kab/kota: Sidoarjo

  • Libur Lebaran 2025, Bank DKI Terapkan Operasional Layanan Terbatas, Simak Rinciannya di Sini

    Libur Lebaran 2025, Bank DKI Terapkan Operasional Layanan Terbatas, Simak Rinciannya di Sini

    Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Dionisius Arya Bima Suci

    TRIBUNJAKARTA.COM, GAMBIR – Selama masa libur dan cuti bersama Hari Raya Idulfitri 1446 Hijriah, Bank DKI menerapkan layanan terbatas.

    Adapun penyesuaian ini dilakukan guna memberikan kenyamanan dan kelancaran bagi nasabah dalam melakukan transaksi perbankan.

    Selama periode 31 Maret – 5 April, serta 7 April 2025 pada beberapa lokasi kantor cabang yang telah ditentukan berikut dengan jam operasional tertentu.

    Adapun layanan terbatas yang dapat dilakukan, diantaranya mencakup pembukaan rekening, tarik/setor tunai, pemindahbukuan antar rekening Bank DKI, dan penanganan pengaduan nasabah.

    Berikut daftar lokasi dan jam operasional kantor cabang yang beroperasional secara terbatas:

    31 Maret 2025 (10.00-15.00 WIB)

    • Kantor Cabang Pembantu Ancol

    • Kantor Cabang Pembantu Pondok Labu

    • Kantor Cabang Walikota Jakarta Selatan

    1 April 2025 (10.00-15.00 WIB)

    • Kantor Cabang Pembatu Jatibaru

    • Kantor Cabang Pembantu Kelapa Gading

    • Kantor Cabang Walikota Jakarta Timur

    • Kantor Cabang Walikota Jakarta Barat

    • Kantor Cabang Pembantu Bekasi

    • Kantor Cabang Pembantu Rawamangun

    • Kantor Cabang Walikota Jakarta Barat

    • Kantor Cabang Pembantu Pamulang

    2 April 2025 (08.00-12.00 WIB)

    • Kantor Cabang Otista

    • Kantor Cabang Matraman

    • Kantor Cabang Kebayoran Baru

    • Kantor Cabang Permata Hijau

    • Kantor Cabang Pintu Besar Selatan

    • Kantor Cabang Pembantu Bendungan Hilir

    • Kantor Cabang Pembantu Kebon Jeruk

    • Kantor Cabang Pembantu Bintaro

    • Kantor Cabang Pembantu Bekasi

    • Kantor Cabang Pembantu Ambengan

    3 April 2025 (08.00-12.00 WIB)

    • Kantor Cabang Pembantu Abdul Muis

    • Kantor Cabang Pembantu Cempaka Mas

    • Kantor Cabang Pembantu Kalimalang

    • Kantor Cabang Pembantu Joglo

    • Kantor Cabang Pembantu Pasar Minggu

    • Kantor Cabang Pembantu Bogor

    • Kantor Cabang Pembantu Klender

    4 April 2025 (08.00-12.00 WIB)

    • Kantor Cabang Walikota Jakarta Pusat

    • Kantor Cabang Pembantu Utan Kayu

    • Kantor Cabang Pembantu Jatiuwung

    • Kantor Cabang Pembantu Kemang

    • Kantor Cabang Pembantu Alam Sutera

    • Kantor Cabang Pembantu Sidoarjo

    5 April 2025 (08.00-12.00 WIB)

    • Kantor Cabang Pembantu Tanah Abang

    • Kantor Cabang Pembantu Sunter

    • Kantor Cabang Pembantu Cakung

    • Kantor Cabang Pembantu Rawabelong

    • Kantor Cabang Pembantu Cinere

    • Kantor Cabang Pembantu Bumi Serpong Damai

    • Kantor Cabang Otista

    • Kantor Cabang Pembantu Tebet Barat

    7 April 2025 (08.00-12.00 WIB)

    • Kantor Cabang Juanda

    • Kantor Cabang Tanjung Priok

    • Kantor Cabang Pembantu Dewi Sartika

    • Kantor Cabang Pembantu Poris Daan Mogot

    • Kantor Cabang Pembantu Mampang Prapatan

    • Kantor Cabang Pembantu Karawaci

    • Kantor Cabang Semarang

    • Kantor Cabang Lampung

    • Kantor Cabang Pembantu Rungkut

    • Kantor Cabang Selamet Riyadi

    • Kantor Cabang Bandung

    Selain membuka layanan operasional terbatas, Bank DKI juga telah menyiapkan total 750 unit ATM yang beroperasi dan tersebar di berbagai titik di wilayah DKI Jakarta dan sekitarnya, termasuk di kantor kelurahan dan kecamatan, pusat perbelanjaan, stasiun, terminal, dan lokasi-lokasi publik lainnya. 

