang, Kamis (14/5/2025) dini hari. Kobaran api yang diduga dipicu korsleting panel listrik tersebut menghanguskan hampir seluruh isi gudang, dengan kerugian ditaksir mencapai Rp500 juta.

    Petugas Pemadam Kebakaran (PMK) Jombang, Andrik Prasetyo, mengatakan bahwa pihaknya menerima laporan kebakaran sekitar pukul 04.00 WIB. Menanggapi laporan tersebut, tim Damkar Jombang langsung menerjunkan satu unit mobil pemadam kebakaran dan satu mobil tangki penyuplai air ke lokasi.

    “Saat tiba di lokasi, api sudah berkobar dan asap tebal membubung tinggi. Itu karena tempat yang terbakar adalah gudang yang berisi busa, kain, serta beberapa cairan kimia. Saat kejadian tidak ada orang di dalam gudang. Pemilik sedang melakukan pengiriman kasur busa,” jelas Andrik.

    Material mudah terbakar yang memenuhi gudang membuat api sulit dikendalikan. Tim Damkar Jombang pun meminta bantuan tambahan dari petugas PMK di wilayah Kecamatan Ngoro untuk mempercepat proses pemadaman.

    “Api sulit dipadamkan karena gudang berisi busa, kain dan benda mudah terbakar lainnya. Saat kejadian pemilik rumah sedang keluar mengurusi pengiriman barang,” katanya.

    Kapolsek Diwek, AKP Edy Widoyono, membenarkan adanya kebakaran tersebut. Berdasarkan dugaan sementara, kebakaran dipicu oleh korsleting listrik yang kemudian menyulut material mudah terbakar di dalam gudang.

    “Dugaan sementara karena korsleting listrik. Namun untuk memastikan kami masih menunggu hasil penyelidikan tim labfor (laboratorium forensik),” pungkas Edy.

    Menurutnya, kobaran api pertama kali diketahui oleh warga sekitar yang melihat asap tebal membumbung tinggi dari area gudang. Setelah itu, warga segera melaporkannya kepada pemilik gudang.

    Beruntung dalam kejadian ini tidak ada korban jiwa, namun kerugian material cukup besar mengingat banyaknya barang yang tersimpan di dalam gudang. [suf]

  • BARU! Honda Cross Cub 110: Motor Bebek Petualang Bergaya Klasik yang Menawan, Cek Spek dan Harganya Disini!

    BARU! Honda Cross Cub 110: Motor Bebek Petualang Bergaya Klasik yang Menawan, Cek Spek dan Harganya Disini!

    JABAR EKSPRES – Honda Jepang baru saja meluncurkan motor bebek klasik terbaru yang mengusung gaya petualang bernama Cross Cub 110.

    Honda menghadirkan Cross Cub 110 sebagai alternatif yang lebih simpel dan ringan dari saudaranya, Honda CT125, sehingga menjadi pilihan menarik bagi penggemar motor klasik dengan sentuhan semi off-road.

    Desain dan Mesin yang Tangguh

    Honda Cross Cub 110 menggabungkan desain legendaris Super Cub dengan kemampuan semi trail yang lebih tangguh.

    Mesin 109 cc, satu silinder, 4-tak, berpendingin udara dengan teknologi injeksi bahan bakar (FI) menjadi andalan motor ini. Mampu menghasilkan tenaga 8,0 PS pada 7.500 rpm dan torsi maksimum 8,8 Nm pada 5.500 rpm, Cross Cub 110 siap menemani petualangan sehari-hari.

    Dimensi dan Bobot yang Ringan

    Dimensi motor ini cukup kompak dengan panjang 1.931 mm, lebar 799 mm, dan tinggi 1.108 mm. Jarak sumbu roda mencapai 1.228 mm, sementara tinggi jok berada di rentang 784-786 mm.

    Ground clearance yang cukup tinggi, yaitu 163-167 mm, membuatnya tetap nyaman saat melintasi medan berbatu atau berlumpur.

     

    BACA JUGA: 5 Vespa Elegan yang Memikat dan Mencuri Perhatian!

