kab/kota: Semarang

  • Sritex Pailit, Kurator Diminta Jaga Akuntabilitas

    Sritex Pailit, Kurator Diminta Jaga Akuntabilitas

    Semarang, Beritasatu.com – Setelah PT Sri Rejeki Isman (Sritex) dan tiga anak usahanya dinyatakan pailit, kurator menyelenggarakan rapat kreditor pertama di Pengadilan Niaga Semarang pada Rabu (13/11/2024). Rapat tersebut bertujuan untuk menjelaskan kondisi dan status hukum Sritex serta ketiga anak usahanya kepada para kreditor.

    Dalam pertemuan tersebut, kuasa hukum BNI Yudhi Wibhisana, mengusulkan pembentukan panitia kreditor sementara untuk mendukung kelancaran tugas kurator hingga rapat pencocokan piutang.

    “Panitia kreditor sementara ini penting dibentuk untuk memastikan kurator menjalankan tugasnya dengan independensi, transparansi, dan profesionalisme. Akuntabilitas kurator harus dijaga agar tidak terganggu,” ujar Yudhi dalam keterangannya.

    Dikatakannya kasus kepailitan Sritex mendapat perhatian luas dari publik, dan pemerintah memiliki kepedulian untuk melindungi industri tekstil nasional. “Kita semua memiliki tanggung jawab menjaga stabilitas ekonomi makro Indonesia, terutama di tengah ancaman krisis akibat konflik di Timur Tengah dan beberapa bagian Eropa,” lanjutnya.

    Atas dasar ini, kuasa hukum BNI resmi mengajukan permohonan pembentukan panitia kreditor sementara kepada Pengadilan Niaga. “Hari ini, kami mengajukan permohonan penetapan panitia kreditor sementara melalui hakim pengawas dengan tembusan kepada tim kurator,” tutupnya.

    Sementara itu, Salah seorang kurator PT Sritex, Denny Ardiansyah memastikan kurator akan bekerja hati-hati untuk melindungi kreditor, debitor, maupun karyawan Sritex.

    “Jangan sampai langkah yang dilakukan kurator justru blunder atau mengakibatkan kerugian,” kata Denny dilansir Antara.

    Diketahui PT Sritex bersama tiga anak usahanya, yakni PT Sinar Pantja Djaja, PT Bitratex Industries, dan PT Primayudha Mandirijaya telah dinyatakan pailit oleh Pengadilan Niaga di Pengadilan Negeri Semarang melalui putusan nomor 2/Pdt.Sus-Homologasi/2024/PN Niaga Smg. Pemohon perkara ini adalah PT Indo Bharta Rayon, yang mengajukan tuntutan karena para termohon dianggap gagal memenuhi kewajiban pembayaran sesuai putusan homologasi tertanggal 25 Januari 2022.

    Berdasarkan data Otoritas Jasa Keuangan (OJK), total utang PT Sritex dan ketiga anak usahanya mencapai Rp 14,6 triliun yang tersebar di 27 bank serta 3 perusahaan pembiayaan atau multifinance.

  • Jalan Dakwah BTV, Jangan Sakiti Tulang Rusukmu

    Jalan Dakwah BTV, Jangan Sakiti Tulang Rusukmu

    Jakarta, Beritasatu.com – Islam mengajarkan setiap umatnya untuk saling menyayangi, menghormati, dan menghargai antarsesama bahkan antara pasangan suami dan istri. Suami dan istri yang sudah disatukan dalam ikatan pernikahan harus memberikan rasa aman dan nyaman antara satu dengan yang lain dalam keadaan suka maupun duka. 

    Namun, dalam perjalanan sebuah pernikahan akan ada berbagai macam tantangan maupun perselisihan yang bisa terjadi di antara keduanya. Dalam keadaan emosi, tidak jarang ucapan maupun perbuatan dapat menyakiti perasaan pasangan.

    Dalam Islam, menyakiti perasaan istri merupakan perbuatan yang dilarang dan termasuk dosa.
    Allah Swt sangat menjunjung tinggi harkat dan martabat seorang perempuan layaknya perhiasan.

