kab/kota: Purwokerto

  • Jatah Angkutan Motor Gratis Mudik Natal Masih Ada! Begini Cara Daftarnya

    Jatah Angkutan Motor Gratis Mudik Natal Masih Ada! Begini Cara Daftarnya

    Jakarta

    Kementerian Perhubungan masih membuka pendaftaran program Angkutan Sepeda Motor Gratis alias Motis untuk periode Natal dan Tahun Baru (Nataru) hingga 28 Desember 2024. Direktur Lalu Lintas dan Angkutan Kereta Api DJKA Arif Anwar mengatakan pada Motis Nataru kali ini pihaknya menyediakan kuota pengangkutan 232 unit motor bersama dengan 530 penumpang per hari.

    Program ini dilaksanakan pada 20-29 Desember 2024. Untuk tanggal 20-25 Desember, program ini difokuskan untuk keberangkatan relasi Jakarta-Yogyakarta, dan tanggal 26-29 Desember fokus untuk arus balik Yogyakarta-Jakarta.

    Dalam hal ini kereta Motis membuka 8 stasiun yang menerima pengangkutan yakni Stasiun Jakarta Gudang, Stasiun Tangerang, Stasiun Bekasi, Stasiun Depok Baru, Stasiun Cirebon Prujakan, Stasiun Purwokerto, Stasiun Kutuarjo, dan Stasiun Lempuyangan.

    “Jadi dari tanggal 20-25 Desember itu kita fokuskan pergerakan ke arah Yogyakarta. Nah, nanti setelah Natal selesai, dari tanggal 26-29 Desember, itu memang kita fokuskan ke arah Jakarta lagi,” kata Arif dalam konferensi pers sosialisasi program Motis di Stasiun Bekasi, Selasa (24/12/2024).

    Ia mengatakan keseluruhan tingkat okupasi program mudik gratis ini sudah mencapai 81,59%, dengan relasi Jakarta-Yogyakarta dari tanggal 20 Desember 2024 sampai dengan hari ini mencapai 30,43%.

    “Untuk realisasi pendaftaran pengangkutan motor gratis ini itu totalnya sudah 81,59%, itu untuk keberangkatan sampai dengan tanggal 29 Desember. Nah kemudian untuk tanggal 20-24 ini, jumlah sepeda motor yang diangkut itu sekitar 706 atau 30,43%,” paparnya.

    “Dari tanggal 25 Desember ke belakang sudah penuh. Untuk arus Jakarta-Yogyakarta tanggal 25 besok terpadat. Sedangkan arus baliknya tanggal 29 kuota sudah habis, tanggal 28 tinggal dua atau tiga slot-nya itu,” terangnya lagi.

    Meski begitu, ini merupakan kuota untuk fokus keberangkatan yang sudah ditetapkan sebelumnya. Namun selama program Motis ini berlangsung, Kemenhub juga membuka tiket gratis untuk contra flow yakni untuk tujuan Jakarta-Yogyakarta mulai tanggal 26-29 Desember 2024.

    Menurutnya untuk ruter contra flow relasi Jakarta-Yogyakarta inilah yang masih terbuka lebar. Karena dari kuota 232 unit motor dan 530 penumpang per hari tadi, yang terisi di masing-masing tanggal keberangkatan baru sekitar 28-44 motor dengan perkiraan penumpangnya 56-88 orang.

    “Jadi, sebenarnya kan angkutan motor ini kan kita sesuaikan dengan tujuan Mudik. Tetapi, tadi kita juga melayani contra flow-nya dengan persyaratan ketentuan yang sama,” ucapnya.

    “Untuk tanggal 26 Desember yang sudah mendaftar dari Jakarta ke Yogyakarta itu 44 motor, tanggal 27 Desember itu 28 motor, tanggal 28 Desember itu 35 motor, dan tanggal 29 Desember itu 38 motor. Jadi ini bisa dimanfaatkan ke sana,” rinci Arif.

    Cara Daftar Program Motis Nataru 2024

    Dalam situs Motis Kemenhub, semua peserta dapat mendaftarkan diri secara online melalui motis.djka.kemenhub.go.id atau dapat dilakukan di posko pendaftaran yang ditunjuk.

    Untuk bisa mengikuti program ini, masyarakat harus memenuhi persyaratan:

    1. Satu peserta harus memiliki KTP, Kartu Keluarga, SIM C.
    2. Motor dengan kapasitas mesin maksimal 200 cc.
    3. Satu motor dapat difasilitasi pembelian 2 tiket penumpang dan satu tiket infant (anak umur dibawah 3 tahun) dengan ketentuan berlaku.

    Bagi Peserta yang sudah berhasil mendaftar secara online wajib melakukan verifikasi ke Posko, sesuai dengan waktu verifikasi yang telah dipilih pada saat mendaftar, untuk menghindari terjadinya penghapusan pendaftaran secara otomatis.

    Sepeda motor diserahkan H-2 atau dua hari sebelum tanggal keberangkatan sepeda motor dan peserta akan mendapatkan kode booking. Adapun saat penyerahan sepeda motor, Peserta wajib menunjukkan KTP Asli pendaftar dan bukti pendaftaran.

    Sepeda Motor yang masuk di stasiun penyerahan maupun yang keluar di stasiun Tujuan, akan dikenakan biaya Parkir oleh pengelola Parkir Resmi Stasiun.

