kab/kota: Tangki

  • 10 Motor Terkeren di Dunia, Auto Bikin Tambah Ganteng!

    10 Motor Terkeren di Dunia, Auto Bikin Tambah Ganteng!

    Jakarta

    Ada banyak jenis motor di dunia, tetapi seperti apakah motor terkeren di dunia? Hal ini memang cukup subjektif untuk dinilai. Namun hal tersebut bisa dinilai dari beberapa kriteria, seperti performa mesin, desain, hingga kenyamanan.

    Situs otomotif Slashgear telah mereview banyak jenis sepeda motor. Dari berbagai motor yang pernah direview, di bawah ini adalah 10 motor terkeren di dunia versi mereka.

    Apa Saja Motor Terkeren di Dunia?

    Berikut 10 motor terkeren di dunia, lengkap dengan penjelasannya:

    1. Honda Rebel 500

    Honda Rebel 500. Foto: Pool (Indianautoblogs)Harga: USD 6.500 atau sekitar Rp 104 juta (kurs Rp 16 ribu).

    Yang pertama ada Honda Rebel 500 yang merupakan motor penjelajah yang ikonik. Dilihat dari desainnya, motor ini simpel namun elegan dan cocok dipakai berpetualang, terutama untuk pengendara yang pendek.

    Untuk mendukung performanya, motor ini dibekali mesin DOHC parallel-twin berpendingin cairan 471 cc. Mesin ini mampu menyemburkan tenaga sebesar 45 daya kuda atau horse power (HP) dengan kecepatan maksimal 100 mph.

    2. Indian FTR X 100% R Carbon

    Indian FTR X 100% R Carbon. Foto: dok Indian MotorcycleHarga: USD 18.999 atau sekitar Rp 304 juta.

    Indian FTR X 100% R Carbon merupakan kombinasi antara performa balap dan desain yang mewah. Ini termasuk motor edisi terbatas yang diperkenalkan dalam platform FTR.

    Desain yang berani tampak pada aksen serat karbon, termasuk penutup tangki, sepatbor depan, dan sarung jok yang mengurangi bobot sekaligus menambah kesan mewah.

    Motor ini dibekali mesin V-twin 1.203 cc berpendingin cairan enam percepatan. Mesin ini menyemburkan kekuatan 120 daya kuda. Performa top ini dikombinasikan dengan sasis yang responsif dan sistem suspensi yang canggih.

    3. Ducati Hypermotard 698 Mono

    Ducati Hypermotard 698 Mono. Foto: Dok. Ducati IndonesiaHarga: USD 12.995 atau Rp 207 juta.

    Motor terkeren di dunia selanjutnya adalah Ducati Hypermotard 698 Mono yang cocok untuk pengendara bertubuh lebih besar. Jenis motor 698 Mono ini termasuk jajaran Hypermotard yang ringan dengan bobot 333 kg.

    Motor ini dibekali mesin 698 cc silinder tunggal berpendingin cairan enam percepatan. Mesin ini bertenaga maksimal 77,5 daya kuda.

    4. MV Agusta Brutale 1000 RS

    MV Agusta Brutale. Foto: Pool (visordown)Harga: EUR 29.050 atau Rp 489 juta (kurs Rp 16.850)

    MV Agusta Brutale 1000 RS termasuk mahakarya di kelasnya. Motor ini termasuk buas di atas roda dengan mesin empat silinder 998 cc berstarter elektrik yang menghasilkan tenaga maksimal 208 daya kuda. Kecepatan maksimalnya 186 mph.

    Mengenai desain, motor pabrikan Italia ini menggunakan rangka ringan dan bodywork aerodinamis. Rancangan ini memberikan tampilan ramping dan futuristik.

    5. Honda Transalp

    Honda XL750 TRANSALP. Foto: Doc. AHMHarga: USD 9.999 atau Rp 160 juta

    Selanjutnya ada Honda Transalp yang menjadi motor penjelajah petualangan. Motor ini mengusung teknologi terkini dengan tetap mempertahankan akarnya sebagai motor penjelajah berbagai medan.

    Honda Transalp menggunakan mesin parallel-twin 755cc berdesain baru yang menghasilkan tenaga 90,5 daya kuda. Rangkanya yang ringan seberat 459 pon membuatnya sangat lincah.

    6. Aprilia RS660

    Aprilia RS660. Foto: ApriliaHarga: Rp 631 juta (Jakarta)

    Aprilia RS660 akan membuat kamu serasa berada di lintasan balap MotoGP. Motor ini mampu menyeimbangkan performa, teknologi canggih, dan desain ergonomi yang ramah bagi pengendara.

    Dapur pacunya adalah mesin parallel-twin 660 cc yang mampu menghasilkan 100 daya kuda pada 10.500 rpm. Fitur canggih pada motor ini antara lain sistem Aprilia Performance Ride Control System (APRC) yang menawarkan kontrol traksi, wheelie, dan berbagai mode berkendara.

