kab/kota: Tangki

  • Nggak Nyangka! Bertampang Moge, Motor Ini Cuma Punya Mesin 125 cc

    Nggak Nyangka! Bertampang Moge, Motor Ini Cuma Punya Mesin 125 cc

    Jakarta

    Pasar roda dua Malaysia kedatangan motor baru dengan tampilan ala moge, tapi ternyata hanya dibekali mesin kecil 125 cc. Motor tersebut adalah Hanway Bob125S 2025, yang resmi dijual dengan banderol RM 14.800 atau sekitar Rp 57 jutaan. Seperti apa speknya?

    Sekilas, desain Bob125S ini mirip dengan sang kakak yang bermesin moge, Hanway HD400. Bob125S mengusung gaya cruiser bobber, dilengkapi jok tunggal serta spatbor belakang yang dipangkas pendek. Secara visual, motor ini memang tampil gagah layaknya motor gede, padahal kapasitas mesinnya hanya 124 cc, atau dibulatkan jadi 125 cc.

    Hanway Bob125S Foto: Paultan

    Dikutip dari Paultan, jantung pacu Bob125S berupa mesin DOHC satu silinder, pendingin cairan, dengan empat katup. Tenaganya diklaim tembus 14,75 dk di putaran 10.000 rpm dan torsi puncak 14 Nm pada 8.000 rpm. Mesin itu dipadukan dengan transmisi 6 percepatan dan sistem penggerak rantai.

    Untuk kaki-kaki, Bob125S menggunakan pelek 16 inci di depan dan belakang, dibalut ban gambot ukuran 130/90 dan 150/80. Suspensinya memakai garpu teleskopik di bagian depan dan shock ganda di belakang yang bisa diatur preload-nya.

    Hanway Bob125S Foto: Paultan

    Sektor pengereman dilengkapi cakram 300 mm di roda depan dengan kaliper piston ganda, serta cakram 255 mm di roda belakang dengan kaliper piston tunggal. Fitur modern juga sudah disematkan, mulai dari pencahayaan full LED hingga panel instrumen kombinasi analog-digital berbentuk bulat yang memuat informasi dasar berkendara.

    Bob125S memiliki bobot 165 kg. Sayangnya, Hanway tidak merilis detail mengenai kapasitas tangki bahan bakar maupun tinggi jok motor ini. Meski begitu, dengan tampilan moge dan karakter bobber, Bob125S bisa jadi opsi menarik bagi pengendara yang ingin tampil beda, namun tetap ramah untuk pemula berkat mesin yang mungil.

    (lua/rgr)

  • Johann Zarco Jadi Pebalap MotoGP Pertama yang Dipastikan Ikut Era Mesin 850 cc

    Johann Zarco Jadi Pebalap MotoGP Pertama yang Dipastikan Ikut Era Mesin 850 cc

    Jakarta

    Johann Zarco menjadi pebalap MotoGP pertama yang dipastikan ikut era mesin baru MotoGP 850 cc. Diketahui Zarco baru saja memperpanjang kontrak dengan tim satelit Honda LCR hingga 2027. Dan tahun 2027 merupakan masa di mana regulasi MotoGP berubah secara besar-besaran, termasuk kapasitas mesin yang makin menyusut.

    “Jika Anda adalah pabrikan yang sedang berkembang dan memasuki era baru, Anda akan memerlukan stabilitas. Dan saya pikir, Honda bakal menggunakan Zarco sebagai jangkar untuk menyegarkan kedua sisinya,” ungkap pengamat MotoGP, Lewis Duncan, dikutip dari Crash.

    Sebagian besar kontrak pebalap MotoGP habis di akhir musim 2025 atau di akhir musim 2026. Sampai berita ini ditulis, Zarco menjadi satu-satunya pebalap yang memiliki kontrak hingga tahun 2027. Artinya, Zarco jadi pebalap pertama MotoGP yang memastikan diri mengikuti era baru MotoGP 2027 dengan banyaknya perubahan regulasi.

    Sebagai informasi, pada 2024 lalu Dorna telah mengumumkan regulasi anyar yang akan hadir di MotoGP 2027. Salah satunya adalah kapasitas mesin yang diturunkan dari 1.000 cc menjadi 850 cc.

    Tujuan pengurangan kapasitas mesin itu adalah untuk membuat olahraga otomotif ini aman buat para pebalapnya. Jadi pengurangan kapasitas mesin itu akan membuat top speed motor berkurang. Selain menjadikan motor lebih aman, jarak tempuh motor juga bisa meningkat, sehingga lebih efisien dan berkelanjutan.

    Tak hanya kapasitas mesin yang dikurangi, jumlah maksimal mesin satu tim untuk satu musim juga dikurangi, dari tujuh menjadi enam. Kemudian bahan bakar yang dipakai juga 100% non-fosil. Angka itu meningkat dari jumlah minimal 40% sejak 2024.

    Berbarengan dengan perubahan bahan bakar, kapasitas tangki bahan bakar juga akan dikurangi dari 22 liter menjadi 20 liter. Pebalap diperbolehkan memakai 11 liter selama balap sprint.

    Hal lain yang diubah adalah sistem aerodinamika. Aerodinamika akan dikurangi dan dikontrol lebih ketat mulai tahun 2027, dengan tujuan meminimalkan dampak negatifnya.

