kab/kota: Surabaya

  • KAI Commuter Salurkan Hewan Kurban di 18 Titik Jalur Rel untuk Cegah Vandalisme
                
                    
                        
                            Megapolitan
                        
                        6 Juni 2025

    KAI Commuter Salurkan Hewan Kurban di 18 Titik Jalur Rel untuk Cegah Vandalisme Megapolitan 6 Juni 2025

    KAI Commuter Salurkan Hewan Kurban di 18 Titik Jalur Rel untuk Cegah Vandalisme
    Tim Redaksi
    JAKARTA, KOMPAS.com –
    Dalam rangka perayaan
    Idul Adha 2025
    yang jatuh pada Kamis (5/6/2025),
    KAI Commuter
    menyalurkan hewan kurban di 18 lokasi yang tersebar di seluruh wilayah operasional perusahaan, mulai dari Jabodetabek hingga Surabaya.
    Kegiatan ini tidak hanya ditujukan untuk membantu masyarakat yang tinggal di sekitar jalur rel, tetapi juga sebagai bagian dari upaya menekan potensi aksi vandalisme seperti pelemparan kereta dan perusakan fasilitas perkeretaapian.
    Langkah tersebut merupakan bagian dari strategi berkelanjutan KAI Commuter dalam menjaga keselamatan perjalanan serta meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya keberadaan jalur rel kereta api.
    “Di sisi lain juga berharap bisa mencegah tindakan vandalisme terhadap sarana dan prasarana kereta api, termasuk aksi pelemparan kereta,” ujar Manager Public Relations KAI Commuter, Leza Arlan, Jumat (6/6/2025).
    Leza menjelaskan,
    penyaluran hewan kurban
    dilakukan secara langsung oleh jajaran direksi di lokasi-lokasi yang telah ditentukan. Sasaran utamanya adalah masyarakat yang tinggal di sekitar jalur rel.
    “Pada Hari Raya Idul Adha tahun ini, KAI Commuter menyalurkan hewan kurban di 18 lokasi yang tersebar di sekitar jalur rel di seluruh wilayah operasional kami,” jelasnya.
    Ia menambahkan, inisiatif ini tidak hanya sebagai bentuk kepedulian pada hari besar umat Islam, tetapi juga mencerminkan komitmen perusahaan dalam membangun hubungan yang harmonis dengan masyarakat sekitar.
    “Program TJSL KAI Commuter tidak hanya merupakan bagian dari tanggung jawab korporasi, tetapi juga merupakan strategi berkelanjutan untuk mendukung pencapaian Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDGs), khususnya dalam aspek sosial dan ekonomi,” tambah Leza.
    Adapun distribusi hewan kurban dilakukan di lima titik di wilayah Jabodetabek, lima titik di Surabaya, lima titik di Bandung, dan dua titik di Yogyakarta.
     
    Copyright 2008 – 2025 PT. Kompas Cyber Media (Kompas Gramedia Digital Group). All Rights Reserved.

  • KAI Commuter Salurkan Hewan Kurban ke Warga Sekitar Jalur Rel
                
                    
                        
                            Megapolitan
                        
                        6 Juni 2025

    KAI Commuter Salurkan Hewan Kurban ke Warga Sekitar Jalur Rel Megapolitan 6 Juni 2025

