kab/kota: Semarang

  • Cuaca Hari Ini, Sebagian Kota Besar di Indonesia Dilanda Hujan

    Cuaca Hari Ini, Sebagian Kota Besar di Indonesia Dilanda Hujan

    Jakarta, Beritasatu.com – Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memprakirakan cuaca hari ini Senin (30/12/2024) di sebagian kota besar Indonesia berpotensi hujan. 

    “Cuaca hari ini di Padang berpotensi berawan tebal,” kata prakirawan BMKG Sentia Arianti di Jakarta, dilansir Antara.

    Sementara cuaca di Banda Aceh, Tanjung Pinang, dan Pekanbaru diprakirakan hujan ringan. “Medan diprediksi hujan dengan intensitas sedang, sementara awan tebal diprakirakan menggelayuti Bengkulu dan Jambi,” kata dia.

    Kemudian, hujan ringan diprediksi turun di Kota Lampung.

    Dia mengatakan, BMKG meminta masyarakat mewaspadai cuaca hari ini Palembang dan Pangkalpinang yang berpotensi hujan disertai petir. 

    Bergeser ke Pulau Jawa, hujan ringan diprakirakan di Serang, Jakarta, Semarang, dan Surabaya. Kemudian, hujan dengan intensitas sedang diprakirakan di Bandung. “Masyarakat diminta mewaspadai potensi hujan disertai petir di Yogyakarta,” kata dia.

    Bergeser ke wilayah Bali dan Nusa Tenggara, hujan ringan diprakirakan di Mataram dan Denpasar. Sementara cuaca hari ini di Kupang berpotensi hujan disertai petir. “Beralih ke Kalimantan, cuaca diprakirakan berkabut di Pontianak,” katanya.

    Kemudian, hujan ringan diprediksi di Palangka Raya dan Samarinda. Untuk cuaca diBanjarmasin dan Tanjung Selor berpotensi hujan disertai petir. “Selanjutnya, kita beralih ke Pulau Sulawesi, hujan ringan diprakirakan di Mamuju, Makassar, Palu, dan Kendari,” katanya.

    Sementara cuaca hari ini di Ambon, Ternate, Sorong, Jayapura, dan Jayawijaya berpotensi hujan ringan hari ini. “Kemudian hujan dengan intensitas sedang diprakirakan di Kota Nabire dan Merauke,” kata dia.

  • Menhub Sering Sidak Pelabuhan, Pastikan Perjalanan Kapal Laut Lancar – Page 3

    Menhub Sering Sidak Pelabuhan, Pastikan Perjalanan Kapal Laut Lancar – Page 3

    Sebelumnya, Kementerian Perhubungan resmi melepas keberangkatan perjalanan mudik gratis angkutan jalan Natal 2024 dan Tahun Baru 2025 (Nataru), Selasa (24/12). Pelepasan mudik bus gratis dilakukan di dua titik, yakni Terminal Terpadu Pulogebang dan Terminal Kampung Rambutan, Jakarta Timur.

    Berdasarkan hasil survei Badan Kebijakan Transportasi Kemenhub, terdapat potensi pergerakan masyarakat pada masa libur Nataru 2024/2025 secara nasional sebanyak 110,67 juta orang, dimana pergerakan dengan moda angkutan bus sebesar 6,54 juta orang.

    “Guna memberikan pelayanan kepada masyarakat serta untuk mengurangi potensi kecelakaan lalu lintas khususnya sepeda motor dan mengurangi kepadatan lalu lintas yang sering terjadi pada masa liburan ini, Kemenhub menyelenggarakan Mudik Gratis Angkutan Jalan,” ujar Wakil Menteri Perhubungan Suntana di Terminal Pulogebang, Jakarta, Selasa (24/12/2024).

    Kegiatan Mudik Gratis Angkutan Jalan Nataru Tahun 2024 diselenggarakan Kemenhub melalui Direktorat Jenderal Perhubungan Darat.

    Total Pemudik Motor 3.522 Peserta

    Mudik gratis penumpang dan motor ini memiliki total kuota mudik sebanyak 3.522 peserta, dengan jumlah tujuan mudik sebanyak 11 kota, yakni Malang, Surabaya, Kediri, Madiun, Yogyakarta, Solo, Semarang, Wonogiri, Wonosobo, Purwokerto, dan Cilacap.

    Jumlah bus yang digunakan total sebanyak 93 bus. Sebanyak 63 bus untuk 2.392 penumpang diberangkatkan dari Terminal Terpadu Pulogebang, dan sebanyak 30 bus untuk 1.130 penumpang diberangkatkan dari Terminal Kampung Rambutan.

    “Untuk Ibu Bapak sekalian, tolong selama di perjalanan berhati-hati. Jaga barang bawaan dan anak-anak. Jaga kesehatan. Untuk para supir dan kenek, pesan saya patuhi aturan lalu lintas dan jaga kecepatan maksimal bus. Selamat jalan, selamat sampai tujuan, dan selamat liburan seru Nataru,” seru Wamenhub.

     

  • Syarat dan Ketentuan Promo YES DEALS dari KAI, Diskon Tiket hingga 30 Persen – Halaman all

    Syarat dan Ketentuan Promo YES DEALS dari KAI, Diskon Tiket hingga 30 Persen – Halaman all

    PT Kereta Api Indonesia (KAI) kembali menghadirkan promo spesial akhir tahun bertajuk “YES DEALS” (Years End Sale Deals), ini syarat dan ketentuannya.

