kab/kota: Tangerang

  • Samsat Keliling hanya ada di delapan wilayah

    Samsat Keliling hanya ada di delapan wilayah

    Jakarta (ANTARA) – Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya kembali menyediakan layanan SisAdministrasi asi Manunggal Satu Atap (Samsat) Keliling bagi masyarakat yang ingin memperpanjang STNK dan pajak kendaraan bermotor.

    Berbeda dengan hari biasanya yang tersedia di 14 wilayah, Samsat Keliling pada Senin ini hanya di delapan wilayah.

    Berikut lokasi layanan Samsat Keliling di delapan wilayah yang dimaksud berdasarkan informasi dari laman X resmi TMC Polda Metro Jaya:

    1. Jakarta Pusat di halaman parkir Samsat Jakarta Pusat dan Lapangan Banteng pukul 08.00-14.00 WIB

    2. Kota Tangerang di halaman parkir Samsat Kota Tangerang pukul 08.00-14.00WIB

    3. Serpong di halaman parkir Samsat Serpong pukul 08.00-14.00 WIB dan ITC BSD Serpong pukul 16.00-19.00 WIB

    4. Ciledug di Kantor Kecamatan Pinang dan rukan Fresh Market Green Lake City Cipondoh pukul 09.00-12.00 WIB.

    5. Ciputat di kantor Kelurahan Pondok Betung dan Pasar Gintung Ciputat Timur pukul 09.00-12.00 WIB

    6. Kelapa Dua di Pasar Modern Intermoda Cisauk BSD dan Hall GTOWN Square Gading pukul 08.00-14.00 WIB

    7. Depok di halaman parkir Samsat Depok pukul 08.00 – 14.00 WIB

    8. Cinere di halaman parkir Samsat Cinere pukul 08.00-12.00 WIB.

    Masyarakat yang ingin memanfaatkan layanan Samsat Keliling perlu memperhatikan sejumlah hal sebelum mendatangi gerai untuk membayar pajak kendaraan bermotor (PKB). Antara lain memastikan kendaraan yang akan dibayar pajaknya tidak memiliki tunggakan lebih dari satu tahun.

    Kemudian, juga perlu memastikan untuk membawa beberapa dokumen yang diperlukan untuk melakukan pembayaran pajak kendaraan, seperti KTP, BPKB dan STNK asli masing-masing disertai fotokopi.

    Gerai Samsat Keliling ini hanya melayani pembayaran pajak kendaraan bermotor (PKB) tahunan. Sedangkan untuk perpanjangan STNK dan ganti pelat nomor kendaraan harus datang langsung ke kantor Samsat.

    Pewarta: Lia Wanadriani Santosa
    Editor: Sri Muryono
    Copyright © ANTARA 2024

  • Konsumen Otomotif Keluhkan Rencana Kenaikan PPN Jadi 12 Persen

    Konsumen Otomotif Keluhkan Rencana Kenaikan PPN Jadi 12 Persen

    Tangerang, Beritasatu.com – Rencana pemerintah untuk menaikkan tarif pajak pertambahan nilai (PPN) menjadi 12 persen mulai 1 Januari 2025 memicu protes dari masyarakat, terutama di sektor otomotif.

    Kebijakan ini dikhawatirkan akan berdampak langsung pada peningkatan harga mobil baru, yang berpotensi melemahkan daya beli konsumen. Akibatnya, pasar otomotif nasional diprediksi mengalami penurunan yang signifikan.

    Keluhan ini disampaikan oleh pengunjung pameran Gaikindo Jakarta Auto Week (GJAW) 2024 di ICE BSD Tangerang pada Minggu (24/11/2024). Salah satunya adalah Prio (48), warga Mampang Prapatan, Jakarta Selatan, yang berencana membeli mobil di acara tersebut. Ia merasa keberatan dengan rencana kenaikan PPN menjadi 12 persen, yang dinilai akan membuat harga kendaraan dan pajaknya semakin tinggi.

    “Kalau ingin beli kendaraan, harus menyiapkan dana lebih (karena PPN naik). Kemungkinan saya harus menurunkan spesifikasi mobil, dari awalnya kepingin spesifikasi A turun menjadi B,” ujar Prio kepada Beritasatu.com.