    (fdl/fdl)

  • Kemenhub Berangkatkan 93 Bus Mudik Gratis Nataru – Page 3

    Kemenhub Berangkatkan 93 Bus Mudik Gratis Nataru – Page 3

    Liputan6.com, Jakarta Kementerian Perhubungan resmi melepas keberangkatan perjalanan mudik gratis angkutan jalan Natal 2024 dan Tahun Baru 2025 (Nataru), Selasa (24/12). Pelepasan mudik bus gratis dilakukan di dua titik, yakni Terminal Terpadu Pulogebang dan Terminal Kampung Rambutan, Jakarta Timur.

    Berdasarkan hasil survei Badan Kebijakan Transportasi Kemenhub, terdapat potensi pergerakan masyarakat pada masa libur Nataru 2024/2025 secara nasional sebanyak 110,67 juta orang, dimana pergerakan dengan moda angkutan bus sebesar 6,54 juta orang.

    “Guna memberikan pelayanan kepada masyarakat serta untuk mengurangi potensi kecelakaan lalu lintas khususnya sepeda motor dan mengurangi kepadatan lalu lintas yang sering terjadi pada masa liburan ini, Kemenhub menyelenggarakan Mudik Gratis Angkutan Jalan,” ujar Wakil Menteri Perhubungan Suntana di Terminal Pulogebang, Jakarta, Selasa (24/12/2024).

    Kegiatan Mudik Gratis Angkutan Jalan Nataru Tahun 2024 diselenggarakan Kemenhub melalui Direktorat Jenderal Perhubungan Darat.

    Total Pemudik Motor 3.522 Peserta

    Mudik gratis penumpang dan motor ini memiliki total kuota mudik sebanyak 3.522 peserta, dengan jumlah tujuan mudik sebanyak 11 kota, yakni Malang, Surabaya, Kediri, Madiun, Yogyakarta, Solo, Semarang, Wonogiri, Wonosobo, Purwokerto, dan Cilacap.

    Jumlah bus yang digunakan total sebanyak 93 bus. Sebanyak 63 bus untuk 2.392 penumpang diberangkatkan dari Terminal Terpadu Pulogebang, dan sebanyak 30 bus untuk 1.130 penumpang diberangkatkan dari Terminal Kampung Rambutan.

    “Untuk Ibu Bapak sekalian, tolong selama di perjalanan berhati-hati. Jaga barang bawaan dan anak-anak. Jaga kesehatan. Untuk para supir dan kenek, pesan saya patuhi aturan lalu lintas dan jaga kecepatan maksimal bus. Selamat jalan, selamat sampai tujuan, dan selamat liburan seru Nataru,” seru Wamenhub.

  • Puncak Mudik Nataru Hari Ini, 460 Ribu Tiket KA dari Jakarta Ludes

    Puncak Mudik Nataru Hari Ini, 460 Ribu Tiket KA dari Jakarta Ludes

    Jakarta

    Masa Angkutan Natal 2024 dan Tahun Baru 2025 (Nataru), ditetapkan pada 19 Desember 2024 sampai 5 Januari 2025 atau selama 18 hari. PT KAI (Persero) Daop 1 Jakarta telah menyiapkan 1.552 perjalanan kereta api jarak jauh (KAJJ), atau 86 perjalanan KAJJ rata-rata per harinya.

    Rinciannya berangkat dari Stasiun Gambir sebanyak 48 KA dan Pasar Senen 38 KA. Sedangkan kapasitas tempat duduk selama Nataru 2024/2025 Sebanyak 821.972 tempat duduk, dari Stasiun gambir 358.358 seat dan Pasar Senen 463.614 seat.

    Manager Humas KAI Daop 1 Jakarta Ixfan Hendriwintoko menyampaikan bahwa dari kapasitas tempat duduk yang disediakan, sampai dengan hari ini Selasa (24/12) telah terjual 460.000 tiket atau 56% dari kapasitas tersedia.

    Ixfan menjelaskan, untuk puncak mudik jelang Natal akan terjadi pada hari ini, Selasa (24/12). Penumpang yang akan berangkat hari ini sebanyak 42.760 penumpang atau 92 persen dari kapasitas yang disediakan, yaitu 46.572 tempat duduk.

    Angka tersebut sedikit lebih tinggi dari hari Jumat (20/12) dan Sabtu (21/12) yaitu 89 persen dan 91 persen. Namun demikian angka tersebut masih dapat terus meningkat, karena penjualan tiket masih terus berlangsung.

    “Jika dirinci Keberangkatan dari Daop 1 Jakarta yaitu Stasiun Gambir 17.405 penumpang / 86 persen dan Stasiun Pasar Senen sebanyak 25.357 penumpang / 97 persen dari kapasitas tersedia,” kata Ixfan dalam keterangan tertulis, Selasa (24/12/2024).

    “Ketercapaian penjualan sudah mencapai 92 persen, namun angka tersebut masih dapat berubah,” tambahnya.

    Ixfan menuturkan bahwa tiket KA Jarak Jauh (KAJJ) untuk keberangkatan KA dari Stasiun Gambir dan Pasar Senen pada masa libur Nataru mendatang masih cukup banyak tersedia. Bagi para calon penumpang yang masih belum memiliki tiket diharapkan dapat segera membelinya, agar tidak kehabisan tiket saat akan berangkat.

