kab/kota: Senen

  • KAI Daop 1 Jakarta hadirkan empat perjalanan KA baru pada Gapeka 2025

    KAI Daop 1 Jakarta hadirkan empat perjalanan KA baru pada Gapeka 2025

    Ini merupakan upaya untuk meningkatkan pelayanan kepada pelanggan

    Jakarta (ANTARA) – PT Kereta Api Indonesia (Persero) Daerah Operasi (Daop) 1 Jakarta menghadirkan empat perjalanan kereta api (KA) baru pada Grafik Perjalanan Kereta Api (Gapeka) 2025 guna meningkatkan aksesibilitas masyarakat.

    Keempat perjalanan KA yang dimaksud yakni KA Cakrabuana dengan relasi Gambir – Cirebon – Purwokerto, KA Gunung Jati relasi Gambir – Cirebon – Semarang Tawang Bank Jateng, Argo Anjasmoro relasi Gambir – Surabaya Pasar Turi dan KA Madiun Jaya relasi Pasar Senen – Madiun.

    Pewarta: Lia Wanadriani Santosa
    Editor: Ganet Dirgantara
    Copyright © ANTARA 2025

  • Pedagang Kopi Keliling Tewas Dihantam Kereta Api di Jakpus – Page 3

    Pedagang Kopi Keliling Tewas Dihantam Kereta Api di Jakpus – Page 3

    Liputan6.com, Jakarta – Seorang karyawan aplikasi Kopi Keliling tewas setelah dihantam kereta api. Korban berinisial MFM (20) ini ditemukan tak bernyawa di perlintasan Stasiun Kramat, Jakarta Pusat pada Kamis (16/1/2024).

    “Korban MFM pedagang kopi keliling,” kata Kapolsek Cempaka Putih Kompol Sulistiyo Yudo Pangestu dalam keterangan, Kamis sore (16/1/2025).

    Insiden itu terjadi pada pukul 08.50 WIB. Awalnya, korban berjalan kaki sambil mengenakan headset. Saat menyeberang, korban diduga tak mendengar ada kereta yang melintas, sehingga kecelakaan tak terhindarkan.

    “Korban terserempet bumper kereta api saat jalan kaki menggunakan headset dari Jalan Rawamangun ke arah Pramuka. Kereta dari arah Jatinegara ke arah Pasar Senen,” kata dia.

     

  • DKI kemarin, kebakaran Glodok hingga stok pangan jelang Ramadhan

    DKI kemarin, kebakaran Glodok hingga stok pangan jelang Ramadhan

    Glasswool’ itu adalah peredam, busa di dalam peredam itu. Ketika kena panas itu gampang sekali menyalanya

    Jakarta (ANTARA) –

    Sejumlah peristiwa di DKI Jakarta yang terjadi pada Kamis (16/1) masih layak untuk disimak kembali Jumat antara lain Glasswool” di ruang karaoke sebabkan api di Glodok Plaza cepat besar hingga stok pangan Jakarta selama Ramadhan dan lebaran aman.

    Berikut rangkumannya:

    1. “Glasswool” di ruang karaoke sebabkan api di Glodok Plaza cepat besar

    Jakarta (ANTARA) – Petugas pemadam kebakaran mengungkapkan bahwa “glasswool”, yakni material peredam suara ruangan karaoke di dalam diskotek di lantai 7 Glodok Plaza menjadi penyebab api cepat merambat ke lantai lain.

    “‘Glasswool’ itu adalah peredam, busa di dalam peredam itu. Ketika kena panas itu gampang sekali menyalanya. Perambatan (api) cepat sekali,” ungkap Kepala Seksi Operasi Suku Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan (Gulkarmat) Jakarta Barat, Syarifudin kepada wartawan di lokasi kebakaran Glodok Plaza pada Kamis.

    Baca selengkapnya di sini

    2. 5 orang dilaporkan hilang dalam kebakaran Glodok Plaza

    Jakarta (ANTARA) – Sebanyak lima orang yang terdiri atas empat wanita berinisial AA, Z, SA dan A serta pria berinisial M dilaporkan hilang dalam kebakaran Glodok Plaza, Tamansari, Jakarta Barat, Kamis.

    Kepala Seksi Operasi Suku Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan (Gulkarmat) Jakarta Barat, Syarifudin menyebutkan bahwa orang hilang pertama berinisial AA bekerja sebagai kasir diskotik.

    Baca selengkapnya di sini

    3. Stok pangan Jakarta selama Ramadhan dan Lebaran aman

    Jakarta (ANTARA) – Pemerintah Provinsi DKI Jakarta menyatakan bahwa stok pangan untuk kebutuhan Ramadhan hingga Lebaran 1446 Hijriah aman dengan harga tetap terkendali meskipun terdapat beberapa pangan yang mengalami kenaikan harga.

    “Selalu kami pastikan dan sampaikan kepada masyarakat bahwa stok ketersediaan kita aman, sehingga harga pun akan terkendali,” kata Kepala Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan dan Pertanian (KPKP) DKI Jakarta, Suharini Eliawati saat dihubungi di Jakarta, Kamis.

    Baca selengkapnya di sini

    4. Jakpus tertibkan kabel udara jaringan utilitas di tiga ruas jalan

    Jakarta (ANTARA) – Suku Dinas (Sudin) Bina Marga Kota Administrasi Jakarta Pusat menertibkan kabel udara jaringan utilitas di tiga ruas jalan pada awal Januari ini agar tidak semrawut.

