kab/kota: Purwokerto

  • Dampak Banjir Grobogan, Pengalihan Rute 28 Kereta Api dan Pembatalan 8 Perjalanan hingga 5 Februari

    Dampak Banjir Grobogan, Pengalihan Rute 28 Kereta Api dan Pembatalan 8 Perjalanan hingga 5 Februari

    TRIBUNJATENG.COM, GROBOGAN – PT Kereta Api Indonesia (Persero) Daerah Operasi 4 Semarang masih menerapkan pola operasi pengalihan rute perjalanan kereta api serta pembatalan beberapa perjalanan hingga Rabu, (5/2/2025).

    Menurut Manager Humas KAI Daop 4 Semarang, Franoto Wibowo, kebijakan ini diberlakukan lantaran proses normalisasi jalur KA di Km 32+5/7 antara Stasiun Karangjati dan Stasiun Gubug, Kabupaten Grobogan, masih berlangsung dan belum dapat dilalui secara aman.

    Pihaknya mengatakan keselamatan penumpang dan perjalanan kereta api tetap menjadi prioritas utama. 

    Oleh karena itu, jalur yang terdampak luapan air harus ditutup agar proses perbaikan dapat dilakukan secara optimal.

    “KAI telah mengerahkan tim tanggap darurat yang terdiri dari ratusan petugas prasarana, alat berat, serta material pendukung lainnya untuk mempercepat pemulihan jalur.”

    “Saat ini, tim kami bekerja sama dengan berbagai pihak dalam pengerjaan pengisian karung dengan batu kricak, pengiriman bantalan beton, pemasangan perancah besi, pembangunan tanggul darurat, serta pembuatan temporary track menggunakan alat berat sebagai langkah kesiapan normalisasi jalur,” ujar Franoto, Kamis (30/1/2025).

    Lebih lanjut, Franoto menyampaikan permohonan maaf kepada seluruh pelanggan atas ketidaknyamanan yang ditimbulkan akibat gangguan perjalanan ini. 

    “Penutupan jalur ini berdampak pada perjalanan KA yang melintasi rute Semarang-Surabaya dan sebaliknya. Oleh karena itu, KAI menerapkan rekayasa pola operasi dengan mengalihkan rute perjalanan beberapa KA serta membatalkan perjalanan lainnya hingga normalisasi jalur selesai,” jelasnya.

    Berikut Daftar Perjalanan KA yang Mengalami Pengalihan Rute (30 Januari – 5 Februari 2025):

    Memutar via Gambringan-Gundih-Brumbung:

    1. KA Harina (125) relasi Surabaya-Bandung

    2. KA Harina (126) relasi Bandung-Surabaya

    3. KA Ambarawa Ekspres (231) relasi Surabaya-Semarang

    4. KA Ambarawa Ekspres (232) relasi Semarang-Surabaya

    5. KA Ambarawa Ekspres (229) relasi Surabaya-Semarang

    6. KA Ambarawa Ekspres (230) relasi Semarang-Surabaya

    7. KA Dharmawangsa Ekspres (132) relasi Jakarta-Surabaya

    8. KA Dharmawangsa Ekspres (131) relasi Surabaya-Jakarta

    Memutar via Surabaya-Solo-Brumbung:

    1. KA Argo Bromo Anggrek (1) relasi Surabaya-Jakarta

    2. KA Argo Bromo Anggrek (2) relasi Jakarta-Surabaya

    3. KA Sembrani (61) relasi Surabaya-Jakarta

    4. KA Sembrani (62) relasi Jakarta-Surabaya

    5. KA Sembrani (63) relasi Surabaya-Jakarta

    6. KA Sembrani (64) relasi Jakarta-Surabaya

    7. KA Pandalungan (77) relasi Jember-Jakarta

    8. KA Pandalungan (78) relasi Jakarta-Jember

    9. KA Jayabaya (107) relasi Malang-Jakarta

    10. KA Jayabaya (108) relasi Jakarta-Malang

    11. KA Gumarang (129) relasi Surabaya-Jakarta

    12. KA Gumarang (130) relasi Jakarta-Surabaya

    13. KA Blambangan Ekspres (186) relasi Jakarta-Ketapang

    14. KA Blambangan Ekspres (185) relasi Ketapang-Jakarta

    15. KA Kertajaya (219) relasi Surabaya-Semarang

    16. KA Kertajaya (220) relasi Semarang-Surabaya

    17. KA Airlangga (235) relasi Surabaya-Jakarta

    18. KA Airlangga (236) relasi Jakarta-Surabaya

    Memutar via Surabaya-Yogyakarta-Purwokerto-Cirebon:

    1. KA Argo Bromo Anggrek (3) relasi Surabaya-Jakarta

    2. KA Argo Bromo Anggrek (4) relasi Jakarta-Surabaya

    Daftar Pembatalan Perjalanan KA tanggal 30 Januari s.d. 5 Februari 2025 sebagai berikut:

    1. KA Blora Jaya (227) relasi Cepu-Semarang

    2. KA Blora Jaya (228) relasi Semarang-Cepu

    3. KA Kedung Sepur (546) relasi Semarang-Ngrombo

    4. KA Kedung Sepur (545) relasi Ngrombo-Semarang

    5. KA Kedung Sepur (548) relasi Semarang-Ngrombo

    6. KA Kedung Sepur (547) relasi Ngrombo-Semarang

    7. KA Tegal Bahari (169) relasi Tegal-Jakarta

    8. KA Tegal Bahari (170) relasi Jakarta-Tegal

    Kebijakan Pengembalian Tiket dan Layanan Tambahan

    Sebagai bentuk kompensasi bagi pelanggan yang terdampak, KAI menyediakan layanan pengembalian tiket secara penuh (100 persen) atau penjadwalan ulang perjalanan tanpa biaya tambahan. Selain itu, pelanggan yang mengalami keterlambatan perjalanan akan mendapatkan layanan service recovery sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

    “Kami memahami ketidaknyamanan yang dirasakan pelanggan akibat kondisi ini. Oleh karena itu, kami terus berupaya mempercepat penanganan dengan menggandeng berbagai pihak,” papar Franoto.(Iqs)

  • Promo KAI Spesial Imlek 2025: Diskon 50 Persen Tiket Kereta Api untuk Rute Baru, Ini Syaratnya – Halaman all

    Promo KAI Spesial Imlek 2025: Diskon 50 Persen Tiket Kereta Api untuk Rute Baru, Ini Syaratnya – Halaman all

    TRIBUNNEWS.COM – PT Kereta Api Indonesia (KAI) menggelar program promo diskon spesial Imlek 2025.

    PT KAI memberikan promo diskon tiket kereta api sebesar 50 persen untuk menyambut Tahun Baru Imlek 2025 yang bertajuk ‘Imlek Hoki Dompet Happy.

