kab/kota: Tangki

  • Intip Spesifikasi Mobil Hybrid Terbaru Omoda 09 SHS

    Intip Spesifikasi Mobil Hybrid Terbaru Omoda 09 SHS

    Jakarta

    Chery Group menggelar uji performa eksklusif mobil hybrid terbarunya, Omoda O9 SHS, di Sirkuit Tianma, Shanghai, dalam ajang Omoda & Jaecoo International User Summit 2025. Mobil hybrid flagship terbaru Omoda itu diuji dalam berbagai skenario lintasan, termasuk akselerasi dan slalom berkecepatan tinggi, untuk membuktikan performa dan kestabilan yang luar biasa dari teknologi Quad-Motor AWD PHEV. Seperti apa spesifikasi mobil ini?

    Selama pengujian, Omoda O9 SHS menunjukkan performa buas berkat empat motor penggerak independen yang mampu menghasilkan output gabungan hingga 395 kW dan torsi puncak 650 Nm. Akselerasi 0-100 km/jam diklaim hanya 4,9 detik, menjadikannya salah satu SUV hybrid paling cepat di kelasnya.

    Sistem penggerak semua roda (AWD) yang smart diklaim mampu menyesuaikan distribusi torsi antara roda depan dan belakang secara otomatis sesuai kondisi jalan, menjaga traksi optimal dan kestabilan maksimal bahkan di tikungan berkecepatan tinggi.

    Omoda 09 SHS Foto: Dok. Omoda

    Performa tinggi itu semakin disempurnakan dengan sistem CDC Adaptive Suspension berbasis elektromagnetik yang mampu memindai kondisi jalan hingga 1.000 kali per detik. Teknologi ini memungkinkan sistem suspensi menyesuaikan peredaman secara real-time, menjaga kenyamanan dan kestabilan mobil di berbagai kondisi jalan. Hasilnya, pengendara bisa merasakan kenyamanan khas sedan premium dengan pengendalian sporty khas SUV.

    Dari sisi efisiensi, Omoda O9 SHS dilengkapi baterai 34,46 kWh-terbesar di kelasnya-dan tangki bahan bakar 70 liter, yang secara total menawarkan jarak tempuh lebih 1.100 km dalam sekali pengisian penuh. Lewat fitur fast charging DC 65 kW, baterainya dapat diisi dari 30% ke 80% hanya dalam 25 menit.

    Urusan keselamatan juga tak main-main. Struktur bodinya menggunakan 85% baja berkekuatan tinggi dengan desain ‘space capsule’, serta telah meraih rating bintang lima dari E-NCAP dan A-NCAP, menjadikannya salah satu SUV hybrid paling aman di dunia.

    “Omoda O9 SHS bukan sekadar SUV hybrid dengan performa luar biasa, tetapi juga simbol kemajuan teknologi elektrifikasi Omoda secara global. Kami ingin menghadirkan pengalaman berkendara yang efisien, bertenaga, dan cerdas bagi konsumen Indonesia,” ujar Max Zhou, Country Director Omoda & Jaecoo Indonesia.

    Setelah diuji di Shanghai, Omoda O9 SHS dijadwalkan menjalani uji lanjut di Sirkuit Nürburgring, Jerman, sebelum dipasarkan ke negara-negara berstandar tinggi seperti Jerman, Prancis, dan tak lama lagi, Indonesia.

    (lua/riar)

  • Indonesia Bakal Beli 42 Jet Tempur J-10C Rakitan China

    Indonesia Bakal Beli 42 Jet Tempur J-10C Rakitan China

    Bisnis.com, JAKARTA – Pemerintah Indonesia melalui Kementerian Pertahanan akan membeli jet tempur rakitan China yang diperkirakan hadir dalam waktu dekat di Tanah Air.

    Melansir Airdatanews.com, Jumat (17/10/2025), Indonesia berencana mengakuisisi 42 jet tempur Chengdu J-10C rakitan China. Indonesia juga menjadi negara pertama yang membeli pesawat asal Negeri Tirai bambu itu. 

