kab/kota: Tangki

  • AS Dilaporkan Bangun Pangkalan Militer Baru di Suriah, Benarkah?

    AS Dilaporkan Bangun Pangkalan Militer Baru di Suriah, Benarkah?

    Konvoi tersebut, menurut laporan media lokal New Region, mencakup bangunan prefabrikasi, mesin penggali parit, peralatan pengintaian, dan tangki bahan bakar.

    Pembangunan pangkalan baru itu juga disebut bertujuan membantu Unit Pertahanan Rakyat (YPG), kelompok Kurdi di Suriah yang juga menjadi sekutu AS dalam membasmi ISIS. Washington telah mendukung dan melatih para petempur Kurdi dari SDF, yang dipimpin oleh YPG, dalam operasi memberantas ISIS.

    Aliansi AS dengan para petempur Kurdi di Suriah itu menuai kecaman keras dari Turki yang memandang YPG sebagai perpanjangan tangan dari milisi terlarang Partai Pekerja Kurdistan (PKK), yang mengobarkan pemberontakan melawan negara Turki sejak tahun 1984 silam.

    PKK telah ditetapkan sebagai organisasi teroris oleh Turki, AS dan Uni Eropa. Ankara telah berulang kali meminta Washington, sekutunya dalam NATO, dan beberapa negara lainnya untuk berhenti mendukung YPG.

    Sejak rezim Bashar al-Assad tumbang di Suriah, pasukan SDF dan militer Turki telah beberapa kali terlibat bentrokan. Para petempur milisi Kurdi di Suriah secara aktif bertempur melawan elemen-elemen Tentara Pembebasan Suriah yang didukung Ankara.

    Dalam beberapa pekan terakhir, Turki memperingatkan pihaknya akan mengerahkan pasukan tambahan ke kota Kobani, yang menjadi tempat para petempur Kurdi bercokol.

    Sementara para pejabat AS berharap SDF akan berada di bawah payung pemerintahan baru Suriah. Pemerintahan Presiden Joe Biden bahkan sebenarnya bersiap memberikan keringanan sanksi jika Kurdi menormalisasi hubungan dengan rezim Assad sebelum jatuhnya rezim itu karena khawatir Iran akan merangkul Kurdi demi menghadapi Turki.

    (nvc/idh)

  • 4 Ciri Fuel Pump Mobil Rusak

    4 Ciri Fuel Pump Mobil Rusak

    Daftar Isi

    Jakarta, CNN Indonesia

    Pompa bensin atau fuel pump atau merupakan komponen penting dalam operasi mesin kendaraan. Komponen ini bisa rusak seketika waktu.

    Pada dasarnya fuel pump didesain untuk dipakai dalam jangka waktu bertahun-tahun. Tetapi ada beberapa kasus cacat produksi fuel pump sehingga harus dilakukan pergantian komponen.

    Kerusakan pompa bensin tidak banyak diketahui pemilik kendaraan. Sebaiknya rutin periksa komponen ini setidaknya sebelum memulai perjalanan. Berikut 4 cara mengenali gejala fuel pump rusak.

    Indikator check engine menyala

    Apakah Anda tipe pengemudi yang sering memperhatikan check engine di dashboard dekat pengemudi? Kalau iya, maka akan mudah mengetahui pompa bensin rusak, yaitu dengan melihat indikatornya.

    Apabila penanda check engine menyala dan lampunya berkedip, maka itu tandanya ada masalah terjadi pada bagian fuel pump.

    Untuk memastikan bahwa itu benar dari pompa bensin mobil, maka pengguna dapat melakukan tes tekanan bahan bakar.

    Gunakan alat yang bernama fuel pressure gauge. Alat ini dipasang pada selang dan kemudian dimasukkan ke injektor.

    Saat fuel pump dinyalakan, maka tekanan akan terbaca oleh alat dan Anda bisa menentukan apakah mobil perlu diservis atau tidak.

    Mesin mobil sulit menyala

    Ciri pertama pompa bensin rusak adalah mobil susah di-starter. Ini adalah cara mengetahui pompa bensin rusak yang paling mudah.