    “KAI Daop 1 Jakarta telah memaksimalkan rangkaian untuk KAJJ yang berangkat dari Stasiun Pasar Senen maupun dari Stasiun Gambir, sehingga total seat yang disediakan menjadi 821.972 seat. 56 persen diantaranya sudah terjual, yaitu sebanyak 460.000 tiket,” tambah Ixfan.

    Tanggal-tanggal favorit sementara yang dipilih pelanggan yaitu tanggal 19, 20, 21, 22, 23, 24 dan tanggal 25 di Bulan Desember dengan kapasitas rata-rata di atas 70% hingga 90%. Tujuan favorit pelanggan KAJJ menuju Yogyakarta, Lempuyangan, Surabaya, Purwokerto, dan Semarang.

    Pelayanan ticketing untuk Angkutan Nataru sudah dapat dilakukan sejak tanggal 4 November 2024 lalu. Sampai Minggu (22/12) update pantauan layanan ticketing melalui Access by KAI di masa Nataru, ada sekitar 1.552 KA atau 86 KA per harinya termasuk KA tambahan.

    “Untuk kapasitas seat KA jarak jauh baik reguler maupun KA tambahan telah disediakan sekitar 821.972 atau 45.665 seat per harinya. Kemudian untuk seat yang telah terjual kurang lebih sebanyak 460.000 tiket atau 25.555 seat per harinya, jika dipersentase antara ketersediaan seat dengan seat yang telah terjual rata per harinya sekitar 56%,” jelasnya

    1. Keberangkatan KA dari Stasiun Gambir

    19 Desember 2024 = 10.635 (56,6%) fix;
    20 Desember 2024 = 15.885 (81%) fix;
    21 Desember 2024 = 15.295 (78%) fix;
    22 Desember 2024 = 13.605 (69%) fix;
    23 Desember 2024 = 13.536 (69%) fix;
    24 Desember 2024 = 17.403 (86%) masih dapat berubah;
    25 Desember 2024 = 12.551 (62%) masih dapat berubah;
    26 Desember 2024 = 8.295 (41%) masih dapat berubah;
    27 Desember 2024 = 8.972 (43%) masih dapat berubah;
    28 Desember 2024 = 6.327 (31%) masih dapat berubah;
    29 Desember 2024 = 4.917 (24%) masih dapat berubah;
    30 Desember 2024 = 3.853 (19%) masih dapat berubah;
    31 Desember 2024 = 3.602 (18%) masih dapat berubah;
    01 Januari 2025 = 3.002 (15%) masih dapat berubah;
    02 Januari 2025 = 2.259 (11%) masih dapat berubah;
    03 Januari 2025 = 2.351 (12%) masih dapat berubah;
    04 Januari 2025 = 1.799 (9%) masih dapat berubah;
    05 Januari 2025 = 1.253 (6%) masih dapat berubah.

    Total = 145.540 (41%)
    Rata2 perhari = 8.086 (41%)

    2. Keberangkatan KA dari Stasiun Pasar Senen

    19 Desember 2024 = 20.432 (84%) fix;
    20 Desember 2024 = 24.129 (97%) fix;
    21 Desember 2024 = 25.564 (102%) fix;
    22 Desember 2024 = 24.718 (98,4%) fix;
    23 Desember 2024 = 24.632 (98%) fix;
    24 Desember 2024 = 25.357 (96,3%) masih dapat berubah;
    25 Desember 2024 = 25.065 (95%) masih dapat berubah;
    26 Desember 2024 = 21.214 (81%) masih dapat berubah;
    27 Desember 2024 = 20.471 (78%) masih dapat berubah;
    28 Desember 2024 = 19.143 (73%) masih dapat berubah;
    29 Desember 2024 = 14.357 (55%) masih dapat berubah;
    30 Desember 2024 = 11.407 (44%) masih dapat berubah;
    31 Desember 2024 = 10.697 (42%) masih dapat berubah;
    01 Januari 2025 = 9.430 (37%) masih dapat berubah;
    02 Januari 2025 = 8.812 (34%) masih dapat berubah;
    03 Januari 2025 = 8.138 (32%) masih dapat berubah
    04 Januari 2025 = 7.849 (30,4%) masih dapat berubah;
    05 Januari 2025 = 5.791 (22,5%) masih dapat berubah.

    Total = 307.224 (66,3%)
    Rata2 perhari = 17.068 (66,3%)

    Rincian Data Penjualan Tiket:

    Total perjalanan kereta api: 1.552 KA (86 KA per hari, termasuk KA tambahan).
    Kapasitas tempat duduk kereta jarak jauh: 821.972 tempat duduk (45.665 tempat duduk per hari).
    Tiket terjual: 460.000 kursi (25.555 tempat duduk per hari).
    Tingkat okupansi rata-rata: 56 % dari total kapasitas.
    Masih tersedia 44 % dari kapasitas tempat duduk yang dapat dipesan melalui kanal resmi KAI.

    Lihat Video: Jumlah Penumpang Whoosh Naik 20% di Libur Nataru, 120 Ribu Tiket Terjual

    (ily/ara)

  • Mengenal Warung Taburai, Rumah Makan Baru Milik Praz Teguh di Kemang

    Mengenal Warung Taburai, Rumah Makan Baru Milik Praz Teguh di Kemang

    Liputan6.com, Bandung – Aktor sekaligus pelawak, Praz Teguh baru-baru ini membuka bisnis kuliner baru yang dikenal dengan nama “Warung Taburai”. Diketahui rumah makan ini menjadi bisnis sekaligus hadiah ulang tahun untuk istri tercinta dan mendiang ibunya.