    Pembahasan pembelian jet tempur telah berlangsung sejak Mei. Akuisisi J-10C dinilai dapat memengaruhi pengadaan regional dan ekspor Pertahanan China di Asia Tenggara.

    Sebelumnya, Kepala Biro Humas Setjen Kementerian Pertahanan (Kemenhan) RI, Brigjen TNI Frega Wenas Inkiriwang mengatakan pesawat tempur Chengdu J-10 yang ingin dibeli Kemenhan, masih dikaji oleh TNI AU.

    Proses pengkajian tersebut dilakukan untuk memastikan pembelian pesawat tempur J-10 tepat untuk memperkuat pertahanan udara Indonesia. 

    Melansir Bisnis, pesawat jet tempur J-10C memiliki panjang 16,9 meter, rentang sayap 11,3 meter, tinggi 5,7 meter dan berat ketika kosong tanpa awak yaitu 9.750 kg. J-10C merupakan pesawat generasi 4.5 bermesin tunggal jenis WS-10 Taihang.

    Jangkauan jelajah mencapai maksimum 1.850 km (tanpa tangki bahan bakar tambahan). J-10C mampu mengangkut 

    rudal udara-ke-udara jarak jauh PL-15 (200-300 km),  rudal jarak pendek PL-10 dan Bom presisi berpemandu laser/GPS, rudal anti-kapal dan bom konvensional.

    Selain itu, J-10C disisipi teknologi radar AESA yang dapat melacak dengan jangkauan jauh dan mampu mengunci banyak target. Radar ini digadang bisa menangkal gangguan elektronik yang memengaruhi sistem pelacakan.

    Dari segi akselerasi, J-10C memiliki desain sayap canard-delta dan fly-by-wire membuatnya sangat lincah di dogfight jarak dekat, bahkan setara F-16 dalam kecepatan dan manuver.

    Pesawat ini juga memiliki rekam jejak pertempuran yang cukup banyak. Salah satunya, dalam konflik Pakistan dengan India.

  • Revitalisasi Tangki LNG Arun F-6004 Ditarget Rampung Akhir 2025 – Page 3

    Revitalisasi Tangki LNG Arun F-6004 Ditarget Rampung Akhir 2025 – Page 3

    Liputan6.com, Jakarta PT Perusahaan Gas Negara Tbk (PGN) memperkuat daya saing bisnis gas alam cair (Liquefied Natural Gas/LNG) di kancah global. Hal ini seiring dengan berakhirnya proyek revitalisasi tangki LNG Arun F-6004 yang dijalankan PT Perta Arun Gas (PAG).

    Direktur Infrastruktur dan Teknologi PGN, Hery Murahmanta, mengatakan, progres revitaliasi tangki LNG Arun F-6004 hingga Juni 2025 telah mencapai 81,1 persen untuk tangki dan 94,39 persen untuk fasilitas pendukungnya, dengan target commissioning pada akhir 2025.

    Revitalisasi ini merupakan bagian dari strategi jangka menengah PGN untuk memperkuat fundamental bisnis LNG.

    “Arun memiliki potensi besar sebagai hub LNG regional karena lokasinya yang strategis di jalur perdagangan utama dan kedekatannya dengan pasar LNG Asia Tenggara dan Asia Selatan. Revitalisasi tangki F-6004 menjadi langkah awal untuk mendukung arah tersebut,” ungkap Hery, Jumat (17/10/2025).

    Tangki F-6004 yang kembali aktif nantinya diharapkan dapat meningkatkan utilisasi terminal hingga 25 persen. Dengan tambahan kapasitas ini, PGN memproyeksikan potensi kontribusi tambahan terhadap pendapatan konsolidasian, sekaligus memberikan dampak ekonomi positif melalui penciptaan lapangan kerja langsung maupun tidak langsung di wilayah Aceh.

     

  • Lelang RX-King Mulai Rp 3,5 Jutaan

    Lelang RX-King Mulai Rp 3,5 Jutaan

    Jakarta

    Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) DIY sedang melelang eks motor dinas kepolisian resor Sleman. Sebanyak empat Yamaha RX-King tercantum dalam daftar kendaraan yang dilelang.

