kab/kota: Solo

  • Cara Daftar Face Recognition KAI Lewat Aplikasi

    Cara Daftar Face Recognition KAI Lewat Aplikasi

    Bisnis.com, JAKARTA – PT Kereta Api Indonesia (persero) atau KAI menyediakan pendaftaran untuk layanan face recognition melalui aplikasi Access by KAI untuk mempermudah pelanggan dalam mengakses layanan yang sederhana, mudah, dan efisien.

    Vice President Public Relations KAI Anne Purba menuturkan, KAI telah menyediakan fasilitas face recognition boarding gate di 20 stasiun di Jawa dan Sumatra hingga akhir Oktober 2024. Terbaru kehadiran layanan face recognition telah ada di Stasiun Pasar Senen dan Stasiun Lempuyangan.

    “Kami kini menyediakan pendaftaran untuk layanan face recognition melalui aplikasi Access by KAI untuk mempermudah pelanggan dalam mengakses layanan yang sederhana, mudah, dan efisien,” ujarnya melalui keterangan resmi, Sabtu (2/11/2024).

    Adapun, face recognition boarding gate adalah fasilitas boarding yang dilengkapi dengan kamera untuk mengidentifikasi dan memvalidasi identitas seseorang melalui wajah yang terintegrasi dengan data tiket kereta serta status vaksinasi pelanggan. Proses verifikasi hanya memerlukan 1 detik sehingga memperlancar antrean dan proses boarding.

    Anne menambahkan, KAI akan terus melakukan perbaikan di seluruh lini guna meningkatkan pelayanan kepada pelanggan serta menjaga keselamatan perjalanan kereta api. Hal tersebut tentunya dengan peningkatan kualitas secara berkelanjutan. 

    “KAI berkomitmen untuk terus meningkatkan kualitas pelayanan, keamanan, dan kenyamanan perjalanan melalui inovasi yang konsisten. Kami juga berfokus pada keberlanjutan sesuai dengan SDGs untuk menjadikan kereta api sebagai moda transportasi pilihan yang jauh lebih ramah lingkungan, hemat dan efisien,” tutup Anne. 

    Berikut cara pendaftaran face recognition via aplikasi Access by KAI:

    1. Buka tab menu akun pada Access by KAI.

    2. Pilih menu Registrasi Face Recognition.

    3. Bacalah syarat dan ketentuan registrasi dan klik “Setuju” setelah memahami.

    4. Periksa kembali data diri seperti Nama Lengkap, NIK, dan Tanggal Lahir. Klik “Foto Selfie” untuk melengkapi proses verifikasi.

    5. Ikuti ketentuan pengambilan foto selfie yang benar. Klik “Ambil Foto KTP” untuk mengambil foto selfie.

    6. Setelah foto selfie dan data diri sudah lengkap dan sesuai, klik “Daftar Sekarang”.

    7. Konfirmasi data yang diberikan, lalu klik “Ya, Daftar” untuk menyelesaikan pendaftaran.

    8. Proses registrasi berhasil dan selesai.

    Daftar stasiun yang menyediakan layanan face recognation:

    • Daerah Operasi 1 Jakarta: Gambir, Pasar Senen dan Bekasi

    • Daerah Operasi 2 Bandung: Bandung dan Kiaracondong

    • Daerah Operasi 3 Cirebon: Cirebon

    • Daerah Operasi 4 Semarang: Semarang Tawang Bank Jateng, Pekalongan, dan Tegal

    • Daerah Operasi 5 Purwokerto: Purwokerto dan Kutoarjo

    • Daerah Operasi 6 Yogyakarta: Yogyakarta, Lempuyangan, dan Solo Balapan

    • Daerah Operasi 7 Madiun: Madiun

    • Daerah Operasi 8 Surabaya: Surabaya Pasarturi, Surabaya Gubeng, dan Malang

    • Daerah Operasi 9 Jember: Jember

    • Divisi Regional I Sumatra Utara: Medan

  • Mengais tuah Jokowi di pentas Pilkada 2024

    Mengais tuah Jokowi di pentas Pilkada 2024

    Presiden Ke-7 RI Joko Widodo (kiri) berbincang dengan calon Gubernur DKI Jakarta Ridwan Kamil (kanan) bertemu di kediamannya di Sumber, Solo, Jawa Tengah, Jumat (1/11/2024). ANTARA FOTO/Mohammad Ayudha/rwa.

    Mengais tuah Jokowi di pentas Pilkada 2024
    Dalam Negeri   
    Widodo   
    Sabtu, 02 November 2024 – 11:23 WIB

    Elshinta.com – Bagi seorang pejabat publik yang telah lengser dari posisinya, biasanya perlahan namun pasti orang-orang yang selama ini mengelilinginya akan segera hengkang satu per satu dan beralih ke pejabat baru penggantinya.