    KAI Commuter Salurkan Hewan Kurban ke Warga Sekitar Jalur Rel
    Tim Redaksi
     
     
    JAKARTA, KOMPAS.com –

    KAI Commuter
    menyalurkan
    hewan kurban

    Idul Adha 2025
    ke warga sekitar jalur rel.
    Kegiatan dilakukan melalui program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL).
    “Pada Hari Raya Idul Adha tahun ini, KAI Commuter menyalurkan hewan kurban di 18 lokasi yang tersebar di sekitar jalur rel di seluruh wilayah operasional kami,” kata Manager Public Relations KAI Commuter, Leza Arlan dalam keterangannya, Jumat (6/6/2025).
    Leza menambahkan, penyerahan hewan kurban dilakukan langsung oleh jajaran Direksi KAI Commuter. Hal ini wujud komitmen KAI memberikan manfaat nyata bagi masyarakat, khususnya yang berada di sekitar jalur rel.
    “Program TJSL KAI Commuter tidak hanya merupakan bagian dari tanggung jawab korporasi, tetapi juga merupakan strategi berkelanjutan untuk mendukung pencapaian Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDGs), khususnya dalam aspek sosial dan ekonomi,” ujar Leza.
    Penyerahan hewan kurban tersebut dilakukan di lima lokasi di wilayah
    Jabodetabek
    , lima lokasi di wilayah Bandung, dua lokasi di wilayah Yogyakarta, dan lima lokasi di wilayah Surabaya. 
    Setelah itu, akan dilakukan penyembelihan dan distribusi daging kurban kepada warga sekitar jalur rel di wilayah operasional KAI Commuter.
    Kegiatan ini juga diharapkan bisa mencegah tindakan vandalisme terhadap sarana dan prasarana kereta api.
    KAI juga menyosialisasikan pentingnya keselamatan dan keamanan perjalanan kereta api kepada warga sekitar jalur rel. 
    “Kami berharap kegiatan TJSL ini dapat membantu masyarakat duafa, di sisi lain juga berharap bisa mencegah tindakan vandalisme termasuk aksi pelemparan kereta,” ujar Leza.
     
    Copyright 2008 – 2025 PT. Kompas Cyber Media (Kompas Gramedia Digital Group). All Rights Reserved.

  • Yang Tua dan Masih Mempesona di Java Jazz Festival 2025

    Yang Tua dan Masih Mempesona di Java Jazz Festival 2025

    JAKARTA – Java Jazz Festival (JJF) telah bertransformasi menjadi festival musik yang lebih dekat dengan anak muda ketimbang para pecinta musik jazz klasik. Namun bukan berarti gelaran ini meninggalkan para musisi lawas begitu saja.

    Di samping penampilan Jacob Collier, Raye, dan Jesus Molina yang membius penonton, perayaan Java Jazz Festival ke-20 yang digelar di JIExpo Kemayoran, Jakarta Pusat akhir pekan lalu juga menampilkan musisi yang terkenal dari abad lalu, seperti Lee Ritenour dan Shakatak.

    Lee Ritenour memang membawakan rilisan barunya, seperti “Cravo e Canela” dari album “Brasil” (bersama Dave Grusin – 2024), namun yang menjadi favorit penonton tetaplah nomor-nomor seperti “Etude”, “Captain Fingers”, dan “It It You”.

    “Kami punya permintaan besar dari Java (Jazz Festival) agar saya membawakan lagu lama berjudul ‘Is It You’,” kata Lee Ritenour, saat mengatakan kepada penonton bahwa promotor memintanya membawakan lagu-lagu lama.

    Penampilan Lee Ritenour malam itu dihadiri ribuan penonton yang memenuhi ruangan. Menjadi lebih spesial karena Peter Gontha selaku penggagas JJF muncul lebih dulu untuk menyambut kehadiran sang gitaris ke atas panggung.

    “Saya ingin mengambil kesempatan ini untuk secara pribadi mengundang Lee Ritenour untuk naik panggung,” kata Peter yang muncul dari belakang panggung kepada penonton.

    “Saya memberi tahu penonton bahwa Anda adalah salah satu artis yang selalu mendukung Indonesia sejak awal,” kata Peter lagi kepada Ritenour. “Saya telah memberi tahu penonton bahwa Anda tidak berada di sini pada awal Java Jazz, tetapi Anda berada di sini sebelum Java Jazz dimulai. Anda telah bermain di The Jakarta Jazz Festival, Anda bermain di Ancol, Jamz Club di Blok M, dan Anda bermain di banyak tempat di Indonesia, di Surabaya dan Bandung.”

    Peter pun menyampaikan terima kasihnya kepada Ritenour yang sudah bersedia kembali tampil di JJF.

    “Terima kasih banyak Lee Ritenour. Lihatlah penonton, orang-orang di ruangan ini adalah orang-orang jazz sejati, orang-orang ini akan mencintai Anda selamanya, dan saya berterima kasih banyak atas dukungan Anda terhadap negara kami. Terima kasih banyak telah kembali lagi,” ujarnya.

    Tidak hanya Lee Ritenour yang penampilannya mengundang banyak penonton. Shakatak, band asal Inggris yang dikenal dengan musiknya yang funky juga mendapat sambutan serupa. Lagu-lagu seperti “Night Birds”, “Dark Is the Night”, “Easier Said Than Done”, hingga “Day By Day” membuat seisi ruangan bernyanyi bersama – tidak hanya untuk lirik lagu, tapi juga melodi catchy dari kibor dan instrumen lain.

