kab/kota: Tangki

  • Yamaha Gear Ultima Meluncur di Malaysia, Harga Tembus Rp 25 Juta

    Yamaha Gear Ultima Meluncur di Malaysia, Harga Tembus Rp 25 Juta

    Jakarta

    Yamaha Malaysia resmi menghadirkan skuter terbaru mereka, Yamaha Ego Gear Pro Hybrid 2026. Motor matic entry level ini merupakan kembaran Yamaha Gear Ultima versi Indonesia. Di Malaysia, Yamaha Ego Gear Pro Hybrid dijual mulai 6.198 ringgit atau setara Rp 25 juta.

    Yang menjadi sorotan utama pada Ego Gear Pro Hybrid yakni hadirnya fitur Power Assist. Fitur ini otomatis memberi tenaga ekstra saat motor berakselerasi dari kondisi diam, termasuk ketika membawa penumpang atau mulai menanjak, hingga kecepatan 30 km/jam. Teknologi ini dipadukan dengan Smart Motor Generator (SMG) yang membuat motor lebih halus saat stop-start, plus tombol starter sekali tekan.

    Yamaha Gear Ultima meluncur di Malaysia dengan nama yang berbeda Foto: Dok. Yamaha

    Urusan performa, skutik ini dibekali mesin Blue Core Hybrid 125 cc, satu silinder SOHC berpendingin udara. Tenaganya mencapai 8,4 PS di 6.500 rpm dengan torsi 9,9 Nm di 5.000 rpm, dan penyaluran tenaga memakai sistem transmisi otomatis CVT khas skutik.

    Bicara kaki-kaki, Ego Gear Pro Hybrid memakai roda 12 inci dengan ban 110/70 di depan-belakang. Pengeremannya menggunakan rem cakram hidrolik di roda depan dan rem tromol di belakang. Suspensinya mengandalkan garpu teleskopik dan peredam kejut tunggal belakang yang preload-nya bisa disetel sesuai kebutuhan pengendara.

    Soal fitur harian, motor ini sudah dilengkapi panel LCD monokrom yang menampilkan informasi lengkap. Yamaha juga membenamkan Y-Connect, memungkinkan motor matic mungil ini terhubung ke smartphone untuk memberi notifikasi telepon dan pesan, mengingatkan jadwal servis, menampilkan konsumsi BBM, hingga membantu menemukan motor di area parkir.

    Yamaha Gear Ultima meluncur di Malaysia dengan nama yang berbeda Foto: Dok. Yamaha

    Untuk kepraktisan, tangki bahan bakar berkapasitas 5,1 liter, sementara bagasi bawah jok menyediakan ruang 18,3 liter. Pada bagian depan terdapat dua kompartemen kecil buat menaruh barang. Tinggi joknya 750 mm dengan bobot hanya 95 kg, membuat skutik ini ramah untuk pengendara harian.

    Di Malaysia, Yamaha Ego Gear Pro Hybrid hadir dalam tiga pilihan warna: Stellar White, Navy Green, dan Cosmic Blue.

    (lua/dry)

  • Mobil BYD Ini Laku Keras, Baru 80 Hari Sudah Terjual 50.000 Unit

    Mobil BYD Ini Laku Keras, Baru 80 Hari Sudah Terjual 50.000 Unit

    Jakarta

    Mobil BYD satu ini laku keras. Bahkan belum genap tiga bulan, penjualannya tembus 50.000 unit.

    BYD lewat sub-brand Fang Cheng Bao mencatatkan sejarah baru soal penjualan. SUV FCB Ti7 laku keras. Car News China menyebut ini merupakan mobil plug-in hybrid yang penjualannya paling melesat di Negeri Tirai Bambu tersebut. FCB mencatat, penjualannya tembus 50.000 unit dalam waktu 80 hari. Hal tersebut diketahui dari unggahan di media sosial Weibo yang dibagikan General Manager BYD Group divisi Fang Cheng Bao. Dia sekaligus menyoroti bahwa FCB Ti7 terus mendapatkan momentum di segmen PHEV ukuran menengah di China.

    FCB Ti7 atau Tai 7 perdana dijual pada September 2025. SUV ini punya tampang yang gagah nan kekar. FCB Ti7 memiliki dimensi panjang 4.999 mm, lebar 1.995 mm, dan tinggi 1.865 mm. Jarak sumbu rodanya 2.920 mm dan kedalaman air maksimum 600 mm. Secara struktur, FCB Ti 7 menggunakan sistem suspensi depan double wishbone dan suspensi belakang five-link. FCB Ti7 juga sudah mengusung BYD DiSus-C serta sistem kontrol stabilitas ban. Sistem kontrol itu memungkinkan mobil tetap stabil saat ada salah satu ban yang pecah sehingga roda lain tetap bisa berputar secara independen. Ini memungkinkan mobil tetap bisa melaju pada kecepatan 80 km/jam hingga jarak 30 km.

    Konfigurasi tempat duduknya cukup untuk mengangkut lima orang. Soal bagasi, volume maksimalnya mencapai 1.880 liter saat baris kedua dilipat. Kompartemen penyimpanan barang juga cukup lengkap ada 45 titik. Di balik kapnya, BYD menyematkan teknologi hybrid dengan perpaduan mesin 1.5 turbo dan motor listrik. Mesinnya memiliki tenaga maksimal 154 daya kuda. Ada dua opsi tenaga penggerak yang ditawarkan yaitu RWD (Rear Wheel Drive) dan AWD (All-wheel Drive). Versi RWD, mesinnya dipasangkan dengan motor listrik 200 kW, serta opsi baterai 26.6 kWh dan 35,6 kWh. Masing-masing baterai itu menjanjikan jarak tempuh 135 km dan 200 km.

