kab/kota: Surabaya

  • Evakuasi KA anjlok, KAI Daop 1 Jakarta kerahkan 200 pekerja

    Evakuasi KA anjlok, KAI Daop 1 Jakarta kerahkan 200 pekerja

    Jakarta (ANTARA) – PT Kereta Api Indonesia (Persero) Daerah Operasi 1 Jakarta mengerahkan sebanyak 200 pekerja untuk mengevakuasi rangkaian KA Argo Bromo Anggrek relasi Surabaya Pasar Turi-Gambir yang anjlok di wilayah Daop 3 Cirebon pada Jumat (1/8) sore.

    Hingga pukul 09.55 WIB pada Sabtu, jalur kereta api (KA) di Peganden Baru dinyatakan telah dapat dilalui kembali. KA pertama yang melintas adalah KA 14 Argo Lawu relasi Gambir-Solo Balapan pada pukul 10.57 WIB, disusul oleh KA 32 Pandalungan relasi Gambir-Jember.

    “KAI terus berkomitmen menjaga keselamatan dan kenyamanan perjalanan kereta api,” kata Manager Humas PT KAI Daerah Operasi (Daop) 1 Jakarta, Ixfan Hendriwintoko di Jakarta.

    Dia menjelaskan bahwa seluruh upaya perbaikan dan pemulihan layanan dilakukan dengan mengutamakan aspek keselamatan serta kelancaran operasional.

    Ixfan juga mengatakan, pihaknya menyampaikan permohonan maaf atas pembatalan dan keterlambatan perjalanan KA yang dialami pelanggan.

    Bagi pelanggan yang terdampak, proses pengembalian uang tiket (refund) atau mengubah jadwal perjalanan dapat dilakukan di loket pembatalan stasiun keberangkatan dengan batas waktu maksimal 7×24 jam dari jadwal keberangkatan yang tertera pada tiket.

    Adapun perjalanan KA yang dibatalkan pada Sabtu antara lain:

    Keberangkatan (Genap):

    1. KA 2 Argo Bromo Anggrek (Gambir-Surabaya Pasar Turi)

    2. KA 6 Argo Semeru (Gambir-Surabaya Gubeng)

    3. KA 16 Argo Dwipangga (Gambir-Solo Balapan)

    4. KA 20 Argo Muria (Gambir-Semarang Tawang)

    5. KA 26 Argo Merbabu (Gambir-Semarang Tawang)

    6. KA 40 Sembrani (Gambir-Surabaya Pasar Turi)

    7. KA 50F Purwojaya (Gambir-Cilacap via Kroya)

    8. KA 74 Fajar Utama Solo (Pasar Senen-Solo Balapan)

    9. KA 106 Gajahwong (Pasar Senen-Lempuyangan)

    10. KA 110 Fajar Utama Yogyakarta (Pasar Senen-Yogyakarta)

    11. KA 114 Sawunggalih (Pasar Senen-Kutoarjo)

    12. KA 132 Parahyangan (Gambir-Bandung)

    13. KA 138 Parahyangan (Gambir-Bandung)

    14. KA 144 Madiun Jaya (Pasar Senen-Madiun)

    15. KA 178 Tawang Jaya Premium (Pasar Senen-Semarang Tawang)

    16. KA 7006 Batavia (Gambir-Solo Balapan)

    17. KA 46 Taksaka (Gambir-Yogyakarta)

    18. KA 166 Dharmawangsa (Pasar Senen-Surabaya Pasar Turi)

    19. KA 282 Bengawan (Pasar Senen-Purwosari)

    20. KA 272 Airlangga (Pasar Senen-Surabaya Pasar Turi)

    21. KA 284 Serayu (Pasar Senen-Kroya)

    Kedatangan (Ganjil):

    1. KA 1 Argo Bromo Anggrek (Surabaya Pasar Turi-Gambir)

    2. KA 5 Argo Semeru (Surabaya Gubeng-Gambir)

    3. KA 13 Argo Lawu (Solo Balapan-Gambir)

    4. KA 17 Argo Sindoro (Semarang Tawang-Gambir)

    5. KA 27 Argo Merbabu (Semarang Tawang-Gambir)

    6. KA 39 Sembrani (Surabaya Pasar Turi-Gambir)

    7. KA 43 Taksaka (Yogyakarta-Gambir)

    8. KA 61 Manahan (Solo Balapan-Gambir)

    9. KA 75 Mataram (Solo Balapan-Pasar Senen)

    10. KA 103 Bogowonto (Lempuyangan-Pasar Senen)

    11. KA 94/91 Jayabaya (Malang-Surabaya-Pasar Senen)

    12. KA 109 Fajar Utama Yogyakarta (Yogyakarta-Pasar Senen)

    13. KA 111 Sawunggalih (Kutoarjo-Pasar Senen)

    14. KA 115 Sawunggalih (Kutoarjo-Pasar Senen)

    15. KA 133 Parahyangan (Bandung-Gambir)

    16. KA 137 Parahyangan (Bandung-Gambir)

    17. KA 143 Madiun Jaya (Madiun-Pasar Senen)

    18. KA 149 Singasari (Blitar-Pasar Senen)

    19. KA 163 Gumarang (Surabaya Pasar Turi-Pasar Senen)

    20. KA 175 Menoreh (Semarang Tawang-Pasar Senen)

    21. KA 179 Tawang Jaya Premium (Semarang Tawang-Pasar Senen)

    22. KA 251 Jayakarta (Surabaya Gubeng – Pasar Senen

    23. KA 259 Tawang Jaya (Semarang Poncol-Pasar Senen)

    24. KA 257 Progo (Lempuyangan-Pasar Senen)

    25. KA 7005 Batavia (Solo Balapan-Gambir)

    26. KA 47 Taksaka (Yogyakarta-Gambir)

    Pewarta: Lifia Mawaddah Putri
    Editor: Sri Muryono
    Copyright © ANTARA 2025