    Lagu dan melodi lawas nyatanya masih menjadi daya tarik tersendiri bagi penonton JJF 2025. Penampilan band cover The Stevie Wonder Celebration juga dihadiri banyak penonton. Meski tahu bukan Stevie Wonder yang ada di panggung, mereka tetap ikut melantunkan setiap lirik dari lagu-lagu hits seperti “Isn’t She Lovely”, “Signed, Sealed, Delivered”, “Sir Duke”, “Don’t You Worry ‘Bout A Thing”, “Higher Ground”, “Superstition”, “Master Blaster (Jammin’)”, “For Once In My Life”, hingga “I Wish”.

    Di samping para artis luar negeri, penampilan dari Kris Dayanti, Danilla, Bilal Indrajaya, dan Adikara yang membawakan tribute untuk Titiek Puspa serta Dira Sugandi yang membawakan tribute untuk “queen of soul” juga jadi magnet tersendiri di JJF 2025.

    Meski berasal dari abad berbeda, penampilan yang membawakan lagu-lagu lama nyatanya tidak hanya menarik minat dari mereka yang sudah paruh baya dan lebih tau, namun juga kalangan muda hingga remaja.

  • PT Pos Indonesia Ikut Ajang UPU Innovation Challenge 2025

    PT Pos Indonesia Ikut Ajang UPU Innovation Challenge 2025

    Surabaya (beritajatim.com) – PT Pos Indonesia (Persero) kembali menegaskan kiprahnya di kancah internasional dengan berpartisipasi dalam ajang bergengsi UPU Innovation Challenge 2025 yang mengusung tema ‘Unlocking The Power of Hyper-Collaboration’.

    Forum ini menitikberatkan pada inovasi reverse logistics dalam mendukung circular economy, khususnya pengelolaan limbah elektronik (e-waste management).

    Dua perwakilan PT Pos Indonesia (Persero), Def Afuww Wildan Everest (Assistant Manager of Freight Forwarding – Logistic Operation) dan Verayanti Corellina Simanullang (Jr. Analyst 3 Solution & Partnership – Enterprise Business), mendapat kehormatan terpilih langsung oleh Universal Postal Union (UPU) untuk tidak hanya hadir sebagai peserta, tetapi juga menjadi bagian dari working group internasional.

    Kelompok kerja ini beranggotakan operator pos dari berbagai negara yang berkolaborasi menyusun langkah konkret pemanfaatan infrastruktur jaringan pos untuk mengelola e-waste secara berkelanjutan.

    Keikutsertaan PT Pos Indonesia (Persero) merupakan langkah strategis dalam mengembangkan sistem reverse logistics yang mampu mendukung pengumpulan dan penanganan limbah elektronik di Indonesia.

    Menurut laporan The Global Waste Monitor 2024 yang dirilis United Nations Institute for Training and Research (UNITAR), total e-waste global pada 2022 mencapai 62 juta ton. Di kawasan ASEAN, e-waste mencapai 4,4 juta ton pada tahun yang sama, dengan Indonesia sebagai penyumbang terbesar sebesar 1,9 juta ton.

    Besarnya angka ini menjadikan Indonesia sebagai pasar sekaligus aktor penting dalam solusi e-waste management global. UPU memandang potensi besar Indonesia untuk mengambil peran sentral, dan mendorong PT Pos Indonesia (Persero) sebagai pelopor dalam integrasi jaringan logistik nasional untuk sistem pengelolaan limbah yang lebih ramah lingkungan.

    “Dengan kepercayaan yang diberikan oleh UPU dan semangat kolaborasi lintas negara, PT Pos Indonesia (Persero) siap mengambil peran strategis dalam mendukung circular economy. Kami yakin, sinergi antara jaringan logistik, teknologi, pemerintah, serta berbagai pemangku kepentingan adalah kunci menciptakan dampak nyata bagi lingkungan dan masyarakat,” ujar Def Afuww Wildan Everest selaku assistant Manager of Freight Forwarding – Logistic Operation.