    Kalau dari posisi kendaraan mati lalu susah dinyalakan, maka dapat dipastikan masalahnya bersumber dari fuel pump.

    Biasanya ini dikarenakan komponen tersebut tersumbat kotoran sehingga asupan bahan bakar ke ruang pembakaran tersendat.

    Walaupun mesin sudah berhasil dinyalakan, maka tetap akan tanda mencolok, yaitu suara brebet saat mobil digas dan suara mesin mobil kasar.

    Suara pompa melemah

    Ingin lebih yakin bahwa fuel pump mobil bermasalah? Pemilik bisa mengecek suara yang dihasilkan komponen tersebut.

    Caranya, dengarkan suara kendaraan saat pertama kali Anda menyalakannya dengan memutar kunci kontak ke ON.

    Kalau saat memutar kunci hanya mendengar bunyi yang sangat lemah, maka itu tandanya pompa bensin bermasalah. Sebab, suara yang terdengar pertama kali ketika mobil dinyalakan adalah suara fuel pump.

    Periksa getaran dan bunyi dengung di pompa bensin

    Cara terakhir untuk mengetahui apakah benar ada kerusakan pada mesin pompa bensin adalah dengan memeriksa getaran dan bunyi dengung.

    Anda dapat mengecek bunyi dengung ini dengan memutar kunci kontak mobil ke posisi ON dan dengarkan suara yang muncul dari tempat tangki bahan bakar berada. Kalau benar ada dengungan dan getaran, maka dipastikan semuanya normal.

    Bila tidak terdengar suara dengungan, maka itulah tanda pompa bensin mobil rusak.

    Cek aliran bensin

    Cara mengetahui pompa bensin rusak yang berikutnya adalah dengan mengecek aliran bahan bakar melalui selang fuel supply yang terhubung langsung dengan pompa.

    Pengguna dapat membuka jalur suplai bahan bakar dan menghidupkan pompa bensin. Langkah pertama, buka selang atau bisa juga dengan membuka selang fuel return.

    Langkah kedua, masukkan selang ke dalam botol atau wadah plastik untuk mencegah tumpahnya bensin. Kalau kedua langkah ini sudah dilakukan, maka berikutnya adalah memutar kunci kontak ke posisi ON dan perhatikan selang.

    Kalau ternyata ada bensin yang keluar, maka itu tandanya fuel pump masih baik. Namun, kalau tidak ada bahan bakar keluar, tandanya pompa bensin rusak.

    (can/mik)

    [Gambas:Video CNN]

  • Fenomena Baru di China: Mobil Ini ‘Naik Daun’, Bukan Mobil Listrik

    Fenomena Baru di China: Mobil Ini ‘Naik Daun’, Bukan Mobil Listrik

    Jakarta, CNBC Indonesia – Kendaraan bertenaga hibrida (hybrid) terbukti lebih populer daripada kendaraan bertenaga baterai listrik di China, bahkan saat konsumen beralih dari mobil bertenaga bensin. Hal ini terlihat dari data Asosiasi Mobil Penumpang China selama setahun penuh.

    “Kami masih melihat pertumbuhan di pasar China dalam hal baterai listrik, tetapi kami melihatnya agak terbatas,” kata Joe McCabe, presiden dan CEO AutoForecast Solutions, seperti dikutip CNBC International, Jumat (3/1/2025).

    McCabe memperkirakan bahwa pada tahun 2031, masih akan ada permintaan untuk kendaraan berbasis mesin pembakaran internal. Ini pun termasuk dari mobil bertenaga hibrida (jenis kendaraan yang menggunakan dua sistem penggerak, yaitu mesin bahan bakar bensin dan motor listrik)

    BYD, yang sejauh ini menjadi pemimpin pasar China misalnya, mengatakan dalam sebuah laporan 1 Jnauari bahwa mereka menjual sekitar 4,3 juta mobil penumpang pada tahun 2024. Hampir 2,5 juta dari kendaraan tersebut bertenaga hibrida.