    Namun, fenomena semacam itu tampaknya tidak berlaku untuk seorang Joko Widodo yang kini telah berstatus sebagai warga negara biasa usai lengser sebagai pejabat eksekutif tertinggi di republik ini dan digantikan Prabowo Subianto.

    Magnet sosok Jokowi ini ternyata masih kuat di mata para politikus yang tengah menyongsong Pilkada serentak 2024 di pengujung bulan ini.

    Buktinya sejumlah calon kepala daerah, mulai level kabupaten/kota hingga provinsi, bersusah payah ke Solo demi menemui sang mantan presiden ini.

    Sebut saja kandidat Gubernur Jateng, Ahmad Luthfi dan pasangannya Taj Yasin, mengunggah pertemuan mereka dengan Jokowi via media sosial beberapa waktu lalu.

    Masih merasa belum cukup sampai di situ, di forum resmi saat debat pertama Pilgub Jawa Tengah, Rabu (30/10), mantan Kapolda Jateng ini mengklaim bahwa baik Jokowi maupun Presiden Prabowo sepenuhnya meng-endorse mereka sekaligus memberi perintah agar menyejahterakan warga Jateng.

    Rasanya penegasan semacam itu perlu dilakukan Ahmad Luthfi secara berulang-ulang mengingat lawan yang akan dihadapi cukup berat, yakni mantan Panglima TNI Andika Perkasa yang berduet dengan Hendrar Prihadi, sosok yang sukses memajukan Kota Semarang ketika menjadi wali kota.

    Selain itu, Jateng juga dikenal sebagai kandang banteng dan secara tradisional siapa pun calon gubernur yang mereka usung selalu memenangi kontestasi pilkada di sana.

    Terbaru pada Jumat (1/11) Cagub Jakarta Ridwan Kamil juga sengaja sowan ke Solo dengan dalih membahas masa depan Jakarta lantaran Jokowi pernah menjabat DKI-1 dan mantan Gubernur Jabar ini merasa perlu menimba ilmu kepadanya.

    Sementara beberapa calon bupati/wali kota yang sengaja menemui Jokowi di kediamannya dan kemudian mengamplifikasi “restu” itu lewat berbagai kanal komunikasi publik seperti media massa maupun media sosial, di antaranya adalah pasangan calon (paslon) Wali Kota/Wakil Wali Kota Bandung Arfi Rafnialdi-Yena Iskandar Ma’soem serta Paslon Bupati/Wakil Bupati Lamongan Abdul Ghofur dan Firosya Shalati.

    Entah siapa lagi kandidat yang mencoba peruntungan memanfaatkan tuah mantan Presiden Ke-7RI ini. Yang jelas tim-tim sukses masih meyakini bahwa kedekatan jagoan mereka dengan Jokowi berikut restu yang disematkan itu masih cukup efektif untuk meraup sebanyak mungkin suara dan mengantar mereka memenangkan kontestasi Pilkada 2024.

    Lantas apa iya “restu-restuan” ala Jokowi ini bisa memberikan dampak elektabilitas pada kandidat? Jawabnya bisa iya atau bisa juga tidak.

    Apabila melirik hasil Pileg 2024, lebih khusus lagi perolehan suara caleg-caleg Partai Solidaritas Indonesia (PSI) yang dibesut langsung putra Jokowi, Kaesang Pangarep, ternyata hasilnya hanya segitu-segitu saja atau tidak seperti yang diharapkan bahwa mereka bakal mampu menembus ambang batas parlemen (parliamentary treshold) 4 persen.

    Artinya pula efek ekor jas atau coat-tail effect Jokowi, yang saat itu justru masih berkuasa penuh, ternyata tidak terlalu manjur. Efek ekor jas ini merupakan istilah umum merujuk pada hasil yang diraih oleh suatu pihak dengan cara melibatkan secara langsung maupun tidak langsung tokoh-tokoh penting atau pesohor. Dalam psikologi politik, efek ekor jas tersebut dapat dimaknai sebagai pengaruh figur atau tokoh dalam meningkatkan suara partai pada pemilu.

    Di sisi lainnya, kebutuhan kandidat atas sokongan atau endorse elite politik ternama ini tentunya juga bukan tanpa dasar dan strategi yang matang.

    Jika merujuk hasil jajak pendapat yang dilakukan sejumlah lembaga survei seputar kepuasan terhadap kinerja Jokowi, terlihat jelas bahwa ternyata sebagian besar masyarakat negeri ini masih memberikan apresiasi positif mereka kepada sang mantan Presiden ini.

    Mengutip hasil polling yang dirilis lembaga survei LSI Denny JA pada medio Oktober silam, tingkat kepuasan terhadap Jokowi ada di angka 80,8 persen. Survei tatap muka menggunakan kuesioner itu dilakukan secara nasional pada 26 September–3 Oktober 2024 terhadap 1.200 responden dengan margin of error plus minus 2,9 persen serta dilengkapi pula riset kualitatif.