    7. Kawasaki Ninja ZX-4RR

    Kawasaki Ninja ZX-4RR. Foto: Dok. KawasakiHarga: Rp 244 juta (Jakarta)

    Kawasaki Ninja ZX-4RR menawarkan performa tinggi dengan harga terjangkau. Motor dibekali mesin inline-four 399 cc yang langka dan hampir tidak pernah terdengar di kelas ini. Mesin ini memiliki kemampuan putaran hingga lebih dari 16.000 rpm.

    Desain Kawasaki Ninja ZX-4RR mendukung pengendalian yang lincah dan bisa menikung tajam. Hal ini juga didukung sasis ringan yang meningkatkan kelincahannya.

    Dari segi teknologi, Ninja ZX-4RR dilengkapi dengan rangkaian elektronik canggih Kawasaki. Fitur ini termasuk kontrol traksi, mode daya, dan quick-shifter.

    8. Ducati Monster Plus

    Ducati Monster. Foto: DucatiHarga: USD 13.495 atau Rp 215 juta

    Ducati Monster Plus juga layak menjadi motor terkeren di dunia. Motor ini didesain dengan bodi minim, sehingga bagian mesinnya bisa terlihat.

    Sebagai sumber tenaga, Ducati Monster Plus dibekali mesin Testrastretta L-twin 937 cc bertenaga 111 daya kuda. Kinerja mesin mampu memberikan tenaga kuat dan kecepatan tinggi. Motor ini dilengkapi flyscreen kecil dan penutup jok penumpang yang tidak dapat ditemukan pada varian Monster.

    9. Honda CBR1000RR-R

    Honda CBR1000RR-R Fireblade Foto: Astra Honda MotorHarga: Rp 804 juta (Jakarta)

    Satu lagi dari Honda adalah CBR1000RR-R atau Fireblade. Motor ini merupakan kombinasi antara teknologi dan performa yang identik dengan kendaraan serupa di lintasan MotoGP.

    Honda CBR1000RR-R jelas dibuat untuk pengendara berpengalaman yang menuntut tingkat kecepatan, presisi, dan kontrol tinggi di jalan raya maupun di lintasan balap.

    Berbekal mesin 999 cc berpendingin cairan empat silinder segaris empat langkah, motor ini bisa menghasilkan kekuatan sebesar 218 tenaga kuda. Dikombinasikan dengan sasis ringan, Honda CBR1000RR-R menawarkan kelincahan secepat kilat dan pengendalian yang sangat baik.

    10. Ducati Scrambler Full Throttle

    Ducati Scrambler Full Throttle. Foto: dok DucatiHarga: Rp 370 jutaan (off the road)

    Ducati Scrambler Full Throttle memiliki mesin L-twin 803 cc yang menghasilkan tenaga sebesar 73 daya kuda. Tampilan eksterior motor menggunakan warna gelap dengan grafis pelana tajam, serta panel samping yang menampilkan angka 62.

    Fitur-fitur modern motor ini termasuk penyaluran tenaga throttle, ABS di tikungan, kontrol traksi, dan shifter cepat naik-turun yang semuanya dapat diakses pada layar pengukur 4,3 inci.

    Itulah 10 motor terkeren di dunia yang memiliki keunggulan pada desain, performa, hingga tingkat kenyamanan. Kalau menurut detikers, apa motor terkeren menurut kamu?

    (bai/row)

  • Jakpus bangun MCK komunal percepat program \”stop\” BAB sembarangan

    Jakpus bangun MCK komunal percepat program \”stop\” BAB sembarangan

    Wali Kota Administrasi Jakarta Pusat Arifin saat meresmikan MCK di Jakarta, Minggu (19/1/2025). ANTARA/Ho-Pemkot Jakpus

    Jakpus bangun MCK komunal percepat program \”stop\” BAB sembarangan
    Dalam Negeri   
    Editor: Widodo   
    Minggu, 19 Januari 2025 – 23:37 WIB

    Elshinta.com – Pemerintah Kota (Pemkot) Administrasi Jakarta Pusat mengoperasikan fasilitas mandi cuci kakus (MCK) di Jalan Kepu Kelurahan Kemayoran, untuk mempercepat program “stop” buang air besar (BAB) sembarangan.

    “Walau masih kecil, anak diminta buang air di rumah atau MCK agar lingkungan semakin bersih dan sehat,” kata Wali Kota Administrasi Jakarta Pusat Arifin di Jakarta, Minggu.

    Arifin mengingatkan warga agar bisa mengedukasi anaknya sejak dini agar tidak buang air kecil dan besar di saluran maupun di sembarang tempat untuk membangun kesadaran agar masa mendatang mereka tumbuh sebagai generasi yang menjaga perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS).

