kab/kota: Pekalongan

  • Asyik! Upah Minimum 2025 Naik, Ini Daftar UMK Jawa Tengah 2024, Kota Semarang Tertinggi

    Asyik! Upah Minimum 2025 Naik, Ini Daftar UMK Jawa Tengah 2024, Kota Semarang Tertinggi

    TRIBUNJATENG.COM – Asyik! Upah Minimum 2025 Naik, Ini Daftar UMK Jawa Tengah 2024, Kota Semarang Tertinggi

    Penetapan besaran UMP 2025 akan diumumkan paling lambat pada 21 November 2024.

    Sementara Upah Minimun Kabupaten/Kota (UMK) 2025 akan diumumkan paling lambat pada 30 November 2024.

    Kepastian kenaikan UMP 2025 diungkapkan Menteri Ketenagakerjaan (Menaker) Yassierli.

    Kendati demikian, Yassierli enggan membeberkan berapa besaran kenaikan UMP 2025.

    Ia memastikan semua pihak yang terlibat terkait pengupahan buruh, telah diajak berdiskusi dan berkolaborasi untuk menemukan rumusan yang tepat.

    “Iya dong (naik), masa ga naik,” kata Yassierli dikutip Tribunjateng.com dari Kompastv.com.

    Saat ditanya mengenai apakah aturan yang mengatur UMP 2025 akan dirilis pada 7 November 2024, ia mengatakan pihaknya tidak ingin tergesa-gesa dan memastikan aturan yang nantinya dikeluarkan mampu menjawab kebutuhan baik buruh maupun dunia usaha.

    “Kita mesti harus benar-benar firm bahwa peraturan menteri ini benar-benar bisa memberikan membantu pekerja yang memiliki penghasilan rendah dengan tetap memperhatikan dunia usaha,” ujarnya.

    Berikut ini daftar UMK di 35 kabupaten/ kota di Jawa Tengah:

    Kabupaten Cilacap : Rp. 2.479.106

    Kabupaten Banyumas : Rp 2.195.690

    Kabupaten Purbalingga : Rp 2.195.571

    Kabupaten Banjarnegara : Rp 2.038.005

    Kabupaten Kebumen : Rp 2.121.947

    Kabupaten Purworejo : Rp 2.127.641

    Kabupaten Wonosobo : Rp 2.159.175

    Kabupaten Magelang : Rp 2.316.890

    Kabupaten Boyolali : Rp 2.250.327

    Kabupaten Klaten : Rp 2.244.012

    Kabupaten Sukoharjo : Rp 2.215.482

    Kabupaten Wonogiri : Rp 2.047.500

    Kabupaten Karanganyar : Rp 2.288.366

    Kabupaten Sragen : Rp 2.049.000

    Kabupaten Grobogan : Rp 2.116.516

    Kabupaten Blora : Rp 2.101.813

    Kabupaten Rembang : Rp 2.099.689

    Kabupaten Pati : Rp 2.190.000

    Kabupaten Kudus : Rp 2.516.888

    Kabupaten Jepara : Rp 2.450.915

    Kabupaten Demak : Rp 2.761.236

    Kabupaten Semarang : Rp 2.582.287

    Kabupaten Temanggung : Rp 2.109.690

    Kabupaten Kendal : Rp 2.613.573

    Kabupaten Batang : Rp. 2.379.702

    Kabupaten Pekalongan : Rp 2.334.886

    Kabupaten Pemalang : Rp 2.156.000

    Kabupaten Tegal : Rp. 2.191.161

    Kabupaten Brebes : Rp 2.103.100

    Kota Magelang : Rp 2.142.000

    Kota Surakarta : Rp 2.269.070

    Kota Salatiga : Rp 2.378.951

    Kota Semarang : Rp 3.243.969

    Kota Pekalongan : Rp 2.389.801

    Kota Tegal : Rp 2.231.628

    (*)

  • 1.246 Satlinmas Akan Dilibatkan untuk Pengamanan Pilkada Kota Pekalongan 2024

    1.246 Satlinmas Akan Dilibatkan untuk Pengamanan Pilkada Kota Pekalongan 2024

    TRIBUNJATENG.COM, PEKALONGAN – Sebanyak 1.246 personel Satuan Perlindungan Masyarakat (Satlinmas) Kota Pekalongan akan dilibatkan untuk pengamanan pilwalkot 2024.

    Hal ini disampaikan Plt Wali Kota Pekalongan, Salahudin saat memimpin kegiatan Rapat Koordinasi (Rakor) Persiapan Apel Bantuan Kendali Operasi (BKO) Petugas Ketertiban TPS / Satlinmas dalam rangka persiapan pengamanan Pilkada serentak tahun 2024, di Ruang Buketan Setda Kota Pekalongan.