    Dalam aturan baru, lebar bagian atas fairing depan akan lebih sempit 50 mm dan hidung akan didorong ke belakang 50 mm, sehingga mengurangi efek aero di area penting, terutama di jalan lurus dan area pengereman. Perubahan ini diyakini akan menciptakan balapan yang lebih ketat, dengan lebih banyak aksi menyalip.

    Sementara di bagian belakang, aero belakang atau lazim disebut sebagai Stegosaurus akan menjadi bagian dari homologasi mulai tahun 2027, dan tim hanya diperbolehkan memperbaruinya satu kali per musim.

    (lua/rgr)

  • Paling Murah Rp 29 Jutaan

    Paling Murah Rp 29 Jutaan

    Jakarta

    Honda Stylo 160 dijual mulai Rp 29 jutaan. Dengan harga segitu, pajak tahunnya ternyata Rp 300 ribuan. Berikut rincian harga dan pajak Honda Stylo 160.

    Lagi cari skutik bergaya retro? Honda Stylo 160 bisa jadi salah satu opsinya. Honda menyajikan Stylo 160 dengan gaya retro yang dipadukan dengan mesin 160 cc. Soal harga, Honda Stylo 160 per September 2025 bisa dibawa pulang mulai Rp 29 jutaan.

    Honda Stylo 160 disajikan dalam dua opsi yaitu CBS dan ABS. Kalau mau menginginkan varian CBS, harganya sedikit lebih mahal yakni Rp 32 jutaan. Untuk lebih lengkapnya, berikut ini harga Honda Stylo 160 dikutip dari laman resmi Astra Honda Motor.

    Harga Honda Stylo 160Honda Stylo CBS: Rp 29,17 jutaHonda Stylo ABS: Rp 32,161 jutaPajak Tahunan Honda Stylo 160

    Itu tadi harga terbaru Honda Stylo 160. Menyoal pajak, per tahun pemilik Honda Stylo 160 harus membayar Rp 300 ribuan. Ditelusuri detikOto dalam laman Bapenda Jawa Barat, pajak tahunan Stylo itu sebesar Rp 329 ribu. Rincian pajaknya sebagai berikut:

    PKB Pokok: Rp 177.100Opsen PKB Pokok: Rp 116.900SWDKLLJ: Rp 35.000Total: Rp 329.000

    Pajak itu berlaku di wilayah Jawa Barat untuk motor kepemilikan pertama dan merujuk pada versi CBS. Besar pajak bisa jadi berbeda untuk varian dan wilayah lainnya.

    Honda Stylo 160. Foto: Rifkianto Nugroho

    Honda Stylo dibekali mesin 160 cc, 4 katup, berpendingin cairan, eSP+ yang mampu menghasilkan tenaga sebesar 11,3 kW/8.500 rpm dan torsi maksimum sebesar 13,8 Nm/7.000 rpm. Model ini memiliki kapasitas tangki bahan bakar 5 liter dan ruang penyimpanan di bawah jok sebesar 16,5 liter.

    Pada sistem pengereman, skutik bagi penggemar fashion ini hadir dengan fitur Combi Brake System (CBS) dan Anti-lock Braking System (ABS) satu channel yang dilengkapi disc brake pada bagian depan dan belakang berukuran 220 mm – 220mm di tipe ABS dan memberikan keamanan ekstra. Velg berukuran 12 diselimuti ban berukuran 110/90 pada bagian depan dan 130/80 pada bagian belakang.

    (dry/rgr)

  • Denza D9 Terbaru Meluncur, Harga Malah Turun

    Denza D9 Terbaru Meluncur, Harga Malah Turun

    Jakarta

    Merek mobil mewah di bawah naungan BYD, Denza, baru saja meluncurkan MPV mewah Denza D9 varian terbaru di China. Harga Denza D9 itu justru lebih murah dibanding Denza D9 sebelumnya.

    Diberitakan CNEV, Denza D9 varian terbaru meluncur di pameran otomotif Chendu 2025 baru-baru ini. Denza merilis harga perkenalan untuk varian baru tersebut.

    Denza meluncurkan empat varian baru untuk MPV mewah Denza D9. Itu termasuk tiga varian plug-in hybrid (PHEV) dan satu varian listrik murni (BEV).

    Varian Denza D9 PHEV dijual dengan harga mulai dari 309.800 yuan (Rp 716,4 juta), 329.800 yuan (Rp 762,6 juta) sampai 459.800 yuan (Rp 1 miliaran). Sedangkan varian BEV dijual dengan harga 319.800 yuan (Rp 739,5 juta).

    Sebagai perbandingan, ketika D9 baru diluncurkan pada Desember 2024, varian PHEV dibanderol mulai dari 339.800 yuan (Rp 785 jutaan)) dan varian BEV dibanderol mulai dari RMB 379.800 (Rp 878 jutaan).

    Denza D9 Foto: Dok. Denza

    Denza D9 versi PHEV yang terbaru ini mengusung teknologi DM generasi kelima BYD. Mobil itu menghadirkan powertrain yang terdiri dari mesin 1,5L dan motor listrik yang menghasilkan daya maksimum 115 kW.

    Varian PHEV dilengkapi dengan baterai 40 kWh, yang menawarkan jangkauan listrik murninya 200 km atau 190 km (CLTC), sesuai opsi. Dengan tangki penuh dan baterai terisi penuh, daya jangkau gabungan mencapai 1.100 km atau 1.020 km.

