kab/kota: Tangki

  • Honda Luncurkan ADV350, Siap Libas Segala Medan

    Honda Luncurkan ADV350, Siap Libas Segala Medan

    Milan

    Honda resmi meluncurkan skuter matik (skutik) Honda ADV350. Motor ini hadir dengan gaya ala motor petualang.

    Honda ADV350 meluncur di pameran otomotif roda dua di EICMA, Milan, Italia. Motor ini mengadopsi desain ala Honda X-ADV dengan sudut yang kokoh dan warna blok yang mempromosikan tampilan off-road.

    Gaya petualang memamerkan bagian depan ADV350 yang unik. Garpu terbalik (upside-down) berdiameter 37 mm dan shock breaker belakang dengan tabung telah direvisi untuk menghadirkan performa bantingan suspensi yang premium.

    25YM Honda ADV350 Foto: Dok. Honda

    Roda depan berukuran 15 inci dan belakang 14 inci. Velg yang ringan dibalut ban tubeless dengan ukuran 120/70-15 di depan dan 140/70-14 di belakang. Ban berpola ala motor dual purpose memungkinkan ADV350 memiliki cengkeraman yang cukup baik di semua kondisi. Untuk pengereman, ada rem cakram tunggal 256mm di depan dipadukan cakram belakang 240mm.

    25YM Honda ADV350 Foto: Dok. Honda

    Kepraktisan tidak dilupakan, ada ruang untuk dua helm full-face di bawah jok (sekarang dengan lampu internal), soket USB di glovebox dan kenyamanan pengoperasian Smart Key. Windshield bisa diatur ketinggiannya dengan empat tahap penyesuaian. Layar TFT lima inci yang baru mengintegrasikan konektivitas smartphone Honda RoadSync dengan sakelar kontrol empat arah yang intuitif.

    25YM Honda ADV350 Foto: Dok. Honda

    Honda ADV350 ditenagai mesin SOHC empat katup Smart Power+ (eSP+) 330cc yang disempurnakan. Mesin itu diklaim menghasilkan performa yang kuat sekaligus ramah lingkungan.

    Daya puncaknya mencapai 21,5 kW @ 7.500 rpm diimbangi dengan torsi 31,5 Nm @ 5.250 rpm. Diameter dan langkah ditetapkan pada 77 mm x 70,8 mm, dengan rasio kompresi 10,5:1.

    Rocker arm tipe rol dan bak mesin tertutup memberikan keandalan jangka panjang bersama dengan kinerja yang kuat. Untuk meningkatkan pendinginan piston, ada oil jet seperti yang digunakan pada CRF450R, untuk menyemprotkan oli langsung ke bagian belakang piston, memajukan waktu pengapian dan meningkatkan kinerja pembakaran. Kapasitas olinya adalah 1,8 liter.

    25YM Honda ADV350 Foto: Dok. Honda

    Pengaturan ECU telah diperbarui, bersama dengan struktur internal knalpot (serta penutup luar pelindungnya) baru, katalisator yang ditingkatkan, dan sensor O2 ditambahkan untuk memastikan motor lebih ramah lingkungan. Konsumsi bahan bakarnya diklaim mencapai 28,6 km/liter (mode WMTC). Dengan kapasitas tangki bahan bakar 11,7 L, motor ini bisa menjangkau jarak hingga lebih dari 330 km.

    Keamanan disediakan dalam bentuk Honda Selectable Torque Control (HSTC) dan Emergency Stop Signals.

    (rgr/dry)

  • Tampang Lebih Ganteng, Konsumsi BBM 47,6 Km/Liter

    Tampang Lebih Ganteng, Konsumsi BBM 47,6 Km/Liter

    Jakarta

    Honda PCX 125 2025 resmi meluncur di Eropa. Model terbaru Honda PCX mendapatkan ubahan pada bagian desain, khususnya area fascia, setang, juga bagian buritan. Tidak hanya itu, motor matic bongsor ini juga mendapatkan fitur kekinian berupa konektivitas smartphone. Berikut spesifikasi lengkapnya.