    Calon penumpang bisa membeli tiket kereta api dengan potongan harga 50 persen hanya untuk pemesan mulai hari ini, Rabu, 29 Januari 2025.

    Tiket kereta api promo KAI Spesial Imlek 2025 dapat pakai untuk keberangkatan pada tanggal 1-6 Februari 2025.

    “Kalian bisa dapatkan promo diskon 50 persen ini di semua channel resmi penjualan tiket kereta api dengan periode pembelian mulai tanggal 29 Januari 2025, berlaku untuk keberangkatan tanggal 1-6 Februari 2025,” tulis Instagram @kai121_, dikutip Rabu (29/1/2025).

    Adapun promo KAI Spesial Imlek 2025 ini hanya berlaku bagi sejumlah rute baru yang akan hadir mulai 1 Februari 2025.

    Lantas, tujuan kemana saja rute yang mendapat diskon tiket promo KAI Spesial Imlek 2025?

    Serta, apa saja syarat dapat diskon 50 persen dari promo KAI Imlek 2025?

    Simak daftar kereta dan syarat untuk dapatkan diskon tiket kereta api promo KAI Spesial Imlek 2025, mengutip Instagram @kai121_ sebagai berikut.

    Daftar KA dan Rute yang Dapatkan Diskon Promo Spesial Imlek 2025

    “Ada promo tiket buat kalian yang ingin merasakan experience perjalanan dengan kereta rute baru: Madiun Jaya, Sancaka Utara, Cakrabuana, Ijen Ekspres, dan Gunungjati, yang akan hadir pada 1 Februari 2025,” tulis KAI.

    1. KA Madiun Jaya

    Rute Madiun – Pasarsenen (PP), Kelas Eksekutif dan Ekonomi.

    2. KA Sancaka Utara

    Rute Surabaya Pasarturi – Solo Balapan – Cilacap (PP), Kelas Eksekutif dan Bisnis.

    3. KA Cakrabuana

    Rute Gambir – Cirebon – Purwokerto (PP), Kelas Eksekutif dan Ekonomi.

    4. KA Ijen Ekspres 

    Rute Ketapang – Malang (PP), Kelas Eksekutif dan Ekonomi.

    5. KA Gunung Jati 

    Rute Gambir – Cirebon – Semarang Tawang Bank Jateng (PP), Kelas Eksekutif dan Ekonomi.

    Syarat dan Ketentuan Promo KAI Spesial Imlek 2025

    1.Pembelian tiket dengan tarif diskon dapat dilakukan melalui seluruh saluran penjualan KAI pada 29 Januari 2025.

    2. Tarif diskon berlaku untuk periode keberangkatan 1-6 Februari 2025.

    3. Diskon tidak berlaku untuk tarif khusus dan tidak dapat digabungkan dengan reduksi atau diskon lainnya.

    4. Tiket dengan tarif diskon dapat dibatalkan dan diubah jadwalnya sesuai dengan aturan yang berlaku.

    5. Promo ini berlaku selama alokasi tiket dengan tarif diskon masih tersedia.

    (Tribunnews.com/Muhammad Alvian Fakka)

  • Promo Imlek! Simak Cara dan Syarat Dapat Potongan Harga 50% dari KAI

    Promo Imlek! Simak Cara dan Syarat Dapat Potongan Harga 50% dari KAI

    Bisnis.com, JAKARTA – Ada beberapa syarat dan ketentuan yang perlu dipenuhi jika Anda ingin mendapatkan diskon 50% dari KAI spesial Imlek 2025.

    Sebagaimana diketahui, KAI juga memberikan diskon menarik spesial Imlek bertajuk “Imlek Hoki Dompet Happy”. Tak main-main, promo yang diberikan berupa potongan harga hingga 50%.

    Meski demikian, calon penumpang perlu mengikuti beberapa syarat dan ketentuan dari PT KAI untuk bisa mendapatkan diskon ini.

    “Ada promo tiket buat kalian yang ingin merasakan experience perjalanan dengan kereta rute baru: Madiun Jaya, Sancaka Utara, Cakrabuana, Ijen Ekspres, dan Gunungjati, yang akan hadir pada 1 Februari 2025,” tulis KAI di media sosial resminya.

    “Kalian bisa dapatkan promo diskon 50% ini di semua channel resmi penjualan tiket kereta api dengan periode pembelian mulai tanggal 29 Januari 2025, berlaku untuk keberangkatan tanggal 1-6 Februari 2025,” lanjut mereka.

    Untuk lebih jelasnya, berikut adalah cara dan syarat mendapatkan diskon 50% dari KAI:
    Syarat Dapat Diskin 50% dari KAI

    Pembelian tiket dengan tarif diskon dapat dilakukan melalui seluruh saluran penjualan KAI pada 29 Januari 2025
    Tarif diskon berlaku untuk periode keberangkatan 1-6 Februari 2025
    Diskon tidak berlaku untuk tarif khusus dan tidak dapat digabungkan dengan reduksi atau diskon lainnya
    Tiket dengan tarif diskon dapat dibatalkan dan diubah jadwalnya sesuai dengan aturan yang berlaku
    Promo ini berlaku selama alokasi tiket dengan tarif diskon masih tersedia.

    Daftar Kereta Api yang Bisa Dipilih

    KA Madiun Jaya relasi Madiun-Pasarsenen (PP), Kelas Eksekutif dan Ekonomi.
    KA Sancaka Utara relasi Surabaya Pasarturi-Solo Balapan – Cilacap (PP), Kelas Eksekutif dan Bisnis.
    KA Cakrabuana relasi Gambir-Cirebon-Purwokerto (PP), Kelas Eksekutif dan Ekonomi.
    KA Ijen Ekspres relasi Ketapang-Malang (PP), Kelas Eksekutif dan Ekonomi.
    KA Gunung Jati relasi Gambir-Cirebon-Semarang Tawang Bank Jateng (PP), Kelas Eksekutif dan Ekonomi.

    Cara mendapat diskon

    Kunjungi saluran penjualan tiket KAI favorit Anda.
    Pastikan Anda membeli tiketnya hari ini, Kamis 29 Januari 2025 untuk keberangkatan 1-6 Februari 2025.
    Pastikan Anda memilih kereta dan jurusan yang mendapat diskon.
    Jika kuota masih, maka Anda akan langsung mendapatkan diskon saat pembayaran.

  • Promo KAI Spesial Imlek 2025: Diskon 50 Persen Tiket Kereta Api untuk Rute Baru, Ini Syaratnya – Halaman all

    KAI Hadirkan Promo Imlek Hoki Dompet Happy, Ini Syarat dan Daftar KA yang Diskon 50 Persen – Halaman all

    KAI hadirkan promo spesial menyemarakan perayaan Tahun Baru Imlek 2576 Kongzili, ada diskon tiket 50 persen untuk pembelian 29 Januari 2025.