    “selamat ulang tahun mami @ayiqorry sekalian kadonya @warung_taburai obrolan kamu dan ibu sebelum tidur pengen buka warung makan. nih buat kalian,” tulisnya (@praz_teguh) pada Selasa (17/12/2024).

    Sebagai informasi, istrinya Qorry Rizky Ananda Majid atau akrab disapa Ayi itu tengah merayakan ulang tahun ke-33. Adapun hadiah yang diberikan oleh Praz Teguh sebuah warung makan yang sempat jadi obrolan antara istrinya dan mendiang ibunya dahulu.

    Diketahui rumah makan ini menggunakan beberapa resep masakan rumahan dari mendiang ibunya yang diwariskan kepada istrinya tersebut. Pada momen pembukaan, rumah makan tersebut dihadiri oleh keluarga hingga rekan dekat Praz Teguh.

    Sementara itu, baru buka beberapa hari rumah makannya telah dibanjiri pengunjung baik dari influencer makanan hingga masyarakat yang penasaran dengan makanannya. Beberapa orang bahkan menduga rumah makan ini merupakan rumah makan Padang.

    Adapun baru-baru ini melalui media sosialnya Praz Teguh menegaskan bahwa rumah makannya bukan rumah makan masakan minang tetapi menawarkan menu masakan rumahan dari almarhum ibunya.

    “hari ini resmi @warung_taburai dibuka saya tegaskan lagi ini bukan masakan minang seperti yang teman-teman makan sebelumnya, tapi ini masakan rumahan dari almarhumah ibu saya,” tulisnya.

    Pria berusia 33 tahun itu juga menyebutkan salah satu menu rekomendasinya yaitu ayam kecombrang goreng dan ayam kecap dengan resep khasnya. Serta terdapat menu nikmat lain seperti paru ojo, tunjang lado ijo, hingga sajian minuman khas Timun Nanas atau Timnas.

     

    Gowes Asyik Keliling Kota Purwokerto Sampai GOR Satria

  • DJKA Resmikan Stasiun Kebasen Banyumas, Penumpang Bisa Naik Turun di Sini

    DJKA Resmikan Stasiun Kebasen Banyumas, Penumpang Bisa Naik Turun di Sini

    Bisnis.com, JAKARTA – Direktorat Jenderal Perkeretaapian (DJKA) Kementerian Perhubungan meresmikan Stasiun Kebasen di Banyumas Jawa Tengah sebagai stasiun naik turun penumpang dengan jumlah total 4 perjalanan per hari. 

    Direktur Lalu Lintas dan Angkutan Kereta Api Arif Anwar mengatakan sebelum diresmikan, telah dilakukan uji coba pemberhentian KA Bengawan dan KA Serayu Pagi di Stasiun Kebasen, dengan tujuan perjalanan ke Stasiun Purwokerto, Purwosari hingga Pasar Senen.  

    “Adapun jumlah perjalanan per hari sebanyak 4 perjalanan dengan besaran tarif yang diberlakukan mulai dari Rp63.000 hingga Rp74.000,” kata Arif dalam keterangan resmi, Selasa (24/12/2024). 

    Arif mengklaim dengan dibukanya akses naik-turun penumpang di Stasiun Kebasen ini dapat mempermudah masyarakat dalam melakukan perjalanan dengan menggunakan moda kereta api. Selain itu, pembukaan stasiun ini juga diharapkan dapat menstimulasi peningkatan aktivitas perekonomian lokal masyarakat di Kabupaten Banyumas, hingga mempromosikan potensi objek wisata sekitar. 

    Stasiun Kebasen mempunyai posisi yang strategis, kata Arif, terletak di jalur utama kereta api yang menghubungkan sejumlah kota besar di Jawa Tengah, sehingga dengan benefit ini tentunya dapat mempercepat konektivitas antar Kota dan Daerah. 

    Selain itu, dengan status barunya ini, Stasiun Kebasen juga diharapkan dapat memberikan kemudahan bagi penumpang  dengan menjadi pilihan utama transportasi publik andalan yang efisien serta ramah lingkungan. 

    Pada awalnya, Stasiun Kebasen beroperasi menggunakan bangunan lama dengan tiga jalur kereta api, di mana jalur 2 berfungsi sebagai sepur lurus. Setelah dilakukan pembangunan jalur ganda pada segmen lintas antara stasiun ini dan Stasiun Kroya, operasional stasiun dipindahkan ke bangunan baru yang terletak sekitar 200 meter di sebelah tenggara bangunan lama. Selain itu, ditambahkan satu jalur baru di sisi timur laut stasiun. 

    Perubahan tata letak ini menghasilkan empat jalur, dengan jalur 3 berfungsi sebagai sepur lurus untuk arah Purwokerto, sedangkan jalur 2 menjadi sepur lurus untuk arah Kroya.

  • Perdana, Ekspor 2 Ton Lebih Belut Hidup Kalsel ke Tiongkok

    Perdana, Ekspor 2 Ton Lebih Belut Hidup Kalsel ke Tiongkok

    Liputan6.com, Banjarbaru – Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Bea dan Cukai Kalimantan Bagian Selatan melepas ekspor belut sawah hidup ke Tiongkok. Ekspor ini dilakukan oleh CV Tiga A, dengan PT Suryagita Nusaraya selaku Pengusaha Pengurusan Jasa Kepabeanan (PPJK).

