Banyuwangi Targetkan 3,7 Juta Kunjungan Wisatawan pada 2025
Tim Redaksi
BANYUWANGI, KOMPAS.com
– Pemerintah Kabupaten
Banyuwangi
, Jawa Timur, menargetkan
kunjungan wisatawan
pada 2025 sebanyak 3,7 kunjungan. Target itu naik 10 persen dari realisasi pada 2024 sebanyak 3,4 juta kunjungan wisatawan.
Kepala Bidang Pemasaran Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Banyuwangi, Ainur Rofiq, mengatakan, target kunjungan wisatawan pada 2024 sebanyak 3,2 juta. Namun, realisasinya melebihi dari target, yakni 3,4 juta kunjungan.
“Kita realisasi 3,4 juta sekian kunjungan wisatawan dari target 3,2 juta kunjungan,” kata Rofiq, Minggu (2/2/2025).
Dikatakan Rofiq, pada tahun 2025, wilayah di ujung timur Pulau Jawa tersebut menetapkan kenaikan 10 persen kunjungan wisatawan dari target yang telah tercapai pada tahun 2024.
Jika pada tahun 2024 realisasi yang tercapai adalah 3,4 juta kunjungan, maka pada 2025 target yang ditetapkan Pemkab Banyuwangi berada di kisaran 3,7 juta kunjungan.
“Kita memang selalu 10 persen kenaikannya dari pencapaian di tahun sebelumnya. Realisasi kemarin 3,4 juta kunjungan, paling tidak 3,7 juta kunjungan di 2025,” ujar Rofiq.
Strategi yang diterapkan di antaranya adalah Pemkab Banyuwangi terus berupaya meningkatkan dan mempermudah aksesibilitas ke destinasi wisata.
Di antaranya dengan ditambahkannya berbagai rangkaian kereta api menuju dan dari Banyuwangi, seperti baru-baru ini direalisasikan yaitu KA Ijen Ekspres rute Banyuwangi-Malang dan KA Logawa rute Banyuwangi-Purwokerto.
“Semoga pesawat juga nanti akan nambah,” harap Rofiq.
Selain kemudahan aksesibilitas, Pemkab Banyuwangi juga terus melakukan pembenahan di destinasi yang ramai menarik kunjungan wisatawan, mulai dari TWA Kawah Ijen, Pulau Merah, Taman Nasional Alas Purwo, hingga Pulau Tabuhan dan Grand Watu Dodol.
“Strategi kami pembenahan destinasi, kalau untuk penambahan destinasi segmentasinya lokal,” terang Rofiq.
Sementara itu, Banyuwangi yang juga dikenal memiliki berbagai festival diperkirakan akan mengurangi jumlah festival yang ada.
Jika pada tahun 2024 ada 79 festival, akan turun menjadi sekitar 50 festival pada 2025.
“Arahan pimpinan (jumlah festival) berkurang dibanding tahun kemarin, tapi kualitasnya yang akan kita tingkatkan. Sampai hari ini masih digodok. Mudah-mudahan segera disahkan,” harap Rofiq.
Copyright 2008 – 2025 PT. Kompas Cyber Media (Kompas Gramedia Digital Group). All Rights Reserved.
kab/kota: Purwokerto
-
/data/photo/2025/02/03/679feeb687c28.jpg?w=1200&resize=1200,0&ssl=1)
Banyuwangi Targetkan 3,7 Juta Kunjungan Wisatawan pada 2025 Surabaya 3 Februari 2025
-

Rincian 5 Rute Baru Kereta Api Jarak Jauh dan Menengah yang Diluncurkan KAI – Halaman all
TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA – PT Kereta Api Indonesia atau PT KAI meluncurkan lima layanan kereta api (KA) baru untuk jarak menengah dan jarak jauh di Pulau Jawa, Sabtu (1/2/2025).
Direktur Utama KAI Didiek Hartantyo memaparkan, peluncuran ini dimulai dengan operasional lima KA baru dengan melayani beberapa rute.
Di wilayah Daop 5 Purwokerto, KAI menghadirkan KA Cakrabuana yang melayani relasi Purwokerto – Gambir pp pada pukul 05.30 WIB.
KA ini memiliki stasiun pemberhentian Bumiayu, Ketanggungan, Ciledug, Cirebon, Jatibarang, Haurgeulis, Pegadenbaru, Cikampek, Bekasi, Jatinegara dan tiba di stasiun Gambir pada pukul 10.24 WIB.
“Kereta ini terdiri dari kelas eksekutif dan ekonomi dengan total kapasitas 520 tempat duduk,” ujar Didiek di Jakarta, Sabtu (1/2/2025).
Selain itu, ada juga KA Gunungjati yang diberangkatkan pertama kali di Stasiun Cirebon pada pukul 05.40.
KA ini menghubungkan Semarang Tawang Bank Jateng– Cirebon – Gambir pp untuk mendukung konektivitas antar wilayah yang dilalui seperti Semarang, Pekalongan, Tegal, Cirebon hingga Jakarta.
Selanjutnya ada juga KA Sancaka Utara yang diluncurkan di Stasiun Surabaya Pasarturi. KA yang melayani relasi Surabaya Pasarturi – Solo Balapan – Cilacap pp tersebut diberangkatkan dari Stasiun Surabaya Pasarturi pukul 07.00 WIB.
Sementara itu, KA Madiun Jaya juga resmi beroperasi melayani perjalanan Madiun – Pasarsenen pp dengan kelas eksekutif dan ekonomi.
KA ini berangkat perdana dari Stasiun Madiun pukul 08.00 WIB dan tiba di Stasiun Pasarsenen pukul 17.03 WIB.
“Untuk perjalanan sebaliknya, KA ini berangkat dari Pasarsenen pukul 21.10 WIB dan tiba di Madiun pukul 06.05 WIB,” ujar Didiek.