    Melalui partisipasi aktif dalam UPU Innovation Challenge 2025, PT Pos Indonesia (Persero) meneguhkan komitmennya terhadap agenda keberlanjutan global, sejalan dengan transformasi digital dan visi layanan masa depan perusahaan yang inklusif, inovatif, dan berdampak. [tok/aje]

  • Libur Panjang Idul Adha, 37 Bandara InJourney Diramal Dipadati 2,7 Juta Penumpang – Page 3

    Libur Panjang Idul Adha, 37 Bandara InJourney Diramal Dipadati 2,7 Juta Penumpang – Page 3

    Liputan6.com, Jakarta – Libur panjang Idul Adha  2025 diproyeksikan mendorong peningkatan jumlah penumpang pesawat di 37 Bandara yang dikelola oleh PT Angkasa Pura Indonesia, atau InJourney Airports.

    Adapun InJourney Airports saat ini mengelola 37 bandara di Indonesia. Termasuk 5 bandara tersibuk, yakni Soekarno-Hatta Tangerang, I Gusti Ngurah Rai Bali, Juanda Surabaya, Sultan Hasanuddin Makassar dan Kualanamu Deli Serdang.

    InJourney Airports memperkirakan, pada periode pemantauan libur panjang Iduladha pada 5-10 Juni 2025, jumlah penumpang pesawat di 37 bandara secara kumulatif dapat mencapai 2,71 juta penumpang. Meningkat sekitar 8 persen dibandingkan dengan periode libur Iduladha tahun lalu sebanyak 2,52 juta penumpang.

    Jumlah penumpang pesawat tertinggi diprediksi pada 5 Juni 2025 mencapai sekitar 500 ribu penumpang. Sedangkan puncak setelah Iduladha diperkirakan pada 9 Juni dengan sekitar 450 ribu penumpang.

    Sementara itu, untuk pergerakan pesawat diprediksi mencapai sekitar 20 ribu penerbangan atau naik 5,25 persen.

    “Peningkatan jumlah penumpang pesawat antara lain didorong hari libur Iduladha yang berdekatan dengan akhir pekan kemudian berlanjut adanya cuti bersama,” ujar Wakil Direktur Utama InJourney Airports Achmad Syahir, Jumat (6/6/2025).

     

  • BHS Lakukan Kurban, Dibagikan Buat Siapa Saja?

    BHS Lakukan Kurban, Dibagikan Buat Siapa Saja?

    Sidoarjo (beritajatim.com) – Anggota Komisi VII DPR RI Bambang Haryo Soekartono (BHS) bagikan ribuan paket daging kurban yang sudah dikemas dibagikan kepada warga yang berhak, mulai sopir angkot, petani, nelayan, tukang becak hingga driver ojek online (ojol), relawan dan Korcam BHS Peduli se Sidoarjo.

    Perayaan Idul Adha 1446 H dinilainya kurang lengkap tanpa adanya penyembelihan hewan kurban, semoga dengan pembagian daging hewan kurban ini dapat bermanfaat bagi yang berhak menerima.

    Pembagian ribuan paket daging kurban itu berasal dari 30 ekor sapi kurban yang disembelih di wilayah Surabaya dan Sidoarjo tempat daerah pemilihan (dapil) yang mengantarkannya terpilih sebagai wakil rakyat di pusat.

    Untuk sapi yang disembelih di wilayah Surabaya ada sebanyak 21 ekor sapi. Untuk penyembelihan sapi di Sidoarjo, ada 9 ekor. Bobot sapi yang ada rata-rata kisaran 1 ton.

    “Pendistribusian tentu untuk mereka yang membutuhkan, terutama petani, nelayan, pengemudi becak, bemo dan masyarakat yang membutuhkan lainnya,” ucapnya saat di kantor Media Center BHS Peduli di Jalan Diponegoro Sidoarjo Jumat (6/7/2025).

    BHS menjelaskan pembagian daging kurban di momen Idul Adha ini merupakan kegiatan rutin tahunan yang dilakukannya. Dengan adanya kurban ini dirinya bisa berbagi sedikit keberkahan untuk warga Surabaya dan Sidoarjo.

    “Tentu harapannya kegiatan BHS Peduli ini bermanfaat untuk masyarakat secara luas,” imbuh Penasihat Utama PT Dharma Lautan Utama itu.

    Sebelum penyembelihan dan pembagian daging kurban, politisi Partai Gerindra itu menyempatkan berdialog dengan perwakilan sopir angkot, nelayan, petani, tukang becak, hingga ojol.