    Sedangkan varian AWD mengusung motor listrik 160 kW dan baterai 35,6 kWh dan menjanjikan jarak tempuh 190 km. Bila kondisi tangki terisi penuh bensin dan baterai, maka mobil ini bisa menjelajah sejauh 1.300 km. Akselerasi 0-100 km/jam dapat ditempuh dalam waktu 4,5 detik. Konsumsi BBM-nya per 100 km adalah 4,9 liter. Kalau dikonversi ke km/liter, maka tiap satu liter bisa menempuh jarak 20,4 km.

    Harga FCB Ti7

    Soal harga, di China mobil ini bisa dibawa pulang mulai 179.800 yuan atau setara Rp 400 jutaan (1 yuan = Rp 2.310). Berikut ini rincian harga SUV off road anyar BYD ini.

    135 KM RWD Pro: 179.800 yuan (setara Rp 422 jutaan)200 KM RWD Max: 189.800 yuan (setara Rp 445 jutaan)190 KM AWD Max: 206.800 yuan (setara Rp 485 jutaan)190 KM AWD Ultra: 219.800 yuan (setara 516 jutaan)

    (dry/din)

  • 3 Kebiasaan yang Menyebabkan Air Minum di Rumah Kurang Higienis

    3 Kebiasaan yang Menyebabkan Air Minum di Rumah Kurang Higienis

    Jakarta

    Banyak orang merasa air minum di rumahnya sudah aman karena terlihat jernih atau karena menggunakan dispenser galon. Padahal, ada beberapa kebiasaan kecil yang tanpa disadari justru membuat kualitas air menurun dan berpotensi membawa bakteri ke tubuh.

    Tiga hal berikut sering terjadi sehari-hari, dan sebagian besar orang tidak menyadarinya:

    1. Jarang Membersihkan Dispenser

    Dispenser galon sering hanya diganti airnya tanpa dibersihkan bagian dalamnya. Sisa air yang mengendap, keran yang lembap, hingga lumut mikro bisa menjadi tempat berkembangnya bakteri. Karena tertutup dan sulit dibongkar, banyak orang lupa bahwa saluran air perlu disanitasi secara rutin.

    2. Menggunakan Es Batu dari Freezer yang Tidak Steril

    Es batu yang disimpan di freezer rumah kerap terkontaminasi bau makanan, tangan yang memegangnya langsung, hingga percikan cairan lain. Es yang terlihat ‘bersih’ sebenarnya dapat membawa bakteri atau rasa tidak segar. Kontaminasi ini sering terjadi tanpa disadari, karena proses pembuatan es di rumah tidak terkontrol.

    3. Mengandalkan Air yang Terlihat Jernih

    Banyak orang mengira air jernih berarti aman diminum, padahal kontaminan seperti bakteri, klorin, dan mikroplastik tidak selalu terlihat. Menjawab permasalahan tersebut, Coway Kristal Ice hadir sebagai water purifier dengan beberapa tahap filtrasi yang mencakup pre-carbon, RO, hingga post-carbon untuk memastikan air benar-benar bersih sebelum dikonsumsi.

    Produk ini juga dilengkapi Dual UV Sterilization yang mensterilkan keran dan tangki es secara otomatis beberapa kali sehari, sehingga kualitas air dan es tetap higienis setiap saat. Selain itu, Coway Kristal Ice mampu menyediakan air panas, air dingin, air normal, sekaligus es batu kristal dalam satu mesin, menjadikannya solusi praktis dan lebih aman dibanding galon maupun freezer konvensional.

    Dengan menghindari tiga kebiasaan sederhana ini, kualitas air minum di rumah bisa meningkat jauh lebih baik. Air yang aman dan higienis sebenarnya sangat mudah dicapai, asal ada perhatian kecil dan dukungan teknologi yang tepat.

    (ega/ega)

  • Skutik 150 cc Buatan Thailand Meluncur, Lebih Ganteng dari Nmax dan PCX

    Skutik 150 cc Buatan Thailand Meluncur, Lebih Ganteng dari Nmax dan PCX

    Jakarta

    Produsen motor asal Thailand, GPX, kembali meramaikan segmen skutik 150 cc dengan meluncurkan GPX DZ2. Secara visual, motor ini tampil lebih ganteng dibanding para kompetitornya seperti Yamaha Nmax maupun Honda PCX. Mengusung konsep ‘Hyper-Trex’, skutik ini menyasar pengguna perkotaan yang butuh motor harian ringan, praktis, dan sarat fitur, namun harganya tetap terjangkau.

    Mengutip Greatbiker, GPX DZ2 tampil dengan desain modern bergaya sporty premium. Garis bodi dibuat tajam dengan proporsi yang ringkas dan lincah membuatnya mudah dikendalikan di jalanan kota. Sistem pencahayaan full LED mengelilingi seluruh bodi, termasuk lampu depan proyektor dengan desain khusus.

    Bobot motor ini juga ringan, hanya 130 kg, sehingga makin ramah untuk pengendara baru maupun pengguna harian. Meski tampil urban, sentuhan gaya off-road khas GPX tetap dipertahankan sehingga tampilannya terlihat unik.

    GPX DZ2 Foto: Dok. GPX

    Di balik tampangnya, DZ2 mengusung mesin baru HYPER-i 149,6 cc, satu silinder SOHC 4 katup berpendingin cairan. Performa mesinnya diklaim memberikan respons throttle lebih baik, terutama di putaran awal hingga menengah. Karakter ini membuatnya mudah dikendalikan, menyenangkan, dan cocok bagi pemula hingga pengguna yang membutuhkan motor ‘perang’ untuk mobilitas harian.