    Tayang: Senin, 30 Desember 2024 08:05 WIB

    Instagram @kai121_

    Promo YES DEALS dari KAI – PT Kereta Api Indonesia (KAI) kembali menghadirkan promo spesial akhir tahun bertajuk “YES DEALS” (Years End Sale Deals), ini syarat dan ketentuannya. 

    TRIBUNNEWS.COM – PT Kereta Api Indonesia (KAI) kembali menghadirkan promo spesial akhir tahun bertajuk “YES DEALS” (Years End Sale Deals).

    Promo YES DEALS ini menghadirkan diskon hingga 30 persen untuk perjalanan kereta api pada momen tertentu masa Nataru 2024/2025.

    Promo ini menjadi pilihan tepat untuk menutup tahun dengan perjalanan hemat dan mengawali tahun baru dengan pengalaman tak terlupakan bersama kereta api.

    Adapun pemesanan tiket dapat dilakukan mulai tanggal 27 Desember 2024 – 5 Januari 2025, untuk keberangkatan mulai 29 Desember 2024 – 5 Januari 2025.
     
    “Promo YES DEALS akan mulai dijual secara bertahap pada 27 Desember 2024 hingga 5 Januari 2025, untuk keberangkatan kereta api pada periode 29 Desember 2024 hingga 5 Januari 2025,” ungkap Vice President Public Relations KAI Anne Purba, dikutip dari Siaran Pers KAI.

    “Promo ini memberikan kesempatan istimewa bagi masyarakat untuk menikmati liburan akhir tahun bersama keluarga dan sahabat tercinta,” lanjutnya.

    Selengkapnya, syarat dan ketentuan untuk dapatkan Promo YES DEALS, sebagai berikut:

    Pembelian tarif spesial ini dapat dilakukan di semua channel penjualan secara bertahap mulai tanggal 27 Desember 2024 s.d 5 Januari 2025.
    Berlaku untuk keberangkatan mulai tanggal 29 Desember 2024 s.d 5 Januari 2025.
    Tarif diskon hanya berlaku untuk KA telah ditetapkan.
    Tarif diskon berlaku parsial.
    Tarif diskon tidak berlaku untuk Kereta Suite Class Compartment, Luxury, Panoramic, Priority, Imperial, dan/atau Kereta Wisata lainnya.
    Tiket dengan tarif diskon ini tidak berlaku pada tarif khusus dan tidak dapat digabungkan dengan reduksi dan/atau diskon lainnya.
    Tiket dengan tarif diskon ini dapat dibatalkan dan diubah jadwalnya sesuai dengan aturan yang berlaku.
    Berlaku selama tiket dan tarif diskon masih tersedia.

    Daftar Kereta Api yang Mendapatkan Promo Tarif: 

    Argo Bromo Anggrek Relasi Gambir – Surabaya Pasarturi PP (Eksekutif) 
    Argo Cheribon Relasi Gambir – Cirebon PP (Ekonomi, Eksekutif) 
    Argo Merbabu (Tambahan) Relasi Gambir – Semarang Tawang Bank Jateng PP (Eksekutif) 
    Argo Muria Relasi Gambir – Semarang Tawang Bank Jateng (Eksekutif) 
    Argo Parahyangan Relasi Bandung – Gambir PP (Ekonomi, Eksekutif) 
    Argo Sindoro Relasi Gambir – Semarang Tawang Bank Jateng (Eksekutif)
    Banyu Biru Relasi Semarang Tawang Bank Jateng – Solo Balapan (Ekonomi, Eksekutif)
    Blora Jaya Relasi Cepu – Semarang Poncol (Ekonomi) 
    Direct Train SMT Relasi Semarang Tawang Bank Jateng – Gambir PP (Ekonomi, Eksekutif)
    Direct Train YK Relasi Yogyakarta – Gambir PP (Eksekutif)
    Joglosemarkerto Relasi Purwokerto – Solo Balapan (Eksekutif)
    Joglosemarkerto Relasi Yogyakarta – Cilacap (Eksekutif)
    KA Tambahan PSE SMC Relasi Pasarsenen – Semarang Poncol PP (Ekonomi, Eksekutif) 
    KA Tambahan BD SLO Relasi Solo Balapan – Bandung (Ekonomi, Eksekutif)
    KA Tambahan SLO GMR Relasi Solo Balapan – Gambir (Eksekutif)
    KA Tambahan SLO PSE Relasi Solo Balapan – Pasarsenen (Eksekutif)
    KA Kaligung Relasi Brebes – Semarang Poncol PP (Ekonomi, Eksekutif)
    KA Kaligung Relasi Semarang Poncol – Cirebon Prujakan (Ekonomi, Eksekutif)
    KA Kaligung Relasi Tegal – Semarang Poncol PP (Ekonomi, Eksekutif)
    KA Kamandaka Relasi Semarang Tawang Bank Jateng – Purwokerto PP (Eksekutif)
    KA Kutojaya Selatan (Tambahan) Relasi Kiaracondong – Kutoarjo PP (Ekonomi)
    KA Kutojaya Utara Relasi Kutoarjo – Jakarta Kota (Ekonomi)
    KA Kutojaya Utara (Tambahan) Relasi Kutoarjo – Pasarsenen (Ekonomi)
    KA Manahan Relasi Gambir – Solo Balapan (Eksekutif)
    Purwojaya Tambahan Relasi Cilacap – Gambir (Eksekutif)
    Sancaka Relasi Surabaya Gubeng – Yogyakarta PP (Ekonomi, Eksekutif)
    Sembrani Tambahan Relasi Gambir – Surabaya Pasarturi PP (Ekonomi, Eksekutif)
    Sribilah Utama Relasi Medan – Rantau Prapat PP (Bisnis, Ekonomi, Eksekutif)
    Tegal Bahari Relasi Pasarsenen – Tegal PP (Eksekutif)
    KA Tambahan LPN PSE Relasi Lempuyangan – Pasarsenen PP (Ekonomi)
    KA Tambahan GMR YK Relasi Gambir – Yogyakarta PP (Eksekutif)
    Purwojaya Relasi Gambir – Cilacap (Eksekutif)
    Mutiara Timur Relasi Ketapang – Surabaya Gubeng PP (Ekonomi, Eksekutif)