    “Awal tahun ini ada tiga lokasi yaitu di Jalan Hos Cokroaminoto, Teluk Betung, dan Senen Raya,” kata Kepala Sudin Bina Marga Jakpus, Muhammad Soleh di Jakarta, Kamis.

    Menurut dia, pada penertiban kali ini petugas memotong kabel udara jaringan utilitas yang berada di Jalan Teluk Betung, Kelurahan Kebon Melati, Kecamatan Tanah Abang, Jakarta Pusat.

    Baca selengkapnya di sini

    5. Empat mayat ditemukan dalam kebakaran Glodok Plaza

    Jakarta (ANTARA) – Petugas Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan (Gulkarmat) DKI Jakarta menemukan empat mayat dalam kebakaran di gedung Glodok Plaza, Tamansari, Jakarta Barat, dan telah dievakuasi, pada Kamis.

    “Jadi total yang telah kita evakuasi itu ada empat jenazah, empat korban. Tadi satu sudah kita turunkan. Nah, tadi juga sama-sama kita saksikan ada dua kantong jenazah (diturunkan),” kata Pelaksana tugas (Plt) Kepada Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan (Gulkarmat) DKI Jakarta, Satriadi Gunawan kepada wartawan di Jakarta, Kamis.

    Baca selengkapnya di sini

    Pewarta: Mario Sofia Nasution
    Editor: Agus Salim
    Copyright © ANTARA 2025

  • Survei Next ANTARA: Sukses di Nataru, masyarakat rekomendasikan KAI transportasi utama

    Survei Next ANTARA: Sukses di Nataru, masyarakat rekomendasikan KAI transportasi utama

    PT KAI membuktikan kereta api berhasil menjadi penyedia opsi transportasi publik yang tidak hanya nyaman dan aman, tapi juga terjangkau dan ramah lingkungan.

    Jakarta (ANTARA) – Perum LKBN ANTARA melalui unit bisnis NEXT merilis laporan survei kepuasan pelanggan PT Kereta Api Indonesia (KAI) selama momen libur Natal dan Tahun Baru 2024/2025.

    Dilaksanakan dari tanggal 4-11 Januari 2025, survei ini merupakan kelanjutan dari survei Pra Nataru yang telah diselenggarakan pada tanggal 11-17 November 2024.

    Direktur Komersial, Pengembangan Bisnis dan Teknologi Informasi (TI) Perum LKBN ANTARA Jaka Sugiyanta mengatakan, survei tahap dua ini kian menasbihkan kereta api (KA) sebagai moda transportasi pilihan utama masyarakat Indonesia di momen natal-tahun baru.

    “Melalui survei ini, PT KAI membuktikan kereta api berhasil menjadi penyedia opsi transportasi publik yang tidak hanya nyaman dan aman, tapi juga terjangkau dan ramah lingkungan,” ujar Jaka dalam keterangan di Jakarta, Rabu.

    Survei yang dilaksanakan pada 4-11 Januari 2025 ini, merupakan kelanjutan dari survei pra natal-tahun baru yang telah diselenggarakan pada 11-17 November 2024.

    Survei tahap II ini masih mengulas tiga kategori, yakni Layanan dan Fasilitas di Stasiun, Layanan dan Fasilitas di Kereta, dan Pembelian Tiket.

    Selain itu, survei pun dilaksanakan di 10 stasiun yang sama dengan survei pra natal-tahun baru, yakni Stasiun Gambir dan Stasiun Pasar Senen (Jakarta), Stasiun Tugu dan Stasiun Lempuyangan (Yogyakarta), Stasiun Bandung dan Stasiun Kiaracondong (Bandung), Stasiun Tawang dan Stasiun Poncol (Semarang), dan Stasiun Pasar Turi dan Stasiun Gubeng (Surabaya).

    Pada kategori Layanan dan Fasilitas di Stasiun, lebih dari 85 persen responden menilai kebersihan di ruang tunggu dan toilet stasiun baik.

    Selanjutnya, lebih dari 90 persen responden mengaku petugas operasional di stasiun sangat tanggap membantu para calon penumpang.

    Lebih lanjut, Jaka mengatakan, temuan yang cukup menarik adalah adanya sedikit kenaikan pada jumlah responden yang menggunakan boarding face recognition, yakni sebesar 42 persen dibandingkan survei pra natal-tahun baru sebesar 40 persen.

    “Ini (teknologi face recognition) tak diragukan lagi menjadi faktor yang membuat traffic boarding penumpang jadi lancar, tidak ada hambatan,” ujarnya pula.

    Survei ini juga menemukan, KA kelas ekonomi masih menjadi pilihan favorit masyarakat selama masa natal-tahun baru. Adapun persentasenya meliputi kelas ekonomi (63,7 persen), kelas eksekutif (32,2 persen), kelas bisnis (2,6 persen), dan sisanya merupakan kelas compartment, kelas luxury, dan kelas panoramic.

    Dari sisi kebersihan di kereta api, hampir 90 persen responden menyebut bahwa ruangan/gerbong bersih dan hampir 75 persen responden mengaku toilet di dalam kereta cukup bersih.

    “Fasilitas toilet di dalam kereta dari sisi kebersihan cukup baik, namun perlu ditingkatkan,” kata Jaka lagi.

    Lebih dari 80 persen responden menggunakan online ticketing untuk membeli tiket KAI dalam masa Natal dan Tahun Baru 2024/2025 ini.