     

    Praktis dan Irit Bahan Bakar

    Beratnya yang hanya 107 kg menjadikan Honda Cross Cub 110 cukup ringan untuk dikendalikan, apalagi didukung oleh transmisi semi otomatis tanpa kopling yang membuat pengendaraan semakin mudah.

    Kapasitas tangki bahan bakarnya sebesar 4,1 liter, dan konsumsi bahan bakar yang sangat irit mencapai 67 km per liter menjadikannya pilihan ideal bagi pengguna yang mengutamakan efisiensi.

    Kaki-Kaki Tangguh dan Sistem Pencahayaan LED

    Motor ini menggunakan ban semi trail berukuran 80/90-17 di depan dan belakang, serta mengandalkan rem cakram depan dengan ABS dan rem tromol di belakang untuk memastikan keamanan optimal.

    Lampu depan dan belakang sudah menggunakan teknologi LED, memberikan pencahayaan yang lebih terang dan hemat energi.

     

    BACA JUGA: 5 Vespa Termahal dengan Desain Unik: Skuter Gaya Hidup yang Jadi Incaran Kolektor

     

    Suspensi Nyaman dan Bagasi Kokoh

    Honda Cross Cub 110 melengkapi dirinya dengan suspensi depan teleskopik dan suspensi belakang monoshock untuk memastikan kenyamanan berkendara di berbagai medan.

  • Raffi Ahmad Pamer Motor Listrik Rp 750 Juta

    Raffi Ahmad Pamer Motor Listrik Rp 750 Juta

    Jakarta

    Raffi Ahmad, selebritas sekaligus utusan khusus Presiden Prabowo ini pamer motor gede listrik dengan banderol harga mendekati Rp 1 miliar.

    Motor listrik itu diketahui dibeli Raffi Ahmad saat mengunjungi Indonesia Motorcycle Show. Ketika itu, dengan harga promo, Hunter Motorcycle Davinci dijual seharga Rp 750 juta.

    Motor listrik itu punya desain yang futuristis, bahkan tidak lazim seperti motor kebanyakan. Meski mengusung embel-embel listrik, kuda besi tersebut masih memakai body dengan tangki yang besar seperti motor sport.

    Berdasarkan spesifikasi di atas kertas, motor ini bisa memuntahkan tenaga puncak 127 hp dan torsi 850 Nm. Kecepatan maksimalnya 200 km per jam. Jarak tempuhnya bisa sampai 400 kilometer. Davinci memiliki baterai berkapasitas 17.7 kWh, dengan arus DC membuat pengisian dari nol hingga 100 persen cuma 30 menit.

    Suami dari Nagita Slavina itu membeli motor listrik itu secara kredit selama satu tahun.

    “Hal itu hanya antara kami dan dia,” canda Petter Bille, CEO Hunter Motorcycles Indonesia saat disinggung apakah Raffi Ahmad membeli motor tersebut tunai atau kredit.

    Hunter Motorcycles menyebut motor listrik itu sudah dirakit secara lokal. Motor listrik itu dibuat terbatas dengan klaim tingkat kandungan lokal dalam negeri (TKDN) sebesar 50 persen.

    “Pabrik utama kita ada di Citereup, Sentul. Sedangkan riset dan pengembangan ada di Jimbaran, Bali,” ujar Petter Bille.

    Raffi memiliki hobi di dunia otomotif. Dia memiliki ragam model mobil dengan banderol fantastis seperti Rolls-Royce, Range Rover, hingga Lamborghini. Selain mobil, Raffi juga mengoleksi deretan motor seperti Vespa hingga Ducati.

    (riar/din)

  • Pajak Tahunan Toyota Avanza 1.3L Keluaran Tahun 2025, Bayar Segini

    Pajak Tahunan Toyota Avanza 1.3L Keluaran Tahun 2025, Bayar Segini

    Jakarta

    Pajak tahunan Toyota Avanza 1.3 E CVT keluaran tahun 2025 terungkap. Segini yang harus dibayar pemilik kendaraan tiap tahunnya.

    Toyota Avanza masih jadi primadona di kalangan pencinta Low MPV Tanah Air. Buktinya, penjualan Avanza pun masih laris manis dan kerap menghiasi daftar mobil paling diburu di Indonesia setiap bulannya.

