kab/kota: Rambutan

  • Kepastian Jaringan Smartfren (FREN) Optimal Sepanjang Jalur Mudik

    Kepastian Jaringan Smartfren (FREN) Optimal Sepanjang Jalur Mudik

    Bisnis.com, BANDUNG— Smartfren memastikan seluruh pelanggan akan bisa memperoleh kualitas jaringan optimal di sepanjang perjalanan mudik Idulfitri 1446H, seiring dengan optimasi jaringan yang telah mencapai 100% di seluruh wilayah operasional perusahaan.

    Selain itu Smartfren juga berkolaborasi dengan Kementerian Komunikasi dan Digital (Komdigi) untuk menyediakan posko layanan pelanggan di sejumlah titik-titik keramaian mudik.

    VP Network Operations Smartfren Agus Rohmat menjelaskan, optimasi jaringan ini dilakukan untuk memastikan pelanggan Smartfren  mendapatkan layanan kualitas terbaik dalam perjalanan mudik, maupun saat hari-hari biasa. 

    “Harapannya dengan meningkatnya kualitas jaringan, pelanggan bisa menikmati layanan internet 100% 4G dari Smartfren untuk mendukung berbagai kegiatan, baik berupa hiburan di perjalanan maupun berkomunikasi dengan keluaga,” jelasnya.

    Dia menjelaskan, optimasi yang dilakukan fokus untuk mengatasi potensi lonjakan traffic akses internet yang terjadi pada musim mudik, hari raya Idulfitri, serta momen arus balik. 

    Adapun wilayah yang menjadi perhatian utama adalah pusat keramaian sepertistasiun, bandara, dan terminal, juga jalur dan wilayah tujuan mudik yang tersebar di Sumatera, Jawa Barat, Jawa Tengah, dan Jawa Timur. 

    Smartfren memperkirakan potensi lonjakan traffic akses internet ini mencapai kisaran 10-14% dibandingkan hari biasa. Hal ini sejalan dengan meningkatnya kebutuhan layanan internet di masyarakat guna mendukung berbagai kegiatan digital, seperti streaming video, musik dan film, atau menjelajah media sosial.

    Selain itu, perusahaan juga meletakkan sejumlah posko mudikagar pelanggan yang berada dalam perjalanan dapat dengan mudah mengakses layanan yang diperlukan; baik itu isi pulsa, membeli kartu perdana, maupun bantuan pelanggan. 

    Posko mudik yang dimaksud merupakan kolaborasi Smartfren bersama Komdigi dan berada antara lain di Bandara Soekarno Hatta, Pelabuhan Merak, Rest Area KM 57 & 62 Tol Cipularang, Stasiun Gambir, dan Stasiun Tawang Semarang. 

    Selain ituterdapat sejumlah booth layanan pelanggan di sejumlah lokasilain seperti Terminal Kampung Rambutan, Stasiun Pasar Senendan Stasiun Bogor. Perusahaan juga berkolaborasi dengankepolisian setempat untuk mendirikan pos pengamanan perjalanan musik, beberapa di antaranya terletak di Bandung, Cirebon, Brebes, Tegal, Demak, Rembang dan Pati.

  • Libur Lebaran, Transjakarta tetap beroperasi

    Libur Lebaran, Transjakarta tetap beroperasi

    Jakarta (ANTARA) – PT Transportasi Jakarta (Transjakarta) tetap menyediakan layanan selama libur Hari Raya Idul Fitri 1446 dan cuti bersama sehingga masyarakat tidak perlu khawatir.

    Hal tersebut disampaikan oleh Kepala Departemen Humas dan CSR Transjakarta Ayu Wardhani dalam keterangannya di Jakarta, Minggu.

    Layanan selama libur Lebaran 2025 atau Idul Fitri 1446 Hijriah bertujuan untuk memudahkan aktivitas masyarakat.

    Namun terdapat penyesuaian layanan pada hari H Lebaran. Transjakarta baru akan mulai beroperasi pukul 09.00 WIB dari yang biasanya mulai pukul 05.00 WIB.

    Ayu menjelaskan penyesuaian tersebut dilakukan karena Transjakarta ingin memberikan kesempatan kepada petugasnya untuk merayakan Lebaran.

    “Seperti melaksanakan ibadah Shalat Id dan berkumpul bersama keluarga terlebih dahulu sebelum kembali bertugas melayani pelanggan,” katanya.

    Ayu menyampaikan Transjakarta juga menyediakan layanan menuju ke tempat-tempat wisata selama libur Lebaran baik layanan reguler yang terdiri dari BRT dan Non BRT maupun layanan khusus wisata Transjakarta.

    Pelanggan juga bisa berlibur keliling kota Jakarta menggunakan layanan khusus wisata Transjakarta dengan rute-rute seperti, BW1 Sejarah Jakarta, BW 2 Monas Explorer, BW 4 Pencakar Langit dan BW 9 Kota Tua PIK.