    Lembaga survei lainnya juga menyajikan hasil serupa, yakni Indikator Politik yang melakukan jajak pendapat seputar kepuasan terhadap kinerja Jokowi menjelang masa jabatannya berakhir, diperoleh angka terkini 75 persen.

    Menurut Direktur Eksekutif lembaga tersebut, Burhanuddin Muhtadi, survei yang dilakukan dengan metode multistage random sampling dan margin of error sekitar 2,3 persen dengan tingkat kepercayaan 95 persen itu dilakukan pada periode 22-29 September 2024 dengan jumlah responden 1.200 warga Indonesia dari 11 provinsi terbesar, yakni Sumut, Riau, Sumsel, Lampung, Banten, Jakarta, Jabar, Jateng, Jatim dan Sulsel.

    Catatan serupa juga tercermin dari survei terbaru Poltracking Indonesia yang mencoba mengukur peta elektabilitas pasangan cagub-cawagub di Pilgub Jatim berdasarkan approval rating Jokowi.

    Meski Jokowi dan keluarganya diterpa berbagai isu negatif tentang politik, temuan survei Poltracking merekam tingkat kepuasan atau approval rating Jokowi masih tetap tinggi, yakni di kisaran 87,5 persen dengan peta pemilih yang puas dan tidak puas atas kinerja Jokowi itu tersebar merata di ketiga paslon yang bertarung pada Pilgub Jatim.

    Para politikus pastinya memahami bahwa sebagian besar pemilih pada kontestasi pemilu di Indonesia adalah pemilih emosional yang menentukan pilihan calon pemimpinnya berdasarkan kesukaan atau ketidaksukaan semata.

    Jumlah pemilih rasional, menurut peneliti Pusat Riset Politik Badan Riset dan Inovasi Nasional Wasisto Raharjo Jati yang melakukan penelitian dalam Pemilu 2014–2019, diperkirakan hanya berkisar 5–10 persen dari jumlah penduduk Indonesia.

    Pada saat yang sama, sebagian masyarakat Indonesia masih sulit mencerna gagasan-gagasan besar yang disampaikan para kandidat, apalagi jika ide itu mereka sampaikan dengan bahasa-bahasa “langit” nan rumit.

    Besarnya faktor nonrasional yang digunakan pemilih itulah yang coba digarap pasangan calon kepala daerah dengan mencoba memanfaatkan sokongan Jokowi yang secara statistik masih menjanjikan.

    Memang tidak ada yang salah memilih kandidat karena alasan emosional dan personal. Jadi, biarlah waktu membuktikan benar atau tidaknya teori tuah Jokowi ini setelah pencoblosan Pilkada Serentak 2024 pada 27 November nanti.

    Sumber : Antara

  • KAI: KA Argo Cheribon gunakan kereta ekonomi “new generation”

    KAI: KA Argo Cheribon gunakan kereta ekonomi “new generation”

    Jakarta (ANTARA) – PT Kereta Api Indonesia (Persero) menyatakan bahwa KA Argo Cheribon Fakultatif relasi Cirebon-Gambir perjalanan pergi-pulang sudah menggunakan kereta ekonomi generasi baru (new generation).

    Vice President Public Relations KAI Anne Purba dalam keterangannya di Jakarta, Sabtu, menjelaskan bahwa KAI terus melakukan peningkatan pelayanan untuk kereta ekonomi sebagai komitmen memberikan pelayanan terbaik pada semua kelas layanan kereta.

    “Terhitung Jumat, 1 November 2024, KAI mengoperasikan kereta ekonomi new generation pada Kereta Api Ranggajati relasi Cirebon-Jember (PP) dan KA Argo Cheribon Fakultatif relasi Cirebon-Gambir (PP),” katanya.

    Anne mengatakan bahwa KA Ranggajati dan KA Argo Cheribon Fakultatif generasi baru ini dimodifikasi oleh Balai Yasa Manggarai dengan kapasitas 72 tempat duduk.

    Kereta ini sama dengan kereta generasi baru lainnya, yakni kursi jenis captain seat, memiliki fasilitas desain kursi yang ergonomis dan dilengkapi fitur pengatur kemiringan (reclining) dan bisa disesuaikan searah laju kereta ataupun berhadapan (revolving).

    “Dengan Inovasi ini, pelanggan lebih nyaman untuk waktu tempuh yang panjang sekalipun,” ujarnya.

    Baca juga: KAI sebut tarif KA BIAS rute Bandara Adi Soemarmo–Madiun masih promo

    Rangkaian KA Ranggajati dan KA Cheribon Fakultatif saat ini dilayani dengan stan formasi lima kereta eksekutif, empat kereta ekonomi generasi baru, satu kereta makan, dan satu kereta pembangkit.

    “Peningkatan pelayanan pada kereta kelas ekonomi ini adalah bagian dari komitmen KAI untuk menyediakan layanan yang terus ditingkatkan berdasarkan customer feedback dan kebutuhan pelanggan yang terus meningkat,” kata Anne.