    Ini berbeda dengan tahun 2023. BYD hanya menjual sedikit mobil hibrida dibandingkan mobil bertenaga baterai.

    Selain BYD, Li Auto, juga menunjukkan bagaimana perusahaannya laris manis menjual mobil hibrida, dengan tangki bahan bakar tambahan untuk memperpanjang jarak tempuh baterai listrik. Ini juga terlihat pada Leapmotor, yang menjual mobil bertenaga baterai listrik dan hibrida.

    Perusahaan rintisan mobil listrik China yang hanya menjual kendaraan listrik saja malah berada di peringkat yang lebih rendah dalam pengiriman setahun penuh. Produsen mobil listrik Zeekr menjual 222.123 kendaraan bertenaga baterai, Nio menjual 221.970, dan Xpeng menjual 190.068.

    Selain di China, mobil hibrida juga mendorong penjualan kendaraan kelas ringan di AS pada kuartal kedua (Q2) 2024. Sehingga penetrasi gabungan mobil hibrida dan mobil listrik bertenaga baterai mencapai 18,7%, menurut data Wards Intelligence yang diterbitkan oleh Badan Informasi Energi AS.

    (sef/sef)

  • Sebanyak 390 ribu pelanggan PAM dapat program air sehat

    Sebanyak 390 ribu pelanggan PAM dapat program air sehat

    Jakarta (ANTARA) – Sebanyak 390 ribu pelanggan air bersih PAM Jaya, secara otomatis mendapatkan program Kartu Air Sehat (KAS) setelah adanya penyesuaian tarif pada awal Januari 2025.

    “Sebetulnya kalau Kartu Air Sehat ini secara sistem itu sudah teregistrasi secara otomatis. Karena jenis pelanggan sudah ada di basis data kami,” kata Corporate Secretary PAM Jaya Gatra Vaganza saat dihubungi di Jakarta, Jumat.

    Ia mengatakan bahwa setelah penyesuaian tarif air bersih itu berlaku pada awal Januari 2025, maka program tersebut langsung bisa dirasakan oleh masyarakat, meskipun mereka tidak memiliki kartunya.

    Karena kata dia, program tersebut menyasar kepada pelanggan yang masuk kategori kelompok rumah tangga kode tarif 2A1 yaitu rumah tangga sangat sederhana dan 2A2 rumah tangga sederhana.

    “Jadi misalkan memang kartu itu belum didapat, jangan khawatir. Karena ketika pelanggan itu masuk 2A1 atau 2A2, walaupun mereka belum menerima kartu, program itu akan tetap berjalan,” katanya.

    Sebelumnya, Direktur Utama Perumda PAM Jaya Arief Nasrudin menyatakan bahwa pada saat penyesuaian tarif akan dibarengi dengan pemberian KAS bagi pelanggan keluarga sederhana dan diberlakukan selama setahun serta dapat diperpanjang.

    Ia mengatakan bahwa dalam upaya membantu perekonomian masyarakat pra sejahtera, pihaknya mewujudkan tarif berkeadilan dengan meluncurkan KAS.

    Menurut dia, pelanggan yang mendapatkan KAS akan mendapatkan bantuan berupa tarif promo. Bagi pelanggan 2A1 akan mendapatkan tarif flat sebesar Rp1.000 per meter kubik untuk seluruh pemakaian air setiap bulannya.

    “Selain mendapatkan tarif promo, pemegangnya juga akan mendapatkan layanan prioritas jika terjadi gangguan suplai air berupa bantuan pengiriman air melalui mobil tangki PAM Jaya secara gratis,” katanya.

    Pewarta: Khaerul Izan
    Editor: Edy Sujatmiko
    Copyright © ANTARA 2025

  • Ilmuwan Temukan Spesies Baru, Belut Hades Penguasa Dunia Bawah

    Ilmuwan Temukan Spesies Baru, Belut Hades Penguasa Dunia Bawah

    Jakarta

    Spesies baru belut moray ditemukan bersembunyi di muara sungai yang gelap di Indo-Pasifik Tengah. Tempat ia ditemukan menginspirasi peneliti menamainya Hades, Dewa Penguasa Dunia Bawah dalam mitologi Yunani.

