kab/kota: Tangerang

  • 5
                    
                        Maaf dan Penyesalan Anita-Alvin atas Kasus Tumbler yang Hilangkan Pekerjaan Argi…
                        Megapolitan

    5 Maaf dan Penyesalan Anita-Alvin atas Kasus Tumbler yang Hilangkan Pekerjaan Argi… Megapolitan

    Maaf dan Penyesalan Anita-Alvin atas Kasus Tumbler yang Hilangkan Pekerjaan Argi…
    Tim Redaksi
    TANGERANG SELATAN, KOMPAS.com –
    Pasangan suami istri, Alvin dan Anita, menjadi sorotan publik setelah mengunggah sebuah utasan di akun Thread mengenai tumbler yang tertinggal di KRL hilang.
    Mereka tak menyangka keluhan yang disampaikan dalam utasan itu menyeret seorang petugas KAI bernama Argi yang disebut dipecat akibat kasus hilangnya tumbler milik
    Anita
    .
    Melalui sebuah video klarifikasi berdurasi 55 detik yang diterima
    Kompas.com
    , Kamis (27/11/2025),
    Alvin
    dan Anita akhirnya menyampaikan permintaan maaf secara terbuka.
    Dengan suara berat dan raut menyesal, keduanya mengakui bahwa cara mereka menyikapi kejadian itu telah memicu dampak luas yang tidak pernah dibayangkan.
    Peristiwa ini bermula pada Senin (17/11/2025) malam. Saat pulang kerja dengan KRL rute Tanah Abang–Rangkasbitung, Anita lupa membawa
    cooler bag
    yang ia letakkan di rak bagasi gerbong khusus perempuan.
    Setelah turun di Stasiun Rawa Buntu, ia baru sadar kalau
    cooler

    bag
    tersebut tertinggal. Anita kemudian meminta bantuan petugas untuk mencarikan
    cooler bag
    miliknya.
    Malam itu juga
    cooler

    bag
    ditemukan oleh Argi selaku satpam PT KAI yang sedang berjaga di Stasiun Rangkasbitung. Ia langsung mengamankan barang tersebut dan sempat mendokumentasikannya.
    Namun, ketika Anita dan Alvin mengambil
    cooler bag
    itu keesokan harinya, tumbler Tuku berwarna biru yang berada di dalamnya hilang.
    Argi mengakui bahwa ia tidak memeriksa isi
    cooler bag
    karena situasi stasiun sangat ramai. Ia hanya mengamankan tas tersebut tanpa pengecekan lebih lanjut.
    “Ini kesalahan saya dikarenakan tidak dicek terlebih dahulu, saya akan tanggung jawab dengan mengganti barang tersebut Pak,” tulis Argi dalam pesan kepada Alvin, yang kemudian ikut diunggah di Threads.
    Ia bahkan menawarkan diri mengganti tumbler seharga Rp 300.000 serta membantu pencarian melalui rekaman CCTV sebagai bentuk tanggung jawab. Pesan tersebut ikut beredar dan memperkuat simpati publik terhadap Argi.
    Setelah unggahan Anita soal
    tumbler hilang
    itu viral, publik kemudian mengkritik keras soal dugaan pelanggaran SOP oleh petugas. Nama Argi ikut terseret dalam perbincangan di media sosial, bahkan disebut telah dipecat akibat insiden tersebut.
    Unggahan ini memicu simpati terhadap Argi sekaligus kemarahan publik terhadap Alvin dan Anita, yang dianggap tidak proporsional dalam menyikapi kehilangan barang pribadi.
    KAI Commuter kemudian mengeluarkan bantahan resmi setelah banyaknya tekanan yang menyudutkan mereka.
    VP Corporate Secretary KAI Commuter Karina Amanda mengatakan, tidak ada pemecatan yang dilakukan pihaknya.
    “KAI Commuter sendiri tidak melakukan pemecatan sebagaimana isu beredar,” ujar Karina dalam keterangan tertulis.
    Ia menambahkan, pemecatan di KAI tidak bisa dilakukan begitu saja karena ada aturan dan prosedur kepegawaian yang menjadi acuan regulasi ketenagakerjaan. 
    Meski begitu, pihaknya masih melakukan penelusuran dan koordinasi internal untuk memastikan fakta yang sebenarnya.
    “Pihak mitra masih melakukan evaluasi internal untuk melihat lebih jelas kondisi yang terjadi,” jelas dia.
    Bantahan yang disampaikan KAI ternyata belum mampu meredakan publik. Banyak unggahan kekecewaan terhadap KAI atas dugaan pemecatan Argi muncul di media sosial.
    Di tengah ramainya perbincangan publik, Alvin dan Anita akhirnya memilih untuk menyampaikan permintaan maaf.
    Dalam video klarifikasi, Alvin menyadari cara ia dan istrinya menyampaikan keluhan di media sosial telah menimbulkan dampak yang besar dan tidak terduga.
    “Kami ingin meminta maaf yang sebesar-besarnya, khususnya kepada saudara Argi dan semua pihak yang terkena dampak dan dirugikan atas ucapan dan perbuatan kami,” ujar Alvin.
    Anita yang duduk di samping Alvin menambahkan bahwa ia sangat menyesali cara dirinya merespons kejadian tersebut sehingga berdampak kepada petugas hingga membuat publik geram.
    “Kami sangat sadar cara kami menyikapi kejadian ini sangat tidak bijak sehingga melukai banyak perasaan orang-orang di luar sana,” kata Anita.
    Oleh karena itu, mereka mengakui bahwa kejadian ini menjadi pelajaran berharga dalam menggunakan media sosial.
    “Dari lubuk hati kami yang paling dalam, kami sangat meminta maaf yang sebesar-besarnya,” ucap Anita dalam video tersebut.
    Mereka berharap klarifikasi ini dapat meluruskan kesalahpahaman dan mengurangi dampak yang menimpa Argi serta pihak lainnya.
    Copyright 2008 – 2025 PT. Kompas Cyber Media (Kompas Gramedia Digital Group). All Rights Reserved.