    Salah satu temuan utama survei ini mengungkapkan bahwa sebagian besar responden (95 persen) mengaku puas terhadap pelayanan KAI selama masa Natal-Tahun Baru 2024/2025. Sementara itu, lebih dari 90 persen menyatakan KAI memberikan pengalaman perjalanan yang aman dan nyaman.

    Pewarta: Maria Cicilia Galuh Prayudhia
    Editor: Budisantoso Budiman
    Copyright © ANTARA 2025

  • Daftar Tambahan Jumlah Perjalanan KA Antar Kota di Jawa pada Gapeka 2025 – Halaman all

    Daftar Tambahan Jumlah Perjalanan KA Antar Kota di Jawa pada Gapeka 2025 – Halaman all

    TRIBUNNEWS.COM – Berikut ini daftar penambahan jumlah perjalanan kereta api antar kota di Jawa sesuai dengan diberlakukannya Gapeka 2025.

    Diketahui, PT Kereta Api Indonesia (Persero) atau KAI mulai memberlakukan Grafik Perjalanan KA (Gapeka) 2025 untuk menggantikan Gapeka 2023 yang sebelumnya digunakan.

    Gapeka merupakan pedoman pengaturan pelaksanaan perjalanan kereta api yang digambarkan dalam bentuk garis yang menunjukkan stasiun, waktu, jarak, kecepatan, dan posisi perjalanan kereta api mulai dari berangkat, berhenti, datang, bersilang, dan penyusulan, yang digambarkan secara grafis untuk pengendalian perjalanan kereta api.

    Dengan rilisnya Gapeka 2025, waktu perjalanan kereta api akan semakin singkat dan sebagian kereta api mengalami perubahan jadwal keberangkatan.

    Gapeka 2025 akan mulai berlaku 1 Februari 2025.

    “Salah satu manfaat yang dapat dirasakan pelanggan pada Gapeka 2025 adalah efisiensi waktu perjalanan KA. Terdapat efisiensi waktu perjalanan KA Antarkota Jawa sebesar 2.551 menit/hari. Rinciannya, efisiensi 225 menit pada KA Argo, 486 menit pada KA Eksekutif, 1.221 menit pada KA Eksekutif Campuran, dan 519 menit pada KA Ekonomi,” kata VP Public Relations KAI Anne Purba, Minggu (12/1/2025), dikutip dari Siaran Pers KAI.

    Daftar penambahan jumlah perjalanan KA antar kota di Jawa pada Gapeka 2025:

    KA Pangrango (Sukabumi-Bogor) PP
    KA Argo Merbabu (Gambir-Semarang Tawang Bank Jateng) PP
    KA Tawangjaya Premium (Pasar Senen-Semarang Tawang Bank Jateng) PP
    KA Taksaka (Gambir-Yogyakarta) PP
    KA Purwojaya Fakultatif (Gambir-Kroya-Cilacap) PP
    KA Sawunggalih (Pasar Senen-Kutoarjo) PP
    KA Madiun Jaya (Pasar Senen-Madiun) PP
    KA Gunung Jati (Gambir-Cirebon) PP
    KA Gunung Jati (Gambir-Semarang Tawang) PP
    KA Cakrabuana (Gambir-Cirebon) PP
    KA Cakrabuana (Gambir-Purwokerto) PP
    KA Argo Anjasmoro Fakultatif (Gambir-Surabaya Pasarturi) PP
    KA Harina Pagi (Bandung- Cikampek-Surabaya Pasarturi) PP
    KA Menoreh (Pasar Senen-Semarang Tawang) PP
    KA Sancaka Utara Fakultatif (Cilacap-Solo Balapan-Gundih-Surabaya Pasarturi) PP
    KA Ijen Ekspres Fakultatif (Malang-Ketapang) PP
    KA Argo Anjasmoro Fakultatif (Surabaya Pasarturi-Gambir) PP

    Selain itu, ada efisiensi waktu perjalanan KA Penumpang di Divre I Sumatera Utara sebesar 68 menit / hari dan di Divre II Sumatera Barat sebesar 72 menit / hari.

    Adapun penambahan KA Penumpang di Sumatera yaitu:

    KA Pariaman Ekspress (Pauhlima – Naras) PP
    KA Pariaman Ekspress Fluktuatif (Padang-Naras) PP

    Faktor yang Melatarbelakangi Perubahan Gapeka

    Terdapat berbagai faktor yang melatarbelakangi perubahan Gapeka dari 2023 ke 2025.

    Rinciannya yakni meliputi adanya jalur ganda yang dibangun oleh DJKA Kementerian Perhubungan, penambahan KA penumpang dan KA barang baru, perpanjangan rute seperti lintas Kreunggeukeuh – Kutablang – Muara Satu, serta percepatan waktu tempuh perjalanan KA.

    Penyesuaian Gapeka juga dilakukan untuk meningaktkan keandalan pola operasi pada Commuter Line, KA Bandara, Prameks, dan KA Feeder serta peningkatan kecepatan prasarana dan stasiun.

    Masyarakat dapat membeli tiket untuk keberangkatan kereta api mulai H-45, sehingga untuk keberangkatan 1 Februari 2025 sudah dapat dibeli melalui aplikasi Access by KAI, situs kai.id, ataupun seluruh chanel penjualan tiket yang bekerja sama secara resmi dengan KAI.

    KAI mengimbau kepada pelanggan dengan keberangkatan 1 Februari 2025 dan seterusnya untuk memperhatikan kembali jadwal yang tertera pada tiket, agar tidak tertinggal keretanya karena sudah berlaku Gapeka 2025.