    Melalui kegiatan ini, BHS menegaskan komitmennya untuk terus hadir di tengah masyarakat dan memberikan kontribusi nyata, tidak hanya di bidang legislasi, tetapi juga aksi sosial yang langsung dirasakan warga. [isa/aje]

  • Kenapa Susah BAB Sehabis Makan Daging? Ini Penyebab dan Cara Mengatasinya

    Kenapa Susah BAB Sehabis Makan Daging? Ini Penyebab dan Cara Mengatasinya

    Jakarta

    Pada saat hari raya Idul Adha, seseorang akan lebih banyak mengkonsumsi daging merah, baik daging kambing maupun daging sapi. Akibatnya, keluhan pada kesehatan yang sering muncul adalah konstipasi atau sembelit.

    Sembelit merupakan kondisi saat seseorang kesulitan dalam buang air besar (BAB), feses menjadi keras, dan mengejan berlebihan saat proses BAB.

    Dokter spesialis penyakit dalam dari Mayapada Hospital Jakarta Selatan, dr Ray Rattu, SpPD, juga membenarkan hal tersebut. Menurutnya, daging memang bukan makanan yang ideal bagi pengidap sembelit lantaran sulit dicerna dengan baik.

    “Yang kita minta adalah mengkonsumsi serat yang banyak atau makanan yang gampang untuk dicerna, tidak perlu sampai dicerna di usus bagian bawah,” imbuhnya saat berbincang dengan detikcom, Selasa (28/5/2025).

    Daging memang kaya protein. Namun jika dikonsumsi berlebihan tanpa disertai asupan sayur atau buah, kerja usus menjadi lebih berat dan melambat. Akibatnya, sisa makanan sulit terdorong keluar dan dapat menyebabkan sembelit.

    Karenanya, dr Ray menyarankan agar konsumsi daging diimbangi dengan makanan tinggi serat seperti sayuran dan buah-buahan, serta cukup minum air putih.

    “Jadi memang daging itu tidak disarankan untuk pasien-pasien yang mengalami gangguan pasase dari saluran cerna,” imbuh dr Ray.

    “Ya, harus diikuti dengan makan serat dan minum air yang cukup untuk melancarkan passage atau perjalanan makanan yang dicerna di saluran cerna,” sambungnya lagi.

    Senada, Dosen Fakultas Ilmu Kesehatan (FIK) UM Surabaya Ira Purnamasari, mengatakan daging merah mengandung tinggi lemak yang membuat sistem pencernaan membutuhkan waktu yang lebih lama dalam proses mencerna makanan.

    Selain itu, daging merah juga mengandung serat protein yang keras dan zat besi yang tinggi sehingga mengakibatkan feses menjadi lebih keras dan menggumpal.

    “Kondisi tersebut mengakibatkan usus harus bekerja lebih ekstra dalam mengeluarkan feses,”ujar Ira, dikutip dari laman resmi UM Surabaya.

    NEXT: Tips mengatasinya

    Oleh karena itu, asupan daging dalam jumlah banyak pada dasarnya tidak disarankan bagi pengidap gangguan saluran cerna. Kalaupun mau tetap ikut menikmati, penting untuk diimbangi dengan asupan buah dan sayuran.

    “Ya, harus diikuti dengan makan serat dan minum air yang cukup untuk melancarkan passage atau perjalanan makanan yang dicerna di saluran cerna,” saran dr Ray.

    Salah satu buah yang disarankan untuk mengatasi susah BAB alias sembelit adalah pepaya. Selain itu, sayuran hijau dan makanan tinggi probiotik seperti tempe juga disarankan untuk membantu melancarkan BAB.

    Simak Video “Video: Jangan Panaskan Masakan Daging Berulang-ulang! Bisa Picu Risiko Kesehatan”
    [Gambas:Video 20detik]

  • Cacing Hati Ancam Kualitas Daging Kurban, Ini Kata Dokter Hewan

    Cacing Hati Ancam Kualitas Daging Kurban, Ini Kata Dokter Hewan

    Surabaya, Beritasatu.com – Di tengah semarak perayaan Iduladha, penyakit cacing hati atau distomatosis mengintai menjadi ancaman kesehatan karena dapat menurunkan kualitas daging kurban dan berisiko bagi kesehatan jika daging terkontaminasi tersebut dikonsumsi oleh manusia.

    Distomatosis merupakan infeksi parasit yang menyerang organ hati hewan ternak seperti sapi dan kambing. Penyakit ini disebabkan oleh cacing trematoda, salah satunya fasciola hepatica, yang dapat merusak hati dan mengganggu fungsi pencernaan.