    Nama lengkap spesies ini adalah Uropterygius hades. Belut ini berwarna sangat gelap sehingga mudah menyatu dengan lumpur. Dr. Wen-Chien Huang, penulis pertama penelitian yang mendeskripsikan spesies baru tersebut, terinspirasi oleh penggambaran Hades oleh Ralph Fiennes dalam film Clash of the Titans.

    Selain namanya, makhluk ini juga punya ciri khas mengesankan karena memiliki beberapa trik di ekornya. Dari 230 spesies moray yang diketahui sains, peneliti hanya dapat memastikan bahwa satu spesies menghabiskan sebagian besar hidupnya di air tawar.

    Dari spesies laut, hanya ada segelintir yang dapat menoleransi salinitas rendah yang ditemukan di dekat habitat muara seperti muara sungai. Jadi, menemukan belut moray spesialis muara benar-benar sangat langka.

    Maka, tidak mengherankan jika penemuan U. hades merupakan suatu kebetulan. Dikutip dari IFL Science, tiga peneliti dari National Sun Yat-sen University sedang menyelidiki sebuah gua di sepanjang Sungai Bawah Tanah Puerto Princesa di Filipina, untuk mencari belut moray ular bermata kacang, Uropterygius cyamommatus.

    Matanya yang menyerupai kacang membuatnya beradaptasi dengan baik dengan kehidupan gua. Tetapi ketika para peneliti mencarinya, mereka menemukan sesuatu yang sama sekali berbeda.

    Yang mereka temukan adalah sejenis belut moray ramping dengan warna gelap yang seragam. Tidak hanya langka sebagai spesialis muara, tetapi ketika ditangkap dan ditempatkan di tangki, ia melakukan sesuatu seperti menggali dengan ekor terlebih dahulu, yang juga sangat tidak biasa bagi belut moray.

    Belut moray juga memiliki mata kecil dan jumlah pori sensorik di kepala mereka. Ciri-ciri ini berguna bagi kehidupan di muara sungai dengan kondisi berlumpur yang bisa menyumbat.

    Dalam hal ini, kombinasi perilaku menggali dengan ekor dan adaptasi sensoriknya dapat menunjukkan bahwa spesies yang baru dalam ilmu pengetahuan ini adalah penggali yang sangat baik.

    “Uropterygius hades sp. nov. merupakan spesies belut moray langka yang menghuni lingkungan muara yang keruh, lebih menyukai substrat yang lembut dan berlumpur, dan menggali serta bersembunyi di antara bebatuan atau di daun bakau yang jatuh,” kata penulis studi.

    Lebih jauh lagi, peneliti mengamati bahwa U. hades sp. nov. sangat sensitif terhadap cahaya dan secara konsisten berusaha bersembunyi saat terpapar cahaya. Ini menunjukkan bahwa ia biasanya menghuni perairan keruh seperti muara, yang mengakibatkan kurangnya aklimatisasi terhadap paparan cahaya.

    “Proporsi mata kecil U. hades sp. nov. juga dapat menunjukkan adaptasinya terhadap kondisi cahaya redup, tempat mereka terutama menggunakan kemoresepsi dibandingkan penglihatan untuk mendeteksi mangsa atau menghindari predator,” simpul peneliti.

    (rns/afr)

  • Skutik Petualang Zontes 368G Meluncur di Malaysia, Harga Rp 100 Jutaan

    Skutik Petualang Zontes 368G Meluncur di Malaysia, Harga Rp 100 Jutaan

    Jakarta

    Skutik petualang Zontes 368G 2025 resmi meluncur di Malaysia dengan banderol RM 28.800 atau setara Rp 104 juta. Skutik petualang buatan China ini dibekali banyak fitur untuk mendukung aktivitas di lintasan off-road.