    Untuk informasi lebih lanjut terkait promo tersebut, masyarakat dapat menghubungi Customer Service KAI di stasiun atau Contact Center KAI melalui telepon di 121, WhatsApp 08111-2111-121, email cs@kai. id, atau media sosial KAI121.

    (Tribunnews.com/Latifah)

    “);
    $(“#latestul”).append(“”);
    $(“.loading”).show();
    var newlast = getLast;
    $.getJSON(“https://api.tribunnews.com/ajax/latest_section/?callback=?”, {start: newlast,section:’4′,img:’thumb2′}, function(data) {
    $.each(data.posts, function(key, val) {
    if(val.title){
    newlast = newlast + 1;
    if(val.video) {
    var vthumb = “”;
    var vtitle = ” “;
    }
    else
    {
    var vthumb = “”;
    var vtitle = “”;
    }
    if(val.thumb) {
    var img = “”+vthumb+””;
    var milatest = “mr140”;
    }
    else {
    var img = “”;
    var milatest = “”;
    }
    if(val.subtitle) subtitle = “”+val.subtitle+””;
    else subtitle=””;
    if(val.c_url) cat = “”+val.c_title+””;
    else cat=””;

    $(“#latestul”).append(“”+img+””);
    }
    else{
    $(“#latestul”).append(‘Tampilkan lainnya’);
    $(“#test3”).val(“Done”);
    return false;
    }
    });
    $(“.loading”).remove();
    });
    }
    else if (getLast > 150) {
    if ($(“#ltldmr”).length == 0){
    $(“#latestul”).append(‘Tampilkan lainnya’);
    }
    }
    }
    });
    });

    function loadmore(){
    if ($(“#ltldmr”).length > 0) $(“#ltldmr”).remove();
    var getLast = parseInt($(“#latestul > li:last-child”).attr(“data-sort”));
    $(“#latestul”).append(“”);
    $(“.loading”).show();
    var newlast = getLast ;
    if($(“#test3”).val() == ‘Done’){
    newlast=0;
    $.getJSON(“https://api.tribunnews.com/ajax/latest”, function(data) {
    $.each(data.posts, function(key, val) {
    if(val.title){
    newlast = newlast + 1;
    if(val.video) {
    var vthumb = “”;
    var vtitle = ” “;
    }
    else
    {
    var vthumb = “”;
    var vtitle = “”;
    }
    if(val.thumb) {
    var img = “”+vthumb+””;
    var milatest = “mr140”;
    }
    else {
    var img = “”;
    var milatest = “”;
    }
    if(val.subtitle) subtitle = “”+val.subtitle+””;
    else subtitle=””;
    if(val.c_url) cat = “”+val.c_title+””;
    else cat=””;
    $(“#latestul”).append(“”+img+””);
    }else{
    return false;
    }
    });
    $(“.loading”).remove();
    });
    }
    else{
    $.getJSON(“https://api.tribunnews.com/ajax/latest_section/?callback=?”, {start: newlast,section:sectionid,img:’thumb2′,total:’40’}, function(data) {
    $.each(data.posts, function(key, val) {
    if(val.title){
    newlast = newlast+1;
    if(val.video) {
    var vthumb = “”;
    var vtitle = ” “;
    }
    else
    {
    var vthumb = “”;
    var vtitle = “”;
    }
    if(val.thumb) {
    var img = “”+vthumb+””;
    var milatest = “mr140”;
    }
    else {
    var img = “”;
    var milatest = “”;
    }
    if(val.subtitle) subtitle = “”+val.subtitle+””;
    else subtitle=””;

    $(“#latestul”).append(“”+img+””);
    }else{
    return false;
    }
    });
    $(“.loading”).remove();
    });
    }
    }

    Berita Terkini

  • Penjualan tiket KA jarak jauh dan lokal capai 2,9 juta penumpang

    Penjualan tiket KA jarak jauh dan lokal capai 2,9 juta penumpang

    Sejumlah penumpang duduk di dalam kereta api jarak jauh, menikmati perjalanan dari Stasiun Semarang Tawang Bank Jateng ke Stasiun Gambir Jakarta, Minggu (29/12/2024). ANTARA/Harianto

    KAI: Penjualan tiket KA jarak jauh dan lokal capai 2,9 juta penumpang
    Dalam Negeri   
    Editor: Novelia Tri Ananda   
    Minggu, 29 Desember 2024 – 14:03 WIB

    Elshinta.com – PT Kereta Api Indonesia (KAI) mencatatkan penjualan tiket kereta api jarak jauh dan lokal untuk angkutan Natal 2024 dan Tahun Baru 2025 telah mencapai 2.924.387 per Minggu.