    New Honda PCX 125 2025 Foto: Dok. HondaDesain dan Dimensi

    New Honda PCX 125 2025 kini memiliki tampang lebih agresif dengan model dual headlamp. Selain itu bagian fairing dibuat lebih lebar dan agresif dengan tambahan lekukan-lekukan. Sama seperti generasi sebelumnya, generasi PCX 125 terbaru juga memiliki fitur lampu DRL LED.

    Geser ke bagian belakang, ada sedikit perubahan desain pada lampu rem dan lampu seinnya. Kini lampu remnya berbetuk huruf ‘V’ berubah dari sebelumnya yang bentuknya mirip huruf ‘X’. Sementara itu lampu seinnya menjorok ke bawah, jadi seperti taring.

    Setang New Honda PCX 125 2025 kini pakai cover. Foto: Dok. Honda

    Nah, yang menarik, area setang yang biasanya telanjang mirip setang motor sport, kini menggunakan cover seperti Honda Forza. Ini tentunya menghilangkan identitas Honda PCX yang sebelumnya selalu menggunakan setang model telanjang. Cover setang PCX 125 2025 ini menggunakan paduan warna hitam dan silver.

    Secara dimensi, motor ini memiliki panjang 1.935 mm, lebar 740 mm, tinggi 1.125 mm, tinggi jok 763 mm, jarak sumbu roda 1.315 mm, dan ground clearance 135 mm. Lalu untuk bobotnya, versi standar 133 kg dan versi DX 134 kg.

    Desain lampu belakang New Honda PCX 125 2025. Foto: Dok. HondaMesin dan Konsumsi BBM

    Honda PCX 125 terbaru menggendong mesin 125 cc, SOHC, 4 katup, eSP+, yang bisa menghasilkan tenaga 12,3 dk pada 8.750 rpm dan torsi 11,7 Nm pada 6.500 rpm. Soal konsumsi bahan bakar, Honda PCX ini bisa mencatatkan konsumsi rata-rata 47,6 km/liter. Tangki BBM yang berkapasitas 8,1 liter bisa buat menempuh jarak hingga 385 km.

    Suspensi dan Kaki-kaki

    Motor ini menggunakan suspensi depan teleskopik 31 mm dengan travel 89 mm. Sementara suspensi belakangnya pakai model ganda dengan travel 95 mm. Rem depan pakai cakram kaliper 2 piston dengan disc ukuran 220 mm. Sementara rem belakang pakai kaliper 1 piston dengan disc 220 mm.

    Geser ke bagian rodanya, bagian depan pakai velg ukuran 14 inci yang dipadu ban profil 110/70, selanjutnya ban belakang pakai velg ukuran 13 inci dengan profil ban 130/70.

    Panel instrumen layar TFT pada New Honda PCX 125 2025 tipe DX. Foto: Dok. HondaFitur-fitur

    Honda PCX 125 2025 sudah dilengkapi lampu-lampu berteknologi LED. Selain itu juga sudah dibekali charger dengan tipe colokan USB-C. Untuk panel instrumennya, pada tipe standar menggunakan layar LCD, sementara buat tipe DX sudah menggunakan layar TFT full warna. Pada varian DX ini juga sudah memiliki fitur konektivitas Honda RoadSync.

    Pilihan Warna

    New Honda PCX 125 2025 ditawarkan dalam empat pilihan warna, yakni pearl dark ash blue, pearl snowflake white, matte dim grey metallic, dan matte galaxy black metallic. Untuk harganya, situs resmi Honda Eropa belum mencatumkan harga New Honda PCX 125 model 2025.

    Lampu depan New Honda PCX 125 2025. Foto: Dok. Honda

    (lua/rgr)

  • Tampang Berubah, Konsumsi BBM 59 Km/L

    Tampang Berubah, Konsumsi BBM 59 Km/L

    Jakarta

    Honda Scoopy baru telah meluncur di Indonesia, Selasa (5/11). Skuter matik bertampang retro tersebut mengalami banyak perubahan dibandingkan model sebelumnya.

    Honda Scoopy baru yang meluncur kemarin merupakan model generasi keenam. Kendaraan itu mengusung konsep ‘Totally Unique’ lantaran tampangnya yang benar-benar berubah.