    Dokter hewan, drh Aditya Yudhana, menyebutkan distomatosis berdampak besar pada kualitas produksi ternak, terutama sapi karena infeksi cacing ini menyebabkan penyerapan nutrisi dari tubuh inang berkurang secara signifikan.

    “Cacing hati merupakan endoparasit yang menyerap nutrisi dari dalam tubuh inang. Semakin banyak jumlah cacingnya, semakin besar pula nutrisi yang hilang hingga menyebabkan malnutrisi,” jelas drh Aditya di Surabaya, Jumat (6/6/2025).

    Berkurangnya nutrisi pada hewan sapi, dikatakan drh Aditya, menyebabkan penurunan produksi susu. Sementara pada sapi potong, bobot daging yang dihasilkan akan menurun drastis, sehingga mempengaruhi nilai ekonomi hewan tersebut.

    Lebih lanjut drh Aditya Yudhana mengatakan, masyarakat tidak perlu khawatir. Daging sapi yang berasal dari hewan terinfeksi cacing fasciola tetap aman dikonsumsi karena parasit tersebut tidak hidup di jaringan otot atau daging.

    Penularan hanya terjadi jika manusia mengonsumsi tumbuhan atau sayuran yang terkontaminasi larva cacing (metacercaria) dan tidak diolah dengan benar.

    Oleh karena itu, masyarakat diimbau untuk mengolah makanan dengan benar sehingga higienis untuk dikonsumsi.

    “Cacing ini menempel di saluran empedu di dalam hati, bukan di daging. Bahkan jika cacing dewasa tidak sengaja termakan, tidak akan menyebabkan infeksi pada manusia,” ujarnya.

  • Tiket pada sembilan KA dari Daop 2 Bandung dapat diskon 30 persen

    Tiket pada sembilan KA dari Daop 2 Bandung dapat diskon 30 persen

    Bandung (ANTARA) – PT KAI Daerah Operasi (Daop) 2 Bandung mengungkapkan tiket pada beberapa nomor perjalanan di sembilan KA dari wilayahnya, mendapatkan diskon 30 persen dari awal Juni hingga Juli 2025.

    “Diskon tarif ini berlaku untuk pembelian tiket mulai 5 Juni hingga 31 Juli 2025, untuk periode keberangkatan pada periode tanggal yang sama. Tiket diskon dapat diperoleh melalui seluruh kanal penjualan resmi KAI,” kata Manajer Humas KAI Daop 2 Bandung Kuswardojo di Bandung, Kamis.

    Kuswardojo mengungkapkan diskon tarif sebesar 30 persen di wilayah Daop 2 Bandung, untuk KA ekonomi non subsidi yang terdiri dari KA 171–172 Ciremai (Bandung – Semarang Tawang via Cikampek PP).

    Kemudian KA 95–96, 99–100 Harina (Bandung – Surabaya Pasarturi via Cikampek PP), KA 77–80 Lodaya (Bandung – Solo Balapan PP), dan KA 71–72 Mutiara Selatan (Bandung – Surabaya Gubeng PP).

    Lalu, KA 67 – 70 Malabar (Bandung – Malang PP), KA 127–128 Pangandaran (Banjar – Gambir PP), dan KA 129–130 Papandayan (Garut – Gambir PP).

    Juga, KA 131, 134–136 Parahyangan (Bandung – Gambir PP), serta KA 275–276 Pasundan (Kiaracondong – Surabaya Gubeng PP).

    Kuswardojo mengungkapkan program ini, selain dalam rangka meningkatkan minat masyarakat menggunakan transportasi kereta api sebagai moda pilihan utama, juga sebagai salah satu bentuk dukungan dalam pergerakan masyarakat, serta mendorong pertumbuhan ekonomi nasional.

    “Program ini kami harapkan dapat memberikan kemudahan pada masyarakat dalam melakukan mobilitas, khususnya selama periode liburan pertengahan tahun dengan impact mendorong pertumbuhan ekonomi melalui transportasi,” ujar Kuswardojo.

    Diskon ini, kata Kuswardojo, dengan ada syarat dan ketentuan yang harus diikuti yakni hanya berlaku untuk pembelian tiket pada tanggal 5 Juni sampai 31 Juli 2025 dengan keberangkatan di periode tanggal yang sama (5 Juni sampai 31 Juli 2025).

    Diskon tidak berlaku untuk tarif khusus dan tidak dapat digabung dengan reduksi maupun diskon lainnya.

