kab/kota: Senen

  • DJKA Resmikan Stasiun Kebasen Banyumas, Penumpang Bisa Naik Turun di Sini

    DJKA Resmikan Stasiun Kebasen Banyumas, Penumpang Bisa Naik Turun di Sini

    Bisnis.com, JAKARTA – Direktorat Jenderal Perkeretaapian (DJKA) Kementerian Perhubungan meresmikan Stasiun Kebasen di Banyumas Jawa Tengah sebagai stasiun naik turun penumpang dengan jumlah total 4 perjalanan per hari. 

    Direktur Lalu Lintas dan Angkutan Kereta Api Arif Anwar mengatakan sebelum diresmikan, telah dilakukan uji coba pemberhentian KA Bengawan dan KA Serayu Pagi di Stasiun Kebasen, dengan tujuan perjalanan ke Stasiun Purwokerto, Purwosari hingga Pasar Senen.  

    “Adapun jumlah perjalanan per hari sebanyak 4 perjalanan dengan besaran tarif yang diberlakukan mulai dari Rp63.000 hingga Rp74.000,” kata Arif dalam keterangan resmi, Selasa (24/12/2024). 

    Arif mengklaim dengan dibukanya akses naik-turun penumpang di Stasiun Kebasen ini dapat mempermudah masyarakat dalam melakukan perjalanan dengan menggunakan moda kereta api. Selain itu, pembukaan stasiun ini juga diharapkan dapat menstimulasi peningkatan aktivitas perekonomian lokal masyarakat di Kabupaten Banyumas, hingga mempromosikan potensi objek wisata sekitar. 

    Stasiun Kebasen mempunyai posisi yang strategis, kata Arif, terletak di jalur utama kereta api yang menghubungkan sejumlah kota besar di Jawa Tengah, sehingga dengan benefit ini tentunya dapat mempercepat konektivitas antar Kota dan Daerah. 

    Selain itu, dengan status barunya ini, Stasiun Kebasen juga diharapkan dapat memberikan kemudahan bagi penumpang  dengan menjadi pilihan utama transportasi publik andalan yang efisien serta ramah lingkungan. 

    Pada awalnya, Stasiun Kebasen beroperasi menggunakan bangunan lama dengan tiga jalur kereta api, di mana jalur 2 berfungsi sebagai sepur lurus. Setelah dilakukan pembangunan jalur ganda pada segmen lintas antara stasiun ini dan Stasiun Kroya, operasional stasiun dipindahkan ke bangunan baru yang terletak sekitar 200 meter di sebelah tenggara bangunan lama. Selain itu, ditambahkan satu jalur baru di sisi timur laut stasiun. 

    Perubahan tata letak ini menghasilkan empat jalur, dengan jalur 3 berfungsi sebagai sepur lurus untuk arah Purwokerto, sedangkan jalur 2 menjadi sepur lurus untuk arah Kroya.

  • Jaksel sediakan posko kesehatan untuk malam Tahun Baru 2025

    Jaksel sediakan posko kesehatan untuk malam Tahun Baru 2025

    Jakarta (ANTARA) – Suku Dinas Kesehatan Kota Administrasi Jakarta Selatan menyediakan posko kesehatan di malam Tahun Baru 2025 untuk memastikan masyarakat yang merayakan dalam kondisi sehat.

    “Kami menyebar posko kesehatan di sejumlah titik strategis pada malam pergantian Tahun Baru,” kata Kepala Suku Dinas Kesehatan (Sudinkes) Jakarta Selatan Yudi Dimyati saat dihubungi di Jakarta, Selasa.

    Yudi mengatakan posko itu tersebar di Unit Pengelola Kawasan Perkampungan Budaya Betawi (UPK PBB) Setu Babakan, parkir timur mall Kalibata City dan Lapangan Deppen Pesanggrahan.

    Kemudian, kawasan SCBD ada “Panggung Jakarta Bernostalgia”. Sedangkan “Panggung Jakarta Bergoyang” ada di Patung Pemuda Membangun dan “Panggung Anak Indie” di Taman Budaya Dukuh Atas.

    Lokasi lainnya, yakni Posko Pengamanan Tebet Eco Park (Tebet), lampu lalu lintas (traffic light) PIM 2 (Kebayoran Lama), lampu lalu lintas Fatmawati (Cilandak), lalu lintas Mampang, Posko Aeon Mall dan Ragunan (Pasar Minggu).