    Kereta ekonomi generasi baru juga memiliki interior yang lebih modern dan dilengkapi fasilitas bagasi yang lebih baik, serta memberi beberapa aksen kayu pada jendela untuk memberi kesan yang dekat dengan alam.

    Pada kereta generasi baru ini juga menyiapkan toilet duduk dilengkapi dengan wastafel, hand driver dan tempat ibadah di kereta restorasi.

    Baca juga: KAI: KA Jayabaya mulai beroperasi gunakan rangkaian “new generation”

    Jadwal perjalanan KA Ranggajati (KA 116) relasi Cirebon menuju Jember, berangkat dari Stasiun Cirebon pada jam 06.45 WIB dan tiba di Stasiun Jember pada jam 20.35 WIB. Sementara untuk KA Ranggajati (KA 115) relasi Jember menuju Cirebon, berangkat dari Stasiun Jember jam 05.15 WIB dan tiba di Stasiun Cirebon jam 18.52 WIB.

    Sedangkan untuk KA Argo Cheribon (KA 29 F) relasi Cirebon menuju Gambir, berangkat dari Stasiun Cirebon jam 20.00 WIB dan tiba di Stasiun Gambir jam 22.57 WIB. Selanjutnya untuk KA Argo Cheribon (KA 30 F) relasi Gambir menuju Cirebon, berangkat dari Stasiun Gambir jam 23.30 WIB dan tiba di Stasiun Cirebon jam 02.30 WIB.

    Hingga saat ini, KAI sudah mengganti 21 rangkaian kereta api ekonomi dengan kereta new generation.

    “Kami targetkan sampai akhir tahun 2024 dapat mengganti 60 kereta sebagai komitmen kami untuk meningkatkan minat masyarakat menggunakan kereta api untuk program keberlanjutan,” imbuh Anne.

    Baca juga: KAI Daop 7 mulai mengoperasikan KA Brantas ekonomi “new generation”

    Berikut daftar perjalanan kereta yang menggunakan kereta api new generation dan stainless steel new generation:

    Pertama, kereta ekonomi new generation meliputi:

    – ⁠KA Jayabaya (Pasarsenen-Malang PP), sejak 26 September 2023
    – ⁠KA Gaya Baru Malam Selatan (Pasarsenen-Surabaya Gubeng PP), sejak 14 Maret 2024.
    – ⁠KA Mutiara Timur (Surabaya Gubeng-Ketapang PP), sejak 30 Maret-April 2024.
    – KA Blambangan Ekspres (Pasarsenen-Ketapang PP), sejak 18-19 Juni 2024.
    – KA Jaka Tingkir 221 (Purwosari-Pasar Senen), sejak 25 Juli 2024.
    – ⁠KA Jaka Tingkir 222A (Pasar Senen-Purwosari), sejak 26 Juli 2024.
    – KA Menoreh (Semarangtawang – Pasarsenen PP), sejak 1 September 2024- KA Brantas (Blitar – Pasarsenen PP), sejak 17 Oktober 2024
    – KA Dharmawangsa (Surabaya Pasarturi – Pasarsenen PP), sejak 17 Oktober 2024
    – KA Ranggajati (Cirebon – Jember PP), sejak 1 Nopember 2024.

    Kedua, kereta ekonomi stainless steel new generation meliputi:

    – KA Majapahit (Pasarsenen-Malang PP), sejak 25 Maret 2024.
    – KA Logawa (Purwokerto-Jember PP), sejak 18 September 2024.
    – KA Progo (Lempuyangan – Pasarsenen PP), Sejak 15 Oktober 2024.

    Ketiga, kereta eksekutif stainless steel new generation dan luxury new generation meliputi:

    – KA Argo Dwipangga (Gambir-Solo Balapan PP), sejak 13 Desember 2023.
    – KA Argo Lawu (Gambir-Solo Balapan PP), sejak 18 Desember 2023.
    – KA Taksaka (Gambir-Yogyakarta PP), sejak 18 Januari 2024.

    Keempat, kereta eksekutif stainless steel new generation meliputi:

    – KA Argo Bromo Anggrek (Gambir-Surabaya Pasarturi PP) – sejak 29 Maret 2024.

    Kelima: kereta eksekutif stainless steel new generation dan kereta ekonomi stainless steel new generation meliputi:

    – KA Lodaya TS 1 (Bandung-Solo Balapan PP), sejak 1 Mei 2024.
    – KA Lodaya TS 2 (Bandung-Solo Balapan PP), sejak 1 September 2024.
    – KA Jayabaya ( Malang – Pasarsenen PP), Sejak 16 Oktober 2024).