    RX-King yang dilelang itu punya nilai limit paling murah Rp 3.506.517 (Rp 3,5 jutaan). Sementara itu, nilai jaminan yang harus disetorkan di awal juga sama angkanya dengan nilai limit.

    Berikut ini daftar 4 RX-King yang akan dilelang lewat aplikasi lelang e-Auction:

    – Yamaha RX-King (kode mesin 3KA 526931): Nilai Limit Rp 3.506.517
    – Yamaha RX-King (kode mesin 3KA 524552): Nilai Limit Rp 3.506.517
    – Yamaha RX-King (kode mesin 3KA 564303): Nilai Limit Rp 3.955.583
    – Yamaha RX-King (kode mesin 3KA789058): Nilai Limit Rp 4.526.100

    Perlu diketahui harga limit itu berbeda dari harga lelang. Harga limit merupakan harga minimal barang yang akan dilelang dan ditetapkan oleh Penjual. Sedangkan harga lelang adalah harga penawaran tertinggi yang diajukan oleh Peserta Lelang yang telah disahkan sebagai pemenang oleh Pejabat Lelang.

    Dikutip dari laman Dirjen Kemenkeu, harga limit lelang mungkin lebih murah dari pasaran. Akan tetapi saat hasil lelang ditetapkan, harga bisa saja lebih tinggi dari pasaran. Hal ini disebabkan karena lelang menggunakan sistem penawaran tertinggi. Penawar dengan bidding tertinggi yang bakal menang, sehingga bisa jadi saat lelang peserta terbawa nafsu kemudian menawar dengan harga di atas pasaran.

    Pelaksanaan lelang dilakukan secara online tanggal 27 Oktober 2025. Bagi yang tertarik bisa melihat unitnya secara langsung sebab kondisi barang apa adanya. Open house ini dimulai dari tanggal 13 Oktober hingga 27 Oktober 2025 di Polresta Sleman.

    Dalam laman lelang.go.id itu terdapat foto-foto kendaraan yang dilelang. Adapun 4 unit RX King itu terlihat masih menggunakan pelat dinas kepolisian. Namun beberapa komponen sudah tidak terlihat, misalnya tangki.

    Saat dimintai konfirmasi, Tim Humas KPKNL DIY membenarkan informasi tersebut. Persyaratannya cukup mudah, peserta harus melakukan pendaftaran atau registrasi akun terlebih dahulu.

    “Lelang di DJKN dilaksanakan secara online di laman lelang.go.id. Syarat untuk daftar akun yaitu KTP, Nomor HP, dan email aktif. Untuk dapat mengikuti lelang, peserta harus terlebih dahulu menyetorkan uang jaminan dengan nominal yang ditentukan untuk tiap-tiap lelang,” kata Tim Humas KPKNL DIY kepada detikJogja, Kamis (16/10/2025).

    Peserta yang terverifikasi kepersetaannya dapat melakukan penawaran lelang. Kemudian, peserta dengan lelang tertinggi dinyatakan menjadi pemenang lelang.

    “Peserta lelang yang tidak dinyatakan sebagai pemenang, maka uang jaminan lelangnya akan dikembalikan,” lanjut Tim Humas KPKNL DIY.

    (riar/din)

  • Etanol 10 Persen Aman Tanpa Modifikasi buat Mobil Tahun Keluaran Segini

    Etanol 10 Persen Aman Tanpa Modifikasi buat Mobil Tahun Keluaran Segini

    Jakarta

    Pemerintah mewajibkan penggunaan bahan bakar minyak (BBM) dengan kandungan etanol 10 persen mulai tahun depan. Bagaimana kecocokan bahan bakar itu dengan mobil di Indonesia?

    Menteri Koordinator Bidang Pangan Zulkifli Hasan atau Zulhas mengatakan bahan bakar minyak (BBM) mengandung etanol 10% akan diterapkan mulai tahun depan.