    Menurutnya, pemerintah sebaiknya menunda rencana kenaikan PPN menjadi 12 persen, mengingat kondisi ekonomi masyarakat yang baru mulai pulih dari dampak pandemi Covid-19. Selain itu, gelombang pemutusan hubungan kerja (PHK) yang terjadi sepanjang 2024 telah memperberat beban masyarakat kelas menengah.

    Hal serupa juga disampaikan Neno (39), warga Tangerang, Banten, yang tidak setuju dengan pemberlakuan PPN 12 persen karena dianggap memberatkan masyarakat.

    “Kurang setuju ya. Maksudnya nanti dahulu, kalau bisa tunggu perekonomian kita stabil,” ujarnya.

    Sebagai langkah antisipasi, Neno memutuskan membeli mobil lebih awal di GJAW 2024 dengan memberikan uang muka untuk menghindari kenaikan PPN menjadi 12 persen mulai tahun depan.

    “Kalau memang ada niat mau ganti kendaraan, lebih baik dari sekarang. Kita kasih booking fee atau DP dahulu supaya kita enggak dikenakan PPN 12 persen,” kata Neno.

    Konsumen lainnya bernama Agam (39) juga mengaku tidak setuju dengan kenaikan PPN menjadi 12 persen karena akan berdampak negatif pada daya beli masyarakat.

    “Dengan PPN 12 persen akan ada penurunan daya beli masyarakat. Kalau mau membeli mobil akan berpikir ulang karena ada kenaikan pajak,” kata Agam.

  • Innova Community Gelar Kopdar Akbar, Tekankan Pentingnya Netral Karbon

    Innova Community Gelar Kopdar Akbar, Tekankan Pentingnya Netral Karbon

    Jakarta

    Pencinta Toyota Innova yang tergabung dalam Community (IC) kembali menggelar acara tahunan Kopdar Akbar Jawa 2024. Kali ini, kopdar akbar ini telah memasuki tahun keenam yang diadakan pada tanggal 16-18 November 2024.

    Dalam acara akbar ini, Innova Community tak sekadar bikin acara senang-senang. Acara ini sarat akan Carbon Neutral Activity yang dilakukan oleh seluruh peserta.

    Berlokasi di Kuningan, Jawa Barat, kegiatan ini dihadiri kurang lebih 375 anggota beserta keluarga serta 156 kendaraan Toyota Innova dari 20 Chapter IC yang tersebar di seluruh Indonesia mulai dari Bandung, Banten Kulon, Bekasi, Bogor, Ciayumajakuning, Depok, Inyong, Jakarta Barat, Jakarta Selatan, Jakarta Timur, Jambi, Jawa Timur termasuk Sub. Chapter Malang, Plat AE, Plat P, Lampung, Ngapak, Palembang, Purwasuka, Plat K, Jakarta Selatan, Sumatera Barat dan Tangerang.

    Acara dibuka dengan kegiatan servis kendaraan bersama di lokasi acara seperti ganti oli, uji emisi, dan general checkup. Servis mobil milik member Innova Community ini didukung oleh dua unit Toyota Home Service (THS) dari Auto2000 Kuningan.

    Innova Community Gelar Kopdar Akbar Foto: Dok. Innova Community

    Kegiatan dilanjutkan dengan penanaman pohon bersama dan penyuluhan ajakan pilah sampah rumah tangga serta pembagian tong sampah kepada perangkat desa dan masyarakat Desa Haurkuning, Kuningan, Jawa Barat. Kegiatan peduli lingkungan berlanjut dengan penyerahan bibit pohon kepada Auto2000 Kuningan untuk dibagikan kepada pelanggan dan masyarakat umum sekitar. Peserta juga berkesempatan melakukan Test Drive Toyota Innova Zenix Hybrid sebagai salah satu model elektrifikasi Toyota yang paling populer.

    Innova Community Foto: Dok. Innova Community

    “Tema dari Innova Community Kopdar Akbar Jawa 2024 kali ini adalah CARBON NEUTRAL ACTIVITY. IC memberikan kesempatan kepada seluruh member dan masyarakat umum untuk berkontribusi menuju netralitas karbon selaras dengan semangat IT’S TIME FOR EVERYONE. Oleh karena itu, kami melakukan penanaman dan pembagian 500 bibit pohon buah, pucuk merah, dll. Serta pemberian 10 buah keranjang sampah kepada Desa Haurkuning serta penyuluhan pilah sampah Rumah Tangga kepada masyarakat umum melalui Kepala Desa setempat,” ujar Nugraha Reza, selaku Ketua Umum Innova Community.

