kab/kota: Tangerang

  • Investasi Apple di Vietnam Rp 256 Triliun, Indonesia Cuma 1,6 Triliun

    Investasi Apple di Vietnam Rp 256 Triliun, Indonesia Cuma 1,6 Triliun

    Jakarta

    Dibandingkan dengan negara tetangga, investasi Apple di Indonesia terbilang kecil. Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Budi Arie Setiadi pun bersuara terkait investasi ‘kecil’ Apple di Indonesia.

    Kedatangan CEO Apple Tim Cook, Rabu (17/4) untuk meningkatkan komitmen raksasa perusahaan teknologi itu di Indonesia, seperti salah satunya pengembangan Apple Developer Academy. Ada empat akademi yang dibangun Apple dengan total investasi Rp 1,6 triliun.

    Nilainya investasinya memang terlihat cukup besar, namun investasi Apple di Singapura ternyata lebih besar, mencapai sekitar Rp 4 triliun. Bahkan, kalau dibandingkan dengan investasi Apple di Vietnam jauh lebih lebih fantastis, yakni mencapai Rp 256 triliun.

    “Banyak orang yang nggak paham kalau investasi manufaktur Vietnam itu tax holiday 50 tahun. Kita mau nggak? Itu Vietnam kasih insentifnya bombastis, tapi kan semua negara punya kepentingan. Bayangin, tax holiday, tanah free 75 tahun. Orang tanya kepentingan Vietnam apa? Tenaga kerja ada 200 ribu,” ujar Budi di Kantor Kementerian Kominfo, Jakarta, Jumat (19/4/2024).

    Lebih lanjut, Budi mengungkapkan bahwa pemerintah memiliki perhitungan tersendiri untuk membujuk Apple berinvestasi di Indonesia.

    “Kalau kita masih mikir, mesti gimana nanti kan, bukan urusan saya juga itu. Itu urusan Menteri Keuangan, (Menteri) Investasi, (Menteri) Perindustrian. Karena Vietnam menawarkan (insentif) luar biasa, tapi kan kita sebagai negara harus hitung dong. Seperti itu,” jelas Budi,

    Diberitakan sebelumnya, CEO Apple Tim Cook menyambangi Indonesia dan bertemu dengan Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Istana Merdeka, Jakarta, Rabu (17/4) lalu.

    Pertemuan Jokowi dan Cook itu membahas investasi dan komitmen perusahaan Cupertino, AS, di Indonesia, seperti pengembangan talenta berupa Apple Developer Academy, permintaan dibangunnya pabrik rakitan iPhone cs, hingga adanya Apple Store Indonesia.

    Selepas itu, Cook menyambangi Museum Wayang di kawasan Kota, Jakarta Pusat. Di sana dia sempat menikmati pertunjukan wayang kulit kelahiran Gatotkaca yang dimainkan dalang Fakih Tri Sera Fil Ardhi bareng fotografer Nyimas Laula.

    Sebelum menyambangi Apple Developer Academy di BSD, Tangerang Selatan, ia pun sempat menemui Menteri Pertahanan RI sekaligus pemenang Pilpres 2024, Prabowo Subianto. Pertemuan yang digelar di ruang kerja Menhan, Kementerian Pertahanan, Jalan Merdeka Barat, Jakarta Pusat, membahas berbagai hal, khususnya kolaborasi antara Apple dan Pemerintah Indonesia.

    (agt/fay)

  • Diskon Tarif Tol Berlaku di 3 Ruas Tol Astra Infra, Lihat Infografis!

    Diskon Tarif Tol Berlaku di 3 Ruas Tol Astra Infra, Lihat Infografis!

    Mojokerto (beritajatim.com) – Kondisi lalu-lintas di tiga ruas tol Astra Infra pada H+7 Lebaran, Rabu (17/4/2024) kemarin terpantau kembali meningkat. Hal ini bertepatan dengan diberlakukannya kembali diskon tarif tol sebesar 20 persen di tiga ruas tol Astra Infra, yaitu Tangerang-Merak, Cikopo-Palimanan, dan Jombang-Mojokerto. Untuk lebih jelasnya lihat infografis ffoto diatas.

    Kepala Departemen Operasi Astra Tol Jombang – Mojokerto, Yuni Rihal mengatakan, diskon tarif tol kembali diperlakukan mulai, Rabu (17/4/2024) pukul 05.00 WIB. “Diskon ini dapat dimanfaatkan pengendara sampai dengan 19 April 2024 pukul 05.00 WIB,” ungkapnya, Jumat (19/4/2024).

    Dari tiga ruas tol Astra Infra, sekitar 325 ribu kendaraan sudah memanfaatkan diskon tarif tol tersebut. Di tiga ruas tol Astra Infra, lanjut Rihal, meningkat 9,7 persen dari total kendaraan di hari sebelumnya. Secara akumulasi, sejak 31 Maret hingga 17 April 2024, total sekitar 5,3 juta kendaraan telah melintasi di tiga ruas tol tersebut.

    “Di Astra Infra Toll Road Jombang-Mojokerto, volume lalu-lintas pada H+7 Lebaran terpantau mengalami penurunan sekitar 9,4 persen dibandingkan hari sebelumnya. Jumlah sekitar 41 ribu kendaraan yang melintas pada 17 April 2024, meningkat 65 persen dibandingkan lalu-lntas rata-rata harian normal,” katanya.

    Secara akumulatif, sejak 31 Maret hingga 17 April 2024, total sekitar 959 ribu kendaraan telah melintas di ruas tol Jombang-Mojokerto. Astra Infra mengimbau pengguna jalan yang akan melakukan perjalanan untuk memastikan kondisi kendaraan dan fisik pengemudi dalam keadaan prima.

    “Pemudik juga perlu memastikan kecukupan bahan bakar, saldo kartu uang elektronik dan membawa perbekalan secukupnya untuk mengantisipasi kepadatan di rest area. Sebagai alternatif jika rest area penuh, pengemudi dapat mencari tempat istirahat, pengisian bahan bakar, ataupun fasilitas lainnya di luar tol,” ujarnya.