    Urusan pengereman dan keselamatan, GPX memberikan paket yang cukup lengkap untuk kelas 150 cc. Motor ini dilengkapi rem cakram depan 260 mm dan belakang 220 mm, lengkap dengan rem cakram kaliper radial yang biasa dipakai motor sport. Fitur ABS hadir di kedua roda, ditambah sistem kontrol traksi (TCS) yang bisa diaktifkan atau dimatikan. Dengan kelengkapan ini, GPX DZ2 menjadi salah satu model dengan fitur keselamatan paling lengkap di kelasnya.

    GPX DZ2 Foto: Dok. GPX

    Fitur-fitur di motor ini juga cukup melimpah, dari layar TFT 6 inci full color yang dapat terhubung ke smartphone via Bluetooth dan aplikasi Carbit Ride dengan fungsi Mirror Screen. Ada juga port pengisian ganda USB-A dan USB-C, Smart Key dengan standar tahan air dan debu IP67, tangki bensin 8 liter yang diletakkan di depan, kursi sport, dan footrest penumpang model lipat.

    Di Thailand, GPX DZ2 dibanderol 73.500 baht (Rp 37,9 juta) dan hadir dalam empat pilihan warna: Crayon Grey, Super Black, Matte Brown, dan Lava Red. Motor ini juga dapat garansi mesin 3 tahun atau 30.000 km.

    Kira-kira kalau motor ini dibawa ke Indonesia, kalian setuju nggak?

    GPX DZ2 Foto: Dok. GPX

    (lua/rgr)

  • Bensin Habis di Cirebon tapi Cukup Sampai Jakarta

    Bensin Habis di Cirebon tapi Cukup Sampai Jakarta

    Jakarta

    Wuling sudah memperkenalkan Darion di Indonesia. Menyandang frasa ‘Dari Indonesia’, Wuling Cortez Darion tidak bisa dipandang sebelah mata. Dan kali ini, detikOto coba melakukan pengujian Darion PHEV full tank dan baterai penuh dengan melalui perjalanan dari Bali-Jakarta, atau setara dengan 1.216 km.

    Hasilnya luar biasa, Wuling Darion membuktikan bahwa MPV buatan Cikarang, Jawa Barat, ini bisa menjadi pilihan MPV Plug-in Hybrid Electric Vehicle (PHEV) andalan. Karena selain memberikan kenyamanan berlebih dengan dimensi yang ditawarkan, teknologi PHEV yang ditawarkan bisa menjadi solusi berkendara bersama keluarga hingga ribuan km.

    Nah penasaran bagaimana keseruannya? Simak ulasannya berikut ini:

    Wuling Darion Menawarkan Dua Varian, EV dan PHEVWuling Darion dikembangkan dengan platform baru Foto: Dok. Wuling Motors

    Wuling Darion dipasarkan dalam dua varian powertrain, EV dan PHEV. Selain itu, di masing-masing varian powertrain, juga terdapat pilihan trim CE dan EX.

    Beda Wuling Darion CE dan EX

    Secara desain eksterior, kedua trim menawarkan tampilan yang sama. Namun ada beberapa perbedaan fitur. Pada trim tertinggi EX ada fitur auto headlamp, rain-sensing wiper, power tailgate, electric sunroof, dual-layer tinted glass, serta fitur pintu geser yang bisa dioperasikan secara elektrik.

    Darion CE hanya mendapatkan fitur-fitur standar yang ada pada semua trim, seperti LED headlamp with DRL & cornering light dan velg alumunium 17 inci. Pintu geser di varian CE ini masih konvensional, belum dilengkapi fitur elektrik.

    Geser ke bagian interiornya, varian CE belum dilengkapi kursi ventilated dan belum dilengkapi fitur kursi elektrik di bagian pengemudi dan penumpang baris kedua. Terus kalau di varian EX sudah dilengkapi kamera parkir 360 derajat, maka di versi CE fitur tersebut absen.

    Varian EX juga sudah dibekali fitur adaptive cruise control, sementara di varian CE masih cruise control biasa. Dari segi safety, CE dilengkapi 4 airbag, sementara EX memiliki 6 airbag. Darion CE juga belum dilengkapi teknologi ADAS, sementara Darion EX sudah memiliki fitur bantuan pengemudi tersebut.

    Teknologi ADAS di Darion EX mampu mendeteksi, memperingatkan, dan merespons potensi bahaya di jalan secara otomatis, dan memberikan dukungan aktif bagi pengemudi. Sistem ini mencakup berbagai fitur seperti Intelligent Driving Assist (IDA), Forward Collision Warning (FCW), Lane Departure Warning (LDW), Adaptive Cruise Control (ACC), Lane Change Assist (LCA), Rear Collision Warning (RCW), Automatic Emergency Braking (AEB), Door Opening Warning (DOW), Blind Spot Detection (BSD), dan Rear Cross Traffic Alert (RCTA), termasuk Intelligent High Beam Assist (IHMA).

    Teknologi PHEV ‘Gila’ Wuling Darion yang Buat Lawannya Ketar-ketir

    Dalam perjalanan kali ini detikOto ditantang Wuling Indonesia untuk membuktikan seberapa efisien Wuling Darion, melakukan perjalanan dari Bali hingga Jakarta, tanpa melakukan charging atau pengisian bensin selama perjalanan. Tapi bisa dipastikan, sebelum perjalanan baik bensin dan baterai telah terisi full ya.

    Seperti diketahui bersama Wuling Darion PHEV menggabungkan mesin bensin 1.490 cc Naturally Aspirated Atkinson Cycle yang menghasilkan tenaga puncak 105 dk dan torsi 130 Nm. Mesin itu dikombinasi dengan motor listrik bertenaga 145 kW (195 dk) dan torsi 230 Nm.

    Darion PHEV pakai Dedicated Hybrid Transmission (DHT) dengan baterai 20,5 kWh memberi jarak jelajah 125 km dalam mode EV. Sementara tangki bensin 52 liter menjaga efisiensi jarak jauh hingga lebih dari 1.000 km dalam sekali pengisian bahan bakar. Dan benar saja, klaim Wuling akan Darion benar apa adanya, dan bisa dikatakan sangat efisien.