    “Fasilitas yang tersedia dalam posko, yakni ambulans dan tim medis lengkap dengan obat emergensi,” ujarnya.

    Adapun pelayanan yang tersedia di posko kesehatan mulai dari pengecekan tensi darah, gula darah hingga konsultasi kesehatan.

    Sudinkes Jakarta Selatan mengimbau masyarakat untuk memanfaatkan fasilitas ini jika membutuhkan bantuan kesehatan.

    Dinas Kesehatan DKI juga memberikan pelayanan kesehatan kepada pengemudi dan pemudik selama libur Natal 2024 dan Tahun Baru 2025 di tujuh terminal, dua stasiun kereta api dan dua pelabuhan laut.

    Tujuh terminal itu, yakni Pulo Gebang, Tanjung Priok, Kalideres, Kampung Rambutan, Grogol, Muara Angke dan Lebak Bulus.

    Lokasi lainnya berada di Stasiun Gambir, Stasiun Senen, Dermaga Ancol dan Pelabuhan Kali Adem.

    Pemeriksaan kesehatan pengemudi dan pelayanan kesehatan pemudik berlangsung 18 Desember 2024-5 Januari 2025.

    Pewarta: Luthfia Miranda Putri
    Editor: Sri Muryono
    Copyright © ANTARA 2024

  • Libur Nataru, Yogyakarta dan Surabaya Jadi Destinasi Favorit Penumpang Kereta Api

    Libur Nataru, Yogyakarta dan Surabaya Jadi Destinasi Favorit Penumpang Kereta Api

    Jakarta, Beritasatu.com – Daerah Istimewa Yogyakarta atau Jogja dan Surabaya menjadi destinasi unggulan dengan jumlah penumpang kereta api jarak jauh (KAJJ) tertinggi selama periode libur Natal dan Tahun Baru (Nataru), 19 Desember 2024 sampai 5 Januari 2025.

    Direktur Utama PT Kereta Api Indonesia (KAI) Didiek Hartantyo mengungkapkan, pembelian tiket KAJJ tertinggi adalah keberangkatan kereta Stasiun Pasar Senen menuju Jawa Tengah dan Jawa Timur. Sebagian besar penumpang menggunakan kereta api kelas ekonomi dibandingkan eksekutif.

    “Ada Jogja, kemudian Surabaya, Semarang, dan Purwokerto,” kata Didiek kepada wartawan di Stasiun Pasar Senen, Jakarta, Senin (23/12/2024).

    Sementara itu, PT KAI mencatat pembelian tiket KAJJ di 50 stasiun sudah mencapai lebih dari 2.000.000 penumpang dari 3.544.000 kursi yang tersedia. Oleh sebab itu, sampai Senin (23/12/2024) masih tersisa sebanyak 1.544.000 tempat duduk yang masih bisa mengangkut penumpang untuk tiket kereta api jarak jauh saat libur Nataru.

    Sejauh ini, jumlah penumpang yang sudah melakukan keberangkatan hampir mencapai 1.000.000 orang sejak Kamis (19/12/2024). Rata-rata penumpang KAJJ yang datang ke stasiun sekitar 200.000 orang per harinya.

    Dirut PT KAI turut mengimbau bagi masyarakat yang berencana menggunakan jasa layanan kereta api untuk segera melakukan pembelian tiket. Hal itu disebabkan harga tiket kereta api yang mengalami kenaikan mendekati hari Natal dan Tahun Baru.

    “Tarif tiket kereta api itu ada surplus ya, semakin cepat pesan maka akan mendapatkan harga yang paling efisien. Nanti kalau sudah mendekati hari keberangkatan (Nataru), maka yang tersisa tinggal (harga) yang di atas,” jelas Didiek terkait harga tiket kereta api jarak jauh saat libur Nataru.

  • Nikmati Kemudahan Transaksi Digital di Loko Café dan Resto on Train Berkat Kolaborasi BRI dan KAI

    Nikmati Kemudahan Transaksi Digital di Loko Café dan Resto on Train Berkat Kolaborasi BRI dan KAI

    Jakarta: PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk atau BRI bersama PT Kereta Api Indonesia (Persero) atau KAI dan PT Reska Multi Usaha atau RMU, yang merupakan anak usaha KAI memperkuat kolaborasi strategis dengan mengimplementasikan sistem pembayaran berbasis QRIS (Quick Response Code Indonesian Standard) di Resto on Train dan Loko Café.
     