    Dilarang keras mengambil konten, melakukan crawling atau pengindeksan otomatis untuk AI di situs web ini tanpa izin tertulis dari Kantor Berita ANTARA.

  • Gen Z Wajib Coba! Festival di Bandung Ini Gabungkan Agenda Seru hingga dan Kuliner Unik

    Gen Z Wajib Coba! Festival di Bandung Ini Gabungkan Agenda Seru hingga dan Kuliner Unik

    BANDUNG – Bandung selalu punya daya tarik tersendiri bagi generasi muda. Kota ini tak hanya dikenal dengan alamnya yang indah dan kuliner yang menggoda, tapi juga menjadi ruang tumbuhnya berbagai kreativitas dan ekspresi kaum muda. 

    Tak heran jika berbagai kegiatan berbasis pengalaman (experiential events) sering digelar di kota ini, khususnya yang menyasar generasi Z, yakni kelompok usia yang kini mendominasi populasi produktif Indonesia.

    Salah satu tren yang mencolok di kalangan Gen Z adalah kecenderungan mencari aktivitas yang bukan hanya seru, tapi juga multi-sensorial. Artinya, mereka ingin lebih dari sekadar datang dan melihat.

    Mereka ingin mencoba, bermain, merasakan, hingga membagikan pengalaman itu ke media sosial. Ini yang melahirkan fenomena experience economy, di mana pengalaman pribadi dianggap lebih berharga dibandingkan sekadar membeli barang.

    Sebuah festival yang digelar baru-baru ini di Kiara Artha Park, Bandung, tampaknya memahami kebutuhan ini. Di sana, para pengunjung diajak mengeksplorasi berbagai wahana bermain yang tidak biasa.

    Ada kotak kejutan yang berisi figur koleksi edisi terbatas, zona komik raksasa yang bisa dilalui sambil memilih alur cerita sendiri, hingga area permainan interaktif yang memancing adrenalin sekaligus tawa.

    “Anak muda zaman sekarang ingin sesuatu yang unik dan personal. Mereka senang tantangan, tapi juga ingin mengabadikan momen tersebut secara visual,” ujar Katria Arintya Anindyantari, Head of Marketing Food WINGS Group Indonesia, saat ditemui di Kiara Artha Park, Bandung pada Jumat, 1 Agustus 2025.

    Hal ini terlihat dari antusiasme pengunjung mengantre untuk masuk ke dalam Expression Box, sebuah ruangan LED interaktif yang dibuat khusus untuk konten media sosial.

    Expression room. (Adelia/VOI)

    Tidak hanya bermain, pengunjung juga diajak menantang diri lewat pengalaman kuliner yang out of the box. 

    “Lucu banget, karena ada kompetisi kecil-kecilan,” kata Katria.

    Ada pula menu creation spesial yang hanya tersedia selama event berlangsung. Menu-menu ini tidak dijual bebas di pasaran, sehingga menciptakan rasa penasaran.

    Konsep “braver and bolder” tampaknya menjadi benang merah acara ini. Menurut pihak penyelenggara, makna “braver” tercermin dari beragam aktivitas eksploratif yang mendorong pengunjung mencoba hal baru, sementara “bolder” merujuk pada inovasi rasa dan pengalaman kuliner yang berani tampil beda

    “Kami ingin menghadirkan sesuatu yang bisa dinikmati semua indra, dari visual, rasa, hingga atmosfer,” jelas Katria.

    Bandung dipilih bukan tanpa alasan. Kota ini dianggap sebagai salah satu pusat populasi Gen Z terbesar di Indonesia, terutama karena banyaknya perguruan tinggi dan komunitas kreatif yang tumbuh di sini. Fakta bahwa tahun sebelumnya event serupa dihadiri lebih dari 37 ribu pengunjung menjadi indikator kuat bahwa pasar Bandung sangat potensial.

    “Bandung bukan hanya kota yang penuh anak muda, tapi juga punya karakter eksploratif yang sejalan dengan semangat acara ini,” tambahnya.

    Menariknya lagi, setiap kota yang dikunjungi oleh festival ini memiliki nuansa yang sedikit berbeda. Meskipun identitas utama tetap dibawa, seperti kolaborasi dengan kreator lokal dan suguhan menu khas, konsep event di tiap kota bisa disesuaikan agar lebih relevan dengan karakter lokal. Setelah Bandung, rencananya festival ini akan menyambangi kota lain seperti Jogja, Jakarta, dan Surabaya.