    Test Drive Wuling Darion Bali-Jakarta. Foto: dok. Wuling Motors

    Perjalanan Bali Jakarta dilalui dengan 3 etape. Etape pertama detikOto melakukan perjalanan dari Bali hingga Banyuwangi, Jawa timur, etape kedua perjalanan diawali dari Banyuwangi hingga Solo Jawa Tengah, dan etape ketiga diawali dari Solo Jawa Tengah hingga Jakarta.

    Selama perjalanan bisa dipastikan, tidak ada kendala sama sekali. detikOto coba berkendara layaknya pengendara pada umumnya, melaju dengan kecepatan normal dan AC tetap menyala.

    Perjalanan etape pertama, rute Bali-Banyuwangi, atau dari Denpasar-pelabuhan Gilimanuk-pelabuhan Ketapang-Hotel di Banuwangi, melalui jalur mendaki dan menurun, sehingga membutuhkan tenaga lebih untuk bisa menaklukkannya.

    Etape kedua juga bisa dikatakan tidak jauh berbeda, rute Banyuwangi Jawa Timur menuju Solo Jawa Tengah penuh tantangan karena banyak jalur menanjak, karena harus melalui Situbondo-Pasuruan-Sidoarjo-Solo. Layaknya pada etape pertama, deikOto tetap coba menjadi pengendara pada umumnya, dengan kecepatan yang diatur sesuai dengan kebutuhan.

    Menariknya saat masuk etape ketiga saat perjalanan dari Solo Jawa Tengah menuju Jakarta tepatnya di Cilandak Town Square Jakarta Selatan. Saat melakukan perjalanan, indikator baterai menunjukkan sisa hanya mencapai 45 km dan bensin mencapai 110 km, padahal jarak yang harus ditempuh mencapai 500-an km.

    Semakin ketar-ketir di saat bensin menyisakan jarak 80 Km, indikator bensin yang menunjukkan jarak akan menghilang dan hanya menyisakan jarak pada baterai 35 km saat memasuki wilayah Cirebon, Jawa Barat. Tentu reaksi detikOto merasa was-was takut jika Wuling Darion yang dikendarai berhenti di jalur tol.

    Test Drive Wuling Darion Bali-Jakarta. Foto: dok. Wuling Motors

    Berbagai cara coba diterapkan detikOto, diawali dengan menggunakan cruise control, hingga mengatur pola berkendara dengan hanya berkendara eco driving, dengan hanya mengeluarkan tenaga hingga 5 kWh saja, dan mencapai kecepatan maksimal di 60 km/jam.

    Siapa yang sangka, rupanya sistem regeneratif baterai berfungsi dengan baik saat detikOto membutuhkan tenaga untuk bisa tetap melaju. Akhirnya detikOto pun sampai Jakarta tanpa mengalami mogok. Sehingga bisa dipastikan detikOto hanya menggunakan ketangguhan baterai Wuling Darion dari Cirebon hingga Jakarta.

    Kesimpulan detikOto saat mengendarai Wuling Darion jelas tidak pernah terlupakan, karena mobil buatan Cikarang Jawa Barat ini mampu membawa detikOto berkendara dari Cirebon hingga Jakarta dengan hanya menggunakan baterai, sedangkan bensinnya sudah habis sejak dari Cirebon.

    Punya Platform Baru

    Sejumlah inovasi baru yang disematkan Wuling Darion, merupakan hasil pengembangan global Wuling yang mencakup platform, sistem tenaga, baterai, konektivitas, sampai fitur keselamatan canggih.

    Platform baru ini memberikan efisiensi tinggi, kenyamanan optimal, dan pengalaman berkendara yang aman dan modern bagi konsumen.

    “Darion menjadi produk pertama yang mengaplikasikan Wonder Flexible Modular System atau WFMS, platform global terbaru dari Wuling ini dikembangkan buat mendukung berbagai mesin penggerak. Teknologi ini menjadi pondasi penting dalam menghadirkan kendaraan yang efisien, bertenaga, dan nyaman dikendarai. Penerapannya pada Darion menandai langkah besar Wuling dalam menghadirkan mobilitas masa depan yang berkelanjutan,” jelas Product Communication Manager of Wuling Motors, Danang Wiratmoko kala itu.

    Sebagai catatan, WFMS atau Wonder Flexible Modular System merupakan platform terbaru hasil pengembangan para ahli otomotif Wuling secara global.

    Sistem ini dirancang dengan fleksibilitas tinggi untuk bisa digunakan pada berbagai jenis mesin penggerak, termasuk Internal Combustion Engine (ICE), Hybrid, Plug-in Hybrid, dan Electric Vehicle (EV). WFMS ini berfokus pada peningkatan jarak tempuh, pengalaman berkendara, pengisian daya cepat, standar keamanan tinggi, dan kualitas andal.

    Sebagai bentuk penerapan teknologi elektrifikasi, Darion PHEV dibekali sistem penggerak canggih LING Power. Teknologi ini memadukan beberapa komponen utama dengan teknologi terdepan berupa mesin khusus hybrid dengan klaim efisiensi hingga 43,2%, motor listrik yang diadaptasi dari teknologi kereta cepat dengan efisiensi hingga 96,8%, dukungan Dedicated Hybrid Transmission (DHT) yang responsif dan telah diuji pengoperasiannya sebanyak 1 juta kali, hingga baterai aman dan telah teruji dalam berbagai kondisi. Hasilnya, pengguna dapat merasakan sensasi berkendara dengan performa dan efisiensi yang optimal pada lini Darion PHEV.