    Selain itu, seiring perluasan jaringan layanan kantor pada beberapa wilayah kota besar lainnya, Bank DKI juga memiliki jaringan ATM yang berada di beberapa kota besar di luar Jakarta, diantaranya Bandung, Semarang Solo, Gresik, Sidoarjo, hingga Lampung.

    Untuk informasi lebih lanjut, nasabah dapat mengakses website resmi www.bankdki.co.id, menghubungi Call Center 1500 351, atau mengikuti akun media sosial resmi Bank DKI.

  • BNI Bagikan Takjil dan Layanan Kesehatan di Posko Mudik Malang

    BNI Bagikan Takjil dan Layanan Kesehatan di Posko Mudik Malang

    JABAR EKSPRES – PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk, atau BNI, berperan aktif dalam mendukung kenyamanan arus mudik dengan menyediakan paket takjil dan layanan pemeriksaan kesehatan gratis di Posko Mudik BUMN Malang, Jawa Timur.

    Corporate Secretary BNI, Okki Rushartomo, menjelaskan bahwa pendirian Posko Mudik BUMN ini merupakan bagian dari komitmen BNI sebagai bank milik negara untuk memberikan manfaat langsung kepada masyarakat.

    “Posko Mudik BUMN ini memberikan kesempatan bagi pemudik untuk beristirahat sejenak, memastikan perjalanan mudik yang aman dan lancar,” ujarnya.

    BNI bekerja sama dengan PT Jasa Marga (Persero) Tbk dan PT Semen Indonesia (Persero) Tbk (SIG) mendirikan Posko Mudik BUMN di Rest Area 84A, Ruas Tol Pandaan-Malang, Jawa Timur. Setiap hari, 200 paket takjil disediakan untuk berbuka puasa.

    Posko ini juga siap melayani arus balik pada 5-8 April 2025 di Rest Area 84B dengan berbagai layanan, termasuk pemeriksaan kesehatan dan pengobatan gratis bagi pemudik yang beristirahat.

    Okki berharap, Posko Mudik BUMN dapat menjadi sarana kolaborasi BUMN untuk meningkatkan kepedulian sosial kepada masyarakat.

    “Silakan mampir, manfaatkan Posko Mudik BUMN untuk beristirahat, dan hati-hati berkendara. Semoga selamat berkumpul dengan keluarga di kampung halaman,” tutup Okki.

    **Dukungan BNI Layanan Nasabah Selama Mudik Lebaran**

    Selain itu, untuk mendukung kebutuhan transaksi nasabah selama libur Lebaran, BNI memberikan layanan operasional terbatas dengan gerai O-Branch di lokasi strategis yang sering dilalui pemudik, serta kantor cabang untuk memenuhi kebutuhan masyarakat selama liburan dan Idul Fitri 1446 Hijriah, pada 28 Maret hingga 7 April 2025.

    Okki menjelaskan, layanan O-Branch tersedia di beberapa titik, seperti di Rest Area, terminal, tempat wisata, dan jalur mudik, termasuk di dekat Exit Tol Cirebon dan jalur mudik Sidoarjo di PT Lautan Makmur.

    Di Malang, BNI menyediakan O-Branch di PT Batu Karang, Jl Parangargo Nomor 153, Kabupaten Malang (Cabang Brawijaya).

    Untuk transaksi perbankan seperti setoran, penarikan, dan pemindahan rekening hingga Rp25 juta, serta setoran BBM Pertamina dan transaksi MPM/Bulog/KAI, BNI juga mengerahkan 86 kantor cabang/outlet yang beroperasi dengan jam layanan 9.00-12.00 WIB.

  • BNI gandeng Jasa Marga dan SIG sediakan Posko Mudik di Malang

    BNI gandeng Jasa Marga dan SIG sediakan Posko Mudik di Malang

    Posko Mudik BUMN bisa dimanfaatkan pemudik untuk menepi dan beristirahat agar perjalanan mudik berjalan lancar dan aman

    Jakarta (ANTARA) – PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk atau BNI berkolaborasi dengan PT Jasa Marga (Persero) Tbk dan PT Semen Indonesia (Persero) Tbk (SIG) mendirikan Posko Mudik BUMN di Malang yang berlokasi di Rest Area 84A, Ruas Tol Pandaan Malang, Jawa Timur.