    Pewarta: Muhammad Harianto
    Editor: Didik Kusbiantoro
    Copyright © ANTARA 2024

  • KAI sebut tarif KA BIAS rute Bandara Adi Soemarmo–Madiun masih promo

    KAI sebut tarif KA BIAS rute Bandara Adi Soemarmo–Madiun masih promo

    Semoga layanan ini dapat dimanfaatkan sebaik-baiknya oleh masyarakatJakarta (ANTARA) – PT Kereta Api Indonesia (Persero) menyatakan bahwa tarif tiket KA BIAS (Bandara Internasional Adi Soemarmo Solo) rute Stasiun Madiun, Jawa Timur, hingga Stasiun Bandara Adi Soemarmo Solo, Jawa Tengah, dengan perjalanan pergi pulang masih bersifat promo.

    Vice President Public Relations PT KAI (Persero) Anne Purba dalam keterangannya di Jakarta, Sabtu, mengatakan bahwa selama satu bulan ke depan, KAI menyiapkan tarif promo dengan harga mulai Rp7.000 hingga Rp40.000 sesuai dengan relasi yang dipilih.

    “Kami berharap selama tarif promo masyarakat dapat menikmati layanan KA BIAS untuk berbagai aktivitas,” katanya.

    Anne menyampaikan bahwa KAI akan terus melakukan evaluasi selama bulan November 2024 untuk mengetahui kebutuhan masyarakat terkait perjalanan KA BIAS.

    Mulai Sabtu, 2 November 2024, perjalanan KA BIAS diperpanjang sampai Madiun dengan relasi Stasiun Bandara Adi Soemarmo–Madiun PP.

    Anne menjelaskan bahwa operasional KA BIAS setiap harinya terdiri atas dua perjalanan kereta melayani relasi Bandara Adi Soemarmo–Madiun dan dua perjalanan kereta melayani relasi Madiun–Bandara Adi Soemarmo.

    Kehadiran KA BIAS diharapkan dapat mempermudah akses masyarakat untuk bepergian ke bandara, juga ke daerah sekitar stasiun pemberhentian.

    Baca juga: Daop 7 uji coba KA BIAS rute Stasiun Madiun-Bandara Adi Soemarmo Solo

    KAI juga sangat mendukung pertumbuhan ekonomi dan pariwisata di sekitar wilayah aglomerasi yang dilalui kereta ini sehingga pengunjung yang melalui Bandara Adi Soemarmo bisa menjadikan BIAS sebagai pilihan untuk melanjutkan perjalanan ke Madiun dan stasiun pemberhentian lainnya.

    KA BIAS akan melayani naik turun penumpang di sembilan stasiun, meliputi Madiun, Magetan, Ngawi, Walikukun, Sragen, Solojebres, Solobalapan, Kadipiro, dan Bandara Adisoemarmo.

    Selain terkoneksi dan terintegrasi dengan bandara, KA BIAS juga memberi kemudahan karena masyarakat dapat melanjutkan perjalanan, baik dengan kereta jarak jauh ataupun layanan commuterline, seperti di Stasiun Solojebres dan Solobalapan.

    “Waktu tempuh KA BIAS Madiun dari Bandara Adi Soemarmo menuju Madiun atau sebaliknya adalah 1 jam 59 menit,” ucap Anne.

    Pada perjalanan perdana hari ini dan sepanjang bulan November 2024, KA BIAS Madiun menggunakan rangkaian Kereta Rel Diesel Indonesia (KRDI) dengan kapasitas 190 tempat duduk, dari kapasitas daya angkut penumpang sebanyak 150 persen.

    “Sehingga penumpang, selain bisa duduk, juga dapat berdiri,” jelasnya.

    Baca juga: KAI Logistik sabet tiga penghargaan ajang “Stellar Workplace Award”
    ​​​​​​​
    Anne mengungkapkan bahwa untuk tiket KA BIAS Madiun dapat dibeli dengan sangat mudah dan praktis melalui aplikasi Access by KAI H-7 keberangkatan. Pembelian tiket juga dapat dilakukan di loket stasiun secara go show (tiga jam sebelum waktu keberangkatan).

    Ia menambahkan, kehadiran KA BIAS Madiun sejalan dengan visi KAI untuk menjadi solusi ekosistem transportasi terbaik untuk Indonesia. Melalui misinya untuk menyediakan sistem transportasi yang aman, efisien, berbasis digital, dan terintegrasi untuk memenuhi kebutuhan pelanggan.

    “Semoga layanan ini dapat dimanfaatkan sebaik-baiknya oleh masyarakat untuk meningkatkan roda perekonomian dan juga pariwisata,” kata Anne.

    Berikut jadwal perjalanan KA BIAS:

    1. KA KP/10865 (KA BIAS relasi Madiun – Bandara Adi Soemarmo), berangkat dari Stasiun Madiun jam 06:05 WIB dan tiba di Stasiun Bandara Adi Soemarmo jam 08:02 WIB.
    2. KA KP/10866 ( KA BIAS relasi Bandara Adi Soemarmo – Madiun), berangkat dari Stasiun Bandara Adi Soemarmo jam 09:25 WIB dan tiba di Stasiun Madiun jam 11:22 WIB.
    3. KA KP/10867 (KA BIAS relasi Madiun – Bandara Adi Soemarmo), berangkat dari Stasiun Madiun jam 12:30 WIB dan tiba di Stasiun Bandara Adi Soemarmo jam 14:27 WIB.
    4. KA KP/10868 ( KA BIAS relasi Bandara Adi Soemarmo – Madiun), berangkat dari Stasiun Bandara Adi Soemarmo jam 15:32 WIB dan tiba di Stasiun Madiun jam 17:31 WIB.