“Lalu, KA Ijen Ekspres akan melayani rute Ketapang – Malang pp. Memiliki kapasitas 366 tempat duduk, KA ini dirancang dengan fasilitas modern yang mengutamakan kenyamanan dan keselamatan penumpang,” tutur Didiek.
-

Daftar 5 Kereta Api Baru KAI
Jakarta: PT Kereta Api Indonesia (KAI) membawa kabar baik bagi para pengguna kereta api. Hari ini, KAI meluncurkan lima layanan kereta api baru untuk memperluas konektivitas antarwilayah dan memberikan pengalaman perjalanan yang lebih nyaman.
Direktur Utama KAI Didiek Hartantyo menjelaskan hadirnya lima layanan KA baru ini bertujuan untuk memenuhi kebutuhan transportasi masyarakat dengan layanan yang lebih nyaman, efisien, dan ramah lingkungan.
“Melalui peluncuran lima KA baru ini, kami berharap masyarakat dapat menikmati perjalanan yang lebih nyaman, aman, dan terjangkau,” ujar Didiek, dalam keterangan tertulis, Sabtu, 1 Januari 2025.
Layanan KA Baru meningkatkan aksesibilitas
Menurut Didiek, peluncuran lima layanan kereta api ini bertujuan untuk memperkuat aksesibilitas masyarakat ke berbagai destinasi dengan layanan yang lebih nyaman dan terjangkau.“KAI berkomitmen untuk terus meningkatkan layanan kepada pelanggan,” ujar dia.
Daftar kereta api anyar KAI
Lima kereta api baru ini akan melayani jalur-jalur strategis, seperti yang ada di Daop 5 Purwokerto, Daop 3 Cirebon, dan Daop 8 Surabaya, menjangkau lebih banyak wilayah di Indonesia.
Dengan adanya layanan ini, perjalanan antar kota menjadi lebih mudah dan terhubung dengan baik, meningkatkan kualitas mobilitas masyarakat.
Berikut daftar kereta baru KAI:1. KA Cakrabuana
Kereta ini merupakan sambungkan Purwokerto dengan Gambir
Salah satu kereta api yang diluncurkan adalah KA Cakrabuana, yang melayani rute Purwokerto – Gambir (PP). Kereta ini berangkat dari Purwokerto pukul 05.30 WIB dan tiba di Gambir pada pukul 10.24 WIB.
Dengan kapasitas 520 tempat duduk dan menyediakan kelas eksekutif serta ekonomi, KA Cakrabuana menawarkan kenyamanan bagi penumpang yang ingin bepergian antar kota dengan lebih cepat dan efisien.2. KA Gunungjati
Kereta ini adalah penghubung Semarang, Cirebon, dan Jakarta. KA Gunungjati juga menjadi salah satu layanan baru yang menghubungkan Semarang, Cirebon, dan Gambir.
Dimulai pada pukul 05.40 WIB dari Stasiun Cirebon, kereta ini bertujuan untuk mempermudah perjalanan antara daerah-daerah besar di Jawa Tengah hingga ke Jakarta. Diharapkan, dengan adanya kereta ini, mobilitas warga semakin lancar dan efisien.
3. KA Sancaka Utara
Selanjutnya kereta Sancaka Utara yang memenuhi Kebutuhan Pengguna dari Surabaya ke Cilacap. KA Sancaka Utara yang melayani relasi Surabaya Pasarturi-Solo Balapan-Cilacap juga diluncurkan hari ini.
Dengan keberangkatan pertama pada pukul 07.00 WIB dan antusiasme tinggi dari masyarakat, kereta ini memberikan pilihan transportasi yang sangat dibutuhkan oleh mereka yang ingin bepergian antarkota besar di Jawa.4. KA Madiun Jaya
Kereta ini akan membawa kemudahan bagi rute Madiun-Pasarsenen. Bagi kamu yang sering melakukan perjalanan dari Madiun ke Jakarta, kini hadir KA Madiun Jaya.
Kereta yang menghubungkan Madiun-Pasarsenen ini beroperasi perdana hari ini dengan kelas eksekutif dan ekonomi, berangkat dari Madiun pukul 08.00 WIB dan tiba di Pasarsenen pada pukul 17.03 WIB. Sebaliknya, perjalanan dari Jakarta menuju Madiun dimulai pada malam hari dan akan tiba pada pagi hari.5. KA Ijen Ekspres
Terakhir KA Ijen Eksporess merupakan layanan baru dengan fasilitas modern. KA Ijen Ekspres, akan melayani rute Ketapang-Malang (PP). Kereta ini dilengkapi dengan fasilitas modern dan dirancang untuk mengutamakan kenyamanan dan keselamatan penumpang.
KA Ijen Ekspres akan memberikan pilihan perjalanan yang lebih nyaman bagi para pelancong di wilayah Jawa Timur.
“Dengan hadirnya lima layanan KA baru ini, KAI terus berupaya memberikan pelayanan terbaik bagi pelanggan serta meningkatkan konektivitas antarwilayah dengan transportasi yang lebih nyaman, aman, dan ramah lingkungan,” jelas Didiek.
Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
dan follow Channel WhatsApp Medcom.id(ANN)
-

Gapeka baru 2025, KA berhenti di Stasiun Wates jadi lebih banyak
Sumber foto: Izan Raharjo/elshinta.com.
Gapeka baru 2025, KA berhenti di Stasiun Wates jadi lebih banyak
Dalam Negeri
Editor: Sigit Kurniawan
Sabtu, 01 Februari 2025 – 18:46 WIBElshinta.com – PT KAI Daop 6 Yogyakarta menerapkan Grafik Perjalanan Kereta Api (Gapeka) 2025 menggantikan Gapeka sebelumnya mulai 1 Februari 2025. Pada penerapannya, penyesuaian-penyesuaian terhadap perjalanan KA akan dilakukan untuk meningkatkan layanan transportasi kereta api di Indonesia.