  • 5
                    
                        Maaf dan Penyesalan Anita-Alvin atas Kasus Tumbler yang Hilangkan Pekerjaan Argi…
                        Megapolitan

    3 Penyesalan Anita Viralkan Kehilangan Tumbler di KRL… Megapolitan

    Penyesalan Anita Viralkan Kehilangan Tumbler di KRL…
    Tim Redaksi
    TANGERANG SELATAN, KOMPAS.com
    — Pasangan suami istri Anita dan Alvin menyampaikan permohonan maaf terkait viralnya kasus kehilangan tumbler atau botol minum di KRL yang menyeret seorang petugas KAI Commuter, Argi.
    Dalam video berdurasi 55 detik itu, mereka menyampaikan penyesalan sekaligus mengakui bahwa unggahan Anita di media sosial yang berujung viral bukan hal tepat.
    “Kami sangat sadar cara kami menyikapi kejadian kami ini sangat tidak bijak sehingga melukai banyak perasaan orang-orang di luar sana,” ujar Anita dalam video yang diterima
    Kompas.com,
    Kamis (27/11/2025).
    Salah satu yang merasakan dampak tersebut adalah Argi, seorang petugas yang berjaga di Stasiun Rangkasbitung. Ia mengaku dipecat akibat masalah tumbler penumpang yang hilang.
    Bagi mereka, kejadian tersebut menjadi pelajaran besar untuk lebih berhati-hati dalam menyampaikan keluhan di ruang publik.
    Oleh sebab itu, mereka sangat menyesal dengan kondisi yang terjadi belakangan ini.
    “Dari lubuk hati kami yang paling dalam, kami sangat meminta maaf yang sebesar-besarnya,” kata Anita.
    Sebelumnya, Anita membuat sebuah utas di akun Thread pribadinya, @anitadewl, mengenai tumbler miliknya yang hilang usai tertinggal di kereta.
    la menganggap ada indikasi pelanggaran prosedur operasional standar (SOP) penanganan barang hilang di lingkungan stasiun.
    Kasus ini berawal ketika Anita lupa membawa
    cooler bag
    yang dibawanya dalam
    KRL
    rute Tanah Abang-Rangkasbitung, Senin (17/11/2025) pukul 19.00 WIB.
    Anita menaiki KRL
    green line
    tersebut sepulang kerja dan berada di gerbong khusus perempuan.
    Sekitar pukul 19.40 WIB, ia turun di Stasiun Rawa Buntu. Saat itu, ia baru menyadari bahwa
    cooler bag
    miliknya tertinggal di bagasi
    Commuter Line
    .
    la kemudian melapor kepada petugas. Malam itu juga,
    cooler bag
    tersebut ditemukan oleh satpam PT KAI bernama Argi. Barang itu langsung diamankan dan sempat didokumentasikan.
    Keesokan harinya, Anita bersama suaminya, Alvin, mengambil
    cooler bag
    tersebut di Stasiun Rangkasbitung.
    Namun, ia terkejut karena isi di dalam
    cooler bag
    itu, yakni sebuah tumbler, sudah hilang. Tasnya kembali, tetapi isinya tidak lengkap.
    Saat dikonfirmasi, Argi mengakui bahwa ia tidak memeriksa isi
    cooler bag
    milik Anita saat menerima barang tersebut.
    la menyadari kelalaiannya karena kondisi stasiun sedang ramai dan ia masih bertugas berjaga, sehingga
    cooler bag
    itu disimpan tanpa pengecekan detail.
    Argi kemudian menghubungi Alvin dan meminta maaf melalui pesan singkat.
    Bahkan, dalam pesan itu, Argi akan membantu Anita dan Alvin untuk melakukan pencarian melalui rekaman CCTV.
    Jika tidak ditemukan, ia bersedia mengganti tumbler tersebut sesuai harganya, yakni Rp 300.000.
    “Ini kesalahan saya dikarenakan tidak dicek terlebih dahulu, saya akan tanggung jawab dengan mengganti barang tsb Pak,” tulis Argi dalam pesan untuk Alvin yang diunggah di akun Threads @argi_bdsyh, Rabu (26/11/2025).
    KAI Commuter membantah kabar pemecatan seorang petugas stasiun sebagaimana narasi yang beredar.
    VP Corporate Secretary KAI Commuter, Karina Amanda mengatakan, perusahaan masih melakukan penelusuran untuk memastikan fakta kejadian.
    “KAI Commuter sendiri tidak melakukan pemecatan sebagaimana isu beredar, karena kami memiliki aturan dan prosedur kepegawaian yang tetap mengacu pada regulasi ketenagakerjaan,” ujar Karina dalam keterangan tertulis yang diterima
    Kompas.com,
    Kamis.
    Pada tahap awal, KAI Commuter juga sudah berkoordinasi dengan mitra pengelola petugas
    frontliner
    yang bertugas di lapangan.
    Semua petugas selalu diarahkan untuk menjalankan prosedur operasional standar (SOP) selama bertugas.
    “Pihak mitra masih melakukan evaluasi internal untuk melihat lebih jelas kondisi yang terjadi,” jelas dia.
    Copyright 2008 – 2025 PT. Kompas Cyber Media (Kompas Gramedia Digital Group). All Rights Reserved.

  • 5
                    
                        Maaf dan Penyesalan Anita-Alvin atas Kasus Tumbler yang Hilangkan Pekerjaan Argi…
                        Megapolitan