    Pelepasan ekspor ini berlangsung di Landasan Ulin Utara Bandara Syamsudin Noor, Banjarbaru, Kalimantan Selatan (Kalsel) dan diselenggarakan bersama dengan Balai Karantina Ikan, Pengendalian Mutu dan Keamanan Hasil Perikanan (BKIPM) Kelas II Banjarmasin.

    Kepala Bea Cukai Kalbagsel mengatakan Dwijo Muryono menyebut jika ekspor ini sejalan dengan fungsinya sebagai trade facilitator dan industrial assistance, memiliki peran nyata dalam mendorong pemulihan ekonomi nasional dan mendukung industri dalam negeri melalui pemberian berbagai fasilitas kepabeanan.

    “Pelepasan ekspor belut sawah hidup ini terdiri dari 2.016 kilogram dalam kemasan 72 boks belut dengan nilai devisa ekspor sebesar USD 9.678,8 berhasil diekspor ke negara tujuan Tiongkok, realisasi ekspor ini diharapkan menjadi pendorong bagi pelaku UMKM lainnya untuk dapat meningkatkan kapasitas ekspor dan bersaing di pasar internasional,” ujarnya, Kamis (19/12/2024).

    Dwijo Muryono menekankan, pemberian fasilitas kepabeanan yang tepat dapat memberikan dampak positif bagi industri, termasuk industri perikanan di Kalimantan. Pihaknya juga memberikan apresiasi atas pencapaian CV Tiga A dan mengharapkan kegiatan ekspor ini dapat menjadi pemicu bagi peningkatan ekspor komoditas perikanan dari Kalimantan Selatan.

    “Kalsel memiliki potensi besar untuk komoditas perikanan, dan kami berharap ekspor belut ini akan semakin mendorong peningkatan ekspor produk perikanan dari Kalsel,” lanjutnya.

    CV Tiga A yang berpusat di Kota Balikpapan, Kalimantan Timur, merupakan salah satu perusahaan supplier seafood segar yang mengekspor berbagai jenis ikan, kepiting, dan hasil laut lainnya. CV Tiga A telah melakukan ekspor ke berbagai negara tujuan di antaranya Singapura, Kuala Lumpur, Hongkong, Jeddah, Dubai, dan China untuk memenuhi kebutuhan seafood dalam skala kecil maupun skala besar.

    Pelepasan ekspor belut sawah hidup ini juga dilakukan bersama Kepala Dinas Perdagangan Provinsi Kalsel Sulkan, Kepala Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Kekayaan Negara Kalimantan Selatan dan Tengah Kusumawardhani, Kepala Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea dan Cukai Tipe Madya Pabean B Banjarmasin R. Teddy Laksmana, dan Kepala Balai Karantina Hewan, Ikan, dan Tumbuhan Banjarmasin Erwin A.M. Dabukke.

    Di kesempatan ini pula, Kepala Balai Karantina Hewan, Ikan, dan Tumbuhan, Erwin A.M. Dabukke menyampaikan harapannya kepada CV Tiga A untuk dapat menjadi sumber inspirasi dan pendorong semangat bagi pelaku usaha lainnya untuk mengikuti jejak CV Tiga A dalam melakukan ekspor.

    “Melalui ekspor ini, kami berharap dapat membuka peluang baru bagi pelaku usaha lainnya untuk memperluas jangkauan pasar mereka ke dunia internasional, kami percaya dengan semangat inovasi dan kerja keras, pelaku usaha Indonesia bisa bersaing di pasar global dan turut berkontribusi pada pertumbuhan ekonomi negara,” ujarnya.

    Sementara itu, Faisal, perwakilan dari CV Tiga A menyampaikan apresiasi atas dukungan yang diberikan oleh Bea dan Cukai dalam proses ekspor perusahaan mereka. Dukungan tersebut sangat krusial bagi kelancaran ekspor dan telah membuka berbagai peluang bisnis internasional.

    “Fasilitas yang diberikan memungkinkan kami untuk berkembang lebih pesat dan memenuhi permintaan pasar global yang terus berkembang,” ujar Faisal.

    Ini juga menegaskan komitmen Bea dan Cukai dalam mendukung para pelaku usaha, khususnya sektor perikanan, untuk dapat bersaing dan menembus pasar internasional. Melalui kerja sama dengan berbagai kementerian dan lembaga terkait, Bea dan Cukai akan terus menggalakkan potensi ekspor produk perikanan Indonesia guna memberikan kontribusi nyata pada kemajuan perekonomian nasional.

    Beroperasi akhir Tahun, Ini Keunikan Jalan Bung Karno Purwokerto, Banyumas

  • Tinggalkan model MLM, begini jurus CNI jalankan Mixed Marketing Concept

    Tinggalkan model MLM, begini jurus CNI jalankan Mixed Marketing Concept

    Sumber foto: Istimewa/elshinta.com.