    “Berdasarkan data hari ini, Minggu, 29 Desember 2024 Pukul 06.00 WIB jumlah tiket KA jarak jauh dan KA lokal yang sudah terjual untuk periode masa libur Natal dan Tahun Baru 2024/2025 yaitu 2.924.387 tiket,” kata Vice President Public Relations KAI Anne Purba dalam keterangan di Jakarta, Minggu.

    Anne menyampaikan bahwa total kapasitas tempat duduk yang disediakan untuk angkutan KAI selama libur Natal dan tahun baru sebanyak 3.572.588 kursi penumpang.Dia menuturkan bahwa dari 2.924.387 tiket terjual tersebut terdiri dari 2.433.704 KA jarak jauh atau  88 persen dari total jumlah tempat duduk tersedia sebanyak 2.770.864 tiket.

    Sedangkan, untuk penjualan KA lokal sudah mencapai 490.683 tiket atau 61 persen dari total jumlah tempat duduk yang disediakan yaitu 801.724 tiket.

    Selanjutnya, untuk KA jarak menengah/jauh pemesanan tiket sudah dapat dilakukan H-45, sedangkan KA Lokal  pemesanan baru dapat dipesan H-30 sebelum keberangkatan dan ada beberapa KA juga yang baru dapat dipesan H-7 sebelum keberangkatan. Lebih lanjut, Anne menyebutkan bahwa pada 19 Desember 2024 hingga 5 Januari 2025 KAI Group menyediakan total 44.754.280 tempat duduk yang terdiri 3.572.588 penumpang KAI, 35.407.300 penumpang KAI commuter.

    Kemudian 4.142.520 penumpang LRT Jabodebek, 588.304 penumpang LRT Sumsel, 7.416 penumpang KAI Wisata, 487.728 penumpang KAI Bandara, 29.160 penumpang KA Makassar-Parepare dan 519.264 Penumpang KCIC.

    Ia menambahkan, adapun total jumlah perjalanan KAI Group yaitu 40.782 KA dengan rincian 7.328 perjalanan KA yang dikelola KAI, 23.204 perjalanan KA yang dikelola KAI Commuter, 1.872 perjalanan KA yang dikelola KAI Bandara, 5.598 perjalanan LRT Jabodebek, 1.772 perjalanan LRT Sumsel.

    Berikutnya 36 perjalanan yang dikelola KAI Wisata, 108 perjalanan KA Makassar-Parepare serta 864 perjalanan Whoosh yang dikelola KCIC.

    “Secara keseluruhan, KAI Group telah menghantarkan 13.562.674 Penumpang di Pulau Jawa, Sumatera dan Sulawesi pada masa Natal dan tahun baru ini,” kata Anne.

    KAI menyatakan bahwa jumlah penjualan tiket masih akan terus berubah dinamis dan bertambah, karena penjualan masih berlangsung. Ia berharap masyarakat dapat segera memesan tiket dan merencanakan liburan dengan matang karena beberapa tiket KA masa natal dan tahun baru sudah mulai habis terjual.

    Anne menambahkan, arus keberangkatan dan kedatangan liburan Natal dan tahun baru hingga saat ini sudah terpantau padat bahkan beberapa kereta yang menjadi primadona dengan okupansi sudah melebihi dari 100 persen seperti KA Airlangga, KA Joglosemarkerto. Selain itu KA Sritanjung, KA Blambangan Ekspres, KA Pariaman Ekspres, KA Rajabasa, KA Putri Deli, KA Matarmaja, KA Logawa, KA Bangunkarta, dan masih banyak KA lainnya di Pulau Jawa dan Sumatera.

    Sumber : Antara

  • Libur Natal, Wisatawan Kota Semarang Naik 10 Persen

    Libur Natal, Wisatawan Kota Semarang Naik 10 Persen

    TRIBUNJATENG.COM, SEMARANG – Momentum libur Natal mendongkrak jumlah wisatawan di Kota Semarang. Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kota Semarang mencatat kenaikan kunjungan wisatawan ke ibu kota Provinsi Jateng naik 10 persen dibanding tahun sebelumnya periode yang sama. 

    Kepala Disbudpar Kota Semarang, Wing Wiyarso mengatakan, ada beberapa destinasi favorit pada libur Natal kali ini yaitu Kota Lama, Lawang Sewu, Semarang Zoo, dan Pantai Marina. 

    Data Disbudpar Kota Semarang kunjungan wisatawan sejak 20 – 26 Desember 2024, sebanyak 205.242 wisatawan. Data tersebut baik sebesar 10,05 persen dibanding tahun sebelumnya yang hanya 186.498 wisatawan. 

    “Saya kira kunjungan wisatawan akan terus meningkat hingga tahun baru 2025 nanti,” sebut Wing, Minggu (29/12/2024). 

    Menurutnya, jika cuaca di Kota Semarang mendukung, tren kunjungan wisatawan saat tahun baru nanti akan sama seperti momen Natal kali ini. 