    Varian D9 BEV yang baru dilengkapi dengan Baterai BYD Blade 103 kWh. Sekali cas sampai penuh, mobil itu bisa menjangkau jarak hingga 620 km (CLTC).

    Untuk diketahui, di Indonesia Denza D9 saat ini ditawarkan dengan baterai Blade 103,36 kWh. Sekali cas sampai penuh, Denza D9 bisa menjangkau jarak 600 km (NEDC). Saat peluncuran, Denza D9 di Indonesia dijual dengan harga Rp 950 juta.

    (rgr/din)

  • Volvo XC70 Baru Meluncur, SUV Hybrid Bisa Melaju 200 Km Tanpa Bensin!

    Volvo XC70 Baru Meluncur, SUV Hybrid Bisa Melaju 200 Km Tanpa Bensin!

    Jakarta

    Volvo resmi memperkenalkan XC70 terbaru. Beda dengan pendahulunya, SUV ini hadir sebagai plug-in hybrid (PHEV) jarak jauh pertama dari Volvo dan sanggup melaju lebih dari 200 kilometer tanpa isi bensin.

    Angka itu menjadikan XC70 sebagai mobil hybrid Volvo dengan jarak tempuh listrik terpanjang sejauh ini.

    Volvo XC70 PHEV Foto: dok. Volvo

    Dalam praktiknya, mobil PHEV bisa bekerja dengan minim emisi untuk kebutuhan harian dengan baterai dan motor listrik, sementara mesin bensin tetap tersedia untuk perjalanan jauh. Total jarak tempuhnya bahkan diklaim tembus 1.200 km dalam sekali pengisian penuh baterai dan tangki bensin.

    Volvo membangun XC70 di atas platform baru bernama Scalable Modular Architecture (SMA) yang dirancang khusus untuk PHEV jarak jauh.

    Tak cuma efisien, SUV ini juga dibekali fitur fast charging 0-80% hanya dalam 23 menit.

    Menariknya lagi, XC70 sudah mendukung teknologi bi-directional charging sehingga bisa dipakai layaknya power bank raksasa untuk alat elektronik atau perlengkapan camping.

    Dari sisi desain, nuansa Skandinavia kental terasa. Wajahnya kini menggunakan grille tertutup ala mobil listrik Volvo, sementara lampu belakang berbentuk C terintegrasi ke kaca belakang.

    Volvo XC70 PHEV Foto: dok. Volvo

    Interiornya dibuat lapang dengan material premium, layar sentral horizontal 15,4 inci, hingga opsi head-up display 92 inci berbasis augmented reality.

    Urusan keselamatan tentu tak ketinggalan. Volvo menyematkan paket teknologi Safe Space lengkap dengan radar, kamera, dan sensor untuk mencegah tabrakan.

    Fitur lain seperti Park Pilot Assist, lane change assist, sampai peringatan pintu agar tidak membahayakan pesepeda juga tersedia.

    Saat ini XC70 baru dipasarkan di China, dengan rencana menyusul ke Eropa. Belum ada kepastian soal pasar Asia Tenggara, apalagi Indonesia.

    Namun, bukan tak mungkin XC70 terbaru ini hadir di Indonesia. Terlihat dari bagaimana langkah Volvo di Tanah Air yang sudah menawarkan XC60 Recharge plug-in hybrid.

    (mhg/rgr)

  • 5 Alasan Mitsubishi Destinator Jadi Teman Perjalanan Keluarga Terbaik

    5 Alasan Mitsubishi Destinator Jadi Teman Perjalanan Keluarga Terbaik

    Jakarta

    Mitsubishi Destinator menjadi pilihan baru di segmen mobil SUV 7 penumpang. Mobil ini menawarkan banyak keunggulan buat keluarga Indonesia yang menginginkan mobil SUV premium nyaman dan canggih, baik untuk aktivitas harian maupun buat kebutuhan bertualang di akhir pekan.

    Di tengah ramainya pilihan mobil keluarga, Mitsubishi Destinator hadir membawa banyak hal menarik buat keluarga Indonesia. Statusnya sebagai 7-Seater Premium Family SUV menjadikan Mitsubishi Destinator mobil yang cocok untuk keluarga Indonesia, lantaran daya tampung yang besar, dan siap diajak road trip ke berbagai tujuan dengan beragam kondisi jalan.

    Enggak usah khawatir soal kenyamanan dan keamanan, Mitsubishi Motors menyematkan beragam teknologi tinggi pada jagoan terbarunya ini. Mitsubishi Destinator dibekali mesin 1.500cc turbo dengan Water Cooled Intercooler, yang menjanjikan tenaga besar dan efisiensi bahan bakar.

    Beberapa pilihan mode berkendara menjadikan Mitsubishi Motors sebagai 7-Seater Premium Family SUV yang serba bisa. Bisa untuk road trip jarak jauh, bisa jadi teman bertualang ke lokasi-lokasi sulit, dan yang tak kalah penting bisa memenuhi kebutuhan dan keinginan seluruh anggota keluarga.

    1. Kabin Luas: Ruang Keluarga Kedua

    Begitu masuk ke dalam kabin, Mitsubishi Destinator langsung menyuguhkan aura premium. Ini impresi pertama yang kami rasakan ketika duduk di kursi baris pertama dan kedua. Ruang kaki lapang, kursi ergonomis, plus material kabin yang elegan bikin suasana jadi menyenangkan.