    “Perubahan tampilan dari New Honda Scoopy serta fitur terbaik yang dapat meningkatkan kenyamanan berkendara diharapkan dapat semakin menunjang gaya hidup penggunanya,” ujar Susumu Mitsuishi selaku Presiden Direktur PT Astra Honda Motor (AHM) saat peluncuran produk.

    Honda Scoopy baru tersedia dalam empat varian berbeda, yakni Fashion dan Energetic yang dijual seharga Rp 22,5 jutaan, serta Stylish dan Prestige yang dibanderol Rp 23,3 jutaan. Seluruhnya berstatus on the road Jakarta.

    Nah, biar kenal Honda Scoopy baru lebih dekat, berikut kami rangkum spesifikasi lengkapnya!

    Spesifikasi Honda Scoopy BaruTampangHonda Scoopy baru. Foto: Septian Farhan Nurhuda / detikOto

    Secara garis besar, desain Honda Scoopy baru masih membawa tarikan model lama, yakni berdimensi kompak dengan aksen membulat di hampir semua bagian. Hanya saja, produsen melakukan perubahan di sejumlah sisi, utamanya di area muka dan ekor.

    Kendaraan tersebut kini menggunakan headlamp atau lampu utama dengan desain cristal block. Selain itu, sepasang seinnya punya tampilan anyar dengan posisi yang agak ke bawah.

    Bagian setang Honda Scoopy baru kini tak lagi telanjang, melainkan dipasangkan cover atau pelindung tambahan. Kemudian ada aksen lubang udara baru di bagian wajah kendaraan.

    Bukan hanya depan, bagian belakangnya juga berubah. Pabrikan membekalinya dengan lampu ekor baru dengan garis pembelah di area sentral. Sementara sepasang seinnya dibuat lebih lebar dan pelek rodanya mengadopsi palang lima.

    FiturHonda Scoopy baru. Foto: Septian Farhan Nurhuda / detikOto

    Honda Scoopy baru kini menggunakan panel instrumen full digital yang memadukan kesan retro dan modern. Seluruh informasi di dalamnya dibuat sederhana dan mudah dipahami.

    Skutik yang kerap dipakai anak muda itu juga menggunakan smart keyless dengan alarm dan anti-thief, kemudian ada soket charger ponsel dengan model tipe-C, ruang penyimpanan dasbor dengan volume empat liter, bagasi lega dan masih banyak lagi.

    MesinHonda Scoopy baru. Foto: Septian Farhan Nurhuda / detikOto

    Honda Scoopy baru membawa mesin eSP 110cc SOHC dengan teknologi PGM-FI. Pembekalan itu membuat motor mampu menghasilkan tenaga maksimum 6,6 kW dan torsi puncak 9,2 Nm. Mesin itu sudah memenuhi standar Euro 3.

    Sementara konsumsi bahan bakarnya diklaim mencapai 59 km/liter. Honda Scoopy baru punya tangki bensin berkapasitas 4,2 liter. Sehingga, dalam kondisi full tank, skutik tersebut bisa menempuh jarak 247 km!

    (sfn/din)

  • Nasib Sedih Warga Muara Baru: Krisis Air Bersih-Hidup di Tengah Sampah

    Nasib Sedih Warga Muara Baru: Krisis Air Bersih-Hidup di Tengah Sampah

    CNBC Indonesia

    News

    Foto News

    FOTO

    faisal rahman, CNBC Indonesia

    05 November 2024 18:35

    Warga membawa air bersih di kawasan Muara Baru, Jakarta Utara, Selasa (5/11/2024). (CNBC Indonesia/Faisal Rahman)

    Kawasan pemukiman padat Muara Baru yang memiliki segudang masalah, salah satunya air bersih. (CNBC Indonesia/Faisal Rahman)

    Setiap harinya, warga Muara Baru harus menunggu bantuan air kiriman dari Pemerintah Jakarta atau membeli dengan harga Rp 6ribu/galon untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. (CNBC Indonesia/Faisal Rahman)

    “Bantuan air dari perintah Jakarta datang setiap hari sekitar pukul 7.00 hingga 9.00 WIB sebanyak 4 mobil tangki air,” kata salah satu warga ke CNBC Indonesia.  (CNBC Indonesia/Faisal Rahman)