    Dia mengatakan, pengoperasian MCK yang dibangun oleh Suku Dinas Sumber Daya Air (SDA) Jakarta Pusat itu diharapkan dapat mendorong peningkatan program stop BAB sembarangan.

    “MCK komunal ini memiliki sebanyak 10 pintu kamar mandi dan fasilitas mencuci. Dasar bangunannya ini sudah baik,” kata dia.

    Arifin meminta agar warga menjaga keberadaan MCK itu dengan baik dan tidak ada lagi warga yang memiliki perilaku BAB sembarangan di sekitar MCK dan memanfaatkan fasilitas itu secara maksimal.

    Sementara itu, Kepala Suku Dinas SDA Kota Administrasi Jakarta Pusat Andrian Mara Maulana menjelaskan, fasiltas MCK itu dibangun sejak Oktober 2024 lalu dan memfasilitasi sebanyak 10 KK dengan jumlah 50 jiwa.

    Sepanjang 2024, pihaknya telah membangun MCK komunal di empat lokasi dan membangun bio tangki septik komunal di 14 lokasi se-Jakarta Pusat.

    “Total sebanyak 281 KK menjadi penerima manfaat dari pembangunan MCK dan tangki septik komunal. Ini sebagai upaya kami mendukung percepatan program stop BAB sembarangan,” kata Andrian.

    Sumber : Antara

  • Jakpus bangun MCK komunal percepat program “stop” BAB sembarangan

    Jakpus bangun MCK komunal percepat program “stop” BAB sembarangan

    Jakarta (ANTARA) – Pemerintah Kota (Pemkot) Administrasi Jakarta Pusat mengoperasikan fasilitas mandi cuci kakus (MCK) di Jalan Kepu Kelurahan Kemayoran, untuk mempercepat program “stop” buang air besar (BAB) sembarangan.

    “Walau masih kecil, anak diminta buang air di rumah atau MCK agar lingkungan semakin bersih dan sehat,” kata Wali Kota Administrasi Jakarta Pusat Arifin di Jakarta, Minggu.

    Arifin mengingatkan warga agar bisa mengedukasi anaknya sejak dini agar tidak buang air kecil dan besar di saluran maupun di sembarang tempat untuk membangun kesadaran agar masa mendatang mereka tumbuh sebagai generasi yang menjaga perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS).

    Dia mengatakan, pengoperasian MCK yang dibangun oleh Suku Dinas Sumber Daya Air (SDA) Jakarta Pusat itu diharapkan dapat mendorong peningkatan program stop BAB sembarangan.

    “MCK komunal ini memiliki sebanyak 10 pintu kamar mandi dan fasilitas mencuci. Dasar bangunannya ini sudah baik,” kata dia.

    Arifin meminta agar warga menjaga keberadaan MCK itu dengan baik dan tidak ada lagi warga yang memiliki perilaku BAB sembarangan di sekitar MCK dan memanfaatkan fasilitas itu secara maksimal.

    Sementara itu, Kepala Suku Dinas SDA Kota Administrasi Jakarta Pusat Andrian Mara Maulana menjelaskan, fasiltas MCK itu dibangun sejak Oktober 2024 lalu dan memfasilitasi sebanyak 10 KK dengan jumlah 50 jiwa.

    Sepanjang 2024, pihaknya telah membangun MCK komunal di empat lokasi dan membangun bio tangki septik komunal di 14 lokasi se-Jakarta Pusat.

    “Total sebanyak 281 KK menjadi penerima manfaat dari pembangunan MCK dan tangki septik komunal. Ini sebagai upaya kami mendukung percepatan program stop BAB sembarangan,” kata Andrian.

    Pewarta: Khaerul Izan
    Editor: Syaiful Hakim
    Copyright © ANTARA 2025

  • Truk Tangki Meledak Sebabkan 70 Orang Tewas di Nigeria

    Truk Tangki Meledak Sebabkan 70 Orang Tewas di Nigeria

    Jakarta

    Sebuah truk tangki berisi bahan bakar bensin meledak setelah terbalik di Nigeria bagian tengah. Peristiwa itu tewaskan 70 orang, yang berusaha mengambil bahan bakal yang tumpah saat terbalik.

    “Jumlah korban tewas sejauh ini mencapai 70 orang,” kata Kumar Tsukwam, kepala Korps Keselamatan Jalan Raya Federal (FRSC) di Negara Bagian Niger, kepada AFP melalui telepon.

    Tsukwam mengatakan sebuah truk yang membawa 60.000 liter bensin mengalami kecelakaan sekitar pukul 10:00 pagi (0900 GMT) di persimpangan Dikko di jalan yang menghubungkan ibu kota federal Abuja dengan kota Kaduna di utara.

    “Sebagian besar korban terbakar hingga tidak dapat dikenali,” kata Tsukwam. “Kami berada di lokasi kejadian untuk membereskan semuanya.”