    (rgr/mhg)

  • PIK 2 Sulap Tangerang Utara Jadi Metropolitan Baru. Cek Ceritanya

    PIK 2 Sulap Tangerang Utara Jadi Metropolitan Baru. Cek Ceritanya

    Jakarta, CNBC Indonesia – Pantai Indah Kapuk 2 (PIK 2) menjadi bukti nyata transformasi kawasan Tangerang Utara menjadi metropolitan baru. Bagaimana tidak? kawasan ini berkembang begitu pesat dengan sejumlah infrastruktur berkelas dan modern.

    Dahulu kawasan Tangerang Utara dikenal sebagai daerah dengan infrastruktur yang terbatas. Bahkan, hutan di Tangerang Utara merupakan kawasan hutan mangrove yang sudah sangat kritis dan fungsi lindungnya sudah sangat minim.

    Lantas, PIK 2 dikembangkan dengan pembangunan infrastruktur yang memadai sekaligus proyek besar yang melibatkan pengembangan kawasan permukiman, pusat perbelanjaan, pendidikan, kesehatan, dunia hiburan dan fasilitas umum lainnya.

    PIK 2 menjelma jadi kota baru dengan sebutan The New Jakarta City. Kawasan ini tentu menarik minat para pemburu aset properti. Terbukti, populasi penghuni PIK dan sekitarnya terus bertambah hingga diperkirakan mencapai 305.000 orang.

    Kekayaan demografi ini menjadi modal utama dalam pengembangan kawasan PIK 2 yang memiliki beragam fasilitas menarik dengan kualitas melebih fasilitas milik pengembang properti lain. Lalu, apa saja fasilitas dan kelebihan yang ada di PIK2? Simak lebih lengkapnya dalam pembahasan berikut ini.

    Telah terbangun dalam kawasan Pantai Indah Kapuk 2 (PIK2) yaitu ±27.000 berupa rumah, rukan dan apartemen, terdapat juga beberapa destinasi wisata yang sudah terbangun dan beroperasional seperti Lands End, Aloha, Orange Grooves dll yang menjadi tujuan wisata nasional dan internasional. Yang sampai saat ini tingkat kunjungan tertinggi pada periode lebaran 2024 mendekati 5 juta pengunjung.”

    Salah satu fasilitas lainnya yang sudah dibangun di PIK 2 adalah fasilitas rekreasi seperti Pantai Pasir Putih PIK 2 yang terbentang sepanjang kurang lebih 4 km dan menjadi area wisata baru yang paling diminati saat ini.

    Selain itu, tersedia juga area hijau Greenbelt dengan luas kurang lebih 60 Ha di tengah Central Business District (CBD). Kawasan ini menjadi area hits bagi para pecinta olahraga sepeda, stand up paddle, kayak, sekaligus area untuk jalan santai.

    Selanjutnya, ada Verde Sports Hub Yang merupakan fasilitas olahraga berstandar internasional di atas lahan sekitar 2,7 Ha. Verde Sports Hub memfasilitasi berbagai olahraga seperti sepak bola, badminton, basket, futsal, dan padel tennis.

    Untuk memenuhi kebutuhan furnitur dan perlengkapan rumah tangga, hadir pula Indonesia Design District Mega Komplex seluas 12 Ha. Fasilitas ini juga dilengkapi dengan restoran Seafood Bandar Djakarta terbesar.

    Para pencinta otomotif juga akan dimanjakan melalui hadirnya Distrik Otomotif PIK 2. Area ini menjadi pusat otomotif terbesar di Indonesia, dengan luas kurang lebih 3 Ha.

    Ada pula beberapa fasilitas lain seperti Orange Groove at Greenbelt PIK2. Ini merupakan kawasan rekreasi dan kuliner dengan konsep perkebunan jeruk seperti di Italia. Kemudian ada kawasan Euro Asia yang berupa deretan rukan tematik 8 negara, yang berderet menghubungkan Hotel Osaka dan Taman Doa Our Lady Of Akita.

    Tak kalah menarik, akan ada kawasan Taman Bhineka di Ecopark PIK 2. Ecopark ini didesain sebagai kawasan multireligi dan multikultural dengan adanya Masjid Agung PIK 2 dan kawasan perbelanjaan halal. Di Taman Bhineka juga akan dibangun rumah ibadah yakni Gereja Basilica.