    Tayang: Rabu, 29 Januari 2025 08:34 WIB

    Instagram @kai121_

    DISKON KAI. Tangkapan Layar laman resmi Instagram @kai121_ yang diambil pada Rabu (29/1/2025). KAI hadirkan promo spesial Imlek 2025, ada diskon tiket 50 persen untuk pembelian 29 Januari 2025. 

    TRIBUNNEWS.COM – PT Kereta Api Indonesia (Persero) atau KAI menghadirkan promo spesial menyemarakan perayaan Tahun Baru Imlek 2576 Kongzili yang bertajuk “Imlek Hoki Dompet Happy!”.

    Dalam promo ini, pelanggan dapat menikmati diskon tiket 50 persen untuk perjalanan dengan layanan kereta baru yang diresmikan pada Gapeka 2025.

    Promo ini berlaku untuk pembelian tiket pada 29 Januari 2025 dengan periode keberangkatan 1-6 Februari 2025.

    “Kami menghadirkan promo ‘Imlek Hoki Dompet Happy!’ untuk memberikan pengalaman perjalanan yang lebih hemat dan berkesan bagi pelanggan setia.”

    “Kami juga berharap layanan kereta baru yang dirilis pada Gapeka 2025 dapat memenuhi kebutuhan perjalanan masyarakat secara lebih optimal,” ungkap Vice President Public Relations KAI, Anne Purba, dikutip dari Siaran Pers KAI, Rabu (29/1/2025).
     
    Lebih lanjut, Anne mengatakan, KAI akan terus berkomitmen untuk memberikan pelayanan terbaik bagi para pelanggan melalui berbagai inovasi dan program menarik. 
     
    “Jangan lewatkan kesempatan emas ini untuk merencanakan perjalanan Imlek Anda bersama kereta api baru dengan rute baru yang nyaman, aman, dan ekonomis.”

    “Untuk informasi lebih lanjut, pelanggan dapat menghubungi layanan Contact Center KAI 121 atau melalui aplikasi Access by KAI,” tutup Anne.

    Daftar KA yang Promo Diskon 50 Persen:

    1. KA Madiun Jaya

    Relasi Madiun – Pasarsenen (PP), Kelas Eksekutif dan Ekonomi.

    2. KA Sancaka Utara

    Relasi Surabaya Pasarturi – Solo Balapan – Cilacap (PP), Kelas Eksekutif dan Bisnis.

    3. KA Cakrabuana

    Relasi Gambir – Cirebon – Purwokerto (PP), Kelas Eksekutif dan Ekonomi.

    4. KA Ijen Ekspres 

    Relasi Ketapang – Malang (PP), Kelas Eksekutif dan Ekonomi.

    5. KA Gunung Jati 

    Relasi Gambir – Cirebon – Semarang Tawang Bank Jateng (PP), Kelas Eksekutif dan Ekonomi.

    Syarat dan Ketentuan Promo:

    Pembelian tiket dengan tarif diskon dapat dilakukan melalui seluruh saluran penjualan KAI pada 29 Januari 2025.
    Tarif diskon berlaku untuk periode keberangkatan 1-6 Februari 2025.
    Diskon tidak berlaku untuk tarif khusus dan tidak dapat digabungkan dengan reduksi atau diskon lainnya.
    Tiket dengan tarif diskon dapat dibatalkan dan diubah jadwalnya sesuai dengan aturan yang berlaku.
    Promo ini berlaku selama alokasi tiket dengan tarif diskon masih tersedia.

    (Tribunnews.com/Latifah)

    “);
    $(“#latestul”).append(“”);
    $(“.loading”).show();
    var newlast = getLast;
    $.getJSON(“https://api.tribunnews.com/ajax/latest_section/?callback=?”, {start: newlast,section:’4′,img:’thumb2′}, function(data) {
    $.each(data.posts, function(key, val) {
    if(val.title){
    newlast = newlast + 1;
    if(val.video) {
    var vthumb = “”;
    var vtitle = ” “;
    }
    else
    {
    var vthumb = “”;
    var vtitle = “”;
    }
    if(val.thumb) {
    var img = “”+vthumb+””;
    var milatest = “mr140”;
    }
    else {
    var img = “”;
    var milatest = “”;
    }
    if(val.subtitle) subtitle = “”+val.subtitle+””;
    else subtitle=””;
    if(val.c_url) cat = “”+val.c_title+””;
    else cat=””;

    $(“#latestul”).append(“”+img+””);
    }
    else{
    $(“#latestul”).append(‘Tampilkan lainnya’);
    $(“#test3”).val(“Done”);
    return false;
    }
    });
    $(“.loading”).remove();
    });
    }
    else if (getLast > 150) {
    if ($(“#ltldmr”).length == 0){
    $(“#latestul”).append(‘Tampilkan lainnya’);
    }
    }
    }
    });
    });

    function loadmore(){
    if ($(“#ltldmr”).length > 0) $(“#ltldmr”).remove();
    var getLast = parseInt($(“#latestul > li:last-child”).attr(“data-sort”));
    $(“#latestul”).append(“”);
    $(“.loading”).show();
    var newlast = getLast ;
    if($(“#test3”).val() == ‘Done’){
    newlast=0;
    $.getJSON(“https://api.tribunnews.com/ajax/latest”, function(data) {
    $.each(data.posts, function(key, val) {
    if(val.title){
    newlast = newlast + 1;
    if(val.video) {
    var vthumb = “”;
    var vtitle = ” “;
    }
    else
    {
    var vthumb = “”;
    var vtitle = “”;
    }
    if(val.thumb) {
    var img = “”+vthumb+””;
    var milatest = “mr140”;
    }
    else {
    var img = “”;
    var milatest = “”;
    }
    if(val.subtitle) subtitle = “”+val.subtitle+””;
    else subtitle=””;
    if(val.c_url) cat = “”+val.c_title+””;
    else cat=””;
    $(“#latestul”).append(“”+img+””);
    }else{
    return false;
    }
    });
    $(“.loading”).remove();
    });
    }
    else{
    $.getJSON(“https://api.tribunnews.com/ajax/latest_section/?callback=?”, {start: newlast,section:sectionid,img:’thumb2′,total:’40’}, function(data) {
    $.each(data.posts, function(key, val) {
    if(val.title){
    newlast = newlast+1;
    if(val.video) {
    var vthumb = “”;
    var vtitle = ” “;
    }
    else
    {
    var vthumb = “”;
    var vtitle = “”;
    }
    if(val.thumb) {
    var img = “”+vthumb+””;
    var milatest = “mr140”;
    }
    else {
    var img = “”;
    var milatest = “”;
    }
    if(val.subtitle) subtitle = “”+val.subtitle+””;
    else subtitle=””;

    $(“#latestul”).append(“”+img+””);
    }else{
    return false;
    }
    });
    $(“.loading”).remove();
    });
    }
    }

    Berita Terkini

  • Normalisasi jalur KA di Grobogan belum selesai, 28 KA harus memutar

    Normalisasi jalur KA di Grobogan belum selesai, 28 KA harus memutar

    Sumber foto: Joko Hendrianto/elshinta.com.