    Faktor harga mungkin jadi salah satu pertimbangan. Khusus Avanza tipe 1.3L, mobil itu dijual seharga Rp 240-250 jutaan. Dengan harga segitu, yang kerap bikin penasaran, berapa ya pajak tahunannya?

    Pajak Tahunan Avanza 1.3 Keluaran Tahun 2025

    Tak bisa dimungkiri, bagi sebagian orang pajak tahunan turut jadi pertimbangan sebelum membeli mobil. Ditelusuri dari laman Informasi Data Kendaraan dan Pajak Kendaraan Bermotor Pemerintah Provinsi DKI Jakarta, pajak tahunan Toyota Avanza 1.3 E CVT untuk keluaran tahun 2025 sebesar Rp 4,1 jutaan. Rincian pajaknya sebagai berikut:

    PKB Pokok: Rp 4.011.000SWDKLLJ: Rp 143.000Total pajak tahunan: Rp 4.154.000

    Perlu dicatat, pajak tahunan itu berlaku untuk Avanza 1.3 E CVT yang terdaftar atas nama perusahaan di wilayah Jakarta. Dijelaskan juga bahwa Avanza tersebut berstatus kendaraan kepemilikan pertama. Besar pajak bisa jadi berbeda di daerah lainnya. Pun beda tipe Avanza juga mempengaruhi besar pajaknya.

    Spesifikasi Toyota Avanza 1.3 E CVT

    Sebagai informasi tambahan, Avanza 1.3 L punya dimensi lebih pendek ketimbang Avanza 1.5 L. Panjangnya sama yaitu 4.395 mm, lebar 1.730 mm, sementara tingginya 1.665 mm atau lebih rendah 35 mm dibanding versi 1.5L. Ground clearancenya juga berbeda 10 mm lebih pendek dibandingkan tipe 1.5L.

    Avanza 1.3L menggendong mesin 1NR-VE dengan kapasitas silinder 1.329 cc. Daya maksimum yang bisa disemburkan mesin adalah 98 PS pada 6.000 rpm dan torsi maksimum 12.4 kgm pada 4.200 rpm. Mobil ini memiliki kapasitas tangki sebesar 43 liter. Untuk versi otomatis, dipasangkan dengan transmisi CVT.

    Sistem pengereman Avanza 1.3L sudah mengusung ABS, EBD, dan BA. Ukuran bannya 185/65 R15 dengan velg alloy. Selanjutnya dari sisi fitur, Avanza ini sudah mengusung vehicle stability control, hill start assist, dua airbag di depan, dan juga isofix.

    (dry/rgr)

  • Ducati Panigale V2 Terbaru Rilis di Indonesia, Awas Kaget Tahu Harganya!

    Ducati Panigale V2 Terbaru Rilis di Indonesia, Awas Kaget Tahu Harganya!

    Jakarta

    Ducati di bawah agen pemegang merek (APM) PT Legenda Motor Indonesia merilis motor sport terbaru, Ducati Panigale V2 S untuk pasar Tanah Air.

    “Dengan mesin baru dan bobot yang lebih ringan, Panigale V2 S menawarkan kelincahan yang optimal, baik untuk berkendara di jalanan kota yang padat maupun di sirkuit. Ini adalah upaya kami dalam menghadirkan pengalaman berkendara yang luar biasa bagi para Ducatisti Indonesia,” ucap Jimmy Budhijanto, CEO Ducati Indonesia dalam keterangannya dikutip Rabu (7/5/2025).

    Model terbaru ini mengusung mesin V2 generasi terbaru yang menjadi pencapaian penting dalam sejarah Ducati mesin dua silinder Ducati. Bobotnya paling ringan dari yang pernah diproduksi.

    Berkat mesin V2 90° baru, motor ini menjadi Panigale yang paling ringan (-17 kg dibandingkan model sebelumnya, dalam versi V2 S) yang pernah diproduksi oleh Ducati.

    Ducati Panigale V2 terbaru ini juga disematkan teknologi mutakhir seperti Variable Valve Timing (VVT), pelapisan Diamond-Like Carbon (DLC) pada rocker arm, serta batang katup masuk berongga (hollow stem) untuk mengoptimalkan kinerja dan efisiensi.