Manajer Humas Daop 6 Yogyakarta Krisbiyantoro mengatakan perubahan Gapeka 2025 merupakan bagian dari upaya KAI dan DJKA Kemenhub untuk meningkatkan keselamatan, keandalan prasarana dan sarana, kecepatan perjalanan, serta kapasitas angkut.
“Salah satu peningkatan layanan terdapat di Stasiun Wates dimana pada penerapan Gapeka 2025 akan lebih banyak KA berhenti di stasiun tersebut. Ada tambahan 5 KA yang berhenti di Stasiun Wates pada Gapeka 2025 ini, sehingga total KA yang berhenti di Wates untuk naik turun penumpang sebanyak 20 KA,” ujar Krisbiyantoro.
Krisbiyantoro merinci tambahan KA yang berhenti di Stasiun Wates mulai 1 Februari 2025 diantaranya adalah:
1. KA Wijaya Kusuma relasi Ketapang – Wates – Cilacap pp
2. KA Jayakarta relasi Surabaya Gubeng – Wates – Pasarsenen pp
3. KA Kertanegara relasi Malang – Wates – Purwokerto pp
4. KA Malioboro Ekspres relasi Malang – Wates – Purwokerto pp
5. KA Sancaka Utara relasi Surabaya Pasar Turi – Wates – Cilacap pp (Fakultatif)Dengan adanya tambahan KA tersebut kini semakin banyak pilihan kereta api yang bisa digunakan untuk menuju ke Wates atau sebaliknya sehingga tingkat mobilitas orang di wilayah tersebut juga akan meningkat.
Krisbiyantoro mengatakan bahwa Stasiun Wates memiliki peran strategis sebagai salah satu akses utama bagi wisatawan yang ingin mengunjungi destinasi unggulan di Kulon Progo, seperti Pantai Glagah, Waduk Sermo, dan kawasan wisata lainnya.
““Penambahan jumlah kereta api yang berhenti di Stasiun Wates merupakan bagian dari komitmen kami dalam meningkatkan aksesibilitas transportasi bagi masyarakat dan wisatawan. Dengan adanya lebih banyak pilihan perjalanan, diharapkan dapat mendukung pengembangan pariwisata serta mendorong pertumbuhan ekonomi di wilayah Kulon Progo,” ungkap Krisbiyantoro.
Selain penambahan KA KA yang berhenti di Stasiun Wates, Gapeka 2025 juga membawa peningkatan pada kapasitas angkut KA. Secara keseluruhan untuk KA KA Daop 6 kapasitas tempat duduk yang disediakan pada Gapeka 2025 yaitu sebanyak 13.604 tempat duduk. Meningkat dibandingkan Gapeka sebelumnya sebanyak 12.300 tempat duduk.
Kemudian juga terdapat perubahan jadwal beberapa KA dari Stasiun Wates pada penerapan Gapeka 2025 per 1 Februari 2025 ini, baik maju atau mundur jam keberangkatannya.
“Oleh karenanya kami mengimbau kepada calon pelanggan untuk memeriksa kembali jadwal keberangkatan KA yang tertera pada tiket. Jadwal keberangkatan tersebut sudah disesuaikan dengan Gapeka 2025, serta luangkan waktu yang cukup saat tiba di stasiun,” pungkasnya seperti dilaporkan Kontributor Elshinta, Izan Raharjo, Sabtu (1/2).
Sumber : Radio Elshinta
-

Penjual Bakso Pakai Kostum Power Rangers saat Jajakan Dagangan Jadi Sorotan, Pembeli Ramai
TRIBUNJATIM.COM – Aksi totalitas pedagang bakso di Purwokerto, Jawa Tengah, belakangan jadi sorotan.
Pasalnya penjual bakso memakai kostum Power Rangers saat menjajakan bakso.
Tak pelak videonya viral di media sosial.
Penampakan pedagang bakso yang mengenakan seragam Power Rangers ini viral di media sosial usai diunggah akun TikTok @alergiifakta, Minggu (5/1/2025).
“Pov: kesel jaga bumi,” tulis keterangan video, melansir Tribun Cirebon.
Sekilas tak ada yang berbeda dengan warung bakso tersebut.
Berlokasi di pinggiran jalan, Warung Bakso Jipeng tersebut memiliki tampilan sederhana dengan gerobak yang diletakkan di bagian depan warung.
Namun yang menyita perhatian adalah seragam para pegawai di warung bakso tersebut.
Mereka terlihat mengenakan seragam berupa pakaian ketat yang dipakai superhero Power Rangers kala melawan musuh.
Pedagang bakso bersama para karyawannya tampak cosplay Power Rangers berbagai warna, mulai dari pink, hijau, kuning, hingga merah.
Seragam Power Rangers tersebut dikenakan para pegawai saat membuat bakso, menyediakan minuman, bahkan sampai saat mengantarkan pesanan ke meja pembeli.
Seragam Power Rangers yang dikenakan pun terbilang beragam seperti biru, merah, hijau, hingga merah muda.
Hal itu tampaknya dilakukan demi menyenangkan para pembeli.
Pasalnya penampilan para pegawai warung bakso berhasil menarik perhatian pembeli yang berbondong-bondong datang.
Viral aksi totalitas pedagang bakso di Purwokerto yang kenakan seragam Power Rangers saat berjualan (TikTok/alergiifakta)
Unggahan tersebut lantas dibanjiri komentar lucu dari netizen.
“lagi ganti shift sama ultraman ya bang”
“zaman keras power rangers pun jualan bakso”
“Pantesan udah gak pernah nongol di TV, sibuk ternyata”
“kalo gue yang makan disini dinamin gak berhenti ketawa”
“GABISAAA GUA BAKAL KETAWA TERUSSS GA AKAN SANGGUP BUAT MAKAN JANGAN KAN MAKAN MAU MESEN AJA PASTI NGAKAK DULU”
Sementara itu, nasib pilu dialami pedagang bakso bernama Arianto di Kelurahan Surabaya, Kecamatan Sungai Serut, Kota Bengkulu.