    Secara tampilan, Zontes 368G 2025 memiliki tampilan yang agresif dengan desain bersudut-sudut juga banyak lekukan. Skutik ini juga dibekali suspensi depan upside down, yang meningkatkan aspek kenyamanannya. Menariknya lagi, motor ini juga sudah dibekali velg jari-jari yang tentunya lebih nyaman buat menejang medan non-aspal.

    Dikutip dari Paultan, motor ini memakai mesin satu silinder, berpendingin cairan berkapasitas 368 cc yang menghasilkan tenaga 38 dk dengan torsi 40 Nm. Dengan transmisi CVT dan penggerak akhir V-Belt, 368G menggunakan ban tubeless dengan profil semi off-road.

    Suspensi depan Zontes dapat disetel dengan penyesuaian rebound dan kompresi, serta penyesuaian preload dan rebound untuk peredam kejut belakang. Pengereman pakai kaliper depan empat piston dan cakram hidrolik tunggal di belakang, sementara ABS dua channel jadi fitur standar di motor ini.

    Di pasar Malaysia, motor ini ditawarkan dalam dua versi ketinggian jok. Ada versi jok setinggi 795 mm tersedia dalam warna abu-abu/biru dan jok yang lebih rendah 770 mm dalam warna abu-abu/biru, putih/emas dan hijau.

    Berat kering motor ini mencapai 198 kg, dengan kapasitas tangki bahan bakar 17,5 liter. Kompartemen penyimpanan 52 liter yang terletak di bawah jok cukup besar untuk 2 helm full-face, sementara aksesori opsionalnya adalah lampu kabut 46 watt dan box aluminium 45 liter.

    Terdapat pula panel instrumen TFT-LCD 8 inci, dengan ‘dashcam’ kamera HD depan dan belakang menggunakan sensor Sony Starvis, dengan dukungan kartu memori 128 GB. Pemutaran ulang video dapat dilakukan pada panel instrumen atau pada ponsel pintar pengendara menggunakan aplikasi Zontes Intelligent.

    Enam port USB disediakan, tiga tipe-A dan tipe-C, dibagi antara pengendara dan pembonceng, dengan port tipe-C bisa mendukung pengisian cepat. Spesifikasi juga mencakup heated handlebar grips, pemantauan tekanan ban, kontrol traksi, skid plate, dan crash guards.

    Fitur-fitur lainnya di motor ini meliputi lampu-lampu full LED, dengan lampu depan memiliki fungsi peredupan otomatis. Motor ini memiliki dua mode berkendara, yakni Sport dan Eco.

    (lua/din)

  • Gelar Perkara Bocornya Soda Api Telah Selesai, Polisi Segera Umumkan Tersangka

    Gelar Perkara Bocornya Soda Api Telah Selesai, Polisi Segera Umumkan Tersangka

    JABAR EKSPRES – Jajaran Kepolisian Resort Cimahi telah selesai melaksanakan gelar perkara insiden bocornya truk pembawa cairan kimia berjenis caustic soda liquid di Jalan Raya Purwakarta-Padalarang, Kabupaten Bandung Barat (KBB) pada Selasa (24/12/2024) lalu.

    Kanit Penegakan Hukum (Gakkum) Sat Lantas Polres Cimahi, Ipda Bayu Subakti menjelaskan, pihaknya sudah mendapatkan titik terang terkait penyebab bocornya truk pembawa cairan kimia ini di Kabupaten Bandung Barat.

    “Kami sudah melakukan gelar perkara, dugaan awal penyebab kebocoran itu dari pipa di bawah tangki mobil yang tertutup ban serep,” katanya saat dikonfirmasi, Kamis (2/1/2025).

    BACA JUGA: Badan Kehormatan DPRD Banjar Angkat Bicara Soal Pelanggaran Kode Etik

    Ia menambahkan, kesimpulan penyebab pasti kebocoran truk tersebut menunggu hasil pemeriksaan saksi dan ahli pada proses investigasi yang tengah dilakukan.

    “Untuk detailnya kami mohon waktu karena perlu pendalaman dari para ahli. Kita periksa 15 saksi mulai dari korban, terlapor, pemilik perusahaan, dan ahli,” katanya.

