kab/kota: Purwakarta

  • Mantan Wali Kota Bandung Yana Mulyana Bebas Bersyarat, Lapas Sukamiskin: Berkelakuan Baik

    Mantan Wali Kota Bandung Yana Mulyana Bebas Bersyarat, Lapas Sukamiskin: Berkelakuan Baik

    Buntut keterlibatan dalam kasus korupsi Bandung Smart City, Kemendagri akhirnya memberhentikan Wali Kota Bandung nonaktif Yana Mulyana secara tidak hormat.

    Putusan dari Kemendagri itu dibacakan sebelum Penjabat (Pj). Gubernur Jawa Barat Bey Machmudin melantik enam pj. wali kota dan pj. bupati di Aula Barat, Gedung Sate, Bandung, Rabu 20 September 2023.

    “Memberhentikan dengan tidak hormat saudara H Yana Mulyana dari jabatannya sebagai Wali Kota Bandung sisa masa jabatan 2018—2023. Ditetapkan di Jakarta pada tanggal 15 Agustus 4, 6, 11, dan 20 September 2023. Ditandangani Tito Karnavian (Mendagri),” kata pelantik saat membacakan putusan Kemendagri.

    Pada kesempatan yang sama, Kepala Pusat Penerangan (Kapuspen) Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) Benni Irwan ikut menanggapi putusan Mendagri terkait dengan pemberhentian secara tidak hormat terhadap Wali Kota Bandung nonaktif Yana Mulyana.

    “Itu ada proses hukum, ya, yang dilewati, jadi Kementerian Dalam Negeri hanya mengikuti proses hukum,” kata Benni.

    Benni Irwan yang saat ini menjabat sebagai Pj. Bupati Purwakarta mengatakan bahwa keterlibatan Yana Mulyana pada kasus hukum itulah yang menjadikan dasar putusan dari Kemendagri untuk memberhentikan jabatan tersebut secara tidak hormat.

    “Berdasarkan keputusan dari pengadilan, itulah yang menjadi rujukan, menjadi pegangan Menteri Dalam Negeri untuk menindaklanjutinya sehingga keluarlah SK pemberhentiannya,” kata dia.

  • Kisah Senyap Para Peneliti Penjaga Sesar Baribis: Kita Jangan Pernah Terlena   – Page 3

    Kisah Senyap Para Peneliti Penjaga Sesar Baribis: Kita Jangan Pernah Terlena   – Page 3

    Tepatnya pada 2019, Sonny dan tim menjalankan penelitian di kawasan Majalengka, Purwakarta, Karawang, Depok, dan Bogor. Dukungan pendanaan dari LPDP, Rumah Program Kebencanaan, dan PuSGeN.

    Rupanya, menyelidiki sesar bukan perkara mudah. Banyak bagiannya terkubur sedimen, tertutup vegetasi, atau terhapus oleh pembangunan. Sonny memulai penelitian dengan menganalisis morfologi menggunakan data Digital Elevation Model Nasional (Demnas) dan teknologi drone UAV untuk membuat model elevasi detail. 

    Temuan awal Sonny mengarah pada gangguan sedimen yang menandakan adanya aktivitas sesar. Salah satu kunci identifikasinya adalah pada perubahan posisi lapisan tanah seperti kue lapis yang tiba-tiba bergeser akibat tekanan.

    Langkah berikutnya dilakukan survei geofisika dangkal, memanfaatkan metode geolistrik dan Ground Penetrating Radar (GPR) untuk mendeteksi struktur bawah permukaan. Usai lokasi yang dicurigai semakin sempit baru lah dilakukan penggalian untuk paleoseismologi, yakni mengambil sampel endapan guna menentukan umur pergeseran patahan.

    Hasilnya mengejutkan, endapan termuda yang terganggu oleh patahan berusia sekitar 6.000 tahun. Ini menjadi penanda bahwa Sesar Baribis pernah bergerak beberapa kali dalam 50.000 tahun terakhir, dengan setidaknya lima kali gempa signifikan.