    “Semoga cuacanya bagus, kunjungan wisatawan terus meningkat,” ucapnya. 

    Sub Koordinator Informasi Budaya dan Pariwisata Disbudpar Kota Semarang, Agus Kariswanto mengatakan, peningkatan kunjungan wisatawan ini sesuai target Disbudpar yakni enam persen hingga 10 persen. 

    Pada momen Natal ini, Kota Lama masih menjadi paling favorit dengan total kunjungan wisatawan sebanyak 118.021 pengunjung. Di ikuti Lawangsewu, Pantai Marina, dan Semarang Zoo. 

    “Perhitungan jumlah wisatawan Kota Lama, kami cari rata-rata orang berkunjung ke Kota Lama. Dihitung oleh petugas ke beberapa jalur dalam satu waktu bersamaan setiap tiga jam sekali. Ini memastikan dalam satu waktu tidak terhitubg dobel dan bukan karyawan yang bekerja di Kota Lama. Lalu, tiap akhir hari dijumlah,” jelasnya.

    Menurutnya, Disbudpar terus berupaya mendongkrak kunjungan wisatawan dengan berbagai upaya antara lain meningkatkan promosi media sosial dengan menggandeng influencer dan meningkatkan traffic rekomendasi destinasi wisata Semarang melalui Search Engine Marketing (SEM). 

    Sejumlah event juga digelar di destinasi wisata. Pada tahun baru nanti, Pemerintah Kota Semarnag juga akan menggelar perayaan malam pergantian tahun di Pearl of Java City (PoJ City) dengan pesta kembang api. 

    Sebelumnya, Wali Kota Semarang, Hevearita Gunaryanti Rahayu atau yang akrab disapa Mbak Ita, menjelaskan, pemilihan PoJ City sebagai pusat perayaan tahun baru merupakan langkah strategis untuk memecah keramaian di pusat kota dan sekaligus mempromosikan kawasan pesisir yang kian berkembang.

    “Pearl of Java City menawarkan atmosfer yang berbeda, lebih segar, dan menarik. Ini sejalan dengan visi kami untuk menjadikan kota Semarang sebagai kota wisata unggulan yang menawarkan pengalaman beragam bagi wisatawan,” ujarnya. 

    Menurutnya, pesta malam pergantian tahun baru nanti adalah momentum untuk menunjukkan kebangkitan ekonomi dan pariwisata kota Semarang, khususnya di kawasan PoJ City, Marina.

    .alam tahun baru di PoJ City akan dipenuhi kemeriahan tanpa henti. 

    “Mulai sore hari, pada hari H, pengunjung akan dihibur oleh penampilan band-band lokal berbakat dan artis-artis ibu kota yang siap membuat pengunjung bergoyang hingga larut malam,” jelas Ita.

    Dalam kesempatan itu juga akan dilaunching Calendar Event kota Semarang tahun 2025. 

    Puncaknya, pesta kembang api megah rancangan Pemerintah Kota atau Pemkot Semarang dan Awanncosta akan memanjakan mata pengunjung dengan tarian cahaya warna-warni di langit. (eyf) 

  • Pemkot Semarang Anggarkan Rp 6 Miliar untuk Revitalisasi Pasar Dargo pada 2025

    Pemkot Semarang Anggarkan Rp 6 Miliar untuk Revitalisasi Pasar Dargo pada 2025

    TRIBUNJATENG.COM, SEMARANG – Pemerintah Kota Semarang menganggarkan Rp 6 miliar untuk merevitalisasi Pasar Dargo. Ini merupakan bentuk komitmen pemkot memberdayakan kembali Pasar Dargo sebagai pusat aktivitas ekonomi yang strategis. 

    Plt Kepala Dinas Perdagangan (Disdag) Kota Semarang, Bambang Pramusinto mengatakan, anggaran revitalisasi Pasar Dargo dialokasikan pada APBD 2025 di Dinas Tata Ruang (Distaru) Kota Semarang. 

    Anggaran sebesar Rp 6 miliar tersebut rencananya akan digunakan untuk memperbaiki sarana prasarana dan pembuatan lapak-lapak di lantai 3 dan 4.

    “Pada 2025, masih ada pembangunan dianggarkan di Distaru sekitar Rp 6 miliar untuk pembangunan lantai 3 dan 4,” sebut Bambang, Minggu (29/12/2024). 

    Sementara, lanjut Bambang, pada APBD Perubahan 2024, Pemerintah Kota Semarang juga telah menganggarkan revitalisasi Pasar Dargo untuk lantai 2. Saat ini, revitalisasi masih berlangsung.

    “Lantai 2 Dargo dibangun tahun ini. Itu juga dari Distsru, anggaran perubahan ini. Awal tahun dipakai,” katanya.

    Bambang menyebut, ada sejumlah perbaikan yang dilakukan di Pasar Dargo mengingat sudah lama tidak ditempati, antata lain listrik, air, kebocoran, dan penataan lapak-lapak. 

    Pasar Dargo ini diperuntukan bagi pedagang eks relokasi MAJT atau Barito Karya Mandiri. Ada 560 pedagang yang ditargetkan masuk ke Pasar Dargo pada Maret 2025 mendatang.

    Saat ini, paguyuban pedagang mulai menempati bangunan pasar di lantai 1. Mereka sepakat untuk melakukan renovasi secara swadaya.  