    Seorang warga lainnya juga menyebut, bantuan air yang datang hanya ada di hari Senin-Jumat. Sementara untuk hari Sabtu dan Minggu libur.  (CNBC Indonesia/Faisal Rahman)

    Penampakan genangan air yang dipenuhi sampah terilahat tak jauh dari pemukiman warga.  (CNBC Indonesia/Faisal Rahman)

    Salah satu bangunan bekas yayasan di kawasan tersebut juga terlihat dipenuhi endapan air dengan bau tidak sedap. (CNBC Indonesia/Faisal Rahman)

    Diketahui, akses air bersih di Jakarta belum bisa menjangkau seluruh warga. Jakarta Utara menjadi salah satu wilayah yang terdampak krisis air bersih. (CNBC Indonesia/Faisal Rahman)

    Di sisi lain, keuangan mereka semakin tergerus akibat harus membeli air bersih dengan harga yang lebih mahal daripada daerah lain. (CNBC Indonesia/Faisal Rahman)

    `;
    });

    let elem = document.querySelector(“#samsung”);

    elem.innerHTML = elem.innerHTML + html;
    }
    })
    .catch(function (err) {
    // There was an error
    console.warn(“Something went wrong.”, err);
    });
    }

    (function () {
    // panggil fungsi fetch Data G20
    // pastikan memanggil fungsi fetch dengan nama yg sudah didefine di atas
    fetchData20();
    })();

  • Beda Moge yang Dijual Buat Uji SIM C1 dan versi Umum

    Beda Moge yang Dijual Buat Uji SIM C1 dan versi Umum

    Jakarta

    Korps Lalu Lintas (Korlantas) Polri sudah menggunakan motor gede (moge) lansiran Hunter Motorcycles tipe Scrambler SK500. Ada sedikit perbedaan untuk versi yang dijual ke retail.

    Perwakilan Hunter Motorcycles, Wira Suryasa, Senior Technician Hunter menyebutkan sudah melakukan pemenuhan tahap pertama untuk ujian SIM C1.

    “Tahap pertama 136 unit, sudah (pemenuhan untuk Korlantas),” ujar Wira di Tangerang, beberapa waktu yang lalu.

    Hunter Scrambler SK500 merupakan moge garapan Hunter Motorcycles Indonesia. Kuda besi tersebut punya tubuh berotot dengan nuansa scrambler yang kokoh. Sementara dimensi panjangnya 2.156 mm, lebar 850 mm, jarak sumbur roda 1.460 mm dan tinggi jok 820 mm. Bobot keringnya mencapai 175 kg.

    Harganya saat ini dijual Rp 212 jutaan per unitnya. Wira menjelaskan ada sedikit perbedaan antara unit Scrambler SK500 yang dibeli Korlantas dengan produk yang dilepas ke pasaran.

    “Cuma yang di Korlantas serinya beda,” ungkap Wira.

    “Yang pasti ada tambahan kill switch, itu konsepnya motor untuk uji. Jadi yang pakai bukan satu orang, kemungkinan orang itu nggak 100 persen paham juga. Jadi salah satu fiturnya ada switch kontrol untuk kill switch yang dipasang di handlebar ketika dalam kondisi tertentu tiba-tiba, dia lost control, orang terlepas dari motornya, motornya langsung mati,” jelasnya.

    Selain itu terdapat juga pada area kaki-kakinya. Kalau Scrambler SK500 yang dipakai uji SIM memakai velg racing atau casting wheel, sedangkan yang dijual menggunakan velg jari-jari.

    “Spek mesin hampir sama, secara tampilan mereka casting wheel, bannya juga beda, beda merek, dan juga ukuran,” kata dia.

    Pabrikan membekali Hunter Scrambler SK500 dengan mesin parallel twin cylinder, DOHC 471 cc dengan muntahan tenaga 49 hp dan torsi 44 Nm. Tunggangan tersebut punya tangki bahan bakar dengan daya tampung 20 liter.

    Hunter Scrambler SK500 menggunakan sistem pengereman ABS dua kanal. Rem depannya double cakram berukuran 300 mm, dan belakang single cakram 240 mm. Suspensi depan menggunakan KYB Inverted type 41 mm dan belakang KYB Adjustable Mono Rocker System.

