kab/kota: Tangki

  • Indikator Bensin Honda PCX 160 Kedip-kedip, Sisa Berapa Liter?

    Indikator Bensin Honda PCX 160 Kedip-kedip, Sisa Berapa Liter?

    Jakarta

    Honda PCX 160 RoadSync jadi motor yang datang ke redaksi detikOto kali ini. Motor tersebut kami jajal dari bensin penuh sampai indikatornya kedip-kedip. Kira-kira berapa liter yang tersisa dalam tangki?

    Indikator PCX 160 RoadSync berbeda dari PCX 160 trim bawahnya. Kini versi trim paling atas itu menggunakan model bar vertikal. Beda dengan tipe lain yang memanjang horizontal.

    Saat indikator bensin mau habis, indikator bar tersebut lalu berkedip-kedip. Sebenarnya dengan munculnya indikator masih ada BBM yang tersisa dalam tangki.

    Sebelumnya Honda PCX 160 RoadSync itu sudah diisi bensin sampai penuh. Perlu diketahui, kapasitas tangki BBM PCX 160 ini sampai 8,1 liter.

    Motor tersebut kami bawa buat harian dengan melintasi jalan perkotaan hingga diajak ke perbukitan menanjak kawasan Pancawati, Bogor, Jawa Barat. Indikator bensin sudah kedip-kedip setelah dipakai sejauh 256,9 kilometer.

    Langsung saja, mumpung ada pom bensin terdekat, kami isi kembali bensin secara penuh. Angkanya mencapai 6,63 liter. Artinya saat indikator bensin PCX 160 RoadSync ini kedip-kedip masih ada bensin tersisa dalam tangki sekitar 1,47 liter.

    Honda PCX 160 RoadSync Foto: Ridwan Arifin

    Secara konsumsi BBM PCX 160 pada layar MID itu sekitar 42 km/liter. Angka itu tentu masih bisa diperdebatkan. Sebab ada cara lain untuk menghitung konsumsi bahan bakar, yakni dengan metode full to full.

    Kalau melirik bensin yang sudah habis terpakai setelah jarak tempuh 256,9 km. Maka angka konsumsi BBM secara full to full dari Honda PCX 160 ini mencapai 38,7 km/liter. Perlu diketahui tinggi penguji 168 cm sedangkan bobotnya 78 kg. Pengujian ini tidak menerapkan prinsip eco riding. Hasil pengetesan orang lain bisa saja berbeda-beda tergantung gaya berkendara, bobot, kondisi jalan dan cuaca.

    Honda masih percaya diri dengan mesin 157 cc eSP+, 4 katup, 1 silinder, SOHC, yang bisa memuntahkan tenaga maksimal hingga 11,8 kW di 8.500 rpm dengan torsi puncak 14,7 Nm di 6.500 rpm.

    (riar/lua)

  • BPH Migas minta badan usaha penugasan fokus beri layanan terbaik

    BPH Migas minta badan usaha penugasan fokus beri layanan terbaik

    Terus fokus melayani dalam periode ini. Mencegah sekecil mungkin hal yang tidak diinginkan terjadi

    Jakarta (ANTARA) – Badan Pengatur Hilir Minyak dan Gas Bumi (BPH Migas) meminta badan usaha penugasan fokus memberikan layanan terbaik ke masyarakat hingga usai Tahun Baru 2025.

    Anggota Komite BPH Migas Basuki Trikora Putra dalam keterangannya di Jakarta, Sabtu, mengatakan kondisi stok BBM dalam kondisi mencukupi kebutuhan masyarakat.

    “Terus fokus melayani dalam periode ini. Mencegah sekecil mungkin hal yang tidak diinginkan terjadi,” ujarnya saat mengunjungi Integrated Terminal Palembang, Sumsel, Jumat (27/12).

    Basuki atau akrab disapa Tiko bersama Anggota Komite BPH Migas Eman Salman Arief melakukan safari monitoring ketersediaan energi, utamanya BBM di Provinsi Lampung dan Sumatera Selatan guna memastikan pasokan dan penyaluran berjalan dengan baik.

    Ia pun mengapresiasi sistem monitoring distribusi BBM yang sudah berjalan selama ini.

    “BPH Migas mendukung bagaimana angkutan BBM sampai ke SPBU berjalan dengan baik, diterima dengan jumlah cukup. Tidak menimbulkan potensi kerugian karena sistem monitoring ini didukung kelengkapan di armada mobil tangki berupa GPS, CCTV, ODI (Online Delivery Info), sehingga monitoringnya dilakukan secara real time,” tuturnya.

    Eman menambahkan PT Pertamina Patra Niaga telah melakukan kesiapan pasokan BBM dengan baik.

    Ia juga mengapresiasi sinergi yang dilakukan Pertamina Patra Niaga Regional Sumbagsel dengan Kilang Pertamina International Refinery Unit (RU) III Plaju.