    Meneliti Sesar Baribis-Kendeng bukan tanpa hambatan. Kala itu, tak banyak rujukan yang ia dan tim dapat gunakan ketika melakukan riset terhadap Sesar Baribis.

    “Penelitian sesar aktif di Indonesia dulu jarang dilakukan. Dunia geologi lebih fokus ke minyak dan gas. Baribis pun jarang gempa besar, pergerakannya lambat, jadi lama dianggap tidak aktif,” ujarnya.

    Selain itu, medan penelitian juga sulit, terutama di kawasan padat penduduk seperti di wilayah Jabodetabek. Bentang alam yang sudah banyak berubah karena urbanisasi juga membuat indikasi geologi asli sulit ditemukan.

    Sonny dan tim juga harus menyusuri sungai-sungai besar seperti Ciliwung, Cisadane, Cikeas, hingga Cibeet hanya untuk mencari teras sungai yang terangkat akibat aktivitas tektonik.

  • Ada Loker Jadi Data Analys untuk Lulusan S1, Ini Syarat dan Cara Daftarnya

    Ada Loker Jadi Data Analys untuk Lulusan S1, Ini Syarat dan Cara Daftarnya

    Jakarta

    Multicipta Persada Rekasatya yang berlokasi Kab. Purwakarta, Provinsi Jawa Barat tengah membuka lowongan untuk posisi Data Analys. Lowongan kerja ini terbuka untuk lulusan mimal S1.

    Lowongan kerja ini disampaikan perusahaan dalam program “Cari(in) Kerja!” dari detikcom. Berikut rincian informasi lowongan dan syarat daftarnya.

    Tanggung Jawab:
    1. Mengumpulkan, membersihkan, dan memverifikasi data dari berbagai sumber.
    2. Melakukan analisis data untuk mendukung pengambilan keputusan bisnis.
    3. Membuat laporan, dashboard, dan visualisasi data secara berkala.
    4. Mengidentifikasi tren, pola, dan insight dari data perusahaan.
    5. Memberikan rekomendasi berbasis data kepada tim manajemen.
    6. Berkoordinasi dengan tim terkait (IT, bisnis, manajemen) untuk kebutuhan data.
    7. Menjaga akurasi, kerahasiaan, dan keamanan data perusahaan.

    Persyaratan:
    1. Pendidikan minimal S1 di bidang Statistik, Matematika, Ilmu Komputer, Ekonomi, atau bidang terkait.
    2. Menguasai SQL, Excel, dan alat analisis data (misalnya Python/R, Power BI, Tableau).
    3. Memiliki kemampuan analitis yang kuat dan teliti terhadap detail.
    4. Memahami konsep database, data visualization, serta teknik analisis statistik.
    5. Mampu mengolah data besar (big data) menjadi informasi yang mudah dipahami.
    6. Memiliki kemampuan komunikasi yang baik untuk menyajikan hasil analisis.
    7. Pengalaman sebagai Data Analyst minimal 1-2 tahun lebih disukai.

    Bagi kamu yang berminat untuk melamar lowongan kerja ini, hubungi perusahaan di nomor 087829441455 atau melalui email di (info.mpersadarekasatya@gmail.com).

    Disclaimer: Informasi lowongan kerja ini merupakan kiriman pembaca. detikcom hanya mempublikasikan dan tidak bertanggung jawab atas keabsahan isi maupun proses rekrutmen. Harap berhati-hati serta lakukan pengecekan lebih lanjut sebelum melamar.

    detikcom membantu memudahkan pencarian lowongan kerja sekaligus memfasilitasi perusahaan atau lembaga yang membuka lowongan melalui program Cari(in) Kerja! Informasi selengkapnya bisa langsung klik Cari(in) Kerja! di sini, dan dengan mengakses program tersebut maka Anda bisa berbagi sekaligus mendapatkan informasi lowongan kerja.