    “Kami berharap dengan pemberlakuan Gapeka 2025 ini, pelanggan kereta api akan semakin meningkat melalui berbagai peningkatan pelayanan seperti waktu perjalanan yang semakin singkat, penambahan jumlah perjalanan kereta api, dan lainnya,” tutup Anne.

    (Tribunnews.com/Latifah)

  • Penjelasan KAI soal Video Penumpang Kereta Api Turun di Persilangan Rel untuk Jajan

    Penjelasan KAI soal Video Penumpang Kereta Api Turun di Persilangan Rel untuk Jajan

    TRIBUNJATENG.COM – Minggu (12/1/2025), lini masa media sosial X, dulunya Twitter, ramai membahas soal sebuah kereta api (KA) yang berhenti di persilangan rel. 

    Beberapa penumpang turun untuk sekadar jajan di pasar kuliner dadakan di sekitar lokasi.

    Sayangnya pada Senin (13/1/2025), unggahan tersebut sudah dihapus oleh pengunggahnya.

    Namun, melalui akun resmi media sosial X @KAI121, dikonfirmasi bahwa kejadian itu terjadi di persilangan antara KA Serayu rute Pasarsenen-Purwokerto dengan Argo Parahyangan relasi Bandung-Gambir, tepatnya di dekat Stasiun Sasaksaat.Sumurbandung, Cipatat, Bandung Barat.

    Ramai soal Penumpang KA Turun di Persilangan Rel untuk Jajan, Ini Kata KAI ((X))

    Beberapa warganet menyayangkan peristiwa itu karena dinilai membahayakan keamanan dan keselamatan penumpang.

    Sebaliknya, ada pula warganet yang menilai positif kejadian tersebut karena bisa meningkatkan perekonomian pedagang kaki lima di sekitar lokasi.

    KAI ubah operasi perjalanan KA sebagai antisipasi

    Manajer Humas Daop 2 Bandung, Ayep Hanapi mengatakan, video yang menampilkan penumpang turun dari KA di persilangan rel adalah kejadian lama.

    Diberitakan Kompas.com (19/12/2024), saat itu KA Serayu relasi Pasar Senen-Kiaracondong-Purwokerto memang selalu berhenti di dekat Stasiun Sasaksaat setiap hari. 

    Hal ini karena KA Serayu akan bersilangan dengan KA Argo Parahyangan relasi Bandung-Gambir dari arah sebaliknya.

    Akibatnya, KA Serayu harus berhenti selama 9 menit.

    Namun, kini PT Kereta Api Indonesia (KAI) telah mengubah operasi perjalanan kereta api di Stasiun Sasaksaat sehingga KA Serayu tak terlalu lama berhenti di persilangan rel tersebut.

    “Mulai Tanggal 25 Desember 2024 KAI Daop 2 Bandung melakukan perubahan operasi Perjalanan Kereta Api di Stasiun Sasaksaat untuk meningkatkan keamanan, keselamatan dan kenyamanan para penumpang baik Ka Serayu relasi Pasar Senen -Purwokerto maupun KA Argo Parahyangan relasi Bandung-Gambir,” jelasnya, saat dihubungi Kompas.com, Minggu.

    Berikut operasional terbaru:

    Perjalanan Luar Biasa (Plb) 39B relasi Bandung-Gambir datang di Stasiun Sasaksaat 12.20 WIB dan berangkat 12.25 WIB, menunggu bersilang KA Serayu
    Perjalanan Luar Biasa (Plb) 252 A Relasi Pasar Senen-Purwokerto datang Stasiun Sasaksaat 12.22 WIB berangkat 12.24 WIB.

    Dengan adanya aturan tersebut, Ayep memastikan KA Serayu hanya berhenti 2 menit.

    Sehingga, sangat kecil kemungkinan kini penumpang turun dari KA untuk jajan di sekitar rel.

    “Pokoknya saat ini sudah tidak terjadi (penumpang kereta api turun dan jajan) di Stasiun Sasaksaat,” tegas Ayep.

    Sementara itu, stasiun Sasaksaat hanya melayani turun dan naik penumpang KA Lokal Commuter Line relasi Purwakarta-Garut dan sebaliknya.

    Bagaimana nasib pedagang di Stasiun Sasaksaat?

    Saat disinggung soal nasib pedagang setelah adanya perubahan operasi Perjalanan Kereta Api di Stasiun Sasaksaat, Ayep menyampaikan bahwa hal tersebut bukan menjadi kewenangan PT KAI.

    “Kalau urusan pedagang itu bukan menjadi urusan kita (PT KAI),” kata dia.

    Selain itu, para pedagang kaki lima itu juga berdagang di luar area stasiun.

    Ayep mengibaratkan fenomena pedagang kaki lima di sekitar Stasiun Sasaksaat dengan peribahasa, “Ada gula ada semut” yang sering diartikan sebagai hubungan sebab akibat.

    “Kalau sebelumnya, mereka (pedagang) melihat pasar. Dengan KA Serayu yang berhenti 9-10 menit, para pedagang tahu bahwa penumpang akan turun (untuk jajan),” ujar Ayep.

    Namun, sekali lagi, Ayep menegaskan bahwa kejadian itu sudah tidak terjadi lagi. (*)

     

  • Daftar 19 KA Tambahan yang Bakal Dioperasikan Sesuai Gapeka 2025, Tiket Bisa Dibeli Per 1 Februari – Halaman all

    Daftar 19 KA Tambahan yang Bakal Dioperasikan Sesuai Gapeka 2025, Tiket Bisa Dibeli Per 1 Februari – Halaman all

    TRIBUNNEWS.COM –  PT Kereta Api Indonesia (KAI) resmi menambah 19 kereta api baru yang akan dioperasikan mulai 1 Februari 2025.

