kab/kota: Purbalingga

  • Puncak arus balik di Terminal Tanjung Priok diprediksi H+5 Lebaran

    Puncak arus balik di Terminal Tanjung Priok diprediksi H+5 Lebaran

    Jakarta (ANTARA) – Pengelola Terminal Tanjung Priok, Jakarta Utara memprediksi puncak arus balik di terminal bus itu terjadi pada Minggu (6/4) atau H+5 Lebaran 2025.

    “Arus balik pemudik mulai mengalami peningkatan pada Jumat (4/4) sore dan diperkirakan lonjakan penumpang masih terjadi hingga Minggu,” kata Kepala Tata Usaha Terminal Bus Tanjung Priok Heri Purnomo di Jakarta, Sabtu.

    Ia mengatakan sejak Jumat (4/4) hingga Sabtu pagi ini sebanyak 1.143 penumpang telah sampai di Terminal Tanjung Priok, Jakarta Utara menggunakan 90 unit bus.

    Pada Jumat (4/4) tercatat sudah ada 927 penumpang datang dengan 65 bus. Kemudian pada Sabtu (5/5) pukul 08.00 WIB tercatat sebanyak 216 penumpang tiba dengan 25 bus. Mayoritas penumpang yang tiba berasal dari Jawa Tengah dan Jawa Timur.

    Untuk memberikan rasa aman dan nyaman kepada penumpang, kata dia, pihaknya bersama unsur terkait lain tetap melakukan pemeriksaan kesehatan pengemudi dan inspeksi kondisi kendaraan.​​​​​​ Saat ini kondisi di terminal masih terpantau kondusif.

    “Posko kesehatan maupun pengamanan juga masih siaga,” kata Heri.

    Sementara itu, penumpang bus asal Purbalingga, Jawa Tengah, Yanti (45) mengaku kembali ke Jakarta bersama keluarga setelah libur di kampung halaman sejak 25 Maret 2025.

    “Kebetulan suami saya pada Senin (7/4) sudah masuk kerja dan anak-anak juga akan mulai masuk sekolah,” ujarnya.

    Pewarta: Mario Sofia Nasution
    Editor: Syaiful Hakim
    Copyright © ANTARA 2025

  • Penggembala Bebek di Bobotsari Purbalingga Ditemukan Meninggal Dunia, Diduga Tersambar Petir

    Penggembala Bebek di Bobotsari Purbalingga Ditemukan Meninggal Dunia, Diduga Tersambar Petir

    TRIBUNJATENG.COM , PURBALINGGA – Seorang lansia ditemukan meninggal dunia di area persawahan Desa Banjarsari, Kecamatan Bobotsari, Kabupaten Purbalingga pada hari Kamis (3/4/2025) sore. Diduga korban meninggal karena tersambar petir. 

    Kapolsek Bobotsari AKP Sarno Ujianto mengatakan korban tersebut bernama Kasmuri (72) yang merupakan seorang penggembala bebek asal Desa Banjarsari RT 02 RW 03, Kecamatan Bobotsari, Kabupaten Purbalingga. 

    “Korban ditemukan pihak keluarga dalam keadaan tergeletak di sawah dengan sejumlah luka bakar pada tubuhnya,” ungkapnya pada Tribunbanyumas.com pada Jumat (4/4/2025). 

    Kemudian, seorang saksi bernama Turiman (43) mengatakan bahwa korban biasanya menggembalakan bebeknya di sawah dan pulang ke rumah pukul 16.00 WIB. Karena hingga pukul 16.30 WIB korban belum pulang ke rumah dan cuaca pun saat itu sedang hujan deras disertai petir, pencarian pun kemudian dilakukan.

    “Saksi mencari korban bersama sejumlah warga lain di area persawahan. Korban akhirnya ditemukan namun sudah dalam kondisi meninggal dunia,” kata Kapolsek. 

    Usai menemukan korban meninggal dunia, saksi kemudian melaporkan kejadian ini ke pihak Polsek Bobotsari. Polisi yang datang kemudian langsung melakukan pemeriksaan di TKP dan selanjutnya bersama petugas medis memeriksa jenazah korban. 

    Berdasarkan hasil pemeriksaan, tidak ditemukan adanya tanda kekerasan. Namun ditemukan sebuah luka bakar pada kepala, dada dan perut. Di lokasi kejadian juga ditemukan caping milik korban yang terdapat tanda seperti terbakar. 

    “Korban diduga meninggal dunia akibat tersambar petir. Tidak ditemukan tanda kekerasan yang mengarah ke tindak pidana,” tegas Kapolsek. 

    Kapolsek pun menambahkan usai dilakukan pemeriksaan jenazah korban langsung diserahkan ke pihak keluarga.

  • Perumda Owabong Lakukan Persiapan Fisik hingga Keselamatan Selama Libur Lebaran 2025

    Perumda Owabong Lakukan Persiapan Fisik hingga Keselamatan Selama Libur Lebaran 2025

    TRIBUNJATENG.COM, PURBALINGGA – Dalam rangka menyambut libur lebaran 2025, Perumda obyek wisata Owabong telah mempersiapkan berbagai hal, mulai dari melakukan pembersihan hingga perbaikan tempat wisata, agar saat libur lebaran tiba tempat wisata ini dapat memberikan pengalaman terbaik bagi pengunjung. 

    Mashud selaku Humas Owabong menyampaikan pihaknya telah mempersiapkan beberapa persiapan fisik untuk obyek wisata Owabong. 