    Cari(in) Kerja merupakan platform lowongan kerja yang menyambungkan profesional, fresh graduates, hingga pekerja informal dan semi-formal dengan peluang kerja dari perusahaan besar, startup, hingga UMKM di seluruh Indonesia.

    (igo/eds)

  • Ahok Bilang Industri Otomotif Jadi Harapan Ekonomi Indonesia

    Ahok Bilang Industri Otomotif Jadi Harapan Ekonomi Indonesia

    Jakarta

    Basuki Tjahaja Purnama (BTP) alias Ahok menilai industri otomotif menjadi harapan bagi perekonomian Indonesia. Sebab, menurutnya, industri otomotif memiliki dampak yang penting buat negara.

    Ahok baru-baru ini mengunjungi pabrik PT Handal Indonesia Motor (HIM) di Bekasi dan Purwakarta. Dikutip dari akun Instagramnya, Ahok yang mengunjungi pabrik mobil tersebut menilai industri otomotif sebagai industri yang penting.

    “Industri otomotif adalah industri yang bisa menjadi harapan perekonomian Indonesia. Dengan catatan, Pemerintah mau turun dan mendengar langsung kesulitan di lapangan, supaya kebijakan yang dibuat adalah kebijakan solutif untuk pelaku usaha, pekerja dan konsumen,” kata Ahok dalam akun Instagram resminya dikutip Rabu (10/9/2025).

    Setidaknya menurut Ahok ada tiga hal yang bisa diupayakan agar industri otomotif lebih maju. Pertama, perbaiki logistik, baik pelabuhan, jalur dan stasiun kereta api, sampai ke akses pabrik ke jalan tol.

    “Bagi beban logistik secara rata agar harga lebih murah, tapi infrastruktur tidak over-capacity,” sebut Ahok.

    Kedua, pengembangan SDM harus serius agar ada kecocokan antara yang dibutuhkan industri dengan pencari kerja. Dan ketiga, optimalkan keuntungan dari ASEAN Free Trade Area (AFTA), dengan cara Pemerintah mengumpulkan produsen otomotif untuk memetakan keunggulan produksi tiap negara.

    “Pemerintah kemudian bisa menjalin hubungan diplomatik agar produksi mobil di Indonesia lebih efisien. Termasuk kerja sama sesama negara ASEAN untuk memenuhi syarat 50% komponen produksi ASEAN untuk menghapuskan bea masuk,” kata Ahok.

    Sebagai informasi, industri otomotif melibatkan sekitar 1,5 juta orang tenaga kerja dari industri tier 1 sampai tier 3. Industri otomotif Indonesia juga memiliki kontribusi besar terhadap PDB atau pendapatan domestik bruto. Industri otomotif juga melibatkan banyak sekali sektor UMKM (usaha mikro, kecil, dan menengah) di Indonesia.

    Di sisi lain, tren negatif masih menghantui penjualan mobil Tanah Air. Pada semester satu tahun 2025, penjualan mobil di Indonesia turun 8,6%, dibanding periode yang sama tahun 2024 untuk wholesales. Sementara penurunan secara retail lebih signifikan lagi, sekitar 9,7%.

    (rgr/dry)

  • Internet Remala (DATA) Terhubung ke 83.000 Rumah Kuartal I/2025

    Internet Remala (DATA) Terhubung ke 83.000 Rumah Kuartal I/2025

    Bisnis.com, JAKARTA – PT Remala Abadi Tbk. (DATA) telah menghubungkan internet ke 83.000 rumah (home connected) pada kuartal I/2024. Jumlah tersebut terkoreksi dibandingkan September tahun lalu.

    Berdasarkan keterangan resmi perseroan, jumlah pelanggan home-connected sebanyak 83.000 pada kuartal I/2025. Turun sekitar 49% dari 162.390 pelanggan dalam kurun 6 bulan sejak September 2024 hingga Maret 2025. 

    Kendati mengalami penurunan, DATA berhasil mencatatkan kenaikan pendapatan sebesar 10,9% secara year on year (yoy) pada periode tersebut dengan nilai mencapai Rp86,39 miliar. EBITDA perseroan juga mengalami peningkatan, yaitu sebesar 20,3% dengan nilai Rp31,49 miliar.