    Kabin Mitsubishi Destinator memiliki kesan yang lapang dan nyaman hingga tempat duduk di baris ketiga, seakan-akan jadi ruang keluarga kedua setelah di rumah. Pengalaman tester detikOto, dengan tinggi 175 cm masih cukup nyaman duduk di baris ketiga Mitsubishi Destinator. 7-Seater Premium Family SUV ini dilengkapi dengan Panoramic Sunroof, yang menciptakan kabin terasa lapang dan mewah, serta menghadirkan pencahayaan alami dan pandangan yang luas ke lanskap kota maupun alam.

    Dari sisi akomodasi, dengan kursi baris ketiga yang digunakan, masih ada ruang untuk empat galon air. Dengan pembagian 40:20:40 di baris kedua serta kursi lipat individual 50:50 di baris ketiga.

    Beragam konfigurasi kursi tersedia dan kedua baris dapat dilipat rata untuk menciptakan ruang kargo yang lapang, sehingga ideal buat membawa barang-barang panjang dan beragam muatan lain.

    Kabin luas Mitsubishi Destinator Foto: Rifkianto Nugroho

    2. Mesin Turbo: Powerful

    Mitsubishi Destinator dilengkapi mesin turbo MIVEC 1,5 liter, turbo 4B40 yang telah terbukti. Memiliki fitur Water Cooled Intercooler dan juga sebuah siklus rasio ekspansi tinggi (Atkinson cycle) 6 dengan tenaga maksimum 120 kW (160 dk) dan torsi puncak 250 Nm.

    Transmisinya menggunakan Continuously Variable Transmission (CVT) yang diklaim memberikan akselerasi linear sesuai tekanan pedal gas, memastikan respons akurat yang mencerminkan keinginan pengemudi. Baik saat berkendara di jalan kota atau melaju di jalan tol, CVT memberikan performa yang halus dan senyap.

    Ketika tenaga lebih besar dibutuhkan, seperti saat menyalip di tanjakan atau masuk ke jalan bebas hambatan, sistem ini memberikan akselerasi langsung dan juga bertenaga, menawarkan pengalaman berkendara yang dinamis dan responsif. Ini terasa betul kami rasakan saat membawa Mitsubishi Destinator ini melewati jalanan menanjak yang panjang di jalan tol dari Jakarta menuju Bandung.

    3. Terbukti Irit

    Untuk ukuran mesin turbo, konsumsi bahan bakar Mitsubishi Destinator ini tergolong irit. Kami juga sempat menguji mobil ini dalam beberapa skenario. Di dalam kota dengan kecepatan rata-rata 25 km per jam, konsumsi bensin yang tercatat di MID ada di angka 14,3 km per liter.

    Sementara ketika dibawa cruising di jalan tol dengan kecepatan rata-rata 80 km per jam, SUV ini bisa lebih irit lagi dengan catatan 16,4 km per liter. Data tersebut kami ambil dari MID.

    Lalu kami juga melakukan tes perjalanan dari Jakarta ke Bandung menggunakan metode full to full. Dalam tes ini, mobil diisi penuh lebih dulu di Jakarta Selatan, lalu dipakai menempuh perjalanan sejauh 141,1 km dengan tiga orang penumpang dan bagasi terisi.

    Mitsubishi Destinator Foto: Muhammad Zaky Fauzi Azhar

    Di layar MID, konsumsi BBM rata-rata menunjukkan 15,6 km per liter dengan kecepatan rata-rata 66 km per jam. Namun hasil lebih akurat kami dapat setelah tangki kembali diisi penuh setibanya di Bandung.

    Dan dibutuhkan bensin 9,15 liter atau setara sekitar Rp 111 ribuan dengan BBM RON 92. Artinya, konsumsi bensin rata-rata Mitsubishi Destinator di rute Jakarta-Bandung adalah sekitar 15,45 km per liter. Tergolong irit untuk mobil yang memiliki body besar seperti Mitsubishi Destinator.

    4. Lima Mode Berkendara: Libas Semua Kondisi Jalan

    Mode berkendara juga menjadi salah satu fitur unggulan Mitsubishi Destinator. Pengemudi dapat memilih lima mode berkendara yang dirancang untuk lewati berbagai kondisi permukaan jalan.

    Dirancang untuk jalan hujan, Wet Mode memberikan stabilitas tinggi dan mengurangi risiko selip ban, sementara mode Tarmac menawarkan respons yang gesit dan presisi, di jalan beraspal yang berkelok-kelok dan akselerasi yang tajam saat keluar dari kemacetan.

    Mode Normal adalah keseimbangan untuk berkendara sehari-hari, mode Gravel mengurangi selip dan memastikan pengendalian yang andal di jalan yang tidak beraspal, serta Mud mode memberikan pengendalian jalan yang kuat bahkan di medan berlumpur dan kasar.

    Mitsubishi Destinator juga memanfaatkan teknologi all-wheel control dari Mitsubishi Motors untuk menghadirkan pengalaman berkendara yang aman, andal, dan nyaman. Teknologi ini menghadirkan pengendalian yang mantap khas SUV di berbagai permukaan jalan dan kondisi cuaca.