    “Beberapa persiapan fisik yang sudah kami lakukan diantanya ialah perawatan kolam, pengecetan, perbaikan keramik, wahana dan lain-lain,” katanya kepada Tribunbanyumas.com pada Jumat (4/4/2025).

    Ia menyampaikan meskipun obyek wisata Owabong sudah berusia 20 tahun lamanya, namun infrastruktur di obyek wisata ini masih sangat bagus dan sangat layak. 

    “Selanjutnya untuk fasilitas umum, sekarang kami sudah menyediakan ruang khusus untuk ibu menyusui, agar sesuai dengan sapta pesona,” tambahnya. 

    Selain persiapan fisik, Mashud juga menyampaikan pihaknya telah melakukan briefing untuk persiapan libur lebaran dengan seluruh karyawan dari Perumda Owabong, dan pihaknya menyatakan siap untuk menyambut libur lebaran tahun 2025 ini. 

    “Kemarin kami sudah mengumpulkan semua karyawan dari Perumda Owabong dan kami sudah saling berkoordinasi dengan asing-masing divisi untuk menyambut libur lebaran 2025 ini, insyaallah kami sudah siap,” tegasnya.

    Lebih lanjut Mashud juga menyampaikan telah dilakukan persiapan keamanan dan keselamatan dalam libur lebaran 2025 ini.

    “Untuk keamanan kita sudah bekerja sama dengan TNI, Polri, Polsek Bojongsari dan Koramil Kutasari, karena di Bojongsari belum ada Koramil. Untuk security kami juga sudah siap, dan kami juga mempersiapkan posko keamanan selama libur lebaran ini,” jelasnya.

    Sedangkan untuk langkah-langkah keselamatan pihaknya menyampaikan sudah menyediakan penjaga kolam atau life guard di masing-masing kolam, tim P3K dan bekerja sama dengan dr.Yasir yang setiap hari selalu standby di obyek wisata Owabong.

    “Tim keselamatan kami sudah tersertifikasi untuk menanggulangi kecelakaan dan lain-lain, kita sudah siap semua, di masing-masing lokasi juga sudah kami sediakan tabung oksigen dan tandu, jadi kalau sewaktu-waktu terjadi hal yang tidak diinginkan, seluruh SOP penyelamat kami sudah sudah siap semua,” katanya.

  • Kapan BRI dan BCA Buka Setelah Lebaran 2025? Simak Jadwal Operasional dan Kantor Cabang yang Buka – Halaman all

    Kapan BRI dan BCA Buka Setelah Lebaran 2025? Simak Jadwal Operasional dan Kantor Cabang yang Buka – Halaman all

    TRIBUNNEWS.COM – Sejumlah perbankan melakukan penyesuaian jadwal operasional kantor cabang selama libur Lebaran 2025.

    Mayoritas perbankan tidak beroperasi penuh mulai 27 Maret hingga 7 April 2025. 

    Namun, beberapa kantor cabang seperti BRI dan BCA yang tetap memberikan layanan terbatas.

    Lantas, kapan BRI dan BCA buka setelah Lebaran 2025?

    Simak jadwal operasional terbaru BRI dan BCA setelah Lebaran dan daftar kantor cabang yang buka terbatas.

    Jadwal Operasional BRI

    Bank Rakyat Indonesia (BRI) akan kembali buka secara penuh pada Selasa, 8 April 2025.

    Meski demikian, bank pelat merah itu tetap memberikan layanan terbatas di sejumlah kantor cabang pada waktu-waktu tertentu.

    Sebanyak 104 kantor cabang akan melayani nasabah secara terbatas pada Jumat, 4 April 2025 besok.

    Layanan terbatas di 104 kantor cabang BRI dibuka mulai pukul 08.00 hingga 15.00 waktu setempat.

    Sementara layanan Weekend Banking tersedia di 66 kantor cabang pada Sabtu-Minggu, 5-6 April 2025.

    Berikut daftar kantor cabang BRI akan melayani nasabah secara terbatas pada Jumat, 4 April 2025. 

    Wilayah Bandar Lampung

    KC Curup
    KC Metro 
    KC Tulang Bawang 
    KC Bengkulu 
    KC Kalianda 
    KC Teluk Betung 
    KC Kota Bumi 
    KC Tanjung Karang 
    KC Manna

    Wilayah Bandung

    KC Cianjur
    KC Banjar 
    KC Sukabumi 
    KC Tasikmalaya 
    KC Ciamis 
    KC Sumedang 
    KC Bandung Martadinata 
    KC Cirebon 
    KC Bandung AH Nasution

    Wilayah Banjarmasin

    KC Tanjung Redep
    KC Samarinda 
    KC Kotabaru 
    KC Bontang 
    KC Pangkalan Bun 
    KC Muara Teweh 
    KC Sampit 
    KC Tanjung Selor 
    KC Balikpapan Sudirman

    Wilayah Denpasar

    KC Amlapura
    KC Negara 
    KC Larantuka 
    KC Semarapura 
    KC Selong 
    KC Ende Jl. Sukarno 
    KC Singaraja 
    KC Kupang 
    KC Denpasar 
    KC Mataram 

    Wilayah Jakarta

    KC Jakarta Veteran
    KC Bogor Padjajaran 
    KC Bogor Dewi Sartika 
    KC Ketapang 
    KC Singkawang

    Wilayah Jayapura

    KC Nabire
    KC Fak-Fak 
    KC Manokwari 
    KC Biak 
    KC Sentani 
    KC Bintuni 
    KC Abepura 
    KC Sorong 
    KC Timika 
    KC Jayapura 
    KC Merauke