    Apa alasan Islam melarang suami menyakiti hati seorang istri? Saksikan Jalan Dakwah, Kamis (14/11/2024) pukul 06.00 WIB untuk mengetahui manfaat lebih banyak jika kita memiliki sikap tawadhu hanya di BTV!

    BTV bisa disaksikan di kanal 26 untuk Jabodetabek, Cilegon, Serang, kanal 29 untuk Bandung dan Palembang, kanal 35 untuk Yogyakarta dan Surakarta, kanal 38 untuk Balikpapan, kanal 39 untuk Semarang, kanal 30 untuk Banjarmasin, kanal 31 untuk Lebak, kanal 32 untuk Surabaya, kanal 34 untuk Medan dan kanal 48 untuk Batam.

    Ayo follow akun media sosial BTV di @btvidofficial (IG, Tiktok, Facebook,Twitter), serta subscribe
    channel YouTube di @BeritaSatuChannel.

  • Sritex Pailit, Wamenaker: Kita Butuh Pengusaha dan Buruh yang Patriotik

    Sritex Pailit, Wamenaker: Kita Butuh Pengusaha dan Buruh yang Patriotik

    Jakarta, Beritasatu.com – Kementerian Tenaga Kerja (Kemenaker) akan melakukan pengawasan atau monitoring kepada buruh maupun perusahaan PT Sri Rejeki Isman Tbk (SRIL) alias Sritex menyusul keputusan pailit perusahaan.

    Wakil Menteri Ketenagakerjaan (Wamenaker) Immanuel Ebenezer menegaskan, pengawasan terkait Sritex merupakan arahan langsung dari Presiden Prabowo Subianto untuk mewujudkan buruh dan pengusaha yang patriotik. 

    “Narasinya Bapak Prabowo, kita butuh pengusaha yang patriotik. Kita butuh buruh yang patriotik,” tambah Noel sapaan akrabnya dalam konferensi pers di gedung Kemenaker, Jakarta Selatan, Rabu (13/11/2024).

    Dia mengatakan, Kemenaker akan tetap melakukan monitoring karena ini terkait kebutuhan buruh. “Negara harus benar-benar hadir. Jangan sampai kita abai. Ini persoalan buruh kepentingan nasional juga,” ujar Immanuel 

    Noel menegaskan, tidak ada pemutusan hubungan kerja (PHK) karyawan meski Sritex dinyatakan pailit. Hal ini juga merupakan arahan langsung dari Presiden Prabowo.

    Adapun penyelematan Sritex ini dilakukan dalam kurun waktu kurang 100 hari seperti yang diminta Prabowo kepada empat kementeriannya, termasuk Kemenaker.

    “Sampai sekarang itu belum sampai 100 hari (sejak Sritex dinyatakan pailit). Bahkan belum juga sebulan. Ini bentuk tanggung jawab kita (bahwa) negara hadir (membantu industri tekstil),” ucapnya.

    Sritex dinyatakan pailit setelah PN Niaga Semarang mengabulkan permohonan salah satu kreditur, PT Indo Bharat Rayon yang meminta pembatalan perdamaian dalam penundaan kewajiban pembayaran utang.

  • Pembangunan Giant Sea Wall di Pantura Jawa Dilakukan Bertahap – Espos.id

    Pembangunan Giant Sea Wall di Pantura Jawa Dilakukan Bertahap – Espos.id

    Perbesar

    ESPOS.ID – Tol Semarang-Demak terintegrasi tanggul laut dengan struktur timbunan di atas laut diperkuat dengan matras bambu setebal 13 lapis. (Istimewa)

    Esposin, JAKARTA — Direktur Sungai dan Pantai Direktorat Jenderal Sumber Daya Air (SDA) Kementerian Pekerjaan Umum (PU), Dwi Purwantoro, menyampaikan pembangunan Tanggul Pantai atau Giant Sea Wall di Pantai Utara Pulau Jawa akan dilakukan secara bertahap.

    Tahapan itu dilakukan seiring dengan kebutuhan biaya yang besar dalam proyek yang rencana pembangunannya akan dilakukan mulai dari Pantai Utara Provinsi Banten sampai Pantai Utara Kota Surabaya, Jawa Timur.