    Test Drive Wuling Darion Bali-Jakarta. Foto: dok. Wuling Motors

    Dalam rangka mendukung performa elektrifikasi, seluruh varian Darion EV dan PHEV dibekali MAGIC Battery Pro, pengembangan terbaru dari teknologi baterai Wuling yang telah terbukti handal di Indonesia sejak 2024.

    Baterai ini kini dirancang dengan tingkat keamanan dan ketahanan yang lebih tinggi, juga telah didukung oleh berbagai inovasi dari sisi struktural, sel, dan baterai management system, sehingga membuatnya memiliki performa keselamatan yang melebihi standar industri. Dengan mengacu pada konsep Five Zero Safety, MAGIC Battery Pro menjamin ketahanan optimal terhadap risiko api, kebakaran, air, intrusi, sebaran termal, dan kebocoran.

    Perbedaan Wuling EV dan PHEVTest Drive Wuling Darion PHEV Bali-Jakarta. Foto: dok. Wuling Motors

    Dari sisi desain, sebenarnya antara varian EV dan PHEV hampir mirip. Hanya ada perbedaan di bagian grille di mana varian PHEV menggunakan desain diamond cut grille, sementara pada varian EV tidak dibekali grille selayaknya mobil listrik pada umumnya.

    Perbedaan lain tentunya terletak pada powertrain-nya. Varian Wuling Darion EV mengandalkan motor listrik bertenaga 150 kW (201 dk) dengan torsi 310 Nm, disalurkan melalui roda depan dengan transmisi Single Reduction. Kapasitas baterainya 69,2 kWh Lithium Iron Phosphate memungkinkan jarak tempuh hingga 540 km (CLTC).

    Sementara Darion PHEV menggabungkan mesin bensin 1.490 cc Naturally Aspirated Atkinson Cycle yang menghasilkan tenaga puncak 105 dk dan torsi 130 Nm. Mesin itu dikombinasi dengan motor listrik bertenaga 145 kW (195 dk) dan torsi 230 Nm.

    Darion PHEV pakai Dedicated Hybrid Transmission (DHT) dengan baterai 20,5 kWh memberi jarak jelajah 125 km dalam mode EV. Sementara tangki bensin 52 liter menjaga efisiensi jarak jauh hingga lebih dari 1.000 km dalam sekali pengisian bahan bakar.

    Harga Wuling Darion EV dan PHEV

    a. Wuling Darion EV (CE): Rp 359.000.000

    b. Wuling Darion EV (EX): Rp 419.000.000

    c. Wuling Darion PHEV (CE): Rp 442.000.000

    d. Wuling Darion PHEV (EX): Rp 492.000.000

    Halaman 2 dari 4

    (lth/rgr)

  • Harga Honda CBR1000RR Terbaru, Kaum Mendang-mending Minggir Dulu

    Harga Honda CBR1000RR Terbaru, Kaum Mendang-mending Minggir Dulu

    Jakarta

    Honda CBR1000RR-R bukan buat kaum mendang-mending kalau lihat dari harganya. Motor sport ini dibanderol Rp 800 jutaan.

    Honda punya motor sport buat para pencinta kecepatan. Adalah motor supersport Honda CBR1000RR-R Fireblade. Motor ini dihadirkan bagi para penggemar motor berperforma tinggi di Indonesia.

    Harga Honda CBR1000RR-R Fireblade

    CBR1000RR-R Fireblade yang dijual sekarang merupakan versi 2024. Soal harga, jelas motor ini bukan buat kaum mendang-mending. Buat kamu yang tertarik, mengutip laman Honda Big Bike, CBR1000RR-R Fireblade ini bisa dibawa pulang dengan mahar Rp 828.965.000.

    Ada beberapa pembaruan yang disajikan Honda khususunya pada sektor aerodinamika melalui kehadiran winglet baru. Winglet itu dirancang untuk menghasilkan downforce lebih besar. Motor pun jadi lebih stabil saat pengereman serta memberikan cengkeraman yang lebih konsisten di bagian depan, terutama saat melewati tikungan berkecepatan tinggi.

    Selain itu, desain fairing bawah baru kini mampu mengurangi aliran udara di sekitar ban belakang, yang berdampak positif pada peningkatan handling motor di berbagai situasi berkendara. Desain ini mencerminkan motor balap sejati, memberikan kestabilan lebih baik di kecepatan tinggi serta mengurangi hambatan angin, baik saat akselerasi maupun menikung.

    Tangki bahan bakar juga telah diubah bentuknya agar lebih ergonomis, memungkinkan pengendara mendapatkan cengkeraman lutut yang lebih baik dan meningkatkan kapasitas bahan bakar.

    Spesifikasi Mesin Honda CBR1000RR-R Fireblade

    Honda CBR1000RR-R Fireblade mengandalkan mesin berkapasitas 999,9 cc DOHC 4-silinder inline. Mesin itu dapat menyemburkan tenaga 160 kW @14.000 rpm dan torsi maksimum 113 Nm @12.000 rpm. CBR1000RR-R Fireblade kembali mengusung konfigurasi Bore x Stroke yang sama dengan RC213V, yaitu 81 x 48,5 mm.

    Untuk menghadirkan kontrol akselerasi dan deselerasi yang lebih mulus, CBR1000RR-R Fireblade disematkan sistem Throttle by Wire terbaru dengan dua motor, yang mampu memberikan respons lebih presisi saat mengendalikan tenaga mesin serta engine braking. Teknologi ini memastikan pengendara dapat merasakan akselerasi yang halus sekaligus mengoptimalkan deselarasi di berbagai situasi.

    CBR1000RR-R Fireblade terbaru menggunakan suspensi depan dan belakang Showa Adjustable, yang tetap menawarkan kenyamanan berkendara namun dengan berbagai pengaturan.