    Bagi pengunjung yang memperhatikan aspek halal, pihak penyelenggara juga memastikan bahwa seluruh produk yang disajikan telah memenuhi standar halal sejak awal. Bahkan, sejak produk pertama kali diluncurkan, sertifikasi halal sudah menjadi bagian dari sistem keamanan pangan mereka. 

    “Kami tidak hanya bicara halal sebagai formalitas, tapi memang menjadikannya bagian dari proses produksi sejak hulu sampai hilir,” jelas Katria.

    Melalui kegiatan semacam ini, anak muda tak hanya disuguhkan hiburan, tapi juga ruang untuk mengekspresikan diri, membangun kenangan, dan merasakan pengalaman yang otentik. 

    Dalam dunia yang makin digital dan cepat berubah, kegiatan yang bisa menyatukan pengalaman fisik dan sosial seperti ini, jelas punya tempat tersendiri di hati generasi sekarang.

    “Bagi Gen Z, pengalaman adalah mata uang baru. Mereka rela menunggu, antre, bahkan menempuh perjalanan jauh, asalkan bisa merasakan sesuatu yang baru dan personal.” tutur Katria.

  • Saat Siswa di Lumajang Pulang Diantar Ekskavator Seberangi Aliran Lahar Gunung Semeru
                
                    
                        
                            Surabaya
                        
                        2 Agustus 2025

    Saat Siswa di Lumajang Pulang Diantar Ekskavator Seberangi Aliran Lahar Gunung Semeru Surabaya 2 Agustus 2025

    Saat Siswa di Lumajang Pulang Diantar Ekskavator Seberangi Aliran Lahar Gunung Semeru
    Tim Redaksi
    LUMAJANG, KOMPAS.com
    – Puluhan siswa SDN Jugosari 3, Desa Jugosari, Kecamatan Candipuro, Kabupaten
    Lumajang
    , Jawa Timur, diangkut dengan ekskavator untuk bisa pulang ke rumahnya.
    Hal ini lantaran jembatan limpas yang jadi akses satu-satunya untuk pulang ke Dusun Sumberlangsep, tertutup material vulkanik yang dibawa banjir lahar
    Gunung Semeru
    .
    Adapun, Dusun Sumberlangsep berada di Desa Jugosari, Kecamatan Candipuro.
    Dusun ini sudah terisolasi selama 5 hari akibat Sungai Regoyo yang memisahkan Dusun Sumberlangsep dan Dusun Sumberkajar diterjang banjir lahar hujan Gunung Semeru.
    Akibatnya, jembatan limpas yang jadi akses satu-satunya warga Sumberlangsep untuk keluar dari dusun tertutup material vulkanik Gunung Semeru yang terbawa derasnya banjir lahar.
    Anak-anak di Dusun Sumberlangsep pun sempat tiga hari tidak sekolah karena derasnya banjir yang tidak mungkin untuk dilewati.
    Pagi tadi, anak-anak berangkat sekolah dengan diantar orangtuanya digendong melewati derasnya aliran lahar.
    Pulangnya, anak-anak diseberangkan oleh ekskavator milik Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Brantas yang tengah melakukan normalisasi sungai agar Dusun Sumberlangsep tidak terisolasi lagi.
    Tampak, anak-anak ada yang naik di bagian kemudi dan di bagian
    bucket
    atau alat pengeruk pada ekskavator.
    “Senang, seru (naik ekskavator), enak tidak basah,” kata Fatmawati salah satu siswa asal Dusun Sumberlangsep, Sabtu (2/8/2025).
    Sofi, siswa lainnya mengatakan, usai naik ekskavator untuk menyeberang, ia sudah dijemput orangtuanya di seberang sungai.
    “Tidak takut (naik ekskavator), ibu nunggu di sana (sebrang sungai),” ujar Sofi.
    Petugas BBWS Brantas Nur Afandi mengatakan, pihaknya membantu anak-anak menyeberang sungai karena kebetulan sedang melakukan normalisasi di Sungai Regoyo agar Dusun Sumberlangsep tidak lagi terisolasi.
    “Tim sedang melakukan normalisasi terus berbarengan dengan anak-anak mau pulang sekolah jadi sekalian kita antar sampai ke seberang,” jelasnya.
    Copyright 2008 – 2025 PT. Kompas Cyber Media (Kompas Gramedia Digital Group). All Rights Reserved.

  • Eko Curhat di Radio Diteror Usai Tolak Sound Horeg di Kediri, Panitia Membantah
                
                    
                        
                            Surabaya
                        
                        2 Agustus 2025

    Eko Curhat di Radio Diteror Usai Tolak Sound Horeg di Kediri, Panitia Membantah Surabaya 2 Agustus 2025