    Sebuah pernyataan FSRC mengatakan “sekelompok besar orang berkumpul untuk menyendok bahan bakar” ketika “tiba-tiba truk tangki terbakar, menelan truk tangki lainnya”.

    “Sejauh ini 60 mayat ditemukan di lokasi kejadian, sebagian besar korban adalah pemulung,” katanya.

    Tahun lalu, tak lama setelah pemilihannya, Presiden Bola Tinubu menghapus subsidi bahan bakar.

    Hal itu menyebabkan harga kebutuhan pokok dan barang-barang lainnya melonjak, memicu protes.

    Inflasi telah mencapai lebih dari 30 persen selama setahun terakhir, dan sebuah laporan akhir tahun lalu yang ditulis bersama oleh otoritas Nigeria, Perserikatan Bangsa-Bangsa, dan LSM mengatakan bahwa lebih dari 33 juta dari sekitar 230 juta penduduk Nigeria akan kelaparan pada tahun 2025.

    Bago dari Negara Bagian Niger mengatakan ledakan itu “mengkhawatirkan, memilukan, dan disayangkan”, tetapi ia menambahkan bahwa orang-orang harus “selalu bertanggung jawab dan mengutamakan keselamatan mereka”.

    Pada bulan Oktober, lebih dari 170 orang tewas dalam insiden serupa di Negara Bagian Jigawa, di Nigeria utara.

    Pada tahun 2020, FRSC mencatat 1.531 kecelakaan truk tangki bahan bakar yang menewaskan lebih dari 535 orang.

    (aik/aik)

  • Jalan rusak, peternak sapi perah di lereng Gunung Wilis akui merugi

    Jalan rusak, peternak sapi perah di lereng Gunung Wilis akui merugi

    Ketua KUD Tani Wilis, Suwarto usai hearing dengan DPRD Tulungagung (ANATARA/HO – joko purnomo)

    Jalan rusak, peternak sapi perah di lereng Gunung Wilis akui merugi
    Dalam Negeri   
    Editor: Calista Aziza   
    Jumat, 17 Januari 2025 – 06:55 WIB

    Elshinta.com – Peternak sapi perah di lereng Gunung Wilis Kabupaten Tulungagung, Jawa Timur, yang menggantungkan hidupnya dari memerah susu, mengaku merugi hingga ratusan juta rupiah akibat jalan rusak terdampak longsor yang tidak kunjung diperbaiki.

    Ketua KUD Tani Wilis, Suwarto di Tulungagung, Kamis, menyebut kerugian mencapai Rp61 juta per bulan akibat biaya tambahan untuk penyewaan tempat penampungan susu dan tenaga kerja.

    Biaya untuk melangsir susu ini sekitar Rp61 juta sebulan,” ujar Suwarto usai rapat dengar pendapat dengan DPRD Kabupaten Tulungagung.

    Jalan utama yang biasa digunakan untuk mengangkut susu langsung ke pabrik pengolahan di Pasuruan kini tak bisa dilalui truk besar.

    Sebagai solusi, KUD Tani Wilis menggunakan truk tangki kecil yang harus memutar lewat jalur alternatif dengan kondisi jalan kurang baik.

    Susu dari truk kecil itu kemudian dipindahkan ke truk tangki besar di Desa Boro Kecamatan Kedungwaru, untuk melanjutkan perjalanan ke pabrik.

    Meski pemindahan susu ke tangki besar berisiko menurunkan kualitas, Suwarto mengaku sejauh ini belum ada pengiriman yang ditolak oleh pabrik.

    “Alhamdulillah, belum ada susu yang ditolak,” katanya.

    Upaya perbaikan jalan pun sudah diupayakan KUD Tani Wilis dengan mengalokasikan anggaran Rp10juta hingga Rp15 juta.

    Namun, biaya pengurukan diperkirakan mencapai Rp50 hingga Rp75 juta, sehingga rencana tersebut terpaksa ditunda.

    Kepala Dinas Pekerjaan Umum Kabupaten Tulungagung, Dwi Hari, mengatakan perbaikan jalan tersebut direncanakan menggunakan anggaran Biaya Tak Terduga (BTT) dari Pemerintah Provinsi Jawa Timur.

    Menurut dia, pengerjaan akan memanfaatkan bronjong dengan ketinggian antara 7-10 meter untuk menahan longsor.

    Sumber : Antara

  • Mesin 50 cc, Konsumsi BBM 94/Km

    Mesin 50 cc, Konsumsi BBM 94/Km

    Jakarta

    Honda Cross Cub 50 telah meluncur di Jepang. Motor yang kami anggap ‘salah pergaulan’ tersebut punya banyak keunikan, mulai dari tampangnya yang tak biasa hingga konsumsi BBM-nya yang luar biasa irit!

    Disitat dari Greatbiker, Sabtu (18/1), Honda Cross Cub 50 tersedia dalam dua varian berbeda, yakni regular dengan harga 308 ribu yen atau Rp 32 jutaan dan Kumamon yang 11 ribu yen atau Rp 1 jutaan lebih mahal. Keduanya hanya berbeda dari segi tampilan.