    Berbagai fasilitas mewah yang menunjang kebutuhan sehari-hari dan gaya hidup masyarakat telah hadir di PIK 2. Tak terbayangkan betapa pesatnya perubahan yang terjadi di PIK 2, dari yang sebelumnya berupa kawasan kumuh menjadi kawasan elit khas kota metropolitan.

    Capaian ini menjadi gambaran visi jangka panjang, kerja keras, dan komitmen PIK 2 terhadap pembangunan yang dapat menghasilkan perubahan signifikan, baik secara fisik maupun sosial-ekonomi. PIK 2 pun masih memiliki potensi besar untuk terus menjadi pusat pertumbuhan ekonomi nasional pada masa mendatang. 

    (bul/bul)

  • Belum Ada yang Baru, Daihatsu Pilih Pamer Mobil Terlarisnya di GJAW 2024

    Belum Ada yang Baru, Daihatsu Pilih Pamer Mobil Terlarisnya di GJAW 2024

    Jakarta

    Daihatsu turut meramaikan gelaran Gaikindo Jakarta Auto Week (GJAW) 2024 yang berlangsung di ICE, BSD City, Tangerang.

    Pada pameran yang berlangsung sejak Jumat 22 November 2024 ini, Daihatsu belum meluncurkan model terbarunya, melainkan menampilkan enam model andalan mereka.

    Daihatsu memberikan apresiasi kepada pelanggannya di GJAW 2024 Foto: Muhammad Hafizh Gemilang

    “Kami mengucapkan terima kasih atas kepercayaan seluruh pelanggan dan keluarga Indonesia yang senantiasa merajut kebahagiaan sejak pertama bersama Daihatsu. Melalui momentum GJAW di akhir tahun ini, kami ingin terus berbagi kebahagiaan bersama masyarakat, sekaligus berkontribusi terhadap pertumbuhan industri otomotif nasional,” ujar Sri Agung Handayani, Marketing Director dan Corporate Communication Director PT Astra Daihatsu Motor.

    Menariknya, Daihatsu datang ke GJAW 2024 ini dengan mobil-mobil terlaris mereka. Tak sampai di situ, pabrikan asal Jepang ini juga memberikan apresiasi kepada pelanggan yang beruntung.

    “Jadi sesuai dengan tema hari ini, kami mengundang pelanggan-pelanggan yang luar biasa jadi terima kasih untuk kehadiran bapak-ibu sekalian. Perkenalkan ini adalah Pak Muhammad Najib. Pak Najib adalah seorang dosen yang merupakan pelanggan Sigra ke-400 ribu dan kami juga berterima kasih kepada Pak Bambang, beliau adalah pelanggan Ayla ke-300 ribu. Terima kasih untuk Bu Aufah atas kedatangannya, beliau adalah pebisnis katering, beliau merupakan pelanggan Gran Max ke-800 ribu,” ujar Sri Agung menutup pidatonya di GJAW 2024.

    Pada ajang GJAW 2024 ini, Daihatsu juga memamerkan sebuah Gran Max yang dimodifikasi. Hal ini untuk menunjukkan bahwa lini mobil komersial mereka juga memiliki potensi untuk menjadi ‘kanvas’ modifikator.

    Adapun Gran Max yang dipajang di booth Daihatsu GJAW 2024 ini merupakan karya modifikator dan content creator Gofar Hilman. Gran Max ini tampil beda dengan body kit GH Style atau Gofar Hilman Style.

    Lantas Daihatsu juga mengadakan promo khusus yang berlangsung sepanjang GJAW 2024. Diklaim Daihatsu menyediakan paket penjualan spesial bagi pengunjung meliputi diskon khusus, gratis biaya administrasi kredit, paket kredit spesial tenor panjang, paket spesial tukar-tambah atau trade in, gratis asuransi senilai Rp 25 juta, hingga yang menarik ada juga gratis konsultasi kesehatan dan obat.

    (mhg/rgr)

  • Mitsubishi DST Concept Bakal Dibawa ke Indonesia, Bukan XForce 7 Penumpang

    Mitsubishi DST Concept Bakal Dibawa ke Indonesia, Bukan XForce 7 Penumpang

    Jakarta

    Mitsubishi DST Concept menjadi produk yang hangat diperbincangkan. Rencananya PT Mitsubishi Krama Yuhda Sales Indonesia bakal membawa mobil konsep itu tahun depan ke Indonesia.