    Corporate Secretary BNI Okki Rushartomo dalam keterangannya di Jakarta, Senin, mengungkapkan pendirian Posko Mudik BUMN merupakan bagian dari komitmen BNI sebagai bank milik negara untuk turut hadir memberikan manfaat kepada masyarakat.

    “Posko Mudik BUMN bisa dimanfaatkan pemudik untuk menepi sejenak dan beristirahat agar perjalanan mudik berjalan lancar dan aman,” ujarnya.

    Posko Mudik BUMN juga disiagakan untuk arus balik di rest area 84B pada 5-8 April 2025 meliputi layanan “refreshment” serta pemeriksaan kesehatan dan pengobatan gratis bagi masyarakat yang memilih beristirahat di lokasi tersebut.

    Sebelumnya, pada Ramadhan, BNI juga membagikan sebanyak 200 paket takjil per hari siap melayani masyarakat yang hendak berbuka puasa di area tersebut.

    Melalui kegiatan Posko Mudik BUMN ini, lanjut Okki, diharapkan bisa menjadi sarana kolaborasi yang solid bagi BUMN demi meningkatkan kepedulian sosial terhadap masyarakat.

    “Silakan mampir dan manfaatkan Posko Mudik BUMN untuk beristirahat, jangan lupa hati-hati berkendara dan selamat berkumpul bersama keluarga di kampung halaman,” tutup Okki.

    Selain itu, guna mendukung kebutuhan transaksi nasabah selama libur lebaran, BNI menerapkan layanan operasional terbatas dengan menyiapkan layanan gerak (O-Branch) di berbagai titik strategis yang sering dilalui pemudik serta layanan Kantor Cabang/Outlet guna memenuhi kebutuhan masyarakat selama liburan cuti bersama dan Idul Fitri 1446 Hijriah pada 28 Maret hingga 7 April 2025.

    Okki menyebutkan layanan O-Branch tersebut bisa ditemui di beberapa lokasi di area Rest Area, Terminal, Tempat Wisata dan beberapa jalur mudik di antaranya Rest Area dekat Exit Tol Cirebon, jalur mudik Sidoarjo di PT Lautan Makmur dan banyak lagi.

    Khusus di Wilayah Malang, BNI menyediakan O-Branch yang berlokasi di PT Batu Karang, Jl Parangargo Nomor 153, Kabupaten Malang (Cabang Brawijaya).

    Selanjutnya, untuk melayani transaksi perbankan seperti setoran, penarikan dan pemindahan rekening BNI terbatas senilai Rp25 juta, setoran BBM Pertamina, transaksi MPM/Bulog/KAI, BNI juga mengerahkan sedikitnya 86 Kantor Cabang/Outlet selama libur lebaran 2025 dengan jam layanan mulai pukul 9.00 hingga 12.00 waktu setempat.

    BNI juga tetap menyiagakan berbagai transaksi perbankan lainnya seperti aplikasi wondr by BNI, 13.402 ATM/CRM yang beroperasi 7×24 jam, BNI TapCash (uang elektronik), 333 transaksi CS Digital, pembayaran digital melalui 247.999 mesin Electronic Data Capture (EDC), hingga 214.513 BNI Agen46 yang melayani tarik, setor, transfer, buka rekening, dan top up TapCash.

    BNI pun telah mempersiapkan Customer Experience Center (CX-Center) yang beroperasi 24 jam untuk melayani nasabah selama libur panjang seperti BNI Call di 1500046.

    “Semua layanan tersebut dikerahkan BNI agar nasabah tetap aman dan nyaman selama liburan, selamat Idul Fitri 2025 dan berkumpul bersama keluarga,” pungkas Okki.

    Pewarta: Imamatul Silfia
    Editor: Agus Salim
    Copyright © ANTARA 2025

  • Bank DKI terapkan layanan operasional terbatas di Lebaran 2025

    Bank DKI terapkan layanan operasional terbatas di Lebaran 2025

    layanan terbatas yang dapat dilakukan, diantaranya mencakup pembukaan rekening, tarik/setor tunai, pemindahbukuan antar rekening Bank DKI, dan penanganan pengaduan nasabah

    Jakarta (ANTARA) – Bank DKI menerapkan layanan operasional terbatas pada momen cuti bersama dan libur nasional Hari Raya Idul Fitri 2025.

    Melalui keterangan tertulis, Senin, Bank DKI mengumumkan layanan operasional terbatas pada tanggal 31 Maret 2025, 1 hingga 5 April 2025, dan 7 April 2025 pada lokasi Kantor Cabang yang telah ditentukan berikut dengan jam operasionalnya.