    Eko Curhat di Radio Diteror Usai Tolak Sound Horeg di Kediri, Panitia Membantah
    Tim Redaksi
    KEDIRI, KOMPAS.com –
    Kantor Kecamatan Kepung, Kabupaten
    Kediri
    , Jawa Timur, mendadak riuh pada Jumat (1/8/2025) malam.
    Ratusan warga berkumpul untuk menyaksikan proses
    mediasi
    yang digelar pihak kecamatan dan kepolisian guna menyelesaikan konflik terkait gelaran
    sound horeg
    dalam acara Kepung Carnival.
    Sound horeg
    merupakan bagian dari pawai budaya bertajuk Kepung Carnival yang digelar pada 26 Juli 2025 di Desa Kepung.
    Namun, acara itu memicu ketegangan di masyarakat setelah adanya keluhan dari salah satu warga,
    Eko Maryanto
    , yang merasa dirugikan.
    Kapolsek Kepung Ajun Komisaris Polisi (AKP) Bambang Suprijanto mengatakan, mediasi mempertemukan semua pihak yang terlibat, yaitu Eko Maryanto sebagai pengeluh, panitia Kepung Carnival, dan perangkat Desa Kepung.
    “Semua hadir dan akhirnya bersepakat menjalin perdamaian,” ujar AKP Bambang Suprijanto kepada Kompas.com, Sabtu (2/8/2025).
    Kapolsek menyebut, konflik ini dipicu oleh miskomunikasi dan kurangnya saluran komunikasi antarpihak. Namun kini situasinya telah mencair.
    “Semua sudah menyadari dan saling memaafkan,” lanjutnya.
    Ia menambahkan, mediasi sengaja digelar untuk meredam ketegangan dan mencegah potensi konflik lanjutan di masyarakat, apalagi situasi sempat memanas di media sosial.
    Awal mula konflik mencuat setelah Eko Maryanto menyampaikan keluhannya melalui siaran radio lokal Andika FM pada 29 Juli 2025.
    Dalam siaran tersebut, ia mengaku mengalami teror usai menyuarakan penolakan terhadap sound horeg di desanya.
    “Ibu syok berat, bapak juga ketakutan,” ujar Eko dalam siaran radio yang videonya diunggah di di akun Facebook AG243 milik Radio Andika FM.
    Ia menyebut suara sound horeg diputar sangat keras dan dalam durasi lama tepat di depan rumahnya saat pawai berlangsung.
    Selain itu, fotonya disebarluaskan sebagai simbol penolak sound horeg, yang menambah tekanan terhadap dirinya dan keluarganya.
    Curhatan itu menjadi viral dan memicu perdebatan tajam di media sosial antara kubu pro dan kontra sound horeg.
    Sebagai respons, pihak panitia Kepung Carnival bersama Kepala Desa Kepung Ida Arief, melakukan klarifikasi di radio yang sama pada Jumat (1/8/2025).
    Mereka datang bersama puluhan warga.
    Farid, perwakilan panitia, membantah tudingan adanya instruksi dari panitia untuk memutar suara keras di depan rumah Eko.
    “Sebenarnya tidak ada yang seperti itu,” ujar Farid saat menjawab pertanyaan penyiar.
    Namun, saat penyiar menyebut adanya video viral yang memperlihatkan sound horeg diputar tepat di depan rumah Eko, Farid menegaskan bahwa hal itu di luar tanggung jawab panitia.
    “Itu sudah di luar kendali panitia,” katanya.
    Sementara itu, Kepala Desa Kepung, Ida Arief, menekankan bahwa kegiatan tersebut merupakan inisiatif masyarakat dan tidak berlangsung setiap hari.
    “Mungkin ya dua tahun sekali kita adakan kegiatan itu,” ujar Ida.
    Ia juga menyatakan bahwa tidak ada laporan keberatan yang diterimanya selama kegiatan berlangsung.
    Panitia, kata dia, bahkan sempat menawarkan solusi bagi warga yang merasa terganggu.
    “Apabila mereka merasa terganggu, panitia siap memfasilitasi untuk mungkin memindahkan anggota keluarganya,” ujarnya.
    Kapolsek AKP Bambang menyampaikan harapan agar dengan adanya kesepakatan damai, semua bentuk perseteruan bisa dihentikan.
    Ia mengingatkan masyarakat untuk tidak melakukan tindakan anarkistis terhadap siapa pun, termasuk terhadap Eko Maryanto.
    “Kami terus lakukan patroli rutin wilayah. Kami sudah mengimbau agar jangan sampai ada perbuatan pidana yang terjadi,” pungkasnya.
    Copyright 2008 – 2025 PT. Kompas Cyber Media (Kompas Gramedia Digital Group). All Rights Reserved.

  • Daftar Keberangkatan Kereta Api yang Dibatalkan Imbas Argo Bromo Anggrek Anjlok
                
                    
                        
                            Megapolitan
                        
                        2 Agustus 2025

    Daftar Keberangkatan Kereta Api yang Dibatalkan Imbas Argo Bromo Anggrek Anjlok Megapolitan 2 Agustus 2025