    1 Alvin dan Anita Minta Maaf Soal Tumbler yang Hilang Berujung Pemecatan Petugas KAI Megapolitan

    Alvin dan Anita Minta Maaf Soal Tumbler yang Hilang Berujung Pemecatan Petugas KAI
    Tim Redaksi
    TANGERANG SELATAN, KOMPAS.com –
    Anita, pemilik tumbler yang hilang di KRL Commuter Line, pada Senin (17/11/2025), meminta maaf terkait kejadian tumbler miliknya yang hilang dan berujung pada pemecatan Argi, petugas pelayanan KRL Commuter Line, dari tempat kerjanya.
    Ia bersama sang suami,
    Alvin
    , menyampaikan permintaan maaf secara terbuka melalui sebuah video klarifikasi yang diterima
    Kompas.com
    , Kamis (27/11/2025).
    Dalam video tersebut, Alvin mengakui bahwa kasus yang berkembang belakangan ini merupakan dampak dari perilaku mereka berdua.
    Oleh sebab itu, ia menyampaikan permohonan maaf, khususnya kepada Argi dan pihak-pihak lain yang terdampak.
    “Kami ingin meminta maaf yang sebesar-besarnya, khususnya kepada saudara Argi dan semua pihak yang terkena dampak dan dirugikan atas ucapan dan perbuatan kami,” ujar Alvin dikutip
    Kompas.com
    , Kamis.
    Sementara itu,
    Anita
    , mengaku sangat menyesal dengan perbuatan yang sudah dilakukannya.
    Ia menyadari bahwa cara mereka menyikapi kejadian tersebut sehingga memicu reaksi negatif dari banyak pihak.
    “Kami sangat sadar cara kami menyikapi kejadian ini sangat tidak bijak sehingga melukai banyak perasaan orang di luar sana,” kata Anita.
    Ia menambahkan bahwa peristiwa ini menjadi pelajaran penting agar mereka lebih berhati-hati ke depannya.
    “Dari lubuk hati kami yang paling dalam, kami meminta maaf yang sebesar-besarnya,” tutup Anita.
    Sebelumnya, seorang petugas pelayanan KRL Commuter Line disebut dipecat setelah diduga terlibat dalam hilangnya sebuah tumbler milik penumpang yang tertinggal di dalam kereta.
    Kasus ini pun viral di media sosial setelah pemilik tumbler bernama Anita membuat sebuah utasan di akun Thread pribadinya, @anitadewl, mengenai kejadian tumbler miliknya yang hilang usai tertinggal di kereta.
    la menganggap ada indikasi pelanggaran prosedur operasional standar (SOP) penanganan barang hilang di lingkungan KAI.
    Kasus ini berawal ketika Anita lupa membawa cooler bag yang dibawanya usai menaiki KRL rute Tanah Abang-Rangkasbitung pada Senin (17/11/2025) pukul 19.00 WIB.
    Anita menaiki KRL green line tersebut sepulang kerja dan berada di gerbong khusus perempuan.
    Sekitar pukul 19.40 WIB, ia turun di Stasiun Rawa Buntu. Saat itu, ia baru menyadari bahwa
    cooler bag
    miliknya tertinggal di bagasi Commuter Line.
    Ia kemudian melapor kepada petugas. Malam itu juga,
    cooler bag
    tersebut ditemukan oleh satpam PT KAI bernama Argi. Barang itu langsung diamankan dan sempat didokumentasikan.
    Keesokan harinya, Anita bersama suaminya, Alvin, mengambil
    cooler bag
    tersebut di Stasiun Rangkasbitung. Namun, ia terkejut karena isi di dalam
    cooler bag
    itu, yakni sebuah tumbler sudah hilang. Tasnya kembali, tetapi isinya tidak.
    Saat dikonfirmasi, Argi mengakui bahwa ia tidak memeriksa isi
    cooler bag
    milik Anita saat menerima barang tersebut.
    Ia menyadari kelalaiannya karena kondisi stasiun sedang ramai dan ia masih bertugas berjaga, sehingga
    cooler bag
    itu disimpan tanpa pengecekan detail. Argi kemudian menghubungi Alvin dan meminta maaf melalui pesan singkat.
    Bahkan, dalam pesan itu, Argi akan membantu Anita dan Alvin untuk melakukan pencarian melalui rekaman CCTV. Jika tidak ditemukan, ia bersedia mengganti tumbler tersebut sesuai harganya, yakni Rp 300.000.

    Ini kesalahan saya dikarenakan tidak dicek terlebih dahulu, saya akan tanggung jawab dengan mengganti barang tsb Pak
    ,” tulis Argi dalam pesan untuk Alvin yang diunggah di akun Threads
    @
    argi_bdsyh, Rabu (26/11/2025).
    Copyright 2008 – 2025 PT. Kompas Cyber Media (Kompas Gramedia Digital Group). All Rights Reserved.

  • Mobil PHEV Melejit di RI Gara-gara Merek China, BYD Kok Nggak Ikutan?

    Mobil PHEV Melejit di RI Gara-gara Merek China, BYD Kok Nggak Ikutan?

    Jakarta

    Penjualan mobil plug in hybrid electric vehicles (PHEV) mulai tembus ribuan unit. Mayoritas yang bikin melejit penjualan mobil PHEV adalah merek asal China, Chery. Raksasa mobil asal Tiongkok, BYD diketahui belum masuk ke segmen PHEV. Apa alasannya?

    Perlu diketahui, data wholesales Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) menunjukkan penjualan mobil elektrifikasi dari hybrid, battery electric vehicles (BEV), dan PHEV sepanjang Januari-Oktober 2025 tembus 124.510 unit.

    Khusus segmen mobil PHEV juga perlahan tumbuh. Total sepanjang tahun ini tembus 3.798 unit. Chery mendominasi pasar dengan capaian 2.929 unit. Model terlarisnya Tiggo 8 CSH dengan angka 2.710 unit.

    Selanjutnya masih dari Chery Group, yakni Jaecoo yang mengisi urutan kedua. Jaecoo mencatat penjualan sebanyak 704 unit.

    Urutan ketiga mobil PHEV terlaris ditempati oleh Mazda. Brand asal Jepang itu ditopang oleh Mazda CX-80 dengan capaian 59 unit.

    Tampak jelas bahwa merek asal Tiongkok, Chery Group, menjadi pemain utama yang mendongkrak segmen ini, dengan andalan mereka Chery Tiggo 8 CSH yang menjadi model terlaris.

    BYD tidak menutup rapat peluang untuk menghadirkan PHEV di masa depan. Mereka menyatakan akan mencari waktu yang tepat dan peluang yang ada untuk memperkenalkan teknologi elektrifikasi lain, termasuk PHEV.

    “Secara plug-in PHEV memang kita akui kita adalah salah satu pemain besar di PHEV. Dan sangat mungkin sekali untuk kita bawa ke Indonesia,” ujar Head of PR & Government BYD Indonesia Luther Panjaitan di ICE BSD City, Tangerang.

    “Apalagi line-up line-up PHEV kita dan EV kita itu paling complete saat ini di setiap segmen.”