Uang jutaan rupiah raib dibawa orang tak dikenal yang mengaku sebagai petugas Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM).
Kejadian tersebut terjadi Jumat (10/1/2025), sekitar pukul 06.00 WIB, saat korban bersiap untuk membuka warung.
Pelaku tiba-tiba datang dengan mengenakan baju koko lengkap dengan peci, mengendarai sepeda motor matic warna hitam.
Kemudian pelaku yang hanya sendirian turun dari motor miliknya dan langsung menghampiri korban yang sedang duduk di warung.
Pelaku mengatakan kepada korban bahwa pelaku adalah seorang petugas yang sedang melakukan inspeksi mendadak atau sidak.
Pelaku lalu menanyakan beberapa surat-surat izin usaha milik korban, termasuk surat pemeriksaan dari BPOM.
Korban yang tidak mengerti kemudian ditawari oleh pelaku untuk membayar sejumlah uang.
Ia berdalih pelaku akan membantu korban mengurus surat-surat izin yang ia tanyakan sebelumnya.
Korban diminta untuk membayar uang beberapa tahap, pertama sebesar Rp160 ribu, kedua sebesar Rp1 juta, dan terakhir Rp250 ribu.
Setelah korban menyerahkan uang yang diminta, pelaku kemudian berjanji akan datang lagi pada tanggal 13 Januari 2024.
Ia mengaku menyerahkan surat izin yang menurut pelaku akan diperbantukan pengurusannya.
Berdalih ingin segera melayat ke tempat kerabatnya yang meninggal dunia, pelaku lantas berpamitan untuk segera pergi kepada korban.
Pelaku langsung pergi meninggalkan korban dengan membawa uang sekitar Rp1,4 juta yang sebelumnya diserahkan korban.
Arianto pemilik warung bakso di Kelurahan Surabaya, Kota Bengkulu, saat menceritakan penipuan yang ia alami, Sabtu (18/1/2025). (TribunBengkulu.com/Beta Misutra)
Arianto mengungkap, pelaku sempat mengancam akan menyegel warungnya.
Ia mengatakan bahwa pelaku akan menyegel warung bakso korban apabila tidak bersedia mengurus surat-surat izin yang dibeberkan pelaku.
Di antara surat-surat yang ditanyakan oleh pelaku di antaranya surat hasil pemeriksaan BPOM, izin usaha, hingga sertifikat halal usaha milik korban.
Karena Arianto merasa belum memiliki apa saja yang disebutkan oleh pelaku tersebut, maka pelaku menakuti korban.
Karena takut usahanya disegel, dari situlah kemudian dimanfaatkan pelaku untuk meminta sejumlah uang kepada korban, dengan dalih untuk pengurusan surat-surat.
“Dia bilang kalau belum lengkap surat-suratnya, maka akan disegel dahulu usahanya,” ungkap Arianto, Sabtu (18/1/2025), melansir Tribun Bengkulu.
Dari beberapa pemilik usaha lain yang ada di sekitar warung bakso milik korban, korban juga sudah sempat bertanya-tanya.
Ternyata saat kejadian, pelaku hanya mendatangi korban saja dan tidak pernah mendatangi tempat usaha lain di sekitar.
“Cuma di sini saja dia datang, tidak ada di tempat lain, itu pagi-pagi sekali dia datangnya, dan langsung ke sini,” kata Arianto.
“Dia tidak pakai seragam, dia pakai baju koko, katanya sekalian lewat mau melayat ke tempat orang meninggal,” imbuhnya.
Korban yang masih percaya, masih menunggu kedatangan pelaku sesuai dengan tanggal yang dijanjikan yaitu tanggal 13 Januari 2025.
Akan tetapi setelah ditunggu hingga tanggal yang dijanjikan tersebut, pelaku tak kunjung datang menemui korban sebagaimana yang telah mereka sepakati sebelumnya.
Ditunggu selang beberapa hari, pelaku tetap tak kunjung datang.
Di sanalah korban baru menyadari jika dirinya sudah menjadi korban penipuan.
Atas kejadian tersebut pada tanggal 16 Januari 2024, korban yang mengalami kerugian Rp1,4 juta langsung melaporkan kejadian tersebut kepada polisi.
“Kejadian ini sudah saya laporkan ke Polsek Teluk Segara. Mudah-mudahan pelaku bisa segera tertangkap,” kata Arianto.
Kondisi di warung bakso milik Arianto yang diduga jadi korban penipuan modus ngaku inspeksi mendadak (sidak) petugas BPOM, Sabtu (18/1/2025). (TribunBengkulu.com/Beta Misutra)
Sementara itu, BPOM Bengkulu memastikan pelaku penipuan pedagang bakso di Bengkulu dengan modus sidak bukanlah pegawai mereka.
Kepala BPOM Bengkulu, Yogi Abaso Mataram mengatakan, berdasarkan ciri-ciri pelaku sebagaimana yang disebutkan korban, jelas bukanlah petugas mereka.
Biasanya saat melakukan sidak, petugas selalu disertai dengan seragam bertuliskan BPOM dan mengenakan tanda pengenal.
“Selain seragam dan name tag, setiap melakukan sidak kita juga biasanya dibekali dengan surat tugas,” ungkap Yogi, Sabtu.
Kedua, petugas BPOM setiap kali turun ke lapangan apalagi saat melakukan sidak, dipastikan tidak pernah turun sendirian.
Sedangkan dari kasus ini, jelas bahwa pelaku datang sendirian dengan menggunakan sepeda motor menemui korbannya.
“Petugas kami kalau ke sarana melakukan pemeriksaan tidak pernah satu orang, minimal dua orang petugas,” kata Yogi.
Ketiga, BPOM tidak pernah diberi izin untuk melakukan sidak ataupun pemantauan ke warung bakso, yang tergolong dalam pangan siap saji perizinannya.
Untuk izin usaha pangan siap saji biasanya merupakan wewenang dari Dinas Kesehatan (Dinkes) setempat, yaitu berupa sertifikat laik sehat.