    Pada sektor pengereman, motor supersport ini dibekali kaliper depan Nissin dengan cakram besar. Anti-lock Braking System (ABS) yang disematkan menawarkan tiga mode terbaru, yaitu mode Sport, Track, dan Standard untuk menyesuaikan penggunaan di sirkuit mau pun jalan raya.

    Fitur-fitur unggulan lain yang memberikan pengalaman berkendara maksimal masih dipertahankan, seperti pengaturan riding mode, kontrol traksi HSTC, serta Wheelie Control untuk menjaga kestabilan saat akselerasi cepat.

    Sensor advance Inertia Measurement Unit (IMU) 6-Axis mampu mengukur posisi motor dalam enam axis (sumbu). Peranti ini bekerja bersama Honda Electronic Steering Damper (HESD) yang mempunyai tiga mode pengaturan (hard, medium, soft), berguna untuk menambah stabilitas berkendara pada kecepatan tinggi dan menikung.

    (dry/rgr)

  • Konsumsi Pertamax Cs Diproyeksi Naik 2,3% saat Libur Nataru 2025/2026

    Konsumsi Pertamax Cs Diproyeksi Naik 2,3% saat Libur Nataru 2025/2026

    Bisnis.com, JAKARTA — PT Pertamina Patra Niaga memproyeksikan BBM jenis gasoline atau bensin seperti Pertalite hingga Pertamax naik 2,3% dibandingkan hari normal pada masa libur Natal 2025 dan Tahun Baru 2026 (Nataru).

    Corporate Secretary Pertamina Patra Niaga Roberth MV Dumatubun mengatakan, puncak konsumsi bensin itu bakal terjadi pada 31 Desember 2025 dan 4 Januari 2026. 

    “Nah, terkait dengan perjalanan ataupun puncak arus mudik ini akan terjadi, kami prediksikan kenaikan konsumsi dari sisi energinya. Yang pertama, walaupun tidak setinggi pada saat Satgas RAFI [Ramadan dan Idulfitri], tapi tetap ada peningkatan kurang lebih sekitar 2,3% untuk produk gasoline,” ucap Roberth dalam konferensi pers di Jakarta, Rabu (26/11/2025).

    Selain bensin, konsumsi LPG juga diproyeksi naik 3,3%. Lalu, avtur diperkirakan naik 2,4% dan minyak tanah naik 6,2%. Di sisi lain, konsumsi gasoil atau solar malah diproyeksi turun 2,8% selama masa Nataru.

    “Hal ini karena biasanya kendaraan-kendaraan truk ataupun operasional yang kemudian selain sembako dan kepentingan umum, itu biasanya dibatasi untuk tidak beroperasi,” imbuh Roberth.

    Lebih lanjut, dia mengatakan, selama masa libur Nataru pihaknya menyiagakan 7.885 SPBU yang tersebar di seluruh Indonesia. Kemudian, terdapat 6.777 Pertashop dan 6.634 agen LPG yang siaga.

    “Ini akan di-support dari 736 SPBE [stasiun pengisian bulk elpiji] dan juga 223 agen minyak tanah secara nasional,” ucap Roberth.

    Di samping itu, Pertamina Patra Niaga juga menyiagakan 1.866 SPBU yang beroperasi selama 24 jam. Adapun, SPBU ini khusus untuk area yang dilintasi jalur mudik.

    “Kita juga siapkan akan ada sekitar 1.866 SPBU, tentunya pasti ini juga terkonsentrasi di daerah jalur apa istilahnya, mudik atau balik lah gitu ya kita sebutnya, itu yang akan beroperasi 24 jam,” katanya.

    Tak hanya itu, pihaknya juga menyiagakan 57 titik layanan BBM dan Kiosk Pertamina Siaga, serta 188 unit Motoris/Pertamina Delivery Service sebagai upaya cepat tanggap Pertamina menghampiri konsumen apabila dibutuhkan.

    Berikutnya, 1.819 Pertamina Delivery Service Bright Gas, serta 6.154 Agen LPG juga bakal terus beroperasi. Pertamina juga menyediakan 209 unit mobil tangki BBM yang standby di sekitar SPBU serta 26 unit Serambi MyPertamina atau lokasi beristirahat yang bisa digunakan masyarakat kala lelah berkendara.

  • BYD Atto 2 Kini Punya versi Hybrid, Konsumsi BBM Tembus 55 Km/Liter

    BYD Atto 2 Kini Punya versi Hybrid, Konsumsi BBM Tembus 55 Km/Liter

    Jakarta

    BYD memperkenalkan Atto 2 DM-i untuk pasar Eropa, khususnya Spanyol. Mobil ini hadir dengan teknologi plug-in hybrid (PHEV).

    Dikutip dari siaran persnya, BYD Spanyol menyatakan bahwa sistem DM-i menyediakan jangkauan listrik murni bersertifikat WLTP hingga 90 km. Jika digabungkan dengan mesin bensinnya, mobil ini bisa menjangkau jarak hingga 1.020 km saat tangki bahan bakar dan baterai dalam kondisi penuh.

    BYD Atto 2 DM-i Foto: Dok. BYD

    Versi PHEV pada Atto 2 berbeda dengan versi EV-nya. Bagian depan menampilkan grille yang lebih besar untuk meningkatkan pendinginan mesin.

    BYD Atto 2 DM-i memiliki panjang sekitar 4,3 meter dan menggunakan velg 17 inci. Lampu depan LED, bilah lampu belakang lebar penuh, dan gaya aerodinamis membedakannya dari Atto 2 versi EV.

    Di bagian interior, BYD Atto 2 DM-i menawarkan layar sentuh 12,8 inci, jok dengan kulit vegan, ambient light, panoramic sunroof, berbagai kantong penyimpanan termasuk kompartemen khusus kacamata, serta pengisian daya ponsel nirkabel.