    Untuk nantinya masuk kembali dan melanjutkan perjalanan tanpa dikenakan total tarif tol tambahan. Untuk menjaga keselamatan dan keamanan bersama, pengemudi dilarang menggunakan bahu jalan untuk beristirahat. Rihan menjelaskan, jika bahu jalan hanya digunakan untuk kondisi darurat. [tin/aje]

  • Jangka 15 Hari, 868.753 Kendaraan Melintas di Ruas Tol Jombang-Mojokerto

    Jangka 15 Hari, 868.753 Kendaraan Melintas di Ruas Tol Jombang-Mojokerto

    Mojokerto (beritajatim.com) – Secara akumulatif, sejak 31 Maret hingga 15 April 2024, total sekitar 868.753 ribu kendaraan telah melintas di Ruas Tol Jombang-Mojokerto. Puncak arus balik Lebaran 2024 di Astra Infra Toll Road Jombang-Mojokerto terjadi di hari H-5 Lebaran, Minggu (14/4/2024) yakni sebanyak 90.753 kendaraan.

    Di Astra Infra Toll Road Jombang-Mojokerto, volume lalu lintas pada H+5 Lebaran terpantau mengalami penurunan sekitar 27,7 persen dibandingkan hari sebelumnya. Di libur terakhir Lebaran 2024, sekitar 65.632 kendaraan melintas di Ruas Tol Jombang-Mojokerto.

    Jumlah tersebut jauh lebih sedikit dibanding pada H+4 Lebaran, Minggu (14/4/2024) yakni sebanyak 90.753 kendaraan. Sementara di H+3 Lebaran, Sabtu (13/4/2024) sebanyak 88.505 kendaraan atau naik 150 persen dibanding hari normal.

    Pada H+2 Lebaran, Jumat (12/4/2024) sebanyak 81.526 kendaraan dan H+1 Lebaran, Kamis (11/4/2024) sebanyak 86.717 kendaraan atau naik 212 persen dibanding hari biasa. Secara akumulatif, sejak 31 Maret hingga 15 April 2024, total sekitar 871 ribu kendaraan telah melintas di ruas tol Jombang-Mojokerto.

    “Sementara pada hari H Lebaran, hanya ada 45.614 kendaraan. Astra Infra kembali mengimbau para pengguna jalan tol untuk dapat merencanakan perjalanan balik dengan baik,” ungkap Kepala Departemen Operasi Astra Tol Jombang – Mojokerto, Yuni Rihal, Rabu (17/4/2024).

    Memantau informasi terkini seputar pemberlakuan rekayasa lalu-lintas dan kondisi lalu-lintas serta memanfaatkan diskon tarif tol yang sudah disiapkan Astra Infra. Yakni sebesar 20 persen, dimulai 17 April 2034 pukul 05.00 WIB sampai dengan 19 April 2024 pukul 05.00 WIB di tiga ruas tol Astra Infra, yaitu Tangerang-Merak, Cikopo-Palimanan, dan Jombang-Mojokerto.

    “Sebelum melakukan perjalanan, pastikan kondisi kendaraan dan fisik pengemudi dalam keadaan prima. Pemudik juga perlu memastikan kecukupan bahan bakar, saldo kartu uang elektronik, dan membawa perbekalan secukupnya untuk mengantisipasi kepadatan di rest area,” katanya.

    Sebagai alternatif jika rest area penuh, lanjut Rihal, pengemudi dapat mencari tempat istirahat, pengisian bahan bakar, ataupun fasilitas lainnya di luar tol, untuk nantinya masuk kembali dan melanjutkan perjalanan tanpa dikenakan total tarif tol tambahan.

    “Untuk menjaga keselamatan dan keamanan bersama, pengemudi dilarang menggunakan bahu jalan untuk beristirahat. Bahu jalan hanya digunakan untuk kondisi darurat,” tegasnya. [tin/aje]

  • Jelang Puncak Arus Balik Lebaran 2024, Pengguna Ruas Tol Jombang-Mojokerto Meningkat 8,6 persen

    Jelang Puncak Arus Balik Lebaran 2024, Pengguna Ruas Tol Jombang-Mojokerto Meningkat 8,6 persen

    Mojokerto (beritajatim.com) – Korlantas Polri memprediksi puncak arus balik Lebaran 2024 akan terjadi pada 14-15 April 2024. Sejak H+3 Lebaran atau Sabtu (13/4/2024) kemarin, kondisi lalu-lintas di Astra Infra Toll Road Jombang-Mojokerto terlihat terjadi peningkatan sekitar 8,6 persen dibanding hari sebelumnya.

    Kepala Departemen Operasi Astra Tol Jombang – Mojokerto, Yuni Rihal mengatakan, secara umum volume lalu-lintas arus balik H+3 Lebaran di ruas tol Astra Infra terpantau mulai mengalami peningkatan sekitar 8,6 persen dibandingkan hari sebelumnya. Yakni dengan jumlah sekitar 88 ribu kendaraan yang melintas.

    “Sejak 31 Maret hingga 13 April 2024, total sekitar 715 ribu kendaraan telah melintas di ruas tol Jombang-Mojokerto. Astra Infra kembali mengimbau para pengguna jalan tol untuk dapat merencanakan perjalanan balik dengan baik, memantau informasi terkini seputar pemberlakuan rekayasa lalin dan kondisi lalin,” ungkapnya, Minggu (14/4/2024).

    Pihaknya mengimbau agar pengguna jalan tol untuk menghindari puncak arus balik Lebaran pada 14-15 April 2024. Pihaknya juga mengimbau untuk memanfaatkan diskon tarif tol yang sudah disiapkan Astra Infra, yakni sebesar 20 persen, dimulai 17 April pukul 05.00 WIB sampai dengan 19 April pukul 05.00 WIB.

    “Diskon tarif tol tersebut disiapkan di tiga ruas tol Astra Infra, yaitu Tangerang-Merak, Cikopo-Palimanan, dan Jombang-Mojokerto. Kami mengimbau agar pengguna jalan tol sebelum melakukan perjalanan, pastikan kondisi kendaraan dan fisik pengemudi dalam keadaan prima. Pengguna jalan tol juga perlu memastikan kecukupan bahan bakar, saldo kartu uang elektronik,” imbaunya.