    Ayu menambahkan layanan reguler selama libur Lebaran akan beroperasi pukul 05.00-22.00 dan beroperasi 24 jam di koridor – koridor utama.

    “Sedangkan untuk layanan Bus Wisata Transjakarta beroperasi pukul 08.00 WIB hingga pukul 18.00 WIB,” katanya.

    Adapun sejumlah rute reguler menuju tempat-tempat wisata di Jakarta antara lain:

    1. Rute Menuju Monas

    Koridor 1 (Blok M-Kota), Rute 1A (Pantai Maju-Balai Kota), Rute 1P (Senen-Blok M), Koridor 2 (Pulo Gadung-Monumen Nasional), Rute 2A (Pulo Gadung-Rawa Buaya), Koridor 3 (Kalideres-Monuman Nasional via Veteran), Rute 5C (Cililitan-Juanda), Rute 5H (Juanda- Ancol), Rute 6A (Ragunan-Balai Kota via Kuningan), Rute 6B (Ragunan-Balai Kota via Semanggi), 7F (Kampung Rambutan-Juanda via Cempaka Putih) dan 14A (Monumen Nasional-JIS).

    2. Rute Menuju Ragunan

    Koridor 6 (Ragunan-Galunggung), Rute 6A (Ragunan-Balai Kota Via Kuningan), Rute 6B (Ragunan-Balai Kota Via Semanggi, Rute 6N (Ragunan-Senayan Bank DKI), Rute 5N (Ragunan-Kampung Melayu), Rute 6N (Ragunan-Blok M Via Kemang) dan Rute 7E (Kampung Rambutan-Ragunan).

    3. Rute Menuju Kota Tua

    Koridor 1 (Blok M-Kota), Rute 3H (Damai-Kota), Koridor 12 (Pluit-Tj. Priok), Rute 1A (Pantai Maju-Balai Kota) dan rute 12B (Pluit-Senen).

    4. Rute Menuju Pantai Indah Kapuk (PIK)

    Rute 1A (Pantai Maju-Balai Kota)

    5. Rute Menuju Taman Mini Indonesia Indah (TMII)Rute 7D (TMII-Pancoran)

    Pewarta: Ilham Kausar
    Editor: Sri Muryono
    Copyright © ANTARA 2025

  • Penumpang LRT Jabodebek Makin Ramai Jelang Lebaran

    Penumpang LRT Jabodebek Makin Ramai Jelang Lebaran

    Jakarta

    PT Kereta Api Indonesia (Persero) mencatat peningkatan pengguna layanan LRT Jabodebek pada periode 21 hingga 29 Maret 2025. Adapun peningkatan terjadi di sejumlah stasiun penghubung, di mana masyarakat melakukan peralihan ke moda transportasi lain, baik KRL, MRT Jakarta, Kereta Cepat Whoosh, hingga bus antarkota di Terminal Kampung Rambutan.

    Executive Vice President LRT Jabodebek Mochamad Purnomosidi menyampaikan, lonjakan pengguna terbesar terjadi di Stasiun Dukuh Atas BNI dengan 155.363 pengguna tap in dan tap out atau naik 24,68% dibanding tahun 2024 sebesar 124.607 pengguna.

    Ia mengatakan, Stasiun Dukuh Atas BNI ramai pengguna lantaran terhubung dengan Stasiun Commuter Line Basoetta BNI City, Stasiun Commuter Line Sudirman, dan Stasiun MRT Jakarta Dukuh Atas BNI mencatat jumlah pengguna tertinggi.

    Selain itu, tercatat peningkatan di Stasiun Cikoko sebanyak 86.449 pengguna tap in dan tap out atau naik 19,88% dibanding tahun 2024 berjumlah 72.114 pengguna. Stasiun Cawang mencatat kenaikan 30,92% menjadi 50.845 pengguna tap in dan tap out dari sebelumnya sebesar 38.836 pengguna.

    Selain itu, tercatat pula peningkatan di Stasiun Kampung Rambutan menjadi 22.621 pengguna tap in dan tap out atau naik 45,38% dibandingkan tahun sebelumnya sebanyak 15.560 pengguna. Kemudian Stasiun Halim tercatat sebanyak 18.959 pengguna tap in dan tap out atau naik 1,10% dari tahun sebelumnya sebanyak 18.752 pengguna.

    Menurutnya, Stasiun Kampung Rambutan mengalami lonjakan signifikan seiring meningkatnya pergerakan pengguna yang dapat melanjutkan perjalanan ke Terminal Kampung Rambutan untuk menggunakan bus antarkota sebagai moda transportasi mudik.