    (riar/dry)

  • Kebakaran Pabrik di Bekasi, RS Polri Tak Batasi Waktu Identifikasi Korban – Page 3

    Kebakaran Pabrik di Bekasi, RS Polri Tak Batasi Waktu Identifikasi Korban – Page 3

    Tim Pusat Laboratorium Forensik (Puslabfor) Mabes Polri turut dilibatkan untuk menyelidiki penyebab kebakaran di PT. Priscolin dan PT. Jati Perkasa Nusantara di Jalan Raya Kaliabang Bungur, Medan Satria, Kota Bekasi, pada Jumat 1 November 2024.

    Dalam insiden ini, 10 orang meninggal dunia dan tiga orang lain alami luka bakar serius.

    “Kepolisian berencana melakukan beberapa langkah berikut untuk mempercepat proses penyelidikan. Kami akan berkoordinasi dengan Pusat Laboratorium Forensik (Puslabfor) Bareskrim Polri,” kata Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Ade Ary Syam Indradi dalam keterangannya, Sabtu (2/11/2024).

    Ade Ary menerangkan, proses penyelidikan masih berjalan. Dalam kasus ini, Subdit Kamneg Ditreskrimum Polda Metro Jaya dan Satreskrim Polres Metro Bekasi Kota sedang melakukan pendataan terhadap sejumlah saksi. Selain itu, menganalisis rekaman CCTV yang ada di sekitar lokasi kejadian.

    “Kami berkomitmen untuk melakukan penyelidikan secara mendalam dan akan berkoordinasi dengan instansi terkait guna memastikan penyebab pasti kebakaran ini terungkap,” ujar dia

    Peristiwa ini terjadi pada pukul 05.30 WIB. Awalnya, terjadi ledakan salah satu tangki minyak bahan baku pakan ternak milik PT. Jati Perkasa Nusantara. “Dengan cepat api membesar,” ucap dia.

    Ade Ary mengatakan, kebakaran ini memakan korban jiwa. Total, ada 10 jenazah ditemukan dalam kondisi tak utuh.

    “Korban dibawa ke RS Polri,” ujar dia.

  • Usut Penyebab Kebakaran Pabrik Pakan di Bekasi, Polisi Terjunkan Puslabfor – Page 3

    Usut Penyebab Kebakaran Pabrik Pakan di Bekasi, Polisi Terjunkan Puslabfor – Page 3

    Liputan6.com, Jakarta – Tim Pusat Laboratorium Forensik (Puslabfor) Mabes Polri turut dilibatkan untuk menyelidiki penyebab kebakaran di PT. Priscolin dan PT. Jati Perkasa Nusantara di Jalan Raya Kaliabang Bungur, Medan Satria, Kota Bekasi, pada Jumat (1/11/2024).

    Dalam insiden ini, 10 orang meninggal dunia dan tiga orang lain alami luka bakar serius.

    “Kepolisian berencana melakukan beberapa langkah berikut untuk mempercepat proses penyelidikan. Kami akan berkoordinasi dengan Pusat Laboratorium Forensik (Puslabfor) Bareskrim Polri,” kata Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Ade Ary Syam Indradi dalam keterangannya, Sabtu (2/11/2024).

    Ade Ary menerangkan, proses penyelidikan masih berjalan. Dalam kasus ini, Subdit Kamneg Ditreskrimum Polda Metro Jaya dan Satreskrim Polres Metro Bekasi Kota sedang melakukan pendataan terhadap sejumlah saksi. Selain itu, menganalisis rekaman CCTV yang ada di sekitar lokasi kejadian.

    “Kami berkomitmen untuk melakukan penyelidikan secara mendalam dan akan berkoordinasi dengan instansi terkait guna memastikan penyebab pasti kebakaran ini terungkap,” ujar dia

    Peristiwa ini terjadi pada pukul 05.30 WIB. Awalnya, terjadi ledakan salah satu tangki minyak bahan baku pakan ternak milik PT. Jati Perkasa Nusantara. “Dengan cepat api membesar,” ucap dia.