    BYD Atto 2 DM-i Foto: Dok. BYD

    Bagasi dapat menampung 425 liter, bisa diperbesar menjadi 1.335 liter dengan kursi belakang terlipat. Kendaraan ini juga menyertakan fungsi Vehicle-to-Load, yang memungkinkannya memasok daya hingga 3,3 kW ke perangkat eksternal.

    BYD menawarkan dua konfigurasi sistem hybrid. Pertama tipe Active menghasilkan tenaga hingga 122 kW dengan baterai 7,8 kWh. Versi ini memiliki daya jangkau listrik murni 40 km dengan total jarak gabungan listrik-bensin 930 km. Kedua adalah tipe Boost dengan tenaga maksimal 156 kW dan baterai 18 kWh. Versi Boost memiliki daya jangkau listrik murni sejauh 90 km dengan jarak gabungan 1.020 km. Atto 2 DM-i Boost bisa ngebut sampai 180 km/jam dengan akselerasi 0-100 km/jam dalam 7,5 detik.

    Konsumsi bahan bakar gabungan yang dilaporkan serendah 1,8 L/100 km atau setara 55,5 km/liter (WLTP). Angka itu mencerminkan fokus efisiensi bahan bakar yang impresif untuk sebuah kendaraan roda empat.

    (rgr/dry)

  • Lokasi SPBU Vivo-BP yang Sudah Ada Bensin RON 92

    Lokasi SPBU Vivo-BP yang Sudah Ada Bensin RON 92

    Jakarta

    Sejumlah SPBU swasta sudah mulai menyediakan bahan bakar minyak (BBM) jenis bensin, khususnya bensin RON 92. Per hari ini, baru Vivo dan BP yang sudah menyediakan bahan bakar jenis bensin RON 92. Berikut lokasi SPBU swasta yang punya stok bensin RON 92.

    Sejak awal November 2025, bensin RON 92 di SPBU swasta sudah mulai tersedia. Dimulai dari BP yang membeli 100 ribu barel base fuel dari Pertamina. Meski begitu, BP memastikan bahwa kualitas BBM yang dijual sesuai standar yang dimiliki perusahaan.

    “Prioritas kami jelas, BP 92 kembali tersedia dan kualitas produk yang dihadirkan konsisten terjaga. Fokus mutu ini bagian dari komitmen jangka panjang kami membangun layanan energi yang terpercaya di Indonesia,” ujar Presiden Direktur BP-AKR Vanda Laura.

    Sementara Vivo dalam pengumuman di akun Instagramnya, mulai menyediakan bensin RON 92. Kini, semua SPBU Vivo sudah mulai memiliki stok bensin RON 92, meski beberapa SPBU stoknya hampir habis.

    “Kini, BBM Revvo 92 Sudah Tersedia Kembali di SPBU VIVO secara bertahap mulai hari ini. Petugas kami siap mengisi penuh tangki dengan bahan bakar berkualitas untuk performa mesin yang lebih optimal,” demikian dikutip dari akun Instagram resmi SPBU Vivo.

    Berikut lokasi SPBU Vivo dan BP yang ada stok bensin RON 92 hari ini, Rabu (26/11/2025).

    SPBU BP yang Jual Bensin RON 92

    Jakarta

    Citra PalemDaan MogotJalan PanjangJoglo RayaJakarta Garden CityKalideresKelapa GadingKarang TengahLingkar Luar BaratMargasatwa BaratMeruya IlirPangeran AntasariPluit IndahSunter SelatanTB SimatupangTeuku Nyak AriefTomang Raya

    Bekasi

    Grand WisataKHI BoulevardMustika Vida

    Tangerang

    Asterra West BSDBintaro EmeraldBSD DelatinosGS ParamountMetland Cybercity

    Bogor

    Ahmad YaniCibubur TransyogiGunung Putri

    Bandung

    SPBU Vivo yang Jual Bensin RON 92

    Jakarta

    AntasariBintaro S1CidengCilandakCilangkapDaan MogotHankamJamboreKedoyaKemangMT HaryonoMeruyaPasar MingguPejatenRadar AuriTendeanWarung Buncit

    Bekasi

    BekasiCimuningJatikramatJatibeningKalimalangKrangganMargajayaPekayonTambun

    Depok

    Tangerang

    BSDBintaro S7Bintaro S9CiaterCipondohImam BonjolLegokModern LandPamulang

    Bogor

    BatutulisBogor SempurPajajaranParungSentul

    Bandung

    (rgr/dry)

  • Ini Isi Surat Kerry Adrianto Anak Riza Chalid yang Ditulis di Rutan Salemba
                
                    
                        
                            Nasional
                        
                        26 November 2025

    Ini Isi Surat Kerry Adrianto Anak Riza Chalid yang Ditulis di Rutan Salemba Nasional 26 November 2025

    Ini Isi Surat Kerry Adrianto Anak Riza Chalid yang Ditulis di Rutan Salemba
    Tim Redaksi
    JAKARTA, KOMPAS.com
    – Beneficial Owner PT Navigator Khatulistiwa yang juga putra dari Riza Chalid, Muhamad Kerry Adrianto Riza menuliskan sebuah surat dari dalam Rumah Tahanan (Rutan) Salemba, Jakarta.
    Dalam surat yang dituliskan di empat lembar kertas berwarna putih, Kerry menyampaikan isi hatinya selama menjadi terdakwa dalam kasus dugaan korupsi tata kelola minyak mentah PT Pertamina Persero.
    Salah satu poin dalam surat tersebut adalah bantahan Kerry yang terlibat dalam kasus korupsi. Ia mengaku seakan dicitrakan sebagai penjahat besar dalam kasus tersebut.