    Promosi
    Bekali Peserta dengan Skill dan Pengetahuan, BRI Peduli Berdayakan Eks PMI

    “Tanggul Pantai atau Giant Sea Wall itu memang kita akan melakukan tahap A dulu, baru tahap B, baru tahap C,” ujar Dwi dalam Seminar Nasional bertajuk Resiliensi Pantai Utara Jawa Terhadap Dampak Perubahan Iklim di Kantor Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional/Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN/ Bappenas), Jakarta, Rabu (13/11/2024). 

    Ia menjelaskan, bahwa pembangunan Tanggul Pantai tahap A dan B akan dilakukan mulai dari Pantai Utara Provinsi Banten sampai Pantai Ancol, Jakarta Utara.

    Lalu, pembangunan Tanggul Pantai tahap C akan dilakukan mulai dari Pantai Ancol, Jakarta Utara sampai dengan Pantai Utara Kabupaten Bekasi.

    Kemudian, nantinya akan ada tahap-tahap berikutnya hingga pembangunan Tanggul Pantai selesai sampai Pantai Utara Kota Surabaya, Jawa Timur.

    “Jadi yang A ini dari Banten sampai dengan Ancol, nanti rencana juga tahap B ini dari Banten sampai Ancol. Yang tahap C ini dari Ancol sampai dengan Bekasi,” ujar Dwi sebagaimana dikabarkan Antara. 

    Terkait anggaran, Dwi mengungkapkan setiap pembangunan Tanggul Pantai sepanjang 1 kilometer (km) membutuhkan biaya sekitar Rp1 triliun.

    Sehingga, untuk pembangunan Tanggul Pantai mulai dari Provinsi Banten sampai Kota Surabaya, Jawa Timur, diestimasikan akan membutuhkan biaya mencapai Rp600 triliun.

    Namun demikian, lanjutnya, biaya pembangunan Tanggul Pantai itu belum mencakup penyediaan air bersih, sanitasi dan lainnya, yang apabila diestimasikan total bisa mencapai Rp800 triliun.

    “Memang biayanya sangat mahal. Satu kilometer-nya (km) sekitar Rp1 triliun. Jadi. kalau dari Banten sampai Surabaya sekitar Rp600 triliun, itu baru bangunannya. Belum penyediaan air bersih, sanitasi dan lainnya. Jadi, kurang lebih sekitar Rp800-an triliun kalau nggak salah,” ujar Dwi.

    Sebelumnya, Menteri PU Dody Hanggodo menyebut Kementerian PU sedang melakukan studi kelayakan terkait desain dan kajian mengenai pembiayaan proyek Tanggul Laut atau Giant Sea Wall di DKI Jakarta.

    “Saat ini, sedang dilakukan feasibility study (studi kelayakan) mengenai desain dan kajian mengenai pembiayaan proyek Giant Sea Wall di DKI Jakarta,” ujar Dody.

    Ia menjelaskan bahwa pembangunan Infrastruktur Pengaman Pantai Utara Jakarta Tahap A DKI Jakarta terdiri dari pembangunan tanggul pantai dan muara sungai sepanjang 46 km.

    Pada tahun 2019, Kementerian PU telah menyelesaikan pembangunan tanggul sepanjang 12,66 km, hang dilanjutkan oleh Kementerian PU dan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta pada tahun 2020 sepanjang 33,54 km.

    Tanggul pantai yang telah dibangun diantaranya Tanggul Kamal Muara – Dadap termasuk Akses Nelayan dan Rumah Pompa serta Kolam Retensi, Tanggul Kalibaru, Kolam Retensi Kalibaru, Kolam Retensi Cilincing dan Tanggul Cakung Drain.

    Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
    Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram “Solopos.com Berita Terkini” Klik link ini.