    Ade Ary mengatakan, kebakaran ini memakan korban jiwa. Total, ada 10 jenazah ditemukan dalam kondisi tak utuh.

    “Korban dibawa ke RS Polri,” ujar dia.

  • SPBUN diterjang gelombang pasang, Pertamina alihkan pelayanan BBM

    SPBUN diterjang gelombang pasang, Pertamina alihkan pelayanan BBM

    Kami mewakili perusahaan turut prihatin dengan bencana yang menimpa masyarakat sekitar Kecamatan Ende Selatan,Kupang (ANTARA) – PT Pertamina Patra Niaga Regional Jawa Timur, Bali, Nusa Tenggara (Jatimbalinus) mengalihkan alokasi penyaluran bahan bakar minyak (BBM) bagi nelayan di wilayah Kecamatan Ende Selatan, Kabupaten Ende, Provinsi NTT setelah SPBUN rusak akibat gelombang pasang di daerah itu.

    Area Manager Communication, Relation & CSR Pertamina Patra Niaga Regional Jatimbalinus, Ahad Rahedi dalam keterangan yang diterima, Jumat malam, mengatakan bahwa ada tiga SPBU terdekat yang dapat mengalokasikan BBM bagi nelayan.

    “Kami mewakili perusahaan turut prihatin dengan bencana yang menimpa masyarakat sekitar Kecamatan Ende Selatan,” katanya.

    Dia mengatakan bahwa Pertamina terus berupaya agar pemenuhan kebutuhan energi masyarakat tetap terpenuhi dengan melakukan pengalihan penyaluran BBM ke lokasi SPBU terdekat.

    Tiga SPBU terdekat itu antara lain SPBU 54.863.02 di Kecamatan Ende Utara yang berjarak sekitar 3,4 Km dari lokasi bencana, SPBU 54.863.01 di Kecamatan Ende Timur yang berjarak 4,3 Km dan SPBU 54.863.03 di Kecamatan Ende Tengah dengan jarak kurang lebih 4,6 Km yang menyediakan semua produk BBM.

    Ahad mengatakan bahwa bahwa PT Pertamina akan membangun kembali SPBUN yang rusak tersebut dengan menunggu kondisi gelombang membaik dan situasi sudah dinyatakan aman oleh pihak BMKG.

    Sebelumnya kata dia, pada 17 Oktober lalu gelombang pasang setinggi kurang lebih dua meter menerjang wilayah Kecamatan Ende Selatan.

    Gelombang pasang itu berdampak pada abrasi pada lahan berdirinya SPBUN dan membuat bangunan kantor SPBUN ikut ambruk serta area pulau Pompa SPBUN setengah bagiannya sudah terkikis oleh derasnya terjangan ombak.

    Setelah kejadian tersebut tim HSSE Pertamina melakukan pengamanan dispenser pulau pompa SPBUN dengan cara memutuskan aliran pipa minyak dari tangki pendam ke dispenser pulau pompa sehingga tidak menimbulkan kebocoran BBM dan melakukan evakuasi perangkat Dispenser Pengisian BBM ke lokasi yang lebih aman.

    Ahad mengatakan sampai dengan saat ini tim Pertamina tetap melakukan pengawasan dan evakuasi produk BBM untuk menghindari kebocoran diluar tangki timbun.

    Koordinasi intensif juga dilakukan Pertamina bersama dengan pihak BMKG Provinsi NTT sebagai antisipasi kemungkinan gelombang tinggi yang masih akan berlangsung.

    Baca juga: Pertamina Patra Niaga jamin ketersediaan BBM di jalur lintas Timor
    Baca juga: Pemkab sepulau Sumba sepakat keluarkan edaran penyesuaian kuota BBM 

    Pewarta: Kornelis Kaha
    Editor: Ahmad Buchori
    Copyright © ANTARA 2024

  • Peran Air Wiper Sepele tapi Penting

    Peran Air Wiper Sepele tapi Penting

    Jakarta

    Toyota Avanza yang ditumpangi kru TvOne ringsek diseruduk truk boks di Tol Pemalang-Batang KM 315+900, kemarin pagi. Satu sopir dan dua penumpang mobil Avanza berlogo TvOne itu tewas.