    Inisiatif ini bertujuan memberikan pengalaman transaksi digital yang praktis dan aman bagi pelanggan, baik selama perjalanan kereta api maupun di area stasiun, sekaligus mendukung transformasi layanan berbasis digital.
     
    Direktur Wholesale & Institution Business BRI Agus Noorsanto menyampaikan bahwa kerja sama ini sejalan dengan visi strategis BRI dalam mendorong akselerasi digitalisasi keuangan di berbagai sektor.
     

    “Implementasi QRIS di resto on train dan Loko Café ini merupakan wujud nyata kolaborasi antarBUMN dalam memberikan solusi inovatif yang relevan dengan kebutuhan masyarakat. Dengan dukungan teknologi dan jaringan BRI, kami menghadirkan sistem pembayaran yang lebih efisien, nyaman, dan aman bagi pelanggan KAI,” ujarnya.
    Seremoni kerja sama ini digelar pada 23 Desember 2024, di Loko Café Stasiun Gambir bersamaan dengan peluncuran resmi Loko Café yang berlokasi di berbagai stasiun strategis, yaitu Stasiun KCIC Halim, Stasiun Gambir, Stasiun Senen, dan Stasiun Purwokerto. Pada outlet baru tersebut, BRI memberikan promo cashback sebesar Rp29 ribu untuk setiap minimal transaksi Rp100 ribu.
     
    Nasabah dapat melakukan pembayaran makanan dan minuman menggunakan super apps BRImo untuk memberikan pengalaman transaksi digital yang mudah, cepat, dan aman. Implementasi QRIS BRI berlaku di lebih dari 200 kereta yang melayani berbagai rute KAI dan 20 outlet Loko Café yang tersebar di berbagai stasiun, memungkinkan nasabah menikmati transaksi yang lebih praktis dan efisien. Dalam seremoni tersebut, BRI memberikan program promo spesial berupa cashback hingga 50 persen untuk pembelian makanan dan minuman di resto on train menggunakan BRImo dengan minimal transaksi Rp100 ribu.
     

    “BRI terus menghadirkan solusi yang menghubungkan kebutuhan masyarakat dengan teknologi inovatif. Implementasi QRIS BRI di Resto on Train dan Loko Café mempertegas komitmen BRI untuk memberikan kemudahan bertransaksi, memperluas jangkauan layanan digital, dan mendukung kenyamanan nasabah dalam setiap aktivitas finansial,” kata Agus Noorsanto.
     
    Pada saat yang sama, Plt Direktur Utama KAI Services Ririn Widi Astutik menegaskan komitmen KAI Services untuk memberikan pelayanan yang inovatif dan unggul. Dirinya juga berharap, kehadiran fasilitas baru ini menjadi langkah strategis untuk meningkatkan kualitas layanan pelanggan secara keseluruhan.
     
    ”KAI Services memiliki komitmen yang tinggi untuk selalu memberikan pelayanan terdepan kepada semua pelanggan, dengan hadirnya 4 Loko Café, selain itu area parkir double decker di Stasiun Pasar Senen serta gudang utama Branch Office 1 Jakarta yang baru diresmikan, kami berharap bisa terus meningkatkan pelayanan dan melangkah lebih baik lagi,” ujar Ririn.
     
    Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
    dan follow Channel WhatsApp Medcom.id

    (ROS)

  • Libur Nataru, 2 Juta Tiket Kereta Api Jarak Jauh Telah Terjual

    Libur Nataru, 2 Juta Tiket Kereta Api Jarak Jauh Telah Terjual

    Jakarta, Beritasatu.com – PT Kereta Api Indonesia (KAI) menyatakan 2 juta tiket kereta api jarak jauh (KAJJ) telah terjual untuk masa libur Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2024/2025. Jumlah tersebut berdasarkan data per Senin (23/12/2024).

    Direktur Utama PT KAI Didiek Hartantyo mengatakan, tempat duduk yang disediakan untuk kereta api jarak jauh mencapai 3.544.000 kursi. “Artinya, masih tersedia sekitar 1.500.000 tiket hingga 5 Januari,” ujarnya di Stasiun Pasar Senen, Jakarta, Senin (23/12/2024).