    Chief Executive Officer PT Remala Abadi Tbk. Agus Setiono mengatakan meningkatnya kinerja perseroan ditentukan oleh keberhasilan manajemen dalam menjalankan strategi usaha menggelar jaringan di berbagai kota di Indonesia secara efektif dan efisien. 

    Termasuk, melalui modernisasi teknologi Fiber to the Home (FTTH) yang dimiliki perusahaan. Dengan modernisasi teknologi FTTH ini, kata Agus, perseroan dapat meningkatkan efisiensi penggelaran jaringan internet.

    ” Dengan modernisasi teknologi FTTH, pelanggan retail saat ini dapat menikmati layanan internet ultracepat hingga 1 Gbps dari Remala. Tentunya dengan harga yang terjangkau,” kata Agus dalam siaran pers, Selasa (9/9/2025).

    Saat ini, layanan internet Remala sudah hadir di Jabodetabek, Bandung, Karawang, Cirebon, Purwakarta, Cikampek, Cianjur, serta Semarang.

    Selain modernisasi teknologi FTTH, sambungnya, perusahaan melakukan sinergi dalam hal pemanfaatan infrastruktur Iforte yang juga efektif memberikan peningkatan kinerja keuangan perseroan pada 2025.

    “Selain dengan group, Remala juga melakukan sinergi dengan operator internet lainnya dalam penggunaan infrastruktur, baik itu infrastruktur pasif maupun aktif. Sinergi dengan grup dan operator lainnya sangat efektif meningkatkan kinerja keuangan perseroan,” kata Agus.

    Ke depan, Remala menyiapkan sejumlah strategi. Untuk segmen korporat, meliputi pipeline booster, cross selling dan upselling, reactive client, dan target campaign. 

    Sementara itu, dari aspek retail di antaranya mempercepat pembangunan FTTH, implementasi program baru penjualan produk perseroan, melakukan implementasi unorganik, dan memberikan layanan terbaik, termasuk purnajual bagi pelanggan retail.

    Saat ini, segmentasi pelanggan di Remala terdiri atas partnership, pemerintahan, retail, dan korporat. Segmen partnership dipegang oleh Fiber Media Indonesia, sedangkan pemerintahan dan korporat dipegang oleh Tachyon. Segment retail mengusung brand NetHome.

  • Remala Raup Pendapatan Rp 86,395 Miliar pada Q1 2025, Teknologi FTTH Jadi Kunci! – Page 3

    Remala Raup Pendapatan Rp 86,395 Miliar pada Q1 2025, Teknologi FTTH Jadi Kunci! – Page 3

    Liputan6.com, Jakarta – Kinerja keuangan PT Remala Abadi Tbk. (Remala) semakin menguat pada tahun 2025. Hal ini terlihat dari peningkatan pendapatan perseroan yang signifikan, didorong oleh keberhasilan strategi bisnis, termasuk modernisasi teknologi Fiber to the Home (FTTH).

    Pada kuartal I (Q1) 2025, Remala mencatat pendapatan sebesar Rp 86,395 miliar, naik dari Rp 78,335 miliar pada periode yang sama di tahun sebelumnya.

    Peningkatan ini juga tercermin pada EBITDA (Earnings Before Interest, Taxes, Depreciation, and Amortization) yang mencapai Rp 31,492 miliar, melampaui Rp 26,169 miliar di Q1 2024. Alhasil, margin EBITDA perseroan ikut naik dari 33,41 persen menjadi 36,45 persen.

    Menurut Chief Executive Officer Remala Abadi, Agus Setiono, peningkatan kinerja ini tak lepas dari efektivitas manajemen dalam menggelar jaringan di berbagai kota di Indonesia.

    “Saat ini, layanan internet Remala sudah hadir di Jabodetabek, Bandung, Karawang, Cirebon, Purwakarta, Cikampek, Cianjur, dan Semarang,” ujar Agus dalam acara public expose di Jakarta, dikutip Selasa (9/9/2025).