    Baca juga: Mulai hari ini rute KA BIAS diperpanjang
    Baca juga: KA Bandara YIA Xpress tawarkan waktu tempuh lebih cepat
    Baca juga: Bandara Solo siap rebut limpahan penumpang Adi Sutjipto

    Pewarta: Muhammad Harianto
    Editor: Didik Kusbiantoro
    Copyright © ANTARA 2024

  • Wapres tinjau pengerjaan penataan kawasan Simpang Joglo Solo

    Wapres tinjau pengerjaan penataan kawasan Simpang Joglo Solo

    Wakil Presiden Gibran Rakabuming Raka meninjau proyek penataan Simpang Joglo Solo, Jawa Tengah, Sabtu (2/10/2024). ANTARA/Aris Wasita

    Wapres tinjau pengerjaan penataan kawasan Simpang Joglo Solo
    Dalam Negeri   
    Widodo   
    Sabtu, 02 November 2024 – 14:11 WIB

    Elshinta.com – Wakil Presiden Gibran Rakabuming Raka meninjau pengerjaan penataan kawasan Simpang Joglo Solo, Jawa Tengah, yang tiba sekitar pukul 07.30 WIB dengan menggunakan kendaraan Maung Pindad.

    Gibran meninjau progres pengerjaan underpass Simpang Joglo sekitar 30 menit. Ia juga sempat membagikan susu kepada sejumlah anak yang berada di sekitar lokasi proyek.

    Usai meninjau dan sempat menyapa warga, ia kembali masuk ke dalam kendaraan tanpa menjawab sejumlah pertanyaan dari awak media.

    Terkait dengan proyek, Manajer Proyek Elevated Rail Simpang Joglo Dendy Purbowo mengatakan pengerjaan penataan underpass atau jalan bawah tanah Simpang Joglo Solo, Jawa Tengah hingga saat ini mencapai 78 persen.

    Ia mengatakan untuk penataan di Simpang Joglo ini terdiri dari dua proyek, yakni elevated rail dan underpass Simpang Joglo.

    “Kalau elevated ini sudah berjalan kurang lebih tiga tahun dan sekarang sudah mencapai 85 persen secara total pengerjaan,” katanya.

    Ia mengatakan untuk rel layang ini menghubungkan antara Stasiun Solo Balapan sampai dengan Stasiun Kadipiro dan Stasiun Kalioso.

    Untuk pengerjaan underpass, dikatakannya, tahap pekerjaan dinding-dinding di underpass telah selesai.

    “Kami tinggal melakukan penggalian beserta perkuatan-perkuatan di beberapa struktur dan pengerjaan. Selain itu, pengerjaan penataan bundaran di bawah jembatan kereta api yang kemarin masih digunakan untuk pengoperasian kereta api,” katanya.

    Sebelumnya, anggaran pembangunan proyek tersebut bersumber dari APBN sebesar Rp1,2 triliun. Sedangkan, untuk target pekerjaan untuk underpass kita sampai 20 Desember 2024. Kemudian untuk yang elevated rel sampai 31 Desember 2024.

    Sumber : Antara

  • Wapres pastikan pekerjaan infrastruktur selesai tepat waktu

    Wapres pastikan pekerjaan infrastruktur selesai tepat waktu

    Kami memastikan pembangunan berjalan dengan lancar dan ketika nanti diresmikan oleh Pak Presiden Prabowo bisa berjalan dengan baikSolo, Jawa Tengah (ANTARA) – Wakil Presiden RI Gibran Rakabuming Raka memastikan pekerjaan infrastruktur di seluruh daerah, termasuk di Kota Solo, Jawa Tengah, selesai tepat waktu.

    Untuk memastikan pekerjaan infrastruktur berjalan sesuai dengan jadwal, ia telah melakukan peninjauan di sejumlah proyek infrastruktur di Solo, Jawa Tengah, Sabtu.

    “Kami mengunjungi tempat-tempat yang dulu sudah kami selesaikan, sudah kami bangun, dan juga tempat-tempat yang insya Allah akhir tahun selesai,” katanya saat mengunjungi Koridor Gatot Subroto Solo, Jawa Tengah, Sabtu.

    Ia mengatakan beberapa proyek yang sudah dikunjungi pada hari ini, di antaranya Rumah Sakit Kardiologi Emirat-Indonesia dan Palang Joglo.