    Tinggalkan model MLM, begini jurus CNI jalankan Mixed Marketing Concept
    Dalam Negeri   
    Editor: Sigit Kurniawan   
    Senin, 23 Desember 2024 – 21:10 WIB

    Elshinta.com – PT Citra Nusa Insan Cemerlang (CNI), perusahaan yang telah beroperasi lebih dari tiga dekade di Indonesia, membuktikan komitmen dalam menjalankan  transformasi besar bisnisnya dari MLM (Multi Level Marketing) menjadi MMC (Mixed Marketing Concept).

    Tanggal 1 Oktober 2023 menjadi titik penting bagi CNI, di mana perusahaan yang sebelumnya dikenal dengan model Multi-Level Marketing (MLM) memutuskan untuk meninggalkan skema tersebut dan mulai menerapkan Mixed Marketing Concept (MMC) yang efektif beroperasi pada tanggal 1 Januari 2024. MMC adalah sebuah konsep pemasaran inovatif yang mengintegrasikan berbagai keunggulan model pemasaran yang ada, termasuk pemasaran secara offline maupun online.

    Seiring dengan transformasi tersebut, CNI juga telah memperkenalkan logo, brand, dan persona baru yang lebih segar dan relevan dengan perkembangan zaman.

    Langkah ini semakin memperkuat posisi CNI dalam menjangkau pasar yang lebih luas dan sesuai dengan tren digital saat ini, serta memungkinkan konsumen untuk membeli produk CNI tidak hanya secara offline, tetapi juga melalui e-commerce dan marketplace yang selama ini dilarang untuk perusahaan dengan model MLM.

    “CNI selalu berusaha untuk tetap inovatif, kreatif, dan adaptif dengan perkembangan zaman. Melalui transformasi ini, kami ingin menciptakan brand yang lebih segar dan relevan, terutama di kalangan generasi millennial dan Gen Z yang kini menjadi bagian besar dari pasar kami. Dengan model MMC, kami optimis dapat menciptakan peluang bisnis yang lebih fleksibel dan menguntungkan untuk para CNI-Partner di seluruh Indonesia,” kata Abrian Natan, CEO CNI Indonesia dalam keterangan yang diterima redaksi elshinta.com, Senin (23/12). 

    Sebagai bagian dari transformasi, CNI juga memperkenalkan konsep CNI-Store yang menjadi salah satu pilar utama dalam strategi pemasaran MMC. CNI-Store tidak hanya berfungsi sebagai titik promosi dan distribusi produk, tetapi juga sebagai pusat informasi bagi para konsumen dan CNI-Partner. Sejak diluncurkan pada 2 Juli 2024, CNI Store telah hadir di 27 kota di Indonesia, dan lebih banyak lagi yang akan dibuka sepanjang 2025 nanti.

    CNI Store telah hadir di kota-kota seperti Aceh, Medan, Padang, Pekanbaru, Pangkal Pinang, Palembang, Jabodetabek, Bandung, Purwokerto, Cirebon, Indramayu, Solo, Semarang, Surabaya, Yogyakarta, Bali, NTB, dan Makassar.

    “Selain model pemasaran yang lebih fleksibel, CNI-Store juga menerapkan konsep tanpa biaya lisensi (zero license fee) untuk para CNI-Partner yang ingin menggunakan brand CNI di toko offline maupun online mereka,” tambah Abrian.

    CNI juga terus memperluas jangkauan pasar dengan program Go-Digital yang memungkinkan produk CNI dijual melalui e-store di berbagai marketplace ternama. Program ini memberi peluang yang lebih besar bagi para konsumen untuk membeli produk CNI dengan cara yang lebih praktis dan modern. Bagi CNI-Partner yang menjual produk CNI di marketplace juga, tidak perlu khawatir dengan CNI-Store Official sendiri. Karena harga di CNI-Store Official dipatok lebih tinggi 5 persen, sehingga dapat meminimalisasi persaingan harga.

    Tidak hanya itu, keuntungan penjualan CNI-Store Official secara berkala juga akan dibagikan ke CNI-Partner yang sudah memiliki dan tergabung dalam CNI Online Seller Community.

    Bagi para konten kreator yang gemar mempromosikan produk, CNI juga meluncurkan program CNI Affiliate, sebuah kesempatan bagi individu untuk bergabung menjadi affiliator dan mempromosikan produk CNI di platform digital dengan imbalan komisi dari setiap produk yang berhasil terjual.

    Tentunya, produk sebagai salah satu jurus andalan juga tak ketinggalan untuk tampil. Dalam upaya memenuhi kebutuhan gaya hidup masyarakat muda, sepanjang 2024 CNI juga meluncurkan berbagai produk baru, seperti CNI-Ginseng Coffee Signature, CNI-Nutrimoist Face Sunscreen, dan SC88 Liquid Detergent, yang dirancang khusus untuk pasar millennial dan Gen Z yang semakin peduli dengan gaya hidup sehat dan praktis.

    Sebagai jurus terakhir dan tak kalah penting, serta sebagai bagian dari komitmen dalam mendukung para generasi muda berjiwa entrepreneur, CNI juga menggelar X-ion Club, sebuah komunitas bisnis untuk para Gen Z yang menyelenggarakan workshop dan menghadirkan praktisi muda bisnis ternama sebagai pembicara. Sejak diluncurkan, lebih dari 100 peserta anak muda telah bergabung dalam workshop ini untuk belajar dan mengembangkan potensi bisnis mereka.