    Dengan modernisasi teknologi FTTH, Agus mengklaim, pelanggan ritel kini bisa menikmati layanan internet ultracepat hingga 1 Gbps dengan harga terjangkau.

     

  • Jasa Marga lanjutkan pemeliharaan jalan Tol Cipularang dan Padaleunyi

    Jasa Marga lanjutkan pemeliharaan jalan Tol Cipularang dan Padaleunyi

    Purwakarta (ANTARA) – Jasa Marga melanjutkan kegiatan pemeliharaan atau perbaikan jalan di ruas Tol Cipularang dan Padaleunyi untuk meningkatkan kualitas layanan jalan tol.

    Senior Manager Representative Office 3 Jasamarga Metropolitan Tollroad Regional Division, Agni Mayvinna dalam keterangannya di Kabupaten Purwakarta, Jabar, Selasa, mengatakan ada berbagai pekerjaan dalam kegiatan pemeliharaan jalan Tol Cipularang dan Padaleunyi itu.

    Di antaranya ialah kegiatan pengerjaan rekonstruksi perkerasan, scrapping, filling dan overlay (SFO), serta pengecatan marka jalan.

    Agni menyampaikan, pekerjaan pemeliharaan jalan ini berlangsung selama beberapa hari mulai Minggu, 7 September 2025 hingga Sabtu, 13 September 2025.

    Kegiatan pemeliharaan jalan tersebut dilaksanakan oleh Jasamarga Metropolitan Tollroad Regional Division melalui Representative Office 3 bekerja sama dengan PT Jasamarga Tollroad Maintenance (JMTM).

    Menurut dia, kegiatan pekerjaan dan pemeliharaan jalan kali ini dilaksanakan di arah Bandung maupun arah sebaliknya.

    Lajur di jalan Tol Cipularang dan Padaleunyi yang menjadi objek pekerjaan untuk sementara tidak dapat dilintasi selama pekerjaan berlangsung. Tapi untuk lajur lainnya dapat digunakan sebagai lajur lalu lintas.

    Ia menyampaikan, Jasa Marga memohon maaf atas ketidaknyamanan yang timbul akibat pekerjaan tersebut.

    Diimbau kepada pengguna jalan agar tetap berhati-hati, memperhatikan rambu-rambu lalu lintas dan arahan petugas di lapangan.

    Pihak Jasa Marga juga mengimbau agar pengguna jalan bisa mengatur waktu dan rute perjalanan, serta memastikan kecukupan saldo kartu uang elektronik guna kelancaran dalam perjalanan.

    Pewarta: M.Ali Khumaini
    Editor: Riza Mulyadi
    Copyright © ANTARA 2025

    Dilarang keras mengambil konten, melakukan crawling atau pengindeksan otomatis untuk AI di situs web ini tanpa izin tertulis dari Kantor Berita ANTARA.

  • Misi Remala Abadi (DATA) Kuasai Pasar Internet Rumah Lewat 5 Juta Homepass

    Misi Remala Abadi (DATA) Kuasai Pasar Internet Rumah Lewat 5 Juta Homepass

    Bisnis.com, JAKARTA — PT Remala Abadi Tbk. (DATA) berambisi  menguasai pasar internet rumah di seluruh segmen dengan strategi penggelaran serat optik secara masif, inovasi, hingga layanan terjangkau. Perusahaan menargetkan gelar 5 juta homepass dalam 2 tahun ke depan. 

    Direktur Utama Remala Agus Setiono mengungkap target jangka pendek dan jangka panjang yang ingin dicapai perusahaan. Untuk jangka pendek, perusahaan berambisi menggelar serat optik yang melewati rumah (homepass) sebanyak 5 juta. Sementara itu untuk jangka panjang atau dalam 10 tahun, diharapkan homepass mencapai 25 juta. 