    Menurutnya, posisi Satlinmas dalam perhelatan pesta demokrasi yang berlangsung pada Rabu, 27 November  2024 memiliki peran yang sangat penting dan strategis, di antaranya memastikan dan menjamin kelancaran pelaksanaan khususnya keamanan dan ketertiban di tengah-tengah masyarakat termasuk di 430 TPS pada saat pelaksanaan (Pilkada) 2024 di Kota Pekalongan.

    “Ini adalah rapat koordinasi persiapan untuk menyerahkan 1.246 personel Satlinmas Kota Pekalongan, yang akan di BKO kan ke Polres Pekalongan Kota pada apel gabungan, 20 November 2024  untuk mengamankan pesta demokrasi yang dijadwalkan pada Rabu, 27 November 2024.”

    “Mereka bertugas, untuk mengawal distribusi kotak suara dan menjamin keamanan maupun ketertiban di TPS,” kata Plt Wali Kota Pekalongan, Salahudin, Senin (18/11/2024).

    Salahudin menekankan, kepada jajaran Satpol P3KP yang menaungi Satlinmas agar memastikan ribuan Satlinmas yang di BKO kan dalam pelaksanaan Pilkada 2024 tersebut memiliki kondisi kesehatan yang prima dan tetap menjaga kebugaran tubuh selama bertugas dalam Pilkada.

    Selain itu, para Satlinmas ini juga diminta menjaga netralitas dalam pelaksanaan pesta demokrasi 2024. Sehingga, jika terjadi sesuatu yang tidak diinginkan, Satlinmas ini sudah steril dari tuduhan-tuduhan yang tidak mengenakan. 

    “Kami juga berharap, masyarakat bisa turut mendukung kinerja Satlinmas ini agar bersama-sama mendukung kondusivitas wilayah Kota Pekalongan dan berperilaku sesuai dengan peraturan yang sudah ada, baik calon peserta pilkada, timses, pendukung, dan sebagainya.”

    “Sehingga, Pilkada 2024 ini bisa berjalan aman, damai, menyenangkan, dan kondusif. Apapun hasilnya nanti, dan siapapun nanti yang menjadi pemenang pada Pilkada 2024, masyarakat jangan sampai terpecah belah hanya karena masalah perbedaan pilihan, kepentingan tertentu atau sekelompok orang,” tambahnya. (Dro)

  • Diguyur hujan deras, ribuan warga hadiri kampanye Hartopo-Mawahib  

    Diguyur hujan deras, ribuan warga hadiri kampanye Hartopo-Mawahib  

    Sumber foto: Sutini/elshinta.com.

    Pilkada Kudus 2024

    Diguyur hujan deras, ribuan warga hadiri kampanye Hartopo-Mawahib  
    Dalam Negeri   
    Sigit Kurniawan   
    Minggu, 17 November 2024 – 19:10 WIB

    Elshinta.com – Hujan deras tak menyurutkan semangat pendukung pasangan calon bupati dan calon wakil bupati Kudus nomer urut 02  Hartopo-Mawahib yang mengikuti kampanye yang bertajuk “Munajat Untuk Rakyat” di lapangan Rendeng Kecamatan Kota Kabupaten Kudus, Minggu (17/11).

    Kegiatan kampanye diawali dengan majelis sholawat Azzahir Pekalongan serta dihadiri para masyayikh Kabupaten Kudus pada pagi hari. Sedangkan untuk siang hari acara hiburan menghadirkan sejumlah penyanyi Niken Salindry dan Tasya Rosmala. 

    Saat orasi politiknya, Hartopo meminta kepada para pendukung menghantarkan mereka ke Pendopo menjadi bupati dan wakil bupati.  Hartopo juga menyinggung mengenai  kampanye negatif maupun hoax yang banyak dilakukan oleh buzzer di media sosial.

    “Paslon Hartopo-Wahib tidak punya buzzer. Jadi, kalau ada serangan di medsos, kami minta semua pendukung ikut menjawabnya,” ujar Hartopo seperti dilaporkan Kontributor Elshinta, Sutini, Minggu (17/11). 

    Calon Wakil Bupati Mawahib dalam orasinya menyampaikan lambang dua jari sebagai simbol paslon Hartopo Wahib memberi makna hablum minallah (hubungan dengan Allah) dan hablum minnas (hubungan dengan manusia). Termasuk kegiatan kampanye damai yang digelar hari ini merupakan Munajat untuk Rakyat Kudus.
                                      
    Sementara itu, pantauan arus lalin disekitar lokasi terjadi kepadatan akibat banyaknya warga yang akan mengikuti kampanye bahkan pendukung paslon cabup-cawabup nomer 02 ada yang datang mengunakan truk dengan sound horeg maupun berkonvoi.                                      
                               
    Sebelumnya,  Paslon cabup-cawabup nomer urut 01 Sam’ani Intakoris-Bellinda Birton juga mengelar kampanye bertajuk “Panggung Kemenangan” dilapangan kKongsi Loram Wetan Kecamatan Jati dengan menghadirkan hiburan penyanyi Denny Caknan. 