    Wilayah Makassar

    KC Ambon
    KC Benteng Selayar 
    KC Makassar Ahmad Yani 
    KC Rantepao 
    KC Raha
    KC Mamuju
    KC Pare-Pare 
    KC Sinjai 
    KC Kolaka 
    KC Saumlaki

    Wilayah Malang

    KC Banyuwangi
    KC Jember 
    KC Madiun 
    KC Probolinggo 
    KC Kediri 
    KC Malang Marthadinata 
    KC Pasuruan 
    KC Tulungagung

    Wilayah Manado

    KC Toli-Toli
    KC Gorontalo 
    KC Ternate 
    KC Palu 
    KC Manado

    Wilayah Medan

    KC Medan Iskandar Muda
    KC Medan Putri Hijau 
    KC Pematangsiantar 
    KC Sibolga 
    KC Balige 
    KC Gunung Sitoli

    Wilayah Padang

    KC Padang
    KC Payakumbuh 
    KC Solok

    Wilayah Palembang

    KC Pangkal Pinang
    KC Tanjung Pandan 
    KC Palembang A. Rivai 
    KC Jambi 
    KC Lubuk Linggau

    Wilayah Pekanbaru

    KC Batam Nagoya
    KC Pekanbaru Tuanku Tambusai

    Wilayah Semarang

    KC Slawi
    KC Semarang Patimura
    KC Cepu

    Wilayah Surabaya

    KC Waru
    KC Bangkalan 
    KC Surabaya HR. Muhammad 
    KC Mojokerto 
    KC Tuban 

    Wilayah Yogyakarta

    KC Solo Sudirman
    KC Yogya Cik Ditiro
    KC Purwokerto
    104 KC Magelang 

    Untuk memudahkan transaksi, nasabah BRI juga bisa mendatangi AgenBRILink yang berjumlah 1.082.138.

    Nasabah juga bisa memanfaatkan layanan di 10.663 ATM BRI dan 9.007 ATM setor tarik.

    Jadwal Operasional BCA

    PT Bank Central Asia Tbk (BCA) juga menyesuaikan jadwal operasional selama libur Lebaran 2025.

    Seluruh layanan cabang BCA akan kembali buka pada Selasa, 8 April 2025.

    BCA juga memberikan layanan terbatas di sejumlah kantor cabang pada waktu-waktu tertentu.

    Misalnya pada Kamis, 3 April 2025 hari ini, BCA tetap melayani transaksi penerimaan atas pembayaran produk Pertamina (B2B Pertamina) secara offline di kantor cabang tertentu.

    Berikut daftar kantor cabang yang melayani transaksi B2B Pertamina:

    KCU Bandung
    KCU Galaxy
    KCU Matraman
    KCU Madiun
    KCU Palembang
    KCU Semarang

    Kemudian pada Jumat, 4 April 2025, BCA tidak beroperasi serta layanan weekend banking pada Minggu, 6 April 2025, ditiadakan.

    BCA akan kembali beroperasi di cabang–cabang tertentu pada Sabtu, 5 April 2025 dan Senin, 7 April 2025.

    Selengkapnya, simak jadwal operasional kantor cabang BCA selama libur Lebaran 2025: 

    Senin, Selasa, dan Rabu, 31 Maret – 2 April 2025: Tidak beroperasi
    Kamis, 3 April 2025: Melayani B2B Pertamina di cabang tertentu
    Jumat, 4 April 2025: Tidak beroperasi
    Sabtu, 5 April 2025: Beroperasi di cabang–cabang tertentu
    Minggu, 6 April 2025: Layanan weekend banking ditiadakan
    Senin, 7 April 2025: Beroperasi di cabang–cabang tertentu
    Selasa, 8 April 2025: Seluruh layanan cabang beroperasi normal

    Berikut daftar kantor cabang BCA yang akan melayani nasabah secara terbatas pada Sabtu, 5 April 2025:

    Area Bali, Nusa Tenggara, Maluku & Papua

    KCU AMBON
    KCU CAKRANEGARA
    KCU DENPASAR
    KCU JAYAPURA
    KCP MERAUKE
    KCP SORONG
    KCP TABANAN
    KCP TERNATE
    KCP TIMIKA
    KCU KUPANG
    KCU KUTA
    KCP BY PASS MUMBUL
    KCP GATOT SUBROTO BARAT
    KCP GIANYAR
    KCP LABUAN BAJO
    KCP MANOKWARI

    Area DKI Jakarta dan Banten

    KCU ALAM SUTERA 
    KCU BINTARO
    KCU BLOK A CIPETE
    KCU BUMI SERPONG DAMAI 
    KCU DAAN MOGOT 
    KCU GADING SERPONG 
    KCU GAJAH MADA 
    KCU GREEN GARDEN 
    KCU GUNSA 45 
    KCU KALIMALANG KCU 
    KEBAYORAN BARU 
    KCU KELAPA GADING 
    KCU MATRAMAN 
    KCU MUARA KARANG 
    KCU PANGERAN JAYAKARTA 
    KCU PANTAI INDAH KAPUK 
    KCU PASAR BARU
    KCU PONDOK INDAH
    KCU PURI INDAH 
    KCU RAWAMANGUN 
    KCU SERANG 
    KCU SUNTER
    KCU TANGERANG
    KCU TANJUNG PRIOK 
    KCP CITRA RAYA
    KCP TAMAN PALEM LESTARI 
    KCP TEBET BARAT