    “Dan memang kita saat ini menunggu regulasi yang lebih firm terhadap PHEV. Karena ini harus lebih terlihat berbeda antara plug-in hybrid dengan hybrid biasa. Sangat mungkin kita bawa di tahun depan untuk melengkapi line-up line-up. Menjadi solusi juga terhadap area-area tertentu yang mungkin masih mengalami masalah di sisi infrastruktur,” ujar Luther.

    (riar/rgr)

  • Polisi Ungkap Alasan Ayah Tiri Bekap Alvaro hingga Tewas
                
                    
                        
                            Megapolitan
                        
                        27 November 2025

    Polisi Ungkap Alasan Ayah Tiri Bekap Alvaro hingga Tewas Megapolitan 27 November 2025

    Polisi Ungkap Alasan Ayah Tiri Bekap Alvaro hingga Tewas
    Tim Redaksi
    JAKARTA, KOMPAS.com –
    Polisi mengungkapkan alasan Alex Iskandar membekap anak tirinya, Alvaro Kiano Nugroho (6), hingga tewas.
    Kapolres Jakarta Selatan Kombes Nicolas Ary Lilipaly mengatakan, awalnya Alex menjemput Alvaro untuk diajak membeli mainan ke mal. Namun sebelum ke mal, Alex membawa Alvaro ke rumahnya di wilayah Tangerang terlebih dahulu untuk mandi.
    Setelah itu Alvaro mulai merasa tidak nyaman karena ayah tirinya mandi terlalu lama. Ia menangis dan meminta diantar pulang ke rumah kakek dan neneknya di wilayah Pesanggrahan, Jakarta Selatan.
    “Sampai di rumah itulah, karena AKN (Alvaro) ini rewel dan nangis ingin pulang, dan mainan yang dijanjikan itu tidak kunjung ada, belum dibeli,” jelas Nicolas kepada wartawan, Kamis (27/11/2025).
    Tak tahan mendengar rengekan Alvaro, Alex mengambil handuk yang tergantung di rak dan membekap mulut anak tirinya itu. Ia kemudian mencekik serta menindih tubuh Alvaro hingga bocah tersebut tidak lagi bernapas.
    Setelah itu Alex panik dan mulai memikirkan cara menghilangkan jejak pembunuhan yang dilakukannya.
    “Setelah itu karena panik, dia masih berusaha untuk bagaimana mencari supaya mau menghilangkan barang bukti korban AKN,” jelas dia.
    Alex mengikat tubuh Alvaro dengan tali, memasukkannya ke dalam plastik hitam, dan menyimpannya di garasi rumah dalam posisi tertutup mobil.
    “Dari situlah dia meninggalkan korban AKN ini kurang lebih selama tiga hari,” kata dia.
    Nicolas melanjutkan, Alex mulai mencari tempat lain ketika jasad Alvaro mulai membusuk. Ia kemudian teringat wilayah Tenjo, Kabupaten Bogor, karena memiliki saudara yang tinggal di sana.
    “Karena mayat itu sudah mulai membusuk dan akhirnya pada tanggal 9 Maret itu, dia berusaha untuk mencari tempat yang aman untuk dia mau membuang mayat tersebut,” kata Nicolas.
    Akhirnya, Alex mengangkat jasad Alvaro ke dalam mobil dan membawanya ke bawah Jembatan Cilalay, lokasi yang kerap dipakai warga untuk membuang sampah secara ilegal.
    Setelah itu, Alex bahkan membantu keluarga membuat laporan kehilangan ke Polsek Pesanggrahan, membuat polisi tidak mencurigainya.
    “Karena pada saat penjemputan itu dia mengaku bahwa, ‘saya mau jemput anak saya.’ Sedangkan juga kakek daripada si AKN ini juga meminta bantuan ayah tirinya untuk mencari,” tutur Nicolas.
    Sebelumnya,
    Alvaro Kiano Nugroho
    , bocah enam tahun yang hilang di Pesanggrahan, Jakarta Selatan, sejak Maret 2025 lalu ditemukan dalam kondisi meninggal dunia.
    Kapolsek Pesanggrahan AKP Seala Syah Alam mengatakan, pihaknya sudah menangkap orang yang menyebabkan
    Alvaro hilang
    dan tewas, yakni ayah tiri korban, Alex Iskandar.
    “Alvaro sudah ditemukan dalam keadaan meninggal dunia, dan tersangka sudah diamankan,” kata Seala kepada wartawan, Minggu (23/11/2025).
    Sebagai informasi,
    Alvaro Kiano
    Nugroho terakhir terlihat di Masjid Jami Al Muflihun, Bintaro, Pesanggrahan, Jakarta Selatan, Kamis (6/3/2025).
    Pada hari kejadian, seorang pria yang mengaku sebagai ayah Alvaro disebut datang ke lokasi kejadian mencari bocah laki-laki itu.
    Informasi tentang kedatangan pria tersebut baru diketahui kakek Alvaro, Tugimin dari marbut Masjid Jami Al Muflihun, tiga hari setelah Alvaro dinyatakan hilang.
    “Itu ada orang datang, ditanya sama marbut, ‘Pak, cari siapa?’ ‘Cari anak saya. Alvaro katanya kalau shalat di masjid sini.’ ‘Itu ada anaknya di atas.’ Kata marbut begitu,” ungkap Tugimin.
    Setelah itu, marbut tidak memperhatikan lagi gerak-gerik pria tersebut. Marbut sibuk mempersiapkan pelaksanaan salat Maghrib dan berbuka puasa. Usai berbuka puasa dan salat Maghrib, Alvaro tak kunjung pulang.
    Tugimin belum merasa curiga karena sang cucu memang kerap bermain sepak bola bersama teman-temannya pada malam hari.
    “Saya sadar untuk mencari itu jam 21.30 WIB. ‘Kok cucu saya belum pulang? Ke mana?’. Saya bilang kayak begitu,” ujar dia.
    Tugimin yang merupakan pensiunan petugas pemadam kebakaran Lebak Bulus segera menyambangi lokasi terakhir Alvaro terlihat.
    Ia juga mendatangi teman-teman yang biasa bermain dengan cucunya. Namun, upayanya tak membuahkan hasil.
    Copyright 2008 – 2025 PT. Kompas Cyber Media (Kompas Gramedia Digital Group). All Rights Reserved.