    Sementara itu, Executive General Manager Regional Sumbagsel PPN Erwin Dwiyanto mengatakan pihaknya terus berupaya meningkatkan perbaikan pelayanan.

    Sebelumnya, Tiko dan Eman juga mengunjungi Aviation Fuel Terminal (AFT) Radin Inten II Lampung untuk melihat kesiapan pasokan Avtur untuk pesawat udara.

    Selain itu, keduanya juga memantau ketersediaan dan penyaluran BBM di SPBU yang berada di Jalan Tol Trans-Sumatera ruas Bandar Lampung menuju Palembang.

    Anggota Komite BPH Migas Eman Salman Arief (dua dari kanan). ANTARA/HO-BPH Migas

    Eman menyampaikan pasokan Avtur terjaga dengan baik dan meminta untuk terus menjaga keselamatan dalam bekerja.

    “Kami terus mengingatkan kesehatan petugas selalu dijaga dengan baik, sehingga keamanan dan keselamatan dalam bekerja terwujud dan melakukan pelayanan dengan prima,” ucapnya.

    Sementara, Tiko mengutarakan setelah melihat langsung di SPBU Trans Sumatera, didapati BBM tersedia dengan cukup.

    Pewarta: Kelik Dewanto
    Editor: Agus Salim
    Copyright © ANTARA 2024

  • PAM Jaya Luncurkan Kartu Air Sehat untuk Keluarga Sederhana

    PAM Jaya Luncurkan Kartu Air Sehat untuk Keluarga Sederhana

    Jakarta

    Perusahaan Umum Daerah Air Minum Jaya (PAM JAYA) mengumumkan tarif baru berdasarkan Keputusan Gubernur DKI Jakarta Nomor 730 tahun 2024 tentang Tarif Air Minum Perusahaan Umum Daerah Air Minum Jaya.

    Pemberlakuan tarif baru berlaku mulai Januari 2025 dan muncul dalam tagihan air Februari 2025. Berbarengan dengan itu, PAM JAYA juga mengeluarkan Kartu Air Sehat yang berlaku Januari 2025.

    “Mulai Bulan Januari 2025 PAM JAYA diberlakukan Program Kartu Air Sehat (KAS). Program ini berlaku selama 1 tahun dan akan dilakukan evaluasi secara berkala,” tulis keterangan perusahaan di situsnya, Sabtu (28/12/2024).

    PAM JAYA menyebut KAS diluncurkan untuk membantu perekonomian masyarakat pra sejahtera dan mewujudkan tarif berkeadilan. KAS berlaku khusus untuk kelompok pelanggan rumah tangga dengan kelas 2A1 (Rumah Tangga Sangat Sederhana) dan 2A2 (Rumah Tangga Sederhana).

    Pemegang KAS akan mendapatkan program aktivasi bantuan pendampingan penerapan tarif baru berupa:

    1. Mendapatkan tarif flat Rp 1000 per meter kubik untuk seluruh pemakaian air setiap bulannya bagi Pelanggan 2A1
    2. Mendapatkan tarif flat Rp 3.550 per meter kubik untuk pemakaian 1-20 meter kubik pertama setiap bulannya bagi Pelanggan 2A2
    3. Layanan prioritas jika terjadi gangguan pasokan air PAM JAYA melalui mobil tangki air PAM JAYA,
    4. Asuransi Gangguan Pelayanan bagi Pelanggan 2A1 dan 2A2 yang mengalami gangguan pasokan udara mati pada periode tertentu dan melaporkan kondisi ini ke Contact Center PAM JAYA.

    Pelanggan akan mendapatkan santunan/penggantian kerugian sesuai besaran manfaat yang telah ditetapkan per kelompok tarif maksimal 1x per bulan, yang akan diperhitungkan pada tagihan bulan berikutnya.

    Syarat dan Ketentuan

    Pertama, hanya diperuntukkan menyediakan kebutuhan dasar rumah tangga. Kemudian jika bantuan tidak sesuai dengan peruntukan makan ini dapat dibatalkan.

    Pelanggan pemegang KAS diwajibkan membayar tagihan secara bulanan secara teratur. Lalu pelanggan pemegang KAS dilarang melakukan tindakan-tindakan yang melanggar ketentuan-ketentuan yang ditetapkan oleh PAM JAYA.

    Misalnya, melakukan perusakan, mengubah jaringan, memanipulasi, menyambung ilegal, menyalahgunakan hidran, menghalangi petugas, dan atau jenis pelanggaran lainnya.

    (ily/ara)

  • Pemerintah Indonesia Kirim Bantuan Kemanusiaan ke Vanuatu, Beratnya Mencapai 50,5 Ton – Page 3

    Pemerintah Indonesia Kirim Bantuan Kemanusiaan ke Vanuatu, Beratnya Mencapai 50,5 Ton – Page 3

    Liputan6.com, Jakarta Gempa bumi dahsyat berkekuatan Magnitudo 7,3 skala Richter mengguncang lepas pantai pulau utama Vanuatu, Efate, merusak infrastruktur dan menyebabkan korban jiwa di ibu kota, Port Vila.