“Pangan itu ada tiga jenis, yaitu pangan segar yang wewenangnya Dinas Pertanian/Ketahanan Pangan, kemudian pangan siap saji wewenangnya Dinkes. Sedangkan kami hanya melayani perizinan nomor izin edar untuk pangan olahan,” jelas Yogi.
Informasi lengkap dan menarik lainnya di Googlenews TribunJatim.com
-
/data/photo/2022/11/07/63684b1bcfb5b.jpeg?w=1200&resize=1200,0&ssl=1)
Daftar Kereta Api Baru Rute PP Jakarta, Mulai Beroperasi 1 Februari 2025 Megapolitan 1 Februari 2025
Daftar Kereta Api Baru Rute PP Jakarta, Mulai Beroperasi 1 Februari 2025
Editor
JAKARTA, KOMPAS.com –
PT Kereta Api Indonesia (Persero) atau KAI meluncurkan 16 kereta api (KA) baru bersamaan dengan pemberlakuan Grafik Perjalanan Kereta Api (Gapeka) 2025 mulai 1 Februari 2025.
Gapeka adalah pedoman pengaturan pelaksanaan perjalanan kereta api yang digambarkan dalam bentuk garis yang menunjukkan stasiun, waktu, jarak, kecepatan, dan posisi perjalanan kereta api mulai dari berangkat, berhenti, datang, bersilang, dan penyusulan, yang digambarkan secara grafis untuk pengendalian perjalanan kereta api.
“Peluncuran kereta api baru ini bertujuan untuk meningkatkan aksesibilitas antarwilayah dan memberikan solusi mobilitas yang lebih baik, terutama di jalur-jalur strategis,” ucap VP Public Relations KAI Anne Purba dalam laman KAI, Senin (20/1/2025).
Anne mengatakan, masing-masing kereta tersebut dilengkapi dengan fasilitas modern, termasuk kereta eksekutif, bisnis, dan ekonomi dengan kapasitas bervariasi antara 360 penumpang hingga 580 penumpang.
Adapun dari ke-16 kereta baru itu, 12 di antaranya melayani relasi pulang-pergi (PP) Jakarta dengan pemberangkatan dan pemberhentian di Stasiun Pasarsenen dan Gambir.
Berikut ini adalah
daftar kereta api baru
relasi PP Jakarta:
1. KA Madiun Jaya (143) relasi Madiun-Pasarsenen
• Berangkat: 08.00 WIB
• Datang: 17.03 WIB.
2. KA Madiun Jaya (144) relasi Pasarsenen-Madiun
• Berangkat: 21.10 WIB
• Datang: 06.05 WIB.
3. KA Cakrabuana (121) relasi Purwokerto-Gambir
• Berangkat: 05.30 WIB
• Datang: 10.24 WIB
4. KA Cakrabuana (122) relasi Gambir-Cirebon
• Berangkat: 10.50 WIB
• Datang: 13.50 WIB
5. KA Cakrabuana (KA 123) relasi Cirebon-Gambir
• Berangkat: 07.36 WIB
• Datang: 10.24 WIB
6. KA Cakrabuana (124) relasi Gambir-Purwokerto
• Berangkat: 19.00 WIB
• Datang: 00.08 WIB
7. KA Gunungjati (117) relasi Cirebon-Gambir
• Berangkat: 05.40 WIB
• Datang: 08.27 WIB
8. KA Gunungjati (118) relasi Gambir-Semarang Tawang Bank Jateng
• Berangkat: 11.53 WIB
• Datang: 14.43 WIB
9. KA Gunungjati (119) relasi Semarang Tawang Bank Jateng-Gambir
• Berangkat: 15.45 WIB
• Datang: 21.35 WIB
10. KA Gunungjati (120) relasi Gambir-Cirebon
• Berangkat: 09.00 WIB
• Datang: 11.43 WIB
11. KA Batavia relasi Solo Balapan-Gambir
• Berangkat: –
• Datang: –
12. KA Batavia relasi Gambir-Solo Balapan
• Berangkat: –
• Datang: –
Copyright 2008 – 2025 PT. Kompas Cyber Media (Kompas Gramedia Digital Group). All Rights Reserved.
-
:strip_icc():format(jpeg)/kly-media-production/medias/5117365/original/032256300_1738394338-1_februari_2025-4.jpg?w=1200&resize=1200,0&ssl=1)
KAI Luncurkan 5 KA Baru pada 1 Februari 2025, Simak Rute Perjalanannya – Page 3
Liputan6.com, Jakarta – PT KAI (Persero) resmi meluncurkan lima layanan kereta api (KA) baru pada, Sabtu 1 Februari 2025. Untuk merespons minat pengguna terhadap layanan moda kereta api yang semakin meningkat.
Direktur Utama KAI Didiek Hartantyo mengatakan, hadirnya lima layanan KA baru ini bertujuan memenuhi kebutuhan transportasi masyarakat dengan layanan yang lebih nyaman, efisien, dan ramah lingkungan.
“KAI berkomitmen untuk terus meningkatkan layanan kepada pelanggan. Melalui peluncuran lima KA baru ini, kami berharap masyarakat dapat menikmati perjalanan yang lebih nyaman, aman, dan terjangkau,” ujar Didiek, Sabtu (1/2/2025).
Adapun layanan KA terbaru ini, salah satu berada di wilayah Daop 5 Purwokerto. KAI menghadirkan KA Cakrabuana yang melayani relasi (Purwokerto-Gambir pp) dengan pemberangkatan pukul 05.30 WIB. Dengan stasiun pemberhentian Bumiayu, Ketanggungan, Ciledug, Cirebon, Jatibarang, Haurgeulis, Pegadenbaru, Cikampek, Bekasi, Jatinegara, dan tiba di stasiun Gambir pada pukul 10.24 WIB.