  • Mitsubishi Ajak Pengunjung GJAW 2025 Bereksplorasi Lewat Display Spesial

    Mitsubishi Ajak Pengunjung GJAW 2025 Bereksplorasi Lewat Display Spesial

    Tangerang

    PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) turut meramaikan Gaikindo Jakarta Auto Week (GJAW) 2025. Bertepatan dengan 55 tahun kehadirannya di Indonesia, MMKSI menghadirkan display dengan konsep adventure atau petualang.

    Area ini dirancang sebagai ruang eksplorasi visual yang menampilkan berbagai konsep penataan kendaraan tematik sesuai dengan gaya hidup masyarakat Indonesia, mulai dari Family Touring Concept untuk keluarga pecinta perjalanan jauh, Outdoor & Offroad Adventure Concept bagi mereka yang gemar menjelajahi alam, hingga Active Urban Lifestyle Concept yang merepresentasikan kehidupan dinamis di perkotaan.

    Adapun unit yang dipamerkan di antaranya Xpander Cross, Pajero Sport, Destinator, dan Xforce. Dikatakan Director of Sales and Marketing Division MMKSI Irwan Kuncoro, pihaknya terus berupaya untuk menghadirkan inspirasi yang lebih dekat dengan kehidupan konsumen Indonesia.

    “Kami menghadirkan display dengan konsep adventures yang menggambarkan bagaimana Mitsubishi Motors menjadi teman setia dalam berbagai gaya hidup pelanggan. Untuk Expander Cross kami menghadirkan tema ‘Comfort & Outdoor Adventures with Family,” ujar Irwan, dalam acara GJAW, di Indonesia Convention Exhibiton (ICE) BSD, Kabupaten Tangerang, Jumat (21/11/2025).

    Foto: Andhika Prasetia/detikcom

    Sementara, untuk model Pajero Sport, MMKSI menghadirkan konsep ‘Exploring & Excitement’. Mengusung semangat eksplorasi, Pajero Sport ditampilkan dengan gaya pemadanan aktivitas offroad dan petualangan alam.

    “Untuk Pajero Sports kami mempersembahkan konsep ‘Exploring & Excitement’, menggabungkan ketangguhan Pajero Sports dalam berkendara di berbagai medan dengan ekspresi keceriaan berpetualang. Cocok bagi mereka yang gemar menjelajah mencintai alam terbuka dan selalu mencari pengalaman baru di setiap perjalanan,” kata Irwan.

    Foto: MMKSI

    Sebagai bagian dari perayaan 55 tahun MMKSI di Indonesia, Destinator disajikan sebagai simbol petualangan keluarga modern. Konsep ‘Premium & Touring with Family’ menggabungkan kesan premium, kenyamanan tinggi, dan kemampuan touring jarak jauh.

    “Ini menggabungkan kemewahan dan kenyamanan dalam berpetualang bersama keluarga. Merayakan 55 tahun perjalanan Mitsubishi Motors di Indonesia, kendaraan ini menjadi simbol petualangan kendaraan keluarga modern dan kenyamanan,” jelas Irwan.

    Model modifikasi terakhir yang dipamerkan oleh MMKSI di gelaran GJAW yaitu Xforce. Adapun tema yang diusung yaitu ‘Urban & Sporty’ yang menonjolkan karakter kaum muda yang dinamis.

    “Untuk Xforce kami menampilkan konsep urban and sporty sebuah representasi dari gaya hidup aktif dan dinamis di perkotaan. Dengan tampilan sporty dan berkarakter elegan yang siap menemani berbagai aktivitas penuh gaya dan semangat,” kata Irwan.

    Irwan menyebut special inspirational display ini bukan sekadar pameran modifikasi, tetapi juga visualisasi nyata bagaimana konsumen dapat mengadaptasi tampilan kendaraan mereka sesuai karakter dan kebutuhannya, tanpa mengubah fungsi dan performa asli. Model ini mewakili gaya hidup keluarga yang mengutamakan kenyamanan sekaligus kebanggaan dalam berkendara.

    “Melalui konsep ini kami ingin menunjukkan ’empowering every journey’ bukan hanya slogan, tetapi gaya hidup dalam setiap produk Mitsubishi Motors,” pungkasnya.

    (akn/ega)

  • Mitsubishi Hadirkan Promo Spesial 55 Tahun di Indonesia-GJAW 2025

    Mitsubishi Hadirkan Promo Spesial 55 Tahun di Indonesia-GJAW 2025

    Tangerang

    Produsen ternama asal Jepang, Mitsubishi Motors merayakan 55 tahun kehadirannya di Indonesia. Bertepatan dengan momen ini, PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) juga hadir dalam Gaikindo Jakarta Auto Week (GJAW) 2025.

    Kehadiran MMKSI kali ini bukan sekadar partisipasi tahunan, namun juga bentuk refleksi dari perjalanan panjang, kepercayaan, dan upaya untuk terus memberdayakan setiap perjalanan keluarga Indonesia.

    Melalui tema besar ‘Empowering Every Journey’, MMKSI menghadirkan pengalaman pameran yang menyatukan warisan 55 tahun Mitsubishi Motors, inovasi produk, serta inspirasi gaya hidup pelanggan Indonesia yang dinamis.

    Berlokasi di Hall 10, Booth 10A dengan luas 880 m2, MMKSI menghadirkan konsep booth ‘Reliable Partner for Decades’, di mana seluruh elemen ditampilkan, mulai dari petualangan keluarga, eksplorasi alam, hingga rutinitas perkotaan yang penuh semangat.

    “55 tahun bukan sekadar angka, melainkan kisah kebersamaan yang penuh makna. Melalui GJAW 2025, kami ingin berbagi semangat dan rasa terima kasih kepada seluruh pelanggan, mitra, dan rekan media yang telah menjadi bagian dari perjalanan ini,” jelas Presiden Direktur MMKSI Atsushi Kurita dalam acara GJAW, di Indonesia Convention Exhibiton (ICE) BSD, Kabupaten Tangerang, Jumat (21/11/2025).

    “Komitmen kami adalah untuk terus menghadirkan kendaraan yang andal, aman, dan nyaman bagi keluarga Indonesia, dengan semangat untuk terus memberdayakan setiap perjalanan menuju masa depan yang lebih baik. Booth ini juga kami rancang agar pengunjung dapat merasakan bahwa Mitsubishi Motors bukan hanya produsen kendaraan, tetapi juga mitra dalam menjalani kehidupan sehari-hari,” sambungnya.