    “Ada beberapa tempat yang kami kunjungi tadi. Intinya kami ingin menyelesaikan semua pembangunan-pembangunan ini termasuk pembangunan strategis, biar nanti di akhir tahun siap untuk diresmikan oleh Pak Presiden Prabowo,” katanya.

    Usai dari Solo, Gibran akan melakukan kunjungan kerja ke Ngawi, Jatim, pada Minggu (3/11/2024).

    “Intinya, kami memastikan pembangunan berjalan dengan lancar dan ketika nanti diresmikan oleh Pak Presiden Prabowo bisa berjalan dengan baik,” katanya.

    Sementara itu, pada kunjungannya ke Koridor Gatot Subroto, Gibran juga mengajak istrinya Selvi Ananda dan dua anaknya Jan Ethes Srinarendra serta La Lembah Manah.

    Baca juga: Wapres tinjau uji coba battery tram di Stasiun Purwosari
    Baca juga: Pemkot Surakarta ajukan anggaran tambahan ke Wapres untuk GOR Manahan
    Baca juga: Wapres tinjau pengerjaan penataan kawasan Simpang Joglo Solo

    Pewarta: Aris Wasita
    Editor: Kelik Dewanto
    Copyright © ANTARA 2024

  • KA Madiun-Bandara Adi Soemarmo beroperasi, tiket promo mulai Rp7.000

    KA Madiun-Bandara Adi Soemarmo beroperasi, tiket promo mulai Rp7.000

    Sabtu, 2 November 2024 22:51 WIB

    ANTARA – PT KAI (Persero) mulai melakukan uji coba integrasi KA BIAS (Bandara Internasional Adi Soemarmo Solo) yang menawarkan perjalanan pulang-pergi (PP) dengan rute Stasiun Madiun hingga Stasiun Bandara Adi Soemarmo Solo dan dalam satu hari ada dua pemberangkatan dari stasiun Madiun dan dua pemberangkatan dari stasiun Adi Soemarmo. Penumpang akan dikenakan tarif uji coba KA BIAS mulai Rp7.000 – Rp40.000 sesuai relasi yang dipilih. (Rindhu Dwi Kartiko/Denno Ramdha Asmara/Feny Aprianti)

  • Gibran Malam Minggu di Night Market Solo Bareng Keluarga
                
                    
                        
                            Regional
                        
                        2 November 2024

    Gibran Malam Minggu di Night Market Solo Bareng Keluarga Regional 2 November 2024

    Gibran Malam Minggu di Night Market Solo Bareng Keluarga
    Tim Redaksi
    SOLO, KOMPAS.com
    – Wakil Presiden
    Gibran Rakabuming Raka
    bersama keluarganya menghabiskan malam Minggu di Kawasan Gatot Suprapto (Gatsu)-Ngarsopuro, Kota Solo, Jawa Tengah, pada Sabtu (2/11/2024) sekitar pukul 20.55 WIB.
    Gibran tiba bersama istrinya, Selvi Ananda, dan kedua anaknya, Jan Ethes Srinarendra dan La Lembah Manah.
    Dalam kunjungan tersebut, Gibran terlihat mengenakan kemeja putih sambil menggendong La Lembah Manah, sementara Selvi Ananda tampil santai dengan kemeja berwarna dongker dan menggandeng Jan Ethes.
    Setibanya di
    Night Market Ngarsopuro
    , mereka langsung mengunjungi berbagai stand Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) yang mayoritas menjual kerajinan tangan.
    Selvi Ananda tampak memilih barang bersama La Lembah Manah dan kemudian membeli kerajinan tangan yang dicobanya.
    Dalam kesempatan ini, Gibran menyatakan bahwa kunjungan tersebut adalah bagian dari pengawasan terhadap roda perekonomian UMKM di Kota Solo yang berjalan lancar.
    “Kita lihat UMKM, kreator-kreator nanti kita lihat sendiri sangat diuntungkan dengan keramaian seperti ini (Night Market Ngarsopuro Solo),” ujar Gibran Rakabuming Raka.
    Ia juga mengajak masyarakat untuk berpartisipasi dalam meramaikan acara-acara dan melakukan transaksi jual beli.
    “Jadi ya ayolah, gotong royong biar Solo semakin aman, nyaman, dan pendatang yang hadir aman,” jelasnya.
    Kegiatan ini diharapkan dapat mendorong pertumbuhan ekonomi lokal dan memberikan dukungan bagi pelaku UMKM di Kota Solo.
    Copyright 2008 – 2024 PT. Kompas Cyber Media (Kompas Gramedia Digital Group). All Rights Reserved.