  • Sritex Masuk Kriteria Delisting di BEI, Dirut:Kami Tunggu Hasil Kasasi

    Sritex Masuk Kriteria Delisting di BEI, Dirut:Kami Tunggu Hasil Kasasi

    Jakarta, Beritasatu.com – Komisaris Utama PT Sri Rejeki Isman Tbk alias Sritex (SRIL) Iwan Kurniawan Lukminto buka suara seusai sahamnya masuk kriteria delisting (penghapusan) oleh Bursa Efek Indonesia (BEI).

    Iwan menegaskan, pihaknya masih akan menunggu hasil hak kasasi atas putusan pailit oleh Pengadilan Negeri (PN) Niaga Semarang. Dia berharap, ke depannya hal ini bisa segera diselesaikan.

    “Mungkin terkait teknis sekali sebenarnya enggak bisa jawab ya. Jadi kami tetap menunggu proses kasasi ini,” ujar Iwan dalam konferensi pers di gedung Kemnaker, Jakarta Selatan, Rabu (13/11/2024).

    Sebelumnya, BEI memberikan tanggapan soal saham Sritex (SRIL) yang telah memenuhi kriteria delisting. Di lantai bursa, saham SRIL sudah digembok BEI sejak 18 Mei 2021.

    Direktur Pengembangan BEI Jeffrey Hendrik mengaku belum mengetahui secara pasti kapan BEI akan melakukan delisting saham SRIL. Namun, pihaknya masih akan menunggu hasil kasasi atas putusan pailit oleh Pengadilan Negeri (PN) Niaga Semarang.

    “Belum tahu (delisting SRIL). Saya kira tim tetap akan melakukan reviu, kalau nanti hasil keputusan kasasi membuat tidak terpenuhinya unsur suspensi karena pailit itu, ya salah satu terbuka, tetapi kan itu masih ada gemboknya,” tandas Jeffrey kepada wartawan di BEI, Jakarta, Selasa (5/11/2024).

     

  • KPBB: Perlu grand design mitigasi emisi karbon pada RPJMN 2025-2029

    KPBB: Perlu grand design mitigasi emisi karbon pada RPJMN 2025-2029

    Jakarta (ANTARA) – Komite Penghapusan Bensin Bertimbal (KPBB) menyatakan perlunya penyusunan grand design atau panduan terkait upaya mitigasi emisi karbon pada Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) 2025-2029.

    Direktur Eksekutif KPBB Ahmad Safrudin di Jakarta, Rabu mengatakan adanya ketertinggalan mitigasi gas rumah kaca (GRK) kendaraan bermotor di Indonesia.

    “Ketertinggalan tersebut antara lain standard karbon kendaraan tidak diatur, padahal standard ini akan menjadi acuan bagi produsen kendaraan bermotor dalam memproduksi dan memasarkan kendaraan di Indonesia,” katanya dalam keterangannya.

    Kemudian, lanjutnya, agenda mitigasi GRK kendaraan bermotor dengan elektrifikasi tertunda, misalnya adopsi bus listrik di Jakarta yang seharusnya sudah mencapai 2700 unit pada 2024 ini, baru terealisasi 100 unit, apalagi kota-kota lain seperti Denpasar, Surabaya, Semarang, Solo, Yogyakarta, Bandung, Medan, Makassar, dll yang sama sekali tidak ada perkembangan terkait elektrifikasi angkutan umumnya karena terbentur pendanaan.

    Selain itu BBM berkualitas rendah (seperti High Sulfur Fuel) dengan faktor emisi Carbon tinggi masih diedarkan, misalnya Pertalite 90, BBM dengan kadar belerang di atas 200 ppm tersebut memiliki faktor emisi yang tinggi dan tidak memenuhi syarat untuk digunakan pada kendaraan berstandard Euro4/IV, demikian juga BioSolar dan DEXlite.

    Dikatakannya, emisi transportasi sebagai bagian dari emisi sektor energi memberikan sumbangan GRK sekitar 27 persen (global) dan sekitar 23 persen (nasional).

    Selain emisi GRK, transportasi terutama kendaraan bermotor juga berkontribusi pada emisi pencemaran udara yang sudah menjadi masalah kronis di berbagai kota besar di Indonesia; berupa gangguan kenyamanan, kesehatan masyarakat dan keselamatan lingkungan hidup.