    Daftar Keberangkatan Kereta Api yang Dibatalkan Imbas Argo Bromo Anggrek Anjlok
    Editor
    JAKARTA, KOMPAS.com
    – PT Kereta Api Indonesia (Persero) Daerah Operasi 1 Jakarta melakukan sejumlah pembatalan perjalanan armada guna meminimalisir dampak dari KA Argo Bromo Anggrek anjlok pada relasi Surabaya Pasarturi – Gambir.
    Manajer Humas PT Kereta Api Indonesia (Persero) Daop 1 Jakarta Ixfan Hendriwintoko mengatakan, pembatalan ini untuk menjaga keselamatan para penumpang.
    “Saat ini proses evakuasi sarana masih berlangsung dan kedua jalur (hulu dan hilir) di lokasi kejadian belum dapat dilalui,” kata Ixfan dilansir dari Antara, Sabtu (2/8/2025).
    Adapun daftar KA yang dibatalkan, yakni sebagai berikut:
    1. KA 64 Manahan relasi Gambir – Solo Balapan
    2. KA 19 Argo Sindoro relasi Semarang Tawang – Gambir
    3. KA 180 Tawangjaya Premium relasi Pasarsenen – Semarang Tawang
    4. KA 150 Singasari relasi Pasarsenen – Blitar
    5. KA 92-93 Jayabaya relasi Pasarsenen – Malang
    6. KA 123 Cakrabuana relasi Jatinegara – Gambir (eks Cakrabuana kembali ke Purwokerto)
    7. KA 122 Cakrabuana relasi Gambir – Purwokerto
    8. KA 116 Sawunggalih relasi Pasarsenen – Kutoarjo
    9. KA 27 Argo Merbabu relasi Cirebon – Gambir (eks Argo Merbabu kembali ke Semarang Tawang)
    10. KA 28 Argo Merbabu relasi Gambir – Semarang Tawang
    11. KA 164 Gumarang relasi Pasarsenen – Surabaya Pasar Turi
    12. KA 30F Argo Anjasmoro relasi Gambir – Surabaya Pasar Turi
    13. KA 260 Tawangjaya relasi Pasarsenen – Semarang Tawang
    14. KA 119 Gunungjati relasi Cirebon – Gambir (eks Gunungjati stabling Cirebon)
    15. KA 252 Jayakarta relasi Karawang – Surabaya Gubeng (eks Jayakarta kembali ke Pasarsenen)
    16. KA 254 Kertajaya relasi Cikampek – Surabaya Pasar Turi (eks Kertajaya kembali ke Pasarsenen)
    17. KA 48 Taksaka relasi Gambir – Yogyakarta
    1. KA 61 Manahan relasi Solo Balapan – Gambir
    2. KA 20 Argo Muria relasi Gambir – Semarang Tawang
    3. KA 175 Menoreh relasi Semarang Tawang – Pasarsenen
    4. KA 149 Singasari relasi Blitar – Pasarsenen
    5. KA 94-91 Jayabaya relasi Malang – Pasarsenen
    6. KA 111 Sawunggalih relasi Kutoarjo – Pasarsenen
    7. KA 163 Gumarang relasi Surabaya Pasar Turi – Pasarsenen
    8. KA 29F Argo Anjasmoro relasi Surabaya Pasar Turi – Gambir
    9. KA 268 Banyubiru relasi Semarang Poncol – Solo Balapan
    10. KA 267 Banyubiru relasi Solo Balapan – Semarang Poncol
    11. KA 259 Tawangjaya relasi Semarang Poncol – Pasarsenen
    12. KA 251 Jayakarta relasi Surabaya Gubeng – Pasarsenen
    13. KA 253 Kertajaya relasi Surabaya Pasar Turi – Pasarsenen
    14. KA 43 Taksaka relasi Yogyakarta – Gambir
    Ixfan menyampaikan, pelanggan yang perjalanannya dibatalkan dapat melakukan pembatalan tiket di loket stasiun dengan pengembalian bea 100 persen tanpa potongan.
    Untuk informasi lebih lanjut, pelanggan dapat menghubungi Contact Center 121, WhatsApp KAI121 di 08111-2111-121, atau melalui media sosial resmi KAI.
    Kereta Argo Bromo Anggrek Anjlok
    Kereta Argo Bromo Anggrek dengan nomor KA 1 yang melayani rute Surabaya Pasar Turi – Gambir anjlok pada Jumat, 1 Agustus 2025 pukul 15.47 WIB.
    Lima gerbong — dari gerbong 6 hingga 10 — keluar dari rel saat kereta melintasi emplasemen Stasiun Pegadenbaru.
    Salah satu penumpang, Sadirun (60), yang duduk di gerbong kedelapan, menyatakan bahwa kereta sempat melambat secara mendadak sebelum anjlok.
    “Kecepatan kereta tiba-tiba berkurang dan sedikit kaget juga, gerbong yang saya tumpangi anjlok,” katanya.
    Copyright 2008 – 2025 PT. Kompas Cyber Media (Kompas Gramedia Digital Group). All Rights Reserved.

  • Rencana Besar Jetour di Indonesia

    Rencana Besar Jetour di Indonesia

    Jakarta

    PT Jetour Motor Indonesia memperkenalkan dua model barunya: Jetour T2 dan Jetour X20e EV dalam ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2025. Keduanya debut global untuk versi setir kanan, sekaligus membuktikan keseriusan Jetour di Indonesia.

    Setelah peluncuran awal model internal combustion engine (ICE) lewat Jetour Dashing dan X70 Plus pada 2024, kini Jetour mulai menghadirkan varian elektrifikasi lewat X20e EV. Mobil listrik kompak yang tersedia dengan jarak tempuh sampai 405 km.