    “Lantai 1 sudah ditempati 50 persen pedagang sudah masuk, dari total 560 pedagang. Targetnya, Maret bisa masuk semua, karena saat ini sedang dilakukan perbaikan oleh Distaru,” jelasnya. 

    Pemkot, kata dia, juga akan melakukan perbaikan di Blok C yang letaknya berada di belakang Pasar Dargo. Secara keseluruhan pasar ini memiliki tinggi empat lantai, dimana lantai 1 dan 2 akan digunakan pedagang eks Barito yakni pedagang klitikan untum variasai mobil dan sebagainya. Sementara, lantai 3 dan 4 direncanakan untuk pedagang kuliner. 

    “Lantai 3 dan 4 ada usulan kuliner, kami sedang bicarakan rencana penataan Pasar Dargo ke depan,” bebernya. 

    Bambang menambahkan, Disdag juga akan melakukan evaluasi adanya tempat karaoke di Pasar Dargo. Pasalnya, lantai bawah difokuskan untuk pasar klitikan.

    Pemkot Semarang juga akan membuat program untuk menghidupkan Pasar Dargo, dengan program Sobo Dargo. (eyf)

  • BMKG Prediksi Mayoritas Wilayah Pesisir Banjir Rob Sepekan Mendatang

    BMKG Prediksi Mayoritas Wilayah Pesisir Banjir Rob Sepekan Mendatang

    Jakarta, CNN Indonesia

    Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprediksi sebagian besar wilayah pesisir di Indonesia berpotensi banjir rob dalam sepekan ke depan. Ketinggian muka air diperkirakan lebih kurang mencapai 1-1,5 meter.

    “Potensi banjir rob itu terjadi akibat peningkatan ketinggian air laut maksimum yang dipengaruhi oleh fenomena Bulan Baru pada 31 Desember 2024,” kata Direktur Meteorologi Maritim BMKG Eko Prasetyo di Jakarta, dilansir Antara, Minggu (29/12).

    Tim meteorologi BMKG mendapati berdasarkan pantauan data water level dan prediksi pasang surut pada periode tersebut maka banjir rob dapat berpotensi terjadi di beberapa wilayah pesisir yang antara lain; Provinsi Aceh (Meulaboh 31 Desember-3 Januari 2025), Sumatera Utara (Kecamatan Medan Belauan, Medan Merelan dan Medan Pelabuhan), Kepulauan Riau (Batam, Dabo Singkep, Karimun, Bintan, dan Tanjung Pinang 31 Desember-4 Januari 2025).

    Sumatera Barat (Kota Padang, Padang Pariaman, Pantai Pariaman, Padang Painan 31 Desember – 3 Januari 2025), Jambi (selat Berhala 31 Desember-5 Januari 2025), Kepulauan Bangka Belitung (pesisir Pangkal Pinang 31 Desember 2024-1 Januari 2025).

    Provinsi Lampung (Bandar Lampung 31 Desember-3 Januari 2025), Banten (perairan utara Tangerang, Selat Sunda barat Pandeglang, utara Serang, selatan Pandeglang, selatan Lebak pada 31 Desember-5 Januari 2024)

    Kemudian Provinsi Daerah Khusus Jakarta (pesisir utara Jakarta 31 Desember-3 Januari 2025), pesisir utara Jawa Tengah (Kota Semarang, Demak, Pekalongan, Pemalang, Tegal, Brebes pada 31 Desember-8 Januari 2025), selatan Jawa Tengah (Cilacap, Kebumen, Purworejo, Daerah Istimewa Yogyakarta 30-31 Desember 2024), selatan Jawa Barat (selatan Sukabumi dan Cianjur 30-31 Desember 2024), pesisir Jawa Timur (Surabaya Pelabuhan, Surabaya Timur, Kalianget hingga Madura pada 28-31 Desember 2024).

    Pesisir Nusa Tenggara Barat (Lombok dan Bima pada 29-31 Desember 2024), Nusa Tenggara Timur (utara dan selatan Flores, Pulau Sumba, Pulau Sabu, Raijua, Rote, Pulau Timor).

    Kalimantan Utara (Nunukan, Tarakan, Tanjung Selor 31 Desember 2024-1 Januari 2025), Kalimantan Timur (Balikpapan timur dan Balikpapan Barat pada 31 Desember-6 Januari 2025), Kalimantan Selatan (pesisir Sungai Barito, Kotabatu, Tanah Bumbu, Tanah Laut pada 29 Desember-4 Januari 2025), Kalimantan Barat (pesisir Kalimantan Barat 31 Desember-4 Januari 2025), Kalimantan Tengah (selatan Kota Waringin Barat meliputi Kubu, Keraya, Kumai 31 Desember-4 Januari 2025).

    Provinsi Sulawesi Selatan (Pare-pare, Sparemonde Makassar bagian barat, Makassar, Pangkep, Selayar, Bonerate, Kalatoa bagian utara 30 Desember-2 Januari 2025), Sulawesi Tengah (Perairan Palu – Donggala pada 31 Desember-1 Januari 2025), Sulawesi Utara (pesisir Sulawesi Utara, Bitung, Kepulauan Sangihe, barat Kepulauan Sangihe dan Kepulauan Talaud pasa 31 Desember-6 Januari 2025).