    PT KAI menetapkan masa angkutan Nataru selama 18 hari, mulai 19 Desember 2024 hingga 5 Januari 2025. Untuk mengantisipasi lonjakan penumpang, PT KAI menambah gerbong kereta dan tenaga kerja.

    “Kami menambah 2.000 tenaga kerja, termasuk 600 petugas di 50 stasiun. Hal ini untuk memastikan pelayanan optimal selama masa libur Nataru,” kata Didiek terkait penjualan tiket kereta api jarak jauh pada libur Nataru.

    Dalam lima hari terakhir, jumlah pengguna jasa KAJJ telah mencapai 1 juta orang, dengan rata-rata 200.000 penumpang per hari dari Stasiun Pasar Senen.

    “Diperkirakan puncak lonjakan penumpang terjadi pada 24 Desember 2024, menjelang Natal, dan lonjakan kedua pada 29 Desember 2024 serta 2 Januari 2025,” jelas Didiek.

    Selain menambah kapasitas kereta, PT KAI juga menyediakan layanan customer service online untuk mempermudah penumpang.

    “Kami memastikan seluruh operasional berjalan lancar sehingga masyarakat dapat menikmati perjalanan dengan nyaman dan aman selama libur Nataru,” pungkas Didiek terkait penjualan tiket kereta api jarak jauh pada libur Nataru.

  • KAI pastikan penumpang dapat tiket perjalanan selama Natal-Tahun Baru

    KAI pastikan penumpang dapat tiket perjalanan selama Natal-Tahun Baru

    Ilustrasi – Lokomotif KA di Stasiun Pasar Senen, Jakarta. ANTARA/Ahmad Wijaya

    KAI pastikan penumpang dapat tiket perjalanan selama Natal-Tahun Baru
    Dalam Negeri   
    Editor: Calista Aziza   
    Senin, 23 Desember 2024 – 13:03 WIB

    Elshinta.com – PT Kereta Api Indonesia (Persero) atau KAI memastikan calon penumpang mendapatkan tiket perjalanan sesuai tujuan selama libur Natal 2024 dan Tahun Baru 2025.

    “Para calon penumpang dapat memanfaatkan aturan yang telah ditetapkan terkait pembelian tiket. Untuk pembelian tiket KA jarak jauh, pembelian tiket dapat dilakukan mulai H-45 sebelum jadwal keberangkatan,” ujar VP Public Relations KAI Anne Purba dalam keterangannya di Jakarta, Senin.

    Sementara, bagi penumpang yang ingin membeli tiket KA perjalanan lokal, tiket tersedia H-30 sebelum keberangkatan. Serta, untuk beberapa perjalanan tertentu, tiket tersedia hingga H-7 sebelum waktu keberangkatan.

    “Selain itu, KAI terus meningkatkan kemudahan layanan bagi pelanggan dengan menyediakan fitur reschedule (ubah jadwal) dan pembatalan tiket melalui aplikasi Access by KAI,” kata Anne.

    Menurut dia, layanan tersebut akan memudahkan calon penumpang untuk melakukan perubahan atau pembatalan perjalanan agar lebih fleksibel.

    Di tengah cuaca yang cukup ekstrem, Anne pun menekankan seluruh perjalanan selama libur Natal-Tahun Baru akan berjalan sesuai jadwal. Ia juga memastikan tidak akan ada penundaan jadwal perjalanan KA

    “KAI berupaya mempertahankan on time performance (OTP) selama periode Natal dan Tahun Baru 2024/2025. Hingga saat ini, tidak ada penundaan perjalanan yang dijadwalkan,” ujar Anne.

    Sampai saat ini, KAI terus memantau kondisi cuaca di seluruh wilayah operasional dan siap mengambil langkah antisipatif demi keselamatan penumpang.

    “Jika terjadi cuaca ekstrem yang berpotensi memengaruhi operasional perjalanan kereta api, KAI akan melakukan pemeriksaan intensif di titik-titik rawan bencana. Saat ini, KAI telah menyiapkan alat material untuk siaga (AMUS) di lokasi strategis,” katanya.

    Anne menekankan komitmen KAI dalam memberikan perjalanan yang aman dan nyaman bagi pelanggan.