    Menurut data KPBB masalah kronis pencemaran udara ini mengharuskan warga DKI Jakarta membayar biaya medis Rp51,2 T pada 2016 atau meningkat dari 2010 sebesar Rp 38,5 triliun.

    Untuk itu, tambahnya, perlu dicari solusi penurunan emisi kendaraan bermotor terpadu, sehingga memberikan makna bagi pihak-pihak –khususnya pihak-pihak yang terkait dengan kebijakan pembangunan nasional, terutama Presiden/Wakil Presiden 2024-2029 bersama tim kerjanya– dalam berkontribusi untuk percepatan penurunan emisi di sektor transportasi sejalan menciptakan pertumbuhan ekonomi yang tinggi.

    “Guna mengejar ketertinggalan mitigasi emisi Carbon kendaraan bermotor, maka RPJMN 2025-2029 harus berdasar grand design dengan amanat penerapan strategi trisula,” ujarnya dalam sebuah diskusi tentang Grand Design Net Zero Emission Vehicle pada RPJMN 2025-2029.

    Dia merinci strategi trisula tersebut yakni pelaksanaan mitigasi GRK untuk menyelamatkan dunia dari krisis iklim, membangun industri national manufacturing yang mampu menyediakan produk kendaraan bermotor dengan teknologi net-ZEV untuk memitigasi GRK secara efektif;

    Serta menciptakan competitive advantage of nat’l auto-industry atas berkah sumber daya alam yang dibutuhkan sebagai raw material industri Net Zero Emission Vehicle (net-ZEV) secara global dan kepemilikan prototype Battery Electric Vehicle (BEV) atau Kendaraan BErmotor Listrik Berbasis Battery (KBLBB) karya anak bangsa.

    Terkait hal itu Deputi Bidang Koordinasi Konektivitas Kementerian Koordinator Bidang Infrastruktur dan Pembangunan Wilayah M Rachmat Kaimuddin menyatakan saat ini sedang proses adjustment RPJMN 2025-2029 dengan visi Presiden, termasuk dalam konteks adopsi net-ZEV ini dalam agenda pembangunan 5 tahun ke depan.

    Dia menegaskan, bahwa agenda net-ZEV harus mampu menjadi persemaian pembangunan industri otomotif nasional dengan fokus memproduksi kendaraan beremisi nol bersih. Dengan demikian mitigasi emisi kendaraan bermotor juga memiliki multiplier effect pada pertumbuhan ekonomi nasional.

    Ratna Kartikasari dari Direktorat Jenderal Pengendalian Pencemaran dan Kerusakan Lingkungan Hidup, Kementerian Lingkungan Hidup menyampaikan, sejak awal 2023 KLH sedang menyusun Standard Carbon Kendaraan, dengan tujuan kendaraan bermotor yang diproduksi dan dipasarkan di Indonesia memiliki tingkat emisi Carbon yang dapat dikendalikan.

    Penelaah Teknis Kebijakan, Direktorat Sarana Transportasi Jalan Raya Kementerian Perhubungan Riska Bayu Putra menambahkan Kementerian Perhubungan telah menyusun peta jalan kebijakan transportasi rendah Carbon dengan mengutamakan penurunan emisi yang mencakup pengembangan transportasi massal berbasis KBLBB, peningkatan fasilitas uji tipe yang mendukung terlaksananya kebijakan net-ZEV.

    Pewarta: Subagyo
    Editor: Adi Lazuardi
    Copyright © ANTARA 2024

  • Penyebab Terbakarnya BRT di Gunungpati Semarang
                
                    
                        