     Penambahan kereta ini dilakukan seiring dengan diberlakukannya Grafik Perjalanan KA (Gapeka) 2025, menggantikan Gapeka 2023 yang sebelumnya digunakan oleh KAI.

    Grafik Perjalanan Kereta Api (Gapeka) sendiri merupakan pedoman pengaturan pelaksanaan perjalanan kereta api.

    Pedoman ini biasanya digambarkan dalam bentuk garis yang menunjukkan stasiun, waktu, jarak, kecepatan, dan posisi perjalanan kereta api mulai dari berangkat, berhenti, datang, bersilang, dan penyusulan, yang digambarkan secara grafis untuk pengendalian perjalanan kereta api.

    Rilisnya Gapeka 2025, sebagian kereta api mengalami perubahan jadwal keberangkatan. Dengan begitu waktu perjalanan kereta api akan semakin singkat dan efisien.

    Mengutip dari KAI, rincian efisiensi efisiensi waktu perjalanan KA Antar Kota Jawa pada Gapeka 2025 yaitu 225 menit pada KA Argo, 486 menit pada KA Eksekutif.

    Kemudian 1.221 menit pada KA Eksekutif Campuran, dan 519 menit pada KA Ekonomi.

    “Salah satu manfaat yang dapat dirasakan pelanggan pada Gapeka 2025 adalah efisiensi waktu perjalanan KA. Terdapat efisiensi waktu perjalanan KA Antarkota Jawa sebesar 2.551 menit/hari,” kata VP Public Relations KAI Anne Purba, dikutip dalam laman resminya.

    Sebagai informasi perubahan Gapeka dari 2023 ke 2025 dilakukan bukan tanpa alasan.

    Pasalnya ada beberapa faktor yang mempengaruhi perubahan tersebut seperti, adanya jalur ganda yang dibangun oleh Direktorat Jenderal Perkeretaapian Kementerian Perhubungan.

    Kemudian penambahan kereta api penumpang dan barang, perpanjangan rute seperti lintas Kreunggeukeuh-Kutablang-Muara Satu, serta percepatan waktu tempuh perjalanan. 

     Daftar KA Tambahan di Jawa pada Gapeka 2025:

    1. KA Pangrango (Sukabumi-Bogor) PP

    2. KA Argo Merbabu (Gambir-Semarang Tawang Bank Jateng) PP

    3. KA Tawangjaya Premium (Pasar Senen-Semarang Tawang Bank Jateng) PP

    4. KA Taksaka (Gambir-Yogyakarta) PP

    5. KA Purwojaya Fakultatif (Gambir-Kroya-Cilacap) PP

    6. KA Sawunggalih (Pasar Senen-Kutoarjo) PP

    7. KA Madiun Jaya (Pasar Senen-Madiun) PP

    8. KA Gunung Jati (Gambir-Cirebon) PP

    9. KA Gunung Jati (Gambir-Semarang Tawang) PP

    10. KA Cakrabuana (Gambir-Cirebon) PP

    11. KA Cakrabuana (Gambir-Purwokerto) PP

    12. KA Argo Anjasmoro Fakultatif (Gambir-Surabaya Pasarturi) PP

    13. KA Harina Pagi (Bandung- Cikampek-Surabaya Pasarturi) PP

    14. KA Menoreh (Pasar Senen-Semarang Tawang) PP

    15. KA Sancaka Utara Fakultatif (Cilacap-Solo Balapan-Gundih-Surabaya Pasarturi) PP

    16. KA Ijen Ekspres Fakultatif (Malang-Ketapang) PP

    17. KA Argo Anjasmoro Fakultatif (Surabaya Pasarturi-Gambir) PP.

    Daftar KA Tambahan di Jawa pada Gapeka 2025:

    1. KA Pariaman Ekspress (Pauhlima – Naras) PP

    2. KA Pariaman Ekspress Fluktuatif (Padang-Naras) PP

    Bagi masyarakat yang ingin  membeli tiket untuk keberangkatan kereta api, bisa dilakukan mulai H-45.

    Sehingga untuk keberangkatan 1 Februari 2025 sudah dapat dibeli melalui aplikasi Access by KAI, situs kai.id, ataupun seluruh channel penjualan tiket yang bekerja sama secara resmi dengan KAI. 

     Cara Beli Tiket KA 2025

    Pastikan telah memiliki aplikasi KAI Access di ponsel Anda.
    Jika belum silahkan mengunduh dan membuat akun terlebih dahulu. Selanjutnya masuk dengan akun KAI Access Anda.
    Lakukan pemesanan tiket kereta api antar-kota maupun kereta api lokal dengan cara memilih stasiun asal dan tujuan, tanggal keberangkatan, dan jumlah penumpang pada kolom yang tersedia.
    Kemudian klik “Cari”.
    Selanjutnya akan ditampilkan daftar kereta yang tersedia di tanggal tersebut.
    Silakan pilih kereta sesuai dengan jam dan harga yang Anda inginkan, lalu langsung lakukan pemesanan.
    Isi data diri berupa data pemesan dan data penumpang.
    Anda juga dapat memilih kursi, selama masih tersedia, dengan cara klik “Pilih Kursi”, lalu klik “Simpan”.
    Cek ulang dan pastikan nama hingga waktu keberangkatan sudah sesuai.
    Klik “Bayar Sekarang”, lalu pilih metode pembayaran dan lakukan pembayaran segera.
    Setelah melakukan pembayaran, Anda akan diberikan kode booking yang nantinya digunakan untuk mencetak tiket di stasiun keberangkatan.