    Area Jawa Barat

    KCU A. YANI
    KCU BANDUNG
    KCU BEKASI
    KCU BOGOR
    KCU CIANJUR
    KCU CIBUBUR
    KCU CIKARANG
    KCU CIREBON
    KCU DAGO
    KCU DEPOK
    KCU GARUT
    KCU HARAPAN INDAH 
    KCU PURWAKARTA 
    KCU SOEKARNO HATTA 
    KCU SUBANG
    KCU SUKABUMI 
    KCU TASIKMALAYA
    KCP SUMEDANG

    Area Jawa Tengah

    KCU CILACAP
    KCU GANG TENGAH 
    KCU KUDUS
    KCU MAGELANG 
    KCU PEKALONGAN 
    KCU PURWODADI 
    KCU PURWOKERTO 
    KCU SALATIGA
    KCU SEMARANG
    KCU SOLO BARU
    KCU SOLO SLAMET RIYADI
    KCU TEGAL
    KCU YOGYAKARTA
    KCP BATANG
    KCP BLORA
    KCP BOYOLALI 
    KCP CEPU
    KCP KATAMSO
    KCP KEBUMEN
    KCP KEDUNGWUNI
    KCP KLATEN 
    KCP PATI
    KCP PEMALANG
    KCP PURBALINGGA
    KCP PURWOREJO
    KCU WONOSOBO

    Area Jawa Timur

    KCU BANGKALAN 
    KCU BANYUWANGI 
    KCU BLITAR
    KCU BOROBUDUR
    KCU DARMO
    KCU GALAXY
    KCU GRESIK
    KCU HR MUHAMMAD
    KCU JEMBER 
    KCU KEDIRI 
    KCU MADIUN
    KCU MALANG
    KCU PASURUAN
    KCU SIDOARJO
    KCU TULUNGAGUNG 
    KCU VETERAN
    KCP GENTENG
    KCP KUDUSAN
    KCP LAMONGAN
    KCP LUMAJANG

    Area Kalimantan

    KCU BALIKPAPAN
    KCU BANJARMASIN
    KCU KUBU RAYA
    KCU PALANGKARAYA
    KCU PONTIANAK
    KCU SINGKAWANG
    KCU TARAKAN
    Area Sulawesi
    KCU MAKASSAR
    KCU MANADO
    KCU PANAKKUKANG
    KCP BITUNG
    KCP GORONTALO
    KCP KAWASAN INDUSTRI
    KCP KOTAMOBAGU

    Area Sumatera

    KCU ASIA
    KCU BANDAR LAMPUNG 
    KCU BATAM
    KCU BENGKULU
    KCU BUKIT BARISAN 
    KCU BUKITTINGGI 
    KCU JAMBI 
    KCU KISARAN 
    KCU MEDAN
    KCU MESJID LAMA 
    KCU METRO 
    KCU PADANG 
    KCU PALEMBANG 
    KCU PANGKAL PINANG 
    KCU PEKANBARU 
    KCU PEMATANG SIANTAR 
    KCU PRABUMULIH 
    KCU TANJUNG PANDAN 
    KCU TANJUNG PINANG 
    KCU TEBING TINGGI 
    KCP A. RIVAI 
    KCP BATURAJA 
    KCP CEMARA ASRI
    KCP CURUP
    KCP KENTEN
    KCP PENUIN
    KCP PERBAUNGAN 
    KCP PLAZA MEDAN FAIR 
    KCP RIAU BISNIS CENTER 
    KCP SUNGAI LIAT
    KCP TANJUNG BALAI 
    KCP TANJUNG KARANG 
    KCP TEMBILAHAN

    Saat operasional terbatas, seluruh transaksi non-finansial dapat dilayani cabang yang beroperasi. 

    Transaksi finansial dan transfer dana melalui BI-FAST juga bisa dimanfaatkan masyarakat. 

    Namun, operasional transaksi kliring, transfer dana melalui RTGS/SKNBI, dan layanan valas untuk sementara tidak dapat dilakukan.

    Nasabah BCA juga tetap dapat bertransaksi menggunakan berbagai fasilitas e-channel BCA, seperti myBCA, BCA mobile, KlikBCA, dan ATM BCA.

    (Tribunnews.com/Sri Juliati)

  • Puluhan Daerah di Jateng Berpotensi Alami Cuaca Ekstrem di Masa Libur Lebaran

    Puluhan Daerah di Jateng Berpotensi Alami Cuaca Ekstrem di Masa Libur Lebaran

    TRIBUNJATENG.COM, SEMARANG –  BMKG Stasiun Meteorologi Ahmad Yani Semarang mengeluarkan peringatan terkait potensi cuaca ekstrem di 21 daerah di Jateng.

    Wilayah-wilayah tersebut diprediksi akan mengalami hujan dengan intensitas tinggi yang berpotensi menyebabkan bencana hidrometeorologi seperti banjir dan tanah longsor.

    Menurut Prakirawan BMKG, Arif N, pada Rabu (2/4) cuaca cenderung berawan, namun memasuki siang hingga awal malam, hujan lebat disertai angin kencang berpotensi terjadi di beberapa daerah. 

    “Waspadai ancaman bencana hidrometeorologi, terutama bagi warga dan pemudik yang melintas atau beraktivitas di daerah rawan bencana,” terang Arif, Rabu (2/4/2025).

    Berdasarkan data citra satelit, cuaca ekstrem berpotensi terjadi di wilayah pegunungan dan dataran tinggi seperti Banyumas, Purbalingga, Banjarnegara, Wonosobo, Mungkid, Boyolali, Klaten, Karanganyar, Sragen, Temanggung, dan Magelang. 