                            Regional
                        
                        13 November 2024

    Penyebab Terbakarnya BRT di Gunungpati Semarang Regional 13 November 2024

    Penyebab Terbakarnya BRT di Gunungpati Semarang
    Tim Redaksi
    SEMARANG, KOMPAS.com
    – Penyebab Bus Rapid Transit (BRT) Semarang hangus terbakar akhirnya terungkap. Kebakaran tersebut disebabkan karena korsleting listrik. 
    Diberitakan sebelumnya, sebuah BRT terbakar di depan RS Cepogo, Gunungpati, Kota Semarang, Jawa Tengah, Rabu (13/11/2024) sekitar pukul 09.20 WIB.
    Kepala Badan Layanan Umum Daerah (BLUD) Trans Semarang Haris Setyo Yunanto mengatakan, api menghanguskan hampir seluruh bodi bus rapid transit (BRT) koridor 8 tersebut. 
    “Untuk koridor 8 informasi ada korsleting AC,” kata Haris saat dikonfirmasi via telepon, Rabu (13/11/2024).
    Bus tersebut awalnya melaju dari arah Balai Kota Semarang menuju Terminal Gunungpati.
    Sebelum kebakaran, sang pengemudi telah mengetahui gejala percikan api yang menimbulkan asap lalu berinisiatif menepikan kendaraan.
    “Jadi waktu itu ada satu penumpang di dalam armada,
    driver
    berinisiatif penumpang dialihkan ke armada belakangnya. Setelah itu ternyata kepulan asapnya membesar,” ungkap dia. 


    Dok. Relawan Rajawali Semarang Bus Rapid Transit (BRT) terbakar di Gunungpati, Kota Semarang, Jawa Tengah pada Rabu (13/11/2024).
    Sebelumnya, Kapolsek Gunungpati Kompol Agung Raharjo mengatakan, bus tersebut terbakar pada Rabu (13/11/2024) sekitar pukul 09.20 WIB.
    Awalnya, bus tersebut berjalan dari arah RS Cepoko. Rencananya bus tersebut akan perjalanan menuju Terminal BRT Gunungpati. 
    “Penumpang kebetulan hanya kondektur dan sopir saja,” katanya, Rabu.
    Dia menegaskan, saat terbakar kondisi bus dalam keadaan kosong. Ada satu penumpang namun sudah diturunkan di halte sebelumnya. 
    “Satu sudah diturunkan. Semua tak ada masalah,” ungkap Agung. 
    Copyright 2008 – 2024 PT. Kompas Cyber Media (Kompas Gramedia Digital Group). All Rights Reserved.

  • PUBG Mobile Ajak Mahasiswa Bikin Peta Lewat WoW Showcase

    PUBG Mobile Ajak Mahasiswa Bikin Peta Lewat WoW Showcase

    Jakarta

    Rangkaian acara roadshow PUBG Mobile Campus Challenge (PMCC) 2024, dan salah satu agendanya adalah mengajak mahasiswa dari berbagai perguruan tinggi di Indonesia untuk membuat peta spesial di game ini.

    Dalam keterangan yang diterima detikINET, Rabu (13/11/2024) berbeda dari tahun-tahun sebelumnya, PMCC 2024 memberikan variasi dengan tidak hanya terbatas pada kompetisi Battle Royale, melainkan juga memperkenalkan mode World of Wonder (WoW), sebuah mode di mana para pemain bisa mengekspresikan kreativitas mereka di dalam permainan PUBG Mobile.

    World of Wonder diperkenalkan kepada para mahasiswa dengan acara seminar melalui roadshow offline ke berbagai perguruan tinggi ternama, seperti Universitas Gajah Mada, Universitas Prasetya Mulya, dan Institut Pertanian Bogor. Roadshow ini juga menyediakan rangkaian acara fun match, meet & greet dengan KOL dan Campus Ambassador, pemberian sertifikat, serta bagi-bagi beasiswa bernilai puluhan juta rupiah.

    Salah satu highlight dari PMCC 2024 adalah World of Wonder Campus Creator Challenge, di mana para mahasiswa berkesempatan untuk mengekspresikan kreativitas mereka dalam merancang map dan gameplay sesuai dengan imajinasi mereka, termasuk memasukkan elemen budaya dan pariwisata lokal.

    Ada tiga pemenang dari World of Wonder Campus Creator Challenge, yaitu I Kadek Dana Ardika dari Universitas Mahasaraswati Denpasar, Karen Maharani dari Universitas Pembangunan Nasional ‘Veteran’ Jawa Timur, dan Kemal Muhammad Syams Al Qudusi dari Institut Pertanian Bogor.