“Kereta ini terdiri dari kelas eksekutif dan ekonomi dengan total kapasitas 520 tempat duduk. Peluncuran KA Cakrabuana sendiri dilakukan oleh Direktur Niaga KAI Hadis Surya Palapa didampingi VP Daop 5 Purwokerto Gun Gun Nugraha beserta pejabat daerah setempat,” jelas Didiek.
Selain itu, ada juga Kereta Api (KA) Gunungjati yang diberangkatkan pertama kali di Stasiun Cirebon pada Pukul 05.40 WIB. KA ini menghubungkan rute Semarang Tawang Bank Jateng-Cirebon-Gambir pp.
“Selanjutnya, ada juga KA Sancaka Utara yang diluncurkan di Stasiun Surabaya Pasarturi. KA yang melayani relasi (Surabaya Pasarturi-Solo Balapan-Cilacap pp) tersebut diberangkatkan dari Stasiun Surabaya Pasarturi pukul 07.00 WIB dengan okupansi awal mencapai 125 persen,” bebernya.
-

KAI luncurkan KA Cakrabuana relasi Purwokerto-Gambir
Penjabat Bupati Banyumas Iwanuddin Iskandar (mengangkat tongkat) untuk memberikan Semboyan 40 sebagai tanda bahwa KA Cakrabuana relasi Purwokerto-Gambir diizinkan untuk berangkat dari Stasiun Purwokerto, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah, Sabtu (1/2/2025). ANTARA/Sumarwoto
KAI luncurkan KA Cakrabuana relasi Purwokerto-Gambir
Dalam Negeri
Editor: Novelia Tri Ananda
Sabtu, 01 Februari 2025 – 09:55 WIBElshinta.com – PT Kereta Api Indonesia (Persero) meluncurkan KA Cakrabuana relasi Purwokerto-Gambir pergi pulang (PP) untuk melayani masyarakat di wilayah Kabupaten Banyumas dan sekitar menuju Jakarta maupun sebaliknya. Saat peluncuran KA Cakrabuana di Stasiun Purwokerto, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah, Sabtu, Direktur Niaga PT KAI (Persero) Hadis Surya Palapa mengatakan KAI terus bertransformasi melalui upaya-upaya perbaikan dari sisi teknologi, kelayakan, keamanan, termasuk prasarana.
“Jalan rel selalu kita perbaiki, kemudian kereta api terus kita tingkatkan kualitasnya, sehingga kemampuan untuk lari jauh lebih cepat,” katanya.
Bahkan saat sekarang, kata dia, hampir semua lintasan di Pulau Jawa bisa dilalui kereta api dengan kecepatan maksimal 120 kilometer per jam.
Dengan adanya peningkatan-peningkatan kemampuan itu, lanjut dia, grafik perjalanan kereta api (gapeka) yang sudah berlaku selama ini harus disesuaikan, sehingga KAI pada tanggal 1 Februari 2025 meluncurkan gapeka yang baru untuk mengakomodasi perubahan-perubahan perjalanan kereta api tersebut.
“Oleh karena itu, mulai 1 Februari terdapat penambahan jumlah perjalanan kereta api di seluruh Indonesia, khususnya untuk Daerah Operasi (Daop) 5 Purwokerto yang tadinya ada 96 perjalanan kereta api, menjadi 110 perjalanan kereta api,” katanya.
Khusus untuk kereta api yang keberangkatan awal dari Daop 5 Purwokerto, kata dia, bertambah menjadi 20 kereta api dari sebelumnya hanya 16 kereta api karena adanya penambahan perjalanan kereta api baru, salah satunya KA Cakrabuana relasi Purwokerto-Gambir PP.
Menurut dia, KA Cakrabuana merupakan perluasan layanan kereta api yang selama ini hanya melayani relasi Cirebon-Gambir PP (KA Argo Cheribon).
Sementara saat konferensi pers usai peluncuran, Hadis mengatakan seiring dengan diberlakukannya Gapeka 2025, KAI meluncurkan lima kereta api baru yang terdiri atas KA Cakrabuana relasi Purwokerto-Gambir PP, KA Sancaka Utara relasi Cilacap-Solobalapan-Surabaya Pasarturi PP, KA Ijen Ekspres relasi Ketapang-Malang PP, KA Gunungjati relasi Gambir-Cirebon-Semarang Tawang Bank Jateng PP, dan KA Madiun Jaya relasi Madiun-Pasarsenen PP.
“KA Sancaka Utara juga diberangkatkan dari Daop 5 Purwokerto,” katanya.
Terkait dengan peluncuran KA Cakrabuana, Penjabat (Pj) Bupati Banyumas Iwanuddin Iskandar mengatakan hadirnya kereta api tersebut dapat menjadi alternatif bagi masyarakat Kabupaten Banyumas dan sekitarnya yang hendak menuju Jakarta karena berangkat dari Stasiun Purwokerto pukul 05.30 WIB dan tiba di Stasiun Gambir pada pukul 10.24 WIB.
“Kami atas nama Pemerintah Kabupaten Banyumas menyampaikan terima kasih kepada PT KAI (Persero) yang telah melakukan terobosan luar biasa semata-mata untuk mengatasi tiga hal, pertama adalah mengatasi kondisi perekonomian yang selama ini kita kesulitan karena belum adanya jalan tol,” katanya.
Selain itu, kata dia, mengatasi mobilitas penduduk pada jam-jam tertentu yang selama ini belum terlayani terutama setelah subuh, serta memberi solusi kepastian moda transportasi dari maupun menuju Banyumas yang cukup banyak terdapat perguruan tinggi dan objek wisata.
Salah seorang calon penumpang, Eti Yulianti mengaku senang dengan adanya KA Cakrabuana relasi Purwokerto-Gambir PP karena bisa menjadi alternatif ketika hendak menuju Jakarta pada pagi hari.
“Biasanya saya menggunakan KA Fajar Utama. Namun dengan adanya KA Cakrabuana, berangkatnya bisa lebih pagi dan sampai Jakarta juga lebih cepat,” katanya.