    “LRT Jabodebek menjadi solusi bagi masyarakat yang ingin bepergian dengan nyaman dan efisien, terutama dalam mengakses moda transportasi lainnya. Kami terus berkomitmen menghadirkan layanan yang aman dan andal selama masa angkutan Lebaran ini,” kata Purnomosidi dalam keterangannya, Minggu (30/3).

    97 Barang Milik Pengguna LRT Jabodebek Tertinggal

    Selain itu, LRT Jabodebek juga mencatat sejumlah barang tertinggal pada periode 21 hingga 29 Maret 2025. Purnomosidi mengatakan, terdapat 97 barang milik pengguna yang tertinggal sepanjang pekan tersebut.

    Adapun barang-barang tersebut telah diamankan petugas LRT Jabodebek. Barang-barang itu meliputi jaket, kartu uang elektronik, uang tunai, serta makanan dan minuman. Pengguna yang merasa kehilangan barang dapat menghubungi petugas di stasiun terdekat.

    Lebih jauh, Purnomosidi mengatakan LRT Jabodebek berkomitmen untuk terus menghadirkan layanan transportasi yang optimal bagi masyarakat, terutama dalam mendukung integrasi antarmoda selama masa libur Lebaran ini

    “Selama angkutan Lebaran, kami terus mengedepankan pelayanan prima untuk memastikan perjalanan masyarakat tetap aman dan nyaman. Kami juga mengimbau seluruh pengguna untuk memperhatikan jadwal keberangkatan serta selalu menjaga barang bawaan dan mengikuti aturan yang berlaku demi kelancaran bersama,” tutupnya.

    (kil/kil)

  • Berdayakan disabilitas, terminal ini layani pijat gratis untuk pemudik

    Berdayakan disabilitas, terminal ini layani pijat gratis untuk pemudik

    Jakarta (ANTARA) – Pengelola Terminal Kampung Rambutan bekerjasama dengan Badan Amil Zakat Nasional/Badan Zakat Infak dan Sedekah (Baznas-Bazis) DKI Jakarta menyediakan layanan pijat gratis untuk pemudik dan sopir bus dengan memberdayakan penyandang disabilitas netra sebagai pemijat.

    “Kita sebagai manusia tidak boleh memandang mereka dengan sebelah mata (oleh sebab itu, diberdayakan),” kata Relawan Program Baznas Bazis DKI Jakarta Muhammad Syahril Alamsyah di Terminal Kampung Rambutan, Jakarta Timur, Minggu.

    Mereka (pemijat tuna netra) ini berasal dari panti sosial yang dikelola oleh Dinas Sosial (Dinsos) DKI Jakarta.

    Para disabilitas netra yang bertugas sebagai pemijat berasal dari berbagai kalangan usia, mulai dari usia 20-an hingga 50-an. Dalam satu hari, ada delapan tunanetra yang bertugas.

    Mereka terbagi menjadi dua shift kerja dengan setiap shift-nya terdiri dari empat orang, antara lain shift pertama mulai pukul 09.00-14.00 WIB dan shift kedua pukul 14.00-21.00 WIB.

    Setiap disabilitas netra biasanya mampu memberikan layanan pijat antara lima hingga delapan orang.

    Tak hanya pemudik atau sopir bus, posko layanan pijat oleh disabilitas ini juga melayani masyarakat umum yang beraktivitas di terminal seperti pedagang atau petugas lainnya.

    “Sebenarnya tidak dibatasi, semampunya mereka saja. Aku juga konfirmasi sama mereka, mau lanjut atau istirahat dulu. Paling aku batasi kalau mereka memijat antara 10-15 menit per orang, jadi nggak menguras tenaganya mereka,” kata dia.

    Layanan ini sudah dibuka sejak 26 Maret 2025. Khusus hari Lebaran pada 31 Maret 2025, layanan pijat disabilitas ditutup serta kembali beroperasi pada 1 April 2025 dan berakhir pada 2 April 2025.

    Layanan pijat disabilitas oleh Baznas-Bazis DKI Jakarta tidak hanya berada di Terminal Kampung Rambutan, melainkan juga tersedia di Terminal Pulo Gebang dan Stasiun Pasar Senen.

    Neneng, salah satu disabilitas netra yang bertugas di Terminal Kampung Rambutan mengaku dirinya merasa senang bisa ikut dalam program ini yang tidak hanya bermanfaat untuk mengembangkan kemampuan melainkan juga mendorong peningkatan rasa percaya diri bagi para disabilitas di tengah masyarakat umum.

    “Disabilitas tuna netra itu terutama bukan karena (faktor) uang, ya. Mungkin kalau uang, di mana-mana orang juga butuh,” katanya.

    Tapi setidaknya, kata dia, mereka ada daya kepercayaan. “Terus percaya diri, mentalnya lebih kuat menghadapi orang-orang. Itu terutama,” kata Neneng.