    Adapun layanan terbatas yang dapat dilakukan, diantaranya mencakup pembukaan rekening, tarik/setor tunai, pemindahbukuan antar rekening Bank DKI, dan penanganan pengaduan nasabah.

    Berikut daftar lokasi dan jam operasional Kantor Cabang Bank DKI:

    31 Maret 2025 (10.00-15.00 WIB)

    • Kantor Cabang Pembantu Ancol

    • Kantor Cabang Pembantu Pondok Labu

    • Kantor Cabang Walikota Jakarta Selatan

    1 April 2025 (10.00-15.00 WIB)

    • Kantor Cabang Pembatu Jatibaru

    • Kantor Cabang Pembantu Kelapa Gading

    • Kantor Cabang Walikota Jakarta Timur

    • Kantor Cabang Walikota Jakarta Barat

    • Kantor Cabang Pembantu Bekasi

    • Kantor Cabang Pembantu Rawamangun

    • Kantor Cabang Walikota Jakarta Barat

    • Kantor Cabang Pembantu Pamulang

    2 April 2025 (08.00-12.00 WIB)

    • Kantor Cabang Otista

    • Kantor Cabang Matraman

    • Kantor Cabang Kebayoran Baru

    • Kantor Cabang Permata Hijau

    • Kantor Cabang Pintu Besar Selatan

    • Kantor Cabang Pembantu Bendungan Hilir

    • Kantor Cabang Pembantu Kebon Jeruk

    • Kantor Cabang Pembantu Bintaro

    • Kantor Cabang Pembantu Bekasi

    • Kantor Cabang Pembantu Ambengan

    3 April 2025 (08.00-12.00 WIB)

    • Kantor Cabang Pembantu Abdul Muis

    • Kantor Cabang Pembantu Cempaka Mas

    • Kantor Cabang Pembantu Kalimalang

    • Kantor Cabang Pembantu Joglo

    • Kantor Cabang Pembantu Pasar Minggu

    • Kantor Cabang Pembantu Bogor

    • Kantor Cabang Pembantu Klender

    4 April 2025 (08.00-12.00 WIB)

    • Kantor Cabang Walikota Jakarta Pusat

    • Kantor Cabang Pembantu Utan Kayu

    • Kantor Cabang Pembantu Jatiuwung

    • Kantor Cabang Pembantu Kemang

    • Kantor Cabang Pembantu Alam Sutera

    • Kantor Cabang Pembantu Sidoarjo

    5 April 2025 (08.00-12.00 WIB)

    • Kantor Cabang Pembantu Tanah Abang

    • Kantor Cabang Pembantu Sunter

    • Kantor Cabang Pembantu Cakung

    • Kantor Cabang Pembantu Rawabelong

    • Kantor Cabang Pembantu Cinere

    • Kantor Cabang Pembantu Bumi Serpong Damai

    • Kantor Cabang Otista

    • Kantor Cabang Pembantu Tebet Barat

    7 April 2025 (08.00-12.00 WIB)

    • Kantor Cabang Juanda

    • Kantor Cabang Tanjung Priok

    • Kantor Cabang Pembantu Dewi Sartika

    • Kantor Cabang Pembantu Poris Daan Mogot

    • Kantor Cabang Pembantu Mampang Prapatan

    • Kantor Cabang Pembantu Karawaci

    • Kantor Cabang Semarang

    • Kantor Cabang Lampung

    • Kantor Cabang Pembantu Rungkut

    • Kantor Cabang Selamet Riyadi

    • Kantor Cabang Bandung

    Selain membuka layanan operasional terbatas, Bank DKI juga telah menyiapkan total 750 unit ATM yang beroperasi dan tersebar di berbagai titik di wilayah DKI Jakarta.

    Selain itu, seiring perluasan jaringan layanan kantor pada beberapa wilayah kota besar lainnya, Bank DKI juga memiliki jaringan ATM yang berada di beberapa kota besar di luar Jakarta, diantaranya Bandung, Semarang Solo, Gresik, Sidoarjo, hingga Lampung.

    Untuk informasi lebih lanjut, nasabah dapat mengakses website resmi www.bankdki.co.id, menghubungi Call Center 1500 351, atau mengikuti akun media sosial resmi Bank DKI.