    Jika terjadi penundaan atau perubahan jadwal akibat cuaca ekstrem, informasi akan disampaikan melalui siaran pers di kai.id atau media sosial resmi KAI @kai121.

    Melihat persiapan itu, pengamat transportasi yang juga Direktur Eksekutif Institut Studi Transportasi (Instran) Deddy Herlambang menilai KAI telah cukup berpengalaman.

    “Saya pikir siap sekali karena sudah berpengalaman. Mulai dari Lebaran, Natal-Tahun Baru, dari tahun ke tahun berikutnya itu saya pikir sudah siap,” katanya.

    Deddy mengungkapkan masih banyak masyarakat yang ingin menjadi favorit. Terlebih dengan peningkatan teknologi, sarana, prasarana, dan kemudahan untuk mendapat tiket perjalanan yang sudah semakin maju.

    “Saat ini, mencari kereta api itu sangat mudah, di mana-mana bisa kita cari, di Shopee, Traveloka, Tiket.com, di KAI Access juga bisa. Tapi, mungkin perlu diperhatikan harga tiketnya, untuk lebih disesuaikan agar dapat menjangkau seluruh kalangan masyarakat,” ujarnya.

    Sumber : Antara

  • Kolaborasi BRI & KAI Hadirkan Transaksi Digital di Loko Cafe dan Resto

    Kolaborasi BRI & KAI Hadirkan Transaksi Digital di Loko Cafe dan Resto

    Jakarta, CNN Indonesia

    PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk atau BRI terus memberikan kemudahan dalam transaksi. Kali ini BRI mengimplementasikan sistem pembayaran berbasis QRIS (Quick Response Code Indonesian Standard) di Resto on Train dan Loko Cafe.

    Hal itu terwujud berkat kolaborasi BRI bersama PT Kereta Api Indonesia (Persero) atau KAI dan PT Reska Multi Usaha atau RMU, yang merupakan anak usaha KAI.

    Inisiatif ini bertujuan memberikan pengalaman transaksi digital yang praktis dan aman bagi pelanggan, baik selama perjalanan kereta api maupun di area stasiun, sekaligus mendukung transformasi layanan berbasis digital.

    Direktur Wholesale & Institution Business BRI Agus Noorsanto menyampaikan, kerja sama ini sejalan dengan visi strategis BRI dalam mendorong akselerasi digitalisasi keuangan di berbagai sektor.

    “Implementasi QRIS di resto on train dan Loko Cafe ini merupakan wujud nyata kolaborasi antar BUMN dalam memberikan solusi inovatif yang relevan dengan kebutuhan masyarakat,” ujar Agus dalam keterangannya dikutip Senin (23/12).

    “Dengan dukungan teknologi dan jaringan BRI, kami menghadirkan sistem pembayaran yang lebih efisien, nyaman, dan aman bagi pelanggan KAI,” ujarnya.

    Adapun kerja sama ini digelar pada 23 Desember 2024 di Loko Cafe Stasiun Gambir bersamaan dengan peluncuran resmi Loko Cafe yang berlokasi di berbagai stasiun strategis, yaitu Stasiun KCIC Halim, Stasiun Gambir, Stasiun Senen, dan Stasiun Purwokerto.

    Pada outlet baru tersebut, BRI memberikan promo cashback sebesar Rp29 ribu untuk setiap minimal transaksi Rp100 ribu.

    Nasabah dapat melakukan pembayaran makanan dan minuman menggunakan super apps BRImo untuk memberikan pengalaman transaksi digital yang mudah, cepat, dan aman.

    Implementasi QRIS BRI berlaku di lebih dari 200 kereta yang melayani berbagai rute KAI dan 20 outlet Loko Cafe yang tersebar di berbagai stasiun, memungkinkan nasabah menikmati transaksi yang lebih praktis dan efisien.

    Dalam seremoni tersebut, BRI memberikan program promo spesial berupa cashback hingga 50% untuk pembelian makanan dan minuman di resto on train menggunakan BRImo dengan minimal transaksi 100 ribu rupiah.

    “BRI terus menghadirkan solusi yang menghubungkan kebutuhan masyarakat dengan teknologi inovatif. Implementasi QRIS BRI di Resto on Train dan Loko Cafe mempertegas komitmen BRI untuk memberikan kemudahan bertransaksi, memperluas jangkauan layanan digital, dan mendukung kenyamanan nasabah dalam setiap aktivitas finansial,” kata Agus.