    “Pembangunan 5 juta homepass akan dilakukan secara bertahap, tidak dibagi rata 2,5 juta per tahun,” kata Agus kepada Bisnis, Senin (8/9/2025). 

    Agus menambahkan sejalan dengan penambahan homepass, jumlah pelanggan yang dapat dirangkul diharapkan bertambah.

    Per Agustus 2025, perusahaan telah melayani sekitar 80.000 pengguna aktif, dengan total homepass tergelar mencapai 350.000 homepass. Serat optik Remala menyebar dan menjangkau sejumlah titik mulai dari Jabodetabek, Karawang, Purwakarta, dan Cirebon. 

    Dalam skema terbaik, Agus menargetkan jumlah pengguna dapat menyentuh 500.000 pelanggan tahun ini.  Sementara itu untuk skema yang kurang menguntungkan diharapkan jumlah pelanggan dapat mencapai 2 kali lipat dari pencapaian saat ini. “200.000 pelanggan masih memungkinkan,” kata Agus.  

    Mitra kunci …. 

  • Pemkab Purwakarta Targetkan 90 Persen Kemantapan Jalan dalam Tiga Tahun

    Pemkab Purwakarta Targetkan 90 Persen Kemantapan Jalan dalam Tiga Tahun

    Sejauh ini, kata dia, pemerintah daerah terus mengupayakan untuk memberikan pelayanan maksimal yang berkaitan dengan infrastruktur. Kendati, untuk menuntaskan pembangunan infrastruktur tersebut membutuhkan anggaran cukup besar.

    Adapun kebutuhan anggaran untuk penanganan jalan kabupaten ini, kata dia, itu mencapai Rp 935 miliar. Menurut hitungannya, dengan alokasi sebesar itu persoalan infrastruktur dipastikan bisa selesai. 

    “Kita perkuat juga dari anggaran pemeliharaannya. Karena, yang sulit itu mempertahankan yang sudah ada,” seloroh dia.

    Minimalnya, kata dia, dengan anggaran yang tersedia saat ini bisa mengganti penurunan kemantapan jalan tersebut. Minimalnya, kemantapan jalan di Kabupaten Purwakarta bisa kembali di angka 90 persen. 

    “Target kami, tiga tahun kedepan kemantapan jalan angkanya bisa kembali naik,” tambah dia.

    Sementara itu, Bupati Purwakarta, Saeful Bahri Binzein beberapa waktu lalu menegaskan, pihaknya menargetkan jalan yang kondisinya rusak berat bisa diperbaiki bertahap selama tiga tahun kedepan.

    “Pokoknya tidak ada alasan, semua jalan rusak berat harus mulus dalam tiga tahun ke depan,” tegas pria yang lebih karib disapa Om Zein itu.

    Menurut dia, Pemkab Purwakarta akan mengoptimalkan berbagai sumber anggaran, termasuk potensi bantuan dari pemerintah provinsi maupun pusat, guna mempercepat realisasi target tersebut.

    Om Zein menegaskan, perbaikan infrastruktur merupakan salah satu program prioritas masa kepemimpinannya demi mendorong pertumbuhan wilayah dan meningkatkan kualitas hidup masyarakat.

  • Jajal Motor Listrik Maka Cavalry, Jakarta-Purwakarta Sanggup Sekali Isi Baterai

    Jajal Motor Listrik Maka Cavalry, Jakarta-Purwakarta Sanggup Sekali Isi Baterai

    Jakarta

    Maka Cavalry, motor listrik lokal yang dirancang untuk penggunaan harian dan perjalanan jarak menengah. Jarak tempuh motor listrik ini diklaim mencapai 160 km dalam sekali pengisian penuh. Mari kita uji dengan touring tipis-tipis ke Purwakarta.

    Rute Jakarta-Purwakarta yang berjarak sekitar 70-80 km, tergantung titik keberangkatan dan tujuan. Di atas kertas, rute tersebut semestinya bisa dilewati Maka Cavalry dalam sekali isi daya.