    Mitsubishi Destinator jadi makin mantap dan aman handlingnya lantaran punya sistem Active Yaw Control (AYC). Sederhananya, fitur ini berfungsi meningkatkan performa saat menikung. Ini membuat kendaraan bisa merespon sesuai keinginan pengemudi dan meningkatkan keamanan pengereman, terlebih saat bermanuver.

    Hasil tes Konsumsi BBM Mitsubishi Destinator Ultimate di rute tol Foto: Muhammad Hafizh Gemilang

    5. Sistem Keselamatan Komplet Tanpa Kompromi

    Mitsubishi Destinator juga dibekali seperangkat fitur keselamatan yang lengkap dan canggih. Dengan sistem keamanan Diamond Sense mulai dari sistem bantuan pengemudi yang canggih yang meliputi Adaptive Cruise Control (with Low-Speed Follow), Forward Collision Mitigation System (FCM), Blind Spot Warning (BSW), Rear Cross Traffic Alert (RCTA), Automatic High Beam (AHB), lalu ada Leading Car Departure Notification (LCDN), Multi Around Monitor, hingga Rain Sensing Wiper System, yang secara keseluruhan memberikan perlindungan preventif tingkat tinggi.

    Dilengkapi juga dengan enam SRS Airbag, Mitsubishi Destinator memastikan fitur keselamatan terhadap tabrakan atau benturan dengan menyerap energi dan meminimalkan deformasi kabin saat terjadi benturan.

    Wujud Mitsubishi Destinator Ultimate yang dites oleh redaksi detikOto Foto: Muhammad Zaky Fauzi Azhar

    Lebih jauh lagi, Mitsubishi Destinator juga menawarkan fitur MITSUBISHI CONNECT yang memudahkan pengendara mobil untuk memonitor kondisi kendaraan. Termasuk di antaranya remote control dimana pengguna dapat mengontrol mobil dari jarak jauh seperti menyalakan mesin dan AC, mengunci kendaraan, menyalakan lampu, hingga memantau posisi kendaraan dari jarak jauh. Tidak hanya itu, tersedia juga SOS/Emergency Assistance (eCall) untuk menghubungi bantuan darurat dengan satu sentuhan pada mobil. Juga Automatic Collision Notification, yakni sistem otomatis mengirimkan bantuan saat terdeteksi kecelakaan.

    Ada juga Roadside Assistance (bCall), di mana pengguna Mitsubishi Destinator bisa meminta bantuan teknis atau derek langsung dari layar infotainment atau melalui aplikasi. Hal ini menunjukkan keseriusan Mitsubishi Motors untuk menjawab kebutuhan keluarga di Indonesia yang mengutamakan kenyamanan dan keamanan baik untuk perjalanan jarak dekat maupun jarak jauh melalui teknologi terkini yang lengkap dan canggih.

    (lua/din)

  • BBM untuk Transportasi Darat, Laut, dan Udara di Bali Dijamin Aman

    BBM untuk Transportasi Darat, Laut, dan Udara di Bali Dijamin Aman

    JAKARTA – Pasokan dan distribusi bahan bakar minyak (BBM) untuk sektor transportasi darat, laut, maupun udara di Pulau Bali dipastikan berjalan dengan aman dan lancar. Hal ini dikemukakan Badan Pengatur Hilir Minyak dan Gas Bumi (BPH Migas).

    Anggota Komite BPH Migas Basuki Trikora Putra dalam keterangan di Jakarta, Sabtu menyatakan saat melakukan pemantauan ke Integrated Terminal (IT) Manggis, Karangasem, Bali, Kamis (28/8/2025), kelancaran pasokan BBM berperan penting untuk mobilitas masyarakat dan mendukung pertumbuhan ekonomi Provinsi Bali.

    BPH Migas terus melakukan monitoring agar ketersediaan BBM memadai dan seluruh kegiatan ekonomi dapat berjalan dengan baik.

    “Bali ini menjadi destinasi wisata internasional dan sudah mendunia, sehingga support kebutuhan energi, di antaranya BBM maupun aviasi harus betul-betul tersedia dengan baik,” ujar Basuki, yang akrab disapa Tiko, dikutip dari ANTARA, Sabtu, 30 Agustus.

    Selain ketersediaan pasokan, menurut dia, BPH Migas juga memberi perhatian pada kesiapan sarana distribusi.

    Tiko pun menekankan pentingnya memastikan armada dan awak mobil tangki dalam kondisi terbaik agar distribusi energi tidak terganggu.

    “Kami juga ingin mengecek operasional mobil tangki sebagai alat distribusi BBM kepada lembaga penyalur. Ini harus betul-betul dipastikan, kondisi mobil tangki dan awak mobil tangki dalam keadaan sebaik-baiknya,” tuturnya.

    BPH Migas juga turut memastikan produk BBM yang beredar wajib sesuai dengan spesifikasi yang telah ditetapkan pemerintah.

    “Selanjutnya, bagian dari rantai pasok ini adalah produk. Tentu, menjadi tugas dan tanggung jawab BPH Migas bahwa produk yang dijual kepada konsumen telah memenuhi syarat, ketentuan, dan spesifikasi yang diterbitkan oleh pemerintah,” ucapnya.

    Sementara itu, Integrated Terminal Manager Manggis Pertamina Patra Niaga Jon Kennedy menjelaskan bahwa IT Manggis memiliki kapasitas tangki yang besar.