    Terkait kejadian tersebut, Pemerintah Indonesia melalui Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) mengirimkan bantuan kemanusiaan ke Vanuatu, di mana bantuan tersebut total beratnya mencapai 50,5 ton.

    “Pelepasan bantuan kemanusiaan dipimpin oleh Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Pratikno pada Jumat (27/12) sore di Base Ops Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta,” kata Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB, Abdul Muhari dalam keterangannya, Sabtu (28/12/2024).

    Barang bantuan yang disiapkan oleh BNPB berupa tenda pengungsi 10 set, tenda keluarga 50 set, jerigen lipat 1.000 pcs, tangki fleksibel 50 unit, genset 10 set, lampu penerangan portabel 10 unit, lampu penerangan tenaga surya 25 unit, amcus 2 unit, kebutuhan wanita 500 pack, peralatan kebersihan 500 pack.

    Peralatan memasak 500 set, matras dan selimut masing-masing 1.000 pcs, paket sembako 1.000 pack, kasur lipat 1.000 pack, makanan siap saji 2.500 pouch, paket makanan tambahan balita 300 pack, paket tambahan ibu hamil 250 pack, mie instan 800 kotak, perahu beserta mesinnya 2 unit.

    “Kali ini ada 21 barang kebutuhan dasar pengungsi, sudah dikomunikasikan dengan Pemerintah Vanuatu, kemudian ada permintaan khusus perahu karet dan mesinnya. Total nilai bantuan logistik peralatan ini sejumlah lebih dari 11 miliiar rupiah,” jelas Kepala BNPB Letjen TNI Suharyanto.

    Selain dukungan logistik peralatan, Pemerintah Indonesia melalui Kemenkes turut mengirimkan sejumlah obat-obatan dengan total berat 6,8 ton atau senilai 1,25 miliar rupiah. Paket obat-obatan tersebut terdiri dari hygiene kit, larvasida/pengendali jentik nyamuk, obat-obatan pelayanan dasar, obat malaria, alat penjernih air, dan emergency kit.

     

  • Cara Ini Buat Mesin Mobil Kamu Anti ‘Boyo’ dan Gak Bakal Nglitik

    Cara Ini Buat Mesin Mobil Kamu Anti ‘Boyo’ dan Gak Bakal Nglitik

    Jakarta

    Banyak pengendara yang kerap frustrasi saat mendengar suara mesin nglitik dan hilang tenaga. Nah dengan cara ini dipastikan detikers tidak akan lagi merasakan hal tersebut.

    Seperti tips yang diberikan Auto2000 dalam siaran resminya, ada beberapa cara untuk bisa mencegah mesin kehilangan tenaga dan nglitik. Tentu hal tersebut bisa dicegah dengan cara melakukan perawatan berkala di bengkel resmi yang telah terpercaya.

    “Sebaiknya yang dilakukan oleh pengendara adalah melakukan tindakan preventif, dan jangan membiarkan mobil sampai rusak atau bahkan mogok dan mengganggu mobilitas. Hal tersebut tentu akan merugikan,” tutur Chief Marketing Auto2000, Yagimin.

    Yagimin mengatakan ada beberapa hal yang bisa membuat mobil menjadi hilang tenaga, nglitik bahkan berujung mogok di antaranya adalah kotoran yang mengendap di dalam tangki.

    “Kalau terlalu banyak residu, lambat laun kotoran akan menghambat penyaluran bensin. Jika dibiarkan, filter bensin akan rusak dan endapan kotoran terbawa ke pompa, bahkan sampai masuk ke ruang bakar,” Yogimin menambahkan.

    Pelayanan Bengkel Auto2000 Lampung Foto: Ruly Kurniawan

    Nah penasaran apa saja yang harus dilakukan pengendara agar mesin tetap prima dan tidak nglitik, simak ulasannya berikut ini.

    Gunakan BBM Sesuai Rekomendasi

    Auto2000 selalu menyarankan untuk mengisi BBM sesuai spesifikasi dan kebutuhan mesin Toyota. Bensin yang berkualitas umumnya lebih bersih dan rendah residu. Selain itu, juga akan membuat pembakaran dapat berlangsung dengan sempurna guna menjaga performa mesin.

    Hindari Mengisi Bensin Sembarangan

    Sekarang sudah banyak SPBU resmi yang dikelola secara benar sehingga kualitas BBM-nya terjaga. Hindari mengisi di luar pom bensin resmi karena tidak ada jaminan kualitas dan penangangan.