    Foto: MMKSI

    Kurita menambahkan MMKSI juga menghadirkan berbagai inspirasi, mulai dari tampilan booth hingga display spesial yang menggambarkan dinamisnya gaya hidup konsumen Indonesia. Semua ini merupakan bagian dari upaya MMKSI untuk memperkuat hubungan emosional dengan pelanggan dan terus beradaptasi dengan kebutuhan mereka.

    Momentum GJAW 2025 juga menjadi ajang istimewa bagi MMKSI untuk menegaskan pencapaian produk terbarunya, Mitsubishi Destinator, yang baru-baru ini meraih penghargaan bergengsi ‘Car of the Year 2025’.

    Penghargaan tersebut menjadi simbol pengakuan atas keunggulan desain, performa, serta teknologi yang diusung Destinator sebagai Premium Family SUV, sekaligus bukti nyata dari upaya MMKSI dalam menghadirkan kendaraan yang sesuai dengan kebutuhan dan aspirasi keluarga modern di Indonesia.

    Booth MMKSI menampilkan ragam model kendaraan yang mewakili berbagai gaya hidup masyarakat Indonesia, dari keluarga muda hingga penjelajah sejati, sekaligus memperlihatkan bagaimana pihaknya terus berevolusi untuk menjadi bagian dari setiap fase kehidupan konsumennya.

    Dalam kesempatan kali ini, akan hadir 6 unit display dari model Mitsubishi Destinator, Xforce, Xpander, Xpander Cross, dan New Pajero Sport, yang dipamerkan di dalam booth. MMKSI juga membuka kesempatan bagi pengunjung untuk merasakan langsung pengalaman berkendara khas Mitsubishi Motors melalui 7 unit kendaraan test drive, yang terdiri dari 3 unit Destinator, 1 unit Xforce, 1 unit Pajero Sport, serta 2 unit Xpander.

    Seluruh persembahan tersebut merupakan upaya MMKSI untuk menghadirkan pengalaman mobilitas yang menyeluruh bagi pelanggan Indonesia, dari performa dan inovasi kendaraan, hingga pengalaman emosional yang lahir dari setiap perjalanan bersama Mitsubishi Motors.

    Booth Mitsubishi Motors di GJAW 2025 dirancang dengan beragam area tematik yang merefleksikan filosofi Empowering Every Journey dan semangat Reliable Partner for Decades. Pengunjung dapat mengeksplor 55th Anniversary LED Interactive yang menampilkan perjalanan panjang Mitsubishi Motors di Indonesia melalui tampilan visual interaktif, Passion to Care Lounge yang merepresentasikan nilai layanan Mitsubishi untuk memberikan kenyamanan dan kepuasan pelanggan.

    Di sini juga disediakan produk dan layanan purna jual (aftersales) Mitsubishi, serta fungsi Mitsubishi Connect untuk kemudahan konsumen.

    Booth MMKSI di GJAW juga menghadirkan Sky Explorer Photo Booth kolaborasi dengan Garuda Indonesia dan Tahilalats. Konsumen bisa merasakan pengalaman ringan dan menyenangkan, serta dealing area yang nyaman untuk bertransaksi.

    Desain booth yang terbuka dan dinamis memberikan ruang bagi pengunjung untuk mengeksplorasi kendaraan secara lebih personal, sekaligus merasakan nilai ‘reliability’ yang menjadi inti dari setiap inovasi Mitsubishi Motors.

    Hadirkan Promo Spesial hingga Layanan Aftersales Foto: MMKSI

    Mitsubishi Motors juga menghadirkan rangkaian program penjualan akhir tahun yang memberikan kemudahan lebih bagi konsumen selama periode GJAW 2025 yaitu 21-30 November 2025.

    Pengunjung dapat menikmati berbagai opsi pembiayaan, mulai dari program down payment (DP) rendah dengan tenor hingga 7 tahun, bunga ringan, program SMART CASH, hingga program spesial ’55th Anniversary’,

    Director of Sales and Marketing Division MMKSI Irwan Kuncoro mengatakan promo ini merupakan bagian dari perayaan 55 tahun perjalanan Mitsubishi Motors bersama masyarakat Indonesia.

    “Dalam kesempatan ini kami menghadirkan beberapa penawaran menarik yang bisa didapatkan oleh pembeli kendaraan Mitsubishi Motors. Penawaran khusus ini berlaku selama momentum perayaan 55 tahun Mitsubishi Motors berlangsung termasuk selama di GJAW 2025 ini,” kata Irwan.

    Beragam keuntungan lainnya juga diberikan, seperti cashback hingga jutaan rupiah untuk pembelian kendaraan penumpang Mitsubishi (S&K berlaku), serta program trade-in bekerja sama dengan DSS Motor khusus area Jabodetabek. Melalui kerja sama ini, konsumen dapat melakukan tukar tambah dengan proses appraisal yang lebih cepat, praktis, dan transparan.

    Tidak hanya dari sisi penjualan, MMKSI juga menghadirkan program aftersales untuk mendukung kebutuhan akan kendaraan yang sehat demi memberikan rasa aman dan nyaman bagi konsumen. Sebagai upaya akan hal tersebut, MMKSI memberikan servis gratis selama 4 tahun/50.000 KM melalui program Mitsubishi SMART Package (MSP) untuk kendaraan penumpang.

    Sedangkan untuk memastikan rasa nyaman dan aman konsumen setelah usai masa MSP, tersedia pula Extended SMART Package (ESP), dengan pilihan yang bervariasi mulai dari satu hingga enam kali servis (1XPM – 6XPM), di mana pada setiap pembelian ESP, konsumen juga akan mendapat perpanjangan masa garansi dan layanan emergency selama satu tahun.

    “Melalui program ini kami ingin menegaskan kembali bahwa Mitsubishi Motors tidak hanya hadir sebagai produsen kendaraan tetapi juga sebagai teman perjalanan jangka panjang yang siap mendampingi setiap pelanggan di setiap kilometer perjalanan mereka,” kata Irwan.