    “Untuk stok BBM di Bali aman. Tangki (BBM) kita cukup banyak dan kapasitas tangki pun cukup besar. Satu tangki rata-rata hampir berisi 10.000 kiloliter,” jelasnya.

    Monitoring surat rekomendasi

    Pada Jumat (29/8/2025), BPH Migas melanjutkan pemantauan ke stasiun pengisian bahan bakar umum nelayan (SPBUN) di Badung, Bali, untuk mengecek penyaluran BBM subsidi dan kompensasi bagi nelayan melalui surat rekomendasi.

    Tiko menekankan pentingnya koordinasi dengan pemerintah daerah bila ditemukan ketidaksesuaian dokumen surat rekomendasi.

    “Pihak penyalur harus lebih hati-hati, jangan sampai memberikan kuota BBM subsidi dan kompensasi kepada konsumen pengguna yang tidak sesuai dengan ketentuan. Penyalur harus melaporkan kepada dinas terkait apabila terdapat konsumen pengguna yang surat rekomendasi tidak sesuai,” terang Tiko.

    BPH Migas juga menyambangi Aviation Fuel Terminal (AFT) Ngurah Rai di Badung.

    Tiko menilai ketersediaan avtur di Bali dalam kondisi baik dan perlu terus dijaga untuk mendukung layanan penerbangan.

    “Kondisi pasokan dan penyaluran avtur di AFT Ngurah Rai ini sudah berjalan cukup baik, dan yang penting, operasional di sini harus tetap kondusif agar tetap dapat memberikan pelayanan penerbangan bagi masyarakat di Bali,” imbuhnya.

    Dalam kesempatan ini, BPH Migas melakukan monitoring hasil uji coba pelaksanaan Sustainable Aviation Fuel (SAF), yang merupakan campuran avtur dan 2,5 persen minyak jelantah atau used cooking oil (UCO) oleh maskapai Pelita Air dengan rute penerbangan Jakarta-Bali.

    Tiko mengungkapkan hal ini menunjukkan komitmen Indonesia dalam transisi energi bersih dan pengurangan emisi gas buang.

    “BPH Migas mengapresiasi hasil produk SAF ini. Merupakan pencapaian luar biasa, sehingga ke depan dapat mendukung implementasi penggunaan SAF pada bandara tertentu di Indonesia,” sebut Tiko.

    Dalam pemantauan ini, turut hadir AFT Manager Ngurah Rai I Komang Susilo Gosa, Sales Area Manager Fuel Retail Bali Pertamina Patra Niaga Endo Eko Satryo, Sales Branch Manager Fuel I Bali Pertamina Patra Niaga Azam Akbar Hawariy, serta Sales Branch Manager Fuel III Bali Pertamina Patra Niaga Made Bilan.

  • BYD Luncurkan Varian Baru Denza D9, Harga Jauh Lebih Murah

    BYD Luncurkan Varian Baru Denza D9, Harga Jauh Lebih Murah

    JAKARTA — Denza, merek premium kendaraan energi baru (NEV) dari BYD, membuat langkah strategis dengan meluncurkan beberapa varian baru untuk MPV Denza D9 di pameran otomotif Chengdu 2025 yang kini tengah berlangsung di China.

    Denza D9 yang juga cukup laris di tanah air ini juga mengalami penurunan harga yang signifikan.

    Mengutip laporan CnEVPost, Jumat, 29 Agustus, harga awal Denza D9 kini dimulai dari 309.800 yuan (sekitar Rp713 juta), turun drastis dari harga sebelumnya yang mulai dari 339.800 yuan (selitar Rp782 juta). Varian-varian baru ini terdiri dari tiga model plug-in hybrid (PHEV) dan satu model listrik murni (BEV).

    Diketahui, Denza D9 di Indonesia tidak memiliki varian PHEV, hanya ditawarkan dalam versi listrik murni (BEV) dengan OTR Jakarta Rp950 juta.

    Spesifikasi dan Performa Unggul

    Varian PHEV terbaru dari Denza D9 dibekali teknologi DM generasi kelima milik BYD, yang memadukan mesin 1.5L dengan motor listrik. Dengan paket baterai 40-kWh, MPV ini menawarkan jarak tempuh listrik murni (CLTC) hingga 200 km dan jarak tempuh gabungan luar biasa hingga 1.100 km dengan tangki penuh dan baterai terisi penuh.

    Sementara itu, varian BEV terbaru dilengkapi BYD Blade Battery 103-kWh yang mampu menempuh jarak hingga 620 km (CLTC). Varian baru ini dibanderol mulai dari RMB 319.800, jauh lebih terjangkau dibanding harga awal varian BEV sebelumnya yang mencapai RMB 379.800.

    Sebagai model pertama dari merek Denza, D9 telah menjadi tulang punggung penjualan. Pada bulan Juli, Denza berhasil menjual 11.375 unit, di mana 8.331 unit di antaranya adalah D9 MPV.

    Dengan penambahan varian yang lebih terjangkau, Denza berupaya memperluas basis konsumen dan memperkuat posisinya di segmen MPV premium yang kompetitif. Langkah ini menegaskan komitmen BYD untuk membuat teknologi canggih lebih mudah diakses oleh lebih banyak pelanggan.

  • Digeber Ratusan Kilometer, Segini Konsumsi BBM Honda Step Wgn Hybrid

    Digeber Ratusan Kilometer, Segini Konsumsi BBM Honda Step Wgn Hybrid

    Jakarta

    Tim detikOto dapat kesempatan menggeber Honda Step Wgn Hybrid sejauh ratusan kilometer. Ternyata, konsumsi BBM-nya tembus segini.