    Dalam kesempatan yang sama, Plt Direktur Utama KAI Services Ririn Widi Astutik menegaskan komitmen KAI Services untuk memberikan pelayanan yang inovatif dan unggul.

    Dirinya juga berharap, kehadiran fasilitas baru ini menjadi langkah strategis untuk meningkatkan kualitas layanan pelanggan secara keseluruhan.

    “KAI Services memiliki komitmen yang tinggi untuk selalu memberikan pelayanan terdepan kepada semua pelanggan, dengan hadirnya 4 Loko Cafe, selain itu area parkir double decker di Stasiun Pasar Senen serta gudang utama Branch Office 1 Jakarta yang baru diresmikan, kami berharap bisa terus meningkatkan pelayanan dan melangkah lebih baik lagi.” ujar Ririn.

    (inh/inh)

  • Kolaborasi Strategis BRI dan KAI: Hadirkan Transaksi Digital di di Loko Café dan Resto on Train

    Kolaborasi Strategis BRI dan KAI: Hadirkan Transaksi Digital di di Loko Café dan Resto on Train

    TRIBUNJATIM.COM – PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk atau BRI bersama PT Kereta Api Indonesia (Persero) atau KAI dan PT Reska Multi Usaha atau RMU, yang merupakan anak usaha KAI memperkuat kolaborasi strategis dengan mengimplementasikan sistem pembayaran berbasis QRIS (Quick Response Code Indonesian Standard) di Resto on Train dan Loko Café. Inisiatif ini bertujuan memberikan pengalaman transaksi digital yang praktis dan aman bagi pelanggan, baik selama perjalanan kereta api maupun di area stasiun, sekaligus mendukung transformasi layanan berbasis digital.

    Direktur Wholesale & Institution Business BRI Agus Noorsanto menyampaikan bahwa kerja sama ini sejalan dengan visi strategis BRI dalam mendorong akselerasi digitalisasi keuangan di berbagai sektor. “Implementasi QRIS di resto on train dan Loko Café ini merupakan wujud nyata kolaborasi antar-BUMN dalam memberikan solusi inovatif yang relevan dengan kebutuhan masyarakat. Dengan dukungan teknologi dan jaringan BRI, kami menghadirkan sistem pembayaran yang lebih efisien, nyaman, dan aman bagi pelanggan KAI,” ujarnya.

    Seremoni kerja sama ini digelar pada 23 Desember 2024 di Loko Café Stasiun Gambir bersamaan dengan peluncuran resmi Loko Café yang berlokasi di berbagai stasiun strategis, yaitu Stasiun KCIC Halim, Stasiun Gambir, Stasiun Senen, dan Stasiun Purwokerto. Pada outlet baru tersebut, BRI memberikan promo cashback sebesar Rp29 ribu untuk setiap minimal transaksi Rp100 ribu.

    Nasabah dapat melakukan pembayaran makanan dan minuman menggunakan super apps BRImo untuk memberikan pengalaman transaksi digital yang mudah, cepat, dan aman. Implementasi QRIS BRI berlaku di lebih dari 200 kereta yang melayani berbagai rute KAI dan 20 outlet Loko Café yang tersebar di berbagai stasiun, memungkinkan nasabah menikmati transaksi yang lebih praktis dan efisien. Dalam seremoni tersebut, BRI memberikan program promo spesial berupa cashback hingga 50 persen untuk pembelian makanan dan minuman di resto on train menggunakan BRImo dengan minimal transaksi 100 ribu rupiah.   

    “BRI terus menghadirkan solusi yang menghubungkan kebutuhan masyarakat dengan teknologi inovatif. Implementasi QRIS BRI di Resto on Train dan Loko Café mempertegas komitmen BRI untuk memberikan kemudahan bertransaksi, memperluas jangkauan layanan digital, dan mendukung kenyamanan nasabah dalam setiap aktivitas finansial,” pungkas Agus Noorsanto

    Pada saat yang sama, Plt Direktur Utama KAI Services Ririn Widi Astutik menegaskan komitmen KAI Services untuk memberikan pelayanan yang inovatif dan unggul, serta harapan agar fasilitas baru ini menjadi langkah maju dalam meningkatkan kualitas layanan pelanggan.