    Jangan Tunggu Bensin Habis

    Hanya karena kesibukan mobilitas, beberapa orang menunggu hingga BBM mendekati nol baru berkunjung ke pom bensin. Padahal, dengan posisi bensin hampir habis, ada risiko kotoran dan air yang mengendap di tangki mobil akan terisap sehingga merusak komponen-komponen mobil yang dilaluinya.

    Ganti Filter Bensin Secara Berkala

    Auto2000 menyarankan untuk mengganti filter bahan bakar, baik mesin gasoline maupun diesel, secara berkala. Jangan hanya membersihkannya karena kotoran belum tentu hilang seluruhnya dan ada kemungkinan merusak material penyaring. Ganti filter BBM setiap 1 tahun atau 20.000 km untuk mesin bensin dan diesel.

    Namun kalau pengendara merasakan ada masalah padahal belum waktunya ganti filter, jangan segan untuk membawa mobil ke bengkel Auto2000 untuk pemeriksaan. Atau mobil sering melewati jalan kotor dan berdebu. Lebih baik ganti lebih cepat ketimbang kotoran merusak komponen-komponen yang menyalurkan bensin, apalagi kalau sampai merusak mesin.

    Cek Pompa BBM Secara Berkala

    Sama dengan filternya, pompa BBM juga wajib diperiksa rutin saat servis berkala. Jangan ragu meminta service advisor Auto2000 untuk melakukan pemeriksaan lengkap andai dirasakan ada gangguan, seperti mesin tersendat, hilang tenaga, atau indikator tekanan BBM di panel instrumen menyala. Segera ganti pompa kalau disarankan supaya kondisinya kembali prima.

    Kuras Tangki Bensin

    Tidak ada salahnya melakukan kuras tangki bensin untuk membersihkannya dari kotoran atau air yang dapat memicu korosi. Treatment ini khususnya untuk mobil yang usianya sudah lebih dari 2 tahun. Tapi kalau ternyata pompa bensin sudah ada endapan padahal mobil masih baru, segera lakukan pengurasan tangki di bengkel Auto2000 untuk memastikan sumber masalah dan mengatasinya.

    “Pengendara tidak bisa menjamin bahan bakar yang masuk ke dalam mesin sudah terjaga dari kontaminasi kotoran dan air. Langkah terbaik selain isi bensin di SPBU resmi, adalah menjaga kondisi filter bensin sebagai pelindung pertama. Solusinya adalah servis berkala di bengkel Auto2000 atau order THS – Auto2000 Home Service via websiteAuto2000.co.id. Segera manfaatkan promo kami yang menguntungkan,” jelas Yagimin.

    (lth/din)

  • Jembatan Runtuh-Mobil Terjun ke Sungai, 10 Orang Tewas-7 Hilang

    Jembatan Runtuh-Mobil Terjun ke Sungai, 10 Orang Tewas-7 Hilang

    Jakarta, CNBC Indonesia – Tragedi runtuhnya Jembatan Juscelino Kubitschek de Oliveira yang menghubungkan negara bagian Maranhão dan Tocantins di Brasil telah menelan korban jiwa yang terus bertambah. Pada Jumat (27/12/2024) waktu setempat, otoritas Brasil mengumumkan jumlah korban tewas meningkat menjadi 10 orang, sementara tujuh lainnya masih dinyatakan hilang.

    Jembatan sepanjang 500 meter yang dibangun pada tahun 1960-an itu runtuh pada Minggu (22/12/2024), mengakibatkan kendaraan beserta penumpangnya terjun ke Sungai Tocantins di bawahnya. Hingga kini, upaya pencarian dan penyelamatan terus dilakukan oleh tim gabungan.

    Angkatan Laut Brasil mengerahkan lebih dari 70 penyelamat, termasuk penyelam yang menggunakan ruang hiperbarik untuk menyelam hingga kedalaman lebih dari 30 meter (100 kaki). Pada Kamis, tim penyelamat menemukan jenazah pertama berjarak enam kilometer dari lokasi runtuhnya jembatan. Keesokan harinya, korban lain ditemukan di Sungai Tocantins.

    “Dengan demikian, hingga saat ini terdapat 10 korban meninggal dunia dan tujuh korban hilang,” kata Angkatan Laut Brasil dalam sebuah pernyataan resmi, dilansir AFP.

    Selain pencarian korban, upaya penyelamatan diwarnai kekhawatiran akan kontaminasi kimia. Dua truk yang jatuh ke sungai diketahui membawa asam sulfat, sementara truk ketiga mengangkut pestisida.

    Pada Selasa, otoritas Brasil memperingatkan potensi pencemaran Sungai Tocantins akibat bahan kimia berbahaya tersebut.

    Namun, setelah inspeksi lebih lanjut, juru bicara dinas pemadam kebakaran menyatakan bahwa tangki ketiga truk tersebut dalam kondisi utuh, sehingga tidak terjadi kebocoran bahan kimia. Meski demikian, kekhawatiran akan ancaman bahan kimia sempat memperlambat operasi penyelamatan selama beberapa hari, hingga analisis air dan pemeriksaan tangki selesai dilakukan.