    “BBM etanol direncanakan tahun depan. Karena itu kita sekarang besar-besaran untuk mengembangkan tebu dan singkong. Wajib (penggunaan BBM etanol 10%), tapi kalau kita sudah siap ya, perintah Bapak Presiden begitu,” kata dia di Trade Expo Indonesia, ICE BSD, Tangerang, Rabu (15/10/2025).

    Pengamat otomotif, Yannes Pasaribu menyebut mesin mobil keluaran 2010 ke atas sudah dirancang untuk memenuhi standar emisi Euro 4 dan Euro 5, umumnya sudah dilengkapi teknologi injeksi modern serta material tahan etanol.

    “Desainnya memang disiapkan untuk konsumsi bahan bakar beretanol hingga E10, bahkan lebih. Dengan sistem pembakaran yang kompatibel, performa mesin meningkat dan emisi gas buang berkurang,” tutur Yannes dikutip dari Antara.

    Sementara kendaraan produksi sebelum 2010, lanjut Yannes, berpotensi tidak kompatibel dengan BBM E10.

    “Pada kendaraan berteknologi lama umumnya produksi sebelum 2010, materialnya belum comply etanol dalam persentase lebih dari 5 persen (E5), terutama pada bahan-bahan karet yang dipakai pada saluran BBM-nya, akibatnya, penutup dan pipa karetnya dapat cepat getas dan bisa menyebabkan kebocoran bahan bakar,” Yannes menjelaskan.

    Kendaraan tua umumnya masih banyak yang menggunakan tangki logam tanpa pelapis khusus. Dampaknya bisa membuatnya semakin rentan korosi karena etanol menyerap air. Selain itu, Engine Control Unit (ECU) yang belum adaptif pada kendaraan tersebut tidak dapat mengatur timing pengapian secara optimal, yang berujung pada pembakaran yang tidak efisien.

    Sekretaris Umum Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) Kukuh Kumara menyebutkan kendaraan bermotor yang diproduksi sejak tahun 2000 umumnya sudah kompatibel menggunakan E10 tanpa perlu modifikasi tambahan.

    “Kita sudah lama melakukan kajian, percobaan, dan berbagai macam. Jadi, kalau secara global saya sudah lihat dengan E10, jadi kendaraan-kendaraan yang dibuat di setelah tahun 2000, itu harusnya sudah mampu mengadopsi itu (BBM E10), tidak ada masalah,” kata dia.

    Bagaimana klaim pabrikan?

    Mengutip laman buku panduan manual Toyota Avanza, penggunaan campuran etanol pada mesin masih diperbolehkan. Namun kandungannya tidak lebih dari 10%.

    “Toyota membolehkan penggunaan bahan bakar campuran ethanol dengan kandungan hingga 10%. Pastikan bahwa campuran bahan bakar dengan ethanol yang digunakan memiliki angka oktan sesuai dengan di atas,” tulis keterangan dalam buku manual itu.

    Pun untuk angka oktan yang sesuai pada mobil Avanza merujuk pada BBM tanpa timbal dengan angka oktan 90 (sekelas Pertalite) atau lebih tinggi. Senada dengan Avanza, dalam buku panduan manual Mitsubishi Xpander pencampuran hingga 10% etanol dan 90% bensin bebas timbal masih bisa dilakukan.

    “Agar dapat menghasilkan kadar oktan yang setidaknya sama dengan rekomendasi minimal untuk bensin bebas timbal,” tulis keterangan di buku panduan manual Xpander.

    Begitu juga mobil Hyundai Stargazer. Pencampuran etanol dengan kadar 10% masih diperbolehkan. Tapi kalau lebih dari itu tidak diizinkan.

    “Jangan menggunakan gasohol yang mengandung lebih dari 10% etanol dan jangan menggunakan bensin atau gasohol yang mengandung metanol apapun. Salah satu dari bahan bakar ini dapat menyebabkan masalah drivability dan kerusakan pada sistem bahan bakar, sistem kontrol mesin, dan sistem kontrol emisi,” begitu keterangan di buku panduan Hyundai Stargazer.