    Jetour x20e mejeng di GIIAS 2025 Foto: Ridwan Arifin

    Lanjut produk yang kedua, Jetour T2, sebuah SUV boxy yang lekat dengan citra kekuatan dan jiwa petualang. Secara global, Jetour T2 telah mencapai penjualan melebihi 200.000 unit di berbagai pasar internasional.

    Jetour T2 yang dibawa ke GIIAS 2025 sudah menggunakan setir kanan atau sesuai pasar Indonesia. Sayangnya, meski sudah dikenalkan, namun mobil gagah tersebut belum dijual di Tanah Air.

    PT Jetour Motor Indonesia (JMI) mengenalkan mobil off road terbarunya di ajang GIIAS 2025, Jumat (25/7/2025). Jetour T2 yang dibawa ke GIIAS 2025 sudah menggunakan setir kanan atau sesuai pasar Indonesia. Foto: Grandyos Zafna

    Produsen belum mengungkap spesifikasi Jetour T2 yang dihadirkan di GIIAS 2025. Namun, di China, mobil tersebut menggunakan mesin anyar dengan efisiensi tinggi, yakni ACTECO 1.5 TGDI generasi kelima yang mampu menyemburkan daya 115 kW dan torsi 220 Nm. Pengaturan motor listrik mencakup motor ganda, dengan daya gabungan 280 kW dan torsi gabungan 610 Nm.

    Bukan cuma mejeng, Jetour berencana memasarkan produk tersebut di Indonesia tahun ini. Jetour juga menjanjikan harga yang kompetitif di pasar Indonesia. Lewat kehadiran dua produk tersebut, Jetour menambah portofolio yang semakin lengkap.

    “Kami tidak sekadar hadir di pasar Indonesia, tetapi datang dengan visi jangka panjang yang jelas. Jetour membawa roadmap lima tahun ke depan yang mencakup pengembangan lini produk berbasis mesin bensin (ICE), plug-in hybrid (PHEV), hingga kendaraan listrik murni (EV). Ini bukan keputusan instan, melainkan hasil dari riset pasar yang mendalam dan pemahaman terhadap dinamika industri otomotif Indonesia yang sangat unik,” kata Caroline Ling, Vice President Sales and Marketing PT Jetour Motor Indonesia dalam keterangannya dikutip Sabtu (2/8/2025).

    Menariknya lagi, mobil Jetour itu akan diproduksi secara lokal, di pabrik Handal Indonesia Motor (HIM).

    Lebih lanjut, lewat strategi “Travel+”, Jetour tak hanya jualan mobil, tapi bangun pengalaman berkendara jangka panjang di Indonesia. Untuk menjawab kebutuhan konsumen yang makin rasional dalam mempertimbangkan total biaya kepemilikan, Jetour menerapkan strategi harga kompetitif, biaya perawatan terukur, dan layanan purnajual yang transparan.

    Jetour telah memiliki 16 showroom, yang tersebar di Jakarta, Bekasi, Bandung, Pontianak, Makassar, Batam, Semarang, Lampung, Surabaya, dan Pekanbaru. Hingga akhir tahun 2025, JETOUR menargetkan untuk mencapai 30 titik showroom di berbagai kota di Indonesia.

    “Kami percaya bahwa setiap model yang kami hadirkan harus relevan dengan kebutuhan aktual konsumen, baik dari sisi teknologi, efisiensi, gaya hidup, hingga pertimbangan daya beli. Komitmen kami adalah menghadirkan pilihan yang berkelanjutan, kompetitif, dan tetap mencerminkan standar kualitas global. Bagi Jetour, Indonesia bukan sekadar pasar, tetapi mitra strategis dalam membangun masa depan mobilitas regional,” ujar Caroline Ling.

    (riar/dry)

  • Sempat Lumpuh, Jalur KA Stasiun Pegadenbaru Sudah Bisa Dilewati

    Sempat Lumpuh, Jalur KA Stasiun Pegadenbaru Sudah Bisa Dilewati

    Jakarta, CNBC Indonesia – Setelah hampir 2 hari mengalami gangguan akibat insiden anjloknya KA Argo Bromo Anggrek di Stasiun Pegadenbaru, PT Kereta Api Indonesia (Persero) memastikan bahwa jalur kereta api yang sempat terhambat kini telah dapat dilalui kembali secara aman. Pemulihan ini menandai kembalinya operasional kereta api di lintas tersebut, setelah perbaikan intensif yang dilakukan oleh ratusan personel teknis.

    Insiden anjlokan tersebut terjadi pada Kamis, 1 Agustus 2025 pukul 15.47 WIB, saat KA 1 Argo Bromo Anggrek relasi Surabaya Pasar Turi – Gambir mengalami gangguan di emplasemen Stasiun Pegadenbaru, Kabupaten Subang, Jawa Barat. Meski tidak dilaporkan adanya korban jiwa, kejadian ini berdampak besar terhadap operasional sejumlah kereta api.

    Menurut Vice President Public Relations KAI Anne Purba, proses evakuasi rangkaian kereta yang anjlok dilakukan secara cepat dan tuntas.

    “Evakuasi sarana kereta telah dilakukan mulai pukul 23.50 WIB dan selesai pada pukul 07.07 WIB tanggal 2 Agustus 2025. Setelah evakuasi, upaya perbaikan jalur dilanjutkan tanpa henti,” katanya dalam keterangan tertulis.