    Saya bukan pejabat publik dan tidak pernah mengambil uang negara. Namun, saya dicitrakan sebagai penjahat besar, seakan saya adalah sumber masalah negeri. Di mana keadilan?
    ” tulis Kerry dalam surat tersebut.
    Kerry turut menyampaikan pembelaan terhadap ayahnya,
    Riza Chalid
    , yang juga berstatus tersangka dalam perkara yang sama.
    Dalam tulisannya, Kerry menyinggung anggapan publik yang menuduh Riza sebagai aktor di balik demonstrasi besar pada Agustus 2025 yang berujung kerusuhan di berbagai daerah.

    Bukan hanya saya yang menjadi korban, ayah saya juga dituduh sebagai dalang dan mendanai demonstrasi ‘Bubarkan DPR’ Agustus lalu tanpa ada satu pun bukti. Ayah saya tidak mungkin melakukan hal tersebut
    ,” tulis Kerry.
    Berikut isi surat dari Kerry yang ditulisnya di
    Rutan Salemba
    pada Senin (24/11/2025):
    Assalamualaikum Wr. Wb
    Dengan kerendahan hati, izinkan saya menulis surat ini sebagai warga negara, pengusaha, suami, anak dan ayah, yang kini diperlakukan seolah musuh negara.
    Saya bukan pejabat publik, dan tidak pernah mengambil uang negara. Nama saya dicitrakan sebagai penjahat besar, seakan saya adalah sumber masalah negeri. Di mana keadilan? Rumah saya digeledah.
    Saya dibawa dan diperiksa tanpa didahului panggilan atau prosedur yang benar. Lalu, tiba-tiba ditahan sejak 25 Februari 2025. Hampir delapan bulan saya mendekam, menunggu kepastian hukum.
    Selama penahanan, nama baik saya dihancurkan dan keluarga saya yang menanggung stigma. Mirisnya, tuduhan liar terus bergulir di ruang publik.
    Bukan hanya saya yang menjadi korban, ayah saya juga dituduh sebagai dalang dan mendanai demonstrasi ‘Bubarkan DPR’ Agustus lalu tanpa ada satupun bukti.
    Ayah saya tidak mungkin melakukan hal tersebut, ayah saya bahkan dijadikan tersangka, dituduh sebagai beneficial owner OTM, padahal namanya tidak tercatat dan tidak pernah terlibat di perusahaan.
    Perlu saya tegaskan, fakta inti yang sering dipelintir. Saya tidak merugikan negara, tidak menjual beli minyak, apalagi mengoplos BBM secara ilegal. Bisnis saya hanyalah menyewakan tangki penyimpanan BBM kepada Pertamina.
    Tuduhan kerugian negara Rp 285 triliun adalah fitnah keji. Angka ini tanpa dasar audit resmi dan tidak logis, sebab aktivitas saya justru membantu negara mengamankan cadangan energi.
    Faktanya, kegiatan saya membantu negara menghemat dan memperkuat distribusi energi, dengan manfaat hingga Rp 145 miliar per bulan, terbukti di persidangan.
    Terminal tangki BBM ini saya beli dengan menggunakan pinjaman bank, bukan warisan, dan sampai kini setelah lebih dari 10 tahun pinjaman bank OTM pun belum lunas. Jika tangki BBM saya bermasalah, mengapa masih digunakan oleh Pertamina? Mengapa saya dikorbankan?
    Tribunnews.com Riza Chalid. Profil Riza Chalid. Riza Chalid siapa? Bisnis dan kekayaan Riza Chalid.
    Saya juga difitnah bermain golf di Thailand dengan uang korupsi Rp 170 miliar. Padahal, saya tidak pernah bermain golf. Ini adalah pembunuhan karakter.
    Saya masih dituduh merugikan negara Rp 285 triliun, padahal di dalam dakwaan saya dituduh merugikan negara atas penyewaan OTM senilai Rp 2,4 triliun dan ini adalah total nilai kontrak sewa nilai selama 10 tahun.
    Selama 10 tahun periode kontrak ini, tangki BBM OTM dipakai secara maksimal dan memberikan manfaat kepada negara. Bagaimana bisa saya didakwa merugikan negara senilai kontrak sewa sedangkan tangki BBM saya dipakai dengan maksimal oleh Pertamina, bukan sebuah kontrak fiktif melainkan kontrak sah. Menurut berbagai dokumen resmi, yaitu BPKP dan KPK, sama sekali tidak ditemukan pelanggaran dalam kerja sama ini yang melanggar hukum.
    Bahkan saksi Karen Agustiawan mantan dirut Pertamina menyatakan tidak tahu OTM dimiliki siapa. Saksi Hanung juga membantah pernah ditekan oleh ayah saya. Tapi framing tetap berjalan, opini tetap digoreng.
    Terminal merak yang saya sewakan kepada Pertamina terbukti meningkatkan kapasitas stok BBM nasional, menekan biaya impor, menambah efisiensi distribusi. Ini manfaatnya nyata, bukan korupsi.
    Semoga apa yang saya tulis dalam surat ini, terdengar oleh pemimpin negara kita. Saya tidak minta perlakuan istimewa atau pembebasan tanpa proses. Saya hanya memohon proses hukum yang adil, yang tidak didikte oleh fitnah, opini, atau kepentingan tersembunyi.
    Biarkan keadilan berdiri di atas fakta, bukan gosip. Izinkan saya dan keluarga mendapatkan kembali hak kami sebagai warga negara yang dilindungi hukum.
    Perjuangan ini demi martabat keluarga, dan tegaknya kebenaran. Saya memohon kepada teman-teman media untuk mengawal kasus saya secara obyektif. Jika bersalah, saya siap dihukum, tapi jika kebenaran berkata lain, tolong jangan biarkan saya dikriminalisasi.
    Rutan Salemba, 24 November 2025

    Muhamad Kerry Adrianto Riza
    Copyright 2008 – 2025 PT. Kompas Cyber Media (Kompas Gramedia Digital Group). All Rights Reserved.