    Seperti diketahui Panigale V2 sudah menggantikan 959 sebagai motor sport kelas menengah Ducati.

    Ducati Panigale V2 S Foto: Ducati Indonesia

    Desain Panigale V2 terbaru secara alami mengadopsi garis besar dari Panigale V4 yang baru-baru ini diperkenalkan.

    Bagian depan Panigale V2 menampilkan karakter kuat yang merujuk pada Panigale V4, didominasi oleh lampu depan Full-LED dan DRL (Daytime Running Light) yang hampir horizontal, serta ditutup di bagian bawah oleh tepian depan yang menjadi salah satu ciri style baru dari desain depan Panigale.

    Desain tangki bahan bakar, yang dirancang untuk memberikan dukungan optimal kepada pengendara saat berkendara sporty. Namun tetap memperhatikan segitiga ergonomi untuk mengurangi beban pada pergelangan tangan sambil tetap menjaga kontrol pada bagian depan saat menikung.

    Bagian belakang dilapisi fairing seperti pada Desmosedici MotoGP.

    Lampu belakang Full-LED dibagi menjadi dua dan sepasang knalpot silencer diposisikan di bawah jok, mengingatkan kembali pada tradisi balap Panigale.

    Desain pelek baru berbahan alloy ringan dengan enam jari-jari berbentuk “Y” merupakan reinterpretasi modern dari tampilan ikonik tiga jari-jari Marchesini.

    Panigale V2 menggunakan mesin V2 90° baru dengan pengaturan waktu variabel untuk katup masuk, homologasi Euro5+, dengan kapasitas 890 cc dan tenaga 120 hp pada 10.750 rpm dan torsi 93,3 Nm pada 8.250 Nm.

    Panigale V2 dilengkapi dengan fork Marzocchi dan peredam kejut Kayaba, sedangkan Panigale V2 S ditawarkan dengan paket lebih premium kepada pengendaranya, yang terdiri dari fork dan peredam kejut Öhlins.

    Sistem pengereman depan Brembo terdiri dari dua cakram 320 mm dan kaliper monoblok M50. Pengendara Panigale V2 dapat langsung mengubah karakternya dengan memilih di antara 4 Mode Berkendara (Race, Sport, Road, Wet).

    Panigale V2 baru hadir di Indonesia dalam warna Ducati Red. Panigale V2 akan ditawarkan dalam konfigurasi dua tempat duduk, sedangkan Panigale V2 S akan tersedia dalam konfigurasi satu tempat duduk, dengan perlengkapan penumpang yang tersedia sebagai aksesori, dan akan dilengkapi dengan Pit Limiter dan Ducati Power Launch sebagai perlengkapan standar.

    Soal harga? Ducati Indonesia memberi kisaran Panigale V2S bisa diboyong dengan dana Rp 700 jutaan.

    (riar/dry)

  • Spesifikasi Honda Cross Cub 110, Motor Bebek Klasik Adventure Harga Rp 41 Jutaan

    Spesifikasi Honda Cross Cub 110, Motor Bebek Klasik Adventure Harga Rp 41 Jutaan

    Jakarta

    Honda Jepang baru saja meluncurkan motor bebek klasik terbaru bergaya petualang bernama Cross Cub 110. Motor ini resmi dikenalkan oleh Honda Motorcycle Japan sebagai alternatif yang lebih simpel dan ringan dari sang kakak, Honda CT125.

    Secara tampilan, Cross Cub 110 tetap membawa nuansa retro khas keluarga Cub, tapi dikemas dengan atribusi tangguh ala motor adventure atau petualang. Tak seperti sang kakak, CT125, yang dirancang untuk melahap medan berat, Cross Cub 110 difokuskan sebagai motor harian dengan cita rasa petualangan.

    Honda Cross Cub 110 Foto: Dok. Honda

    Spesifikasi Honda Cross Cub 110

    Secara tampilan, Cross Cub 110 tetap mempertahankan garis desain CT125 dengan bentuk lampu bulat dan bodi besi yang terekspos. Motor ini juga mengadopsi kursi tunggal alias single seater.