    Pewarta: Lifia Mawaddah Putri
    Editor: Ganet Dirgantara
    Copyright © ANTARA 2025

  • Waspada! Begal Modus Menuntun Motor Sasar Warga Surabaya

    Waspada! Begal Modus Menuntun Motor Sasar Warga Surabaya

    Surabaya (beritajatim.com) – Warga Surabaya tampaknya harus berhati-hati untuk menolong orang yang sedang kesusahan di jalan.

    Pasalnya, baru – baru ini ada modus baru yang mengincar kebaikan hati warga Surabaya. Jika biasanya para pelaku begal berani untuk langsung memepet korban dan mengancam baru mengambil barang berharga, lain hal yang dialami oleh AP warga Sidoarjo.

    AP menceritakan, pada awal Maret 2025 lalu ia baru saja menjadi korban begal. Modusnya, pelaku pura-pura menuntun sepeda motor seperti kehabisan bensin.

    Saat itu, AP kasihan dan langsung mendatangi kedua orang yang tampak mendorong motornya itu.

    “Waktu itu saya mau pulang ke arah Sidoarjo. Saat berada di Jalan MERR (Ir. Soekarno) wilayah Gunung Anyar, saya melihat ada dua orang sedang menuntun sepeda motor. Karena kasihan saya datangi,” kata AP, Senin (31/03/2025).

    AP lantas menawarkan bantuan untuk menyetut sepeda motor yang mogok ke Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBBU) terdekat.

    Kedua pelaku setuju, Satu orang dibonceng AP sementara satu orang yang lain menaiki sepeda motor yang mogok. Belum jauh mendorong sepeda motor yang mogok,ada dua orang lain yang mendekat dan langsung menodongkan pisau ke AP.

    “Mulanya saya kira saya dan orang yang saya tolong itu jadi korban begal. Ternyata mereka itu komplotan,” imbuh AP.

    Korban yang ketakutan menyerahkan sepeda motor dan Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK). Keempat pelaku pun kabur ke arah Pondok Candra Sidoarjo.

    Seingat Korban AP, pelaku berusia dewasa. Keempat masing-masing berboncengan dua orang mengendarai motor Vario dan PCX. Dua orang yang bertugas menyergap dirinya memakai jaket serba hitam, dan bermasker penutup hidung serta mulut.

    “Pelaku berjumlah 4 orang. Untuk sepeda motor Honda Scoopy saya sudah lunas. Beruntungny nyawa saya selamat dan tidak ada luka,” tutur AP.

    Walaupun telah menjadi korban, AP mengaku belum melaporkan hal ini ke pihak kepolisian. Alasannya, ia masih bingung dan belum ada Waktu lebih. Ia pun berencana akan melapor ke Polsek Gunung Anyar dalam waktu dekat. (ang/ted)

  • Pemprov Bakal Sediakan Transportasi Gratis untuk Arus Balik ke Jakarta, Simak Tanggalnya – Page 3

    Pemprov Bakal Sediakan Transportasi Gratis untuk Arus Balik ke Jakarta, Simak Tanggalnya – Page 3

    Sebelumnya diberitakan, pada tahun ini Mudik Gratis yang diselenggarakan oleh Pemerintah Provinsi Jakarta diadakan ke 20 Kota/Kabupaten di 6 (enam) Provinsi di Indonesia. Program ini bertujuan untuk mewujudkan mudik yang selamat, aman, nyaman, dan lancar.

    Diketahui, pada Rabu (26/3), telah dilaksanakan pemberangkatan 10 unit truk yang mengangkut 358 unit sepeda motor peserta Mudik Gratis dari Terminal Pulogadung, Jakarta Timur. Jumlah itu meningkat sebanyak 19,3% dari target awal yaitu 300 unit sepeda motor. Truk-truk tersebut diberangkatkan menuju 4 Kota yaitu Yogyakarta, Semarang, Solo, dan Wonogiri dari semulanya menuju ke 6 Kota.

    Namun pemberangkatan truk yang mengangkut sepeda motor dengan tujuan Kebumen dan Sidoarjo dibatalkan karena jumlah pendaftar tidak memenuhi persyaratan minimal kapasitas angkut truk.

    Sementara itu, Gubernur Jakarta Pramono Anung juga melepas keberangkatan 15.049 peserta Mudik Gratis 2025 dari Monumen Nasional menuju Kota-kota tujuan di keesokan harinya, Kamis (27/3). Jumlah peserta meningkatkan sebanyak 7,68% dari target awal sebanyak 13.975 peserta.

  • Anggota Komisi VII DPR RI tinjau industri tahu di Sidoarjo

    Anggota Komisi VII DPR RI tinjau industri tahu di Sidoarjo

    Sidoarjo (ANTARA) – Anggota Komisi VII DPR RI Bambang Haryo Soekartono meninjau industri pembuatan tahu dan tempe di Kecamatan Taman, Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur.