    Selama GJAW 2025 berlangsung, MMKSI memberikan penawaran spesial berupa diskon untuk pembelian genuine accessories sampai dengan 25% serta berbagai macam souvenir menarik.

    Seiring dengan meningkatnya kebutuhan dan preferensi pelanggan terhadap tampilan kendaraan, MMKSI juga menghadirkan rangkaian genuine accessories untuk seluruh line-up produk, mulai dari Xpander hingga All New Pajero Sport.

    Setiap model dilengkapi dengan paket aksesoris yang dirancang untuk mencerminkan karakter, gaya, dan kepribadian berbeda dari masing-masing pelanggan, sehingga mereka dapat mengekspresikan diri melalui kendaraan yang digunakan.

    Selain pilihan aksesoris resmi, MMKSI juga memastikan kemudahan dalam perawatan dan perbaikan kendaraan melalui jaringan bengkel resmi Bodi & Cat yang tersebar di berbagai wilayah di Indonesia. Kehadiran fasilitas ini menjadi upaya untuk memberikan layanan yang lengkap, terpercaya, dan sesuai standar Mitsubishi Motors bagi seluruh konsumen.

    “Ke depan, Mitsubishi Motors akan terus berinovasi, termasuk menghadirkan teknologi elektrifikasi fitur keamanan yang semakin maju serta konektivitas yang lebih modern. Semua ini dilakukan agar kami tetap menjadi pilihan utama keluarga Indonesia di masa mendatang,” pungkasnya.

    Halaman 2 dari 2

    Simak Video “Ini Dia Deretan Kecanggihan Teknologi Mitsubishi Destinator”
    [Gambas:Video 20detik]
    (akn/ega)

  • 55 Tahun di Indonesia, Mitsubishi Motors Gencarkan Penjualan Destinator

    55 Tahun di Indonesia, Mitsubishi Motors Gencarkan Penjualan Destinator

    Tangerang

    PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) memastikan bakal memaksimalkan penjualan Mitsubishi Destinator. Langkah itu dilakukan karena Mitsubishi Destinator tergolong mendapatkan sambutan positif dari pelanggan Indonesia sejak diluncurkan pada GIIAS 2025 lalu.

    “Jadi kita udah akumulasi order (Mitsubishi Destinator) itu udah 12 ribuan,” kata Director of Sales and Marketing Division MMKSI Irwan Kuncoro di acara Gaikindo Jakarta Auto Week (GJAW) 2025, Indonesia Convention Exhibiton (ICE) BSD, Kabupaten Tangerang, Jumat (21/11/2025).

    Foto: (Foto: Andhika Prasetia/detikcom)

    Dari angka 12 ribu tersebut, Irwan mengatakan sudah ada 6 ribu yang terdeliver ke pelanggan. Meskipun begitu, Irwan menargetkan agar 12 ribu order tersebut bisa di deliver seluruhnya pada tahun ini.

    “Yang deliver 6 ribuan, setengahnya lah. Ya kita usahain (bisa ter-deliver semuanya), sekarang sih udah 6 ribuan lah,” ujar Irwan.

    Foto: (Foto: Hana Nushratu/detikcom)

    Sementara itu, Presiden Direktur MMKSI Atsushi Kurita mengatakan kehadiran Mitsubishi Destinator tidak terlepas dari wujud rasa terima kasih Mitsubishi terhadap para pelanggan di Indonesia. Dia mengatakan sudah 55 tahun, Mitsubishi tumbuh bersama Indonesia dan menghadirkan banyak produk-produk.

    “Selama 55 tahun, komitmen kami tetap sama untuk memimpin setiap perjalanan keluarga Indonesia dengan produk kualitas tinggi, perusahaan yang bersemangat, dan pengalaman pelanggan yang menghargai. Visi kami sederhana. Kami ingin model kami memungkinkan keluarga Indonesia untuk mencapai tujuan tertinggi,” jelas Kurita.

    Kurita mengatakan pihaknya juga merancang Mitsubishi Destinator dengan spesial. Pasalnya, mobil anyar tersebut merupakan bagian dari pengembangan SUV premium Mitsubishi.

    “Tahun ini juga merupakan milestone penting dengan penerbangan SUV premium kami, Mitsubishi Destinator. Dibangun secara spesial untuk pelanggan Indonesia dan dikeluarkan dengan bangga di sini, di Indonesia,” tutur Kurita.

    “Model ini menampilkan dedikasi kami Mitsubishi Destinator bukan hanya mobil baru. Ini merupakan hasil 55 tahun kami dalam mencipta mobil yang bergantung yang dapat menangani kondisi yang unik dan menantang di seluruh Indonesia. Respons dari pasar telah melebihi dari semua harapan,” sambungnya.

    Kurita menambahkan kehadiran mobil tersebut juga sebagai upaya dari Mitsubishi untuk memanjakan keluarga Indonesia yang suka berpetualang. Memiliki desain futuristic, mobil ini tetap dibalut dengan dapur pacu dan ornamen-ornamen untuk mendorong semangat petualangan.

    Mitsubishi Destinator mengandalkan mesin berkode 4B40 1.500 cc MIVEC Turbo. Tenaganya mencapai 163 PS (120 kW) dengan torsi maksimal 250 Nm. Tenaga itu disalurkan melalui transmisi CVT. Tidak ada pilihan transmisi manual untuk Mitsubishi Destinator.

    Tidak hanya itu, secara dimensi, Mitsubishi Destinator memiliki panjang 4.680 mm, lebar 1.840 mm, 1.780 mm. Ground clearance-nya sekitar 244 mm. Kehadiran ground clearance setinggi itu membuat mobil tersebut mampu melewati berbagai medan jalan.

    Kurita menambahkan MMKSI juga mengedepankan kenyamanan kepada para pengguna mobil tersebut. Menurut Kurita, upaya untuk memberikan yang terbaik bagi pelanggan Indonesia membuat mobil tersebut mampu meraih predikat ‘Car of the Year 2025’.

    “Cocok bagi mereka yang gemar menjelajah mencintai alam terbuka. Untuk Mitsubishi Destinator kami mengangkat tema ‘premium and touring with family’,” kata Kurita.

    “Ini menggabungkan kemewahan dan kenyamanan dalam berpetualang bersama keluarga,” pungkasnya.