    (riar/lua)

  • SUV Premium China Bakal Goda Orang Kaya Indonesia, Ini Bocorannya

    SUV Premium China Bakal Goda Orang Kaya Indonesia, Ini Bocorannya

    Shanghai

    Satu lagi SUV premium dari China bakal menggoda orang kaya di Indonesia. Adalah Omoda O9 yang siap memanaskan pasar otomotif di Tanah Air.

    Pilihan SUV premium di Indonesia bakal makin beragam. Produsen asal China Jaecoo bakal segera memboyong Omoda O9 ke Indonesia. Nantinya, Omoda O9 itu bakal menantang SUV premium dari Lexus hingga BMW. Head of Product Jaecoo Indonesia Ryan Ferdiean Tirto akan menyasar orang berduit yang tengah mencari SUV premium dengan performa yang mumpuni.

    “Orang-orang yang secara finansial sudah mature, sudah berkecukupan lalu mereka masih antusias untuk nyetir. Kurang lebih masih di atas 40 tahun masih oke, karena mobil ini tidak cuma luxury, tidak cuma premium tapi secara performa mobilnya oke,” jelas Ryan ditemui di Shenzhuan Hwy, Shanghai, Kamis (16/10/2025).

    Satu lagi SUV premium dari China bakal menggoda orang kaya di Indonesia. Adalah Omoda O9 yang siap memanaskan pasar otomotif di Tanah Air. Foto: Dina Rayanti/detikOto

    Ryan menambahkan, Omoda O9 dilengkapi dengan teknologi plug-in hybrid. Hal itu membuat SUV premium anyar tersebut cocok digunakan untuk harian. Khusus Omoda O9 versi setir kanan sejatinya sudah dijual di beberapa negara seperti di Australia dan Inggris.

    “Buat hobi bisa buat harian bisa karena ini kan plug-in hybrid, jadi rangenya pun panjang. Ini kurang lebih mirip dengan dengan J8 kita 180 km, full sama bensin sekitar 1.400 km,” tambah Ryan.

    Sebagai informasi tambahan, di Australia, Omoda O9 ini dibekali dengan mesin 1.5L turbo dan tiga motor listrik yang secara keseluruhan bisa menyemburkan tenaga 395 kW. Akselerasinya 0-100 km/jam dapat ditempuh dalam waktu 4,9 detik.

    Satu lagi SUV premium dari China bakal menggoda orang kaya di Indonesia. Adalah Omoda O9 yang siap memanaskan pasar otomotif di Tanah Air. Foto: Dina Rayanti/detikOto

    Omoda O9 mengusung baterai berkapasitas 34 kWh yang memungkinkan mobil berjalan dengan mode EV dan menjelajah sejauh 169 km. Dalam kondisi baterai dan tangki bensin penuhm jarak tempuhnya bisa lebih dari 1.100 km. Pengecasan baterai pun tak memakan waktu lama. 30-80 persen hanya perlu 25 menit. Berbekal mesin PHEV dan itur khas SUV premium, di Negeri Kangguru Omoda O9 itu dibanderol AUD 61.990 atau kalau dirupiahkan setara dengan Rp 668 juta.

    (dry/lth)

  • Damkar Magetan Kekurangan Personel, Dua Mako di Kecamatan Belum Aktif

    Damkar Magetan Kekurangan Personel, Dua Mako di Kecamatan Belum Aktif

    Magetan (beritajatim.com) – Dinas Satpol PP dan Pemadam Kebakaran (Damkar) Kabupaten Magetan menghadapi kendala serius dalam memperluas layanan pemadamannya. Dari tiga markas komando (mako) yang dibentuk di tingkat kecamatan, baru satu yang beroperasi aktif, sedangkan dua lainnya belum berjalan karena keterbatasan jumlah personel.