    Tim redaksi detikOto memulai dari titik pasar Induk Kramat Jati, Jakarta Timur menuju Parang Gombong, Purwakarta, Jawa Barat. Estimasi perjalanan sekitar 2 jam 10 menit dengan jarak tempuh 75 kilometer.

    Maka Cavalry Foto: Dok. Hafizh/Detikoto

    Rute perjalanan kali ini melintasi jalur Jalan Raya Bogor-Jonggol-Cariu yang didominasi jalanan datar. Perjalanan makin seru hingga melewati jalanan khas perbukitan ketika mendekati Parang Gombong, Purwakarta.

    Jakarta-Purwakarta, baterai yang tersisa

    Berdasarkan klaim spesifikasi dan hasil uji coba tim redaksi detikOto, motor listrik Maka Cavalry sangat mampu untuk melakukan perjalanan dari Jakarta ke Purwakarta dalam sekali pengisian baterai.

    Layar multi informasi display (MID) Maka Cavalry menunjukkan jarak tempuh dari titik keberangkatan hingga tempat tujuan itu 77 kilometer. Dari baterai 100 persen sejak awal, kondisinya jadi tersisa 32 persen.

    Tim redaksi detikOto yang membawa motor ini memiliki tinggi 168 cm dengan bobot 78 kilogram. Gaya berkendara cenderung santai, lebih sering memakai mode Hi-Regen. Namun sesekali menjajal Hi-Torque untuk merasakan akselerasi maksimal saat melibas tanjakan.

    Maka Cavalry Foto: Dok. Ridwan/Detikoto

    Perlu diingat bahwa jarak tempuh aktual dapat bervariasi tergantung pada beberapa faktor, seperti:

    Bobot pengendara dan barang bawaan.Kondisi jalan (menanjak atau datar).Gaya berkendara (agresif atau santai).Penggunaan fitur-fitur seperti mode berkendara.

    Yang menarik dari motor listrik ini, Maka Cavalry dilengkapi dengan mode berkendara “Hi-Regen” yang dapat membantu menghemat baterai, terutama saat menghadapi kemacetan atau ketika mengurangi kecepatan.

    Perlu diingat saat menggunakan Hi-Regen tidak ada torsi instan yang ditawarkan. Tenaga yang disalurkan cenderung perlahan.

    Sistem pengereman regeneratif dari Hi-Regen juga mengisi kembali daya baterai saat pengereman. Perlu diingat ketika menggunakan mode ini, laju motor bisa berkurang tanpa harus melakukan pengereman.

    Spek performa Maka Cavalry

    Secara performa, skuter listrik ini bisa menghasilkan tenaga puncak 12 dk dan torsi 242 Nm. Cavalry bisa mencapai kecepatan maksimal 105 km/jam dan berakselerasi dari 0-60 km/jam hanya dalam 4,8 detik. Cavalry juga mampu menanjak hingga kemiringan 30 derajat.

    Posisi berkendara

    Secara umum, posisi kaki pada Maka Cavalry tidak terlalu menekuk, membuat pengendara bisa lebih rileks. Ini juga mengurangi risiko kram atau kelelahan pada kaki saat perjalanan panjang.

    Untuk tangan, stang yang tidak terlalu lebar dan tidak terlalu rendah membuat posisi tangan tetap alami. Hal ini sangat membantu dalam menjaga kenyamanan dan mengurangi kelelahan pada bahu dan lengan.

    Desain jok pada Maka Cavalry juga berkontribusi pada posisi berkendara yang nyaman. Joknya empuk dan memiliki desain yang ergonomis, mendukung postur tubuh tegak.

    Manuver seperti saat melewati kemacetan atau parkir terbilang mudah. Stang yang lebar juga memberikan leverage yang baik untuk mengendalikan motor.

    Kesimpulan

    Motor listrik Maka Cavalry terbukti bisa diajak jalan dari Jakarta-Purwakarta untuk sekali pengisian. Motor ini cocok buat yang mencari kenyamanan perjalanan harian hingga jarak menengah.

    (riar/din)