    Pemerintah Brasil telah memulai investigasi untuk menentukan penyebab runtuhnya jembatan. Menurut laporan awal, keruntuhan tersebut disebabkan oleh kegagalan struktur balok utama di bagian tengah jembatan yang sudah berusia lebih dari enam dekade.

    Jembatan Juscelino Kubitschek de Oliveira, yang menjadi penghubung penting antara dua negara bagian di utara Brasil, memiliki panjang sekitar 500 meter. Kejadian ini memicu kekhawatiran akan kondisi infrastruktur tua di wilayah tersebut.

    (luc/luc)

  • Tips Meninggalkan Motor Listrik di Rumah saat Liburan, Baterai Harus Dicas Penuh

    Tips Meninggalkan Motor Listrik di Rumah saat Liburan, Baterai Harus Dicas Penuh

    Jakarta

    Sebelum meninggalkan motor di rumah untuk berlibur, kamu wajib memperhatikan cara menyimpan motor yang benar. Selain harus mencuci motor sebelum ditinggalkan, pemilik motor juga perlu memperhatikan beberapa hal, seperti mengecek komponen kelistrikan, khususnya untuk motor-motor listrik.

    Seperti dijelaskan Piaggio Indonesia dalam keterangan resmi, jika pergi lebih dari sebulan lamanya, pemilik motor berbahan bakar bensin sebaiknya tak menguras tangki hingga kosong agar terhindar dari korosi.

    “Sementara buat kendaraan listrik seperti Vespa Elettrica, pengendara diimbau mengisi daya baterainya hingga penuh, lalu mencabut dan menyimpannya di tempat teduh, demi menghindari self-discharge yang tinggi. Namun, jika akan pergi kurang dari sebulan, maka pemilik Vespa cukup melepas kabel terminal negatif (-) dan menutup rapat tempat baterai setelahnya,” tulis Piaggio Indonesia.

    Selanjutnya pastikan untuk mencuci kendaraan terlebih dulu sebelum ditinggal pergi liburan atau bepergian jauh. Mencucinya harus dengan cara tepat, seperti memastikan suhu mesin tak panas saat dicuci, pakai air bertekanan rendah agar cat bodi tak terkelupas, dan air bertekanan tinggi untuk membersihkan CVT pada motor matic dan juga area roda. Untuk hasil optimal, gunakan kain atau spons berbeda saat mengelap bagian bodi dan bagian bawah motor demi menghindari risiko baret. Setelahnya, simpan motormu di tempat yang teduh dan aman serta alasi roda kendaraan dengan alas karet.

    Selain itu, pastikan Vespa berada di area yang aman dari paparan sinar matahari dan hujan untuk meminimalisir risiko karat pada lapisan chrome. Jangan lupa juga untuk menutup Vespa dengan cover yang pas, tidak ketat ataupun tidak terlalu longgar, agar terhindar dari debu dan kelembaban yang bisa merusak kualitas finishing kendaraan.

    Setelah meninggalkan Vespa atau kendaraan roda dua lainnya di rumah selama libur akhir tahun, pastikan kamu melakukan pengecekan komponen-komponen penting, mulai lampu penerangan dan lampu sein, klakson, hingga baterai untuk motor listrik sebelum beraktivitas kembali. Selain itu, jangan lupa mengganti oli mesin, oli gear transmisi, juga busi. Periksa juga kondisi air radiator, setang kemudi, kanvas dan minyak rem, serta kualitas ban dan tekanan angin di dalamnya.

    (lua/din)

  • Pesawat Azerbaijan Jatuh: Kotak Hitam Ditemukan, Ungkap Misteri Besar?

    Pesawat Azerbaijan Jatuh: Kotak Hitam Ditemukan, Ungkap Misteri Besar?

    Daftar Isi

    Jakarta, CNBC Indonesia – Misteri jatuhnya pesawat Azerbaijan Airlines di Kazakhstan lambat laun mulai terkuak. Maskapai mengatakan pesawatnya jatuh karena “campur tangan pihak luar” di tengah dugaan kemungkinan keterlibatan Rusia dalam hal ini.

    Berdasarkan penyelidikan awal, Azerbaijan Airlines mengatakan bahwa pesawat jet yang jatuh di Kazakhstan pada Natal mengalami gangguan fisik dan teknis eksternal. Hal itu seiring dengan munculnya berbagai pertanyaan mengenai kemungkinan keterlibatan Rusia dalam bencana tersebut.

    Setidaknya 38 dari 67 orang yang berada di dalam pesawat tewas dalam kecelakaan tersebut, di mana korban meninggal termasuk dua pilot dan seorang pramugari. Orang-orang dari Azerbaijan, Rusia, Kazakhstan, dan Kyrgyzstan termasuk di antara mereka yang berada di dalam pesawat.