    Untuk pertama kalinya, PT Honda Prospect Motor menggelar tes drive Step Wgn Hybrid. Ada sembilan awak media yang diajak merasakan langsung sensasi berkendara MPV pintu geser Honda berteknologi hybrid itu dari kantor PT HPM di kawasan Sunter menuju Surabaya. Jarak tempuhnya kira-kira 760 kilometer. Sejatinya, bukan hanya Step Wgn Hybrid, melainkan ada juga dua mobil lainnya yang dites bersamaan yakni HR-V Hybrid dan CR-V Hybrid. Namun pada artikel ini, detikOto hanya akan menyorot performa Step Wgn Hybrid.

    “Kami sengaja gabungkan dengan mobil hybrid lainnya karena kita mau kasih pengalaman bahwa teknologi hybridnya Honda itu beda. Hemat udah pasti karena marwahnya hybrid harus hemat lah, tapi yang mau kita rasakan itu karakter hybridnya Honda itu fun to drive,” terang Communication Strategy Sub-Division Head PT Honda Prospect Motor Yulian Karfili sebelum memulai perjalanan.

    Interior Honda Step Wgn Hybrid Foto: (Dina Rayanti/detikOto)

    Pada perjalanan kali ini, kami berhenti sebanyak tiga kali yaitu di rest area KM 166, rest area KM 379 A, dan rest area KM 575 A. Kami baru berkesempatan bertukar mobil ke Step Wgn Hybrid pada KM 379 A dan tak langsung menyetir. Kami duduk di kursi penumpang belakang untuk merasakan kenyamanan sepanjang ratusan kilometer tersebut.

    Di kursi penumpang, kami disambut kabin yang lega cocok buat angkut keluarga perjalanan jauh. Terlebih, sudah ada captain seat dengan super longslide yang membuat kami bisa menyesuaikan posisi duduk senyaman mungkin. Tak cuma itu, di baris kedua joknya juga sudah Sofa Mode Ottoman dan bisa direbahkan secara total sehingga kami bisa selonjoran.

    Konsumsi BBM Honda Step Wgn Hybrid

    Sepanjang perjalanan itu, matahari cukup terik. Beruntung ada passenger side sunshade yang melindungi kami dari silau selama duduk di kursi penumpang. Tak terasa, perjalanan sampai di rest area KM 575 A. Di odometer, tercatat konsumsi BBM Honda Step Wgn Hybrid itu 16,1 km/liter. Kemudian, jarak tempuhnya juga masih 195 km. Sejatinya, mobil masih bisa melaju ke Surabaya tanpa isi bensin. Namun untuk meminimalisir kekhawatiran akan kondisi jalan yang tak bisa diduga seperti macet atau gangguan lainnya, maka tangki bensin diisi penuh kembali.

    Honda Step Wgn Hybrid Foto: (Dina Rayanti/detikOto)

    Setelah tangki BBM Honda Step Wgn Hybrid diisi penuh, perjalanan kembali dilanjutkan. Oiya sebelum melanjutkan perjalanan, odometer juga sudah direset ke 0 km lagi. Kali ini giliran tim detikOto yang berada di balik kemudi dan perjalanan dilanjutkan pada malam hari.

    Kami menyetir dari KM 575 A menuju Surabaya. Nggak disangka, meski punya badan yang bongsor, rasa berkendara Step Wgn Hybrid cukup menyenangkan. Saat pedal gas dibejek, rasanya cukup responsif dan tidak lemot. Bahkan rasanya tak seperti mengendarai mobil besar. Handlingnya juga sangat baik sekalipun dipacu dalam kecepatan tinggi.

    Pada saat nyetir, kami menjaga kecepatan mobil secara dinamis yakni di 100 km/jam dan kondisi jalan sangat lancar. Honda masih menyematkan beberapa tombol fisik pada Step Wgn Hybrid. Ini menjadi kemudahan tersendiri bagi kami saat sedang menyetir dan harus mengatur suhu AC. Sayangnya, Honda belum menyematkan kamera 360 di Step Wgn Hybrid. Jadi penglihatan kami cukup terbatas, apalagi di malam hari. Diketahui, Honda hanya menyematkan kamera parkir belakang untuk membantu pengendara memarkirkan mobil. Namun menurut kami, kualitas gambarnya seharusnya bisa lebih baik lagi.

    Beruntung fitur Honda Sensing di Step Wgn Hybrid sudah cukup lengkap. Ini cukup membantu kami sepanjang perjalanan.

    Tak terasa, kami sampai di Surabaya. Sesampainya di Surabaya, mata langsung tertuju pada layar MID. Ternyata dari KM 575 A itu sesampainya di Surabaya jarak tempuhnya 182,2 km. Adapun catatan konsumsi BBM-nya 17,4 km/liter. Lumayan irit buat mobil bongsor yang mengusung mesin besin 2.0 L Atkinson-cycle dengan dua motor listrik tersebut.