    Dari sisi fitur, meskipun tampil klasik, Cross Cub 110 tetap mengikuti perkembangan zaman. Lampu depan memang masih halogen, di lampu belakang dan sein sudah dibekali teknologi LED. Panel instrumen memadukan speedometer analog dan layar LCD kecil untuk informasi penting seperti posisi gigi, indikator bahan bakar, serta jam digital.

    Geser ke bagian kaki-kaki, motor ini menggunakan velg alloy 17 inci di bagian depan dan belakang, lebih modern dibanding CT125 yang masih memakai velg jari-jari dan ban dual purpose. Penggunaan velg aluminium pada Cross Cub 110 juga memberikan kesan lebih ringkas dan praktis untuk penggunaan sehari-hari.

    Honda Cross Cub Foto: Dok. Honda

    Bicara jantung mekanisnya, Honda menyematkan mesin 109 cc, 1 silinder, SOHC 4-tak, berpendingin udara. Tenaga yang dihasilkan sebesar 7,8 dk pada 7.500 rpm, dan torsi maksimum 8,8 Nm pada 5.500 rpm. Mesin ini dipadukan dengan transmisi semi otomatis 4 percepatan dan sudah mengusung sistem injeksi bahan bakar PGM-FI, yang membuat konsumsi BBM-nya sangat efisien, diklaim bisa mencapai 67,9 km/liter menurut standar WMTC.

    Tangki bahan bakar berkapasitas 4,1 liter sudah lebih cukup untuk mendukung aktivitas harian tanpa sering bolak-balik ke SPBU.

    Motor ini tersedia dalam tiga pilihan warna menarik: Matte Jeans Blue Metallic, Matte Armored Green Metallic, dan Pearl Deep Mud Grey. Tak ketinggalan, Honda juga merilis edisi spesial Kumamon, menampilkan karakter beruang lucu dari Prefektur Kumamoto.

    Untuk pasar Jepang, Honda Cross Cub 110 dibanderol 363.000 yen atau sekitar Rp 41 jutaan. Meskipun belum ada konfirmasi apakah motor ini akan dijual di Indonesia, tapi kehadirannya jelas bisa menjadi alternatif menarik bagi pencinta motor klasik yang ingin tampil beda.

    (lua/rgr)

  • Honda Luncurkan Motor Bebek Klasik Bergaya Petualang, Harga Rp 41 Jutaan

    Honda Luncurkan Motor Bebek Klasik Bergaya Petualang, Harga Rp 41 Jutaan

    Jakarta

    Honda kembali memanjakan penggemar motor bebek klasik dengan meluncurkan Cross Cub 110. Motor yang diluncurkan oleh Honda Motorcycle Japan bisa dikatakan sebagai adik dari motor bebek petualang Honda CT125 yang sudah dijual sebelumnya.

    Secara tampilan, Cross Cub 110 membawa DNA desain yang serupa dengan Honda CT125, namun hadir dengan karakter berbeda. Kalau Honda CT125 tampil lebih siap untuk melahap jalur ekstrem, maka Cross Cub 110 lebih cocok untuk pengguna yang gemar berkendara santai di jalanan mulus atau perkotaan.

    Honda Cross Cub 110 Foto: Dok. Honda

    Perbedaan lain dengan CT125 adalah, Cross Cub 110 menggunakan velg alloy 17 inci di depan dan belakang, berbeda dari CT125 yang masih mengandalkan velg jari-jari dan ban dual purpose.

    Urusan jantung pacu, Honda Cross Cub 110 mengandalkan mesin 109 cc, 1 silinder SOHC 4-tak berpendingin udara, yang sanggup menghasilkan tenaga 7,8 dk di 7.500 rpm dan torsi puncak 8,8 Nm pada 5.500 rpm.

    Tenaga disalurkan lewat transmisi semi otomatis 4 percepatan. Sistem injeksi PGM-FI membuat konsumsi BBM-nya sangat irit, mencapai 67,9 km/liter (berdasarkan standar WMTC), dan ditopang oleh tangki bahan bakar berkapasitas 4,1 liter.