    Normalisasi jalur KA di Grobogan belum selesai, 28 KA harus memutar
    Dalam Negeri   
    Editor: Sigit Kurniawan   
    Selasa, 28 Januari 2025 – 15:11 WIB

    Elshinta.com – PT Kereta Api Indonesia (Persero) Daerah Operasi 4 Semarang masih memberlakukan pola operasi perjalanan kereta api memutar dan membatalkan beberapa perjalanan KA pada Senin, 27 Januari 2025. Langkah ini diambil, karena normalisasi jalur KA pada Km 32+5/7 antara Stasiun Karangjati dan Stasiun Gubug di Kabupaten Grobogan belum selesai.

    Manager Humas KAI Daop 4 Semarang, Franoto Wibowo menyampaikan bahwa keselamatan menjadi prioritas utama KAI. Oleh karena itu, jalur yang terdampak luapan air harus ditutup untuk memastikan penanganan dapat dilakukan secara intensif. KAI telah mengerahkan tim tanggap darurat yang terdiri dari ratusan petugas prasarana, alat berat, dan material pendukung lainnya untuk memulihkan kondisi secepat mungkin.

    “Saat ini, KAI fokus lakukan mobilisasi peralatan berat seperti crane, eksavator, dan perancah besi ke lokasi. Tim Tanggap Darurat Daop 4 Semarang saat ini juga melakukan pekerjaan pengisian karung dengan batu kricak, kirim bantalan beton, dan pekerjaan pembuatan tanggul menggunakan alat berat sebagai upaya kesiapan dalam penanganan nantinya,” ungkapnya.

    KAI kembali menyampaikan permohonan maaf sebesar-besarnya atas gangguan perjalanan kereta api yang terjadi saat ini kepada seluruh pelanggan yang terdampak. “Dengan penutupan jalur tersebut, perjalanan KA yang melewati lintas Semarang-Surabaya maupun sebaliknya pasti terganggu. Sehingga KAI melakukan rekayasa pola operasi memutar atau melalui jalur alternatif, dan membatalkan beberapa perjalanan KA sampai dengan normalisasi jalur yang terdampak tersebut selesai dikerjakan,” terangnya.

    Berikut perjalanan KA yang menerapkan rekayasa pola operasi dengan mengalihkan rute perjalanan pada 27 s.d. 31 Januari 2025 sebagai berikut:

    Memutar via Gambringan-Gundih-Brumbung:

    1.    KA Harina (125) relasi Surabaya-Bandung

    2.    KA Harina (126) relasi Bandung-Surabaya

    3.    KA Ambarawa Ekspres (231) relasi Surabaya-Semarang

    4.    KA Ambarawa Ekspres (232) relasi Semarang-Surabaya

    5.    KA Ambarawa Ekspres (229) relasi Surabaya-Semarang

    6.    KA Ambarawa Ekspres (230) relasi Semarang-Surabaya

    7.    KA Dharmawangsa Ekspres (132) relasi Jakarta-Surabaya

    8.    KA Dharmawangsa Ekspres (131) relasi Surabaya-Jakarta

    Memutar via Surabaya-Solo-Brumbung:

    1.    KA Argo Bromo Anggrek (1) relasi Surabaya-Jakarta

    2.    KA Argo Bromo Anggrek (2) relasi Jakarta-Surabaya

    3.    KA Sembrani (61) relasi Surabaya-Jakarta

    4.    KA Sembrani (62) relasi Jakarta-Surabaya

    5.    KA Sembrani (63) relasi Surabaya-Jakarta

    6.    KA Sembrani (64) relasi Jakarta-Surabaya

    7.    KA Pandalungan (77) relasi Jember-Jakarta

    8.    KA Pandalungan (78) relasi Jakarta-Jember

    9.    KA Jayabaya (107) relasi Malang-Jakarta

    10.    KA Jayabaya (108) relasi Jakarta-Malang

    11.    KA Gumarang (129) relasi Surabaya-Jakarta

    12.    KA Gumarang (130) relasi Jakarta-Surabaya

    13.    KA Blambangan Ekspres (186) relasi Jakarta-Ketapang

    14.    KA Blambangan Ekspres (185) relasi Ketapang-Jakarta

    15.    KA Kertajaya (219) relasi Surabaya-Semarang

    16.    KA Kertajaya (220) relasi Semarang-Surabaya

    17.    KA Airlangga (235) relasi Surabaya-Jakarta

    18.    KA Airlangga (236) relasi Jakarta-Surabaya

    Memutar via Surabaya-Yogyakarta-Purwokerto-Cirebon:

    1.    KA Argo Bromo Anggrek (3) relasi Surabaya-Jakarta

    2.    KA Argo Bromo Anggrek (4) relasi Jakarta-Surabaya

    Daftar Pembatalan Perjalanan KA tanggal 27 s.d. 31 Januari 2025 sebagai berikut:

    1.    KA Blora Jaya (227) relasi Cepu-Semarang

    2.    KA Blora Jaya (228) relasi Semarang-Cepu

    3.    KA Kedung Sepur (546) relasi Semarang-Ngrombo

    4.    KA Kedung Sepur (545) relasi Ngrombo-Semarang

    5.    KA Kedung Sepur (548) relasi Semarang-Ngrombo

    6.    KA Kedung Sepur (547) relasi Ngrombo-Semarang

    7.    KA Tegal Bahari (169) relasi Tegal-Jakarta

    8.    KA Tegal Bahari (170) relasi Jakarta-Tegal

    KAI juga menerapkan layanan pengembalian tiket secara penuh atau penjadwalan ulang perjalanan tanpa biaya tambahan. Selain itu, penumpang terdampak atas keterlambatan kereta api juga diberikan service recovery sesuai ketentuan. 

    “Kami memohon maaf atas ketidaknyamanan yang dirasakan pelanggan. Saat ini, kami bekerja sama dengan berbagai pihak untuk percepatan penanganan di lokasi terdampak,” tambahnya.

    Untuk informasi lebih lanjut terkait jadwal kereta api atau pengembalian tiket bagi pelanggan terdampak, masyarakat dapat menghubungi layanan media sosial KAI121, e- mail: cs@kai.id, dan Whatsapp KAI121 (0811-1211-1121).