    Bagi perempuan berusia 55 tahun ini, memberikan layanan pijat untuk masyarakat pada musim mudik Lebaran menjadi momen pertamanya. Di luar kegiatan tahunan ini, para disabilitas yang berusia senior umumnya sudah membuka panti pijat sendiri di rumahnya.

    “Kalau ibu, orang Jakarta. Kalau mudik, paling dua jam sudah sampai. (Teman-teman yang lain) Ada juga yang mudik ke Sukabumi, baru pulang kampung setelah kegiatan di sini selesai,” kata Neneng saat ditanya apakah para disabilitas memiliki rencana untuk mudik.

    Pada Minggu atau H-1 Lebaran, arus mudik di Terminal Kampung Rambutan melandai. Sejak pukul 06.00 hingga 14.00 WIB, tercatat sebanyak 908 penumpang berangkat dari terminal ini menggunakan 80 armada bus.

    Adapun puncak arus mudik di Terminal Kampung Rambutan pada tahun ini terjadi pada H-3 Lebaran atau pada 28 Maret 2025 dengan total penumpang menembus angka 3.324 orang.

    Pewarta: Rizka Khaerunnisa
    Editor: Sri Muryono
    Copyright © ANTARA 2025

  • H-1 Lebaran, 908 pemudik berangkat dari Terminal Kampung Rambutan

    H-1 Lebaran, 908 pemudik berangkat dari Terminal Kampung Rambutan

    Jakarta (ANTARA) – Terminal Kampung Rambutan memberangkatkan sebanyak 908 pemudik sejak pukul 06.00 hingga 14.00 WIB pada Minggu atau pada H-1 Idul Fitri.

    Kepala Terminal Kampung Rambutan Yulza Ramadhoni di Jakarta, Minggu, menjelaskan bahwa 908 penumpang tersebut berangkat ke berbagai kota tujuan dengan menggunakan 80 armada bus.

    Jumlah penumpang bus antarkota antarprovinsi (AKAP) pada H-1 Lebaran ini melandai apabila dibandingkan hari-hari sebelumnya.

    Sebelumnya pada Sabtu (29/3) atau H-2 Lebaran, penumpang yang berangkat dari Terminal Kampung Rambutan total sebanyak 2.194 orang dengan menggunakan 136 bus.

    Dari jumlah penumpang pada H-2 Lebaran tersebut, jika dirinci, pemudik terbanyak berangkat pada sesi pertama pukul 06.00-14.00 WIB yang berjumlah 1.188 orang dengan menggunakan 57 bus.

    Selanjutnya, sesi kedua atau pukul 14.00-22.00 WIB sebanyak 890 penumpang berangkat dengan 69 bus dan sesi ketiga pukul 22.00-06.00 WIB sebanyak 116 penumpang berangkat dengan 10 bus.

    Sejak H-10 Lebaran atau 21 Maret 2025, jumlah penumpang yang berangkat dari Terminal Kampung Rambutan terus meningkat dari semula hanya 744 orang menjadi 1.250 orang pada H-9 Lebaran.

    Kemudian, tercatat sebanyak 1.300 pemudik pada H-8 Lebaran, 1.240 pemudik pada H-7 Lebaran, 2.152 pemudik pada H-6 Lebaran, 2.283 pemudik pada H-5 Lebaran, serta 2.995 pemudik pada H-4 Lebaran.

    Puncak arus mudik di Terminal Kampung Rambutan pada tahun ini terjadi pada H-3 Lebaran dengan total penumpang menembus angka 3.324 orang.

    Lalu, arus mudik di terminal ini mulai melandai pada H-2 dan berlanjut pada H-1 Lebaran.

    Adapun pada tahun lalu, Terminal Kampung Rambutan mencatatkan puncak arus mudik pada H-2 Lebaran.

    Pada 8 April 2024 (H-2 Lebaran 2024), terminal ini memberangkatkan total sebanyak 4.213 pemudik dengan menggunakan 170 bus.

    Pewarta: Rizka Khaerunnisa
    Editor: Edy Sujatmiko
    Copyright © ANTARA 2025

  • Libur Lebaran 2025, Cek di Sini Daftar Layanan Transjakarta Menuju Tempat Wisata di Jakarta

    Libur Lebaran 2025, Cek di Sini Daftar Layanan Transjakarta Menuju Tempat Wisata di Jakarta

    Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Dionisius Arya Bima Suci

    TRIBUNJAKARTA.COM, GAMBIR – Tak semua warga Jakarta memilih mudik untuk berlebaran bersama keluarga di kampung halaman, ada beberapa orang yang justru memilih tetap tinggal di ibu kota.

    Momen libur Lebaran 2025 pun biasanya dimanfaatkan mereka untuk mengunjungi tempat-tempat wisata bersama keluarga tercinta.