    “Transformasi yang kami lakukan ini bukan hanya soal perubahan model bisnis, tetapi juga tentang bagaimana kami bisa lebih dekat dengan konsumen muda, memberi mereka peluang bisnis yang lebih fleksibel dan menguntungkan, serta menciptakan produk-produk yang sesuai dengan kebutuhan gaya hidup mereka,” tutup Abrian.

    Sumber : Elshinta.Com

  • Libur Nataru, Yogyakarta dan Surabaya Jadi Destinasi Favorit Penumpang Kereta Api

    Libur Nataru, Yogyakarta dan Surabaya Jadi Destinasi Favorit Penumpang Kereta Api

    Jakarta, Beritasatu.com – Daerah Istimewa Yogyakarta atau Jogja dan Surabaya menjadi destinasi unggulan dengan jumlah penumpang kereta api jarak jauh (KAJJ) tertinggi selama periode libur Natal dan Tahun Baru (Nataru), 19 Desember 2024 sampai 5 Januari 2025.

    Direktur Utama PT Kereta Api Indonesia (KAI) Didiek Hartantyo mengungkapkan, pembelian tiket KAJJ tertinggi adalah keberangkatan kereta Stasiun Pasar Senen menuju Jawa Tengah dan Jawa Timur. Sebagian besar penumpang menggunakan kereta api kelas ekonomi dibandingkan eksekutif.

    “Ada Jogja, kemudian Surabaya, Semarang, dan Purwokerto,” kata Didiek kepada wartawan di Stasiun Pasar Senen, Jakarta, Senin (23/12/2024).

    Sementara itu, PT KAI mencatat pembelian tiket KAJJ di 50 stasiun sudah mencapai lebih dari 2.000.000 penumpang dari 3.544.000 kursi yang tersedia. Oleh sebab itu, sampai Senin (23/12/2024) masih tersisa sebanyak 1.544.000 tempat duduk yang masih bisa mengangkut penumpang untuk tiket kereta api jarak jauh saat libur Nataru.

    Sejauh ini, jumlah penumpang yang sudah melakukan keberangkatan hampir mencapai 1.000.000 orang sejak Kamis (19/12/2024). Rata-rata penumpang KAJJ yang datang ke stasiun sekitar 200.000 orang per harinya.

    Dirut PT KAI turut mengimbau bagi masyarakat yang berencana menggunakan jasa layanan kereta api untuk segera melakukan pembelian tiket. Hal itu disebabkan harga tiket kereta api yang mengalami kenaikan mendekati hari Natal dan Tahun Baru.

    “Tarif tiket kereta api itu ada surplus ya, semakin cepat pesan maka akan mendapatkan harga yang paling efisien. Nanti kalau sudah mendekati hari keberangkatan (Nataru), maka yang tersisa tinggal (harga) yang di atas,” jelas Didiek terkait harga tiket kereta api jarak jauh saat libur Nataru.

  • Nikmati Kemudahan Transaksi Digital di Loko Café dan Resto on Train Berkat Kolaborasi BRI dan KAI

    Nikmati Kemudahan Transaksi Digital di Loko Café dan Resto on Train Berkat Kolaborasi BRI dan KAI

    Jakarta: PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk atau BRI bersama PT Kereta Api Indonesia (Persero) atau KAI dan PT Reska Multi Usaha atau RMU, yang merupakan anak usaha KAI memperkuat kolaborasi strategis dengan mengimplementasikan sistem pembayaran berbasis QRIS (Quick Response Code Indonesian Standard) di Resto on Train dan Loko Café.
     
    Inisiatif ini bertujuan memberikan pengalaman transaksi digital yang praktis dan aman bagi pelanggan, baik selama perjalanan kereta api maupun di area stasiun, sekaligus mendukung transformasi layanan berbasis digital.
     
    Direktur Wholesale & Institution Business BRI Agus Noorsanto menyampaikan bahwa kerja sama ini sejalan dengan visi strategis BRI dalam mendorong akselerasi digitalisasi keuangan di berbagai sektor.
     

    “Implementasi QRIS di resto on train dan Loko Café ini merupakan wujud nyata kolaborasi antarBUMN dalam memberikan solusi inovatif yang relevan dengan kebutuhan masyarakat. Dengan dukungan teknologi dan jaringan BRI, kami menghadirkan sistem pembayaran yang lebih efisien, nyaman, dan aman bagi pelanggan KAI,” ujarnya.
    Seremoni kerja sama ini digelar pada 23 Desember 2024, di Loko Café Stasiun Gambir bersamaan dengan peluncuran resmi Loko Café yang berlokasi di berbagai stasiun strategis, yaitu Stasiun KCIC Halim, Stasiun Gambir, Stasiun Senen, dan Stasiun Purwokerto. Pada outlet baru tersebut, BRI memberikan promo cashback sebesar Rp29 ribu untuk setiap minimal transaksi Rp100 ribu.
     
    Nasabah dapat melakukan pembayaran makanan dan minuman menggunakan super apps BRImo untuk memberikan pengalaman transaksi digital yang mudah, cepat, dan aman. Implementasi QRIS BRI berlaku di lebih dari 200 kereta yang melayani berbagai rute KAI dan 20 outlet Loko Café yang tersebar di berbagai stasiun, memungkinkan nasabah menikmati transaksi yang lebih praktis dan efisien. Dalam seremoni tersebut, BRI memberikan program promo spesial berupa cashback hingga 50 persen untuk pembelian makanan dan minuman di resto on train menggunakan BRImo dengan minimal transaksi Rp100 ribu.
     