    “Kami berterima kasih atas dukungan seluruh pihak selama masa penanganan ini. Keselamatan perjalanan kereta api menjadi prioritas kami,” tutur Franoto seperti dilaporkan Kontributor Elshinta, Joko Hendrianto, Senin (28/1). 

    Sumber : Radio Elshinta

  • Banjir Grobokan :  KA Blora Jaya dan KA Kedungsepur Tak Beroperasi,  Normalisasi Belum Selesai

    Banjir Grobokan :  KA Blora Jaya dan KA Kedungsepur Tak Beroperasi, Normalisasi Belum Selesai

    TRIBUNJATENG.COM, GROBOGAN – PT Kereta Api Indonesia (Persero) Daerah Operasi 4 Semarang membatalkan empat perjalanan kereta api (KA) yang melewati jalur Gubug, Kabupaten Grobogan, terhitung sejak Senin (27/1) hingga 31 Januari mendatang.

    Empat perjalanan KA yang dibatalkan atau berhenti beroperasi untuk sementara, yakni KA Blora Jaya relasi Cepu-Semarang dan sebaliknya serta KA Kedungsepur relasi Semarang-Ngrombo dan sebaliknya.

    Langkah ini diambil karena normalisasi jalur KA pada Km 32+5/7 antara Stasiun Karangjati dan Stasiun Gubug di Kabupaten Grobogan belum selesai.

    Pada saat yang sama, PT KAI juga membatalkan operasi KA Tegal Bahari relasi Tegal-Jakarta dan sebaliknya.

    Selain membatalkan beberapa perjalanan KA, PT KAI juga masih memberlakukan pola operasi perjalanan kereta api memutar, seiring dengan belum rampungnya normalisasi jalur KA di Grobogan.

    Manager Humas KAI Daop 4 Semarang, Franoto Wibowo menyampaikan, keselamatan menjadi prioritas utama KAI.

    “Oleh karena itu, jalur yang terdampak luapan air harus ditutup untuk memastikan penanganan dapat dilakukan secara intensif,” kata Fran, sapaan akrabnya, kepada Tribun Jateng, Senin.

    Fran memaparkan, KAI telah mengerahkan tim tanggap darurat yang terdiri dari ratusan petugas prasarana, alat berat, dan material pendukung lainnya untuk memulihkan kondisi secepat mungkin.

    “Saat ini, KAI fokus lakukan mobilisasi peralatan berat seperti crane, eksavator, dan perancah besi ke lokasi,” kata Fran, sapaan akrabnya.

    Fran mengungkapkan, Tim Tanggap Darurat Daop 4 Semarang saat ini juga melakukan pekerjaan pengisian karung dengan batu kricak, mengirim bantalan beton, dan membuat tanggul dengan alat berat sebagai upaya kesiapan dalam penanganan nantinya.

    “Dengan penutupan jalur tersebut, perjalanan KA yang melewati lintas Semarang-Surabaya maupun sebaliknya pasti terganggu sehingga KAI melakukan rekayasa pola operasi memutar atau melalui jalur alternatif, dan membatalkan beberapa perjalanan KA sampai dengan normalisasi jalur yang terdampak tersebut selesai dikerjakan,” terangnya.

    Dia menjelaskan, sebanyak delapan perjalanan KA memutar via Gambringan-Gundih-Brumbung, yakni KA Harina relasi Surabaya-Bandung dan sebaliknya, KA Ambarawa Ekspres relasi Surabaya-Semarang dan sebaliknya, serta KA Dharmawangsa Ekspres relasi Jakarta-Surabaya dan sebaliknya.

    Selain itu, sejumlah KA harus memutar via Surabaya-Solo-Brumbung, yakni KA Argo Bromo Anggrek relasi Surabaya-Jakarta dan sebaliknya, KA Sembrani relasi Surabaya-Jakarta dan sebaliknya, KA Pandalungan relasi Jember-Jakarta dan sebaliknya, KA Jayabaya relasi Malang-Jakarta dan sebaliknya,

     KA Gumarang relasi Surabaya-Jakarta dan sebaliknya, KA Blambangan Ekspres relasi Jakarta-Ketapang dan sebaliknya, KA Kertajaya relasi Surabaya-Semarang dan sebaliknya, KA Airlangga relasi Surabaya-Jakarta dan sebaliknya.

    Pada saat yang sama, dua perjalanan KA terpaksa memutar via Surabaya-Yogyakarta-Purwokerto-Cirebon. Kedua perjalanan KA itu, yakni KA Argo Bromo Anggrek relasi Surabaya-Jakarta dan sebaliknya.

    Fran menambahkan, KAI juga menerapkan layanan pengembalian tiket secara penuh atau penjadwalan ulang perjalanan tanpa biaya tambahan.

    Selain itu, penumpang terdampak atas keterlambatan kereta api juga diberikan service recovery sesuai ketentuan.

     “Kami memohon maaf atas ketidaknyamanan yang dirasakan pelanggan. Saat ini, kami bekerja sama dengan berbagai pihak untuk percepatan penanganan di lokasi terdampak,” paparnya.

    Tinjauan Wamensos

    Sementara itu, pada Minggu (26/1), Wakil Menteri Sosial (Wamensos), Agus Jabo Priyono mengunjungi lokasi banjir di Desa Baturagung, Kecamatan Gubug, Kabupaten Grobogan. Kunjungan ini dilakukan untuk mengevaluasi kondisi pascabanjir dan memberikan bantuan langsung kepada warga.

    Agus Jabo didampingi oleh Bupati Grobogan, Sri Sumarni, mendatangi lokasi pengungsian di Balaidesa Baturagung sebagai tempat tujuan pertama. Setelah berinteraksi dengan warga, rombongan bertolak ke lokasi banjir untuk melihat langsung kondisi pemukiman warga terdampak banjir.

    Agus Jabo mengungkapkan, pihaknya telah memberikan bantuan yang diperlukan untuk meringankan beban warga terdampak. Bantuan yang disalurkan mencakup berbagai kebutuhan mendesak, seperti peralatan tidur, selimut, makanan, dan pakaian.

    “Kemensos sudah memberikan bantuan, ada peralatan tidur, selimut, makanan, hingga pakaian,” kata Agus Jabo di lokasi banjir di Desa Baturagung, Minggu.

    Selain itu, Kemensos juga telah melakukan penilaian terhadap kerusakan yang terjadi di Desa Baturagung. Banyak rumah yang rusak parah akibat banjir.

    “Kemensos sudah mengidentifikasi yang rusak berat ada 13, rumah tapi yang lain tetap kami asesmen. Yang 13 (rumah rusak berat—Red), kami beri bantuan pembangunan Rp 25 juta per rumah,” imbuhnya.