    Provinsi Maluku (Kota Ambon, Saumlaki, Kai, Aru dan Kabupaten Seram bagian timur pada 1-3 Januari 2025), Maluku Utara (Lolonda, Morotai, Tobelo, Ternate dan Taliabu pada 31 Desember-1 Januari 2025) hingga Papua (utara Jayapura, Kabupaten Sarmi, Biak, Serui, Waropen pada 30 Desember-1 Januari 2025).

    Menurut Eko, banjir rob selain berpotensi mengganggu aktivitas masyarakat, juga berpotensi mengganggu aktivitas bongkar muat di pelabuhan dan kelancaran aktivitas pelaku usaha tambak garam hingga ikan air tawar/laut pada wilayah pesisir.

    (tim/tsa)

    [Gambas:Video CNN]

  • Merti Dusun Gogik, Bupati Semarang Bagikan Sayur dan Durian
                
                    
                        
                            Regional
                        
                        29 Desember 2024

    Merti Dusun Gogik, Bupati Semarang Bagikan Sayur dan Durian Regional 29 Desember 2024

    Merti Dusun Gogik, Bupati Semarang Bagikan Sayur dan Durian
    Tim Redaksi
    UNGARAN, KOMPAS.com
    – Acara
    Merti Dusun
    Gintungan yang diselenggarakan di
    Desa Gogik
    , Kecamatan Ungaran Barat, Kabupaten Semarang, berlangsung meriah dengan
    kirab budaya
    dan seni yang melibatkan sembilan rukun tetangga (RT).
    Setelah kirab, warga berebut aneka
    hasil bumi
    yang ditata dalam bentuk gunungan.
    Bupati Semarang, Ngesti Nugraha, turut hadir dalam acara tersebut dan membagikan berbagai jenis sayuran, termasuk buah durian, kepada warga.
    “Saya berharap warga terus menjaga kerukunan. Kegiatan
    merti dusun
    harus menjadi wahana untuk merekatkan persatuan sekaligus menjaga suasana dusun yang ayem tentrem,” ujarnya dalam keterangan tertulis, Minggu (29/12/2024).
    Kepala Desa Gogik, Sudjarwoto, menjelaskan bahwa merti dusun merupakan ajang untuk menyatakan rasa syukur warga atas kelimpahan rezeki dari Tuhan Yang Maha Esa.
    “Karena itu ada tradisi nyadran dan doa bersama. Pelaksanaannya mengikuti tradisi leluhur yakni pada Hari Jumat Kliwon di Bulan Rajab setiap tahunnya,” ungkapnya.
    Usai doa bersama, dilakukan bedah blumbang dan pembersihan mata air yang menjadi sumber utama usaha pertanian warga.
    “Malamnya digelar pentas wayang kulit semalam suntuk. Kami juga menampilkan produk khas usaha ekonomi warga seperti ceriping gadung dan rengginang,” kata Sudjarwoto.
    Copyright 2008 – 2024 PT. Kompas Cyber Media (Kompas Gramedia Digital Group). All Rights Reserved.

  • Ini Syarat Diskon Tarif Tol Semarang Jakarta, Potongan Tarif Sampai Rp 88 Ribu

    Ini Syarat Diskon Tarif Tol Semarang Jakarta, Potongan Tarif Sampai Rp 88 Ribu

    TRIBUNJATENG.COM – Berikut ini syarat untuk mendapatkan diskon tarif tol dari Semarang menuju Jakarta selama libur nataru.

    PT Jasa Marga (Persero) Tbk kembali memberikan diskon tarif tol sebesar 10 persen untuk ruas Jalan Tol Trans Jawa selama periode libur Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2024/2025. 

    Diskon ini berlaku khusus untuk seluruh golongan kendaraan dengan perjalanan arus balik dari Semarang menuju Jakarta, yaitu dari Gerbang Tol (GT) Kalikangkung hingga GT Cikampek Utama.

     

    Kebijakan berlaku mulai Sabtu, 28 Desember 2024 pukul 05.00 WIB hingga Minggu, 29 Desember 2024 pukul 05.00 WIB.

    “Kami kembali mengingatkan bahwa pengguna jalan dapat memanfaatkan potongan tarif tol sebesar 10 persen yang berlaku untuk perjalanan menerus dari Semarang menuju Jakarta,” kata Corporate Communication and Community Development Group Head Jasa Marga, Lisye Octaviana dalam siaran pers, Jumat (27/12/2024).

    Berikut besaran potongan tarif tol untuk perjalanan menerus selama arus balik dari Semarang menuju Jakarta usai diskon 10 persen:

    – Kendaraan Golongan I: Semula Rp 434.500 menjadi Rp 391.050, potongan tarif sebesar Rp 43.450 

    – Kendaraan Golongan II dan III: Semula Rp 671.000 menjadi Rp 603.900, potongan tarif sebesar Rp 67.100

    – Kendaraan Golongan IV dan V: Semula Rp 883.500 menjadi Rp 795.150, potongan tarif sebesar Rp 88.350

    Untuk mendapatkan diskon tarif tol ini, pengguna jalan harus memastikan beberapa hal berikut:

    Tap in harus dilakukan di GT Kalikangkung dan tap out di GT Cikampek Utama.

    Menggunakan kartu uang elektronik yang sama untuk transaksi saat masuk dan keluar tol.