    Dalam peninjauan tersebut, dia mendorong supaya kawasan tersebut menjadi sentra atau kawasan ekonomi khusus.

    “Kami juga mengawal supaya harga kedelai sebagai bahan baku utama pembuatan tempe dan tahu di lokasi tersebut tetap terjangkau bagi produsen,” katanya di sela peninjauan industri pembuatan tahu dan tempe di Kecamatan Taman, Sidoarjo, Jumat.

    Ia mengemukakan, industri tahu dan tempe di wilayah Kecamatan Taman sangat dominan dan mampu menghasilkan ribuan produk setiap harinya.

    Kawasan itu, menurut dia, layak menjadi ekonomi khusus yang seharusnya untuk pajak penghasilan mereka dapat ditekan oleh pihak terkait sebagai wujud sumbangsih ekonomi kerakyatan.

    ‎”Di sini bisa menjadi sentra industri tahu dan tempe karena pelaku usahanya begitu banyak. Dengan adanya sentra ini ya otomatis kayak kawasan ekonomi khusus. Kami harap perpajakannya agak lebih rendah lagi, sedikit daripada yang ada sekarang,” katanya.

    ‎Ia juga bertekad mengawal harga kedelai, agar industri tahu dan tempe yang ada di wilayah Sidoarjo iklim usahanya tetap kondusif dan bagus.

    Menurut dia, harga kedelai yang saat ini berada angka Rp8.900 per kilogram bisa menjadi penghambat tumbuhnya ekonomi penghasil tahu dan tempe.

    ‎”Kita sangat menginginkan harga kedelai bisa stabil pada angka Rp7.500 sampai Rp8.000 per kilogram. Jadi, jangan sampai naik lagi,” katanya.

    Ia mengatakan, stabilitas harga ini bisa dilakukan oleh pemerintah dengan cara mencari negara-negara penghasil kedelai yang murah di dunia selain dari Amerika dan Kanada.

    “Masih ada negara lain seperti India, masih ada China menjadi referensi penghasil kedelai,” ujarnya.

    Ia berharap Indonesia bisa menjadi penghasil kedelai mengingat dulu di masa kepemimpinan Presiden Soeharto hal itu pernah dicanangkan dengan program tanam kedele serentak yang hasilnya mencapai 2 juta ton kedelai.

    ‎”Kalau 2 juta ton itu bisa direalisasikan, maka impor kita yang berjumlah sekitar 2,27 juta ton Itu 2 jutanya sudah habis oleh produk kita sendiri,” ucapnya.

    Ia meminta dinas terkait untuk menjembatani produk-produk lokal seperti tempe dan tahu memilik merek sendiri khas Sidoarjo supaya lebih dikenal masyarakat, jika didistribusikan di luar daerah tanpa mengurangi keabsahan dari produksinya asal Sidoarjo.

    ‎Sementara itu, Bakri salah satu produsen tahu mengakui keuntungan yang didapat sangat tipis jika dihitung dari harga kedelai saat ini dan ongkos produksi. Dia berharap harga kedelai dapat disubsidi oleh pemerintah atau diturunkan di angka Rp8.000 ribu per kilogram.

    Pewarta: Indra Setiawan
    Editor: Bambang Sutopo Hadi
    Copyright © ANTARA 2025

  • Terminal Purabaya layani 89.552 penumpang pada H-3 Lebaran 2025

    Terminal Purabaya layani 89.552 penumpang pada H-3 Lebaran 2025

    Angka ini menunjukkan peningkatan mobilitas masyarakat menjelang Hari Raya Idul Fitri 1446 Hijriah. Kami melihat tren kenaikan jumlah penumpang sejak akhir pekan lalu, terutama pada layanan antarkota dalam provinsi (AKDP)

    Surabaya (ANTARA) – Terminal Tipe A Purabaya telah melayani 89.552 penumpang bus selama periode 23-28 Maret 2025 saat arus mudik Lebaran 2025 yang bertepatan dengan H-3 Idul Fitri 1446 Hijriah.

    Humas Terminal Tipe A Purabaya Sarah Abigail mengatakan, jumlah tersebut terdiri atas 46.203 penumpang yang datang dan 43.349 penumpang yang berangkat.

    “Angka ini menunjukkan peningkatan mobilitas masyarakat menjelang Hari Raya Idul Fitri 1446 Hijriah. Kami melihat tren kenaikan jumlah penumpang sejak akhir pekan lalu, terutama pada layanan antarkota dalam provinsi (AKDP),” katanya saat dikonfirmasi di Sidoarjo, Jumat.