    Untuk mengakomodasi hal ini, Transjakarta menyiapkan layanan menuju tempat wisata, baik itu layanan BRT maupun non-BRR, serta layanan bus wisata.

    Untuk layanan khusus wisata Transjakarta, masyarakat bisa keliling Jakarta dengan rute BW 1 (Sejarah Jakarta), BW 2 (Monas Explorer), BW 4 (Pencakar Langit), dan BW 9 (Kota Tua – PIK).

    “Layanan bus wisata Transjakarta beroperasi mulai pukul 08.00 WIB sampai 18.00 WIB,” ucap Kepala Departemen Humas dan CSR Transjakarta Ayu Wardhani, Minggu (30/3/2025).

    Sedangkan untuk layanan reguler selama libur Lebaran, Transjakarta beroperasi seperti biasa mulai pukul 05.00 WIB hingga 22.00 WIB.

    “Khusus untuk koridor utama akan beroperasi 24 jam,” kata Ayu.

    Berikut daftar rute layanan Transjakarta menuju tempat wisata Jakarta:

    – Rute Munuju Monas

    1. Koridor 1 (Blok M – Kota), Rute 1A (Pantai Maju – Balai Kota), Rute 1P (Senen – Blok M);

    2. Koridor 2 (Pulo Gadung – Monas), Rute 2A (Pulo Gadung – Rawa Buaya);

    3. Koridor 3 (Kalideres – Monas via Veteran), Rute 5C (Cililitan – Juanda), Rute 5H (Juanda – Ancol), Rute 6A (Ragunan – Balai Kota via Kuningan), Rute 6B (Ragunan – Balai Kota via Semanggi), Rute 7F (Kp. Rambutan – Juanda via Cempaka Putih), dan Rute 14A (Monas – JIS).

    – Rute Menuju Ragunan

    Koridor 6 (Ragunan – Galunggung), Rute 6A (Ragunan – Balai Kota via Kuningan), Rute 6B (Ragunan – Balai Kota via Semanggi), Rute 6N (Ragunan – Senayan Bank DKI), Rute 5N (Ragunan – Kampung Melayu), Rute 6N (Ragunan – Blok M via Kemang), dan Rute 7E (Kp. Rambutan – Ragunan)

    – Rute Menuju Kota Tua

    1. Koridor 1 (Blok M – Kota), Rute 3H (Damai – Kota);

    2. Koridor 12 (Pluit – Tj. Priok), Rute 1A (Pantai Maju – Balai Kota), dan Rute 12B (Pluit – Senen);

    – Rute Menuju Pantai Indah Kapuk (PIK)

    Rute 1A (Pantai Maju – Balai Kota)

    – Rute Menuju TMII

    Rute 7D (TMII – Pancoran)

    Akses TribunJakarta.com di Google News atau WhatsApp Channel TribunJakarta.com. Pastikan Tribunners sudah install aplikasi WhatsApp ya

  • Jumlah penumpang Terminal Kalideres kembali menurun pada H-2 Lebaran

    Jumlah penumpang Terminal Kalideres kembali menurun pada H-2 Lebaran

    Dokumentasi – Pemudik menunggu di loket pembelian tiket bus di Terminal Kalideres, Jakarta Barat, Jumat (21/3/2025). ANTARA/Risky Syukur

    Jumlah penumpang Terminal Kalideres kembali menurun pada H-2 Lebaran
    Dalam Negeri   
    Editor: Calista Aziza   
    Minggu, 30 Maret 2025 – 06:47 WIB

    Elshinta.com – Jumlah penumpang di Terminal Bus Kalideres, Jakarta Barat, kembali menurun pada H-2 Lebaran, Sabtu (29/3).

    Penurunan jumlah penumpang itu sesuai dengan prediksi Kepala Terminal Kalideres Revi Zulkarnaen.

    Menurut dia, puncak arus mudik di terminal itu terjadi pada hari Jumat (28/3) yang mencapai 6.115 penumpang mulai pukul 00.00 sampai dengan 23.59 WIB.

    “Pada hari Sabtu (29/3), sampai dengan pukul 22.00 WIB, jumlah penumpang menurun menjadi 3.570 penumpang,” kata Revi melalui pesan singkat yang dilansir dari ANTARA di Jakarta.

    Adapun tujuan favorit penumpang, kata Revi, adalah Padang, Palembang, Jawa Tengah, dan Lampung.

    “Nanti (jumlah penumpang) bakal naik kalau arus balik,” kata Revi.

    Sebelumnya, Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta melalui Dinas Perhubungan mengimbau penumpang mudik tidak menggunakan terminal bayangan saat berangkat pada masa libur Lebaran 2025.

    Ketika dikonfirmasi di Jakarta, Selasa (25/3), Kepala Dinas Perhubungan Syafrin Liputo mengatakan bahwa imbauan tersebut sebagai upaya menjaga keamanan dan kenyamanan perjalanan.