    “Ya, kita sedang menyiapkan. Anda akan bisa melihatnya segera,” kata Atsushi Kurita, Presiden Direktur PT Mitsubishi Krama Yudha Sales Indonesia di area ICE BSD Tangerang, belum lama ini.

    Tampilan konsep SUV 7-seater Mitsubishi sejatinya melakoni debut global di Filipina. Konsep itu diberi nama DST Concept.

    Mitsubishi DST Concept memiliki beberapa isyarat gaya yang sama dengan crossover XForce. Tak heran, konsep ini disebut-sebut sebagai XForce versi 7-seater.

    Di bagian depan, gril Dynamic Shield memiliki pola sarang lebah besar. Mobil ini juga dilengkapi ventilasi kap bergaya untuk mengarahkan udara panas menjauh dari ruang mesin.

    Pada bagian samping, DST Concept juga tampak mirip dengan XForce. Konsep mobil ini hadir dengan garis bahu yang lebar. Ditambah kaca bagian belakang diperpanjang, menunjukkan bahwa mobil ini memiliki interior tiga baris kursi. Di bagian belakang, bentuk T diterapkan untuk lampu kombinasi belakang.

    Di bagian dalam, DST Concept mengikuti dasbor datar Mitsubishi XForce. Di dalamnya ada layar besar untuk instrument cluster dan sistem infotainment. Mobil ini juga memiliki panoramic sunroof yang membentang hingga baris ketiga.

    Kurita menegaskan DST Concept bukan X-Force tujuh penumpang, ini merupakan model baru yang akan dijual di pasar ASEAN dua tahun lagi.

    “Sebenarnya itu bukan X-Force (7 penumpang). Ini benar-benar produk baru,” ujar dia.

    “Ya, kita akan mengumumkannya dua tahun lagi untuk pasar ASEAN,” jelas dia.

    Secara global, Mitsubishi sudah mengumumkan DST Concept sebagai produk global akan diluncurkan pada tahun fiskal 2025. Pasar ASEAN menjadi yang pertama mendapatkan versi produksinya. Mitsubishi ingin menawarkan DST Concept sebagai model global.

    Mitsubishi belum mengungkapkan mesin dari DST Concept ini. Mereka hanya menyebutkan bahwa DST Concept berpenggerak roda depan dan hadir dengan lima mode berkendara untuk menyesuaikan dengan kondisi berkendara apa pun.

    “Tahun depan, sebenarnya kita berencana memperkenalkan minimal satu produk, satu tahun,” kata Kurita.

    “Tahun depan kita punya setidaknya DST (konsep), lalu tahun berikutnya membawa produk baru lagi. Belum bisa dijelaskan detailnya,” jelasnya soal produk baru yang akan dibawa tahun depan.

    (riar/rgr)

  • Mobil Hidrogen Toyota Mirai Curi Atensi Menteri: Tinggal Bikin Infrastruktur

    Mobil Hidrogen Toyota Mirai Curi Atensi Menteri: Tinggal Bikin Infrastruktur

    Jakarta

    Menteri Perindustrian Agus Gumiwang terlihat menghampiri mobil ramah lingkungan Toyota Mirai. Padahal mobil tersebut dipajang di luar hall Gaikindo Jakarta Auto Week 2024 di ICE BSD Tangerang, Jumat (22/11/2024).

    Toyota Mirai itu dipajang depan pintu hall 10 ICE BSD Tangerang. Agus ditemani President Director PT TMMIN Nandi Julyanto dan Vice President Director PT TAM Henry Tanoto.

    “Ini basisnya hidrogen, salah satu teknologi otomotif yang menurut pandangan saya tidak lama lagi akan hadir,” kata Agus kepada wartawan di ICE BSD Tangerang, Jumat (22/11/2024).

    “Nah ini Toyota sudah menyiapkan produk basis engine-nya 100 persen hidrogen. Itu kenapa saya datang ke sini.”

    “Tinggal infrastruktur disiapin, charging station untuk hidrogen kita siapkan. Sehingga nanti hidrogen bisa jalan,” jelas dia.