    Perbaikan tersebut melibatkan 200 anggota tim teknis KAI yang bekerja sepanjang malam hingga pagi untuk memastikan jalur kembali layak dilalui. Hasilnya, pada Sabtu pag, jalur yang sempat lumpuh tersebut sudah kembali bisa digunakan.

    “Kereta pertama yang melintas di jalur tersebut adalah KA Argo Lawu (KA 14) relasi Gambir – Solo Balapan yang berangkat pada pukul 10.57 WIB, dengan kecepatan terbatas 10 km/jam,” jelas Anne.

    Meski jalur telah pulih, insiden ini menyebabkan total 78 perjalanan kereta api terdampak, sebagian besar berupa pembatalan dan pengalihan rute. Pada 1 Agustus 2025, sebanyak 24 perjalanan KA dibatalkan. Jumlah ini meningkat drastis menjadi 54 pembatalan perjalanan pada 2 Agustus 2025, dan diperkirakan dua perjalanan KA masih akan dibatalkan pada 3 Agustus 2025.

    Selain itu, KAI juga menerapkan pola operasi memutar pada 42 perjalanan kereta api, dari lintas Cirebon – Pegadenbaru – Cikampek/PP menjadi lintas Tegal/Cirebon – Purwokerto – Kroya – Banjar – Bandung – Cikampek.

    “KAI terus berkomitmen untuk menjaga keselamatan dan kenyamanan perjalanan kereta api di seluruh Indonesia. Seluruh upaya perbaikan dan pemulihan layanan akan terus dilaksanakan dengan mengutamakan keselamatan dan kelancaran operasional,” tegas Anne.

    Ia juga menyampaikan permohonan maaf kepada para pelanggan atas gangguan yang terjadi.

    Sebagai bentuk pelayanan kepada penumpang yang terdampak, KAI memberikan kemudahan proses pembatalan dan pengembalian tiket (refund). Pelanggan yang ingin membatalkan atau mengubah jadwal perjalanan dapat melakukannya di loket pembatalan stasiun keberangkatan, dengan perpanjangan batas waktu pembatalan hingga 7×24 jam dari jadwal keberangkatan yang tertera pada tiket.

     

    (luc/luc)

    [Gambas:Video CNBC]

  • Stasiun Pegadenbaru Sudah Bisa Dilalui, Pembatalan Perjalanan KA Masih Berlanjut – Page 3

    Stasiun Pegadenbaru Sudah Bisa Dilalui, Pembatalan Perjalanan KA Masih Berlanjut – Page 3

    Sebelumnya, PT KAI (Persero) memastikan dalam insiden anjloknya rangkaian KA 1 (Argo Bromo Anggrek) yang terjadi pada Jumat, 1 Agustus 2025 di emplasemen Stasiun Pegadenbaru, Kabupaten Subang, Jawa Barat, tidak menimbulkan korban jiwa di antara penumpang atau petugas.

    Dilihat dari video beredar, KA Argo Bromo Anggrek relasi Surabaya Pasar Turi-Gambir anjlok hingga menyebabkan sebagian gerbong kereta keluar rel.

    Namun, KAI memastikan semua penumpang pasca insiden tersebut berhasil dievakuasi dengan aman oleh petugas yang bertugas di lapangan. Kendati begitu, operasional kereta api turut terganggu imbas kejadian tersebut.

    “Insiden ini menyebabkan gangguan sementara pada jalur hulu dan hilir. Namun kami memastikan bahwa upaya perbaikan segera dilakukan dengan estimasi waktu perbaikan sekitar 8-10 jam,” ujar VP Public Relations KAI Anne Purba, Jumat (1/8/2025).

    “Kami juga menyampaikan tidak ada korban jiwa dalam insiden ini. KAI akan melakukan upaya rekayasa pola operasi memastikan perjalanan kereta lainnya tetap terlayani,” dia menambahkan.

    Setelah menerima laporan pada pukul 15:47 WIB, KAI berkoordinasi dengan petugas terkait dilakukan pada pukul 15:48 WIB. Anne mengatakan, tim langsung melakukan langkah-langkah perbaikan untuk memastikan kelancaran perjalanan kereta api lainnya.

  • Jalur KA di Pegadenbaru Sudah Bisa Dilintasi, KAI: Pemulihan Layanan Terus Dilakukan
                
                    
                        
                            Nasional
                        
                        2 Agustus 2025

    Jalur KA di Pegadenbaru Sudah Bisa Dilintasi, KAI: Pemulihan Layanan Terus Dilakukan Nasional 2 Agustus 2025