    Khusus untuk varian Kumamon, pabrikan hanya memberikan warna khusus dan penutup tambahan di bagian samping. Sementara untuk yang lain masih benar-benar sama.

    Nah, biar kenal lebih dekat dengan motor ‘salah pergaulan’ tersebut, berikut kami rangkum spesifikasinya.

    Spesifikasi Honda Cross Cub 50

    Tampang

    Honda Cross Cub 50. Foto: Doc. Honda Japan.

    Honda Cross Cub 50 punya tampang unik yang tak biasa. Bahkan, kami menyebutnya ‘salah pergaulan’. Sebab, pabrikan mengawinkan dua konsep berbeda, yakni bebek dan trail.

    Kita mungkin mengenal Honda CT125 sebagai bebek trail yang melegenda. Namun, Honda Cross Cub 50 menawarkan konsep yang berbeda. Kendaraan tersebut menggunakan kursi tunggal seperti seri klasik. Selain itu, spakbornya dirancang besar dengan selosong knalpot rata.

    Sementara sentuhan off road disematkan di bagian kaki-kaki, lampu dan panel instrumen semi telanjang. Kombinasi tersebut membuat Honda Cross Cub 50 memang terlihat seperti motor ‘salah pergaulan’.

    Kuda besi tersebut menggunakan struktur bodi backbone dengan suspensi depan teleskopik dan belakang swing arms. Menariknya, sistem pengeremannya masih menganut double tromol.

    Mesin

    Honda Cross Cub 50. Foto: Doc. Honda Japan.

    Honda Cross Cub 50 menggunakan mesin mungil berkapasitas 49cc dengan silinder tunggal dan pendingin udara. Pembekalan itu membuat motor mampu menghasilkan tenaga maksimum 3,7 dk pada 7.500 rpm dan torsi puncak 3,8 Nm pada 5.500 rpm. Sementara transmisinya manual empat-percepatan.

    Menariknya, Honda Cross Cub 50 punya konsumsi BBM yang di atas rata-rata. Bayangkan saja, hanya dengan seliter bensin, motor bebek tersebut bisa melaju sejauh 94 kilometer lebih!

    Pabrikan membekali Honda Cross Cub 50 dengan tangki berkapasitas 4,3 liter. Maka, dalam kondisi penuh atau full tank, motor bisa dipacu sejauh 405 km tanpa perlu mampir ke SPBU.

    Fitur

    Honda Cross Cub 50. Foto: Doc. Honda Japan.

    Sayangnya, fitur Honda Cross Cub 50 bisa dibilang tak terlalu spesial. Motor bebek tersebut masih menggunakan kunci konvensional, panel instrumen analog dan rem yang belum cakram.

    Namun, sisi modern di kendaraan masih bisa terlihat melalui lampu atau pencahayaan yang sudah full LED.

    (sfn/dry)

  • Biden Bocorkan Data Baru Bantuan ke Ukraina, Sombong Perkuat NATO, 1.340 Tentara Rusia Tewas Sehari – Halaman all

    Biden Bocorkan Data Baru Bantuan ke Ukraina, Sombong Perkuat NATO, 1.340 Tentara Rusia Tewas Sehari – Halaman all

    TRIBUNNEWS.COM – Pemerintahan Presiden AS Joe Biden telah mengungkapkan data baru tentang bantuannya kepada Ukraina, yang mengungkap dukungan yang sebelumnya dirahasiakan terhadap industri pesawat tak berawak militer negara itu.

    Seperti dilansir The New York Times , pejabat AS mengatakan pada 16 Januari 2025, mereka telah melakukan investasi besar yang membantu Ukraina memulai dan memperluas produksi drone.

    Sebagian besar bantuan AS untuk militer Ukraina, termasuk miliaran dolar untuk rudal, sistem pertahanan udara, tank, artileri, dan pelatihan, telah diumumkan ke publik.

    Namun, dukungan lainnya sebagian besar masih tersembunyi.

    Para pejabat AS mencatat, dukungan tersebut termasuk membantu Ukraina mengembangkan generasi baru pesawat tanpa awak, yang menurut para pejabat AS akan merevolusi cara peperangan dilakukan.

    Penasihat Keamanan Nasional AS Jake Sullivan mengatakan dukungan tersebut memiliki dampak strategis nyata pada perang.

    “Kami melihat bagaimana UAV menjadi semakin penting dalam pertempuran di Ukraina dan akan menjadi penting dalam semua pertempuran di masa depan,” kata Sullivan.

    Amerika Serikat menyediakan dana untuk mendukung produsen pesawat nirawak dan membeli suku cadang.

    Orang-orang yang mengetahui situasi tersebut menekankan bahwa Amerika Serikat juga telah mengirim perwira intelijen ke Ukraina untuk membantu mengembangkan program tersebut.