    Toyota Mirai yang hadir dalam acara tersebut merupakan Gen-2. Ini merupakan mobil fuel cell electric vehicles (FCEV) yang menggunakan hidrogen murni sebagai sumber energi penggerak motor listrik sehingga dipastikan nol emisi hanya berupa air murni, serta senyap khas mobil listrik. Teknologi ini dapat ikut dimanfaatkan oleh moda transportasi lain, termasuk sumber energi untuk industri, perusahaan, dan rumah tangga.

    FCEV menggunakan sumber energi terbarukan yang tersedia luas di alam yang dapat diolah menjadi gas hidrogen. Dengan segala keunggulannya, FCEV menjadi salah satu opsi mobility solution masa depan di Indonesia. Berlimpahnya sumber daya alam untuk memproduksi gas hidrogen, memberikan kesempatan untuk ikut mengurangi pemakaian BBM fosil.

    Di sisi lain, Agus juga meminta Toyota untuk bisa memproduksi Mirai di Indonesia.

    “Tentu a long the way kita minta Toyota Mirai konsep lokal kontennya. Tapi a long the way, yang penting hidrogennya dulu,” jelas Agus.

    Mirai terbaru ditopang oleh platform Toyota New Global Architecture (TNGA), sasis ukuran GA-L. Sel bahan bakar dari semula di bawah kabin sekarang menjadi di bawah kap mesin.

    Mirai generasi kedua sudah dijual di Jepang sejak tahun 2020. Namun di Indonesia, Mirai baru dibawa untuk kebutuhan studi.

    Mirai menggunakan tiga tangki untuk menyimpan bahan bakar hidrogen yang digunakan untuk menggerakkan motor listriknya, dan ini mengakibatkan jangkauan operasinya ditingkatkan menjadi 850 km, atau 30% lebih banyak dari 650 km pada Mirai generasi pertama, yang memiliki dua tangki.

    Mirai dapat dimanfaatkan sebagai sumber listrik darurat saat listrik padam akibat bencana dan untuk situasi darurat lainnya, menawarkan listrik melalui dua jalur pasokan listrik yang berbeda. Yang pertama adalah dengan menghubungkan stop kontak catu daya eksternal mobil ke sistem catu daya listrik DC eksternal khusus.

    (riar/rgr)

  • Mungkinkah LCGC ‘Disetrum’ Hybrid? Begini Jawaban Toyota

    Mungkinkah LCGC ‘Disetrum’ Hybrid? Begini Jawaban Toyota

    Tangerang

    Direktur Industri Alat Transportasi Darat Direktorat Industri Maritim, Alat Transportasi, dan Alat Pertahanan (IMATAP) Kementerian Perindustrian Dodiet Prasetya mengusulkan agar low cost green car (LCGC) disuntik teknologi hybrid.

    Dodiet mengatakan, penjualan LCGC cukup tinggi di Indonesia. Dia ingin, catatan baik itu ditingkatkan dengan meluncurkan varian hybrid.

    “Kami mendorong para pabrikan untuk bisa menyematkan teknologi hybrid di LCGC. Poinnya satu, kita ingin meningkatkan pencapaian yang sudah bagus. Kemudian dalam rangka sumbangsih penurunan emisi dan ketahanan energi. Kami ingin meningkatkan apa yang sudah efisien menjadi lebih efisien,” kata dia.

    Kukuh Kumara selaku Sekretaris Umum (Sekum) Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) setuju dengan usulan Kemenperin. Menurutnya, LCGC kini tak lagi digolongkan murah. Itulah mengapa, penambahan teknologi hybrid seharusnya bukan masalah.

    “Menarik, kita bisa ke sana kalau volume-nya besar. LCGC volume besar tapi teknologi berubah. Tidak bisa emisinya segitu saja, ya jalan keluarnya hybrid,” ungkap Kukuh Kumara.

    “Karena mobil ini bukan low cost lagi, dibandingkan yang lain juga emisinya sudah tinggi. Mau baru atau lama, kalau produknya bisa diminati konsumen, ya menarik,” kata dia menambahkan.

    Direktur Pemasaran PT Toyota Astra Motor Anton Jimmi Suwandy mengatakan, tidak ada yang tidak mungkin dalam penerapan teknologi hybrid pada mobil LCGC. Namun, Anton menegaskan bahwa jika LCGC disetrum dengan teknologi hybrid, maka harga jualnya akan semakin tinggi.