    Selain itu, turnamen Battle Royale antar kampus juga sukses menarik partisipan dengan total hadiah senilai Rp 70 juta dan 3 tiket menuju PMNC 2024. Tim STIE Pioner Manado 2 keluar sebagai juara pertama, diikuti oleh tim UIN Walisongo Semarang di peringkat kedua, dan UNTAG Samarinda di peringkat ketiga.

    Sementara itu, kompetisi Talent Hunt dimenangkan oleh Yoga Pratama Royaldy dari Universitas Bina Sarana Informatika, Antonius Michael dari Universitas Terbuka, dan Prihandini Daffa Nur Rizka Fardiana dari Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jawa Timur.

    (asj/fay)

  • Debat Pilkada Temanggung Digelar Hanya 1 Kali, Ini Jadwal dan Temanya
                
                    
                        
                            Regional
                        
                        13 November 2024

    Debat Pilkada Temanggung Digelar Hanya 1 Kali, Ini Jadwal dan Temanya Regional 13 November 2024

    Debat Pilkada Temanggung Digelar Hanya 1 Kali, Ini Jadwal dan Temanya
    Tim Redaksi
    TEMANGGUNG, KOMPAS.com
    – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten
    Temanggung
    , Jawa Tengah, menggelar debat pasangan calon bupati dan wakil bupati hanya sekali.
    Satu-satunya debat pemilihan kepala daerah (pilkada) di Kota Tembakau ini bakal dilaksanakan di Graha Bhumi Phala, kompleks Sekretariat Daerah Kabupaten Temanggung, Minggu (17/11/2024) pukul 09.00 WIB.
    Ketua Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih, Partisipasi Masyarakat, dan Sumber Daya Manusia KPU Kabupaten Temanggung Mochammad Bagus Pratomo mengatakan, pihaknya dan tim masing-masing pasangan calon sepakat debat digelar satu kali.
    Sebabnya, antara lain, padatnya tahapan kegiatan selama pilkada baik bagi KPU maupun tim paslon.
    “Sehingga energi (yang dikerahkan) untuk debat mampunya hanya sekali,” ujarnya kepada
    Kompas.com
    di kantornya, Rabu (13/11/2024).
    Debat
    Pilkada Temanggung
    disiarkan melalui tiga kanal, yakni Temanggung TV, radio eRTe FM, dan YouTube KPU Kabupaten Temanggung.
    Tema debat mengangkat tajuk “Menuju Temanggung Berbudaya, Maju, dan Sejahtera dengan Pelayanan Publik Berintegritas dan Terpercaya”.
    Dari tema tersebut mencakup lima subtema, “Temanggung Berdaya”, “Temanggung Maju”, “Temanggung Sejahtera”, “Pelayanan Publik Berintegritas dan Terpercaya”, serta “Penyelarasan antara Program Pusat dan Daerah”.
    Bagus menyebutkan, beragam isu bisa dibahas dari subtema yang mengacu Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah (RPJPD) Temanggung 2025-2045 itu.
    “Temanggung Berbudaya, misalnya, cakupannya sampai pendidikan, bukan hanya kesenian atau kebudayaan,” ungkapnya.
    Pada Temanggung Sejahtera, isu yang dapat diangkat meliputi ekonomi yang bisa berkaitan dengan pertanian, ketenagakerjaan, dan perdagangan.
    Tim panelis yang terlibat dalam debat ini terdiri dari:
    – Guru Besar Fakultas Hukum Universitas Diponegoro (Undip), Semarang: Adji Samekto
    – Dosen Ilmu Pemerintahan Undip: Turtiantoro
    – Wakil Rektor 1 Universitas Sains Al-Quran (Unsiq), Wonosobo: Ngarifin Sidiq
    – Dosen Ilmu Politik Universitas Jenderal Soedirman (Unsoed), Purwokerto: Andi Ali Said Akbar
    – Wakil Rektor 1 Institut Islam Nahdlatul Ulama (Inisnu) Temanggung: Hamidulloh Ibda
    Sebagai informasi, kandidat kepala daerah yang bertarung dalam Pilkada Temanggung terdiri dari:
    – Paslon nomor urut 1: Agus Setyawan-Nadia Muna
    – Paslon nomor urut 2: Heri Ibnu Wibowo-Fuad Hidayat
    – Paslon nomor urut 3: Muhammad Al Khadziq-Bimo Alugoro
    Debat ini diharapkan dapat memberikan gambaran yang jelas mengenai visi dan misi masing-masing kandidat dalam membangun Kabupaten Temanggung ke depan.
    Copyright 2008 – 2024 PT. Kompas Cyber Media (Kompas Gramedia Digital Group). All Rights Reserved.