  • Wapres tinjau uji coba battery tram di Stasiun Purwosari

    Wapres tinjau uji coba battery tram di Stasiun Purwosari

    Wakil Presiden RI Gibran Rakabuming Raka meninjau uji coba battery tram atau kereta bertenaga baterai di Stasiun Purwosari Solo, Jawa Tengah, Sabtu (2/11/2024). ANTARA/Aris Wasita

    Wapres tinjau uji coba battery tram di Stasiun Purwosari
    Dalam Negeri   
    Widodo   
    Sabtu, 02 November 2024 – 15:49 WIB

    Elshinta.com – Wakil Presiden Gibran Rakabuming Raka meninjau uji coba battery tram atau kereta bertenaga baterai di Stasiun Purwosari Solo, Jawa Tengah, Sabtu.

    Kunjungan kerja kali ini merupakan kepulangan pertamanya ke Solo usai Gibran dilantik sebagai Wakil Presiden pada 20 Oktober 2024.

    Gibran tiba dengan menggunakan kendaraan Maung Pindad sekitar pukul 07.11 WIB. Pada peninjauannya, Gibran didampingi Direktur pengembangan PT INKA Roppiq Lutzfi Azhar, PJ Gubernur Jawa Tengah Nana Sudjana, Kepala Daop VI Bambang Respationo, dan Pengageng Pura Mangkunegaran Surakarta KGPAA Mangkunegara X.

    Usai tiba, Gibran langsung meninjau ke dalam dan memperoleh penjelasan mengenai battery tram. Kunjungan tersebut hanya sekitar 20 menit.

    Manager Humas dan Protokoler Nuur Aisyah Murti mengatakan kedatangan Gibran ini untuk meninjau uji coba tersebut. Ia mengatakan battery tram merupakan salah satu solusi transportasi kota.

    “Kami sangat surprise atas dukungan beliau, tapi yang jelas untuk agenda kenapa kesininya adalah internalnya beliau, yang jelas untuk terus melakukan inovasi teknologi,” katanya.

    Ia mengatakan lintas tram baterai di Pulau Jawa ada di Solo.

    Sementara itu, dikatakannya, uji coba tram baterai akan dilakukan mulai 4-22 November 2024. Dipilihnya Solo untuk uji coba karena kota tersebut hanya mempunyai jalur di tengah kota.

    “Kami melakukan pengujian di sini. Harapannya nanti bisa mendukung untuk transportasi kota, seperti itu masukannya. Yang jelas untuk solusi kemacetan, untuk solusi padat kendaraan bermotor gitu,” katanya.

    Ia mengatakan pada kedatangannya Gibran juga berharap agar INKA bisa segera melakukan finalisasi uji teknologi baterai.

    “Uji coba ini tahap ketiga, masih banyak yang harus dilakukan uji coba,” katanya.

    Sumber : Antara

  • Tinjau Revitalisasi GOR Manahan Solo, Pj Gubernur Jateng Dampingi Wapres Lakukan Kunjungan Kerja – Page 3

    Tinjau Revitalisasi GOR Manahan Solo, Pj Gubernur Jateng Dampingi Wapres Lakukan Kunjungan Kerja – Page 3

    Liputan6.com, Jakarta Wakil Presiden RI Gibran Rakabuming melakukan kunjungan kerja di Kota Surakarta pada Sabtu, 2 November 2024. Dalam kunjungan tersebut, ia didampingi oleh Pj Gubernur Jawa Tengah, Nana Sudjana.

    Proyek revitalisasi Gedung Olahraga (GOR) Manahan menjadi titik pertama yang dikunjungi. Revitalisasi ini sendiri meliputi kolam renang dan bagian lapangan tertutup (indoor).

    Begitu tiba, Wapres dan Pj Gubernur Jateng langsung melihat progres pembangunan bagian tengah yang hampir selesai 100%.

    Adapun proses pembangunan ulang ini bersumber dana dari hiban Uni Emirat Arab sebesar Rp47,3 miliar, yang kemudian dilanjutkan oleh Pemkot Surakarta. Pengerjaannya sendiri dimulai dari Agustus 2024 hingga Desember 2024.

    Menurut Nana, GOR Indoor Manahan cukup luas dan bisa dimanfaatkan 8 cabang olahraga. Di antaranya voli dan badminton. GOR ini juga bisa menampung pengujung hingga 500 orang.

    “Ini dapat menunjang kegiatan-kegiatan olahraga di Soloraya dan Jawa Tengah pada umumnya,” kata Nana.

    Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Surakarta, Rini Kusumandari menyatakan, akan mempercepat proses revitalisasi, agar akhir Desember 2024 dapat difungsikan sesuai target.

    Dijelaskan dia, pekerjaan GOR Manahan hingga akhir tahun nanti, masih menyisakan beberapa item pekerjaan yang belum sempat tergarap pada periode pembangunan sebelumnya.

    Sejumlah pekerjaan itu meliputi pembangunan fisik seperti pekerjaan tangga, lantai, kursi tribun, pengecatan, perlengkapan olahraga, pemasangan lift, dan kelistrikan.

    Selain itu juga ada pemasangan videotron, audio system, pemasangan instalasi AC, ruang kontrol lampu, rumah lift, ruang komentator, hydrant, dan ground water tank.