    Pihaknya juga menghimbau pengguna jalan tol membawa perbekalan secukupnya untuk mengantisipasi kepadatan di rest area. Sebagai alternatif jika rest area penuh, pengemudi dapat mencari tempat istirahat, pengisian bahan bakar, ataupun fasilitas lainnya di luar tol, untuk nantinya masuk kembali dan melanjutkan perjalanan.

    “Pengguna jalan tol bisa masuk kembali dan melanjutkan perjalanan tanpa dikenakan total tarif tol tambahan. Untuk menjaga keselamatan dan keamanan bersama, pengemudi dilarang menggunakan bahu jalan untuk beristirahat. Bahu jalan hanya digunakan untuk kondisi darurat,” tegasnya. [tin/aje]

  • Lebaran, 1,2 Juta Kendaraan Diprediksi Lewat Ruas Tol Jombang – Mojokerto

    Lebaran, 1,2 Juta Kendaraan Diprediksi Lewat Ruas Tol Jombang – Mojokerto

    Mojokerto (beritajatim.com) – Lebaran tahun 2024 ini, puncak arus mudik di ruas Tol Jombang – Mojokerto diprediksi terjadi pada Senin (8/4/2024). Pada arus mudik, estimasi kendaraan yang akan melewati ruas Tol Jombang – Mojokerto ini sebanyak 71 ribu kendaraan.

    Sementara puncak arus balik di ruas Tol Jombang – Mojokerto diprediksi pada Minggu (14/4/2024) dengan estimasi 99 ribu kendaraan. Secara total, diprediksi 1,2 juta kendaraan diprediksi akan melintas di ruas Tol Jombang – Mojokerto. Jumlah ini meningkat 5,2 persen dibandingkan Lebaran tahun 2023 lalu.

    Astra Infra sebagai perusahaan investor operator layanan infrastruktur, turut berkomitmen mendukung kenyamanan masyarakat menikmati momen penting tersebut. Kesiapan menyambut arus mudik dan arus balik Lebaran 2024 disampaikan saat media gathering nasional lebaran Astra Infra Group di Menara Astra, Jakarta.

    “Melalui Kampanye Lebaran Penuh Makna, Astra Infra berkomitmen untuk melayani pemudik dengan layanan yang andal dan komunikatif, agar perjalanan mudik menjadi aman, nyaman, dan menyenangkan,” ungkap Group Chief Executive Officer Astra Infra, Firman Yosafat Siregar, Kamis (28/3/2024).

    Kesiapan tersebut antara lain meliputi kesiapan infrastruktur jalan, penyiagaan lebih dari 1300 petugas yang dilengkapi armada patroli, derek, rescue, hingga ambulance, kesiapan sarana prasarana di rest area, dan pengaturan rekayasa lalu lintas. Astra Infra juga melakukan koordinasi intensif dengan pihak terkait.

    Untuk memastikan keamanan dan kelancaran selama arus mudik dan balik Lebaran, Astra Infra telah berkoordinasi dengan Korlantas Polri untuk memastikan kesiapan CCTV terintegrasi sebagai sarana pemantauan bersama pada titik-titik krusial ruas tol Tangerang – Merak, Cikopo – Palimanan, dan Jombang – Mojokerto.

    Hal tersebut juga didukung dengan terpasangnya CCTV di setiap kilometer ketiga ruas tol tersebut. Astra Infra juga berkolaborasi dengan Grup Astra lainnya, melalui pembukaan posko Astra Siaga Lebaran di rest area KM 68 B ruas Tol Tangerang – Merak, Rest area KM 166 A ruas tol Cikopo – Palimanan.

    Rest area KM 695 A ruas tol Jombang – Mojokerto dan Resta Pendopo KM 456 A & B ruas tol Semarang – Solo. Berbagai persiapan tersebut dilakukan untuk mengantisipasi lonjakan pemudik yang diprediksi mencapai 6,8 juta kendaraan atau naik sebesar 3,4 persen dibandingkan lebaran 2023.

    Persiapan juga telah dilakukan di Astra Infra Tollroad Jombang-Mojokerto dengan menyiapkan mobile reader untuk mengurai kepadatan di gerbang tol. Selain itu, untuk pengguna kendaraan listrik, telah disiapkan fasilitas Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum ultra fast charging secara gratis di rest area Teras Melati KM 695A.

    Tidak hanya itu, dilakukan juga koordinasi dengan Ditlantas Polda Jatim untuk melakukan antisipasi lonjakan arus lalu lintas di beberapa titik rawan kepadatan. Sejalan dengan tekad untuk berkontribusi terhadap kemajuan pembangunan infrastruktur berkelanjutan, Astra Infra menyiapkan Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) di delpan titik.

    Yakni di rest area KM 43 A & 68 A ruas tol Tangerang Merak, rest area KM 101 A, 130 A, 130 B Tol Cikopo – Palimanan, rest area Resta Pendopo KM 456 A & B Tol Semarang – Solo, serta rest area KM 695 A Tol Jombang Mojokerto. SPKLU dan beberapa upaya lain seperti penggunaan panel surya untuk lampu penerangan jalan umum.

    Sistem pengolahan limbah di rest area, inisiasi Astra Infra Mini Forest, dan berbagai upaya lainnya. merupakan bentuk komitmen Astra Infra untuk memberikan kontribusi positif dalam upaya pelestarian lingkungan untuk hari ini dan masa depan Indonesia.

    Ini sejalan dengan cita-cita Astra untuk sejahtera bersama bangsa dan mendukung Sustainable Development Goals (SDGs). Tak ketinggalan, demi keselamatan dan kenyamanan bersama, Astra Infra turut mengimbau pemudik untuk dapat merencanakan perjalanan mudik lebaran dengan cerdas dan bijak.