    Seorang penumpang mengatakan kepada Reuters dalam sebuah wawancara bahwa ia tidak mengira ia akan selamat setelah mendengar suara dentuman keras dan pesawat mulai berperilaku tidak wajar.

    “Jelas sekali bahwa (pesawat) mengalami kerusakan,” kata Subhonkul Rakhimov dikutip dari CNN Internasional, Sabtu (28/12/2024).

    Sementara itu, seorang pejabat AS mengatakan kepada CNN bahwa indikasi awal menunjukkan bahwa sistem anti-pesawat Rusia mungkin telah menjatuhkan jet penumpang tersebut.

    Bantahan Rusia

    Rusia mengklarifikasi, jet penumpang tersebut dialihkan dari tujuan awal di Grozny, Chechnya, karena pesawat tak berawak Ukraina di daerah tersebut dan juga karena kabut.

    “Ketika penerbangan J2-8243 mencoba mendarat di republik Rusia selatan, pesawat tak berawak tempur Ukraina melakukan serangan teroris terhadap infrastruktur sipil di kota Grozny dan Vladikavkaz,” kata Dmitry Yadrov, kepala Badan Transportasi Udara Federal Rusia.

    Yadrov mengatakan langit di wilayah tersebut ditutup yang berarti pesawat-pesawat yang berada di sekitarnya harus segera meninggalkan wilayah udara tersebut.

    Pilot pesawat berusaha mendarat di Grozny dua kali, kata Yadrov, tetapi tidak berhasil. Dia ditawari bandara lain untuk mendarat “memutuskan untuk melanjutkan ke bandara Aktau” di seberang Laut Kaspia di Kazakhstan.

    Menurutnya, Kabut tebal juga menyelimuti area bandara Grozny.

    Dalam sebuah pernyataan pada Jumat, Menteri Luar Negeri Ukraina Andrii Sybiha mengatakan bahwa media Rusia telah berbohong mengenai penyebab kecelakaan, dan menambahkan bahwa Moskow “memaksa pesawat yang rusak itu menyeberangi lautan, kemungkinan besar untuk menyembunyikan bukti kejahatan mereka.”

    Bukti Kejanggalan

    Video dan gambar pesawat setelah jatuh menunjukkan adanya lubang-lubang di badan pesawat yang terlihat seperti kerusakan akibat pecahan peluru atau puing-puing. Penyebab lubang-lubang ini belum dikonfirmasi.

    Miles O’Brien, seorang analis kedirgantaraan CNN, mengatakan kepada Jim Sciutto pada Kamis bahwa fakta logam di sekitar lubang tertekuk ke dalam menunjukkan bahwa ada “ledakan di dekat ekor pesawat itu.”

    “Hal itu merupakan bukti nyata dari rudal permukaan-ke-udara,” kata O’Brien.

    Ia menambahkan bahwa pesawat itu terbang di atas Chechnya di tengah-tengah aktivitas militer yang meningkat.

    Kovalenko, dari Pusat Penanggulangan Disinformasi Ukraina, berspekulasi bahwa pihak berwenang akan berusaha menutupi alasan sebenarnya di balik kecelakaan itu, termasuk lubang-lubang di pesawat, karena akan “merepotkan” untuk menyalahkan Rusia.

    Media pemerintah Rusia sebelumnya melaporkan bahwa pesawat dialihkan karena kabut tebal di Grozny. Badan Transportasi Udara Federal Rusia juga sebelumnya mengatakan bahwa pesawat itu jatuh setelah bertabrakan dengan burung.

    Sementara investigasi berlanjut, Azerbaijan Airlines telah menangguhkan penerbangan dari ibu kota Azerbaijan, Baku, ke tujuh kota di Rusia karena alasan keamanan.

    Adapun maskapai ini juga mengumumkan bahwa mereka akan membayar 20.000 manat sebagai kompensasi kepada para korban yang terluka dalam kecelakaan itu dan 40.000 manat kepada keluarga korban yang meninggal dalam bencana tersebut.

    Kotak Hitam

    Sementara itu, pihak berwenang telah menemukan kotak hitam kedua yang mereka harapkan akan menjelaskan penyebab bencana yang menewaskan puluhan orang. Butuh waktu sekitar dua minggu untuk membaca kotak hitam yang ditemukan di tempat kejadian.

    Menteri Transportasi Kazakhstan Marat Karabayev mengatakan bahwa pusat kendali Kazakhstan menerima sinyal dari Rusia sekitar 45 menit sebelum pesawat jatuh, yang mengatakan bahwa penerbangan dialihkan.

    Pengatur penerbangan Rusia mengatakan bahwa pesawat mengalami kegagalan dalam sistem kendalinya, dan bahwa kru memutuskan untuk terbang ke Aktau setelah menerima laporan cuaca buruk.