    Kabid Damkar Satpol PP dan Damkar Magetan, Ali Sukamto, menyebutkan bahwa mako yang saat ini aktif berada di Kecamatan Karangrejo. Sementara dua mako lainnya di Kecamatan Kawedanan dan Parang belum bisa difungsikan karena kekurangan tenaga.

    “Mako Damkar yang ada di kecamatan memang sementara ini masih ada yang belum aktif karena masih kekurangan personel. Tapi kami berusaha semaksimal mungkin agar ke depan bisa ditambah tenaga,” ujarnya, Kamis (16/10/2025).

    Ali menjelaskan, pembentukan mako damkar di tiga titik kecamatan merupakan bagian dari strategi mempercepat waktu tanggap darurat sesuai Standar Pelayanan Minimal (SPM) 15 menit.

    “Kami mempertimbangkan di tiga titik ini karena faktor kerawanan. Jika ada laporan, yang ada di mako ini bisa menuju lokasi lebih dulu, kemudian kami yang ada di kantor pusat akan menyusul untuk membantu. Saat ini SPM Damkar Magetan mencapai 85 dari nilai maksimal 100,” terangnya.

    Saat ini, Damkar Magetan hanya memiliki 24 personel aktif. Jumlah tersebut dinilai jauh dari ideal untuk wilayah seluas Kabupaten Magetan dengan potensi risiko kebakaran yang cukup tinggi.

    “Kalau melihat luas wilayah, memang sangat kurang sekali. Tapi Alhamdulillah, tahun ini kejadian kebakaran di Magetan menurun, per tanggal 16 Oktober 2025 ini ada 58 kejadian,” jelasnya.

    Sebagian besar kebakaran yang terjadi di wilayah Magetan disebabkan oleh pembakaran sampah yang ditinggal tanpa pengawasan.

    Meski kekurangan tenaga, Ali memastikan sarana dan prasarana pemadaman masih memadai. Saat ini Damkar Magetan memiliki lima unit mobil pemadam, tiga unit tangki air, serta satu kendaraan penyelamatan untuk evakuasi hewan dan sarang tawon.

    “Yang kita utamakan ke depan itu penambahan tenaga. Kalau kendaraan insyaallah masih cukup,” imbuhnya.

    Ali menegaskan, peningkatan pelayanan tetap menjadi prioritas utama. Pihaknya terus berupaya mengoptimalkan kinerja petugas yang ada agar waktu tanggap terhadap kebakaran tetap cepat dan efektif. [fiq/beq]

  • Update Korban Ledakan Kapal Tanker MT Federal II Batam: Total 31 Orang, 10 Meninggal Dunia
                
                    
                        
                            Regional
                        
                        16 Oktober 2025

    Update Korban Ledakan Kapal Tanker MT Federal II Batam: Total 31 Orang, 10 Meninggal Dunia Regional 16 Oktober 2025