    Syafrin menegaskan bahwa pihaknya terus melakukan penertiban terhadap terminal bayangan, sekaligus mengimbau masyarakat untuk berangkat dari terminal resmi agar perjalanan lebih aman dan nyaman.

    Kadishub DKI Jakarta lantas mengajak masyarakat memilih terminal resmi yang dikelola pemerintah, seperti Terminal Kalideres, Kampung Rambutan, Tanjung Priok, dan Pulogebang.

    Sumber : Antara

  • Langit Biru Jakarta Kala Sisa ‘Pemain Inti’ di Ibukota

    Langit Biru Jakarta Kala Sisa ‘Pemain Inti’ di Ibukota

    Jakarta

    Para pemudik sudah meninggalkan Jakarta untuk pulang ke kampung. Kini, di Jakarta hanya tersisa ‘pemain inti’. Langit Jakarta pun tampak begitu biru karena kualitas udara membaik.

    Sebagaimana diketahui, istilah ‘pemain inti’ merupakan istilah yang menjadi trend di TikTok. Pemain inti merujuk kepada orang-orang tidak pulang kampung.

    Mereka adalah orang-orang tidak mudik untuk berbagai alasan, dari urusan pekerjaan hingga tak ada ongkos pulang kampung. Saat musim mudik, para pemain inti inilah yang tersisa di Jakarta.

    Adapun Jakarta sendiri kita sudah tampak lengang. Hal ini salah satunya terpantau dari kondisi di stasiun KRL.

    Seperti misalnya, pantauan di Stasiun Sudirman pada 27 Maret 2025. Stasiun Sudirman yang biasa padat di hari kerja, sudah mulai lengang.

    Kemudian antauan detikcom pukul 08.15 WIB, di Bundaran HI, Jakarta Pusat, Jumat (28/3/2025), hingga Jalan Jenderal Sudirman tampak lengang. Mobil dan motor melaju dengan kecepatan normal tanpa hambatan sedikit pun.

    Tidak terlihat kepadatan kendaraan di Jalan Sudirman ataupun Jalan MH Thamrin. Bahkan jalanan cenderung sepi kendaraan yang berlalu lintas.

    Di sepanjang trotoar Jalan Sudirman-Thamrin juga tidak tampak pejalan kaki yang berjubel. Beberapa pejalan kaki terlihat berjalan santai tanpa kerumunan.

    Terlihat juga ojek online yang berhenti menurunkan penumpang kemudian berhenti sejenak menunggu pesanan dari penumpang berikutnya. Beberapa orang juga memanfaatkan lengangnya jalan dan trotoar untuk berolahraga.

    Selain itu, ribuan kendaraan juga telah meninggalkan Jakarta.

    Bagaimana kondisi di Jakarta saat ini? Baca halaman selanjutnya.

    Ratusan Ribu Kendaraan Tinggalkan Jakarta

    Foto: Stasiun Sudirman, Jakarta tampak lengang pada sore ini. Kondisi ini berbanding terbalik ketika jam pulang kerja biasanya. (Maulani M/detikcom)

    Sementara itu, Kakorlantas Polri Irjen Agus Suryonugroho mengatakan kemungkinan puncak arus mudik lebaran 2025 terjadi di H-3 atau pada Jumat (28/3). Berdasarkan data yang ada, tercatat kendaraan keluar Jakarta mencapai 258.383.

    “Untuk puncak arus mudik lebaran 2025 paling tinggi terjadi pada hari Jumat, 28 Maret 2025 yaitu 258.383 kendaraan keluar dari Jakarta ,dibandingkan hari sebelumnya sebanyak 224.074 kendaraan,” kata Irjen Agus kepada detikcom, Sabtu (29/3/2025).

    Irjen Agus mengatakan saat rekayasa lalu lintas contraflow di Tol Jakarta-Cikampek masih diberlakukan. Contraflow dilakukan dari Km 47-Km 55 dan dilanjutkan dari Km 55-Km 70.

    “Hari ini update traffic rekayasa lalu lintas H-2 melakukan contraflow satu lajur dari Km 47-Km 55. Kami lanjutkan lagi contraflow yang kedua Km 55-70 Tol Jakarta-Cikampek,” ujarnya.

    Selain itu, one way nasional dari Km 70-Km 414 Kalikangkung masih berlangsung. Irjen Agus menegaskan arus lalu lintas saat momen mudik lebaran masih terkendali.

    “One way nasional dari Km 70 Cikampek sampai dengan KM 414 Kalikangkung Semarang mulai Jumat, 28 Maret 2025 pukul 09.00 WIB masih diberlakukan dengan memperhatikan traffic counting dan bangkitan arus. Situasi arus lalu lintas secara umum terkendali dan kondusif,” jelasnya.