    Honda Cross Cub Foto: Dok. Honda

    Meskipun tampil klasik, fitur Cross Cub 110 tetap relevan dengan zaman. Misalnya, lampu depan masih menggunakan halogen, tampi lampu belakang dan seinnya sudah LED. Panel instrumennya pun menggunakan model ‘hybrid’, gabungan speedometer analog dan layar LCD kecil untuk beragam informasi seperti posisi gigi, indikator bahan bakar, hingga jam digital.

    Motor ini hadir dalam tiga warna utama: Matte Jeans Blue Metallic, Matte Armored Green Metallic, dan Pearl Deep Mud Grey. Honda juga merilis edisi spesial Kumamon yang menampilkan karakter beruang ikonik asal Prefektur Kumamoto, Jepang.

    Soal harga, Honda Cross Cub 110 dibanderol 363.000 yen, atau sekitar Rp 41 jutaan jika dikonversi ke mata uang rupiah. Apakah motor ini akan dibawa ke Indonesia? Menarik untuk dinantikan.

    Honda Cross Cub 110 Foto: Dok. Honda

    (lua/rgr)

  • Ngeri Ledakan Truk Tangki Minyak di Pakistan, 19 Orang Tewas

    Ngeri Ledakan Truk Tangki Minyak di Pakistan, 19 Orang Tewas

    Jakarta

    Jumlah korban tewas akibat ledakan truk tangki minyak di Pakistan barat daya melonjak menjadi 19 orang. Hal ini disampaikan para pejabat Pakistan pada Senin (5/5), seminggu setelah insiden maut tersebut.

    Dilansir kantor berita AFP, Senin (5/5/2025), saat kejadian pada minggu lalu, massa berkumpul untuk memadamkan kobaran api truk tangki yang terbakar setelah menepi di dekat pasar, ketika tiba-tiba meledak.

    Lebih dari 40 orang terluka, banyak dari mereka dibawa ke kota besar Karachi untuk dirawat.

    “Jumlah korban tewas meningkat menjadi 19 orang,” kata pejabat polisi setempat Muhammad Hasan Mengal kepada AFP.

    Insiden itu terjadi pada 28 April di Noshki, sebuah distrik di provinsi Balochistan.

    Ia mengatakan polisi sedang menyelidiki kemungkinan kelalaian dalam peristiwa itu.

    ‘Lihat juga Video: Truk Tangki BBM Terguling dan Meledak di Uganda, 11 Orang Tewas’

    (ita/ita)

    Hoegeng Awards 2025

    Baca kisah inspiratif kandidat polisi teladan di sini

  • Honda ADV160 Dapat Kelir Baru, Tampilan Semakin Sporty dan Kental Petualangan

    Honda ADV160 Dapat Kelir Baru, Tampilan Semakin Sporty dan Kental Petualangan

    JAKARTA – Honda ADV160 mendapatkan warna baru yaitu Mate Black dan Red, mengisi pilihan warna lain yang sudah ada saat ini yakni white untuk pasar Malaysia.

    Mengutip dari laman Paultan, Senin, 5 Mei, Honda ADV160 di negeri Jiran hadir juga Special Edition yang sebelumnya tersedia dengan pilihan warna Matte Green kini juga tersedia dengan pilihan Grey yang baru.

    Motor petualangan ini dibanderol mulai dari 13.243 ringgit atau Rp51 jutaan, untuk versi standar dan sedangkan untuk Special Edition ada di angka 13.549 ringgit atau Rp53 jutaan, harga di atas belum termasuk pajak, asuransi hingga registrasi. Stok ADV160 dalam pilihan cat baru akan tersedia di semua ruang pamer dealer Impian X mulai 8 Mei 2025.

    Hanya warna baru yang dihadirkan, artinya tak ada perubahan dari sektor jantung pacunya. Honda ADV160 masih dibekali dengan mesin eSP+ satu silinder 156,9 cc, berpendingin cairan yang ditenagai oleh PGM-Fi.

    Tenaganya mencapai 15,82 hp pada 8.500 rpm dengan torsi 14,7 Nm pada 6.500 rpm, yang disalurkan ke roda belakang melalui transmisi CVT dan penggerak sabuk.