    Sebelumnya, curah hujan yang tinggi, pada Jumat (24/1) malam, menyebabkan volume Sungai Tuntang kembali meningkat drastis. Aliran air yang deras mengakibatkan banjir di beberapa desa di Kecamatan Gubug, seperti Papanrejo, Kunjeng, Kwaron, dan Baturagung. Bencana susulan ini juga merusak rumah yang sempat dibersihkan warga setelah banjir pertama, pada Rabu (22/1) lalu. (iqs/fsn) 

  • Shopee Sabet Emas di Kategori e-Commerce Pilihan Gen Z

    Shopee Sabet Emas di Kategori e-Commerce Pilihan Gen Z

    Jakarta

    Shopee Indonesia berhasil meraih penghargaan sebagai e-commerce utama pilihan Gen Z di ajang Marketeers Youth Choice Award 2025. Shopee memenangkan peringkat Gold untuk kategori E-Commerce di kalangan Gen Z mengungguli e-commerce lain di Indonesia.

    “Shopee selalu berupaya memahami preferensi setiap pengguna agar kami dapat terus menghadirkan layanan yang relevan bagi mereka. Oleh karena itu, kami sangat berterima kasih atas pengakuan yang diberikan para Gen Z melalui Marketeers Youth Choice Award 2025. Ke depannya, kami akan terus menghadirkan layanan dan pengalaman belanja yang lebih baik lagi bagi seluruh pengguna kami,” ungkap Direktur Eksekutif Shopee Indonesia dalam keteranganyannya, Selasa (28/1/2025).

    Christin Djuarto mengapresiasi penghargaan yang diberikan oleh Marketeers kepada Shopee. Penghargaan ini menjadi bukti bentuk nyata komitmen Shopee dalam menghadirkan pengalaman belanja yang inovatif dan menyenangkan bagi seluruh pengguna, termasuk Gen Z.

    Putri Lukman, Director of Business (Fashion & FMCG) Shopee Indonesia/Foto: Istimewa

    Dalam menghadirkan layanan terbaik bagi para pengguna termasuk Gen Z, Shopee terus meluncurkan berbagai inovasi interaktif di platformnya, di antaranya:

    Shopee Live dan Shopee Video

    Shopee memiliki fitur Shopee Live dan Shopee Video untuk mengakomodasi kebutuhan para pengguna yang sekarang ini semakin memprioritaskan pengalaman belanja interaktif. Melalui Shopee Live dan Shopee Video, pengguna bisa mendapatkan informasi yang lebih lengkap dan jelas mengenai sebuah produk dalam bentuk konten video interaktif. Di sepanjang tahun 2024, ada lebih dari 1 miliar produk UMKM yang terjual melalui Shopee Live.

    Garansi Tepat Waktu

    Untuk memastikan kecepatan dan ketepatan waktu pengiriman, Shopee meluncurkan program Garansi Tepat Waktu pada tahun 2024. Dalam program ini, Shopee juga menggandeng sejumlah mitra perusahaan logistik, seperti Anteraja, JNE, Pos Indonesia, dan SiCepat. Melalui inisiatif ini, pembeli bisa mendapatkan voucher kompensasi apabila pesanan mereka datang melebihi waktu garansi tiba.

    Kampanye Spesial Shopee

    Shopee secara regular menghadirkan beragam kampanye untuk membantu penjual menarik perhatian para pengguna, kampanye tanggal kembar seperti 12.12 Birthday Sale, Flash Sale, program bundling, kampanye Ramadan, dan masih banyak lagi.

    “Tak hanya fokus pada inovasi teknologi, Shopee juga berkomitmen membantu pertumbuhan UMKM dan produk lokal di platform kami. Dengan berbagai program menarik dan fitur unggulan, kami ingin terus membangun ekosistem e-commerce yang lebih positif dan relevan bagi seluruh masyarakat Indonesia,” tambah Christin.

    Sementara itu CEO MarkPlus, Inc. dan Marketeers Iwan Setiawan mengatakan sebagai digital native dan kelompok generasi terbesar di Indonesia, Gen Z dianggap sebagai salah satu generasi yang paling vokal dalam mengemukakan opini mereka. Itulah mengapa banyak brand yang berlomba-lomba meluncurkan beragam kampanye kreatif untuk membangun image positif di kalangan Gen Z.

    “Segmen Gen Z penting bagi para marketeer karena jadi the one setting the trend. Di sisi lain, banyak sekali keputusan pembelian di dalam keluarga yang terjadi atau diserahkan ke Gen Z sebagai anak. Sebab itu, untuk menyasar Gen Z, brand harus memakai gaya komunikasi yang sesuai, dari konvensional ke fungsional. Jangan sampai, pemasar merasa sudah memiliki komunikasi dengan tone anak muda tapi ternyata bukan preferensi yang dimiliki Gen Z, melainkan komunikasi untuk Milenial,” ujar Iwan.

    Memahami besarnya pasar Gen Z di Indonesia, Marketeers kembali mengadakan Marketeers Youth Choice Award, ajang penghargaan bagi brand-brand yang paling diminati oleh Gen Z. Memasuki tahun kelima penyelenggaraannya, Marketeers Youth Choice Award 2025 kali ini melibatkan lebih dari 2.300 Gen Z dari kalangan Sekolah Menengah Atas (SMA), mahasiswa, hingga fresh graduate di berbagai kota di Indonesia.

    Mereka berasal dari Jabodetabek, Surabaya, Banten, Bandung, Garut, Yogyakarta, Purwokerto, Sukabumi, Palembang, Karawang, Kalimantan Timur, Malang, Cilegon, Sumatera Utara, Semarang, Makassar, Riau, Jember, Cirebon, Sukoharjo, Cimahi, Surakarta, Padang, dan Bali. Acara penghargaan ini berlangsung meriah di CGV Grand Indonesia, Jumat (24/01).

    Berdasarkan riset Market Landscape E-commerce Indonesia 2024 yang dilakukan oleh Kantar, harga, kemudahan dan kecepatan proses belanja online merupakan faktor utama yang mempengaruhi preferensi masyarakat, khususnya anak muda dalam memilih platform e-commerce. Keberhasilan ini juga mencerminkan kemampuan Shopee dalam menghadirkan layanan yang relevan dengan preferensi dan gaya hidup digital generasi muda.

    Selain Shopee, Marketeers Youth Award juga menganugerahkan penghargaan kategori Gold kepada sejumlah perusahaan dari berbagai bidang industri yang telah berhasil memenangkan hati Gen Z, diantaranya PT Bank Central Asia Tbk (BCA), PT Pertamina, HMNS, Erigo, Azarine, FORE, dan masih banyak lagi.