    Sumber : Radio Elshinta

  • Tunjukkan Kualitas Terbaik, 162 Atlet Karate Batang Bersaing di Popda 2024

    Tunjukkan Kualitas Terbaik, 162 Atlet Karate Batang Bersaing di Popda 2024

    TRIBUNJATENG.COM, BATANG – Cabang Olahraga (Cabor) Karate semakin menunjukkan peningkatan partisipasi pada Pekan Olahraga Pelajar Daerah (Popda) 2024 yang digelar di GOR Indoor Abirawa, Kabupaten Batang. 

    Koordinator penyelenggara Cabor Karate, Kukuh Prayoga, mengungkapkan bahwa jumlah peserta tahun ini mencapai 162 atlet, meningkat dari 145 atlet pada tahun sebelumnya.

    “Semua kuota terisi penuh, mulai dari pelajar SD, SMP, hingga SMA,” tuturnya, Sabtu (16/11/2024).

    Peserta datang dari berbagai kecamatan, termasuk Warungasem di barat, Limpung di selatan, dan Gringsing di timur, dengan mayoritas berasal dari Kecamatan Batang. 

    Kukuh menambahkan bahwa hasil positif ini merupakan buah dari kerja keras dalam bidang prestasi dan kompetisi, serta dukungan dari para pelatih dojo yang bersemangat mengembangkan atletnya.

    “Kami berharap Forki Kabupaten Batang dapat memberikan perhatian lebih dalam mendukung peningkatan intensitas latihan agar atlet-atlet kita bisa menjadi yang terbaik di karisidenan Pekalongan,” tegasnya.

    Menurut dewan wasit, kemampuan para atlet yang bertanding di kelas Kata dan Kumite pada Popda 2024 sangat seimbang.

    “Para juara Popda kali ini harus terus meningkatkan teknik dan mental mereka agar bisa masuk kuota yang dikirim ke Popda Provinsi,” tambahnya.

    Kukuh juga menyebutkan bahwa pada Popda Provinsi sebelumnya, kategori umur berhasil meraih satu medali perunggu.

    “Ini hasil yang cukup bagus, tapi masih perlu ditingkatkan,” ujarnya.

    Ia berharap para atlet yang menjuarai Popda 2024 tidak cepat puas dan terus mengasah kemampuan mereka.

    “Jangan lengah, terus berlatih dan tingkatkan kemampuan,” pungkasnya.(din)

  • Foto pilihan pekan keempat Oktober 2024

    Foto pilihan pekan keempat Oktober 2024

    Senin, 4 November 2024 13:22 WIB

    Foto udara suasana kebakaran pabrik mainan PT Master Kidz Indonesia di Kawasan Industri Kendal (KIK), Kendal, Jawa Tengah, Jumat (1/11/2024). Dinas Pemadam Kebakaran dan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Kendal mengerahkan sejumlah armada untuk memadamkan kebakaran yang terjadi sejak pagi pukul 08.30 WIB tersebut dan berdasarkan keterangan Kepala Bagian Operasional Polres Kendal Kompol Abdullah Umar bahwa kebakaran terjadi diduga akibat korsleting listrik. ANTARA FOTO/Makna Zaezar/agr

    Petugas gerbang exit Tol Bojong menunjukkan kondisi barang bukti mobil wartawan TV One yang mengalami kecelakaan di Gerbang Exit Tol Bojong, Kabupaten Pekalongan, Jawa Tengah, Kamis (31/10/2024). Mobil yang membawa kru TV One itu mengalami kecelakaan di ruas Tol Pemalang-Batang KM 315 A yang menyebabkan 5 korban dengan tiga diantaranya meninggal dunia akibat tertabrak oleh truk box dari arah belakang saat mobil berhenti di bahu jalan. ANTARA FOTO/Harviyan Perdana Putra/agr

    Karyawan berada di dekat layar yang menampilkan logo-logo aplikasi perbankan seluler di Jakarta, Senin (28/10/2024). Bank Indonesia (BI) mencatat transaksi perbankan digital (digital banking) tumbuh sebesar 34,43 persen year on year (yoy) pada triwulan III-2024, atau tercatat sebanyak 5.666,28 juta transaksi. ANTARA FOTO/Aprillio Akbar/agr

    Peserta beraksi dalam Jakarta Kostum Festival 2024 di GOR Soemantri Brodjonegoro, Jakarta, Sabtu (2/11/2024). Acara tersebut melombakan kostum dengan beragam karakter kartun dan komik sekaligus sebagai ajang berekspeksi bagi para penggemar hobi cosplay se-Jabodetabek. ANTARA FOTO/Alif Bintang/agr