    Menurut salah satu korban luka, Felicia, mobil yang dia tumpangi itu sedang menempuh perjalanan dari Jakarta hendak menuju Lamongan, Jawa Timur. Di tengah perjalanan, sopir memutuskan berhenti di bahu jalan untuk membersihkan kaca depan yang buram.

    “Emang berhenti di bahu jalan, karena mau ngelap kacanya, kacanya itu buram, berdebu, dan air di wipernya nggak nyala, jadi harus manual (membersihkannya). Pas berhenti, pas sopirnya lagi nyiram nyiram, udah kejadian itu (tertabrak truk boks),” ujar Felicia dikutip detikJateng.

    Saat kejadian, Felicia mengaku mobil yang ditumpanginya itu tiba-tiba terdorong begitu hebat.

    “Aku nggak tahu awalnya itu (tertabrak) truk, aku baru tahu pas keluar. Iya aku di dalam (mobil), (duduk) di depan, di samping sopir,” imbuh dia.

    Belajar dari kecelakaan maut ini, pengemudi atau pemilik mobil tidak boleh menyepelekan peran penting air wiper. Air wiper pada mobil berfungsi untuk membersihkan kaca depan. Kaca depan yang jernih dan bersih dari kotoran atau debu berperan penting agar visibilitas pengemudi tetap terjaga.

    Dikutip dari situs resmi Suzuki Indonesia, fungsi dari air wiper yaitu menjadi alat pembersih kaca depan maupun belakang mobil agar pemandangan pengemudi jernih, tidak buram tertutup debu atau kotoran yang menempel.Sebuah kaca tanpa air wiper akan rentan kusam dan buram karena debu maupun kotoran, yang dapat menyebabkan visibilitas pengemudi terganggu hingga berakibat fatal.

    Menurut Suzuki Indonesia, ada beberapa penyebab air wiper pada mobil tidak aktif. Bisa jadi ada debu atau kotoran yang menumpuk, karenanya penting untuk mengecek dan membersihkan air wiper serta komponennya mulai dari selang, tangki, hingga motor, untuk menghindari penumpukan debu maupun kotoran.

    Kemungkinan lain, air pada tabung reservoir habis. Makanya, sebelum melakukan perjalanan pengemudi diminta untuk mengecek semua kondisi mobil terutama air wiper.

    Penyebab air wiper mobil macet juga bisa dipicu oleh kondisi motor yang telah aus atau mati, sehingga air pada wiper pun tidak akan keluar.Atau, bisa jadi selang wiper bermasalah. Selang bisa terlepas dari tempatnya, memiliki endapan kotoran, hingga mengalami kebocoran.

    Selain itu, penyebab air wiper mati bisa karena sistem kelistrikan mobil bermasalah. Motor penggerak jadi komponen wiper yang terdampak, sebab tidak bisa memompa air ketika suplai arus listriknya kecil dan tidak cukup.

    Selanjutnya, wiper juga bisa macet akibat switch wiper atau tombol operasi wiper pada kemudi mengalami kerusakan.Switch wiper dapat rusak karena tegangan listrik yang diterima terlalu tinggi atau terlalu rendah. Selain itu, kerusakan juga bisa terjadi karena korsleting pada mobil.

    (rgr/din)

  • Pertamina Patra Niaga Regional Sumbagut gelar latihan OKD Level 2 

    Pertamina Patra Niaga Regional Sumbagut gelar latihan OKD Level 2 

    Sumber foto: Diurnawan/elshinta.com.

    Pertamina Patra Niaga Regional Sumbagut gelar latihan OKD Level 2 
    Dalam Negeri   
    Sigit Kurniawan   
    Kamis, 31 Oktober 2024 – 15:56 WIB

    Elshinta.com – PT Pertamina Patra Niaga Regional Sumatera Bagian Utara (Sumbagut) melaksanakan Latihan Organisasi Keadaan Darurat (OKD) Level 2 di Fuel Terminal (FT) Medan Group, Rabu (30/10). Kegiatan ini dilakukan untuk melatih cara bertindak saat menangani suatu insiden atau keadaan darurat dan meningkatkan aspek HSSE (Health, Safety, Security & Environment).