    Dalam wawancara awal minggu ini, Direktur CIA William Burns secara tidak langsung menyebutkan dukungan lembaganya terhadap program pesawat tak berawak di Ukraina.

    Sullivan mengatakan bahwa upaya pesawat tak berawak dimulai setelah serangan balasan pertama Ukraina pada musim gugur 2022 ketika batas kemampuan tradisional Ukraina menjadi jelas.

    Sullivan mencatat bahwa upaya-upaya ini dipercepat sebagai persiapan untuk serangan balik kedua Ukraina, yang kurang berhasil.

    Ukraina tidak memperoleh wilayah sebanyak yang diinginkannya, sebagian karena penggunaan UAV oleh Rusia.

    Setelah serangan balasan, pejabat AS mengatakan mereka dengan cepat meningkatkan dukungan untuk produsen drone Ukraina, membangun upaya Kyiv untuk mengembangkan industrinya sendiri.

    Selain bantuan keuangan, pemerintahan Biden berupaya membangun hubungan antara perusahaan teknologi AS dan produsen drone Ukraina.

    Musim gugur lalu, Pentagon mengalokasikan US$800 juta untuk produksi drone di Ukraina yang digunakan untuk membeli komponen drone dan membiayai produsen drone.

    Selama kunjungan Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy ke Gedung Putih pada September 2024, Presiden Biden mengatakan US$1,5 miliar lainnya akan diarahkan ke industri drone Ukraina.

    Para pejabat AS mengatakan pada tanggal 16 Januari bahwa mereka yakin investasi tersebut telah membuat pesawat tak berawak Ukraina lebih efektif dan mematikan.

    Mereka mencatat bahwa pesawat tak berawak angkatan laut Ukraina telah menghancurkan seperempat Armada Laut Hitam Rusia dan bahwa pesawat tak berawak yang dikerahkan di garis depan telah membantu memperlambat kemajuan Rusia di timur Ukraina.

    Sullivan mengatakan bahwa dorongan untuk membangun industri drone Ukraina telah memberikan pelajaran yang sangat berharga bahwa pemerintahan Biden telah mulai memadukannya ke dalam industri pertahanan AS sendiri.

    Kepala Pentagon saat ini Lloyd Austin dan Menteri Luar Negeri AS Antony Blinken menulis opini bersama untuk The New York Times  yang menjelaskan bahaya pemotongan  bantuan militer ke Ukraina dan mengakhiri perang sebelum waktunya.

    Dalam pidato perpisahannya, Presiden Joe Biden menyebutkan Ukraina dalam konteks pencapaian kebijakan luar negerinya dan bagaimana ia telah ” memperkuat NATO “.

    Rusia Kehilangan Ribuan Tentara dalam Sehari

    Rusia telah kehilangan 1.340 tentara Rusia tewas dan terluka, 21 sistem artileri dan 13 kendaraan tempur lapis baja selama 24 jam terakhir.

    Hal ini diklaim oleh Staf Umum Angkatan Bersenjata Ukraina dalam rilis di media sosial Facebook.

    Total kerugian tempur pasukan Rusia antara 24 Februari 2022 dan 18 Januari 2025 diperkirakan sebagai berikut [angka dalam tanda kurung mewakili kerugian terkini:

    -Sekitar 817.160 (+1.340) personel militer; 

    -9.803 (+0) tank;

    -20.394 (+13) kendaraan tempur lapis baja;

    -22.040 (+21) sistem artileri;

    -1.262 (+0) sistem roket peluncuran ganda;

    -1.046 (+0) sistem pertahanan udara;

    -369 (+0) pesawat sayap tetap;

    -331 (+0) helikopter;

    -22.579 (+13) UAV taktis dan strategis;

    -3.049 (+0) rudal jelajah;

    -28 (+0) kapal/perahu;

    -1 (+0) kapal selam;

    -34.325 (+69) kendaraan dan truk tangki bahan bakar;

    -3.699 (+0) kendaraan khusus dan perlengkapan lainnya.

    Pada hari sebelumnya, 17 Januari, dilaporkan bahwa Rusia telah kehilangan 1.670 tentara Rusia yang tewas dan terluka serta lebih dari 200 buah senjata dan peralatan militer Rusia.

    (Tribunnews.com/ Chrysnha)

  • Harga Tembus Rp 1 Miliar, Segini Pajak Tahunan GWM Tank 500

    Harga Tembus Rp 1 Miliar, Segini Pajak Tahunan GWM Tank 500

    Jakarta

    GWM Tank 500 punya banderol tembus Rp 1,1 miliar. Dengan harga segitu, berapa ya pajak tahunannya?

    GWM menggoda kalangan berduit di Indonesia dengan merilis SUV kekar Tank 500. Jurus GWM itu rupanya berhasil memikat masyarakat dalam negeri. Pabrikan China itu mengklaim mobilnya cukup diminati orang Indonesia.