    Selain itu, beberapa daerah di jalur Pantura bagian tengah yang berisiko terdampak antara lain Kudus, Ungaran, Batang, Kajen, Pekalongan, serta Ambarawa.

    Hujan dengan intensitas ringan hingga sedang juga diprediksi mengguyur wilayah lainnya, seperti Cilacap, Kebumen, Purworejo, Sukoharjo, Wonogiri, Grobogan, Blora, Rembang, Pati, Jepara, Demak, Kendal, Pemalang, Brebes, Surakarta, Semarang, dan Tegal.

    BMKG mencatat angin bertiup dari arah barat ke utara dengan kecepatan 10-30 kilometer per jam.

    Suhu udara diperkirakan berkisar antara 19-32 derajat Celsius dengan kelembaban udara 65-95 persen. 

    Untuk kondisi perairan, ketinggian gelombang di perairan utara Jawa Tengah diprediksi mencapai 0,2-1,25 meter, sedangkan di perairan selatan mencapai 1,25-2,5 meter. 

    “Sementara ini kondisi masih aman terhadap potensi air laut pasang atau rob,” jelasnya.

    BMKG juga mengimbau masyarakat di wilayah terdampak untuk tetap waspada terhadap potensi bencana akibat cuaca ekstrem serta terus memperbarui informasi dari sumber resmi guna mengantisipasi risiko yang mungkin terjadi. (*)

  • Banser Siaga 24 Jam, Dirikan 573 Posko Mudik 2025 di Seluruh Indonesia

    Banser Siaga 24 Jam, Dirikan 573 Posko Mudik 2025 di Seluruh Indonesia

    PIKIRAN RAKYAT – Barisan Ansor Serbaguna (Banser) berperan aktif dalam memastikan kelancaran arus mudik 2025 dengan mendirikan 573 posko di berbagai titik strategis di seluruh Indonesia. Posko-posko ini beroperasi selama 24 jam, memberikan pelayanan kepada pemudik agar perjalanan menuju kampung halaman berlangsung aman dan nyaman.

    Ketua Umum Pimpinan Pusat Gerakan Pemuda (PP GP) Ansor, Addin Jauharudin, mengungkapkan bahwa ribuan relawan Banser telah disiagakan untuk mendukung kelancaran arus mudik.

    “Ribuan relawan Banser siap siaga 24 jam untuk membantu pemudik di berbagai titik,” ujar Addin di Jakarta, Minggu 30 Maret 2025.

    Fasilitas Lengkap untuk Pemudik

    Setiap posko mudik Banser dilengkapi dengan berbagai fasilitas, termasuk tempat istirahat, makanan, hiburan, serta bengkel darurat bagi kendaraan pemudik. Salah satu contohnya adalah Posko Mudik Satkorcab Bangil, Jawa Timur, yang berlokasi di Wisata Pasar Chengho. Relawan di posko ini bertugas secara bergantian dan wajib melaporkan kondisi terkini arus mudik di sekitar lokasi.

    “Kami standby selama 24 jam di Posko Mudik Banser Satkorcab Bangil, melakukan pemantauan dan patroli ke 14 titik posko pantau dan bantuan,” kata Penanggung Jawab Posko Mudik Masjid Chengho, Nanang Supriyanto.

    Untuk meningkatkan layanan kepada pemudik, Posko Mudik Chengho juga menyediakan armada bantuan, termasuk mobil siaga PCNU Bangil dan empat unit sepeda motor patwal Balantas.

    Respons Cepat dalam Situasi Darurat

    Sementara itu, relawan di Posko Mudik Ansor Kota Bekasi menunjukkan kesigapan mereka dalam menangani kondisi darurat. Salah satu pemudik yang dalam perjalanan ke Purbalingga mengalami serangan asma pada pukul 01.00 WIB.

    “Tadi malam ada pemudik yang terkena asma saat menuju Probolinggo. Tim Basada segera mengevakuasi ke rumah sakit terdekat, memberikan oksigen di ambulans, dan menghubungi keluarga pemudik,” jelas anggota GP Ansor, Taufiq.

    Di wilayah Banten, relawan Banser juga bergerak cepat membantu dua pemudik yang mengalami luka saat dalam perjalanan ke Sumatera.

    “Sahabat-sahabat dari Banten langsung memberikan bantuan dan memastikan pemudik mendapat pertolongan yang diperlukan,” ujar Kasatkorwil Banten, Sukiman.

    Di Provinsi Bali, anggota Banser turut serta dalam pengamanan perayaan Hari Nyepi. Dedy Rismawan, salah satu anggota Banser Bali, menegaskan bahwa pihaknya berkolaborasi dengan berbagai pihak untuk menjaga ketertiban dan kelancaran perayaan tersebut.

    “Kami juga ikut membantu menyukseskan pelaksanaan Perayaan Nyepi agar tetap kondusif,” ujarnya.

    Dengan kehadiran posko mudik Banser di berbagai daerah, pemudik diharapkan dapat menjalani perjalanan dengan lebih aman dan nyaman. Peran aktif relawan dalam memberikan pelayanan serta penanganan situasi darurat menjadi wujud nyata kepedulian Banser terhadap kelancaran arus mudik Lebaran 2025.***

    Simak update artikel pilihan lainnya dari kami di Google News

  • Jelang Lebaran, Posko Mudik Banser Siaga 24 Jam Amankan Jalur Mudik  – Halaman all

    Jelang Lebaran, Posko Mudik Banser Siaga 24 Jam Amankan Jalur Mudik  – Halaman all

    TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA – Banser mendirikan posko di sejumlah tempat untuk pengamanan jalur mudik Lebaran 2025. 