    Petani dari kelompok Salam Tani mengoperasikan ponsel untuk mengontrol lampu ultraviolet guna menyinari tanaman mangga jenis Miyazaki di Sliyeg, Indramayu, Jawa Barat, Senin (28/10/2024). Pemanfaatan lampu ultraviolet berbasis internet of things (IoT) itu untuk mempercepat proses pembungaan sehingga dapat meningkatkan produksi mangga. ANTARA FOTO/Dedhez Anggara/agr

    Calon penghuni melihat fasilitas hunian di Rusunawa Pasar Rumput, Jakarta, Jumat (1/11/2024). Pemprov DKI Jakarta menggelar kegiatan open house rusun tersebut guna memudahkan para calon penghuni untuk dapat memilih unit rusun yang akan disewa. ANTARA FOTO/Aprillio Akbar/agr

    Imigran etnis Rohingya beristirahat menunggu pengarahan usai mendarat di pesisir pantai Desa Meunasah Asan, Kecamatan Madat, Aceh Timur, Aceh, Kamis (31/10/2024). Sebanyak 96 imigran etnis rohingya kembali mendarat di perairan Aceh, enam diantaranya meninggal dunia. ANTARA FOTO/Syifa Yulinnas/agr

    Petani memasukkan racun uap belerang ke dalam sarang tikus saat kegiatan gropyokan tikus atau membasmi tikus secara bersama-sama di persawahan Desan Undaan Lor, Kudus, Jawa Tengah, Jumat (1/11/2024). Kegiatan oleh TNI dan Polri bersama petani hingga relawan tersebut bertujuan untuk mengendalikan hama tikus sekaligus upaya meningkatkan produktivitas tanaman padi guna mendukung terwujudnya ketahanan pangan nasional. ANTARA FOTO/Yusuf Nugroho/agr

    Prajurit Korps Marinir melewati rintangan kolam saat mengikuti kegiatan ketangkasan halang rintang rangkaian dari lomba Pembinaan Satuan (Binsat) 2024 di Brigif 2 Marinir Gedangan, Sidoarjo, Jawa Timur, Minggu (3/11/2024). Lomba Binsat 2024 yang digelar dalam rangka menyambut HUT ke-79 Korps Marinir dan diikuti satuan batalyon Marinir di Indonesia tersebut untuk meningkatkan kemampuan fisik prajurit yang profesional dalam menghadapi tantangan. ANTARA FOTO/Umarul Faruq/agr

    Joki menarik ekor sapinya agar berlari kencang saat ajang Pacu Jawi di Nagari Cubadak, Tanah Datar, Sumatera Barat, Sabtu (2/11/2024). Ajang tradisi pacu jawi kembali digelar setiap minggu bergantian di kecamatan untuk kembali bangkitkan pariwisata kabupaten itu yang sempat anjlok akibat bencana banjir lahar dingin Gunung Marapi pada Mei lalu. ANTARA FOTO/Iggoy el Fitra/agr

    Anggota Ditreskrimum Polda Metro Jaya menggiring seorang tersangka (tengah) saat penggeledahan ruang kerja yang diduga menjadi kantor pegawai Kementerian Komunikasi dan Digital (Komdigi) yang terlibat judi online di ruko Galaxy, Jaka Setia, Bekasi, Jawa Barat, Jumat (1/11/2024). Pada penggeledahan tersebut polisi memeriksa alat operasional para pekerja dan telah menetapkan 11 orang tersangka terkait kasus judi online. ANTARA FOTO/ Fakhri Hermansyah/agr

    Mantan terpidana kasus pembunuhan berencana terhadap Wayan Mirna Salihin, Jessica Kumala Wongso (tengah) bersiap mengikuti sidang peninjauan kembali (PK) di Pengadilan Negeri Jakarta Pusat, Jakarta, Selasa (29/10/2024). Sidang tersebut beragendakan pengucapan sumpah penemu novum (bukti baru) oleh Helmi Bostam. ANTARA FOTO/Aprillio Akbar/agr

    Presiden Prabowo Subianto (kanan) berbincang dengan Presiden RI ketujuh Joko Widodo (kiri) saat makan malam di Solo, Jawa Tengah, Minggu (3/11/2024). ANTARA FOTO/Galih Pradipta/agr

    Presiden Prabowo Subianto (tengah) didampingi Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman (kiri) mengoperasionalkan alat berat saat meninjau lahan pertanian di Desa Telaga Sari, Distrik Kurik, Kabupaten Merauke, Papua Selatan, Minggu (3/11/2024). Kunjungan Presiden tersebut sebagai komitmen pemerintah dalam percepatan swasembada pangan berkelanjutan dan Papua Selatan diproyeksikan sebagai salah satu lokasi pengembangan Kawasan Sentra Produksi Pangan di wilayah timur Indonesia dan didorong untuk dapat memenuhi kebutuhan pangan nasional. ANTARA FOTO/Galih Pradipta/agr