    Lebih lanjut ia mengatakan, untuk saat ini peristiwa kasus bocornya cairan kimia tersebut telah naik statusnya dari tahap penyelidikan menjadi tahap penyidikan.

    BACA JUGA: DPRD Cimahi Targetkan 22 Raperda Tuntas di 2025, Fokus pada Sinkronisasi RPJMD dengan Janji Politik

    “Kami sudah menaikkan tahap penyelidikan kasus tumpahan cairan kimia itu menjadi penyidikan. Pasti nanti ada penetapan tersangka, namun kami harus menetapkan mekanisme sesuai prosedur penyidikan,” katanya.

    Ia menegaskan, saat ini sopir truk tangki berinisial WG yang mengendarai truk pembawa cairan kimia berjenis soda api tersebut masih status saksi dan wajib lapor.

    “Dugaan pelanggarannya itu Pasal 310 ayat 1 dan 2 yaitu kecelakaan yang menyebabkan kerugian materi dan luka. Untuk sopir saat ini berstatus saksi dengan ketentuan wajib lapor,” tandasnya.

    BACA JUGA: Pelaku UMKM Merapat! Begini Cara Daftar Bansos BPUM Rp2,4 Juta Terbaru 2025

    Sekedar diketahui, sebanyak 500 lebih kendaraan rusak serta 100 pengendara mengalami luka-luka usai terkena cairan kimia Coustic Soda Liquid NaOH-48 persen atau biasa disebut soda api yang tumpah di sepanjang Jalan Raya Padalarang-Purwakarta, Kabupaten Bandung Barat.

    Cairan berbahaya tersebut diproduksi oleh perusahaan kertas PT Pindo Deli di Karawang, Jawa Barat. Lalu, cairan itu diangkut menggunakan kendaraan tangki milik CV Yasin Multi Pratama berukuran 20.000 liter dengan tujuan Kelurahan Maleber, Kecamatan Andir, Kota Bandung.

  • 6 Tips Buat Mobil agar Tak Hilang Tenaga, Ganti Filter Bensin hingga Kuras Tangki

    6 Tips Buat Mobil agar Tak Hilang Tenaga, Ganti Filter Bensin hingga Kuras Tangki

    Laporan Wartawan TribunJatim.com, Fikri Firmansyah

    TRIBUNJATIM.COM, SURABAYA – Merawat mobil supaya tetap terjaga performanya sebaiknya jangan dianggap sulit.

    Jurusnya hanya satu, yaitu secara berkala melakukan pengecekan kendaraan di bengkel resmi.

    Satu di antara permasalahan yang cukup sering terjadi pada performa mobil adalah gejala hilang tenaga dan bahkan mobil terasa ngelitik.

    Ini tentu membuat tidak nyaman dan waswas di jalan.

    “Sebaiknya yang dilakukan oleh pemilik mobil adalah melakukan tindakan preventif, dan jangan membiarkan mobil sampai rusak atau bahkan mogok dan mengganggu mobilitas. Hal tersebut tentu akan merugikan AutoFamily,” tutur Yagimin, Chief Marketing Auto2000, Kamis (2/1/2025).

    Terkait faktor apa yang bisa membuat mobil hilang tenaga dan ngelitik, Yagimin mengatakan, ada beberapa hal, di antaranya adalah kotoran yang mengendap di dalam tangki.

    Kalau terlalu banyak residu, lambat laun kotoran akan menghambat penyaluran bensin.

    Jika dibiarkan, filter bensin akan rusak dan endapan kotoran terbawa ke pompa, bahkan sampai masuk ke ruang bakar.

    Untuk mengatasi maupun mencegah terjadinya permasalahan tersebut, Yagimin menyarankan pengguna mobil untuk melakukan langkah berikut:

    1. Menggunakan BBM Sesuai Rekomendasi

    “Auto2000 selalu menyarankan untuk mengisi BBM sesuai spesifikasi dan kebutuhan mesin Toyota. Bensin yang berkualitas umumnya lebih bersih dan rendah residu. Selain itu, juga akan membuat pembakaran dapat berlangsung dengan sempurna guna menjaga performa mesin,” katanya.