    Dari sisi kenyamanan, motor satu ini sudah dibekali dengan cakram  hidrolik di bagian depan dan belakang ABS. Suspensinya menggunakan garpu teleskopik di bagian depan dan peredam kejut yang dapat disesuaikan.

    Tinggi jok ADV160 780 mm dengan kompartemen penyimpanan berkapasitas 30 liter yang terdapat di bawah jok, sementara tangki menampung 8,1 liter bahan bakar dengan berat ADV160 133 kg. Kenyamanan berkendara meliputi kaca depan yang dapat disesuaikan secara manual, Honda Smart Key dengan alarm anti pencurian, dan port pengisian daya USB.

    Sistem Penghentian Darurat (ESS) Honda juga disertakan, yang akan menyalakan lampu rem belakang saat pengereman keras terdeteksi. Ukuran pelek 14 inci di depan dengan ban tubeless 110/80 dan 13 inci di belakang dengan ban 130/70.

  • Pesawat Antariksa Soviet Akan Jatuh ke Bumi, Beratnya Setengah Ton!

    Pesawat Antariksa Soviet Akan Jatuh ke Bumi, Beratnya Setengah Ton!

    Jakarta

    Dalam beberapa hari mendatang, sebuah pesawat ruang angkasa antarplanet era Soviet dengan berat sekitar setengah ton akan jatuh tak terkendali ke Bumi. Puing antariksa ini adalah modul pendaratan dari Kosmos 482, yang diluncurkan pada1972, menuju planet Venus.

    Namun, masalah teknis menyebabkan wahana itu tetap berada di orbit Bumi.

    Belum diketahui secara pasti kapan wahana antariksa itu akan sampai di permukaan planet kita, namun para ilmuwan memprediksi itu akan terjadi pada pekan kedua Mei.

    Salah satu pakar berkata pada BBC News Rusia bahwa ada kemungkinan serpihan wahana itu akan menghantam area permukiman.

    Sejumlah ilmuwan bilang Timur Tengah, Asia Tengah dan Eropa Tenggara adalah area yang kemungkinan akan dihantam puing antariksa ini.

    Lepas landas

    Baikonur Cosmodrome di Kazakhstan, yang terlihat di sini saat peluncuran misi Soyuz, adalah tempat Kosmos 482 meluncur pada 1972. (Getty Images / Nasa)

    Pesawat ruang angkasa dengan tujuan Venus tersebut diluncurkan dari Kosmodrom Baikonur pada 31 Maret 1972. 1

    Peluncuran ganda semacam ini dilakukan untuk meningkatkan probabilitas keberhasilan dalam penjelajahan antarplanet.

    Uni Soviet menggunakan roket Molniya-M, sejenis dengan yang digunakan dalam misi antariksa berawak Soyuz.

    Roket Kosmos 482 memiliki satu tingkat tambahan untuk meluncurkan wahana yang lebih berat ke orbit yang lebih tinggi.

    Adapun Venera 8 diluncurkan empat hari sebelumnya, berhasil mencapai destinasi dan menuntaskan misi antariksanya dengan sukses.

    Namun, Kosmos 482 yang menjadi cadangannya mengalami kendala teknis di bagian roket dan gagal keluar dari orbit Bumi.

    Kecelakaan

    Tiga tahap pertama peluncuran roket bekerja sesuai rencana, mendorong unit kepala ke orbit dekat Bumi. Stasiun ruang angkasa antarplanet itu kemudian diluncurkan ke targetnya.

    Namun, wahana itu gagal menempati posisi yang sudah ditentukan di atas Bumi karena blok pendorong gagal mengarahkan stasiun ruang angkasa tersebut dengan benar.

    Getty Images / NasaRoket Soyuz diangkut dengan kereta api ke landasan peluncuran di Situs 31 di Kosmodrom Baikonur di Baikonur, Kazakhstan pada tanggal 8 September 2024.

    Setelah itu, stasiun ruang angkasa menerima nama kode “Kosmos 482”.

    Pada 1970-an, pemerintah Soviet menyamarkan peluncuran yang tidak berhasil di bawah nama kode Kosmos, dengan angka yang berbeda setelah kata tersebut.