  • Tim Pengabdian Fakultas Farmasi Unwahas Latih Warga Bikin Roll On Minyak Serai – Espos.id

    Tim Pengabdian Fakultas Farmasi Unwahas Latih Warga Bikin Roll On Minyak Serai – Espos.id

    Perbesar

    ESPOS.ID – Tim pengabdian masyarakat Fakultas Farmasi dan LPPM Universitas Wahid Hasyim (Unwahas) Semarang berfoto bersama peserta pelatihan pembuatan roll on minyak serai di RW 3, Kelurahan Plalangan, Kecamatan Gunungpati, Kota Semarang. (Istimewa)

    Esposin, SEMARANG–Dalam rangka meningkatkan keterampilan masyarakat serta memberikan manfaat ekonomi yang berkelanjutan, tim pengabdian masyarakat dari Fakultas Farmasi yang bekerja sama dengan LPPM Universitas Wahid Hasyim (Unwahas) Semarang menyelenggarakan kegiatan pelatihan pembuatan roll on minyak serai. 

    Kegiatan ini berlangsung di RW 3, Kelurahan Plalangan, Kecamatan Gunungpati, Kota Semarang, dan dihadiri oleh warga setempat yang antusias untuk belajar.

    Promosi
    BRI Bagikan Strategi Pengelolaan Keuangan dan Investasi bagi Generasi Muda

    Pelatihan ini bertujuan untuk memberdayakan masyarakat dengan memberikan pengetahuan dan keterampilan praktis dalam mengolah serai, tanaman yang banyak tumbuh di lingkungan mereka, menjadi produk bernilai ekonomi tinggi.

    Dalam kegiatan ini, peserta diajarkan mulai dari proses pemilihan bahan baku yang berkualitas, teknik pembuatan minyak serai, hingga metode pengemasan dalam bentuk roll on yang menarik dan higienis.

    “Kami berharap pelatihan ini dapat memberikan tambahan penghasilan bagi masyarakat sekaligus memperkenalkan mereka pada peluang usaha berbasis sumber daya lokal,” ujar ketua tim pengabdian dari Fakultas Farmasi Unwahas, Gharsina, dalam keterangan resmi, Rabu (13/11/2024). 

    “Minyak serai memiliki banyak manfaat, seperti sebagai aromaterapi dan pengusir serangga alami, yang membuatnya sangat potensial untuk dipasarkan,” lanjutnya.

    Selain materi teknis, pelatihan ini juga membahas strategi pemasaran produk secara sederhana, baik untuk pasar lokal maupun melalui platform digital. Dengan demikian, peserta tidak hanya diajari proses pembuatan, tetapi juga diberi wawasan tentang pengembangan usaha berbasis komunitas.

    Salah satu peserta, Heru Susilowati, menyatakan rasa syukur dan terima kasihnya atas pelatihan ini.

    “Kami senang karena kegiatan ini sangat bermanfaat dan bisa langsung kami praktikkan. Semoga produk yang kami buat nanti bisa membantu perekonomian keluarga kami,” ujarnya.

    Kegiatan ini diakhiri dengan sesi tanya jawab dan diskusi, di mana para peserta berkesempatan untuk bertukar pikiran dan merencanakan tindak lanjut dari pelatihan ini.

    Tim pengabdian juga menyampaikan bahwa mereka akan terus memberikan pendampingan bagi warga yang ingin mengembangkan usaha dari hasil pelatihan ini.

     

    Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
    Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram “Solopos.com Berita Terkini” Klik link ini.