    ”KAI Services memiliki komitmen yg tinggi untuk selalu memberikan pelayanan terdepan kepada semua pelanggan, dengan hadirnya 4 loko café, selain itu area parkir double decker di Stasiun Pasar Senen serta gudang utama Branch Office 1 Jakarta yang baru diresmikan, kami berharap bisa terus meningkatkan pelayanan dan melangkah lebih baik lagi,” ujar Ririn.

  • Libur Nataru, 440 Ribu Tiket Kereta dari Stasiun Gambir dan Pasar Senen Ludes Terjual – Page 3

    Libur Nataru, 440 Ribu Tiket Kereta dari Stasiun Gambir dan Pasar Senen Ludes Terjual – Page 3

    Ixfan memprediksi, puncak angkutan Natal akan terjadi pada Selasa 24 Desember 2024 dengan ketercapaian penjualan mencapai 85 persen, angka tersebut masih dapat berubah.

    “Namun demikian Sabtu 21 Desember 2024 hari ini menunjukkan angka penjualan tiket masih cukup tinggi, dengan total penjualan 40.589 tiket atau 91,2 persen dari kapasitas seat yang disediakan per harinya yaitu 44.824 seat,” kata dia.

    Ixfan menuturkan, tiket KAJJ untuk keberangkatan KA dari Stasiun Gambir dan Pasar Senen pada masa libur Nataru mendatang masih cukup banyak tersedia. KAI Daop 1 Jakarta terus menambah rangkaian pada beberapa KAJJ yang berangkat dari Stasiun Gambir dan Pasarsenen.

    “Sehingga total kapasitas seat tersedia saat ini menjadi 821.972 seat dengan 1.552 operasional KAJJ atau 86 KAJJ per harinya,” ujarnya.

  • 440.000 Tiket Kereta Api Jarak Jauh Sold Out, KAI Tingkatkan Jumlah Kursi dan Perjalanan

    440.000 Tiket Kereta Api Jarak Jauh Sold Out, KAI Tingkatkan Jumlah Kursi dan Perjalanan

    Jakarta, Beritasatu.com – Lebih dari 440.000 tiket kereta api jarak jauh (KAJJ) keberangkatan dari Stasiun Pasar Senen dan Stasiun Gambir telah terjual selama masa libur Natal dan Tahun Baru (Nataru).

    PT KAI (Persero) Daop 1 Jakarta pun meningkatkan kapasitas tempat duduk untuk keberangkatan KAJJ dari Stasiun Pasar Senen dan Stasiun Gambir. Penambahan kapasitas tempat duduk dilakukan untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat selama libur Nataru.

    “Sebanyak 821.972 tempat duduk telah disiapkan, dari Stasiun Gambir 358.358 seat dan Pasar Senen 463.614 seat,” kata Manager Humas KAI Daop 1 Jakarta Ixfan Hendriwintoko dalam keterangannya, Senin (23/12/2024).

    Sebelumnya, PT KAI juga telah mengumumkan penetapan masa angkutan Nataru selama 18 hari, yakni pada 19 Desember 2024 hingga 5 Januari 2025. KAJJ memiliki 86 perjalanan per hari atau sebanyak 1.552 perjalanan selama masa angkutan Nataru.

    Ixfan memprediksi, puncak lonjakan penumpang akan terjadi menjelang Hari Natal, pada Selasa (24/12/2024). Hal tersebut diperkirakan berdasarkan penjualan tiket kereta api yang sudah mencapai 91,2%.

    “Angka penjualan tiket masih cukup tinggi, dengan total penjualan 40.589 tiket atau 91,2% dari kapasitas seat yang disediakan per harinya yaitu 44.824 seat,” ujarnya.

    KAI Daop 1 Jakarta juga terus melakukan penambahan rangkaian pada beberapa KAJJ yang berangkat dari Stasiun Gambir dan Pasar Senen. Total kapasitas tempat duduk yang tersedia saat ini menjadi 821.972 seat dengan 1.552 operasional atau 86 KAJJ per harinya.

    “KAI Daop 1 Jakarta telah memaksimalkan rangkaian untuk KAJJ yang berangkat dari Stasiun Pasar Senen maupun dari Stasiun Gambir, sehingga total seat yang disediakan menjadi 821.972 seat sudah terjual, yaitu sebanyak 440.000 tiket,” pungkas Ixfan yang menyebut tiket kereta api selama Nataru.