    Sarah menjelaskan bahwa dari sisi keberangkatan, angka tertinggi terjadi pada Selasa (25/3) dengan 21.384 penumpang.

    Sementara itu, jumlah penumpang yang berangkat pada Minggu (23/3) mencapai 14.013 orang, Senin (24/3) sebanyak 13.933 orang, Rabu (26/3) naik menjadi 17.412 orang, Kamis (27/3) bertambah menjadi 18.183 orang, dan Jumat (28/3) hingga pukul 14.00 WIB tercatat 14.601 orang.

    Sedangkan untuk kedatangan, pada Minggu (23/3) tercatat 9.450 orang, Senin (24/3) sebanyak 10.072 orang, Selasa (25/3) mencapai 8.752 orang, Rabu (26/3) berjumlah 8.619 orang, Kamis (27/3) meningkat menjadi 10.081 orang, dan Jumat (28/3) hingga pukul 14.00 WIB tercatat 9.122 orang.

    Sarah menambahkan, jika dilihat dari data tersebut, jumlah kedatangan terus meningkat dalam beberapa hari terakhir, terutama pada layanan AKDP yang mendominasi arus mudik Lebaran 2025.

    Oleh karena itu, manajemen Terminal tipe A Purabaya Sidoarjo terus berupaya menjaga kelancaran arus mudik tahun ini dengan mengatur jadwal keberangkatan bus, menambah armada jika diperlukan, serta meningkatkan pengawasan di terminal.

    “Jumlah kedatangan menunjukkan tren peningkatan seiring dengan semakin dekatnya Lebaran,” tuturnya.

    Ia memprediksi lonjakan penumpang masih akan berlangsung dalam beberapa hari ke depan hingga puncak arus mudik mendekati Lebaran.

    Pewarta: Indra Setiawan/Naufal Ammar Imaduddin
    Editor: Ahmad Buchori
    Copyright © ANTARA 2025

  • 2
                    
                        8 Tahun Tak Keluar Rp 1 Pun untuk Mudik, Begini Trik Driver Ojol Bawa Keluarganya
                        Surabaya

    2 8 Tahun Tak Keluar Rp 1 Pun untuk Mudik, Begini Trik Driver Ojol Bawa Keluarganya Surabaya

    8 Tahun Tak Keluar Rp 1 Pun untuk Mudik, Begini Trik Driver Ojol Bawa Keluarganya
    Tim Redaksi
    SIDOARJO, KOMPAS.com – 
    Yongki Ari (28) bersama keluarganya bisa menghemat jutaan rupiah saat pulang ke kampung halaman berkat program mudik gratis.
    Sehari-hari, Yongki bekerja sebagai driver ojek
    online
    (ojol) di Sidoarjo, Jawa Timur. Ia telah menjadi peserta setia program mudik gratis setiap menjelang Hari Raya Idul Fitri selama delapan tahun.
    Warga asli Magetan ini kini menetap di Sidoarjo setelah menikah.
     
    Bagi Yongki, mudik ke kampung halaman adalah momen yang paling dinantikan setiap Lebaran.
    “Saya ikut delapan tahunan sejak Gubernur Jatim Pak Soekarwo,” kata Yongki saat ditemui
    Kompas.com
    menjelang keberangkatan Mudik Gratis
    Pemkab Sidoarjo
    2025, Jumat (28/3/2025).
    Menurut dia, program ini sangat membantu dari segi ekonomi. Dengan mudik gratis, ia bisa menghemat biaya perjalanan hingga jutaan rupiah.
    Jika menggunakan transportasi umum seperti bus, biaya pergi pulang yang harus dikeluarkan sekitar Rp 300.000 per orang.
    Sementara, Yongki biasanya mudik bersama lima anggota keluarganya sehingga total biaya yang bisa dihemat cukup besar.
    “Ikut mudik setiap tahun karena hemat banget. Terus nyaman karena dikawal kepolisian,” ujarnya.
    Perjalanan dari Sidoarjo ke Magetan melalui jalur tol biasanya memakan waktu sekitar dua jam.
    Selama perjalanan, Pemkab Sidoarjo juga menyediakan parsel dan
    snack
    sebagai bekal bagi peserta mudik.
    “Kalau perjalanan malam, kadang ada nasi,” imbuhnya.
    Yongki mengaku tak memiliki kekhawatiran selama mengikuti program ini. Ia percaya kendaraan yang digunakan sudah diperiksa secara menyeluruh demi keselamatan penumpang.
    “Dari
    event
    pemerintah itu pasti sebelumnya kondisinya kendaraan sudah dicek dan selayak mungkin untuk keselamatan
    driver
    dan penumpang,” terangnya.
    Bahkan, saat mudik, Yongki tetap mengenakan jaket ojol kebanggaannya.
    Kebahagiaannya semakin bertambah karena baru saja menerima tunjangan hari raya (THR) dari aplikator ojek
    online
    .
    “Kemarin mendapat THR pertama kali dari Grab sebesar Rp 500.000, jadi lebih hemat lagi bisa untuk kebutuhan yang lain,” ungkapnya.
    Tak hanya memanfaatkan Mudik Gratis, Yongki juga akan mengikuti program Balik Gratis yang disediakan oleh Pemkab Magetan untuk perjalanan kembali ke Sidoarjo.
    “Iya ikut Balik Gratis juga nanti dari Pemkab Magetan,” pungkasnya.
    Copyright 2008 – 2025 PT. Kompas Cyber Media (Kompas Gramedia Digital Group). All Rights Reserved.