    Adapula Kepala Dinas Perhubungan Jakarta Syafrin Liputo yang mengungkap 17.047 orang berangkat mudik dari empat terminal bus resmi di Jakarta pada Jumat, 28 Maret atau H-3 Lebaran 2025. Jumlah itu meningkat empat kali lipat dibanding hari-hari normal, misal periode 14-20 Februari 2025.

    “Jumlah tertinggi selama mudik Lebaran 2025 tercapai kemarin atau Jumat (28/3),” kata Syafrin di Jakarta, dilansir Antara, Sabtu (29/3/2025).

    Adapun empat terminal dimaksud adalah Terminal Pulo Gebang, Terminal Kampung Rambutan, Terminal Kalideres, Terminal Tanjung Priok, dan Terminal Lebak Bulus. Selain penumpang berangkat, penumpang yang tiba di terminal-terminal itu juga mengalami peningkatan.

    “Tertinggi penumpang tiba pada Jumat (28/3) sebanyak 4,475 penumpang atau naik 12.15 persen dibanding hari biasa,” ucapnya.

    Kualitas Udara Membaik, Langit Membiru

    Foto: Potret langit Jakarta sore ini (Dwi Rahmawati/detikcom)

    Ramainya warga yang mulai mudik ke kampung halaman juga membuat udara Jakarta membaik. Kualitas udara di Jakarta masuk kategori baik menurut situs IQ Air. Warga direkomendasikan untuk melakukan aktivitas outdoor.

    Pantauan detikcom di situs web IQ Air pukul 14.54 WIB, Sabtu (29/3/2025), Jakarta memiliki skor 43. Skor ini masuk kategori baik atau sehat.

    Adapun konsentrasi PM 2,5 saat ini memenuhi nilai panduan kualitas udara tahunan organisasi kesehatan dunia atau WHO.

    Selain itu, IQ Air menyebutkan kelembapan udara di Jakarta mencapai 63 persen dengan kecepatan angin 27,8 km/jam dan mempunyai kadar polutan 80,4 µg/m³.

    Selain itu, IQ Air juga memberikan rekomendasi bagi warga. Warga direkomendasikan untuk melakukan kegiatan outdoor dan membuka jendela agar udara segar masuk ke dalam ruangan.

    Halaman 2 dari 3

    (rdp/rdp)

    Hoegeng Awards 2025

    Baca kisah inspiratif kandidat polisi teladan di sini

  • H-2 Lebaran, 1.188 pemudik bertolak dari Terminal Kampung Rambutan

    H-2 Lebaran, 1.188 pemudik bertolak dari Terminal Kampung Rambutan

    Para calon penumpang bus dengan tujuan berbagai kota memadati area tunggu di Terminal Kampung Rambutan, Jakarta Timur, Sabtu (29/3/2025). ANTARA/Rizka Khaerunnisa

    H-2 Lebaran, 1.188 pemudik bertolak dari Terminal Kampung Rambutan
    Dalam Negeri   
    Editor: Widodo   
    Sabtu, 29 Maret 2025 – 18:47 WIB

    Elshinta.com – Pengelola Terminal Kampung Rambutan mencatat sebanyak 1.188 pemudik berangkat dari terminal itu menggunakan 57 bus pada Sabtu atau H-2 Lebaran 2025 sejak pukul 06.00 hingga 14.00 WIB.

    Pengendali Terminal Kampung Rambutan Mulyono saat dijumpai wartawan di Terminal Kampung Rambutan, Jakarta Timur, Sabtu, mengatakan bahwa tingkat kepadatan penumpang pada H-2 Lebaran ini sudah mulai terurai atau sedikit melandai bila dibandingkan pada Jumat (28/3) atau H-3 Lebaran.

    “Untuk hari ini, kami pantau sejak pagi, kebanyakan (tujuan mudik) ke beberapa kota di Jawa Barat dan Jawa Tengah. Kalau luar pulau Jawa, Sumatera khususnya Padang masih terlihat tapi tidak seperti hari-hari sebelumnya (tidak sepadat dibandingkan sebelumnya),” kata Mulyono.

    Dia menuturkan, puncak arus mudik di Terminal Kampung Rambutan pada tahun lalu memang terjadi pada H-2 Lebaran. Berdasarkan data, terminal ini memberangkatkan total sebanyak 4.213 pemudik dengan menggunakan 170 bus pada H-2 Lebaran 2024 (8 April 2024).

    Sedangkan pada tahun ini, puncak arus mudik diperkirakan terjadi pada Jumat (28/3) atau H-3 Lebaran. Kendati demikian, pihak pengelola tetap harus memastikannya dengan data pembanding pada Sabtu ini yang masih terus dipantau hingga malam hari.