    Pelayanan posko mudik Banser dilakukan selama 24 jam untuk para pemudik. 

    Satkorcab Bangil, Jawa Timur mendirikan posko mudik tepat di Wisata Pasar Chengho. 

    “Kami standby selama 24 jam di Posko Mudik Banser Satkorcab Bangil, melakukan pemantauan dan monitoring di area posko, termasuk melakukan patroli ke posko pantau dan posko bantuan di 14 titik posko,” kata Penanggung Jawab Posko Mudik Masjid Chengho, Nanang Supriyanto, melalui keterangan tertulis, Sabtu (29/3/2025).

    Posko Mudik Chengho menyediakan armada bantuan berupa mobil siaga PCNU Bangil serta 4 Unit Sepeda Motor Patwal Balantas. 

    Armada ini, kata Nanang, disiapkan untuk meningkatkan pelayanan Posko Mudik Banser kepada para pemudik.

    Sejumlah layanan juga diberikan oleh Posko Mudik Banser di wilayah lain. 

    Anggota Banser Kota Bekasi, Taufiq, mengungkapkan bahkan memberikan bantuan kepada pemudik yang sakit. 

    Pihaknya sempat melakukan evakuasi pemudik yang terserang asma saat menjalankan mudik ke arah Purbalingga.

    “Tadi malam tepat pukul 01.00 yang arah Purbalingga, terkena asma. Kami dari Basada langsung mengevakuasi ke rumah sakit terdekat. Kami menghubungi pihak keluarga, dan keluarga pagi tadi langsung ke Bekasi. Kami evakuasi dengan memberikan oksigen di ambulans, sesuai dengan SOP,” kata Taufiq.

    Pelayanan yang sama juga diberikan Posko Mudik Banten. 

    Menurut Kasatkorwil Banten Sukiman, terdapat 2 pemudik yang mengalami luka saat melakukan perjalanan menuju Sumatera. 

    “Sahabat-sahabat dari Basada, langsung memberikan bantuan,” katanya.

    Sementara itu, Dedy Rismawan, seorang Banser dari Provinsi Bali menceritakan upaya-upaya kolaboratif dengan pihak terkait dalam mengamankan perayaan Hari Nyepi. 

    “Jadi kami juga ikut membantu menyukseskan pelaksanaan Perayaan Nyepi. Jadi memang harus kondusif di hari tersebut,” katanya.

    Berhubung terjadi angin kencang di daerah setempat, Posko Mudik Banser Provinsi Bali juga mengikutsertakan Bagana Ansor dalam menyukseskan perjalanan mudik.
     
    “Ada banyak pohon tumbang, dan kami meminta Sahabat Banser membawa gergaji, agar bisa membantu warga yang mudik lebih nyaman dalam perjalanan,” tambah Wakasatsusnas Balantas tersebut.

    Seperti diketahui, Gerakan Pemuda Ansor mendirikan 573 posko mudik yang tersebar di titik-titik strategis di seluruh Indonesia. 

    Selain menyediakan aneka fasilitas dan pelayanan seperti bengkel, hiburan, makanan, dan tempat istirahat untuk melepas letih para pemudik. 

    Ratusan posko ini juga dijaga oleh Banser dan bekerja sama dengan pihak terkait seperti Dishub dan Dinkes setempat.

  • 4
                    
                        Jalur Pantura Cirebon bak Semut, Perjalanan Biasanya 7 Jam, Kini Molor 14 Jam
                        Bandung

    4 Jalur Pantura Cirebon bak Semut, Perjalanan Biasanya 7 Jam, Kini Molor 14 Jam Bandung

    Jalur Pantura Cirebon bak Semut, Perjalanan Biasanya 7 Jam, Kini Molor 14 Jam
    Editor
    KOMPAS.com –
    Kepadatan arus mudik di Jalur Pantura Kota Cirebon semakin meningkat menjelang Lebaran, tepatnya pada H-3 atau Jumat (28/3/2025).
    Pantauan di Simpang Empat Pemuda sekitar pukul 05.30 WIB menunjukkan ribuan kendaraan, terutama sepeda motor, melintas beriringan seperti barisan semut.
    Meskipun padat, kecepatan rata-rata kendaraan roda dua masih berada di kisaran 40-50 km/jam.
    Kemacetan semakin terasa ketika pemudik berhenti di lampu lalu lintas, menyebabkan antrean kendaraan yang mengular hingga ratusan meter.
    Bastian (32), seorang pemudik tujuan Purbalingga, Jawa Tengah, merasakan kepadatan lalu lintas dari Bekasi hingga Cirebon.
    “Dari Bekasi ke Purbalingga, Jawa Tengah, berangkat dari Bekasi jam 22.00 WIB, kena macet di Karawang, lumayan panjang juga sih,” ujarnya saat ditemui di Simpang Empat Pemuda, Jumat (28/3/2025).
    Biasanya, perjalanan dari Bekasi ke Purbalingga hanya memakan waktu sekitar tujuh jam, namun kali ini, setelah hampir 14 jam, ia baru sampai Indramayu.
    “Pemudik sudah mulai banyak, biasanya sampai Purbalingga itu sekitar tujuh jam, kalau sekarang hampir 14 jam baru sampai Indramayu,” tambahnya.
    Menurut data dari Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Cirebon, sejak pukul 00.00 hingga 05.00 WIB, tercatat sekitar 25.594 kendaraan melintas di Jalur Arteri Cirebon dari arah Jakarta menuju Jawa Tengah.
    Mayoritas merupakan sepeda motor, sekitar 24.000 unit, sementara kendaraan pribadi tercatat sekitar 700 unit.
    “Kondisi arus lalu lintas masih ramai lancar, kecepatan antara 40 kilometer per jam sampai 50 kilometer per jam, masih tergolong ramai lancar,” ujar Asep Sudrajat, Petugas Traffic Control (TC) Dishub Kota Cirebon.
    Sementara itu, penerapan sistem one way di ruas Tol Cipali KM 72 hingga GT Kalikangkung KM 414 menyebabkan peningkatan volume kendaraan di Jalur Arteri dari arah Jawa Tengah menuju Jakarta.
    “Sesuai prediksi, keramaian kendaraan memang terjadi pada hari ini sampai malam nanti,” tambahnya.
    Artikel ini telah tayang di TribunJabar.id dengan judul Bak Semut, Jalur Pantura Makin Padat, Pemudik: Perjalanan Bekasi-Cirebon 14 Jam
    Copyright 2008 – 2025 PT. Kompas Cyber Media (Kompas Gramedia Digital Group). All Rights Reserved.