    “BRI terus menghadirkan solusi yang menghubungkan kebutuhan masyarakat dengan teknologi inovatif. Implementasi QRIS BRI di Resto on Train dan Loko Café mempertegas komitmen BRI untuk memberikan kemudahan bertransaksi, memperluas jangkauan layanan digital, dan mendukung kenyamanan nasabah dalam setiap aktivitas finansial,” kata Agus Noorsanto.
     
    Pada saat yang sama, Plt Direktur Utama KAI Services Ririn Widi Astutik menegaskan komitmen KAI Services untuk memberikan pelayanan yang inovatif dan unggul. Dirinya juga berharap, kehadiran fasilitas baru ini menjadi langkah strategis untuk meningkatkan kualitas layanan pelanggan secara keseluruhan.
     
    ”KAI Services memiliki komitmen yang tinggi untuk selalu memberikan pelayanan terdepan kepada semua pelanggan, dengan hadirnya 4 Loko Café, selain itu area parkir double decker di Stasiun Pasar Senen serta gudang utama Branch Office 1 Jakarta yang baru diresmikan, kami berharap bisa terus meningkatkan pelayanan dan melangkah lebih baik lagi,” ujar Ririn.
     
    Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
    dan follow Channel WhatsApp Medcom.id

    (ROS)

  • Kolaborasi BRI & KAI Hadirkan Transaksi Digital di Loko Cafe dan Resto

    Kolaborasi BRI & KAI Hadirkan Transaksi Digital di Loko Cafe dan Resto

    Jakarta, CNN Indonesia

    PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk atau BRI terus memberikan kemudahan dalam transaksi. Kali ini BRI mengimplementasikan sistem pembayaran berbasis QRIS (Quick Response Code Indonesian Standard) di Resto on Train dan Loko Cafe.

    Hal itu terwujud berkat kolaborasi BRI bersama PT Kereta Api Indonesia (Persero) atau KAI dan PT Reska Multi Usaha atau RMU, yang merupakan anak usaha KAI.

    Inisiatif ini bertujuan memberikan pengalaman transaksi digital yang praktis dan aman bagi pelanggan, baik selama perjalanan kereta api maupun di area stasiun, sekaligus mendukung transformasi layanan berbasis digital.

    Direktur Wholesale & Institution Business BRI Agus Noorsanto menyampaikan, kerja sama ini sejalan dengan visi strategis BRI dalam mendorong akselerasi digitalisasi keuangan di berbagai sektor.

    “Implementasi QRIS di resto on train dan Loko Cafe ini merupakan wujud nyata kolaborasi antar BUMN dalam memberikan solusi inovatif yang relevan dengan kebutuhan masyarakat,” ujar Agus dalam keterangannya dikutip Senin (23/12).

    “Dengan dukungan teknologi dan jaringan BRI, kami menghadirkan sistem pembayaran yang lebih efisien, nyaman, dan aman bagi pelanggan KAI,” ujarnya.

    Adapun kerja sama ini digelar pada 23 Desember 2024 di Loko Cafe Stasiun Gambir bersamaan dengan peluncuran resmi Loko Cafe yang berlokasi di berbagai stasiun strategis, yaitu Stasiun KCIC Halim, Stasiun Gambir, Stasiun Senen, dan Stasiun Purwokerto.

    Pada outlet baru tersebut, BRI memberikan promo cashback sebesar Rp29 ribu untuk setiap minimal transaksi Rp100 ribu.

    Nasabah dapat melakukan pembayaran makanan dan minuman menggunakan super apps BRImo untuk memberikan pengalaman transaksi digital yang mudah, cepat, dan aman.

    Implementasi QRIS BRI berlaku di lebih dari 200 kereta yang melayani berbagai rute KAI dan 20 outlet Loko Cafe yang tersebar di berbagai stasiun, memungkinkan nasabah menikmati transaksi yang lebih praktis dan efisien.

    Dalam seremoni tersebut, BRI memberikan program promo spesial berupa cashback hingga 50% untuk pembelian makanan dan minuman di resto on train menggunakan BRImo dengan minimal transaksi 100 ribu rupiah.

    “BRI terus menghadirkan solusi yang menghubungkan kebutuhan masyarakat dengan teknologi inovatif. Implementasi QRIS BRI di Resto on Train dan Loko Cafe mempertegas komitmen BRI untuk memberikan kemudahan bertransaksi, memperluas jangkauan layanan digital, dan mendukung kenyamanan nasabah dalam setiap aktivitas finansial,” kata Agus.

    Dalam kesempatan yang sama, Plt Direktur Utama KAI Services Ririn Widi Astutik menegaskan komitmen KAI Services untuk memberikan pelayanan yang inovatif dan unggul.

    Dirinya juga berharap, kehadiran fasilitas baru ini menjadi langkah strategis untuk meningkatkan kualitas layanan pelanggan secara keseluruhan.

    “KAI Services memiliki komitmen yang tinggi untuk selalu memberikan pelayanan terdepan kepada semua pelanggan, dengan hadirnya 4 Loko Cafe, selain itu area parkir double decker di Stasiun Pasar Senen serta gudang utama Branch Office 1 Jakarta yang baru diresmikan, kami berharap bisa terus meningkatkan pelayanan dan melangkah lebih baik lagi.” ujar Ririn.

    (inh/inh)