    Tes drive Honda Step Wgn Hybrid Foto: Dok. PT Honda Prospect Motor

    Secara singkat, seperti penuturan Honda, karakter fun to drive di Step Wgn Hybrid ini tetap ada. Mobil nyaman, menyenangkan sekalipun bodinya besar. Kabinnya juga lega, sangat cocok buat bawa anggota keluarga. Kalaupun anggota keluarga sedikit, jok belakang bisa direbahkan dengan sangat mudah untuk dijadikan tempat penyimpanan barang yang lebih banyak. Menyoal kamera, dengan harga tembus Rp 600 jutaan, seharusnya kualitas gambar yang disajikan bisa lebih baik lagi.

    (dry/din)

  • Rusia Dihantam Krisis Energi, Warga bak Tikus Mati di Lumbung Padi

    Rusia Dihantam Krisis Energi, Warga bak Tikus Mati di Lumbung Padi

    Jakarta, CNBC Indonesia – Warga Rusia, negara eksportir energi terbesar dunia, kini menghadapi ironi. Mengisi penuh tangki bensin makin sulit.

    Krisis bahan bakar melanda berbagai wilayah setelah gelombang serangan drone Ukraina dalam beberapa pekan terakhir melumpuhkan sebagian besar kilang minyak, memicu lonjakan harga dan kelangkaan pasokan di dalam negeri.

    Sejumlah stasiun pengisian bahan bakar di wilayah timur jauh, selatan Rusia, hingga Semenanjung Krimea dilaporkan kehabisan stok. Para pengendara terpaksa beralih ke bensin dengan kadar oktan lebih tinggi yang jauh lebih mahal karena bensin reguler A-95 semakin langka.

    “Kami sudah menunggu berjam-jam, dan tidak ada yang tahu apakah mobil kami benar-benar akan terisi,” kata seorang pengendara di Dalnegorsk, wilayah timur jauh Rusia, yang terekam dalam video viral di media sosial, sebagaimana dikutip The Guardian, Kamis (28/8/2025).

    Menurut analis energi, serangan udara Ukraina sejak awal Agustus telah menghancurkan sekitar 17% kapasitas kilang minyak Rusia atau setara dengan 1,1 juta barel per hari. Serangan paling anyar dilaporkan mengenai pipa minyak Ryazan-Moskow, salah satu jalur utama pemasok bahan bakar ke ibu kota.

    “Serangan ini masif, terkoordinasi, dan berulang. Kilang tidak punya waktu memperbaiki kerusakan sebelum serangan berikutnya datang,” ujar Boris Aronstein, analis independen minyak dan gas.

    Ia menegaskan bahwa kali ini merupakan krisis BBM paling parah yang dialami Rusia dalam beberapa tahun terakhir.

    Harga grosir bensin A-95, bahan bakar yang paling banyak digunakan di Rusia, melonjak hingga 82.300 rubel per ton, hampir 54% lebih tinggi dibanding Januari lalu. Lonjakan ini menambah beban warga di tengah antrian panjang di SPBU.

    Sebuah kanal otomotif populer di Telegram, The Motorist’s Den, bahkan menyindir, “Rasanya sebentar lagi bensin akan dituang ke gelas sampanye, bukan ke tangki mobil.”

    Ironisnya, krisis ini terjadi di negara yang dikenal sebagai eksportir energi raksasa, dengan minyak mentah diekspor besar-besaran ke India dan China. Namun, sebagian besar kilang Rusia lebih difokuskan untuk produksi ekspor, sementara pasokan dalam negeri nyaris tidak memiliki cadangan penyangga.

    “Produksi domestik hanya cukup menutupi kebutuhan dalam negeri. Begitu ada gangguan, sistem langsung kewalahan,” jelas Aronstein.

    Kondisi makin sulit karena sanksi Barat memutus akses Rusia terhadap teknologi perbaikan kilang, membuat proses pemulihan infrastruktur energi berjalan lebih lambat. Bahkan sebelum serangan terakhir, pemerintah Rusia sudah memperketat larangan ekspor bensin untuk menahan lonjakan permintaan domestik.

    Di Krimea, wilayah yang dianeksasi Rusia pada 2014, dampaknya lebih buruk. Musim panas yang biasanya penuh wisatawan Rusia kini berubah kacau akibat bandara ditutup karena ancaman drone, sehingga arus wisatawan beralih ke jalur darat dan meningkatkan tekanan terhadap pasokan BBM.

    Kepala administrasi Krimea yang ditunjuk Kremlin meminta warga bersabar. “Harap dimaklumi pembatasan pada bensin oktan 95. Semua langkah stabilisasi harga sedang dilakukan baik oleh pemerintah federal maupun kami. Situasi ini bisa berlangsung hingga sebulan ke depan,” ujarnya.

    Meski begitu, para analis menilai krisis bensin ini belum cukup untuk mengguncang upaya perang Rusia.

    Sergey Vakulenko, peneliti senior di Carnegie Russia Eurasia Center sekaligus mantan eksekutif Gazprom, mengatakan sebagian besar sektor industri dan militer Rusia masih mengandalkan solar, bukan bensin.

    “Masih jauh sebelum sektor transportasi, pertanian, industri-atau yang terpenting, militer-mengalami kekurangan signifikan,” jelasnya.

    Namun, ia memperingatkan, jika serangan drone berlanjut hingga musim dingin, pemerintah mungkin terpaksa menerapkan sistem penjatahan bensin. “Kalau situasi memburuk, otoritas bisa saja memberlakukan rasionalisasi,” kata Vakulenko.

     

    (luc/luc)

    [Gambas:Video CNBC]