    Pada Jumat (28/3) atau H-3 Lebaran, sebanyak 3.324 pemudik berangkat dengan menggunakan 165 bus dari Terminal Kampung Rambutan. Jika dirinci, keberangkatan sesi pertama (06.00-14.00 WIB) tercatat ada 1.328 penumpang dengan 55 bus.

    Selanjutnya, sesi kedua (14.00-22.00 WIB) sebanyak 1.682 penumpang berangkat dengan 98 bus serta sesi ketiga (22.00-06.00 WIB) ada 314 penumpang dengan 12 bus.

    Sejak H-10 Lebaran, jumlah penumpang yang berangkat dari Terminal Kampung Rambutan terus meningkat secara gradual dari semula 744 orang menjadi 1.250 orang pada H-9 Lebaran dan terakhir naik signifikan menjadi 3.324 pada H-3 Lebaran.

    Sumber : Antara

  • Transjakarta sesuaikan rute layanan selama liburan Lebaran 2025

    Transjakarta sesuaikan rute layanan selama liburan Lebaran 2025

    Penyesuaian layanan ini untuk memberikan kesempatan kepada petugas kami untuk melaksanakan salat Id dan berkumpul bersama keluarga.

    Jakarta (ANTARA) – Perseroan Terbatas (PT) Transportasi Jakarta (Transjakarta) menyesuaikan rute layanan selama liburan Lebaran 2025 dan cuti bersama.

    Kepala Departemen Humas dan CSR Transjakarta Ayu Wardhani menyebutkan layanan pada hari H Lebaran, Transjakarta baru mulai beroperasi pukul 09.00 WIB, yang sebelumnya mulai pukul 05.00 WIB.

    “Penyesuaian layanan ini untuk memberikan kesempatan kepada petugas kami untuk melaksanakan salat Id dan berkumpul bersama keluarga terlebih dahulu sebelum kembali bertugas,” ungkap Ayu di Jakarta pada Sabtu.

    Ayu menuturkan bahwa Transjakarta juga menyediakan layanan menuju ke tempat-tempat wisata selama liburan Lebaran, baik layanan reguler yang terdiri atas bus rapid transit (BRT), non-BRT, maupun layanan khusus wisata Transjakarta.

    Ia lantas menyebutkan sejumlah rute reguler menuju tempat-tempat wisata di Jakarta, antara lain:

    1. Rute Menuju Monas

    Koridor 1 (Blok M-Kota), Rute 1A (Pantai Maju-Balai Kota), Rute 1P (Senen-Blok M), Koridor 2 (Pulo Gadung-Monumen Nasional), Rute 2A (Pulo Gadung-Rawa Buaya), Koridor 3 (Kalideres-Monuman Nasional Via Veteran), dan Rute 5C (Cililitan-Juanda).

    Selanjutnya Rute 5H (Juanda- Ancol), Rute 6A (Ragunan-Balai Kota via Kuningan), Rute 6B (Ragunan-Balai Kota via Semanggi), 7F (Kampung Rambutan-Juanda via Cempaka Putih), dan 14A (Monumen Nasional-JIS).

    2. Rute Menuju Ragunan

    Koridor 6 (Ragunan-Galunggung), Rute 6A (Ragunan-Balai Kota via Kuningan), Rute 6B (Ragunan-Balai Kota via Semanggi, Rute 6N (Ragunan-Senayan Bank DKI), Rute 5N (Ragunan-Kampung Melayu), Rute 6N (Ragunan-Blok M via Kemang), dan Rute 7E (Kampung Rambutan-Ragunan).

    3. Rute Menuju Kota Tua

    Koridor 1 (Blok M-Kota), Rute 3H (Damai-Kota), Koridor 12 (Pluit-Tj. Priok), Rute 1A (Pantai Maju-Balai Kota), dan Rute 12B (Pluit-Senen).

    4. Rute Menuju Pantai Indah Kapuk (PIK)

    Rute 1A (Pantai Maju-Balai Kota).

    5. Rute Menuju Taman Mini Indonesia Indah (TMII)

    Rute 7D (TMII-Pancoran).

    Lebih lanjut Ayu mengatakan bahwa pelanggan juga bisa berlibur keliling kota Jakarta menggunakan layanan khusus wisata Transjakarta dengan rute-rute seperti BW1 Sejarah Jakarta, BW 2 Monas Explorer, BW 4 Pencakar Langit, dan BW 9 Kota Tua PIK.

    Untuk layanan reguler selama liburan Lebaran, kata dia, akan beroperasi pada pukul 05.00 hingga 22.00 WIB dan beroperasi 24 jam di koridor-koridor utama.

    “Untuk layanan Bus Wisata Transjakarta beroperasi pada pukul 08.00 hingga 18.00 WIB,” ujar Ayu.

    Pewarta: Redemptus Elyonai Risky Syukur
    Editor: D.Dj. Kliwantoro
    Copyright © ANTARA 2025