    Wisatawan berfoto di kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS), Lumajang, Jawa Timur, Minggu (3/11/2024). Balai Besar TNBTS menerapkan penyesuaian tarif terhadap sejumlah kegiatan di kawasan tersebut sesuai Peraturan Pemerintah Nomor 36 Tahun 2024 seperti kegiatan foto pranikah yang awalnya Rp250 ribu kini Rp1 juta per paket untuk WNI dan Rp3 juta untuk WNA, kegiatan video komersial dari Rp10 juta menjadi Rp20 juta per paket untuk WNA, dan kegiatan penggunaan drone sebesar Rp2 juta per unit per hari berlaku bagi wisatawan nusantara maupun mancanegara. ANTARA FOTO/Irfan Sumanjaya/agr

  • Berkat Shopee 11.11 Big Sale, Penjualan Brand Lokal dan UMKM Melonjak 7,5 Kali Lipat

    Berkat Shopee 11.11 Big Sale, Penjualan Brand Lokal dan UMKM Melonjak 7,5 Kali Lipat

    JABAR EKSPRES – Demi mendukung pertumbuhan brand lokal dan UMKM, Shopee menunjukan kembali komitemnya melalui kampanye 11.11 Big Sale yang berlangsung pada 14 Oktober hingga 11 November 2024.

    Kampanye ini mencatatkan peningkatan signifikan dalam penjualan, terutama melalui platform Shopee Live, dengan hasil lebih dari 7,5 kali lipat peningkatan penjualan produk dari brand lokal dan UMKM dibandingkan hari biasa pada puncak kampanye.

    Monica Vionna, Senior Director of Marketing Growth Shopee Indonesia, mengungkapkan bahwa keberhasilan ini merupakan cerminan meningkatnya minat konsumen terhadap produk lokal.

    BACA JUGA: Antusias Warga Sindangbarang Bogor Sambut Meriah Kehadiran Rayendra – Eka hingga Suguhkan Liwetan

    “Tahun ini kami melihat semakin tingginya minat konsumen untuk berbelanja brand lokal dan UMKM di sepanjang kampanye Shopee 11.11 Big Sale. Hal ini menjadi sumber semangat bagi kami untuk selalu berkolaborasi dan berinovasi untuk mendukung pertumbuhan bisnis lokal, serta memperkuat koneksi antara penjual dan konsumen,” tutur Monica.

    Ekspor dan Dukungan ke Kancah Internasional

    Shopee juga memperkuat keberhasilan kampanye 11.11 kali ini melalui langkah strategis lewat Program Ekspor Shopee.

    Program ini telah menjangkau brand lokal dan UMKM di berbagai kota dan kabupaten, termasuk di Kabupaten Cirebon, Pekalongan, dan Mojokerto yang turut mencatatkan peningkatan transaksi ekspor tertinggi di puncak kampanye 11.11 Big Sale tahun ini.

    BACA JUGA: Kualitas Udara di Kota Bandung Masuk Kategori Tidak Sehat? Ini Penjelasannya!

    Langkah ini merupakan upaya strategis Shopee untuk membawa pelaku usaha lokal menembus pasar global.

    Shopee Live: Andalan Interaktif untuk Penjualan

    Shopee Live kembali menjadi salah satu fitur unggulan dalam kampanye 11.11 Big Sale. Fitur ini memungkinkan pembeli untuk berinteraksi langsung dengan penjual, menanyakan detail produk, dan mendapatkan ulasan real-time sebelum membeli.

    Efektivitas Shopee Live terbukti dengan peningkatan penjualan yang signifikan:

    – Tenue de Attire, brand pakaian pria, mencatatkan peningkatan transaksi hingga 30 kali lipat selama kampanye untuk berbagai produk kemeja dan atasan.

    BACA JUGA: Kades Pasirnanjung Sumedang Akui Sebagian Lahan SDN Pasirhuni Digugat Ahli Waris

    – Tulus Skin, brand kecantikan lokal, menikmati peningkatan transaksi hingga 11 kali lipat berkat sesi belanja interaktif ini.

  • Cerita Petani di Pekalongan Berhasil Jual 400 Butir Durian dalam 3 Jam

    Cerita Petani di Pekalongan Berhasil Jual 400 Butir Durian dalam 3 Jam

    Jakarta

    Desa Lemahabang, Kecamatan Doro, Kabupaten Pekalongan menjadi salah satu desa yang terkenal kualitas durian lokalnya. Ketua Kelompok Klaster Durian Lemahabang Ahmad Baehaqi mengatakan sejak tahun 2020 durian mulai disilangkan dengan jenis premium seperti Bawor, Musang King, Super Tembaga, dan varietas lainnya.