    Update Korban Ledakan Kapal Tanker MT Federal II Batam: Total 31 Orang, 10 Meninggal Dunia
    Tim Redaksi
    BATAM, KOMPAS.com
    – Ledakan yang terjadi pada kapal tanker MT Federal II, di PT ASL Shipyard Tanjunguncang, menimbulkan korban jiwa hingga 31 orang.
    Dari total korban ledakan, 10 di antaranya dilaporkan meninggal dunia dan telah dikembalikan kepada pihak keluarga.
    Kapolsek Batu Aji, AKP Raden Bimo Dwi Lambang membenarkan perubahan data korban dari sebelumnya yang dilaporkan hanya berjumlah 28 orang.
    Total korban ini dilaporkan bertambah, setelah adanya pemeriksaan ulang yang dilakukan pihak kepolisian.
    “Berdasarkan hasil pendataan ulang kami, total korban semuanya ada 31 orang, 10 orang meninggal dunia, dan 21 orang luka-luka,” ucapnya saat dikonfirmasi melalui sambungan telepon, Kamis (16/10/2025) siang.
    Hingga saat ini, para korban yang mengalami luka bakar masih mendapatkan perawatan di empat rumah sakit berbeda, di antaranya RS Mutiara Aini, RSUD Embung Fatimah, RS Graha Hermin, dan RS Elisabeth.
    “Tingkat luka bakar korban beragam. Beberapa di antaranya mengalami luka bakar hingga 80 persen dan belum sadarkan diri,” ucapnya.
    Berdasarkan keterangan sejumlah saksi, MT Federal II sudah dalam proses perbaikan sejak Juni 2025 di PT ASL Tanjunguncang Batam. Kapal tersebut juga dilaporkan pernah mengalami kebakaran serupa pada 24 Juni 2025, yang juga menimbulkan korban jiwa.
    “Ini kejadian kedua di kapal yang sama dalam tahun yang sama. Kami sudah mengamankan lokasi, memeriksa saksi-saksi, dan berkoordinasi dengan Inafis serta RS Bhayangkara,” ujar Raden.
    Ia melanjutkan berdasarkan saksi, karyawan PT Rotary Engineer, mengatakan ledakan terjadi sekitar pukul 04.20 WIB saat ia dan rekan-rekannya sedang memperbaiki bagian atas tangki.
    Seketika api membesar dan menjalar ke seluruh area kerja.
    Tim keselamatan PT ASL Marine Shipyard dibantu petugas pemadam internal segera melakukan upaya pemadaman. Sekitar pukul 05.00 WIB, api berhasil dipadamkan dan proses evakuasi korban pun dilakukan ke berbagai rumah sakit di Batam.
    Ia menambahkan hingga pukul 09.00 WIB, seluruh korban telah dievakuasi ke rumah sakit dan situasi di lokasi dinyatakan kondusif.
    “Api muncul dari dalam tangki, langsung meledak dan membakar pekerja di sekitar,” ujarnya.
    Terpisah, Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Provinsi Kepulauan Riau (Kepri), Diky Wijaya, menyebut lemahnya pengawasan keselamatan dan kesehatan kerja (K3) di PT ASL Shipyard Indonesia di Tanjunguncang usai insiden kebakaran kapal MT Federal II.
    Hal ini diutarakannya sembari menyinggung insiden serupa di perusahaan yang sama dan kapal yang sama pada Juni 2025 lalu.
    “Waktu peristiwa sebelumnya, penyebabnya sudah ditetapkan sebagai kelalaian, bahkan sudah ada tersangka dari pihak kepolisian. Sekarang kejadian serupa terulang lagi, malah korban jiwa lebih banyak,” tegasnya melalui sambungan telepon, Kamis (16/10/2025).
    Diky menegaskan, pihaknya akan meminta manajemen perusahaan bertanggung jawab penuh terhadap peristiwa ini. Kini pihaknya juga akan memastikan seluruh hak pekerja yang menjadi korban dipenuhi, termasuk jaminan ketenagakerjaan.
    “Kalau pengawasan K3 mereka tidak lemah, tidak mungkin peristiwa yang sama bisa terjadi dua kali di tempat yang sama dan kapal yang sama. Ini bukti pengawasan mereka memang tidak jelas,” ujarnya.
    Copyright 2008 – 2025 PT. Kompas Cyber Media (Kompas Gramedia Digital Group). All Rights Reserved.

  • Lalin Sejumlah Tol Arah Jakarta Padat Pagi Ini, Ini Titiknya

    Lalin Sejumlah Tol Arah Jakarta Padat Pagi Ini, Ini Titiknya

    Jakarta

    Lalu lintas (lalin) di sejumlah tol di Jakarta padat pagi ini. Rata-rata kepadatan lalin terjadi karena volume kendaraan.

    Melalui akun X nya, Kamis (16/10/2025), Jasamarga melaporkan sejumlah Tol mengalami kepadatan, mulai dari Tol Dalam Kota (Dalkot). Kepadatan di Tol Dalkot terjadi di Cawang arah Tebet, kemudian keluar dari Tol Kuningan dan Semanggi.

    “Tol Dalam Kota Cawang – Tebet padat, kepadatan volume lalin. Keluar Kuningan dan keluar Semanggi padat, kepadatan di jalan arteri,” tulis Jasamarga pukul 07.00 WIB.