    Pjs. Executive General Manager (EGM) Pertamina Patra Niaga Regional Sumbagut, Tiara Thesaufi mengatakan, pada hari ini, Pertamina Patra Niaga Regional Sumbagut melakukan Latihan Organisasi Keadaan Darurat (OKD) Level 2 di Fuel Terminal (FT) Medan Group. Kegiatan ini rutin dilakukan sebagai antisipasi bilamana dikemudian hari, pihaknya menghadapi hal-hal yang tidak diinginkan.

    “Dalam latihan OKD ini, kita melatih bagaimana cara penanggulangannya, semua yang terkait dengan operasional di fuel terminal sampai layanan ke masyarakat tidak ada gangguan. Kita juga di kantor regional dan kantor pusat saling berkoordinasi dengan tim FT Medan Group untuk mengatasi insiden tersebut,” ujar Tiara di Kantor Pertamina Patra Niaga Regional Sumbagut, Medan.

    Dalam latihan yang berlangsung intensif ini, teroris dinarasikan menyusup ke FT Medan Group dan melakukan penyanderaan. Teroris kemudian menyampaikan tuntutan kepada pekerja FT Medan Group. Menghadapi kondisi tersebut, FT Manager (FTM) Medan Group melaporkan kondisi penyanderaan ke Pjs. EGM Pertamina Patra Niaga Regional Sumbagut via handphone. Tim FT Medan Group juga segera melaporkan kejadian tersebut ke aparat penegak hukum baik kepolisian dan Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut (Lantamal) I Belawan. 

    Selain itu, FTM juga mencoba bernegosiasi dengan teroris untuk mengulur waktu menggunakan HT.

    Kemudian Lantamal sampai di lokasi penyanderaan, teroris yang gugup karena kedatangan tim anti teror (Lantamal) mendorong sandera dan memberikan tembakan peringatan yang ternyata mengenai paha kanan sandera sehingga korban terjatuh menahan sakit dan terjadi perdarahan hebat. Lalu teroris membawa sandera lainnya menuju tangki 17 dan mengancam akan menembak tangki tersebut. 

    Kondisi yang semakin rumit membuat teroris melepaskan tembakan dan dibalas oleh Lantamal. Baku tembak tersebut menyebabkan salah satu peluru mengenai tangki dan mengakibatkan ledakan dan kebakaran. Kemudian Lantamal berhasil melumpuhkan teroris dan menyelamatkan korban ke titik aman dan menghubungi pihak Pertamina untuk melakukan evakuasi. 

    Latihan OKD di FT Medan Group ini terjadi pada pukul 09.00 WIB, dengan mengikuti prosedur HSSE maka api berhasil dipadamkan selama dua jam dan keadaan menjadi terkendali kembali dalam waktu tiga jam. Selain itu, kegiatan  ini juga turut melibatkan gubernur, wali kota, Damkar, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), dan warga di sekitar wilayah FT Medan Group.

    “Ada empat skenario yang kami selenggarakan yaitu insiden terorisme, kebakaran, evakuasi medis dan evakuasi warga. Kondisi seperti ini tentunya kita tidak harapkan terjadi, dan alhamdullilah latihan OKD ini terlaksana dengan baik,” kata Tiara seperti dilaporkan Kontributor Elshinta, Diurnawan, Kamis (31/10). 

    Dalam keadaan darurat, Pertamina Patra Niaga Regional Sumbagut menerapkan skema disribusi RAE (Reguler Alternative Emergency). Jika FT Medan Group mengalami keadaan darurat, supply BBM akan dialihkan melalui FT lainnya untuk memenuhi kebutuhan BBM di wilayah Sumatera Utara. BBM yang biasanya dipasok dari FT Medan Group, dialihkan pasokan BBM dari FT Pematangsiantar, FT Kisaran, FT Sibolga dan Integrated Terminal Lhokseumawe. “Kami pastikan untuk pasokan BBM di Sumatera Utara aman,” ujarnya.

    Bagi masyarakat dan pelanggan setia Pertamina yang membutuhkan informasi terkait produk dari Pertamina dapat mengakses web MyPertamina dan dapat memanfaatkan layanan Pertamina Call Center di nomor 135. 

    Sumber : Radio Elshinta