    “Menurut saya, dalam hal harga dan juga dari sisi produk. Itu kita di sana bermain tunggal dan sangat superior sih,” ungkap General Manager, Inchcape GWM Retail Indonesia (IGRI), Stefanus Asiantara belum lama ini.

    Pajak Tahunan GWM Tank 500

    Mobil China memang identik dengan harga yang ramah kantong, tapi strategi GWM memang berbeda dengan menghadirkan mobil di atas Rp 1 miliar. GWM Tank 500 saat ini dibanderol Rp 1,196 miliar. Dengan harga segitu, tentu pajaknya juga tidak murah.

    Ditelusuri detikOto dalam laman Informasi Data Kendaraan dan Pajak Kendaraan Bermotor Pemerintah Provinsi DKI Jakarta, pajak tahunan GWM Tank 500 4×4 lansiran tahun 2024 itu sebesar Rp 13,751 juta. Pajak tahunan itu terdiri dari:

    PKB Pokok: Rp 13.608.000SWDKLLJ: Rp 143.000Total: Rp 13.751.000

    Pajak itu berlaku untuk kendaraan pertama atas nama perusahaan. Besar pajak tersebut bisa jadi berbeda di wilayah lain.

    Spesifikasi GWM Tank 500

    Dengan harga dan pajak tahunan sebesar itu, GWM menawarkan ragam fitur yang bisa jadi pertimbangan. Secara dimensi, mobil ini memiliki panjang 5.078 mm, lebar 1.934 mm, dan tinggi1.905 mm. Sementara jarak sumbu rodanya adalah 2.850 mm, ground clearance 224 mm, dan juga tangki bensin berkapasitas 75 liter.

    GWM Tank 500 HEV dibekali mesin bensin variable-geometry turbocharger (VGT) direct injection, berkapasitas 1.998 cc. Mesin ini dibekali teknologi hybrid untuk meningkatkan performa mesin.

    Di atas kertas, mesin tersebut bisa menghasilkan tenaga maksimal 244 dk pada 5.500 – 6.000 rpm dan torsi puncak 380 Nm pada 1.700 – 4.000 rpm. Sementara electric motor powernya bisa menghasilkan tenaga hingga 106 dk dan electric motor torque 268 Nm. Tenaga disalurkan keempat roda (4WD) dengan transmisi 9-speed auto transmission (9HAT).

    Mobil ini dilengkapi beberapa fitur pendukung yang membantu pengendara di medan on road maupun off road. Fitur-fitur itu antara lain empat mode berkendara (standard, sport, economy, automatic), mode berkendara di medan off road (mud, sand, rock, 4H, snow, 4L, expert). Ada juga fitur cruise control khusus off road, juga fitur agile u-turn capability (Tank Turn), serta body transparent system.

    (dry/din)

  • BYD Luncurkan Merek Premium Denza di Indonesia Pekan Depan, Catat Tanggalnya!

    BYD Luncurkan Merek Premium Denza di Indonesia Pekan Depan, Catat Tanggalnya!

    Jakarta

    BYD bakal meluncurkan merek premium Denza pekan depan. Catat tanggalnya!

    Merek premium asal China, Denza, dipastikan meramaikan pasar otomotif Indonesia dalam hitungan hari. Dalam undangan yang diterima meja redaksi detikOto, merek premium di bawah naungan BYD itu akan diluncurkan pada 22 Januari. Undangan itu bertajuk ‘Denza Grand Launch’.

    Sebelumnya, BYD memang sudah membocorkan bahwa Denza akan meluncur di Indonesia pada kuartal pertama tahun 2025 tanpa menyebutkan waktu pastinya. Denza sejatinya akan bertarung dengan merek premium sekelas Lexus.

    Buat yang belum tahu, Denza sebelumnya merupakan perusahaan patungan dari BYD dan Mercedes-Benz. Kala itu, keduanya sama-sama memiliki saham 50-50 persen. Namun sejak musim panas tahun 2024, Denza sepenuhnya dimiliki BYD.

    BYD punya alasan tersendiri membawa merek premiumnya ke Tanah Air. Lewat Denza, BYD ingin menegaskan soal identitas kendaraan premium yang bisa dinikmati oleh masyarakat Indonesia.

    “Kami ingin memberikan identitas kembali terhadap suatu kata premium dimana dalam kemewahan tersebut juga terkandung di dalamnya teknologi super safety dan suatu feature intelligent cukup baik yang dimiliki oleh BYD,” ungkap Presiden Direktur PT BYD Motor Indonesia Eagle Zhao belum lama ini.

    Menurut Eagle, pasar premium di Indonesia masih menyasar kalangan tertentu. Namun lewat Denza, pihaknya bakal membuat mobil premium bisa dirasakan kalangan yang lebih luas.