    (Tribunnews.com / Namira)

  • Polres Jakpus tingkatan patroli imbas serangan gangster di Kramat Pulo

    Polres Jakpus tingkatan patroli imbas serangan gangster di Kramat Pulo

    Kami tempatkan personel setiap harinya secara bergantian untuk antisipasi kejadian berulang

    Jakarta (ANTARA) – Kapolres Metro Jakarta Pusat Kombes Polisi Susatyo Purnomo Condro mengatakan Kepolisian​​​​ meningkatkan patroli setelah adanya penyerangan sekelompok remaja menggunakan sepeda motor (gangster) kepada warga di Kramat Pulo.

    “Upaya preemtif (tindakan pencegahan) dengan meningkatkan patroli,” kata Kombes Pol Susatyo saat dikonfirmasi di Jakarta, Senin.

    Ia mengatakan kejadian pada Minggu (12/1) itu masih dalam penyelidikan petugas di lapangan dan masih mengumpulkan sejumlah bukti serta keterangan saksi.

    “Kami masih dalam penyelidikan,” kata dia.

    Sementara itu, Kapolsek Senen Ajun Komisaris Polisi (AKP) Bambang Santoso mengatakan dari keterangan warga bahwa penyerang merupakan segerombolan anak-anak remaja menggunakan kendaraan sepeda motor.

    Untuk mengantisipasi kejadian itu terulang lanjut Bambang, pihaknya menyiagakan anggota yang ditugaskan berpatroli yang dilakukan secara bergantian.

    “Kami tempatkan personel setiap harinya secara bergantian untuk antisipasi kejadian berulang,” katanya.

    Ia mengakui bertugas masih mendalami kasus penyerangan tersebut dan diharapkan dalam waktu dekat dapat terungkap.

    “Saat ini kami sedang menyelidiki kejadian tersebut. Dan menurut keterangan saksi merupakan sekelompok anak-anak remaja yang menggunakan kendaraan roda dua,” kata dia.

    Diketahui pada Minggu 12 Januari terdapat sekelompok remaja bermotor menyerang permukiman warga di Jalan Kembang Pacar, Kramat Pulo, Senen, Jakarta Pusat. Aksi penyerangan tersebut mengakibatkan satu orang luka-luka di bagian kepala.

    Kelompok gangster menyerang permukiman padat penduduk dengan menggunakan batu, kembang api, kayu, hingga senjata tajam.

    Pewarta: Khaerul Izan
    Editor: Ganet Dirgantara
    Copyright © ANTARA 2025

  • 5
                    
                        Pagi Mencekam di Kramat, Warga Diserang Gangster Berpenutup Wajah dengan Senjata Tajam
                        Megapolitan