    Menurut halaman situs NASA yang didedikasikan untuk wahana tersebut, wahana itu pecah menjadi empat bagian: dua bagian tetap berada di orbit rendah Bumi dan terbakar di atmosfer dalam waktu 48 jam.

    Namun dua bagian lainnya kemungkinan modul pendaratan dan blok dengan mesin utama memasuki orbit yang lebih tinggi.

    “Bagian-bagian dari tangki bahan bakar titanium meninggalkan orbit dalam beberapa hari dan jatuh di Selandia Baru,” ujar Georgy Trishkin, penulis Tekhasskiy Vestniksaluran Telegram populer yang didedikasikan untuk peluncuran luar angkasa kepada BBC News Rusia.

    “Bagian-bagian dari stasiun dan tingkat keempat roket, yang juga dikenal sebagai Blok L, tetap berada di orbit elips yang memanjang.”

    “Titik tertingginya berada di suatu tempat sekitar 9.800 km jauhnya dari Bumi dan titik terendahnya berada pada ketinggian sekitar 210 km,” ujarnya.

    Badan antariksa AS, NASA, berkata modul pendaratan tersebut punya berat 495 kg.

    Modul yang kuat

    Jatuhnya pesawat ruang angkasa tidak menjadi masalah besar ketika mereka pecah dan terbakar di atmosfer, atau ketika jatuhnya bisa diperhitungkan dan dikendalikan dari Bumi.

    Contohnya, stasiun orbital besar Mir dikeluarkan dari orbit dan diarahkan menuju Bumi sehingga puing-puingnya tenggelam di Samudra Pasifik.

    Rusia melakukan penghancuran terorganisir terhadap pesawat ruang angkasanya, Mir, ke Samudra Pasifik ketika masa pakainya berakhir. (Getty Images / NASA / Newsmakers)

    Akan tetapi Kosmos 482 diperkirakan akan menghantam Bumi secara tidak terkendali.

    Namun bahaya utama adalah kemungkinan besar wahana itu tidak akan hancur dan terbakar sepenuhnya di atmosfer.

    Hal ini dikarenakan modul pendaratan tersebut direkayasa untuk mendarat di permukaan Venus, yang memiliki atmosfer lebih padat dan suhu lebih tinggi.

    Maka dari itu, pesawat ruang angkasa ini dibuat agar tahan dengan kondisi yang lebih keras daripada yang akan dihadapinya saat masuk kembali ke atmosfer Bumi.

    “Modul pendaratan itu sendiri dirancang untuk masuk kembali ke atmosfer Venus yang lebih berat, jadi perisai panas dan kompartemen kedap udaranya kemungkinan besar akan selamat dari masuk kembali ke atmosfer [Bumi],” jelas Georgy Trishkin.

    “Namun, kecil kemungkinan perangkat tersebut akan selamat sepenuhnya.”

    “Pengamatan secara tidak langsung mengindikasikan bahwa ia mungkin telah melepaskan parasutnya sejak lama. Ini berarti integritas strukturnya rusak dan banyak bergantung pada profil masuk kembali ke atmosfer,” ujarnya.

    Di mana pesawat itu jatuh?

    Trishkin mengatakan perhitungan berdasarkan jalur orbitnya mengindikasikan bahwa puing-puing tersebut kemungkinan besar akan jatuh di daratan.

    Ia mengatakan Mesir, Suriah, Turki, dan Azerbaijan, berada di jalur orbit Kosmos 482, jadi ada risiko menghantam area permukiman.

    “Jika kita berasumsi perangkat tersebut selamat sepenuhnya dan menabrak tanah dengan kecepatan yang diperkirakan 242 km/jam, maka energi impaknya akan berada di kisaran 1,1-1,2 MJ, yang bisa setara dengan ledakan beberapa ratus gram TNT (dinamit),” ujarnya.

    Jatuhnya Kosmos 482 ke Bumi, menurut berbagai perkiraan, akan terjadi antara tanggal 8 dan 14 Mei.

    (ita/ita)

    Hoegeng Awards 2025

    Baca kisah inspiratif kandidat polisi teladan di sini