    (akn/ega)

  • KLH Naikkan Status Hukum Kasus Pencemaran TPA Cipeucang Tangsel ke Tahap Penyidikan

    KLH Naikkan Status Hukum Kasus Pencemaran TPA Cipeucang Tangsel ke Tahap Penyidikan

    Liputan6.com, Jakarta – Pemerintah melalui Kementerian Lingkungan Hidup (KLH) menindak tegas pelanggaran lingkungan yang dilakukan oleh pengelola sampah daerah. 

    Dalam langkah terbaru yang mengejutkan banyak pihak, KLH memutuskan untuk meningkatkan status penanganan kasus dugaan pencemaran di Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Cipeucang, Tangerang Selatan (Tangsel) dari tahap penyelidikan menjadi penyidikan. 

    “Ya, sekarang kan sudah ditingkatkan. Sebenarnya TPA Cipeucang itu sudah masuk di dalam penyidikan kita,” kata Menteri Lingkungan Hidup (Menteri LH)  Hanif Faisol Nurofiq dalam pernyataan yang terkonfirmasi di Tangerang, dikutip dari Antara, Kamis (27/11/2025).

    Keputusan ini menjadi sinyal keras bahwa negara tidak lagi mentolerir kelalaian pengelolaan sampah yang berdampak buruk pada ekosistem sungai dan kesehatan masyarakat.

    Hal senada disampaikan Direktur Jenderal Penegakan Hukum (Gakkum) KLH Rasio Ridho Sani. Dia menegaskan, pihaknya telah meningkatkan status penanganan kasus TPA Cipeucang ke tahap penyidikan setelah ditemukan bukti permulaan yang cukup terkait tindak pidana lingkungan. 

    “Peningkatan status ini bukan sekadar administrasi, melainkan langkah hukum pro-justitia yang berarti penyidik kini fokus mencari tersangka yang bertanggung jawab atas kerusakan lingkungan tersebut,” ucap Rasio Ridho.

    TPA Cipeucang selama ini menjadi sorotan tajam karena lokasinya yang berada tepat di bibir Sungai Cisadane, sehingga risiko longsoran sampah dan rembesan air lindi (air sampah) ke badan air utama sangat tinggi.

    Langkah berani KLH ini diambil setelah serangkaian inspeksi mendadak dan pengambilan sampel lingkungan yang menunjukkan adanya parameter pencemaran di luar ambang batas. 

    Pemerintah Pusat menilai bahwa Pemerintah Kota Tangerang Selatan selaku pengelola TPA harus bertanggung jawab penuh atas operasional yang tidak sesuai dengan standar teknis lingkungan (sanitary landfill).

    Jika terbukti bersalah di pengadilan nanti, pihak yang bertanggung jawab dapat dikenakan sanksi pidana berlapis sesuai Undang-Undang Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup (UU PPLH), yang mencakup denda miliaran rupiah hingga hukuman penjara. 

    Ini adalah momen krusial bagi penegakan hukum lingkungan di Indonesia, di mana TPA tidak boleh lagi dikelola secara asal-asalan (open dumping) yang membahayakan hajat hidup orang banyak.

    RDF, Mesin Pengubah Sampah Jadi Batubara Berkapasitas 600 Ton di Cilacap

  • Lexus Kuasai Pasar Mobil Hybrid Mewah di RI, Segini Penjualannya

    Lexus Kuasai Pasar Mobil Hybrid Mewah di RI, Segini Penjualannya

    Jakarta

    Lexus hanya menjual mobil elektrifikasi di Indonesia saat ini. Penjualan model hybrid mendominasi.

    Total penjualan mobil hybrid wholesales yang tercatat Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) sepanjang Januari-Oktober 2025 mencapai 51.566 unit. Lexus sebagai brand premium mencatat penjualan sebanyak 1.278 unit. Ini menunjukkan Lexus memimpin pangsa pasar premium mobil mewah teknologi hybrid.

    Sebenarnya Lexus juga menjual teknologi elektrifikasi lain seperti Battery Electric Vehicles (BEV) dan Plug in Hybrid Electric Vehicles (PHEV), tapi penjualannya tidak sebesar hybrid. Sebagai pembanding, Lexus hanya menjual 33 unit mobil PHEV sepanjang Januari-Oktober 2025.

    Apa alasannya masyarakat Indonesia lebih memilih hybrid ketimbang PHEV?

    “Apa sih yang menjadi reason to purchase atau pemilihan customer terhadap hybrid? Itu yang pertama adalah flexibility,” kata Ima Nurbani Rahmah, General Manager Lexus Indonesia di ICE BSD City, Tangerang, Senin (24/11/2025).

    “Kemudian performance juga lebih kedap, vibration-nya lebih rendah gitu ya. Sama tentunya economical. Functional-nya juga bisa lebih efisien seperti itu,” jelas Ima.

    Bicara model terlaris, Lexus LM masih mendominasi penjualan. LM350h menjadi yang terlaris dengan total penjualan 895 unit. Model terlaris kedua ialah Lexus RX350h dengan capaian 221 unit.

    Anggapan mobil miliaran rupiah selalu dibeli secara tunai (cash) ternyata tidak mutlak benar, bahkan untuk sekelas brand mewah Lexus. Para konsumen Lexus mayoritas lebih memilih memutar uangnya untuk modal.

    “50-60 persen (pembelian Lexus) itu kredit. Tapi memang kreditnya agak beda mungkin kalau dibandingkan yang mass brand gitu ya,” kata Ima.

    Meskipun memilih skema kredit, konsumen Lexus ini didominasi oleh kalangan yang secara finansial sudah matang, yaitu para pengusaha atau eksekutif tingkat tinggi. Menurut Ima, pilihan kredit ini bukanlah karena masalah keterbatasan dana, melainkan bagian dari strategi finansial.

    Berikut ini data penjualan mobil hybrid Lexus sepanjang Januari-Oktober 2025:

    Lexus LM: 905 unitLexus ES300h: 22 unitLexus LS500h: 1 unitLexus LC500h: 1 unitLexus LBX Luxury: 24 unitLexus LBX Sport: 8 unitLexus NX350h: 46 unitLexus UX300h: 1 unitLexus RX350h: 221 unitLexus RX500h: 15 unitLexus LX700h: 34 unit

    (riar/rgr)