    (ega/ega)

  • KAI Meriahkan Imlek, Pertunjukan Barongsai Digelar di Sejumlah Stasiun

    KAI Meriahkan Imlek, Pertunjukan Barongsai Digelar di Sejumlah Stasiun

    Bisnis.com, JAKARTA – PT Kereta Api Indonesia (KAI) (Persero) menggelar rangkaian acara untuk memeriahkan perayaan Imlek 2025 bertajuk ‘Imlek at Station’. Kegiatan akan berlangsung di 13 stasiun di seluruh Indonesia.

    VP Public Relations KAI Anne Purba menyampaikan, acara yang digelar pada saat perayaan Imlek mencakup pertunjukan barongsai, pembagian jeruk, serta berbagai kompetisi dengan hadiah menarik.

    “Kegiatan ini berlangsung di 13 stasiun di seluruh Indonesia, menghadirkan semangat kebersamaan dan keceriaan kepada pelanggan setia KAI,” kata Anne dalam keterangannya, Selasa (28/1/2025).

    Anne mengungkap, pertunjukkan barongsai di 13 stasiun akan digelar pada Rabu (29/1/2025) dengan jadwal sebagai berikut:

    1. Hall Utara Stasiun Bandung: 14.00-15.00 WIB

    2. Lobi Atas Stasiun Purwokerto: 08.00-09.00 WIB

    3. Hall Stasiun Gambir: 07.30-08.00 WIB (pertunjukan dilakukan pada 28 Januari 2025)

    4. Hall Stasiun Cirebon: 14.00-17.00 WIB

    5. Stasiun Surabaya Gubeng: 07.30-08.30 WIB

    6. Stasiun Tebing Tinggi: 10.00-13.00 WIB

    7. Pintu Timur Stasiun Yogyakarta: 08.00-10.00 WIB

    8. Hall Utara Semarang Tawang Bank Jateng: 10.00-11.00 WIB

    9. Halaman Stasiun Madiun: 09.15-10.15 WIB

    10. Hall Stasiun Pasar Senen: 15.30-16.00 WIB (pertunjukan dilakukan pada 28 Januari 2025)

    11. Stasiun Jember: 09.00-11.00 WIB

    12. Hall Stasiun Kertapati: 07.00-09.00 WIB

    13. Stasiun Tanjungkarang: 07.30-08.30 WIB

    Anne menambahkan, KAI juga akan membagikan jeruk kepada pelanggan di kereta keberangkatan dari Stasiun Gambir dan Pasarsenen sebagai simbol keberuntungan dan kemakmuran.

    “Momentum ini diharapkan dapat memberikan pengalaman tak terlupakan bagi penumpang selama perjalanan mereka,” ujarnya.

    Berikut dua lokasi stasiun untuk pembagian jeruk:

    1. Stasiun Gambir: Kereta Api Argo Sindoro, Argo Semeru, Taksaka, dan Argo Bromo Anggrek

    2. Stasiun Pasarsenen: Kereta Api Fajar Utama Yogyakarta, Matarmaja, dan Gaya Baru Malam Selatan

    Selain itu, KAI turut menggelar kompetisi photo dan video bertema “Perayaan Imlek di Stasiun”. Hadiah berupa voucher tiket kereta api eksekutif dan luxury menanti para pemenang. Pemenang akan diumumkan pada 10 Februari 2025 melalui media sosial @kai121.

    Anne juga mengajak semua masyarakat untuk mengikuti Imlek Quiz yang berlangsung di Instagram Story @kai121 pada 27-29 Januari 2025. 

    “Pemenang kuis harian akan diumumkan pada 30 Januari 2025 dan berhak mendapatkan merchandise menarik,” pungkasnya. 

    Adapun KAI mencatat lonjakan penumpang selama periode libur panjang Imlek dan Isra Mi’raj. 

    Tercatat hingga 28 Januari 2025 pukul 07.00 WIB, Anne menyebut, volume penumpang kereta api jarak jauh mencapai 129.890 orang, atau 101% dari kapasitas tempat duduk yang tersedia sebanyak 129.608 kursi. Angka ini menunjukkan tingginya minat masyarakat terhadap moda transportasi yang aman dan nyaman ini.

    “Hal ini disebabkan oleh adanya penumpang dinamis yang naik dan turun di berbagai stasiun sepanjang perjalanan,” ungkapnya. 

  • Terapkan Rekayasa Pola Perjalanan Kereta Imbas Banjir di Grobogan Jawa Tengah, Dirut KAI Minta Maaf – Halaman all

    Terapkan Rekayasa Pola Perjalanan Kereta Imbas Banjir di Grobogan Jawa Tengah, Dirut KAI Minta Maaf – Halaman all

     TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA – PT Kereta Api Indonesia atau KAI (Persero) menerapkan rekayasa pola perjalanan memutar, imbas banjir di jalur kereta api pada Km 32+5/7 antara Stasiun Karangjati dan Stasiun Gubug di Kabupaten Grobogan, Jawa Tengah pada Sabtu (25/1) Kemarin.

    Direktur Utama KAI Didiek Hartantyo mengatakan, KAI berkomitmen untuk segera memulihkan jalur tersebut dengan dukungan dari tim tanggap darurat.

    Ia menambahkan keselamatan adalah prioritas utama dalam setiap operasional KAI. Oleh karena itu, KAI terpaksa menutup jalur yang terdampak hingga kondisi sepenuhnya aman untuk dilalui. 

    “Untuk percepatan penanganan, kami terus bekerja sama dengan berbagai pihak, termasuk Kementerian PUPR, DJKA, dan pemerintah daerah. Sebagai langkah sementara, KAI memberlakukan pola operasi memutar dan rekayasa pola perjalanan kereta api untuk meminimalkan dampak kepada pelanggan,” kata Didiek dalam keterangannya, Minggu (26/1/2025).

    Selain itu, Didiek juga menyatakan permintaan maaf atas keterlambatan akibat gangguan perjalanan kereta. Meski begitu dia juga menyampaikan apresiasi kepada pelanggan atas pengertian dan kesabaran yang diberikan selama masa pemulihan ini.

    “Atas nama jajaran manajemen KAI, saya menyampaikan permohonan maaf yang sebesar-besarnya kepada seluruh pelanggan atas ketidaknyamanan yang terjadi. Kami memahami dampak yang dirasakan oleh para pelanggan baik dalam hal perjalanan yang tertunda maupun rencana yang terganggu. Hal ini menjadi perhatian serius bagi kami,” ujar Didiek.