    “Karena hybrid itu kan menambah harga juga ya, jadi kita harus pelajari dengan baik. Tadi juga saya dengar juga Pak Menteri (Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita) bilang dalam jangka waktu pendek, beliau tetap akan support LCGC seperti yang sekarang karena memang dibutuhkan untuk segmen bawah, dan juga mendukung hybrid. Jadi bukan LCGC hybrid, tapi mendukung LCGC dan mendukung hybrid,” ujar Anton saat ditemui di pameran GJAW 2024 ICE, BSD, Tangerang.

    Anton mencontohkan, mobil-mobil hybrid saat ini yang sudah dijual Toyota juga mengalami perbedaan harga dibanding mobil konvensional. Misalnya Innova Zenix Hybrid dengan tipe mesin bensin, serta Yaris Cross Hybrid dengan tipe mesin bensin yang memiliki perbedaan harga. Pilihan hybrid pada kedua mobil itu lebih mahal dibanding tipe mesin bensinnya.

    Lebih lanjut, Anton mengatakan saat ini belum ada platform LCGC yang bisa menggunakan hybrid. Jadi, masih harus dipelajari lebih lanjut kalau usulan ini benar-benar direalisasikan.

    “Saat ini belum ada ya platform (LCGC) ini, kemudian model ini, mesin ini menggunakan hybrid. Jadi mungkin perlu kita pelajari lebih lanjut. Tapi so far kalau melihat dari arahan Pak Menteri dalam waktu jangka pendek sepertinya LCGC dan hybrid berada di posisi yang berbeda,” ujar Anton.

    Di sisi lain, Toyota justru memamerkan beberapa mobil yang bisa menenggak bioetanol. Beberapa di antaranya adalah Toyota Agya dan Toyota Calya yang diuji coba menggunakan bahan bakar bioetanol E10 (etanol 10 persen), bekerja sama dengan Pertamina.

    (rgr/mhg)

  • XForce Ditambah Fitur Keselamatan yang Canggih, Ini Daftarnya

    XForce Ditambah Fitur Keselamatan yang Canggih, Ini Daftarnya

    Jakarta

    Mitsubishi XForce kini dilengkapi dengan fitur Advanced Driver Assistance System (ADAS) yang lebih lengkap. Trim paling tinggi ini dituangkan dalam Varian XForce Ultimate DS (Diamond Sense), nah fitur keselamatan apa saja yang terpasang? Simak ulasannya, yuk!

    XForce Ultimate DS meluncur dalam ajang Gaikindo Jakarta Auto Week 2024, ICE BSD, Tangerang, Jumat (21/11/2024).

    “Diamond Sense memberikan rasa percaya diri dan pengalaman berkendara yang lebih menyenangkan dan dapat diandalkan di setiap perjalanan,” kata Director of Product Strategy Division PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia, Hikaru Mi, di ICE BSD Tangerang, Jumat (21/11/2024).

    Diamond Sense merupakan penamaan untuk kategorisasi fitur bantuan keselamatan terintegrasi mutakhir untuk pengemudi yang terdapat pada model Mitsubishi Motors. Fitur ini didesain untuk memberikan kesadaran tingkat tinggi, perlindungan dan dukungan pengendaraan baik bagi pengemudi maupun penumpang.

    Mitsubishi XForce juga punya fitur canggih antara lain kunci keyless, Auto Lamp, Auto Wiper, Brake Auto Hold, Wireless Charging & Connectivity, Active Yaw Control (AYC), serta ABS dan EBD.

    Nah fitur keamanan itu didesain lebih lanjut dengan 6 airbags (berkat penambahan 2 Curtain Airbags), serta Mono Camera, Sensor Radar di depan dan belakang, dan Ultrasonic Parking Sensor, yang memungkinkan beragam fitur pada teknologi “Diamond Sense” bekerja.