  • Wakil Bupati Purbalingga Pantau Posko Lebaran, Sebut Semua Siap Melayani Pemudik

    Wakil Bupati Purbalingga Pantau Posko Lebaran, Sebut Semua Siap Melayani Pemudik

    TRIBUNJATENG.COM, PURBALINGGA — Wakil Bupati Purbalingga Dimas Prasetyahani bersama dengan jajaran Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) telah melakukan monitoring terhadap sejumlah posko Pelayanan Idul Fitri 1446 H pada hari ini, Kamis (27/3/2025) dengan tujuan untuk memastikan kesiapan posko dalam menghadapi arus mudik dan memberikan layanan terbaik bagi masyarakat. 

    Beberapa posko yang dikunjungi ialah Pos Pengamanan di Alun-alun Purbalingga, Pos Pengamanan Dinas Perhubungan di simpang empat Karangsentul, serta posko di beberapa obyek wisata seperti Purbasari Pancuranmas Padamara, Owabong Waterpark, Golaga, dan D’las Serang.

    Selain itu rombongan turut menyambangi Pasar Bobotsari dan Terminal Bobotsari untuk memastikan keamanan dan kenyamanan pemudik. 

    Pada kesempatan ini Wakil Bupati Dimas menegaskan seluruh petugas dari berbagai instansi sudah siap memberikan pelayanan yang maksimal bagi para pemudik maupun wisatawan yang berkunjung ke Purbalingga.

    “Alhamdulillah, semuanya berjalan dengan lancar. Insyaallah rekan-rekan dari TNI, Polri, Satpol PP, Dinas Perhubungan dan Dinas Kesehatan siap melayani masyarakat yang melintas atau berwisata ke Purbalingga,” jelas Dimas Prasetyahani pada keterangan resmi yang diterima Tribunjateng.com pada Kamis (27/3/2025). 

    Selain memantau posko lebaran, rombongan juga melakukan pengecekan harga kebutuhan pokok di Pasar Bobotsari.

    Dari hasil pantauan, harga-harga masih relatif stabil, kecuali cabai rawit merah yang mengalami kenaikan menjadi Rp.100.000 per kilogram.

    Namun kenaikan ini dinilai tidak akan menimbulkan gejolak yang berarti di masyarakat.

    Sementara itu Kepala Dinas Pemuda, Olahraga dan Pariwisata (Dinporpar) Kabupaten Purbalingga, R.Budi Setiawan mengungkapkan target kunjungan wisata selama libur lebaran tahun ini pada (28 Maret- 6 April 2025). 

    Beberapa lokasi wisata diharapkan akan mengalami lonjakan kunjungan, antara lain di D’Las Serang dengan target 50.000 pengunjung, Owabong Waterpark 50.000 pengunjung, Golaga 30.000 pengunjung, Purbasari Pancuranmas 30.000 pengunjung dan Situ Tirta Marta 20.000 pengunjung. 

    “Harapannya kunjungan wisata tahun ini bisa melampaui target, sehingga pariwisata di Purbalingga makin berkembang. Kami juga memastikan wisatawan mendapatkan pengalaman yang nyaman dan aman selama berlibur di Purbalingga,” ungkapnya. 

    Selanjutnya Kepala Kesehatan Kabupaten Purbalingga, dr. Jusi Febrianto juga menyampaikan beberapa posko kesehatan mudik tersedia di beberapa titik seperti di Posko Alun-alun, Posko Jompo (Kecamatan Kalimanah) dan Posko di Rest Area Karangreja. Posko kesehatan akan melayani hingga 7 April 2025.

    “Bila pemudik capek bisa mampir sebentar di posko kesehatan sekaligus kita juga berikan layanan pemeriksaan kesehatan gratis Quick Win seperti program Presiden Prabowo,” katanya.

    Dengan kesiapan posko Lebaran serta pengamanan yang maksimal, Kabupaten Purbalingga optimis dapat memberikan layanan terbaik bagi para pemudik dan wisatawan yang berkunjung selama libur Lebaran 1446 H. (*)

  • InJourney Group Berangkatkan 2.374 Pemudik ke 5 Kota Tujuan

    InJourney Group Berangkatkan 2.374 Pemudik ke 5 Kota Tujuan

    Jakarta, CNBC Indonesia – PT Aviasi Pariwisata Indonesia (Persero) atau InJourney memberangkatkan 2.374 pemudik ke 5 kota tujuan yakni Solo, Yogyakarta, Purbalingga, Surabaya, hingga Pulau Seram. Para peserta mudik bersama InJourney diberangkatkan menggunakan 9 unit bus, 1 rangkaian kereta api, 1 rute kapal laut, dan 1 rute kapal fery.