    “Upaya persilangan ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas durian lokal, baik dari segi rasa, tekstur, maupun daya tahan,” ujar Baehaqi dalam keterangan tertulis, Jumat (15/11/2024).

    Dengan persilangan ini, diharapkan durian dari Desa Lemahabang dapat bersaing di pasar nasional dan internasional, sekaligus meningkatkan pendapatan para petani dan kesejahteraan masyarakat setempat. Pasalnya, durian hasil persilangan menjadi salah satu komoditas unggulan yang semakin diminati oleh konsumen.

    Baehaqi mengatakan Klaster Durian Lemahabang yang memiliki anggota sebanyak 70 petani durian ini biasa memanen durian sebanyak tiga kali setahun. Dalam sekali panen bisa mencapai 5 ton, di mana distribusinya terhitung banyak, yakni 7.000 buah durian per hari dengan harga durian yang dibanderol Rp50.000 per kilogram.

    “Saat ini, durian di Desa Lemahabang sudah punya pelanggan tetap di Jakarta, Bandung, Surabaya, Sidoarjo, Pasuruan, hingga Banyuwangi,” ungkap Baehaqi.

    Namun, kesuksesan ini tak terlepas dari upaya pemberdayaan dan permodalan yang diberikan BRI melalui permodalan KUR BRI untuk modal awal.

    “Saat itu saya gunakan untuk membeli buah kemudian saya sewa lahan. Alhamdulillah, saat ini saya sudah mempunyai lahan sendiri sebesar 5 hektare,” jelasnya.

    Berkat bazaar-bazaar yang dihadirkan BRI, Baehaqi mengaku usahanya semakin dikenal. Terbaru, ia pertama kali mengikuti Bazaar di Kantor Pusat BRI dan mendapat kesan impresif.

    “Sebanyak 400 butir durian dengan berat kira kira 800 kilogram cepat sekali habisnya hanya dalam tiga jam sudah ludes terjual,” ungkapnya.

    Ia berharap, pemberdayaan BRI akan terus berlanjut dan bank yang terkenal membantu UMKM ini semakin sukses.

    “Semoga BRI semakin jaya dan semakin sukses. Ke depan kami berharap bantuan bisa meluas dari sisi budidaya atau edukasi lainnya,” tambahnya.

    Pada kesempatan terpisah, Direktur Bisnis Mikro BRI Supari mengungkapkan BRI memiliki komitmen untuk terus mendampingi dan membantu pelaku UMKM lewat program Klasterku Hidupku. Hingga nantinya, UMKM yang tumbuh dapat menjadi inspirasi bagi pelaku usaha di daerah lain.

    “Kami berkomitmen untuk terus mendampingi dan membantu pelaku UMKM, tidak hanya dengan memberikan modal usaha, tetapi juga melalui pelatihan-pelatihan usaha dan program pemberdayaan lainnya, sehingga UMKM dapat tumbuh dan berkembang,” pungkas Supari.

    (akn/ega)

  • Perkuat Strategi Brand Lokal dan UMKM, 11.11 Big Sale Dorong Peningkatan Penjualan hingga 7,5 Kali Lipat di Shopee Live

    Perkuat Strategi Brand Lokal dan UMKM, 11.11 Big Sale Dorong Peningkatan Penjualan hingga 7,5 Kali Lipat di Shopee Live

    Jakarta: Shopee kembali menghadirkan kampanye 11.11 Big Sale sebagai bentuk komitmen dalam memberikan ruang untuk berkembang bagi para penjual. Kampanye 11.11 Big Sale telah berlangsung pada 14 Oktober – 11 November 2024.
     
    Dampak kampanye tahun ini terasa nyata, dengan antusiasme pengguna yang luar biasa dan memberikan peningkatan signifikan dalam penjualan produk dari brand lokal dan UMKM. Sebagai hasilnya, Shopee melaporkan penjualan produk dari brand lokal dan UMKM meningkat lebih dari 7,5 kali lipat di Shopee Live pada puncak kampanye 11.11 dibandingkan hari biasa, mencerminkan semakin tingginya minat pengguna untuk terlibat dan mempelajari produk lokal secara lebih interaktif.
     
    “Tahun ini kami melihat semakin tingginya minat konsumen untuk berbelanja brand lokal dan UMKM di sepanjang kampanye Shopee 11.11 Big Sale. Hal ini menjadi sumber semangat bagi kami untuk selalu berkolaborasi dan berinovasi untuk mendukung pertumbuhan bisnis lokal, dan memperkuat koneksi antara penjual dan konsumen. Dengan pendekatan yang inklusif melalui fitur interaktif hingga program khusus, ke depannya kami berharap dapat terus menjadi rekan brand lokal dan UMKM untuk bertumbuh bahkan menembus pasar internasional,” kata Senior Director of Marketing Growth Shopee Indonesia Monica Vionna.
     