    Pengatur penerbangan kemudian mengatakan bahwa tangki oksigen meledak di kabin penumpang, menyebabkan penumpang kehilangan kesadaran.

    Ketika kru melakukan dua pendekatan pendaratan di bandara Aktau, pesawat menyimpang dari jalurnya, dan kehilangan komunikasi dengan pengatur penerbangan ketika jatuh.

    (luc/luc)

  • PAM Jaya pastikan tarif baru berkeadilan demi tingkatkan pelayanan

    PAM Jaya pastikan tarif baru berkeadilan demi tingkatkan pelayanan

    Sumber foto: Istimewa/elshinta.com.

    PAM Jaya pastikan tarif baru berkeadilan demi tingkatkan pelayanan
    Dalam Negeri   
    Editor: Sigit Kurniawan   
    Jumat, 27 Desember 2024 – 15:02 WIB

    Elshinta.com – Perumda PAM Jaya memastikan penyesuaian tarif baru mulai Januari 2025 mendatang akan berkeadilan. Selain itu, tagihan tarif yang akan dimunculkan dalam bulan Februari 2025 mendatang dilakukan demi meningkatkan pelayanan.

    Direktur Utama Perumda PAM Jaya Arief Nasrudin mengatakan, tarif baru ini telah mengacu pada Keputusan Gubernur DKI Jakarta Nomor 730 tahun 2024 tentang Tarif Air Minum Perusahaan Umum Daerah Air Minum Jaya. Selain terus melakukan pembangunan infrastruktur jaringan perpipaan, kebijakan ini juga merupakan bagian dari upaya PAM Jaya dalam meningkatkan kualitas hidup masyarakat melalui pemenuhan air minum
    pada 2030.

    Tidak hanya itu, kombinasi penerapan teknologi inovatif, disiplin operasional, hingga kerja sama sinergis juga dilakukan demi terwujudnya 100 persen cakupan air minum bagi seluruh warga Jakarta. Penerapan tarif baru merupakan upaya untuk mewujudkan pemenuhan air minum secara adil bagi seluruh lapisan masyarakat Jakarta. 

    Apalagi, tarif air minum di Jakarta selama 17 tahun terakhir tetap sama. Padahal, biaya untuk memenuhi kebutuhan penyediaan air minum terus meningkat. Kata dia, Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) telah menetapkan standar kebutuhan pokok air minum per kepala keluarga sebesar 10 meter kubik per bulan. 

    “Jika pelanggan rumah tangga menggunakan air secara bijak dengan konsumsi di angka 10 meter kubik maka tidak ada perubahan tarif yang akan dirasakan oleh pelanggan mengingat tarif pada kebutuhan 0-10 meter kubik masih tetap di angka yang relatif sama,” kata Arief dari keterangannya pada Rabu (25/12/2024).

    Arief menambahkan, kelompok pelanggan sosial atau K-1 khusus untuk pemakaian hingga 10 meter kubik atau setara dengan 10.000 liter mengalami penurunan tarif, sedangkan untuk pelanggan kelompok lainnya, akan tetap sama seperti sebelumnya. Namun, tarif akan diterapkan secara progresif ketika konsumsi air berada pada rentang lebih dari 10 meter kubik hingga 20 meter kubik dan di atas 20 meter kubik.

    “PAM Jaya berkomitmen memberikan layanan yang lebih baik, sekaligus mendukung
    program pemerintah dalam memenuhi kebutuhan air minum masyarakat Jakarta secara menyeluruh,” ungkap Arief.

    Hingga akhir 2030, lanjut dia, perseroan menargetkan bakal ada tambahan 1 juta sambungan rumah (SR) tercapai sehingga target ketersediaan layanan air minum perpipaan yang konsisten, berkualitas, dan terjangkau bagi warga Jakarta segera terpenuhi. Nantinya, sepanjang 7.000 kilometer tambahan jaringan perpipaan akan terpasang di seluruh wilayah Jakarta.

    Dalam upaya membantu perekonomian masyarakat pra sejahtera, PAM Jaya mewujudkan tarif berkeadilan dengan meluncurkan Kartu Air Sehat. Kartu ini merupakan sebuah program aktivasi bantuan pendamping penerapan tarif baru untuk pelanggan kelompok rumah tangga kode tarif 2A1 (rumah tangga sangat sederhana) dan 2A2 (rumah tangga sederhana).

    “Program ini efektif mulai Januari 2025 berlaku selama 1 tahun dan akan dilakukan evaluasi secara berkala,” tuturnya.

    Pelanggan yang mendapatkan Kartu Air Sehat akan mendapatkan bantuan berupa tarif
    promo. Bagi pelanggan 2A1 akan mendapatkan tarif flat sebesar Rp 1.000 per meter kubik untuk seluruh pemakaian air setiap bulannya.