  • 654 orang ikut mudik gratis ke Kepulauan Seribu 

    654 orang ikut mudik gratis ke Kepulauan Seribu 

    Jakarta (ANTARA) – Sebanyak 654 orang mengikuti Program Mudik Gratis Pemerintah Provinsi DKI Jakarta ke Kabupaten Kepulauan Seribu dengan keberangkatan dari Pelabuhan Muara Angke, Penjaringan, Jakarta Utara, pada Jumat.

    “Ini adalah kegiatan yang pertama mudik gratis ke Kepulauan Seribu. Hari ini kami melakukan pelepasan 13 kapal peserta mudik gratis ke Kepulauan Seribu,” ujar Wakil Gubernur (Wagub) Jakarta, Rano Karno di Pelabuhan Muara Angke, Jakarta Utara.

    Rano mengatakan, ke-654 orang peserta ini merupakan hasil validasi dan verifikasi data terhadap 732 orang yang mendaftar.

    Dari jumlah peserta yang terverifikasi ini, 90 persen merupakan pelajar, mahasiswa dan pekerja yang hendak pulang ke Kepulauan Seribu.

    Adapun kapal yang dikerahkan oleh Dinas Perhubungan DKI pada program mudik gratis hari ini menuju 11 pulau, yakni Pulau Untung Jawa, Pulau Lancang, Pulau Pari, Pulau Payung dan Pulau Tidung.

    Selain itu Pulau Pramuka, Pulau Panggang, Pulau Kelapa, Pulau Kelapa Dua, Pulau Harapan, dan Pulau Sabira.

    Wakil Gubernur (Wagub) Jakarta, Rano Karno di Pelabuhan Muara Angke, Jakarta Utara, Jumat. Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta menyatakan sebanyak 654 orang mengikuti Program Mudik Gratis ke Kepulauan Seribu dengan keberangkatan hari ini. ANTARA/Lia Wanadriani Santosa

    Kapal ini juga dilengkapi dengan alat keselamatan seperti “life jacket”, rakit penolong, pelampung, isyarat visual untuk disabilitas dan alat P3K. “Artinya untuk keselamatan menjadi prioritas utama kami,” kata Rano.

    Lalu, untuk pulau tujuan mudik terbanyak, yakni Pulau Panggang dengan jumlah pemudik sekitar 150 orang.

    Program Mudik Gratis ke Kepulauan Seribu ini merupakan wujud kerja sama antara Dinas Perhubungan DKI dengan Pemerintah Kabupaten Administrasi Kepulauan Seribu dalam membantu masyarakat Kepulauan Seribu untuk dapat merayakan Hari Raya di kampung halaman mereka.

    Sehari sebelumnya, Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta secara resmi melepas keberangkatan bus Mudik Gratis di Monumen Nasional (Monas), Jakarta Pusat.

    Program Mudik Gratis ini memiliki tujuan ke-20 kota dan kabupaten di 6 provinsi, yaitu Bandar Lampung, Palembang, Tasikmalaya, Kuningan, Tegal, Pekalongan Semarang dan Kebumen.

    Selain itu Cilacap, Purwokerto, Solo, Wonogiri, Wonosobo, Sragen, Yogyakarta, Madiun, Kediri, Jombang, Malang dan Sidoarjo.

    Pewarta: Lia Wanadriani Santosa
    Editor: Sri Muryono
    Copyright © ANTARA 2025