    Salah satu aspek yang memperkuat keberhasilan kampanye 11.11 Big Sale juga dibuktikan Shopee lewat langkah strategisnya melalui Program Ekspor Shopee. Program ini juga menjangkau brand lokal dan UMKM di berbagai kota dan kabupaten, termasuk di Kabupaten Cirebon, Pekalongan, dan Mojokerto yang turut mencatatkan peningkatan transaksi ekspor tertinggi di puncak kampanye 11.11 Big Sale tahun ini. Dukungan ekspansi ke kancah internasional ini merupakan wujud nyata dari visi Shopee untuk memperkuat seluruh pelaku usaha di Indonesia, tanpa terkecuali.
     

    Shopee Live optimalkan peningkatan bisnis brand lokal & UMKM di 11.11 Big Sale

    Shopee 11.11 Big Sale tahun ini tidak hanya menghadirkan penawaran terbaik dan diskon besar yang membantu para penjual menggaet lebih banyak pembeli, tetapi juga memperlihatkan keberhasilan fitur interaktif Shopee Live untuk mendukung pertumbuhan brand lokal dan UMKM. Selama kampanye 11.11 berlangsung, Shopee Live terus menjadi salah satu cara belanja interaktif pilihan pembeli.
     
    Kelebihan dan keuntungan ini membuat Shopee Live terus menjadi andalan para brand lokal dan UMKM dalam mendorong peningkatan bisnis mereka. Kemudahan akses terhadap produk serta menciptakan keterlibatan dan interaksi bersama pengguna, membuat lebih banyak brand lokal dan UMKM yang memanfaatkan fitur ini. Gaya berjualan live stream yang memberikan kebebasan bertanya dan ulasan produk secara real-time sebelum melakukan pembelian, turut memberikan dampak positif yang dirasakan langsung oleh mitra brand lokal dari berbagai kategori di puncak kampanye 11.11 kali ini.
     

    Pemanfaatan fitur interaktif ini di kampanye 11.11 membuat mitra brand lokal di kategori Pakaian Pria, yakni Tenue de Attire merasakan antusiasme luar biasa dari pengguna Shopee. Sepanjang kampanye berlangsung, mereka menikmati peningkatan transaksi hingga 30 kali lipat di kampanye 11.11 dibandingkan dengan hari biasa untuk beragam jenis kemeja dan atasan yang menjadi produk favorit.
     
    Tidak hanya itu, keunggulan belanja lewat sesi interaktif Shopee Live yang dirasakan oleh pengguna di 11.11 tahun ini, juga dinikmati oleh brand lokal Tulus Skin. Brand lokal dari kategori Kecantikan yang dikenal dengan lini produk perawatan kulit dari bahan alami ini, berhasil mencatatkan peningkatan transaksi di Shopee Live hingga 11 kali lipat dibandingkan hari biasa.
     
    “Melalui dukungan teknologi, pilihan logistik yang lengkap, serta fitur-fitur yang mempermudah interaksi dengan konsumen dimanapun mereka berada, Shopee akan terus berinovasi untuk menciptakan ekosistem bisnis yang inklusif dan berkelanjutan bagi brand lokal dan UMKM. Kami ucapkan terima kasih bagi penjual, pembeli, serta mitra brand atas kepercayaannya pada Shopee,” kata Monica.
    Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
    dan follow Channel WhatsApp Medcom.id

    (ROS)

  • Jawa Tengah butuh pemimpin yang bisa hubungkan semua kalangan

    Jawa Tengah butuh pemimpin yang bisa hubungkan semua kalangan

    Sumber foto: Istimewa/elshinta.com.

    Pilgub Jawa Tengah 2024

    Ahmad Luthfi: Jawa Tengah butuh pemimpin yang bisa hubungkan semua kalangan
    Dalam Negeri   
    Sigit Kurniawan   
    Senin, 11 November 2024 – 14:08 WIB

    Elshinta.com – Calon gubernur Jawa Tengah, Ahmad Luthfi menekankan pentingnya pemimpin yang mampu menjadi penghubung bagi semua kalangan. Dalam closing statement debat kedua Pilgub Jawa Tengah, Minggu (10/11), Luthfi mengutip pepatah Jawa, “Ibu bumi kang ditresnani, ibu bumi ingkang bakal jangkepi”—yang berarti jika bumi dicintai, bumi akan mencukupi. Pesan ini menjadi simbol dari konsep hubungan antara manusia dan alam sebagai dasar pembangunan di Jawa Tengah.