    “Persiapan kondisi kendaraan maupun fisik yang prima. Selama di perjalanan, pemudik diimbau untuk mengutamakan keselamatan dengan menjaga batas kecepatan dan beristirahat jika lelah, mengantuk, atau telah berkendara selama 4 jam berturut-turut. Jika rest area penuh, pengguna jalan juga dapat memanfaatkan tempat istirahat di luar jalan tol,” katanya.

    Masih kata Firman, untuk kembali masuk ke jalan tol tanpa tambahan biaya. Untuk mencegah antrean di gerbang tol, pemudik juga diimbau untuk dapat menyiapkan saldo e-toll yang mencukupi. Dalam kondisi cuaca hujan, pengguna jalan juga diimbau untuk menjaga batas kecepatan maksimal 70 km/jam. [tin/suf]

  • Kemensos dan DPR Salurkan Bansos di Tangerang, Dukung Pemberdayaan Masyarakat

    Kemensos dan DPR Salurkan Bansos di Tangerang, Dukung Pemberdayaan Masyarakat

    Tangerang (beritajatim.com)– Kementerian Sosial (Kemensos) bersama Komisi VIII DPR RI menyalurkan bantuan senilai Rp110,5 miliar bagi Pemerlu Pelayanan Kesejahteraan Sosial (PPKS) di Kabupaten Tangerang.

    Penyaluran ini dilakukan dalam rangka Kunjungan Kerja Spesifik Komisi VIII DPR RI pada reses Masa Persidangan IV Tahun 2024.

    Bantuan yang diserahkan meliputi:

    Program Keluarga Harapan (PKH) senilai Rp34.324.503.232 untuk 69.983 KPM.

    Bantuan Sembako Tahap 1 s/d 3 senilai Rp75.440.200.000 untuk 251.343 KPM.

    Bantuan Logistik senilai Rp747.063.000.

    Bantuan Atensi sesuai hasil asesmen, berupa alat bantu atau bantuan pengembangan modal usaha.
    Selain untuk memenuhi kebutuhan dasar, bantuan ini juga bertujuan untuk pemberdayaan kelompok rentan seperti lansia dan disabilitas agar mereka dapat mandiri dan mengentaskan kemiskinan.

    Wakil Ketua Komisi VIII DPR RI, Tb. Ace Hasan Syadzily, mendukung skema keberlanjutan ekonomi bagi PPKS ini.

    “Saya berharap besarnya bantuan Kemensos untuk Kabupaten Tangerang juga disertai dengan pemberdayaan potensi masyarakat,” ujarnya.

    Kementerian Sosial (Kemensos) bersama Komisi VIII DPR RI menyalurkan bantuan senilai Rp110,5 juta bagi Pemerlu Pelayanan Kesejahteraan Sosial (PPKS) di Kabupaten Tangerang

    Komisi VIII DPR RI menekankan pentingnya pemutakhiran data penerima bantuan agar tepat sasaran. Sinergi antara pemerintah pusat dan daerah dalam menangani masalah kesejahteraan sosial juga menjadi kunci.

    Bambang Setyono, salah satu penerima bantuan Atensi, mengaku senang atas bantuan alat bantu dengar yang diterimanya. “Lebih terbantu dalam mendengar dan kini dapat melanjutkan kegiatan sehari-hari,” kata Bambang.

    Harapannya, bantuan ini dapat mendorong pemulihan ekonomi dan pemberdayaan masyarakat, sehingga tercipta kesinambungan dalam memenuhi kebutuhan ekonomi mereka. (ted)

  • Kisah Pemuda Indonesia Gowes dari Majalengka ke Mekah untuk Umrah

    Kisah Pemuda Indonesia Gowes dari Majalengka ke Mekah untuk Umrah

    Jakarta

    Setelah tuntas bersepeda keliling Indonesia, Ari Yami berambisi melanjutkan perjalanannya gowes dari Majalengka di Jawa Barat ke Mekah di Arab Saudi untuk menunaikan umrah. Saat ini dia berada di Thailand dan tetap melanjutkan misinya kendati memasuki bulan Ramadan.

    Terdengar suara azan berkumandang di di latar belakang, ketika saya bercakap dengan Ari pada Selasa (19/03) pukul 15.00 WIB. Kala itu, dia sedang berada di kawasan Masjid Sadao di Thailand. Waktu salat azhar ia manfaatkan untuk rehat sejenak dari menggowes sepedanya.

    Bulan Ramadan tak mengurungkan niatnya tetap bersepeda, melanjutkan misi ke tanah suci Mekah demi melaksanakan umrah. Agar tenaganya tak cepat terkuras, dia menyesuaikan rutinitasnya bersepeda dengan puasa yang sedang dia jalankan.

    “Dikurangin jaraknya, dan porsi gowes-nya. Kalau dari pagi banget, enggak berangkat karena enggak bakal kuat,” tutur Ari.

    Sebelum bulan Ramadan, Ari biasa bangun pagi untuk melanjutkan perjalanannya. Kadang ia bisa seharian mengayuh pedal dengan dua tas berisi barang bawaan di kedua sisi sepeda. Tas itu penuh dengan peralatan seperti tenda, kompor baju, dan perlengkapan lainnya.

    Selama Ramadan, dia mengawali hari dengan sahur sebelum fajar menyingsing. Dia kemudian beristirahat sejenak sebelum melanjutkan perjalanan pada siang hari dan berhenti menjelang waktu berbuka puasa.

    “Kadang buka puasa di masjid, terus ada beberapa dari teman-teman orang Indonesia yang tinggal di Thailand yang suka mengajak buka bersama,” kata Ari.

    Beberapa kali ia sempat singgah di rumah warga Indonesia yang menawarkannya tempat menginap. Namun kebanyakan malam dia habiskan dengan tidur di dalam tenda atau masjid terdekat.

    “Saya bangun dan berangkat tergantung tempatnya. Kalau di masjid misalnya, baru bangun tidur salat subuh, besokannya saya bangun tidur, salat, dan langsung gowes lagi,” kata Ari.