    “Jika pelanggan Indonesia berbicara tentang premium, mereka akan berpikir wah, jauh dari saya. Ini harusnya tidak terjadi. Kami ingin suatu hal yang bisa dijangkau, tentu saja kami ingin membuat Denza menjadi lebih kompetitif,” urai Eagle.

    Sebagai awalan, produk perdana yang akan dikenalkan Denza adalah D9. D9 merupakan MPV ramah lingkungan. Di negara asalnya, Denza D9 punya opsi powertrain plug-in hybrid (PHEV) dan EV. Varian PHEV bisa menempuh jarak hingga 1.050 km bila baterai dan tangki bensinnya terisi penuh. Sementara bila hanya mengandalkan baterai, mobil bisa menempuh jarak sekitar 200 km. Untuk di Indonesia, kabarnya Denza akan lebih dulu mengenalkan D9 versi listrik.

    Sebelum peluncuran, BYD juga diketahui telah membuka pemesanan untuk Denza D9 EV. Head of PR & Government Relations PT BYD Motor Indonesia Luther Panjaitan mengungkap per November 2024, saat belum ada peluncuran, sudah ada ratusan unit konsumen RI yang memesan Denza D9.

    Luther tak merinci lebih detail soal jumlah pemesanan tersebut. Namun menurutnya, dengan angka pemesanan yang sudah mencapai ratusan unit ini, membuat BYD cukup percaya diri bahwa MPV listrik itu dapat diterima dengan baik oleh masyarakat. Ditambah lagi, Denza D9 bakal jadi pemain baru di tengah ketatnya persaingan antara MPV listrik di segmen premium.

    “Artinya belum launching belum ada barangnya tapi udah taruh uang untuk order. Artinya jangan-jangan selama ini nggak ada pilihan aja,” kata Luther.

    (dry/din)

  • Iritnya Konsumsi BBM Motor Baru Honda, Seliter Bisa untuk 94 Km!

    Iritnya Konsumsi BBM Motor Baru Honda, Seliter Bisa untuk 94 Km!

    Jakarta

    Honda telah meluncurkan motor bebek baru bertampang unik, yakni Honda Cross Cub 50. Meski tampilannya tak biasa, namun kendaraan tersebut punya mesin yang sangat irit bahan bakar.

    Disitat dari Greatbiker, Kamis (16/1), Honda Cross Cub 50 bukan meluncur di Indonesia, melainkan di Jepang. Kuda besi tersebut menggunakan mesin mungil berkapasitas 49cc dengan silinder tunggal dan pendingin udara.

    Pembekalan itu membuat motor mampu menghasilkan tenaga maksimum 3,7 dk pada 7.500 rpm dan torsi puncak 3,8 Nm pada 5.500 rpm. Sementara transmisinya manual empat-percepatan.

    Honda Cross Cub 50. Foto: Doc. Honda Japan.

    Menariknya, Honda Cross Cub 50 punya konsumsi BBM yang di atas rata-rata. Bayangkan saja, hanya dengan seliter bensin, motor bebek tersebut bisa melaju sejauh 94 kilometer lebih!

    Pabrikan membekali Honda Cross Cub 50 dengan tangki berkapasitas 4,3 liter. Maka, dalam kondisi penuh atau full tank, motor bisa dipacu sejauh 405 km tanpa perlu mampir ke SPBU.

    Mengenal Honda Cross Cub 50

    Honda Cross Cub 50 punya tampang unik yang tak biasa. Bahkan, kami menyebutnya ‘salah pergaulan’. Sebab, pabrikan mengawinkan dua konsep berbeda, yakni bebek dan trail.

    Kita mungkin mengenal Honda CT125 sebagai bebek trail yang melegenda. Namun, Honda Cross Cub 50 menawarkan konsep yang berbeda. Kendaraan tersebut menggunakan kursi tunggal seperti seri klasik. Selain itu, spakbornya dirancang besar dengan selongsong knalpot rata.

    Honda Cross Cub 50. Foto: Doc. Honda Japan.

    Sementara sentuhan off road disematkan di bagian kaki-kaki, lampu dan panel instrumen semi telanjang. Kombinasi tersebut membuat Honda Cross Cub 50 memang terlihat seperti motor ‘salah pergaulan’.

    Kuda besi tersebut menggunakan struktur bodi backbone dengan suspensi depan teleskopik dan belakang swing arms. Menariknya, sistem pengeremannya masih menganut double tromol.

    Selain model standar, Cross Cub 50 juga memiliki hadir dalam varian khusus, yakni Kumamon. Kendaraan tersebut hadir dengan warna spesial dan penutup samping merah yang dibuat mencolok.

    Honda Cross Cub 50 sudah mulai dipasarkan di Jepang. Pabrikan membanderolnya mulai dari 308 ribu yen atau Rp 32 jutaan untuk varian regular dan 319 ribu yen atau Rp 33 jutaan untuk varian Kumamon.

    (sfn/dry)