    2. Hindari Mengisi Bensin Sembarangan

    Sekarang sudah banyak SPBU resmi yang dikelola secara benar, sehingga kualitas BBM-nya terjaga.

    Hindari mengisi di luar pom bensin resmi, karena tidak ada jaminan kualitas dan penangangan.

    3. Jangan Tunggu Bensin Habis

    Hanya karena kesibukan mobilitas, beberapa orang menunggu hingga BBM mendekati nol baru berkunjung ke pom bensin.

    Padahal, dengan posisi bensin hampir habis, ada risiko kotoran dan air yang mengendap di tangki mobil akan terisap, sehingga merusak komponen-komponen mobil yang dilaluinya.

    4. Menggganti Filter Bensin secara Berkala

    Yagimin menyarankan untuk mengganti filter bahan bakar, baik mesin gasoline maupun diesel, secara berkala.

    Jangan hanya membersihkannya karena kotoran belum tentu hilang seluruhnya dan ada kemungkinan merusak material penyaring.

    Ganti filter BBM setiap 1 tahun atau 20.000 km untuk mesin bensin dan diesel.

    Namun kalau pemilik mobil merasakan ada masalah padahal belum waktunya ganti filter, jangan segan untuk membawa mobil ke bengkel Auto2000 untuk pemeriksaan.

    Atau mobil sering melewati jalan kotor dan berdebu. Lebih baik ganti lebih cepat ketimbang kotoran merusak komponen-komponen yang menyalurkan bensin, apalagi kalau sampai merusak mesin.

    5. Mengecek Pompa BBM secara Berkala

    Sama dengan filternya, pompa BBM juga wajib diperiksa rutin saat servis berkala.

    Jangan ragu meminta service advisor Auto2000 untuk melakukan pemeriksaan lengkap andai dirasakan ada gangguan, seperti mesin tersendat, hilang tenaga, atau indikator tekanan BBM di panel instrumen menyala.

    Segera ganti pompa kalau disarankan, supaya kondisinya kembali prima.

    6. Menguras Tangki Bensin

    Tidak ada salahnya melakukan kuras tangki bensin untuk membersihkannya dari kotoran atau air yang dapat memicu korosi.

    Treatment ini khususnya untuk mobil yang usianya sudah lebih dari 2 tahun.

    Tapi kalau ternyata pompa bensin sudah ada endapan padahal mobil masih baru, segera lakukan pengurasan tangki di bengkel Auto2000 untuk memastikan sumber masalah dan mengatasinya.

    “Kita semua tidak bisa menjamin bahan bakar yang masuk ke dalam mesin sudah terjaga dari kontaminasi kotoran dan air atau tidak. Karenanya, langkah terbaik selain isi bensin di SPBU resmi, adalah menjaga kondisi filter bensin sebagai pelindung pertama. Solusinya adalah servis berkala di bengkel,” jelas Yagimin.

  • Jaksel perlu waktu lima tahun peroleh status Kota Stop BAB sembarangan

    Jaksel perlu waktu lima tahun peroleh status Kota Stop BAB sembarangan

    Jakarta (ANTARA) – Pemerintah Kota Administrasi Jakarta Selatan (Pemkot Jaksel) memerlukan waktu sebanyak lima tahun untuk memperoleh status Kota Stop Buang Air Sembarangan (BAB) sembarangan.

    “Kami menargetkan untuk mencapai status Kota Stop Buang Air Besar Sembarangan sekiranya dibutuhkan waktu selama lima tahun,” kata Wali Kota Administrasi Jakarta Selatan Munjirin di Jakarta, Kamis.

    Munjirin mengatakan pencapaian target itu untuk mewujudkan kota sehat.

    “Dengan komitmen yang sudah digalakkan ini, nantinya kami dapat mengikuti penghargaan Kabupaten/Kota Sehat (KKS),” ujarnya.

    Kegiatan ini bertujuan untuk mencapai kondisi sanitasi total dengan mengubah perilaku higienis dan sanitasi melalui pemberdayaan masyarakat yang meliputi perubahan perilaku.