Ia mengharapkan KA Cakrabuana dapat terus dioperasikan dan tidak sampai dihentikan seperti beberapa kereta api lainnya, serta KAI dapat terus meningkatkan inovasi bagi pelanggan setianya.
Sumber : Antara
-

Gapeka 2025: KAI Tambah Frekuensi Perjalanan 8 KA Jarak Jauh – Halaman all
KAI optimalkan layanan kereta api dengan Gapeka 2025, simak detailnya!
Tayang: Sabtu, 1 Februari 2025 13:37 WIB
Tribunnews.com/Chrysnha
FOTO KERETA API – Kereta Api melintas di Stasiun Solo Balapan, Senin (9/12/2024). Grafik Perjalanan Kereta Api (Gapeka) 2025 mulai berlaku, KAI menambah frekuensi jumlah perjalanan pada beberapa kereta api jarak jauh.
TRIBUNNEWS.COM – Direktorat Jenderal Perkeretaapian (DJKA) Kementerian Perhubungan bersama PT Kereta Api Indonesia (KAI) resmi memberlakukan Grafik Perjalanan Kereta Api (Gapeka) 2025.
Pemberlakuan ini bertujuan untuk meningkatkan layanan transportasi kereta api di Indonesia.
Gapeka 2025 dirancang untuk mendukung pertumbuhan ekonomi, meningkatkan konektivitas antarwilayah, serta memberikan layanan transportasi yang lebih cepat dan efisien bagi masyarakat.
Direktur Utama KAI, Didiek Hartantyo, menjelaskan bahwa dalam Gapeka 2025, KAI melakukan peningkatan kecepatan operasional di 25 lintas Jawa dan 19 lintas Sumatera.
“Dalam Gapeka 2025, KAI melakukan peningkatan kecepatan operasional di 25 lintas Jawa dan 19 lintas Sumatera. Melalui peningkatan prasarana hingga 120 km/jam serta penggunaan sarana terbaru yang jauh lebih andal, kecepatan operasional kereta semakin optimal. Dampak dari peningkatan ini adalah pengurangan waktu perjalanan secara keseluruhan sehingga memungkinkan pelanggan kereta api tiba lebih cepat di tujuan,” ungkap Direktur Utama KAI Didiek Hartantyo, Jumat (31/1/2025) dikutip dari Siaran Pers KAI.
“Melalui peningkatan kecepatan, penambahan jalur, reaktivasi stasiun, serta optimalisasi pola operasi, kami berharap layanan kereta api semakin menjadi pilihan utama masyarakat. Peningkatan ini juga diharapkan dapat menggerakkan perekonomian daerah dan meningkatkan konektivitas nasional,” tambahnya.KAI juga menambah frekuensi perjalanan kereta api sebanyak 8 persen hingga 17 persen dibandingkan dengan realisasi eksisting.
Selain itu, kapasitas angkut kereta api juga meningkat antara 14 persen hingga 21 persen.
Dengan pemberlakuan Gapeka 2025, KAI berkomitmen untuk terus meningkatkan pelayanan dan memenuhi kebutuhan masyarakat akan transportasi yang cepat dan efisien.
Beberapa kereta api yang mendapatkan peningkatan frekuensi perjalanan antara lain:
KA Argo Merbabu: Dari 2 KA menjadi 6 KA
KA Taksaka: Dari 4 KA menjadi 6 KA
KA Purwojaya: Dari 2 KA menjadi 6 KA
KA Sawunggalih: Dari 4 KA menjadi 6 KA
KA Tawang Jaya Premium: Dari 2 KA menjadi 3 KA
KA Menoreh: Dari 2 KA menjadi 3 KA
KA Harina: Dari 2 KA menjadi 4 KA
KA Pangrango: Dari 6 KA menjadi 8 KASebagai bagian dari inovasi layanan, KAI juga melakukan optimalisasi serta perubahan rute pada beberapa kereta api untuk memberikan pelayanan yang lebih baik.
Beberapa perubahan yang dilakukan meliputi:
KA Argo Cheribon: Dialihkan menjadi KA Gunungjati dan Cakrabuana.
KA Kutojaya Utara: Dialihkan menjadi KA Madiun Jaya.
KA Argo Parahyangan: Mengalami perubahan nama menjadi KA Parahyangan dengan penambahan stasiun perhentian.
KA Argo Bromo Anggrek: Tidak berhenti di Stasiun Bojonegoro & Pekalongan sehingga perjalanan jauh lebih cepat.
KA Argo Wilis: Tidak berhenti di Stasiun Ciamis sehingga perjalanan lebih cepat.Pada Gapeka 2025 KA penumpang baru juga turut hadir seperti:
KA Madiun Jaya relasi Madiun – Pasarsenen (PP), Kelas Eksekutif dan Ekonomi.
KA Sancaka Utara relasi Surabaya Pasarturi – Solo Balapan – Cilacap (PP), Kelas Eksekutif dan Bisnis.
KA Cakrabuana relasi Gambir – Cirebon – Purwokerto (PP), Kelas Eksekutif dan Ekonomi.
KA Ijen Ekspres relasi Ketapang – Malang (PP), Kelas Eksekutif dan Ekonomi.
KA Gunung Jati relasi Gambir – Cirebon – Semarang Tawang Bank Jateng (PP), Kelas Eksekutif dan Ekonomi.Tak hanya dari angkutan penumpang, KAI juga meningkatkan kapasitas angkutan barang dengan menambah:
6 KA Reguler Batubara PT BA menjadi 24 Baratahan dan 16 Barapati.
3 KA Reguler Batubara Swasta (1 Simpang Muara dan 2 Bara Serdang).Konten ini disempurnakan menggunakan Kecerdasan Buatan (AI).