    Jalur KA di Pegadenbaru Sudah Bisa Dilintasi, KAI: Pemulihan Layanan Terus Dilakukan
    Penulis
    KOMPAS.com
    – PT Kereta Api Indonesia (Persero) atau KAI menginformasikan bahwa jalur kereta api di Emplasemen Stasiun Pegadenbaru, Subang, Jawa Barat, telah berhasil diperbaiki dan dapat dilalui kembali oleh kereta api.
    Sebelumnya, jalut tersebut tidak bisa dilewati akibat insiden anjloknya Kereta Api (KA) Argo Bromo Anggrek relasi Surabaya Pasar Turi-Gambir (KA 1) di Emplasemen Stasiun Pegadenbaru pada Jumat (1/8/2025), pukul 15:47 WIB.
    Proses perbaikan jalur rel yang terdampak telah selesai dilakukan oleh 200 anggota Tim teknis KAI, dan jalur kini kembali aman untuk digunakan.
    Vice President Public Relations KAI, Anne Purba mengatakan, perjalanan kereta pertama yang melintas di jalur tersebut adalah KA Argo Lawu (KA 14) dengan relasi Gambir-Solo Balapan, yang berhasil berangkat pada pukul 10:57 WIB dengan kecepatan terbatas 10 km/jam.
    Sebelumnya,  kata dia, KAI telah berhasil mengevakuasi sarana kereta yang anjlok dengan aman. Proses evakuasi dimulai dari Jumat (1/8/2025), pukul 23:50 WIB dan selesai pada Sabtu (1/8/2025), pukul 07:07 WIB.
    “Setelah evakuasi sarana selesai, upaya perbaikan prasarana terus dilakukan tanpa henti untuk memastikan kelancaran perjalanan kereta api selanjutnya,” Jelas VP Public Relations KAI – Anne Purba.
    “Seluruh upaya perbaikan dan pemulihan layanan akan terus dilaksanakan dengan mengutamakan keselamatan dan kelancaran operasional,” katanya dalam siaran persnya, Sabtu (3/8/2025).
    Sebagai dampak dari insiden ini, sejumlah perjalanan kereta api mengalami pembatalan. Pada 1 Agustus 2025, sebanyak 24 perjalanan KA dibatalkan. Sementara itu, pada 2 Agustus 2025, jumlah pembatalan perjalanan meningkat menjadi 54 perjalanan KA.
    “Kami memohon maaf atas pembatalan dan keterlambatan yang dialami oleh pelanggan,” Anne.
    Ia mengatakan, KAI terus berkomitmen untuk menjaga keselamatan dan kenyamanan perjalanan kereta api di seluruh Indonesia.
    Diperkirakan pada 3 Agustus 2025, dua perjalanan KA masih akan dibatalkan. Selain itu, KAI juga mengalihkan rute sejumlah KA dengan pola operasi memutar.
    Akibatnya sebanyak 42 perjalanan kereta api dialihkan dari jalur Cirebon–Pegadenbaru-Cikampek/PP menjadi Tegal/Cirebon–Purwokerto–Kroya–Banjar–Bandung–Cikampek.
    Bagi pelanggan yang terdampak dan ingin melakukan
    refund
    tiket maupun ubah jadwal perjalanan, KAI mengimbau untuk segera mendatangi loket pembatalan di stasiun keberangkatan.
    Proses pembatalan tiket diberikan perpanjangan batas waktu 7×24 jam dari jadwal keberangkatan yang tertera pada tiket.
    Untuk informasi lebih lanjut terkait status perjalanan atau pembatalan, pelanggan dapat menghubungi c
    ontact center
    KAI melalui telepon di nomor 021-121 atau melalui WhatsApp di nomor 0811-1211-1121.
    Copyright 2008 – 2025 PT. Kompas Cyber Media (Kompas Gramedia Digital Group). All Rights Reserved.

  • Evakuasi KA Argo Bromo Anggrek Anjlok di Subang Rampung, Kapan Perjalanan Kereta Kembali Normal? – Page 3

    Evakuasi KA Argo Bromo Anggrek Anjlok di Subang Rampung, Kapan Perjalanan Kereta Kembali Normal? – Page 3

    Sebelumnya, PT KAI (Persero) memastikan dalam insiden anjloknya rangkaian KA 1 (Argo Bromo Anggrek) yang terjadi pada Jumat, 1 Agustus 2025 di emplasemen Stasiun Pegadenbaru, Kabupaten Subang, Jawa Barat, tidak menimbulkan korban jiwa di antara penumpang atau petugas.

    Dilihat dari video beredar, KA Argo Bromo Anggrek relasi Surabaya Pasar Turi-Gambir anjlok hingga menyebabkan sebagian gerbong kereta keluar rel.

    Namun, KAI memastikan semua penumpang pasca insiden tersebut berhasil dievakuasi dengan aman oleh petugas yang bertugas di lapangan. Kendati begitu, operasional kereta api turut terganggu imbas kejadian tersebut.

    “Insiden ini menyebabkan gangguan sementara pada jalur hulu dan hilir. Namun kami memastikan bahwa upaya perbaikan segera dilakukan dengan estimasi waktu perbaikan sekitar 8-10 jam,” ujar VP Public Relations KAI Anne Purba, Jumat (1/8/2025).

    “Kami juga menyampaikan tidak ada korban jiwa dalam insiden ini. KAI akan melakukan upaya rekayasa pola operasi memastikan perjalanan kereta lainnya tetap terlayani,” dia menambahkan.

    Setelah menerima laporan pada pukul 15:47 WIB, KAI berkoordinasi dengan petugas terkait dilakukan pada pukul 15:48 WIB. Anne mengatakan, tim langsung melakukan langkah-langkah perbaikan untuk memastikan kelancaran perjalanan kereta api lainnya.