    Saldo kartu uang elektronik mencukupi. Jika saldo kurang atau kartu tidak terbaca, potongan tarif tidak berlaku.

    Lisye juga mengimbau para pengguna jalan untuk memastikan kesiapan perjalanan, termasuk saldo e-toll, demi kelancaran arus balik libur Nataru 2024. (*)

  • Ombudsman Jateng Terima 344 Laporan Sepanjang 2024

    Ombudsman Jateng Terima 344 Laporan Sepanjang 2024

    TRIBUNJATENG.COM, SEMARANG – Ombudsman RI Perwakilan Jateng menerima sebanyak 344 laporan masyarakat dari awal tahun hingga pertengahan Desember 2024.

    Selain itu, Ombudsman RI Perwakilan Jateng juga menangani 42 Respon Cepat Ombudsman (RCO) dan 138 konsultasi non-laporan. 

    Dari catatan Ombudsman RI Perwakilan Jateng, penyimpangan prosedur mendominasi jenis dugaan maladministrasi pada 2024 dengan 50 lebih laporan.

    Kemudian penundaan berlarut diangka 39 laporan dan tak memberikan pelayanan mencapai 30 laporan.

    Sementara kelompok terlapor paling banyak pada 2024 adalah pemerintah daerah dengan laporan hampir 400 aduan.

    Data tersebut menunjukkan tingginya partisipasi masyarakat dalam melaporkan dugaan maladministrasi di wilayah Jateng.

    Ketua Ombudsman RI Perwakilan Jateng, Siti Farida, menyampaikan pihaknya terus berkomitmen melaksanakan penerimaan dan verifikasi laporan secara efektif. 

    “Laporan yang masuk mencerminkan kepercayaan masyarakat terhadap peran Ombudsman dalam mengawasi pelayanan publik. Kami juga menangani berbagai konsultasi non-laporan untuk membantu masyarakat mendapatkan solusi atas permasalahan yang dihadapi,” ujarnya, Minggu (29/12/2024).

    Salah satu isu utama yang menjadi perhatian Ombudsman RI Perwakilan Jateng adalah pengelolaan pengaduan kasus pertanahan. 

    Ombudsman Jateng juga telah melakukan kajian cepat bertema Potensi Maladministrasi Dalam Pengelolaan Pengaduan Kasus Pertanahan di Wilayah Kanwil BPN Provinsi Jateng.

    Dari hasil kajian tersebut, Ombudsman memberikan saran perbaikan kepada Plt. Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Badan Pertanahan Nasional (BPN) Provinsi Jateng. 

    “Kami merekomendasikan optimalisasi mekanisme dan tindak lanjut dalam pengelolaan pengaduan kasus pertanahan. Hal ini bertujuan untuk memberikan kepastian pelayanan dan penyelesaian kasus pertanahan bagi masyarakat,” jelasnya.

    Masalah pertanahan sering kali menjadi sorotan karena kompleksitasnya dan potensi maladministrasi yang tinggi, seperti lambatnya penyelesaian sengketa tanah, tidak transparannya proses pengaduan, hingga ketidakjelasan status kepemilikan lahan. 

    Ia berharap saran Ombudsman dapat mendorong perbaikan pelayanan publik oleh BPN.

    Sebagai lembaga yang diatur dalam Undang-Undang Nomor 37 Tahun 2008, Siti mengatakan Ombudsman memiliki fungsi utama untuk mengawasi penyelenggaraan pelayanan publik. 

    Pengawasan tersebut mencakup layanan yang diselenggarakan oleh pemerintah pusat, daerah, badan usaha milik negara, badan usaha milik daerah, hingga badan swasta atau perseorangan yang diberikan tugas pelayanan publik tertentu.

    “Ombudsman hadir untuk memastikan tidak ada maladministrasi dalam pelayanan publik. Dengan melaporkan, masyarakat berkontribusi mendorong penyelenggara negara lebih bertanggung jawab dan transparan,” ungkapnya.

    Akses Layanan Ombudsman
    Masyarakat yang ingin melaporkan dugaan maladministrasi dapat menghubungi Ombudsman RI Perwakilan Jateng melalui berbagai saluran. 

    Layanan ini meliputi pengaduan langsung, pengiriman laporan tertulis, maupun konsultasi secara daring. 

    Ombudsman juga terus menggalakkan edukasi kepada masyarakat agar lebih memahami hak-haknya dalam mendapatkan pelayanan publik yang adil dan transparan.

    Berikut 6 laporan masyarakat terbanyak yang di rangkum Tribunjateng.com dari catatan akhir tahun Ombudsman RI Perwakilan Jateng.

    1. Disdik Jateng sebanyak 33 laporan terkait PPDB dan penanahan ijazah.

    2. Pemkot Semarang sebanyak 19 laporan tentang pungli SD, PPDB, Bansos, PMT, PBB.

    3. Pemkab Kudus sebanyak 9 laporan tentang pungli SMP, parades, lampu jalan dan PDAM.

    4. Pemkab Demak sebanyak 8 laporan tentang pungli SD, Izin apoteker, KIS, THR, PKL.

    5. Pemkab Klaten sebanyak 5 laporan tentang pungli SD, KIS, Bansos, izin Apoteker.

    6. Pemkab Semarang sebanyak 4 laporan tentang pungli SD, SKT desa dan KK.