“);
$(“#latestul”).append(“”);
$(“.loading”).show();
var newlast = getLast;
$.getJSON(“https://api.tribunnews.com/ajax/latest_section/?callback=?”, {start: newlast,section:’4′,img:’thumb2′}, function(data) {
$.each(data.posts, function(key, val) {
if(val.title){
newlast = newlast + 1;
if(val.video) {
var vthumb = “”;
var vtitle = ” “;
}
else
{
var vthumb = “”;
var vtitle = “”;
}
if(val.thumb) {
var img = “”+vthumb+””;
var milatest = “mr140”;
}
else {
var img = “”;
var milatest = “”;
}
if(val.subtitle) subtitle = “”+val.subtitle+””;
else subtitle=””;
if(val.c_url) cat = “”+val.c_title+””;
else cat=””;$(“#latestul”).append(“”+img+””);
}
else{
$(“#latestul”).append(‘Tampilkan lainnya’);
$(“#test3”).val(“Done”);
return false;
}
});
$(“.loading”).remove();
});
}
else if (getLast > 150) {
if ($(“#ltldmr”).length == 0){
$(“#latestul”).append(‘Tampilkan lainnya’);
}
}
}
});
});function loadmore(){
if ($(“#ltldmr”).length > 0) $(“#ltldmr”).remove();
var getLast = parseInt($(“#latestul > li:last-child”).attr(“data-sort”));
$(“#latestul”).append(“”);
$(“.loading”).show();
var newlast = getLast ;
if($(“#test3”).val() == ‘Done’){
newlast=0;
$.getJSON(“https://api.tribunnews.com/ajax/latest”, function(data) {
$.each(data.posts, function(key, val) {
if(val.title){
newlast = newlast + 1;
if(val.video) {
var vthumb = “”;
var vtitle = ” “;
}
else
{
var vthumb = “”;
var vtitle = “”;
}
if(val.thumb) {
var img = “”+vthumb+””;
var milatest = “mr140”;
}
else {
var img = “”;
var milatest = “”;
}
if(val.subtitle) subtitle = “”+val.subtitle+””;
else subtitle=””;
if(val.c_url) cat = “”+val.c_title+””;
else cat=””;
$(“#latestul”).append(“”+img+””);
}else{
return false;
}
});
$(“.loading”).remove();
});
}
else{
$.getJSON(“https://api.tribunnews.com/ajax/latest_section/?callback=?”, {start: newlast,section:sectionid,img:’thumb2′,total:’40’}, function(data) {
$.each(data.posts, function(key, val) {
if(val.title){
newlast = newlast+1;
if(val.video) {
var vthumb = “”;
var vtitle = ” “;
}
else
{
var vthumb = “”;
var vtitle = “”;
}
if(val.thumb) {
var img = “”+vthumb+””;
var milatest = “mr140”;
}
else {
var img = “”;
var milatest = “”;
}
if(val.subtitle) subtitle = “”+val.subtitle+””;
else subtitle=””;$(“#latestul”).append(“”+img+””);
}else{
return false;
}
});
$(“.loading”).remove();
});
}
}Berita Terkini
-

Trans Banyumas Sempat Dihentikan Mendadak, Operator: Tetap Beroperasi Hingga Akhir 2025
TRIBUNJATENG.COM, PURWOKERTO – Buy The Service (BTS) Bus Trans Banyumas, memastikan tetap beroperasi setelah keputusan dari Direktorat Angkutan Jalan Kementerian Perhubungan dicabut terkait penghentian operasi bus.
Operator Trans Banyumas, yaitu PT Banyumas Raya Transportasi menyatakan bakal terus beroperasi sesuai kontrak yang berlaku yakni hingga akhir 2025.
“Kalau tahun 2025 kementerian memastikan Trans Banyumas tetap beroperasi karena kontrak kami pertahun.
Sehingga masih beroperasi sampai akhir tahun Desember 2025,” ujar Direktur Trans Banyumas, PT Banyumas Raya Transportasi, Ipung Marsikun, saat dihubungi Tribunbanyumas.com, Sabtu (1/2/2025).
Pihaknya membenarkan sempat ada surat keputusan pemberhentian sementara BTS Trans Banyumas.
Ia menceritakan mulanya ada zoom meeting pihak operator dan dinas terkait di Kabupaten Banyumas dengan Dirjen Angkutan Jalan Kementerian Perhubungan pada Jumat (31/1/2025) sekitar pukul 17.30 WIB.
Dari meeting tersebut pihak Dirjen Angkutan Jalan menyatakan seluruh BTS dan layanan perintis angkutan massal dihentikan sementara.
Hal itu terkait adanya rencana refokusing anggaran di seluruh kementerian atau lembaga yang ada.
“Jadi tidak hanya di kementrian perhubungan.
Saat itu kami menerima surat resmi pukul 21.00 WIB yang menyatakan seluruh kegiatan baik yang pembangunan infrastruktur yang akan berjalan termasuk pelayanan angkutan umum harus dihentikan sementara menunggu refokusing anggaran,” terangnya.
Ipung kemudian berkoordinasi dengan anggota DPR RI Dapil Banyumas – Cilacap, Yanuar Arif Wibowo dan Novita Wijayanti terkait hal tersebut.
Kemudian mereka berkomunikasi dengan pihak Kemenhub.
“Hasilnya agar kementerian atau Dirjen Angkutan Darat mencabut surat penghentian sementara angkutan massal, dan memutuskan agar seluruh layanan BTS tetap berjalan seperti biasa.
Itu pukul 24.00 WIB kami umumkan ke semua staf, tanggal 1 Febuari Trans Banyumas tetap beroperasi seperti biasa,” ungkapnya.
Sejauh ini BTS Trans Banyumas memiliki 52 unit armada dengan rincian 47 bus operasional dan 5 unit cadangan untuk menggantikan bus yang rusak atau tengah menjalani perawatan.
“Untuk pegawai langsung tidak langsung, langsung driver operasional mekanik sekitar 200 tidak langsung IT, cuci bus dan lain lain total 300.
Memang mereka selama Trans Banyumas sudah menjadi mata pencaharian mereka,” imbuhnya. (jti)