    Rekayasa lalin contraflow juga diterapkan untuk mengurai kepadatan di Senayan Km 08+100 hingga GT Halim 3 Km01+300. Contraflow diterapkan di lajur kanan dari arah Halim.

    “Tol Dalam Kota hati-hati di Senayan KM 08+100 – GT Halim 3 KM 01+300, ada lajur contraflow dari arah Halim di lajur kanan,” ujarnya.

    “Tol JORR W2U Meruya – Joglo – Ciledug – Ulujami lancar. ; Ulujami KM 16 – Meruya Selatan KM 10 padat, ada penanganan kecelakaan kendaraan Truk Tangki dan Truk Fuso di lajur 1-bahu luar/kiri,” tulis Jasamarga.

    Sementara, di Tol Jakarta-Tangerang (Janger) kepadatan terjadi di Karang Tengah arah Kunciran. Kemudian juga di Kembangan arah Kebon Jeruk karena volume lalin.

    Contraflow juga diterapkan di Tol Jager setelah underpas Tomang mengarah ke Kebon Jeruk. Contraflow diterapkan di lajur kanan.

    “Tol Janger hati-hati di Setelah Underpass Tomang – Kebon Jeruk KM 03+400, ada lajur contraflow dari arah Kebon Jeruk di lajur 3/kanan,” ujarnya.

    Lalu kepadatan juga terjadi di Tol Jakarta-Cikampek (Japek) dari di Km 11 Cikunir menuju Bekasi. Kepadatan tersebut akibat ada kecelakaan truk terbalik.

    “Tol Japek Cikunir KM 11 – Bekasi Timur KM 15+400 padat, ada penanganan kecelakaan kendaraan Truk Colt Diesel muatan karung terbalik miring di lajur 1-bahu luar/kiri. ; Halim KM 01 – Cawang KM 00 padat, kepadatan volume lalin arah Tebet,” imbuhnya.

    (dek/yld)

  • Kesaksian Pekerja, Detik-Detik Kapal MT Federal II Meledak di Batam hingga Tewaskan 10 Orang

    Kesaksian Pekerja, Detik-Detik Kapal MT Federal II Meledak di Batam hingga Tewaskan 10 Orang

    Liputan6.com, Jakarta Insiden ledakan di kapal MT Federal II di kawasan Galangan Kapal PT ASL Shipyard, Tanjung Uncang Kota Batam, Provinsi Kepri, jelang subuh Rabu (15/10/2025) kemarin menyisakan duka mendalam. Sepuluh orang meninggal dalam peristiwa tersebut.

    Salah satu korban selamat yang enggan menyebutkan namanya menceritakan detik-detik kapal meledak. Dia adalah pekerja di perusahaan subkontrak dari PT ASL.

    Sebelum peristiwa terjadi, dia sedang berada di bagian atas kapal. Kemudian, mendapatkan informasi bahwa blower angin di dalam kapal mati. Akibatnya, asap dan panas tidak dapat keluar dari dalam tangki. Padahal di dalam tangki tersebut, terdapat minyak mentah. Di waktu yang bersamaan pula, sejumlah pekerja sedang melakukan aktivitas pemotongan (cutting) menggunakan alat-alat yang berpotensi memicu api.

    “Aku pas di atas scafolding, paling atas. Waktu mau kasih nozzle baru, kawan aku bilang, ‘tunggu dulu, kok panas ini dari bawah.’ Tiba-tiba terasa panas, terus meledak dari bawah kami. Aku langsung lompat, naik pakai tangga lari menghindari api,” ungkapnya saat ditemui di Rumah Sakit Mutiara Aini, Batu Aji, Rabu (15/10/25).

    Setelah terjadi ledakan, api langsung berkobar besar. Beruntung sejumlah pekerja bisa menyelamatkan diri meski banyak juga pekerja yang masih berada di dalam kapal saat kejadian.

    “Aku cuma bisa nangis, banyak kawan aku yang masih di dalam,” katanya dengan suara terbata-bata.