    Layaknya Muslim kebanyakan, menjalankan ibadah umrah adalah salah satu impiannya. Misi itu dia gabungkan dengan kesenangannya bersepeda. Maka, dengan bekal sepeda andalannya dia gowes ke tanah suci Mekah.

    “Saya sebagai Muslim, siapa yang enggak mau menginjakkan kaki di Baitullah, di rumah Allah. Jadi saya berpikir, di Indonesia saja mampu tiga tahun keliling Indonesia di 29 provinsi. Kenapa ke kota suci Mekah saya tidak bisa?” tutur Ari.

    Masih jauh perjalanan yang harus ditempuh Ari demi mencapai tanah suci, diperkirakan dia akan sampai sekitar delapan hingga sembilan bulan lagi.

    “Mungkin dari sekarang itu sekitar 8-9 bulan lagi. Benar-benar sendiri, berdua dengan sepeda.”

    Setelah tiga tahun kerja, saya keliling Indonesia’

    Pemuda berusia 28 tahun itu mengatakan sejak kecil dia gemar menjelajahi tempat-tempat yang belum pernah dia kunjungi sebelumnya.

    Hobi bersepeda baru dia geluti kemudian hari setelah membeli sepeda pada 2020, saat dirinya bekerja sebagai karyawan marketing ponsel di Tangerang. Sejak saat itu, gowes menjadi kebiasaannya sehari-hari.

    “Saya bersepeda dari kostan ke tempat kerja, begitu saja. Dan akhirnya setelah itu resign kerja, setelah tiga tahun kerja, saya keliling Indonesia,” katanya.

    Namun, suatu saat, terbesit keinginannya untuk berkeliling Indonesia menggunakan sepeda. Itu tak lepas karena minatnya berwisata dan menemukan hal-hal baru beserta pengalaman yang belum pernai dia temui sebelumnya.

    “Dengan sepeda, aku bisa menjangkau ke tempat-tempat yang aku dulu ingin kunjungi.”

    Ari mengaku keinginannya untuk mengundurkan diri dari pekerjaan dan keliling Indonesia memang sudah lama terpendam karena ia ingin mengunjungi tempat-tempat di luar sana.

    “Dulu punya mimpi, keinginan untuk travelling jadi semakin terdorong karena sudah penat dan jenuh dengan kerja dan juga karena patah hati,” tutur Ari.

    Ari YamiAri Yami berpose dengan sepedanya di depan Bunderan HI, Jakarta Pusat.

    “Sepeda ini menurut aku adalah pilihan yang tepat untuk seorang traveller minim budget kayak saya. Jadi memilih sepeda karena itu, salah satu alasannya, karena minim budget,” jelas Ari.

    Sebelum bersepeda, Ari sempat berkelana menggunakan motor. Namun, akhirnya dia memilih menggunakan sepeda untuk perjalanannya.

    “Sepedaan itu lebih dapet momennya. Kayak dramanya itu dapet kalau sepedaan itu,” akunya.

    Dengan sepedanya, dia mulai berkelana keliling Indonesia. Sejumlah jenama sepeda terkemuka dan komunitas sepeda di Indonesia mensponsori perjalannya.

    Dia menjelajah setidaknya 29 provinsi, hingga ke Labuan Bajo di Nusa Tenggara Timur, Maluku dan Papua, provinsi di ujung timur Indonesia.

    “Dengan bersepeda, aku bisa akses semua itu. Dengan itu naik kapal dulu dan nanti keliling-keliling di satu pulaunya. Karena berawal dari suka dulu aja, karena suka travelling dan suka hal-hal baru. Suka experience juga,” katanya.

    Baca juga:

    Perjalanannya selama tiga tahun mengayuh sepeda keliling Indonesia membuatnya populer di dunia maya.

    Puluhan ribu warganet mengikuti perjalanannya yang dia abadikan dan bagikan di akun TikTok. Videonya bahkan telah ditonton 4,3 juta kali.

    “Karena saya pagi sampai malam gowes, kontennya tidak bisa yang benar-benar fokus. Tapi sekarang, jika ada hal yang bagus untuk dibuat konten, saya upload saja,” ujar Ari.

    Sebelum bulan Ramadan, Ari terbiasa bangun pukul 8.00 atau 9.00 waktu setempat, kemudian sarapan sebelum memulai perjalanannya. Ia beristirahat sejenak untuk makan siang dan beribadah salat dalam perjalanan.

    “Nanti baru istirahat makan siang, sekalian salat dzuhur, habis salat dzuhur start lagi mulai lagi jalan sampai mungkin salat azhar, baru azhar mau maghrib. Saat magrib sudah cari tempat tidur lagi begitu,” katanya.

    Gowes ke Mekah kian populer di Indonesia

    Ari bukan satu-satunya pesepeda Indonesia yang menggowes sepedanya demi menunaikah ibadah umrah.

    Glen Fahmi Saimina, ketua Bike2Work, sebuah komunitas berisi pesepeda se-Indonesia, mengatakan paling tidak ada lima orang pesepeda Indonesia selain Ari yang sedang dalam perjalanan ke Mekah.

    “Candaan di komunitas kami itu, mungkin kalau haji itu mesti menunggu enam sampai 10 tahun, kalau dengan sepedaan dalam enam bulan itu bisa sampai,” ujar Fahmi.

    “Itu mungkin yang membuat optimis teman-teman yang berangkat ke Mekah dengan sepedaan,” katanya kemudian.

    Rute yang biasa ditempuh oleh pesepeda menuju Mekah, kata Glen, adalah dengan menyeberang Batam, Singapura, Malaysia, kemudian melanjutkan perjalanan lewat darat ke Thailand, India. Mereka kemudian melanjutkan perjalanan ke Maroko dan Timur Tengah.

    “Itu sih yang jalur favorit,” katanya.

    Meski begitu, ia mengatakan tak semua orang sanggup melakukan perjalanan sepeda jarak jauh karena risikonya cukup besar. Selain medan yang tidak bisa diterka atau masalah lainnya seperti keamanan, fisik dan mental pesepeda juga diuji.