    Kemudian, melaksanakan kegiatan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) dengan baik, agar sesuai dengan harapan yang sudah ditargetkan.

    “Jadi, kita ingin ada peningkatan akses sanitasi yang berkelanjutan, salah satunya dengan cara menggalang dukungan institusi dan masyarakat, sehingga nantinya terjadi pembinaan terintegrasi lintas sektor,” ujarnya.

    Kebayoran Lama
    Sementara itu, Kepala Puskesmas Kecamatan Kebayoran Lama Avy Permata Sari menerangkan, untuk di Kecamatan Kebayoran Lama dari 77 RW sudah terdapat 28 RW yang sudah ODF.

    STBM didasarkan adanya lima pilar, yaitu Stop Buang Air Besar Sembarangan (SBABS), cuci tangan pakai sabun, pengelolaan air minum rumah tangga, pengelolaan sampah rumah tangga dan pengelolaan limbah cair rumah tangga.

    Pembuatan tangki septik dalam program STBM ini menargetkan 6-10 kelurahan untuk tercapainya kawasan ODF. Satu tangki septik komunal bisa dipakai untuk 10-15 kepala keluarga (KK).

    Berdasarkan data STBM Dinas Kesehatan Provinsi DKI Jakarta, jumlah rumah tangga atau KK yang masih melakukan praktik BAB sembarangan pada 2023 sebanyak 5,47 persen KK dari seluruh KK di Provinsi DKI Jakarta.

    Pewarta: Luthfia Miranda Putri
    Editor: Edy Sujatmiko
    Copyright © ANTARA 2025

  • Pakai Mesin V-Twin, Bergaya Bobber

    Pakai Mesin V-Twin, Bergaya Bobber

    Jakarta

    Menjelang akhir tahun 2024 kemarin, Benelli meluncurkan moge baru berjenis cruiser, yakni motor dengan ciri khas posisi setang yang tinggi dan jok yang rendah. Dinamai Leoncino 400, motor gagah ini mengusung konfigurasi mesin V-Twin dengan kaki-kaki yang gambot atau biasa disebut Bobber.

    Mengutip laman Motorcycle News, Bennelli Leoncino 400 Bobber mengusung mesin baru 386,5 cc yang sesuai dengan Euro5+ baru, yang diklaim menghasilkan 25 dk pada 8.000 rpm dan torsi 36,6 Nm pada 4.500 rpm.

    Benelli Bobber 400 Leoncino Foto: Dok. Benelli

    Secara desain, motor ini memiliki tampilan yang ringkas dengan headlamp yang kecil dan opsi jok single seat. Tampilan motor ini juga terlihat sangat kokoh dengan layout mesin yang padat dan besar. Menariknya lagi, Bennelli Leoncino 400 Bobber menggunakan knalpot ganda yang sporty.

    Keunikan lain yang ada di moge ini ada pada bagian sistem penggeraknya, di mana umumnya motor sport menggunakan penggerak rantai dan gear, maka di Leoncino 400 tersebut menggunakan sistem penggerak V-Belt seperti di motor-motor matic. Sistem V-Belt ini tentunya jauh lebih senyap dibandingkan rantai.

    Benelli Bobber 400 Leoncino Foto: Dok. Benelli

    Dari aspek suspensi, Leoncino menggunakan suspensi depan Upside Down 35 mm yang paten alias tidak memiliki setelan. Bagian belakang menggunakan set-up sokbreker ganda.

    Dengan tinggi jok hanya 730 mm, Bobber Leoncino 400 seharusnya tak mengintimidasi para pengendara, terutama jika dipadukan dengan bobot basah yang hanya 180 kg. Motor ini memiliki tangki bahan bakar berkapasitas 15 liter.

    Harga Bennelli Leoncino 400 Bobber belum diumumkan, namun motor ini dipastikan mulai diniagakan pada tahun ini. Kira-kira bakal masuk Indonesia nggak ya?

    Benelli Bobber 400 Leoncino Foto: Dok. Benelli (lua/din)