    “Pemimpin Jawa Tengah harus memiliki kemampuan menghubungkan beragam sektor dan pihak. Menghubungkan pemerintah pusat dengan daerah, menyelaraskan pembangunan Jawa Tengah Utara dengan Selatan, menghubungkan petani yang bersubsidi pupuk dengan nelayan yang bersubsidi solar, mengaitkan potensi daerah dengan investasi, dan menjembatani produk unggulan desa dengan konsumen yang lebih luas,” tuturnya.

    Luthfi juga menyoroti perlunya solusi untuk permasalahan tenaga kerja dan lingkungan. 

    “Penting bagi pemimpin untuk menghubungkan pencari kerja dengan lapangan kerja, serta mengolah masalah sampah melalui ekonomi sirkular yang dapat membawa manfaat bagi semua pihak,” tambahnya.

    Lebih lanjut, Luthfi menegaskan bahwa Jawa Tengah membutuhkan pemimpin yang dekat dengan masyarakat, yang memahami keseharian dan kebutuhan berbagai golongan. Menurutnya, pemimpin harus mengenal petani dan nelayan, akrab dengan anak muda dan pengusaha di Jepara, Magelang, serta Solo Raya, mengenal para sesepuh yang membatik di Pekalongan, hingga memahami keseharian mbok penjual daun pisang di pasar.

    Dengan komitmen memperjuangkan aspirasi dan kebutuhan setiap lapisan masyarakat, Luthfi berharap, di bawah kepemimpinan yang mengedepankan kebersamaan, suara masyarakat Jawa Tengah dapat lebih didengar dan tidak terabaikan. 

    “Pemimpin sejati adalah mereka yang ngopeni atau merawat, sehingga mampu melakoni atau menjalankan tugasnya bagi kemajuan daerah,” tambahnya lagi.

    Sumber : Radio Elshinta

  • Full Tank Bisa Dipakai Jakarta-Purwokerto!

    Full Tank Bisa Dipakai Jakarta-Purwokerto!

    Jakarta

    Honda PCX 125 2025 telah meluncur untuk konsumen di Eropa. Skuter matik bongsor tersebut menawarkan sejumlah keunggulan, mulai dari fiturnya yang ‘segambreng’ hingga mesinnya yang irit bahan bakar.

    Dilansir dari laman Motorcycle News, Sabtu (9/11), Honda PCX 125 2025 menggunakan mesin eSP+ SOHC 125cc dengan teknologi PGM-FI. Pembekalan tersebut membuat motor mampu menghasilkan tenaga maksimum 12,3 dk dan torsi puncak 11,7 Nm.

    Konsumsi BBM-nya termasuk irit. Honda mengklaim angkanya mencapai 47,6 km/liter. Sementara kapasitas tangkinya mencapai 8,1 liter. Itu tandanya, dalam kondisi full tank, kendaraan bisa dipakai untuk menempuh jarak 386 km!

    New Honda PCX 125 2025 Foto: Dok. Honda

    Jarak tersebut setara dengan Jakarta-Purwokerto atau Jakarta Pekalongan via jalan umum. Bahkan, jika dipakai untuk pulang-pergi Bandung, bensinnya masih sisa cukup banyak!

    Namun, perlu dicatat, angka tersebut hanya hitung-hitungan kasar. Sementara untuk mengetahui angka pastinya, kita perlu melakukan penghitungan melalui skema fuel to fuel.

    Pembaruan di Honda PCX 2025

    Honda PCX 125 2025 kini memiliki tampang lebih agresif dengan model dual headlamp. Selain itu bagian fairing dibuat lebih lebar dan agresif dengan tambahan lekukan-lekukan. Sama seperti generasi sebelumnya, generasi PCX 125 terbaru juga memiliki fitur lampu DRL LED.

    Geser ke bagian belakang, ada sedikit perubahan desain pada lampu rem dan lampu sein. Kini lampu remnya berbetuk huruf ‘V’, berubah dari sebelumnya yang bentuknya mirip huruf ‘X’. Sementara lampu seinnya menjorok ke bawah, jadi seperti taring.

    New Honda PCX 125 2025 Foto: Dok. Honda

    Nah, yang menarik, area setang yang biasanya telanjang mirip setang motor sport, kini menggunakan cover seperti Honda Forza. Ini tentunya menghilangkan identitas Honda PCX yang sebelumnya selalu menggunakan setang model telanjang. Cover setang PCX 125 2025 menggunakan paduan warna hitam dan silver.

    Honda PCX 125 2025 juga ditawarkan dalam varian DX. Varian DX ini memiliki panel instrumen atau speedometer baru. Menggunakan layar TFT ukuran 5 inci, panel layar ini bisa menjalankan fungsi konektivitas smartphone Honda RoadSync.

    Honda PCX 125 juga dilengkapi beberapa fitur penting lainnya, seperti Idling Stop System (ISS) dan juga Honda Selectable Torque Control (HSTC), untuk mencegah roda belakang tergelincir saat kehilangan traksi.

    (sfn/dry)