    Direktur SDM dan Digital InJourney, Herdy Harman mengatakan, mudik bersama InJourney Group terselenggara berkat kolaborasi dan sinergi yang baik antara InJourney Holding dengan anak usahanya yakni InJourney Airports (API), InJourney Destination Management (TWC), InJourney Retail (Sarinah), InJourney Tourism Development Corporation (ITDC), dan InJourney Hospitality (HIN).

    “Mudik bersama InJourney Group kembali hadir pada tahun ini dengan dukungan penuh seluruh anak perusahaan InJourney Group. Hal ini sesuai dengan komitmen InJourney sebagai BUMN di sektor aviasi dan pariwisata berperan juga menjadi agent of development yang selalu hadir dan memberikan manfaat bagi masyarakat,” ujar Herdy dalam keterangan tertulis, Kamis (27/3/2025).

    Untuk itu, kata Herdy, pihaknya berharap penyelenggaraan mudik bersama tahun ini bisa berjalan dengan lancar dan sukses, dan para pemudik dapat selamat sampai di kampung halaman untuk berkumpul bersama keluarga untuk merayakan Idulfitri 1446 Hijriyah.

    Bersama dengan BUMN lainnya, InJourney berpartisipasi menyediakan transportasi gratis untuk para pemudik ke sejumlah kota tujuan. InJourney juga menjalin kerjasama dengan para pemangku kepentingan terkait faktor keselamatan dan kenyamanan selama perjalanan para pemudik.

    Berikut rincian mudik bersama InJourney Group:

    •⁠ ⁠2 unit bus untuk 80 pemudik tujuan Jakarta-Solo

    •⁠ ⁠6 unit bus untuk 235 pemudik tujuan Jakarta-Yogyakarta

    •⁠ ⁠1 unit bus untuk 35 penumpang tujuan Jakarta-Purbalingga

    •⁠ ⁠1 rangkaian Kereta Api untuk 576 pemudik tujuan Jakarta-Surabaya

    •⁠ ⁠1 rute kapal laut untuk 400 pemudik tujuan Makassar-Surabaya

    •⁠ ⁠1 rute kapal fery untuk 1.048 pemudik tujuan Ambon-Pulau Seram

    Sebagai informasi, mudik bersama InJourney Group ini merupakan bagian dari program mudik bersama BUMN dengan tema “Mudik Aman Sampai Tujuan”, yang merupakan kegiatan rutin tahunan untuk menyambut Hari Raya Idulfitri. Mudik bersama BUMN tahun ini diikuti oleh 78 BUMN, dengan target 100.000 pemudik yang terbagi ke dalam tiga moda transportasi yakni 1.360 unit bus (kapasitas 67.000 pemudik), 90 rangkaian kereta api (kapasitas 28.000 pemudik), 26 unit kapal laut (kapasitas 5.000 pemudik). Selain itu, terdapat 200 kota/kabupaten yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia yang menjadi tujuan dari mudik bersama BUMN tahun ini.

    Mudik bersama BUMN ini merupakan tindak lanjut dari arahan Presiden Prabowo Subianto, untuk menghadirkan kebijakan pro-rakyat dalam menghadapi masa mudik Lebaran 2025. Penyelenggaraan mudik bersama BUMN ini diharapkan dapat mengurangi kepadatan lalu lintas, menekan angka kecelakaan, serta memberikan pengalaman mudik yang lebih aman dan nyaman bagi masyarakat.

    Lebih jauh, InJourney Group juga telah bersiap untuk menyukseskan musim mudik dan libur Lebaran tahun 2025. Program-program dan atraksi menarik disiapkan di seluruh destinasi pariwisata kelolaan InJourney Group untuk menyambut masyarakat yang hendak merayakan libur Lebaran 2025. Tak hanya itu, sejumlah hotel di bawah kelolaan InJourney juga mempersiapkan beragam program yang menarik untuk menyambut kedatangan masyarakat yang akan berwisata.

    Di sektor kebandarudaraan, melalui InJourney Airports sebagai anak perusahaan yang bergerak pada bidang pengelolaan kebandarudaraan, memberikan dukungan pada kebijakan pemerintah dalam menurunkan harga tiket dengan memberikan potongan tarif kebandarudaraan yakni potongan 50% untuk Passanger Service Charge atau PJP2U (pelayanan penumpang) dan PJP4U (landing fee dan parking fee). Hal ini berlaku untuk pembelian tiket mulai 1 Maret hingga 7 April 2025, untuk tiket perjalanan antara tanggal 24 Maret hingga 7 April 2025.

    InJourney Airports dan InJourney Airports Services (IAS) juga telah melakukan persiapan yang matang untuk mengantisipasi lonjakan trafik penumpang dan pesawat di bandara dengan mempersiapkan kualitas layanan dan customer experience melalui inisiatif monitoring trafik, stakeholder collaboration, dan proactive action agar masyarakat tetap nyaman menggunakan transportasi udara.

    “Pada musim mudik Lebaran tahun ini, diperkirakan ada total pergerakan penumpang mencapai 10,8 juta penumpang dengan pertumbuhan sebesar 9,3% dibandingkan tahun 2024 di 37 bandara yang dikelola oleh InJourney Airports,” pungkas dia.

    (rah/rah)