    5 Pagi Mencekam di Kramat, Warga Diserang Gangster Berpenutup Wajah dengan Senjata Tajam Megapolitan

    Pagi Mencekam di Kramat, Warga Diserang Gangster Berpenutup Wajah dengan Senjata Tajam
    Tim Redaksi
    JAKARTA, KOMPAS.com –
     Sekelompok gangster menyerang permukiman warga perkampungan RT 10/03, Kramat, Senen, Jakarta Pusat, pada Minggu (12/1/2025) pagi sekitar pukul 05.30 WIB.
    Saat itu, warga Jalan Kramat Pulo sedang disibukkan dengan aktivitas berdagang. Para ibu keluar untuk menyambut rezeki lebih pagi. Sisanya, warga masih tertidur lelap di dalam rumah.
    Namun, suara petasan tiba-tiba meledak di ujung jalan. Suara ledakan petasan itu tidak hanya sekali, tetapi berkali-kali.
    Suara warga berteriak histeris juga menjadi alarm pagi itu bagi Inan (55), warga RT 10/03.
    Saat itu, dengan mata setengah mengantuk, Inan pergi ke toilet komunal di ujung gang. Seketika Inan terkejut mendengar suara warga berteriak histeris karena petasan diarahkan kepada mereka, termasuk para pedagang yang sudah membuka lapak di ujung jalan.
    Inan segera keluar. Dia sadar, perkampungannya diserang oleh orang tidak dikenal. Sebagian besar penyerang kampungnya menggunakan penutup wajah berupa masker untuk menghilangkan jejak digital.
    Inan yang berbekal bambu berusaha mengusir para gangster tersebut dengan beberapa laki-laki lainnya. Saat berupaya memukul mundur, Inan terjatuh di hadapan musuh-musuhnya.
    Inan mengalami nasib nahas karena dahinya harus dijahit luar dalam akibat luka sobek. Tangan kanannya yang digunakan untuk menangkis serangan senjata tajam juga dijahit luar dalam.
    Inan tersungkur di bawah saat itu. Dia terjatuh karena menginjak sisa celananya sendiri.
    Musuh yang melihat keadaan Inan yang tidak berdaya, segera menyerangnya dengan berbagai senjata tajam. Inan ingat betul, panjang celurit yang dibawa oleh gangster itu sekira dua meter.
    “Saya ditimpuk celurit, ini tangan kanan untuk nangkis. Saya cuma bisa Allahuakbar aja dah,” kata dia saat ditemui di kediamannya, Minggu.
    Inan mengatakan, saat dia terjatuh, dahinya kena sabet benda tajam. Tangan kanannya juga tersabet karena dia gunakan untuk menghalau benda tajam itu.
    Beruntung, tidak butuh waktu lama bagi pemuda kampung sadar posisi Inan yang terjepit. Mereka segera memukul mundur gangster tersebut.
    Sementara itu, darah mengucur dari dahi Inan menutupi pandangannya yang kian memerah.
    Inan kemudian dilarikan ke rumah sakit karena darah telah bercucuran di wajahnya. Dia mesti mendapatkan 15 jahitan pada bagian dahi, sembilan jahitan pada tangan kanannya.
    “Ini sekitar 15-16 jahitan. Panjang
    bener
    . 15 luar dalem (jahitannya di dahi),” tambah dia.
    Selain dia, salah seorang tetangganya juga disebut menjadi korban keganasan gangster tersebut. Akan tetapi, dia tidak tahu dengan pasti luka yang dialami korban lainnya.
    Ketua RT 10/03, Kramat, Dian mengungkapkan bahwa wilayahnya diserang oleh gangster dalam dua hari berturut-turut. Penyerangan pertama terjadi pada Sabtu (11/1/2025).
    “Enggak sering, cuma udah dua malem ini iya, sering diserang. Cuma kita enggak tahu dari mana, anak mana,” kata Dian saat ditemui di lokasi, Minggu.
    Dian mengaku tidak mengetahui apa alasan kelompok tersebut melakukan penyerangan. Penyerangan pertama, kata Dian, dilakukan sekira pukul 03.30 WIB dinihari.
    Saat itu, sekira 10 hingga 15 pemuda mendatangi perkampungannya dan melempar berbagai macam barang ke jalan perkampungan.
    “Iya bawa senjata tajam gede-gede. Ada sekira 10 motor sampai 15 motor. Mereka lempar-lemparin botol ke jalan sini,” ujar Dian.
    Baru pada penyerangan kedua, sekira 30 motor mendatangi perkampungannya. Penyerangan tersebut dilakukan pada pukul 05.30 WIB.
    Dari penyerangan terakhir, dua orang warganya menjadi korban karena terkena sabetan dari sajam yang dibawa oleh para pelaku.
    “Korban sih dua, pas mau berangkat kerja. Dia kesandung, kena kakinya,” tambah Dian.
    Kelompok gangster yang menyerang perkampungan Kramat ternyata menggunakan penutup wajah ketika melakukan penyerangan terhadap warga.
    “Mereka semua pakai penutup kepala semua, jadi enggak tahu wajahnya. Pokoknya rapi lah,” kata Nedi (36), warga RT 10/03 saat ditemui di lokasi, Minggu.
    Nedi ketika itu turut membersamai warga lainnya untuk mengusir kelompok gangster itu. Dia mengatakan, terdapat sekira 30 hingga 40 orang yang menyerang perkampungannya.
    Mereka semua menggunakan penutup wajah, sehingga Nedi tidak tahu dengan terang siapa pelaku dari penyerangan itu.
    Bahkan, Nedi juga mengatakan dirinya tidak tahu dengan pasti kenapa perkampungannya yang menjadi korban penyerangan itu.

    Ngasal
    aja (mereka) nyerangnya, membabi buta. Enggak tahu masalahnya apa, tiba-tiba diserang,” tambah Nedi.
    Hal serupa juga diungkap oleh Inan, bahwa sebagian dari para penyerang menggunakan penutup wajah.
    Hal itu yang membuat dia tidak mengetahui dari mana asal para penyerang tersebut.
    “Ada yang pake masker sebagian, ada yang enggak pake. Saya juga bingung itu orang mana, tujuannya apa itu,” kata Inan.
    Panit Reskrim Polsek Senen Ipda Yaniaro Lase mengatakan, pihaknya belum mengantongi dugaan awal terkait pelaku penyerangan kampung tersebut.
    “Kita sedang melakukan penyelidikan untuk mencari akar pokok masalahnya supaya masalah ini tidak terulang lagi,” kata Lase saat ditemui di lokasi, Minggu (12/1/2025).
    Lase mengatakan, saat penyerangan gangster ke warga di Kramat berlangsung, pihaknya sedang melakukan patroli untuk mencegah adanya penyerangan di daerah Senen hingga Kemayoran.
    Akan tetapi, pihaknya tidak sempat menerima laporan mengenai adanya penyerangan di Jalan Kramat Pulo itu.
    “Malam Minggunya udah kita antisipasi, patroli gabungan untuk antisipasi kejadian. Tadi malem itu kita 11.30 WIB patroli, sampai selesainya jam 06.00 WIB terakhir di Kemayoran,” tambah dia.
    Nantinya, Lase mengatakan, pihaknya bakal melakukan pemeriksaan terhadap para pelaku yang tertangkap dalam video viral tersebut.
    “Semua nanti yang terlibat, yang ada dalam video, akan kita mintai keterangan,” tutup Lase.
    Copyright 2008 – 2025 PT. Kompas Cyber Media (Kompas Gramedia Digital Group). All Rights Reserved.

  • 10,3 Juta Penumpang Manfaatkan Face Recognition, Ini Cara Daftarnya via Aplikasi Access by KAI – Halaman all

    10,3 Juta Penumpang Manfaatkan Face Recognition, Ini Cara Daftarnya via Aplikasi Access by KAI – Halaman all

    TRIBUNNEWS.COM – Sebanyak 10,3 juta penumpang kereta api sudah manfaatkan penerapan sistem Face Recognition yang menggantikan tiket fisik berbahan kertas untuk proses boarding.