    Pelanggan 2A2 akan mendapatkan tarif flat sebesar Rp 3.550 per meter kubik untuk
    pemakaian 1-20 meter kubik pertama setiap bulannya. Selain mendapatkan tarif promo, pemegang Kartu Air Sehat juga akan mendapatkan layanan prioritas jika terjadi gangguan suplai air berupa bantuan pengiriman air melalui mobil tangki PAM Jaya secara gratis.

    Manfaat lain dari Kartu Air Sehat adalah asuransi gangguan pelayanan. Pelanggan 2A1 dan 2A2 yang mengalami gangguan suplai air mati pada periode tertentu dan melaporkan kondisi ini ke Contact Center PAM JAYA (1500223), akan mendapatkan santunan/penggantian kerugian sesuai besaran manfaat yang sudah ditetapkan per kelompok tarif maksimal 1 x per bulan, yang akan diperhitungkan pada tagihan bulan berikutnya.

    “Komitmen PAM Jaya terhadap program sambungan baru gratis bagi pelanggan kelompok rumah tangga kode tarif 2A1 dan 2A2 juga terus berlanjut hingga 2025,” ucapnya.

    Terobosan lain yang dilakukan PAM Jaya adalah pemasangan cybel untuk penerapan Smart Meter pada meter air pelanggan, di mana dengan teknologi ini pembacaan meter air pelanggan dapat dibaca secara otomatis oleh sistem. Program pembacaan meter air pelanggan secara nirkabel yang dijalankan sejak Oktober 2024 ditujukan untuk meningkatkan kenyamanan pelanggan dan mencakup pemasangan modul komunikasi pada meter konvensional yang ada di lokasi pelanggan, tanpa dikenakan biaya tambahan.

    PAM Jaya terus meningkatkan kompetensi internal dengan berbagai program pelatihan dan pengembangan karyawan. Kerja sama strategis dengan para pemangku kepentingan di tingkat provinsi dan nasional juga dilakukan. Terkait penerapan tarif baru, pelanggan dapat
    mengajukan informasi atau pertanyaan pada layanan pelanggan 24 jam Contact Center PAM Jaya 1500 223 untuk memperoleh keterangan lebih lanjut.

    Sumber : Radio Elshinta

  • PAM Jaya beri kartu air sehat bagi pelanggan keluarga sederhana

    PAM Jaya beri kartu air sehat bagi pelanggan keluarga sederhana

    Jakarta (ANTARA) – Perusahaan Umum Daerah PAM Jaya menyatakan bahwa pada saat penyesuaian tarif akan dibarengi dengan pemberian Kartu Air Sehat (KAS) bagi pelanggan keluarga sederhana dan diberlakukan selama setahun serta dapat diperpanjang.

    “Program ini efektif mulai Januari 2025 berlaku selama setahun dan akan dilakukan evaluasi secara berkala,” kata Direktur Utama Perumda PAM Jaya Arief Nasrudin di Jakarta, Jumat.

    Ia mengatakan bahwa dalam upaya membantu perekonomian masyarakat pra sejahtera, pihaknya mewujudkan tarif berkeadilan dengan meluncurkan KAS.

    Menurut dia, pelanggan yang mendapatkan KAS akan mendapatkan bantuan berupa tarif promo. Bagi pelanggan 2A1 akan mendapatkan tarif flat sebesar Rp1.000 per meter kubik untuk seluruh pemakaian air setiap bulannya.

    Pelanggan 2A2 akan mendapatkan tarif flat sebesar Rp3.550 per meter kubik untuk pemakaian 1-20 meter kubik pertama setiap bulannya.

    “Selain mendapatkan tarif promo, pemegangnya juga akan mendapatkan layanan prioritas jika terjadi gangguan suplai air berupa bantuan pengiriman air melalui mobil tangki PAM Jaya secara gratis,” katanya.

    “Komitmen kami terhadap program sambungan baru gratis bagi pelanggan kelompok rumah tangga kode tarif 2A1 dan 2A2 juga terus berlanjut hingga 2025,” ujarnya.

    Sebelumnya, Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI) menyatakan bahwa Perumda PAM Jaya harus terus meningkatkan pelayanan kepada para konsumennya karena dari survei terbaru menunjukkan bahwa 86 persen responden masih mengeluh terkait pelayanan.

    “Keluhan dan pengaduan konsumen PAM Jaya masih sangat dominan,” kata Pengurus Harian YLKI Tulus Abadi.

    Keluhan yang dialami oleh para konsumen kata Tulus, yaitu masih berkarakter klasik. Artinya sejak dahulu keluhannya masih seperti itu.

    Survei tersebut menandakan masih terdapat persoalan klasik di level manajerial, baik dari sisi hulu maupun hilir, yang akhirnya berdampak terhadap pelayanan.

    Pewarta: Khaerul Izan
    Editor: Edy Sujatmiko
    Copyright © ANTARA 2024