    “Tiket dengan tarif diskon dapat dibatalkan atau diubah jadwal sesuai aturan yang berlaku,” ucapnya.

    Sebelumnya, Pemerintah menyediakan diskon layanan transportasi selama liburan sekolah, pada Juni-Juli 2025, dalam upaya untuk mendorong peningkatan kunjungan wisatawan Nusantara ke objek-objek wisata domestik.

    Sebagaimana dikutip dalam keterangan pers kementerian di Jakarta, Rabu (4/6), Menteri Pariwisata Widiyanti Putri Wardhana menyampaikan bahwa pergerakan wisatawan Nusantara biasanya meningkat signifikan semasa liburan sekolah.

    “Libur sekolah menjadi salah satu momen yang ditunggu oleh pelaku usaha pariwisata dalam meningkatkan penjualan, selain libur mudik Lebaran serta libur Natal dan tahun baru,” katanya.

    Pewarta: Ricky Prayoga
    Editor: Adi Lazuardi
    Copyright © ANTARA 2025

    Dilarang keras mengambil konten, melakukan crawling atau pengindeksan otomatis untuk AI di situs web ini tanpa izin tertulis dari Kantor Berita ANTARA.

  • KAI catat okupansi keberangkatan libur Idul Adha capai 130 persen

    KAI catat okupansi keberangkatan libur Idul Adha capai 130 persen

    Jakarta (ANTARA) – PT Kereta Api Indonesia (Persero) mencatat okupansi keberangkatan jelang libur Idul Adha 2025 mencapai 130 persen, dengan 218.473 pelanggan terlayani dari total kapasitas 168.043 kursi pada Kamis, 5 Juni 2025.

    “Angka ini mencerminkan antusiasme tinggi masyarakat. Dengan sistem naik turun penumpang di berbagai stasiun sepanjang perjalanan, satu kursi dapat digunakan lebih dari satu pelanggan dalam sehari,” ujar Vice President Public Relations KAI Anne Purba dalam keterangan di Jakarta, Jumat.

    Secara akumulatif, lanjut Anne, hingga Jumat (6/6) pukul 07.00 WIB, penjualan tiket untuk periode 5–9 Juni 2025 mencapai 681.363 tiket, atau setara 80 persen dari total kapasitas kursi yang disediakan sebanyak 850.937 kursi.

    Secara total, Kereta Api Jarak Jauh (KAJJ) melayani 597.614 pelanggan dari kapasitas 710.416 kursi (okupansi 84 persen), sedangkan KA Lokal melayani 83.749 pelanggan dari kapasitas 140.521 kursi (okupansi 60 persen).

    Ia mengimbau masyarakat untuk merencanakan perjalanan sejak dini dan membeli tiket hanya melalui kanal resmi seperti aplikasi Access by KAI atau situs booking.kai.id, guna menghindari kehabisan tiket pada relasi favorit.

    Ia menyebutkan 10 Stasiun Keberangkatan tertinggi per 6 Juni 2025 pertama Stasiun Pasarsenen capai 105.996 pelanggan; Gambir 49.941 pelanggan; Surabaya Pasar Turi 43.502 pelanggan; Ketapang 37.878 pelanggan

    Selanjutnya, Solo Balapan 34.933 pelanggan; Surabaya Gubeng 33.088 pelanggan; Semarang Tawang Bank Jateng 31.351 pelanggan; Malang 29.272 pelanggan; Bandung 25.075 pelanggan; dan Purwokerto sebanyak 23.037 pelanggan.

    Sebagai tambahan stimulus selama masa liburan, KAI menghadirkan program diskon 30 persen untuk KA Ekonomi non-subsidi (non-PSO), berlaku untuk pemesanan dan keberangkatan hingga 31 Juli 2025. Diskon tersedia di lebih dari 100 perjalanan dan dapat diakses melalui seluruh kanal resmi.

    “KAI berkomitmen untuk terus memberikan layanan transportasi yang aman, tepat waktu, dan dapat diandalkan. Kami juga mengajak seluruh pelanggan untuk senantiasa menjaga keselamatan dan kenyamanan selama perjalanan,” kata Anne.

    Pewarta: Muhammad Harianto
    Editor: Adi Lazuardi
    Copyright © ANTARA 2025

    Dilarang keras mengambil konten, melakukan crawling atau pengindeksan otomatis untuk AI di situs web ini tanpa izin tertulis dari Kantor Berita ANTARA.