    XForce Ultimate DS sebagai varian tertinggi sekarang dilengkapi dengan fitur-fitur canggih pencegah kecelakaan, antara lain:

    Forward Collision Mitigation system (FCM) membantu mencegah benturan depan dan meminimalisir dampak jika benturan terjadi, juga memberi notifikasi dan peringatan melalui Digital Driver Display.Rear cross traffic alert (RCTA) mendeteksi kendaraan yang mendekat dari sisi belakang dan memberikan peringatan kepada pengemudi melalui Digital Driver Display saat mundur.Blind spot warning, mendeteksi kendaraan lain di area blind spot, dan memberikan peringatan kepada pengemudi melalui Digital Driver Display.Adaptive cruise control, fungsi pendukung saat berkendara di jalan raya, Membantu pengemudi mempertahankan kecepatan dan jarak aman dengan kendaraan di depan saat perjalanan jauh atau kondisi jalanan padat.Lead car departure notification, saat kendaraan berhenti, fitur ini memberi notifikasi kepada pengemudi melalui Digital Driver Display untuk segera maju mengikuti kendaraan di depan.Auto High Beam (AHB) secara otomatis menyesuaikan lampu low beam atau high beam dengan mendeteksi penerangan sekitar dan keberadaan kendaraan lain di depan.Auto rain sensor, secara otomatis mengaktifkan dan menyesuaikan kecepatan wiper saat hujan, menjaga visibilitas tanpa mengganggu fokus pengemudi.

    Fitur baru ini mempertegas XForce sebagai penantang tangguh untuk para kompetitor di segmennya. Mengingat, pesaing terdekatnya seperti Honda HR-V juga sudah dilengkapi fitur keselamatan canggih, yakni Honda Sensing.

    Tidak ada perbedaan signifikan dari segi eksterior maupun interior.

    Dari sisi kosmetika, XForce Ultimate DS ini berbeda dari dua varian pendahulunya berkat disematkannya warna eksterior two-tone, yakni warna bodi kendaraan pilihan yang tersedia–dengan bagian atap berwarna hitam, serta penambahan Rear Spoiler, dan juga Fashionable Roof Rail.

    Dari segi interior, Mitsubishi Xforce Ultimate DS memiliki kesamaan dengan varian Ultimate.

    XForce Ultimate DS dijual Rp 422,9 juta melengkapi varian sebelumnya, yakni Ultimate CVT dan Exceed CVT. Masing-masing varian dibanderol dengan harga Rp 414,9 juta dan Rp 381,9 juta. Semuanya On The Road Jakarta.

    Varian tertinggi ini dilabur dengan opsi warna Graphite Gray two-tone, Energetic Yellow two tone, Quartz White Pearl two tone, Blade Silver two tone, Red Metallic two tone, Jet Black mica.

    (riar/rgr)

  • Pendekar 08 Kampanye Bersih dengan Bagikan 100 Tong Sampah di Tangerang Selatan

    Pendekar 08 Kampanye Bersih dengan Bagikan 100 Tong Sampah di Tangerang Selatan

    FAJAR.CO.ID, JAKARTA — Sejumlah masyarakat yang tergabung dalam organisasi relawan Pendekar 08 melakukan sosialisasi pasangan calon gubernur dan calon wakil gubernur Banten nomor urut 2, Andra Soni – Dimyati Natakusumah, dengan cara yang unik, yaitu membagikan 100 tong sampah kepada masyarakat, pada Jumat, 22 November 2024.

    Ketua Umum Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Pendekar 08, Ancilla Yanny Irmella, mengatakan bahwa pembagian tong sampah ini merupakan implementasi salah satu program kerja Pendekar 08 yang peduli terhadap isu lingkungan hidup yang bersih dan sehat.

    “Pembagian tong sampah ini bertujuan untuk memberdayakan warga dan meningkatkan kesadaran mereka dalam pengelolaan sampah yang teratur dan rutin. Dengan adanya tong sampah ini, diharapkan warga semakin disiplin dalam membuang sampah pada tempatnya serta menjaga kebersihan lingkungan,” ujar Ancilla.

    Ancilla menambahkan bahwa tong sampah berbentuk drum besi berwarna biru muda ini dibagikan ke enam titik lokasi berbeda di Kota Tangerang Selatan, Banten.

    Program ini, menurut Ancilla, juga selaras dengan program Andra Soni – Dimyati, yaitu Bersama AS-DIM (Berantas Sampah agar Sehat, Indah, dan Nyaman).

    “Program pembagian tong sampah ini juga merupakan implementasi dari program Bersama AS-DIM,” ungkapnya.

    Lebih lanjut, Ancilla menjelaskan bahwa pembagian tong sampah ini bertujuan untuk membantu ketersediaan tempat sampah yang memadai agar masyarakat dapat membuang sampah pada tempatnya sehingga lingkungan tetap bersih, indah, dan nyaman.