    Ini merupakan komitmen PT Kereta Api Indonesia (Persero) atau KAI dalam mendukung pencapaian Sustainable Development Goals (SDGs) dengan mengintegrasikan teknologi ramah lingkungan dalam berbagai operasional.

    Direktur Utama KAI Didiek Hartentyo mengatakan, selain ramah lingkungan, adanya face recognition juga berdampak positif karena mempercepat dan memudahkan penumpang KA untuk melakukan boarding.

    “Penerapan face recognition mempermudah proses boarding dan mengurangi antrean, terutama saat periode ramai seperti libur Natal dan Tahun Baru 2024/2025 kemarin,” ungkap Didiek, dikutip dari siaran pers KAI, Minggu (12/1/2025).

    “Sejak awal diluncurkan pada 28 September 2022, face recognition telah digunakan oleh 10.346.090 penumpang kereta api di Pulau Jawa dan Sumatera,” tambahnya.

    Selain peningkatan inovasi pelayanan pelanggan, teknologi face recognition juga berkontribusi dalam efisiensi pengurangan sampah kertas.

    Sejak diluncurkan, KAI telah menghemat 24.634 rol kertas tiket.

    “Melalui teknologi face recognition, KAI telah menghemat sekitar Rp369.503.214 sejak pertama kali diterapkan pada September 2022. Upaya ini juga berkontribusi pada pengurangan penebangan pohon untuk bahan baku kertas, yang sejalan dengan Hari Gerakan Sejuta Pohon,” tambah Didiek.

    Masyarakat yang tertarik untuk turut berpartisipasi dalam mengurangi dampak lingkungan dapat melakukan registrasi layanan face recognition melalui aplikasi Access by KAI.

    Lantas, bagaimana cara daftar Face Recognition via Aplikasi Access by KAI?

    Tata Cara Daftar Face Recognition via Aplikasi Access by KAI:

    Buka tab menu akun pada Access by KAI.
    Pilih menu Registrasi Face Recognition.
    Bacalah syarat dan ketentuan registrasi dan klik “Setuju” setelah memahami.
    Periksa kembali data diri seperti Nama Lengkap, NIK, dan Tanggal Lahir. Klik “Foto Selfie” untuk melengkapi proses verifikasi.
    Ikuti ketentuan pengambilan foto selfie yang benar. Klik “Ambil Foto KTP” untuk mengambil foto selfie.
    Setelah foto selfie dan data diri sudah lengkap dan sesuai, klik “Daftar Sekarang”.
    Konfirmasi data yang diberikan, lalu klik “Ya, Daftar” untuk menyelesaikan pendaftaran.
    Proses registrasi berhasil dan selesai.

    “Dengan adanya face recognition, penumpang cukup melakukan pemindaian wajah di gate boarding. Jika identitas diri, data tiket dan syarat lainnya telah sesuai maka secara otomatis pintu boarding akan terbuka,” kata Didiek.

    Pengguna face recognition boarding gate Stasiun Solo Balapan, Senin (9/12/2024) (Tribunnews.com/Chrysnha)

    Didiek juga menjelaskan, masyarakat tidak perlu khawatir dengan keamanan data pada fitur face recognition yang dipergunakan oleh KAI karena sudah mengimplementasikan sistem manajemen keamanan Informasi berstandar internasional ISO 27001 tentang Standardisasi Manajemen Keamanan Informasi.

    “Data nama, NIK, dan foto penumpang akan disimpan pada infrastruktur KAI dan hanya dipergunakan untuk proses boarding menggunakan face recognition boarding gate. Data tersebut akan disimpan dalam waktu satu tahun, setelah itu akan dihapus otomatis secara sistem,” katanya.

    Selain itu, penumpang juga bisa mengajukan penghapusan data dirinya sewaktu-waktu setelah melakukan registrasi melalui aplikasi Access by KAI atau dengan mengajukan penghapusan data kepada KAI melalui petugas Customer Service di stasiun.

    Dengan inovasi ini, KAI tidak hanya memudahkan perjalanan pelanggan, tetapi juga turut mendukung keberlanjutan lingkungan melalui pengurangan limbah kertas, yang sejalan dengan target SDGs dan mendukung perayaan Hari Gerakan Sejuta Pohon 2025 dalam upaya pelestarian lingkungan.

    Sebagai informasi tambahan, saat ini fasilitas Face Recognition terdapat di 21 Stasiun KAI yaitu: 

    Daerah Operasi 1 Jakarta: Gambir, Pasar Senen dan Bekasi
    Daerah Operasi 2 Bandung: Bandung dan Kiaracondong
    Daerah Operasi 3 Cirebon: Cirebon
    Daerah Operasi 4 Semarang: Semarang Tawang Bank Jateng, Pekalongan, Semarang Poncol dan Tegal
    Daerah Operasi 5 Purwokerto: Purwokerto dan Kutoarjo
    Daerah Operasi 6 Yogyakarta: Yogyakarta, Lempuyangan, dan Solo Balapan
    Daerah Operasi 7 Madiun: Madiun
    Daerah Operasi 8 Surabaya: Surabaya Pasarturi, Surabaya Gubeng, dan Malang
    Daerah Operasi 9 Jember: Jember
    Divisi Regional I Sumatera Utara: Medan

    (Tribunnews.com/Latifah)