    Daftar KA yang mengalami pola operasi perjalanan memutar melewati rute Surabaya Gubeng – Solo Jebres – Brumbung Keberangkatan Mulai Tanggal 26 Januari 2025:

    1. KA Argo Bromo Anggrek (KA 1) lintas Surabaya Pasar Turi – Gambir

    2. KA Argo Bromo Anggrek (KA 2) lintas Gambir – Surabaya Pasar Turi

    3. KA Sembrani (KA 61) lintas Surabaya Pasarturi – Gambir

    4. KA Sembrani (KA 62A) lintas Gambir – Surabaya Pasar Turi

    5. KA Sembrani (KA 63) lintas Surabaya Pasar Turi – Gambir

    6. KA Sembrani (KA 64) lintas Gambir – Surabaya Pasar Turi

    7. KA Pandalungan (KA 77F) lintas Surabaya Pasarturi – Gambir

    8. KA Pandalungan (KA 78F) lintas Gambir – Surabaya Pasar Turi

    9. KA Jayabaya (KA 107) lintas Surabaya Pasar Turi – Pasar Senen

    10. KA Jayabaya (KA 108) lintas Pasar Senen – Surabaya Pasar Turi

    11. KA Gumarang (KA 129A) lintas Surabaya Pasar Turi – Pasar Senen

    12. KA Gumarang (KA 130A) lintas Pasar Senen – Surabaya Pasar Turi

    13. KA Blambangan Ekspres (KA 186B) lintas Pasar Senen – Surabaya Pasar Turi

    14. KA Blambangan Ekspres (KA 185B) lintas Surabaya Pasar Turi – Pasar Senen

    15. KA Kertajaya (KA 219A) lintas Surabaya Pasar Turi – Pasar Senen

    16. KA Kertajaya (KA 220A) lintas Pasar Senen – Surabaya Pasar Turi

    17. KA Airlangga (KA 235) lintas Surabaya Pasarturi – Pasar Senen

    18. KA Airlangga (KA 236B) lintas Pasar Senen – Surabaya Pasar Turi

    KA yang mengalami pola operasi perjalanan memutar melewati rute Surabaya Gubeng – Yogyakarta – Purwokerto – Cirebon Keberangkatan Mulai Tanggal 26 Januari 2025:

    1. KA Argo Bromo Anggrek (KA 3) lintas Surabaya Pasar Turi – Gambir

    2. KA Argo Bromo Anggrek (KA 4) lintas Gambir – Surabaya Pasar Turi

    Adapun daftar KA yang mengalami Batal beroperasi perjalanannya Mulai 26 Januari 2025 yaitu:

    1. KA Blora Jaya (KA 227) lintas Cepu – Semarang Poncol

    2. KA Blora Jaya (KA 228) lintas Semarang Poncol – Cepu

    3. KA Sembrani Tambahan (KA 7009A) lintas Surabaya Pasarturi – Gambir

    4. KA Sembrani Tambahan (KA 7010A) lintas Gambir – Surabaya Pasarturi (mulai tanggal 27 Januari 2025)

    5. KA Kedung Sepur (KA 546) lintas Semarang Poncol – Ngrombo

    6. KA Kedung Sepur (KA 545) lintas Ngrombo – Semarang Poncol

    7. KA Kedung Sepur (KA 548A) lintas Semarang Poncol – Ngrombo

    8. KA Kedung Sepur (KA 547) lintas Ngrombo – Semarang Poncol

    9. KA Tegal Bahari (KA 169) lintas Tegal – Pasarsenen

    10. KA Tegal Bahari (KA 170) lintas Pasarsenen – Tegal

     

  • Pastikan Pelayanan Hukum Optimal, UIN Saizu Monev Posbakum di Pengadilan Agama Tegal

    Pastikan Pelayanan Hukum Optimal, UIN Saizu Monev Posbakum di Pengadilan Agama Tegal

    TRIBUNJATENG.COM – Fakultas Syariah UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri (UIN Saizu) Purwokerto menggelar kegiatan Monitoring dan Evaluasi (Monev) terhadap pelaksanaan Pos Bantuan Hukum (Posbakum) di Pengadilan Agama Tegal, Kamis (23/1/2025).

    Kegiatan ini dipimpin langsung Dekan Fakultas Syariah UIN Saizu Purwokerto, Dr. Supani.

    Turut serta mendampingi Dekan Fakultas Syariah, Wakil Dekan I Dr. M. Iqbal Juliansyahzen, Wakil Dekan II Dr. Marwadi, dan sejumlah Dosen Fakultas Syariah.

    Kedatangan tim dari Lembaga Konsultasi dan Bantuan Hukum (LKBH) UIN Saizu disambut hangat oleh Ketua Pengadilan Agama Tegal, Muhamad Jamil, beserta jajarannya.

    Kegiatan ini bertujuan untuk meninjau pelaksanaan layanan Posbakum yang dikelola LKBH UIN Saizu sekaligus memastikan kualitas pelayanan hukum bagi masyarakat pencari keadilan di wilayah Tegal.

    Dr. Supani menyampaikan, apresiasi atas kerja sama yang telah terjalin dengan Pengadilan Agama Tegal selama enam tahun terakhir.

    “Kehadiran Posbakum adalah wujud nyata komitmen kami dalam memberikan akses keadilan kepada masyarakat, khususnya bagi mereka yang membutuhkan pendampingan hukum. Kami ingin memastikan layanan ini berjalan optimal sesuai standar yang ditetapkan,” ujarnya.

    Ketua Pengadilan Agama Tegal, Muhamad Jamil, juga menyampaikan apresiasi terhadap inisiatif LKBH UIN Saizu dalam melakukan monitoring dan evaluasi. 

    “Kami sangat menghargai keberadaan Posbakum di pengadilan ini, karena perannya sangat membantu masyarakat dalam menyelesaikan permasalahan hukum, terutama di bidang hukum keluarga dan syariah. Kami berharap kerja sama ini terus berlanjut dan memberikan manfaat yang lebih luas,” ungkapnya.

    Proses monitoring dan evaluasi meliputi peninjauan langsung terhadap pelayanan Posbakum, wawancara dengan pengguna layanan, serta diskusi bersama antara pihak LKBH dan Pengadilan Agama Tegal.

    Hasil dari evaluasi ini diharapkan dapat menjadi bahan perbaikan untuk meningkatkan kualitas pelayanan hukum di masa mendatang.

    Kegiatan ini ditutup dengan sesi foto bersama antara tim LKBH UIN Saizu dan jajaran Pengadilan Agama Tegal sebagai simbol kolaborasi yang harmonis dan komitmen bersama dalam memberikan pelayanan hukum yang berkeadilan bagi masyarakat.

    Melalui kegiatan ini, Fakultas Syariah UIN Saizu mempertegas perannya dalam mendukung akses hukum bagi masyarakat serta memastikan keberlanjutan pelayanan yang berkualitas di Posbakum. (*)

    UIN Saizu Maju, UIN Saizu Unggul!!!

    #uinsaizu #uinsaizupurwokerto #uinsaizumaju #uinsaizuunggul #kampushijau #purwokerto