    “Ada satu yang terpaksa pulang karena sepedanya hilang dicuri. Jadi memang bukan hal yang mudah, tapi menjadi tekad dari teman-teman sepeda yang biasa melaksanakan touring jarak jauh,” ungkapnya.

    Baca juga:

    Salah satu tantangan yang disebut oleh Fahmi adalah terblokirnya akses ke daerah Myanmar dan Bangladesh.

    Seringkali, para pesepeda Indonesia membeli tiket pesawat ke negara-negara tetangga di Timur Tengah, seperti Iran atau Oman, sebelum melanjutkan perjalanan dengan mengayuh sepeda.

    Ari sendiri mengaku dirinya tak bisa melintasi Myanmar dan Bangladesh sehingga dia terpaksa membeli tiket pesawat ke India untuk melanjutkan perjalanannya dari sana.

    “Myanmar dan Bangladesh lagi close border karena ada konflik. Jadi tidak bisa masuk, jadi mau enggak mau, opsi saya dari Thailand terbang ke India,” ujarnya.

    Ari memperkirakan bahwa ia akan membutuhkan waktu delapan hingga sembilan bulan untuk sampai di Mekah, Arab Saudi.

    Djoko SetijowarnoSepeda-sepeda yang bisa disewa di Madinah, Arab Saudi.

    Apakah imbauan soal umrah backpacker berdampak bagi pesepeda ke Mekah?

    Pada Februari lalu, pemerintah Arab Saudi mengizinkan warga asing beribadah umrah dengan menggunakan visa turis. Hal itu mempermudah orang-orang yang ingin melakukan umrah mandiri alias umrah backpacker.

    Namun, Kementerian Agama memutuskan untuk melarang umrah backpacker dengan alasan melindungi umat Muslim yang ingin melaksanakan ibadah umrah.

    Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas menyebut perjalanan umrah berbeda dengan perjalanan wisata lainnya karena ada aturan-aturan peribadatan yang harus diikuti.

    “Ke Eropa, Jepang, Amerika, kemanapun kita bisa lakukan sendiri, karena tidak ada aturan-aturan dalam melakukan perjalanan itu, tapi umrah berbeda. Ada aturan peribadatan yang harus dipenuhi,” kata Yaqut kepada media kala itu.

    Maka, menurut dia, umat Muslim Indonesia memerlukan bimbingan dan bantuan dalam melaksanakan ibadah umrah.

    ReutersUmat Muslim menyentuh Ka’bah saat umrah di Mekkah, Arab Saudi, pada 18 Desember, 2023.

    Namun demikian, bagi Ari, imbauan itu tidak menjadi penghalang. Sebab, ia sudah melakukan riset sendiri tentang tata cara dan niat yang harus dipersiapkan sebelum ibadah umrah. Ia cukup yakin bisa menjalankannya secara mandiri.

    “Zaman sekarang di YouTube banyak. Kami bisa baca-baca juga langkah-langkah umrahnya apa saja, nanti kami niatnya apa saja. Itu bisa kami lakukan sendiri tanpa harus mengikuti travel agent,” katanya.

    Ari menjadi semakin yakin akan keputusannya karena peraturan baru dari pemerintah Arab Saudi yang memperbolehkan umat Muslim dengan visa turis untuk melaksanakan ibadah umrah.

    Dia juga belajar dari pengalaman teman-teman pesepeda yang pernah berhasil pergi ke Mekah dengan bersepeda dan melakukan umrah.

    “Sudah ada banyak yang orang-orang Indonesia yang gowes ke Mekah, awal-awalnya mereka mengejar Haji. Tapi karena agak sulit juga kalau mengejar Haji, jadi mengejarnya umrah saja,” kata Ari.

    Ari YamiAri Yami mendirikan tanda dekat sepedanya saat ia berada di pinggir pantai.

    Glen dari komunitas Back2Work sependapat. Sebab, pengelana ke Mekah bukan hanya dari Indonesia saja, tapi dari negara-negara lain.

    “Jadi bukan hal yang harus dilarang,” katanya, seraya menambahkan apa yang diutarakan oleh Kementerian Agama menurutnya adalah imbauan.

    “Uniknya mereka yang bersepeda itu mereka melakukan visa on arrival, jadi setiap masuk negara, dia harus lapor ke kedutaan Indonesia di sana.”

    “Jadi setiap negara, dia akan pakai visa on arrival untuk melanjutkan perjalanan. Makanya banyak juga yang sudah sampai, dimudahkan jalur daratnya juga.”

    Harus benar-benar bisa membawa nama negara

    Sarah Walangitang, 60 tahun, seorang pesepeda yang pernah bergabung dalam Srikandi 21, sebuah kelompok pesepeda berisi 21 perempuan yang gowes dari Jepara di Jawa Tengah ke Bandung di Jawa Barat, mengatakan bahwa ia kagum dengan misi Ari Yami untuk gowes ke Mekah.

    Pesepeda yang akrab disapa Simbok itu mengatakan bahwa pesepeda yang melakukan perjalanan ke luar negeri, secara tidak langsung memiliki tanggung jawab sebagai “duta pesepeda Indonesia” di negara yang ia kunjungi.

    “Jadi kita harus tunjukan bahwa pesepeda punya attitude yang baik. Setidaknya harus benar-benar bisa membawa nama negara,” kata Simbok.

    IG: simbok_journeySarah “Simbok” Walangitang sudah bersepeda sejak kecil, namun pensiun setelah 2020 karena pandemi. Ia masih berkeinginan melanjutkan gowesnya keliling Indonesia.

    Ia mengatakan bahwa dirinya saat melakukan gowes, selalu disertai dengan kampanye atau aksi sosial nyata supaya dapat membawa dampak bagi orang-orang yang ia temui.

    “Saya masih utang perjalanan ke Sumatra, ke Kalimantan, ke Sulawesi. Saya anggap utang karena saya memang masih punya niat untuk solorider ke sana. Sambil bawa misi itu tadi, kalau bukan kampanye, bebersih atau apa yang bisa saya lakukan di sana,” ujarnya.

    Ia mengatakan seringkali musuh terbesar pesepeda jarak jauh adalah dirinya sendiri. Sebab, selain sepeda yang handal, modal lain yang dimiliki pesepeda adalah tubuhnya yang harus cukup kuat menempuh perjalanan.

    “Jadi hari ini punya target, sampai [hari] kesekian harus ada di sini. Hari ini harus sekian kilometer. Karena kami egois, saklek dengan target itu akhirnya badan kami kalah,” ungkap Simbok.

    Ari mengatakan bahwa dirinya selalu menjaga kondisi tubuhnya dengan “tidak memforsir” hingga kelelahan. Ia juga mengatakan hal utama yang perlu disiapkan adalah mental yang kuat agar dapat terus bertahan.

    “Percuma kalau kami siapkan sepeda yang bagus, perlengkapan dan peralatan selengkap mungkin. Kalau mentalnya kurang kuat, pasti enggak bakal sampai,” ujar Ari.

    Berita terkait

    Lihat juga Video ‘Kisah Damara, Pelari Disabilitas yang Sukses Kejar Mimpi Jadi Polisi’:

    (ita/ita)

    Hoegeng Awards 2025

    Baca kisah inspiratif kandidat polisi teladan di sini

  • Potensinya Besar, Ini Cara Tokopedia Berdayakan Pelaku Usaha Perempuan

    Potensinya Besar, Ini Cara Tokopedia Berdayakan Pelaku Usaha Perempuan

    Jakarta

    Tokopedia kini menjadi rumah bagi banyak pelaku usaha perempuan di Indonesia. Platform e-commerce ini turut membagikan tips dan program yang bisa diikuti pelaku usaha perempuan untuk memajukan bisnisnya.

    Menurut External Communications Senior Lead Tokopedia Rizky Juanita Azuz potensi pewirausaha perempuan atau womenpreneur di Indonesia masih sangat pesat. Bahkan Tokopedia mencatat jumlah pelaku usaha perempuan di platform-nya meningkat 2,5 kali lipat sepanjang tahun 2023 jika dibandingkan dengan tahun 2020.

    “Itu ada di beberapa daerah itu ada di Palembang, Tangerang, Surabaya, Makassar, dan Denpasar,” kata perempuan yang akrab disapa Kiki ini dalam konferensi pers virtual menyambut Hari Perempuan Sedunia, Rabu (6/3/2024).

    “Kalau dilihat kan cukup tersebar ya di seluruh Indonesia. Jadi kita senang lihatnya berarti jangkauannya penjual yang bersama dengan Tokopedia memang hampir merata di seluruh Indonesia,” sambungnya.

    Ada beberapa kategori yang memiliki kenaikan tertinggi jumlah pelaku usaha perempuan sepanjang tahun 2023 yaitu perawatan hewan, buku, perlengkapan pesta, pertukangan, dan perlengkapan alat tulis kantor dan sekolah.

    Konferensi pers Tokopedia sambut Hari Perempuan Sedunia Foto: Tokopedia

    Kiki menambahkan Tokopedia saat ini memiliki sejumlah program dan inisiatif untuk mendukung pelaku usaha perempuan, termasuk Kelas Perempuan Maju Digital. Kelas ini merupakan hasil kolaborasi Tokopedia dengan pemerintah yang sudah membantu lebih dari 800 pelaku usaha perempuan di beberapa daerah.

    Tokopedia juga menyediakan Modul Perempuan Maju Digital yang bisa diakses secara gratis di Pusat Edukasi Seller. Tidak ketinggalan, Tokopedia dan TikTok juga menyiapkan materi edukasi bagi pelaku UMKM agar siap berbisnis di Bulan Ramadan.

    Kiki turut membagikan beberapa tips bagi perempuan yang tertarik menjadi wirausaha dan berjualan di Tokopedia. Beberapa di antaranya adalah tentukan jenis produk yang ingin dijual, pahami tren, pahami profil calon pembeli, dan buat konten video unik untuk membangun brand awareness.

    “Lewat berbagai inovasi dan kolaborasi tersebut Tokopedia berharap bisa memberikan kontribusi yang positif terhadap ekosistem UMKM lokal termasuk di antaranya pelaku UMKM perempuan untuk mempercepat kemajuan pelaku usaha perempuan di Indonesia,” ujar Kiki.

    “Kemudian juga menciptakan lingkungan yang mendukung pertumbuhan bisnis yang juga ramah untuk para perempuan dan pada akhirnya bisa menambah nilai industri nasional di berbagai kategori dan bisa bagus juga di tingkat global,” pungkasnya.

    (vmp/vmp)

  • Alam Sutera Luncurkan CASSIA, Hunian Harga Rp1,8 M di Tangerang

    Alam Sutera Luncurkan CASSIA, Hunian Harga Rp1,8 M di Tangerang

    Jakarta, CNN Indonesia

    Ayodhya by Alam Sutera meluncurkan Klaster CASSIA, hunian modern dan strategis yang ditujukan bagi pangsa millenials di pusat Kota Tangerang.

    CASSIA merupakan kawasan mixed-use development seluas 16 hektare. Klaster ini menyediakan kemudahan bagi para milenial yang sedang mencari tempat tinggal yang nyaman, terjangkau, dengan kemudahan akses.

    Sales & Marketing Division Head Ayodhya by Alam Sutera Adeline Permana menuturkan para milenial memiliki tantangan tersendiri dalam mencari hunian yang sesuai dengan gaya hidup. Menurutnya, para milenial menginginkan hunian yang modern dengan desain menarik dan lokasi yang strategis.

    “Klaster CASSIA hadir untuk memberikan kenyamanan di dalam dan di luar hunian, dan juga kenyamanan untuk beraktivitas di luar hunian,” kata Adeline melalui keterangan resmi, Jumat (23/2).

    Klaster CASSIA terletak di jalan protokol MH Thamrin, yang hanya 5 menit dari Tol Jakarta-Merak, 10 menit ke stasiun KRL dan railink bandara dan 20 menit dari Bandara Soekarno Hatta.

    Selain itu, Klaster CASSIA juga dikelilingi oleh berbagai fasilitas publik, seperti rumah sakit, sekolah, universitas, dan pusat perbelanjaan.

    Adeline menjelaskan nama CASSIA diambil dari salah satu nama rasi bintang yaitu ‘Cassiopeia’ yang melambangkan suatu cahaya yang bersinar cemerlang di alam semesta. Layaknya bintang yang bersinar, CASSIA diharapkan mampu menjadi cahaya yang membawa kehidupan melalui kenyamanan sebuah hunian untuk keluarga.

    Klaster CASSIA menawarkan tiga tipe rumah dua lantai yang juga diambil berdasarkan nama rasi bintang lainnya, yaitu Aquila (6×14), Vela (6×16), dan Lyra (7×14). Ketiga tipe rumah ini memiliki luas yang berbeda, disesuaikan dengan kebutuhan untuk setiap penghuninya.

    Rinciannya adalah sebagai berikut:

    – Tipe Aquila (6×14), LT : 84 m2 | LB : 85 m2 dengan 3 Kamar Tidur, 3 Kamar Mandi
    – Tipe Vela (6×16), LT : 96 m2 | LB : 103 m2 dengan 3+1 Kamar Tidur, 3+1 Kamar Mandi
    – Tipe Lyra (7×14), LT : 98 m2 | LB : 115 m2 dengan 3+1 Kamar Tidur, 3+1 Kamar Mandi

    Adapun Klaster CASSIA dibanderol dengan harga perdana mulai dari Rp1,8 miliar.

    “Selain itu, Klaster CASSIA juga dilengkapi dengan fasilitas-fasilitas berkualitas, seperti sport lounge dengan lapangan basket, kolam renang, taman bermain anak, serta sistem keamanan single gate cluster yang menjamin kenyamanan para penghuninya,” tutur Adeline.

    (mrh/agt)

  • Siapa Vela Aero, Perusahaan yang Digandeng PTDI Bangun Taksi Terbang?

    Siapa Vela Aero, Perusahaan yang Digandeng PTDI Bangun Taksi Terbang?

    Jakarta, CNN Indonesia

    PT Dirgantara Indonesia (PTDI) menggandeng Vela Aero dalam mengembangkan taksi terbang (air taxi) sebagai sarana transportasi masa depan anti kemacetan.

    Taksi terbang yang dinamai Vela Alpha itu ditargetkan bisa beroperasi pada 2028 mendatang.

    Humas PTDI Anissa Carolina mengatakan dalam kerja sama tersebut, pihaknya berkontribusi di aspek man hour untuk kegiatan engineering dan produksinya.

    “Ke depan PTDI dan Vela Aero akan melakukan co-partnering untuk produksi air taxi tersebut dan pengembangan lanjutannya. Untuk manufacturing-nya paling memungkinkan di fasilitas PTDI,” kata Annisa dalam keterangan di website PTDI, Kamis (22/2) lalu.

    Ia menyebut proses pra-aplikasi sertifikasi dengan Direktorat Jenderal Perhubungan Udara Kemenhub saat ini sudah dilakukan. PTDI sudah mengajukan uji laik terbang kepada Direktorat Kelaikudaraan dan Pengoperasian Pesawat Udara (DKPPU) Kemenhub.

    Lantas, siapa sebenarnya Vela Aero?

    Vela Aero merupakan perusahaan startup yang beroperasi sejak 2020. Perusahaan yang bermarkas di Bandung, Jawa Barat ini memiliki visi untuk menjadi pionir dalam memberikan solusi mobilitas udara lanjut (advanced air mobility) di Indonesia.

    Berdasarkan informasi di website perusahaan, Vela Aero terdiri dari gabungan disiplin kedirgantaraan. Para ahli di perusahaan itu fokus untuk mewujudkan moda transportasi udara berteknologi masa depan.

    Tercatat terdapat lebih dari 40 insinyur yang tergabung dalam Vela Aero. Adapun beberapa anggota tim di perusahaan itu adalah Rejeki S sebagai head of technology, Suharyadi P sebagai head of airworthiness, Donny P sebagai program manager, dan R Durmanto sebagai head of government affairs.

    Lalu, ada Ilham P sebagai chief engineer, Heru Y sebagai systems engineering lead, Bambang S sebagai electrical propulsion lead, dan Indra P sebagai structur lead.

    Vela Aero juga telah bekerja sama dengan sejumlah perusahaan besar, seperti PT Garuda Indonesia Tbk, Toyota, Airbus, Mitsubishi Aircraft Corporation, Rolls Royce, Bombardier Aerospace, hingga PT Len Industri (Persero).

    Perusahaan saat ini tengah fokus pada pembuatan taksi terbang Vela Alpha. Dalam video perkenalan yang ditayangkan di kanal YouTube Vela Aero, taksi itu berbentuk mirip seperti helikopter. Namun, ukurannya lebih kecil.

    Tampak di ruangan utamanya pun hanya berisi empat kursi penumpang. Sementara, di bagian depan terdapat satu kursi kendali untuk pilot.

    Mengenai spesifikasi dan kinerjanya, Vela Alpha memiliki panjang 10,8 meter, rentang sayap 13,1 meter, dan tinggi 4,2 meter. Pesawat diawaki satu pilot dengan empat penumpang dan maksimum muatan 456 kilogram (kg).

    Taksi udara yang memiliki berat tinggal landas maksimum (MTOW) 2.850 kg ini ditenagai sistem propulsi full electric berdaya 216 kWh atau hybrid powered berdaya 71 kWh.

    Untuk kecepatan maksimumnya, Vela Alpha mencapai 250 km per jam. Sementara untuk jangkauannya, versi full electric (eVTOL) mencapai 100 km, dan versi hybrid (hVTOL) hingga 500 km.

    Masih dalam video yang sama, pihak Vela Aero mengklaim perjalanan dari pusat Jakarta menuju Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Tangerang hanya membutuhkan waktu tempuh 8 menit.

    Waktu tersebut jauh lebih singkat jika dibandingkan menggunakan KRL yang mencapai 44 menit dan mobil 60 menit.

    (mrh/agt)